“DUA BLOG SATU JIWA”


Ini selingan biar nggak mikir berat berat terus. Bahasa yang kami gunakan untuk menulis artikel ini pun bukan bahasa baku sebagaimana yang diajarkan di buku-buku. Kami menggunakan bahasa yang seringan-ringannya, sebagaimana sedulur semua yang isi komentar diblog ini. Jadi harap maklum saja hehe

Jarum jam menunjukkan pukul 20.00 WIB. Cuaca di luar agak dingin. Maklum musim hujan. Saya mengambil laptop dan meletakkannya di teras padepokan. Sejenak kemudian mas kumitir datang dengan menenteng notebooknya. Dua notebook kami buka bersamaan di tikar yang sudah usang. Tak lupa terlebih dulu olor olor kabel untuk colokan. Akhirnya, kami pun tenggelan dalam kesibukan masing-masing. Satu mentranslate naskah-naskah kuno, satu lagi membuka admin blog dan uprek-uprek jeroannya.

Kopi kental saya bikin. Air masak dan kopi sachet yang kami beli di warung tetangga pun kami tuangkan di dua gelas. Ditemani rokok, kopi pun siap disruput. Dua makhluk ini menjadi teman kami berkonsentrasi, menyuguhkan artikel-artikel di KWA. Biasanya semakin malam, Ki Camat juga mampir usai bertugas, sambil membawakan banyak bungkus rokok beserta isinya. Jadi bukan bungkusnya saja.

Lagu lagu mocopat pun kami putar, PRATIKELE WONG AKRAMI, DUDU BRONO DUDU RUPO….. AMUNG ATI PAWITANE….

Kami merasa sangat bahagia, bisa hadir menemani para sedulur se tanah air yang berkunjung ke blog sederhana ini. Kadang kami tertawa-tawa kecil membaca komentar dari para sedulur yang rata-rata lucu, remeh temeh dan menggelikan. Di sela-sela seriusnya artikel-artikel kiriman para sedulur yang ingin share, komentar lucu seperti PERTAMAXXX menjadi hiburan kami.

Kebahagiaan memang susah dicari di jaman serba materialistik ini. Dan entah kenapa kami menemukannya saat bisa menemani hari-hari sedulurku semua. Kami sadar bahwa sedulur pengakses blog sudah bersusah payah membuka blog, membaca artikel, dan mengeluarkan biaya untuk internetan… sehingga meskipun blog ini diracik secara sederhana, namun kami sungguh sungguh serius dan tidak pernah main-main menyajikan artikel.

Kami sadar, tugas kami cukup berat yaitu mengarahkan jalannya diskusi, jalannya arus pemikiran dan mainstream agar terwujud visi dan misi bersama yaitu melestarikan budaya kita sendiri. Blog KAMPUS WONG ALUS (KWA) untuk melestarikan budaya mistik nusantara yang selama ini tersimpan di tembok-tembok padepokan, sementara blog ALANG ALANG KUMITIR (AAK) untuk melestarikan budaya dan sastra yang selama ini berbentuk manuskrip-manuskrip yang ada di universitas baik di dalam negeri maupun kebanyakan justeru ada di luar negeri. Termasuk naskah-naskah yang ada di keraton.

Sesungguhnya dalam babad, serat dan suluk berbahasa daerah sangat kental dengan ajaran-ajaran tasawuf. Dan banyak orang yang tidak memahaminya karena keterbatasan bahasa. Di sinilah kenapa AAK ingin menyajikan dalam naskah aslinya karena bila distranslate ke dalam bahasa Indonesia akan mereduksi kekayaan maknanya. Kami memang sedikit banyak berhati-hati meskipun bermuatan ajaran tasawuf namun kami menyajikannya tetap dalam bingkai budaya dan sastra.

Di sela-sela aktivitas ngeblog, kami tidak beda jauh dengan sedulur semua. Kebetulan saya teman kerja dengan Mas Kumitir di sebuah instansi. Setiap hari saat istirahat kerja, kami cangkrukan di sebuah kedai kopi di pinggir kantor pengadilan. Setiap hari aktivitas di depan pengadilan cukup tinggi. Kendaraan kejaksaan hilir mudik mengangkut para tersangka yang akan duduk di kursi pesakitan. Kami pun merenung, di dunia ini banyak orang “salah”. Kenapa dianggap “salah?”

Itu karena di dalam pikiran masyakat ada sebuah konsensus nilai-nilai benar dan salah dan itu sudah terkodifikasi dalam norma dan aturan hukum. Kami pun meneruskan laku olah pikir… Begitu dengan budaya. Budaya adalah hasil olah kamanungsan, ya olah pikir namun ya olah batin.,, sehingga akhirnya kami pun ingin sedikit urun saran agar para sedulur semua memiliki preferensi nilai-nilai pembanding, baik buruk benar salah indah dan tidak indah. Inilah budaya yang lebih luas cakupannya daripada hukum.

Negara dikatakan negara maju dan modern bila memiliki kesadaran tinggi terhadap budaya. Bila orang punya kesadaran budaya yang tinggi maka dia akan menjadi pribadi yang disiplin, taat aturan, menjunjung tinggi etika dan sopan santun dan sebagainya. Agka kriminalitas akan menurun bila orang-ornag berbudaya. Nah, bukankah ini juga sesuai dengan anjuran agama? Kenapa di negeri tercinta ini warganya masih enggan untuk memajukan sektor budaya? Budaya masih dianaktirikan dan dipandang sebelah mata oleh pengambil kebijakan. Selain pembangunan fisik seperti jalan raya, gedung-gedung, dan jembatan. Pembangunan juga harus menyasar dan menyisir wilayah-wilayah psikologi sosial masyarakat, serta budaya.

Oh, kok serius banget kita ngobrolnya… Saya akhirnya terpaksa menghentikan artikel ini karena kemudian ngelantur terlalu jauh. Inilah kesalahan saya, yang kebanyakan minum kopi dan rokok klobot khas pak tani. Maklum, dompet kami tidak tebal tidak setebal para koruptor maupun markus hehe.

Kopi pun kami sruput kembali, lho mas… kok pulsanya habis.. terpaksa kami pun pergi ke penjual pulsa agar bisa internetan kembali dan upload naskah para sedulur KWA…. ahai, Ki Camat datang, sosok dewa penolong ini pun mengeluarkan selembar melati untuk beli pulsa berdua… satu bulan ke depan, nyawa dua blog ini pun selamat.

Nuwun, salam KWA-ngen dari kami berdua….

Sidoarjo, 12 Desember 2010 Pukul 23.20 WIB

WONG ALUS
MAS KUMITIR

Categories: >DAPUR KWA | 144 Komentar

Navigasi pos

144 thoughts on ““DUA BLOG SATU JIWA”

  1. wanbiz1

    absent

  2. Adim

    2

  3. wanbiz1

    lho pertama ya

  4. Adim

    all sugeng dalu saudaraku

  5. ari.hermana

    Salam
    @ Ki Wongalus
    @ Ki Alang Kumitir
    @ Semua sesepuh dan Warga KWA

    selamat malam, ijin nyimak

  6. Adim

    derek nyimak

  7. JOYO SENTIEK

    Wahh..manthabb….
    monggo di lanjut……………….

  8. ta KWA -----

    .
    .
    .
    .SALAM…SALAMMMmmmm….

  9. wanbiz1

    Ki Wong Alus, Mas Kumitir pulsa besok bisa meluncur ke nomor mana ya

  10. paing

    tes…tes

  11. paing

    absen pagi nderek nyimak

  12. Adim

    Ki wongalus sama Ki Kumitir
    fotonya kok nyentrik banget …
    KWA ngen aku …………hihih
    rupanya foto itu di padepokan ya ..

  13. OPIN

    slm bwat kel bsr kwa jg poro sesepuh.

  14. @MAS WANBIZ1; kami berdua mengucapkan terima kasih. Sudah ada dewa penolongnya alias penyandang dananya kok.
    @All sedulur: salam paseduluran.

  15. salam buat keluarga besar KWA
    khususnya buat kasepuhan yang lagi sibuk di padepokan.monggo dilanjut.

  16. @haji adim: ini foto barusan di padepokan gebang sy, bukan di dhandanggulanya ki camat. tabik pak haji wkwk!

  17. wakgondrongx

    ingkang kinurmatan..
    @mbahe wong alus
    @mbahe kumitir
    @mbahe dimyati
    @ki angdidi
    @ki opin
    @ki paing
    @ki wanbiz1
    @ki ari hermana
    @ki joyo sintienk
    @ki ta kwa
    @ki …dan mbah2..ku sesepuhku semuanya…
    SEMANGAT TENGAH MALAM ….
    ijin nderek mbakar mbako 234 njih……….

  18. suwanto

    salam ragem sllu..
    ki wongalus
    mas kumitir
    pa camat hehee
    matur suwun,maju terus…”

  19. wanbiz1

    insyaalloh besok meluncur yang di nomor anggota

  20. wanbiz1

    mbah gondrong podo mbah bakar bako 234

  21. Adim

    O ia .. begitu ya… mbah kyai ki wongalus
    sekarang sy juga turut gembira dengan adanya berita ini pokoknya kalo apa saja sama ki Camat di jamin semua lancar tanpa halangan …
    kmarin waktu disana sy bilang sm ki camat ..
    ki kalo nanti sy berobat kesini biayanya ki ??? … bawa pisang satu tundun ( jwb ki camat ;.. hihiihi ternyata ki camat jg ahli dlm begurau)
    beliu ki camat juga mudah bergaul dengan semua kalangan ..
    waktu pertama sy masuk padepokan Ki camat yg menjamu pertama kali ..
    assalamualaikum ; ucapku
    ‘ monggo melebet … wonten seng saget kulo bantu ..??? jwb ki camat dengan tenang dan santai ; langsung saya semringahhhh.. gk katulungan
    bl..bla…bla.. sdt …. …

    wes pokoke mantep kalo tenan

  22. Salam…mana satu ki wongalus ya? Yang hisap rokok tue ke? hehehe…

    Gudang garam original sekotak pls…Di malaysia susah nak beli rokok tue…hehe

  23. Adim

    @ mbah gondrongx :… sugeng dalu mbah sugeng pinanggihan …

  24. @buyut gondrong x, ingkang kinurmatan dumateng buyut gondrong x kang putra wayah saking bang wetan mugiyo kaparingan 234-ipun, amargi sampun telas klobot kulo….. nuwun yut, salam KWA-ngen bebuyutan.

  25. wanbiz1

    Mas Adim rame mas warnete, kok jam semene isih online

  26. fandholin

    salam kenal

  27. ta KWA-ngen

    salam KWA-ngen…
    ketularan bebuyutan.

  28. fandholin

    salam kenal kagem para sesepuh di kwa ini lan nderek nyimak aja.

  29. Adim

    @ wanbiz1 ….saudaraku
    warnete sekarang tetap rame terus udah ada yg jaga kadang2 tutup jam 3 ato jam 4 pagi. anehnya kalo bulan puasa tutup jam 6 ato 7 pagi pull ; skarang posisi sy ada di lab komp SMP lagi di servis besok untk praktik siswa nih ada mas puji dan mas khoiron

  30. wakgondrongx

    @mbahe dimyati; pripun kabare ponak anku mbah..wis iso melek merem ta durung……..
    @mbahe wong alus; monggo2 mbah..menawi kerso mbako 234, spesial kagem panjenengan,mboten usah ngangge klobot, namung mbako thok…ben kados mbah buyut jaman singen….nginang+susuran……..huwahuhuhuhu…

  31. @pak ustadz Fandholin: salam kenal, salam takzim semoga selalu KWA-ngen dgn sedulur kwa yang suka cengengensan … lanjut ustadz

  32. ta KWA-ngen

    Tottenham Hotspur ( 1-1 ) Chelsea FC

  33. wanbiz1

    Alhamdulillah mas, monggo mas adim selamat bekerja , sugeng ndalu mas

  34. om makruf ngidam rdr

    salam takzim
    @ ki wongalus
    @ fandholin
    @ ta KWA-ngen
    @ Adim
    @ Panji Hitam dan semua kelurga besar kwa salam persabatan
    izin nyimak sambil minum kopi..injih

  35. @buyut gondrongx: siapppp dikirim mbaku susur 234-nya. Tapi kulo sawang panjenengan sakniki semakin waskita yut… wonten aura syekh jangkung-nya. nopo panjenengan salah satu keturunan beliau njih????

  36. wanbiz1

    sampun jam 02.00, @ALL sedulurku kabeh nyuwun pamit nggih

  37. @habib makruf: salam persahabatan juga. pokoknya zen lah bib… mantaffff kofi-nya

  38. ari.hermana

    @ Wakgondrongx : semangat malam juga n bagi2 234 nya mbah.. 🙂

  39. pak yai wan biz: monggo pak yai… nitip doa restu semoga hidup kita semua barokah… nuwun

  40. ta KWA-ngen

    .
    sedulur KWA sak donyo …yg selalu ta’ KWA-ngen i ,
    waktunya nyuwun pamit,
    salam KWA-ngen selalu ..

  41. om makruf ngidam rdr

    @ ki wongalus jadi malu orang embongan di panggil habib…ya apa si ki…
    lagi ngidam ki….hihihi

  42. @sampun titi wayah rahina, kawulo badhe ngayahi jejibahan ngeleramen raga ngeningaken cipta meminta sihing Gusti. Mugio poro sedulur KWA tansah pinaringan SIH KAWELASAN SAKING GUSTI INGKANG AKARYO JAGAD. Nuwun.

    Dhumateng buyut Gondrong x ingkang kinurmatan, nuwun berkah lan pangestunipun. Salam KWA-ngen bebuyutan ngantus KWA-lik KWA-lik….

  43. wakgondrongx

    @ki fandholin; wa alaikum salam warohmatulloh wabarokah…..jangan cuman nyimak aja lho ki,..entar panjenengan bisa sakit perut, sebab terlalu banyak menahan ketawa ketika menyimak anehdot komen2nya mbahe wong alus cs……

  44. OPIN

    sy msh setia menyimak wejangan2 poro sepuh sedoyo…

  45. Rama Munding Wangi

    duhh beliau berdua ini pembawa obor kebangkitan…sehingga kita smua melek berbudaya berbangsa dan bermistik nuswantara hehehe Salam smua sedulur,madju teruss pantang pulang sbelum padamm….

  46. wakgondrongx

    @mbahe wongalus; monggo2 mbah kulo derek aken, semangat nglampahi KWA-jiban dalu,….sami2 nyuwun berkah pangestunipun njih…,mugiyo anggenipun bebuyutan ingkang KWA-lik.. KWA-lik meniko,sageto nambahi KWA-ruh supados mboten ndadoske KWA-tir lan KWA-lat………..

  47. Salam kasih sayang dari Malaysia ki om makruf…

    🙂

    Sejak menjadi keluarga besar KWA,susah plak mau tidur…belum habis nyemak ilmu2 di blog KWA kesayanganku ini…hehe.

  48. dimAsYuDie

    augeng Dalu kagem..
    @ Ki Wong ALus
    @ kangmas Kumiter
    @ KI ta KWA-ngen-I
    @Wak Gondrongx
    @Ki Fandholin
    @KI Adim
    @KI PAnji HITAm
    @ ki WAngDIDI
    @ki Ari.Hermana
    @ki Suwanto
    @ki Opin
    @ki Pahing
    @All BONGSO WONGALUS Semuanya Slam Rahayu Kagem Sedhoyo Kemawon….

    SAlam Peseduluran Buat Semua Warga KWA yang Aku KWAngeni…

  49. Adim

    @ mbahku gondrongx keponakan panjenengan saniki sampun saget merek melek bileh nek nangis nuwn mimik susu panggilane omi mbah saniki sampun angsal 2 sasi …pendongane mawon mbah supadoso dados yugo inkang beto manfaat finduynnah wal akhiroh amin…

  50. Adim

    @ mbahku kiwongalus …;
    panjenegan tilem sak sholate Ki …pripun niate ki … monggo kiwongalus supadoso kalebet teng gusti kang moho asih ,,,

  51. OPIN

    ALLAHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD SHOLAATAN TULQII BIHAR RU’BA WAL HAIBA FII QULUUBIL KAAFIRIN WAL MUSYRIKIIN WAZH ZHOLIMIIN WAL MUNAAFIQIIN WAL MUFSIDIIN WA ALAA AALIHI WA SHOHBIHI WA SALIM.

    shalawat ini dinamakan SHALAWAT HAIBAH.
    diamalkan tiap2 slesai sholat 5 wkt seikhlasnya ataublh jga sebyk 41x.

  52. Adim

    @ OPIN
    monggo faedah lan manfaat dipun babar …

  53. Adim

    monggo seng segat kados mbah gondrongx menyusun kalimat saikhul kalam dari KWA … ..
    mantaap mbah

  54. wakgondrongx

    @mbahe dimyati; amin..amin….mugiyo dados yugo ingkang mikul dhuuwur mendem jero…..
    monggo mbah ,suluk sang salik ipun dipun kumandangaken, minongko gantose kidung rumekso ing wengi……….mbah sunan kali…

  55. Adim

    By Kanjeng Wali Sunan Kalijogo

    Ana kidung rumeksa ing wengi,
    Teguh ayu luputa ing lara,
    Luputa bilahi kabeh,jin setan datan purun,
    Paneluhan tan ana wani, miwah panggawe ala,
    Gunane wong luput, geni anemahan tirta,
    Maling adoh tan ana ngarah ing kami, guna duduk pan sirna.
    Sakehin lara pan samja bali,
    Sakehing ama sami miruda, welas asih pandulune,
    Sakehing bradja luput, kadi kapuk tibanireki,
    Sakehing wisa tawa, sato kuda tutut,
    Kayu aeng lemah sangar songing landak,
    Guwaning mong lemah miring, mjang pakiponing merak.

    Pagupakaning warak sakalir,
    Nadyan artja mjang sagara asat,
    Satemah rahayu kabeh, dadi sarira aju,
    Ingideran mring widhadari, rinekseng malaekat,
    Sakatahing rusuh, pan dan sarira tunggal,
    Ati Adam utekku Bagenda Esis, pangucapku ya Musa.

    Napasingun Nabi Isa luwih,
    Nabi Yakub pamiyarsaningwang,
    Yusuf ing rupaku mangke,
    Nabi Dawud swaraku,
    Yang Suleman kasekten mami,
    Ibrahim nyawaningwang,
    Idris ing rambutku, Bagendali kulitingwang,
    Abu Bakar getih, daging Umar singgih, balung Bagenda Usman.

    Sungsumingsun Fatimah Linuwih,
    Siti Aminah bajuning angga,
    Ayub minangka ususe, sakehing wulu tuwuh,
    Ing sarira tunggal lan Nabi, Cahyaku ya Muhammad,
    Panduluku Rasul, pinajungan Adam syara”,
    Sampun pepak sakatahing para nabi, dadi sarira tunggal.
    Wiji sawiji mulane dadi, pan apencar dadiya sining jagad,
    Kasamadan dening Dzate, kang maca kang angrungu,
    Kang anurat ingkang nimpeni,
    Rahayu ingkang badan, kinarya sesembur,
    winacaknaing toja, kinarya dus rara tuwa gelis laki, wong edan dadi waras.

    Lamun arsa tulus nandur pari puwasaa sawengi sadina,
    Iderana gelengane, wacanen kidung iki,
    Sakeh ama tan ana wani,
    Miwah yen ginawa prang wateken ing sekul,
    Antuka tigang pulukan, mungsuhira lerep datan ana wani, teguh ayu pajudan.
    Lamun ora bisa maca kaki, winawera kinarya ajimat,
    Teguh ayu penemune, lamun ginawa nglurug,
    Mungsuhira datan udani, luput senjata uwa,
    Iku pamrihipun, sabarang pakaryanira,
    Pan rineksa dening Yang Kang Maha Suci, sakarsane tineken.

    Lamun ana wong kabanda kaki,
    Lan kadenda kang kabotan utang, poma kidung iku bae,
    Wacakna tengah dalu, ping salawe den banget mamrih,
    Luwaring kang kabanda, kang dinenda wurung,
    Dedosane ingapura, wong kang utang sinauran ing Yang Widdhi, kang dadi waras.

    Sing sapa reke arsa nglakoni, amutiha amawa,
    Patang puluh dina wae, lan tangi wektu subuh,
    Lan den sabar sukur ing ati,
    Insya Allah tineken, sakarsanireku,
    Njawabi nak – rakyatira,
    Saking sawab ing ilmu pangiket mami, duk aneng Kalijaga.

  56. salam salim to:

  57. wilujeng dalu kagem sedayanipun …

  58. salam salim to:
    @mbah gondrong,
    @ki wong alus,
    @mas kumitir,
    @ki camat,
    @ki bengawan,
    @adim,
    @opin,
    @kang sugeng,
    @sedulur kwa semua…smangat pagi….ikut absen, dlm keheningan mlm…

  59. OPIN

    >adim
    faedah/manfaat SHALAWAT HAIBAH scr umum insyaALLAH ;
    keselamatan,kewibawaan,kekuatan,pengasihan,perlindungan diri,dsb.

  60. @adim:salam hormat ki…
    d babar sxan aj kii….kyknya mantap juga,,kidung ini merupakan kidung yg ckup andalan saat itu…kadang d gunakan sbg obat orang2 sakti pda jamanya,penjaga,dll…jin setanpun ga brani mendekat….d baris awal kalau ga slah artinya,,ada nyanyian yg menjadi penjaga malam…salam salim,salam hormat ki….

  61. Jhon Tralala

    Saya wariskan kepada para sedulur cara membuat kantong aladin…

    Amalan ini berguna untuk memunculkan uang secara ghaib dan tiada habis – habisnya dari sisi Allah yang halal untuk dipakai.

    Syaratnya sediakan kantong uang yang terbuat dari kain mori putih, lalu sisi didalamnya perak tipis 3 gram dan uang sebesar 40 buah uang 10 ribu. Kemudian puasa sunnah selama 21 hari, dan amalannya dibaca 111 kali setiap selesai sholat fardhu dan 570 kali pada malam hari setelah sholat hajad pada kantong uang tersebut.
    Amalannya : “Bismillaahirrahmaanirrahiim. Wamay yattaqillaaha yaj’al lahu makhrajaan. Wayarzuqhu min haytsu laa yahtasibu, waman yatawakkal ‘alallaahi fahuwa hasbuhu, inna allaaha baalighu amrihi qad ja’alallaahu likulli syai-in qadraan.”

    Setelah selesai, sedekahkanlah 10 lembar uang didalam kantong tersebut ke 10 tempat yang berbeda. Insya Allah akan tak lama kemudian akan muncul uang ghaib yang sangat banyak dalam kantong tersebut.

    Ambillah uang tersebut 40 hari sekali sesuai keperluan,janganlah tamak…

  62. ban bocor

    ijin nyimax

  63. k_angelous

    Assalamualikum WrWb.

    Salam salim untuk Ki wong Alus dan para sedulur.

    Usaha panjang yang penuh pengorbanan untuk menyatukan sedulur-sedulur yang memiliki perhatian ,minat dan jiwa yang sama.sepertinya remeh tapi semuanya dipikirkan dan tidak main-main penyajian nya.

    Wasalam

  64. erbede232

    Asswrwb.
    Salam salim dhumateng Ki Alus, Ki Kumitir, Ki Adim lan sedherek sedaya.
    Saya sangat bersyukur bisa belajar di KWA ini. Terima kasih, terima kasih dan terima kasih.
    Wasswrwb.

  65. triwiyono

    assalamualaikum
    semangad pagi selur kwa….
    mantab nih Posenya.. hehe
    Salim sungkem kagem Ki alus, Ki kumitir., Ki camat…

  66. sunar

    aku nyawang srengenge,sorote sengenge,nuwuno rosa lan kulitku,seger waras panjang umur. salam buat sesepuhku wong alus,ki kumintir dan ki camat krian.kapan ketemu dah kangen bamget nih,bravo KWA wongalus.wassalam

  67. assalm,wr wb.salam bahagia buat KI WONGALUS,KI KUMItir,KI ADIM DAN SEMUA nya saya senang membaca blok KWA dn senang menjalin bersaudaraan,kwa ada asa,asi,asu itu yg kita harapkan semua .semoga kita mendapat kan ridho alloh swt.

  68. triwiyono

    Mbak Mencari Ridho Alloh Pada kemana tuh Huruf “H” nya.. hehehe..
    Salam Kenal Dan perseduluran…

  69. cong kenik

    Kagem Ki wong ALus, Ki adim, Ki Kumitir dan para sesepuh KWA bhatin, saking cong kenik. dan klo saya ada rejeki mau ikut ngidupen internetnya KWA walaupuntidak satu bulan dinomer berapa , saya anggota KWA 096 nuwun

  70. UNLUCKYMAN

    “sebuah harga yang harus dibayar seorang yang mempunyai cita-cita memberi manfaat bagi orang banyak”…….jempol…jempol…untuk om wong alus dan om kumitir….onward no retreat…..

  71. cong kenik

    ada yang ketinggalan maksud SALAM BHATIN untuk semua he he maklum sudah pelupa ……..

  72. cong kenik

    Salam KAgem Ki wong alus Ki Adim dan Ki Kimitir dan Parea sesepuh KWA serta Semua sedulur, Salam Bhatin Mohon maaf klo saya punya rejeki saya juga pengin ikut ngidupin internetnya KWA wallaupun tidak satu bulan. terus di nomer berapa, Saya Anggota KWA 096

  73. Momon

    slam sejahtera smuanya….

  74. @cong kenik, trimakasih sama perhatiannya pada kami tapi mohon maaf mas sebenarnya cuma guyonan…. kwkwkw…. sebetunya kami sudah mendapat sumbangan dari Ki Camat Krian setiap bulannya.

  75. @Mas Kumitir, ah yang bener mas? mbok saya dibagiin juga donk.. wkwkwk… salam KWA-rasan!

  76. Absen siang, sambil nyimak…
    Salam Ki Wongalus dan sesepuh serta sedulur semua, semoga hari ini panjenengan semua hari ini dimudahkan segala urusan, diganjar kesehatan. Amin

  77. salam rahayu ..all kwa.,.mas kumitir blognya isi berbobot ..sudah lama aku jd pembaca blog mas kumitir.cm jarang komentar.he.he.he..numpang blog jg mungkin jd pembelajaran ..http://minary.wordpress.com/2010/12/13/kisah-ustadz-salah-gunakan-ilmu/#more-540

  78. jatiraga

    ===========
    Qiqiqiqi

    Angg baru mau ikut linggih teng klasa …

  79. Masharis

    mantaappp… kopinya

  80. ===pak yai Jatiraga===

    siappp/….. monggo kopinya pak yai.. gantian saya yang suguh panjenengan..

    @mas haris: kalau habis kopinya nanti sy bikinkan.. santai saja mas..

  81. jatiraga

    @syeh Wongalus : matur nuwun… Uenak pollllll kopi kental manis ala sidoarjo mantapppppp

  82. Masharis

    @Ki Alus & @Ki Kumitir
    Semangat siang,.. Wuih uwapiiik tenan jan.. ki, entar tak bawa lodong ama teko, buat yang cangkrukan di padepokan jieh.. boleh ya..

  83. hekh keh hekh.. ngintip aja para sesepuh nyangkruk.. di pojok hekh hekh hekh… tidak lupa salim takzim…

  84. Masharis

    @KAKEK GENIT
    Mas Andra tadi malam main ketempatku..

  85. Ki Abduljabbar

    Weleh…weleh…. mantab dan santai Ki Alus dgn rokoknya, hhmmm…. mak nyusssss….
    Ki Alus kalau nembang mocopat, kesukaannya apa Ki?
    Pucung, sinom, Dandang Gula?
    kalau gak salah yg ditulis Ki Alus itu Pucung ya Ki?

    Salam takzim dan salam karahayon untuk seluruh sedulur yg ada di Nusantara dan seluruh Dunia. Salam kompak selalu tetap jaya di darat dan di udara dan laut (mirip semboyan TNI wakkakakakak ……..)

  86. Masharis

    Maju terus Ki Jabar … semangat siang..

  87. @Pak Kyai Sepuh Abdul Jabbar: semua senang ki… yah buat rengeng rengeng menghibur diri hehe… Kalau ki Jabbar apa juga senang etnik music?

  88. Ki Abduljabbar

    Apak khabar Masharis, sdh kangen lho aku karo panjenengan. Mau ngobrol-ngobrol lagi spt di Yogya dulu….. Insya Allah kletemu di Gedong Songo Nggih?

  89. Ki Abduljabbar

    Weleh…. Ki Alus… saya itu khusunya karawitan dulu waktu SMP ikut ekstra kulikulernya karawitan, nembang dan uro-uro tembang Macapat. Saking rindunya waktu di Vietnam, di hotel saya sampai nangis mendengarkan tembang Mocopat yg ada di Laptop saya …..
    Saya nggak tahu perasaan saya koq sentimentil kalau mendengar tembang Mocopat, merinding ……….

  90. Ki Sukma Rahayu

    Assalamu alaikum. Wr.wb.
    === SALAM DAMAI SELALU ===

    Salam Buat Sesepuh KWA semua, Semoga Senantiasa dlm Lindungan Alloh SWt.

    Maap Berkomentar dan Menulis disini.., Menyimak dan Melihat setiap hari sampai saatnya menulis, melihat Bagaimana Cara Kerja dan Kebersahajaan Sesepuh KWA ini, membuat saya terenyuh dan menulis komentar, tiada lain Yaitu:

    – Rasa Hormat untuk Ki Alus Dan Sesepuh KWA dlm menyajikan Setiap Postingan yg tiada Lelah dan Imbal Jasa.
    – Selalu Berpandangan Positif dan Berwawasan, Kebersahajaan, memberikan Rasa dan Aroma Kebersamaan.
    -Tiada Henti2nya Inovasi,Kreasi dan Kebersamaan serta menjadikan Setiap Langkah Tindakan menjunjung Tinggi Kebaikan Bersama.

    Semoga Alloh SWT memberikan Keberkahan,kebaikan,serta Keberuntungan Dunia dan akhirat., khususnya kpd petugas yg terus berinovasi dan Berkreasi Spy Menjadi maju dalam berfikir,berbudaya,beriman dan Kebersamaan.

    beauty of every season give your heart a beautiful reason to smile.
    May God suceed you in every exams of your life.
    Good luck and God bless you.

    I ask God to bless U, to guide U, to keep U safe, to give U peace, to give you joy and love all d time.
    Amien.

  91. ==yai sepuh Abdul Jabbar == wa.. betul ki… memang bisa bikin merinding tembang-tembang mocopat… powerful … ngalahin asmak dan hizib di kwa ini hehehe…. oke ki .. nuwun.. mau makan siang dulu ki…salam mocopatan

  92. Masharis

    Hahahahaaa.. Siap Ki Jabar, entar gedebugan ama hujan gerimis di Kedung Songo, Njih.. Sugeng istirahat Ki alus..

  93. salam kenal,, yang punya blog halus ya jadi dinamain wong alus??

  94. @KI SUKMA RAHAYU: salam hormat penuh persahabatan. Bila berkenan, monggo mampir ke padepokan sederhana kami di Sidoarjo Jatim dan menikmati pagi atau petang bersama-sama suguhan kopi manis beserta ketela pohon atau kacang godog. Saya yakin pengalaman tidak terlupakan bisa kumpul bersama-sama sedulur KWA Jatim yang bersahaja dan supersederhana. Ya memang seperti inilah keadaan yang harus dinikmati dengan penuh syukur sambil bertekad menebarkan benih-benih yang semoga ada secuil manfaat buat semuanya. terima kasih. Guten Tag.. Wassalamualaikum wr wb.

  95. Joko Umbaran 577

    @mbah gondrong,
    Assalamualaikum Wr.Wb kagem
    @ki wong alus,
    @Kimas kumitir,
    @ki camat,
    @ki bengawan,
    @Ki adim,
    @opin,
    @kang sugeng,
    @sedulur kwa semua
    sugeng siang sugeng rahayu dan persaudaraan kita ini bermanfaat sampai akhirat nanti.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  96. star night

    assalamualaikum semuanya absen siang

  97. Ki Sukma Rahayu

    Insya Alloh @KI ALUS Bila libur dan disempatkan pulang ke INA…Salam Takdzim Buat Panjenengan. amien.

  98. Salam karaharjan
    @ Ki Wongalus
    @ Ki Alang Kumitir
    jan melihat tarikan sedotan rokoknya mantab tenan dan gayeng dengan kopy pahitnya…..ki……rokok yg berenergi……asapnya rokok kemepuk ke angkoso yg di barengi dengan do’a…untuk karaharjan ke seluruh jagat raya……tal lupa alam Takdzim Buat Panjenengan berdua . amien.

  99. salam salim buat ki wong alus,mas kumitir,mas haris,kakek genit,,ki abdul jabar,star night,ki sukma rahayu,joko umbaran,mbah gondrong,kang begawan,mas teno,mas ilman,mas wawan,mas elank,ki dagoel,mbah adim,om iblis,bg munif,dkk…..ikut ndeprok,ikut absen,,ikut degerin tembang2nya….xiixiixixiixixiixixixiixii,,

  100. Laskar cinta

    Wuih…. Para sesepuh lgi ngumpul d sini rupanya, salam salim buat para sesepuh semuanya, ijin nyimak dari jauh aja,dari atas gunung di tengah laut

  101. ario.muhammad [ mas.rio ]

    @salim ki.wong alus/@mas.kumitir..wah keliatanny nyantai banget sambil menikmati rokok plus kopi kentalny.. rasany pengen gabung duduk bersama dengan sesepuh…he.he.he..

  102. ario.muhammad [ mas.rio ]

    @salut buat mas.laskar cinta..punya pandangan/pendengaran ghoib..soalny kl nyimak dari laut sama diatas gunung…di.sahre dong ilmu pendengaran goibny?

  103. Sugeng siang katur dhumateng ingkang kagungan griyo, Pakdhe Wong Alus, Mas Kumitir. Dhumateng poro dewan pakar Ki Abduljabbar, Ki sukma Rahayu, Mas Akik, Mas Haris, poro sanak sedulur ingkang tansah kinurmatan soho minulyo. Salam karaharjan
    Saya merasa dua blog ini banyak memberikan inspirasi dan wawasan baru yang bermanfaat dan mengingatkan ( saya khususnya ) bahwa ada bahkan banyak yang harus di-uri2 demi kelangsungan “budaya” maupun kebutuhan untuk diri pribadi. Membuka dan membaca blog inipun sudah terasa sebagai rasa candu walaupun cuma untuk ngintip ( kalo saya sih sebenernya cuma tukang sorak2, itupun kalo masih diijinkan sama yang punya rumah 😀 )
    Apakah nanti yang punya blog diminta “pertanggungjawaban ” juga apa tidak ya, soalnya banyak yang bela2-in mentheleng di depan monitor atau kalo lagi dijalan didepan laptop/HP-nya masing2 meninggalkan dan mengacuhkan waktu ( yang mungkin ) produktif untuk mikir ( bagi yang mau mikir dan kejaanya tukang mikir) “hanya ” demi mencari tetes2 untuk nggayuh anteb-ing kalbu, mak nyess. bahkan seringnya ( kayak saya ini) cuma untuk guyonan ketemu temen virtual dan cuma urun rame ,tapi memang ngangeni sih.
    Banyak warna, banyak cerita dan banyak lagi yang lainnya, sehingga dua blog ini menyatukan banyak jiwa. saya tidak bisa banyak bicara pakdhe, tapi saya ( kami ) merasa senang dengan adanya blog ini dan alang-alang kimitir. bravo dan full apresiasi dari saya yang cubluk ini untuk blog panjenengan berdua dan semua sedulur yang ikut mewarnainya.. semoga Allah merahmati kita semua, aamiin.

  104. Laskar cinta

    @mas rio,jiah si om, hbat apanya? Kan udah ada alatnya,namanya satelit om 😀

  105. ario.muhammad[mas.rio]

    @mas.laskar cinta..ilmu aji satelitny dibaca berapa x mas?pakai tawasul nggak?he.he.he…

  106. alhamdulillah pada gumpul sessepuh semua.ikut nyimak aja

  107. @ mas rio : salam takzim dan salam pempek mas 😀
    @ mas LC : orang sakti beneran, sukanya bertapa di atas gunung di tengah laut qiqiqi….

  108. hekh hekh hekh…nakmas agung kurang panjang pidatonya hekh hekh hekh…ayo di lanjut….

  109. sambil nunggu kiriman makan siang gak dtng2 wah sampai pegel2 ki… hekh hekh hekh..

  110. @Om Alus, ini uang pulsanya…. biar nanti malam bisa KWA-lik KWA-lik lagi, tak tunggu di kedai Kopi sebelah pengadilan sekalian makan lonthong mie… saya kan habis trima honor.

    @all, salam KWA-ngen buat sedulur KWA-beh tanpa bisa menyebut nama 1/1.

  111. ha….ha..kakek genit, ini mau tak kirim dari sini po piye? ojo kakehan mangan jenang kudus ya, gak baik ( soalnya aku gak dibagi ) 😀

  112. Tiang Bungkuk

    wis mantap tenan cangkrukannya.
    kurangi merokok mbah wongalus dan mbah kumitir….kasiaani pemerintah dah capek nulis larangan di rokok…hehehehe
    mhmm otot pahanya mulus ya ki tapi masih pakai daleman kan hehehehe, just kidding
    rahayu,rahayu

  113. mas akik, piye?? wis oleh kiriman opo durung??

  114. Laskar cinta

    @mas rio,cuma pake pulsa aja om 😀
    @mas agung, d atas gunung kasih, di tengah laut cinta persaudaraan ini om 😀

  115. Masharis

    kiriman apa Mas Agung….

  116. @ mas haris : mau mas akik minta ransum, saiki ternyata udah kewaregen
    makan sama ayam bakar tahu bacem sambel coklat sop bakso daging makroni.nyam nyam… qiqiqi..sori mas akik, tak copas

  117. Masharis

    Wealah… kokeahan maem lali kancane to..piye

  118. @ mas haris : yang deket aja gak dibagi apalagi yang nun jauh disini 😀

  119. Masharis

    Hahahahahaha… mimpiin aja, mas.. sama2

  120. hekh hekh hekh… kok nggak bagi2 mana sini di bagi…
    semalem nakmas haris pesta sama keblondrok asmara di simpang 7 hekh hekh hekh..kakek juga ga kebagian…

  121. Masharis

    EEeeee… ngono, entar minta yang apa .. indent dulu dunk… hehehehe..

  122. asalm wr wb,slm semua semoga di rahmati alloh swt.slm asa, as,i asu,selalu .nyimak sambil mojok

  123. harsa

    assalamualaikum…poro sepuh pinisepuh dab sedulur2 sedoyo…
    sugeng sonten ..
    kawulo nderek menyimak…smoga mendapat pencerahan dr sesepuh dan sedulur2 sedoyo…

  124. Lho..berhasil..berhasil…kayanya para sesepuh kena RDR HIHIHI AKooeeee..

    lhoo..lhoo….lhoo…para sesepuh puh puh…

    😀

    salim.hormat with all my respect..absent,

    ehmm.. lagi “tapa bisu” biar sakti..

    .(pdhl sih lg takut ngotorin koment dikmpus ini..)

    Ih..ih..terus mikir kalo dach sakti bingung mo ngapain yah….????

    Husssh,ya udah G usah sakti mending seksi….jadi lebih enak,
    boleh digoda,boleh dikitik-kitik….kalo blom “kalah”
    ya dikitik-kitik lagi…

    hmm..hmmm…hmmm

    …..emang KWA-ngen itu pelet paling Manjur sak jagad!

    heeeeeeee,,,,…..

    😀

  125. wongedi

    salam kagem om wongalus , . muga blog nya tetep ada tyus,dan bermanfaat dunia akherat. sy dah lama ngikuti blog ini , , tp kok lum pernah dapat pertamaxxx ,.hiks
    saat ini detik ini ( ga tau besok) lebih kepengen pertamax daripada rdr,hiks hiks…

  126. @All sedulur KWA, barusa ada kiriman pulsa ke hape saya yah… Rp 50 ribu… hayo siapa ngaku??? … akan sy kembalikan segera …. rasanya nggak pantas sy terima sumbangan pulsa lha wong sy nggak ada jasa apa-apa loh… nuwun…

    Ki Ageng JJ: pamuji rahayu ki..

    @mas kumitir: mantap sudah ber-honor sekarang… saya siap-siap ditraktir biar nggak puasa terus… gara gara perut laper makan sehari sekali akhirnya terpaksa jadi sakti wkwkwk…

    Nuwun… lanjut sedulurku semua, salam KWA-ngen

  127. hekh hekh hekh..nakmas ki WA bukannya td nakmas kumitir dah bilang hekh hekh hekh..kl ndak salah lho soalny td kakek cm dgr di pojokan hekh hekh hekh…

  128. salam salim salam sungkem katur kanjeng guru mbah kialus seng nganteng dan kanjeng guru mbah kumitir dan semua sedulur2 kwa kaulo nderek nyiiiiiiiiiiiiiiiimak kemawon

    monggodilanjudddddddddddddd

  129. Bengawan Candhu

    @ki wongalus..wekekekk…dpt rejeki nyungsep ki…ha5x…dipanggil dr gentong ato dputer giling ki,buat nyari pelaklunya…ha5x…

  130. Pak rektor BC oalah.. ajari saya puter giling mas… biar ketemu pelakunya.. kalau saya cari dgn matek asmak nanti pelakunya malah K.O tujuh turunan wkwkwk… salam karaharjan

  131. Bengawan Candhu

    @kiwongalus….weeeh,sy pikir sdg pasebanan agung ing ngawang nguwung,jebul msh intip2 dan menampakkan diri. he5x…klo diputer giling nnt malah tujuh turunan pada dtg semua mnt sangu sama mnt dkeloni semua ki…ha5x….repot….

  132. nanda pratama

    aslmlkm sugeng dalu: @ki nwong alus
    @pak rektor bengawan candu
    @sedulur kwa smw

    wah2 pada asyik muter giling ……

  133. wkakakakakawkakakakakkaa melasi.com
    wkakakakakakakakkakakakkkakakka

    pakdhe mbah ki alus sawar sawar……………

    pakdhe bc kadose engkang sepoh sampon matek metek wkakakakaka

    aduhhhhhhh aduhhh ngapunten kaulo moco komenipun mboten saget prei le ngguyu wakakkakakkawkwkwkwkkwkwkkwkkwkw

  134. GEMBEL MADURA (MBH JENGGOT KRITING)

    SALAMAT MALAM….KI WONGALUS, KI BC…KI KIMUTIR…..DAN AKI-AKI YANG LAIN….IJIN ABSEN SUROAN……..

  135. Sabdo Sejati

    KI ALUS…,KI KUMITIR…..,KI ANGON….., KI JJ…., KI ABDUL JABBAR………, KI BC….., KI GEMBEL…, KI BODOKRMK,….kI MAS HARIS…,KI AGUNG…., KI KAKEK GENIT…, I SUKMO RAHAYU,….KI WONG ENDI, KI KONCO-KONCO KABEH TERUSKE NGROKOK YO……….
    KHUSUS KI SYARKOWI , WONG KITO , KOQ LAMA TIDAK SHARE LAGI. SUGENG DALU MGGIH.

  136. ==ki sabdo sejati, lah giliran panjenengan toh ki wedar sabdo yang paling sejati, kita nderek nyimak ki. Nanti kalo kita kebanyakan, bikin mual xixixi… Rahayu. Salam karaharjan ==

  137. mbah sareb

    @ wong alus .. mantap ki fotone…

  138. Oval75

    Ass. Semangat siang….. salam @all… “dua blog satu jiwa” alias “sepiring berdua”……

  139. Adim

    All
    Sugeng siang … salam kangen
    ki wongalus slm kangen
    mbah sareb .. pripun berkate tas niko
    oval75
    ki sabdo sejati slm rahayu

  140. niko

    salam rahayu buat sesepuh,,,,,, semoga sehat n sukses jiwa muda terus semangat hehehe

  141. Cakra Byuha

    Sugeng dalu kagem poro sesepuh….
    Mantap dua blog satu jiwa,memberikan pencerahan batin…

  142. dirga

    assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

    salam buat sesepuh,
    saya sangat tertarik dgn artikel2 yg ada di blog ini.

    butuh info : jika ingin memperlajari amalan secara langsung dgn bimbingan guru, harus menemui siapa dan di dimana tempatnya (apakah di jakarta ada?)
    (mohon dijawab di email 02tick02@gmail.com)

    saran saya :
    mohon untuk setiap penulisan amalan, menggunakan bahasa arab.

    kegunaan :
    – melatih membaca tulisan/bhs arab (tiap muslim wajib hukumnya mengerti tulisan arab – menurut saya bahasa arab yg di tulis dlm bahasa lain merupakan propaganda org kafir utk membuat umat muslim bodoh)
    – agar tidak terjadi kesalahan dalam membacanya dan maksudnya.

    wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

    dirga (1804)

  143. Oval75

    @dirga : siiiiiiiippp………..

  144. Wong Bego

    MEMBACA POSTINGAN DUA BLOG SATU JIWA BIKIN TRENYUH DI HATI ? PADAHAL SUDAH 5 TAHUN YANG LALU GUS WILDAN DAN GUS KUMITIR MEMBUAT POSTINGAN INI! SEPERTINYA DUA ORANG WALI YANG SEDANG MIKIRKAN PARA SANTRINYA DI BLOG KWA ! SAYA HANYA DAPAT MENGUCAPKAN TERIMA KASIH SE BESAR2NYA KEPADA PANJENENGAN BERDUA GUS WILDAN DAN GUS KUMITIR , SERTA PARA PINISEPUH SEMUA , SEMOGA AMAL KEBAIKAN PANJENENGAN DIBALAS OLEH ALLOH SWT , MELEBIHI APA YANG PANJENENGAN BERIKAN KEPADA KAMI SEMUA SEKALI LAGI SAYA UCAPKAN MATUR SEMBAH NUWUN !…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: