KAJIAN “ASMA SEGALA ASMA”


Santosoiman Wahyu
santosoimanwahyu@yahoo.com

Assalamu’alaikum Wr. WB. Salam hormat untuk para Sedulur dan Sesepuh KWA. Tulisan saya ini anggap saja sebagai oretan-oretan lemah dari orang yang kurang pengetahuannya saja. Tiada maksud untuk menggurui atau menghakimi dari tulisan lain sekedar urun rembug dan share saja. Saya minta maaf sekali jika tidak berkenan di hati saudara. Jika memang mengganggu anggap saja tulisan sekedar lewat.

Bismillah. Saya mencoba mengkaji Tulisan dari saudara saya yang saya hormati Mas Wong Awan “ASR Amalan tertua Didunia yang lebih dari 4000 tahun”. Karena saya tiada pengetahuan tentang ASR tersebut maka saya tidak berani menulis tentang ASR tersebut. Saya sedikit meluruskan saja. Bahasa Aram bukanlah bahasa tertua tapi salah satu yang tertua selain Arab.Hindi (Sansekerta), Hebrew /Ibrani .Greek/Yunani.

Memang menurut banyak kajian ada mahluk Allah lain yang hidup sebelum Nabi Adam
Dan ini bisa dilihat dari banyaknya peninggalan tengkorak kepala dan kerangka manusia yang umurnya jauh sebelum nabi Adam.

Menurut pengetahuan bumi diciptakan 3,4 Milyard tahun lalu. Kemudian kehidupan bermula 400 jt th yg lalu. Antropologi (Wiliam Smith – Inggris & Al Baron Kufeigh- Perancis). Juga ada bukti yang bisa kita cari di google. Seperti ttg ledakan nuklir dari reaktor modern yg umurnya 5 juta th lalu.dll.

Sesuai dengan Al-Quran Surah Al Baqarah ayat : 30 ‘Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:’Sesungguhnya aku hendak menjadikan seseorang Di muka bumi.’Mereka berkata: ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?’ tuhan berfirman: sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’ Dari ayat tersebut mungkinkah ada mahluk lain sebelum nabi Adam..Wallahu’Alam. hanya Allah yg tahu. Tapi saya tidak berpanjang kisah tentang itu.

Saya coba mengurutkan secara sejarah mengenai bahasa sejak manusia pertama Nabi Adam. Sebagai Manusia Pertama.

Dari kitab transkrip Taurat tertua yaitu Taurat Yunani (Sab’iniyah) karena transkrip taurat yg lain yaitu Ibrani dan Samiri mengatakan umur Adam lebih muda dari transkrip Yunani / yang jarang perubahaannya. Bab ke 7 Pasal kejadian :
Nabi Adam : di ciptakan kira-kira 5.872 th SM :
Nabi Syith : + 130 th
Anusy : nabi Syith + 150 Th
Qinan :Anusy + 90 th
Mahla’il : Qinan + 70 th
Yarid : Mahla’il + 65 th
Akhnukh = Yarid + 162 th
Matusyalah = Akhnukh + 65 th
Lamak = Matusyalah + 162
Nabi Nuh = Lamak + 183
Banjir besar ketika Nabi Nuh umur 600 th.

Dari nabi Adam sampai Nuh ada jarak 1656 th.

Bahasa yg dipergunakan pada masa Nabi Adam : Bahasa Surga (Arab)

Sesuai dengan firman Allah dalam banyak ayat di Qur’an : yang paling jelas dalam
surat Ar Rahman (1-4)” Ar Rahman. ‘Allama lQura-na. Khalaqa alInsa-na. ‘Allamahu lBayaana”
yg artinya : Yang Maha Pemurah. Mengajarkan Al Quran. Menciptakan manusia. Mengajarkan kepadanya Al Bayan(Al Quran).
Dan QS. 12: 2, 14: 4, 13: 37, 44: 58, dan 46 : 12.
Ini menunjukan Bahasa Manusia pertama adalah Arab.
Bahasa semit yg lain adalah turunan dari bahasa Arab : seperti Hebrew/Ibrani. Parsi/Suryani.
Meskipun begitu, menurut Isrâ’il Wilfinson, dalam bukunya Târîkh al-Lughât
al-Sâmiyyah (History of Semitic Language), seperti yang dikutip Prof.
Al-A‘zamî, ternyata bahasa asli PL itu tidak disebut Ibrani. Bahasa
pra-pengasingan (pre-exilic language) yang digunakan oleh Yahudi adalah dialek
Kanaan dan tidak dikenal sebagai Ibrani. Orang-orang Funisia (atau lebih
tepatnya, orang-orang Kanaan) menemukan alfabet yang benar pertama kali ± 1500
S.M, berdasarkan huruf-huruf ketimbang gambar-gambar deskriptif. Semua alfabet
yang berturut-turut seterusnya adalah utang budi pada, dan berasal dari,
pencapaian Kanaan ini.New Testament (Gospel, Injil) yang diklaim bahasa aslinya
adalah bahasa Yunani juga sudah hilang, sehingga tidak ada naskah asli dari
Injil.

Dan itulah rahasia mengapa Islam diturunkan di Arab dengan seorang nabi yang
berbicara dalam bahasa Arab. Ternyata bahasa Arab itu adalah bahasa tertua di
dunia. Sejak zaman nabi Ibrahim as, bahasa itu sudah digunakan. Bahkan sebagian
ulama berpendapat bahwa bahasa Arab adalah bahasa umat manusia yang pertama.

MASALAH ASMA
Maafkan saya karena keterbatasan ilmu saya tidak membahas ASR maupun RDR semua Versi (Madura,Cirebon,Blora,Laut,Tunggal,Bagdad,Langit,Kayu,Api dll) karena takut salah. Sebagaimana Nabi Musa dengan Nabi Khidir ketika bertemu. Karena ilmu Allah sangat luas, bahkan jika air laut dijadikan tinta maka akan habis untuk menulis hanya sebagian kecil dari ilmu Allah. Jadi saya tidak menafikkan ilmu ASR maupun RDR. Hanya Allah SWT yang tahu dan Hanya Allah pula yang memberikan ilmu-ilmunya pada Manusia pilihan dari sisi Nya (Laduni).

Bagi saya pribadi Asma yang bobot nya sampai 7 lapis Langit 7 lapis bumi dan bukan hanya dapat mengetar Arsy seperti Asma Israfil..Wallahu Alam. Asma tersebut adalah

“LAA ILAAHA ILLALLAAH”

Afdholudzdzikri Fa’lam Annahu / seutamanya Dzikir

Kalimat Laa Ilaaha Illallah sebenarnya memuat NAFI (PENOLAKAN, PENGOSONGAN ATAU PENIADAAN) dan ITSBAT (PENETAPAN). Nah, apakah yg ditolak dan apakah yg ditetapkan itu??

NAFI = menolak segala bentuk sesembahan dari segala sesuatu selain dari ALLAH SWT. Ini tercermin dari kata Laa Ilaaha. Kemudian menetapkan sesembahan hanya kepada ALLAH dg ucapana ILLALLAH. Secara ringkas, Laa Ilaaha Illallah adalah bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yg benar selain ALLAH SWT. Yg ditekankan di sini adalah MENJADIKAN ALLAH SWT SEBAGAI SATU2NYA SESEMBAHAN DALAM IBADAH. Sehingga berdoa, istighosah, bernadzar, menyembelih, sholat, dll hanya didasarkan kepada ALLAH SWT, bukan kepada yg lain.

Kita harus jujur kepada diri sendiri apa maksud kita mengamalkan ASR atau RDR.

Jika kita ingin dekat kepada Allah mengapa kita tidak mengamalkan Kalimat Laa Ilaaha Illallah tsb. Mengapa dalam 7 hari kita tidak mengamalkan Kalimat tsb 1000 x. tiap malam. Jika kita tidak ada pengetahuan tentang ASR maupun RDR dari sisi Allah melalui wali-walinya. Maka alangkah baiknya jika kita amalkan kalimat tersebut jika ingin dekat kepada Allah SWT.

Tetapi lain jika anda sudah ada pengetahuan atau ilmunya tentang ASR maupun RDR dengan sanad yg jelas atau bertemu wali Allah SWT. Maka saya yakin Asma tersebut akan di amalkan dengan keyakinan anda untuk dekat kepada Allah SWT.

Inna A’malu bil niat / sesungguh segala sesuatu tergantung Niat. Jika anda ingin dekat kepada Allah dan mendapat kasihNya tiada lafaz yang lebih mulia dibanding Tahlil. Akan berbeda jika anda ingin mempunyai kekuatan maka tergantung dari pribadi masing-masing.

Sesungguhnya jika kita berniat akan sesuatu dan bersungguh-sungguh maka suatu kalimat akan menjadi apa yang diharapkan . MAN JADA WA JADA. Kalimat tersebut zaman dahulu disebut mantra jika sebagian sesudah masuk ke unsur Islam menjadi Hizb atau Asmak jika dalam pengertian modern disebut AFIRMASI. Maka suatu mantra atau Afirmasi akan mempunyai pengaruh kepada yang membaca dan mengamalkannya apabila ada keyakinan terhadap kalimat tersebut. Masuk kedalam Man Jada Wa Jada. Tetapi Keyakinan tersebut harus kita dapatkan dengan ilmu dan pengetahuan tentang Hizb tersebut. Apakah Hizb tersebut berdasarkan keyakinan yg disandarkan kepada Allah atau selain Allah. Kita harus tahu dan yakin sanad dan asal muasalnya. Dan tahu artinya lebih utama.

Saya beri contoh tentang sekilas tentang Asma dari Asmaul Husna diambil dari kitab (Syamsul Ma’arif Kubra wa latahiful Awarif – Imam Al Buni 622 H) Ya Allah : 300 x , 1.000 x , 10.000 X maka akan di dekatkan kepada Allah 66 x sesudah sholat hajat di malam hari di dahului puasa sunat maka akan di hampiri malaikat Kahyail Alayhis Salam atas izin Allah membantu hajat kita

Ya Salam : dibaca dan di rutinkan setiap saat maka atas izin Allah SWT khadam dari Asma ini yaitu Malaikat Dar’ ayail akan menjaga dari fitnah dan semua dari Asmaul Husna Allah beri ke istimewaan didalamnya dengan Khadam Malaikatnya yang menjaga. Syarat utamanya mengamalkannya hanya satu yang utama berharap kepada Allah Aza Wa jala.

Akan tetapi bagi sebagian Wali-wali Allah yang sudah di istemewakan seperti Nabi-nabi maka ucapan apapun sudah menjadi kehendak Allah. Dan bagi wali wali sesudah Nabi pun berlaku hal seperti itu di karenakan dekatnya: seperti Syeh Abdul Qadir Jailani ..yang melempar tulang ayam menjadi ayam lagi..Sunan Kalijaga yang sudah tidak asing lagi dengan karomahnya. Syeh Lemah Abang dan banyak lagi Wali-wali Allah.

Bahkan murid Sunan kali ad yang bisa ke Mekah berhaji hanya dengan Bismillah. Itu semua karena hatinya sudah berisi kalimat Tauhid dan sudah dekat dengan Allah sehingga Kun Fa Yakun. Tetapi karomah tersebut bukan tujuan utama dari mereka karena tujuan utamanya adalah menjadi dekat dengan Allah.

Apapun yang kita ucapkan jika sudah dekat dengan Allah maka akan menjadi. Maka adapula yang mengatakan adanya ASR dengan bahasa Madura itu tidak heran.

Yang membuat suatu amalan itu menjadi hebat sebenarnya bukan Amalan tersebut tetapi yang mengamalkannya. Contoh pedang bagus akan berfungsi baik ditangan ahli pedang. Artinya jika amalan kita amalkan tanpa dasar dan keyakinan yang benar maka bukan Allah yang datang tetapi Khadamnya yang akan datang. Maka tak heran suatu Hizb yang bersifat dingin akan menjadi panas karena ketidak tahuan kita.

Meditasi
Di pandang dari sudut ilmiah Afirmasi akan berpengaruh kepada orang jika tubuh kita bersih. Sesuai dengan penelitian orang jepang, air yang di beri doa dngan yang tidak molekulnya menjadi berbeda. Tubuh kita 75 persen terdiri dari Air. Sehingga kalau kita rutin meng Afirmasi diri kita sendiri maka akan berubah molekul air /darah kita.

Dengan darah bersih maka hati bersih pikiran jernih maka seluruh cakra akan membuka dengan baik. Ditunjang dengan makanan yang baik. Afirmasi dengan meditasi duduk sempurna sehingga tulang belakang kita lurus tapi santai sehingga jalur sumsumna (Jalur Kharma) menjadi lancar. Lalu kita afirmasi dengan perlahan tubuh kita. Maka dari chakra dasar (Muladra) yang terdapat gulungan 3,5 linkaran akanmembuka dan berputar kekiri dan kekanan sehingga menghidupkan api tubuh kita yang akan menjalar ke cakra lainnya sampai Cakra Mahkota yang akan membuka Teratai sempurna sehingga langsung ke atas menuju Ilahi Robbi lalu dari atas akan masuk cahaya Ilahi yang masuk melalu cakra mahkota meneranginya dan turun melalui Sumsumna membersihkan/ memutuskan tali karma (ikatan keduniawian) sampai cakra dasar. Jika kita sandarkan dalam ibadah Islam maka akan direpresenatsikan dalam Duduk berzikir.

Kesimpulannya : Laksanakan/amalkan apa yang menjadi hak kita dengan bersandar kepada Allah semata. Jangan lakukan amalan yang kita tidak berhak karena ketidak tahuan kita. Karena tubuh kita akan terkena dampaknya. Untuk menjadi tahu maka bertanya pada yang lebih tahu. Siapa ya para Mursyid, Wali Allah. Kalau sudah kehendak Allah maka Allah akan memberikannya. Demikian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada yang salah karena keterbatasan pengetahuan saya. Yang benar semata dari Allah yang salah pasti dari saya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
WIMANS

@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 59 Komentar

Navigasi pos

59 thoughts on “KAJIAN “ASMA SEGALA ASMA”

  1. assalamualaikum

  2. Wa’alaikum salam..

  3. sambil baca nunggu sedulur2 mas akik

  4. Nasrudin

    Salam untuk warga KWA, amat tertarik dengan penjelasan yg diberikan, teringat saya kata2 ini:
    Satu perkataan yg kalau ditimbang, melebihi berat langit dan bumi, tak lain dan tak bukan ialah perkataan,
    LAA ILA HAILLA L0H, terima kasih, ini pendapat saya yg awam ni, harap maaf

  5. absen ah…..

  6. Ifrit

    artikel yg amat baik dan tulus, trima ksh krn menyampaikan dan saling mengingatkan kpd kami arti sesuatu amalan yg sebenar2nya,

  7. Jalasutra

    Penjelasan yg masuk dlm relung kalbu…

  8. Budi.j

    Askum.wr.wb

    sugeng ndalu para sesepuh,
    terimakasih kpda @ki wahyu,..
    Ternyata paparan anda cukup menjadi jawaban sebelum kami sempat bertanya pada sesepuh di KWA ini,
    yaitu tentang,
    1.hakikat ilmu tanpa amal
    2.hakikat ikhlas.
    3.hakikat amal tanpa ilmu.

    trims,alfatihah sent kagem penjenengan sedoyo.


    Sent on a phone using T9space.com

  9. Love Gaza

    Siip!!..ini baru wejangan tingkat tinggi, bener2 ilmu slamet!!. Slamet dunia dan slamet akherat. krn sesngguhnya karomah yang tertinggi adalah istiqomah..

  10. yani

    Subhanallah, salam takzdim kangge poro Sesepuh KWA,
    @santosoimanwahyu> penjelasanipun njenengan sampun komplit.
    Kados filosofi golek ilmu niku pun nafsu, semakin di cari maka gak dapat apa2, alias kosong.
    Semakin kita dekat Allah SWT maka semakin byk ilmu yg kita dapat.
    Al Fatihah send kangge poro Sesepuh KWA
    Al Fatihah send kangge sdr SantosoImanWahyu

  11. Jalasutra

    Kembali ke sejatining hidup

    – Sent on a phone
    using hp kreditan

  12. Adem ayem

    Siip!!..ini baru wejangan tingkat tinggi, bener2 ilmu slamet!!. Slamet dunia dan slamet akherat. krn sesngguhnya karomah yang tertinggi adalah istiqomah.., ini baru artikel menyejukan. Ini tidak, main haram, main musyrik, bidah dsb

  13. Kertapati77

    Kajian yang mencerahkan serta syarat akan hikmah yang mendalam.
    Salam sedulur…….

  14. Wong Batam

    ijin nyimak,…..

  15. Tetapi lain jika anda sudah ada pengetahuan atau ilmunya tentang ASR maupun RDR dengan sanad yg jelas atau bertemu wali Allah SWT. Maka saya yakin Asma tersebut akan di amalkan dengan keyakinan anda untuk dekat kepada Allah SWT.Inna A’malu bil niat / sesungguh segala sesuatu tergantung Niat. Jika anda ingin dekat kepada Allah dan mendapat kasihNya tiada lafaz yang lebih mulia dibanding Tahlil. Akan berbeda jika anda ingin mempunyai kekuatan maka tergantung dari pribadi masing-masing.

    Sesungguhnya jika kita berniat akan sesuatu dan bersungguh-sungguh maka suatu kalimat akan menjadi apa yang diharapkan . MAN JADA WA JADA.

    Yang membuat suatu amalan itu menjadi hebat sebenarnya bukan Amalan tersebut tetapi yang mengamalkanny

    Laksanakan/amalkan apa yang menjadi hak kita dengan bersandar kepada Allah semata. Jangan lakukan amalan yang kita tidak berhak karena ketidak tahuan kita. Karena tubuh kita akan terkena dampaknya. Untuk menjadi tahu maka bertanya pada yang lebih tahu. Siapa ya para Mursyid, Wali Allah. Kalau sudah kehendak Allah maka Allah akan memberikannya.

    ayo jujur dari hati yg paling dalam sedulurku,belajar ilmu ASR dan RDR untuk apa sedulurku………ingin menjadi sakti dan kuat atau untuk dekat untuk Allah

    bagi sy yg dhoif ini, itu semua adalah jalan/ proses untuk menuju marifatulloh ,karna semua kehidupan manusia ada prosesnya/tahap-tahapan,karna bagi manusia yg berfikir/bijak hidup hanya menjadi sakti dan kuat tidak ada gunanya
    kalau tdak bisa mendekatkan diri kpd sang kholik.

  16. gus santri

    Assalamu’alaikum wr wb.. Salam hormat takdzim kpd Semuanya.. Khususon kpd Ki Santoso iman wahyu, ulasan yg bagus, alhamdulillah sae sanget. Matur nuwun ilmunya Ustadz..
    Ikut absen dan menyimak..
    Saudaraku, silakan lanjut..

  17. danz

    ASS.WR.WB. kajian yang sngat menarik,dan juga memperluas pemahaman tentang keyakinan. bahwa tiada lagi yang harus di sembah dan di yakini selain ALLAH SWT. buat mas santosoiman wahyu saya ucapkan trima kasih mau share pendapat dan ulasannya, pengetahuan dan wawasan saya jadi nambah. slam buat seluruh kwa dan mas santosoiman wahyu. hatur thank you pissssss….

  18. Tenoputra

    Alhamdulillah…

  19. kalimat yg agung mengandung 163 aqoidul iman,pohonya segala ilmu,hem kita bahas yo ampek tuntas,bagai mana?..gak setuju ya udah sy tidur lagi..monggo di lanjut…wass..

  20. Santosoimanwahyu

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam hormat untuk para Sedulur dan Sesepuh KWA.
    Salam Untuk Mas Gentar Alam.
    Monggo Mas dilanjut diterangkan, sekalian saya ijin nyimak nggih. sebab saya masih belajar alif saja kurang sekali pengetahuan saya. Saya sangat senang jika ada yg mau menambahkan dan menerangkan ilmunya..Matur Suwun..Monggo Mas.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  21. Pakdhe Gempo

    Bagus..

  22. YGMP

    top..markotop…! ulasan terbaik yang pernah saya baca..thanks..

  23. Wong Faqir

    @Ki Santoso iman wahyu ,,,monggo di beber tentang sejarah kebudayaannya,, 🙂

  24. Gumelar

    asalamu alaikum.
    Mas Santosoiman. kajian yang sangat menarik.
    untuk itu semua, sepertinya tinggal kita meruang ruangkan seiring dengan niat kita.
    kalau saya pribadi, jika mengamalkan sebuah ilmu, entah itu ” asma, hijib, saefi, atau apa namanya, saya berharap ALLAH. SWT memberikan kelebihan, baik itu berupa Karomah, keampuhan, dll dari ilmu yang saya amalkan.
    tapi kalau untuk mendekatkan diri kepada ALLAH.SWT. dan mengharap ridlonya,…lakukan ibadah dengan kesungguhan, dengan cara dan aturan yang sudah tuntunkan dalam al ~ Qur`an dan hadits.
    maafkan jika ada kata yng salah,
    untuk sesepuh dan dulurku semua, salam hormat dari saya
    semoga kita semua ada dalam lindungan ALLAH.SWT.
    aamiin. terima kasih.
    wasallam.

  25. nuryadi

    itu adalah hakekat makripatullah. betul mas dengan apa yg disampaikan mudah2an bemampaat bagi kita semua.amin

  26. abby

    bagus sekali peneranganya..tersentuh hati membacanya.menyedarkan diri ini betapa ceteknya ilmu yg ada dan apakah yg akan dibawa nanti..diri ini masih mencari siapa aku..AKU BERADA DIDALAM AKU..mencari dan masih mencari…semuga ALLAH memberi hidayah dan petunjuknya..AMIN.

  27. Masfauzi

    Allahu akbar..
    Pencerahan yg menyejukkan..
    Alhamdulillah..

  28. Jalasutra

    Sayang… sepi,tp kl RDR yg keluar…psti antre padat merayap….apalagi ada yg mau ksh THR hehehe…

  29. zenzen masih mencari berkas

    kayaknya saya pernah baca kalimat seperti ini ” Jika umatKU meminta kepadaku dunia maka dia akan mendapatkanya tetapi jika dia meminta Ridho KU maka mereka akan mendapat Keduanya” saya ga tau kalimatnya persis seperti itu atau buka…tapi intinya seperti itu…mohon doa dan bantuan agar berkas ku kembali

  30. Masharis

    Nderek menyimak..

  31. dian

    mau nyimak ah…

  32. ridho hunter

    salam silaturahmi…,
    pencerahan yang bijak dan berbobot saudaraku…,
    terutama bagi pemula / muallaf seperti saya ,
    syukron akhi iman wahyu..,
    la tahzan innallaaha ma’anaa..!!!

  33. santosoimanwahyu

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam untuk sedulur dan sesepuh semua KWA
    Mas Gumelar : Insya Allah ..Allah akan mendekat jika kita ingin mendekati Nya. Tapi percayalah Allah Maha Rahman dan Rahim.
    Mas Jalasutra : saya tidak punya pengetahuan tentang ASR dan RDR. jadi sepi ya ndak apa-apa siapa tau ada THR jadi baginya gampang..hehehe
    Semoga Allah mengampuni kita semua dan merahmati kita, Amin.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  34. wongsae

    subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar
    terimakasih ki santosoiman semoga benar-benar jadi pencerahan buat kita semua, amin

  35. saum

    Matur Nuwun mas atas pencerahannya, terutama bagi saya yang tidak sambung sanadnya sehingga akan saya tinggalkan untuk mengamalkannya. Mungkin patut kita renungkan bagi kita sehingga tidak asal comot asma yang tidak jelas juntrungnya. Bagi yang tidak faham talbis syaitan jangan cepat-cepat menyimpulkan sebuah mimpi ketemu wali kecuali ketemu Rosululloh yang memang tidak bisa ditiru.
    @aku Penemis , salam kenal Bopo Yai Guru gimana idul fitri besuk mau ngemis dimana Pasti omzetnya gede jangan ngemis di KWA RDR minta THR aja ya Mbah . Nuwun

  36. MADIUN SAGE

    Nderek nyimak nggih,ilmu dereng nutut….

  37. kura

    subhanawlohhh…

  38. Apik tenan gus…
    illahi anta ma’sudi… smoga kebahagiaan dunia bersama kita semua dan abadi hingga alam kelanggengan amin.

  39. Sanjaya Guitarholic

    Terimakasih atas posting-an yang menarik ini. Saya mohon izin ikut menyimak 🙂

  40. wong kalem

    Ya. aku juga setuju kalau bahasa manusia yang pertama di bumi adalah arab. Adam kan manusia pertama di bumi.

  41. goes

    Subhanallah…,benar-benar pencerahan yg berbobot.(biarlah aku merenungkannya ) @ki Santosiman,Al-fatihah sent.

  42. Gumelar

    DULUR…DULUUUUR

    BANGUUUUUUNN…..BANGUUUUUN

    SAHUUR……SAHUUUUUR

  43. Alhamdulillah……..

    Makin cerah hatiku…!

  44. rudi

    T H R …..aja dah …..ngadem dl,,,,,

  45. rudi

    T H R …..aja dah …..ngadem dl ach,,,,,yang pntng INNAMAL A’MALU BINNIYAT……Selama mencari Ridlo-Nya apa pun amalannya ga jd soal…..mungkin itu jg…hehehehe….

  46. xsan

    ikutan menyimak…

  47. KI TANJUNG

    ASS WR WB,
    Sangat baik ulasan aki Wahyu terhadap kalimat tauhid tersebut. Saya sedikit ungkap pengalaman pembacaan dzikir kalimat “La illaha ilallah” 8000 kali (sekali duduk) tanpa niatan apapun, hanya lillahi ta’ala. Apa yang saya rasakan bumi tempat aku berdzikir goyang, ruangan tempat aku berdzikir bergetar ,kaca2 jendela bergetar mau pecah seolah ada kekuatan besar. Subhanallah. Billahi , ini bukan karangan, ini adalah pengalaman spiritual saya waktu mencari jati diri saya , agar rekan2 KWA lebih dekat kepada Allah supaya hidup kita selamat dunia akherat! Jangan cari kehebatan, jadilah orang yang ikhlas menjalankan ibadah, karena pada akhirnya kita akan menemukan asma’ : “Innalillahi wa inna lillahi raji’un”. Wass

  48. @ki tanjung ikutan donk

  49. Gembel Gerbang Kampus

    Benar

  50. itulah semua setelah kiamat….diciptakan lagi adam…adam yg lain..maka saat ini kita adalah keturunan adam as yang ke sekian….hikhikhikhikhi

  51. rio

    Assalamualikum..

    enak di baca… sangkan paraning dumadi..

  52. abdullah

    Subhanallah, benar sekali ichwan,….. tak ada yang bisa menandingi derajat kalimat lailaha ilallaahu,….. terima kasih ats uraianya.. semoga dapat dipetik hikmahnya… sallam dari saya yang masih dalam pembelajaran

  53. dm3n_cah_ayu

    ass f all,@Ki Tanjung,wuih mantep,apa ga beku bdn smpean Ki,wrd 1000 ja biasa,y dah kedinginan,@Ki Santoso,stujastuju,,,

  54. Masyaallah,…
    ini baru ilmu yang sejati, Layaknya membaca manaqib poro wali
    bikin adem di hati gus, (Y)
    tapi susahnya bukan main kalau ingin bener2 manunggal gus

  55. MEMANG BENAR BAHASA SURGA ADALAH ALQUR’AN NUR KARIM

  56. Teng teng teng….

    Kopi kopi kopiiiii
    Kopi nikmat dunia lan akhirat…
    Belajar agama bareng ngopi…uenakkk
    Tenanttt

    Kopi kopi kopiiii

  57. Ojo kebanyakan ngopi saat puasa mbah,.. kembung loh..

  58. Ehhh ada mbh wa,
    Salam salim sungkem mbh wa _/\_

    Rutin biasa mbh wa saat Ramadhan tiba,
    Jualan kopi dadakan sekedar pelepas penat menanti saur menjelang
    Hehehe

    Mau kopi apa nih mbh guru ?

  59. angger cahya

    wah pencerahan maknyus nich… q yakin pro dlur kwa ni dah pada benahi niatny mengmalkan asr/rdr ato asma yg lain. dan q yakin kalmat tauhid sebelumny pasti jd ujng pangkl pra pengmal asr/rdr. asma yg berkasiat 1000hjt ato lebih bagiku merupakan fasiltas pencapaian ridho Allah yg butuh proses (pemahan qur’an n sunah nabi Saw) sprt para wali yg bisa ini itu tentu sebelumny ada ketrrtarikan akan wejangn2 guru2nya yg nota bene bisa ini itu n semakin mudah,iklas beribadah n sadar bahwa kita hamba Allah sudah dipenakke didunia dgn fasilits lahir mau bathin. sampai disini pemahamn Allah ridho pada hambany. sudahkah kita brsukr ats nikmat2 dunia yg Allah berikan pada kita??…ato malah kita durhaka menyia nyikanny dn brmaksiat???. untuk perumpaan aja ” cth :
    kita sedng fakir , lalu ada orng ky menolong kita dgn ini itu, kita jadi kecukpan bisa ini itu n digunakan yg baik2 tentu kita bertermkasih kan?dn tentu orang yg nolongin kita tambh seneng n apa yg diminta pasti dkasi. TAPIII….lok kita mlah menyalahgunakn pertlongnya sudah pasti DUEERRRR…..”. Jadi pd intinya bagiku ridho Allah bisa diraih dgn rumongso n asr/rdr hnyallah fasiltas insya Allah dikasih n tentu tau konsekwensinya. q bersyukur ketemu blok kwa ini n mf lok da yg salah n kurang ato apus saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: