APAKAH TUHAN ITU ADIL?


ADA KIRIMAN EMAIL DARI SEDULUR BERINISIAL HAND DAN SAYA MOHON BANTUAN SEDULUR SEMUA UNTUK MEMECAHKAN PERSOALAN INI BERSAMA-SAMA.

Salam rahayu. ijin memperkenalkan diri Ki, saya anggota KWA No.XXX. pada kesempatan ini saya mohon ijin bertanya, mengenai “keadilan Tuhan”.

Saya lahir di pulau sumatera dari keluarga yang serba kekurangan, pada umur 10 tahun saya sudah dititipkan/diasuh oleh paman saya di jawa. Sesuai kata pepatah “lebih baik hujan batu di negeri sendiri dari pada hujan emas di negeri orang” itulah juga yang saya alamai selama tinggal dengan paman saya, dari umur 10 th itu saya diajari dengan kehidupan yang penuh perjuangan, hinaan, dan penderitaan. sejak itu juga saya dilarang mengeluh, dan menangis,… saya hampir tidak pernah menceritakan keadaan saya di jawa kepada orang tua saya di sumatera pada saat itu. Setelah saya lulus sma saya mendapat pekerjaan dan tinggal mandiri, sejak itu saya seperti orang merdeka…benar benar merdeka hingga perbuatan dosa-dosa saya lakukan semua…seperti orang yang tak bertuhan

Karena semua yang saya alami itulah saya mulai bertanya pada diri dan hati saya “dimana keadilan Tuhan?”. dari kecil saya coba ikut mencari ilmu kanuragan bersama teman teman, hingga berumur 30 tahun, namun hati ini belum juga menemukan jawaban, ilmu ilmu dari kejawen, kebhatinan, atau amalan kiai saya lakukan tapi saya merasa belum tentram. Semua ilmu yang saya lakukan kebanyakan mengenai keduniawian jarang menyibak rahasia Tuhan.

Saya bertanya pada diri saya, banyak orang mengatakan hidup ini cuma sekali…hidup ini cuma cobaan… hidup ini cuma pilihan, …..bila hidup ini sekali dan memilih…. , siapa yang mau lahir dari keluarga miskin ?, siapa mau yang lahir dalam keadaan cacat yang tidak bisa menikmati keindahan alam atau tidak bisa mendengar indahnya ayat ayat ALLAH ?dsb…kalau hidup ini pilihan dan saya disuruh milih, saya ingin lahir dari keluarga kaya, dari seorang kiyai, tidak cacat, hidup kecukupan dsb…

Apa lagi orang orang yang lahir di luar agama Islam…..orang yang lahir lahir di pedalaman….bagaimana hukumnya?

Itu semua yang selalu menjadi renungan saya, oleh sebab itulah dengan memberanikan diri saya yang bodoh dan hina ini mohon pencerahan dan petunjuk agar saya semakin mantab bahwa “Tuhan itu Adil ” dan saya mengucapkan banyak terima kasih. Wassalam.

==HAND ==

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 198 Komentar

Navigasi tulisan

198 gagasan untuk “APAKAH TUHAN ITU ADIL?

  1. Laskar cinta

    Keberapa nih?

  2. Selor

    absen dulu

  3. andra

    bensiin….hehhehhe,,
    adil ……
    @laskar:salam kenal ki….
    @pak rektor:salam hormat salam takzm ki….tumut ndeprok…hehhe,,

  4. Laskar cinta

    @selor,salam kenal@andra,salam kenal jga,jgn panggil ki,risih:D

  5. Agung

    Absen lagi ah…keberapa ya?

  6. erbede232

    enam…

  7. Nyimak absen tengah Wengi..

  8. asrwaskita

    ikut nongkrong….ass.wr.wb. ki wong alus ga ikutan liburan mas?

  9. tukang ojeg......

    salam..

  10. bayu prakasa suroboyo

    nderek absen lan nderek nyimak monggo di lanjuttt….AMIN.

  11. tsmario

    Tuhan pasti Maha Adil, kalau Dunia….. nggak ada yang adil gan!, tinggal bagaimana kita mensikapinya saja!

  12. Gembel 256

    Setiap manusia punya takdir,ALLOH MAHA ADIL.COBA MAS RENUNGKAN KEBELAKANG APA YANG MAS TERIMA DARI ALLOH SWT KEPADA MAS.APAKAH ITU REJEKI..ILMU..PENGLIHATAN.DAN LAIN LAIN.mas harusnya bersyukur bukan mengadili apa yang Alloh berikan kepada mas itu semua GRATIS. Makanya mas selama ini tidak menyukuri akan nikmat2 Alloh.melainkan mengingkari makanya hatinya tidak tenang.BARANG SIAPA YANG BERSYUKUR KEPADAKU ( ALLOH ) Atas nikmatku NISCAYA AKU ( ALLOH ) TAMBAHKAN NIKMAT baginya.apabila mengingkari nikmatku baginyalah azab yang pedih..

  13. Abdul halik

    As.wr.salam rahayu buat ki wong alus,poro pinisepuh yg sangat saya hormati dan poro sedulur KWA semua,wa bil khusus utk saudara kita yg berinisial HAND,salam kenal persaudaraan,”kita tidak akan tau rasa manis kalau kita belum merasakan pahit,kita tdk akan mengenal sejuknya malam kalau kita tdk tau panasnya disiang hari,kita disebut org kaya karena kita tau ada org miskin,dst…itu lah kemaha adilan Tuhan,SETIAP MANUSIA MEMPUNYAI KEHENDAK,TUHANPUN MEMPUNYAI KEHENDAK,DAN YG PASTI BERLAKU ADALAH KEHENDAK TUHAN.apakah kita manusia tahu 1 jam kedepan akan ada apa?

  14. joko suwiryo tgl

    ass,wr,wb,salam sesepuh jg sedulur semuanya,
    Alloh maha adil,Alloh maha pemurah,Alloh maha pengasih,Alloh maha penyayang,dll
    sodaraku hand,Alloh menciptakan kita hidup kita nasib adalah suatu pilihan,pilihan kita,orang tua kita,kadang tanpa kita sadari apa yg terjadi pada diri kita smua adalah hasil perbuatan kita/orang tua kita,contoh:anak cacat,makanya dalam islam ada aturan dalam melakukan berhubungan suami istri dan pantanganya,misalkan jgn melakukan hubungan waktu istri haid,waktu hujan+petir,-

  15. hakim

    Tentang hukum islam bg orang yg belum sampai dakwah tdk ada hukumnya.Orang pedalaman yg belum kenal dan belum ada yg mendakwahi tdk ada hukumnya.Kalau orang diberi kekurangan disatu sisi pasti diberi kelebihan disatu sisi.Tinggal dicari apa potensi yg menonjol yg saudara miliki.Tuhan itu menurut prasangka hambanya.Kalau hambanya menduga tuhan tdk adil.Hamba akan menerima ketidak adilan

  16. nderek nyimak…

  17. joko suwiryo tgl

    bulan purnama,dll,itu smua karna ada hal2 yg nantinya bisa merusak janin/sel sperma,maka bila jadi anak akan cacat,ediot dll,
    maaf,Alloh maha Adil tapi juga maha bijaksana jg maha pengasih,untuk sekarang apakah yg telah anda berikan sebagai bukti bahwa anda adalah hamba yg pantas menuntut keadilan,dan apabila dibalikan lagi dgn apa yg telah diberikan Alloh pada anda,nikmat hidup,nikmat lidah bisa merasakan,nikmat mata,dll,apakah bisa kita membayarnya?.syukurilah apa yg telah diberikan oleh Alloh pada Anda-

  18. joko suwiryo tgl

    jgn hanya mengeluh,untung alloh maha pengasih dan sayang pada hambanya,banyak orang yg cacat dan sukses karna ketegaranya,banyak orang yg miskin dan mulia hidupnya karna ketekunanya,semoga mas hand sabar dan bisa menerima kodrat serta tetep mau berusaha dan tidak menyalahkan Alloh,aminn
    salam salim salaman buat sedulur jg sesepuh semuanya,suwunn

  19. Abdul halik

    “kita hanyalah hamba Allah,seharusnyalah kita rela dg aturan Allah dalam diri kita,yg membolak balikkan hati kita dg TanganNya,dan manakala kita bisa berselaras dg Nya,Allah mentransformasikan menuju QudratNya.Sungguh bahagia org yg berselaras dg takdir,menunggu apa yg dilakukan Sang Pemilik Takdir,menjalankan apa yg ditentukan dan berjalan di atas rel takdirNya,serta tidak mengingkari nikmatnya takdir itu sendiri.Allah menguji kita dg kesusahan dalam hidup kita,(problema keluarga,dan berkurangnya laba dagang kita,ingkarnya anak anak kita,larinya istri kita.)Semua itu adalah siksaan semata krn mgkn kita sangat teledor dalam taat pada Tuhan,krn kesibukan kita dg dunia dan mahluk lainnya.Allah berfirman di Al Qur’an “An-Nisa’:147.yg artinya”ALLAH TIDAK BERBUAT MENYIKSAMU,MANAKALA KAMU BERSYUKUR,DAN KALIAN BERIMAN.”kita manusia tidak boleh menuduh kepada Allah atas rencana dan QadarNya.Karena Allah lah yg memberlakukan aturanNya.Sebagaimana firmanNya di Al Qur’an “Al-Anbiya’23,”yg artinya:DIA TIDAK DIMINTA(pertanggungan jawaban)ATAS APA YG DIA LAKUKAN,TETAPI MEREKALAH YG DIMINTAI PERTANGGUNGJAWABAN.

  20. apakah tuhan itu adil?
    saya menyebut tuhan : Alloh
    apakah Alloh itu adil?
    jawab: Alloh Maha Adil ,yang terAdil , Yang palingAdil
    alasan:untuk kasus anda sudah jelas anda waktu kecil menderita(meski tidak lebih berat dari penderitaan para nabiyulloh atau para waliyullah dalam menegakan agama) setelah itu diberi kemerdekaan , kebebasan yang telah anda pilih dengan melanggar perintah2Nya ternyata anda jadi gamang dan bertanyalah tentang keadilan itu anda masih diberi kesempatan bertobat sebelum ajal kita jadi nggak usah menanyakan macam keadilan nya orang lain yang seperti yang sudah anda utarakan itu urusan Alloh seperti cacat dsb Alloh pasti memberi balasan atau kebahagiaan walaupun tidak diberikan di dunia tapi akan diberikan di akhirat nanti sesuai janji Alloh asal kita sabar dan bersyukur untuk anda meskipun sudah melanggar masih diberi kesempatan tobat dan masih diberi nafas kehidupan itu namanya adil kecuali anda sudah tidak mengakui eksistensi keberadaan Alloh bahwa Alloh itu ada jadi lain persoalan semoga anda akan menemukan arti adil sesuai versi anda dengan contohnya ikut kuliah di KWA ini
    mohon maaf apabila ada kesalahan dan nanti pasti akan dijabarkan oleh para sesepuh dan sedulur disini
    saya sengaja tidak mendifinisikan keadilan itu apa karena bisa berbeda-beda orang satu dengan lainnya nuwun

  21. arek ilank

    assalamualaikum,nyuwon ijin nderek nyimak,,,,,,,

  22. sapto

    Assalamualaikum wr. wb.

    Permainan catur yang hanya memiliki 64 petak memiliki milyaran kombinasi langkah. Satu langkah berbeda akan memunculkan konsekuensi langkah yang berbeda pula. Tidaklah mudah untuk memenangkan permainan ini.

    Papan kehidupan tidaklah hanya sekecil papan catur, yang akan memiliki tak berhingga langkah kombinasi kehidupan.
    Bagaimana kita mau memenangkan permainan kehidupan ini…
    Bagaimana kita yakin telah mengambil satu langkah yang benar untuk memenangkan permainan?
    Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang. Diberikannya GUIDE kepada kita untuk memenangkan permainan ini.
    Agar kita tidak tersesat dan salah dalam mnentukan langkah.
    Dalam permainan kehidupan dalam rumus yang sangat sempurna dan setimbang.
    Kalau ada sangat halus pasti ada sangat kasar.
    Kalau ada sangat penyayang pasti ada sangat pemurka.
    Kita mau mengambil langkah mana???
    Kearah baik atau ke arah buruk???
    Semua sudah tergelar dalam kesempurnaan rumus kehidupan.
    Dan bukan salah Tuhan kalau kita mengambil langkah yang salah.
    Salah diri kita sendirilah yang tidak mau membaca GUIDE yang ada.

  23. Ciik

    Apakah Tuhan Adil? Harusnya pertanyaan itu saudara tujukan kepada Tuhan. Benarkah Tuhan Maha Kuasa tetapi mengapa Israel dan AS yang berkuasa, justru Umat Islam yang sengsara, katanya umat islam umat yang utama? Mengapa Tuhan memuliakan Manusia daripada Jin, kalo memang Tuhan adil harusnya jin dan manusia itu sederajat.

  24. mas.rio

    @assalam’mualaikum..salam sehat selalu..salam kenal yang belum kenal..

    ALLAHHUAKBAR…ALLAH SWT MAHA ADIL SEADIL ADIL NYA..

    HIDUP MANUSIA UNTUK BERPIKIR..BERPIKIR SEGALA APA YANG ADA…………

  25. NUMPANG LIWAT KI……….
    MONGGO DI LANJUT,…….

  26. 10 BESAR……

  27. tsmario

    Ada satu perbedaan antara manusia dengan makhluk Tuhan yang lain, yaitu manusia suka ” Mengeluh ! “

  28. Fajar Iman

    Ada cerita sedikit, ketika ponakan ikut tes masuk PTN ambil jurusan kedokteran selalau gagal, walaupun sudah berupaya termasuk nyogok, namun hasilnya nihil. Ponakan itu berkata Tuhan Tidak Adil, yang menarik adalah jawaban bapaknya “Itulah keadilan Tuhan, karena mungkin nilai dan kriteriamu ngga masuk di fak kedoketran kalau kamu lulus justru Tuhan ngga adil masih banyak kawan-kawan kamu yang pinter ngga bisa masuk karena biaya dan faktor lain.

  29. Ciik

    Enak bnar ya anak2 pimpinan kyai2 pesantren itu, dari kecil belajar agama, tua kaya raya , istri banyak, mati masuk surga ha..ha…
    Coba bandingkan dgn anak2 yg lahir di kolong jembatan. Lahir hidup sengsara, busung lapar, jauh dari agama, mati masuk neraka ….

  30. Iblis

    Huahaaaa….
    Alloh mempunyai sifat kebalikan dari asma ul husna, karena Alloh maha segala-galanya
    Alloh maha pengampun, maka Alloh juga maha tidak pengampun
    Alloh maha maha melihat, maka Alloh juga maha tidak melihat
    Alloh maha adil, maka Alloh juga maha tidak adil
    Tahukah saudaraku mengapa bisa begitu ?
    Karena ini menyangkut rahasia sirr penciptaan adam sebagai manusia (al-insan/apes/sial)
    Huahaaaa…..

  31. Putri Alang-Alang

    ass…..nuwon sewu, nderek ngaji Ki…mugi2 gusti Alloh maringi pencerahan ing manah kulo. amiin…

  32. Satrio Mataram

    Assalamualaikum wr. wb

    Salam Rahayu untuk keluarga besar KWA yang tercinta..

    Salam hormat untuk Ki Wong ALus dan Mas Risang Mukti

    nderek ngaji…..

    Wassalam…..

  33. “TUHAN TLAH MCIPTAKAN SYAP BG ROHMU AGAR DPT TRBANG DI ANGKASA CINTA & KBEBASAN.SUNGGUH SYANG JK ITU KAUTANGGALKAN,

  34. SEHINGGAH ROHMU MERANGKAK SEPERTI KUTU DITANAH” tuk HAND slm knal,@wong alus salam rahayu

  35. sapto

    @ki iblis, setuju ki…
    lha kalau maha adil milik Tuhan dan maha tidak adil BUKAN milik Tuhan, kan jadinya ada pesaing Tuhan,dg kata lain Tuhan menjadi tidak ESA.
    Menopo mekaten Ki Iblis?

  36. gong 2010

    tuhan itu ADIL bagi yang merasa mendapatkan keADILAN
    tuhan ITU TIDAK ADIL bagi yang merasa tidak mendapatkan keADILan
    tuhan itu ADA bagi yang percaya
    tuhan itu TIDAK ADA bagi yang tidak percaya
    (akan tetapi kita inikan sudah qobiltu untuk memeluk sebuah agama)

    YANG PASTI TUHAN ITU AKAN MUNCUL DIHARI PEMBALASAN DALAM SIDANG YAUMIL QIYAMAH UNTUK MENENTUKAN MANUSIA2 KELAK UNTUK HIDUP SELAMANYA DIMASING2 ALAMNYA (SURGA/ NERAKA)…

  37. @KI WONGALUS : sungguh jawaban kunci yang univrsl, alhamdulliah
    @bro IBLIs : what !! sirr wah durung tekan aku

  38. Iblis

    Betul….betul… Ki sapto
    itulah arti ketuhanan yang maha esa
    huahaaaa….
    Keseimbangan terjaga dengan adanya kebalikan dari …….
    Bukankah Alloh menyukai sesuatu yang di tengah /seimbang
    huahaaaa……

  39. jangka sewu

    asalamualaikum met pgi pra sdulur
    saudaraku, kita hidup bukan khendak kita, allahlah yang menghidupkan kita, percayalah allah memberi kita yang terbaik , kita semua di wajibkan bwt ikhtiyar yang menentukan berhasil atau engga nya cm allah. manusia punya bisa allah punya kuasa, manusia yang berencana allah lah yang menentukan. kita biasanya kalau melihat orang gila sering menertawakanya karna sipat yang aneh- aneh tau ga saudara apabila gilanya dari kecil dan sampai ajal menjemputnya. ternyata beliau itulah calon ahli surga yang sering kita tertawakan dalam kehidupan ini.
    wallhu alam

  40. bayu prakasa suroboyo

    assalamualaikum wr wb
    sugeng ijang alias good morning.
    SEBETULNYA ALLOH ITU MAHA SEADIL-ADILNYA BAGI SELURUH HAMBANYA DIALAM SEMESTA TP TERKADANG MANUSIA YG TDK ADIL KPD PENCIPTANYA.suwun,Amin.

  41. Iblis

    Huahaaaa….
    Alloh menciptakan dunia dengan seisinya dengan berpasangan, meskipun itu binatang hermafrodit
    ada surga , ada neraka, ada kaya , ada miskin
    orang kaya memiliki konsekuensi yang besar dalam kekayaannya
    orang miskin memiliki konsekuensi yang kecil dalam kemiskinannya
    huahaaaa…..
    Apabila manusia menyadari ini niscaya manusia akan slalu bersyukur atas karunia yang diberi Alloh
    huahaaaa…..

  42. Iblis

    Huahaaaa….
    Ma’af saudaraku, aku tidak diperkenankan membuka terlalu dalam sirr Alloh atas penciptaa adam, ataupun alasan paling utama iblis tidak mau sujud pada adam yang tidak termaktub dalam al-qur’an ataupun kitab-kitab yang lainnya. Hal ini dikarenakan nanti aku bisa di cap sebagai seperti syech siti jenar, al-halaj atau yang lainnya
    huahaaaa…..

  43. Setan laknatulah

    DI SINI SENANG…
    DI SANA SENANG…
    DI MANA-MANA HATI KU SENANG…
    La..la..la..la.la.la..
    La..la..la..la.la.la..

  44. @ mas qobil
    @ mas jangka sewu
    @ mas bayu prakoso
    @ mas iblis
    sugeng enjang……. semangat pagiiiiii…. mas iblis, jangan buka2an ah… gak enak disini

  45. hua hua hua huahaaa…….mbuh blis ayo ngguyu …huahuahuahaaa
    urip mung mampir ngguyu kok (soale wis ketularan viruse ngguyu iblis ) ono sing do padu do ra gelem ngalah..huaahaaa….ono sing takon adil..huahaaa hiks..hiks.. wis wis dadi nangis nonton kahanan donyo sing wis tuwo iki…bingung

  46. Setan laknatuloh

    ADIL.. ???
    APA TIDAK ???
    ADIL.. ???
    APA TIDAK ???

  47. lha ini pagi2 kok pada cekakakan????? opo turumu wis cukup mas iblis???? sekarang ada mas iblis sama mas setan …. weleh 33x……. mas qobil, dapat salam dari neng peri, kemaren katanya digodain mas iblis

  48. toto tentrem kerto raharjo ganti meneh… manut kahanan yo mas agung pagiii…wis tak golek upo disik mengko dilanjut meneh

  49. aryopabelan

    assalamualaikum wr wb
    absen pagi…@mas iblis…salam habib afdhol…sugeng enjing..ente btul
    manusia harus slalu bersyukur atas karunia yang diberi Alloh..

  50. Iblis

    Huahaaaa….
    Om Qobiltuman, kenapa om qobiltuman kagak tanya kenapa om qobiltuman bingung ?
    Ntar pasti dijawab ama sedulur KWA
    huahaaaa…..

  51. @ mas qobil : itu adalah doa untuk semua, aamiin.. sugeng makaryo mas qobil

  52. Laskar cinta

    Kalo lgi enak aja,lupa,kalo udah susah bru nanya

  53. Iblis

    Waduh…. Om aryopabelan kalo bisa jangan buka id aku yaa….
    Semoga rakhmat dan hidayah tercurah ntuk om aryopabelan sekeluarga
    huahaaaa…..

  54. Nawiazky

    Assalamualaikum,

    Sekedar sharing pengalamanku sewaktu masih baru kuliah tingkat I di sebuah universitas di Jakarta dahulu….

    Sewaktu hendak kekampus saya kecelakaan…. kaki saya dioperasi dan diberi ‘pen’ di RS pemerintah di Jakarta Selatan.
    mungkin karena tidak cocok dengan anestasi, saya pusing dan mual saat itu saya sungguh menderita kembali…..

    belum hilang rasa perih dan sakit, sewaktu di cek hasil ronsen oleh dr senior di RS tersebut, beliau dengan ringannya berkata wah ini harus dioperasi kembali, salah ini pennya…

    Waduh hati saya hancur ketika itu, saya merasa Tuhan kok ngga adil, Rukun Islam (kec. haji) selalu saya jalankan… mengapa begini….

    antara stress, frustasi melihat kenyataan dan fakta sat itu, saya memberanikan diri untuk menchalange tuhan, wahai Tuhan kenapa Engkau tidak adil kepada ku, apa salah Ku…. harus kah saya masih mempercayai Mu, mngapa begini….? waktu itu saya depresi berat….

    malamnya paman saya yg lebih matang dan kaya pengalaman, coba berdiskusi guna memberikan sharing dan pencerahan kepada ku.

    Nawiazky kenapa kamu frustasi, kemudian tanpa maksud menggurui beliau bercerita ttg kisah Nabi Ayyub AS.

    Yang pernah diberikan kenikmatan kekayaan, harta dan anak tapi tetap shaleh dan taat beribadah, sampai suatu ketika atas permintaan dan tantangan Iblis apakah apabila dicabut nikmatnya, Nabi Ayub AS akan kah masih taat dan tetap beribadah kepada-Nya?

    Lalu atas kehendak dan izin-Nya, Nabi Ayub AS pun mengalami pelbagai macam ujian, dari jatuh miskin, anak dan para istrinya pun banyak yang kemudian hilang dan berpulang. Terlebih lagi beliau ditimpakan suatu penyakit yang sangat hina pada waktu itu yaitu Kusta tiada kawan, sanak saudara pun yang mau berkunjung kepadanya lagi. Namun hal tersebut tidak lah membuat Nabi Ayub AS bergeming untuk tetap taat dan menyembah-Nya.

    Sampai suatu ketika istrinya yg masih setia kepadanya, berkata yg intinya : ‘wahai suami ku, engkau adalah Nabiyullah, kekasih Nya, kenapa engkau tidak memohon penyembuhan untuk mengangkat segala penyakit dan musibah ini, niscaya permohonan mu akan dikabulkan-Nya’
    Seperti yang semua sedulur ketahui: jawaban Nabi Ayub justru mencengangkan, “Saya Malu Istri ku kepada Gusti Allah” saya sudah dikasih nikmat puluhan tahun, kenapa baru dikasih ujian seperti ini beberapa tahun saja saya harus memohon…. Sampai sekarang saya masih dapat bernafas, berbicara dan hidup adalah suatu Nikmat yg tidak terperikan”

    Ngga tahu kenapa saat saya mendengar cerita itu (kembali) dan benar2 meresapi tak terasa saya menangis, dan memohon ampun seraya bersyukur kepada Allah atas nikmat2nya yang telah diberikan kepada ku selama ini….”..Maka Nikmat Tuhan mu Apa yang kamu dustakan..” ya Rabb Ya Tuhan ku kalbuku bergetar seraya memohon ampun kepada tuhan mu.

    Memang mungkin penderitaan ku tidak sebanding dengan saudaraku Hand atau pun para waliyullah bahkan Nabiyullah lainnya.

    Tapi ibrah yg kudapatkan adalah apabila kita melihat keadilan sebagai mahluk yang masih berlandasakan nafsu ke egoan, niscaya Keadilan tsb adalah subjektif dan Nisbi….

    Tapi kalau kita mampu dan sanggup keluar konteks dari kerelatifan dan kenisbian tersebut, maka kita baru menyadari “Maka Nikmat Tuhanmu mana yang sanggup kamu dustakan..?” ketidakadilan Tuhan mu mana yang dapat kamu pertanyakan?

    wasssalam

  55. "HAND"

    Ass…

    Saya mengucapkan beribu terima kasih kepada semua keluarga KWA yang telah memberi saya pencerahan…

    seperti seorang anak bertanya kepada bapaknya, kemudian bapak menjawab dengan sabar dan bijak, tentu si anak merasa senang dan paham…begitu juga jawaban dari para sedulur sungguh sangat bijak bagi saya…sekali lagi terima kasih

    dan untuk ki wongalus yang saya hormati, saya sangat terharu sekali dan nggak tahan menahan air mata ini atas jawabanya, seandainya seluruh keluarga KWA tahu apa yang saya rasakan……

    Ya ALLAH…. hamba MU yang hina ini, yg penuh dg dosa ini memohon ampun MU….hamba Mu selalu memanjatkan Puji Syukur atas setetes ilmu yang Engkau berikan kepadaku…tentang Keadilan MU….hamba memohon, smoga Engkau berkenan memberi hamba kekuatan lahir dan batin, agar hamba dapat menjalankan semua perintah Mu untuk membabarkan kehendak Mu….amin…amin…amin

    wassalam…

  56. jangka sewu

    hahahahahahahahahahah knpa om iblis ane jd ikut-ikutan ngakak hahahahahah mngkin tertular ya! kl kta om kobiltu mah kena virus kali !!!!!! jangaaaan di buka om iblis tentang sirr penciptaan adam lebih baik buka aja sebuah sair lagu “”’ sir gobang gosir ”” hahahahahah doakan mudah2an virus ngakak om iblis ga sampe berlarut larut pada ane hahahaha makacih

  57. @iblis.bgaimn sharus’y AKU myebut sseorang yg mnamparKU ktika AKU mcium muka’y & orng yg mcium kkiKU ktika AKU mnampary?

  58. Ojo dumeh

    Met pagi…..ada kisah ttg adilnya Tuhan.seorg pengembara berjalan tanpa henti,suatu hari dia mlihat phn semanka dg buahnya yg “panting gluntung..”dia trus brjln n brjln(meski sgt haus ga brni ambil…ra bioso nyolong)..kemudian dia brteduh di bawah pohon beringin yg byk buahnya namun kcil2.diapun leyeh2..n mlht buah beringin,dlm hati dia berkata”TUHAN GA ADIL,MASA… PHN SEMANKA KCL DG BUAHNYA BESAR,SDNGKN..BERINGIN POHONX BESAR KOK KECIL BUAHX,,?TUHAN TIDAK ADIL,,,!!tanpa sadar krn kecapean dia trtidur pulas.selang bbrp saat,dia dikagetkn oleh sebuh benda yg jatuh menimpa kepalax.stlah dia cari…..ee..trnyata buah bringin.kmdian dia duduk smbil mmgng buah tsb.dalm hati dia brkt”UNTUNG…PHN BRINGIN BUAHX KECIL,COBA KLO SBSAR BUAH SEMANKA DADI OPO SIRAHKU…..E.E.E…JEBULNYA TUHAN MAHA ADILL.MFKN AKU GUSTI YG BLM BS MENGARTIKAN KEADILANMU”….mhn mf bl ada slah.slm hormat sllu kgm wong alus,ki jj,ki bc,gus jr angon,ki risang….slam super sll buat anggota kwa.wslm

  59. Laskar cinta

    @nawiazki mantap bro,kalo pengalaman n mengalami emang mantap,beda dgn yg berdasarkan ini ato itu,cma cerita doang g ada rasax,jdi kayak cma omdo alias omong doang g ada isix

  60. @ mas hand : saya ikut seneng kalo panjenengan bisa mengambil hikmah dari pengalaman dan pitutur dari sedulur2 yang lain, semoga dapat mencerahkan hati panjenengan. aamiin

  61. Cungkring Cerbon

    Allohu Akbar….Baru masuk kuliah sudah dberi pelajaran Kearifan Nusantaran…..Y Alloh sungguh indah hidup ini….Pegitu mempesona kau buat kerukunan ini….sampai sang Iblis ikut bernaung….Ya Alloh tentramkan hati Hamba, Lapangkan dada hamba agar hamba dpt melihat memahami dr yg tersirat ini……tetapkn keikhlasan dlm jiwa hamba…fiddiroini Amin Amin Amin Ya robbal’alamin….

  62. erbede232

    met pagi kagem sdherek sedaya…
    @Om iblis, nanya dikit nih…. sirr itu apa sodaranya sir alex ferguson, sir boby charlton ???

  63. Iblis

    Huahaaaa…..
    @ ki sayid akasah, pertanyaan tassawuf ntar ki angon yang ahli menjawabnya kitab-kitab ki angon buanyak .
    Kalo aku tidak punya kitab jadi jawaban aku ngawur tidak bersanad
    huahaaaaa…..

  64. RABBIGHFIRLI, WARHAMNII, WAJBURNII, WARFA’NII, WARZUQNII, WAHDINII, WA’AFINII, WA’FU’ANII.

  65. Iblis

    Huahaaaa…..
    @erbede232, sirr itu singkatan super incorected
    huahaaaa…..

  66. “HAND” Who is he? “tangan”siapa? … ataukah macam test case buat sedulur biar peka, tanggap , seneng aku neng kene iso ngajak sedulur dadi apik2

  67. erwin

    Allah itu Maha Adil.

    Hidup ini adalah panggung sandiwara.

    Bila kita memerankan sebagai orang kaya, maka kita berkewajiban berbagi dengan sesama khususnya yang kurang mampu.

    Bila kita memerankan sebagai orang miskin, maka kita harus bersabar.

    kunci terpenting dari kedua peran adalah ikhlas.

    Orang kaya dapat hancur dan tidak tenang dalam hidupnya karena harta.

    Orang miskin hancur karena kekurang sabaran.

    Allah menilai manusia bukan karena keadaannya di dunia (contoh : gender, cacat fisik, tingkat sosial dan lain lain). melainkan keikhlasan kita untuk mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya.

  68. Ki Sukma Rahayu

    Bila musim memberimu dengan kesedihan
    Katakanlah, dengan penghinaan yang menakutinya
    Sejenak akan tampak maunya
    Dan selesai setiap urusannya
    Allah meminumkan pada waktu ketika aku menyepi dari wajahmu
    Sedang sirnanya cinta di taman sukaria tertawa
    Kami menghuni masa
    Sedang mata terasa sejuk
    Suatu hari jadilah ciumanmu
    pelupuknya.

  69. lkhlas = tataran tertinggi , paling berat ngelakoninya tuk jadi jiwa yang tenang @pencari kedamaian jiwa

  70. Iblis

    Huahaaaa…..
    HAND AND FOOT
    HAND FOOT kedengaran kagak enak
    kalo HAND AND FREE,
    HAND FREE nah ini baru kedengaran enak
    Hand free….hand free….hand free….
    Huahaaaa……

  71. @ ki sukma : wilujeung enjang ki, salam buat mbakyu dewi sri.
    @ mas qobil : itu dicariin ama banyak orang kok, udah ketemu belum. kalo sudah alhamdulillah

  72. krasa juga loe blis…hiii (ini senyum lho bukan ngakak kaya lu)

  73. sopo sing nggoleki.. ming arep digeguyu to nek sing ngoleki centil alhamdullilah

  74. Iblis

    Huahaaaa….
    Hand free…hand free…hand free….
    Freedo…m…freedo….m….freedo…m…
    Huahaaaa…..

  75. wow dia tow blis

  76. aswb 10 thn ikut org tua,10 thn ikut paman,10 thn merdeka menikmati indahnya dunia, sementara ini sedang mencari jwbn “TUHan Itu adil ”
    sudakah kau bertanya:
    1. Siapa yang sudah tahu akan dilahirkan kedunia,tanyakan pada semua org ? jwbnya tidak ada yg tahu bahwa dia akan dilahirkan kedunia.
    2.10 thn tak merasa,10 thn merasa siksa,10 thn merasa bebas merdeka,selanjutnya anda diberi kesempatan unuk bertanya…
    3.Pada mereka yg dilahirkan berbeda dngan keadaan saudara,sudahkah anda bertanya bahwa mereka itu adalah kehendak mereka sendiri…..jawabnya pasti bukan…..pasti jawabnya kehendak Tuhan !
    ternyata sama itu kehendak TUHAN.
    4.Hidup adalah pilihan buktinya anda tidak didikte lagi oleh paman saudara untuk belajar kanuragan ….itu kehendak saudara sendiri (bebas memilih)….pilihan jatuh pada saat saudara telah mengerti mana yang baik dan tidak baik bagi saudara……sama yaitu pada saat aqil balig.
    5. Anda lihat anak org kaya belum tentu.juga tidak merasakan seperti yg anda rasakan…………habislah waktumu jika kau bertanya pada mereka semua …heeheheh
    6. balik saya mau bertanya pada saudara…………Apakah saudara percaya bahwa sesudah kita mati ada kehidupan lain (kehidupan selanjutnya) ??????
    7.apakah manusia seperti kita ada yang tidak mati ????????

    dari ketujuh hal tersebut sy berharap pada saudara untuk mendapatkan jawabannya…………terbaik untuk anda…salam……salam.salam

  77. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    ikut nyimak…

  78. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    wah Dusta Iblis menjadi-jadi…bicara Sirr segala

  79. Wagiman

    Absen pagi jlng siang..,

    manusia memang aneh2,da yg t? Ini itu.,jwb ini itu…

    Saya cm t? Dlm hati,apa pantas manusia t? Tntng TUHAN..,
    JU2R saya malu dgn -NYA..

    Krn sang suri tauladan ,ROSULULLAH mngjrkn rasa malu kpd ALLAH ,..
    Biarlah hati yg hanif manusia brsnr krn anugrahnya..

  80. K.W.A DE-BO-TA-MI ( DEPOK BOGOR TAMAN MINI )

    @@@ === KWA JOSS === @@@

    AYO SEDULUR KWA DEBORATI YANG INGIN KONVOI SEPEDA MOTOR KE TMII AGAR MENDAFTAR DI BAWAH LIST INI.

    1. Kwa Deborati
    2. …..
    3. …..

    JIKA BANYAK PESERTA AKAN ADA OLEH2 MENARIK

    @@@ === KWA JOSS === @@@

  81. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    Maha ADIL milik Tuhan…maha tidak adil bukan milik Tuhan sehingga ada pesaing Tuhan …????? Wah ini khan permainan logika saja….filsafat logika saja…Tuhan koq dengan filsafat logika ???

  82. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    Sugeng Rahayu sedulur semua

  83. Kamal

    Adil ato tidak terserah padamu/////////////////
    Kata om TUKUL…SAK………KAREP…..MU…….XIXIXIXIXI
    “KARENA AKU SELALU MENURUTI PRASANGKA HAMBAKU”.

    Tombo ngantuk ckakakakakaka……………………………….

  84. sugeng rahayu kiudeng , pripun wonosari benter punopo jawah ki.

  85. Orang biasa

    Kenapa harus ada musibah? wajar karena DIA yg punya alam sdh menetapkan seperti dibawah ini:

    Allah SWT jelaskan dalam surat Al−Baqarah ayat 155. “Dan pasti akan kami uji kalian dengan sesuatu dari ketakutan, dan kelaparan, dan kekurangan harta dan jiwa dan buah−buahan, dan berilah kabar gembira bagi orang−orang yang sabar.”

    Sampai kapan?

    Allah SWT berfirman : “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi ?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”. (QS. Al-Ankabut:2-3).

    Alasan DIA apa?

    Berkenaan dengan hal tersebut, dalam hadis Qudsi Allah SWT berfirman, “Demi keagungan dan kemuliaan−Ku, Aku tiada mengeluarkan hamba−Ku yang Aku inginkan kebaikan baginya dari kehidupan dunia, sehingga Aku tebus perbuatan−perbuatan dosanya dengan penyakit pada tubuhnya, kerugian pada hartanya, kehilangan anaknya. Apabila masih ada dosa yang tersisa dijadikan ia merasa berat di saat sakaratul maut, sehingga ia menjumpai Aku seperti bayi yang baru dilahirkan.”

    Wah kalo saja kaum sufi bisa menukar kehidupan mrk dgn yg anda miliki HAND,sy jamin mrk berebut,krn mrk tau betul faedahnya & pingin dgn ujian tersebut dpt “rapor” yg oke terus ^_^

    Saran saya cm 1:

    Jangan melihat “keatas” sampai kapanpun yg ada iri & dengki jadinya.
    Selalu melihat “kebawah” dijamin hati ini akan selalu bersyukur.

    Sy pribadi sdh melihat nyata org2 disekeliling sy yg hidupnya sgt berkecukupan tp jk ditimpa masalah jauh lbh labil mentalnya ketimbang yg susah jk ditimpa yg serupa sgt kuat mentalnya,pdhl itu slh 1 modal utama dlm mencari nafkah didunia ini…

  86. Ass Wr Wb

    Allah SWT, Maha Adil, Tidak ada keadilan yang dapat melebihi kesempurnaan yang datangnya dari Allah SWT.
    Pembekalan Ilmu-ilmu Yang telah didapat adalah suatu bentuk Perwujudan sebuah keadilan yang datangnya dari sang Pencipta, Kalau Ilmu tidak mendapatkan keridhoan dari Allah, maka ilmu tersebut tidak ada manfa’atnya
    hanya ke MUdarotan yang kita dapat.
    Gunakan Ilmu-ilmu yang sudah didapat untuk ke-Maslahatan Umat, itulah suatu Ujud Keadilan, keadilan untuk memberantas Keangkara Murkaan yang selalu bersemayam dalam hati manusia., karena tidak semua orang yang diberikan pembekalan Ilmu yang bermanfa’at
    Hari ini, esok, atau Lusa kita masih dapat beraktifitas, merasakan Nik’mat Iman dan Islam dalam beribadah, Serta Rizqi yang masih kita terima yang datangnya dari Allah. SWT, dan Sisa Umur yang masih dapat kita gunakan untuk lebih banyak lagi bersujud kepada sang Pencipta untuk pembekalan pulang menuju pada alam keabadian.

    ” Maka Ni’mat Tuhan Kamu Yang Manakah Yang Kamu Dustakan ( AR-Rahman )”

    Wassalam

  87. Ijin Nyimak

  88. m khozin A

    saudaraku tuhan maha adil,tuhan maha tau apa n utk apa sesuatu yg akan di berikan pd kt dll,kadang kita(manusia)yg kurang memahami apa yg menjadi keinginan tuhan,dan tanpa kt sadari kt kadang sering melanggar rambu2 yg di buat olehnya,intinya adlh kt hrs sbar n byk bersyukur kpdnya,dimanapun tpt n sm sapa kt tinggal/berada(tak jd soal),smua itu ada dlm iman n amal ibada kita dll,mtr swn

  89. ijin nyimak……

  90. Wagiman

    Salam tuk kwa smua..,slmt brprsngka yg baik pd TUHAN…

  91. Dimana kita bisa bertemu Gusti Allah, saya mau bertanya, hal-hal yang terkadang mengganjal di hati.
    Matur Nuwun

  92. sham

    wahai saudara ku.jangan kamu berasa hina jangan kamu berasa sedih kamu lah yang tinggi mulia jika kamu orang yang beriman.saya beri perdapat cari lah allah jika kamu ingin menjadi kekasihnya.jika kamu telah ketemu pasti kamu akan mengalir air mata.begitu besar kebesarannya.dan pasti kamu tidak harapkan apa2 kecuali hanya allah cukup bagi kamu.cari lah ilmu2 allah.namun mesti ingat ilmu2 allah tidak meharapkan apa2 ckuplah hanya allah.wasalam…

  93. @Pencari kedamaian jiwa (gravatarmu culun banget)
    wah iki tambah abot
    ketemui sejatine awake dewe angel banget
    opo meneh ketemu Gustine
    piye iki
    mung piya piye

  94. sapto

    @ki udeng, hehehe
    maha adil dan maha tidak adil kan sudah tergelar dalam kesempurnaan ciptaanNYA???

  95. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @ki qobiltuman: salam rahayu kagem panjenengan @ki kamal@ki orang biasa dan sedulur sedaya…Salam rahayu

  96. Iblis

    Huahaaaa…..
    Dusta….dusta…. Adus tambah tampan
    dusta….dusta….adus tambah tampan
    huahaaaa…..

  97. Orang Terlanjur Kaye

    Allah ntu pegimane prasangke hamba nye. Kalau ente suudzon ame allah ya ntu dia yang ente dapet tapi kalau ente khusnuzon maka insya allah ente akan slalu dapet kemulian. ALLAH BERFIRMAN DI SURAT AR RAHMAN “FABIAYYI ALA IROBBIKUMA TUKADZIBAN” kite manusie kagak ade nyang bisa mendustakan nikmat Allah.

  98. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @ki Sapto: kalau Tuhan didialektika dengan filsafat logika maka yang dihasilkan juga “Tuhan” produk filsafat logika berdasarkan dialektika nya…. itulah sebabnya banyak orang kemudian menciptakan Tuhan-Tuhannya sendiri seperti ideologi dsb…Sekarang coba kita cermati berdasar filsafat logika…TUHAN MAHA ADIL (premis ini diberi nilai BENAR)…kemudian Tuhan dikaitkan dengan maha tidak adil (premis ini benarkah????) sesuai dengan premis pertama kah….dua hal yang antagonis yang dicampur akan menimbulkan kerancuan falsafati….Seperti cerita klasik dalam filsafat logika seperti ini…”Jika Tuhan Maha Segalanya….maka mampukah Tuhan menciptakan batu yang dia sendiri TIDAK MAMPU mengangkatnya?”….logika dalam ungkapan ini sudah rancu, karena Tuhan koq “tidak mampu” padahal dalam kalimat pertama “Tuhan mampu segalany”….Salam pamuji rahayu

  99. @Pencari kedamaian jiwa
    minimal kagumi semua ciptaanNya rasakan tak terhingga kan (wis ketemu durung) nek durung berarti percoyo’o karo sing ghoib lha sing ghoib kuwi opo ?yo ayo do sinau neng kWA

  100. @QOBILTUMAN
    Lha piye carane ngubah gravatar?

  101. aku durung iso coba takokno mas agung juragan gravatar

  102. thanmust thepos

    Ikhlas, intinya ikhlas.
    apakah ikhlas itu ? kalau anda mau tau ikhlas coba anda ingat – ingat , pernahkah anda buang air besar disungai ?! Bagi orang kampung itu hal biasa. Bayangkan sewaktu anda nongkrong, dan brol……..
    Lega semuanya.
    Pernahkah anda berfikir, kemana kotoran itu pergi atau hanyut kemana?
    Saya yakin, pasti tidak.
    Nah, nikmati kelegaan itu. Kelegaan yg luar biasa itu, itulah yang namanya IKHLAS.

  103. Iblis

    Huahaaaa…..
    Adakah benda atau makhluk Allah yang hanya memiliki 1 sisi dalam bentuk maupun sifat nya ?
    Inilah pertanyaan yang patut untuk saudara ki udeng renungkan
    huahaaaa…..

  104. brol…plung… lap….wah legonee… karo singsot ngono yo ..denmas tepos

  105. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @Iblis: satu jawaban sederhana untuk anda “Qul huwallaahu ahad” Katakanlah bahwa Allah itu Esa….Ketunggalan (Esa) itu hanya milikNya…segala sesuatu yang merupakan ciptaan tiada yang Esa…akan halnya manusia dimanakah posisinya…jangan kemudian dikatakan bahwa manusia bisa menyamai atau menjadi yang Esa karena akan menjadi fir’aun atau namrudz karena hawa nafsu yang bersumber ‘aku’ yang mengaku sudah sebagai AKU…Subhanallaah

  106. ning nek brol..plung…kampul..kampul jijay… yo den

  107. laskar lembu suro1226

    ASLKM…….NDEREK NYIMAK

  108. Wagiman

    Plang… Plung..,plong
    dolanan opo to om.,,

    he he he

  109. sapto

    @ki udeng, woowwwww
    lha kalau tidak begitu, siapakah pemilik Maha tidak adil itu???

  110. paklik wagiman : baru dateng paklik, ini teh manisnya mumpung masih anget. ini mas qobil ama denmas tepos lagi membahas plung…lappp…. :D

  111. Ki Abduljabbar

    Alloh itu lebih tau apa yang menjadi KEBUTUHAMU. Kita renungkan rasa syukur ini (ditulis oleh Andrias Harefa):

    Pelajaran bersyukur adalah pelajaran pertama yang saya anggap penting dalam setumpuk mata pelajaran di sekolah kehidupan Indonesia. Dalam “mata pelajaran” yang satu ini, guru saya yang pertama dan terutama adalah almarhumah ibu saya sendiri. Ia mengajarkan kepada saya agar mendisiplin diri untuk belajar bersyukur dalam segala situasi, baik di kala suka maupun di kala duka.

    Bersyukur di kala suka, yakni saat hidup berjalan sebagaimana saya harapkan, tidaklah sulit. Saya dengan mudah mengucapkan syukur atas segala macam hadiah yang saya peroleh, prestasi yang saya raih, penghargaan yang saya terima, dan berbagai rejeki serta kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Dan setiap kali saya mengingat-ingat kemurahan Tuhan, saya dengan mudah dapat mengucapkan syukur dalam hidup saya.

    Namun, bersyukur di kala duka acap kali tidak mudah saya lakukan.
    Bagaimana saya harus bersyukur ketika hidup berjalan tidak seperti yang saya inginkan? Ketika saya kecewa karena tidak mendapatkan apa yang saya harapkan, atau ketika beban kehidupan terasa berat karena harus menunaikan sejumlah kewajiban dalam keluarga atau dalam pekerjaan, maka mengucap syukur menjadi soal yang tidak mudah. Apalagi ketika saya berulang kali harus menerima kenyataan sejumlah usaha yang saya rintis untuk meningkatkan tarap hidup, justru berakhir dengan kegagalan dan kebangkrutan. Bukan hanya tidak memberikan hasil seperti yang saya harapkan, saya terkadang harus menanggung beban hutang yang harus dicicil selama beberapa tahun. Hal-hal semacam itu membuat saya kecewa, frustasi, sedih, dan hampir putus asa. Biasanya pada saat-saat semacam itu, gelombang kekhawatiran mengenai masa depan muncul silih berganti. Masa depan nampak sebagai sesuatu yang menyeramkan, dan semangat hidup turun pada tingkat terendah.

    Saya kemudian menyimpulkan bahwa bersyukur di kala suka itu mudah, tetapi bersyukur di kala duka memerlukan latihan dan disiplin.
    Bersyukur atas berkat yang Tuhan limpahkan itu gampang, tetapi bersyukur atas penderitaan yang Tuhan ijinkan menimpa hidup saya, jelas tidak mudah. Dan karena yang terakhir ini tidak mudah, saya perlu mempelajarinya dengan lebih seksama.

    ”Sekurang-kurangnya ada dua pilihan yang bisa kamu ambil ketika hidupmu sedang dilanda kesusahan. Pertama, kamu bisa mengeluh atau bahkan mengutuk hidup sendiri; Kedua, kamu bisa tetap bersyukur karena kamu yakin bahwa tidak ada kesusahan yang di ijinkanTuhan melampaui kekuatan yang telah diberikannya kepada kamu. Bahkan acapkali kesusahan yang di ijinkan Tuhan itu sesungguhnya merupakan sebuah proses persiapan untuk kamu menikmati suka cita yang lebih besar dari yang pernah kamu alami sebelumnya,” kata Ibu saya. Dan dalam praktik hidup yang nyata, Ibu saya selalu memilih yang kedua. Sepanjang hidupnya saya tidak pernah mendengar Ibu saya berkeluh kesah. Ia selalu bersyukur. Selalu. Ini membuat saya kagum dan menghormati ajarannya.

    Bagi Ibu saya, bersyukur adalah soal pilihan pikiran dan hati. Kita bebas menentukan pilihan, namun kita terikat pada dampak yang ditimbulkan oleh setiap pilihan. Entah sadar atau tidak, bagi Ibu saya jelas bahwa mengeluh dan mengutuki kegagalan dan kesusahan hidup tidak pernah membuat hidup menjadi lebih baik. Keluhan bahkan membuat kita makin kehilangan semangat hidup dan terperosok lebih dalam kejurang keputusasaan. Sebaliknya, dengan tetap mengucap syukur kita kemudian ditolong untuk menemukan kembali kegairahan hidup, mendapatkan semacam kekuatan untuk menghadapi kenyataan sepahit apapun. Bersyukur membuat mata pikiran [eye of mind] dan mata batin [eye of spirit] kita terbuka lebih lebar, sehingga dapat melihat berbagai kemurahan tuhan yang nyata-nyata telah [bukan] akan Ia berikan dalam hidup kita. Atas kemurahan Tuhanlah kita masih hidup, masih bisa bernafas, masih bisa makan dan minum, masih memiliki pakaian, tempat tinggal, di beri kesehatan, dan sebagainya. Dengan perkataan lain, bersyukur menolong kita untuk tetap menjaga perspektif hidup secara keseluruhan, tidak terjebak hanya melihat sisi gelap kehidupan kita saat menderita.

    Bagaimana caranya agar kita tetap mampu bersyukur dalam segala situasi, terutama ketika situasi kita tidak menyenangkan? Bagi Ibu saya caranya amatlah sederhana. Ia mempraktikkan syair lagu berikut:

    Bila hidupmu dilanda topan b’rat
    Engkau putus asa hatimu penat
    Berkatmu kau hitung satu persatu
    K’lak kau tercengang melihat jumlahnya

    Itulah caranya. Dan itulah yang saya coba praktikkan selama berpuluh tahun. Bila kesusahan hidup mendera, saya mengambil selembar kertas dan memaksa pikiran saya untuk menemukan sejumlah hal yang pantas saya syukuri dalam hidup. Saya mendaftarkan sejumlah prestasi dan penghargaan yang pernah saya raih; menambahkan sejumlah hal yang berhasil saya miliki; menuliskan semua tempat rekreasi dan kota-kota yang pernah saya kunjungi; mencatat satu per satu anggota tubuh saya yang sehat; buku-buku yang sempat saya baca; nama-nama orang yang pernah menolong saya atau yang pernah saya tolong; bahkan juga kesusahan-kesusahan yang pernah saya lalui; dan seterusnya. Dan sejauh ini harus saya akui, saya akhirnya sering tercengang melihat jumlahnya. Biasanya saya berhenti ketika daftar syukur saya mencapai angka seratus. Bila saya lanjutkan, maka jumlahnya pasti bisa ditambah sepuluh atau dua puluh kali lipat, atau bahkan lebih. Lalu saya merenung dan bertanya pada diri saya sendiri: tidak cukup banyakkah berkat Tuhan yang telah nyata-nyata saya terima dan saya alami dalam hidup saya? Lalu adilkah saya bila karena sebuah penderitaan saja, semua berkat Tuhan itu saya anggap tidak bernilai? Bukankah pada kenyataannya saya telah menerima begitu banyak berkat yang melampaui apa yang sesungguhnya saya butuhkan untuk hidup?

    Lambat laun, setelah latihan bersyukur dalam segala situasi selama puluhan tahun, saya kemudian menyadari ada perbedaan antara orang yang bisa bersyukur dengan orang yang mahir bersyukur. Sama seperti orang yang bisa berenang harus dibedakan dengan mereka yang mahir berenang, orang yang bisa naik sepeda harus dibedakan dengan pembalap sepeda, dan seterusnya. Bisa belum tentu mahir, tetapi mahir pasti bisa.

    Orang yang bisa bersyukur adalah mereka yang bersyukur ketika hidupnya berjalan sesuai keinginannya, tetapi mengeluh ketika kesusahan datang.
    Sementara orang yang mahir bersyukur tetap bisa mengucap syukur bahkan ketika hidup berjalan tidak seperti yang diharapkan. Kesadaran ini membuat saya menetapkan dalam hati saya akan menempa diri agar menjadi orang yang mahir bersyukur, bukan sekadar bisa bersyukur. Bahkan lebih dari itu, saya berharap bisa ”mewariskan” kecakapan mengucap syukur dalam segala situasi ini kepada anak-anak saya dan kepada setiap orang yang bisa saya sentuh hidupnya dengan berbagai cara, termasuk dengan cara menuliskan artikel sederhana ini.

    Tentang kemahiran bersyukur ini saya pernah melakukan sebuah eksperimentasi selama sepuluh bulan dengan melibatkan 500 peserta program pelatihan dari 20-an angkatan/kelas yang saya fasilitasi.
    Dalam salah satu materi pelatihan, saya meminta semua peserta berlomba mebuat daftar ”25 hal yang saya syukuri dalam hidup”. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk setiap angkatan hanya 1-2 orang saja yang mampu menyelesaikan daftar syukur tersebut dalam waktu 4 menit atau kurang [rekor tercepat adalah 2,5 menit]. Lebih dari 95% peserta memerlukan waktu yang lebih lama. Karena itu secara hipotetis saya menganggap bahwa jumlah yang banyak itu termasuk kategori orang bisa bersyukur, sementara jumlah yang 5 persen itu bisa dikelompokkan sebagai orang yang mahir besyukur.

    Belajar mengucap syukur dalam segala situasi, itulah salah satu pelajaran penting yang saya pelajari di sekolah kehidupan Indonesia.
    Dan saya sungguh bersyukur bahwa untuk pelajaran yang sepenting itu, Tuhan memberi saya seorang guru terbaik yang pernah saya kenal: Ibu saya sendiri.

  112. dolanan ik……. ora ding..kuwi lho analogi-ne le ngibaratke denmase tepos kuwi lho..wis..wis mengko ndak kedowo-dowo

  113. Iblis

    Huahaaaa…..
    Ki udeng belum mudeng/ngerti juga. Pemahaman yang haq akan sulit diterima oleh aliran syari’ah.
    Huahaaaa….

  114. jangka sewu

    hihihi maap mas mas yng terhormat !
    ane jd bingung, bnyak yang pke bhsa jowo, jd bnyak yng g ngerti hihihihi mas qobiltu dkk pake bhs nasional aja atuh, sdulur KWA tu bkn wong jowo sja,biarkan wong2 yng bkn jowo ngerti maksud saudara . atau ganti saja blog ini khusus KWA WONG JOWO (bkn wong jowo jngn ikut, kl ikut di jamin g bakal ngerti

    maap cm sebuah usulllll mudah2an diagendakan oleh sesepuh KWA

    ======== GITU AJA KO REPOT =========

  115. @ ki abduljabbar : salam takzim dari saya, monggo dilanjut tausiyahnya.

  116. maaf ki jangka sewu kadang kelepasan nulisnya kaya mengalir aja gitu jadi kebiasaan dan itu kebiasaan gak bener.. sekali lagi mohon dimaaf kan nanti klo kelepasan dingatkan yaa..

  117. Iblis

    Huahaaaa…..
    Hore….hore….iblis pendusta…pengin adus tambah tampan
    hore….hore….iblis pendusta…
    Pengin adus tambah tampan
    hore…hore….ki udeng orang suci….sungguh-sungguh ciamik
    hore…hore….ki udeng orang suci….sungguh-sungguh ciamik
    huahaaaa…..

  118. Berani mengalah akan tinggi hasilakhirnya/derajatnya (wani ngalah dhuwur wekasane) sekalian tak bantu mengEYDkan skin KWA diatas mas jangka sewu ( mas langkah seribu)

  119. saya kira masih libur….

  120. arek ilank

    assalamualaikum,sugeng siang poro sesepuh lan sedolor sedoyo,nyuwon ijin nderek nyimak tausiahx poro sesepuh,sambil manggut2 karo ngudut buhur 234 emang yahuuuut,
    sumonggo dilanjuuuuuuuut,,,,,,,
    wassalam,,,,,,,

  121. @kwa 111
    mangkanya sering2 tengok kampus cuma libur bentar btw banyak mahsiswi barunya lho

  122. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    Mawar wewangianNya telah pula dihamparkanNya…tiada mawar yang tertinggal di dalam semak-semak…bersulamkan Kasih dan Kerinduan…akan hanya manusia? siapakah dia…

  123. @ mas kwa 111 : monggo mas. warungnya udah buka belum?

  124. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    @ki sapto: …wa lillaahil asmaa-ul husna…dan milik Allah lah nama-nama Yang Baik itu

  125. Iblis

    Huahaaaa….
    Hore….hore….ki udeng marah…mampu menahan rahsa
    hore….hore….ki udeng marah…mampu menahan rahsa
    huahaaaa…..

  126. Iblis

    Huahaaaa….
    Nama-nama yang baik milik Alloh
    nama-nama yang buruk milik iblis
    huahaaaa….
    Inilah pemahaman syari’ah
    huahaaaa….

  127. @kang qobil wee… mahasiswi..?? nggak kliatan paling nicknya doang
    @mas tentrem suka menabung.. warung buka terus…angin keluar masuk…

  128. @kang iblis lg puasa ya kok bau bener mulutnya ih..

  129. Iblis

    Huahaaaa….
    Alloh bersemayam dalam setiap jaringan wujud malaikat, iblis, setan,nafsu,nur muhammad, genderuwo, manusia,hewan, batu permata, batu sungai, keris-keris pusaka/bukan pusaka, seluruh jagad raya alam semesta tanpa terkecuali
    sehingga Alloh mengetahui apa-apa yang terjadi pada makhluk NYA
    Huahaaaa…..

  130. @ mas KWA 111 : semoga anginnya keluar lewat samping ya mas. ini masih nunggu lanjutan dari ki abduljabbar, monggo diresapi dulu.

  131. zeusarus

    Absen+nyimak….

  132. Zeus

    absen+nyimak….sambil nunggu mbah sarep gak nongol2

  133. star night

    Hallo sedulur semua bisa di bayangin ngak kalau Alloh itu menciptakan manusia ganteng cantik baik hati dan kaya baik jasmani maupun rohani semuanya apa ngak kacau jadinya…om iblis jadi tdk ada kerjaanya ,jangan tanya apakah Tuhan adil? tanya pada diri sendiri apakah hidupmu sdh menjalankan KEWAJIBANMU sebagai hamba Allloh dengan BAIK????

  134. luar bisa…

    ALLAH MENURUNKAN APA YANG KITA PERLUKAN BUKAN APA YANG KITA INGINKAN

  135. jangka sewu

    makasih om qobiltu atas pengertianya
    kadang2 sy sngat penasaran atas tulisan2 om qobiltu dkk dan suka berpikir ”’ apa ya kira 2 artinya ”’ kl ada teman yng bs bhs jw enak langsung bs nanyain tp kl g ada cm bs nyimak sambari g ngerti . mnurut sya yang paling seru itu selain materinya ya komentar2nya yang beraneka ragam persepsi dri sdulur2 KWA. beraneka ragam tanggapan dan dri berbagai sudut pandang yng berbeda. itulah kwa . allhu akbar…………….
    mudah2an dengan masuk anggota Kwa jd suatu berkah dan di bertambahnya ilmu serta bs memperbanyak tali silaturahmi ……… amin

  136. cantrik pds

    ijin nyimak ngiiiih………

  137. thanmust thepos

    test

  138. kiudeng_kulo nderek hamemayu hayuning bawono

    rahayu

  139. kang priadi

    mas HAND… apa sebenarnya makna ADIL menurut mas? apa ADIL itu sama rata? kalau mas merasa sangat tidak diperlakukan ADIL olehNYA… hanya gara2 kemiskinan…BWANYAK yang lebih miskin dan terpuruk dari mas…

    Nah, apa makna ADIL bagi mas? …
    pada saat mas bernafas, berapa “KORBAN” yang harus dibayar untuk menyediakan udara buat mas bernafas? berapa tanaman? berapa daun? dan berapa yang telah/sedang/akan mereka dapat dari mas? dimana keadilan itu?

    makanya apasih makna ADIL bagi mas?
    kita pernah/sering minum madu dari lebah, manusia dengan seenak udelnya mengambili madu itu tanpa harus membayar kepada lebah, nggak ADIL blas-kah itu?

    sepertinya mas harus landep ttg masalah ADIL itu
    jika mas memutuskan sesuatu den menurut mas itu sudah ADIL, maka itu belum tentu ADIL menurut orang lain…

    pikiranku ttg ADIL.. aku tidak akan paham dengan Standar ADIL menurut DIA… aku cuman yakin seyakinnya…bahwa DIA akan mengkompensasi setiap ketidak adilan di bumi ini…

    jika aku melakukan sesuatu dan tidak ada balasan yang setimpal dari makhluq.. aku yakin DIA akan membayar gantinya berlipat2…YAKIN banget…karena sering aku buktikan…

    mas HAND… selamat merenung..
    (kalau mau kontak pribadi aku di kangpriadi@gmail.com)

  140. Mangkuperwira

    Adil…..? hmm…..gak cukup kelihatannya..banyak yang adil tapi….
    Kalau yang Maha Adil hanya 1..

  141. Iblis

    Huahaaaa….
    HAND AND REM , jadinya handrem, kagak enak macet terus
    kalo HAND AND SCUN, jadinya handscun, wah ini baru enak bisa comot sana comot sini
    handscun….handscun….handscun….
    Huahaaaa…..

  142. hm../..

  143. Raja ryzal

    berkehendaklah engkau ya ALLAH atas kehendakmu….dan aku hnya menyusup dlm kehendakmu saja,kehendakmu pasti terjadi maka terjadinya kehendakmu akn bersamaan dgn kehendakku……tak mungkin aku mendahului kehendakmu……adil engkau itu nyata ya ALLAH,adilku yg samar,buta,bohong,tipuan akal maka adilmulah yg sebenar2nya nyata,adilku hnya mengikuti adilMu………aku berkata adil jika kehendakmu ku lihat nyata,tdk berkata adil jikalau kehendakku melebihi kehendakmu..tak mungkin oh tak mungkin kehendakku kuasa dr kehendakmu….by anak kepala suku orang rimba pedalaman talang mamak kelayang RIAU.

  144. Gembel 256

    Saya mo daptar KORWIL KWA BOGOR NI.ABDUL ROJAK 0818161488.CITEREP

  145. thanmust thepos

    Astaghfirulloh al azim, intinya harus IKHLAS.
    Keikhlasan diibaratkan orang buang air besar disungai.
    Kalau sudah BROL………….., LEGALAH rasanya.
    Nah kelegaan itulah yang namanya ikhlas. Kita gak memikirkan lagi kemana kotoran itu pergi. Entah hanyut kemana, entah dimakan ikan atau tersangkut pohon yg jatuh kesungai, kita tak perduli. Yg penting kita udah lega.

  146. Gembel 256

    SILAHKAN SADULUR YANG MO DAPTAR.SUPAYA MEMPERERAT TALI SULATURAHMI SESAMA KWA BOGOR.DIANTARANYA ADA @KI ARYA KUSUMA DEWA.@PECEL LELE.@KAPAL API.@GUMELAR ( GIN2GINANJAR ).@USTADZ KOMARUDIN.@….SILAHKAN SADULUR KWA BOGOR UNTUK BERGABUNG.

  147. aryopabelan

    absen siang..monggo dilanjut

  148. jangka sewu

    adil menurut manusia menempatkan sesuatu pada tempatnya . tp kl adil menurut allah ya wallahu alam. allah lah yang maha tau . kita sbgai cipta anya seharusnya malu . kadang2 kita mendikte dan segala sesuatu yang kita inginkan harus terwujud. apakah kita sudah melaksanakan semua kewajiban yang allah perintahkan ? bila kita blm mlaksanaknya.. apa kita g malu… seakan kita mendikte kpd sang pencipta bahwa hidup itu hrus slalu sesuai dengan keinginan kita ??

  149. Wagiman

    Salam takzim ki abdul jabbar.,,
    smg allah swt sllu mbri anugrah yg tak terhingga bwt anda dan keluarga,..amin

  150. mas..manyoel

    nyuwun sewu sedoyo…
    kulo wong bodo, sagete namung absen kalih nderek nyimak…
    suwun.

  151. star night

    Hand kamu lihat logam mulia begitu berharga di mata kita,proses menjadikan logam mulia itu sangat menyakitkan dari bentuk asalnya di dalam tanah,singai sampai melingkar di leher,di jari ,di kuping coba kamu cari tahu ? mungkin itu yang saudara Hand alami sedang dlm proses menjadi mulia di mata Nya.

  152. padma_yoni

    Alhamdulillah,dulu semasa sekolah dasar,guru menerangkan arti ADIL ialah menempatkan/meletakkan sesuatu pd tempatnya.”robbana dzolamna anfusana”.dan kitalah yg dzolim/aniaya/tidak adil pada diri kita sendiri.

  153. padma_yoni

    Salam kenal untuk Raja ryzal,dari belilas.mari eratkan silaturahiim,kwa riau mana nih pada,bikin koordinasi dong.!

  154. alhamdulillah………masih banyak saudara2 kita yg masih mau saling mengingatkan.saling asah asih dan asuh.mari kita terus berjuang untuk melanjutkan hidup
    @all warga kwa kita saling asah asih dan asuh

  155. noname

    absen sore,,,@all salam damai

  156. Prast

    Hmm…adanya yg ada dari yg tiada mjd ada…
    Nyambung ra yoo…wkekeke

  157. Wagiman

    Absen sore…
    Salam kwa smua..

  158. wong lugu

    maaf sedulur2,kulo bade tumot daftar ten mriki…,maaf kalau bahas ajawane kulo radi amburadul,nyuwun ngapunten

    Wong lugu kota: nganjuk telp:085790273762

  159. wong lugu

    email kulo : jorkep@gmail.com

  160. PUTRA

    TUHAN ITU PASTI ADIL. ANGGAPAN MANUSIA SAJA TUHAN ITU TDK ADIL. BUKTI KEADILAN TUHAN CONTOHNYA: ADA KAYA ADA MISKIN, ADA SIANG ADA MALAM, ADA LAKILAKI ADA WANITA DLL. KALAU DI DUNIA INI KAYA SEMUA ATAU MISKIN SEMUA, DUNIA AKAN HANCUR. DEMIKIAN JUGA KALAU DUNIA INI SIANG TRS ATAU MALAM TERUS. KALAU DI DUNIA INI CUMA ADA LAKI ATAU CUMA ADA WANITA JUGA DUNIA AKAH HANCUR.

  161. Surya_Buana

    Assalamu alaikum Wr..Wb

    Saudaraku yang mengirim email ini… Teriring doa untuk anda..semoga di berikan jalan yang benar dan lurus, serta dapat menemukan jawaban dari apa yang anda cari-cari selama ini…
    Jika kita nilai Keadilan Tuhan, maka persepsi manusia kadang akan berbagai macam meng interpretasikannya, akan tetapi ada sebuah garis besar yang bisa kita pahami sebagai manusia biasa yang serba terbatas ini.. Allah akan memberikan imbalan akan perbuatan baik seorang hambaNYA, walaupun tidak secara langsung (bagaikan anda memakan cabe langsung bisa terasa pedasnya), akan indah pada waktunya, mungkin anda minta bunga yang indah kepada ALLAh, tapi Allah memberikan anda ulat..jangan negative thinking dulu, karena ulat akan menjadi kupu-kupu yang akan menghidupi bunga yang anda minta tadi…

    lalu.. dalam artikel anda menulis (sampai pada bait dibawah ini)

    ….Apa lagi orang orang yang lahir di luar agama Islam…..orang yang lahir lahir di pedalaman….bagaimana hukumnya?

    tidaklah pernah Allah menciptakan manusia ke dunia hanya utk menjadi orang Islam saja..atau orang desa aja.. tapi sebagai khalifah.. Islam ada dizaman Rasullullah SAW sebagai penyempurna keyakinan-keyakinan sebelum-sebelumnya… coba renungkan, apakah para nabi dan pengikutnya sebelum adanya nabi MUHAMMAD adalah berdosa tidak memeluk ISLAM?? tentu tidak.. Allah SWT berfirman di surah albaqarah ayat 62 yang artinya : Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin , siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah , hari kemudian dan beramal saleh , mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula)
    mereka bersedih hati.

    jadi sebagai manusia kita harus: beriman bahwa adanya TUHAN, adanya hari setelah mati dan beramal shaleh (berbuat baik)..dari golongan apapun anda, tidak akan merugi..

    wassalamu alaikum..

  162. megatruh

    Bukti keadilan ALLAH adanya Surga dan Neraka, Neraka Itu Bukti Adilnya Gusti Allah dan Dosa Itu Bukti Rohman Rochimnya ALLAH.

    nyuwun ngapunten sedulur sedoyo kulo mung ngangsuh kaweruh ngoleki urip sejati lan sejatining urip gawe lungguhing urip.

    Maturnuwun

    Salaman

  163. Dewi Sri

    TIPUAN HIDUP

    Buat apa mempunyai Ilmu kedigdayaan
    Tapi banyak Kesombongan dan Paling Merasa Benar!
    Lebih Baik mempunyai Ilmu berprilaku baik
    Tapi Banyak Saudara dicintai dan Disayangi Semua Mahluk
    Pikiran Sehat Dan Qolbu Salim

    Buat apa mempunyai Kekayaan Berlebih
    Tetapi Hidup Penuh ketakutan! dan tak pernah tenang Tiap malam
    Bahkan Sama saudara jauh aplg Orang Faqir & Miskin
    Lebih Bijak Menjadi orang Miskin tetapi Di jamin Alloh Kebutuhannya.

    Buat Apa Mempunyai Kecantikan/Ketampanan Berlebih
    Tetapi Wajahnya Hanya Menipu hati dan diri Kita
    Lebih Parah lagi Banyak di Obral Murahan di TV dan media lainnya
    Dengan Dalil Tenar dan Banyak Penggemar
    Akhirnya Mati Dengan Keburukan Masa Akhir hayat.
    Lebih bagus Mensyukuri Pemberian Tuhan apa adanya
    Akan terasa Manfaat Nikmat Cantiknya Syukurnya pemberian tuhan

    Buat Apa mengejar Jabatan dan Pangkat
    Dengan Dalih Profesionalisme dan Pandai Memimpin
    yang Akhirnya Penhujungnya Korupsi dan Menipu
    Lebih Baik Menjadi bawahan org biasa
    Tetapi bisa memimpin diri dan anak serta istri
    Karena Sebaik2nya Pemimpin,Pangkat Amanah yang besar
    Adalah Menjadi Pemimpin Keluarga yang selamat dunia & akhirat.

    Apa-apa yang menjadi Kekurangan Kita
    Adalah Paling baik disisi Alloh SWT
    Bila di sikapi Syukur dan Banyak Menggali Potensi diri
    Sebab Gusti Alloh SWT tidak pernah memberi Kekurangan
    Dalam hal penciptaannya kepada Mahluk
    Itulah Menunjukan Bahwa Kesempurnaan Milik Dzatnya…

    To: Maap Ki sukma Rahayu aq telah mengcopy paste..

  164. @mbakyu dewi ki sukma saya baca smp selesai..manggut2
    sudah sehat mbakyu??

  165. Dewi Sri

    Ki @KWA: maksh Ya…perhatian & doanya…alhmdulih tinggal mengembalikan kondisi semula, Mungkin dg olah raga dan bnyk istirahat.

  166. Alhamdulillah semoga selalu di berikan yg terbaik oleh NYA.
    juga bwt sedulur2 semua.. saya pamit menjelang maghrib..
    Assalamu’alaikum..

  167. Dewi Sri

    Ya sama-sama, saya jg mo…pamit dulu,amien terima kasih do’anya. Ki KWA@111.

  168. harsa

    Saat kutanya kenapa ENGKAU tidak adil, DUH GUSTI? KAU menjawab, karena engkau yang bertanya maka kaulah yang berkewajiban menjawabnya. Tidak setiap orang AKU beri karunia kesadaran untuk mempertanyakan hakikat keadilan-KU. Dan kini, kau sudah kuberikan kesadaran itu maka kau sudah tahu jawaban-KU.. Itulah sebab, kau tidak KU-jadikan yang lain…. kau adalah engkau. AKU adalah AKU. Dan pada akhirnya, kau tidak perlu mempertanyakan kenapa AKU mengadakanmu di dunia. Karena sebenarnya, karena adamu maka AKU ada. Kalau tidak ada kamu, AKU tidak akan pernah ada. Siapa yang akan mengenal, menghamba dan mengagungkan nama-KU kalau bukan engkau? Maka, ada-mu saat ini sangat kuharapkan dan kumuliakan kedudukanmu di mata-KU. ( DIATAS ORIGINAL POST BYE KI WONG ALUS )
    @sedulur HAND…
    Saya juga pernah menanyakan hal yg sama dan bertanya pada NYA…
    Allah dimana Engkau saat aku seperti ini sangat membutuhkan Mu knapa tidak segera kau tolong aku ketika aku sangat membutuhkan-Mu…???
    dan benar adanya dari coretan hati Ki Wong Alus Di atas keadilan Allah bukan untuk dipertanyakan tapi diyakini pasti ada sejuta kebaikan dibalik kondisi yg sekarang ini entah apa yg kita butuhkan upaya untuk senantiasa bisa meyakini dan ikhlas dengan apa yg sudah menjadi Kehendaknya…..

  169. Iblis

    Huahaaaa……
    HAND AND BODY, jadinya handbody wah kurang mantep
    kalo
    HAND AND AITOLAND , jadinya handaitoland lha ini baru top markotop mantep tenan
    hidup handaitoland….hidup handaitoland….hidup handaitoland….
    Huahaaaa…..

  170. harsa

    @Iblis…salam kenal salam damai salam paseduluran…
    aku selalu suka komen2 nya….memberi warna tersendiri..he..he..

  171. Assalamu’alaikum Para sesepuh, ki Alus & Sedulur…

    Melalui tema ini kami ucapkan rasa syukur yg sebesar-besarnya atas kehadiran ki Sabdo Sejati dikediaman kami yg juga dimeriahkan oleh beberapa sedulur KWA se-Pekanbaru spt Mas Junaedi, Mas Ngaliman, Mas Iwan darma, Mas Bandar jalil, Mas Raden Abhy, Mas Affan, Mas Tengku said (Aan), Mas Nuar, Mas Ery limhuhu dkk.
    Suatu kehormatan bagi kami selaku tuan rumah dapat menyambut kedatangan beliau dr beberapa kota yg sudah disinggahinya.

    Kami juga sgt berterima kasih atas kemurahan hati beliau yg dgn apiknya mewedarkan penjelasan singkat keilmuan meditasi secara halus dan dapat dimengerti oleh insan awan spt kami.
    Tak lupa pula kami selaku tuan rumah slalu mendoakan beliau agar diberi keselamatan serta pencapaian spiritual mumpuni pd 10 tahun kedepan yg sesuai dgn mandat leluhur beliau.
    0ya ki Sabdo, Candi muara Takus pada hari2 tertentu masih sering didatangi Gajah liar yg dengan naluri alaminya mengelilingi Candi tersebut dan itu masih dalam penelitian para ahli arkeolog yg sempat memperhatikannya. Bila kita cermati, sungguh unik melihat satwa liar ini mengelilingi Candi Muara Takus yg konon beberapa abad silam pernah didiami para biksu. Mungkin ini sudah menjadi tradisi para Gajah disana.

    Demikian rasa syukur & trima kasih saya kpd Allah yg Maha Esa.
    Smoga kita smua slalu dlm bimbinganNYA, Amin.

    Salam Paseduluran.

  172. adim (sekretarise mbah sareb)

    @ all
    Qobiltu HAND…..
    saya terima ijazahnya dengan sempurna dan lengkap
    semoga bermanfaat bagi saya dan keluarga di dunia akhirat amin ..333x
    =
    =
    =
    =
    =
    =
    =
    =
    =
    loh… … piye toh …!!! wong artikel ini minta saran koq malah di qobiltui …??? loh… enggeh ta???

  173. @Adim…Hheehe!

  174. @kang iblis salam permusuhan ya hua ha ha… malem jum’at enake ngapain nih kang iblis..

  175. sapto

    @all selamat malam semua

    @mas akik, mas harsa, mas arif, ki adim, ki iblis dan semuanyaa……

  176. @ ki sapto sama2 selamat malem ki..

  177. jangka sewu

    malem pra sdulur

  178. harsa

    malem juga mas sapto salam paseduluran….

  179. wong lugu

    assalamualaikum…
    Maaf tidak ada maksud menggurui…,hanya share aj mgkin bisa membantu,
    Seringkali, setiap menghadapi kegagalan, dengan mudahnya kita menyalahkan Tuhan. Kita menganggap Tuhan tidak adil hanya karena teman kita memperoleh kesuksesan sedangkan kita ketiban sialnya. Masalah agama dan ibadah pun kita bawa-bawa untuk menyalahkan Tuhan. Seandainya kita mau sedikit instropeksi, maka kita akan menyadari bahwa selama ini Tuhan telah berlaku adil. Tuhan memberikan rizki yang berlimpah kepada manusia yang rajin bekerja tanpa memandang SARA dan ketekunan ibadahnya. Urusan dunia..ya..memang harus ditebus dengan kerja keras secara duniawi.

    Kita mengenal Albert Einstein, Thomas A Edison, Al Jabar, Ibnu Sina dan para ilmuwan lainnya, mereka semua adalah pekerja keras dan pembelajar sejati. Dan Tuhan telah berlaku adil dengan membuat nama mereka kesohor ke seluruh penjuru dunia tanpa memandang SARA. Jadi mengapa kita masih menganggap Tuhan tidak adil ?

    Kalo kita mengalami kegagalan, penyebab utamanya adalah kebodohan kita. Tetapi kalo kita berhasil, maka sejatinya di situ ada campur tangan Tuhan. Sekuat apapun kita berusaha, jika Tuhan tidak menghendaki maka kita akan mengalami kegagalan. Semudah apa pun suatu pekerjaan, jika kita meremehkannya dan tidak berusaha keras untuk mencapainya, maka Insya Allah akan terjadi kegagalan.

    Jadi percayalah bahwa TUHAN itu MAHA ADIL. Seandainya kita telah berusaha keras dan berdoa, namun masih mengalami kegagalan, maka bisa jadi memang masih ada yang perlu diperbaiki dalam diri kita. Jangan pernah menyalahkan Tuhan atas kegagalan yang kita alami.

  180. laode

    KI ABDUL JABBAR dan ORANG BIASA: MOHON KIRANYA SY BISA BERSILATURAHIM.INI NOMOR HANDPHONEKU 08 1313 2323 19. SUNGGUH SY JG MEMPUNYAI PRASANGKA SEPERTI MAS HAND TAPI SETELAH MEMBACA KOMENTAR KI ABDUL JABABAR DAN ORANG BIASA MAKA SEKARANG PUN SY SADAR ATAS KEKELIRUANKU SELAMA INI.TERIMA KASIH ATAS PENCERAHAN INI.ALHAMDULILLAHI RABBIL ‘ALAMIN

  181. wawan sleman

    coba saudara hand, anda aktifkan enerji bathin anda untuk menghubungi gusti ratu adil.

  182. wawan sleman

    sepi nich, cabut ah

  183. Selor

    e.. hemmm……….

  184. Abdul halik

    Mumpung urip sucenono badan iro,yen wis mati sopo siro kang nyuceni.

  185. Wongedan

    Jika ada pertanyaan,Mana yang duluan ada, Pertanyaan atau jawabannya ? Benarkah Jawaban baru ada setelah ada pertanyaan ? atau sebenarnya duluan Jawaban daripada pertanyaan?

    Dimanakah engkau Gusti?
    Siapakah aku Gusti?

    Setelah lama mencari dan mencari kini kumengerti bahwa :

    DIA adalah aku, sedangkan aku bukanlah DIA

    Salam Hormat buat Ki Wongalus dan Sesepuh lain.

  186. Tiang bungkuk

    Nderek nyimak…

  187. toto

    Absen nyimak

  188. Dzat yg memiliki nama Alloh adalah yg serba Maha
    yg meliputi segala sesuatu dan semua sdh tergelar d atas semesta
    dan smua sdh d serahkan kpd manusia tuk menyikapi serta mengelola yg sdh ada
    smua tergantung manusia, Alloh menyediakan sj
    maka dr itu Alloh membekali manusia dngan akal
    suatu piranti yg sngat luar biasa

    Alloh tdk akan menghukummu sblm kamu terbukti bersalah
    so teruslah mencari dlm kegamanganmu smpe nti km terantuk batu

  189. murid hauz

    dan tersungkur
    lalu suatu kesadaran akan menyergapmu bhwa ternyata jawaban dr tiap pertanyaanmu tdk brada jauh drmu
    drmu membekal kitab sucimu sendiri yg hanya akan kamu pahami maknanya stlh kamu dpt membacanya

    Bismillahi rohmati lilladzina…

  190. Putera Pakuan

    nyimak slalu…bantu ngedo’a in aja…

  191. I does tall end

    Tuhan hantu tuhan hantu tuhan hantu tuhan hantu dst

  192. INGATLAH ADA YANG TIDAK MUNGKIN BAGI ALLAH……..DAN ITULAH TUHAN MAHA SEGALANYA.
    1. TUHAN TIDAK MUNGKIN DICIPTAKAN
    2. TUHAN TIDAK MUNGKIN MATI
    3. TUHAN TIDAK MUNGKIN INGKAR JANJI
    4. TUHAN TIDAK MUNGKIN BERISTRI/KEKASIH (PACAR)
    5. TUHAN TIDAK MUNGKIN PUNYA ANAK
    6. TUHAN TIDAK MUNGKIN ADA YANG SETARA DENGANNYA
    7. TUHAN TIDAK MUNGKIN BERGANTUNG PADA SESUATU SELAINNYA
    8. TUHAN TIDAK MUNGKIN BUTA
    9. TUHAN TIDAK MUNGKIN BISU
    10. TUHAN TIDAK MUNGKIN TULI
    11. TUHAN TIDAK MUNGKIN SERUPA DENGAN MAKHLUK CIPTAANNYA
    12. TUHAN TIDAK MUNGKIN TIDAK ADIL
    13. TUHAN TIDAK MUNGKIN SALAH
    14. TUHAN TIDAK MUNGKIN DZOLIM
    15. TUHAN TIDAK MUNGKIN LUPA
    16. TUHAN TIDAK MUNGKIN TIDUR
    17. TUHAN TIDAK MUNGKIN BODOH
    18. TUHAN TIDAK MUNGKIN RAGU
    19. TUHAN TIDAK MUNGKIN MUSNAH
    20. TUHAN TIDAK MUNGKIN MISKIN

    INGAT MUNGKIN DAN TIDAK MUNGKIN ITU ADALAH KEPUNYAANNYA

    SEMUA ADALAH CIPTAAN NYA SEMUA MILIKNYA TIDAK ADA YANG BUKAN MILIKNYA
    FILSAFAT YG MENYATAKAN MUNGKINKAH TUHAN MENCIPTAKAN SEBUAH BATU YANG TIDAK MUNGKIN DIANGKATNYA ;;;;;
    ITU TELAH TERBANTAH………..TERNYATA LOGIKA TIDAK BISA MENYANGKAL HAL YANG BENAR………………..
    LOGIKA MENDUKUNG PENCAPAIAN KEBENARAN

  193. SAYANGNYA PAKE NAMA IBLIS…….TAPI……………ITU JUGA BISA MEMBUKTIKAN BAHWA IBLIS JUGA TAUHID
    YYYYYYYYYYYYYAAAAAAAAA HEHEHEHEHEHEHE HIHIHIH

  194. elank cakti

    Tuhan men-Sifati dzatNya dengan DZikir bukan pikir (logika)

  195. saejoyo

    sekedar numpang lewat,mas belajar tauhid aja,bukan belajar ilmu tauhid tp laku tauhid,tinggalkan dulu semua ilmu buang semua pengaku,belajar nrimo ing pandum lenggono ing urip

  196. Eko Prasodjo

    Rahayu Mas Han, semoga ketenagan, kedamaian, dan ketentraman selalu ada dihati kita. Mas, menurut saya yang bodoh ini, Tuhan itu sudah adil. semua sudah diberi URIP. dan semua punya yang namanya URIP. dan urip pada dasarnya tidak memiliki keinginan apa-apa. Opo njenengan lali?. Hanya sebagaian dari kita URIPnya dikuasai oleh pikiran, sehingga timbul keinginan keinginan. KEINGINAN itulah yang membuat kita berbeda. Jadi yang membuat berbeda(tidak adil)adalah diri kita sendiri. perkara kita dilahirkan itupun jalannya sama. pintunya GUWOGARBO. kecuali yang dilahirkan secara Caesar. Itupun yang berkehendak Manusia dengan segala polapikirnya. Untuk lain lain monggo dipikirkan sambil minum kopi TORABIKA……….. Ngapunten Ki Alus, Mas Kumitir. dan sesepuh lainya … ini pikiran saya lagi BLANK, makanya berani nulis……. LAMUNO SAK KABEHING URIPING MANUNGSO KUWI JUMENENG TUMRAP ROSO KAMANUNGSANE, DEWE DEWE, JAGAD IKI BAKAL AYEM LAN TENTREM.

  197. Eko Prasodjo

    rAHAYU kI, NIKU WAU ANGGER MUNI MAWON. HE HE HE…..nyuwun ngapunten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: