HAKIKAT TITIK HURUF BA (ب)


Halang kait
halangkait23@gmail.com

Sy yg bdoh ini,cb mengupas sangat sedikit dari huruf alif allah dalam kalimat بســـم الله الرحمن الرحيم di awali dengan titik huruf ب bermakna noktah/ titik air mani/ adam/ nur muhammad/ awal kehidupan & benda. Setiap Titik bisa dibentuk menjadi huruf/angka apa saja di dunia ini. Sama dg setitik mani{maaf}/ sebutir telur yg mengawali kehidupan didunia ini bs berbentuk apa saja.Begitu jg dg Allah yg mengawali penciptaan jagat raya dg titik BIGBANG/dalam istilah sufi disebut NUR MUHAMMAD.

Karena titik, maka huruf ب jadi hidup & dpt dkenal dg hrf ba’ tdk menjd huruf NUN. Dibalik hrf ba’ ada huruf alif yg bersembunyi menjadi bayangan huruf Ba. Disebabkan huruf ba’ zahir/hidup, krn seharusnya kalimat basmallah adalah بإســـم الله = BI ISMILLAH. Huruf ب bertemu س, maka alif diwashal menjadi bersembunyi.

Hakikat huruf ba’ yg bersemayam didalamnya adalah hrf ا /1/ahad/esa/الله yg mengatur perjalanan hidup huruf ba’. Dalam perjalanan ب bertemu huruf س yg digitnya turun naik melambangkan garis kehidupan. yang bermakna kadang di atas kadang dibawah. kadang senang kadang susah. kadang sabar kadang syukur. @@@

75 thoughts on “HAKIKAT TITIK HURUF BA (ب)

  1. Setelah hrfس,bertmu dg garis yg panjang.Bermakna liku2 kehidupan ba berlaku ckp lama.Kemudian bertm hrf mimatau hrf melambangkn maut.krn hrf mim berlubang ditengah menandakan lubang kubur,jg ujung gris hrf mim mengarah kebwh/bumi.
    Kmudian bertmu hrf ا /الله.yg melambangkn setelah mti,bru bisa bertemu allah dg sebenar2nya.Tdk dg perasaan&sangka lg.
    Kemudian terakhir bertemu dg kalimat الرحمن الرحيم yg bermakna stlh bertmu allah,mk akan berlaku hukumnya yg sebenar2nya.Apakah dihukum allah dg sifatnya الرحمن{siksa/neraka},atau dg sifatNYA الرحيم{nikmat/surga}.
    Dmekhanlah yg bsa sy jelaskn.Klu ad kekurangan/kesalahan.Mohon @all sesepuh&sedulur memperbaiki/meluruskan tulisan sy ini.

  2. Salam hormat salam ta’zim katur ki halang kait ,mohon pencerahanya;

    saya pernah diajar baik dalam mimpi atau suara saja ;

    beliau menjelaskan kalimah BISMILLAH

    BISMILLAH=BA’ SIN MIM ALIF………..ALIF=ALLAH…..DAN BISMILLAH DIJELASKAN DG DIBAGI TIGA BAGIAN

    dan pernah saya tanyakan apa rahasia titik ba’ ……..beliau menjawab rahasia diatas rahasia titik ba’ ……adalah alif ala alif>>>>>>>>dan saya tanya kembali apa maksud alif ‘ala alif …….beliau tersenyum dan menjawab itu tugasmu untuk mencarinya…………….

    lalu saya fikir2 terus saya cari2 dengan riyadhoh alhamdulillah sampai saat ini saya belum mengenalnya apa maksud dari ALIF ‘ALA ALIF

    @dan yang mau saya tanyakan kepada ki halang kait apa yaitu
    apa pengertian dan maksud dari ALIF ‘ALA ALIF……DAN apakah benar kalau menurut ki halang kait ………ALIF ‘ALA ALIF…….adalah rahasia diatas rahasia disebalik titik ba’………..?

    mohon dengan sangat mohon pencerahanya dumateng ki halang kait

    maturnuwun

    @dumateng ki halang kait …………. al-fatihah………sent

    sugeng rahayu kerahayon

  3. Nuwun sewu…
    Kalimat Allah merupakan pintu menuju kepada Wujud-Nya. Kalimat Allah terdiri dari huruf alif sebagai pintu ketauhidan-Nya, huruf lam yang terdiri tiga huruf lam sebagai pintu ke-lathif-an/kelembutan-Nya yang tidak disentuh oleh makhluk, serta huruf Ha sebagai pintu kegaiban-Nya. Begitu seorang hamba telah berhasil melakukan pelatihan membaca bersama dengan-Nya, maka cahaya wujud itu akan eksis dalam diri, sehingga transparanlah hakikat dari penciptaan itu, yaitu penciptaan diri dari segumpal daging dan penciptaan alam semesta raya. Tampaklah kemuliaan, kesempurnaan, keindahan, keagungan, dan keperkasaan Allah Swt.

  4. @ki murid balya bin malkan.Terima kasih atas tambahan masukannya.Dan jg salam kenal dr sy sesama penduduk pulau kalimantan

  5. @sdr sugeng rahayu.seluruh manusia,jin&malaikat,hanya dibri seti2s dr lautan rahasia allah tentang BISMILLAH.Seperti sabda nabi muhammad SWT.SEANDAINYA SELURUH POHON&TUMBUHAN DIBUMI INI DIJADIKAN PENA.DAN SELURUH AIR LAUTAN DAN SUNGAI DIBUMI INI DIJADIKAN TINTA.NISCAYA BELUM CUKUP UTK MENULIS RAHASIA BISMILLAH.
    Utk pertanyaan anda,sbagian sdh terjawab ditulisan sy di atas,yaitu di balik hrf ب ada hrf alif yg menjd pengatur hrfب.Seperti contoh.DIBALIK WAYANG ADA DALANG YG MENGATUR ALUR KISAH WAYANG.
    اعلى ا=alif diatas alif.Bisa jg bermakna ALLAH esa di atas yg esa.Krn hrf alif melambangkan dr kalimat الله dan احد dan jg alif mengisaratkan tunggal tiada duanya.
    Kta manusia hrs membedakan & memenuhi kewajiban diantara=
    انسان/انس
    احمد/محمد
    .الله احد
    demikianlah yg bs sy uraikan.krn keterbatasan ilmu sy.Mohon pd sesepuh&sedulur utk melengkapinya.

  6. @terimakis sekali atas pencerahanya.
    @pada bulan puasa lepas dipagi hari ,beliu mengatakan rahasia titik ba’ dg melafal ; INNA QUWWATALLAH KUN FAYAKUN BI ALIF ‘ALA ALIF. Mohon penjelasan makna dan maksud dari lafal tersebut.kalau menurut @ki halang kait …adakah maksud makna yg tersirat disebalik lafal tersebut…

    Atas perhatian dan pencerahanya saya ucapkan terimakasih banget.

    Nuhun

  7. @murid aja.Ulun ni kada kasyaf.Jaka kasyaf,manimbak nomor togel kana trus tu.Ni nimbak tarancak luput pd kana.ha.ha.ha.ha.
    @sdr ellex youwes.
    إن قواة الله كن فيكن بالألف على ألف
    Terus terang.Kalau kalimatnya spt itu, sy tdk berani menjelaskn kalimat diatas.Krn menyangkut SIFAT yg menjadi PERBUATAN allah Swt.
    Sy hanya bs menggaris bawahi kalimat ALAFA Dlm ta2 bhs arab banyak makna dan artinya.Mungkin ada di antara para sesepuh dan sedulur yg mampu menjabarkannya.DG hormat sy persilahkn utk menjabarknnya.
    Dan sy mohon maaf atas sgl kekurangannya,dan keterbatasan ilmu yg diberikan allah SWT

  8. Dalam perjalanan ب bertemu huruf س yg digitnya turun naik melambangkan garis kehidupan. yang bermakna kadang di atas kadang dibawah. kadang senang kadang susah. kadang sabar kadang syukur. @@@
    ………………………..

    nambahin dikit, huruf ba’ ketemu sin, ada tiga undakan melambangkan hidup itu rngkap tiga, syareat, hakekat dan ma’rifat itu menyatu jalan bareng kali ya mas,,

  9. lagi nih,sebagai tambahan kita sebagai umat muhammad,tapi sayangnya tulisannya masih bersambung.
    KHASIAT SIFAT KE KHUSUSAN NABI MUHAMMAD SAW
    Sifat ke khususan nabi muhammad SAW ini saya peroleh dari guru penulis sewaktu penulis masih menjalani pendidikan di madrasah yang ada di daerah penulis.
    Sesungguhnya dialah penghulu para nabi dan juga memilki sifat sifat yang terpuji,dan nurnya diciptakan terlebih dahulu dari para nabi lainnya,bersyukurlah karena kita termasuk umatnya dan sesungguhnya umat muhammadlah yang lebih dahulu memasuki surga dengan dipimpin oleh nabi yang mulia yaitu nabi muhammad SAW.
    Telah di jelaskan oleh guru saya,sesungguhnya 10 sifat khas nabi muhammad SAW yang berbentuk sya’ir ini mengandung banyak khasiat apabila di hapalkan oleh tiap muslim dn akan lebih baik lagi jika 10 sifat khas nabi muhammad SAW ini di hayati dan diresapi dengan sepenuh hati,selain itu apabila 10 sifat khas nabi muhammad SAW ini ditulis dan diletakan di dalam rumah atau tempat tempat penting lainnya niscaya akan di selamatkan oleh Allah SWT dari segala bala’,paling sedikit terhindar dari bahaya kebakaran dan pencuri.
    Berikut 10 sifat khas nabi muhammad SAW yang berupa bait/sya’ir:
    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    -LAM YAHTALIM (PADA KATA YAHTALIM,HURUF H DI DALAM PENULISAN ARABNYA ADALAH HA SESUDAH JIM (JIM,HA,KHO) ) QOTHU THO HA (HA SESUDAH WAW) MUTHLAQON ABADAN.
    -WAMA TATSA A BA AMALAN FI MADAZZAMANI (HURUF DOBEL ZZ ADALAH HURUF ZAI SESUDAH RO).
    BERSAMBUNG…..
    SUMBER: http://www.asrorulhikmah1.blogspot.com

  10. salam hormat salam ta’zim katur ki halang kait.

    Terimakasih sekali atas pengertianya dan pencerahanya.

    Monggo beliau2 poro2 sesepoh kaulo mohon dg sangat untuk penjelasanya.

    Mungkin kanjeng guru kirektor kialus kerso membabarnya ,kanti atur maturnuwwun sanget.

    Nuhun

  11. ass.sesepuh KWA tolong saya dibantu kasih cara agar bisa cepat hening dalam meditasi karena saya kesulitan

  12. Salam hormat salam ta’zim katur Kanjeng guru mbah ki mat-kaleng.sebenarnya saya juga kesulitan untuk hening,
    @tpi cobalah untuk rileks kalau tidak bisa ikuti aja kemana saja pikiran melayang ,dan letakan angan2 tersebut seakan2 anda duduk dan berzikir disitu ,ikuti terus sampai angan jadi bayangan jadi diri panjenengan dan seakan2 panjenengan benar2 wujud disitu ,kalau tdk bisa cobalah zohir batin zikir dg amalan pendek yang berbeda2.

    Nuhun

  13. @ ADIAN_SYAH….KOREKSI DIKIT…

    YG BENAR SYAIR LAM YATAHLIM..BUKAN LAM YAHTALIM..THANKS SEMUANYA..

  14. assalamualaikum wr,wb.PENGIJAZAHAN AKBAR.ilmu haq mujizah ilahiyah untuk berbagai keperluan.hubungi 085310145625

  15. bismillah
    buat saudara2 ku yang di atas mohon turut menyampaikan sedikit yg diketahui………
    mengenai “INNA QUWWATALLAH KUN FAYAKUN BIL ALIF ‘ALA ALIF”
    bismillah semoga alllah melindungi saya dari amal saya!
    maksud penggalan kalimat di atas menunjukkan “ketauhidtan”/pengesaan kekuatan sepenuhnya (tawakkal) bahwa Allah SWT di atas segala sesuatu.
    untuk lebih jelasnya lihat surat Al-Ikhlas: YANG ESA, HANYA DIA, KEPADA DIA, TIADA YG SAMA KECUALI DIA.
    “ALLAHU AHAD” baik AF’AL, SIFAT, ASMA, ZAT.
    BIL ALIF ‘ALA ALIF”
    “BA” dihalangi “LAM” (TABIR/TEMBOK) kemudian “ALIF” (TAUHID) ‘ALA (lebih diatas segalanya) “ALIF”

    semoga Allah merahmati saya dan mengampuni saya dari yg diperbuat diri.

  16. trimakasih banyak ki sirroh muniro’ atas penjelasanya,kebijakan seperti inilah yang saya suka saling melengkapi asah aseh asoh bikin tentrem dan damai.

    maturnuwwun sanget atas pencerahan dan penjelasanya.

    sugeng rahayu kerahayon

  17. ba itu bikana makana biyakunu mayakunu.kana fiil madi,yakunu fiil mudariq.Maka apa yang telah terjadi,akan terjadi dan sedang terjadi semuanya kembali kepada Allah.Ba huruf jar dan ismi majrur dengan sebab ba,ba kata penghubung memerlukan tempat bergantung dan tempat bergantungnya takdir yang dibuang iaitu ualifu.ualifi fiil mudariq berhajat kepada failnya,maka ditakdir ana .Maka permulaan kalimah bismillah sebenarnya bermula dengan Alif.Maka alif itu isyarah kepada barang siapa nak kenal dirinya maka pasti kenal Allah…

  18. salam…ku tambah sedikit lagi .ada pun segala makna sekalian kitab yang turun dari langit terhimpun dalam alquran.segala makna dalam alquran terhimpun dalam Alfatihah,Segala makna dalam Alfatihah terhimpun dalam bismillah.Maka maknanya yang isyarah Bikana Makana Biyakunu Mayakunu.Dengan sekelian makna huruf ba pada noktahnya yakni yang diatas yang mula-mula turun hujung kalam yang berpanjangan daripadanya oleh suratnya ada ulamak kata dibawah hurufnya yakni titik ba itu,waulahua’lam.
    dan makna yang isyarah bahawa zat allah itu noktah wujud yang berpanjangan daripadanya oleh tiap-tiap yang maujud .Maka itulah isyarah kepada wahdatul Ujud dan Hakikat Muhammadiah.Waulahua’lam…

  19. kata al ghazali.. manusia (roh) adalah biji ketuhanan ,,, perhatikan kata biji , biji adalah unsur terkecil dari sebuah pohon,, sekalipun terkecil tetapi didalamnya tersimpan semua hakekat yakni akar batang daun dll ada didalam biji tersebut,, begitu juga roh manusia sekalipun itu unsur terkecil tetapi didalamnya tersimpan hakekat semua sifat asma afal ketuhanan,, oleh karena itu al ghazali menerangkan dengan simbol biji, didalam roh tersimpan semua hakekat ALLOH

  20. begitu juga untuk memahami ,inti alqur’an dalam hal ini titik ba’ , sama seperti ibarat biji tadi,, semua jadi satu pada hakekat ba’

  21. sekalipun cuma satu huruf sederhana , tapi memuat 6666 ayat , begitu hebat huruf ba’ .. sampai ia berada paling dekat dengan sang alif, menjadi wakil sang alif, itu artinya untuk menemukan alif (alloh) musti melalui huruf ba’

  22. perhatikan juga ayat ayat al-fatihah (ibu kitab)dalam al quran , kesemua ayat selalu berakhiran dengan huruf nun tau mim, misal ayat pertama berakhiran dg huruf mim ayat kedua nun dan seterusnya…….. lalu perhatikan surat yasin (bapak kitab ) juga berakhiran dengan huruf nun dan mim juga … iktibar dari nur muhammad,

  23. ba’ lalu disambung dengan sin, perhatikan huruf sin tiga lekukan, lekuk pertama syariat, lekuk kedua tarikat, dan lekuk ketiga adalah hakekat,, lalu disambung dengan mim yaitu ma’rifat… now… perhatikan peristiwa nabi musa keteku Alloh di puncak thur sinai artinya puncak sin yaitu pada huruf mim yakni makrifat.. Alloh hanya bisa ditemui dengan huruf vmim yaitu ma’rifat … alloh yang mana // alloh yang rahman rachim..
    31 Januari 2011 22:27

  24. Assalamualaikum para sesepuh!

    Punten! Bukan saya sok tau, tapi saya sok ingin tau, bukan pula maksud menggurui tapi saya ingin cari guru, karena semuanya adalah guru bagi saya.
    Mohon maap dipagi menjelang subuh ini kengelanturan saya lagi kumat.
    BISMILLAH
    Kalo saya punya pemikiran”BA”adalah gabungan tangan kita ketika Takbir sedang shalat dan titiknya adalah hati.
    “SIN” digabung dengan kepala dan
    “MIM” posisi tangan dan telunjuk ketika atahiat akhir membaca syahadat.
    Maap bila kengelanturan saya ngelantur sangat jauh dan ngaco.

    Mohon maap, saya sok tau…ngapunten para sepuh!
    Karena saya mempercayai bahwa titik huruf “BA” lah kunci menuju surga yg sangat teramat amat sangat saya idam2kan.
    Sekali lagi mohon maap bila saya ngelantur..mungkin juga ngelindur..karena susah tidur!
    wasalam

  25. ass………

    ” IZIN GABUNG … ”

    Buat sedulur kwa semua,,, smoga web ini menjadi tolak ukur
    membangun ukhuaw islamiah serta menyambung tali silaturrahmi
    dan yang terpenting lagi semoga dengan adanya sering ilmu
    pengetahuan ttg Agama ini dapat meenambah wawasan buat
    pribadi saya sendiri serta teman2 yang lain.

  26. Assalamualaikum, sudahkah anda yakin dengan penjelasan tsb, sdhkah anda menanyakan kepada yg benar2 ahli dan paham mengenai Ma’rifat, kepada ALLAH. karena penjelasannya boleh sesingkat tsb tapi pemahamannya yang bisa berbeda2, anda akan mempertanggung jawabkannya karena anda menyampaikannya secara umum, dan belum tentu 100% benar, dan sudahkah anda meminta atau dapat izin untuk menyebarkannya dari guru anda. menurut pendapat saya klo mau menjelaskan hal tsb jgn melalui media sepeerti ini harus bertatap muka langsung atau berguru secara langsung wassalam…

  27. Assalamu’alaikum …
    alkhamdulilah .. saya mencoba untuk mengerti dari penjelasan poro sesepuh diatas .. Matur suwun

  28. mohon ijin gabung komunitas alif .. ba’ sin …atau ba’ ..ain … sin , karena menurut sepengetahuan saya setiap insan yang sudah mengenal alif .. ba’.. sin tentu mempunyai persepsi yang sama mengenai kehidupan dan sang pencipta .

  29. mohon ijin..kan di atas udah di terangkan..ba itu benih..sin tu sifat..dari benih menjadi sifat..titik itu air yg suci..iaitu air mani….bila air mani masok dalam mangkoknya dari tak bersifat ia bersifat menjadi janin..seterusnya menjadi baby(bayi)….jadi dari mana datang nya titik itu..titik itu datangnya dari alif..jadi dimana pergi..alifnya…alifnya udah masok dalam seluarrrr…..

  30. [“cinta RASULULLAH”

    “Assalamualaikum, sudahkah anda yakin dengan penjelasan tsb, sdhkah anda menanyakan kepada yg benar2 ahli dan paham mengenai Ma’rifat, kepada ALLAH. karena penjelasannya boleh sesingkat tsb tapi pemahamannya yang bisa berbeda2, anda akan mempertanggung jawabkannya karena anda menyampaikannya secara umum, dan belum tentu 100% benar, dan sudahkah anda meminta atau dapat izin untuk menyebarkannya dari guru anda. menurut pendapat saya klo mau menjelaskan hal tsb jgn melalui media sepeerti ini harus bertatap muka langsung atau berguru secara langsung wassalam…”]

    Assalamu’alaikum para tuan guru…
    murid hanya mencoba mengulangi apa yg telah di katakan panjenengan “cinta RASULULLAH”

    sudahkah anda meminta atau dapat izin untuk menyebarkannya dari guru anda ?
    jikalau pun sudah mendapat izin, apakah sepantasnya hal seperti ini berada di media seperti ini ?

  31. as.w.w/ saya sangat setuju dan sependapat dengan apa yang disampaikan ol eh sdr. Cinta Rasulullah. media ini adalah media umum tidak menutup kemungkinan si pembaca masih sangatlah awam dalam hal toriqoh/metode pembelajaran taukhit sprt ini. Tambah pula dlm media ini tdk mgkn bisa membatasi usia (tua/muda/anak2) serta sejauh mana wawasan yang telah mereka miliki. Pada dasarnya saya juga sangat salut dengan adanya para uluma/cerdik pandai yang brkenan memberi pencerahan seperi ini, tapai seyogyanya menggunakan ater2 (penghantar) jadi jangan ujug2 nyandak mustoko anigas mutoanggo (pegang kepala motong leher) gamelan sampak menyuro gubyuk, sing nonton surak gumuruh ning ora ngrti ing pekewuh (yang membaca/membicarakan banyak disertai rasa suka cita tetapi tidak mengira datangnya mara bahaya) yang berupa kesesatan dan kebingungan yang mengancam. Selanjutnya saya mohon maaf kpd para pinisepuh maupun poro mudo yang sedang meniti jalan sallik (suluk) maupun yang sbgai penunjuk jalan, harap berhati-hati, jalan ini sangat licin dan terjal. Astagfirullah hal adzim semoga Allah mengampuni kesalahan saya. Wassalamu’alaikum w.w.

  32. salam alaikum. maaf sepuh semua sy ini orang awam mau tanya.kulit luar yang tidak pernahdisentuh oleh orang tua kita dari lahir sampai mati itu yang mana.kalau ada yang tahu mohon saya dikasih tahu.terima kasih salam indonesia raya.
    email:kalaolao64@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s