YA HAYYU YA QAYYUM, LAA ILAAHA ILLA ANTA (41 x perhari)


Hati nurani yang hidup menjadi guru penuntun perbuatan manusia. Hati nurani yang mati, membuat manusia lebih mengedepankan penggunaan akal. Apabila akal menjadi penguasa satu-satunya, manusia cenderung tidak bijaksana. Nafsu, ego dan keinginanlah yang akan dominan dan kepentingan orang lain akan terabaikan.

Maka, hidupkanlah hati nurani. Masalahnya, tidak mudah menghidupkan hati nurani–yang merupakan tempat Tuhan memberikan pengajaran kepada setiap manusia. Perlu tekad/niat yang kuat serta latihan. Latihan yang biasa saya jalankan adalah: LAKUKAN PERBUATAN YANG TIDAK KAMU SENANGI. DAN JANGAN LAKUKAN PERBUATAN YANG CENDERUNG KAMU SUKAI.

Contohnya: Saat saya ingin keluar rumah, maka saya malah sengaja melawan keinginan tersebut dan tidak keluar rumah. Saat saya ingin tidur karena mengantuk, maka saya justeru melawannya dengan sholat. Saat dompet saya sedang kosong, maka saya justeru menyumbangkan sedikit uang yang ada untuk orang fakir miskin.

Hakikat laku tirakat sebenarnya adalah PENGENDALIAN DIRI. Yaitu mampu tidak mengutamakan diri sendiri yang diliputi oleh NAFSU, EGO dan KEINGINAN. Namun lebih mengutamakan orang lain, mengutamakan kepentingan masyarakat, mengutamakan kepentingan Tuhan Yang Maha Kuasa. Para nabi/rasul/utusan Tuhan adalah contoh yang sangat baik bagaimana mereka yang mampu MENGENDALIKAN/ MENGALAHKAN/ MENUNDUKKAN kepentingan diri sendiri dan mengutamakan UMAT/ MASYARAKAT/ ORANG LAIN. Sehingga hidupnya MEMBAWA BANYAK MANFAAT untuk sesama. Suka menolong dan membantu makhluk-Nya yang menderita, lemah, tersingkir, tidak diperhatikan.

Bila amal kebajikan ini telah menjadi bagian utama laku syariat perbuatan kita, maka itulah saat kita bermakrifat yakni diri sendiri sudah ditundukkan, dan diri-Nya yang akan hadir. Gusti Allah akan manunggal di dalam “aku” kita. Allah menjadi tangan, kaki, mulut, telinga dan seluruh perbuatan kita adalah perbuatan-NYA.

Terakhir, ini ada kiat untuk menghidupkan mata hati. Al Kattani, seorang sufi berkata: Aku bermimpi bertemu Rasulullah SAW dan aku memohon padanya, berdoalah kepada Allah agar DIA tidak mematikan hatiku. Rasulullah bersabda; ucapkan EMPAT PULUH SATU KALI SETIAP HARI, YA HAYYU YA QAYYUM LAA ILAAHA ILLA ANTA, maka Allah akan menghidupkan hatimu.

Abu Yazid al Bisthamu meriwayatkan: aku bermimpi bertemu dengan Allah SWT, lantas aku bertanya kepada-Nya: Bagaimana aku menempuh jalan kepada-MU? Allah berfirman: TINGGALKAN DIRIMU DAN KEMARILAH”

@wongalus,2010

101 thoughts on “YA HAYYU YA QAYYUM, LAA ILAAHA ILLA ANTA (41 x perhari)

  1. Sesungguhnya langkah pertama adalah meraih Fitrah diri.. merekam dan mengingat kembali alam bawah sadar kita akan perjalanan sebelumnya.. sangkan paraning dumadi.. mengenal diri sebenar diri.. bukan hanya memikirkan perjalanan dan kesenangan lahiriah dan berolah akal pikiran dan angan angan.. tetapi mulai olah rasa.. melatih mental spiritual.. meningkatkan EQ dan SQ.. menemukan diri sebenar diri.. menjadi manusia meliputi lahir dan batin.. Fitrah Diri Manusia.. Jati Diri Manusia ini sesungguhnya baru merupakan Pintu Gerbang Ketuhanan.. hmm.. Sejujur dan Sebenarnya Tiket masuk pembuka pintu Gerbang Ketuhanan hanyalah satu.. di dalam La Hawla Walla Quwata.. sangatlah mudah untuk mengucapkannya tapi SESUNGGUHNYA SANGATLAH SEDIKIT SEKALI manusia yang menemukan FREKWENSI HATI dari La Hawla Walla Quwata tersebut..

    Salam Kangen untuk Sahabatku
    Salam Sayang dari Bandung

  2. ass wr wb
    walaupun sangat susah menghilangkan hawa nafsu/ego tetapi saya akan terus belajar dan belajar dan belajar sampai bisa ngajar nafsu dan ego
    salam saduluran ,
    nuwun. ass wr wb

  3. Alhamdulillah.. Puji Syukur Kehadirat ALLAH ….
    Saya Mengucapkan Terima Kasih Kepada KAMPUS WONG ALUS…
    Karna sudah memberikan pengetahuan-pengetahuan yang sangat berharga ini…..

    smoga ALLAH selalu memberikan RAHMAT DAN HIDAYAHNYA kepada kita Semua AMIIIIIIIIN

  4. Ustad, Alhamdulillah saya telah melakukan amalan wirid ini sebelum sholat fardlu Subuh. Ustad, apa ini yang dimaksud amalan setiap hari itu?

    Wasalam

  5. Salam ta’dzim katur sesepuh ki wong alus..,
    maturnuwun atas tadzkiroh’nya..,
    insyaallah mau nderek ngamalkan ..,nyuwun pangestu
    nuwun wassalam..rahayu

  6. @Galuh, sekadar info bahwa “Al Hayyu” الحي maknanya “(Dia yang) Memiliki Mutlak sifat Maha Hidup” kemudian “Al Qayyuum” القيوم maknanya “(Dia yang) Memiliki Mutlak sifat Maha Mandiri (Maha Hidup dgn Sendirinya)… Kemudian “Laa ila ha illa anta” ialah “Tidak Ada Tuhan Selain Engkau”
    @Ki Wongalus, tulisan ini sangat aspiratif dan mencerahkan. Maturnuwun sanget.

  7. Salam qobiltu mohon ijin ngamalin ki,smoga barokah,ini artikel yg bermakna sangat luas dan terkandung sirr yg begitu dalam..

  8. assalamualaikum… ki wong alus. saya sudah membaca hampir semua blog ini,, banyak pelajaran positif yang dapat saya ambil. terima kasih banyak ki,saya jadi lebih ingin mendekatkan diri pada sang pencipta Allah SWT, dan saya mohon ijin mengamalkan beberapa amalan di blog ini.(termasuk amalan di atas), wassalamualaikum.

  9. Assalamualaikum, Ki wong alus matur suwun atas artikel yang manfaat ini, mudah2 kita semua dianugerahi keistiqomahan dalam sedempel datheng GustiAlloh, Amiiin ya Robbal alamin.

    Salam

  10. amalan ashif bin barkhiya “thouronin mazjalin”..yang artinya yang maha hidup, yang maha berdiri…ini dlm bahasa suryani atau bahasa yg digunakan pd zaman nabi sulaiman.dan skrng dlm versi terbarunya telah disempurnakan oleh Rasullulloh menjadi “hayyu qayyum”..dlm pengamalannya ashif lah hamba Alloh yang pertama mengetahui kandungan SIRR kalimah ini dlm kitab zabur..sebagai kunci pembuka, kepada zatulloh yang ” tidak terdahulu tidak terkemudian,tidak berhuruf tidak bersuara”.. yg dgn nyalah ashif memindahkan singgasana ratu balqis dlm sekejapan mata…wallohu a’lam

  11. Bagaimana kita tahu kalau hati nurani kita sudah terbuka? apakah kita akan lebih dengan amal ibadah? yang kadang2 kita diserang rasa malas dan sangat berat untuk dilawan, terutama masa untuk solat sunat?

  12. Salam….ane mhn ijin mengistiqomahkan wirid ” ya hayyu ya qayyum..laa ilaaha illa anta “…dengan baik, benar dan sempurna…alfatihah.aik, benar dan sempurna…alfatihah.

  13. assalamualaikum.

    amalan ini dibaca setiap subuh di keramat empang bogor.. kalau para sedulur mau bisa ikut itikaf setiap malam jum’at, kurikulum di sana ratib al athos ba’da maghrib, dan maulud diba ba’da isya. YA HAYYU YA QAYYUM, LAA ILAAHA ILLA ANTA sebelum shalat subuh.

  14. minta izin mengamalkan,nich sesuai ma ajaran guru ane guru hakekat “ya Hayyu ya Qayyum”
    amalan “lahaula wala quwwata …juga cocok ma ajaran guru ane malah jadi senjata utama,,,
    Gusti Allah akan manunggal di dalam “aku” kita. Allah menjadi tangan, kaki, mulut, telinga dan seluruh perbuatan kita adalah perbuatan-NYA.,,cocok=> innani annallah,,,” hilangkan dirimu dari dirimu yang ada hanyalah Allah Allah dan Allah,,,tak pernah merasa bisa ssuatu andaikan bisa karena dibisakan oleh Allah,,,Lahaula walaquwwata illa billah,,wallahu a’lam..hiduppun karena dihidupkan oleh Allah,,

  15. Bismillah para guru semua Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  16. Alhamdulillah, qobiltu mhn ijin mengamalkan amalan tsb, smg barokah dan Allah meridhoi, mnjdkn wasilah untuk menggapai ridho Nya, mhn ijin pula mengajarkannya pd org lain. Trimksh send Al Fatehah

  17. Oh ya ki..mhn ijin pula menzikirkan amalan tsb, dlm setiap gerak dan nafasku, smg dpt membersihkan kerak2 dlm qolbu tuk menggapai ridho Nya, trimksh skli ki wong alus telah memposting amalan ini…

  18. Absen ki, Thanks berat banget atas materi berharganya, jadi inget pertama wirid Ya Rohman Ya Rohiim Ya Hayyu Ya Qoyum, cuma dihati timbul perasaan lebih care sama sesama yang kurang, baik ekonomi maupun jasmaninya. intinya bikin hati lebih melow gitu gaulnya kali. jadi mikir sendiri ada apa dengan gue, bukannya gue juga banyak utang kenapa jadi pengin sedekah aja ke pengemis. perasaan selalu prihatin kalau lihat berita sedih.

    Walah walah ini dampaknya wiridan bisa bikin org ga sanggup ngomong ke pengemis eluh gue end. he he he ya gpp dech sedekahnya juga cuman seribu perak.

    Buat temen yang pengen melow boleh juga wirid ginian, tapi kadang saya mikir ini cuma sugesti saya saja kali.

    Ga tau dech namanya juga newbie asal komen, yang penting di blog ini banyak suhunya yang akan nambahin atau ngoreksi saya, biar tambah pinter.

    Thanks All

  19. salam a`laina yaibadillah……………
    tiap makhluk yang di ciptakan rabbul khalik wajib ujud sifat alhayat(ruh hayat)
    tidak terkecuali apakah itu makhluk yang bernama manusia ,malaikat,jin,tumbuh
    tumbuhan atau makhluk yang bernama haiwan
    tiap tiap makhluk tersebut masing masing ada cara tersendiri memuja rabnya.
    bagi kita yang pun sama sifat alhayat (ruh hayat )tersebutpun wajib wujud atas
    diri kita.
    wahai yang maha hidup, hidup kan nur muhammad dalam hati hati kami
    wahai yang maha berdiri sendiri tolong kami tetap berdiri dalam agama muhammad
    sekadar share…

  20. Assalaamu’alaikum Wr’ Wb’
    Mohon izin mengamalkannya
    Makasih

    Wassalaamu’alaikum Wr’ Wb’
    Dani R

  21. subhanallah ilmu yg bermanpaat ingsa suatu saat pastinya akan mnrimanya dng bangga…yaitu jannatul firdaus…….amin smoga ada orang yg suka ilmunya tuk d amalkan…serta bermanpaat tuk drinya end tuk orng lain…….barokallah ya karim.moga manfaat dunia akhirat amin.

  22. Atas izin ALLOH SWT saya mohon izin mengamalkan smoga bermanfaat dunia dan akhirat… Aamiin. terima kasih

  23. QOBILTU,MOHON IJIN MENGAMALKANNYA SYARETANYA DARI WONG ALUS HAKEKATNYA DARI ALLAH SWT. SEMOGA BERMANFAAT DUNIA AKHERAT,AMIIIN,AL-FATIHAH

  24. assallmualaikum mohon iijin mengamalkan semoga alloh meridhoi saya mendapatkan ilmu2 ilahinya amin

  25. ijin ngamalkan alpateha wat smua guru kwa. aku mohon bantuanya adik ku dikasih smacam jampi lewat makanan agar tunduk patuh dg istrinya n mertuanya sdg dg pada ibu/bpak dan saudarany a acuh tertutup hatinya sperti batu pada smua guru mohon bantuan agar mepas dri syetan ini hp ku 081994689407

  26. bagus…apik….mantep…..sae….YA HAYYU…YA QOYYUMU .LAA ILLA HAA ILLA ANTA….SUBHANAKA INNI KUNTU MINADHOLIMIN……sungguh merdu nyanyian alam semesta….sungguh elok nan cantik tarian asma-Nya itu…..sungguh ini adalah asmaul-jannah ….. maka raihlah untuk semuanya….. salam.

  27. السلام عليكم.
    nyuwun izin ngamalin Wiridnya Ki…
    mugi” berkah…
    salam takzim semua sedulur.

  28. Assalamu’alaikum Wr Wb, Ki mohon izin mengamalkan: Yaa Hayyu, Yaa Qayyu, laa ilaha illa anta.
    insyaAllah barokah, nuwun sewu Ki

  29. Dulu ada muridnya syech Kholil Bangkalan, yang kalo gak salah berjalan diatas air sambil berdzikir, “Ya kayuku ya kayumu…”
    Yang padahal, ” Ya Hayyu, ya Qayyum…” Lah gimana tuh?

  30. Assalamu’alaikum…smua pengasuh KWA n para pecinta blog KWA (sry)…..intinya ….YAKIN dg apa yg diamalkan/dibaca…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s