KISAH INSPIRATIF


KLINIK HERBAL DHANDANGGULO
KREATIFITAS SESEPUH KAMPUS WONG ALUS

Aura rumah bernuansa Jawa itu tiba-tiba berubah. Semula sepi. Namun kini tamu yang datang bisa mencapai puluhan khususnya pada hari-hari tertentu. Mereka datang dengan tujuan mendapatkan pengobatan gratis dengan sarana jamu-jamu tradisional. Itulah rumah Ki Camat Krian sekarang. Dia merelakan rumah bagian belakang dipakai sebagai Klinik Herbal. Namanya Klinik Herbal Dhandanggulo yang punya motto “Menambah Paseduluran Sarono Jamu alias Gratis.”

Kalau kita kebetulan ada waktu dan mampirlah di Klinik Herbal yang berlokasi Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Kita akan mendapati suasana yang lebih mirip padepokan. Ada joglo kecil yang dikelilingi pepohonan rimbun, ada ruang praktek lesehan, ada tungku-tungku pembuatan jamu dengan memakai bahan bakar kayu. Ada kotak-kotak tempat bahan jamu dan lain sebagainya.

“Senang rasanya banyak sedulur dan kita bisa belajar banyak menjalani hidup bersama sedulur lainnya. Hidup terasa penuh arti,” papar sesepuh Kampus Wong Alus yang akrab disapa Ki Camat.

Bermula dari rasa prihatin dengan banyaknya sedulur kita yang miskin yang mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu di kantor kecamatan. Surat itu intinya meminta keringanan biaya untuk dipakai saat berobat di Rumah Sakit Umum Daerah. “Kebetulan saya yang menandatangani surat tersebut” ujar pria yang sehari-hari berdinas sebagai Camat di Kecamatan Krian dan pernah juga di Kecamatan Krembung Sidoarjo, Jawa Timur.

Keprihatinan Ki Camat ini kemudian tersimpan dalam hati sanubarinya. Ide itu kemudian didiskusikan dengan beberapa sedulur yang punya keprihatinan yang sama. Dan pada suatu ketika, Tuhan memberikan jalan dan petunjuk. Datanglah seorang pekerja bengkel yang punya jiwa sosial yang tinggi dan punya keahlian khusus untuk memberi pengobatan dengan sarana jamu-jamu tradisional, sebut saja namanya CAK RUL. Karena punya keprihatinan dan visi yang sama untuk berbagi untuk sedulur yang tidak mampu ini, Cak Rul dan Ki Camat pun sepakat untuk membentuk wadah pengobatan bersama.

Klinik Pengobatan Herbal Dhandanggulo tidak hanya melayani pengobatan gratis dengan racikan jamu-jamu tradisional saja, namun juga memberikan pembelajaran gratis soal jamu-jamuan. Perminggu dijadwalkan kuliah bersama pada malam-malam tertentu. Cak Rul sang dosen membeberkan kawruh dan siswanya mencatat. Tidak hanya teori yang diajarkan namun sekaligus juga praktek membuat jamu-jamu herbal sekaligus tata cara pengobatan kepada pasien.

Menurut Ki Camat yang juga ahli hipnosis dan Master Rei Ki, belajar menjadi juru sembuh tradisional di klinik ini tidak ubahnya belajar di kampus kedokteran. Ada perkuliahan dan ada juga ujiannya. “Belajar tidak hanya teori-teori namun juga dilengkapi dengan laku mengamalkan puasa, puasa biasanya tiga hari atau lebih” ujar ayah tiga anak ini.

Saat datang pertama kali, tamu yang butuh pengobatan langsung disambut dengan sapaan hangat oleh seorang siswa paling senior, Cak Kamek dan dipersilahkan lesehan di tempat praktek. Tamu kemudian didiagnosa penyakitnya —kebanyakan tamu sudah tahu pengakitnya setelah berobat ke dokter—dan kemudian diberikan petunjuk oleh Cak Rul tentang ramuan jamu tradisional apa yang harus dikonsumsi perhari. Karena ramu-ramuan herbal hampir sama dengan obat, maka juga diperlukan dosis yang tepat untuk dikonsumsi. Tamu juga mendapatkan penjelasan tentang cara bikin ramuan beserta petunjuk dimana tempat mencari bahan-bahannya.

Tamu mendapatkan ramuan tradisioal yang siap dikonsumsi di tempat setelah menunggu beberapa saat. Ini karena ramuan harus diracik dan dibikin sesuai kebutuhan tamu. “Setiap tamu, ramuannya kan beda, jadi harus sabar menunggu karena tempat bikin jamu kita terbatas. Bahkan tamu juga membawa pulang jamu-jamuan tersebut,” ujar ki Camat –yang di kalangan birokrasi di Sidoarjo dikenal camat berprestasi dan namanya sudah tidak asing lagi karena ide-ide kreatifnya seperti “Realisasi pembuatan KTP Gratis jemput bola lima menit”, “Internet gratis untuk semua desa/kelurahan”, “Pendirian Radio Komunitas Citra FM”, “Sekolah Gratis S2PS2” dan lain sebagainya.

Tamu yang datang ke klinik punya keluhan sakit yang beragam. Ada yang sakit ringan sampai berat seperti kanker dan sebagainya. Banyak sudah tamu yang datang ke klinik dan merasakan manfaatnya secara langsung. “Insyaallah, penyakit apapun ada obatnya dan mungkin ini cara Allah SWT meringankan beban kaum yang kurang mampu untuk mendapatkan pengobatan secara gratis,” papar Ki Camat yang sejak kecil gemar puasa bilaruhin (tidak makan makanan yang bernyawa).

Untuk menghidupi klinik tentu butuh biaya. Dari mana biayanya? “Semuanya sudah ada yang mengatur. Tuhan memberikan rezeki kepada siapapun yang dengan suka rela berbagi dengan sesamanya. Jangan pernah takut kekurangan rezeki kalau kita siap untuk menjadi penyalur rezeki orang lain. Kalau prinsip kapitalis adalah HEMAT PANGKAL KAYA, maka prinsip sedulur disini adalah MEMBANTU YANG MEMBUTUHKAN ADALAH PANGKAL TIDAK PERNAH KEKURANGAN,” ungkap sesepuh KWA, Ki Camat Krian yang bernama asli H. Bahrul Amig S.Sos, MM.

Ini artinya, semua dana manajemen klinik berasal dari pribadinya Ki Camat. Menurut pria kelahiran Desember 1970 ini, klinik punya motto MENAMBAH PASEDULURAN SARONO JAMU ALIAS GRATIS. “Moto tidak perlu muluk-muluk dan berlebihan. Bisa sebagai sarana pembelajaran bagi kita semua, bahwa siapapun yang beramal bisa memakai cara dan bahasa apapun. Intinya tetap berbagi untuk sesama” terang Ki Camat memaparkan dasar nilai yang melatarbelakangi pendirian Klinik Herbal tersebut.

Tamu didiagnosis dan diterapi di ruang praktek

 

 

 

 

 

 

kunjungan sesepuh KWA Ki Sabdalangit di klinik Herbal Dhandanggulo

 

Sesepuh KWA ki kumitir sedang mencicipi ramuan herbal

 

 

Sesepuh KWA, Ki Camat Krian (tanpa seragam) di tengah jajaran birokrat Sidoarjo.@wongalus,2010

 

Categories: KLINIK HERBAL DHANDANGGULO | 107 Komentar

Navigasi pos

107 thoughts on “KISAH INSPIRATIF

  1. Masharis

    Pertamaxxxxxxxxxxxxxx…………………….

  2. kwa088

    absen pagi…nderek nyimak

  3. Ini sudah eksis, mantapppppp. mas haris, bagi dikit donx 🙂

  4. Oval75

    Keberapa ya…………..

  5. adim

    assalamualaikum

  6. Oval75

    Tumben ke empaxxxxxxxxxxxx……biasanya dpt paling bawah nih……..

  7. Masharis

    Saya jadi kepingin mengikuti jejak ki camat untuk daerah saya..

  8. Oval75

    Ass. Klu bisa praktek buat jamunya dibabar di kwa…biar didaerah lain juga bermunculan klinik herbal…………..

  9. Wa’alaikum salam mas adim, monggo pinarak mriki caket kulo menawi kerso ketularan cengengesan 🙂

  10. adim

    Dandang gulo herbal
    tamunya jam 10 mlm masih antri …
    siapapun yang kesana Gatris tanpa dipungut biaya…
    monggo sesepuh
    untuk mengatualisasikan buat panti asuhan & penampungan orang gila …
    saya harap kiwongalus mengadakan diskusi di padepokan dandhan gula herbal di rumah ki camat
    biar tidak hanya di dunia maya ini …
    diskusi kecil2lan aja dulu entar hasilnya di up load di sini …gimana mas wildan
    nuwun ..

  11. WAH….. MANTEB KI TERAPINYA

  12. adim

    @ mas agung injeh mas sami2
    monggo dilanjut

  13. adim

    oh ia sekalian buat forum komunikasi KWA
    wilayah :
    Sidoarjo Pasuruan Surabaya Probolinggo mojokerto… atau nambah lagi kota… terdekat monggo
    kira2 singkatannya apa ya

  14. @ ki ageng : email sudah daya terima dan sudah diforward kepada sesepuh dan admin KWA. semoga segera ditindak lanjuti oleh poro sesepuh sekalian.

  15. yoyok supriyadi

    Kagem Ki Camat
    oleh dak bergabung tetapi tidak mempunyai ilmu yng mumpuni untuk menyembuhkan orang.
    dan mohon alamt lengkapnya, kalau saya sih di Sepanjang

  16. kancil/mulyono

    Alhamdulillah dah berjalan…….
    @ki ageng JJ
    @ki Adim
    @mas agung
    di jabodetabek gimana nih….?

  17. Sekar_4yu

    Absenn pagi menjelang siang…Ki
    Dandang gulo herbal,kl blh tau alamat lengkap plus nomer telpon (kl ada) siapa tau ada seduluran yg sangat membutuhkan utk berobat kesana.
    Salut buat ki camat plus seduluran yg lain,dijaman spt ini msh memiliki jiwa sosial yg tinggi terhadap sesama disamping itu scr tdk langsung tlh melestarikan ramuan herbal asli Indonesia,BIG SALUTEE for u guys…dan tetep semangat utk menolong sesama..

  18. Absen siang pulang ngojek.. manteb smg lancr,berkembang sukses dll yg bagus2. 🙂

  19. adim

    Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo….
    rmhnya di pas belokan kanan jalan samping makam islam tanya tuh …
    rumah pak camat ..
    kalo tanya orang “pengobatan herbal dangdanggulo maka mas akan di kasih tau arah jalan lewat samping makam islam ….
    tapi kalo mas tanya rumah pak camat … di tunjukkin arah lewat depan rumah jadi ada dua arah disitu ..

  20. nderek nyimak kalehan absen siang ……monggo dilanjut…..

  21. Derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauhmana dirinya punya nilai.

    Manfaat bagi orang lain. Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda, “Sebaik-baik.

    Manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain”

  22. yoyok supriyadi

    Bukanya hari apasaja mungkin kalo ada waktu luang saya bisa jalan2 kesana

  23. kancil/mulyono

    saya setuju kataKki Ageng JJ

  24. @ mas kancil : saya siap nyantrik kalo sesepuh ada yang mau buka praktek. maklum mas, saya bagian cengengesan aja diluar itung2 among tamu dan pendaftaran. di ciputat sudah ada pelayanan pengobatan gratis yang bersumber dari lembaga islam ( kalo tidak salah dompet dhuafa )

  25. Syafa'at Wong sukorejo

    @ki Adim kapan rencana lagi ke padepokan ki camat aku mau ikut.

  26. adim

    @ Syafa’at Wong sukorejo
    ia entar nunggu konfim dari kiwongalus … apa diadakan atau tidak

  27. kancil/mulyono

    @mas agung : saya rasa sesepuh di jabodetabek juga dah mempunyai rencana seperti itu mas.kita tinggal nunggu deh……saya ikut ubyang ubyung saja……hehehe
    maklum bawang kothong
    monggu poro sesepuh……..

  28. adim

    @ kancil/mulyono
    sugeng siang …

  29. Bimo Braja

    Alhamdullilah

    ternyata ….IBLIS pun berdoa memohon ampunan dan menyatakan diri bahwa dia sendiri pun tidak berdaya apa pun kecuali Allah.

    Nick name nya di ganti aja ki, jangan yang SANGAR SANGAR gitu…. HE HE… gimana kalo BELIBIS PUTIH, ato BELIBIS HITAM, sing penting ada BIS nya. ya ki…. and jangan ngajak orang masuk NERAKA ki, gimana klo ajak masuk ke SYURGA Aja…. (ha ha ha…. canda ki…..)
    wilujeng siang saderek sadaya.

  30. kancil/mulyono

    @bimo braja : sugeng siang ……..

  31. @IBLIS: Salam Rahayu katur jenengan .
    Wah ilmu wirit panjenengan tinggi juga energinya.

    ” ROBBI YAA ROBBI ROBBI ASTAGHFIRUKA WA ATUUBUH ILAIH LAKHAULAWALAA QUWWATA ILLAH BILLAH”

    sekalian di wedar dan di ijazahkan buat sedulur semua di sini jangan hanya buat ki camat saja.

    sekalian Nick name nya di ganti aja ki, saran kaulo.

    kelihatanya panjenengan juga punya ilmu namanya: SAKAREPMU DEWE (ITU ILMU LELUHUR) apa betul?

  32. k_angelous

    Assalamualaikum

    Salam hormat untuk sesepuh di Dhandang gula herbal yang sudah berbagi untuk masyarakat yang tidak mampu dan perlu di contoh tuh ide kreatif dan prestasinya.semua amal ibadah tidak lain di tujukan kepada tuhan dan kemashalahatan umat .saya tidak bisa ikut membantu ,hanya bisa berdoa semoga bermanfaat untuk dunia dan akhirat.amin

  33. kancil/mulyono

    hehehehe…….boleh juga wedaran wirid serta ijazahan” ROBBI YAA ROBBI ROBBI ASTAGHFIRUKA WA ATUUBUH ILAIH LAKHAULAWALAA QUWWATA ILLAH BILLAH”

    salam…

  34. @ ki ageng : kayaknya mas iblis itu punya amalan yang bernama MBAH DUL ADOL CEMPE’, MREGUDUL KAREPE DEWE ( lha yo iyo, mosok iblis kok mau diatur, sama penciptanya saja ngeyel kok )
    @ mas kancil : saya sepakat kaliyan panjenengan. monggo sesepuh sekalian

  35. k_angelous

    Sugeng Siang kagem Ki Wong Alus.wah para sesepuh mengeluarkan kemampuan tingkat tinggi jarak jauhnya,karena awam saya duduk dan menyimak saja.

  36. MalingCluring

    Nick name Iblis, bisamu kok cuma omong doang. Tanda nggak mampu tuh.. Kasihan juga dgmu. Kalau dikritik, kamu berlindung dibalik nama besar iblis…

  37. bengawan.candhu

    @ki camat kriyan….salam sih katresnan…sy trt mendoakan smg apa yg panjenengan lakukan mendapat kemudahan,bimbingan dan ke mustajaban dr Allah Swt. Amin.

  38. arek ilank

    assalamualaikum,poroh sesepuh&dolor KWA sedoyo,,
    kulo mong saget bantu dungo,mugi2 saget kelaksanan secepatx rencanaepun,sugeng siang sedoyo,
    sambil ngisi absen&ijin nderek nyimak,,,,

  39. k_angelous

    @ KI Iblis :kalau saya memang sudah sesat jadi jangan di sesatkan lagi ya…saya mau tobat.

    salam

  40. arek ilank

    assalamualaikum poroh sesepuh&dolor sedoyo,,
    sugeng siang,nderek ngisi absen&nderek nyimak,,,,

  41. kancil/mulyono

    @arek ilank sugeng siang……..

  42. jangka sewu

    om iblis
    walaupun kamu bermuka dua tp kdang2 skrep dewe pke nama jd bermuka bnyak hehehe ilmu mu huebat tenan wiswis om iblis skali-skali wedar ilmu dong hehehe entar ane qobiltu makasih

    WAJAL JIL AKDAMAL IBLISI WA-JUNU UDIHI BIL-JABARI WAL-KOHARI BAIDHUM ANIL JAHI

  43. Syafa'at Wong Sukorejo

    @ki adim . terima kasih atas infonnya, tlong aku di kasih no hp panjenengan dan ini no.hp saya 085732231157 trim.

  44. eror eror..

  45. kancil/mulyono

    sugeng siang mas akik……

  46. kancil/mulyono

    pripun kabare mas akik……..?

  47. comentku ga masuk nih padahal ga mengandung sara ashari xixi

  48. @kang kancil kabarnya kita sama2 di plester mulut kita ha ha

  49. kancil/mulyono

    @mas akik : kl di lester mending kita ngopi saja mas….hehehehe

  50. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    Salam rahayu sedaya

  51. perhatian!!! kepada sesama sedulur yang diplester, mohon komentnya pake bahasa isyarat saja yaaaa….qiqiqiqiqiqi….. mas akik, angler tenan ya? masak udah dibakarin buhur sak slop baru nongol?

  52. kancil/mulyono

    @kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono : salam rahayu ki….

  53. @ ki udeng : sugeng siang, monggo pinarak mriki. ngopi njih?

  54. kancil/mulyono

    wah2 mas akik punya banyak buhur to……buhur opo mas?

  55. kancil/mulyono

    @mas agung : gimana bahasa isyaratnya……hehehehe

  56. @ mas kancil : spesialis 234 mas. sebentar, aku mau klarifikasi, panjenengan sama mas akik ki plester-plesteran opo emang dari panitianya kebagian plesternya aja he…he… asal jangan pake plester yang gede ya mas, lama2 kumismu iso ilang mengko 🙂

  57. erbede232

    @ll, selamat siang. ngisi absen ba’da dhuhur.
    @ki adim, apkh desa prasung itu lebih dekat jika ditempuh via lingkar timur sidoarjo ? matur nuwun.

  58. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @mas kancil/mulyono, mas agung : sugeng siang ugi, matur nuwun mas agung kopinipun joss hehe

  59. dead man

    aslm. ya bagus ada klinik herbal di kwa.

  60. wong djowo

    Salam Pamuji Rahayu dalem kangmas ki wongalus lan ki camat poro sedulur KWA. Alhamdulillah kita tidak hanya menggali ilmu saja namun dapat berbuat mengulurkan tangan bagi mereka yang membutuhkan. Sungguh amat mulia yang demikian sebagai rahmatan lil ‘alamiin menebar kasih dan sayang bagi sesama. Sebagai bekal kita menghadap Gusti Allah Kelak. Wah saya kagum bgt sama ki camat semoga Rahmat Allah senantiasa terlimpahkan ke panjenengan selalu ki.

  61. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @ ki AgengJJ@ki bengawan candhu@ki arek ilank @ki mas akik lan sederek sedaya: ngaturaken salam ugi lan salim lajeng salaman njihh supados dipun sulamaken silaturahmi kagem selam wonten ing batos dumados qolbun Salim, Amien

  62. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @mas ki dead man @ki wong jowo: sugeng rahayu

  63. kancil/mulyono

    @mas agung : tanya mas akik saja mas agung….kenapa plester2an
    hehehehe……

  64. kancil/mulyono

    sugeng siang mas dead man

  65. @ ki udeng : ini kopi spesial racikan ki bayu pamungkas dari kalimantan, bikin byaarrrrrr… mbah bayu, nuwun njih.

  66. dead man

    @ki udeng,,,,,,,,salam sedulur,,,, monggo ki. namnya panjang bangetz,,,,,

  67. WOMGSABARSENTOSA

    MANTABS…..GAN..

  68. dead man

    @wong jowo,,,,,,, aslm. baru muncul lagi ni ki?????

  69. kancil/mulyono

    @mas agung lagi ngopi juga
    kl disini barisan super bukan 234…………….hehehehe

  70. yoyok supriyadi

    monggo kito tansah memayu hayuning bawono kanti pangajap mugi kito sedoyo kalis ing sambi kolo
    silakan dilanjut
    kulo bade beber kloso rumiyin
    nuwun…………………….

  71. wong djowo

    @deadman

    salam pamuji rahayu kangmas deadman maap arang OL karena ada beberapa kesibukan yang menyita waktu. he9x muda2han sekarang bisa terus OL menyapa sedulurku semua 🙂

  72. mas agung episode II

    @mas agung….asswrwb,he5x numpang beken mas. @ki deadman….apa kbr oom? @ki wongdjowo….nderek nepangaken ki.

  73. dead man

    @agung 2,,,,,,,,,walah alhamdulilah baik om. ini agung yg mana lagi toh????? yg ganteng ada namnya agung wisnu!!!!

  74. @ mas deadman : monggo pinarak, tikar beralasa sajadah sudah saya siapkan. kopi apa teh minumnya?

  75. dead man

    @mas agung,,,,,,,,ya boleh deh,,,,, saya pesen cendol gula merah esnya yg banyak ya,,,,,,,,,

  76. @ mas agung jilid 2 : monggo mas, tapi saya boleh pinjem pusakanya ya, satu aja.

  77. @ mas detmen : kalo saya jualan dhawet mas, cendol kan sudah dipatenken panjenengan he…he…

  78. kancil/mulyono

    ada 2 mas agung nih
    hehehehe………..

  79. @ mas kancil : yang ini mas agung keren, punya pusaka tongkat sejengkal he…he… ( eh, aku juga ding ) aku tak nunut kerennya ahh..

  80. mas agung episode II

    @ki deadman…iya mas,sy jg cakep loh mas. Mgkn saingan temene mas. @mas agung….tdk ado pusaka mas,cuma sendok garpu. @mas kancil/mulyono…..salam knl mas,pendatang br.

  81. dead man

    @mas agung 2,,,,,,,,,,, wah asli ini pasti om agung wisnu,,,,,,,, hahahaha ketauan ayo jngan ngumpet.

  82. mas agung episode II

    sy jualan gado2mas agung,ki deadman dan mas moel,mo tdk. Ini promosi,diskon50%.

  83. mas agung episode II

    gado gado diskon diskon,ayo ayo!

  84. @ mas agung 2 : njih, saya pesen yang puedesssssssss banget. pokoke cabene sekilo. mau tak kirim mas akik biar gak ngantuk. katanya dia senengnya jajan di mbah jingkrak

  85. mas agung episode II

    @mas agung….siap,tetep diskon 50%,bekerja sama dlm menumpas mas akik. Laksankan.

  86. adim

    @ syafaat sukorejo … sama2 mas

    @ erbede232
    ia bisa dari bundaran waru sda ke arah selatan kurang lebih 5 kilo di wilayah buduran prempatan ke empat lampu merah pabrik comfeed (pabrik obat) masuk ketimur kira2 1 kilo lewati 1 perempatan lagi dah nyampe

  87. mas agung episode II

    @ki adim….asswrwb,salam takzim ki. Kami msh mnunggu petuah2bijaknya. Trmksh.

  88. wong djowo

    @deadman

    Salam Pamuji Rahayu wokeh kangmas insya Allah nanti kita bagi beberapa keilmuan di blog sampeyan. Menuju Tkp dolo

  89. kancil/mulyono

    salam kenal mas agung 2……hehehehe
    tambah sedulur

  90. oyot mimang

    kl ada kesempatan mungkin kulo kepingin ndolan ke rumah ki camat krian,sy di mojokerto ki…..

  91. Salut kepada Sesepuh dan Saudara2 di sidoarjo (Ki camat Krian dkk), Mugi ules-ules rubeda murub, mancar teng tlatah nuswantara.

    “Semoga tiada yang tersia-sia pd stiap detik yang kita jalani, sehingga sgla sesuatunya adlh yang terbaik dari-NYA untuk kita dan untuk saudara2 semua”

    “Kito sedoyo sedulur”
    “Dongan do hita sudey”
    “Kita sabarataan dingsanak”
    “Kita semua bersaudara”

    Nyuwun gunging samudra bilih lepat..

    Rahayu…

  92. erbede232

    tks ki adim atas penjelasannya.
    klo dari mbah google maps, dari comfeed (pbrik pakan ternak???) belok kiri itu jalan Jawa, habis per4an terus jln. Prasung namanya. Ada makam Banjarsari2 klo gak salah. Apkh klinik herbal Dhandanggulo diseputaran itu ? kapan2 insya Allah saya mo sowan…

  93. Remagelung Junti

    AJUNG 2 JEMPOL KAGEM PAK CAMAT

  94. Angon

    Alhamdulillah… satu lagi contoh kawulane Gusti kang pinilih, yg selalu memberikan kemanfaatan bagi sesama… saya jdi iri, krn blm bisa memberikan apapun kpd yg lain… nuwun

  95. roikhu

    kinten-kinten kulo angsal sowan dateng padepokan ki camat ?
    Nuwun

  96. dead man

    @angon,,,,,, wah jenengan terlalu merendah ki. salim

  97. wah ternyata di sini saya mau di tumpas sama ki lurah dan gang2nya..sembunyi di belakang sesepuuh… (aman)

  98. adim

    Assalamu`alaikum …..

    @ mas agung episode II
    inggih mas … sama2 disini saya juga menimbah ilmu pengetahuan tuk lbih dekat kepadaNya
    @ erbede232 ..ya betul mas disekitar situ
    @ mas akik slamat malam
    @ mas Dead man selamat malam
    @ ki angon slamat malam
    @ roikhu ; siapa aja boleh sowan ke padepokan dandhang gulo herbal

  99. BAYU PAMUNGKAS

    Wah kpn2 klo ada kesempatan mau ngansu kaweruh ktmpt ki camat y ki, boleh to,,

  100. bengawan.candhu

    11 October 2010 at 10:19

    Kepada Yth :
    Sesepuh pini sepuh KWA
    Generasi biru KWA
    poro sedulur penggemar dan pemerhati ilmu dan hikmah

    Di wilayah Salatiga, Ambarawa, Semarang, Kendal, Kaliwungu, Pekalongan, Pati, Kudus Demak,Grobogan,Purwodadi

    Hal : undangan terbuka pertemuan perdana dan rencana kegiatan bulan Des 2010.

    Dengan hormat, Salam takzim…salam sih karahayon…..Sebelumnya dgn penuh kerendahan hati kami dan dgn sepenuh hati kami dan menjura yg sedalam2nya kepada para sesepuh dan pinisepuh,para senior di kota2 tsbtkan di atas. tnp bermksd jumawa dan berbangga diri dan jg berbesar diri…..
    Sehubungan dgn permintaan diadakannya pertemuan KWA Semarang dan berdasar pertemuan hr snin 4 okt 2010 oleh sebagian bolowongalus di smg. Kami bermaksud u/mengajak dan mengundang poro sedulur sesepuh pini sepuh,para senior smua u/berkumpul di sekretariat kwa smg.

    Jam/Hari/Tanggal : 21.00 WIB/Sabtu/16 Okt 2010
    Tempat : jln.Anjasmoro tengah no 9A Karang ayu SMG
    Acara :
    1)Pembentukan pengurus KWA cabang semarang
    2)membahas acara perdana KWA bulan des 2010.1)mbah jambrong semarang 08157736941
    2)pencari guru sejati semarang 088215003820
    3)hijrah semarang 081228182273
    4)mas haris semarang 081325224129
    5)laskar lung gading 085740011189
    6)bengawan.candhu Salatiga 085216123458
    7)sang penghayal(ahmad dany) semarang
    8)pendekar bodo semarang
    9)Wawan.As ( sragen ) 085 725 161 088
    10)satrio ilang grobogan 085726871569
    11)harsa semarang 024 70031795
    12)andra yogyakarta 081226119538
    13)wawansleman 02749542253
    14)arya setya tama semarang 085640745663

    DATA SEMENTARA YG BERKENAN BERPARTISIPASI DLM ACR GATHERING DI SEMARANG
    1)ki arya kusuma dewa/raden sancang ungu beliau berkenan memberikan oleh2 pnyelarasan massal ASMA SUNGE RAJEH dgn media doa,rajah dan garam penyelarasan daya.
    2)ki abdul jabar beliau berkenan memberi ijin memperbanyak cd meditasi,sbg doorprice nnt…..
    3)mr.brown menyumbang dua buah keris sng tanda kasih,doorprice…..
    4)Bagi yg dtg tgl16okt mlm mgg,ki arya kusuma dewa berkenan mengijazahkan dan menyelaraskan RDR kpd yg dtg dgn beberapa media penyelarasan.
    5)ki arya kusuma dew,berkenan memberikan atensi dan sumbangsih kpd kami kpd kami air rendaman doa rajah syifa jabalut….yg insya allah dpt dgunakan u/penyembuhan pd penyakit2 krn energi negatif di dalam tubuh.

    @bolowongalus……bagi yg berkenan hadir kami persilahkn u/copas…….ini adlh murni sosial…gratis…tdk dpungut biaya apapun…tdk ada syarat apapun….msl ada syarat pun sebatas “niat paseduluran dan niat yg baek buat silaturahmi sj”…..sama2 mo bljr……siapapun yg merasa berkeinginan tumbuh dan berkembang bersama meskipun dr luar dr daerah yg kami sebutkan diatas jg ttp terbuka…..krn lingkup kami lintas smg dan sktrnya maka yg kami cakup adlh daerah yg kami sebutkan diatas,tp klo dr luar daerah berkenan hadir adlh suatu kehormatan tersendiri bagi kami tlh berkenan dtg jauh2 ke smg. . ini jg menjawab pertanyaan dr sgenap poro sedulur….smg mjd perhatiannya……trmksh…

  101. Rony

    Sem0ga brmanfaat .. Amin!

  102. Gembel Gerbang Kampus

    Salam sedulur kampus semuanya…
    subhanallah..majuuuu teruussss ki camat kami Insya Allah akan terus mendukung dan mendoakan agar klinik jamunya selalu diberkahi Allah ….amien
    al fatehah sent….

  103. agus

    bg yg ada msalah ttg santet,guna guna,atau hal gaib,
    saya siap bantu,
    hub
    mbahagus23@yahoo.co.id
    (melayani pesugihan putih)
    wslm

  104. p74-suwung

    salut empat jempol pada ki camat, maju terus ya pak camat untuk jadi jalan berkat untuk orang lain
    semoga Allah swt memberkahi anda dengan rencana dan klinik yang anda jalankan Amien

  105. krio panting

    Assalamualaikum….salam buat semua sedulur2 dan sesepuh di KWa…
    mas saya mau tanya nih…obat herbal buat obatin Panu di Lengan dan obat herbal untuk menyuburkan rambut rontok apa yach???

    Mohon Bantuannya….

    wassalam

  106. ayat

    SALAM TAHIYYATUL ISLAM..
    saya mau ikut serta, skalian mau tanya… kalo ramuan obat buat penyakit bronchitis pa ya ?
    mohon ptunjuknya… semoga Allah senantiasa memberikan jalan buat kita semua, amin… hatur nuhun

  107. alhamdulillah puji syukur pd ALLAH SWT yg telah menolong rakyat tdk mampu lewat pak camat krian..luarr biasaa jiwa sosialnya sesuai dg titel Ssos nya..salam pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: