KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH MALAM KE-1 SAMPAI MALAM KE-30


ki ahmad

Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa dia berkata: Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda:
1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
2. Dan pada malam kedua, ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.”
4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
5. Pada malam kelima, Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
6. Pada malam keenam, Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
8. Pada malam kedelapan, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahin as
9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi saw.
10. Pada Malam kesepuluh, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
16. Pada malam keenam belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
17. Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”
19. Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
20. Pada malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
21. Pada malam kedua puluh satu, Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
23. Pada malam kedua puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
25. Pada malam kedua puluh lima , Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
26. Pada malam keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
28. Pada malam keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
29. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
30. Dan pada malam ketiga puluh, Allah ber firman : “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.”
Akhirnya, semoga amal ibadah kita diterima dan kita mendapatkan pangkat dan derajat dari Allah sebagai seorang yang bertakwa.

Sumber Hadist dari Kitab Duratun Nasihin, Bab Keistimewaan Bulan Ramadhan.

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 65 Komentar

Navigasi tulisan

65 gagasan untuk “KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH MALAM KE-1 SAMPAI MALAM KE-30

  1. Pertamaxxx gan!

  2. IlalanG69

    Keduax gan

  3. Damarulan

    ke tiga…..

  4. marhaban y ramadhan,mhn maaf lhir batin,semoga amal ibadah qta dterima ALLAH swt,dan dberikan kebarokahan dan kerohmatan selalu di bulan yg suci ini amin,wassalam

  5. bung hery

    selamat puasa y sedulur sekalian,smg amal kt dtrima oleh allah SWT.amin

  6. adim

    tadi di tempatku nunggu pengumuman dari MUI… eehhh ditunggu2 gak diumumin terpaksa kita tarawih duluan …. dan sekarng dah selesai tarawihnya yang mau tadrus dipersilahkan asal di atas jam 10 mlm gak boleh pake spiker…
    emang entr kalo diumumkan jam 12 mlm silhkan tarawih sendiri…
    entar kalo puasa gak jadi besok berarti trawih kita tadi dijadikan pahalah sholat sunnah … enakkan… :D

  7. Untuk Segenap keluarga besar kampus wong alus saya mengucapkan..MARHABAN YA ROMADHON 1431 H…Mohon maaf lahir dan batin..

  8. Assalamu’alaikum…

    amien Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan ramadhan, mohon ma’af lahir bathin jika ada salah2 kata dari saya

  9. Abah Wisanggeni

    AMALAN MANFAAT DHOHIR BATIN DI BULAN RAMADHAN

    Jangan Tidur Sesudah Sahur !!!
    Sepekan menjelang Ramadan, ada perasaan resah yang menyelinap dalam batin Sandy Indra Pratama, 29 tahun. Lelaki bertubuh subur ini mengaku hampir selalu pulas tak lama setelah makan sahur tuntas. Ketika terbangun, karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Selatan ini kerap merasa kering dan panas di kerong-kongannya. “Seperti mau keselek,” kata Sandy.

    Tidur setelah sahur memang jamak dilakukan orang pada bulan puasa. Namun dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, memberi saran sebaiknya hal itu tidak dilakukan. “Karena makanan belum dicerna dan malah bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi,” kata dia ketika dihubungi, Jumat lalu.

    Jika refluks terjadi, Ari melanjutkan, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

    Dia punya cara untuk menyiasati kemungkinan terjadinya refluks asam lambung ini. “Dengan cara tidur setengah duduk atau tidur menggunakan bantal yang tinggi,” kata Ari.

    Namun dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu lebih menyarankan orang yang berpuasa tidak tidur setelah bersantap sahur. “Sebenarnya kan percuma tidur, paling cuma satu jam,” katanya. Ideal-nya, ia menambahkan, seseorang boleh tidur dua jam setelah makan. “Tapi masih bisa ditolerir tidur satu jam setelah makan,” kata Ari.

    Makanan yang sukar dicerna, Ari melanjutkan, adalah makanan yang terlalu berlemak. Keju dan minyak dalam jumlah banyak akan memerlukan waktu dua jam untuk dicerna. Sedangkan nasi dengan sayur berkuah atau telur dan ikan rebus biasanya memerlukan waktu satu jam untuk dicerna.

    Agar lambung punya cukup waktu untuk mencerna santapan sahur, peraih Young Clinician Award pada World Congress of Gastroenterology Bangkok 2002 itu menyarankan orang yang berpuasa makan sekitar satu jam sebelum waktu imsak. “Jam 3-an sudah makan makanan padat. Jangan mepet-mepet waktu imsak,” katanya.

    Barulah mendekati waktu imsak, menu dilanjutkan dalam bentuk camilan, buah-buahan, dan minum air putih. Dengan cara ini, ketika tidur, makanan sahur telah dicerna dan terhindar dari refluks. Seusai salat subuh, jika memang sangat mengantuk, orang yang berpuasa dianjurkan tidur sebelum beraktivitas.

    Ari juga menjelaskan bahwa nutrisi yang paling diperlukan manusia secara garis besar adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk santapan sahur, ia sarankan agar makan nasi, kentang, dan ubi sebagai sumber karbohidrat. Untuk protein,daging, ikan, dan telur bisa menjadi pilihan. Lemak dapat diperoleh dari minyak dan daging ayam negeri.

    Namun, Ari mengingatkan, orang yang berpuasa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak berlebih saat sahur karena susah dicerna. Demikian pula konsumsi susu. Bagi yang berusia di atas 30 tahun, sebaiknya memilih susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak.

    Konsumsi cairan yang dianjurkan Ari adalah jus buah-buahan, seperti mangga atau jeruk, karema menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. “Tapi jangan pakai gula atau susu,” kata Wakil Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia itu.

    Orang yang tidur menjelang subuh atau ba`dah subuh rezekinya sedikit tersumbat…

    wassalam…

  10. papa bagas

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Mohon maaf lahir dan bathin sebelumnya dan seterusnya :-)
    insya Allah untuk meraih fadhilah2 tarawih di atas, kita harus rutin tanpa putus mengamalkan shalat tarawih di bulan Ramadhan ini (jadi tidak bisa kita ambil fadhilah hari2 tertentu saja, namun tetap pahala kita adalah hak prerogatif Allah SWT)
    mari kita meminta padaNya agar diberi kekuatan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, diberi kenikmatan iman dan kesehatan untuk semakin mendekat padaNya. Amiin

  11. Suhaimi

    Asalamualaikum
    selamat menjalankan ibadah puasa. Maaf lahir batin. Berkongsi berita. Brunei darussalam memulakan ibadah puasa pada hari khamis. Anak bulan tidak nampak di lihat.

  12. Irfan arghi

    alhamdulillah tadi bisa ikut shalat taraweh pertama :)
    selamat menunaikan ibadah puasa buat semua sahabat yg menjalankan semoga amalan kita selalu diterima di sisi Allah SWT. amin…

  13. Assallammualaikum wr. wb.

    ikut nyimak ( selamat menunaikan ibadah puasa )

  14. WongJowo

    NGABU BEURIT DEUY EUY

  15. Nasrudin

    Salam dulu untuk semua warga KWA, selamat menyambut Bulan Suci,kalau ada silap, tersalah kata, tersalah tulis, ribuan ampun maaf saya pinta,
    Disini ada satu s0alan B0d0h, minta pada yg tahu dan arif bagi pencerahan nya. Saya selalu bertanya sendiri kenapa kita disuruh sangat Baca A’uzubillah hingga akhir yg semua maksudnya 0rang tahu, bila kita nak membaca Kalamullah, apa ada dgn Kalamullah itu, apa ada dgn al Qura’an itu, jarang saya dengar nak membaca lain2 hal kena baca A’uzubillah itu, harap maaf atas pertanyaan b0d0h saya ini, harap dapat jawapan dari Sesepuh, terima kasih.

  16. Suhaimi

    Asalamualaikum
    slamat brsahur. @bang nasrudin. Itu krana udah ada perintah allah dalam al quran agar brlindung dari kejahatan dan kehadirannya. Iblis kan udah brjanji akan mendatangi manusia dari semua arah untuk menyesatkan kita kecuali yg brhati iklash. Iklash juga harus di capai dgn ilmu. Orang brilmu tahu tujuan hidupnya. Sekurang2nya tahu akan ibadahnya betul contoh solat. Kerana itu wafatnya seorang ahli ilmu menggembirakan setan dari wafatnya 1000 abid. Zaman rasululah dlu prnah rasullah nampak sekor setan brjaga2 pada seorang berilmu yg tidur tapi membiarkan seorang yg lain solat. Ditnya rasulullah pada setan knapa takut pada yg tidur tapi tidak takut pada yg solat. Setan menjawap yg tidur itu orang yg brilmu. Jika yg brilmu itu trjaga pasti dia menegur orang yg solat itu krana solatnya salah alias ibadah tanpa ilmu lengkap. Rasululah pun brsabda tidur seorang yg brilmu lebih baik dari solatnya seorang yg tidak tahu. Itu menjawap knapa terompah seorang ulama dapat menyedarkan seorang yg kerasukan di bandingkan skarang bnyak yg baca ayat ratusan kali tapi tidak mempan.

  17. Asalamualaikum
    Mohon izin belajar dan mengamalkan ilmu2 yang ada di blog ini

  18. Ki Khair

    Hadith di atas adalah hadith maudhu’ @ palsu! sila semak kembali matan hadith tersebut dengan bimbingan ahli-ahli hadith yang muktabar.

  19. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    QIYAM RAMADHAN

    Saya akan menambahkan sedikit yang berhubungan dengan Qiyam Ramadhan (shalat malam Ramadhan)

    1.Dalilnya :

    Pertama :Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
    “Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah~ niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih)

    Kedua :Dari Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut bulan Ramadhan seraya bersabda :”Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunatkan shalat malamnya. Maka barangsiapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosaiiosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.” (HR. An-Nasa’i, katanya: yang benar adalah dari Abu Hurairah),” Menurut Al Arna’uth dalam “Jaami’ul Ushuul”, juz 6, hlm. 441, hadits ini hasan dengan adanya nash-nash lain yang memperkuatnya.

    2. Hukumnya:
    Qiyam Ramadhan (shalat malam Ramadhan) hukumnya sunnah mu ‘akkadah (ditekankan), dituntunkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan beliau anjurkan serta sarankan kepada kaum Muslimin. Juga diamalkan oleh Khulafa’ Rasyidin dan para sahabat dan tabi’in. Karena itu, seyogianya seorang muslim senantiasa mengerjakan shalat tarawih pada bulan Ramadhan dan shalat malam pada sepuluh malam terakhir, untuk mendapatkan Lailatul Qadar

    3, Keutamaannya:
    Qiyamul lail (shalat malam) disyariatkan pada setiap malam sepanjang tahun. Keutamaannya besar dan pahalanya banyak.
    Firman Allah Ta’ala :”Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya ”( Maksudnya mereka tidak tidur di waktu biasanya orang tidur, untuk mengejakan shalat malam) , sedang mereka berdo’a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. “(AsSajdah: 16).
    Ini merupakan sanjungan dan pujian dari Allah bagi orang-orang yang mendirikan shalat tahajjud di malam hari. Dan sanjungan Allah kepada kaum lainnya dengan firman-Nya :”Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka momohon ampun (kepada Allah) . ” (Adz-Dzaariyaat: 17-18).
    “Dan orang-orangyang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (Al-FuYqaan: 64).
    Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi(dengan mengatakan: Hadits ini hasan shahih dan hadist ini dinyatakan shahiholeh Al-Hakim) dari Abdullah bin Salam, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
    Wahai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah orang miskin makan, sambungkan tali keReluargaan dan shalatlah pada waktu malam ketika semua manusia tidur, niscaya kalian masuk Surga dengan selamat. ”
    Juga diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Bilal, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Hendaklah kama mendirikan shalat malam karena itu tradisi orang-orang shalih sebelummu. Sungguh, shalat malam mendekatkan dirimu kepada Tuhanmu, menghapuskan kesalahan, menjaga diri dari dosa dan mengusirpenyakit dari tubuh” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh Al-Hakim dan Adz-Dzahabi menyetujuinya, 1/308),
    Dalam hadits kaffarah dan derajat, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Dan termasuk derajat: memberi makan, berkata baik, dan mendirikan shalat malam ketika orang-orang tidur’: dinyatakan shahih oleh Al-Bukhari dan At-Tirmidzi)” Lihat kitab Wazhaa’ifu Ramadhan, oleh Ibnu Qaasim, hlm. 42, 43.
    Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasalllam :”Sebaik-baik shalat setelah fardhu adalah shalat malam. ” (HR. Muslim).

    4, Bilangannya :
    Termasuk shalat malam: witir, paling sedikit satu raka’at dan paling banyak 11 raka’at. Boleh melakukan witir dengan satu raka’at saja, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :
    “Barangsiapa yang ingin melakukan witir dengan satu raka’at maka lakukanlah. ” HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i.
    Atau witir dengan tiga raka’at, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :”Barangsiapa yang ingin melakukan witir dengan tiga raka ‘at maka lakukanlah. ” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)•
    Hal ini boleh dilakukan dengan sekali salam, atau shalat dua raka’at dan salam kemudian shalat raka’at ketiga.
    Atau witir dengan lima raka’at, diiakukan tanpa duduk dan tidak salam kecuali pada akhir raka’at.
    Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
    “Barangsiapa ingin melakukan witiu dengan lima raka’at maka lakukanlah. “(HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i).
    Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliav mengatakan:
    “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya shalat malam tiga belas raka’at, termasuk di dalamnya witir dengan lima raka ‘at tanpa duduk di salah satu raka ‘atpun kecuali pada raka’at terakhir. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).
    ‘Ketiga hadits tersebut dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban.
    Atau witir dengan tujuh raka’at; dilakukan sebagaimana lima raka’at. Berdasarkan penuturan Ummu Salamah radhiallahu ‘anha :
    “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya melakukan witir dengan tujuh dan lima raka ‘at tanpa diselingi dengan salam dan ucapan. “(HR, Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).
    Boleh juga melakukan witir dengan sembilan, sebelas, atau tiga belas raka’at. Dan yang afdhal adalah salam setiap dua rakaat kemudian witir dengan satu raka’at.
    Shalat malam pada bulan Ramadhan memiliki keutamaan dan keistimewaan atas shalat malam lainnya.

    5. Waktunya :
    Shalat malam Ramnahaan mencakup shalat pada permulaan malam dan pada akhir malam.

    6. ShalatTarawih:
    Shalat tarawih terrnasuk qiyam Ramadhan. Karena itu, hendaklah bersungguh-sungguh dan memperhatikannya serta mengharapkan pahala dan balasannya dari Allah. Malam Ramadhan adalah kesempatan yang terbatas bilangannya dan orang mu’min yang berakal akan memanfaatkannya dengan baik tanpa terlewatkan.
    Jangan sampai ditinggalkan shalat tarawih, agar memperoleh pahala dan ganjarannya. Dan jangan pulang dari shalat tarawih sebelum imam selesai darinya dan dari shalat witir, agar mendapatkan pahala shalat semalam suntuk. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :”Barangsiapa mendirikan shalat malam bersama imam sehingga selesai, dicatat baginya shalat semalam suntuk. ” (HR. Para penulis kitab Sunan,dengan sanad shahih) Lihat kitab Majalisu Syahri Ramndhan, oleh Syaikh Ibnu Utsaimin, him. 26-30.
    Shalat tarawih adalah sunat, dilakukan dengan berjama’ah lebih utama. Demikian yang masyhur dilakukan para sahabat, dan diwarisi oleh umat ini dari mereka generasi demi generasi. Shalat ini tidak ada batasannya. Boleh melakukan shalat 20 raka’at, 36 raka’at, 11 raka’at, atau 13 raka’at; semuanya baik. Banyak atau sedikitnya raka’at tergantung pada panjang atau pendeknya bacaan ayat. Dalam shalat diminta supaya khusyu’, bertuma’ninah, dihayati dan membaca dengan pelan; dan itu tidak bisa dengan cepat dan
    tergesa-gesa. Dan sepertinya lebih balk apabila shalat tersebut hanya dilakukan 11 raka’at.(Yaitu berdasarkan hadits Aisyah radiallahu’anha yang artinya : ” Tiadalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menambah (rakaat), baik di bulan Ramadhan atau (di bulan) lainya lebih dari sebelas rakaat”. (HR. Al-Bukhari dan An-Nasa’i)

    Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, Apabila Ada Yang Kurang Berkenan Saya Mohon Maaf, Karena Manusia Tidak Luput Dari Kesalahan Atau kekhilafan.Semoga apa yang sedikit saya sampaikan ini ada manfaatnya.
    Amin…

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

  20. mas agung

    @ Ki Ageng Jembar Jumantoro ingkang kinurmatan : saya kadang kok merasa ada yang belum sreg dalam ibadah sholat tarawih. karena kalau jama’ah di mushola, 23 roka’at tapi bacaannya cepet, sedangkan kalau sholat di rumah, katanya termasuk “rugi” dalam segi pahala. bagaimana Ki Ageng, mohon pencerahannya, nuwun.

  21. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    @ MAS AGUNG : Shalat tarawih adalah sunat, dilakukan dengan berjama’ah lebih utama. Demikian yang masyhur dilakukan para sahabat, dan diwarisi oleh umat ini dari mereka generasi demi generasi. Shalat ini tidak ada batasannya. Ikuti yang umumnya.

    kemudian silahkan di tambah secara pribadi di rumah supaya khusyu’, bertuma’ninah, dihayati dan membaca dengan pelan. untuk bilanganya sudah saya sampaikan di atas. monggo mas agung….

  22. mas agung

    matur nuwun Ki Ageng, :D tarawihnya express , jadi sholatnya seperti ( maaf ) balapan. insyaAllah diulang di rumah ya Ki, yang lebih tuma’ninah. amiin

  23. agus w

    Assalamu’alaikum………..
    Salam kenal Kepada para pini sepuh yang ada di blog ini sy Agus dr Bogor, mohon bantuannya dr para pini sepuh, ada ga amalan
    untuk menagih hutang ke seseorang yang susah di tagih? Kalau bs sxan pengijazahan untuk sy(089636165701 kalau bs di sms aja), karena sy perlu sx. Semoga para pini sepuh yang selalu dlm bimbingan Allah SWT.
    Wassalamu’alaikum……..

  24. 'alamul ghuyub

    INNAA QUWWATIH. . . .

    ZZ. ZzZZ..ZZZ..ZERR..RRRR. .RRR. .RR. .

  25. Trinity

    SESEPUH YG PUNYA
    “MAHABBAH SULTHONIYAH”
    MOHON DI-IJAZAHKAN AMALANNYA + TATA CARA PENGGUNAANNYA TUK TARGET KHUSUS MAUPUN UMUM.

  26. genibiru

    mohon maaf lahir batin buat sodara semua yang ada di KWA terutama para sesepuh juga ki wong alus
    selamat menjalankan ibadah puasa romadhon dengan ikhlas dan sabar,semoga semua amal ibadah ini bisa meningkatkan grade kita di hadapan Allah SWT.
    Amiiin…..

  27. tiang bungkuk

    ijin menyimak

  28. ikutan ngabuburit bil nyimak petuah dr pr sesepuh……

  29. papa bagas

    @ ki khair: hadits maudhu’ beda dg hadits palsu jangan disamakan… hadits maudhu’ jika dalam hal fadhailil a’mal bisa dipakai dan diamalkan…
    mohn para sesepuh yg lebih alim agar menambahkan… cmiiw

  30. Masharis

    ijin menyimak

  31. Ki Khair

    Salam ramadhan papa bagas,

    Dari segi istilah di kalangan ahli usul, hadis maudhu’ ialah:

    “Apa sahaja yang disandarkan kepada Rasulullah s.a.w dalam bentuk pembohongan dan pendustaan berhubung dengan sesuatu yang baginda tidak pernah ucapkan, lakukan dan ikrarkan.”

    ‘Maudhu’ dalam bahasa arabnya, manakala ‘palsu’ dalam bahasa jawi..

    Pemalsuan hadis dalam agama berlaku dengan meluas pada zaman tabi’in. Ini kerana, terdapat sebahagian individu yang kurang ilmu cuba mempertahankan fahaman dan aliran masing-masing. Mereka berani memalsukan hadis-hadis Rasulullah s.a.w tanpa kebenaran pemimpin mereka.

    Perbuatan mereka membawa kesan yang mendalam kepada generasi umat Islam sekarang. Cuba perhatikan, betapa banyak perpecahan umat Islam yang bertopengkan Ahli Sunnah Wal Jamaah. Rasulullah s.a.w telah menyatakan bahawa umatnya akan berpecah kepada 73 golongan. Semuanya akan dihumban ke neraka kecuali satu golongan sahaja yang dimasukkan ke syurga

    Secara ringkasnya antara punca-punca kewujudan hadith sebegini ialah :

    1. Wujudnya golongan dan aliran politik yang berlainan.

    2. Pemerintahan Islam telah menawan Kisra (Raja Parsi) dan Qaisar (Raja Rom). Orang2 parsi dan rom yang hilang kedudukan dalam negeri sendiri telah mencipta hadis maudhu’ untuk memburuk-burukkan islam.

    3. Perbezaan Kaum dan Imam Mazhab.

    4. Mereka-reka cerita untuk tatapan masyarakat.

    5. Perbezaan mazhab dan teologi.

    6. Mencari pengaruh bagi memasyhurkan diri sendiri.

    7. Zuhud yang Melampau.

    Maafkan saya jika ada salah dan silap. wassalam..

  32. Firly's

    Ya Alloh berikan aku keshatan biar aku bisa tarawih sebulan penuh dan terutama di malam 24 dan kabulkan semua do2 hamba mu ini.Amin.

  33. dian

    Marhaban yaa ramadhan..

  34. MOTIFASI

  35. Makasih bro atas infonya
    Salam kenal dan
    Selamat menunaikan ibadah puasa

  36. wongwongan

    @all : makasih banyak infonya alfatehah sent..

  37. Erlangga

    @ Agus w : Sabar mas mungkin orangnya lagi gak ada uang,,, Kalau Uangnya Gak perlu perlu amat Ikhlaskan aja mas Insya ALLAH mas akan dapat Gantinya,,, Karena saya pernah dengar Tuan Guru Ijay berkata : Pahala Meminjamkan Uang kepada Orang Lain Itu Lebih besar pahalanya daripada sedekah,,, Karena Orang Yg Meminjam Uang Itu Biasanya karena dia Lagi membutuhkan Uang Tersebut Untuk Keperluannya

  38. Erlangga

    menurut Ceritanya Tuan Guru Ijay : Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi’raj melihat Besarnya pahala sedekah dan Pahala meminjamkan Uang Kepada Orang Lain,,, Tapi Pahala meminjamkan Uang kpd Orang Lain Lebih besar drpd Sedekah,,, Lalu nabi bertanya Kpd malaikat Jibril mengapa bisa demikian,,, malaikat Jibril menjawab : Karena Orang Meminjamkan atau Utang Biasanya Dia membutuhkan atau Sangat membutuhkan Uang Tersebut,,, Makanya Kalau Kita Ikhlaskan pahalanya besar drpd Sedekah

  39. Erlangga

    Kemarin Saya Shalat Tasbih lalu saya sambung dengan Tarawih 20 Rakaat(2 rakaat salam sampai 10 x) witir 7 rakaat(4 rakaat dan 3 rakaat),,, Khasiat nyata yg Saya peroleh yaitu Tiba Tiba Orang Yg Udah lama melupakan saya Jd Perhatian kpd saya(Tiba tiba dia Sms,, padahal udah Lama Gak smsan),,, Trus Penjual pulsa yg biasanya Cuek Jd Suka melihat saya,,, Saya Yg Jd gak enak Diliatin mulu dr awal datang sampai pulang,,, Padahal saya gak amalkan apapun Sesudah Shalat Tasbih,, Shalat Tarawih dan Shalat Witir

  40. Rocky

    myrochi
    edit delete reply
    myrochi wrote today at 12:10 AM
    Assalamu’alaikum, saudaraku … semoga Allah selalu menjagamu. Menurut penjelasan para Ulama ahli hadist, hadist itu PALSU dan tidak satupun ditemukan di kitab2 induk 9 perawi hadist dari Bukhari, muslim, Nasa’ai.. dst.. Perkataan itu hanya ditemukan di kitab Duratun Nasihin yg hadist palsunya saja 30%nan . Doktor Ahmad Lutfi Ahli Hadist Indonesia juga sudah meneliti kitab ts. Jd mohon hati2 menyebarkan hal2 yg berkaitan agama tanpa dilandasi dalil yg benar…. karena sangat berbahaya…

    ini LINK petikan wawancara Dr Lutfi dg Suara Hidayatullah

    http://majalah.hidayatullah.com/?p=1490

  41. terimakasih atas informasinya, akan saya saring dan lakukan yang memang benar

  42. KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH MALAM KE-1 SAMPAI MALAM KE-30

  43. Subhanallah,,,,,,

  44. Didalam bulan ramadhan ini banyak sekali keutamaannya, taraweh adanya di bulan ramadhan manfaatkanlah dengan sebaik baiknya belum tentu ramadhan yang akan datang kita bisa ketemu ramadhan lagi.
    l-.Ramadan pertama s/d 10 malam = mendapatkan rahmat dari allah swt.
    2-.Ramadhan ke sebelas s/d 20 malam = mendapatkan barokah dari allah swt..
    3-.Ramdhan ke 21 s/d ke 30 malam = mendapatkan mahgfiroh/ampunan dari allah swt. subhanallah.

  45. yudi

    alhamdulillah anna dapat ilmu lagi syukron ya akhi

  46. mengapa sholat taraweh membaca ayatnya agak cepat ?
    karena kalau lambat dan ayatnya agak panjang banyak yang tidak kuat mengikutinya sholat taraweh,sedangkan yang cepat dan tuma’ninah banyak yang tidak taraweh,sedangkan sholat taraweh fadilahnya sangat banyak coba lihat fadilah judul di atas. puasa tidak menunaikan sholat taraweh sia sia,karena puasa ramadhan pasti ada sholat taraweh. kalau puasa sunah biasa tidak ada sholat taraweh yang ada sholat witir.

  47. Al Lajnah ad Daimah menyebutkan bahwa hadits tersebut tidak memiliki landasan dan termasuk dalam hadits-hadits dusta terhadap Rasulullah shalalallahu ‘alaihi wa sallam. [al Lajnah ad Daimah Li al Buhuts al Ilmiyah wa al Ifta’ No. 8050]

    Cukuplah tentang keutamaan shalat tarawih adalah apa yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

    “Barangsiapa yang menunaikan shalat pada malam bulan Ramadlan (shalat tarawih) dengan penuh keimanan dan mengharap (pahala dari Allah), maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.”

  48. Ahmad Arfan

    Al Lajnah ad Daimah menyebutkan bahwa hadits tersebut tidak memiliki landasan dan termasuk dalam hadits-hadits dusta terhadap Rasulullah saw. (al Lajnah ad Daimah Li al Buhuts al Ilmiyah wa al Ifta’ No. 8050)

  49. kela

    ayo shalat teraweh

  50. apapun alasan atau dalilnya, lebih baik sholat tarawih aja. mau sendiri atau jamaah, mau 8,11,23,atau 36 rakaat ngak masalah. yang bermasalah itu udah ngak mau tarawih, bikin dalil atau alasan2 palsu, benar yang 11 lah, atau benar yang 23 lah?ujung2nya ngak sholat tarawih akhirnya? Arab Saudi yang dedengkot Faham Wahabi saja mereka sholat tarawih 36 rakaat dan berjamaah. jadi ngapain ribut membahas masalah hadist tentang jjumlah rakaat? yang penting kerjakan. titik…

  51. 36 rakaat yang dikerjakan di Arab saudi itu memang tidak ada pada zaman Nabi SAW, itu pad zaman Khalifah Umar bin Abdul Aziz (Bani Umayyah), ngak ada ulama disana yang ribut? (karena tidak ada dalam hadist, bukan dari Nabi SAW, dll….). kalau ada yang ngak percaya bahwa Arab saudi sholat Tarawih 36 rakaat, silahkan lihat siaran langsungnya (tahun2 dull live di RCTI tiap tengah malam, entah puasa tahun ini?)…so, yang salah itu… YANG NGAK SHOLAT TAWARIH……

  52. ALHAMDULILAH… DAPAT ILMU LAGI…..

  53. 4sudut

    numpang copas boss

  54. toni

    Izin Copas Yak.. Makasih

  55. wava

    Yaa ALLOH berikanlah hambamu ini kekuatan iman islam. Yaa ALLOH berikanlah hambamukesehatan jasmani n rohani ya ALLOH……. Biar sy bs menjalankan ibadah puasa dan solat tarawih. Hanya kepadamu yaa ALLOH ak memohon. Hanya kepadamu yaa ALLOH ak bersujud. Yaa ALLOH berikanlah sy keselamatan dunia n akherat. Berikanlah rezeqi yg halal ya ALLOH. Klu sy meninggal smg bs khusnul khotimaah.. Amiiin……….. Amiiiin…………amiiiin……… Yaaaa robbal’alamiiin……

  56. abu umar nurohman

    aku cuma bertaklid bahwa islam itu benar perlu ditiru oleh agama lainnya

  57. asbur hidayat

    ki mau nanya hadits yg d atas sanadnya sma rowinya cpa,.,.,.,.,.,?

  58. L, Suryani

    Ya Allah SWT di bulan Ramadhan ini hamba pasrah dan berserah diri hanya pada-Mu ya Allah…hamba yakin atas segala kekusaan-Mu kabulkan lah segala Do’a hamba Ya Allah berilah kami kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di Akherat…..Amien…Amien…Amien …Yarobbalallamin…

  59. Ivan Assidqi

    Maaf gan baru gabung, en br nemu ni website. Maaf darmin saliem, tentang komen keutamaan ramadan, hadits keutamaan ramadan itu dhair(lemah)bin palsu menurut salah satu ahli hadist

  60. turmuzi

    amiin allahumma amiinn,,,

  61. Sardani N

    Subhanallah…mudah mudahan apa yang kita amalkan mendapat berkah selama Ramadhan…Amin…

  62. Makasih atas pemberitahuannya s’moga Allah S.W.T. akan memberi semua yang shalat tarawih AMIEEEN………….

  63. ubbadul

    subhanallah sungguch besar bonos yang d kcich allah pada hambanya di blan puasa………………..

  64. ach zubaidi al_fazzz

    semoga di trima lech allah apa” yq tlach q kerjaka n d bulan puasa ini dan smga dapat ridha dan limpahan rahmatnya amin 99x yaa robbal alamin……………………….

  65. WONG JOWO

    menurut gw, ibadah spt krja gk dibayar. tiap hari capek capek ibadah, tapi pngn krja atau nikah saja susah bngt. ibadah gk mampu mempermudah hdup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: