CATUR MURTI


risang mukti
risang.mukti@gmail.com

Assalamu alaikum kepada wongalus para sesepuh dan pembaca yang saya hormati.Dalam khasanah jawa diKenal ajaran CATUR MURTI. Suatu tuntunan yang mengarahkan kepada kita agar kita selalu jujur dalam 4 hal yaitu jujur dalam ucapan pikiran hati dan tindakan.Bila ucapan pikiran hati dan tindakan disatukan maka jadilah catur murti. Maksudnya bila hati kita iya maka pikiran ucapan dan tindakan kita juga harus ya. Kalau
kita tinjau dg agama islam maka catur murti mempertegas agar kita mengikuti perilaku rosululloh yg bersifat sidiq.Bila kita sudah bisa melaksanakan catur murti dalam keseharian kita maka kita akan memperoleh KASUNYAAN dalam hidup kita.Baik kasunyatan/kenyataan dalam hajat,ilmu dan keadaan.

Maka para sesepuh jawa mengatakan laku catur murti menjadikan pelakunya SUGIH TANPO BONDO SEKTI TANPO AJI.SUGIH TANPO BONDO maksudnya walau kita tidak punya harta berlimpah tidak punya tabungan di bank namun disaat ada kebutuhan ada saja jalan keluarnya atau ada saja rejeki yang masuk tak terduga. SEKTI TANPO AJI maksudnya perilaku catur murti memancarkan aura penunduk tanpa mengeluarkan aji2 kesaktian. Dalam sejarah masa kecil syeh abdul qodir jailani dihadang perampok dan menanyakan dimana uangmu? Syeh abdul qodir menjawab dg jujur di saku celana.Seketika perampok bergetar dan tunduk kepada syeh abdul qodir jailani kecil.Untuk mewujudkan catur murti dalam kehidupan sehari2 tentulah tidak mudah.Mungkin kita bisa jujur dg orang lain namun malah tidak bisa jujur pada anak istri.Untuk melatihnya maka kita harus niat dg kuat seolah ingin riyadhoh selama hidup.Cuma riyadhohnya bukan dalam bentuk puasa namun dalam betuk perilaku jujur dihati pikiran ucapan dan tindakan. Selaras antara hati pikiran ucapan dan tindakan.Bagi saudara yang punya masalah berat dalam kehidupan coba berlakulah jujur dan selaras antara hati pikiran ucapan dan tindakan selama 41hr.Dan bisa ditambah mengamalkan doa ini agar gusti alloh memberikan jalan keluar secara nyata:

YAA ALLOH YAA KARIM YAA ROHMAN YAA ROHIM YAA QOWIYYU YAA MATIN 41X. ALFATEHAH 1X KETIKA AYAT IYYA KANA’BUDU WA IYYA KANAS TA’IN 41X. SHOLAWAT 41X. HASBUNALLOH WA NIKMAL WAKIL 125X.LAA HAULA WALAA QUATA ILLA BILLAHIL ALIYIL ADHIM 41X.lalu berdoa YAA ALLOH KULO NYUWUN SEDOYO PERKAWIS KAWULO DONYO AKHEROT PANJENENGAN PARINGI BERKAH SOHO BARES.

Diamalkan selama 41hr tdk boleh luang dan kita tdk boleh bohong pd siapapun termasuk pd diri sendiri.Dari penuturan seorang sahabat dl dia terjepit ekonomi lalu dia mengamalkan catur murti. Kebetulan dia hoby menulis.Namun tulisanya disodorkan kesana kemari tdk ada yg menggubris. Setelah dia selesai riyadhoh dia ditarik unt menulis artikel supranatural di sebuah koran. Lalu tulisan dia yg dulu tdk lalu sekarang diterbitkan oleh sebuah penerbit.Buka dia yg beredar dipasaran sdh mencapai ratusan.Bagi kita yg ingin memperoleh kenyataan ilmu agar kita tdk ditipu oleh setan maka kita harus jujur dulu. Amalan mantra wirid aurod dll hanyalah penghantar namun yang lebih utama adalah perilaku lahir dan batin kita. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. @@@

Categories: CATUR MURTI | 84 Komentar

Navigasi tulisan

84 thoughts on “CATUR MURTI

  1. trinity

    ijin nyimak

  2. trinity

    Minyak telon

  3. trinity

    BABY OIL…Kabur dulu…

  4. Omar al-baja

    Nyimak

  5. Cokro Perbowo

    Mas Risang, ijin nyimak.

  6. uwa carbon

    ngikut nyimak juga aaaah……..

  7. dimAsYuDie

    …4JJI…

  8. A I (JOMBLO MERANA)

    Semangat malam smua…..
    Absen mlm&ijin nyimak, -_-
    tak kira o……tak kira….??!!

  9. jibrut

    nyimak

  10. yanto pk10

    ijin nyimak

  11. om makruf

    selama nafas dikandung badan ya mestinya kita harus jujur…masak cuma 41 hari setelah itu kembali pada habitatnya…..

    maaf lagi ngelantur….tadi malem kurang tidur

  12. belajar ikhlas

    wass. hadir…..

  13. A I (JOMBLO MERANA)

    Bwt sedulur smua,slamat thn baru 2011.

    Bertambah tua umur kita,berkurang massa hidup kita.
    Smoga kita smua smakin bijak menapaki jalan hidup kita,amiiiiin.

  14. Raden Ajisaka

    Selamat tahun baru 2011

  15. trinity

    Alhamdulilah..trima kasih YA ALLAH..Engkau msh memberikan aku nafas kehidupan smp detik ini….subhanallah…ya nur ya qudus

  16. wakgondrongx

    ingkang dahat kinurmatan
    @mbah danyang wong alus
    @mbah danyang yai kumitir
    @mbah danyang guse bengawan candhu

    mohon ijin arep nyumut kembang api di kampus…..dhuaarrrr..dhuarrrr..dhuarrrrr….

    walah ….keliru, seng tak sumut malahan sampoerna mild kagungane mbah danyange………

  17. Patramantra

    Jujur dan bohong sebenarnya bukan kepada orang lain, tapi cenderung kepada diri sendiri.
    Ada yg mengatakan SEKALI BOHONG MAKA AKAN DITUTUPI DENGAN SERIBU KEBOHONGAN…

  18. Arif M

    Hadiiir… Tetep Nyimak

  19. sombet

    Absen pagi.. Msuk 2011 nie..

  20. @wakgondrongx: sugeng ndalu pak yai. Nyuwun pangestune pak yai agar laku jejibahan kita membikin blog ini senantiasa bersih dari riya, sombong dan egoistik. Nuwunnnn

  21. kangdin

    salam ta’zim dumateng sedoyo bolo KWA, perubahan pada awalnya memang tidak nyaman, tapi membuktikan bahwa ia memandang jauh ke depan.
    dumateng aki @risang; ijin ngesave dan mugi-mugi saget madep manteb saget ngamalaken. amiin

  22. wakgondrongx

    @mbahe danyange;njih mbah,mugiyo kanti pergantian tahun hijriyah lan masehi meniko ,menjadikan kita semakin menyadari ,dan membenahi hati dan jiwa kita ini,betapa masih banyak rasa ujub,khibir,riya’,serta rasa ingin dikenal dan terkenal,dan menjadi orang yg didepan…..yg perlu diri kita toto, benahi,dan genahke lagi……
    tapi nuwun sewu ,kulo nyuwun mild a mbah,niki 234 e kulo nembe telas kok mbah….ben saget neruske anggene kemebul…

  23. Ardaloka

    Nymk dlu

  24. Selamat tahun baru para sesepuh sekalian terlambat gb

  25. BANDAR SAHAM

    ASS.WR.WB , SELAMAT TAHUN BARU 2011 , SEMOGA SEGERA ADA YANG MEMBERI PINJAMAN RP. 500 JUTA RUPIAH , DENGAN JAMINAN SERTIFIKAT RUMAH /SHM . KAMI BERI BUNGA 4% SETIAP BULAN SELAMA 2 TAHUN . HUBUNGI : 0817395974 .

  26. tes..tes.

  27. Ce2p angker

    Ijin nyimak

  28. ki Dewa Besi

    tes thn baru…

  29. Erwin

    qobiltu

  30. Selamat tahun baru sanak kadang sekalian, mugi2 kito sedoyo tansah pinaringan rahmah lan barokah saking Allah swt, aamiin.

  31. ki Dewa Besi

    -secuil kertas ku makan,sebilah pisau ku asah.
    -sedikit cerita tlah ku lakukan,pabilah di kau tak kuasah.
    -jangan berharap lebih dgn yg ada,sesudah tiba sambut dgn bahagia.
    -kwa hadir utk saudara,jagalah dia sepanjang masa.
    -biarlah melayang ke dlm angan,bibir menyaapa oleh dgn riang.
    -siapapun anda yg melayang.takkan bisa terbang ke awan
    -sudikah anda tuk menyapa,marilah kt slalu tegur sapa.
    -ucap salam sdh biasa.tp knp slalu sia sia.
    -wass..

  32. Sartono jenar

    Nderek nyimak om risang…jk dilihat sekilas lelaku yg mudah tetapi sbnarnya itu lelaku yg sangat berattttttt…@om wong alus,om gondronx dll sugeng enjang…

  33. Mbah Dewa Besi, salam kompak. Lama tidak bertegur sapa dg panjenengan. Mbah Gondrong, Ki Wong Alus, mas Ari, mas-mas yang lain yang juga saya hormati, beneran lho ini, suerr ga bohong 🙂

  34. @mas agung$ : 🙂

  35. Mas Ari, taun baruan jalan2 kemana nih?

  36. @mas agung$ : ga kemana-mana di rumah aja, habis jalanan macet total, mas. klo sampean kemana, mas ?

  37. Wongalit

    Turut mengucapkan Selamat tahun baru,
    Sambil menunggu janji ki wongalus dulu yg akan mengijazahkan asmak nakaban&RDR serta membuka password semua artikel SEMUA JENIS RDR SELURUH TINGKAT YG DIPROTECT PADA TAHUN 2011 INI.
    Ki wongalus kami tunggu keikhlasan panjenengan amien..3x..

  38. A I(jomblo merana)

    assalamualaikum smua………
    semangat pagi sedulur smua,,,,,,,
    absen pagi di hari pertama tahun ini
    masih tetap dari seberang

  39. AIEBIE

    kok langite ijek pteng zoo,,,,! udan ssan. mojok, ngopi, kro ngudud poligami. muuuuuaaanteeppp,,,,

  40. amin-amin-amin.ya robbal alamin…………

  41. Rasyid Syamba

    moga bisa ngamalin anjuranya Ki Risang nyuba 10 hari dulu baru 15 hr…20 hari 30 hr dst..makasih Ki..send fatihah buat ki..dan semua yg hadir..met tahun baru all

  42. insan KERDIL

    Terima kasih Ya Alloh..kerana aku bisa melihat ,mendengar ,merasa dan berucap sambil menikmati keindahan alam ciptaan-MU. SUBHANALLOH3x.
    Terima kasih Ya Alloh kerana aku masih menghirup udara segar pagi ini. ALHAMDULILLAH3x.
    Inilah kebesaran-MU Ya Alloh.ALLOH HU AKBAR3x.
    Ya Alloh,sihatkanlah aku,orang tuaku,anak2 dan isteriku,orang2 di sekelilingku,seluruh warga KWA ini,muslimin dan muslimat seluruh dunia khususnya serta guru2ku….AMIN3x YA RABBAL A’LAMIIN PERKENANKANLAH YA ALLOH.
    Selamat beramal dan HAPPY NEW YEAR 2011.

  43. bujang hitam

    smgt pgii All,slmt thun baru.

  44. insan KERDIL

    Dipetik dari islam itu Agamaku

    Luangkanlah waktu sejenak untuk membaca dan merenungkan pesan ini.

    Yang Akan Ikut Mayat Adalah Tiga hal yaitu;.

    1)Keluarga
    2)Hartanya
    3)Amalnya Ada Dua Yang Kembali Dan Satu akan Tinggal Bersamanya yaitu ;

    a)Keluarga dan Hartanya Akan Kembali
    b)Sementara Amalnya Akan Tinggal Bersamanya.

    Maka ketika Roh Meninggalkan Jasad …

    Terdengarlah Suara Dari Langit Memekik,

    ” Wahai Fulan Anak Si Fulan..

    · – Apakah Kau Yang Telah Meninggalkan Dunia, Atau Dunia Yang Meninggalkanmu

    · – Apakah Kau Yang Telah Mengumpul Harta Kekayaan, Atau Kekayaan Yang Telah Mengumpulmu

    · – Apakah Kau Yang Telah Menumpuk Dunia, Atau Dunia Yang Telah Menumpukmu

    · – Apakah Kau Yang Telah Mengubur Dunia, Atau Dunia Yang Telah Menguburmu.”

    Ketika Mayat Tergeletak Akan Dimandikan ….

    Terdengar Dari Langit Suara Memekik,

    ” Wahai Fulan Anak Si Fulan…

    · – Mana Badanmu Yang Dahulunya Kuat, Mengapa Kini Terkulai Lemah

    · – Mana Lisanmu Yang Dahulunya Fasih, Mengapa Kini Bungkam Tak Bersuara

    · – Mana Telingamu Yang Dahulunya Mendengar, Mengapa Kini Tuli Dari Seribu Bahasa

    · – Mana Sahabat-Sahabatmu Yang Dahulunya Setia, Mengapa Kini Raib Tak Bersuara “

    Ketika Mayat Siap Dikafan …

    Suara Dari Langit Terdengar Memekik,

    “Wahai Fulan Anak Si Fulan

    · – Berbahagialah Apabila Kau Bersahabat Dengan Ridha

    · – Celakalah Apabila Kau Bersahabat Dengan Murka Allah

    · – Kini Kau Tengah Berada Dalam Sebuah Perjalanan Nun Jauh Tanpa Bekal

    · – Kau Telah Keluar Dari Rumahmu Dan Tidak Akan Kembali Selamanya

    · – Kini Kau Tengah Safar Pada Sebuah Tujuan Yang Penuh Pertanyaan.”

    Ketika MayatDiusung. …

    Terdengar Dari Langit Suara Memekik,

    “Wahai Fulan Anak Si Fulan..

    · – Berbahagialah Apabila Amalmu Adalah Kebajikan

    · – Berbahagialah Apabila Matimu Diawali Taubat

    · – Berbahagialah Apabila Hidupmu Penuh Dengan Taat.”

    Ketika Mayat Siap Disholatkan ….

    Terdengar Dari Langit Suara Memekik,

    “Wahai Fulan Anak Si Fulan..

    · – Setiap Pekerjaan Yang Kau Lakukan Kelak Kau Lihat Hasilnya Di Akhirat

    · – Apabila Baik Maka Kau Akan Melihatnya Baik

    · – Apabila Buruk, Kau Akan Melihatnya Buruk.”

    Ketika MayatDibaringkan Di Liang Lahat ….

    terdengar Suara Memekik Dari Langit,

    “Wahai Fulan Anak Si Fulan…

    · Apa Yang Telah Kau Siapkan Dari Rumahmu Yang Luas Di Dunia Untuk Kehidupan Yang Penuh Gelap Gulita Di Sini

    Wahai Fulan Anak Si Fulan…

    · – Dahulu Kau Tertawa, Kini Dalam Perutku Kau Menangis

    · – Dahulu Kau Bergembira,Kini Dalam Perutku Kau Berduka

    · – Dahulu Kau Bertutur Kata, Kini Dalam Perutku Kau Bungkam Seribu Bahasa.”

    Ketika Semua Manusia Meninggalkannya Sendirian… .

    Allah Berkata Kepadanya, “Wahai Hamba-Ku ….

    .· Kini Kau Tinggal Seorang Diri· Tiada Teman Dan Tiada Kerabat

    · Di Sebuah Tempat Kecil, Sempit Dan Gelap..

    · Mereka Pergi Meninggalkanmu. . Seorang Diri

    · Padahal , Karena Mereka Kau Pernah Langgar Perintahku

    · Hari Ini,….

    · Akan Kutunjukan Kepadamu· Kasih Sayang-Ku

    · Yang Akan Takjub Seisi Alam· Aku Akan Menyayangimu

    · Lebih Dari Kasih Sayang Seorang Ibu Pada Anaknya”.

    Kepada Jiwa-Jiwa Yang Tenang Allah Berfirman ,

    ” Wahai Jiwa Yang Tenang· Kembalilah Kepada Tuhanmu

    · Dengan Hati Yang Puas Lagi Diridhai-Nya· Maka Masuklah Ke Dalam Jamaah Hamba-Hamba- Ku

    · Dan Masuklah Ke Dalam Jannah -Ku”

    Semoga Kematian akan menjadi pelajaran yang berharga bagi kita dalam menjalani hidup ini.Rasulullah SAW. menganjurkan kita untuk senantiasa mengingat mati (maut) dan dalam sebuah hadithnya yang lain, beliau bersabda “wakafa bi almauti wa’idha”, ertinya, cukuplah mati itu akan menjadi pelajaran bagimu!

    Semoga bermanfaat bagi kita semua, Amiin….

    Alhamdulillah, Anda beruntung telah terpilih untuk mendapatkan kesempatan membaca mesej ini . Aktifitas keseharian kita selalu mencuri konsentrasi kita . kita seolah lupa dengan sesuatu yang kita tak pernah tau bila kedatangannya. Sesuatu yang bagi sebahagian orang sangat menakutkan.Tahukah kita bila kematian akan menjemput kita???

    WALLAHUALAM…
    @@@

  45. Cungkring Cerbon

    Sakti ro gadu Aji
    Digjoyo tanagem Pusoko
    Sugi nora rerawat
    Mlarat tan gegulat
    Catur mukti empat perkara
    ………duch badan pegel bis mlm nguber2 prawan
    Urip mung mampir ngombe
    (hidup hanya utk mcari elmu/bekal), ijin deprok dipojokn

  46. UNLUCKYMAN

    WAH MAS CUNGKRING..! KOK MASIH NGUBER PERAWAN…EMANG BINI KEMANA..?? HE…HE… PEACE MAS CUNGKRING..
    TAK DODOK..NG PINGGIR KALEN SIK YO…

  47. SODOLANANG

    JUJUR mudah du ucapkan berat dilaksanakan,…saya pernah dgr riwayat org ahli maksiat yg berat meninggalkan kebiasaannya dan berat menjalankan syariat tapi dia ingin masuk sorga,NABI SAW menjamin dia utk masuk sorga dgn 1 syarat…JUJUR! …….. dan hati2lah terhadap firasat org yg jujur. .SEMOGA DENGAN KEJUJURAN KITA BISA MENGHARGAI DAN MENINGKATKAN KUALITAS SHOLAT DAN KEHIDUPAN KITA.

  48. bayu prakasa suroboyo

    ASSALAMUALAIKUM WR WB
    SUGENG INJANG KULO IJIN ABSEN LAN NYIMAK SMPAI PAHAM.SELAMAT TAHUN BARU SEMOGA SEDULUR KWA SELALU DI BERI BAROKAH&SELALU INGAT SETIAP PERGANTIAN TAHUN UMUR KITA BERKURANG 1 TAHUN SEMOGA KITA SELALU INGAT PADA YANG MAHA KUASA.AMIN.

  49. supriyadi

    bohong adalah topeng
    bohong adalah tembok
    dan bohong adalah ketidak mampuan
    @ki risang akhir dari laku ini akn menjadikan orang sabdo pandito ratu ( apa yang diucapkan itu yang dikerjakan
    Met tahun baru smoga KWA makin jaya

  50. Salam rahayu..Tahun baru yg harus di cermati..Ijin Numpang sentilan untuk KWA http://minary.wordpress.com/

  51. test…..jujur,ikhlas,nrimo ing pandum,legowo…….semeleh

  52. Adim

    assalamu`alaikum wr.wb
    sugeng enjang … derek nyimak

  53. Blekok

    Ditahun 2011 ini adakah sesepuh yg berkenan ikhlash bermurah hati mengijazahkan “AMALAN SHOLAWAT BIL FULUS DGN RIYADHOH TATACARA LENGKAPNYA”..??
    Saya dan sedulur2 kwa yg laen yg sedang terlilit masalah ekonomi ini mohon keikhlasan&kemurahanhati sesepuh dan guru untuk mengijazahkan sholawat tersebut.
    Trimakasih sebelumnya.

  54. Sakiran wildan

    Sya saja susah ninggalin taruhan.
    Habis enak sih kalo menang.
    Wkwkwkwk…..

  55. GUPITO

    Kalau menang ya alhamdulillah..

  56. GUPITO

    Kejujuran memank baik tp kejujuran bukan segala nya. Kdng kalau terlalu jujur kpd org lain justru hal itu bsa mencelakai, membahayakan dan merugikan diri sendiri, saya sering mengalami nya. Kdng kebohongan bsa menyelamatkan saya dari bahaya.

  57. GUPITO

    Kdng saya berkata jujur 100x tp saya berkata bohong 1x, org tdk akan percaya kpd saya selama nya. Pdhl saya bohong krn terpaksa, utk melindungi diri. Krn kalau saya terlalu jujur, saya sering dibodohi dan dimanfaatkan org melulu.

  58. Adim

    @ GUPITO

    tetaplah jujur aja bagaimanapun keadaanya karena orang jujur ada di jalanNya biarlah mereka mengijka-injak kita biarlah mereka mengakali kita biarlah mereka mengintimidasi kita biarlah mereka menganggu kita … jadilah boneka alloh swt. lama-lama akan ketemu juga apa yang menjadi harapan kita … sungguh alloh bersama orang2 yang sabar

  59. Sakiran wildan

    @ki gupito
    betul ki,
    allah bersama dgn orang2 sabar.
    Tapi allah tdk bersama dgn orang2 jujur, makanya orang2 jujur sering dibodohi dan ketimpa sial/awu anget/kambing hitam orang lain.

  60. Mbah Abduljabbar

    Mas Sakiran Wildan, apa khabar Mas?
    Jangan apriori mas dengan kejujuran. Orang jujur merasa dibodohi dgn orang lain karena orang jujur tsb masih melihat syariatnya, dan tidak melihat hakekat perbuatannya yg menggetarkan nurullah. cahaya Allah akan menggantikan sesuatu yg hilang (menurut kita) karena kejujuran kita.
    Coba kita renungkan, dan bukan kita yaklini kata-kata “jujur kojur atau jujur malah ajur”. Kalau kita tidak yakin dgn kejujuran, justru rasa was-was yg sering ada pada kita.

  61. al-Manfaluti

    Salam, artikel yang cukup baik mas Risang, Selamat Tahun baru mas, Semoga Tahun ini lebih baik dari tahun yang telah ditinggalkan. Semoga Mas Risang sentiasa dalam rahmat Allah s.w.t.

  62. wong biasa

    Jujurlah padaKu…..heheheh

  63. risang

    @assalamu alaikum.Diatas sy tuliskan jujur unt mcpai hajat dikerjakan slm 41hr hanyalah sbg latihan skalIgus mengakses kekuatan jujur.Juga sbg himmah/penyemangat.Krn kebanyakan dr kita kl langsung iklas sulit sekali.Nabipun jg memberi himmah misal siapa yg sholat berjamaah 40hr akan menemukan hikmah.Masak jamaahnya hy 40hr kok tdk selamanya?Disitu agar kita melatih diri dulu dan diberi iming2 agar kita bersemangat.Dalam melaksanakan suatu kebaikan tdk ada yg tanpa godaan.Niat jujur malah ajur?Mau jujur malah dibohongi?Itulah godaan.Kl kita eksis dg niat kita apapun resikonya=sukses.Namun punya niat berlaku jujur ada godaan ditengah pengamalan lalu tdk kuat atau meratapi aduh mau jujur kok dipermainkan org lalu menghentikan niat=gagal.Semua niat dan perilaku baik apapun pasti ada godaanya sebagai materi pelajaran hdp kita.Kita bs lulus tdk dg materi soal tsb?

  64. wakgondrongx

    jujur kacang ijo……..
    jujur ketan ireng……

  65. Wak gondrong, jujur kacang ijo timbang nganggur golek …. @ mas risang, 41 hari cuma pancingan ya he..he..saya tak berusaha pake branjang aja 🙂 insyaAllah.

  66. GUPITO

    meski saya kalau jujur sering dibodohi dan dimanfaatkan tp saya tetap berusaha utk jujur semampu saya. Saya lbh baik menderita di jalan Alloh drpd saya bahagia tp di jalan sesat.

  67. Asslmkm.. Poro sedulur KWA, nderek nyimak.

    Slm hormat dan damai sll

  68. Sami ki Gupito….dalem jujur ngih asring di apusi kalih tiang….tp kulo ngih tetep jujur kemawon……..rejeki sampun wonten ingkang ngatur….kulo namung iklas ne mawon…..lha sedoyo niku lak namung titipan….nek sampun pejah paling sing di beto namung amal …..kaleh mori….nuwun….nyuwun ngapunten,menawi lepat…..slm paseduluran sedoyo ..ki,mbah,pak de,pak lik…mas….

  69. GUPITO

    Injih mbah Suro..

  70. GUPITO

    Maaf, pak Rishang. saya malah bahas mslh jujur. Krn teringat kejadian saya sehari hari yg ada hubungan nya dg kejujuran.

  71. kholik

    Langsung Qobiltu aza..

  72. @ insan kerdil…yg anda utarakan itu hanyalah fisik yg tidak ikut,,,,,tetapi sebenarnya semua ikut………..karena itu akan dipertanggungjawabkan…..
    (bagaimana menggunakan harta
    bagaimana memimpin keluarga (tugas sebagai KK.ibu.anak)
    semua akan ikut tapi tak berbentuk fisiknya…..
    Contoh : berharta tak bersedekah……berkkeluarga tak bertanggung jawab…………berilmu tidak digunakan………berkuasa benar atau salah…..semua akan ikut dan tak ada yg sia-sia

  73. @ sakiran wildan…….jujur sama siapa dulu ????

  74. Jujur untuk berniaga atau kerenya berdagang;;;;;;;dalam melakukan takaran……dan keterangan dari bahan apa saja dagangan anda……….

    politik (siasat) bisa saja digunakan dengan tujuan yg Haq….maslahat untuk umat dan pandangan Allah…….(sulit memang inilah……..kesaktian (mukzizat)

  75. yadzhu

    nyimak ajjjaaallllaaahhh…..?????

  76. Abdullah

    KEJUJURAN …….. SEKARANG MERUPAKAN BRANG LANGKA YANG HAMPIR-HAMPIR MUSNAH, MUDAH DIUCAPKAN BERAT UNTUK DILAKSANAKAN, JANGANKAN 40 HARI, SATU HARI SAJA BELUM TENTU MAMPU, KAYAKNYA ILMU INI JUGA AKAN CEPAT MUSNAH SEJALAN DENGAN MUSNAHNYA KEJUJURAN….. SUNGGUH PATUT DISAYANGKAN…………………

  77. srundenggosong

    apakah ini salah satu “ilmu slamet” mas risang? nyimak,…

  78. Bani

    tanpa ragu2 QOBILTU….

  79. Jagad

    Kulo trimo ijazah puniko…
    Insyaa Allah kulo amalken…

  80. Assalamualaikum.
    RISANG MURTI

    Mohon izin mengamalkannya semoga mendapat
    keredhaan Allah SWT.

    Al-FATIHAH

  81. BES

    Matur nuwun..
    Saget dipun dadosaken panduan kagem ngelampahaken tumindak ingkang leres lan saestu..

  82. bade belajar jujur diri, jujur pada al-HAK dan para kekasih-Nya, jujur pd keluarga, masyarakat, bangsa dan negara…pendongane-pun poro sepuh…. salam

  83. Kiyai Rogo Runting

    Saya kasih tambahan untuk membangun sikap jujur : AMONG ROSO ……CELATHU …..LAN TUMINDAK……………..ITU BERARTI :
    ………………..MENGENDALIKAN HATI DAN PIKIRAN
    ………………. MENGENDALIKAN UCAPAN
    ………………..MENGENDALIKAN PERILAKU
    maka kita akan berhasil menjaga martabat dan kehormatan kita ( diri dan keluarga kita )

  84. Kiyai Rogo Runting

    Terus menyembah eyang google untuk mendapatkan petunjuknya !
    ITU PERLU UNTUK KITA SEMUANYA .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: