PESAN LELUHUR UNTUK KEJAYAAN NUSANTARA


Ini adalah pesan yang baru saja saya terima malam ini dari leluhur. Bukan apa, ini hanya sebuah informasi berupa “wisik” sehingga para sedulur pejalan spiritual mengenali leluhurnya sendiri yang bukan dari jenis jin. Berikut kurang lebih dialog antara saya (WA) dengan seorang Leluhur Nusantara, seorang Raja Mataram (LR). Mohon maaf bila saya salah menafsirkan pesan-pesannya. Semata-mata ini karena kekurangan dan buramnya hati nurani saya.

WA: Banyak anggapan bahwa leluhur adalah golongan makhluk dari jenis jin. Ini mungkin pengaruh kitab suci yang hanya menjelaskan ada dua mahluk di bumi yang wajib beribadan yaitu Jin dan Manusia. Sebenarnya, bagaimana cara membedakan antara leluhur dengan jin?

LR: Sebenarnya mudah mengenali antara leluhur dan jin. Alat untuk membedakan keduanya adalah BATIN atau RAHSA. Kedatangan leluhur akan menentramkan sementara jin akan menggelisahkan. Sesunggunhnya, seseorang tidak harus tirakat wiridan, mengamalkan amalan tertentu dan sebagainya untuk bertemu leluhur. Kehadiran leluhur membuat kita tenang tentram. Sementara kedatangan jin saynag lain. Hawanya panas, emosi dan lainnya. Tiba-tiba angin semilir dan nyaman, baunya wangi dan sebagainya. Setiap orang bisa merasakan kehadiran leluhur asal hatinya tenang dan tentram. Nafsu dan emosi tertata dengan baik. Anggapan bahwa leluhur sama dengan jin itu karena hanya sebatas kemampuan dalam menafsirkan kitab. Kitab ada dua, kitab basah dan kitab kering. Kitab kering adalah kitab yang tertulis. Sementara kitab basah adalah kitab yang anda alami dan apa yang anda lihat dan rasakan yaitu alam semesta ini.

WA:Dimana sebenarnya leluhur itu berada?
LR: Para leluhur adalah orang-orang yang suci. Mereka itu sedang semedi dan menunggu salah satu keturunan yang mampu mengemban amanah di suatu tempat yang sepi dan terpencil. Leluhur menunggu sesuatu yang akan disampaikan dan menunggu kemuliaaan anak turun yang bisa menerima. Leluhur ini belum meninggal. Leluhur tersebut masih hidup dan menyepi, dan masih beraga. Pengelihatan orang biasa tidak akan mampu melihatnya. Leluhur tidaklah moksa seperti bayangan orang biasa pada umumnya. Mereka belum meninggal dan masuk ke alam barzakh. Namun mereka masih hidup di bumi sekarang ini.

WA: Jadi tugas mereka secara spesifik apa?
LR: Tugas mereka adalah menunggu datangnya keturunan yang mampu mengemban amanah tadi, menyampaikan ilmu atau kawruh, termasuk menyampaikan harta peninggalan dan lainnya.

WA: Bagaimana caranya menyampaikan ilmu atau kawruh?
LR: Sarana leluhur untuk menyampaikan pesan atau wejangan, bisa beragam caranya. Bisa disesuaikan dengan sarana, misalnya telepon, keris, mimpi atau yang lain. Ini berhubungan dengan masa meditasinya yang panjang. Untuk bangkit dari meditasinya dia kesusahan sehingga dia menggunakan kemampuannya batin dan diejawantahkan dalam beragam sarana yang ada dan disesuaikan dengan kemampuan anak cucu.

WA: Hanya itu?
LR: Bila masa yang ditunggu itu sudah datang maka dia akan menemui secara langsung dalam wujud aslinya dan setelah selesai maka dia akan kembali ke alam kelanggengan.

WA: Apa saja yang dilakukan para leluhur, apakah hanya meditasi?
LR: Tidak. Mereka senantiasan memohonkan keselamatan, keringanan dosa, kesejahteraan dan kemakmuran bagi anak cucunya. Mereka juga datang setiap tahun sekali, biasanya pada bulan Suro untuk berkumpul untuk membahas apa yang akan dihadapi oleh anak turunnya satu tahun mendatang.

WA: Apakah nanti bisa merubah takdir Tuhan?
LR: Tidak. Ketentuan Tuhan atau KUN FAYAYAKUNNYA tetap terjadi, Namun karena kesungguhan leluhur untuk mewiradati atau mengusahakan sehingga beban-beban anak cucunya akan berkurang. Disinilah fungsi para leluhur yaitu memberikan petuah dan wejangan sehingga anak keturunanya bisa mengambil langkah yang terbaik.
Misalnya saja ada peristiwa badai topan pada hari yang ditentukan. Para leluhur ini dengan kemampuan batinnya memintakan agar Tuhan berkenan memecah kekuatan badai topan agar tidak terjadi dalam satu wilayah saja dan membagi kekuatan angin sehingga tidak terjadi badai. Badai tetap badai namun kekuatannya berkurang karena terbagi dalam beberapa wilayah. Para leluhur ini akan menunjuk satu dua orang yang dipercaya dan dipandang memiliki kekuatan batin untuk mengusahakan agar badai bisa dipecah.

WA: Apa saran anda?
LR: Generasi penerus harus menghormati dan menghargai jasa-jasanya. Meski secara wadag mereka tidak ada namun mereka masih ada. Anak cucu jangan sombong bahwa apa yang diperoleh selama ini hanya upayanya saja, sebab para leluhur ini juga memiliki sumbangan yang besar terhadap kesuksesan anak cucunya.

WA: Bagaimana cara menghormati leluhur?
LR: Sebagai orang beragama, dia minimal sadar untuk saling mendoakan, menjaga adab, perilaku dan sopan santun kepada para leluhurnya. Jangan lupakan peran ibu bapak, kakek nenek dan seterusnya. Jangan lupakan budaya nenek moyang. Jadi misalnya kita tinggal di Jawa, Sumatra, atau Kalimantan maka juga harus menjaga budaya setempat.

Bila di Jawa, jangan lupa untuk menggelar ruwat desa dan lainnya. Ini adalah sarana untuk menghormati bumi dan alam sekitarnya. Para leluhur adalah menjaga harmoni alam.

WA: Bagaimana rasanya ditunjuk jadi manusia pilihan leluhur?
LR: Mungkin mereka akan kebingungan dan menganggap wejangan dari leluhur ini tidak masuk akal. Namun setelah diberi pengajaran, semua hijab-hijab ruhaninya dibuka maka dia akan mampu menangkap isyarat leluhur itu dengan bening. Perpaduan antara akal dan batin mereka lama kelamaan akan seimbang berjalan beriringan. Leluhur kadang memberikan pembelajaran secara keras. Misalnya menyuruh menguras isi dompetnya untuk membantu sesame, dikasihkan ke orang yang yang tidak dikenalnya, membatu orang yang kesusahan, dan sebagainya. Tapi leluhur akan menggantinya secara cepat bahkan berlipat-lipat. Kuncinya pada kepasrahan dan hati yang ikhlas.

WA: Apa yang harus dilakukan oleh rakyat Indonesia sekarang sehingga negeri ini sejahtera lahir batin, jauh dari derita dan nestapa, dijauhkan dari krisis?
LR: Kuncinya ada pada pemimpinnya. Pemimpin itu harus: Satu,didukung rakyat. Dua, dukungan dari bumi tempat dia dilahirkan. Ketiga, harus ada dukungan leluhurnya. Rakyat dan bumi ini sejatinya kan Tuhan yang sudah manunggal dengan isinya. Sementara leluhur yang memberi petuah dan saran serta mendudukan perkara-perkara pada tempatnya.

WA: Apakah negeri ini akan gemar ripah loh jinawi dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa kita?
LP: Setelah era kebangkitan banga Cina, maka bangsa kitalah yang akan jaya. Negara akan dipimpin oleh orang yang benar-benar adil dan mampu mengemban amanah dari rakyat. Mari kita tunggu bersama kedatangan pemimpin yang seperti itu. Semoga anda masih diperkenankan Tuhan untuk menyaksikan datangnya kejayaan negeri kita.

WA: Baiklah, terima kasih dan matur nuwun atas kedatangan panjenengan, leluhur kami. Semoga Anda senantiasa dalam lindungan Ilahi.
LR: Yo ngger, rahayu rahayu…

@wongalus,2010

182 thoughts on “PESAN LELUHUR UNTUK KEJAYAAN NUSANTARA

  1. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 17:59

    hmm..JAS MERAH..jangan sekali2 melupakan sejarah..

  2. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 18:01

    @gondo mayyit… jas merah nye mantep tuh… jangan sekali2 melupakan sejarah… ane demen dengernye…

  3. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:03

    Salam Ki Wong alus…. rasanya mak nyess mendapat pencerahan dari panjenengan mengenai leluhur kita… saya yg sedang mengalami masalah itu seolah-olah telah terjawab dengan postingan panjenengan. Nyuwun sewu… leluhur raja mataram ingkang kepangih kalih panjenengan meniko sinten ki? Nuwun…. maaf saya pake nama samaran

  4. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:14

    maksudipun pripun ki… kulo dereng faham komen panjenengan… nuwun

  5. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:15

    Wong ageng wau = ki ageng selo?

  6. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:17

    menawi panjenengan kerso monggo jagongan wonten warung kopi mawon kaliyan kulo ki alus….

  7. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:21

    oh… nggih… kolowingi nggih kulo sempat sowan dumateng panembahan ngabehi loring pasar wonten pesarean agung kotagede kaliyan nyuwun pangestunipun ki ageng juru martani..

  8. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:24

    nggih sumonggo kangmas…

  9. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 18:24

    Adem bumi ne trasa stlah mnyimak prckapan di ats trnyta Para lluhur nusantara gak tggal diam tuk ksjahtraan ank cucu ktrunan’ srta Bangsa trcinta ini . . . . Allah ya karim maha besar engkau tas sgala-gala’….

  10. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 18:27

    @bang mamat kumis…kata2 yg ad dmetro tv tuh bang..hehe..
    @bang wongalus..leluhur tu cm dr kerajaan yg dulu2 atw gmn?
    ane msh bngung mksdnya..

  11. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 18:34

    @bang mamat kumis…kata2 yg ad dmetro tv tuh bang..hehe..
    @bang wongalus..leluhur tu cm dr kerajaan yg dulu2 atw gmn?
    ane msh bngung mksdnya..apa tu jg brarti para sunan dl jg tdk dalam barzakh?
    mhn pnjlasannya esok hari kl jnengan dah ga sibuk..
    maklum ki..ane bnr2 ga ngrti kl wisik2 leluhur..blm prnh ngalamin..
    maturnuhun ki..

  12. Gupito 9 Agustus 2010 / 18:37

    Kalau saya dpt wejangan dari leluhur biasa nya lwt mimpi.

  13. Coentjen 9 Agustus 2010 / 18:40

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Semoga allah melimpahkan rahmat,ijin dan ridlonya kepada kita semua,kpada ibu dan ayah kita,kepada leluhur kita,kepada guru-guru kita,kepada keturunan kita,dan kepada keluarga kita semua.amin.

    Mohon maaf sebelumnya jika tidak sopan.
    @wong jogja=mas nur kah?

  14. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 18:41

    hmm..klo emg bnr apa yg dbilang kakek leluhur itu,,brati dah dkat neh datengnya si ratu adil.
    kejayaan bangsa cina..dah bnyk produk cina yg mnguasai pasar dunia,negara industri yg mrangkak mnuju jaman ke emasannya..
    becik ketitik olo dah mlai ketauan smuanya,,sgala tetek bengek kbobrokan nusantara kita dah mulai trbongkar..
    hmm…wAllohu a’lam anha..just keep it aja ya mungkin..

  15. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 18:43

    asswrwb….
    @ki wongalus……salam takzim…salam hormat….kados pripun ki kabaripun…?…lan ugi ingkang tansah kawulo tenggo dawuh lan pangandikonipun…..nyuwun pencerahanipun…..
    @gondo mayit…..sedulur lanangku yg pemberani…..piye kabare?sehat?….
    @gupito…dgn sgenap krinduan&cita cintanya….assalamualaikum bro?….
    @wong jojga….asswrwb…nderek nepangaken….salam paseduluran….
    @cah cirebon….alhamdulillah kepanggihan malih…..taksih tetep semangat to?…..
    @mamat kumis….asswrwb…sy yg msh bocah,ikut mperkenalkan diri,smg dpt dterima….

  16. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 18:43

    Cara’ gman bila mau dpt kwruh/wisik lwat mimpi??? Apakah wisik tsb khusus dbrikan bwt para KETURUNAN aja,,sdgkan yg tdk ada sngkut paut’ tdk akan dpt wisik tsb sprt hal’ driku ini…

  17. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 18:46

    Alhm Ttep Smgat k2ng begawan candhu….

  18. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:47

    @Coentjen, kulo sane mas nur… salam patepangan… mugiyo kita sedaya saged nguri-nguri menopo ingkang sampun dipun warisaken luluhur kita ingkang saestu wicaksono lan mboten njlumprungaken anak turunipun… nuwun

  19. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 18:47

    @gondo mayit… wah canggih tuh metro tv…sayangnye ane jarang nonton tv jd kaga tau di metro tv ada yg beginian…

    @wongalus… jd inget ma leluhur2 ane & leluhur nusantara nih… manteb…itung2 napak tilas…lanjutin bang…

  20. wong jogja 9 Agustus 2010 / 18:49

    @bengawan… salam sayang kembali, gimana kabar semarang…

  21. 'Damar Bodas_ 9 Agustus 2010 / 18:55

    assalamu’alaikum.wr.wb pini sepuh smua..jg sedulur smua..@ki wongalus..wejangan panjenengan menyejukan hati..matur nuwun …smoga,dlm menyambut bulan suci ini..hati kita smua semakin sejuk ..dan slalu eling sama yg MAHA KUASA..Amiin..monggo di lanjut,,,

  22. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 18:57

    @cah cirebon…seneng banget iso jagongan kaliyan panjengan malih….
    @wong jogja….salam mateng…(manis tur ganteng)kanggo panjenengane….ini sdg mnunggu wangsit dr ki wongalus,malah sdh tdr…he5x….
    @coentjen…..bgmn kbrnya,smg berkah menjelang ramadhan smkn mndekatkan paseduluran kt smua….

  23. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 18:58

    @bengawan candhu… met kenal dr ane bang…gmn kbrnye? di semarang? kapan2 kl ada duit ane pgn maen kesono…
    @gondo mayit… ane setuju ma pendapat ente, tanda2 kearah yg ente bilang udh mulai keliatan neh…

  24. andra 9 Agustus 2010 / 19:00

    josh dah….hehehehee,,tumut nyemak ki…….kibarkan sang merah putih,,bangkitkan dan sebarkan cnta tanah air agar nti hadir pemimpin baru dan aparat2 yg brbudi luhur,,aminn……

  25. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 19:04

    Oh dr Semarang toh k2ng begawan Candhu,,,,musim apa kang????
    Mamat kumis,wong jogja,gondo mayyit slam sdluran….

  26. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 19:09

    Oalah maksde BENGAWAN candhu kang m2f slh ktik,,hallah mklum tes blik krja matae wis merem melek kaya kie…huft ki wong alus dah Pules bgt kya’!! Mga mmpi indah ki….

  27. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 19:14

    @cah cerbon.., slm seduluran..

  28. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:15

    @’damar’bodas…salam kenal…salam paseduluran……
    @andra….(n the back bound)….salam kenal&salam hormat…bgmn kbrnya bro?…
    @mamat kumis….a jarang drumah bang mamat…..jg blm pnya rmh he5x…semarang itu u/formalitas sj,biar pnya status….krj sy luar kotaan bang…sy sj yg sowan klo ada wkt pd panjengan,biar bs mrasakan kerak telor…
    @cah cerbon….lg musim pancaroba jg hujan salah mongso….he5x….

  29. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 19:21

    Kaya’e k2ng Candhu Perantau Juga neh! Pada bae kang….denasib,hikz

  30. wong_keminter(wong_pinter) 9 Agustus 2010 / 19:24

    ass para sesepuh dan sedulur sekalian…saya ingin bertanya ni kepada siapapun yg tau ato yg mngerti….
    bgini, td skitar jam 8 mlam saya dan teman saya makan bakso di salah satu pondok bakso yg sngat ramai pelanggan nya di daerah tempat saya tinggal..dan karena pelanggan lagi ramai jadi pesanan saya agak lambat dtg nya, sambil menunggu pesanan bakso saya datang tidak sengaja saya iseng2 membaca ASR 3x sambil mnahan nfas dan meniupkannya di sekeliling pondok bakso tersebut, tapi aneh nya pemilik pondok bakso itu menghampiri saya dan berkata seperti ini kurang lebih nya: MAAF SEBELUMNYA MAS, TOLONG JANGAN DI GANGGU USAHA SAYA MAS,,SAYA HANYA INGIN AGAR USAHA SAYA MAJU DENGAN CARA INI MAS,,JADI TOLONG JANGAN DI USIR DIA MAS,,SEKALI LAGI MAAF MAS KALAU PELAYANAN KAMI KURANG MEMUASKAN…saya bertanya: DIA SIAPA YG MAS MAKSUD…tapi pemilik pondok itu tidak menjawab dan meninggalkan kami bgitu saja, saya dan teman saya jadi heran dan agak takut juga sih..! jadi para sesepuh dan sedulur smua, saya ingin minta pencerahan ki apa yg sbenarnya terjaadi….?????

  31. hijib 9 Agustus 2010 / 19:26

    ki apa betul leluhur yg datang itu sutawijaya atau penembahan senopati, apakah mereka itu masih hidup berserta jasad/fisiknya ataukah yg datang menemui ki wong alus itu hanyalah ilmunya dari para leluhur/penembahan senopati. adakah manusia yg bisa hidup terus menerus tanpa mengalami proses kematian selain dari nabi hidir As dan nabi isa As. manusia yg memiliki ilmu batara karang ataupun rawa rontek pun masih bisa mati.saya pernah mengalami hal yg sama seperti ki wong alus saya pernah bertemu dengan seseorang yg mengaku bernama penembahan senopati / panembahan ngabehi loring pasar / sutawijaya digunung lawu , tetapi saya menyakinin bahwa yg datang menemui saya itu bukan jin atau manusia yg bernama panembahan senopati dengan wujud manusianya tetapi yg datang itu adalah ilmunya dari panembahan senopati itu sendiri sama seperti para wali-wali Allah yg bisa datang menemui kita untuk memberikan petunjuk kpda kita karna para wali-wali Allah mempunyai karomah / kelebihan / ilmu yg diberikan Allah kpdanya, karna sesungguhnya orang-orang yg sudah meninggal Roh nya akan kembali kesisi Allah walaupun hakikatnya para wali itu hidup disisi Allah. sebelumnya saya yg bodoh dan lemah ini meminta maaf kpda kisepuh wong alus dan kpd para sesepuh lainya,,,,atas kebodohan dan keberaniaan saya menulis seperti ini.

  32. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:29

    @wong pinter….wah tembus….
    @cah cerbon…iya nih dulur…dr dulu senenge dolan2&meloncat loncat kaya kutu loncat….

  33. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 19:34

    @bengawan candhu… maen bang ke betawi… enaknye sih abis mkn kerak telor lsng lanjut napak tilas leluhur ke tmpt Pangeran Jayakarta, Kyai Abdurrohman, Habib Husein Al Idrus Keramat Luar Batang, Habib Abdullah Al Habsi Kwitang, dll…

  34. Cah Cerbon 9 Agustus 2010 / 19:37

    ASR sngguh mantep!!

    Heemm mata ku wis ngantk tenan…wkt’ istrhat,,monggo sdlur skbehane dlnjtkan…

  35. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 19:39

    @bang hijib..tu jg jd prtnyaan bwt ane..”JIKA ANAK CUCU ADAM ITU MATI bla bla bla..”..KULLU NAFSIN AKAN MERASAKAN MATI…dalil hadist ame qur’an.
    trus leluhur tuh apanya ya?

  36. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:39

    @mamat kumis…iye bang,ane jg sbtlnya sdh rindu dgn bekasinya bang,sempet hidup dsono ampat taon….sejak2003…sayang kite belon knl ye bang,klo kenal ane bisa silaturahmi sowan sama abang…bisa ziarah ditempat2 para kekasih allah tsbt…..doain ane aja bang,bila ada wkt&umur panjang bolelah kt ktm buat silaturahmi…sambil ngalap berkah doa panjengan……

  37. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:41

    @hijib…salam kenal…salam paseduluran…ikut menggelar&ikut mnyimak nih,mhn pencerahan dr poro sesepuh…kt yg msh awam mhn pencerahannya…..
    @gondo mayit…..bro bgmn kbrnya bro?sibuk skl nich….?….assalamualaikum…

  38. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 19:44

    wallah msh bngung neh ane…dulu ada mkam hbib kramat dbwi yg kra2 dah ratusan taun umurnya longsor,jenazahnya msh utuh,pdhal udah ratusan taun.
    bisa dsebut leluhur gak? apa mgkin cm dr glongan krajaan aja? tlg sdulur kl da yg pny pnjlasan,monggo dibabar.

  39. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 19:48

    alhmdlah bang bengawan,,udah mau slsai tesisnye,tinggal ujian aja..siap2 jdi pngangguran baru..wkwkwk..

  40. 'Damar Bodas_ 9 Agustus 2010 / 19:49

    salam,kenal kmbali @mas bengawan chandu..gimana ketua panitia..bwat acara di jogya..sudah lancar..n’siap..mudah2an sukses ..@wong kuminter..sepertiny,pondok bakso itu..pnya amalan penglarisan..hingga tau kalo,@wong kuminter bca amalan asr..@cah cerbon..slam kenal mas..@mamat kumis slam kenal jg..monggo di lanjut @andra semangat 45 neh hehe..lam knal jg..

  41. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 19:51

    alaykum wa alayna salam..

  42. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:51

    @gondo mayit…ha5x…org spt panjengan masak lgsg nganggur…sbtlnya panjengan pst byk temen jg byk relasi,masak nganggur….santai sj,tesisnya yg ptg akurat&dkerjain sndr&bs mnjelaskan mskpn tdk detil,ente kan tipe otg cerdas…..pst lolos lah…..

  43. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 19:53

    @’damar’bodas….msh mnunggu sentuhan hangat dr owner…jg pencerahan dr beliau…ini lg nirakatin wangsit dr sesepuh blog…he5x…
    iya tuh….smp2 khadam penglarisannya brlarian minggir salang t7unjang…he5x…..

  44. gondo_mayyit 9 Agustus 2010 / 20:00

    wkwkwkwk…ono2 wae bang chandu iki..
    relasi bandar togel karo cap jiki uaaakeh bang..
    lagi nunggu bang gupito buat togel hari rebo neh..

  45. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:02

    jika belum tidur monggo dilanjut kalih kulo.. Salam kpd semua. Salam Bengawan candhu. Tasik melek?

  46. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 20:03

    @bengawan candhu… amiin… kite saling doain yee… mdh2an ade rejekinye… maap td ane salah ketik, yg bener di Kwitang itu Habib Ali Al Habsyi, sdgkan Habib Abdullah Al Habsyi itu kakek dr Habib Ali…

  47. Nasrudin 9 Agustus 2010 / 20:05

    Assalamulaikum, Ki dan semuanya, amat menarik apa yg dikatakannya, tapi saya yg awam ni tak berani nak kata apa, cuma mungkin apa yg dikatakan Hijib bleh diterima , untuk peribadi saya cenderung pada pendapat Hijib.
    Sedikit pengalaman saya pernah juga dgn Sang ratu kidul, Dewi Anjani (L0mb0k), Puteri Gunung Ledang, Dewi Gel0ra (Fl0res), Puteri Santubung dan sebagainya, tapi saya yakin yg berbicara itu bukan dtg sebagai wujud manusia, sekiranya sudah Meninggal, tapi kalau masih hidup, bisa saja(harus),rasa saya itu mungkin hakikat saja diperlihatkan / atau ilmunya dtg, untuk yg saya alami itu, Berbanyak maaf saya mhn dari Ki W0ngalus atas pendapat saya ini. terima kasih

  48. hijib 9 Agustus 2010 / 20:05

    ki bengawan.candhu salam kenal dan ki gondo-mayit slam kenal..yg namanya leluhur ya para orang tua dahulu yg tlah meninggalkan kita.wong_keminter mantep asrnya tapi tukang baksonya lebih tau dari anda.– orang-orang tua ( leluhur ) yg memiliki ilmu/sakti ketika dia meninggal dunia dia akan meninggalkan ilmunya / karomahnya dan juga para khodamnya/pembantu-pembantunya

  49. 'Damar Bodas_ 9 Agustus 2010 / 20:06

    maaf,sadulur @all.d tmpat ane dah jam 03.00,ane mo istrahat dlu …salam @all…

  50. andra 9 Agustus 2010 / 20:06

    @bengawan candu putih opo candu ireng:wkwkwkwkw….
    kabar sae kemawon om….hehehehee,,kala wau nembe sholat hajat,3 menit saklajengipun alhmdulilaah terkabul dan terjawab….hhehehe,,nembe bungaah2 e om……wkwkkwwkwwkk,,biasa tiyang enem….hehehheee,
    dos pundi kabaripun panjenengan?

  51. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 20:08

    @tgondo mayit…..panjenengan kan msh muda,msh pnya byk ksempatan byk pilihan hdp drpd mrk yg sepuh2…prl di format tuh remaindnya…siapa tau dgn format ulangnya Allah mnempatkn panjenengan sbg kekasihNya yg mndpt tmpt yg dmuliakan ddunia&jg di akhirat….sedulurku…..
    @gus santri…taksih gus,msh mencorong spt mata kucing nih nunggu berkah pandonganipun panjenengan…kok dereng sare gus?….
    @mamat kumis….iye bang,smntr silaturahmi dulu via blog,biar ane yg msh bodoh ini diajari byk2jd klo ktm panjenengan tdk malu2in…he5x….

  52. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:10

    Assalamualaikum. Salam Gondo mayit, buluku bergidik. Salam Wong Tegal. Salam Mamat Kumis, kumisnya itu lo.. Salam semua, juga WA. Terkhusus Bengawan Candu. Milai ngantuk. Subhanalloh.. Alloh, Alloh, Alloh…

  53. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 20:11

    @andra…alhamdulillah sae kemawon kabar kawulo mas andra n backbound…..wah,ini br dpt sms balasan cinta dr cew nich…cerita dong rahasia sukses doanya,shg dpt cew….biar kt dpt pencerahan nich….
    @’damar’bodas….iye bang,silahkn istrht,insya allah laen wkt kite bs ketemuan lg…met istrht bang…matur suwun….

  54. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:18

    wau nembe ngatur jadwal kegiatan ramadhan kagem lare2.. Kulo ngomentari dawuhe Ki WA ngeten, memang segala sesuatu adl mungkin terjadi kalau Allah sudah dawuh Kun. Kalau Allah sudah berkehendak. Tentang leluhur itu, kalau memang benar orang2 suci maka memang tdk mati yg benar2 mati. Ayat Allah: dan jangan kau kira orang yg mati di jalan Allah itu adl mayit. Tetapi mereka hidup dan mendapatkan nikmat.

  55. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:22

    Bisa jadi para leluhur yg ada sebelum islam datang adl para pengemban risalah Allah. Bukankah Allah berfirman: Tdklah aku biarkan suatu kaum kecuali pasti aku utus seseorang dr kalangan mrk sendiri.
    Ini berlaku utk sebelum Nabi penutup MUHAMMAD SAW

  56. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 20:24

    @gus santri…gelar tiker…nderek nyimak gus…..

  57. andra 9 Agustus 2010 / 20:25

    wakkakaaa….tau aje om…..hihihhihi,,iya om lagi nembaak cewek….tapi d suru nunggu dlu….ya udaaah q sholat hajat aja om…eh 3 mnt kmudiaaan d trimaa……hehehhehehee,,
    ;p
    wadduuuwh…biasa kemawon om pandonganipun kawula dumatheng ghusti…hehheheee,,klentu om menawi bengawan nyuwun pencerahan kaliyan kula….
    ingkang leres kula nyuwun pencerahan ugi pandonganipun panjenengan…hehehheheee,,

  58. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:27

    Karena risalahnya sdh habis, maka risalah terdahulu sdh tdk berlaku lg. Namun, dlm prinsip hukum islam ada yg namanya al-i’timad bil qodimis sholih wal akhdzu bil jadiidil ashlah, berpegang pada ajaran lama yg baik dan mengambil ajaran baru yg lbh baik.

  59. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:32

    Artinya, ajaran leluhur yg baik perlu kita pertahankan. Yg jelek tdk usah diikuti. Belum tentu yg lama itu baik semua. Mobil tua tdk lbh menarik dr mobil2 baru. Cewek tuwa tambah membuat lari,bandingkan sm yg muda. Fir’aun adanya zaman dulu. Bahkan Qobil jahat malah lbh dulu.. Ya pokoknya semua dilihat2 dulu lah.

  60. andra 9 Agustus 2010 / 20:33

    @gus:tumut nyemak gus…..lanjuut,,nyuwun donganipun…heheeh,

  61. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 20:34

    @andra…loh,sy ini byk dosa jd klo ndonga kadang smp brhari/mgg/bln/thn br ijabah…lah u kan3menit lgsg dbalas kan brarti cespleng to ya….wajah ganteng&baek jg momong panjengan kan dsenengi cew tsbt…alhamdulillah sy jg ikut sng loh….
    @gus santri….msh nyimak gus…monggo dlanjut….

  62. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:34

    la kalau cewek, saya jelas pilih yg muda to yo.. Bengawan, kok nglantur pengin wayuh ngeten niki. Ha ha ha

  63. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 20:36

    @gus santri… slmt istirohat… untung diingetin ma ente, kumis ane udeh 2 taun kaga dicukur…

    @bengawan candhu… duh bang…ane kaga bs ape2 & ga pny ape2…beneran deh kaga boong…sholat fardhu aje ane bolong mulu kerjaannye…ane ampe malu ma bini & anak2 ane punya bapak ky ane…tp kl utk bikin ketoprak doang sih insyaAlloh ane sanggup..

    @nasrudin… wa alaikumsalam… met kenal… ane setuju ma ente, kl kate orgtua dulu biasanye dr leluhur itu yg hadir karomahnye, tp ada kalanye bs jg ruhaninye yg hadir walaupun hanya sekejap…boleh tau malaysianye di kota ape?

  64. Nasrudin 9 Agustus 2010 / 20:39

    @gus santri, Salam , benar jugak,makanya masa Isr0′ Mikraj nabi saw, juga ketemu dgn Nabi2 yg terdahulu yg sudah meninggal cuma dua 2 Rasul diceritakan hidup, yg lain2 tu sudah wafat, maaf gus santri, saya berfikir begitu.

  65. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:40

    Mas Andra, tetepangan nggih.. Tp orang tua itu bnyk pengalaman. Menangnya orang tua yg di situ itu. Kalau hatinya baik, dg pengalamannya menjadikan dia berhati2 dan terus mempersiapkan bekal mati. Kalau hati jelek, tua2 keladi. Semakin tua semakin pengin rabi, dan ngentek2i. Ha ha ha

  66. Nasrudin 9 Agustus 2010 / 20:41

    @Mamat kumis, Salam kenal saya ( Terengganu),

  67. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:45

    Salam juga Mamat Kumis dan Nasruddin. Ayatnya tentang itu ini lo: wa laa taquuluu li man yuqtalu fii sabiilillahi amwaata, bal ahyaauw walaa kil laa tasy’urun.

  68. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 20:48

    @gus santri…wah gus tp msh rumit ya mbedakan mana leluhur mana yg jin mana yg malaikat…klo a kdatangan dewi kleting kuning gt lgsg girap2 nggak bs tidor he5x….
    @mamat kumis….he5x…bise aje bang merendahnye….kt pengen dr para sesepuh selain ilmu hikmah jg perlu bimbingan&jewerannye bang,yg msh bocah macam ane ini msh belon lurus mikirnye…banyak godaan nich….
    @nasrudin…salam paseduluran…bgmn kbrnya bro…?…sng bs ddk dlm satu meja bgini dgn panjenengan….

  69. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:49

    Jangan kau sangka orang yg mati di jalan ALLAH itu adl mayit. Bahkan mereka hidup. Tetapi kamu semua tdk mengetahui.
    Ini alquran. Jelas benarnya. Mereka masih hidup. Jelas hidup. Hanya kita yg tdk tahu..

  70. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 20:49

    @nasrudin… kl ane ga salah di terengganu dulu ade 2 Waliyulloh yg terkenal yaitu Syekh Syarief Muhammad & Syekh Abdul Malik… betulkah makam beliau2 itu di terengganu?

  71. Din 9 Agustus 2010 / 20:53

    Kepada semua,

    Seiring terbenam mentari di akhir Sya’ban
    tibalah kini bulan Ramadhan
    Pesan ini sebagai ganti jabat tangan
    tuk memohonkan maaf dari kekhilafan
    Marhaban yaa Ramadhan

    Marhaban yaa Ramadhan,
    pucuk selasih bertunas menjulang,
    dahannya patah tolong betulkan,
    puasa Ramadhan kembali menjelang,
    salah dan khilaf mohon dimaafkan.
    Selamat Menunaikan Ibadah puasa

    Selembut embun dipagi hari, tengadah tangan sepuluh jari,
    ucapkan salam setulus hati, selamat menyambut bulan yang suci.

  72. gus santri 9 Agustus 2010 / 20:56

    Lek menurut kulo, selama kita dereng makrifat billah sakestu. Belum makrifat benar2. Maka jalan paling selamat adalah dg ilmu. Atau mendekat kepada ahli ilmu.. Dan dalam urusan keyakinan, kalau kita muslim, tdk ada lain kembali kpd alqur’an, hadits, atsar para shahabat, dan pendapat ulama salafus shalih..

  73. andra 9 Agustus 2010 / 20:57

    @bengawan candu:haduuuuwwwh kula mboten mangertos menapa2 om…mboten gadhah menapa2,,mboten saget menapa2,,ya alhmdllah kemawon kula om….hehehhehee,,,nwun om….hehehee,,
    om kurang mangertos;momong panjengan kan dsenengi cew tsbt…haduuuwwwh krang ngrti magsudte mas…hehhehehe,,agaak leemooot kie…hehehee,,
    apa ya om mgsudte?hehhehe…dereng sare om?

  74. Nasrudin 9 Agustus 2010 / 20:58

    @Mamat Kumis, ya benar sehinggakan ada Sek0lah yg diberi nama Sek .Men Sheik Abdul Malik, Syekh Syarief Muhammad saya tidak pasti samada makam diTerengganu atau tidak, untuk lebih lanjut bleh lawati Bl0g Ulama Nusantara, terima kasih,

  75. andra 9 Agustus 2010 / 21:02

    @gus santri:njih sugeng tepang njih gus,,,,,
    wakakkakkakakkakaa…..gus monggo dipunlajengaken……kula tumut nyemaaak kemawoon,,

  76. gus santri 9 Agustus 2010 / 21:03

    Satu contoh, kisahnya Syekh Abdul Qodir jailani. Saat beliau bermunajat kpd ALLAH tiba2 datang sinar terang. Keluar suara dr sinar itu: ana robbuka. Qod abahtu lakal muharromaat. Saya adalah tuhanmu. Sungguh aku telah memperbolehkan kpdmu sekarang,semua hal yg diharamkan. Bagaimana jawaban Syekh menurut panjenengan sdy?

  77. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 21:03

    @gus santri… betul itu ayatnye.. 100 buat ente… bahkan ampe ade org yg berpepatah “bumi pun malu dan diharamkan utk memakan jasad org suci/auliya (kekasih Alloh) yg dimuliakan Alloh”…Wallohu’alam…ane kaga ngarti, cm denger2 aje..

  78. Nasrudin 9 Agustus 2010 / 21:06

    @ Bengawan candu, salam ….khabar baik, saya tumpang ikuti perbicangan2 dari Sesepuh2, amat menarik, maaf….saya undur diri dulu

  79. gus santri 9 Agustus 2010 / 21:08

    Syekh menjawab: idzhab ‘annii ya mal’uun. Pergi kamu wahai terlaknat..
    Syekh tahu kalau sinar itu adl iblis ‘alailla’natullah. Dari mana beliau tau?

  80. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 21:12

    @gus santri… itu cerite iblis turun dr langit , lalu coba menghasut Kanjeng Sulthon Auliya namun gagal trs terusir smbl dilempar pake bakiak Kanjeng Sulthon Auliya yee?

  81. gus santri 9 Agustus 2010 / 21:12

    Ternyata Syekh tau dari kata yg keluar dr sinar itu. Kok semua hal yg diharamkan mjd halal itu ketemu pinten perkoro? Kanjeng Nabi sang makhluk tersuci tdk mendapatkan gratisan itu kok Syekh dapat? Apa lbh mulia dr pd Nabi? Itu tadi pertimbangan dg ilmu..

  82. gus santri 9 Agustus 2010 / 21:17

    Mas Mamat Kumis, alhamdulillah kalau sdh tau. Itu bukan cerita kosong. Tp ada dalam kitab manakib. Wah para sedulurku, di tempat saya sdh ada tarhim. Saya mohon undur diri. Pangapunten jika terkesan menggurui.. Panjenengan sedaya tiyang sae,mugi2 kulo ketularan sae.. Wassalamu’alaikum wr wb.

  83. bengawan.candhu 9 Agustus 2010 / 21:19

    @andra…berjiwa momong,krg lbhnya memiliki jiwa yg bs mngikuti&mngerti thdp sang pujaan hati…nnt klo u memiliki jiwa ini tdk hanya cew yg kesengsem sama u,tp dr tmn2 u akan suka sama panjenengan….
    @gus santri …@bang mamat kumis….@nasrudin….sedulurku semua,mo undur diri dulu ya…tuh bunyi bedug sdh dpukulin dkt telingaku…yukk pamit dulu ya…wassalamualaikum wr.wb…salam paseduluran sing akiiih….

  84. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 21:24

    @gus santri… iye betul cerite itu ade di kitab manakib… ane jg bentar lagi undur diri neh…mau siap2 dlu…

    @nasrudin… makasih buat infonye… silahkan dtg ke indonesia jika ade kesempatan…

  85. Mamat Kumis 9 Agustus 2010 / 21:28

    @bengawan candhu, @ sedulur semua… skrg ane undur diri dulu yee…ampe ketemu di laen wkt dan kesempatan…wss.wr.wb

  86. Q'debleng' 9 Agustus 2010 / 22:08

    KEPADA keluarga besar kampung wong alus besok puasa,saya Q’DEBLENG mohon maaf yg sebesarnya atas dosa2 Q debleng.

  87. Q'debleng' 9 Agustus 2010 / 22:09

    Hampura hampura hampura hampura,mohon maaf lahir batin.

  88. Wong_keminter(Wong_pinter) 10 Agustus 2010 / 00:21

    @ki bengawan.Candhu. .Tembus apa nya ki.? Tlog dijelaskan ki…Saya yg bodoh dan tdk tau apa2 ini sngt mnghrpkan pncrahan dari ki ato sesepuh dan sedulur KWA lain nya.! ! ! Trima kasih

  89. Coentjen 10 Agustus 2010 / 00:47

    Assalamu’alaikum wr wb.yaa allah limpahkanlah rahmatmu,ijinmu dan ridlomu kepada hamba,kepada ibu dan ayah hamba,kepada guru-guru hamba,kepada leluhur hamba,kepada keturunan hamba,kepada keluarga hamba dan kepada semua ,sadérek,saudara,dulur yang ada di KWA ini beserta keluarganya.

    @wong jogja=oh bukan mas nur,kalau bgtu maaf ya kang mas wong jogja sy salah duga.
    @begawan.candu=alhamdulilah kabar baik…semoga kang mas begawan besrta keluarga kbrnya baik jga.
    @all sedulur:SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BULAN SUCI RAMADHAN 1431 H.

    Wassalamu’alaikum wr wb.

  90. adim 10 Agustus 2010 / 00:58

    @ kiwongalus

    alhamdullilah hirobbil alamin….

    BAGAIMANA PENGALAMAN AKI MEMINDAH KERAJAAN JIN KEMARIN?..
    SEBUAH PELAJARAN BUKAN???

    kiwongalus alfatikha…1x

    SELAMAT MENUAIKAN IBADAH PUASA 1431 H
    SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA DI SISI ALLOH SWT. AMIN

  91. nogosuoro 10 Agustus 2010 / 01:31

    AsslmWrWb,

    Marhaban Yaa Ramadhan…. Taqabalallahu Minna Waminkum…

    Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, izinkan saya mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1431 H.
    Mohon Maaf Lahir Bathin bagi segenap umat islam yang wajib melaksanakan.

    Saya sendiri menyadari bahwa baik secara sengaja maupun tidak sengaja sering melalaikan perintah-NYA. sering berbuat khilaf baik pada orang tua, keluarga, teman2x serta sesepuh maupun sedulur2x saya di KWA

    Semoga puasa kita dibulan Ramadhan kali ini dimudahkan dan diterima oleh Allah SWT serta di ampuni dosa kita semua, amin.. Yaa Alloh…Yaa Robbal ‘Alamiin

    Wassalaam

  92. agus 10 Agustus 2010 / 01:45

    ikut nyimak,
    semoga ALLAH senantiasa menyertai kita.
    amin………

  93. adim 10 Agustus 2010 / 01:49

    maaf ucapakan sambut buasa kurang lengkap saya kurang lengkap
    kopy paste dari @ Ki nogosuoro

    Asslm,Wr.Wb,
    Marhaban Yaa Ramadhan…. Taqabalallahu Minna Waminkum…

    Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, izinkan saya mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1431 H.
    Mohon Maaf Lahir Bathin bagi segenap umat islam yang wajib melaksanakan.

    Saya sendiri menyadari bahwa baik secara sengaja maupun tidak sengaja sering melalaikan perintah-NYA. sering berbuat khilaf baik pada orang tua, keluarga, teman2x serta sesepuh maupun sedulur2x saya di KWA

    Semoga puasa kita dibulan Ramadhan kali ini dimudahkan dan diterima oleh Allah SWT serta di ampuni dosa kita semua, amin.. Yaa Alloh…Yaa Robbal ‘Alamiin

    Wassalaam

  94. Masharis 10 Agustus 2010 / 01:56

    Alahamdulillah
    Maturnuwun ki alus pencerahannya, salam kagem sedulur sedoyo kemawon…, saya sangat sependapat dengan ulasan diatas…
    Selamat menunaikan ibdh puasa bagi yang melaksanakan, dari saya pribadi mohon di maafkan segala kilaf saya selama ini terhadap panjenengan semua semoga di bulan yang penuh rohmat ini kita semua bisa khusuk melaksanakannya… amien

  95. Gumelar 10 Agustus 2010 / 02:14

    Assalamu alaikum dulurku semua. selamat pagi.
    Semoga ALLAH SWT senantiasa menunutun kita dijalan yang di ridhoiNYA.
    aamiin. semoga berbahagia.
    wasallam

  96. Gus Supri 10 Agustus 2010 / 02:15

    Assalammualaikum Wr Wb.

    Kepada para pinisepuh serta seluruh warga kampus wongalus, saya mohon maaf lahir bathin.
    Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa kali ini dengan lebih baik agar kita makin layak menjalani kewajiban hidup ini. Amin

  97. ngesty 10 Agustus 2010 / 02:18

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    bwat semua sedulur KWA saya mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BULAN SUCI RAMADHAN 1431 H.dan apa bila ada salah kata saya mohon maaf krna saya hanya manusia biasa yg tak luput dari kesalahan dan Khilaf dan semoga ALLAH SWT selalu melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada kita semua…….amin ya Robbal alamin

    Wassalam

  98. zenzen 10 Agustus 2010 / 02:42

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA…semoga bisa mengisi Bulan yang suci ini dengan mendekatkan diri dan memperoleh AmpunanNYa…amin..mohon doanya juga dari para Leluhur

  99. AnakLanang 10 Agustus 2010 / 02:50

    Pengalaman batin yang menyejukkan hati
    Smoga bisa menjadikan kita lebih mawas diri

  100. wongmdn 10 Agustus 2010 / 02:51

    @mas samsu R, email yg panjenengan krm blm msk ke budi_hans29@yahoo.com

    cb krmkn sekali lg mas,tlng aq mas

  101. Gumelar 10 Agustus 2010 / 02:56

    Assalamu alaikum.
    ” MARHABAN YAA RAMADHAN ”
    teruntuk sesepuh dan dulurku semua, saya Gumelar, mohon maaf atas segala kesalahan, selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ALLAH SWT
    meRahmati kita semua. aamiin.
    wasallam.

  102. ki ahmad 10 Agustus 2010 / 02:59

    KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH MALAM KE-1 SAMPAI MALAM KE-30

    Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa dia berkata: Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda:
    1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
    2. Dan pada malam kedua, ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
    3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.”
    4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
    5. Pada malam kelima, Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
    6. Pada malam keenam, Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
    7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
    8. Pada malam kedelapan, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahin as
    9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi saw.
    10. Pada Malam kesepuluh, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
    11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
    12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
    13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
    14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
    15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
    16. Pada malam keenam belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
    17. Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
    18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”
    19. Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
    20. Pada malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
    21. Pada malam kedua puluh satu, Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
    22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
    23. Pada malam kedua puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
    24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
    25. Pada malam kedua puluh lima , Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
    26. Pada malam keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
    27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
    28. Pada malam keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
    29. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
    30. Dan pada malam ketiga puluh, Allah ber firman : “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.”
    Akhirnya, semoga amal ibadah kita diterima dan kita mendapatkan pangkat dan derajat dari Allah sebagai seorang yang bertakwa.

    Sumber Hadist dari Kitab Duratun Nasihin, Bab Keistimewaan Bulan Ramadhan.

  103. ericsagita 10 Agustus 2010 / 03:07

    nais info, izin menyimak y ki

  104. mas agung 10 Agustus 2010 / 03:12

    matur nuwun sanget Ki Ahmad, salam tetepangan.

  105. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 03:20

    jangan liat siapa yg datang/siapa yg ngomong.tp liat apa yg di omongin.klo ada leluhur bilang nyuruh mutus.silaturahmi apa ya bener.he3x.klo aq pake jas+bwa iphone+pake minyak wangi+honda jazz pinjem rentalan

  106. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 03:26

    n aq ngaku2 kepala cabang sebuah bank kyak nya bnyk cewex2 yg bakalan percaya.wlpun asli nya pengangguran.wkwkw.jin aja bisa nyamar jd nabi sulaiman loh.

  107. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 03:37

    sekelas ki wong alus n para sesepuh2 di sini.setan ma jin yg nganggu tentu nya bukan jin n setan lulusan.TK/ SD/SMP/SMA/S1 lg tp sekelas Prof/Doctor.

  108. don'z 10 Agustus 2010 / 03:49

    y sy setuju dg artikel diats kl sy jg dr mimpi atau firasat yg tak diduga2…
    kl mnrt baik sy mengenai wisik dll,kl yg baik2 dan tdk menyipang dr ajaran agama blh dipake tp kl yg tdk baik dan nyimpang dr agama mending g ush di pake krn yg tdk bsik sdl dstsngnys dr setan….

  109. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 03:55

    n jin setan sekelas Prof Doctor tentunya g main otot donk.mrka akan main otak buat bikin para sesepuh di sini pada klepex2.biasanya tehnik yg di pake.tehnik “menyebrang sunge di air yg deras”

  110. rahyang 10 Agustus 2010 / 04:00

    LR : “Anakku dan semua keturunanku yg masih ada dialam dunia semoga sampai ke alam keramat dan mendapat kesenangan, kaya dan terhormat serta selamat didunia sempurna di akhirat keatas dan kebawah lantaran kodratku”

  111. salawar rabit 10 Agustus 2010 / 04:06

    om alus fotonya ganteng ^_^

  112. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 04:07

    knp usa jd lokomotif ekonomi dunia yak.knp jepang yg se upil gtu bisa pe njajah china n indonesia yak.jgn2 leluhur bangsa amrik
    ma jpng lbh sakti dr leluhur tanah jawa.he3x.

  113. Masharis 10 Agustus 2010 / 04:24

    @pelan_pelan_saja
    Ndak usah meri to mas sing penting kampus Wong Alus adanya cuman di Indonesia aja, gitu aja ra wis… Ya nggak, hehehe…

  114. DEVIT LIZA 10 Agustus 2010 / 04:30

    izin menyimak aja ya para sesepuh Trims…

  115. Pakdhe Gempo 10 Agustus 2010 / 04:33

    Alhamdulillah, akhirnya kita ketemu dengan Ramadhan lagi….
    @Semua Sedulurku di KWA, mohon dimaafkan atas semua kesalahan saya baik disengaja maupun tidak disengaja….

    Semoga dengan puasa Ramadhan ini, kita akan banyak diberikan kebaikan yang bisa memberi manfaat pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. serta ibadah kita lebih dimudahkan dan diterima oleh Allah SWT serta di ampuni dosa kita semua, Amin.. Yaa Allah…Yaa Robbal ‘Alamiin

  116. Ki Ageng Tirtomoyo 10 Agustus 2010 / 04:33

    salam rahayu kagem ki wong alus

    matur nuwun, ceritane panjenengan saget mak nyos teng ati, mugi mugi Gusti ingkang maha suci ridho maringi pepadhang kagem keluarga kampung Wong Alus.

    mohon maaf lahir bathin,
    sumonggo di pun di lanjut pitutur pitutur kang becik

    nuwun

  117. dian 10 Agustus 2010 / 04:33

    ijin nyimak ki lanjut…

  118. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 04:36

    @masharis.inggih mas.he3x.

  119. wedono kalijambe 10 Agustus 2010 / 04:44

    Seringkali kita berfikir yang tidak sepantasnya.
    Melihat yang tak semestinya.
    Berbicara yang tak sebenarnya.
    Menangani yang tak terpuji.
    Melangkahkan kaki ke tempat yang tak semestinya.
    Marhaban ya syahros siyam….

  120. Masharis 10 Agustus 2010 / 04:47

    @pelan_pelan_saja
    Saya pernah tinggal disana Jepang rasanya ya biasa2 aja kok …, makanannya ya paling asin, pahit, getar, manis, pedas… gitu2 aja, mendingan di sini lo…

  121. Gupito 10 Agustus 2010 / 04:50

    @Masharis, kalau cewek jepang bgmna?

  122. Masharis 10 Agustus 2010 / 04:53

    @Mas Gupito
    Apanya yang gimana maksudnya, dari jauh ya cantik klo mendekat ya biasa aja kok, klo blum lihat sendiri sich saya yakin 1000 tanya pastinya…

  123. pelan_pelan_saja 10 Agustus 2010 / 05:05

    @masharis nah itu dia mas.di jepang yg mnrt masharis biasa aja.n sama2 kyk di indonesia ada rasa manis asam n getir nya.knp mrk bisa maju gtu mas.

  124. mas Hu 10 Agustus 2010 / 05:09

    Ass Wr. Wb,
    Informasi dari LP tentang kejayaan negri kita setelah kebangkitan dari ekonomi china sangat rasional, apabila kita dapat memanfaatkan momentum dari kebangkitan macan-macan Asia seperti : india, Korea selatan, Malaysia dll.
    Ekonomi china sangat massif dan ekpansif, saya melihat sendiri, sebuah perusahaan manufactur alat berat yang pada tahun 1992 omsetnya hanya 700 milyar, berkembang pesat melalui pengelolaan yang profesional, sehingga pada tahun 2007 omsetnya menjadi 40 Trillun, dari beberapa sejarah perkembangannya saya melihat bahwa mereka selalu berhasil dalam mencapai target yang telah ditentukan. dan saya yakin di tahun 2015 target mereka 85 trilliun akan tercapai.
    Apa yang dapat kita ambil dari perkembangan china adalah : pasokan untuk perkembangan industri mereka.
    Dari pengalaman bersaing dalam pasar bebas, harga yang ditawarkan mereka dapat berkisar 20% dibawah harga. Padahal nilai segitu barangnya sudah sampai di negeri kita, oleh sebab itu sangat sulit mengalahkan dan bersaing dalam hal manufacturing. Akan tetapi kita dapat menjadi komplemen / pelengkap dari industri mereka, yaitu menjadi pemasok energi, bahan mentah/setengah jadi, bahan alam, dan komponen-komponen industri yang lebih bersaing harganya karena ongkos pengiriman, pemasok obat-obatan, bahan makanan dan barang-barang mewah/perhiasan misalnya : emas, berlian dll.

    Tapi yang jelas gemah ripah loh jinawi dapat kita capai apabila negeri kita disiplin dalam membangun kultur yang baik, ekonomi yang efisien dan tanpa korupsi, infra struktur yang baik dan memadai bagi pengiriman hasil industri serta upah hidup yang layak bagi para pekerja, serta manajemen kenegaraan yang benar.

    Demikian.
    Wassalamualaikum Wr Wb.

  125. SUSIYANTO 10 Agustus 2010 / 05:25

    Matur nuwun semua..

  126. ra mbeling 10 Agustus 2010 / 05:35

    alangkah senangnya jika suatu saat kita semua bisa bersua…salam kenal buat sesepuh KWA dan poro sedulur kabeh dari saya jumin di malang.

  127. SUSIYANTO 10 Agustus 2010 / 05:47

    Selamat menunaikan ibadah pusa bwt para sedulur-sedurQ..

  128. Nalih 10 Agustus 2010 / 06:02

    Ass… ada yg ngrti atau pham atau apalah masalah ilmu buhun? mhon pncrahannya…!! wasalam

  129. thanmust thepos 10 Agustus 2010 / 06:11

    @KELUARGA BESAR KWA :
    NYUWUN PANGAPUNTEN SEDOYO KALEPATAN, LAN SUGENG SYIAM.
    SUNGKEM DUMATENG PORO SEPUH.

  130. alif ro 10 Agustus 2010 / 07:49

    ki bisa nggk minta tolong … istri q tu minta cerai trs entah q sdr binggung apa sebabnya …. bagamana caranya biar istri q kembali suka ma q… kasihan krn anak q dah 2….. mohon cp yg bsa bantu pecahin masalah q…….

  131. lele sayur 10 Agustus 2010 / 08:03

    duh saya malah belum kawin

  132. Ki nur jati 10 Agustus 2010 / 08:05

    Ass wr wb para pini sepuh & sadulur semua.TERSELIP KHILAF DALAM CANDA.TERGORES LUKA DALAM TAWA.TERBELIT PILU DALAM TINGKAH.TERSINGGUNG RASA DALAM BICARA.MARI KITA SALING MAAF MEMAAFKAN SEBELUM TIBA RAMADHAN.SEMOGA KITA TETAP BERSAMA DALAM 1 JEMBATAN..1 DOA & 1 TUJUAN DALAM MENUJU”RIDHO ALLOH SWT” AAMIN…….selamat menunaikan ibadah puasa.

  133. lele sayur 10 Agustus 2010 / 08:09

    sayur sayur

  134. lele sayur 10 Agustus 2010 / 08:17

    alif ro…pake ilmu tali mubin surat yasin…

  135. Ki nur jati 10 Agustus 2010 / 08:19

    @alif coba mas amalkan supaya mas bisa bersatu lagi dengan istri mas.lakukan sholat hajat khusus lalu tawasul hajatkan supaya istri mas bisa bersatu dalam hati dan membina rumah tangga ini sakinah mawadah warohmah lalu baca istigfar 70x.sholawat 70x.alfatihah 70x.dan hizib alfatihah 21x.lakukan ini tiap malam dengan kesabaran dan keyakinan insya Alloh dikabul segala hajat mas oleh Alloh swt aamiin…

  136. lele sayur 10 Agustus 2010 / 08:24

    @alif ro…taruh aja emailnya disini..ntar tak kirimin tata cara ilmu tali mubun…

  137. Gondopuro 10 Agustus 2010 / 08:32

    Lele sayur hehehe

  138. lele sayur 10 Agustus 2010 / 08:35

    @Gondopuro…ni lele sayurnya dah sugih pak,bisa beli leptop..hehe

  139. sapto 10 Agustus 2010 / 09:09

    Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1431H, semoga kita senantiasa dalam keikhlasan melaksanakannya, mohon maaf lahir dan batin

  140. Erlangga 10 Agustus 2010 / 09:14

    Loh kok mirip sama ilmu yg pernah saya Pelajari ya ? wah berarti yg dulu yg beneran datang bener dari arwah leluhur sini ya(datangnya berupa angin,, bau wangi minyak ja’faron kadang lain lain wanginya,, Trus hawanya sejuk kadang saat wirid kadang saat santai ada datang gitu) ? saya malah gak percaya dulu kirain Jin yg datang,, Soalnya Yg Ngajarkan pernah Gila Sih,, Trus Kitab basah : Katanya yg ngajarin dulu Badan kita ya,, Atau Kita Mengenali anggota Tubuh kita dengan Ilmu ma’rifat ?

  141. Erlangga 10 Agustus 2010 / 09:16

    Katanya alam sekitar ini Jg Kitab Kering,, wah wah Jd salah saya,, Guru yg ngajarin Kemarin Ngajarin malah saya Jauhi,, Ilmunya gak saya amalkan,, Soalnya Orangnya pernah Stress berat Gitu tambah Lagi Ajarannya bertolak belakang ma sikapnya,, Gak tau sekedar menguji ke ikhlasan kami atau kesabaran gak tau ?

  142. Erlangga 10 Agustus 2010 / 09:17

    Katanya alam sekitar ini Jg Kitab basah,, wah wah Jd salah saya,, Guru yg ngajarin Kemarin Ngajarin malah saya Jauhi,, Ilmunya gak saya amalkan,, Soalnya Orangnya pernah Stress berat Gitu tambah Lagi Ajarannya bertolak belakang ma sikapnya,, Gak tau sekedar menguji ke ikhlasan kami atau kesabaran gak tau ?

  143. Erlangga 10 Agustus 2010 / 09:27

    maksud saya Diri kita dan Alam semesta ini katanya KITAB BASAH,, Wah berarti amanat yg dulu benar ? katanya Leluhur sini menunjuk Kami,, Dulu kami di didik untuk Jadi Orang Bijaksana Membantu sesama dan Memperbaiki alam sebelah atau alam ghaib itu katanya,, Saya Jg Gak percaya Tentang Hal itu benar Gaknya,, Leluhur sini Dulu katanya mau menamakan kami SATRIA LANGIT,, wahhh kaburr ahhhh Takut identitas Q ketahuannnnnn

  144. wong bodo 10 Agustus 2010 / 09:52

    assalamualaikum. poro sedulur lan sesepuh sedanten nyuwun pencerahan, kulo niki ngamalke sedanten amalan saking kampus wong alus, tapi ingkang nyangkut cuman asmak suryani. nyuwun ijazahipun asmak suryani kangge wong bodo neng sragen, lan nyuwun di bimbing. maturnuwun

  145. sedayu 10 Agustus 2010 / 11:10

    Assalamualaikum,
    Sesepuh dan para sedulur ……… numpang lewat ………

  146. adek bodokeremezken 10 Agustus 2010 / 11:18

    salam ta’zim ,salam hormat katur mbah ki alus dan poro2 sedulur semua ,semoga kita selalu dalam limpahan rahmat dan hidyahNYA…amin

    dulu ketika masih dibangku SMA saya juga seri mungkin terlalau amat sering ketemu walaupun tidak ada komunikasi secara langsung ,tapi berhubung saat itu wawasan saya tentang klenik/goib2 tidak ada ,ya saya tidak menganggap beliu2 adl leluhur atau apalah yang bersangkutan dengan ruh2 goib ,malah beliu2 saya anggap sabagai teman saja

    tetapi setelah tahun 2002 ,pada waktu saya sedang kungkum saat saya mulai tawasul pada pertengahan tawasul saya dihentikan oleh ruh yang saya kirimi fatihah ( dia bilang pada saya ;gak usah tawasul karo aku opo sopo wae langsungo njaluk gusti allah ) ,berawal dari sinilah saya diberi amalan ,laillahailallah dan disuruhnya saya zikir dan saya amalkan berhari2 pelataran rumah saya sampai pada suatu hari sepertiga malam saya mendengar suara yang datang dari lubuk hati yang paling dalam dan sangat tegasdan jelas suara itu (dia berkata ;koe pilih PAPAKMU ,MBOKMU OPO, GUSTI ALLAH ) saya diam dan saya tidak berani menjawab sampai suara itu menghilang lagi………inilah awal ketakutan saya ,karena setiap membaca kalimat tauhid akan keluar kata dari hatiku yang paling dalam ‘GUSTIMUKI SOPO’ ………duh gusti kang moho kuoso kulo nyuwun welasipun panjenengan

    TULUUUUUUUUUUUNG MBAH KI ALUS SEDULUR2 KAMPUS SEMUA AJARI SAYA ILMU TAUHID TULUUUUUUUUUUUUNG
    MATURNUWWUN

  147. alif ro 10 Agustus 2010 / 11:51

    terima kasih atas arahanya ki nurjati …. insyaallah saya akan mencoba …. lele sayur ni email q alipantar@yahoo.com.. q tunggu lho cara ilmu tali mubun..

  148. adek bodokeremezken 10 Agustus 2010 / 12:09

    @MBAH KI ALUS MATURSUWUN SEKALIAN NYUWUN DOA RESTUNIPUN MATURSUWUN MATURSUWUN KI….

  149. adek bodokeremezken 10 Agustus 2010 / 12:17

    @MBAH KI ALUS MAU TANYA SEKALI SAJA

    APAKAH INGSUN=KYAI SIJI

    MOHAON DENGAN SANGAT

    MATURSUWWUN

  150. lele sayur 10 Agustus 2010 / 13:13

    @alif ro…coba aja dulu punya si nurjati…ntar kalo kurang pas,,cari aja aku dikomentar blog..oke..

  151. adim 10 Agustus 2010 / 13:17

    @ ki nur jati..
    subhannalloh… sy tadi dapat sms dari Panjenengan matur nuwun ki…

    @ lele sayur
    bawa apa mlm ini … sayur ap lele :D

    @ wongalus
    mantaaaaaaaaaaaaaaaaaap penjelasannya…
    lanjut ki…

  152. endik 10 Agustus 2010 / 13:33

    ass……
    al fatikah sent all

    ikut menyimak ki…….

    matur sembah nuwun

  153. adek bodokeremezken 10 Agustus 2010 / 13:35

    @mbah ki alus

    maturnuwwun

  154. Pakdhe Gempo 10 Agustus 2010 / 13:54

    Wah…besok saya mau ke Aikangkung Sumbawa Barat. Daerah sana Sinyalnya sering nggak dapat. Moga-mooga sekarang sudah baikan…
    Bisa-bisa kangen berat sama sedulur semua….
    Walah-walah…
    Kalau nanti nggak dapat sinyal…ya mhn maaf absen dulu…
    Maturnuwun…

  155. alif ro 10 Agustus 2010 / 14:10

    lele sayur klo lebih mudah amalan dari km kan q pakai cara yg lebih mudah aza gitu……..

  156. Sabdo Sejati 10 Agustus 2010 / 14:54

    Sugeng ndalu Ki Wong Alus,

    Sugeng Siam.
    Pemikiran Ki Wong Alus di dua dialog, cocok dengan pemikiran saya. Cuma orang-orang disekitar saya, waktu itu pada nggak setuju. Terus saya sekolah di fak. filsafat sampai lulus th.1984, tapi nggak ketemu yang satu alur juga. Baru sekarang ketemu sedulur tuwo yang lebih genius daripada Plato. Salam takzim Ki. Jangan lupa pencerahan dan dialog dibukukan Ki, mantan wartawan pasti rajin. Kalau sudah jadi yang beli pertama saya. Keris , atau pusaka lain nggak punya. Bukunya Ki Wong Alus pasti lebih hebat.

    Nuwun

  157. lele sayur 10 Agustus 2010 / 15:07

    @adim…bawa dua-duanya nih om..buat sahur..hehe..
    @alif ro…mmmh,,,ntar ya kalo ga sibuk…

  158. lele sayur 10 Agustus 2010 / 15:29

    waduuuh…kiyai siji itu siapa?barusan denger

  159. gondo_mayyit 10 Agustus 2010 / 15:50

    test..

  160. kawula alit 10 Agustus 2010 / 15:59

    Sugeng ndalu Ki Wong Alus,
    ikut menyimak ki…
    terima kasih, dialognya menentramkan hati dan memberi pencerahan. semoga kejayaan nusantara yg gemah ripah loh jinawi segera tiba…
    matur nuwun

  161. ASGAR 11 Agustus 2010 / 05:02

    Askm ijin nyimak mohon doa sadulur semua agar kita dapat mengambil Hikmah dari setiap kalam….dari manapun datangnya..

  162. im 11 Agustus 2010 / 05:03

    halo2 ada yang tau sejarahnya tentang kerajaan caringin kurung???????katanya cikal bakal kerajaan2 yg ada di nusantara?

  163. zhumplunk 11 Agustus 2010 / 07:27

    Askum tumut nyemak

  164. Narimo 11 Agustus 2010 / 07:30

    Salam kenal..
    Nuwun….

  165. nerimo ingpandum 11 Agustus 2010 / 08:46

    salam juga…

    @narimo
    monggo pencerahannya di babar …
    :H

  166. Narimo 11 Agustus 2010 / 10:31

    @ nerimo ing Pandum

    kulo niku mboten saget nopo2 mas.. mung tiyang alit…

    Salam Kenal mas…

  167. josepcakra 11 Agustus 2010 / 11:19

    hai…….
    lam kenal

  168. Arif 11 Agustus 2010 / 13:54

    Pencerahannya mantap Ki Alus,

    Tp saya mau curhat dikit, mungkin ini saat yg pas…krn belakangan ini banyak sodara kita atau bahkan pemimpin kita yg lupa sama Leluhur masa lalu yg berjasa pd negri ini.

    Contohnya saya lihat di Pekanbaru, telah didirikan WC umum ditanah makam para Ulama & Raja setempat yg jika dilihat sangat kurang pantas & tdk sopan. Lokasi tersebut tepatnya di mesjid Raya Nur Alam Pekanbaru.
    Bahkan renovasi Mesjid bersejarah tersebut telah melanggar Keputusan Mentri thn 2004 tentang Situs cagar budaya peninggalan para leluhur bangsa yg dilindungi oleh negara.
    Saya rasa para WTS (Wan, Tengku, Said) akan miris melihatnya.

    Ini bukti hilangnya sopan santun & penghormatan anak cucu kpd leluhurnya.
    Jg yg terjd pd makam Habib Tjg Priok dan Wali Allah lainnya.

    Maaf bila ungkapan saya kurang berkenan dihati para sedulur, Wasalam.

  169. Arif 11 Agustus 2010 / 14:28

    Assalamu’alaikum, yg laen pd kemana?
    Wah, smoga pd beribadah…and ga “macem2”.

  170. Arif 11 Agustus 2010 / 17:15

    ijin nyimak…

  171. Fajar 12 Agustus 2010 / 09:22

    Maaf semuanya menggangu, kenapa pembahasannya tidak berdasarkan qur’an dan sunnah ?

    “Katakanlah:Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan seandainya aku mengetahui yang gaib, tentulah aku akan melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman” (QS al-A’raaf:188).

    itu lah yang di ucapkan Nabi Muhammad tentang hal yang ghaib, apa pendapat anda semua tentang ayat ini ?

  172. goes 12 Agustus 2010 / 21:24

    ssalamualaikum WWr.Alhamdullilah segala puji syukur dipanjatkan kepada Allah SWT. Pada awalnya saya secara tidak sengaja menemukan blog ini. sungguh saya merasa menemukan sesuatu yg sangat berharga. banyak hal yg dapat mencerahkan bathin saya yg miskin ilmu dan pengertian ini. Dari tidak tahu menjadi tahu dari buta menjadi melihat. Dengan blog yang terbuka dan penuh persaudaraan ini saya ingin menghaturkan penghargaan yg setinggi-tingginya pada para sedulur sekaliaan. semoga para sedulur mendapat balasan pahala yg berlipat dari Allah SWT.
    Semoga blog ini tetap komit pada tujuannya dan menjadi pencerah bagi kami bodoh ini. Terima kasih para sedulur,semoga blog ini tetap maju dan eksis. Terus terang sehari tak membuka blog ini seperti ada yg kurang bagi saya. selamat menjalankan ibadah puasa.Wasssalam…

  173. Himawan Noorkanji 16 November 2011 / 05:00

    apa yang tertulis ini sungguh benar, terimakasih

  174. evi siahaan 29 Januari 2012 / 15:01

    mantap ki tulisannya hmmmmmm hmmmm menarik

  175. Majapahit 2 Juni 2012 / 00:15

    Napuk sandal bakiak MIMPI kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk djarum2 76, pemimpin neh, rakyat te mabok semua kasihan pemimpinnya, rakyatnya mabok iming2 sorga neraka gak jelas wong di jajah penjajah ideologi bangsa onta mau maju malas abis aset nya kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk SADAR DARI DIRI SENDIRI MAS BROWWWWWWWWWWWWW

  176. dzatjabir 21 Oktober 2012 / 15:02

    klo aja uang saya kuasai atas izin dan keridloan allah. Pastinya Amanah untuk jenis manusia bsa saya jalankan rampung… Namun manusia berbagai rupa dlm memahami amanah. . .

  177. r3nu 1 Desember 2012 / 22:13

    oercuma di bahas dari zaman dulu sampe sekarang kita bangsa yang senang di bodohi & di jajah bangsa lain. dari zaman wali di jajah ARAB & CINA, BELANDA, JEPANG sekarang bangsa sendiri. Bangsa kita akan seperti ini terus. bangsa ini akan berubah jika separuh rakyat bangsa ini di hilangkan/dibinasakan.

  178. yudi 5 Juni 2013 / 09:00

    OOOooooo……sesama menuso jangan saling menggangu,,,ya….mari kita jalin talli silaturahmi…..hidup di dunia

  179. adul 5 Juni 2013 / 15:13

    jangan berkata sembarangan kalian semua aku tdk ridho jika aian tersebut kalian beberluas kan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s