PEMURAH CIRI KHAS HAMBA ALLAH YANG SALEH


By sudadi

sudadijawi@yahoo.com

Untuk mengetahui sebagai sifat terpuji hamba-hamba Allah yang telah dikaruniakan olehNya ilmu pengetahuan agama tentang ketuhanan, maka yang mulia AL-Imam Ibnuh Athaillah Askandary dalam kalam hikmahnya sebagai berikut:

“Hendaklah membelanjakan orang-orang yang mempunyai kekayaan dari kekayaannya, mereka itu orang-orang yang telah sampai kepada Allah. Barangsiapa yang dikadarkan atasnya rezekinya, mereka adalah orang-orang yang sedang berjalan kepada Allah.”

Pertama, hamba-hamba Allah yang disebut waa shiluuna ilaihi yakni mereka yang sudah sampai kepada garis perbatasan di mana mereka telah ke luar dari satu suasana kepada suasana yang lain. Mereka telah keluar dari tahanan melihat alam yang serba berubah kepada lapangan tauhid dan sempurna penglihatan kepada keagungan Allah. Mereka miskipun masih hidup dalam dunia dan bergaul dengan makhluk manusia, tetapi pandangan mereka kepada dunia ini jauh berbeda dengan pandangan manusia biasa, mereka itu telah dilimpahi Allah ilmu-ilmu dan rahasia-rahasia ketuhanan.

Bahwa kita lupa bahwa kurnia-kurnia yang diberikan Allah seperti kedudukan bagi pengusaha, harta yang banyak bagi hartawan, ilmu pengetahuan bagi ilmuan dan lain-lain lagi adalah amanat Allah atas kita. Tetapi kita sering tidak mengindahkan amanat-amanat itu. Kita sering mempergunakannya dan meletakkannya atas hal-hal yang tidak diridhai oleh agamaNya, tetapi disukai oleh nafsu dan hawa kita sendiri.

Kedua, hamba-hamba Allah yang disebut As-Saairuuna ilaihi yakni mereka yang sering dalam perjalanan menuju Allah. Mereka belum sampai kepada Allah, tetapi mereka sedang berjalan kepadaNya. Maklumlah orang yang sedang dalam perjalanan, mereka harus sabar, mereka harus tahan atas percobaan-percobaan yang harus mereka hadapi dalam perjalanan itu, mereka tidak membawa persiapan-persiapan yang banyak tetapi adalah sekedar seperlunya saja, tujuan mereka adalah satu, yaitu bagaimana mereka sampai kepada tujuan terakhir dari perjalanan mereka. Hamba-hamba Allah yang dalam tingkatan ini dalam amal ibadah sering mendapat godaan baik dari iblis maupun dari hawa nafsunya sendiri. Sekali-sekali datang khayal tentang perasaan dunia dan kesenangannya, tetapi mereka dapat membendung jalan khayalan dan perasaan yang kadang-kadang datang menyelinap ke dalam hati dan menyentuh tabir perasaannya. Kadang-kadang awan gelap dan angin kencang melanda matahati mereka. Tetapi dengan berkat mujahadah, kesabaran dan ketabahan mereka, maka timbul lagi cahaya terang sehingga ketebalan awan dan kekelapannya, kecepatan angin yang telah datang melanda, akhirnya menciut dan timbullah cahaya yang terang dan bersinar.

Tanda orang yang dapat kurnia dari Allah, apakah kurnia Allah itu berupa ilmu, harta, kedudukan dan lain-lain ialah dengan membayarkan kurnia Allah itu kepada hamba-hambaNya yang memerlukannya, dan tidak boleh bakhil atas semuanya itu yakni dalam ukuran kesanggupan dan kemampuan kita, maka berarti telah ada pada kita tanda-tanda baik sebagai yang telah dipunyai oleh hamba-hambaNya yang saleh.

Apabila kita betul-betul ikhlas memberikan apa yang ada pada kita, demi memenuhi ajaran Allah dan demi keadaan kita selaku hamba-hambaNya dan makhluk-makhlukNya, maka semua kesulitan dan kesukaran akan dihindari oleh Allah atau miskipun kita menghadapinya juga, tetapi setelah kesukaran itu akan timbullah kelapangan dan kesejahteraan. Setelah gelap timbullah terang.

Semua apa yang diuraikan di atas, itulah yang dimaksud oleh firman Allah dalam surat Ath-Thalaq sebagai berikut:

“Hendaklah membelanjakan orang-orang yang mempunyai kekayaan dari kekayaannya, barangsiapa yang disempitkan rezekinya, hendaklah membelanjakan ia menurut apa yang diberikan Allah padanya. Allah tiada memberati diri seseorang, melainkan menurut yang dianugerahkan Allah kepadanya. Nanti Allah bakal mengadakan kemudahan sesudah kesukaran.” (Ath-Thalaq: 7)

Dan Nabi Muhammad bersabda sebagai berikut:

“Orang pemurah adalah hampir kepada Allah, hampir kepada manusia, hampir kepada Syurga, (tetapi) jauh dari Neraka. Orang bakhil jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh pula dari Syurga dan dekat pula dari Neraka. Orang jahil yang pemurah adalah lebih dicintai Allah dari orang yang banyak ibadat tetapi bakhil.”

Mudah-mudahan Allah mengkurniakan pada kita taufik dan hidayah untuk dapat mengamalkannya dengan sebaik-baiknya. Amin, ya Rabbal’alamin…! Mohon maaf para sesepuh dan pinisepuh, para sedulur serta para pembaca yang budiman diblog kampus ini, apabila ada kata-kata yang tak berkenan saya mohon maaf lahir dan bathin. @@@

 

307 thoughts on “PEMURAH CIRI KHAS HAMBA ALLAH YANG SALEH

  1. ki.. dah brubah ya kolom koment di kwa, mklum dah 2 bln gk kuliah ki.. cara upload foto nya gimana nih? aq anggota kwa no 138

  2. @sudadi…. nuwun atas wedaran hikmahnya…, semoga kita bisa menghayati sekaligus mengamalkan petuah bijak di atas…
    @sedulur kwa… assalamu alaikum, semoga keberkahan tetap terlimpahkan kepada kita semua di malam jumat yg mulia ini…

  3. @matur nuwun atas do’anya dan kiriman fatehahnya, pantesan tadi tiba2 telinga kiri saya berdengung keras, ternyata lagi disapa sama kangmas wongalus… Pripun kabaripun ki….? kulo nggih namung saged mbales kintun fatehah dumateng panjenengan…

  4. Kabar sae kemawon ki, nyuwun doa restunya kemawon. Nderek bingah, indonesia-1 akhirnya keluarkan statemen yg mendinginkan suasana stlh Jogja siap angkat bambu runcing. Mantap Jogja ki.

  5. @mas pitulikur, ki udeng, cakji…. lan sapanunggalipun, sugeng ndalu, salam kerahayuan… monggo nderek ngaji dateng ki sudadi ingkang saestu manfangat kangge sangu gesang kita…
    @mas wongalus… hmmmm… warga jogja sudah melewati tahapan ngalah, ngalih, ngrasani… mugi2 mboten ngantos ngamuk… hehe…

  6. salam salim dumateng ki alus, ki angon, ki udeng, ki sudadi, ki sartono, mr zm, cak ji, lan warga sedaya….

    pembelajaran ingkang di babar ki sudadi damel kulo adalah ilmu urip…..nggawe enteng urip ing ndunyo lan gawe sangu teng akhirat….

  7. salam…salam…
    @ ki wongalus,
    @ ki angon,
    @ kiudeng_hamemayu hayuning bawono,
    @ ki tarjo,
    @ ki triwiyono,
    @ kiSyukron,
    @ ki trinity,
    @ ki Kumbang kelana,
    @ ki Gatholoco/CNDJ,
    @ ki ronggolawe,
    @ ki Samsu R,
    @ ki Laskar_lung gading,
    @ Cakji,
    @ ki adim,
    @ ki Sartono jenar,
    @ ki pitulikur,
    @ ki Mr.Zm,

    selamat malam …
    moga jadi pemurah semuanya…

  8. salam…salam…salam…..
    ingkang kinurmatan;
    @ ki wongalus,
    @ ki angon,
    @ kiudeng_hamemayu hayuning bawono,
    @ ki tarjo,
    @ ki triwiyono,
    @ ki trinity,
    @ ki Kumbang kelana,
    @ ki Gatholoco/CNDJ,
    @ ki ronggolawe,
    @ ki Samsu R,
    @ ki Laskar_lung gading,
    @ ki Cakji,
    @ ki adim,
    @ ki Sartono jenar,
    @ ki pitulikur,
    @ ki Mr.Zm,
    @ ki ta kwa
    SEMANGAT TENGAH MALAM…
    mbakar menyan 234 dulu di pojok,sambil nyimak ngaji……

  9. @ki angon@ki pitulikur@ki wak gondrong dan semua sedulur yang kinasih…sugeng ndalu selamat malam juga…monggo ki wak gondrong saya temani bakar kemenyan jarum super dan teh kental panas…

  10. @ki wakgondrongX:bagaimana ceritanya jagad awang-awang uwung-uwung nya…di dalam laut samudera tirta sucinya hehem..

  11. @ ki udeng_hhb; njih ki, matursuwun sanget, lha kadengaren menyane kok djarum super,menopo djarume hibahan saking rencang…..

  12. “laaila ha illalah antal baqii..
    “laaila ha illalah antal hadii..
    “ihdina..ihdina..
    wahdihim ila sirotikal mustaqim
    wa ila dinikal qowwim birokhmatika yaa ar khamarrokhimin.”
    aamin..

  13. @ki udeng_hbb;
    (jagad awang-awang uwung-uwung nya…di dalam laut samudera tirta sucinya hehem..)
    uuuuuuwwiiiiih…………
    bahasanipun kok tinggi sekali to ki2…..kok kados dewo ruci ingkang madosi toyo pramito suci,lha kulo kan sakdermo tukang surak2 mawon..+ tukang mbakar 234………huwahuhuhuhu………………

  14. @ki wakgondrongX: lha mbakar 234 lak nggih sami to Ki…supados apinipun tambah celak lan kebulipun kados surak-surak tembang ilir-ilir wonten sanginggilipun mawar tirta suci…

  15. Saya akan bercerita tentang pemahaman reinkarnasi agar kita menjadi jelas :

    “Seperti halnya seseorang mengenakan pakaian baru, dengan meninggalkan pakaian lama, begitu pula, sang roh menerima badan-badan jasmani yang baru, dengan meninggalkan badan-badan tua yang tidak berguna lagi” (Bhagavad-gita 2.22)

    Srimad-Bhagavatam, tersusun tiga ribu tahun sebelum masa ovid, berisi cerita istimewa berikut yang mengungkapkan prinsip-prinsip reinkarnasi dalam pelaksanaan dengan cara mengesankan. Maharaja Bharata, seorang raja yang mulia dan suci di India, terpaksa menjelma satu kali ke dalam badan sesekor rusa sebelum mencapai bentuk manusia lagi karena ikatan yang sangat keras terhadap seekor rusa.

    Maharaja Bharata adalah seorang Maharaja yang bijaksana dan berpengalaman, dan orang dapat berpikir bahwa dia akan memerintah selama beratus-ratus tahun, tetapi pada waktu beliau masih muda, beliau melepaskan ikatan terhadap segala sesuatu : permaisuri,

    keluarga, dan kerajaan yang luas, lalu dia pergi kehutan. Dengan melakukan demikian, beliau mengikuti nasehat para resi yang mulia dari jaman purbakala, yang menganjurkan supaya orang mempersembahkan bagian terakhir dari hidupnya untuk keinsyafan diri.

    Maharaja mengetahui bahwa jabatannya sebagai seorang raja yang besar bukanlah kedudukan yang kekal, karena itu, beliau tidak berusaha duduk di atas tahta kerajaan sampai meninggal. Bagaimanapun juga, badan raja pun akhirnya menjadi abu, debu atau makanan untuk ulat dan binatang yang lain. Tetapi di dalam badan ada roh yang tidak termusnahkan, sang diri yang sejati. Melalui proses Yoga sang diri dapat disadarkan terhadap identitas rohaninya yang sejati. Setelah sang roh menjadi sadar akan identitas rohaninya yang sejati, ia tidak perlu menjalani masa tahanan lagi di dalam badan jasmani.

    Maharaja mengerti tujuan hidup yang sejati, yakni membebaskan diri dari peredaran reinkarnasi, karena itu beliau berjalan ke tempat suci bernama pulaha asrama, di kaki pegunungan Himalaya, di sana bekas raja itu tinggal sendirian di hutan di tepi sungai Gandaki. Maharaja tidak memakai pakaian kerajaan lagi melainkan dia hanya memakai pakaian terbuat dari kulit rusa.

    Pada suatu hari, Bharata sedang bersemadi dekat tepi sungai, lalu seekor rusa betina datang ke sana untuk minum air. Pada saat rusa betina itu sedang minum air, tiba-tiba ada seekor harimau di hutan dekat tempat itu, mengaum dengan keras. Rusa itu sedang bunting, dan begitu dia dengar takut sekali, untuk kemudian melompat dan berlari dari sungai, seekor anak rusa gugur dari kandungannya jatuh ke dalam air yang mengalir cepat. Rusa betina itu gemetar karena merasa takut dan lemah karena keguguran. Rusa betina itu kemudian masuk goa, dan beberapa waktu kemudian mati. Bharata melihat anak rusa itu terapung di sungai, dan dia merasa kasihan. Bharata mengangkat binatang itu dari air, dan oleh karena dia mengetahui bahwa anak rusa itu tidak mempunyai induk, kemudian dia bawa anak rusa itu ke asramanya.

    Perbedaan jasmani tidak ada artinya dari segi pandangan seorang rohaniawan yang bijaksana: oleh karena Bharata sudah insyaf akan dirinya, ia melihat semua makhluk hidup dengan pandangan yang sama, dengan mengetahui bahwa roh dan roh yang utama (Tuhan yang mahaesa) berada di dalam badan semua makhluk. Setiap hari ia memberikan rumput segar kepada anak rusa itu sebagai makanan dan berusaha menyenangkan hatinya. Akan tetapi, sesudah beberapa waktu, ikatan kuat terhadap rusa itu mulai timbul didalam hatinya. Dia berbaring bersama anak rusa itu, berjalan dengan anak rusa, mandi bersama-sama.

    Apabila dia ingin masuk hutan untuk mengumpulkan buah, bunga dan akar, dia membawa anak rusa itu bersama dirinya. Karena dia takut bahwa kalau anak rusa itu ditinggalkan, anak rusa itu akan dibunuh oleh anjing, srigala atau harimau.

    Bharata senang sekali melihat anak rusa itu melompat dan bermain-main di hutan seperti anak. Kadang-kadang dia membawa anak rusa itu di atas bahunya, hatinya begitu penuh dengan kasih sayang terhadap anak rusa itu sehingga dia memangku rusa itu pada waktu siang, dan pada waktu tidur, rusa itu tidur di atas dadanya, setiap hari dia memeluk rusa itu dan kadang-kadang menciuminya. Dengan demikian, hatinya menjadi terikat terhadap rusa itu dalam kasih sayang.

    Akan tetapi, walaupun Bharata menyadari pertimbangan tersebut, dia berfikir dalam hatinya, “karena rusa ini telah berlindung kepada saya, bagaimana mungkin saya alpa akan rusa itu ? walaupun rusa itu mengganggu kehidupan saya , saya tidak dapat mengabaikan dia. Kalau saya acuh terhadap makhluk tak berdaya yang telah berlindung kepada saya, maka itu akan menjadi kesalahan besar”

    Pada suatu hari Bharata sedang semedi, dan seperti biasa dia mulai memikirkan si rusa dan tidak berfikir tentang tuhan. Konsentrasinya terputus, dan dia memandang kesana kemari untuk melihat dimana anak rusa, dan dan ketika dia tidak dapat menemukan rusa itu, pikirannya menjadi goyah, bagaikan orang pelit yang telah kehilangan uangnya. Dia bangun dan mencari-cari didaerah sekitar asramanya. Tetapi rusa itu tidak dapat ditemukan dimana-mana.

    ” Bharata berfikir ,” kapan rusaku kembali ? apakah dia selamat dari harimau dan binatang lainnya? Kapankah saya akan melihat si rusa sekali lagi mengembara di tamanku dan makan rumput hijau yang segar ? Bharata tidak menahan dirinya. karena itu, ia keluar mencari rusa itu. Dengan mengikuti jejak telapak kakinya. Dalam kegilaannya, Bharata mulai bicara dengan dirinya sendiri : “makhluk itu begitu tercinta sehingga saya berpikir seolah-olah saya kehilangan anakku sendiri. Oleh karena demam kerinduan yang membakar di dalam hatiku, saya merasa seolah-olah berada ditengah-tengah kebakaran yang berkobar di hutan, sekarang hatiku berkobar dengan api kedukacitaan”

    Bharata sangat bingung mencari rusa yang hilang di jalan-jalan yang berbahaya di hutan, dan tiba-tiba dia jatuh dan mendapat luka parah. Bharata tergeletak di sana pada saat hampir meninggal, dan dia melihat bahwa rusa nya tiba-tiba muncul dan duduk disisinya, menjaga dirinya seperti putra mencintai ayahnya. Demikian, pada saat menemui ajalnya, pikiran sang Raja Bharata berpusat sepenuhnya kepada rusa itu.

    Dari Bhagavad-gita kita dapat belajar, keadaan manapun yang di ingat seseorang pada saat ia meninggalkan badannya, pasti keadaan itulah yang akan dicapainya … dalam penjelmaan berikutnya, maharaja Bharata masuk ke dalam tubuh seekor rusa. kebanyakan mahluk hidup tidak mengingat penjelmaannya yang lalu, tetapi oleh karena kemajuan rohani yang telah di capai sang raja dalam penjelmaan sebelumnya, walaupun dia didalam badan seekor rusa, dia dapat mengerti mengapa ia lahir dalam badan itu. Dia mulai menyesal “saya telah meninggalkan keluarga dan kerajaan lalu pergi ke tempat sunyi di hutan untuk bersemadi, dan di tempat itu saya merenungkan tuhan yang menguasai alam semesta. Tetapi oleh karena kebodohan saya, … saya membiarkan pikiran menjadi terikat kepada … anehnya … seekor rusa. Sekarang saya telah menerima badan seperti itu sesuai dengan peraturan. Tiada orang yang dapat selain diriku sendiri.

    Bharata sudah mendapat pelajaran yang berharga, karena itu walaupun dia sudah menjadi rusa, dia dapat melanjutkan kemajuannya dalam keinsyafan diri. Dia menjadi lepas dari segala keinginan material. Dia tidak lagi memperdulikan rumput hijau yang enak, ataupun memikirkan panjang tanduknya. Begitu pula, ia meninggalkan pergaulan dengan segala rusa, jantan maupun betina, meninggalkan ibunya dipegunungan kalanjara, tempat lahirnya. Ia kembali ke pulaha-asrama, tempat la telah mempraktekkan semedi didalam penjelmaan yang lalu.

    Tetapi kali ini dia hati-hati supaya tidak pernah lupa kepada kepribadian tuhan yang maha esa. Ia tinggal dekat asrama orang-orang suci dan resi-resi yang mulia, dan menghindari segala hubungan dengan orang duniawi, hidup dengan sederhana sekali, dan hanya makan daun yang keras dan kering. Pada saat meninggal, Bharata meniggalkan badan rusa, dan dengan suara keras ia mengucapkan doa berikut :

    “Kepribadian Tuhan Yang Mahaesa adalah sumber segala pengetahuan, penguasa seluruh ciptaan, dan roh yang utama didalam hati setiap makhluk hidup”. Dalam penjelmaan berikutnya, maharaja Bharata lahir dalam keluarga seorang Brahmana yang suci dan murni, dan didalam penjelmaann itu dia

    bernama Jada Bharata. Atas karunia Tuhan, sekali lagi dia dapat ingat kepada penjelmaan-penjelmaan yang lalu …

    Ilustrasi di atas saya kutib dari sebuah kitab yang dikarang oleh Om Visnupada, sebagai arahan untuk mengerti apa itu reinkarnasi …

    Di dalam diri manusia ada roh pribadi yang abadi .tidak mati, namun bukan berarti kita akan hidup seperti yang digambarkan oleh Om Visnupada, sebab pendapat ini terdapat kelemahan yang akan timbul. Bagaimana hal nya orang yang sudah sampai moksa, … mencapai tuhan … karena baginya tidak akan mengalami reinkarnasi lagi. Jika demikian halnya roh-roh orang yang hidupnya bersih, sebagai resi, pendeta yang tidak terikat oleh alam nafsunya, maka ia akan kembali kepada roh utama ( tuhan yang maha esa), maka jika hal ini terjadi

    populasi manusia akan berkurang…

    Anggaplah pada suatu zaman nabi Adam ada sepuluh orang yang dilahirkan oleh beliau, diantaranya ada yang baik dan ada yang jahat … kalau jumlah yang baik itu ada lima orang maka yang lima lagi akan reinkarnasi … menjadi binatang … atau tergantung kecintaannya kepada materi dia akan menjelma. Dan jika didalam penjelmaannya dia ternyata menginsyafi dirinya akan kesalahan, sebagaimana raja Bharata menginsyafi kesalahannya, maka mereka akan kembali sebagai manusia suci dan akan mati sebagai orang suci yang tidak kembali mengalami reinkarnasi. Artinya lama-kelamaan roh akan habis dikarenakan roh itu kembali kepada roh Utama (Tuhan Yang maha esa)

    Ada sebagian orang mengutip Alqur’an untuk mendukung ajaran reinkarnasi yang sekarang lagi semarak, di dalam surat Albaqarah :28

    ” Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan di hidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya lah kamu di kembalikan ” Pada awalnya manusia tidak ada (mati) … lalu Allah menciptakan manusia dari sari / ekstrak alam kemudian menghembuskan roh dari-Nya kedalam tubuh (lihat Al hijir 28-29) dan ia menjadi hidup … didalam alam rahim … kemudian ia melepaskan dari ikatan alam rahim menuju alam dunia … kemudian ia melepaskan dari ikatan alam dunia … menuju

    alam barzah … kemudian ia melepaskan alam barzah menuju alam syurga atau neraka, kemudian ia melepaskan kembali menuju Allah Azza wajalla. (bisa di baca dalam tafsir shafwatut tafaasir, karangan Prof Ali As Shabuni, Beirut )

    Bandingkan dengan pendapat tentang reinkarnasi, didalam ajaran reinkarnasi, jika ia masih terikat oleh kehidupan alam materi, maka ia akan menjalani kehidupan pada apa yang ia pikirkan, misalnya kepada binatang : kuda, tumbuhan, dll. Sebaliknya didalam islam jika manusia terikat oleh alamnya (hubbud dunya – cinta dunia) maka ia akan tertolak kembali kepada Allah, … rohnya tetap pada kesadaran sebagai manusia namun roh yang tersiksa oleh karena tuhan

    menolaknya, … dan keadaan ini disebut siksa atau kesengsaraan alam barzah (siksan kubur). Ia tidak menjelma menjadi binatang, akan tetapi ia hanya terikat oleh karena masih cinta kepada binatang atau dunia yang dipikirkannya … memang pendapat ini hampir sama, perbedaannya adalah jika pada reinkarnasi terikat kepada dunia akan menimbulkan jelmaan makhluk baru, sedangkan dalam islam keterikatannya kepada alam ,ia akan terhalang menuju tuhannya, namun ia tidak menjelma sebagai alam … kesamaanya adalah keabadian roh, …

    perbedaan nya roh manusia bagi hindu adalah roh tuhan yang menitis menjelma sebagai manusia.(emanasi), hal ini di idealisasikan kepada Sri Krisna, dimana orang banyak menyembah Sang Krisna sebagai perwujudan tuhan, sebab jika manusia sudah terlepas dari keterikatan pada dunia materi, maka ia adalah tuhan itu sendiri yaitu roh utama , atau sukma kawekas ….

    Dan itulah kira-kira yang banyak mempengaruhi sufisme di Jawa dan di India yang mengaku Anal Haq ( Akulah kebenaran/ Tuhan)

    Demikan uraian saya masalah reinkarnasi, … dan saya mohon maaf kepada saudaraku yang beragama Hindu. Bukan saya mengusik faham yang anda yakini, akan tetapi saya akan menjelaskan kepastian pendapat untuk membedakan agama islam dan hindu … jadi biar tidak simpang siur … islam adalah islam, hindu adalah hindu. Karena saya sadar pengetahuan masalah reinkarnasi banyak tidak dijelaskan oleh ulama kami, padahal di Jawa pengetahuan ini sudah menjadi budaya masyarakat. Dengan adanya istilah menitis atau ketitisan roh …

  16. di artikel telur asin perang badar dalil al-qur’an.
    Di artikel ini perang salim salaman.
    Blog yang aneh, bikin bingung yg baru.

  17. d artikel telur asin mulai perang lagi.
    Mudah2an menang ki nico, lumayan taruhanku bnyk buat ki nico.

  18. nderek nyimak kale absen pagi…..
    @Ki Wong ALus
    @ Ki Begawan CAndu
    @ Ki Jembar Jumantoro
    @ Mas Pri
    @ Ki Risang
    @ahmadrock
    @sakiran wildan
    @JOYO SENTIEK
    @Cakji
    Salam salim asah Asih Asuh…

  19. hahahaha…berarti kita setubuh ki tawon gung.
    Katanya teknologi canggih napa bisa error ?
    Wkwkwkwkwkwk

  20. klo dlihat sekilas sama. Klo diteliti ada bedanya.
    Warna wajahku lebih terang dari ki tawon gung.
    Mataku agak datar dan hitamnya banyak, ki tawon gung matanya lihat keatas dan hitamnya sedikit.
    Wkwkwkwkwk

  21. @sakiran wildan : kayaknya tiu pas melihat penampakan seekor tokek di dinding mas…jadi melihatnya ke atas terus…..
    pripun kabaripun panjenengan mas

  22. @ kang sugeng
    @ satrio mataram
    @ maulana ortega
    sugeng siang….SAlam salim asah, asih asuh….

  23. @Kang Sugeng : hehehehhe…entupe sampun mboten ampuh maleh…sampun pesen entup sing anyar lan ampuh dereng di kirim2 kang.

  24. wilujeng enjang kagem sesepupuh lan minisipuh
    ugi serak ingkan sapum hadir rahayu pamuja kagem sedaya ke mawun
    absin sumonggo kalajeng

  25. wilujeng enjang kagem sesepupuh lan minisipuh
    ugi sederek ingkan sapum hadir rahayu pamuja kagem sedaya ke mawun
    absin sumonggo kalajeng

  26. @ Ki Sudadi, Artkel yang bagus, monggo dilanjut
    @ Ki Wong Alus, Ki Angon , Sugeng enjing, sugeng mangharghyo Suran
    @ Poro sepuh dan poro Sedulur ingkang Kinurmatan, mari saling asah , asih, asuh
    @Nuwun

  27. [color=#0744c0]@[/color][color=#0c43bc]a[/color][color=#1141b8]l[/color][color=#1640b4]l[/color] [color=#203ead]k[/color][color=#253ca9]w[/color][color=#293ba5]a[/color][color=#2e3aa1].[/color][color=#33389d].[/color][color=#383799]s[/color][color=#3d3695]a[/color][color=#423491]l[/color][color=#47338d]a[/color][color=#4c328a]m[/color] [color=#562f82]r[/color][color=#5b2e7e]a[/color][color=#602d7a]h[/color][color=#642b76]a[/color][color=#692a72]y[/color][color=#6e296e]u[/color] [color=#782666].[/color][color=#7d2563]j[/color][color=#82245f]u[/color][color=#87225b]m[/color][color=#8c2157]a[/color][color=#912053]t[/color] [color=#9b1d4b]j[/color][color=#9f1c47]u[/color][color=#a41a43]m[/color][color=#a91940]a[/color][color=#ae183c]t[/color][color=#b31738].[/color][color=#b81534].[/color]

  28. blom ada yg adu argument di artikel ini.
    Masih pantau terus. Spa tahu ada jago baru.
    Lmyn bisa ditingkatkan taruhannya.

  29. matur thankyu ki ahmadrock.
    Setia nyimak sambil memantau situasi. Spa tahu ada jago adu argument baru. Lmyan dapat 1 juta klo menang.
    Wkawkawkawkawkawka

  30. @ki ujas ujus & ki blade,
    apa di 2 blog itu ada adu argument & adu ilmu padi ?
    Kalo ada sy meluncur kesana, mau cari jago untk taruhan sama temanku.

  31. hekh hekh hekh..nakmas blade nakmas ujag ujug eh ujas ujus…mau ke mana aja bebas yg penting nggak sehat lahir batin hekh hekh hekh…
    nakmas agung habis sakit gak langsing malah seperti di pompa hekh hekh hekh….

  32. @ki oval,
    spa yg argument nya nongol & tdk menyerah di akhir upload artikel baru itu jago yang menang.
    Wasitnya internet , kan bisa dilihat.
    Sudah, sya mau mengamati saja.

  33. hekh hekh hekh…nakmas agung kalau itu mah belajar meraga sukma langsung praktek di jamin bisa hekh hekh hekh…
    nakmas star night hekh hekh…ni biar cucu tanbah gendut lumayan di tunggu bulan haji thn dpn pas mantabs hekh hekh hekh…

  34. Asswrwb…
    Salam Pamuji Rahayu….

    KOMPAS RUTE ACR KWA CAB.SEMARANG DI GEDONG SONGO BANDUNGAN KAB.SEMARANG JATENG

    1. Pencari guru sejati semarang 088215003820
    2. Hijrah semarang 081228182273
    3. Laskar lung gading 085740011189
    4. Harsa 081228251908

    MOHON DI KONFIRMASI RUTE DR JAKARTA KALAU BAWA MOBIL SENDIRI…. ANCER-ANCER SETELAH SAMPAI SEMARANG MASUK TOL… APA TIDAK….

    KALAU YG DR WETAN SUDAH DI INFO KI HARSA:

    Tambahan sedikit info rute bagi yg berdomisli wilayah Sidoarjo dan sekitarnya ( naik motor/mobil/travel ) semoga bisa membantu :

    1. LOG SIDOARJO-SURABAYA-LAMONGAN-TUBAN-REMBANG-PATI-KUDUS-DEMAK-SEMARANG ( IKUTI JALAN LURUS SJ MENUJU KEARAH PASAR JOHAR ) – JL.PEMUDA-TUGUMUDA ( BUNDARAN TUGUMUDA KIRI GEDUNG LAWANG SEWU) LURUS SJ MENUJU JL.KALISARI SETELAH RS KARIADI AMBIL KANAN –GAJAH MUNGKUR-IKUTI JALAN KEARAH BANYUMANIK-UNGARAN – KARANGJATI-BAWEN-LEMAH ABANG-AMBIL KANAN MASUK KE GANG YG MENUJU KEARAH BANDUNGAN ( SAMPE LEMAH ABANG TANYA ORANG JL YG MENUJU BANDUNGAN ) +- 50 K / 45 MENIT SAMPAI GEDONG SONGO.

    2. SIDOARJO-MOJOKERTO-JOMBANG-MADIUN-NGAWI-SOLO-BOYOLALI-SALATIGA-PERTIGAAN PATUNG POLISI LURUS MASUK BAWEN-LEMAH ABANG-BELOK KIRI MASUK GAPURA YG MENUJU BANDUNGAN-GEDONGSONGO

    3. SIDOARJO-MOJOKERTO-JOMBANG-MADIUN-NGAWI-SOLO-BOYOLALI-SALATIGA-PERTIGAAN PATUNG POLISI YG LURUS KE BAWEN-AMBIL KIRI MENUJU ARAH AMBARAWA-LURUS IKUTI JALAN SAMPAI KETEMU PERTIGAAN YG KEKIRI MENUJU MAGELANG-AMBIL KANAN YG MENUJU SUMOWONO-BANDUNGAN +- 40 K SAMPAI GEDONG SONGO

    NUWUN

  35. setelah masuk kota,lurus terus setelah ketemu tugu muda ikutin aja …JL.PEMUDA- TUGUMUDA ( BUNDARAN
    TUGUMUDA KIRI GEDUNG
    LAWANG SEWU) LURUS SJ
    MENUJU JL.KALISARI SETELAH
    RS KARIADI AMBIL KANAN – GAJAH MUNGKUR-IKUTI JALAN
    KEARAH BANYUMANIK-
    UNGARAN – KARANGJATI- BAWEN-LEMAH ABANG-AMBIL
    KANAN MASUK KE GANG YG
    MENUJU KEARAH BANDUNGAN
    ( SAMPE LEMAH ABANG
    TANYA ORANG JL YG MENUJU
    BANDUNGAN ) +- 50 K / 45 MENIT SAMPAI GEDONG
    SONGO

  36. @ ki ageng jj : saya rasa untuk yang dari arah jakarta lebih baik masuk tol KRAPYAK-BANYUMANIK-UNGARAN-KARANGJATI-BAWEN TERUS BELOK KANAN YANG KEARAH BANDUNGAN-SUMOWONO. ESTIMASI WAKTU MUNGKIN ADA SEDULUR LAIN YANG LEBIH FAHAM, NUWUN.

  37. trpaksa buka d Explorer mobile dech aly lwt Opramini 10 tampiannya Ok tp bebannya gede (bikin pulsa kere) n loadingnya staon klo buka n coment
    asyik da
    @kimas agung_salim dulu ah…..piye warkahipun Ki?sampun wiluya jati jatining wiluya nggih?
    @ki genit_aku bo’yo dibagi rondo telese to Ki…..wt jamas pusoko ku iki Keris tunggak Nusa…hekhekhek
    @Om Karisan Wildan_Gmn Om sp yg mnang Om?

  38. masih mengamati & mencermati.
    @ki cungkring,
    sya yg menang. Lmyan dpt 1 juta.
    I luv yu pull ki nico.

  39. mas agung®& mas ahmadrock: terima kasih infonya…..
    mudah-mudahan bermanfaat bagi dulur KWA semua yg akan ke sana….

    monggo dipun lanjut…. aku tak makaryo rien enggih….

  40. @ mas ahmadrock : takutnya nanti kalo masuk kota malah muter2 kecuali kalo memang mau cari lesehan dulu :D atau ngampiri saya he…he..
    @ mas cungkring : masih agak senut2 dikit :D

  41. @ mas agung…iya juga sih..tapi khan lebih enak mas bisa leyeh2 dulu..mudah juga kok mas .asal jgn salah jalan tak tau nya malah ke sk ..he.he.he..

  42. hekh hekh hekh…kakek nanti di jemput ya dah tua dah gak jelas lht jalan..kl lht rondo teles masih jelas hekh hekh hekh…
    nakmas cungkring nanti aja kl dah nggak gitu teles rondone saya kirim hekh hekh hekh….

  43. salam salim tuk
    @ki BC
    @ki ageng jj
    @satrio mataram
    @mas agung
    @ahmadroc
    @kakeh g
    @star negh
    @noname
    @dan semua yg hdr..
    salam takzim lan rahayu slalu..smoga smuanya dlm keadaan sehat waafiat..amim

  44. @Kimas Agung_sakit gigi to Ki?klo d Cerbon biasanya dkasih trasi mentah pd lubang gigi yg brlubang Ki…..
    @Om Ahmadrok_aduch sy pake Windows Om,pk Operamini 5.1beta bs g y Om……

  45. @noname
    btl skl…tp muda2han msh dlm keadaan sehat2 dan dlm kedamaian slalu.,
    @cungkring c
    ada yg skt gigi to..sapa yg sakit.?

  46. @ mas cungkring : giginya oke mas, gusinya masih agak sedut senut :D
    @ kakek genit : tunggu di tugu muda ya, sambil mandi2 dulu disitu he…he… aku sambil makan di warung soto samping jembatan penyeberangan pasar bulu :D

  47. @star negh
    insaallah ikut dan mau skalian ke jw timur..
    @noname
    kl mau ikut ayo2 aja..
    mau ga non.?

  48. @star negh
    he3.haah awas kualat lo…masak ki rektor di gituin..
    tp oke jg lo…bisa di simpan buat jimat..hahaha.

  49. @mas agung
    pakek ayat kursi aja..bc thn nfs dan ayat terahir bc 7 kali dan mtk karomahnya lalu di tiupkan ke 2 gelas air..yg satu gls pake garam utk di kumur2 dan yg tdk pake garam di minum…

  50. @no name : salam pamujunge rahayu om,,tetep donk om semangat teruz tp cm nyimak
    @laskar cinta : salam karaharjan om,ane nyimak dari sudut kampus yg gelap pluz penuh harapan …he he
    @m khozin : salam salim salaman,,ijin ngangsu kawruh om
    @all : salam katresnan dr segenap bolowongalus

  51. @laskar cinta
    @wagiman ww
    @MrZn
    salam takzim slalu..
    @kakek g
    kenapa ki matanya..
    klilipan nopo.?
    @star negh
    cb di ganggi ki bc nya.! jgn ngintip aja kt…ha3,

  52. Tetep nyimak aja dari tengah samudra, jga sekalian mau minta maaf krn selama ini koment2 saya g sesuai dgn isi artikel

  53. wah@ki bayu digdoyo
    uda hadir ni..
    ki bayu kmh damang.?
    e ya hr rabu kmr byk yg dtg apa ga.?
    salam salim slalu..

  54. @laskar cinta
    nyanta aja saudaraku…emang nyimpang kmn..? nyimpang ke samping kanan apa kiri..he3.

  55. @nöname
    ya ntk bareng aku ya jgn kuatir ntk tak gendong ke mana2..he3.
    @ki bayu d
    mana ko ilang lg..!

  56. @Mbah Khozin A,,,halah kuat sampe mana bah gendongnya he2,,,

    @Om Star Night,,,takut digangguin om,,,ntar klo Mbah Khozin marah,,,semua dikeluarin qiqiqiqiqi,,,termasuk gembolannya,,,

  57. @noname
    hahaha..
    ya ntk kl capek mampir dl di ciamis…ke AA AGUNG dl..he3…
    wah jangan2 Aa agung da lahiran ni istrinya..

  58. @m khozin : wah repot2 om,,,om mbok sy di’scan truz dksh saran2 plus amalan yg pas gtu …

  59. @wagiman ww
    siap..ntk malam aja..skrg mau siap2 magrib dl injih..
    @star negh
    monggo2,sy jg mo izin magrib dl…monggo di lajeungken…

  60. Tambahan Iformasi bagi sedulur yg berdomisili wilayah CIREBON dan sekitarnya ( naik motor/mobIL/travel)

    CIREBON->BREBES->TEGAL->PEMALANG->PEKALONGAN->KENDAL->MANGKANG->TUGU/TAMAN LELE->JRAKAH->BUNDARAN KALIBANTENG->AMBIL KANAN SEELAH LAMPU LALULINTAS LURUS SAJA JGN KEKANAN MASUK KE JALAN PAMULARSIH->LURUS SAMPE LAMPU LALULINTAS PEREMPATAN DONG BATU AMBIL KANAN IKUTI JALAN KETEMU LAMPU LALULINTAS PEREMPATAN KALIGARANG (JEMBATAN SUNGAI BANJIR KANAL TIMUR) LURUS SAJA IKUTI JALAN SAMPAI LAMPU LALULINTAS PEREMPATAN DEPAN RS KARIADI->AMBIL KEKANAN LURUS DAN KEKANAN LAGI MENUJU JL.GAJAH MUNGKUR-LURUS IKUTI JALAN KEARAH BANYUMANIK-UNGARAN – KARANGJATI-BAWEN-LEMAH ABANG-AMBIL KANAN MASUK KE GANG YG MENUJU KEARAH BANDUNGAN ( SAMPE LEMAH ABANG TANYA ORANG JL YG MENUJU BANDUNGAN ) +- 50 K / 45 MENIT SAMPAI GEDONG SONGO.

  61. Assalaamu’alaikum……
    Para sadulurku yg sgt sy hormati dan rindukan canda tawa dankeberadaannya…..
    @Aa khozin ku
    @Aa Bhatara Khrisna
    @Noname
    @Wagiman WW
    @Laskar Cinta
    @Star Night
    @All…..
    Mohon maaf Akang2 ku semuanya… sy slm ini tdk bs kumpul ngariung di kampus tercinta ini dikarenakan ada hal2 yg teramat sulit u/ diutarakan…..
    @Aa khozin
    Aa ku sayang….sy sgt merindukan mu, adakah kanda ku baik2 saja..?
    @noname, star night, wagiman ww, laskar cinta, arek ilank…
    sy sgt merindukan sorak2 na, mari kawanku…marilah kita mulai sorak2 lagi…!
    Dan teruntuk para sesepuh dan pinisepuh semuanya….mohon dimaafkan tingkah laku sy yg tidak mengenal kesopanan dan tatakrama. Mohon di maafkan!

  62. @m khozin : he he sy tunggu tar mlm om.,mari2 mnjlnkn sholat maghrib
    @agung : salam karaharjan om,smg alloh swt meridhoi hajat anda om…salam hangat ..

  63. @Wagiman WW
    Terimakasih Om, semoga Gusti Alloh senantiasa melindung Om sekeluarga…!
    @All…..
    Mohon pamit…adzan maghrib sudah berkumandang….!

  64. @mas aji sm..salam rahayu..maaf br bisa bls sms nya soalnya td sore saya charge..barusan saya hidupkan..naik aja mas ke jur terboyo byk kok lwt dkt twg,lalu dr terboyo naik jurusan dmk bnyk mas.dari masjid agung dmk jalan aja atau ojek ,tanya aja ke kadilangu dekat kok mas.., ke kadilangu itu arah jur demak – purwodadi.

  65. ..assalamualaikum sadayana…
    wah wah wah..
    @AA agung
    sdh mulai masuk kelas lagi..mana3 AA ku sayang ayo2 monggo di mulai pelajarannya A..e ya..
    gmn A kabaripun.? sehat2 aja A.?
    salam takzim lan damai slalu utk njenengan sekeluarga A.,
    dan salam damai slalu utk semuanya hadir.trims

  66. @Aa khozin
    Alhamdulillah A…Gusti Alloh sdg menunjukkan jalan bagi sy dg caraNya yg sungguh sy tidak sangka2….!
    Benarkah Om NoName ke Ciamis A…? sayang sy tdk ketemu…!

  67. @AA agung
    btl A,wah sukurlah kl njenengan baik2 dan sehat slalu..aku kangen lo…he3
    @wagimaw ww
    salam salim kangge njenengan ki,smoga baik2 slalu..
    @trinity
    kamana wae..ko baru ketingali
    dan dulur2 smua..salam damai slalu..

  68. @Putra Sapto Argo Al-Awwam/Angker Ludiarto
    Selamat malam Om…..saam takdzim kahatur kanggo panjenengan….
    @Kang Sugeng
    Wa’alaikum salaam….
    Salim kenal Kang…!

    @Trinity
    Dulurku…..kumaha damang….?

  69. waaah asyik team sorak-sorak bergembira sudah pada kumpul,tinggal 1 yg lom dateng om LC,
    Acara pertama dimulai sambutan dr ketua team,mbahk hozin menyambut kehadiran anggota yg agak lama absen yaitu mas agung
    Monggo mbah khozin sambutanx dipersilahkan,,,,,,
    @kangmas agung gimana kabarx kok lama g hadir,smoga sehat2 aj zaa,salam kangen dari ku kangmasku yg guanteeng,,,

  70. waaah lengkap sudah,he,,,,he,,,,
    @kangmas agung,katax mbah khozin kangmas abis bertapa zaa,crita dikit doong pengalamanx,,,,

  71. @arek ilank
    sambutan di mulai..he3
    @AA agung
    ayo sambutan ke 2 di mulai..
    @laskar cinta
    bagian penutup doa..
    @trinity
    ayo masuk aja jgn incang nginceng malah2 ntk klilipen lo..he3..

  72. Agung@alhamdulilah..kbrnya sae pangestu kang…
    khozin@si mbah tau aja kl di intipi dr td…hehehe

  73. mbah khozin,om LC,non ame,kangmas agung,om WWW,kok tumben agak sepi,yg laen pada kemana yaa????
    jngn2 pada wirid asrx om silbi,,

  74. @noname
    selamat malam say..
    tu itu ada AA agung tu.. cb di salamin dl..
    bia ga kabur..he3
    @wagiman ww
    sabar ya..pokonya uda ada yg bgs2 dlm tbh njenengan…swn
    @triniy
    ayo siap2 brangkat ntk ok…

  75. @Mbah Khozin A,,,,wah ternyata panggilan bathinku di denger sama mbah,,

    @AA Agung,,,mangga bareng2 ndeprok disini,,,

  76. @Om laskar,,,semangat malam om,,,sy jg mw menanyakan hal yg sama ke mbah khozin eh malah keduluan sama om laskar he2,,,

  77. @noname
    ayo di tarik lg…sekuat kuatnya..he3
    @arek ilang
    ayo di minum kopinya jgn menneng wae..tu laska cinta jg ikut2an wenneng..he3

  78. @m khozin : he he gtu ya om,,,ane te2p sbr om menanti …
    @laskar cinta @no name @arek ilank @aa agung @all salam rahayu lan semangat malam

  79. @noname
    katanya ada aja….
    ya muda2han aja sgalanya lancar2 aja..apun itu bentuknya…
    @trinity
    kmn..?..ayo melle…trus..
    @laskar cinta
    ayo semangat malamnya..mana.?

  80. @Aa khozin
    Wah wah….panjenengan ternyata….oh ternyata….???
    Aa….Sssttt… biar NoName penasaran A…!

  81. @ujang
    ayo monggo mdeprok sambil di unjuk kopinipun…ga usah sungkan2 ninjih..
    @laskar cinta
    tubuh njenenengan wis bgs gt ko..he3,body atletis..ha3.

  82. Tenang om2 aq yg guanteng2(coz udah pada laku) he he…
    Ane msh setia menanti ijazah dr om khozin …biar yg bgz jd tmbh mantep lan mustajab…he he

  83. @Om Agung,,,sanes abdi om,,,mbah khozin yg ke ciamis,,,kmaren nanyain no nya om agung,,,sapa tau katanya bisa mampir klo g salah beritanya bgt he2,,,

  84. @khozin A,atletis apanya mbah? Atlantis kali :D, mbah ini doa apa mbah “KAYUN DAIM LAYAMUTA ABADAN”

  85. @laskar cinta
    Rahasia diatas rahasia…diatas rahasia diatas…rahasia dibawah rahasia….rahasia yang dibawah…???
    Hahaha…..!!!

  86. @khozin A,nah itu dia maksud saya mbah….
    @laskar lembu suro,cma sorak2 aja om, namanya jga regu sorak2 :D

  87. ??????
    Kok jd serba salah,mang lg ngomongin apa siih????,yg jls gitu looh,,,,!!
    (bingung ndhot com)

  88. kok pada maen tebak tebakan,kok belum d sesepuh turun gunung n memberikan secuil ilmunya?????

  89. @Mas Jaluaji
    Selamat malam Om…salam takdzim kahatur kanggo panjenengan…!
    @All….
    Mohon pamit dulu sadulur semuanya, mohon maaf apabl candanya kelewatan…!

  90. curhat dikit ye, barusan ane di telpn bini ane, ada orang lewat depan kamar sama suara gemerincing seperti bawa kunci, dikirain bini ane bokap, ternyata ditengok bokap lg bobok dibawah depan tv, wah siapa nih gerangan …?

    triwingin dong mbah2

  91. @mas agung,monggo mas,,,,makasih udah mau nemani ngobrol kami disini,selamat beristirahat smoga esok bisa ketemu lg&ngobrol bareng lg disini,
    @om LC,sy sendiri jg g tau lg mbahas apa???
    Ya udah ganti topik aj skrng,,

  92. drpd sepi…..sedikit kidungan aja…

    DA DUMADINING DZAT KANG TANPA WINAGENAN
    LA LIR HANDOYO PASEBAN JATI

    monggo sedulur , dibahas bareng…
    damai di hati.

  93. @mas jaluaji,waah kykx tukang trawang udah off duluan deeh,,,,
    klo di team sorak2 bergembira yg bisa za mbah khozin aj,cuma klo yg laen ada yg bisa monggo dibantu mas jaluaji yg lg butuh,,,

  94. @ sam j4ri …
    yo opo ker rabake .ayo utemo ojok ndepis ae sam .

    @ mas jaluaji ..
    jawabannya sdh ada diatas .

  95. poro sesepuh lg males masuk paling zaa,habis tiap jam segini slalu bwt begojekan aj siih,he,,he,,,

  96. @ TA KWA

    DA DUMADINING DZAT KANG TANPA WINAGENAN
    LA LIR HANDOYO PASEBAN JATI

    wah sedulur saya belum bisa menjangkaunya, kekekekke
    rasane iki yo termasik bahasane wong seng uripe 1000 tahun iku lho … he he he ..

    Monggo mas TA KWA dijabarkan.

  97. Mbah@khozin A nya mana ini,pertanyaan saya blm d jwb nih
    @tarjo,salam om,doa itu lakune piye om?

  98. sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    sunyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    ass.
    selamat malam om wagiman wara wiri……

  99. Assalamualaikum
    Semangat malam menjelang dini hari ke dulur semuanya, khususnya:
    @Satrio Mataram
    @Wagiman WW

    Izin nyimak ngih

  100. PEMURAH TAPI MASIH BERHARAP SEPERTINYA JUGA MASIH BERTENTAGAN DENGAN #JANGANLAH KAU MEMBERI DENGAN BERHARAP UNTUK DAPAT YAG LEBIH#………..BISA JADI BERHARAP PADA TUHAN UNTUK DIJADIKAN AMAL SHOLEH PUN………..ITU BISA MEMBATALKAN PEMBERIAN TADI……YAH HANYA NUMPANG SHAREEEEEEEEE

  101. assalamualaikum wr wb
    ikut nyimak terus sampai anak istriku ngajak malam mingguan.Amin.

  102. reinkarnasi……….dalam kitab alquran adalah bagi mereka yang dipilih oleh ALLAh………………..tidak semua manusia dapat berreinkarnasi…………….wujud reinkarnasi………….ya manusianya lain tetapi ruhnya sama…………..
    ini bisa ditelaah pada saat kita dijinkan untuk mengetahui……….diri kita yang telah lalu……………………………ataupun kita akan diberi tahu siapa kita pada saat yg lalu dan siapa kita yg akan datang……………itu sangat mudah bagi ALLAH……………namun bagi kita ya butuh perjuangan…………..hihkhihi………….gombal dikit boleh toh………….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s