NO CONFESS


Ki Sukma Rahayu
sukmarahayu70@yahoo.com

In the Name of God, the Merciful, the Compassionate, Assalaam Alaikum Warahmatullah Wabarakatuhu, Welcome to the Path to Peace,  Sincerely Yours is also friendship.

Sang Maha Meliputi semua materi, semua cahaya, semua energi, semua getaran, semua daya, semua gerak, semua pikiran, semua persepsi, semua kehendak, semua penglihatan, semua pendengaran, semua rasa, semua waktu, semua jarak, semua dimensi, semua ruang, semua dunia, semua akhirat, semua syurga, semua neraka, semua wujud, semua malaikat, semua makhluk, semua sifat, semua baik, semua buruk, semua senang, semua susah, semua bahagia, semua sedih, semua aksara, semua kata, semua kalimat, semua bunyi, semua hidup, semua mati, semua nafas, semua apa saja.., bahkan meliputi semua kesadaran…

RUANGAN yang merupakan realitas dari sebuah kalimat sederhana yang membawa kesadaran kita untuk menafikan segala sesuatu, LAA ILAHA…!. Ruang yang tidak ada apa-apa lagi disitu yang bisa kita nafikan (tiadakan). KOSONG…, HENING…, ABADI…, AL BATHIN…, ALIF LAM MIM…, NUN…

Masalahnya adalah, saat kita ingin menyadari kekosongan ini, kita dihadapkan pada banyak referensi yang tidak mudah untuk dimengerti. Kita digiring kepada pengetahuan-pengetahuan yang rumit. Semakin rumit ilmunya, maka itu dikatakan semakin hebat. Makanya untuk menemukan suasana kekosongan ini saja, kita juga berumit-rumit ria. Haruslah begini, haruslah begitu, haruslah begiti, haruslah begito, haruslah begita. Akhirnya kita jadi pusing sendiri…

Padahal siapapun juga, siapa saja, sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk bisa menyadari adanya kekosongan abadi ini. Sesuatu yang tidak perlu dicari-cari dan dibayang-bayangkan. dan kosong kok dicari dan dibayangkan?. Ya tidak bakalan ketemu. Sebenarnya kita tinggal DEKONSENTRASI…, KOSONG…, lalu tunjuk saja INI, selesai sudah…

Kalau ada yang masih bingung juga, maka sebuah teknik Sufi dan Para Sahabat Nabi yang amat sederhana berikut barangkali bisa dijadikan sebagai alternatif cara yang patut dicoba. Yaitu teknik NO CONFESS/TIDAK MENGAKU. Ya…, tidak mengaku…!. Apakah itu sulit. Jadilah tidak mengaku pintar, tidak mengaku hebat, tidak mengaku khusyu, tidak mengaku bisa, tidak mengaku tersiksa, tidak mengaku sedih, tidak mengaku hidup, tidak mengaku ada, tidak mengaku apa saja…

Dan bagaimana mau tidak mengaku kalau selama ini kita diajarkan untuk mengaku-ngaku. Ini milikku, ini tanganku, ini dadaku, ini hartaku, ini pintarku, ini bisaku, ini seribu pengakuanku… Dan semua pengakuan kita itu sudah karatan berada didalam ceruk-ceruk memori otak kita. Anehnya lagi, semakin kita tidak mengaku, malah sebaliknya pengakuan kita itu semakin pekat muncul didalam pikiran kita. Saat kita mengaku tidak hebat, maka yang muncul didalam pikiran kita malah kita yang hebat. Saat kita mengaku tidak sombong dan angkuh, maka yang muncul didalam pikiran kita malah saya sombong dan angkuh. Cobalah kalau tidak percaya.

So Insya Alloh Begitu..Pepatah Para Al-Irsyad,Al-Ghauts,Alh-Ma’qul,Ahl-Haqiqah,Ahl-allah dan Ahl-al Yaqn…

Ya Insya Alloh, kalau kita mencoba untuk tidak mengaku itu dengan pikiran kita. Untuk tidak mengaku itu, kita masuk kedalam alam memori pikiran kita. Bahwa untuk mengaku tidak hebat itu caranya begini dan begitu, untuk mengaku tidak sombong itu kita harus begini dan begitu. Hanya sekedar definisi-definisi saja kesemuanya itu.

Padahal sombong itu adalah rasa. Rasa sombong. Begitu juga dengan rasa-rasa yang lainnya, seperti rasa hebat, rasa angkuh, rasa bisa, rasa hidup, rasa kaya, rasa ada… Dan jadilah kita menjalankan rasa itu dalam setiap langkah kehidupan kita. Saat dada kita dilekati oleh rasa angkuh, maka kita akan menjalankan keseharian kita dengan rasa angkuh itu. Kepada siapa saja kita akan angkuh. Malah semakin lemah dan rendah orang lain yang ada dihadapan kita, maka rasa angkuh itu akan semakin kental dan pekat pula munculnya. Dan kita sangat-sangat terbiasa masuk dan terikat dengan rasa angkuh itu. Kita dililit oleh rasa angkuh itu, seperti lilitan seekor ’ular python’ yang super besar. Kita terengah-engah seperti kesulitan bernafas. Semakin dalam kita masuk kedalam ruangan rasa angkuh itu, semakin sesak pula nafas kita. Malah sesak nafas kita itu akan lebih parah lagi kalau ada orang lain yang ’menggemai’ (menyentuh) rasa angkuh kita itu dengan rasa angkuh miliknya, yang menurut kita rasa angkuh dia jauh dibawah rasa angkuh kita. Sesak dan menyiksa sekali.

Oleh sebab itu untuk memahami rasa itu, Para Al-Hadrah Al-Uns/Maqom Mabahtulloh janganlah gunakan mata, telinga, lidah, dan kulit kita. Untuk itu gunakanlah dada kita. So…, rasa angkuh dan sombong, rasa mengaku itu tadi, ternyata letaknya ada di QOLBU kita.

Ada aku dan ada Di QOLBUKU. Aku menjadi pengamat atas dadaku. Aku menjadi terpisah dengan dadaku. Tuh ada dadaku dibawahku. Aku berada diatas dadaku, diatas semua rasa, ”balil insanu ’ala nafsihi bashirah”,(al Qiyamah 14).

Perjalaan Haqeqat Ruhaniyah TajaliaH Dan Sangat menakjubkan sekali…, begitu kita berhasil menjadi pengamat atas dada kita dengan arif, kita seperti keluar dari dada kita. Kita seperti berada diatas semua rasa kita. Seketika itu pula kita akan terbebas pula dari berbagai rasa pengakuan yang tadinya menyergap kita. Sebab aku ternyata adalah wujud yang tidak pernah mengaku apa-apa, karena aku memang tidak pernah terikat dengan berbagai bentuk pengakuan. Aku adalah wujud yang melampui semua rasa pengakuan. Aku adalah wujud yang semurni-murninya wujud, Ar Ruh.

Aku adalah wujud yang tidak terpengaruh oleh rasa senang maupun sedih. Aku adalah diri yang tidak terikat oleh rasa takut, rasa khawatir ataupun rasa tenang. Aku adalah wujud yang berada dalam ruang kekosongan dari segala pengakuan. Inilah makna Laa ilaha.. yang sebenarnya….quoting from the Quran:
‘And give good tidings to the humble.’ [al-Hajj, 22:34] (Wa-bashshiri-lmukhbitin.)” Akulah Ar Ruh yang sangat dekat dengan Tuhan, Sang Pemilikku. INI…

Kalau sudah begini, kita tinggal selangkah lagi saja untuk menjadi seorang yang bertauhid, seorang mukmin. Kita tinggal MEMANCAR mengarah ke INI. Lalu panggil Sang INI yang menyebut Diri-Nya dengan Nama ALLAH…, sudah mukmin deh kita.

Dan setelah itu kita siapkan saja DADA kita untuk menerima berbagai pemahaman dan pengajaran dari Allah terhadap apa-apa yang tidak kita ketahui. Karena Dia memang adalah Sang Mengajarkan (Rabbi) kepada manusia apa yang tidak diketahuinya, ’allamal insaana maa lam ya’lam…’. Masak sih nggak percaya?. Nantinya, barulah setiap pengajaran yang kita terima itu kita lihat di peta atau referensi yang sudah ada. Kita sudah sampai dimana, ada dimana, hendak dibawa kearah mana, sedang mengalami apa, sedang merasakan apa, dan sebagainya.

Sekarang pintar-pintarnya kita saja untuk mencari referensi yang terbaik diantara referensi-referensi yang ada. Kita mau pakai peta yang bagaimana untuk meningkatkan kesadaran kita dari hidup yang hanya sekedar berkutat dengan wujud yang kosong menjadi hidup yang penuh keheran-heranan melihat pada yang kosong ini ternyata ada keberartian, ada keberadaan. ADA…

Peta terbaik, diantara peta-peta yang ada, menurut saya adalah Al Qur’an. Ya Insya Alloh… Al Qur’an. Peta yang memuat ilmu tentang segala keberadaan dan keberartian, sekaligus juga ilmu tentang semua ketidakberadaan dan ketidakberartian. Nah…, bagi yang mau, ikuti sajalah peta itu dengan telaten.
Setiap membaca sebuah ayat Al Qur’an, misalnya yang menerangkan tentang sebuah kebaikan, selalulah lihat ke dalam DADA kita sendiri. Lalu amatilah apakah suasana dada kita itu sama dengan suasana yang disebutkan oleh ayat Al Qur’an tentang kebaikan tersebut. Karena semua kebaikan pastilah punya suasana yang khas didalam dada kita. Kalau sama, maka kita namanya sudah menjadi orang yang bersaksi (syahid) terhadap kebenaran ayat tentang kebaikan tersebut. Artinya dada kita saat itu adalah Al Qur’an itu sendiri. Al Qur’an yang berjalan dibagian kebaikan.

Begitu juga saat kita membaca sebuah ayat Al Qur’an tentang keburukan, atau paling tidak tentang serba kebingungan kita tentang selendang Allah, misalnya, maka buru-buru pulalah lihat DADA kita. Amatilah suasana dada kita. Apakah dada kita juga tengah penuh dengan suasana keburukan atau serba kebingungan tentang Allah?. Kalau ya, maka namanya dada kita itu juga sedang sama dengan Al Qur’an, tapi dibagian yang tidak baiknya. Kita telah menjadi Al Qur’an yang berjalan tapi pada bagian tentang keburukan.

Jadi seperti apapun suasana DADA kita itu (termasuk suasana isi otak kita), pastilah sama dengan salah satu atau banyak ayat-ayat al Qur’an. Karena Al Qur’an memang adalah gambaran dari segala kemungkinan suasana dada dan otak seluruh umat manusia dari zaman ke zaman. Oleh sebab itu setiap kita membaca ayat Al Qur’an, janganlah menganggap bahwa ayat tersebut adalah untuk orang lain. Jangan…!. Sebab ayat itu adalah untuk diri kita sendiri. Agar supaya kita menjadi saksi atas kebenaran tentang adanya kebaikan dan keburukan berikut dengan segala suasananya yang ada.

Kalau sudah bersaksi, maka barulah kita bisa menceritakan tentang apa-apa yang kita persaksikan itu. Kalau belum bersaksi, tapi kita sudah berani-beraninya bercerita tentang segala sesuatu yang suasananya belum ada didalam dada kita, maka manfaatnya nyaris tidak akan ada bagi orang lain yang mendengarkan atau membacanya. Paling hanya sekedar akan menjadi ilmu semata yang menyesaki otak mereka. Oleh sebab itu Allah memperingatkan kita bahwa:

”Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan (alami)”. (Ash Shaff 61:3)

Al Qur’an menegaskan bahwa ada Allah yang meliputi segala sesuatu. Oleh sebab itu siap-siaplah untuk menerima kenyataan bahwa pada kekosongan ini ternyata ada SANG ADA, yang mengaku dengan sangat tegas: ”innani anallah laa ilaha illa ana fa’budni wa aqimish shalaata lidzikri… Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”, (Thaha 14).

Begitu SANG ADA menanamkan pengertiannya didalam dada kita: ”innani anallah….”, maka tegaskanlah, isbatkanlah: ILLA ALLAH…, ILLA ANTA…, ILLA ANTA…, ILLA ANTA…, Benar Ya Allah, Hanya Paduka saja yang ada, hanya Paduka saja yang hak, hanya Paduka saja yang ada …”. ADA…, ADH DHAHIRU, DZA LIKAL KITAB…

Kalau Sang Ada sudah bernyata didepan kita, ADH DHAHIRU, ADA…, maka barulah panggil Dia dengan merendah-rendah:”Ya Allah…, Ya Allah…, Ya Allah…”. Artinya, saat kita memanggil Dia, kita tidak lagi mengarahkan kesadaran kita kepada materi apapun juga yang bisa divisualkan, dibayangkan, didengarkan, dirasakan, dan diemosikan. Kita semata-mata menghadapkan seluruh kesadaran kita hanya dan hanya kepada WAJAH ALLAH, Sang Ada…

Ya…, syahadat, sebagai pelajaran pertama saat kita mengaku sebagai seorang yang percaya (beriman kepada Allah), adalah untuk menyadari dengan UTUH dan PENUH tentang: ”laa ilaha illaallah”. ALLAH…, Dialah Al Bathinu, KOSONG, Alif Lam Mim…, dan Dia pulalah Adh Dhahiru, ADA….”. KOSONG Yang ABADI dan sekaligus pula ADA Yang ABADI…

Atau dalam tatanan kalimat yang sangat sederhana adalah: Aku tidak akan pernah mengaku apapun juga, biarlah Allah saja yang mengaku-ngaku tentang apapun juga. Aku tiada, yang ada adalah Allah. Kullu man alaiha faanin, wa yabqa wajhu rabbika (Al Rahman 26-27).

Lalu setiap saat SANG ADA akan selalu menuntun kita untuk segera mengaturkan sembah kepada-Nya. Setiap kita memanggil-Nya: ”ya Allah”, maka Dia akan tuntun kita: ”fa’budni, ya hamba-Ku, sembahlah Aku…, mengabdilah kepada Aku…”.

Begitu kita panggil Dia: ”Ya Allah…”, mata kita ditundukkan-Nya: ”Wahai mata, merunduklah kepada-Ku. Rasakanlah seperti apa yang juga dirasakan oleh hamba-hamba-Ku yang saleh lainnya tentang bagaimana cara seharusnya hamba-Ku menyembah-Ku. Merunduklah…”. Dan matapun melepaskan bebannya berupa butir-butir bening lembut yang mengalir deras tak tertahankan. Semakin kita panggil Dia, mata kitapun semakin didudukkan-Nya dalam posisi persembahan. Lihatlah bagaimana mata kita menyembah Tuhan-Nya dengan caranya sendiri. Menangis. Biarkan sajalah sang mata menyelesaikan prosesi penyembahannya itu sampai tuntas. Diam.
Saat kita panggil Allah, kulit kitapun ditundukkan oleh Allah sendiri dalam posisi persembahan kepada-Nya. ”Wahai kulit…, merunduklah kepada-Ku…, fa’budni…”. Dan setiap inchi kulit kitapun bergetar halus menyampaikan sembah kepada-Nya. Boleh jadi pada awalnya prosesi tersungkurnya kulit kita itu dihadapan Allah dengan getaran yang agak kasar. Akan tetapi biarkan sajalah kulit kita itu menyesesaikan tugasnya sendiri dalam menyembah Allah. Lihatlah betapa kulit kita bergetar, bulu-bulu halus kita bergetar, tangan kita bergetar, tubuh kita bergetar saat mereka didudukkan oleh Allah dalam posisi persembahan.

Tidak hanya itu, atom-atom tubuh kitapun didudukkan Allah dalam posisi persembahan kepada-Nya. Atom-atom tubuh kita itu dibersihkan dan dimandikan oleh Allah dengan Nur dari-Nya: ”fahua ’alaa nuurin mirrabbihi…”, sehingga sang atom itupun seperti berubah menjadi kupu-kupu yang menari riang menyambut fajar yang sedang merekah bagi sebuah kesempurnaan. Atom-atom tubuh kita yang tadinya gelap karena bekas-bekas keangkuhan, dosa-dosa, dan kekotoran kita, dicelup oleh Allah menjadi atom-atom yang penuh oleh liputan cahaya iman, islam, dan ihsan…

Biarkan sajalah proses itu berlangsung untuk beberapa saat. Karena sebenarnya saat itu kulit kita dan atom-atom tubuh kita sedang dituntun sendiri oleh Allah untuk menuju posisi persembahannya yang sebenarnya. Posisi TALINU (rileks, lembut, bergetar halus). Diam.

Ketika kita terus memanggil Allah dengan lembut, tubuh kitapun akan dituntun sendiri oleh Allah untuk menyampaikan sembah dan sujudnya kepada Allah. ”wahai tubuh…, warka’uni…, wasjudni…, waqtarib…, rukuklah kepada-Ku, sujudlah kepada-Ku, marilah mendekat…!”. Dengan cara mulai dari yang agak keras sampai kepada cara-cara yang sangat santun dan halus, tubuh kita akan dituntun oleh Allah untuk rukuk dan sujud kepada Allah Sendiri. Karena memang cara penyembahan tubuh kita kepada Allah adalah dengan cara itu. Rukuk dan sujud. Ikuti sajalah prosesi penyembahan tubuh kita kepada Allah ini sampai selesai. Diam.

Begitulah, mata kita, kulit kita, tubuh kita, dan bahkan hati (dada, sudur) kita secara telaten dituntun sendiri oleh Allah untuk menyembah Allah. Dada kita akan direkahkan sendiri oleh Allah untuk menjadi luas, tenang, damai, dan tentu saja bahagia. Kita hanya menikmati saja kesemuanya itu dengan rasa terheran-heran. Dan kalau sudah begitu, maka kita tinggal ikuti saja perintah Allah berikutnya, yaitu ”wa aqimish shalaata lidzikri…”.

Ya…, dirikan sajalah shalat dalam suasana mata, kulit, tubuh, dan dada kita menyembah Allah dengan caranya sendiri-sendiri. Tidak usah diganggu. Dan kesemuanya itu akan selalu membawa kita untuk ingat dan sadar bahwa benar Allah adalah Tuhan kita yang maha meliputi segala sesuatu. Kita tinggal siap-siap saja lagi untuk menerima pencerahan demi pencerahan yang memang kita butuhkan dalam hidup kita ini, sebagai bekal kita dalam menjalankan tugas kita sebagai wakil Allah, kurir Allah, duta Allah dialam dunia ini. …

Jadi selalu begitu: KOSONG (al bathinu, Alif Lam Mim), DEKONSENTRASI, MEMANCAR KE SINI, lalu siap-siaplah untuk menyadari bahwa pada saat yang sama ada SANG ADA (adh dhahiru, dzaa likal kitab). KOSONG dan ADA, Al Bathinu dan Adh Dhahiru, ya… SATU. INI…!. Masak sih hanya sampai ketemu yang KOSONG saja, ya bingunglah jadinya. Kalau kosong, ya… namanya baru sadar akan Al Bathinu. Sampai ketemu ADA gitu lho…, Adh Dhahiru. INI…

Jika Sang ADA sudah bernyata dalam ketiadaan apapun juga (KOSONG), maka kita tinggal bersiap-siap saja lagi dituntun oleh ALLAH sendiri untuk mengenal, memahami, dan menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan kita sendiri. Karena Sang ADA memang telah meletakkan dalam liputan-Nya paling tidak sembilan puluh sembilan (99) Nama-Nya yang menunjukkan aktifitas-Nya (Af’al-Nya) dalam menata seluruh alam yang diliputi-Nya. Dimana ke 99 nama-Nya yang menunjukkan sifat, selendang, aktifitas, atribut-Nya itu tepat berada dalam liputan-Nya sendiri. Sehingga dengan gagah perkasa Dia berhak bersabda: ”semua sebutan nama itu adalah milik-Ku, oleh sebab itu menghambalah kepada Aku saja…”.

Lalu kita perhambakan saja diri kita kepada Dia. Ya…, kita ikuti saja apapun permintaan-Nya ”seirama” dengan mata kita, telinga kita, kulit kita, dada kita, tubuh kita yang dengan caranya sendiri-sendiri ikut permintaan Allah pula, yaitu dengan DIAM, TENANG, LEMBUT (TALINU). Dan Allah kemudian menyatakan bahwa posisi terbaik untuk menghamba kepada-Nya adalah dengan mendirikan SHALAT.

Karena shalat memang diperuntukkan buat kita agar kita selalu bisa sadar penuh kepada Allah. Dari awal shalat (takbiratul ihram) sampai dengan salam tidak sehirupan nafaspun kita terjauhkan dari Allah. Dalam shalat kita selalu diajak untuk memandang Wajah Allah, memuja Allah, memuji Allah, menyembah Allah, merukui Allah menyujudi Allah, berbicara dengan Allah, berdoa kepada Allah, dan tentu saja untuk setiap aktifitas kita itu pasti ada respon dari Allah, karena Dia memang ADA…

”innani anallah laa ilaha illa ana fa’budni wa aqimish shalaata lidzikri… Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka meghambalah, mengabdilah kepada Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”, (Thaha 14).

Jadi ”laa ilaha illaallah” itu sebenarnya bukanlah hanya sekedar sebuah bacaan ringan dan berguman dilidah dan dibibir saja. Tetapi itu adalah sebuah proses yang sangat lembut dan mengharukan yang membawa kita mampu untuk menjadi saksi atas diri kita yang kehilangan segala pengakuan kita. Kosong, diam, hening, abadi. Dan dengan seketika itu pula kita akan menjadi saksi bahwa pada Wujud Keabadian itu ada SANG ADA, yang mengaku namanya adalah ALLAH. Karena kita bersaksi kepada-Nya, maka Dia pun akan bersaksi pula kepada kita. Karena Dia memang adalah Sang Maha Bersaksi, Asy Syahiid. Setelah itu kitapun siap-siap dan bersedia untuk dijadikan-Nya sebagai hambanya, pesuruhnya, abdi-Nya, kurir-Nya dalam menyampaikan Sifat-Nya dan Af’al-Nya untuk merahmati manusia dan alam semesta disekitar kita.

Pada waktu-waktu tertentu kita tinggal duduk merendah-rendah, bersimpuh, rukuk, sujud dan DIAM di depan Wujud-Nya dalam ritual SHALAT sebagai sarana kita untuk minta pertolongan, minta petunjuk, minta penilaian kepada-Nya atas apa-apa yang akan dan yang sudah kita kerjakan. Wasta’inu bish shabri wash shalah…, mintalah pertolongan kepada ku dengan SABAR (DIAM) dan SHALAT…( Al Baqarah 45). Dan pastilah dia akan memberikan jawaban dalam bentuh ILHAM (alhamaha), berupa solusi, jalan keluar dari segenap masalah kita, dan rezki dari pintu yang tidak kita sangka-sangka. Akhirnya tidak ada sikap lain yang bisa kita tunjukkan kecuali sikap syukur kita, yang kemudian dibalas berlipat kali oleh Allah dengan Syukur dari-Nya. Karena Dia memang adalah Asy Syakuur, Sang Maha Bersyukur. Sehingga akhirnya yang tersisa pada diri kita hanyalah rasa IMAN yang bertambah dan bertambah kepadanya. Karena setiap rasa iman kita kepada-Nya akan dibalasnya dengan Iman dari-Nya. Sebab Dia memang adalah Sang Maha Beriman, Al Mu’min.

Jadi proses laa ilaha illah itu ternyata puncaknya adalah rasa IMAN kepada Allah. Dengan kata lain, iman inilah puncak ilmu spiritual yang sebenarnya, yang sudah kita lupakan sedemikian lamanya. Ya…, rasa Iman kepada Allah lah ILMU YANG TERTINGGI yang bisa kita dapatkan dalam sebuah proses beragama. Sedangkan hal-hal yang lainnya hanyalah merupakan aktifitas yang menandakan bahwa kita ini hanyalah abdi Allah, hamba Allah, kurir Allah, khalifah Allah yang diturunkan-Nya kemuka bumi ini untuk berkarya dan berperadaban.

Allah – glory be to Him and may He be exalted! – has given inanimate objects awareness and perception by which they glorify their Lord. The stones fall down out of fear of Him. The mountains and trees prostrate. The pebbles, water, and plants glorify Him. All this is going on but we are not aware of it. Allah the Great said, “There is nothing which does not glorify His praise, but you do not understand their glorification”. (Quran 17:44) The companions heard the food that was being eaten glorifying Allah. That was because the companions had a transparency of heart that does not now exist among us. All these things are part of our world and yet we are in complete ignorance of them.

Truly in the heart there is a void that can not be removed except with the company of Allah. And in it there is a sadness that can not be removed except with the happiness of knowing Allah and being true to Him. And in it thereis an emptiness that can not be filled except with love for Him and by turning to Him and always remembering Him And if a person were given all of the world and what is in it, it would not fill this emptiness.

Bila Ada Kata yang Kurang Berkenan Insya alloh Semata-mata Hanya Wujud Kebodohan Diri….dan Ke alpaan Semua Semua Diri, Sajatinya Tiada Ilmu Tanpa Kepintaran, Tiada Bodoh Tanpa Berilmu dan Beramal..
Mudah2n aloh Memberkati Kita semua. amein.

Di Sunting dan Disarikan, Serta dikaji Dari:
[1]Shaykhul Islam al Hujjatul Islam
Abu Hamid al-Ghazzali
(as Sufi al Naqschibandi ra)
geb.1059 in Tus, Ostiran; gest.1111
bedeutendster shafiitischer Rechtsgelehrter und aschariitischer
Theologe des Islams ,Denker ,
lehrte an der Nizamiyya-Hochschule in Bagdad
[2] For a general discussion of the debate on Sufism in the twentieth century, see Carl W. Ernst, Sufism: An Essential Introduction to the Philosophy and Practice of the Mystical Tradition of Islam (Boston: Shambhala, 1997), 199-228; Elizabeth Sirriyeh, Sufis and Anti-Sufis: The Defence, Rethinking and Rejection of Sufism in the Modern World (Richmond, Surrey: Curzon Press, 1999), chs. 4-6.
[3] Linda Schatkowski Schilcher, Families in Politics: Damascene Factions and Estates of the 18th and 19th Centuries (Stuttgart: Steiner Verlag, 1985), 194-196; Zaim Khenchelaoui and Thierry Zarcone, “La Famille Jilânî de Hama – Syrie (Bayt al- Jilânî),” Journal of the History of Sufism, 1-2 (2000), 61-71.
[4] Linda Schatkowski Schilcher, Families in Politics: Damascene Factions and Estates of the 18th and 19th Centuries (Stuttgart: Steiner Verlag, 1985), 194-196; Zaim Khenchelaoui and Thierry Zarcone, “La Famille Jilânî de Hama – Syrie (Bayt al- Jilânî),” Journal of the History of Sufism, 1-2 (2000), 61-71.
[5] Muhammad Abu al-Yusr ‘Abidin, Hakaya al-Sufiyya (Damascus: Dar al-basha’ir, 1993).
[6] ‘Imad ‘Abd al-Latif Naddaf, Al-Shaykh Ahmad Kuftaru yatahaddath (Beirut: Dar al-rashid, 1997), 150-192. Stenberg reports that among Kuftaro’s young adherents the ideas of Hasan al-Banna are well-known and widely discussed. @@@

Categories: ARTIKEL SUFISTIK | 332 Komentar

Navigasi pos

332 thoughts on “NO CONFESS

  1. lanang73

    Pertamaxxxx..

  2. lanang73

    Tambah Premium..
    Hehehe..

  3. kedua jg ga pa pa he he he …

  4. Cungkring Cerbon

    🙂

  5. Satrio Mataram

    ass
    ijin nyimak mbakyu…

  6. ario.muhammad [ mas.rio ]

    kedelapan..lanjut nyimak..

  7. No.5 ya dpt no.5 lumayan

  8. Kertapati(RSA)

    hadiir……….

  9. Ki Sabda Luhur

    nyimak,,,,,,,,

  10. No.7 yahhh…Asw ki rahayu sy sms kapan hari ke hp-nya ada yg sy tanyakan tidak pernah diberi petunjuknya?

  11. ario.muhammad [ mas.rio ]

    keenam lumayan..dapat minyak rambut..

  12. triwiyono

    Keberapa ya… nyimak diblakang……

  13. Nur Azman

    good good good,,,

  14. Kumbang kelana

    Assalamualaikum,,,nyimak mawon,

  15. Laskar cinta

    Udah baca 7x, tpi tetep aja g ngerti 😀

  16. hekh hekh hekh…
    nakmas LC sama dgn kakek..jadi kita termasuk otak bebel ya hekh hekh hekh… coment di atas lucu2 gak nyambung blas…hekh hekh hekh…

  17. HADIR…HADIR…HADIR SMANGAT SORE SEMUA…

  18. Kertapati(RSA)

    walaikum salam……@kumbang kelana
    @lanang73
    @tiga belas
    @satrio mataram
    @mas rio
    @the stars
    @ki sabda luhur
    @triwiyono
    @nur azman
    @laskar cinta
    salam salim serta salam sedulur, maaf jika ada yg belum saya sebutin……..he 3x

  19. Mbah Drogon Junior

    Assalamualaikum poro sedulur lan sesepuh semua.
    izin nyimak lan ngisi absen sore.
    hore………………..!!!! keberapa aja deh, yang penting bisa absen terus dikampus yang tercinta ini, meskipun ndak pernah dapat pertamax. padahal tadi fajar udah ngintip terus nungguin artikel yang baru, biar dapet pertamax, eh ndak nongol2 juga. emang lagi belum rejekinya terus ndak pernah dapat pertamax, hufth…..

  20. Kertapati(RSA)

    @kakek genit
    @jayakesuma
    salam……

  21. puji lembah dieng

    mantaaaf…

  22. Cungkring Cerbon

    Sederhana tp yo susah emen iki

  23. Kumbang kelana

    Ada kakek gnit,, salam salim,ke,
    @kang cungkring ,laskar cnta, strio mataram,,RSA,ms rio, ,all salam rahayu ,,tnp kcuali ,,met sore,,

  24. Cungkring Cerbon

    Benr @ki Genit d ats komentY g da yg nyambung…(maksudY, Aki jg komentY g nyambung…xiixixixixi
    Gmn @ki masih pY stok cucu yg masih “mrucu” g ne bagi donk?

  25. Maspri 131

    Kalau dibaca skrng ya mumet jadinya. Coba dicopas dan dibaca di keheningan malam insya allah akan lebih mudah memahaminya. Sy sendiri jg mumet kok mbacanya?

  26. selamat sore….semua yang hadir maupun yang nyimak
    terima kasih pada ki sukma rahayu sharenya…… butuh berkali kali membaca spya bisa mencerna ………. itupun masih linlung …lung…lung…

  27. Laskar cinta

    @KAKEK GENIT, toss mbah, sbg org tg sama2 g ngerti 😀
    @kertapati,salam salim om
    @kumbang kelana,salam salim om
    @mas rio,salam salim om
    @semuanya salam salim 😀

  28. Tiang Bungkuk

    Ada rasa menghujam kedada
    Dalam benak kepala yang memanas,
    Menyesakkan kalbu,
    seakan sempitnya dunia
    seakan telah terpatri
    ku sandarkanjiwa sepenuhnya hanya kepadaMu
    ada ruang bahagia semakin luas
    di dalam dada…
    hanya Allah yang tahu
    salam kenal Ki Sukma Rahayu

    salam kenal…

  29. adim

    Assalam wr wb
    selamat sore saudaraku KWA …
    derek nyimak
    @ Nyai sukma Rahayu tausiyah yang indah …
    monggo dilanjut

  30. IBLIS

    huahaaaaaa….
    Aku juga kagak paham maksud artikel ini. Mungkin otak tua aku sudah tumpul.
    Bisakah yang newbie-newbie menjelaskannya ?
    huahaaaaaaaa…..

  31. ALHAMDULLILLAH………KIRANYA SESEORANG YG MENUNJUKKAN AKU….BAHWA AKU HANYA MEMBACA DARI ARTIKEL INI….HIKHIKHIK……ALHAMDULLILLAH KIRANYA ADA YG MIRIP……(-+SAMA)…………AMIN-AMIN.-AMIN
    YA ALLAH TELAH ENGGKAU NYATAKAN KEBENARAN ITU……..SECARA MUBIN……..TERIMAKASIH WAHAI SAUDARAKU YG TELAH MENULIS KISAH INI SEMOGA ANDA PUN TELAH MENCAPAINYA………MAKASIH KUMITIR/WONG ALUS
    SALAM HORMATKU UNTUK SEMUA………SALAM

  32. Cungkring Cerbon

    Om Lanang73, Om 13, Om Satria M, Om Ario, Om The Stars, Om Kertapati, Mbahe Kisabda Luhur, Om Triwiyono, Om Nur Azman, Om Kumbang Kelana, Om Laskar Cint, Mbahe Kakek Genit, Om Jayaksuma, Eyang Mbah Gondrong J, Om Puji LD, Ki Maspri, Om Murid Sesaat
    Drpd pada mumet, Ponakawan mau Posting swara terbanyak Jajak Pendapat:
    “Lebih Mudah Dicerna mana Penjelasan pemahaman tentang LA ILAHA ILLALLOH versi KADAL VS NACONDA (bc: NO CONFESS)”

    ket: diingatkan awas kadalY kadal padang pasir yg pY bisa mematikan……

  33. Laskar cinta

    @omIBLIS,kalo gtu toss jga om 😀

  34. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Iman…iman…iman….imron
    imron…imron…?????
    huahaaaaaaaa……

  35. Raden ajisaka

    Mantap artikelnya

  36. Bengawan.Candhu

    mendarat…membuka portal….

  37. Tiang Bungkuk

    ini kaji makrifat dengan bahasa ilmiah dari ki sukma,
    supaya gak bingung bacanya, tinggal pilih paragraph mana yang mau dibaca duluan, jangan dibaca berurutan..bakalan puyeng dan sakit malaspun datang.
    jadi dengan gaya zig-zag lompat atas lompat bawaah insyaallah mudeng bacanya.

    ssst… itu ilmu rahasia ya, jangan kasih tau ki sukma kita bacanya zig-zag, hehehehe
    sambil ngingetin lagu nothing confess yang mana ya

  38. DAN MUDAH-MUDAHAN ENGKAULAH YG DI FOTO TSB…..HIKHIKHIKHIK

  39. IBLIS

    huahaaaaaa….
    Iya om laskar cinta, toss pake kopi luwak aja, biar mata bisa melek.
    Om laskar cinta, bedanya iman dengan imron apa ya ?
    huahaaaaaaaaa…..

  40. Laskar cinta

    @CC,salam salim om,saya milih KADAL aja,maklum otak agak… 😀
    (perasaan semua artikel yg d tulis oleh mbak ini Saya g ngerti 😀 ) piss ah,kaburrrrrrrrrrr

  41. ario.muhammad [ mas.rio ]

    @waalaikumsalam kang kertapati77..
    @salam salim juga kangmas.laskar cinta..
    @bib.silbi..salam salim dari saya..
    @cungkring cerbon..kl saya pilih jelasny :la ilaha illalloh versi kadal..itu pemahaman dari saya..
    maaf semuany saya pamit duluan ..waktuny pulang kerja..ass..wr wb..kl ada kata salah mohon di.maafkan…

  42. Muzammah

    Subhanallah…

  43. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Aku juga mau kabur, minum bodrex dulu pusing kepala aku
    huahaaaaa…..

  44. Laskar cinta

    @mas rio,wa alaikum salam om 😀
    @omIBLIS,iman nama tetangga saya,nah kalo imron itu anaknya 😀

  45. blokosutho

    kejeron bahasane ….ngopi dhisek ae…ayo om iblis

  46. maspri131

    @mas cungkring cerbon: dua duanya podho mumete tuk mencerna dan memahaminya, kalau aku mending milih baca KHO PING HO aja dech?

  47. Sumpah gak mudeng aku..
    @ki Wongalus, ki BC, serta poro sesepuh dan sedulur pecinta KWA, slm damai dan hormat sll..

  48. Sartono jenar

    Dalem bahasannya…tp aku mumet gak trlalu paham…maklum otak kampung….

  49. Sartono jenar

    Dalem bahasannya…tp aku mumet gak trlalu paham…maklum otaku kampung….tahunya ngarit sm angon wedus…..uhh…

  50. QOBILTUMAN

    intinya sama tujuannya cuma ibaratnya dari semarang mau ke yogya seseorang senang lewat solo dulu meski agak jauh sedang yang lain langsung ambil jalur yang agak pendek semarang magelang Yogya emang begitulah ke suatu tujuan yang sama tinggal suka2 kita memilih mungkin ada semacam lebih nyaman dipilihan kita itu saja…ben tambah mumet minta pasukan bodreknya bib.

  51. Nawiazky

    Ki Sukma Rahayu…
    Walaikum salam wr wb

    Sincerely

    Nawiazky

  52. fandholin

    assalamualaikum wr wb ikutan menyimak mawon.

  53. @ wwww perbanyak baca shalawat aja bro…..
    biar anteng… rezeki nambah ….

  54. roikhu-kwa0830

    assalamualaikum para sesepuh, dan sedulor kwa tercinta.
    ADAKAH PORO SESEPUH DAN SEDULOR KWA YG SUDI MEMBABARKAN KEGUNAAN DO’A ISROFIL TK.1, SELAIN UNTK MENGHENTIKAN HUJAN ?
    Sesudah dan sebelumnya terima kasih

  55. Ki Sabda Luhur

    Sugeng Sore,,,
    Assalamualaikum semuanya…
    Nuwun***

  56. QOBILTUMAN

    Hiduplah dengan syariat, matilah dengan hakikat, tempuhlah jalan ma’rifat, capailah syafa’at.

    Alhamdullilah aku ngikut ini aja bib

  57. ass wr.wb
    @ roikhu…..hujan atau panas adalah rahmat.. bagi semesta alam. Satukan jiwa anda pada alam yg kakekatnya satu jua maka hujan atau panas adalah kasih sayangNya.

  58. roikhu-kwa0830

    salam takzim ki Qobiltuman.
    Ma’af, ki Qobiltuman, saya masih penasaran dgn do’a isrofil tk.1.
    Tolong aki, dibabarkan secara detilnya.
    Makasih sebelumnya.

  59. roikhu-kwa0830

    iya ki zainur, salam takzim.
    Tadi hujan deras ditempat saya, terus saya baca do’a isrofil tk.1 sekuat saya, tiba2 berhenti hujannya.
    Adakah manfaat lain doa ini ki zainur, mohon dibabarkan ?
    Makasih sebelumnya.

  60. walaupun saya gak faham tpi artikel diatas sememangnya bagus.

    gandeng akuki bodo-bodo tenan yowes tak dadi PATUNG wae. XIXIXIXIXI

    WES JAN MANNNNTEBBB

  61. @ riokhu ..
    1. apapun yg namanya do’a tergantung niat dan keikhlasan
    2. terkabul atau tdk do’a terletak pd kebersihan hati
    3. berhasilnya do’a bukan karena kita
    4. kita ada karena rahmatNya
    5. dengan rahmatNya pulalah semua do’ dikabulkan.
    6. mohon maaf sdh terdengar azan maghrib….
    permisi dulu..

  62. QOBILTUMAN

    wah maaf mas roikhu-kwa0830 doa itu yang babar bibblis yang bisa mendetailkan ya hanya beliau tapi udah nyata terbukti satu bisa meredakan hujan sesuai testimoni mas

  63. Laskar cinta

    @QOBILTUMAN,kalo ada yg mudah knp hrus d persulit 😀

  64. aduh mas zainur dah jadi tuhan………..hihkhihkhihkhih

  65. om makruf

    Iblis Berkata:

    Huahaaaa….

    Do’a isrofil tingkat 1 adalah untuk dunia kita ini. Ketika isrofil menyangga dunia ini, maka do’a itulah yang dipakai.
    Kalo tingkat 2 adalah untuk alam barzah.
    Kalo tingkat 3 adalah untuk alam neraka.
    Kalo tingkat 4 adalah untuk alam surga.
    Huahaaaaa…

  66. Laskar cinta

    @om makruf,salam salim om 😀

  67. roikhu-kwa0830

    saya cari arti kata dikamus tidak ada artinya. Kira2 pakai bahasa apa ya doa isrofil itu ?
    Bingung jadinya.
    Nuwun

  68. QOBILTUMAN

    bibblis wedar Do’a isrofil tingkat 1 adalah untuk dunia kita ini. Ketika isrofil menyangga dunia ini, maka do’a itulah yang dipakai. maka istiqomahkan aja mas roikhu pasti ntar banyak manfaat yang dirasakan

  69. roikhu-kwa0830

    salim takzim ki makruf,
    mohon dibabarkan doa isrofil tk. 3 dan 4 nya.
    Salam persaudaraan slalu.

  70. QOBILTUMAN

    mas LC saya kira mau omong kalau ada yang sulit kenapa dipermudah (kebanyakan para birokrat kita) ..he..hee

  71. om makruf

    absen sore
    salam salim salaman
    @ Laskar cinta gimana kabarnya om..?
    @ QOBILTUMAN salam rahayu
    @ roikhu-kwa0830 salam salaman
    dan semua nya

  72. adin nur

    assalaamu’alaikum…
    Absen…

  73. Laskar cinta

    @om makruf,kabar baik om,om jg baik kan 😀
    @QOBILTUMAN, saya g ikut2an ah om,ntar ada yg tersinggung aja kacau jadinya 😀

  74. roikhu-kwa0830

    @ki Qobiltuman,
    bisakah minta alamat ki iblis, saya mau sowan ke rumahnya siapa tahu dapat berkah dan barokah ?
    Makasih sebelumnya.

  75. om makruf

    @ roikhu-kwa0830 ,ngamalin aja blm disuru babar 2,3
    yg punya itu bib iblis…..?

  76. om makruf

    @Laskar cinta bagi2 dong om….?

  77. Nico syah Alam

    @ Ni Sukma Rahayu: Mohon izin tuk menyimak pembelajarannya & trims atas pencerahannya…Saya jadi teringat suatu Ungkapan Sufistik yg menjelaskan, “Siapa yg Menundukkan diri,maka akan mengenal Hakikat diri_ DAN siapa yg mengenal Hakikat diri,maka akan menundukkan diri..”
    @ Para Sesepuhku semua..Selamat sore & salam hormat..

  78. QOBILTUMAN

    @ om roikhu ada kok beliaunya klo mau tanya alamatnya yang sya tahu di dasar pusaran lumpur lapindo disela-sela lubang..nggak ah gak jadi

    @om makruf salim om wah pengkoleksi wedaran iblis juga he..he

  79. roikhu-kwa0830

    ooo…,maaf ki makruf, saya kira sudah mengetahui doa itu.
    Sekali lagi maaf.
    Nuwun.

  80. roikhu-kwa0830

    hahahaha…, ki Qobiltuman bercanda, mana ada manusia bisa hidup di dasar pusaran lumpur lapindo.
    Please ki mohon bantuannya.
    Makasih sebelumnya.

  81. Laskar cinta

    @om makruf,apanya yg d bagi om 😀

  82. wongedi

    doa isrofil nya tlg dunk di tampilkan lg,mohon sedulur berkenan,m-nuwun

  83. Laskar cinta

    @nico syah alam,salam salim om. G bagi2 pengasihan lgi neh om 😀

  84. aq gk ngerti
    om bc
    om iblis
    om om all sedulur k w a salam ta’zim salam sejahtera

    om tiangbungkuk lha gt jd aq ada kwn satu kampong

  85. bikin kopi dulu.. beli rokok… siap nonton bola ina vs philipina. he..he…he 2x
    dijamin rame buangeeeet..

  86. Artikel mantap,pencerahan mantap,teori mantap,orangnya mantap,tapi pertanyaan email sy 2x plus sms dihp ki rahayu 3x tdk diberi jawaban sayang disayang mengecewakan,mungkin sy yg hina dan penuh dg kekurangan sy tdk pantas bertanya keanda.

  87. @ ki rahayu….
    matikan jasad jadi hati
    matikan hati jadi ruh
    matikan ruh jadikan nur
    nur ..bertemu nur.
    gitukah ki rahayu?
    tmksh.

  88. SKJ 96

    O,.. Begitu to resep membuat kacang atom baru ngerti aku…

  89. @www. goaaaaaaaaaaalllllllllll……………….
    hik…hik….hik.3x
    belum main to rupanya…
    aku ketiduran rupanya.
    salam hormat tuk semua wrga kwa dan selamat malam.

  90. Bingung blog

    Ayo kita serang!! Sekalian taruan.
    http://Www.pesantrenhikmah.wordpress.com
    adu domba, adu domba, oh adu domba..

  91. Bingung blog

    Aku senang adu domba. Hikz hikz hikz. . . http://Www.pesantrenhikmah.wordpress.com

  92. La wong bola nang kene,piye nendangnya hehehehehe salam kenal zainur siipatrik peace:-}

  93. sombet

    Absen.. Mlm jumat..

  94. arek ilank

    semangat malam smua,,,absen&nyimak dari seberang,,,,,!!

  95. GOOOOOOOOOLLLL..!!!!!!!

  96. Wah kakek genit aja bisa cetak goal masa kalah nih,kakek bagi dong bolanya hehehe…Salam kenal kakek genit dkk.

  97. Cungkring Cerbon

    Garuda Di Dadaku….

  98. GARUDA DI DADAKU

    sementara 1 – 0 .tuk garuda.
    ayo garuda …..tambah goal lagi…

  99. beni

    assalamualikum derek nyimak

  100. SKJ 96

    Wuuus nyaris,

  101. bayu prakasa suroboyo

    assalamualaikum wr wb
    absen malam+nyimak terus&maaf poro sedulur saya sambil nonton BOLA ina VS philipine.Alhamdulillah skor babak pertama indonesia unggul 1.AMIN.

  102. Patramantra

    Assalamu alaikum wr.wb
    pada pinisepuh kampus wongalus dan bolo wongalus semua…….

  103. Patramantra

    KRITIK SASTRA
    @ mbak rahayu :
    MAAF PILIHAN KATA-KATANYA DAN BAHASANYA TERKESAN BERSEMANGAT, EMOSIONAL DAN TERGESA-GESA.
    SEHINGGA MBAK RAHAYU TERKESAN MENGAJAK PEMBACA UNTUK BERLARI-LARI MELOMPAT KESANA MELOMPAT KESINI DISAAT PEMBACA INGIN MENYELAMI MAKNA YANG DISAMPAIKAN DALAM ARTIKEL INI.
    SEHINGGA PESAN YANG DISAMPAIKAN TERASA KABUR SULIT DIMENGERTI KARENA ORANG YANG MEMBACA TERKESAN DIAJAK BERLARI-LARI DAN CEPAT-CEPAT DALAM MEMBACA ARTIKEL INI.
    Terima Kasih

  104. GARUDA DI DADAKU

    akhirnya …….. 1-0 untuk indonesia.
    selangkah lagi menuju final….
    selamat..!!!!!

  105. laskar lembu suro

    aslkm…mlm kgem poro sedulur ku .

  106. mahmud

    tes…
    tes..
    tes..
    @ki sukma rahay..
    I LOVE YOU…
    FUUUUUUL…CUP AH CUP AH CUP CUP CUP AAAAAAH Muanta tenan…..

  107. Laskar cinta

    Baru baca ulang ternyata oh ternyata

    tetep aja g ngerti 😀

  108. mahmud

    @mas laskar
    ketemu lagi nih…
    awas jgn di cuekin lg yaa…
    @I LOVE YOU FULL TO KI SUKMA RAHAYU…
    @KI SABDA LUHUR
    MASIH ADA KI..?..

  109. laskar lembu suro

    mantep tenan pencerahanya tpi gk ngerti mlm kagem@ki wong alus
    @sukma ayu
    @LC
    @mas makruf
    @bib iblis
    @alll salam cinta damai

  110. Laskar cinta

    @mahmud,salam salim om 😀
    @LLS,salam salim om 😀
    pada kemana neh…

  111. Cungkring Cerbon

    Baca ulang artikel ini bbrp X,tp tetap g ngrti
    “kekosongan abadi ini. Sesuatu yang tidak perlu dicari- cari dan dibayang -bayangkan . dan kosong kok dicari dan dibayangkan?. Ya tidak bakalan ketemu . Sebenarnya kita tinggal DEKONSENTRASI …, KOSONG … , lalu tunjuk saja INI , selesai sudah …”
    Apakh bnr Qt kosentrasi utk mengosongkn diri bakal ketemu (dg-Nya), KayaY Qt hrs blajar k ahlul Yoga (atau biksu2)…..Maksud kosong dsni itu yg bagaiman?Bagaiman mendapatknY?

    Hwahahahahaha Cungkring konslet ne…kayaY telor taro d kpala mateng…..
    @Bagi Ponakawan yg penting bebeciking Ngawulo……”suwung dudu kang nyuwung, Anging suwung kang sunyt…….”

  112. Syukron

    Alhamdulillah Indonesia Menang.. Patut d syukuri.. Indonesia Vs Eropa 1 – 0 hehe

  113. Laskar cinta

    @CC,toss dulu om,sbg sesama yg g ngerti 😀

  114. om makruf

    salam saliman male injih
    @Laskar Cinta
    @Cungkring Cerbon
    @Syukron
    @laskar lembu suro
    dan semuanya salam rahayu…
    izin nyimak..dg secangkir kopi pahit…ya

  115. Laskar cinta

    @om makruf,salam salim om 😀 tpi ngomong2 kita mau nyimak apa neh om 😀

  116. chan

    Just wanna ask: jika diri ini tidak berada dalam kekhawatiran maupun ketenangan,apakah diri ini tdk sedang berada dlm kebimbangan? Thanks b4.

  117. om makruf

    nyimak apa om Liskar cinta…ditempatku listrik padam…
    jadi ketinggalan nii

  118. Pencari ilmu

    Hadirr,..

  119. Laskar cinta

    @om makruf,yg mau d simak g ada om. Soalnya masalahnya adl saat kita ingin menyadari kekosongan ini ,kita di hadapkan pd bnyak referensi yg tak mudah utk kita mengerti om. Contohnya y ini om :D. Karena kita di giring kpd pengetahuan2 yg rumit om. Semakin rumit ilmunya maka itu di katakan semakin hebat om. Dan salah satunya y ini om :D. Halah ngomong apa saya ini…. Om ngerti g maksud saya? Kalo g ngerti y gpp om,wong saya yg nulis ini jga g ngerti kok om 😀

  120. laskar lembu suro

    monggo dilanjut….

  121. mahmud

    artikel ki sukma rahayu adalah menghimbau agar supaya kt semua lbh mawas dan intropeksi diri dan skaligus di tuntut utk memperbaiki parakdikma dlm diri kt yg selama ini di anggap kurang…dst.

  122. bayan

    Assalamu alaikum para sesepuh dan semua dulur. Dua jempol untuk ki sukma atas pemaparanya.

  123. arek ilank

    semangat malam smua,,
    Maaf cuma ngintip aj sebentar,,,

  124. wong sinyo

    @ mahmud …
    mohon jaga kesopanan bicara karena ki sukma rahayu slh satu dewan pakar KWA … jd lebih bijaksana lebih baik karena beliau itu wanita .. (dan biar tidak di contoh sedulur lainnya )
    saran saya kepada mahmud … perbanyak zdikir ya … biar hati temtram … amin yarobbal alamin ..
    selamat malam

  125. SODOLANANG

    ADA KADAL DI KADALIN…..HUA HA HA..GLEKH.

  126. Patramantra

    Maaf ya…..kawan-kawan
    mungkin KOSONG disini yang dimaksud DIMANA KITA SUDAH TIDAK MEMAKAI PANCA INDRA DAN INDRA BATHIN.
    Seperti Nabi Musa melihat Nur Illahi di gunung Tursina. Seakan gunung tersebut hancur karena Adanya Cahaya Allah tersebut. Dan nabi Musa pingsan.
    PINGSAN di sini bukan pingsan beneran tapi sebagai gambaran saat nabi Musa mencapai keadaan KOSONG.
    KOSONG = SUCI (tidak terjamah)
    Maaf jika ada yang salah

  127. bayan

    Teori ilmu ruhani selaras dg teori nuklir. Seperti juga 212. Teori nuklir pertama adalah penggabungan inti, teori kedua adalah pembelahan inti. Monggo dikaji lebih mendalam.

  128. mahmud

    astaqfirullah haladhi.9…memgangnya aku ini ngapain to cak2.,lawong aku ga ngapain ki sukma rahayu…ko di salahin…maksudnya akukan mengartikan makna artikele sing di tulis..dudu sing nulis lo…salah ta.? trs yg benernya gmn.?paparin kl njenengan iso…wah tah ini yg di nm paradigma krg…masa ga tau maksud dan tujuan kt tulisanku..y

  129. mantap ki sukma atas pempparan nya.salm kenal dari saya ki,dan salam sejaterah buat ssesepuh,pini sepuh dan saudara ku semua semoga kita semua mendapat kn ridho allah.oh ya bib lis mau dong ilmu kadal nya

  130. Songgomanik

    Assallamualaikum Ki Sukma Rahayu .

  131. wong sinyo

    #

    tes…
    tes..
    tes..
    @ki sukma rahay..
    I LOVE YOU…
    FUUUUUUL…CUP AH CUP AH CUP CUP CUP AAAAAAH Muanta tenan…..

    mahmud

    16 December 2010 at 21:13
    #

    @mas laskar
    ketemu lagi nih…
    awas jgn di cuekin lg yaa…
    @I LOVE YOU FULL TO KI SUKMA RAHAYU…
    @KI SABDA LUHUR
    MASIH ADA KI..?..

    mahmud

    16 December 2010 at 21:25

  132. tarjo

    sip mantap…salam sayang ya ki sukma rahayu 😉

  133. roikhu-kwa0830

    sepi…cuma pertengkaran berebut wanita.
    Ada gak ilmu mengusir nyamuk ?
    Selamat malam sedulor semua.

  134. hadir… hadir … hadir …

  135. roikhu-kwa0830

    sepi…cuma pertengkaran berebut wanita.
    Ada gak ilmu mengusir nyamuk ?
    Salam karahayon sedulor semua.

  136. salam salim salam sungkem katur semuanya.

    pada saat menemukan ruang-ruang diri berserta ciri-cirinya, mungkin yang akan kita temukaan berupa kesaksian akan ada-NYA dan maha serba maha-NYA. mungkin kalau ruang-ruang itu sudah bisa dikenali dan menginjak ruang-ruang lain dan seterusnya, mungkin akan ketemu bahwa satu ruang tak terbatas dan menginjak keruang lainya tak terbatas lagi…….sangat banyak sekali ruang-ruang tak terbatas tersebut dan antara ruang satu dengan ruang yang lainya tidak ada batas…………sebab dimensi tersebut tidak mengikat dan tidak terikat…….jadi seberapa banyak dalam memasuki ruang-ruang tersebut mungkin pada hakikatnya hanya masuk dalam satu ruang saja. sangat amat sukar bin sulit untuk menemukanya semunya melebur yang ada hanya satu ruang tak terbatas.
    semakin ketemu semakin yakin ketemu lagi bertambah yakin ketemu lagi yakin seyakin yakinya ketemu lagi…..teruskan sendiri.
    semakin ketemu semakin sabar ketemu lagi tambah saabar ketemu lagi sabaaaaar tenan ketemu lagi sabaaaaaaaaar buangettttt ketemu lagi……teruskan sendiri.

    opo meneh yoo xixixixixixixi lawong aku dewe yo gak mudeng nyobo tak fahami eeeelhadalaah malah mubeng lingkar melingkar lingkaran piye iki aku arep metu ra bisa-bisa tuloooooooooooong keluarkan aku dari lingkaran ……..tulooooooooong bebaskan aku dari lingkaran ……tuloooooooooong…….waduhhhh gak ono sengnulungi ahhh youweslah yo dadine gelem ragelem kudu ngakoni kudu yakini kudu nyerah pasrah.

    waduhhhh malah tambah nglantur tortortor ra ngenah nah nah nah youweslah lah lah

    dadadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  137. Syukron

    Mungkin Mrasa kosong brarti tdk mrasa apa2..n ketika pikiran, hati, & prasan kita kosong maka pda saat itulah Nur Ilahi akn menuntun kita..kra2 sperti itu, yach keknya bhsa tingkat tinggi yg d gunakan yg hanya bsa d mengrti oleh qalbu. Mhn maf..Smga sya salah..

  138. mahmud

    ala2….iku toh…yg di permasalahkan…ha3
    aku ini orang sekolahan cak..dan ahli agama…itukan ungkapan kekagumanku pd beliau dgn kepintarannya..mkn yg sampean maksud..
    CUP CUP…Itukan..? itukan cinta untk panjenengan…masak ga boleh…aku jg tau tata krama dan itu bkn ucapan yg kotor dan menjijikkan..itu artinya ucapan kebanggaan dan kesalutanku pd beliau..jgn salah terka dan sangka…wah ternyata dan ternyata…kudu hrs yg byk belajar lbh..

  139. roikhu-kwa0830

    halah…halah…halah, tambah bingung. Isinya putar-putar seperti ilmu hipnotis.
    Dipakai ngusir nyamuk bisa gak ya ?
    Salam…salim…paseduluran
    nuwun.

  140. Assalamualaikum,, para dulur kabeh…

    Mbak Sukma,, artikel yg bagus,, walau bahasanya banyak orang ga ngerti,, mngkin kalo di bangku kuliah,, itu mata kuliah untuk S3 kali ya,,, sedangkan kita masih nginjak Semester 1,,

    wass,,,

  141. tarjo

    ikutan cup cup juga ya ^_^

  142. a

    tes…salam..

  143. tarjo

    cup cup…cipika cipiki…xixixi…

  144. tsmario

    dalem banget sich bahasa dan bahasannya…!

  145. a

    cup cup juga ya ^_^

  146. koplak.

    In the Name of God, the Merciful, the Compassionate,

    walah..walah….walah……

    koplak ndas ku…

    tak turu dhisik..

  147. roikhu-kwa0830

    kok pada cup…cup…cup…semua, memangnya ada yang nangis ya ?
    Nuwun

  148. Roby

    Kalau gak salah terjemahan di atas kira kira begini “segala sesuatu di alam semesta tunduk dalam perintah allah” berarti semua kosong.karena tidak berkehendak yang ada hanya Allah.salam kenal semua

  149. banyulumut

    berkhayal tingkat tinggi tak bertemu diakhir.. apa yg dicari..

  150. mahmud

    ….Ass wb…
    wahai saudaraku..tuntulah ilmu setinggi langit..dan jgn di remehkan jg ilmu yg ada di bw langit…
    ..selalu ucap salamlah kepada penghuni dalam jiwa ragamu dan jgn lupakan jg apa yg ada di luar ragmu….
    saudaraku kl menginkan sesuatu dan ingin berhasil…miliki ilmu IMPIAN DAN SIKAP POSITIF..krn itu sdh hkm pasti yg tdk bs kita abaikan..maaf jikalau ada salah2 kt yg ku ucapkan dan sy mhn undur diri utk slamanya..swn sanget konco2ku

  151. roikhu-kwa0830

    ada gak yang tahu wujud Allah ?
    Wujud abstrak kan bisa dibayangkan, bila sudah bisa dibayangkan maka bisa digambarkan.
    Seperti kosong, bisa dibayangkan maka bisa digambarkan.
    Inikan pelajaran mengarang, maka boleh dong membuat karangan yang super istimewa cantiknya.
    Nuwun.

  152. koplak.

    *&$&*(&)_&%#^&)+_)++?????%&H%^&VCB&*

  153. koplak.

    Jadi proses laa ilaha illah itu ternyata puncaknya adalah rasa IMAN kepada Allah……..

    ^%(&*))$%&BN>>>>…<<<^%)()_)&^%$$G$$K( ^%

  154. roikhu-kwa0830

    @ki koplak, bahasa apa tuh ???

  155. roikhu-kwa0830

    kayaknya banyak yang pakai bahasa makhluk penghuni planet mars dan merkurius.
    Perlu panggil alien ke sini nih….

  156. koplak.

    @ ki roikhu-kwa0830 …salam..
    iku bahasa wong koplak , artinya koplak ndasku…

    maaf ….saking pusingnya sampe koplak .

  157. koplak.

    @ ki roikhu-kwa0830 …salam..

    ketularan nona ana di becak…ther…ther..

  158. roikhu-kwa0830

    istri saya juga sering bikin koplak ndasku.
    Memang wanita bahasa nya bikin koplak ndas.
    Nuwun.

  159. wisanggeni

    ngerti ora ngerti karepmu, hehehehe, lha aq kemaren tanya aja gak dijawab kok.

  160. koplak.

    masih mending tuh….
    ditempatku , istri, anak, tetangga, juga sering bikin koplak ndasku….nasib….

    ^$*&(_^%$*UGB(*^%$#*(>. . . ^%$##)>>

  161. roikhu-kwa0830

    malam ini saja, saya minta main anu…anu… Gak mau dia / istriku. Malah ditinggal bobok, terus gimana anu…anuku…kedinginan dong.
    Jadinya koplak juga ndasku malam ini.
    Nuwun…salam juga ki koplak.

  162. koplak.

    @ ki wisanggeni…salam…
    gmn kabar jogja? ?
    apa perlu pasport tuk ke tlatah panjenengan ??

  163. koplak.

    @ ki roikhu …
    .apa di nginden lagi musim anu,,,,( koplak )
    kok anunya sampe gak di anu anu.
    ato anunya kurang anu ??wkwkwk….

    (*^&%##%*&()#%%^%*)^%$#

  164. roikhu-kwa0830

    puyeng…koplak…puyeng…koplak.
    Derita hasrat yang tak tersalurkan….owwhhh

  165. roikhu-kwa0830

    anuku sudah ku anu…anu…tapi ini dia tidak mau di anu…
    Di nginden hawanya dingin malam ini. Pinginnya anu…anu…sama istri.
    Kalo didepan rumah banyak yang minum topi miring, vodka, drum, kuntul, arak, mereka cari kehangatan.
    Salam ki koplak.

  166. koplak.

    kayaknya perlu ke tmpt pean cak…
    butuh kehangatan….

    ngomong mbladus ngene kok koplak e rodok ilang yo …

    . mbladus termasuk hasrat yang tersalurkan…lho..
    obat mujarab ngurangi koplak .

    salam cak roikhu …

    sedulur kwa , maaf ke mbladus an kulo …

  167. roikhu-kwa0830

    podo-podo cak koplak.
    Aku yo njaluk sepuro dulur kwa.
    Keto e mbojoku wis gelem anu…anu….
    Sepurane tak tinggal sik yo…

  168. laskar lembu suro

    pada kemana y?

  169. Cungkring Cerbon

    @dg Kosong apakah Qt bs ketemu dg-Nya?
    Tak mrasakan & tak mendengar bnrkh itu adlh puncak dr ibadah (khusuh)?
    wah banyak dalil (ayat) yg g sinkron bs2….Serem…!!!
    Puncaky Kenapa bkn “Alladzina yadlunuwna annahum mulaaquw rabbihim wa annahum ilayhi raaji’uwn”

  170. tarjo

    udah pada cup cup mah jam segini…heheh

  171. ikut nyemaak……..

  172. Sartono jenar

    Absen 2/3 mlm…monggo dulur2 dilnjut…sya tk nyimak az smbil mbakar kmenyan hitam+minum kopi pahite…duduk dipojokan smbil klepas klepus…mantebbb……@om laskar lembu suro,om cungkring c,om tarjo,om roikhu,om puncak 29 slam knal,monggo dilanjut…..

  173. BANDAR SAHAM

    ASS.WR.WB , KI SUKMA RAHAYU , SALAM HORMAT & KAGUM .

  174. ivanfahrezzy

    @ki sukma rahayu…paparan yg mantap ki..memang terlihat secara bahasa mudah..tapi kalo tidak mendapat hidayahNya sangat susah dipahami..apalgi bagi kita yg masih banyak peng-aku-an..aq sabar..aq baik..aq sholeh..aq dermawan..aq bisa ini itu..aq..dan aq..ki mau nanya ki.yang dmaksud oleh panjengan DADA..apakah dada yang fisik(ragawi) atau makna yang lain? seyogyanya kalo ada kesempatan waktu ki sukma berkenan untuk menjawab pertanyaan sedulur2 semua termasuk pertanyaan diatas..karena kalo tidak di jelaskan secara utuh akan membingungkan ki..maaf ki atas ketidaksopanan saya..

  175. Mbah Drogon Junior

    Assalamualaikum………..
    izin nyimak dan absen subuh..,
    subuh-subuh sudah buka blog tercinta,
    hekh.. hekh.. hekh.. ala kakekgenit.com

  176. Mas Tlogo geneng

    auuuwww…..
    masih ngantuk….sembari buka blog yangmana semalem aku mendapat ilham yang luar biasa, hehehe….berkat blog ini juga…

  177. Ki Sabda Luhur

    dapet kawaskitanya apa mas…mari di bagi-bagi agar kita sedulur keduman / kebagian….

  178. Sword Zulfaqor

    Assalamu”alaikum Wr.Wb,….Salam Damai untuk semua yang hadir disini,…. semoga berkah, rahmat dan hidayah Allah SWT terlimpah kepada kita semua, Amin

    @KI SUKMA RAHAYU:, Bagus sekali artikelnya,…. hanya orang-orang dengan tingkat pengetahuan tertentu yang mampu memahaminya,….artikelnya kelihatannya sedikit tetapi kalau di babarkan dengan sangat detail hasilnya pasti panjang sekali…. maju terus saudariku….mantaaap

    @All: Monggo Dilanjut….

  179. Hanafi

    alhamdulillah,,,makasih banyak,,,salam semua,,,

  180. Wong Bingung

    Tulisan ..yang cantiiik….

  181. mas agung

    menyimak…….menyimak….menyimak……..aduh, kapan masuknya ini… dasar tumpul…tumpulllll..pulll… saya absen aja ah, salam sedulur semua. semoga pertolongan Allah segera datang, agar bisa memahami apa ini 😦

    SALAM RAHAYU SELALU KAGEM KI SUKMA RAHAYU…( SELAMAT YA KI ATAS STATUS BARUNYA, SEMOGA DIBERKAHI OLEH ALLAH SWT, AAMIIN )

  182. tarjo

    cantik…jadi pengin nih…

  183. Oval75

    Ass. Salam Semua. Salam @Ki sukma rahayu…: Artikel yg bagus…gampang dicerna bagi pemula seperti ane ini yg baru mau mengerti ilmu tauhid N ma’rifat….. Semoga mendapatkan hikmah didalam hati ini…AAAmiiin..

  184. Satrio Mataram

    ass…
    KI SUKMA …..i love u pooooollllllllllllll!!

  185. tarjo

    I love you too…

  186. Satrio Mataram

    salam salim kenal dan hormat saya buat om tarjo…..salam paseduluran….piiiiisssssssss

  187. tarjo

    iya om,salam paseduluran & pisss juga…

  188. Oval75

    @tarjo N @Satrio mataram : koq, ente berdua main love 2x an…he.he.he..

  189. Cungkring Cerbon

    @Memang klo drenung KaDal Vs Naconda (Noconfess)……
    lebih banyak yg memahami Kadal
    Bukan krn tingkatn Maqom seseorang,tp lebih mendasar “rasa”
    -Kadal=inilah watak/karakter pemahamn Nusantara, Yg bahasanya Lugu dalam serta sangat simbolik…..contoh Qita pengen mangga milik tetangga Org jawa/Nusantara biasa mengatakan: Mangganya rindang & ranum2….mrk tdk lgsg brkata bhw qt snang & kpengen klo bleh y mnt……
    – Naconda bahasa intelektual, brwawasan global Dalam serta kehalusan yg tanpak sederhana……Qt org Jawa/Nusantara biasa makan nasi, pas saraman makan roti…tinya sarapan blom?jwbY y Blom…….

    Om_yg dmaksud Dada dsni InsyaAlloh klo g salah adl Qolbu…….

  190. Satrio Mataram

    waduh..om tarjo…ada yg cemburu..hixhixhix….
    salam manis buat om oval….moga2 tambah oval aja…

  191. iroel

    postingan ki sukma selalu luar biasa, salam takjim buat sesepuh semua.

  192. datok bujang

    Shollu alaa Nabiy SAW….

    kajian yang sangat menyentuh

    semoga rahmat & barakah nya bagi yg mengores pula yang menghidupkan nya.
    amin

  193. Alang_Alang Apuk Kabur Kanginan

    Bahasan yg bagus…
    Dari penolakan – pengosongan-persaksian-pengakuan-IMAN…

    Good luck everybodies in the KWA…
    To uncle,sister,master,teamwork,little..,brother,,all name is the best…

    MEN TO GIRL

  194. laskar lembu suro

    aslkm absen pagi

  195. Oval75

    @Satrio mataram : Ane mau juga nih…boleh ngak maen love 2x an……

  196. jalasatria

    Assalamualaiku…@all dulur2 semua…ijin bergabung…
    @om satrio mataram..gmn kabar nya om pengusa ringroad kidul..?
    @om tarjo…nderek nepangaken..
    ,om cungkring…gak usah dibikin bingung…
    @om laskar…siiiip…siiip…dg cintanya.
    @om qobiltuman…dibantu tuh om roikhu bingung lg cari di kamus doa isrofil…
    @ dulur2 semua…

  197. yoyok supriyadi

    ada sebenarnya tiada isi sebenarnya kosong dan hampa ini sih katanya biksu tong gurunya kera sakti ketika mengalakan dewa mimpi

  198. Rojali

    sebuah tulisan yg mempunyai arti yg mendalam,mudah2an kita bisa mempraktekan nya dalam keseharian,amiin,salam kenal ki sukma rahayu.

  199. Patramantra

    KRITIK SASTRA
    Pemaparan yang Bagus, pilihan bahasa gaul tapi mengandung emosi kekesalan saat penulis mencari pemahaman LAA ILAHA….!
    Ruang yang tidak ada apa-apa lagi disitu yang bisa kita nafikan (tiadakan). KOSONG…, HENING…, ABADI…, AL BATHIN…, ALIF LAM MIM…, NUN…
    Dan penulis dihadapkan pada referensi yang tidak mudah dipahami dan harus berumit-rumit ria, padahal yang dipelajari hal yang sederhana. Ditunjuk dg kalimat “…Padahal siapapun juga, siapa saja, sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk bisa menyadari adanya kekosongan abadi ini. Sesuatu yang tidak perlu dicari-cari dan dibayang-bayangkan. dan kosong kok dicari dan dibayangkan?. Ya tidak bakalan ketemu. Sebenarnya kita tinggal DEKONSENTRASI…, KOSONG…, lalu tunjuk saja INI, selesai sudah…”
    Selanjutnya tentang TEKNIK NO CONFESS/TIDAK MENGAKU kurang lebih konsepnya yang pernah diposting sama Ki Risang dg judul MEMASUKI ALAM RASA

  200. Assalamu’alaikum sugeng enjang sederek sedoyo,
    salam pamuji rahayu katur sedulur sedoyo,
    salam takdzim untuk soadaraku semua,

  201. Patramantra

    Sikap kekesalan penulis bisa dilihat dari pengalaman beliau Lihat artikel MUALAF yang pernah ditulis Ni Suksma Rahayu.
    MAAFKAN SAYA
    Ki Suksma Rahayu dan para pinisepuh KWA. Bukan maksud keminter cuma ingin mengajak saudara yang lain melihat dari kaca mata Sastra. Dengan harapan agar bisa menyelami makna yang disampaikan………
    Terima kasih
    wasalam

  202. Patramantra

    Teknik NO CONFESS/TIDAK MENGAKU sama dengan makna yang disampaikan Ki Risang dalam artikel MEMASUKI ALAM RASA
    Kedua TEKNIK INI cenderung mengarah pada terapan/amalan sehari dalam tingkah laku

  203. Patramantra

    Teknik NO CONFESS/TIDAK MENGAKU sama dengan makna yang disampaikan Ki Risang dalam artikel MEMASUKI ALAM RASA
    Kedua TEKNIK INI cenderung mengarah pada terapan/amalan penerapan sehari-hari dalam tingkah laku

  204. mas.rio

    ass wrwb..hadiiir..ketemu lagi dengan para sedulur KWA..
    nyimak nunggu isi pelajaran baru..

  205. Laskar cinta

    @jalasatria,salam salim om,yg sip apanya neh om 😀
    @mas rio,salam salim om 😀

  206. dimAsYuDie

    …4JJI…
    Absen Siang
    Salam Salim Buat Semua Sedulur KWA… Yang Aku Kwangeni…

  207. Dewi Sri

    Assalamu alaikum Wr.wb.
    Maap mau menambahkan Ki Sukma Rahayu dan Semua Sedulur.

    Insya Alloh Pandangan Bathin tdk untuk diperdebatkan Karena Menyangkut suasana hati/Qolbu masing2 berbeda pandangan Sesuai dg maqom dan Pandangannya kpd Alloh SWT,atau cukup dijadikan wacana dan bahan renungan/Tafakur kpd Alloh SWT.

    Sayyidina Ali r.a. pernah ditanya oleh seorang sahabatnya bernama Zi’lib Al-Yamani,

    “Apakah Anda pernah melihat Tuhan?”
    Beliau menjawab, “Bagaimana saya menyembah yang tidak pernah saya lihat?”
    “Bagaimana Anda melihat-Nya?” tanyanya kembali. Imam Ali menjawab,
    “Dia tak bisa dilihat oleh mata dengan pandangannya yang kasat,
    tetapi bisa dilihat oleh hati dengan hakikat keimanan …”.

    Kisah diatas telah menggambarkan bahwa tidaklah mustahil seorang yang telah beriman untuk dapat ‘melihat’
    Allah azza wazala, Dia Tuhan yang menciptakannya, Tuhan yang kita sembah, yang memberi kita hidup.
    Lalu pertanyaannya kemudian Mungkinkah kita dapat ‘melihat’Nya ? …, Dimanakah Allah …?..

    Hati merupakan pusat dari segala kemunafikan, kemusyrikan, dan merupakan pusat dari apa yang membuat seorang manusia menjadi manusiawi. Dan pusat ini merupakan tempat dimana mereka bertemu dengan Tuhannya. Merupakan janji Allah saat fitrah manusia menanyakan dimanakah Allah ? Lalu, Allah menyatakan diri-Nya berada “sangat dekat”, sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an :
    “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang “Aku” maka (jawablah) Bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka itu beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran ” (QS 2:186)
    “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya” (QS 50:16)
    Didalam ayat-ayat di atas, mengungkapkan keberadaan Allah sebagai “wujud” yang sangat dekat. Dan kita diajak untuk memahami pernyataan tersebut secara utuh. Maka dari itu jawaban atas pertanyaan “dimanakah Allah?”. Al Qur’an mengungkapkan jawaban secara dimensional. Jawaban-jawaban tersebut tidak sebatas itu, akan tetapi dilihat dari perspektif seluruh sisi pandangan manusia seutuhnya. Saat pertanyaan itu terlontar “dimanakah Allah “, Allah menjawab “….Aku ini dekat “, kemudian jawaban meningkat sampai kepada “Aku lebih dekat dari urat leher kalian…atau dimana saja kalian menghadap disitu wujud wajah-Ku ….dan Aku ini maha meliputi segala sesuatu.”

    Keempat jawaban tersebut menunjukkan bahwa Allah tidak bisa dilihat hanya dari satu dimensi saja, akan tetapi Allah merupakan kesempurnaan wujud-Nya, seperti didalam firman Allah :
    “Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keragu-raguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. ingatlah bahwa sesungguhnya Dia maha meliputi segala sesuatu. (QS 41:54)
    “Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah maha luas lagi maha mengetahui” (QS 2:115)

    Sangat jelas sekali bahwa Allah menyebut dirinya “Aku” berada meliputi segala sesuatu, dilanjutkan surat Al Baqarah ayat 115 ..dimana saja engkau menghadap disitu wajah-Ku berada!!! Kalau kita perhatikan jawaban Allah, begitu lugas dan tidak merahasiakan sama sekali akan wujud-Nya.

    Namun demikian Allah mengingatkan kepada kita bahwa untuk memahami atas ilmu Allah ini tidak semudah yang kita kira. Karena kesederhanaan Allah ini sudah dirusak oleh anggapan bahwa Allah sangat jauh. Dan kita hanya bisa membicarakan Allah nanti di alam surga. Untuk mengembalikan dzan kita kepada pemahaman seperti yang diungkap oleh Al Qur’an tadi, kita hendaknya memperhatikan peringatan Allah, bahwa Allah tidak bisa ditasybihkan (diserupakan) dengan makhluq-Nya.

    Didalam kitab tafsir Jalalain ataupun didalam tafsir fi dzilalil qur’an, membahas masalah surat Fushilat ayat 54, … Allah meliputi segala sesuatu … adalah ilmu atau kekuasaan-Nya yang meliputi segala sesuatu, bukan dzat-Nya.

    Pendapat ini merupakan tafsiran ulama, untuk mencoba menghindari kemungkinan masyarakat awam mentasybihkan (menyerupakan) wujud Allah dengan apa yang terlintas didalam fikirannya ataupun perasaannya. Sehingga “Allah” sebagai wujud sejati ditafsirkan dengan sifat-sifat Nya yang meliputi segala sesuatu. Untuk itu, saya huznudzan memahami pemikiran para mufassirin sebagai pendekatan ilmu dan membatasi pemikiran para awam.

    Akan tetapi kalau “Allah” ditafsirkan dengan sifat-sifat-Nya, yang meliputi segala sesuatu. Akan timbul pertanyaan, kepada apanya kita menyembah? Apakah kepada ilmunya, kepada kekuasaan-Nya atau kepada wujud-Nya? Kalau dijawab dengan kekuasan-Nya atau dengan ilmu-Nya maka akan bertentangan dengan firman Allah :

    “Sesungguhnya Aku ini Allah , tidak ada tuhan kecuali “Aku”, maka sembahlah “Aku” (QS 20:14)

    Ayat ini menyebutkan “pribadinya” atau dzat Allah, kalimat … sembahlah “Aku”. Ayat ini menunjukkan bahwa manusia diperintahkan menghadapkan wajahnya kepada wajah Dzat yang Maha Mutlak. Sekaligus menghapus pernyataan selama ini yang justru menjauhkan “pengetahuan kita ” tentang dzat, kita menjadi takut kalau membicarakan dzat, padahal kita akan menuju kepada pribadi.Allah, bukan nama, bukan sifat dan bukan perbuatan Allah. Kita akan bersimpuh dihadapan sosok-Nya yang sangat dekat.

    Ungkapan tentang Tuhan, juga disebut sebagai dalil pertama yang menyinggung hubungan antara dzat, sifat, dan af’al (perbuatan) Allah. Diterangkan bahwa dzat meliputi sifat … sifat menyertai nama … nama menandai af’al. Hubungan-hubungan ini bisa diumpamakan seperti madu dengan rasa manisnya, pasti tidak dapat dipisahkan. Sifat menyertai nama, ibarat matahari dengan sinarnya, pasti tidak bisa dipisahkan. Nama menandai perbuatan, seumpama cermin, orang yang bercermin dengan bayangannya, pasti segala tingkah laku yang bercermin, bayangannya pasti mengikutinya. Perbuatan menjadi wahana dzat, seperti samudra dengan ombaknya, keadaan ombak pasti mengikuti perintah samudra.

    Uraian di atas menjelaskan, betapa eratnya hubungan antara dzat, sifat, asma, dan af’al Tuhan. Hubungan antara dzat, dan sifat ditamsilkan laksana hubungan antara madu dan rasa manisnya. Meskipun pengertian sifat bisa dibedakan dengan dzat..namun keduanya tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

    Kalimat …. Allah meliputi segala sesuatu (QS 41:54) adalah kesempurnaan ..dzat , sifat, asma, dan af’al. Sebab kalau hanya disebut sifatnya saja yang meliputi segala sesuatu, lantas ada pertanyan, “sifat” itu bergantung kepada apa atau siapa ? Jelas akan bergantung kepada pribadi (Aku) yang memiliki sifat. Kemudian kalau sifat yang meliputi segala sesuatu, kepada siapakah kita menghadap? Kepada Dzat atau sifat Allah. Kalau sifat Allah sebagai obyek ibadah kita, maka kita telah tersesat, sebab sifat, asma dan perbuatan Allah bukanlah sosok dzat yang Maha Mutlak itu sendiri.

    Semua selain Allah adalah hudust (baru),.karena “adanya” sebagai akibat adanya sang Dzat. seperti adanya alam, adanya malaikat, adanya jin dan manusia. Semua ada karena adanya dzat yang maha qadim. Seperti perumpamaan madu dan manisnya, sifat manis tidak akan ada kalau madu itu tidak ada. Dan sifat manis itu bukanlah madu. Sebaliknya madu bukanlah sifat manis. Artinya sifat manis tergantung kepada adanya “madu”. Apakah Dzat itu, … seperti apa? Apakah ada orang yang mampu menjabarkan keadaannya ?

    Singkat kata, dualitas berkaitan dengan sifat diskursus manusia tentang Tuhan. Untuk bisa memahami Tuhan, kita harus mengerti keterbatasan-keterbatasan konsepsi kita sendiri, karena menurut perspektif ketakperbandingan tak ada yang bisa mengenal Allah kecuali Allah sendiri!!! Karena itu kita punya pengertian tentang Tuhan, “Tuhan” konsepsi saya dan “Tuhan” konsepsi hakiki, yang berada jauh diluar konsepsi saya. Tuhan yang dibicarakan berkaitan dengan “konsepsi saya”. Konsepsi Dzat yang hakiki tidak bisa kita fahami, baik oleh saya maupun anda. Karena itu kita tidak bisa berbicara tentangnya secara bermakna. bagaimana kita bisa memahami tentang Dia, sedang kata-kata yang ada hanya melemparkan kita keluar dari seluruh konsepsi manusia. Seperti, Al awwalu wal akhiru (Dia yang Awal dan yang akhir), Dia yang tampak dan yang tersembunyi (Al dhahiru wal bathinu), cahaya-Nya tidak di timur dan tidak di barat (la syarkiya wa la gharbiya), tidak laki-laki dan tidak tidak perempuan, tidak serupa dengan ciptaan-Nya dst….

    Kenyataan Tuhan tidak bisa dikenal dan diketahui berasal dari penegasan dasar tauhid `laa ilaha illallah atau laisa ka mistlihi syai’un’ (tidak sama dengan sesuatu). Karena tuhan secara mutlak dan tak terbatas benar-benar dzat maha tinggi, sementara kosmos berikut segala isinya hanya secara relatif bersifat hakiki, maka realitas Ilahi berada jauh diluar pemahaman realitas makhluq. Dzat yang maha mutlak tidak bisa dijangkau oleh yang relatif.

    Kita dan kosmos (alam) berhubungan dengan tuhan melalui sifat-sifat Ilahi yang menampakkan jejak-jejak dan tanda-tandanya dalam eksistensi kosmos. Kita tidak bisa mengenal dan mengetahui Tuhan dalam dirinya sendiri, tetapi hanya sejauh Tuhan mengungkapkan diri-Nya melalui kosmos (sifat, nama, af’al). Firman Allah:

    “Dialah Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Dia mempunyai nama-nama yang yang indah “(QS 20:8)

    Sifat, nama, dan af’al, secara relatif bisa dirasakan dan difahami “maknanya”. Akan tetapi “Dzat”, adalah realitas mutlak. Dan untuk memahami secara hakiki harus mampu memfanakan diri, … yaitu dengan memahami bahwa keberadaan makhluq adalah tiada….
    Firman Allah :

    “(yang memiliki sifat-sifat yang..) Demikian itu ialah Tuhan kamu. Tidak ada Tuhan selain Dia. pencipta segala sesuatu maka sembahlah Dia, dan Dia adalah pemelihara segala sesuatu. Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan. Dan Dialah yang maha halus lagi maha mengetahui” ( QS 6:102-103)

    Realitas bahwa Dzat tuhan tidak bisa dibandingkan dengan sesuatu (QS 26:11) … berlaku sampai diakhirat kelak. Walaupun Tuhan sendiri mengatakan bahwa manusia di alam surga akan melihat realitas Tuhan secara nyata atas eksistensi Allah, bukan berarti kita melihat dengan perbandingan pikiran manusia … yang dimaksud melihat secara hak disini adalah kesadaran jiwa muthmainnah yang telah lepas dari ikatan alam atau kosmos.
    Atau biasa disebut “fana”, keadaan ini manusia dan alam seperti keadaan sebelum diciptakan yaitu keadaan masih kosong ‘awang uwung’ (jawa), kecuali Allah sendiri yang ada. Tidak ada yang mengetahui keadaan ini kecuali Allah sendiri.

    Keadaan awal (Al Awwalu) tidak ada yang wujud selain Allah, tidak ada ruang, tidak ada waktu, tidak ada alam apapun yang tercipta. Untuk mengetahui keadaan seperti ini marilah kita ikuti kisah nabi Musa As. Firman Allah :

    “Dan tatkala Musa datang (untuk munajat) dengan Kami, pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya. Berkatalah Musa : ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku. Agar aku dapat melihat kepada Engkau. Tuhan berfirman: kamu sekali-sekali tidak sanggup melihat-Ku, tetapi melihat-lah ke bukit itu, maka jika ia tetap ditempatnya (sebagaimana sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku. Tatkala Tuhannya nampak bagi gunung itu, kejadian itu menjadikan gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan, maka setelah Musa sadar kembali dia berkata. Maha Suci Engkau, dan aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman …” (QS 7:143)

    Ada yang menarik dalam peristiwa “pertemuan” nabi Musa … dan saya hubungkan dengan pembahasan mengenai keadaan “kefanaan” manusia dan alam. Yakni keadaan hancur luluh lantak keadaan gunung Thursina dan keadaan Musa jatuh pingsan!!! Setelah gunung itu hancur dan Musa-pun jatuh pingsan, tidak satupun yang terlintas realitas apapun didalam perasan Musa dan fikirannya, kecuali ia tidak tahu apa-apa. Yaitu realitas konsepsi manusia dan alam tidak ada (fana). Dalam keadaan inilah Musa melihat realita Tuhan, bahwa benar Tuhan tidak bisa dibandingkan oleh sesuatu apapun. Kemudian Musa kembali sadar memasuki realitas dirinya sebagai manusia dan alam. Musa berkata :aku orang yang pertama-tama beriman..dan percaya bahwa Allah tidak seperti konsepsi “saya”.

    Setelah kita mengetahui dan faham akan Dzat, sifat, dan af’al Allah, teranglah fikiran dan batin kita, sehingga secara gamblang kedudukan kita dan Allah menjadi jelas, yaitu yang hakiki dan yang bukan hakiki. Terbukalah mata kita dari ketidaktahuan akan Dzat. Ketidaktahuan inilah yang dimaksudkan dengan tertutupnya hijab, sehingga perlu disadarkan oleh kita sendiri atau seorang guru yang mursyid agar kemudian dapat meningkat kepada mengenal-Nya (ma’rifat).

    Hijab atau tirai itu berkenaan dengan mereka yang terdinding / terhalang dengan Zat Yang Agung itu…Nur / Cahaya Allah. Ada sebuah hadis yang menyebutkan ;
    “Allah mempunyai 70 000 hijab cahaya dan gelap; sekiranya Dia membuka hijab itu, maka Keagungan wajahNya nescaya akan menelan tiap-tiap orang yang menelannya dengan pandangannya”

    (Setengah mengatakan “70 000” hijab, dan ada pula yang mengatakan “700” hijab). Imam Gozhali menerangkan bahwa angka bukanlah menunjuk pada Jumlah, hal tersebut lebih menekankan kepada makna bahwa hijab itu tidaklah sedikit€.

    Sekedar Saran Bermursyidlah Kpd Yang Akhlinya sesudah masuk fase diatas….Insya Alloh.

    Mohon maap kpd Semuanya.
    Salam Takdzim.

  208. Cungkring Cerbon

    akhirnya ada yg turun jg…..
    wes ponakawan mungga nang Kedewatan krihin sebah marang SangHyang Nata Wisesa
    La Ilaha Illalloh……

  209. salam hangat juga buat dewi sri……….salam

  210. Laskar cinta

    Baca aja dari jauh sambil plonga plongo 😀

  211. roikhu-kwa0830

    alhamdulillah…untung istriku mantan katolik, jadi tidak tahu banyak dalil dan bermain kata sastra .
    Kalau pintar kayak yang nulis artikel, pasti saya berantem terus tiap hari , gara2 minta anu….anu….tidak dituruti karena dalil dan kepintaran sastra.
    Slamet…slamet….slamet…
    Nuwun.

  212. Mbah Drogon Junior

    Assalamualaikum dulur bolo wongalus smua, salam ta’dzim lan karaharjan kngge poro sesepuh yg slalu konsisten membimbing para murid2ny dikampus yg tercinta ini.

    @mbk dewi sri: ulasan yg mantab mbk………..

    monggo dilanjut, tak nderek nyimak mwn

  213. wongedi

    no confuse

  214. jalasatria

    @om LC…..energi pancar cintanya….siiip om..

  215. Murid Bodoh

    Assalamu alaikum..wr,wb.

    Manteb tenan…Penjabaran kedua Buah Pemahaman,dan saya yg bodoh Tercerahkan, bagi yg bodoh Nerimo aja, daripada Diperdebatkan, yg bisa dipahami sedikit tetapi lebih baik jika diamalkan maksimal.

    Salam buat @mbk dewi Sri…mohon pencerahanya.
    nuwun.

  216. wa’alaikumussalam……

  217. Dewi Sri

    Salam..salam…Buat semua Sesepuh KWA semua,

    Salam Takdzim Untuk :
    @Mbah Drogon Junior: Maap mbh Dragon aku aq Org Bodoh, hanya bisa merangkai kata hati saja, bkn ilmu dan Ngelmu…insya alloh
    @Laskar cinta
    @wongedi
    @darno
    @jalasatria
    @Murid Bodoh
    @all semua KWA

    Salam hormat maap baru muncul..baru selesai di Sembuh Sakit..3 mingguan..

    Silahkan dilanjt..

  218. jalasatria

    @jeng dewi sri…salam salim juga..
    Alhamdulillah skr dah sembuh n bisa gabung lg..

  219. Dewi Sri

    Insya alloh…@jalasatria salam buat panjenengan..amien, doanya.

  220. roikhu-kwa0830

    lega rasanya, tadi malam sudah tersalurkan energi anu….anu….anuku….
    Salam persaudaraan sedulor kwa.
    Nuwun

  221. Murid Bodoh

    Salam kenal ..Buat jeng @dewi sri mudah2n diberi kesembuhan alloh.

  222. Rojali

    manteb jeng dewi sri penjabaran nya,moga kita bisa merealisasikanya dalam kehidupan sehari hari,

  223. Dewi Sri

    Insyalloh,@murid bodoh @rojali dan semua sedulur kwa salam karahayuan…Silahkan dilanjut.amien.

  224. Tirto Mangkubumi

    Assalamu’alaikum wrwb…. Subhanallah… penjabaran yg sejuk dan mendalam serta menambah wawasan keilmuannya…

    Terima kasih Ki Sukma Rahayu (sukmarahayu70@yahoo.com) dan Dewi Sri…. salam kenal dari saya.

    Wassalam

  225. IBLIS

    huahaaaaaa….
    Tahukah anda makna kias dalam al-qur’an,
    ketika nabi musa bertemu Alloh dan bukit yang hancur ketika Alloh menampakkan dzat NYA.
    Apakah bukit itu benar-benar hancur secara kasat mata ?, adakah bukti otentik kejadian ini ?, adakah saksi-saksi ?
    Tela’ah lagi dengan nalar anda.
    huahaaaaaa……

  226. Ki SabdaLuhur

    Penjabaran diatas termasuk isi intisari ilmu hikmah tingkat tertinggih,dan adanya ilmu hikmah tingkat tertinggih ya karena juga mengacuh pada pemahaman di atas…

    jadi marilah kita resapi niscaya anda akan menemukan titik nya.Nuwun

  227. assalm wr.wb salm semua buat saudara ku,salm kenal de sri dari mba mencari ridho allah

  228. Murid Bodoh

    Salam- salim kenal @mencari ridho alloh dan KI Sabda Luhur Mohon Pencerahannya, krna saya yg bodoh bs tercerahkan…walaupun sedikit, bs bermanfaat saya yg sdng kehausan..

  229. mas.rio

    @mbak dewi sri..salam salim..semoga sehat selalu..aamiiin..

  230. mas.rio

    @mbak dewi sri.salam kenal salam takzim salam sejahterah salam asah asih asuh salam sejahterah .salam salim..semoga sehat selalu..aamiiin..

  231. gusbonex

    @dewi sri, muantaff tenan, tausiyahnya teringat akan salah satu idola saya saat ini kyai abu sangkan, salam kenal n hormat serta tawaddu’ buat panjenengan.
    diatas sujudlah puncak ilmu alloh
    ….huhuhuhu….
    laa ilaaha illalloh
    ora ono kekarepan ingkang mulyo kejobo kepangge gusti alloh

  232. Laskar cinta

    @jalasatria,masa sih om,pdhl g punya pemancar 😀
    @dewi sri,salam salim kembali mbak, makasih atas penjelasannya, tpi tetep aja saya g ngerti 😀
    @omIBLIS,toss lagi aja 😀

  233. Murid Bodoh

    Terima kasih @Mbk Dewi Sri Salam Karahayuan juga Semoga mendapat kesembuhan.

  234. jalasatria

    @bib …salam salim dulu..
    aku nyimak sambil nunggu iman vs imron….siapa tahu mo keluarin di hr jumat ini….he3x

  235. wahyu

    sore2 gini enaknya leyeh2, minum teh anget sbl nyimak comen2 sedulur KWA yg beberke kawruh yg bsa ningkatke rasa ketaukhitan

  236. Wahyu Taqwa

    numpang ngadem ki, sambil nyimak + baca manual book meditasi sufi, siapa tawu ada kesamaan hehehe

  237. bowoleksono

    salim…dumateng sedoyonipun sedulurku.
    salim kenal dari saya *bowoleksono*

  238. khozin A

    tes.3
    absen sore..
    salam salim semua…
    -hidup adalah pilihan..
    tes.3…
    @ki sukma rahayu
    @jeng dewi sri
    dua2nya mirip ya.?
    salam salam salaman slalu..

  239. Wongmuntah...!

    Huex..huuex..huex.
    Hidup bukan pilihan.
    Jalan hidup yang pilihan.
    Huex…huuex..
    Klo hidup pilihan, sya ingin di hidup kan lahir dalam anak orang kaya, pejabat tinggi negara, presiden.
    Huex…huek…hueex.
    Jadi hidup bukan pilihan, tapi hidup adalah ketentuan.
    Huex…huuex…brrrr, paii…t nya hidup.

  240. wong kenthir

    MUNTAH BUKAN PILIHAN
    TAPI KALO MABOK ITU PILIHAN
    HUAHAHAHA….

    (mabok dunia maksudnya,,,)

  241. Assalamualaikum keluargaku tercinta di KWA…

    AFK

  242. Wongmuntah...!

    Huex..huex…huuex…
    Prinsip hidup adalah pilihan, sombong sekali. Huex…huex…pait…paiii…t, brrrr

  243. sulisman yusuf

    salam rahayu buat ki sukma

  244. Ki SabdaLuhur

    Kulo Nuwun”’

    sedulur semuanya izinkan saya berbagi sedikit ilmu khususnya untuk pengobatan jarak jauh melalui transfer energi,Caranya :
    1.Kita yakinkan pasien agar keyakinanya kepada sang pencipta makin kuat,harus yakin,bahwa dia maha pengasih,maha penyembuh/maha pemberi dan menjaga keselamatan. jika pasien sudah merasa yakin.maka kita ke tahapan selanjutnya.
    2.suruhlah pasien untuk menyebut asma Dzat yang maha suci,/mengucapkan kalimah sahadat kemudian berdzikir “Lailahailauwa” 3x/ 7x /9x/11x
    3. kemudian Pasien suruh untuk membaca Alfateha3x dalan hati.
    4. suruh pasien tenangkan jiwa dan fikiranya.sambil menyebut asma Alloh

    *Pada saat ini KITA MULAI TRANSFER DIA DENGAN ENERGI POSITIF,bisa kita kirimin alfateha kemudian ucapkanlah amalan yang jadi andalan anda yang biasanya anda gunakan untuk membantu masalah orang lain(amalanya bisa apa aja,yang penting intinya untuk membantu’atau lebih afdol nya asma Nakaban atau ilmu-ilmu hikmah lainya yang multi fungsi*

    5. kemudian suruh pasien membaca surat al ihklas 3x dalam hati.
    6.terakhir suruh pasien tarik nafas sedikit dalam (dalam hati suruh mengucapkan tombo teko/kesembuhan datang)kemudian suruh hembuskan perlahan…(dalam hati suruh mengucapkan loro lungo/penyakit pergi/-lenyap)selama 3x

    cara ini sudah sering kami buktikan,dengan Izin dan Ridhonya Alhamdulillah Cespleng/Ampuh.
    NB:jikalau reaksinya lambat,silahkan melalui media air. suruh pasien/yang sakit menyediakan segelas air kemudian kita transfer do’a ke air dan ke pasien. tatacaranya sama seperti di atas

    Semoga Membawa Manfaat bagi sedulur semuanya.

    Nuwun…

  245. kalo dah nyampe ke Tuhan kan bisa tawar…..menawar…….iya kaleeeeeeeee..yeeeeeee

  246. anda hidup itu setelah jadi manusia……..sekarang ini nah sekarag anda mengenal ketentuan…….lalu ……..pilihlah sesukamu ketentuan itu…………….
    minyak angin cap kampak…………dan makan pisang…ya biar kenyang lagi…………..

  247. Wongmuntah...!

    Huex…huex…jalan hidup itu baru pilihan ketentuan,
    huex…huex…hidup adalah ketentuan yang sudah digariskan.
    Huex…huex….jadi hidup adalah bukan pilihan.
    Huex…huex….brrrr…paiii…t

  248. arek ilank

    Salam,,salam,,,salam,,,,salim salam takdzim bwt poro sesepuh&sedulur bolo wongalus smua,,
    semangat malam smua,
    Absen&nyimak dari seberang,,,
    Monggo dilanjut,,

  249. asikdeh dah punya………..yel sendiri………

  250. Wongmuntah...!

    Huex…huex…ini nih ada 2 kadal, huex…huex, yang satu kadal bisa bunting krn mutar2, kadal yang lain, kadal mandul krn tidak mutar2.
    Huex…huex…ini namanya jalan hidup krn pilihan, huex…huex…
    Hidup adalah pilihan, hidup apa yang mau dipilih, hidup jadi anjing, kucing, kebo.
    Kalau jalan hidup itu adalah pilihan, huex…huex….brrrrr…paiii….t.

  251. Wong budex

    He wongmuntah koe ki ngomong opo komat kamit thok,..

  252. @ki sabdaluhur,,,,,, izin copas. thanks.

  253. tsmario

    Sejatine Gusti Allah iku ora ono, sing ono namung jeneng lan pangwasa!. Sejatinya Tuhan itu tidak ada, karena akal manusia tidak mungkin mampu menjangkaunya, yang ada hanyalah bukti kekuasaannya serta AsmaNya saja….!

  254. Khrisna

    ijin nyimak,,salam rahayu buat para sadulur semua yg hadir

  255. Wongmuntah...!

    Huex…huex…ngomong, ngemeng, ngiming, ngumung, huex…huex…huuex…brrrr,
    komat, kamit, kemut, huex…huuuex….huuex…bbbrrrrrr, paiii…t…pait.

  256. dimAsYuDie

    …4JJI…
    Bismillah
    Absen MAlam…

    @ Ki Khrisna .. Gimana Kabar KI…
    @ Sedoyo Keluarga Besar KWA selamat malam…

    ijin nyimak… diskusi ini.. tambah ilmu..

  257. Adim

    All
    Sugeng dalu
    Assalamualaikum

    @ Ki Arya Kusuma Dewa Selamat malam KI ….

  258. Wongmuntah...!

    Huex…huex…komat, kamit, kemut, kimot, huuex…huex…brrrr….

  259. Raden ajisaka

    Semua yg ada di al-quran adalah kiasan untuk memahaminya harus dikaji, dijabarkan, & diuraikan jadi tdk bsa “ditelan mentah2x ” jadi untuk menjabarkannya diperlukan ilmu kaji apakah itu kaji diri atau kaji alam dsb

  260. Khrisna

    @dimasyudie : alhamdulillah baik om,,,

  261. Wongmuntah...!

    Huuex…huex…sya kebanyakan “nelan al-qur’an mentah2” , sekarang kertasnya nyankut ditenggorokan, jadinya muntah trus, huex…huuex…huuuex…

  262. wongedi

    kalo muntah tyus ada pilihan obatnya: metroklopramid , dimenhidrinat , chlorpromazin , ceye 3 dewa

  263. dead man

    @khrisna,,,,,,, ditunggu kunjungannya ke,,,,,,
    http://kampussamudrailmuhikmah.wordpress.com/

  264. khozin A

    tiap hari ko ada yg muntah nya..jd we kampus kotor terus..he3..
    slamt malam dan skalian absen…malam..

  265. Wongmuntah...!

    Huex…huuex…biasanya sya cocok pakai vosea dan papaverin plus diazepam, huex…huuex…tapi stoknya abis, huex…huuex…huuuex…brrrr….

  266. Wongmuntah...!

    Huex…huex…tkang sapu ki dharmo gandul, dah pensiun y ?, huex…huuex…

  267. khozin A

    huex huex..
    @wongmuntah.
    aku jd muntah..piye iki jd kotor kabe..he3
    pd kabur ni siswanya..

  268. Khrisna

    @satria bergitar : monggo saya meluncur kesana,,hehe

  269. noname

    @Mbah KHozin A,,,ki khrisna @all salam takzim,,,salam salim salaman lagi,,,semangat malam

  270. ivanfahrezzy

    Dengan muntah..menjadikan blong..lega rasanya..ujungnya juga nikmat…

  271. Cungkring Cerbon

    keindahan Penjabaran Ketauhidan..

    jd igt pitutur MangBetara Guru pesen:Kring yen sira wedar elmu Ketunggalan aja neng pasar,sbab akeh wong kang deluya,padahal islam tp “Pesolatan dikencingi”…….

  272. khozin A

    @noname
    blm tidur to.?
    ga malam mingguan nì.?

  273. noname

    @Mbah Khozin A,,,mbah kmaren malam sy tepar badan sakit2 jd tdr sore2 he2,,,kumaha damang mbah??jarang ngomment skg msh sibuk ???

  274. khozin A

    @noname
    ya sedikit ada kesibukan..
    e ya kl bs yg kmrn di amalkan mulai slasa bsk..mumpung msh bln bgs..
    @cungkring c
    apa njenengan ga brangkat ke smarang.?

  275. noname

    @Mbah Khozin A,,,yg paningal ato yg waluyo jati mbah ??

  276. om makruf

    disini mbah….

  277. om makruf

    udah hadir mbah khozin…bener mbah

  278. noname

    @Om Makruf,,,@Om cungkring,,,semangat malam,,,gimana kabarnya,,,

  279. khozin A

    @noname
    yg mana aja dan yg di rasa paling srek duluan..
    @om makruf
    knp jangan di campur2.? ya biar lebih konsen dan hsl biar lbh bagus..

  280. om makruf

    @noname malem juga…alhamdulillah sehat…om

  281. om makruf

    @mbah khozin, menurut mbah,energinya gimana mbah…diblog tadi..?
    @noname, ayo semangat malam sambil minum kopi tubruk ni..

  282. noname

    wah curang niy om makruf sama mbah khozin maen rhs2an,,,ikut nimbrung dunks,,,

  283. khozin A

    @om makruf
    cb yg td di amalkan aja dl..ntk sy ksh pembuka cakranya biar bs masuk..
    @noname
    yg ntk mtk ama om makruf lewat imail aja ok om..

  284. om makruf

    hik hik hik la kok jadi curiga gitu….

  285. noname

    @Mbah Khozin A,,,wah kynya hrs berkunjung lg niy ke parongpong ngabisin kue sama susu he2,,,

  286. laskar lembu suro

    aslkm….sugeng dalu@ki wong alus
    @mas khozin
    @mas krisna
    @bib iblis
    @wong muntah..salam

  287. khozin A

    @om makruf
    jd ada yg penasaran ni..hik3…
    @noname
    nyantai aja he3..
    ntk jg kebagian…
    monggo kl mau ke sini tak tggu.. tp kudu janjian dl..he3

  288. laskar lembu suro

    @%%%%@

  289. khozin A

    @laskar lembu
    selamt malam menuju pagi hari..salam salim slalu ninjih..

  290. om makruf

    @mbah khozin ,iya mbah…biar lebih penasaran lagi mbah……ok mbah akan aku amalkan….trus utk pembuka cakranya kapan mbah….?

  291. noname

    @Om laskar lembu suro salam takzim,,,semangat malam

  292. wisanggeni

    @koplak : saya bukan di yogya mas, tp dekat nginden juga.

  293. bambapuang

    kenali dirimu baru kenal tuhanmu….! Jangan sekedar menyembah nama, yg harus disembah adalah dzat-NYA, dzat-NYA adalah kesucian…! Wah bahaya nie ntr pmbahasan nie dlanjutkan, ntr dicap kafir lg…! Penyatuan hamba dgn tuhan-NYA..kosong/ fana…pokoknya 1, semua 1, kembali 1, hanya bentuk n fungsi mkanya brbeda, tp DIA jg…bukit hancur, hancur kesombongan,,pingsan sebab nabi musa melihat ALLAH itu ternyata…………..atut ngomongnya….kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  294. noname

    sepi,,,

  295. bin syahab

    om makruf…aku cuman bisa mantau tanggal 21 desember,selama 3 hari tsb…

  296. khozin A

    @noname
    @om makruf
    @lembu suro
    @wisanggeni
    @bambapuang
    selamat pagi dan salam sayang semua..
    sy mhn izin mau ke musolla dl injih..monggo di lanjut..trims

  297. noname

    @Mbah Khozin A,,,mangga mbah,,,

  298. jatiraga

    Oallahhhhh kok tdk ada materi kuliah yg baru yah???

  299. hihihi

  300. monggo pak yai jr…panjenengan kasih materi diskusi baru njih..

  301. mbahgondrongx

    asssssalamu alaikum warohmatulloh wabarokah….
    @ki noname
    @ki om makruf
    @ki lembu suro
    @ki wisanggeni
    @ki bambapuang
    @ki m khozin a
    @ki bin syahab
    @pakde jatiraga
    SEMANGAT TANGAH MALAM……..

  302. mbahgondrongx

    ingkang dahat kinurmatan….
    @MBAHE WONG ALUS
    juga semangat tengah malam …..

  303. ivanfahrezzy

    @Cungkring Cerbon..setuju sekali..sebenarnya apa yang telah di hidangkan oleh Ki Sukma Rahayu adalah hidangan yang sangat lezat,indah pokonya kata2 tidak akan mewakili..tapi kenapa tulisan tersebut terasa sedih berada disitu..mesakke mas…

  304. noname

    @mbahgondrongx waalaikum salam wr. wb. salam salim salam takzim semangat pagi mbah,,,

    @ki wong alus,,salam hormat sy buat ki wong alus,,,semoga dalam keadaan sehat selalu,,,

  305. dimAsYuDie

    …4JJI…

    Absen DIni Hari…

    Salam Buat Dulur KWA semuanya

  306. herjuno

    salam dan met pagi buat para sesepuh KWA semua.jam menunjukkan pukul 01.00 WIB.Oh ya kapan KWA Bogor mengadakan pertemuan seperti KWA Jakarta?

  307. Hmm..salam salim bt semua.

  308. Salam salim bt semua.

  309. laskar lembu suro

    aslkm

  310. Ki Sukma Rahayu

    Assalamu Alaikum Wr.wb.

    Salam Takdzim Dan Hormat Selalu Untuk semua Sesepuh, Saudara/i atas Berbagai Tanggapan Komentarnya, Dengan Memohon Perlindungan Kepada Pemilik Kekuatan dan daya Upaya, Semoga Alloh Memaapkan saya dan Seaudarku/Sedulur semua dalam kata dan tindakan serta ucapan yang dirasa Salah dan kurang berkenan….Insya alloh..

    “Tak Ada Derajat yang Lebih Tinggi Dari Prasangka Baik dan Tak Ada Kebiasaan Itu,Karena di dalam Prasangka baik terdapat Keselamatan dan Keberuntungan, Di dalam Keluasan Rahmat Alloh Sirnalah Amalmu, bahkan Setiap Mahluk bagaikan Sirna, Di dalam Rahasia Alloh yang di Titipkan kepada Mahluknya, dan Bagi Teman Duduk yang Baik seperti Penjual Minyak Kasturi, Dia akan Membagikan Kepadamu Minyak wangi itu atau engkau akan mendapatkan Bau Harumnya itu.

    (Dan Sifat-sifat yang Baik itu tidak di Anugrahkan melainkan kepada Orang yang Sabar dan Tidak di anugrahkan melainkan Kepada Orang-orang yang Mempunyai Keberuntungan Besar QS: Fushishilat:35)

    Aku Memohon Kepada Alloh Agar Memuliakan KWA ini, Sesepuh, saudara/iku Semua, Dengan Penjagaan Alloh,Rahmat Yang sempurna dengan Kumpulan Orang-orang yang Baik,Saling Menghormati, Mengayomi, Melindungi,Silih Asah,asih,dan Asuh.

    Semoga Alloh Melindungi,Merahmati dan Menjadikan kita semua Dalam Ketaqwaan,dan Memberikan kepada kami semua Adab Lahir dan bathin, serta Berjalan di Jalan Orang-orang yang memenuhi Haknya, Serta Alloh memberitahukan kepada Kita semua jalan yang Benar dan Orang-orang yang Telah Menempuh jalan itu.

    Thank u 4 what u do all;
    I Respect, Kindness and respect Togetherness
    Can help and share to live it.
    I will always think of u,
    Although the words bitter or pleasant
    With a glad and grateful hearts.

    May Allah bless u all.
    In the Way of the blessed and Greetings of Peace Always.

    Amien.

  311. KiTAKARABAS

    alhamdulillah..

    Makasih @Ki Sukma Rahayu dan @ Dewi Sri,

    salam kenal dari saya

  312. dhony

    gabung lagi nih, bosan di rumah terus
    hehehe,. salam buat yang cantik-cantik ya

  313. wah dony dari koment nya orang hebat nih…………..salam

  314. Murid Bodoh

    Setuju Om Darno, Buat Om Dhony kommetnya jadi org Hebat..Salam.
    Seklian Om… dhony jgn tanggung2 ajarin saya Ilmu Kesaktiannya..

  315. Ajisaka Kejawen

    Salam Kenal @Ki Sukma Rahayu, hmmm..Bahasan Menarik Kajian Indah tdk sembarangan Memaknai Kata dan Perkalimat.
    hehe..Dhony..??

  316. dhony

    orang hebat?? hebat apaan??
    saya ga punya ilmu,
    saya cuma punya ilmu 1. yaitu gak mempan di cegah

    semakin di cegah, semakin kepingin, hehehe

  317. ivanfahrezzy

    @Ki Sukma Rahayu…trimakasih atas tanggapannya Ki..semoga rahmatNya..barolahNya selalu tercurah untukmu Ki..dan semoga Allah selalu menjagamu dengan segala kuasaNya..salam sejahtera dan damai selalu..terang selalu dan selamat selalu..amin..

  318. ivanfahrezzy

    @Ki Sukma Rahayu…trimakasih atas tanggapannya Ki..semoga rahmatNya..barokahNya selalu tercurah untukmu Ki..dan semoga Allah selalu menjagamu dengan segala kuasaNya..salam sejahtera dan damai selalu..terang selalu dan selamat selalu..amin..

  319. @ dony betulkan hebATNYA DAH KELUAR HIKHIKIKHIK

  320. dhony

    @darmo.

    saya ga hebat.
    cuma berani..
    berani berbuat berani bertanggung jawab

  321. TAMBAH HEBAT LAGI………..HAKHAKHAKHAKAHKAHK

  322. dhony

    wahakhakhakhakhak

  323. masduki

    @Ki Sukma Rahayu, your explanation, your writing is very interesting, very touching. this is the thing i’ve never heard before. truly it impressed me much, strengthen my hearth. despite it is hard to do but i do believe this thing we should do if we are really want to be a good Alla’s servant. the problem is that often we feel have become a good moslem. so your writing can be as a mirror for me that we need no confess. despite i’ve been a moslem since i was born but actually not real moslem cause i still have a lots of bad attitude such as pride, feel do good deed, saying to be humble but actually arrogant. this is a difficult thing to fix but i’m trying. thanks much for Ki Sukma Rahayu
    Masduki kawulo_gusti@ymail.com

  324. dhony

    buat para ijazer ijazer di kwa ini ya

    saya dongeng dikit
    ketika ada seorang guru yang telah ditetapkan baginya surga, dan dia masuk surga, lalu ada seorang muridnya yang harus mengisi/menjadi bahan bakar api neraka. karena si murid merasa gurunya juga berjasa atas saktinya dia.
    lalu sang hakimpun memanggil sang guru yang telah berasa nikmatnya di surga,
    lalu si hakim bertanya.
    apa ini muridmu?? benar kata sang guru,
    dia adalah salah satu manusia yang akan bahan bakar api neraka, karena telah membuat kesalahan2 yang tak terampuni, dan sebagai gurunya kau ikut berjasa,
    telah menmasukan dia ke neraka, dan dia minta agar dirimu menemanibya di neraka,..
    dan masukalah mereka dalam neraka,

    3 hal yang membuat kita masuk surga walau kita ditetapkan sebagai penghuni neraka.
    1. ilmu yang berguna
    2. anak yang sholeh dan berbakti
    3. amal yang tak terputus ( seperti membangun masjid dll dengan uang halal tentunya)

    3 hal yang membuat kita masuk neraka walau kita ditetapkan sebai penghuni surga

    1. ilmu yang tak bermanfaat (ilmu pelet,ilmu gendam de el el. pokoknya gitam2 )
    2. anak yang durjana
    3. amal buruk yang tak terputus keburukannya sampai kapanpun (mikir sendiri deh)

    semoga para ijazer-ijazer ilmu sadar, jangankan ilmu, organ tubuh saja ditanya??

    dan neraka itu adalah seburuk2nya tempat kembali, dan mereka kekal didalamnya. saya pernah berdoa kepada allah agar dipertemukan dengan malaikat penjaga neraka (malaikat malik),
    dan taukah kalian wajah malaikat malik,
    dia berwajah buruk, dan seram, yang mana apabila kalian melihatnya kalian muak takut dan jijik, (kalau saya kemaren cuma jijik aja) tapi kalau kalian akan mrasa takut,
    neraka itu apinya saja sudah sangat menyiksa, bagaimana dengan siksanya yang katanya sangat pedih. pedih allah dengan pedih kita beda donk,
    buruk kata kita beda dengan buruk kata allah,

    ya allah, berilah pentunjuk kedalam hati mereka, agar mereka sadar, bahwa dunia ini hanyalah permainanMu, dan barang siapa yang disenangi olehMU, maka surgalah tempatnya, tapi barang siapa yang ENGKAU benci, maja neraka lah tempatnya.

  325. ijin ng copy ya mbak bro… :))

  326. subhanaalloh
    artikel yg sngat bgus dan penuh perenungan yg mendalm dan byak kata-kata kiasan yg terkandung
    dlam artikel tersebut
    hanya berpdoman dlam alqur’an isi dari alam semesta yg mencakup smua ilmu
    hidup hnya untuk allah pencipta alam semesta yg maha segalanya
    kesempurnaan hnya untuk allah saya hnya mahluk yg hina belum pantas untuk segalanya

    terimakasih atas ilmu yg telah di babarkan nyai rahayu sukma smga bermanfaat bagi sya dan semua umat manusia
    amin

  327. What’s up, its pleasant article regarding media print, we all know media is a impressive source of information.

  328. Bang Uddin

    Nice 🙂

  329. should you decide cann see the processed crusty otherwise film build
    up stuck your tea kettle otherwise the coffee maker after that you will wish to repeat the process a few times
    to ensure that these kinds of build up are thoroughly away.
    for hundreds of years past aand additionally since recently because
    the early 20th century, it haad been typical
    approach to increase ground coffee to drinking
    water as part of the saucepan, bring it to a boil allowing the coffee in order to permeate
    water, .

  330. Rono Widagdo

    Aslmmkm wr wb. Salam hormat untuk Ki Sukma Rahayu dan juga utk semuanya.

    Wah maaf baru baca langsung kepincut. Tapi malu. Tapi bersyukur. Malu karena selama ini saya termasuk yg paling CONFESS. Merasa paling berjasa di kantor, di keluarga, di komplex kampung saya, lalu merasa berhak ini dan itu. Tapi saya juga bersyukur koq seperti diperjalankan sehingga hadir dihadapan saya tanpa saya mencari artikel ini yang sangat mulia ini. Alhamdulil’Lahi.

    Mulai sekarang, insyaa’Lah, saya akan rubah way of thingking saya menjadi NO CONFESS karena sesungguhnyalah memang Allah SWT yg paling berhak. Saya tidak boleh hijacking yang bukan hak saya.
    Tiada lain kepada penulis, Ki Sukma Rahayu dan site ini mendapatkan sebaik2 balasan yang berlipat ganda yang dengan tulisan ini telah menyadarkan orang seperti saya ini, sehingga insyaal’Lah, berqah bagi kehidupan ini, bagi penulis, bagi pembaca yang mengamalkannya. Aamien ya Robbal al Amien.

  331. Wong Bego

    MATUR NUWUN MBAKYU SUKMA RAHAYU ! ARTIKEL SUPER CANGGIH ? MENAMBAH PENGERTIAN , PENGETAHUAN SERTA PENCERAHAN ! WONG BEGO IJIN MENGAMALKAN , SEMOGA BERHASIL DISISA UMUR INI BERJUMPA DENGAN YANG MAHA SEGALANYA BAGI ALAM SEMESTA INI DAN BISA INA LILLAHI WA INA LILLAHI ROJIUN ! BERASAL DARI ALLOH KEMBALI KEPADA ALLOH . BUKANNYA BERASAL DARI ALLOH PULANGNYA BINGUNG ALIAS BERGENTAYANGAN ALIAS TERSESAT GAK TAU TEMPAT KEMBALINYA YAITU DISISI ALLOH …. SUNGKEM KAGEM SEDAYA PARA PINISEPUH KWA . MATUR SEMBAH NUWUN .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: