SETETES SENYAP


Biar nggak tegang dengan amalan-amalan yang berat di KWA, ada baiknya kita refreshings batiniah sesaat. Sukur-sukur ada hikmahnya. Selama ini, saya penasaran kenapa sesepuh Kimas Kumitir menamakan blognya dengan ALANG ALANG KUMITIR, EEE….malam senyap ini saya diberi informasi. Berikut emailnya:

Pramila winastan Kahywangan Alang-alang Kumitir karana dumunung munggwing telenging cipta, manthenging pangèsthi, wekasaning suwung, tan ana rasa pribadi, anané hamung ayem kang sarta tentrem.

Maka disebut Kahyangan Alang-alang Kumitir karena terletak di pusat keheningan cipta, di inti pemusatan hasrat, di batas-akhir kekosongan, (di sana) tiada rasa pribadi, yang hanya hening-damai serta tenteram.

Ana padhang dudu padhanging rahina, ana peteng dudu petenging wengi, kang ana amung alam tumlawung, ngalangut tanpa tepi, yèku tapaking Hywang Suksma, sinuk maya winahya ing asepi. sinimpen telenging kalbu, pambukaning warana, tarlen amung layap liyeping aluyup, pindha pesating supena, sumusuping rahsa jati, jatining manggih bagya mulya, tan ana sangsaya sinangsaya.

Ada cahaya bukan cahaya siang, ada gelap bukan gelapnya malam, yang ada hanya alam kebas-lepas, larut-hanyut tiada batas, itulah jejak Hyang Suksma, menembus yang semu diwahyukan dalam keheningan, tersimpan rapat di kedalaman kalbu, tempat terbukanya tabir, tiada beda dengan suasana antara lelap dan jaga, bagaikan kilasan mimpi, begitulah selinap-sadar dari rasa sejati, kesejatian menemu mulia-bahagia, tiada derita tiada saling aniaya.

@wongalus,2010

Categories: SPIRITUALITAS MAS KUMITIR | 306 Komentar

Navigasi pos

306 thoughts on “SETETES SENYAP

  1. QOBILTUMAN

    pertamak nyimak

  2. Rajis

    keduaxxx aja deh 🙂

  3. SamuderaKehendak666

    Premiummm

  4. Satrio Mataram

    absen malam………

  5. Satrio Mataram

    absen lagi…

  6. Satrio Mataram

    absen malam….

  7. Satrio Mataram

    absen lagi…..

  8. Satrio Mataram

    …………..

  9. bayu prakasa suroboyo

    absen malam
    10 BESAAARRRR DULUR

  10. m khozin A

    wah masuk 10 besar ni..

  11. m khozin A

    @bi satrio
    bagi2 dong…..masa semuanya di borong..
    ha3.asyik3

  12. Oval75

    Ass. nyimak……………

  13. Satrio Mataram

    maaf om m khozin…..nyari petramaxxx nya susah banget…jadi minyak tanahnya saya borong aja….lumayan buat masak di dapur

  14. Wujil

    Sing penting kumpul xixixi

  15. Wujil

    Terbukanya hijab adlh antara sadar dan tiada

  16. Iroel Casteller

    Ass..
    nderek nyimak,
    nderek ngumpul
    nderek ngabsen
    nderek ngregeti
    lan nderek kagem keguyuban karo Poro Seduluran

    monggo dilanjut

  17. Satrio Mataram

    ….sunyi…siang bukan malam bukan….terang bukan gelap bukan….sadar tapi tak ada wujud….sendiri…kosong…..tersirat rasa takut….mungkin jiwa ini masih muda dan bodoh….

    Ki Wong Alus….Ki Risang Murti…Ki Kumitir……saya mohon bimbinganya….nuwun

  18. QOBILTUMAN

    @All sugeng ndalu
    menyimak wedaran ki ageng Alang-Alang Kumitir sungguh perjalanan spiritual yang ruarr biasa hingga bisa mencapai di keheningan yang menentramkan dg terbukanya hijab hiks..hiks sungguh aku ingin seperti itu

  19. Agung

    absen malam

  20. angon

    @poro sedulur… sugeng ndalu
    nyimak filosofine mas kumitir….., kok yo angel nek dibayangke yo.., embuh nek dirasakke…

  21. m khozin A

    @satrio
    betul skl,kl rebutan petramax ga ada yg bs ngalain ki qobil t,
    pokoke kalah cepat deh…he3,tx

  22. angon

    @qobiltuman… sampean ora antri RDR..? hehehe

  23. Iroel Casteller

    catatan yg bagus sekali tapi hiks.. dalam sekali, susah untuk di jabarkan,.. harus belajr lebih giat lagi nich..

  24. Satrio Mataram

    om khozin a…mungkin ki qobiltu….tinggalnya deket pom bensin…jadi cepet dapet….hi hi hi

  25. angon

    @satrio orang jogja ya…?

  26. mbahgondrongx

    asssalamu alaikum……..
    sesepuhku semuanya….
    @ki qobiltuman
    @ki satrio mataram
    @ki samudra kehendak666
    @ki rajis
    @ki wujil
    @ki mkhozin a
    @ki bayu prakoso
    @ki Iroel Casteller
    @ pak noval
    @mase agung
    @sesepuhku yg lainnya…….
    SEMANGAT MALAM…….
    lungguh silo, bakar kemenyan 234,drijine komat kamit……..nderek ngaji dalu…..
    monggo…….

  27. mbahgondrongx

    @ mbah yaine doctor angon;
    semangat malam juga…..

  28. Iroel Casteller

    @qobiltuman : only pertamaxxx terus, tp kok di daftar donatur dan daftar penerima Ijazah RDR ga dapat nomor pertamaxxx ya he.. he.. eh malah ga ada he… he.. just kidz mas.. piss..

  29. nakmas

    assalamualaikum….
    sugeng ndalu, selamt malem semua warga KWA….

  30. angon

    @mbah gondrong….!
    opo bener sampean sarunge podo bolong mergo kobongan nalika dadi pemadam kebakaran…?

  31. Ki Wong
    Alus ….Ki Risang
    Murti…Ki
    Kumitir……saya
    mohon
    bimbinganya……
    Krn sy msh di slimuth kebodohan…
    Krn sy msh di slimuti hawa nafsu…
    Krn sy msh di slimuti amarah/ego…
    Krn sy msh di slimuti kesombongan…
    Dan…
    Krn sy msh di slimuti setan yg selalu menggoda…

    Mhn smua ki sesepuh k.w.a bimbingan and pencerahannya… Wassalam

  32. QOBILTUMAN

    @Ki Guru Munip @Mas Iroel C : njih kulo seneng mrovokatori thok ning malah lali ndaftar je teng RDR niku
    @mbahgondrong x : kangen je kulo mbah
    @all bagian Pertamax meniko namung juliq2an le ngindik

  33. Iroel Casteller

    @mbah gondrongx : Waalaikum Salam, Semangat Malam Juga, bagi menyane mbah, wis kentean menyan Surya.

  34. Satrio Mataram

    ki angon….leres ki…..salam kenal dan hormat saya untuk Ki angon…semoga Ki Angon selalu dalam keadaan sehat tidak kurang satu apapun…amin…amin

  35. Ki Wong
    Alus ….Ki
    Risang
    Murti …Ki
    Kumitir……dan para sesepuh k.w.a saya
    mohon
    bimbinganya……wejangannya…
    Krn sy msh di
    slimuti
    kebodohan …
    Krn sy msh di
    slimuti hawa
    nafsu …
    Krn sy msh di
    slimuti amarah/
    ego …
    Krn sy msh di
    slimuti
    kesombongan…
    Dan…
    Krn sy msh di
    slimuti setan yg
    selalu
    menggoda …
    Mhn smua ki
    sesepuh k.w.a
    bimbingan and
    pencerahannya…(lewat email budi_hans29@yahoo.com)
    Wassalam

  36. QOBILTUMAN

    nunggu ada aturan yang sering dapet pertamax akan diijazahkan RDR tanpa ndaftar gitu lho….alasan orangnya pasti sabar (soale gelem nunggu postingan baru)

  37. m khozin A

    @mbahgonrong
    slam malam mbah dan salam damai slalu…..
    e ya mbah mo laporan ni….knp di setiap POM petramax slalu di borong ama ki qobil tuman..?haaa3 slm canda

  38. angon

    @qobiltuman…. podo karo aku…!

  39. mbahgondrongx

    @ mbahe angon ; sarungku do bolong kuwi ora mergo dadi pemadam….nanging ancene gawan pabrik e, mergo nekra ono bolongane yo ora bakal iso mlebu..
    senajan BOLONGAN SONGO iku kudu ditutup,nanging sarunge ojo melu ditutup sisan……..(maklum ancene wong ndeso mbah,nduwene sarung+kaos oblong)
    @ki Iroel Casteller; ki qobiltuman itu mungkin pakainya speedy ,mulane browsing nya pertamaxxx terus…,lha sing wis tuwo seperti saya ya sudah ndak kuat ngikuti….
    @wong medan; gimana kabarnya ki…..,kok suwe ra absen pa sibuk cari fulus buat nutupi lobang….

  40. angon

    @satrio… amin, semoga anda dan keluarga juga selalu dilindungi Gusti Allah ingkang boten saged dipun dipun kira2 kaya apa… namung saged dipun raosaken wonten ing bathos…
    jogjane pundi?

  41. laskar lembu suro

    aslkm…absen mlm,ijin nyimak ????

  42. Satrio Mataram

    RDR…RDR…RDR….mungkin engkau bukan jodohku…….hix..hix…hix…

  43. Iroel Casteller

    @Ki Qobiltuman : sekarang sy panggil Ki Qobiltuman, he.. krn bisa nebak sy mas, he.. (jelas krn sy cowok ga mungkin di panggil mbak) Ki sy mau tanya apa resep atau rahasianya untuk bisa dapat Pertamaxxx di share to Ki he..

  44. Lare enggal mlebet…nderek ndombleh mawon….krian ada wongalus e tp mboten ngrtos pripun badhe silaturahmi…maklum lare enggal…

  45. angon

    @satrio… amin, semoga anda dan keluarga juga selalu dilindungi Gusti Allah ingkang boten saged dipun dipun kira2 kaya apa… namung saged dipun raosaken wonten ing bathos…

    jogjane pundi?
    @mbah gondrong… nggih syukur menawi kados mekaten…
    @wongmedan…. mari mas kita sama-sama belajar untuk menguliti diri kita sendiri lapis demi lapis sehingga akan tampak diri kita yang sejati…

  46. m khozin A

    @ki Qobil Tuman
    kira2 mau ga dpt ijasah RDR dr sy.? ini jg ga perlu daftar ko’,asal mau aja.!kl mau langsung jwb ya/tdk..yg ini muantep lo….wah poko’e jos3 deh..

  47. @mbahgondrongx tau aja udh bs ilmu trawangan ya…hahaha
    salam sedulur mbahgondrongx and semua k.w.a

  48. Iroel Casteller

    @Ki Qobiltuman : sekarang sy panggil Ki Qobiltuman, he.. krn bisa nebak sy mas, he.. (jelas krn sy cowok ga mungkin di panggil mbak)
    @Mbah gondrong : pancen penak nganggo speedy, kiro2 cepet ndi karo sepeda??? he.. sesuk hp ku tak gowo reng konter tak setting men luweh banter soko sepeda lan speedy

  49. Andri al zaburae

    Asssalamu alaikum……..wr wb
    sesepuhku semuanya….
    @ki qobiltuman
    @ki satrio mataram
    @ki samudra kehendak666
    @ki rajis
    @ki wujil
    @ki mkhozin a
    @ki bayu prakoso
    @ki Iroel Casteller
    @ pak noval
    @mase agung
    @sesepuhku yg lainnya…….
    Selamt malam salam persaudaraa.oh,iya sy mau tanya pada para sesepuh dan saudara2 semua,amalan apakah ini namanya dan fungsinya.:
    Bismillahirrohmanirrohim
    YA ALLAH GUSTI KULO NYUWUN NGAPURO,DENE KULO RUMAOS LEPAT,KULO TRESNO ING PANJENENGAN,JALARAN PANJENENGAN TRESNO ING KULO,KULO SUMEREP PANJENENGAN NUNGKULI ING KULO MAWI KODRAT IRODAT PANJENENGAN.KULO SEMEREP,RUMAOS,NGERTOS,PANJENENGAN WONTEN ING KULO.MUGI DIPUN TEBIHAKEN KESUSAHAN,KULO NYUWUN DELANGGUNG KADOS PANJENANGAN PIKAJENGAKEN.

    Sblum dan ssdahnya sy ucapkan terima kasih buat para sesepuh dan bala wongalaus,salam.

  50. QOBILTUMAN

    dengan ini saya ijazahkan dengan ikhlas cara mendapat pertamax
    syarat:
    harus sehat mata sehat jari (tuk mengintai dan trampil pencet-pencet)
    klo hp-laptop-kartu perdana-modem gak jadi ukuran ukurane ming bejo alias beruntung contoh wis ngantuk kok ono postingan baru dan ilmu sabar mengintai diperlukan, latihannya sering di kolam renang umum itung2 cuci mata ssambil membawa mesin ketik kuno tuk latihan jari ..wis ah malah kedowo-dowo mengko

  51. Satrio Mataram

    Ki Angon…saya skrg tinggal di jl. wonosari

    Om m khozin a…..saya daftar ijasah RDRnya om….
    saya ndak dapet…mungkin sesepuh KWA tahu kalo saya ndak pernah ngamalin amalan dari blog ini….

  52. mbahgondrongx

    @ki Iroel Casteller; ono ki sing luwih cepet timbangane sepeda + speedy…jenenge SEPUNDI….sepundi kabare..sepundi meniko…sepundi teruse….huwahuhuhuhu…..

  53. Satrio Mataram

    Om qobiltuman…..ijin ngamalkan ya om…..moga moga berguna…bisa dapet petramaxxxx…matur nuwun

  54. Dewi Sri

    Assalamu alaikum Wr.wb.

    Kepada sesepuh KWA dan semua Pini sepuh yg saya hormati, saya ada pikiran Goyang nih atas masalah Pikiran saya selama Ini…Tolong jawab siapapun jwbn hrs Proposiopnal dan tidak mengarah Pemojokan, serta Beribu2 maap atas segala Pertanyaan Gila saya ini…Salam silaturahim dan salam Sayang tuk semua sedulur,sahabat,dan sesepuh semua.

    PERTANYAANNYA:

    1. APAKAH MALAIKAT ITU LELAKI ATAU PEREMPUAN (GENDERNYA)..??

    2. APAKAH GUSTI ALLOH MENYEMBUNYIKAN GENDERNYA (LELAKI ATAU PEREMPUAN)..???

    Matur suwun.

  55. QOBILTUMAN

    wah satrio mataram karo ki angon podo…. piyayi bantul kabeh

    QOBILTU RDRnya ki M Khozin A …..uwis opo durung ??

  56. JOYO SENTIEK

    Assalamu alaikum..
    nderek ndeprok ten wingkeng..sambil mendengarkan tausyiah wejangan
    saking para sepuh KWA…nuhun
    Dan salam paseduluran buat anggota KWA smuanya
    salam pamuji rahayu

    Wassalam

  57. angon

    @satrio mataram…. sanes wateke satrio nek kalah sak durunge tanding…. hehehe
    akeh kancane kok… termasuk kulo… sebab kulo khawatir nek nduwe RDR malah dadi Ra nDuwe Rumongso…

  58. @mas angon, ya gt laa kdng sy sdr kdng sy amnesia wlpn maya di blog keluarga k.w.a inilah sy bnyk dpt wejangan bimbingan…tp ya gt la kdng amnesia lg sdh terlalu hangat di slimuti hawa nafsu mas….jd bnyk amnesianya lp lp klu sy mahkluk yg lemah…

  59. m khozin A

    @ki qobil …..wah boleh jg tu resepnya…besok di cb ah sapa tau bs awet muda…ha3,asik3

  60. Bengawan.Candhu

    @dewi sri…asswrwb…salam takzim…salam sih karahayon mbak ayuku….
    @satrio mataram…sedulurku yg sgt rendah hati dan berjiwa satria…asswrwb….salam sih katresnan….
    @qabiltuman…..asswrwb…mhn maaf,apbl pd hari ini ada sesuatu yg krg berkenan dr diri sy terhadap panjenengan…..
    @Mbah gondrong….sang megaloman dr bumi mina tani negeri syeikh jangkung saridinnya…asswrwb…salam kangen njih mbah….

  61. Dewi Sri

    Assalamu alaikum Wr.wb.

    Kepada sesepuh KWA dan semua Pini sepuh yg saya hormati, saya ada pikiran Goyang nih atas masalah Pikiran saya selama Ini…Tolong jawab siapapun jwbn hrs Proposiopnal dan tidak mengarah Pemojokan, serta Beribu2 maap atas segala Pertanyaan Gila saya ini…Salam silaturahim dan salam Sayang tuk semua sedulur,sahabat,dan sesepuh semua.

    PERTANYAANNYA:

    1. APAKAH MALAIKAT ITU LELAKI ATAU PEREMPUAN (GENDERNYA)..??

    2. APAKAH GUSTI ALLOH MENYEMBUNYIKAN GENDERNYA (LELAKI ATAU PEREMPUAN)..???

    Maap sy sdng Mengkaji Filsafat tsb Mohon pencerahannya…

    Matur suwun.

  62. Dewi Sri

    Iya nich Ki Bengawan Candhu di kasih tugasoleh Guruku MUMET…he3x

    salam takdzim juga..

  63. QOBILTUMAN

    karena pertanyaannya gila jawabnya harus gendeng klo MALAIKAT itu laki laki kalo KIKIFATMALA iitu cewek…maaf canda teh dewi habis blom pernah ketemu beliau

  64. Dewi Sri

    @qobiltuman Salam takdzim …iya nih saya Mumet dlm kajian Filsafat tersebut dan masih buntu jwbnnya ngambang nih…karena Guruku…???

  65. angon

    @dewi sri…. salam katresnan (eh salah…. salam hormat)
    Jika menggunakan kacamata bahasa Arab, malaikat sering diganti dengan dlomir muanats, ttp pada umumnya menggunakan kataganti orang ketiga jamak laki2 (hum).
    Allah juga selalu dilambangkan dengan kataganti orang ketiga tunggal laki2 (huwa). Lalu benarkah Allah bergender laki-laki?
    Di sinilah keterbatasan bahasa yg tdk bisa “momot” semua yg kita pikirkan dan rasakan….! Sayangnya, sering di antara kita hanya menggunakan pendekatan bahasa untuk mengupas persoalan pelik spt di atas….!

  66. Andri al zaburae

    Asssalamu alaikum……..wr
    wb
    sesepuhku semuanya….
    @ki qobiltuman
    @ki satrio mataram
    @ki samudra kehendak666
    @ki rajis
    @ki wujil
    @ki mkhozin a
    @ki bayu prakoso
    @ki Iroel Casteller
    @ pak noval
    @mase agung
    @sesepuhku yg lainnya…….
    Selamt malam salam
    persaudaraa.oh,iya sy mau
    tanya pada para sesepuh
    dan saudara2
    semua,amalan apakah ini
    namanya dan fungsinya.:
    Bismillahirrohmanirrohim
    YA ALLAH GUSTI KULO
    NYUWUN NGAPURO,DENE
    KULO RUMAOS
    LEPAT,KULO TRESNO ING
    PANJENENGAN,JALARAN
    PANJENENGAN TRESNO
    ING KULO,KULO SUMEREP
    PANJENENGAN NUNGKULI
    ING KULO MAWI KODRAT
    IRODAT
    PANJENENGAN.KULO
    SEMEREP,RUMAOS,NGERTOS,PANJENENGAN
    WONTEN ING KULO.MUGI
    DIPUN TEBIHAKEN
    KESUSAHAN,KULO
    NYUWUN DELANGGUNG
    KADOS PANJENANGAN
    PIKAJENGAKEN.
    Sblum dan ssdahnya sy
    ucapkan terima kasih buat
    para sesepuh dan bala
    wongalaus,salam.

  67. QOBILTUMAN

    KI angon monggo ki pun wedar MK ttg malaikat mugi saget dados marem nyi dewi S

  68. Bengawan.Candhu

    DAFTAR PESERTA ACARA KWA SEMARANG BULAN 18-19 DESEMBER 2010
    DI CANDI GEDONG SONGO – BANDUNGAN
    BAGI YG BERKENAN HADIR,SILAHKAN DI COPAS KEBAWAH.

    1. Pencari guru sejati semarang 088215003820
    2. Hijrah semarang 081228182273
    3. Laskar lung gading 085740011189
    4. Harsa 02470031795
    5. Bengawan.candhu 085216123458
    6. Prabowo Magelang 08562560237
    7. Khaerul umam (iroel casteller) Pati 081344811993
    8. Sabar Subur 08187886088356
    9. Ferry Wardana kwa mataram 081916031463
    10. Bhasudewo
    11. Puji wiyanto grobogan 08886503995
    12. Yoto wong kudus 085310408282
    13. Tirtha meganthara salatiga 085865037139
    14. Viki
    15.Wongedi 08985550822

  69. Dewi Sri

    Monggo di babar Ki Angon ..aku stress blom ada jawaban..

    Makasiih bnyak kajian Filsafatnya…

  70. mbahgondrongx

    @guse bengawan; semangat malam juga……kapan2 nk nongkrong nk alun2 kulo tak nyusul….sing penting ojo lali dibungkusno keris njih….
    @mbahe angon; wah nk kulo njih, mengko nk melu daftar RDR sing tak kuwatirke njih namung RA DOYAN ROKOK…..dak terus ra macem blas…. wong lanang ra rokok an……

  71. Bengawan.Candhu

    @dewi sri….mbak .mbak…pertanyaa n u itu aneh…klo malaikat itu katanya tdk laki2 tp tdk perempuan…berarti apa coba…ha5x…
    @ki angon…sesepuhku,manggalayuda gunung merapi….asswrwb…sugeng ndalu ki?…bgmn perkembangan trbaru di merapi….
    @m chozin a….asswrwb…mhn maaf njih,td sore smpt terputus….sy mbok diajari privat bhs sunda…lagi mo nyari guru ssh,aplg yg free…he5x…

  72. QOBILTUMAN

    ki Bengawan candu kenapa ki aku malah terima kasih dan udah tak komen di post sebelumnya ini aku copas

    QOBILTUMAN Says:
    2 November 2010 at 19:43

    waduh komentnya udah bnyk saya masuk lagi tadi ada saudara ipar yg sakit ke RS maaf @Ki Bengawan Candu Terima kasih atas wedarannya saya mengerti tadi jauh diatas kelihatan saya bermain sepihak dengan seolah2 membenarkan pihak satu dan mengingatkan pihak lain dan ki Bengawan C telah mengingatkan dan saya juga nyebut nickname person yaitu ki djibril (padahal bukan dia sendiri yang beda pendapat ada ki dead man ada ki Nico syah alam yang lbh frontal)yang secara tidak langsung kaya menjudge beliau tidak sabar dan mendahului kersaning Alloh untuk itu saya sadari dan maaf atas koment saya karena jauh dihati saya jadi bermain kurang cantik dan kurang luwes dan ki Bengawan C dengan mencontohkan beberapa hal mengingatkan bahwa klo punya sahabat klo salah ya dingatkan jangan justru main diiyakan ntar malah jlomprongke coro jowone ( krn bib blis lebih frontal kok msh dibela meski tdk langsung) saya sadari itu tapi klo masalah hati kadang keberpihakan itu ada semacam intuisi apa nurani atau yang kusebut olah rasa ya kok saya harus berpendapat begitu cuma outputnya jadi yang kukoment tadi tapi terima kasih paling tidak saya memang sedang belajar bisa berdiri di tengah-tengah istlahnya klo menang tanpa ngasorke nglurug tanpo bolo sekti tanpo aji-aji sugih tanpo dunyo dan istilah2 yang sama lainnya jadi saya ingin pilihan hidup seperti itu nuwun ki BC semoga .

    di postingan DOA BILA KETAKUTAN

  73. Dewi Sri

    @bengawan candhu: aneh..yg kasih pertanyaanyanya jg aneh….xixixi..jd pusing dg rahasia tsb…jd klo di runtun bnyk di sebutkan bidadari apakah ada malaikat yang se ganteng lebih dr Ganteng kyk Tom Cruise…hihihi

  74. Bengawan.Candhu

    @mbah gondrong x…injih mbah,dgn sng hati nnt kt mkn lesehan dan kongkow….eh,brp menit to alun2 itu krmh panjenengan…blm prnh merasakan teh mns drmh panjenengan lo mbah,siapa tau bs ikut mencicipi…
    @andri al zaburae….dgn sgenap pencarian dan cita2nya…asswrwb….

  75. wisnu

    assalamu’alaikum….
    Sugeng ndalu, salam ta’zim kagem sesepuh lan sederek sekalian ingkan kula tresnani. Kula tak mampir sekedap mawon, sampun ndalu…..

  76. Iroel Casteller

    @Ki Qobiltuman : Qobiltu Ki mugi2 ilmu Pertamaxxx nya bisa berhasil, ya minimal dapat Solar atau Premium dulu.. Amin. he..
    @mbah gondrong : ha.. ha.. juga ach, he.. matur nuwun.

    Sesepuh lan seduluh sedoyo kulo Pamit riyen, enten acara ingkang penting sanget inggih meniko Bobo’ ndalu, he.. sampun ngatuk sanget sesuk makaryo golek upo lan bondo kagem sangu ning alam ndoyo lan akherat.. nyuwun Pandongane.

    Wassalamualaikum..

  77. Bayan

    Assalamu alaikum sedoyo warga KWA, nderek nyimak ben ndang ngantuk.

  78. angon

    Bahasa tdk bisa lepas dari budaya native speakers-nya, demikian juga dg bhs Arab. Budaya Arab sangat jelas keberpihakannya kpd laki-laki, spt nampak dlam sejarah, mengingat peran laki2 yg sangat dominan di masyarakat Arab yg berbasis qabilah (sukuisme). Konflik antar suku menjadikan para lelaki berperan penting, sementara perempuan terpinggirkan.
    Dampaknya, jika Allah disimbolkan dg kosa kata muanats (feminin) tentu tdk sesuai dg karakter budaya Arab. Padahal bahasa sangat dibutuhkan untuk menjelaskan konsep ALLAH tersebut, meski harus tetap disadari akan keterbatasan fungsi bahasa tsb.
    Bahasa selalu ketinggalan beberapa langkah dari pikiran dan perasaan kita, ttp kita selalu membutuhkan bahasa untuk merajut gagasan dan menghidangkannya kpd orang lain.

  79. Andri al zaburae

    BC@salam kembali.
    Buat saudara semua,aku ga bisa nemenin lama lama nh,ada sesuatu dan lain hal,insya Allah esok kita jumpa lagi.pertanyaanku di jawab dunk….

  80. Bengawan.Candhu

    @qabiltuman…injih sy jg sdh bc,tp sy lbh enak lgsg ktm sama orgnya…jgn smp ini mnyebabkan pelebaran perselisihan,sy jg mengerti pss the nick name of iblis,tp sy berharap,jgn smp lah klo smp mendoakan org dgn kemudhorotannya…..sbtlnya apapuin yg dlakukan dmimbar ini sy persilahkn,ini mimbar bebas,tp sy harapkn,smua msh sewajarnya sj….mhn maaf njih….

  81. Bengawan.Candhu

    @ki angon…nderek nyadong berkah dan pencerahannya….salam takzim…
    @andri al zaburae…loh panjenengan tanya apa dan pd siapa?maaf,klo msl sama sy sy blm tau…. bs diulang…nuwun…

  82. wisnu

    @ki juru angon @ki bengawan candhu @ki qabiltuman…. Sesepuh kula ingkang kula tresnani, pripun pawartosanipun ki? Mugi panjenengan sedaya tansah pinaringan rahmat saking Gusti

  83. QOBILTUMAN

    @ki BC saya maklum dan mohon maaf emang yang diharapkan yang sewajarnya krena presepsi masing2 sedulur bisa berbeda2 menanggapinya nuwun ki BC

  84. angon

    @bengawan…. sama-sama kang. Merapi…? wah saya ndak bisa memprediksikannya….
    @wisnu… monggo mas…

  85. Satrio Mataram

    Om Bengawan Chandu…..salam hormat saya buat om BC…smoga rahmat dan karunia ALLAH selalu melimpah kepada Om BC sekeluarga …juga keselamatan selalu mengiringi langkah om BC..amin…

  86. angon

    @bc dan @qobiltuman….. anda berdua adalah contoh nyata dari “korban” keterbatasan bahasa….. ayo ngaku….!!!

  87. Dewi Sri

    @ki angon : terima kasih pencerahannya…yang saya tanya apakah ada dalil ttng gender Gusti alloh dan malaikat dan bukti2 lainnya scra enpiris..

    Mohon Pencerahnyya..

  88. Bengawan.Candhu

    @andri al zaburae…..
    sblm sy jwb pertanyaan panjenengan,panjenengan asli mana?
    Bismillahirrohmanirrohim
    YA ALLAH GUSTI KULO NYUWUN NGAPURO,DENE KULO RUMAOS LEPAT,
    yaa allah yaa tuhanku sy mhn ampun,apbl sy nyk salah/dosa
    KULO TRESNO ING PANJENENGAN,JALARAN PANJENENGAN TRESNO
    ING KULO,
    sy mencintai Engkau,krn Engkau mencintaiku
    KULO SUMEREP PANJENENGAN NUNGKULI ING KULO MAWI KODRAT
    IRODAT PANJENENGAN.
    sy melihat Engkau melindungiku dgn kodrat irodat Engkau
    KULO SEMEREP,RUMAOS,NGERTOS,PANJENENGAN WONTEN ING KULO.
    Sy melihat,merasakan,mengerti,Engkau ada di dlm jiwaku
    MUGI DIPUN TEBIHAKEN KESUSAHAN,KULO NYUWUN DELANGGUNG
    smg dijauhkan dr kesusahan,mohon “delanggung”
    KADOS PANJENANGAN PIKAJENGAKEN.
    spt yg engkau kehendaki/inginkan….(delanggung itu apa?)…sptnya ini doa u/keselamatan dan ketentraman lahir dan batin ooom…smg berkenan…salam takzim…

  89. Andri al zaburae

    Oh bertanya pada semua baik sesepuh ataw sdara2 kwa yg lain termasuk anda,gitu lho mas….
    Maaf ya aku off dulu ,esok insya Allah jumpa lagi.

  90. Bengawan.Candhu

    @ki angon…itu adalah lumrah,keterbatasa n stp org pst ada ki. tp klo sdh berkaitan mendoakan org laen spy celaka itu kan mnrt sy pribadi ya perlu dluruskan,aplg berkaitan dgn org byk ki….sy mmg msh perlu b yk bljr pd smua sdulur dsini ki…sy tak ndeprok sj kpd panjenengan…..

  91. angon

    @dewi sri…. dalil apapun tdk akan mampu menembus hakikat Gusti….., kita hanya bisa melihatNya melalui cermin yang terbabar di alam semesta dan dlam cermin hati kita…
    Itu semua sudah diprediksi Rasulullah saw: “Tafakkaru fi khalqillahi wala tafakkaru fi al-Khaliq, fainnakum la taqdiruna qadrahu”… monggo direnungkan

  92. Bengawan.Candhu

    DIMOHON KEHADIRANNYA UNTUK PERTEMUAN LANJUT KWA SEMARANG DAN SEKITARNYA MEMBAHAS ACARA DI GEDONG SONGO PADA HARI SABTU TGL 6 NOVEMBER 10 JAM21.00 WIB
    TEMPAT DI SEKRETARIAT KWA SEMARANG JL.ANJASMORO TENGAH NO.1
    ( PENGURUS DAN ANGGOTA KWA SEMARANG DAN SEKITARNYA)

  93. angon

    @bc… hehe… wis keliwat… sy bisa memahami kok…! emang ucapan ***s sdh keluar dari pakem… aja ndeprok… ayo ngadek parikesit…! wis titi wancine awakmu kudu jumeneng….

  94. Bayan

    Gender adalah sarana reproduksi. Makluq yang tidak bereproduksi sendiri tidak bergender. Hidup, waktu, nur, ruh juga makluq tpi bergenderkah? Terlalu naif mengklarifikasi gender Alloh sebab gender sendiri ciptaan Alloh

  95. Dewi Sri

    @ki angon :maap..Yang mereka tanyakan…TUHAN…karena jk menyebut nama TUHAN AGAMA TERTENTU nanti jadi rancu…dan terkotak ….bgt kata mereka ..dan pernah saya diskusikan di kajian FILSAFAT yang ku dapat dari komunitas pecinta filsafat Sufi.

    aku terperanjat ketika mereka menanyakan KENAPA TUHAN /MALAIKAT MENYEMBUNYIKAN JENIS KELAMIN NYA…aku binggung, antara kesel,marah.penasaran dan ndak karu karuan sampai sekarang bingung….TRUS SY TANYAKAN KE GURU SY NGK ADA JWBN HNYA IQRO maaf beribu ribu maaf jika kurang berkenan salam sayang dan damai ku untuk semuanya…mksh…pencerahnyya.

  96. Satrio Mataram

    Ki Angon…ki BC…dan para sedulur….saya mohon diri dulu…mata ini sdh nggak mau diajak kompromi lagi….wassalam ….

  97. Bengawan.Candhu

    @Ki angon…ndeprok sj ki….la ini lg nyimak panjenengan…dewi sri jg oom bayan…ini lagi ketap ketip soale…study kasus….

  98. angon

    @bayan… say setuju sekali dengan anda….!

  99. Bengawan.Candhu

    @satrio mataram…injih sumonggo,slmt beristirahat njih….

  100. arek ilank

    assalamualaikum @ll,,
    absen malam&ijin nyimak,,,,,,,

  101. angon

    @dewi sri…. sebntar lagi ki wongalus turun gelanggang.., utk ursan kayak gini beliu suhunya…, monggo nanti langsung ditanyakan aja sama beliau.
    Kalau saya hanya berkesimpulan “embuh ora weruh”…
    nuwun

  102. Bayan

    Padahal kita sebenarnya juga tidak bergender bila sudah lepas dari jasad fisik, akal budi, nafsu,

  103. Dewi Sri

    X bertanya: kalau tdk tahu/tdk tahu Gendernya Pada tahun berapakah Tuhan-mu dilahirkan?

    X bertanya : Kami mohon diberikan contoh yang lebih jelas dari kenyataan!

    Kalau anda tidak boleh mengetahui bagaimana zat tidak bergender maupun bentuk roh yang hanya sebuah makhluk, bagaimana tuan boleh memaksaku untuk mengutarakan bhw alloh tdk ber-Gender…mohon maap sy bingung!!

    Mohon maap..sy bingung..

  104. angon

    semoga kita tidak terjatuh pada pemikiran yg dikritik al-ghazali dalm tahafut al-falasifah, meski kemudian mendapat konter balik dari ibn rusyd dalam tahafut tahafut al-falasifah….

  105. Bengawan.Candhu

    @ki angon…@mbak dewi sri…@ki bayan…wah,ini dr td sy cuman kriyip2…

  106. Surga itu katanya tanahnya tawar (tanpa rasa) berarti tidak bisa dirasakan..

    Mungkin hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang tak punya rasa.. sampai rasapunya pun tak ada ?

  107. angon

    mohon dibedakan antara jenis kelamin dengan jender. jender lebih merupakan konstruk sosial berkaitan dg status dan peran individu dikaitkan dg jenis kelaminnya

  108. Dewi Sri

    maap ki angon :maksud sy jenis kelamin..mohon di ralat…terima kasih sdh menjawabnya..

  109. @ki BC…ki tolong amat sangat saya mbok carikan no.hp nipun ki camat krian donk…ato g
    ya ki wong alus…saya ingin sowan biar disini saya g ksepian…tolong ki…klu uda ada sms kan ke no.hp saya 085235445648

  110. @Dewi SRI

    PERTANYAANNYA:

    1. APAKAH MALAIKAT ITU LELAKI ATAU PEREMPUAN (GENDERNYA)..??

    2. APAKAH GUSTI ALLOH MENYEMBUNYIKAN GENDERNYA (LELAKI ATAU PEREMPUAN)..???

    Maap sy sdng Mengkaji Filsafat tsb Mohon pencerahannya…

    Matur suwun.

    @ Malaikat itu Af’al (perintah/urusan) yang ‘mungkin’ berbentuk makhluk. Bagi saya pribadi.. lelaki dan perempuan itu dimana sih? sebuah sel tak punya kelamin kan Mba? Lalu apakah malaikat terdiri atas sel? Dia adalah cahaya… Sorotan lampu saja… lihat wayang… mana yang ASLI? Wayangnya? Sorot lampunya atau Bayangannya? Atau IDE wayangnya?

    dengan dasar hal diatas… mungkin sperti HARUT-MARUT adalah Laki-laki menurut buku yg saya baca… Laki-laki dan perempuan sebenarnya adlah pada URUSAN REPRODUKSI MAKHLUK BERSEL BANYAK… apakah TUHAN BERSEL? APAKAH SEL Ber Gender?

    Jangankan ketingkatan RUH… pada tingkatan SEL saja… sulit membedakan Gendernya…

    ALLAH bila kaifa, tan kena kinaya ngapa… tak mirip dengan apapun dalam pikiran kita… atau SEMUA hanya ada dalam PIKIRAN TUHAN.. itu kalau TUHAN PUNYA PIKIRAN…

    Namun Tuhan Maha Kasih… untuk mengenalnya tak perlu bertemu langsung… nanti seperti MUSA.. pingsan…dan harus pingsan…

    Jadi buat apa pakai Filsafat kalau pakai MAPEL BIOLOGI anak SMP saja bisa terjawab…

    Maaf atas banyak kebinngunan di tulisan ini 🙂

  111. Bayan

    Dasar yang pokok gak akan sama pencipta dg yang diciptakan. Gender, waktu/tahun itu ciptaan. Saran saya berhubung otak itu ada batas kemampuanya janganlah digunakan untuk menilai yg bukan porsinya. Kecuali Alloh itu tampak bolehlah otak mengukurnya.

  112. dead man

    Awas smuanny tolong smuany kasih jalan,,, brad pit mau lewat.

  113. Bengawan.Candhu

    @melang sungsang…injih,cb nnt sy bnt,syukur2 kiwongalus berkenan,krn sy pribadi nmr ki camat krian blm pnya,tp klo bawahannya ki camat kriyan sy pnya…bawahannya…ki lurah candhu…he5x…@ki wongalus ini lo ki,ada sedulur yg ingin bertegur sapa d gn ki camat kriyan,beliau dari krin sidoarjo…nuwun…

  114. dead man

    @qobiltuman,,, udah om, si iblis gak ush dipikirin. Naga apiny tdk bsa mngalahkan pedang samudra ke8 puny om satria. 1 minggu kedepan gak akan ada gempa dikalimantan.

  115. Bayan

    Dasar yang pokok gak akan sama pencipta dg yang diciptakan. Gender, waktu/tahun itu ciptaan. Saran saya berhubung otak itu ada batas kemampuanya janganlah digunakan untuk menilai yg bukan porsinya. Kecuali Alloh itu tampak bolehlah otak mengukurnya. Saya mohon diri. Kang Bc, Dewi sri, guruiler slkn dilanjut. Wassalam

  116. ram

    numpang nyimak

  117. dead man

    Ngapain bhas yg trlalu bikin pusing. Tanya dlm hati sdhkah aku sholat? Sdhkah aku brzikir hari ini? Sdhkah aku bramal sholeh?

  118. dead man

    Klo sdh tau spa aku sendiri,,, trungkaplah spa itu sang gusti. Spakah aku,,,?? Akulah sejatiny diriku.

  119. dead man

    @bayan,,, stuja bro. Logikany ssuatu yg trbatas tdk dapat mngukur apa yg tdk trbatas. So it’s simple man, All right,,,

  120. Dewi Sri

    PERTANYAANNYA:

    1. APAKAH MALAIKAT ITU LELAKI ATAU PEREMPUAN (GENDERNYA)..??

    2. APAKAH GUSTI ALLOH MENYEMBUNYIKAN GENDERNYA (LELAKI ATAU PEREMPUAN)..???

    3. X bertanya: kalau tdk tahu/tdk tahu Gendernya Pada tahun berapakah Tuhan-mu dilahirkan?

    4. X bertanya : Kami mohon diberikan contoh yang lebih jelas dari kenyataan!

    Kalau anda tidak boleh mengetahui bagaimana zat tidak bergender maupun bentuk roh yang hanya sebuah makhluk, bagaimana tuan boleh memaksaku untuk mengutarakan bhw alloh tdk ber-Gender…mohon maap sy bingung!!

    5. Baiklah, sekarang saya akan menjawab pertanyaan anda,bertanya
    apa pekerjaan Allah tuhanmu sekarang?”

    Terima kasih jawaban sebesar2nya kpd Ki angon,Ki Guru Iler,Ki bayan sebetulnya itu adalah pertanyaan Calon Pendeta yang berdiskusi kpd saya, dan saya bertanya ke mana2 dan sampai ke Guru Saya cuman jwbnya Iqra…jd atas semua itu terima kasih pendapatnya, mudah2n sy tidak terjerumus kpd Pemahaman Dia..

    maaf beribu ribu maaf jika kurang berkenan salam sayang dan damai ku untuk semuanya…mksh…pencerahnyya. Mudah2n sy bisa Bertafakur

    Matur Suwun.

  121. @deadman, katanya itu pertanyaan TUGAS ? Mungkinkah Mahasiswi Filsafat? Gapapa khan cuma dibuat tambah pusing aja… hehehe

  122. angin liwat…”nogo langit mlaku ngetan ngidul”….abang2 nang pojok etan kidul…. Monggo dilanjut…tk ndlosor mawon nderek nyimak….

  123. @Dewi Sri, kalau mau diskusi filsafat mending ke FBku aja ICC COMPUTER heheh pisss sekalian konsultasi masalah komputer boleh ko heheh pisss 🙂

  124. wongedi

    mbk dewi sri@ gak usah cari jawaban nya,nanti bisa masuk rumah sakit jiwa lho… bisa dapat terapi setrum listrik,hiii ngeri.. serius nih.

  125. Dewi Sri

    @Guru iler @ Wongedi: Trimakaasih….bagi yang sdh memahammi inti persoalannya….yang belum memahammi jangan buru@ menghakimi apalagi mengunakan kata2 yang picisan …malulah karena kalimat anda cermin pribadi anda…silahkan marah…tapi tetap gunakan logika dan etika..salam ilmu dan maaf ku.

  126. dead man

    Hahaha tuhan juga punya genre lho,,, jngan salah! Makany kita disuruh bacalah dngn nama tuhanmu! Jadi kunciny ada di a***** h****.

  127. 5. Baiklah, sekarang saya akan menjawab pertanyaan anda,bertanya
    apa pekerjaan Allah tuhanmu sekarang?

    BERFIRMAN salah satunya “Pada hari selasa guruiler menjawab pertanyaan Dewi Sri di blblb bla bla bla …”

    Waktu…
    Waktu itu tidak ada Mbak… ruang+waktu dulu bersatu… sebesar kacang polong lalu BIG BANG .. Waktu ada karena ada jarak…
    ALLAH lebih “dekat” bukan dalam jarak, tapi dalam sifat..

    Allah tidak DIAM, Juga Tidak bergerak… hehehe ntar jadi panjang dech… lebih baik baca tentang sifat wajib yang 20 dulu… ada kitab kecil gundul yg saya pinjem dari kk saya waktu ngaji di Giren Tegal… mungkin bisa membantu..

  128. sapto

    sugeng ndalu, nderek nyimak

  129. Bengawan.Candhu

    @mbak dewi sri….oo..trnyata kearah sana to…coba panjenengan buka situs pakde nono,dsitu ada diskusi yg mgkn akan menjawab pertanyaan lintas agama….nuwun….

  130. Bengawan.Candhu

    @mbak dewi sri….situs “pakdhe nono”….

  131. Dewi Sri

    Makasih @ki Bengawan candhu salam takdzim sellalu..

  132. dead man

    Hahaha gruiler n wongedi dimarahin mbakku dewi sri.
    @gruiler,,, klo ruang n wktu bkn brsatu. Namun beriringan! Keduanya trpisah dari dahulu kala. Didalam ruang ada wktu,,, didalam wktu juga ada ruang,,,!! Klo sifat 20 justu adalh kesejatian dari gusti allah. Disitulah kesejatian zatNya.

  133. @deadman :
    Referensiku cuma Riwayat Sang Kalanya Stephen Hawking ko mas… Waktu=Jarak dibagi kecepatan…

  134. dead man

    Ya boleh sj cari referensi lain, tp mnurutq referensi itu ada di alquran, hadist, n akal. Wlw blm mmpelajari mendalam. Namun sang guru sejatiku menuntun diriku untk memahami sirr sejatiku sehingga menimbulkan rasa sejatiku. Spakah aku?? Akulah sejatinya diriku.

  135. Murid Balya Ibnu Malkan

    METODE BERSAHABAT DENGAN MALAIKAT JIBRIL ‘ALAIHISSALAM

    “AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa jibriil” 100x tiap ba’da solat maghrib.

    Hakikat dari salawat, salam, dan tabaruk adalah kalimat silaturrahmi yang dihubungkan oleh Allah antara yang mengucapkan dengan yang dituju. Ketika seseorang mengucapkan tiga ucapan permohonan itu, maka Allah akan mengembalikan ucapan doa/permohonan itu kepada yang mengucapkannya. Tentu saja sangat sulit dibayangkan bagaimana hakikat dan energi salawat, tasallim, dan tabaruk itu akan hadir, jika datangnya dari Allah Swt.

    Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk Malaikat Jibril As, insya Allah akan ditampakkan makna-makna dari ayat-ayat Allah yang brsifat Qowliyyah maupun kawniyyah, yang lahiriah maupun yang batiniah, yang di bumi maupun di langit, serta adanya kemudahan dalam mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Ketajaman potensi ilham tampak kuat dalam diri setiap hamba-Nya yang mempunyai hubungan erat dengan malakat ini.

  136. wongedi

    soalnya saya teringat dulu dengan pasien di rumah sakit jiwa,dan saya sendiri yang kasih terapi setrum. hehee.. cuma berbagi cerita aja,mohon maaf sebesar2nya kalo tidak berkenan,salam sayang selalu.

  137. Bengawan.Candhu

    @Murid Balya Ibnu Malkan…..salam paseduluran,salam sih katresnan….mhn ijin ikut mnyimak,wacana yg jarang dan ckp unik….trmksh atas sharenya…nuwun…

  138. Murid Balya Ibnu Malkan

    @Bengawan.Candhu…salam peseduluran juga Ki,monggo..saya cuman numpang lewat sebentar saja..nuwun..

  139. sambil menyimak, sambil servis printer, sambil belanja online… dapat semuanya dech… matur nuwun 4 all…

  140. dead man

    Sholawat adlh prmohonan kpd Allah swt agar mmberikan berkah n rahmat kpd nabi muhammad saw bsrta keluarga n para sahabatny. Apabila diucapkan sblm atau ssdah brdoa, mnjadikan doa sgera naik kelangit.
    Bersahabat dngan malaikat jibril??? Brsahabat dngn diri sndiri sj sulit! Apalagi brsahabat dngn malaikat?? Weleh,,,weleh,,,weleh,,,
    Yg gak paham dngn kata2 ane tolong jngan dimasuk2in aja atau dipaham2in atau dianalis2. Krna Efekny 50% bsa jadi edan. Xixixi

  141. mbahgondrongx

    masih niymak pengajian sambil menghisap 234 dalam2…..
    haaaahhh…!!! soyo suwe tambah bingung, ra faham blas, mungkin memang nasibnya orang bodho…..
    monggo dilanjut….
    @ki Murid Balya Ibnu Malkan; semangat malam….gimana kabarnya ki, kok jarang absen njih……

  142. sri…………..sri…………..gitu aja kok bingung…….habis dinuat bingung sendiri………….
    mau logis,,,,,,,,,,,,,,,,malaikat banyak toh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,pasti berkembang biak……………………………………..
    stiap ciptaan tuhan………..pasti berpasangan…………….

    tuhan memiliki RAHASIA DAN TUHAN TAK MAU DIDIKTE………….KARENA DIA PENCIPTA……….DIA…………..RAJA DARI SEGALA RAJA……….
    SRI TAHU GAK NIAT SIPENANYA //////////KEPADA//////////SRI ?
    SRI TAHU GAK NIAT SAYA MENJAWAB….PERTANYAAN SRI………
    SESAMA MANUSIA SAJA ADA YG TIDAK KITA KETAHUI…………..APALAGI UNTUK TUHAN……SANG PENCIPTA

    OKELAH KALO BEDITU
    FILSAFAT…..APASIH……………..?
    HURUP APASIH ?
    KATA APASIH ?
    KALIMAT APASIH ?
    BELAJAR JENDER ITU DARI BARU LAHIR SAMPAI S4 BELUM TENTU SELESAI………..KARENA YG BELAJAR ITU……….MAU AJA DIBODOHIN AMA DOSEN=DOSEN SEPERTI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,HEHEHEHEHE

  143. Assalamu ‘alaikum, para pinisepuh kwa semuanya serta sadulur kwa. Semangat tengah malam, mhn ijin ikut nyimak sambil duduk selonjoran di pojok kwa. Silahkan dilanjut…….

  144. mbahgondrongx

    @ki guruiler; numpang tanya njih sesepuhku…,komputer kulo nk pas pertama di uripke, langsung restart ,kulo cek sedoyo normal,mbokmenowo niku viruse,kinten2 jenis nopo, terus saat ini yg efektif ngangge anti virus nopo,…….

  145. Murid Balya Ibnu Malkan

    @mbahgondrongx…sering muncul mbah,tapi malih rupa…heheh..kabare apik-apik wae…monggo dilanjut mbah,,tak tinggal dulu ada keperluan ini..nuwun..

  146. gendero jowo

    ikut absen malam menjelang subuh

  147. numpang tanya njih sesepuhku…,komputer kulo nk pas pertama di uripke, langsung restart ,kulo cek sedoyo normal,mbokmenowo niku viruse,kinten2 jenis nopo, terus saat ini yg efektif ngangge anti virus nopo,……

    waduhh jadi ndak enak…

    1. bisa listrik… low votage..
    2. virus boot sector ada yang sampai membunuh hard disk.. (maaf info ada diFBku)
    3. Kipas prosesor lambat/panas lihat di Bios PC HEalth status…
    4. Memori mulai error, lepas pindah slot…
    5. Hard disk bad sector…. install ulang pindah partisi…
    6. Kotor kontak arus berkurang, lepasin semua bersihkan…

    maaf itu dulu…

  148. antivirus percuma kalu ga update.. paling ampuh jangan pakai wind*** pakai aja linux…

  149. SHOLAWAT JUGA SEBAGAI PELAKSANAAN DARI ANJURAN TUHAN KEPADA MNNNSIA//////////
    TUHAN KAGAK MAKSA AMA MALHLUKNYA
    CONTOH………….SRI MASUK KE KWA DIPAKSA NGGAK ?
    SRI MAU PERCAYA AMA TUHAN BOLEH….DAN KAGAK PERCAYA AMA TUHAN JUGA BOLEH……………MONGGO ? JWBNYA WOW NAYI MASUK NERAKA ITU KAN PEMAKSAAN !!!!…………LHA BERARTI SRI PERCAYA ADA SURGA AMA NERAKA DONG…………MIKIRLAGI……..AMPE BTUA PEYIOT……….LO MIKIR TERUS DAH……….RASAIN DEHLO………..KAGAK DPT JAWABAN,,,,,,,,,,,,,PASTI DPAET JAWABAN…………….BENTUKNYA INGKAR ATAU IMAN….HEHEHEHEHEEHEEHEHEHEHEHEHEHEHE

  150. Pemulung Sampah bin dekil

    Mulut Keluar spt teko yang keluar dr airnya, dimana keluarnya disitulah muaranya. kyok aku sih…mending Mulung sampah drpada mikirin Tuhan Mulut yg bau mulut…lebih karena tuhanku skrg Kardus2 bekas baru bs makan…hahahaaha.

    dsar..org sudah pada gendeng mencari2 tuhan padahal tuhanku Uang,jabatan, kehormatan…

    hahahaha…bodoh kamu berucap tanpa mengenal ilmu asal Cuap aja…
    Mending kaya saya Ngemis hidup Ngemis…!!!

  151. VIRUS III LLL EEE RRR

  152. MET DAH PEMULUNG YANG PUNYA TUHAN BANYAK…….HORE…HORE/…..
    SIMELEKETEK……..SEMPRULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
    EEEEEEEEEEEEE

  153. dead man

    @mbah darno,,, wkwkwkwkwk mantapz. Boleh nany gak om? Mana yg lbih hebat air atau api dari sudut pndang om? Berikut penjelasanny! Nuwun.

  154. Pemulung Sampah bin dekil

    Hahaahaha…Pemulung disapa njih..ngk malu bau Cuap..hahahah.

    Dasar Bodoh semua..hahahhahah..lhu gila hahahahhaha

    hayo jd pemulung jng gengsi hahhahahh…ngomong tuhan lapar nangis hahahha..

  155. mbahgondrongx

    @ ki guruiler; ma’af njih ki,kalo semua cek segi fisik sampun dilakukan, tapi masih mekaten,masalahe kemarin ada 2 komputer + 1 laptop dengan kasus yg sama,lha setelah di format total, baru normall….maturnuwun sanget njih…

  156. dead man

    @sampah,,, hahaha boleh bodoh asal jngn tolol. Pemulung bkanlah peminta2, smpah bknlah kotoran. Wktu n Proses yg menentukan pemulung n sampah akan jadi apa!! Dasar bui ditengah laut,,, dasar katak dlm tempurung,,, udang dibalik batu,,, jahanam n trkutuk.

  157. Pemulung Sampah bin dekil

    Hahahahha..Tuhan Darno..darno..darno…
    hayoi kut ngemis drpd pusing Darno….

    hayo..ngemis tp jngn nyolong hahhahah…
    lu pade bodoh semua …di suruh ngemis malah ngerampok rakyat Korupsi
    hahahah..jaminanku Tuhan Kardus,kresek.

    kpengen lihat tuhanku bgt dapat uang beli makanan itu tuhanku..hahahhah..

  158. dead man

    @mbah gondrong, coba instal dulu pc nya trus pake software smadav, ansav, panda, atau depfreez. Slamat mncoba smoga brhasil.
    @pemulung, hahaha awas om nanti disulap om darno lho! Jadi apa…. Prok prok prok prok.

  159. @Mbah gondrong.. maaf ga usah pnggil ki… ah malu apalgi pke bhs jowo kromo.. sy org tegal biasa ngoko ko…

    sama-sama matur nuwun

    yang lagi marak memang virus short cut… membuat banyak file hilang lalu muncul file palsu dengan extensi .lnk…

    diformat ulang kalau masih pakai windws suatu saat akan muncul masalah yang sama…mending pakai linux..free

    maaf buat ki wongalus ni jadi ngelantur ke komputer…
    mohon pamit malam ini… besok sdh harus mengajar dikelas …

    Nuwun…

  160. Pemulung Sampah bin dekil

    Hahahah..guru iler..awas jagan ngiler hahahhaha cari mangsa buat betulin komputer mneding ngemis…

    deadman jgn takut si darno..darno…krna sesamaku hahhaahah tukang sampah cuman gengsi hahhhahah..

    aku tdk takut lu tuhan semua tp takut gak makan…tuhanku..hahahahh,….

  161. mbahgondrongx

    @ki guru iler; matursuwun sanget njih ki, atas pembelajaranipun….
    @ki deadman; terimakasih banyak atas tipsnya…
    @ki Pemulung Sampah bin dekil , @ ki darno; semoga limpahan rohmat, kasih sayang,dan hidayahNYA GUSTI ALLOOH senantiasa tercurahkan pada panjenengan berdua dan juga kita semua……
    @sesepuhku semua; hamba mohon undur diri dulu,arep njungkir ndimek, nekmenowo iseh kaduman rohmatipun GUSTI.. (dalam nikmatnya setetes senyap)

    SEMANGAT 1/3 MALAM AKHIR……..

  162. gendero jowo

    maaf saya mau nanya nich mungkin ada yg mau jwb:ikan laut kok g pernah habis di mkn manusia sedangkan manusia kan banyak. la sumber ikan laut sendiri dr mn?

  163. gendero jowo

    ……….???????

  164. Xyz

    ?

  165. kiudeng_knhhb

    @malaikat punya gender …?@Tuhan sembunyikan gender …???…

    O, kau yang menghargai kebenaran, janganlah mencari kias; adanya Wujud yang tak terbandingkan ini tak memungkinkan kias. Karena tiada para nabi maupun para utusan dari langit memahami sezarrah terkecil pun; mereka semua bersujud sambil berkata, “Kami tak mengenal Tuan sebagaimana keadaan Tuan yang sebenarnya.”(Attar)

    Salam Rahayu semua sedulur, salam sih katresnan, nuwun

  166. Wong anyar

    Ass.selamat mlm ,sy orang baru tlng di scaning amalan ini atas bantuanya trima kasih…( INNA JAHARA HUJAHUNA LIKATABASARUM HUSSAJIN HUSSAJANI)

  167. Pemulung Sampah bin dekil

    hahah…hahahha…..semua ketularan Tuhan si darno…darno…..pdhal tukang sampah…

    hahha..jgnkan kt kias kata hadispun yg kelaparan itu tuhannya…hahhahaha..
    pade gila lho…mikirin tuhan..kyk si darno…dan mikirin tuhan..hahahahah..

    ingin lihat gender malaikat…perkosa tuh malaikat hahahah….
    kpengin lihat tuhan ajak berkencan hahahahah….hahahah…dasar bodoh…!!

  168. Mbh Dragon-Riyan

    jangan mendewa-dewakan pikiran atau akal, dan jangan mengutamakan akal dari pada iman, sebab jika demikian, suatu saat akal akan dituhankan. maka akan tersesatlah kita nanti. sbb akal kita tdk akan mampu untu menjelaskan dzatnya ALLAH SWT, akal atau pikiran kita sangatlah terbatas akan hal itu.

  169. Mbh Dragon-Riyan

    ALLAH dan malaikat itu tidaklah berjenis laki2 maupun perempuan,
    Malaikat diciptakan dari cahaya yg lembut, namun bukanlah seperti halnya cahaya2 yg ada didunia, tiada laki2, wanita maupun khungtsa. mereka tdk makan-minum-nikah-tidur maupun beranak. dan tidak mempunyai ibu/ayah. Malaikat semua tunduk atas perintah ALLAH, mereka senantiasa mensucikan nama Tuhannya, bertasbih, bertowaf.
    Maha Suci ALLAH dari penyerupaan makhluk-NYA {MUKHOLIFUN LILHAWAADITSI}dan wajib bagi kita membersikan ALLAH dari sifat2 kekurangan.dan PENTAJSIMAN terhadap ALLAH sangatlah dilarang oleh agama(4 MADZHAB, AHLUSUNNAH WALJAMAAH}.

  170. ari.hermana

    Ijin nyimak….. baru pulang kerja langsung ndeprok buka KWA.
    dilanjut Ki….

  171. Cungkring Cerbon

    @Mba’ Yu Dewi Sri_prtanyaan mba’ begitu indah dlm Qolbu namun laksana telur diujung tanduk jurg kesesatn….Jika prtanyaan trsebut utk renungan pribadi itulh haqikat jiwa yg sedg meradang krn rindu robbi,atau dlm majelis sufi juga mursyid yg sjati mk hak maqomnya.Mba’ jgn sama kan Tuhan dg makhuknya, saya yakin ditegaskn bahwa Malaikat/tuhan itu lakilaki ato prempuan atopun bkn 2nya..mba’ g akn menerimanya tetap membantah,krn dlm diri mba’ bkn jwbn yg dicari tp ketetapan iman diri mba’ sndiri….mk Iqro’ dan bismi robbukal ladzi kholaq…Jawaban ada di dlm hati mba’ skrg mba’ brtanya hanya mncari dalil pembenaran dr jawabn yg mba’ punya……tp akn ktemu saat Qt brjalan mba’…..nuwun lan mohon maaf klo sy terlalu lancang

  172. mas.rio

    Assalam’mualaikum wr wb ..hadiir…ijin nyimak…

  173. Wagiman wara wiri

    Ass…absen pagi

  174. sapto

    hadirr pagi, salam karaharjan semua.

  175. Satrio Mataram

    ass…

    absen pagi….mojok di lorong kampus yang masih sunyi….

  176. Bengawan.Candhu

    absen pagi rabu jam 0720…..ijin ndeprok,mnm teh anget mns….

  177. dead man

    Knock,,,knock,,, Knockin on heavens door,,,,,

  178. Bengawan.Candhu

    @deadman…..hr sptnya a lg pgn nyanyi lagunya guns n roses….november rain…..aduuh knp sedih skl hr ini…..bed of roses dr bon jovi….tuhan….

  179. calam poolooooossss…..aj !
    Hihiii…..iiiiiiii,geli ah….ci mbak tu ada aj, nanyatu kelamin wae.
    napa kagak toleh ci polos ni.Ni celangkah ci polos…tenan polos….kagak ada tu 2 duanya…Lagian mana mau tuh ditunjukin kelaminnya.Mbak aja tuh disuruh tutup kl dibuka aje dikerubung lalat ntar.
    Sebenarnya ni…..tuk apa tu kelamin…? apa tuk pamer aja ? Nah kl malaikat tu kagak napsuan…..tuk apa tu kelamin….hayo !?.
    Nak kl DIA nih kite pd yakin ESA,kagak ada nyang setara,kagak beanak pinak,…lah…..tuk apa pula tu ame DIA kelamin……..!?! Apa mau dielus elus doang tu depan malaikat.eh…salah maksudnye depan iblis..Soale malekat tu kagak ada napsu.mana ngerti tuhh dia.
    Ntar kl dipamerin tu ama iblis2 betina nyang napsuan mulu…….bisa2 jd banyak deh dia,bejuta gitu.parahnye kita2 bisa2 ngaku darang dagingnya lg.kan jd rancu.
    Lg ni…..manusia tu kl cuma adam….yah mah….kagak ada arti,kagak seru,msk godam diadu ama godam.Jg kl cuma hawa doang…..ribut dah…ngerumpi mulu….dah tu nagis ndiri…soalo..kl gatal kagak ada nyang garuk.Mosok jurang masuk jurang ya ttp aja kurang.
    Makanye ni…..tuk nyambung silatur…dibuat tuh kelamin.Nyang satu iso nyolek atune iso golek…haa..ha…
    Barudah klop.
    Kelamintulah tali silatur…….nyambung saling tuh….btuh.
    iii….dsr tuh ci polos !

  180. Mikokimo

    aslmlkm…
    absen pagi pak..

  181. sumulungjati

    Ass. Wr. Wb.
    Absen pagi, salam buat sesepuh dan saudara2ku semua, semoga hari ini hari baik buat kita semua. Amin…
    Wassalam..

  182. Absen pagi sambil nunggu langganan ojek…

  183. Wagiman wara wiri

    @0m bengawan chandu…@0m deadman… @0m satrio mataram…@0m2 KWA yg lg baca…salim,!

  184. yoyok supriyadi

    absen pagi
    monggo dilanjut kok menarik membahas gender ……………………

  185. Ass.Wr.Wb

    Absen Pagi, Mugi2 Diparingi Berkah Keselamatan ,panjang umur murah Rizqi ilmu serta umur yang bermafaat saking Allah SWT Teruntuk Sesepuh KWA, Bolo wong alus Seluruhnya , Sedulur2 KWA Seluruhnya Dan Salam Takzim Saya Buat Ki Wong Alus , Ki Bengawan Chandhu, Ki Dead Man, Ki Satrio Mataram, Seluruh Sedulur Di Kampus Wong Alus Yang Selalu Dirachmati Allah SWT.

  186. Masharis

    Oh… gitu to

  187. beni

    assalamualikum derek sinau kang

  188. yoyok supriyadi

    kok makin hari muncul komen yang tidak santun ya apa sudah tidak adalagi kesopanan diblok ini ……………….

  189. orang gila

    mbak sri, pertanyaan itu nemu dimana??
    mbak sri, allah itu tergantung prasangka hambaNYA kepdaNYA, apabila kalian menyangka allah itu dekat, maka allah itu dekat, tapi apabila allah itu jauh, maka allah itu jauh,
    bagiku allah itu dekat denganku, tapi jauh diarsynYA

    buat sesepuh dan sedulur kwa, salam perseduluran

  190. banyulumut

    sip….

  191. Satrio Mataram

    Salam hormat untuk
    pakdhe Wagiman…
    Om Yoyok supriyadi…
    Mas beni..
    Masharis…
    Mas Iwan Keling
    Mas Akik
    Mas Sumulungjati
    Om Dead Man…

    ijin mojok lagi….sambil nyimak…..monggo dilanjut….

  192. doni

    sory nih, id saya salah pake, kebiasaan nulis di blognya om eddy coret
    hehhehe

  193. ki maghrobi

    @dwi sri kalo setahu sy malaikat tu seperrti kita juga ada wanita dn pria kalo allah ya laisakamislihi syaiun wahuwassamiul alim

  194. doni

    setuju ki,setau saya, juga malaikat itu pria, dan bidadari itu wanita, mereka juga menikah dan punya anak kok??
    setuju kan ki magribi

  195. Satrio Mataram

    di blog KWA ini…tempat kita belajar:

    saling berbagi
    saling menghormati
    saling toleransi
    saling menghargai
    dst…(tentu hal yg positif dan berguna)

    semua itu untuk menjadikan kita orang yang sabar, jujur, nrima, iklhas dan berbudi pekerti luhur….monggo dilanjut…….

  196. Sableng

    Ikut nyimak, om polos kocak juga!? lanjut…

  197. Cungkring Cerbon

    Bahasa adalah cermin kepribadian dan ceemin kemampuan…..Jangan terlalu merunduk padi,jk sdh sgt mernduk akn dpanen….tp jgn terlalu tengada padi artinya belum brisi…….jd masi mendang ayo bagal buntung, gareng curis Qt jogregan nunggoni Bapa semar luru utang kanggo liwet nang mangGuru (btaraguru)………

  198. Alhamdulillah hamba yang awwam banyak disiram keilmuan yang luar biasa di KWA ini, terimakasih untuk seluruh sedulurku…….

    salam takdzim selalu dari AL-AWWAM

  199. Ci polos rada sedih ni….
    Kl ada tu omong celangkah n personalnya tu jorok/kotor.artinye kita ni tipiiiissssss gitu.Ataw bathin kit nyang kotor n jorok,abis diajak mojok mulu sih.
    Kl masih lu pikir itu semua jorok tapi ngaku kenal DIRI,lha siapa nyang lu coba booingin ?
    Kite ni tak lah ade kl personal2 tu tak ade.
    Amati tu……resapi………ambil hikmahnya…..baru tul lu kenal diri nyang hina barulah pula tu iso kenal DIRI nyang mulia.

  200. m khozin A

    @absen pagi..
    @ki satrio
    sy setuju sangat setuju skl sm itu pendapat @ki satrio..
    memang dl hdp hrs bgt ki,mau apalagi..! kt sbagai manusia di tuntut utk melakukan suatu hal yg baik2 dan kl bisa bermanfaat utk sesama umat dsb,apa dan utk apa sih kt hidup ini..!? marilah kt renungkan.!!swn

  201. doni

    polos lebay ah,
    omonganya selangkangan melulu,

  202. Cungkring Cerbon

    Kematian yg Datang Tiba-tiba bagi muslim adalah rahmat, sedang bagi orang kafir adalah siksaan…..Dawu Kanjeng Nabi

  203. Ga'Duwe'Ilmu (Mr.Di2c)

    test…..

  204. Ci polos rada sedih ni….
    Kl ada tu omong celangkah n personalnya tu jorok/kotor.artinye kita ni tipiiiissssss gitu.Ataw bathin kit nyang kotor n jorok,abis diajak mojok mulu sih.
    Kl masih lu pikir itu semua jorok tapi ngaku kenal DIRI,lha siapa nyang lu coba booingin ?
    Kite ni tak lah ade kl personal2 tu tak ade.
    Amati tu……resapi………ambil hikmahnya…..baru tul lu kenal diri nyang hina barulah pula tu iso kenal DIRI nyang mulia.
    Lu kate jorok tp lu intiiiiiiiipppppp aje.
    Ah…MUNA LO !

  205. doni

    siapa yang intip, intip2 itu ga seru…
    bikin bintitan saza.
    kurangilag mengenal dirimu, jika terlalu banyak mengenal dirimu, kau akan sadar, kalau dirimu tak jauh dari selangkangan

  206. absen pagi
    liat2 aja…

  207. Wagiman wara wiri

    @0m poloz pake bhz pa tuzh…

    @0m di2c pa kbr 0m..
    @0m satrio mataram m0nggo dilanjut…
    @0m cungkring cirebon…slm takzim..
    @0m2 smua…MANTAFFF…

    Jenis kelamin cm da dua,low gx laki ya wanita…
    Smg sy tdk trjth pd prasangka2 jumud krn kedangkalan ilmu sy…amin

  208. Cungkring Cerbon

    Bersiaplah mengubah sudut pandang anda sebagai muslim dan melakukan lompatan dalam hidup!….The secret for Muslim

  209. Presiden soeharto

    Daripada itu emangnya selakangan polos daripada itu kudisan, atau kena cacar air daripada itu maka tidak ditutupi.

  210. Dji8ril

    Isi apsen dulu.(slm hormat selalu buat sesepuh KWA)slm knl buat smua angota kluarga KWA.) Menyingkapi pr dr mbk Sri.?gmpng mah jwby..liat aj mlaikt berdasarkn nmy..contoh jibril brti laki..mika..il brti perempuan..gmpangkn(bercnda) ada2 jak pr mbk sri ni..

  211. yoyok

    biar tambah ruwet pertanyanya aku tambah deh……………
    SEJAK KAPAN ALLAH MENJADI TUHAN ?
    mohon orang2 hebat memberi jawaban !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  212. Bengawan.Candhu

    @bolowongalus….asswrwb….salam takzim…..insya allah pertanyaan mbak sri itu dlm dimensi diskusi lintas agama,itu adlh pertanyaan real dan bnr2trjd. Pertanyaan itu tdk dsusun oleh org yg asal bcr,tp itu sdh dpelajari dan sdh dsusun scr sistematis. Jd,bagi kt yg msh awam kmgknn malah akan mjd pro dan kontra,bhkn dikusi yg berkepanjangan. Cb buka diskusi di forum ”pak dhe nono”ato klo msl panjenengan pnya bukunya ”ahmad dedad”dialog beliau dgn lintas agama laen,bs membantu menjabarkn. Krn mmg pertanyaan ini sptnya mengarahkn kt ke suatu ”kerucut” kpd alibi dan argumen u/pembenaran pendapat ato keyakinan tsbt. Mari sama2dcari,sama2dlengkapi. Nuwun….

  213. PERHATIAN
    Untuk segenap PANITIA KWA JAKARTA untuk acara di JIC
    dimohon agar merundingkan acara Pembubaran Panitia

    tolong SMS ane 081806332879

  214. thanmust thepos

    Jangan HERAN dengan selangkangan. Kita diciptakan dari setetes air hina yang keluar dari antara tulang sulbi.

  215. sapto

    pertanyaan Tuhan laki atau perempuan hanyalah satu diantara setumpuk pertanyaan yang muncul. Itulah kelebihan manusia yang diberi akal sehingga seakan-akan mampu berpikir tanpa batas,seakan-akan mampu melakukan lintas yang spektakuler dari seorang makhluk menggambarkan khaliknya. Dalam pengerucutan perdebatanpun akhirnya akan menjadi 4 kelompok:
    1. ini TUHANKU
    2. ini TUHANMU
    3. ini TUHAN KITA
    4. ini TIDAK ADA TUHAN

    KITA MASUK KELOMPOK MANA?????
    Kita kembalikan ke hati nurani kita masing-masing.
    Semoga dengan adanya ruh ketuhanan yang ada di dalam setiap insan mampu memberikan jawaban atas keresahan hati, karena kebenaran hati nurani mewakili kebenaran yang hakiki.

  216. risang

    @dewi sri jawabanya mudah skali.Tp karena pertanyaanya gila sy pun akan menjawab Dengan khodam AJI EDAN.Sebentar sy keluarin Aji edanku dl

  217. doni

    @ yoyok says :biar tambah ruwet pertanyanya aku tambah deh……………
    SEJAK KAPAN ALLAH MENJADI TUHAN ?

    semenjak dia ada (nah sekarang saya yang tanya, sejak kapan tuhan itu ada), bahkan tuhan menciptakan dzatnya, menciptkan nama2nya, dan berkata tiada tuhan selain aq, tiada berawal dan tiada pula berakhir,
    dan asma allah itu juga ciptaan tuhan alam semesta, sebagai cara allah berkomunikasi dengan ciptaannya
    gitu mas,
    ngerti kan mas,
    pertanyaan anak tk kok ditanya ?? cari pertanyaan tuh yang tuhan saja ga bisa jawab, baru deh aq nyerah..
    hehehe

  218. risang

    INILAH JAWABAN AJI KHODAM EDANKU=SAYA AKAN BALIK BERTANYA KEPADA SIPENANYA GENDER TUHAN.PERTANYAANKU APAKAH KAMU PUNYA OTAK?DIMANAKAH OTAKMU?KALAU DIA MENUNJUK KEPALA.ITU BUKAN OTAK TP KEPALA.KALAU DIA MENGATAKAN OTAKNYA DIDALAM KEPALA.BOLEHKAH SAYA MEMBONGKAR KEPALANYA AGAR SAYA MELIHAT SECARA NYATA BENTUK OTAKNYA?KALAU DIA G BOLEH SAYA TIDAK YAKIN KALAU YG BERTANYA PUNYA OTAK.TIDAK ADA BUKTINYA.

  219. doni

    mas risang kejam banget sehhhh. masa sama wanita seperti itu ??

  220. Presiden soeharto

    Beginilah orang2 daripada itu sakti, mereka takkan mampu daripada itu menjawab pertanyaan sederhana.
    Sungguh daripada itu sangat naif daripada itu kelakuan daripada itu orang2 sakti daripada itu seperti di KWA ini.

  221. risang

    Maaf mas n mbk sy lg kerasukan aji khodam edan

  222. doni

    wah kacau, jurus khodam edan dipake beneran, cuma untuk menjawab pertanyaan itu

  223. @ mas presiden daripada suharto : sugeng daripada siang. gitu aja kok repot. bagaimana daripada reportase terbaru apa ada yang up date ? masih suka daripada ngupingkah?

  224. @ mas risang : sugeng siang. itu kan pertanyaan biasa mas, gak usah pakekhodam segala he..he.. 😀

  225. risang

    @mbk sri maaf ya mbk.Khodam edan hanya sekedar menjawab pertanyaan edan.Jawabnya ya dg ngedan

  226. Satrio Mataram

    absen siang..
    selamat siang dan salam hormat buat
    Om Risang…
    Om mas Agung
    dan para sedulur…..

  227. risang

    @mas agung hayo mau tanya jg blh mumpung khodam edan lg mendampingi.surga neraka ada g gt?

  228. doni

    gpp kok mas risang, saya yakin, mbak sri orangnya baik hati, dans abar, orang yang punya rdr kan harusnya sabar 😉

  229. Wagiman wara wiri

    @0m risang…hua hua hua.,,geli sy bc jwbn om.,,itu jwbn MUANTEP P000LLL.,,

    bkn kejam,,,tp menghujam keimanan… He he he

  230. risang

    @mas satrio insya alloh artikel permintaan mas akan sy tulis.

  231. Presiden soeharto

    Daripada itu ki risang mengeluarkan jurus daripada itu goyang edan daripada itu hampis sama dengan goyang ngebor daripada itu milik inul daratista.

  232. doni

    gpp kok,kami (khususnya saya)tau itu bukan kehendak diri mas risang yang sebenarnya. itu diluar kesadaran mas,
    saya yakin mas risang tak bermaksud demikian,
    sudah2 jangan buat mas risang tambah merasa bersalah,,

  233. risang

    @apakah hadis =barang siapa mengenal dirinya dia akan mengenal tuhanya hanya dianggap cm skedar kata2 filosofi tanpa bukti?Apa hanya skedar jadi kata2 yg wah tanpa mau mempraktekan mengenal diri?Otak kan bagian dr diri kita jg kan?Sebelum mengenal tuhan sbaiknya mengenal otak dl dg mengesampingkan refrensi dr manapu.Shg kita bs yakin

  234. doni

    bner mas, barang siapa yang mengenal dirinya, maka akan mengenal tuhannya.
    dan barang siapa tau diri, maka dia kan tau tuhannya
    sebaiknya (hanya saran) kalau ada yang bertanya makrifat .. jangan dijawab pake khodam tapi pake hati (hanya saran ya mas, bukan menasehati )

  235. Satrio Mataram

    terima kasih om Risang…akan saya tunggu dengan sabar….

  236. Pemulung Sampah bin dekil

    hahahahahahahh….

    semua lu pade pada bodoh memperdebatkan Tuhan!!
    jangan pake anologi murahan hahahahahah…
    lu pade pingin melihat Tuhanku kalau kentut Bau ngk..Berwarna Ngak…hahahahah
    Nah lu pade so pada tahu jwabnnya Tuhanku KENTUT !!!!

    Hidup Tuhan Kentut ..Hahhahahah…
    lu semua jgn Jadi Zindik pemikiran Dangkal hahaahha..
    hnya Pertanyaan Bgituan..ngk bs jwb…
    mknye aku jd Pemulung krna dulu mantan Pengabdi Tuhanlu Pade ..
    yang Sok Munafik….
    Contoh Merendah ingin dipuji…
    berpetuah ingin di hargai …Tuhan lu Mana..hahahahh..

    Sorry lu pade tersinggung omongan Pemulung..hahhahaha..
    krna Pemulung jrg Tersinggung dan Selalu jujur hahahahha…

    pissssssss….

  237. thanmust thepos

    mbok kalo coment itu dipikir dulu, ini pertanyaan dalam perspektif apa?
    wong lagi dapat tugas dari gurunya kok jawabnya malah pada memojokkan. katanya asih , asah dan asuh……..
    kalau pada memojokkan begitu lah dimana asihnya, dimana asahnya dan mana asuhnya?

  238. thanmust thepos

    tapi ada juga pemulung yang suka ngangkat jemuran orang

  239. Presiden soeharto

    Daripada itu tuhan kentut adalah daripada itu tuhan bau dan daripada itu tuhan tidak pernah mandi oleh karena daripada itu tuhan kotor daripada itu mengapa kita harus daripada itu jadi orang bersih dan suci ?
    Demikian daripada itu.

  240. doni

    pemulung ilmu rendahan kamu itu belajar dari siapa?? mau dikartakan makrifat, dengan dzikir ya allahu
    tuhan itu gaib, bukan kamu samakan dengan kentut, tuhan itu maha sabar, jadi berbuatlah sesukamu didunia. kelak telah disediakan allah untukmu hari pembalasan,
    dan aq telah pintakan kepada tuhanku, masukanlah kedalam neraka orang yang menyebut namaMU dalam hatinya, tapi berkata2 yang membuat orang lain kafir. menghilangkan iman orang lain, dengan ilmu yang KAU titipkan

    pikir dulu kalau ngomong, kalau mau debart soal tuhan dengan saya saja,
    sok makrifat kamu ini,

  241. Andri al zaburae

    izin menyimak,absen siang…
    Mas risang@
    pemulung@
    doni@
    thanmus t@
    dll.
    Selamat siang salam persaudaraan.

  242. Pemulung Sampah bin dekil

    hahahhaa..bgs good..good aku suka jwbmu polus drpd Si darno cecoro aku suka di hina dan di sapa hahahahah….

    pake otak klo jwbnya IQ ya IQ …islam ngk Bodoh agama Rasional…
    Bukan Murahan…hahahah…
    Islam agama Tauhid bukan Berhala….hahahah..

    aku suka jwbn jujur tp ngk commen menghujat Si Penanya ….
    haahhahh…
    siapalg yg mengina si Pemulung siap di hina…..hahahahah…

    sdh biasa hidupku di emperan sllu di hina…makanan sapan pagi hahahahh..

    hahahahaha..ha….ha,……

  243. thanmust thepos

    Jangan tersungging pemulung sampah bin dekil, saya hanya meng coment dari comment ini ( Sorry lu pade tersinggung omongan Pemulung..hahhahaha..
    krna Pemulung jrg Tersinggung dan Selalu jujur hahahahha…) Kata selalu itu yang sanya kurang sreg.
    makanya saya comment : tapi ada juga pemulung yang suka ngangkat jemuran orang.
    Salam ha………ha……..11X

  244. doni

    sudahlah pemulung, aq tau seberapa kefahamanmu tentang tuhan, salam buat pengayom di daerahmu, bilang saya mau debat tentang tuhan dengannya, daripada berdebad sama anak buah yang taunya cuma kulit terluar dari makrifat,

    buat apa kamu sholat kalau mengharapkan surga dan neraka, ilmu makrifat cetek tuh, dangkal ..
    taunya cuma itu saja..

  245. Presiden soeharto

    Daripada itu mengapa kita harus jadi orang bersih dan suci ? Padahal daripada itu tuhan kotor bau kentut.
    Demikian daripada itu.

  246. risang

    @mas doni dalam islam itu disuruh iqro.Si khodam edan menjawab dg iqro 1.Jd jwbnya msh sbatas alif ba ta tsa.Lha ntar kl si khodam edan menjawab dg fenomena gaib mana ada manusia yg pcy.Krn ruang lungkup kita manusia sbtas lahiriah.Sdngkan khodam edan tw gaib jg mas

  247. thanmust thepos

    Slamet siang juga dan salam paseduluran, katur adimas Andri al zaburae

  248. sapto

    a: mas tuhanmu laki atau perempuan
    b: tuhanku yang mana, nggak ada tuh tuhanku,lha manut sampeyan tuhan itu berapa tho?
    a: lho kok malah balik tanya, tuhan itu ya satu, esa
    b: makanya mas kalo tuhan itu esa, tidak ada tuhanku dan tuhanmu, yang ada tuhan KITA, lha tak balik tanya, apa tuhan kita itu laki atau perempuan?
    a: lha embuh lah mas

  249. wongedi

    hmmm om daripada itu iblis kok ga hadir..

  250. Pemulung Sampah bin dekil

    hahahah..good..good….sip…pemulung dihujat hahahah…

    tandanya pemulung jd artis celebrty….hahahahh…

    lu pade kpengen tahu kelamin tuhan..?????????
    jwb kelaminku bencong,wadam,lelaki,apa lesbi hahahahhah…..

    aku suka AC/DC…

    Sorry lu pade jgn menganggap aku senewen…..
    diperhatikan jwn Mbk Sri…pada ngawur Logika IQ jongklok Ngersesssss…

    mk aku jawab gila dg IQ jongklok…hahahahh….
    si gila pemulung dijwb….lu pade jd ketularan Gila hahahahha…

    hahahah..ha…goblok diriku…org dila sptku dijwb mana yg gila hahahahh…

  251. Wagiman wara wiri

    Ass…
    Numpang isi absen.,,

    silahkan dilanjut,,,

    maaf dah ganggu,,,,wk wk wk

  252. ealah… ini kok malah pada ngributin yang daripada begituan…( sori mas presiden ikut latahnya 😀 )
    @ mas presiden : masih suka nguping bin ngintip gak?

  253. @ paklik wagiman : ojo wira wiri wae, sini duduk mojok liat yang lagi ngajar 😀

  254. doni

    mas risang kita diberi allah pikiran untuk membaca alam, melihat kemaha anNYA. gaib allah dan gaib khodam itu beda,
    allah bisa melihat jin, tapi jin tidak dapat melihat allah,
    allah itu satu tiada tuhan selain dia.
    pemulung, kalau mau hina allah lihat2 dulu donk, kamu itu dimana, kalau dalam kumpulanmu. kumpulan orang sok kenal sok dekat dengan Tuhan baru bolehlah,
    sebaik2nya sholat ialah dzikir/mengingat, tapi INGAT sebaik2nya dzikir adalah saat sholat.

    diatas syariat ada hakikat dan diatas hakikat ada makrifat, dan taukah kamu wahai pemulung, sebaik2nya makrifat itu adalah melakuakn syariat..

    jadi janganlah membingungkan orang lain dengan makrifat cetek bin dangkal seperti itu disini,

    barang siapa yang mencintai allah, pasti dia tidak akan emmbiarkan orang lain menghina tuhannya didepan dirinya,
    selemah2 iman manusia adalah. apabila dia melihat kezhaliman dia berdoa didalam hatinya..

    taqwa?? qalam?? lafadz??
    huahahahahahahahahahahahahah

  255. Absen awan… gayeng..spaneng..tapi seneng…
    ngadem karo rengeng2….

  256. pulang ngjek leyeh2 karo ngombe es kopyor..koyo sirahku sing lagi kopyor..
    muga2 otakku gak melok kopyor…

  257. nyemak baen.. arep coment yo rung gaduk kuping..ugung iso nyambung…nimbrung ae ah…

  258. monggo2 di lanjut si kopyor mau mojok aja..

  259. nikmatnya YA ALLAH rezeki sedikit yg kau berikan…
    es kopyor segerrrrr…

  260. Weleh..weleh..Judulnya SETETES SENYAP Dari Mas Kumitir, Ko Ga SEtetes lagi ko Ga Senyap Lagi Rame – Rame PARA PENCARI TUHAN
    “Qulhuu Allahuahad” Ngapunten Kang Mas Kumitir, Monggo Kang Sepuh Dilanjut aken. Nitip Absen Siang Njih

  261. risang

    @mas doni he..he..Kata khodam edan bgni:menulislah komen yg mudah ditangkap n dipahami semua org.Kalau kamu asal nulis bukan pd tempatnya yg malah membuat org bingung awas lo entar kupotong lidah n kemaluanmu.Jd sy ya manut katanya dia mas sy takut dpotong lidahnya.Biasanya sy g punya khodam mas.Tp hr ini ada khodam edan ketempatku mengungsi dr gunung merapi.He..He.Enak bercanda aj ya mas

  262. mas.rio

    @segala sesuatu ALLAH SWT yang mengatur termasuk coment para sedulur semua disini..BAGI SAYA HIDUP UNTUK BERPIKIR…

  263. Presiden soeharto

    Daripada itu kenapa kalian tidak menjawab daripada itu pertanyaan pendeta daripada itu dewi sri daripada itu dengan jawaban :
    HUAHAAAAA……
    Daripada itu artinya adalah :
    Hu adalah Allohu…hu…hu….
    Ahaaaa… Adalah Ahad atau satu atau tunggal atau ada.
    Demikian daripada itu.

  264. Wagiman wara wiri

    @mas agung: iya 0m,geser 0m tak njagong ro mlongo ndelok mata kuliah…he he he

    @mas akik: mbok es kopyore di tawakne ro 0m2 leng lg kringeten…he he he

  265. doni

    iyalah mas, saya ngerti, cara anda itu adalah cara paling mudah di mengerti oleh orang lain, tapi liat mbak sri itu siapa??
    dia banyak ngerti kok tentang makrifat
    hehhhe..
    dia bertanya karena ??
    karena apa mbak sri??
    😀 😀 😀

    udah off dulu, lapar makan dulu

  266. Pemulung Sampah bin dekil

    lu pade semua menginatakan mantan Sufi Gila hahahah……gara2 di pecat iblis hahahha….

    ‘MANAKALA MERASA SI GILA PEMULUNG SAMPAH AKAN TAJALI DZAT BERARTI DIA LENYAP DALAM LAUTAN AHADIAH WUJUD ALLOH YANG MUTLAK YANG LAISA KAMISTLIHI SYAIUN….hahahahahah….

    MAN ARAFALLAHA KALLA LISANAHU….HAHAHAHAH…
    siapa yang mengenal Alloh kelulah lidahnya…..

    Baru ngenalsudah kelu…..apalagi jd kekasih lu pade,,hahahahh…
    goblok se tingkat Syekh abd.qodir jaelani qs.. Dihujat karena Pikiran Goblok oleh 100 ulama terkemuka hahahahh….

    apalagi lu pade semua bkn Wali Qutub…..jwbn mbk sri kyk ngk pernah sekolah ngawur hnya beberapa org yg cendikia , belajar Kesufian dulu…baru jwb hahhaahhhah….
    pemulung di di DO gara2 bnyk mulungin Janda ….hahahah…

    HAHAHAHAHH…GAK..GAK..GAK…HAAHHA…

  267. risang

    Pamit dulu mas2 semua si khodam edan mengajak pergi unt MENGAKUI dan meninggalkan MENGAKU. Huruf i nya ditinggal dipintu rumah rekso muko

  268. ngesty

    absent siang…..
    salam rahayu kagem poro sesepuh dan sedulur2 semua yang ada disini……
    klo mnurut saya yg bodho ini.
    tingkat wawasan tiap orang itu beda dan juga tingkatan ilmu setiap orang juga tidak sama,menurut saya poro sedulur dan poro sesepuh tntunya menjawab pertanyaan tsbut sesuai dengan tinkat wawasan dan ilmunya masing2 dan jawaban itu tidak semua salah dan menuju kebenaran Insya Allah…
    ada kata2 yang saya kutip dari sesepuh kita Abah raffi yg saya juga sangat mempercayai itu bahwa ” ilmu Allah itu sangat lah luas “jadi pemahaman setiap orang pasti lah berbeda…..
    maaf kan saya yang bodoh ini jikalau ada salah kata2…
    sebenarnya kebenaran itu mutlak milik Allah SWT.

  269. @ mas akik, paklik wagiman : udah sini aja, aku kangen ngrungokne mas iblis…… ayo masss… mumpung ono mas risang juga. eee, mas doni malah pergi ….. 😦

  270. Presiden soeharto

    Daripada itu kenapa lidahnya di kelu , daripada itu emangnya sariawan, daripada itu minum obat, daripada itu nanti sembuh.
    Daripada itu kalo lidah sudah terkelu daripada itu tanda-tanda orang akan mati daripada itu ketemu sama tuhan daripada itu lha wong orangnya mati.
    Demikian daripada itu.

  271. doni

    ilmu cetek belum kabur juga,
    kamu ini murid atau guru sih,
    kalau murid suruh guru kamu berdebad sama saya.
    barang siapa mengenal tuhannya dia pasti merindukannya, barang siapa merindukankannya, dia pasti mengatakan kemahanya kepada semua ciptaanya,
    lah anda ini yang mana??
    ilmu rendahan jangan dipake mas disini,

    kalau anda benar2 mengenal tuhan anda tidak akn mengatakan seperti itu disini,
    taukah mas pemulung kenapa syeikh siti jenar dibunuh, karena dia menceritakan rahasia allah kepada yang bukan ahlinya,
    taukah mas, kenapa nabi isa diangkat ke langit, karena mengatakan tuhan adalah bapak,
    secara logika jika tuhan bapak, maka tuhan itu pria??
    dan bagaimana kalau nabi ibrahiom mengtakan tuhan itu adalah kesayanganku, jadi tuhan itu wanita,
    jadi bagaimana denganku, yang mengatakan tuhan itu adalah cintaku??
    apakah dia seorang gadis??

    goblok jangan dipelihara…

  272. @ mas ngesty : sugeng siang mas, monggo mojok mriki, masih muat kok tempatnya. tapi maaf, banyak bekas abu rokok dari merapi 😀

  273. Wong anyar

    Met siang sedulur sy orang baru, saya mau share doa raja segala hajat,dan mhn masukan/scan para dulur-dulur @ INNA JAHARA HUJAHUNA LIKATABASARUM LAKATABAN HUSSAJIN HUSSAJANI@

  274. Pemulung Sampah bin dekil

    HAHHAHA…HA..GOOD…GOOD….HA….HA…

    Gue Tangtang Lu…. Dewi Sri Debat bukan kpd cecurut hahahah…hha..ha…

    Pemulung tahu mana yang manuggaling Kaula Gusti Beneran dan Cuap…..ha..ha..

    Lebih baik jd Pemulung bukan Sufi hahahahha….

    Boleh juga Artikel Dewi Sri ttng Kesufian….hahahah…ha…
    tp Sedikit sekali pemahaman ttng Afalnya….hahahhah…
    apalgi lu pade…hahhah..ha..jonglok……

    Org goblok dijwb hahahahah..ha..ha…

  275. sirat agustin

    @ wong alus
    @ kang mas risang
    @ bengawan candhu
    @ was akik
    sesepuh ugi inisepuh K.W.A
    rahayu
    monggo kalajen kulo nunut nguyu ning mboten ngantos kados kang mas pemulung. ha…ha…ha…

  276. Iblis

    Huahaaaa….
    Pemulung gimana kalo ente ama aku aja.
    Huahaaaa….
    Ntar wasit nya mas akik, mas akik kan orang toriqoh, dia pake do’a yaa syufae husa, yaa syufae maimun, syam ‘un.
    Huahaaaa….

  277. thanmust thepos

    capek dech………

  278. Pemulung Sampah bin dekil

    hahahah..ha..iblis neraka dateng juga..hahahhah..

    dewi sri kabur hahahah…ha…
    Untungnya aku suka perempuan hahahha…ha…ha.hahh.

    dibalik sir ada rahasia dibalik rahasiaad hahahhah..ha…ada pemulung…

    hhhaa…pulang ah…salam buat dewi Sri cup.ahahhahh…hahha..ha…cantik juga photonya aplgi Ki Sukma hahahah..aku selera…dg wanita cantik..hahahh…

    bukan lu pade..hahahah…maappemulung hadir ….bagi wanita idaman Pemulung hahahhah…

    pisssssssss…..pemulung mau makan nasi basi dulu..hahahahh…

  279. GAMELAN

    TERNYATA BANYAK YANG LAGI NARI TOPENG……..NONTON AHHHHHHH….

  280. Iblis

    Huahaaaa….
    Aku ada lue kabur, ayo pemulung ntar lue aku giring ke neraka jahannam, enak disana makan tuhan kentut dan malaikat septi tank.
    Huahaaaa….

  281. DUPO

    …………………………………………………..?

  282. Waaaa ….akhirnya mas iblis keluar juga. gak percuma aku titip salam ama mas daripada presiden ……..

  283. @ pakdhe thepos : kalo capek sini mojok aja, aku barusan panggil tukang refleksi…. ben maknyussss…….. sambil klepas-klepus 234 – nya mas akik 😀

  284. murid sesaat

    asyik deh…..ada tontonan…….

  285. Iblis

    Huahaaaa….
    Om polos, ape selakangannye masih kudisan.
    Huahaaaa….
    Ato punting payudaramu masih bengkak.
    Huahaaaa…..

  286. thanmust thepos

    Iya mas agung, mau tidur dulu ajah, capek.

  287. Cungkring Cerbon

    Saat pembelajaran halus dsimpangkn dg ego (paling) dan amarah……Gareng Bagalbuntung Duwala Curis Bagong,Bapa semar balik durung…..weteng blending durung ana isi,wes podo mlilit…..Moga kabeh gawa sega (hikmah)…..

  288. m khozin A

    ada apa sih ko heboh buanget..?

  289. star night

    NUMPANG LEWAT SEDULUR SEMUA SAYA BINGUNG MAU KOMENTAR APA?? MANUSIA OTAKNYA TIDAK SAMPAI UNTUK MENGUAK RAHASIA ILLAHI KECUALI YANG DAPAT HIDAYAH DARI SANG PENCIPTA ALLAH SWT

  290. Nyimak+nyimak+nyimak+nyimak+nyimak+nyimak

  291. sesaat

    test 🙂

  292. Iblis

    Huahaaaa….
    “YAA NAZAA KAGHOFAQO JAZAA JAZASYAKA BATATSA”
    Huahaaaa….

  293. @all : gpp… perbedaan adalah rahmat…:)

    maaf saya malah pernah bertemu langsung dengan londo atheis yang pertanyaannya macam-macam… justru tdk saya giring kemasalah pelik di agama dan maaf saya justru sering pakai dalil dari pemikiran dia… saya ajak berdiskusi yang wajar-wajar saja… namun saling mengisi… saya percaya… setiap makhluk apapun itu membawa manfaat apapun (pesan) dari YME…

    sekaligus melatih kesabaran…

    masalah hasil itu urusan YME,…

    Salam sih katresnan Rahayu-rahayu

  294. waduh opo meneh kuwi mas iblis? 😦

  295. assalammualaikum

  296. tiangbungkuk

    wong medan kemana aja selama ini, hapenya gak pernah aktif, KWA medan kemaren ada acara..sampean ntah kemana….

  297. @iblis,waduh om RDR Neraka nggih?

  298. Harsa

    DIMOHON KEHADIRANNYA UNTUK PERTEMUAN LANJUT MEMBAHAS ACARA DI GEDONG SONGO PADA HARI SABTU TGL 6 NOVEMBER 10
    TEMPAT DI SEKRETARIAT KWA SEMARANG JL.ANJASMORO TENGAH NO.1
    ( PENGURUS DAN ANGGOTA KWA SEMARANG DAN SEKITARNYA)

    DAFTAR PESERTA ACARA KWA SEMARANG BULAN 18-19 DESEMBER 2010
    DI CANDI GEDONG SONGO – BANDUNGAN
    BAGI YG BERKENAN HADIR,SILAHKAN DI COPAS KEBAWAH
    (Untuk Koordinasi selanjutnya…)

    1. Pencari guru sejati semarang 088215003820
    2. Hijrah semarang 081228182273
    3. Laskar lung gading 085740011189
    4. Harsa 02470031795
    5. Bengawan.candhu 085216123458
    6. Prabowo Magelang 08562560237
    7. Khaerul umam (iroel casteller) Pati 081344811993
    8. Sabar Subur 08187886088356
    9. Ferry Wardana kwa mataram 081916031463
    10. Bhasudewo
    11. Puji wiyanto grobogan 08886503995
    12. Yoto wong kudus 085310408282
    13. Tirtha meganthara salatiga 085865037139
    14. Viki
    15.Wongedi edinug@rocketmail.com
    16.Ojibuaku

  299. WUJIL

    YAA NAZAA KAGHOFAQO JAZAA JAZASYAKA BATATSA

    @om Iblis……..doa apakah ini om,please di babar dunx xixixixixi……

  300. adim

    =====+++++=== ALL====+++++=====—————-
    . —————
    ——-
    Rupanya disini sudah banyak yang se level Uwais Al Qoroni …
    monggo dilanjut

  301. jefri

    nyimak

  302. dayan...

    WADUH…BEUKI PUSING AJA…
    YA UDAH..KALO MANG PADA BERANI…KOPI DARAT ..SANA
    N TRUS AYO MOU PADA RIBUT..LANGSUNG AJA….
    BIKIN RIWEUH YANG LAEN….HYO..HAYOOOO

  303. wong fei hung

    yang mengira tuhan sebagai sosok laki-laki, maka tuhanya berbeda dengan Tuhanku
    yang mengira tuhan sbg sosok perempuan, maka tuhanya berbeda dengan Tuhanku
    karena Tuhanku tak bisa dipersepsikan oleh akal

    TAN KENA KINAYA APA…….

  304. Laillahaillalloh…

    laruting roso, koyo dene bathin kang lebur daning segoro..

    Dzatulloh…

    wujuding sukmo jati kang agung…
    manunggaling cipto roso…

    witing tresno jalaran soko kulino
    fainna insyaalloh….

  305. Mushafir hidup

    Bismillah..

  306. Kadosipun bab2engkang smpun kababar dene poro wasis wntn nginggil amrih engkang nglampai kawistingal pakarti pnko…olah pikir nopo manah .mugi dpun watesi bab2 lungit /sir. Awit bab puniko nedahaken wujud etika/tawadluk kito dumateng GUSTI.nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: