TERUSKAN KANJENG SUNAN: DAKWAH DENGAN MEDIA SENI


Reporter : Wong Mbohol
Iwan Fals, Penyanyi pop legendaris yang punya jutaan fans fanatik berlabel OI (Orang Indonesia) kembali menyapa penggemarnya di Lamongan, 14 Oktober 2010. Setidaknya dalam enam bulan ini dia telah dua kali bertandang ke kota soto itu. Namun pada kunjungan kali ada nuansa berbeda dari sebelumnya.

Kali ini merupakan road show spiritual pelantun lagu ‘Bento’ ini bersama Group Musik Ki Ageng Ganjur pimpinan Dr. Al-Zastrow (Ketua PP. Lesbumi NU) ke beberapa pondok pesantren. Malam itu, Iwan Fals hadir di komplek PP. Sunan Drajat Banjaranyar, Paciran, Lamongan asuhan Dr. KH. Abdul Ghofur. Kehadirannya sangat dinantikan ribuan santri dan komunitas OI. Tak pelak ketika Iwan Fals memasuki komplek acara ribuan santri dan OI berusaha merangsek mendekat. Ada yang unik pada malam itu, yaitu hingar-bingar konser musik didahului dengan istighotsah.

Para santri dan komunitas OI (yang terkesan urakan) bermunajat bersama. Setelah tausyiah dari pengasuh, Iwan Fals dinobatkan sebagai salah satu kerabat PP. Sunan Drajat Banjarnyar dengan ditandai secara simbolik penyematan sorban putih kepadanya. Konser dibuka lagu bertajuk ‘Ibu’ berturut-turut ‘Sarjana Muda’, ‘Tikus-Tikus Kantor’ dan beberapa tembang hits Iwan Fals lainnya. Para penonton pun ikut bernyanyi bersama tapi tetap menjaga ketertiban sampai acara usai.

Pada konser malam itu juga diadakan pengumpulan dana untuk kelangsungan pendidikan bagi pelajar korban Lumpur Lapindo Sidoarjo. Pada sore harinya, Iwan Fals talk show di station radio milik pesantren tersebut. Acara tersebut disiarkan secara live ke seantero dunia karena radio tersebut dapat diakses melalui internet. Dalam sesi wawancara Iwan Fals menjawab bahwa tournya kali ini terinsprirasi oleh model dakwah Kanjeng Sunan Drajat dan Kanjeng Sunan Kalijaga yang meretas dakwah dengan media kesenian. @@@

221 thoughts on “TERUSKAN KANJENG SUNAN: DAKWAH DENGAN MEDIA SENI

  1. @ustadz ghaib : di data aja Ki sapa2 yg mau ditrasfer sy jg pst ikutan dan yg pst nya seperti kata Ki Wongalus jgn ada mahar ^^

    salim dl ma Ki WA :)

  2. assalamu’alaikum
    sugeng ndalu, salam ta’zim kagem sesepuh ugi sederek sedaya…… Koq radi sepi, ki bengawan candhu, ki angon, ki darmogandul lan sesepuh2 sanesipun koq sami mboten ketawis….. Tp taksih wonten ki udeng, sugeng ndalu ki….

  3. sugeng ndalu ki bayu pamungkas, salam ta’zim…. Nek ngrogo sukma dateng singapura mbok kula diajak ki…hehe

  4. @mas wisnu salam yaa, sedaya sedulur salam rahayu…@ustadz ghaib salam

  5. @wong mbohol… nuwun reportasenya…! Dlm pepatah Arab disebutkan “ath-thariqatu ahammu min al-madah”, metode, cara atau strategi itu lebih penting daripada materi yang mau disampaikan. Pepatah ini juga ternyata berlaku di dunia marketing (tanya mas bengawan…..hehe), karena dg strategi yg jitu seorang salesmen mampu membujuk calon konsumen utk tertarik dan membeli produk yg ditawarkan, meski produk itu kurang bagus kualitasnya…
    Metode seni adlh salah satu cara bijak utk berdakwah…. lanjut… nuwun

  6. @ki bayu pamungkas…. Tp kalo mahar bwt ngrogo sukma ke singapur mahalnya senilai karcis pesawat mending naik pesawat aja ki,,,, rame, banyak temen’y

  7. Ikut nyimak aja deh saya orang awam nggak mau ngrepotin kalo banyak tanya

  8. Maaf bwt pk ustadz gaib..Apa bnr ilmu ngrogo sukmo bs d transfer,bkn kh ngrogoh sukmo adlh sukma jati kita yg kluar,maaf berdasarkn pengalaman saya yg bodoh ini,kunci dasar ngrogoh sukmo adlh kesucian hti kita,serta ke ihklasan kita akan kematian kita(istilah jawanya mati saiki gelem,sesuk yo gelem)intinya kepasrahan total hidup dn mati kita kpd gusti alloh,beda dgn ilmu trawangan,menurut saya ilmu trawangan masih menggunakan jasa sedulur kita,jd bkn sukma jati kita..Maaf klw postingan saya terlalu panjang,skali lgi saya minta maaf kpd smua warga kwa smuanya,nuwun…

  9. @ki angon…. Sugeng ndalu ki, salam ta’zim. @kiudeng…. Pripun kabar dinten punika ki? Mugi sae kemawon

  10. Aduh kok repot amat sih, sudah2 aq mau ke fb aja, nnt klo agak anget lari k fb aja ngadem dsna y. Wkkk

  11. @ustadz ghaib…. nuwun sewu… jangan diambil hati ya… anak-anak KWA memang nakal-nakal dan suka usil…. kadang kalo bercanda jg kebablasan….., apalagi kalo lihat orang sakti kaya panjenengan….. wes pokoke langsung podo ngrubung mau nyucup tangan…. tapi kelemahan anak2 KWA itu cuma satu…. mboten gadah arto kangge mbayar mahar, nanging nek mahar alias mas kawin akad nikah… mbuh kulo mboten ngertos…

  12. assalamualaikum,
    @pak rektor
    @bayu pamungkas
    @wisnu
    @murid baru
    @ustad gaib,poro sesepuh&sedolor KWA yg saya cintai smoga slalu dlm perlindungan ALLOH SWT,amiiin,
    ngapunten @ustad gaib klo boleh tau maharx brapa??&pa mngkin dah pasti terjamin ”PASTI BISA”??
    kulo nyuwon ijin nderek nyimak,,,

  13. Benar kata Ki angon murid2 KWA suka ma yg gretongan tp bkn berarti pelit …. hehehe

    salim dulu ma Ki angon :)

  14. assalamualaikum,
    @pak rektor
    @bayu pamungkas
    @wisnu
    @murid baru
    @mahaning
    @ustad gaib,poro sesepuh&sedolor KWA yg saya cintai smoga slalu dlm perlindungan ALLOH SWT,amiiin,
    ngapunten @ustad gaib klo boleh tau maharx brapa??&pa mngkin dah pasti terjamin ”PASTI BISA”??
    kulo nyuwon ijin nderek nyimak,,,

  15. @mahaning…. Saya setuju, setahu saya jg sprti itu, tp maaf pengetahuan sya masih sangat2 rendah. @arek ilank… Wa’alaikumsalam

  16. @wisnu… alhamdulillah kabarku baik cah bagus…. piye kabarmu, wong tuamu lan sedulur2mu…? nek ngenet aja mbuka situs sing ra nggenah ya cah bagus….!

  17. Ya udah maharny dikredit aja jangka 10 th kang biyr ringan byrny, + bunga 3 %/bulan ha…5x

  18. Wah jangan2 nanti malam saya bermimpi disuruh membayar mahar kepada seorang uztad supaya bisa trawangan…….hehehe

  19. maaf dobel2,abiz sinyalx gambegkn,,,,!!
    Klo maharx cuma pulsa siih g papa,tp klo lebih,,??????,

  20. BUAT SADULUR JAKARTA SILAHKAN DAPTAR UNTUK KORWIL JAKARTA UNTUK MEMPERERAT PERSAUDARAAN.1 WONGITEM RAWAMANGUN.2 DEADMAN JAKSEL.3 ANGKER LUDIARTO JAKUT.4 HASIBUAN.5 WONGABANGAN.6 NAWHAZKY JAKTIM.7 NAMICHU PULOGEBANG.8 GENTAR ALAM TANAH KUSIR.9 ABI.10 THANMUS THEPOS .11…….SILAHKAN DAPTAR TULIS NAMA.ALAMAT.DAN NOHP.untuk jakarta dan sekitarnya

  21. Ustad gaib@mending transfer dulu kl bnr dah kebukti sy rasa sedulur2 kwa jg gak sayang kok kasih segelas cendol buat panjenengan.salam pak ustad

  22. maaf sebelumx,sy mau tanya sedikit,klo mimpi potong rambut itu artix apa??,mohon yg tau tolong dijawab,,,

  23. @Ustad gaib: benar kata TRINITY coba ditranfer aja dl tuk membuktikannya nanti jk ada yg tdk bayar pak ustad tarik kembali aja Ilmunya .. tp di kasih tau dl brp maharnya maaf ustad jk ada yg salah …..

  24. lg ngmngin trwangan ya saya pngen tu,tpi gak ada modalnya klo pakek mahar kang ustd..klo wong awam koyo aku iki pngen bin penasaran tpi ujungnya yang gak kuat,punten ikt aja lah terima bersih,he,hd

  25. @USTAD GHAIB HHEHEHHEEH JGN MAININ ILMU GHAIB YAHH ,,,KLO ILMU JIN BISA LAH DITRNSFER JGN CUMA NGAYAL MASALAH ROGO SUKMO,,,BANYAK TIPUAN JIN DAN SETAHN AJA TUH JNG NGAYAL TINNGU SAMPE KE LAUMAHFUDS LAH BIASA AJA………..

    MAHAR APA BOHONG TU PAKE SYRAT NGAK ADA TUH KLO ILMU ALLAH DIMAHARIN KECUALI SALING NGERTI AJA

    RITUAL APA ,,,MAU PAKE APA BUHUR ,MENYAN MADAT PA APEL JIN

    AHHH NGAK ADA
    BIASA AJALAH

  26. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Sugeng ndalu ki wongalus, ki angon, ki bayu, ki ustadz, mas wisnu dan sedulur semua

  27. @trinity…. Sugeng ndalu, salam ta’zim…. Lha kalo saya cuma sarungan ga pake kolor gimana??? Hehehe

  28. @USTAD JGN GITU ,,,KLO ANDA BERTEMU KANJENG NABI ,,,TLG JGN DIUMBAR,,,NGAK BAIK NTAR TERBALIK KEDIRI ANDA SENDIRI..

    JADI BIASA AJALAH NGAK PERLU GEMBOR222 BIASA ,,,AJA

    MAAF KLO TERSINNGUNG SALAM KNL DARIKU PEKANBARU RIAU

  29. Salam saudaraku ustad gaib,sy yakin semua sedulur di sini gak ada niat yg melecehkan panjenengan…salam

  30. @USATAD GAIB …AKU HANYA ORANG BIASA TUKANG NYIMAK DI KWA INI

    DAN SUKA NGASI KOMENTAR,,,,,,,NO ANDA APA TUH SIMPATI APA APA BIAR SAYA TELPON PAKE KARTU APA BIAR VNGK MAHAL,,MAKLUMM SWASTA C,S KERJAKU

  31. @ustadz Ghoib…jangan PASANG IKLAN di KWA, ini bukan tempatnya transfer uang utk mahar ilmu anda,tempatnya berbagi ilmu pengetahuan dr para sedulur semuanya..

  32. Assalamualaikum,
    @Pak rektor
    @Bayu pamungkas
    @Wisnu
    @Murid baru
    @dan para
    sesepuh & sedulur
    KWA yg saya cintai
    smoga slalu dlm
    lindungan ALLOH
    SWT, amiiin. Ijin nyimak sambil nunggu transperan ustadz ghaib, siapa tau saya dpt berkah ditransper ilmu terawang dan ragasukma..he..he..
    Mantapppp.
    Wassalam

  33. Sependapat dengan mas Mahaning, soal ngrogoh sukma dan terawangan berhubungan dengan sedulur bathin. Kalau bathinnya tidak bersih ya seperti cermin kagak bisa ngelihat apa-apa. seperti saya, ada beberapa sedulur KWA yg minta supaya dapat membuka mata bathin, mintanya instan malam itu harus bisa. Lha pikir saya ternyata ada sedulur KWA yg pelawak. Sudah saya katakan kalau hal itu perlu proses, ternyata nafsu untuk bisa malah gak bisa. Akhirnya nyalahin saya, “ngomong saja Ki kalau sampeyan gak bisa”. Wah ya dagelan gak punya casting siaran TV, ibarat murid kagak lulus yang disalahin gurunya. Banyak rupanya orang sering melakukan ibarat pepatah “BURUK MUKA CERMIN DIBELAH”.

    Kita harus sadar juga, kalau KWA ini tempat pembelajaran artinya ada yg mengajarkan ilmu dan ada yang belajar ilmu. Semuanya atas dasar lilahi ta’ala. Wajar juga kalau ada yg ngomong bisa ini bisa itu lantas dikeroyok sedulur KWA ingin kecipratan ilmunya. Konyolnya para sedulur
    tidak ada yg memfilter ilmu-ilmu tsb. Siapapun yg memposting amalan langsung disikat. Ibarat kita ini belajar ilmu yg Kognitif, pasti juga ada pelajaran utamanya yg sesuai jurusannya dan pelajaran umumnya. Apalagi mata pelajaran ilmu ghaib yg jelas-jelas secara nalar juga sulit dibuktikan, namanya juga GHAIB. Cara arif dan bijaksana kita harus mengukur diri, sebenarnya kita ini mau kemana dan mau jadi apa? kata populernya HIDUP ADALAH PILIHAN.

    Sebaiknya para sesepuh yg mumpuni soal ilmu ghaib harus mewedar ilmunya secara lengkap dan sempurna, jangan separo-separo akibatnya ya malah bikin bingung bin linglung. Anggap saja sedulur KWA ini anak yg baru belajar, harus diajarkan cara membaca dan menulis dulu.

    Untuk para sedulur yg merasa sudah mengirim pulsa ke sesepuh ya jangan teriak-teriak ada maharnya. Kasihan mereka…. ratusan SMS yg mereka balaskan, kalau kagak dibantu ya tekor….
    Para sesepuh tsb saya wakili, karena mereka mengirim SMS ke saya, kenapa masalah pulsa menjadi omongan para sedulur KWA? Ibarat pepatah Jawa “JER BASUKI MAWA BEA”.
    Mohon maaf kalau tidak berkenan.

    Salam Rahayu….Rahayu….Rahayu….

  34. ustd ghaib
    sabar kang,kebenaran adal kebenaran tpi jika ilhmam mimpi anda memang benar tpi mengenai dngan arti mengajarkan ilmu trwngan dll.it perlu di pertanyakan lg mungkin slh arti,lbh baik jngn di sebarkan,mimpi bertemu ROSULULLAH itu benar tpi hnya arti pertemuanya mungkin salah arti.mf jika salah kata trmksh

  35. @ustad:bukan mksd kami melecehkan anda,tapi anda sendiri yg melecehkan diri anda sendiri.Kalo saya lihat.Anda tdk menguasai ilmu tsbt.Anda yg hrs takut pada yaumul hisab.Mari ucap istgfr sama2

  36. Rahayu
    Sugeng dalu poro pinisepuh lang sedulur KWA
    Sesuai dengan pengumuman pak Rektor, seyogyanya bila ingin mengamalkan ilmu ya monggo tapi bila mau jualan ya jangan disini
    karna para mahasiswa inginnya yang gratis2 aja / ato tinggal copas
    tuk itu Pk Ustad Gaib mohon anda jangan terus sakit hati.
    masalah mimpi anda, saya rasa anda disuruh untuk mengamalkan ilmu itu kepada semua orang, dan uborampen sebenarnya tidak perlu kalo anda sudah merasa sakti, tapi kalo masih membutuhkan ubo rampen yang sakti ya uborampennya
    mohon maaf pak ustad
    nuwun.

  37. @ustadz ghaib….. Anda itu mendapat mimipi yg berisi anjuran untuk ”membagikan” ilmu atau ”menjual” ilmu? Kalo dianjurkan untuk ”membagikan” berarti khan bkan untuk dijual, kalo emang butuh biaya dan anda tdk mampu lbh baik tidak usah, khan itu jg cuma anjuran

  38. Assalamualaikum,,,wr,wb………
    Wah lg rame toh,,,saya aja br bgun,dr td pagi tdr trs,maklum doyan tdr,ada yg bs tranfer ilmu y?kl gt saya mo daftar…tp apa mang bs?apakah ada yg sudah membuktikan?
    @ki alus,n mas kebo: saya setuju ma aki.

  39. Ustad ghoib:dari nama anda kayaknya muridnya banyak dr alam ghaib ya?Wah,gawat,ustad udah ngaku dapat wahyu dari Alloh lewat mimpi neh?Sebenry mimpi ketmu nabi apa Alloh.Hebat..Hebat..

  40. @sesepuh skalian, apa mimpi brtemu raasulullah berisi suatu perintah atau hanya perjumpaan saja? Kalo yg saya prnah dengar dari guru saya, rasulullah tidak memerintahkan apa2 melalui mimpi. Tp saya rasa ki ustadz ghaib keilmuannya lbh tinggi dari guru saya, kata guru saya beliau sndiri blum prnah mampu hingga bertatap muka dengan rasul, hanya melihat sosoknya saja melalui mimpi. Kalo ustadz khan sudah sampai brbincang

  41. katur dumateng @ki Wongalus
    Pripun dilanjut mengadili Pak ustad Goib punopo sampun, bikak babagan inggal ingkang luwih mak nyooooooooos…………
    kulo rantos kale gelar tikar kemawon
    nuwun

  42. @Salam kagem para dulur2 kwa..
    @Spesial para sesepuh kita…
    Wah…rupanya ketinggalan diskusi nich…
    Kalo saya cuma pengin ilmu slamet dunia akhirat aja…lain itu blm perlu…
    Monggo dilanjut…

  43. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sugeng Rahayu untuk para sedulur semua. Smoga Allah SWT. merahmati kita

    Tuk Ustad Ghaib : saya cuma mau koreksi omongan anda sedikit mengganjal…anda katakan ” PASTI BISA PASTI “…saya cm bisa Istigfar “Ya Allah ampuni kami” kalimat Pasti itu adl ” Haq ” Al Haq itu cuma Allah..
    jadi manusia tidak punya / tidak berhak mengucapkan pasti … Anda yakin pasti bisa.. bagaimana jika nanti anda di angkat pikiran anda oleh Allah Aza Wajala..
    Maaf saya lancang menggurui anda seorang Ustad..hanya mengingatkan saja..dan nama Ustad Ghaib apakah anda sudah yakin dengan Ghaib anda.. Ghaib Hakiki dan GHaib Syari’..
    Maaf sekali lagi maafkan saya
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  44. Astaghfirulloh……kagem rektor,ki gus juru angon,ust ghoib,ki abi rowo….n semua anggota kwa yth,,yah udah klo mmg ga kspakatan antara qt,semua Harus legowo.jgn dprpnjg….mnwi ngih to ki.sunkem kgm ki wa,gus jr angon…

  45. sesepuh disini banyak yang pernah bermimpi ketemu rosululloh akan tetapi hal ini harus dirahasiakan … amin

  46. Kok beda sesepuh disini bnyk bertemu Tamu agung rosululloh SAW tp knpa malah saya ketemu dikejar2 ikan Hiu….bahkan dikejar Paus dan Ikan barakuda sereeem…

  47. assalaamu alaikum wr.wb.
    Assalaamu alaikum yaa ahlal ghoib
    assalaamu alaikum yaa waliyulloh
    assalaamu alaika ayyuhannabiyu warohmatullohi wabarokatuh
    assalaamu alaina wa ‘ala ‘ibadillahissholihin
    duh kanjeng ustad ghoib, mbok bilih panjenengan kerso sumonggo hamba Alloh ini inggih mboten kiat nampi ilmu panjenengan saestu
    kulo nyuwun agunge pangapuro dumateng kalepatan kulo awit wacono menawi tindak tanduk kulo.

  48. ditata lg kl kepingin bisa ada proses,gk mungkin langsung jadi hanya 1001 saja,waspadai jg UUD,begitu az repot…
    lanjud dulur…

  49. @ Mas yoyok….Salam kenal nggih..
    Wah sajake nembe kemawon ngunjuk ekstra joss + ginseng+madu…kok ngantos gembrobyos niku kringete..
    Monggo di lanjut, kulo nderek nyimak kalih liyer2 ….

  50. anak kecil ikut nimbrung utk nyimak….Poro pinih sepuh wongalus & bolowongalus….wilujeng rawu wilujeng dalu……@Pak Ustad Ghoib klo da amalan ktemu kanjeng nabi monggo dewedar…..Klo ngrogo sukmo hrs da tata lakuY dan minimal memiliki 3 elmu pendamping utk jaga2 di alam wongalus jd sgt riskan Pak memberikn ksembarang org…bs2 stelah sukmo kluar g bs masuk lgi krn dialam alus kegembang peri centil…y jd masuk liang kubur……hehehe…Jgn diambil hati Pak Ustad,maklum sdulur2 d KWA jrg ktmu rektor jd senang “bendrongan” dlm kelas…….

  51. SALAM..nderek nyimak..salam hormat kagem Sesepuh KWA..uga salam hormat kagem poro sdulur KWA…! WASSALAM.

  52. Kira2 bisa betulan tidak ada garansi tidak? Sesuatu musti perlu proses bung. Makanan indomi yg dikata makanan instan saja harus lewat proses kok. Apalagi ilmu xixixi makin ngawur

  53. Ustadz gaib yak opo karepmu….dari bahasamu kau sombong…tinggihati..apakah ahlak seorang yg mepuni…seperti ini..tidak mau di remehkan..lantas rahasia di buka bertemu nabi…untuk apa?

  54. Aduh udeh abang2 mpok2 encang encing nyak babeh kagak usah di perpanjang. Abang ustad punye name gaib ye, wah hebat aye juga mau tapi pegimane care nye? Nyok pade ngupi ame ki bayu he5x..

  55. Ilmu Klas Teri mau aja dibohongi xixixi….coba saya trawang @ustadz ghaib klo bs trawang sy mk lho minta berapa…xixixi..cape ah…ngomong org ngk waras…mungkin sy ngk waras kalie ngomong ngk karuan kena virus SBU..saya butuh uang UUD…

  56. Untuk 3 orang sedulur kwa yg udeh di transfer ame ustad goib besok bagi2 berita nye ye. Kira2 ktemu ape nih terawangan nye

  57. ustadz gaib>skr ini bukti yg dperlukn,bkn teori dan janji.
    kl anda benar2 bs tlong buktikn.
    mlm kmr sy dtmpa musibah kehilangan motor jupiter B6547fcz merh htm.dicuri orang…
    alamat sy jln syhdan no 13
    kemangisan jakbar.
    jd dsn lah tmpt anda membuktikn kesaktian sampean.dan mengmblikan image buruk dmta dulur2 dsn.
    081908266129 tu no aktv 24 jam.
    emaill:ismunandar_rhs@yahoo.co.id
    buktikan….
    terimah kasih
    aslm….wrb

  58. waduh tambah panas,,,, pengin ngikut terus tp saya dah pengin masuk alam mimpi, siapa tahu mimpi saya nanti laku dijual,hehe,,,ni mata dah tinggal 5 watt, dah susah diajak kompromi, seharian ga istirahat,,,,, kagem sesepuh ugi sederek sedaya kula tak pamit rumiyin, mangga dipunlanjut,,, wassalamu’alaikum

  59. Assalamualaikum Wr Wb.
    Sugeng rahayu Mas Gentar Alam, Mas Jala, Mba Dewi, Mas WOng Alus dan semuanya…
    Kok rame tenan ki…hehehe iki ono pelem opo jualan obat tho…wah liat-liat dulu..sambil udud di pojok..monggo dlanjut

  60. @Monggo pakde darmo G…sugeng ndalu…
    Monggo di lanjut..kulo sampun pamit p.rektor badhe bolos rumiyen..

  61. AssWrWb. Semangat malam. Wah ternyata disini kelasnya sudah cukup penuh ya.. Saya ikut menyimak saja sambil duduk di kursi pojok belakang dan bakar buhur 234 nemenin mas darmo gandul :)

  62. Di daerah saya masih suka rebana-an shalawat,, kalo ada hajatan banyaknya dangdut/campursari-an..
    Kalo kesenian jawa adanya di pelajaran sd, pangkur, dandanggula, dll.. Smakin besar makin lupa

  63. Monggo mas Jala, niki mpun wonten Mas Sanjaya sing ngancani bakar buhur 234 … sopo ngerti iso nerawang awang-awang apa ada bidadari sing lagi sendiri…

  64. assalamu alaikum…
    SEMANGAT MALAM…
    o walah…Pakdhè GENTAR ALAM sampe keluar dari pertapaan nih… sabar njih pakdhè.,.
    @mbahe darmo wisata,om sanjaya. semangat malam njih…

  65. @ustadz aye mau tanya ntu nama siape yang kasih? trus di pakai di alam thuroby atau banjali? Soal nye dimensi alam gaib banyak kagak kehitung

  66. @ustad ghaib;salam kenal dan takdzim njih,saya pribadi mewakili sedulur2 kwa,mohon ma’af yg sebesar2nya pada panjenengan,karena kelihatanya banyak teman2 di kwa yg su’udzon pd panjenengan,mungkin karena kurangnya pemahaman kami,akan ilmu ataupun karena terlalu banyak teman2 yg sudah trauma terhadap mahar,jd sekali lg kulo nyuwun agunge pangapunten,lan ampun dados penggalihe panjenengan njih

  67. @mbahe darmo wisata;njih monggo mbah mojok mawon,sambi do klepas klepus 234,aro nyawang poro sedulur seng lg sinau

  68. @sugeng dalu kanjeng guru kyai mbah ki alus ,poro sesepuh dan semua warga KWA
    @nderek absen
    @monggo dilanjut disekecaaken kaulo tak numpang lewat kemawon aja

    @terus terang saya tidak punya ilmu trawangan apalagi rogo sukmo ,kalau berbicara masalah ilmu trawangan ,mungkin sedikit cara yang mungkin berguna bagi sedulur semua ;
    1.yakinlah anda bisa trawangan
    2.khusnudhon ;selalau berprasangka baik
    3.jangan takut yakinlah pada-NYA
    4.carilah tempat yang tenang ,lalu rilekan kendorkan semua otot2 badan pikiran atau semua masalah yang menyibukan kita
    5.heningkan cipta fokuskan pada sesuatu yang ingin kita trawang
    6.berdoalah .contoh ;yaa allah duh gusti zhat kang moho kuoso tunjukanlah kekuatan apa yang menguasai benda ini
    7.insyaallah kalau dah terbiasa saudaraku semua akan bisa melakukan trwangan sewaktu2……………..amin amin yaa robbal alamin

    @ kalau soal rogo sukmo terus terang saya belum pernah mengalami ,mungkin tips ini dapat bisa membantu insyaallah ;
    1.kenali emosi2 kita
    2.sadarkanlah diri kita akan zhat yang maha kuasa ,sandarkanlah ,pasrahkanlah diri kita kepada-NYA ,sampai manteb dan hilang rasa was was dan takut
    3.yakinlah bahwa anda akan bisa rogo sukmo
    4.carilah tempat yang aman dan tenang
    5.atur posisi terserah anda niatkan untuk rogosukmo ,rilekskan serileks2nya
    6.pasrah kepada-NYA dan diam terus diam sampai hening
    7.insyaallah seandainya anda tidak bisa rogosukmo anda akan mengalami ketenagan yang membuat saudaraku semua merasa tidak memerlukan rogosukmo atau trawangan lagi
    8.berdoalah .contoh yaa allah duh gusti zhat kang moho awal kang moho akhir kang moho zhohir kang moho batin ,kaulo pasrahaken awal soho akhir kaulo ,kaulo pasrahaken zhohir soho batin kaulo ,mugi panjenengan suciaken awal soho akhir kaulo ,mugi panjenengan suciaken zhohir lan batin kaulo.

    kalau ada salah/silaf mohon maaf semoga bermanfaat dan jangan ragu-ragu dalam mengamalkan sesuatu janji baik ,yakin dan yakinlah

    @sugeng dalu ,sugeng rahayu kerahayon ,salam manuis ,dan salam damai selalu ,amin
    @buat sedulur semua…………..al-fatihah……………………sent

  69. lho santri karo ustad kok yo gambare podo..iki opo wonge siji mergo ip adressnya podo…hehe..mbok ojo ngono..wis ah udud meneh

  70. @mbah darmo wisata: wah,ampun banter2 nk ngomong mbah,ikimau kulo lg lebar njalukè ngapuro konco2,mengko mundak pak ustadz aro santri dadi isin…huwahuhuhu..

  71. mbah gondrong hehehe sori mbah ketelepasan pas sawang sinawang ndelok awang2 kok ra ono bidadari malah ketok ustad karo mas santri hehehe ngguyu saya…maaf mbah gondrong …hehe mbakar buhur meneh ah..

  72. ki DG=>
    o..jd rumahnya plataran KWA ya?
    Lg sibuk apa nieh?
    Bakar buhur 234 ya?
    (ini lg nyapu sana sini, paling jawabane kui)

  73. mas ari hehehe saiki lg mojok bakar buhur 234 tp ora nyapu…leren se..slonjoran..trus sarungan trus turu hehe ademe rek..mas ari mbah gondrong…sy pamit ya..wuadem monggo mas

  74. mbahgondrong x,
    biar gk kademen sambil ngopi aja..
    Ki DG,
    lg ngopi ya? Kopi apa nieh torabika apa bikatora?

  75. @ustad gaib/santri: hentikan segala talbis dan bualan mu di kwa. Saya paling benci orang yang mengaku sakti. Merasa “PASTI BISA” sing biso rumongso ojo rumongso biso. Carilah cara lain untuk mendapatkan rizki yang halal dan berkah. Tidak ada ilmu trawangan/rogo sukmo yang transfer langsung bisa. Karna para leluhur kita mendapat kan suatu ilmu dengan tirakat. Salam asah asih asuh

  76. @santri
    pa ANdA juGA bLjaR dArI UstAD gHAIb,Q Jg bElAJar Sma BLiaU,apA suDAH d TranSFR trAWANGan,sYA SuDAH tdI BAru ajA!Dan alKHAM DUlilaH BRhaSIl..trAWANgan.EnERgi nYA EmanG SanGAT sjUK.NG0m0n2 kOK alAMAT email mu sAMA ?

  77. @santri
    paSTi dONx ..ngANtUK nE..tIDUr lGi ah..sYA kiRA uSTAT bO’Ongan trnyATA usTAD ASli,syuKUR HAmdaLAH,Sya SEKrang bsa NraWANG,SETlah blajar 10 th,tDAK BisA,EH,sEKarang BSa jGA,Higs..higs..higs
    WASsaLAmu’ALaikum.

  78. santri=ustad ghaib=ki suro (1 orang) udah sono pulang bikin rusuh aja. masih kecil senengnya bohong. masih dikelonin mama..sana minum susu

  79. sugeng enjing sesepuh ugi sederek skalian,,,,,,, salam ta’zim kagem ki rektor ugi sesepuh lan sederek sedaya…. wah tadi malam sy tidak brjumpa dengan ki Darmo, Mbah Gondrong,,, pripun ki kabare…? pas kula pamit pas panjenengan rawuh

  80. saya sudah menghubungi mas ustadz ghaib. saya menghargai dan berprasangka baik aja, dengan niat mengharapkan ridho dari yang di Atas. qobiltu.

  81. waduh kok icon gambarku kayak jeruk purut c…?
    ada yang tau gimana caranya ngerubah icon ga ya mas….^^
    ajarin dong…

  82. Assalamualaikum ,sugeng enjing kagem Ki Wong Alus,KI risang,poro pinisepuh lan poro Bolo Wong Alus.

    Wonten nopo tho niki Kampung Wong Alus kok gonjang-ganjing,sabar-sabar lan istighfar.

    berprasangka baik itu harus,pembuktian juga harus .tapi yang harus diingat adalah “jangan berbicara sesuatu yang gaib kecuali dengan orang yang mendapatkan berkah yang sama”. nyuwun ngapunten upami wonten kelepatan karena saya sudah lancang berbicara.

    Wasalam

  83. sebetulnya maksud ki ustad ghaib baik cuma terjebak pada suasana comment konco-konco disini
    mohon pada ki ustad ghaib untuk coba menanyakan lagi kepada yang telah memberi mimpi apa bisa untuk di babar langsung di Blog KWA ini
    tetapi kalau itu sifatnya rahasia mohon maaf ki kayaknya ustad salah alamat dan diakhiri saja polemik ini dari pada menimbulkan suudzon lebih2 fitnah dan saudara2 yang penasaran hubungi saja HP pak ustad selesai semua jadi tenang salam dan mohon maaf apabila ada kata yang salah

  84. salam
    Salam kepada KI WONG ALUS, sesepuh dan segenap sivitas akademika dan keluarga besar KWA.
    Saya pemula dan ga ngerti masalah goib2an, menyimak semua komen dari rekan2 mahasiswa KWA tentang testimoninya sedulur Ustad Ghoig, ada dua hal yang menurut saya perlu menjadi perhatian kita bersama

    1. Semoga dapat menahan diri, dan menghindari dari perbuatan mengollok2, karena menurut ane, perbuatan tsb justru akan menurunkan kwalitas dan tujuankita, dan nama baik kita sebagai keluarga besar KWA yang malai diterima dan dihargai banyak kalangan atas nilai2 persaudaraannya.
    Andai kata ada yang kurang pas/ tidak sepaham/tidak setuju hendaklah disampaikan dengan santun dan penuh persaudaran seperti yang telah dicontohkan oleh Guru kita Ki Wong Alus di atas.

    2.Buat Ustad Ghoib, ane menghargai pendapat anda, walaupun menurut ane anda tidak bisa memaksakan orang lain buat sependapat dengan anda. Dan saran ane mungkin apa yang anda sampaikan akan jauh lebih bermanfaat apa bila anda sampaikan di tempat yang lain, bukan di sisni.
    Karena seharusnya anda memahami bahwa di sini , di Kampus ini adalah wahana atau tempat saling belajar bersama, saling asah,asih, asuh, dan mengembangkan rasa persaudaraan, yang jauh dari nilai materi dan bayar membayar.
    Sudahlah, sudahi semuanya, dari pada memperpanjang masalah yang ujung2nya hanya akan saling menyakiti, menimbulkan luka diantara kita, maka sekali lagi saran ane, masih banyak tempat lain yan mungkin akan sesuai seperti yang anda harapkan dimana mungkin manfaat dari apa yang anda sampaikan jauh lebih bisa dirasakan. tapi bukan di sini tempatnya, sehingga anda tidak buang2 energi sia2, dan biarkan sedulurku semua KWA bisa belajar dengan tenang.

    Maafkan apabila ada salah2 kata yg mungkin kurang berkenan, saya hanyalah mahasiswa baru di sini yan ga tau apa2, yang ane tau hanyalah kecintaan ane pada kampus kita tercinta ini. Semoga KWA semakin besar dan semakin banyak memberikan manfaat kepada sesama. Amin

    wassalam

  85. setelah melalui debat panjang komisi 3 DPR KWA maka Ki Ustad Ghaib dengan iklhas mengijazahkan ilmu rahasia trawang n nggrogo sukmo monggo poro sedulur ngak usah malu-malu tuk qobiltu tapi sabar tunggu dulu palu blm diketok

  86. iblis Says:
    16 October 2010 at 08:15

    huahaaaa….
    Begitu hinanya diri aku sampai manusia mulia seperti kalian berperasangka buruk pada aku
    sungguh tingkat kesadaran dan kemulyaan yang tiada banding
    huahaaaa….

    @bang iblis saya gak berprasangka jelek kok krn yg namanya iblis itu kan emang buruk.. he he ga usah di preasankain lagi hik hik.. katanya lho… bang..

  87. @mas wawan saya kl suruh blusukan di semarang ya ilang kl di jogja ya bisa di jamin..he he i dont now mas..ntarr turun mana minta jemput tuan rumah aja gantian kan he he

  88. tar kl aku dh dpt ilmu terawangan dr ustad nya aku bkl terawangin mas QOBILTUMAN …. kira2 pakek CD wrna apa ya …. hehehe

  89. Dear Ustadz Ghaib,

    Ternyata isih enom yo, tak pikir wis sepuh.
    Tapi hebat, bisa bikin polemik, 24 jam tanpa henti.
    Sugeng ndalu, monggo dilanjut.

    nuwun

  90. @All Sedulur KWA: Jangan percaya dengan kibulan Ust Ghaib karena kemarin saya minta untuk terawang saya, dia bilang saya pake celana pendek. padahal saya pagi itu sedang ngajar di madrasah. Mana mungkin saya pake celana pendek!!! Lucu… he..he..he.. Jadi dia cuma ngibul saja. Dia sempat minta biaya transfer Rp 200ribu.

  91. BILA KAMU MELAKUKAN INI DENGAN SADAR SAUDARA CAMKAN : KAMU AKAN JADI ORANG YANG TIDAK DIPERCAYA OLEH SIAPAPUN TERMASUK DIRIMU SENDIRI SEUMUR HIDUP MU …semoga Alloh mengampunimu dan mengampuniku saudara…sbdjd

  92. Kalau mau gak salah mimpinya, lakukan meditasi dari Ki Abduljabbar LUCID DREAMING. Kalau ingin ngrogoh sukmo pakai yang OOBE (Out of Body Experience). Biasanya OOBE dan LUCID DREAMING memang satu kesatuan. Jadi gak usah berdebat seperti ini. Tunjukkan kalau kita ini spiritualnya memang sdh baik. Kagak usah alergi kalau ada sedulur yg minta mahar, kalau cuma cari ilmu gratisan akhirnya ya memang gak dapat apa-apa. Biasanya orang kalau sering GAGAL, sulit percaya kepada orang yang SUKSES, betul….?

    Pasti BISA………..seperti yg diucapkan oleh Ustadz Ghaib, merupakan afirmasi untuk dirinya sendiri, masalah spt ini gak usah diperdebadkan. Justru kalau kita RAGU, malah kagak BISA, makanya AKU BISA……….

    Contoh: Kalau kita mau mendapatkan rejeki UANG, sementara kita PELIT, susah mengeluarkan UANG. Bagaimana uang tsb akan percaya kepada Anda?
    Sampai Babak belur cari uang dan mulut tebal karena ribuan dzikir rejeki kita baca tiap malam tidak menghasilkan apa-apa. Justru semakin Anda DERMAWAN, maka Anda akan menjadi magnet uang, sehingga bukan Anda yg mencari uang tetapi uang yg akan mencari Anda. Karena uang tsb tau Anda amanah.

    Mohon maaf bukan saya sok tau, tetapi kalau sedulur bersikap seperti komentar-komentar yg melecehkan Ustadz Ghaib tersebut di atas, kagak usah diSCAN, spiritual Anda sudah ketahuan memang belum baik.
    Kalau bicara POWER, masih kosong. Kalau tidak setuju dengan permintaan sedulur kita tentang mahar, ya gak usah dijadikan POLEMIK. Pepatah jawa mengatakan JER BASUKI MAWA BEA maksudnya mau hidup enak harus pakai modal, uang, tenaga dan pikiran serta spiritual yg benar.

    Kalau bicara SPIRITUAL, semua masih NOL BESAR, coba lihat saja. Ada Forum KWA JABODEBABEK, lantas muncul Forum KWA Korwil jakarta. Lha ini apa untuk saingan apa memang mau nuruti EGO. Lha mana ilmu spiritual sampeyan?
    Saya Mahapatih Singosari Kebo Anabrang merasa prihatin, kembalilah ke jalan yg lurus sedulur Jakarta. Ki Ageng Jembar, Ki Arya, Ki Nurjati,
    Ki Abduljabbar, monggo dilanjut…………..

  93. @Ki Wong Alus
    @Ki Kebo Anabrang

    HA…HA…HA…HA…., baru malam ini saya bisa tertawa ha..ha…ha…ha…, sudah sepuluh tahun ini saya hanya bisa tersenyum. Umurku yang sudah 55th, seperti 30thn lagi.
    Monggo gesang tuwin nyambut damel kanti weninging manah.

    Oh ya Kebo Anabrang, saya bulan lalu ke petilasan Kerajaan Pagaruyung,
    di Sumbar, ternyata raja pertama putra panjenengan. Semua raja disana sangat menghormati panjenengan.
    @ Ki Wong Alus dan Poro sepuh,
    Rencana besuk malam saya dan KWA Pekan Baru mau mengadakan silahturahim di rumah ki Han,di Pekanbaru. Bila Ki WA dan poro sepuh berkenan menyapa, besuk saya telepon dari sini.
    Nuwun.

  94. hehehe KI Abdul Jabar juga dong….
    Komentar KI ABDULJABAR “Mohon maaf bukan saya sok tau, tetapi kalau sedulur bersikap seperti komentar-komentar yg melecehkan Ustadz Ghaib tersebut di atas, kagak usah diSCAN, spiritual Anda sudah ketahuan memang belum baik.Kalau bicara SPIRITUAL, semua masih NOL BESAR, ”
    kok napsu seh….
    KI ABDUL makanya sampeyan harus mengerti duduk permasalahannya

  95. hehehe KI Abdul Jabar juga dong….
    Komentar KI ABDULJABAR “Mohon maaf bukan saya sok tau, tetapi kalau sedulur bersikap seperti komentar-komentar yg melecehkan Ustadz Ghaib tersebut di atas, kagak usah diSCAN, spiritual Anda sudah ketahuan memang belum baik.Kalau bicara SPIRITUAL, semua masih NOL BESAR, ”
    kok napsu seh….
    KI ABDUL makanya ente harus mengerti duduk permasalahannya..kenapa kita pada sewot…Kalo orang mo nipu atau mo ngacak-ngacak ape ente kaga nyegah terus kalo bolak balik kaga bisa dicegah trus ente diem aja..hehehe kmana nih pencerahannya kalo orang laen jd korban…hehehe ente bisa aje..emg ane masih nol dibanding ente..tapi ane kasian ma orang lain kalo kena tipu..kalo ane nol ga ape-ape dah dari pada ada yg kena tipu..Maap nih ane kaga maksud nyinggung ente..ane prcaya Ki Abduljabar udah ga Nol jd bisa nerima kaga tersinggung..oke ..piss brader…ane lewat aje,,,maklum komputer minjem lagi ngobrol bareng

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s