AMALAN JURU SEMBUH SANGKAL PUTUNG


Ini amalan untuk mereka yang berprofesi sebagai juru sembuh, khususnya juru sembuh yang ahli mengobati tulang yang putus. Di Jawa, kita mengenal profesi ini sebagai sangkal putung. Tulang putus biasanya diakibatkan kecelakaan-kecelakaan akibat benturan yang keras, terjatuh dari kendaraan maupun sebab-sebab yang lain.

Di dunia medis, patah tulang ini ditangani dengan tindakan berupa operasi penyambungan tulang. Dimasukkan sebuah pen—alat penyambung—yang terbuat dari logam anti karat. Bila patah tulang tersebut parah, maka operasi penyambungan tidak hanya dilakukan sekali saja, namun bisa berkali-kali. Biaya yang dikeluarkan untuk operasi tentu saja cukup banyak, terkadang hingga mencapai puluhan juga rupiah.

Bagi masyarakat yang kurang mampu, tentu biaya sebesar itu tidak mudah didapatkan. Sehingga pengobatan alternatif sangkal putung menjadi pilihan. Untuk menjadi seorang juru sembuh sangkal putung, maka kita perlu ilmu khusus yang didapatkan dari banyak sumber. Bisa melalui ilmu warisan keturunan dari nenek-kakek, ayah-ibu, dan juga bisa berasal dari orang lain yang terlebih dulu menguasai ilmu tersebut. Ada juga yang berasal dari para leluhur kita yang sudah tiada dan sekarang sudah tinggal di alam kubur. Para leluhur ini biasanya menyampaikan pesan melalui banyak media.

Salah satu media yang sangat umum adalah melalui mimpi. Mimpi itu semacam teknologi email dimana antara leluhur di satu tempat yaitu alam gaib dan kita di alam dunia nyata ini bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi. Dalam mimpi, pesan-pesan dari leluhur atau orang lain tergambar jelas di dalam batin. Khusus untuk mimpi yang dikirim oleh orang lain apakah masih hidup maupun sudah meninggal ini, ada kalanya sangat mudah diterjemahkan ada kalanya perlu interpretasi/penakwilan yang membutuhkan konsentrasi dan kecerdasan batin.

Saya menyukai pesan dari orang lain melalui mimpi yang sederhana dan mudah dicerna. Ini sekedar ilustrasi, pada suatu hari saya bermimpi terjadi bencana gempa bumi. Dalam mimpi itu, saya bersama keluarga sedang berada di dalam rumah, tiba-tiba gempa yang cukup dahsyat terjadi dan saya mampu melarikan diri. Kecuali ayah saya yang masih berada di dalam rumah. Begitu selesai gempa, saya masuk rumah dan mendapati ayah saya tewas terkena reruntuhan bangunan. Cukup menyedihkan… hingga di dalam mimpi itu saya meneteskan air mata.

Selesai bermimpi, saya terbangun dan ternyata hari sudah memasuki waktu subuh. Tiba-tiba telepon berdring dari ayah saya. Dia bilang kalau sudah seminggu ini mengalami kesakitan di bagian paha hingga telapak kaki yang mengakibatkan dia susah berjalan. Tanpa pikir panjang, saya pun pulang ke rumah orang tua di desa karena mimpi saya sudah jelas. Kenapa jelas? Jelas sebab mimpi tersebut pasti dialamatkan ke saya. Dan saya percaya, pasti petunjuk itu sudah cukup lengkap. Termasuk tata cara pengobatan penyakitnya.

Saya berkendara seorang diri naik sepeda motor ke desa tempat tinggal orang tua yang jauhnya sekitar 300 kilometer. Ini desa terakhir yang sunyi di lereng Gunung Lawu, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perjalanan saya tempuh sekitar lima jam. Melewati hujan lebat, angin dan petir menyambar-nyambar. Bagi saya, perjalanan pulang ini adalah sebuah PERINTAH, sehingga tidak ada alasan untuk ragu-ragu, khawatir atau malas. Karena sudah perintah, mau tidak mau harus dilaksanakan dengan hati yang sabar dan ikhlas. Tiba di sebuah kota kecil sebelum sampai di desa, saya mampir ke sebuah toko jamu. Saya beli jamu dan dua botol air mineral. Jamu apa yang saya beli?

Saya mengandalkan instink saja. Ah, mungkin ayah saya ini kelebihan kolesterol dan asam urat. Sehingga saya memutuskan untuk membeli jamu anti kolesterol dan asam urat. Tiba di rumah jam sudah menunjukkan pukul 20.00 WIB, saya minta ayah untuk meminum jamu seharga Rp 6 ribu rupiah itu dan sekaligus meminum satu botol air mineral untuk mengatasi rasa pahitnya. Sedangkan satu botol lagi diminum sesudah bangun tidur di pagi hari.

Biasanya ayah yang sudah berumur hampir 70 tahun ini mengerang kesakitan saat bangun pagi hari. Ternyata kali ini lain. Ayah saya sudah tidak sakit lagi. Apa yang mengakibatkan ayah saya sembuh seketika itu? Jamu? Atau air mineral atau yang lain?

Bagi saya pribadi, tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semuanya sudah ada yang mengatur dan tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya kecuali penyakit karena sudah berusia tua. Sehingga bila ditanya apa yang menyebabkan ayah sehat, maka jawabnya adalah TUHAN MEMANG SUDAH BERKEHENDAK. Lantas apa sarana kesehatannya? Sarana kesehatannya bisa berupa jamu, air, obat, mungkin juga doa dan wirid yang saya lantunkan di jamu tersebut dan bahkan bisa juga kehadiran saya juga bisa menjadi sarana kesehatan ayah.

Melihat ayah seketika itu sembuh, saya bahagia dan harus banyak memuji-NYA sekaligus bersyukur kepada-NYA. Ternyata doa saya masih didengar-NYA, doa seorang yang kotor dan ingin menjadi orang yang baik ini. Sebelum pulang, saya berpesan kepada ayah agar bila suatu ketika dia terkena penyakit maka bacakan AL FATIHAH 3X TIUPKAN DI TELAPAK TANGAN KANAN DAN LETAKKAN TELAPAK TANGAN DI BAGIAN TUBUH YANG SAKIT TERSEBUT. Insya Allah, sakit itu akan berkurang dan berangsur sembuh atas ijin-NYA. (Anjuran ini juga berlaku untuk pembaca semua blog ini).

Terakhir, karena saya tadi sudah membahas bagaimana amalan yang perlu dimiliki oleh juru sembuh sangkal putung maka amalan yang harus dimilikinya adalah sebagai berikut:

1. PUASA BIASA 15 HARI DIMULAI PADA HARI KAMIS KLIWON
2. MEMBACA MANTRA DI BAWAH SETIAP USAI SHOLAT FARDHU
3. USAI PUASA, BERI MAKAN 15 ANAK YATIM PIATU DISEKITAR RUMAH.

Doa mantranya sebagai berikut:
FAIN TAWALLAU FAQUL KHASBIYALLAHU LAA ILAHA ILLA HUWA ALAIHI TAWAKALTU WA HUWA RABBUL ARSYIL ADHZIIM.    (QS AT TAUBAH 129)

Untuk melakukan praktek pengobatan sangkal putung, caranya sebagai berikut: Letakkan tangan pada tempat yang tulangnya patah dan luruskan tulang perlahan sambil membaca ayat tersebut dengan kesungguhan memohon pada-NYA agar si sakit segera diberi kesembuhan. Selanjutnya beri penahan tulang dan ikat bagian-bagian tulang yang perlu disambung.

Untuk menjadi penyembuh sangkal putung yang profesional, lengkapi juga pengetahuan Anda dengan banyak bertanya kepada mereka yang lebih ahli, mencari informasi dan referensi dari banyak sumber yang lain.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kemudahan dalam segala urusan dan untuk menutup artikel ini mari kita melantunkan dalam hati, sebuah doa Nabi Ibrahim saat diceburkan ke dalam api: Doa ini berbunyi: “HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIL” … Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya pelindung.

@wongalus,2010

48 thoughts on “AMALAN JURU SEMBUH SANGKAL PUTUNG

  1. Salam Ki wongalus dan poro sedulur sedoyo, wis pancen oye nganti upload sangkal putung ono. Saya sudah melihat dengan mata kepala kehebatan pengobatan sangkal putung ini. Pernah ada orang tabrakan sampe kepalanya retak dan otaknya terlihat sedikit. di obati kurang lebih 1 tahun sembuh total. mantabs penyembuhannya

  2. subhanallah, ayat diatas memang dikenal luas didunia ilmu hikmah dan merupakan bagian dari sebuah ilmu langka bernama Payung Rosul.

  3. Aslmkum ki…
    Mw nanya ki?
    Seminggu yg lalu bpk saya mengalami kecelakaan dan kaki kirinya patah…
    Oya? Makanan apa yg dpt mempercepat nyambungx kembali tulang yg patah itu? Maturnuwun ki…
    Mohon sekali jawabanya.

  4. Alhamdulilah !!! Ilmu Yg Baik dan benar Bersumber Pada AL Quran ,(surah At Taubah Ayat 129) memang banyak Faedahnya, Dengan Syarat : Pasrah dan Tawakal Doa tersebut akan terlaksana..Semoga yg Mengijajahkan ilmu ini Mendapatkan Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT…..Salam Kenal .dan Mohon Penijahannya.

  5. makasih atas artikelnya. saat ini saya sdng mengalami patah tulang sudah sebulan lebih, dan tangan sy msh di gips. mudah2an amalan yg bapak ajarkan bs sy terapkan. amin…..

  6. saya sangat setuju ilmu amalan sangkal putung yg langsung dari allah cara tawasul nya semoga dan semoga banyak merpaat nya dan amalan ini juga buka untuk sangkal putung saja melain multi guna do a ini .sekian wassalam .

  7. SUBHANALLAAH tak disangka ternyata ayat ini bisa jadi penyembuh penyakit SUBHANALLAAH
    terima kasih ki wong alus atas ijazahnya ini semoga gusti ALLAAH membalasnya aaamiin

  8. assalamualaikum wr.wb

    poro sedulur sedoyo, saya pernah denger yang namanya sangkal putung, tapi yang saya ketahui bukan sebuah amalan,tapi sangkal putung itu ada wujudnya berupa kayu,sebesar lidi.. Kononya kayu ini berasal dari sarang burung tertentu, yang dulunya dipakai untuk menyembuhkan kaki anaknya yang patah, biasanya orang yang mau mendapatkan sangkal putung,harus tega mematahkan kaki anak burung tsb.. Maka induk burung akan mencari sebatang kayu buat nyembuhin kaki anaknya.

    Ngapunten, yen menawi wonten kalepatan saking kawulo…

    Suwun…

    Wassalamualaikum…wr.wb

  9. Assalmualaikum.ki.,sblm nya aku mohm beribu2maaf..kalo tlah lancang masuk blok wong alus,ki saya bingung…tentang penyakit kista..yg di drita istri saya.apakah ada obt kista tanpa operasi ki .matur suwun

  10. TRIM CAK, smg ijazahnya dpt bmanfaat bgi saya dan dpt membantu pengobatan patah tulang. amin

  11. Saya lgi trkena musibah, yaitu ptah tulang d bagian kaki, tpat nya betis, sudah 5bln saya blum bsa jln, dan ada slah satu ttngga sya yg mnyarankn pasang susuk, mnurut anda bgaimana??

  12. saya seorang sangkal putung tanpa mantra.keahlian yang ada saat ini alami(7 turunan).saya generasi ke 5,khasiat sentuhan tangan sayapun masih sama dengan kakek buyut”EYANG SIMBAR MUKO”,tulang patah bisa sembuh(melalui proses).saya juga gunakan minyak ramuan yang saya bikin sendiri dari bahan alama(ramuan turun temurun)yang ingin saya tekankan disini adalah,:tak ada dukun sangkal putung yang hebat,kesembuhan datangnya dari Yang Maha Kuasa,dan yang pasti keyakinan kita akan datangnya sebuah kesembuhan(keyakinan hati).

  13. Asslmkum Wr. Wb.

    Terima kasih atas ilmu yang diberikan, semoga bermanfaat.
    Apa bisa diamalkan untuk semua gender? apabila bisa, mohon ijin dan doa untuk mengamalkannya, karena suami saya sering sakit di daerah pinggangnya. Semoga Allah selalu melindungi kita semua.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  14. maaf..apa bener ….kata temen saya bila orang yang menguasai sangkal putung, tidak boleh mematahkan apapun/mutes (jawa).karena bisa berakibat ada yang celaka…nuwun

  15. Asalamu’alsikum..sekedar tau.

    Sankal putung yg saya ktahui..
    Asal mulanya dari ular.
    Yg sudah lama bertapa,karna terlalu lama bertapa..hingga perut ular ditumbuhi bambu..
    Sesampai pertapa’anya sudah gugur,ular trsebut tdak bisa kluar dari tmpat bertapanya..
    Suatu hari ada orang tua hendak mencari bambu..
    Dan dikejutkan pabila ada ular di tengah2 pohon bambu tersebut..
    Prasa’an takut dan iba pada orang tua itu..
    Takut kalo sampai ular itu melahabnya..
    Dan iba melihat ular yg gk bisa kluar karna perutnya di tumbuhi bambu..

    Gerik hati ingin menolong orang tua itu sangat kuat..meski rasa takut menghantui..

    Dipotonglah bambu yg menusuk ular itu..

    Apa yg dipikirkan orang tua itu jadi knyata’an..
    Si ular mmbalikan badanya dan mengejar orang tua tersebut hingga jatuh tersrimpung akar kayu..

    Orang tua itu hendak melanjutkan pelarianya tp tdak bisa karna tulang kakinya patah.

    Pikir orang tua itu habis lah riwayat nya.

    Apa yg dipikir berlainan justru ular itu memutahkan minyak (yg disebut MINYAK GREMET)

    krna miyak itu bila di oleskan pada bagian yg sakit serasa ada yg merayap(nggremet)

    kta orang cara memanggil minyak itu adalah dgan air perasan kunyit/kunir..
    Adapun mantranya klo ada yg tau mohon disarekan..

    Trimakasih..

    Wasalam..

  16. ki tangan saya retak dan jaringan nya mati apa bisa di sembuhkan dengan sangkal putung
    mohon jawab ki
    sya takut jari tangan saya di amputasi

  17. saya berterima kasih kepada bolo wong alus tanpa sengaja aku menemukan blog dan setelah saya buka sangat menarik membekikan tambahan macam 2 ilmu yang sebelumnya saya belum tahu mudah mudahan saya di perkenankan untuk menimba ilmu disini suwun ki

  18. assalam muallaikum sedulur.

    dengan kerendahan hati, sy sbgai seorang bpk yg brusaha untuk buah hatinya..
    sekirannya keluarga besar wong alus semua ada yg bsa atau paling tidak tau tempatnya di mana mereka yg punya kelebihan untuk membetulkan tulang leher yg bengkok (mendosol dan tdk sewajarnya leher) mohon di bantu untuk mengobati/informasinya buah hatiku yg baru berumur 3 minggu,
    atas kebaikan hati panjenengan semua, sy haturkan matur nuwon.

    085249579342 – banyumilli.adv@gmail.com

  19. assalamu’alaikum wr wb trima kasih artikelnya dan mohon ijazahnya ayat tersebut buat saya agar dapat berkah dan manfaat untujk orang lain

  20. Assalam muallaikum wr.wb.
    saya berumur 17 th sudah 7 bln kna musibah ptah tulang akibat ditabrak mobil, dan hingga sekarang patah tulang dipaha terasa sakit dikarenakan pen yg dipasang dipaha saya bengkok akibatnya kaki saya pndek sbelah skitar 1,5 cm ..
    kpd saudara saudara KWA mohon bantuan doa nya yg sekiranya bisa lekas sembuh ptah tulang saya, dan tidak terasa skit lgi.. mohon didoakan & diberi doa yg bisa diamalkan agar saya cpat sembuh..
    krna saya sudah 7 bln tidak bza sekolah atau pun beribadah scr normal..
    mohon .. mohon sangat bntuanya kpd saudara2 KWA..
    sekian dr saya.

    wassalam mualaikum wr.wb

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s