SEDIKIT KISAH KYAI NDESO


minary citraeleanora
minaryal2@gmail.com

Assalamualaikum wr wb..Ini sedikit kilasan cerita seorang Kyai
lakudalam perjalanan hidup ruhani/jasmani yg memang
terjadi,kejadian ini berawal saat awal2 tragedi sampit..Mohon maaf gak
ada maksud sara,dan juga jgn dikomentari kearah sara, maupun apalah yg
menyinggung,sedikit kisah ini hanya sebagai kilasan gambaran bagaimana
seharusnya bersikap arif dan yg utama iklas walau nyawa
taruhannya..Sosok kyai ini sampai sekarang masih hidup.kisah ini
berawal saat beliau mendapatkan sejenis ilham atau isyarat atau apalah
yg membuat beliau gundah dan bisa gak bisa harus beliau lakukan yaitu
ke kalimantan.karena keyakinan ini beliau pamit sama bapaknya yg sudah
renta dan juga pamit sama anak/istrinya dan seluruh santrinya yaitu
pamit pati dalam artian kalau dalam 3 minggu gak pulang berarti sudah
meninggal..saat pamit bapaknya yg memang hanya dia yg masih hidup,
bapaknya melarang dan marah …Untuk apa km kesana itu kan tugas
aparat untuk mengamankan..apa km lupa bagaimana dulu awal2 ponpesmu
berdiri bagaimana kelakuan aparat ke kamu dan ponpesmu. siapa yg
nyuruh km ..Lanjut bapaknya, apa jawab beliau, dgn singkat kata:saya
di suruh ALLAH .akhirnya dgn iklas bapak,anak/istrinya,santri2nya
melepas beliau dgn tangisan dan doa..gak maksud apa memang kenyataanya
begitu.singkat cerita beliau sampai di daerah konflik antara d dan
m..dari ilham yg di terima beliau akhirnya sampai di suatu desa.yg
dimana desa itu mayoritas suku M ..dan di kampung itu ada ponpes tak
di nyana tak di duga ternyata pengasuh ponpes itu adik ngaji saat di
lirboyo.pertemuan itu begitu mengharukan.dan yg sangat mengkawatirkan
di kampung itu terus berusaha bertahan dari serangan orang2 D ,padahal
kampung itu gak tahu menahu akan permasalahan antara D dan M .mungkin
karena mayoritas M ikut jg di jadikan sasaran.dr beliau kasih saran
usahakan perempuan dan anak kecil di keluarkan/ungsikan.harap pembaca
tahu padahal di kampung itu jg banyak keturunan M dan D yg sudah
berbaur jd suami istri.dgn susah payah mengeluarkan perempuan/anak
kecil akhirnya berhasil.pasti pembaca semua tahu arti ritual mangkuk
merah khan..Kalo mangkok merah sudah masuk ke suatu daerah/kampung
pasti disitu para prajurit2 D sudah siap untuk perang dan disusupi
kekuatan gaib.karena tahu akan mangkok merah..Beliau berinisiatif
untuk mencegah akhirnya beliau minta di sediakan kamar khusus..Beliau
pun berdzikir .dari yg saya tahu ternyata beliau berusaha menghalau
pasukan2 gelap leluhur yg berusaha di susupkan ke pemuda maupun
masyarakat yg mayoritas D yang padahal mayoritas muslim juga di desa
itu.dengan segenap karomah beliau,beliau jg mengerahkan beberapa
kekuatan kerajaan jin muslim dr martapura dan 9 jagoan jin
muslim@santri beliau dr alas ketonggo,mereka perang untuk mengusir
sawab kekuatan ganas.akhirnya ritual mangkok merah yg masuk ke desa D
itu yg membawa ribuan pasukan gelap gagal dan pasukan2 gelap pun gak
jadi menyusup ke pemuda2 D yg siap perang .mungkin bolowongalus pernah
dengar gagalnya mangkok merah masuk ke beberapa desa .akhirnya beliau
langsung terjun ke lapangan untuk menemui tokoh2 D yang sebenarnya jg
beragama islam,dgn pertemuan itu akhirnya tokoh2 D yg muslim sadar
bahwa sesama muslim adalah saudara.dan dr tokoh2 D muslim beliau
bertemu tetua adat di beberapa desa yg mayoritas D .akhirnya
kesepakatan damai di capai dan tdk ikut ikutan dgn kekisruhan antara
suku D+mel dan M karena sudah di tunggangi politik.karena berjasa
mendamaikan beberapa desa beliau jg di angkat oleh tetua adat sebagai
saudara dan di beri penghargaan tinggi dr tokoh2 desa D dan M yg
awalnya berseteru.bahkan 5 pusaka dayak pemberian tanda persahabatan
sampai sekarang masih di simpan.ini hanya sedikit kisah nyata yg di
alami seorang kyai yg melakukan hal yg tanpa pamrih dan demi
kedamaian sesama umat.Untuk bolowongalus ini hanya gambaran untuk kita
senantiasa hidup dalam tolong menolong tanpa pamrih dan penuh
keikhlasan. dan memang nama beliau sengaja saya rahasiakan takut di
jewer saya..He.He.He..apabila ada kata maupun ucap yg salah mohon di
maafkan.semoga kita semua dan seluruh umat muslim selalu di jaga dr
fitnah Dajjai akhir jaman. Amien..,@@@

Pos ini dipublikasikan di >>PERPUSTAKAAN UTAMA. Tandai permalink.

98 Balasan ke SEDIKIT KISAH KYAI NDESO

  1. The stars berkata:

    No.1 lg tumben bs dpt no.1 3x ,lg mujur nih dewi fotuna lg jd milik sy xixixi…

  2. Ulat bulu berkata:

    Absen

  3. Sudadi berkata:

    Asalamu’alaikum…absen pagi

  4. Mas jaluaji berkata:

    Emas, perak, perunggu dah lewat

  5. Mas jaluaji berkata:

    Sungguh luar bisasa kisahnya, seorang kyai yg Iklas karna Alloh mendermakan dirinya dan melakukan hal2 untuk kepetingan dan kedamaian umat, tidak seperti kebanyakn orang ngomonga ae ra karuan ora ono jluntrunge…

  6. Sartono jenar berkata:

    Absen pagi…

  7. khozin A berkata:

    lumayaaaaaa 5

  8. wong ra ngerti berkata:

    ke papat……..

  9. alfin berkata:

    ke pojokan aja ah

  10. mas.rio berkata:

    ass..wrwb
    absen menyimak kisah kyai ndeso…

  11. prayoga berkata:

    ke berapa ya…..?

  12. nasrudinkb berkata:

    Satu contoh yg amat baik, bagi saya itulah pahlawan yg sebenarnya, mungkin masih banyak kejadian2 yg seumpama itu, yg mana berjasa tanpa nama, dan tidak diketahui , Salam

  13. 7 mata air berkata:

    pertamaxx disini aja saya gak dpet2 pertamaxx protes pak rektor,he,he

  14. Oray berkata:

    Absen euy

  15. Tiang Bungkuk berkata:

    gini nih aye demen….
    @ KI minary citraeleanora, mohon sampaikan salam hormat saya kepada kyai yang dimaksud, kupanjatkan keharibaanmu Ya Allah, sungguh engkau sucikanlah dan ruh dan jasad beliau. semoga beliau tetap istiqamah dan tawadhu’
    Al-fatehah sent

  16. SABRANGLOR berkata:

    NYIMAK

  17. wong kracak berkata:

    Subhanallah. Allahu Akbar. Terima kasih atas ceritanya mas minary citraeleanora. Buat selingan yang bagus, supaya warga tidak terlalu “antusias” dengan ilmu-ilmu kehebatan tetapi ada tausiah-tausiah penenang hati, biasanya Ki WA yang suka tulis yang “adem-adem” begini tapi kayaknya dah lama belum nulis lagi. Salam ki WA tulis lagi ki yang adem-adem, tapi jangan dikasih es ntar jadi kedinginan. Salam asah, asih, asuh ki WA, mas Akhmadrock, dan segenap bolo wong alus.

  18. ahmadrock berkata:

    7 mata air: kyk nya aku tahu beliau dan sulit di temui di ponpesnya.

  19. SABRANGLOR berkata:

    Memang benar banyak tetua dayak yg beragama islam,klo ga salah jg pangkalima burung

  20. Lee Ping Ho ( cah mboemen ) berkata:

    subhanllah, allahu akbar,sent alfatihah tuk kyai ndeso yg dimaksud

  21. Kumbang kelana,, berkata:

    Ubud, ya ra popo” sing pnting absen, ,SALAM RAHAYU tuk all, blo wong alus,,

  22. BAYU PAMUNGKAS berkata:

    podok pesantren samuda, pesantren putra borneo pa pesantren mana tuh kyainy.

  23. rievs hard berkata:

    Salut…rokhmat dan ridho alloh smoga slalu tercurah kepada mbah kyai tsb.amin…..

  24. puji lembah dieng berkata:

    smoga sang kyai slalu mndapat kberkahan dari allah swt amiin

  25. ahmadrock berkata:

    @samudra :kyai dr jawa mas.ponpesnya jg di jawa tengah.

  26. apa maksud penulis yah berkata:

    @knapa saya menangkap aura : riya yah… Padahal tuh kyai tdk ingin ceritanya dibeberkan…ITU SEMUA KEHENDAK ALLOH kok

  27. Mad mad berkata:

    Absen kesiangan

  28. wongkito2 berkata:

    @apa maksud@ mungkin jenengan lihat dr sudut lain..yg penting ambil hikmahnya.

  29. triwiyono berkata:

    assalamu’alaikum
    semangad pagi poro sedulur bolowongalus…

  30. R.RIO SEMBODO berkata:

    aswb.salam hormat saya kpd kya itu.trima kasih jg kpd anda skalian. itu adalah suatu contoh perbuatan yg sangat mulia.kita smua wajib mengikuti langkah hidup sperti kyai itu…apkh benar kyai itu mendapat pusaka dr tetua adat islam suku d yg bernama panglima burung?jk tak keberatan sy ucapkan bnyk trimakasih utk tanyakan dimana alamat panglima burung sekarang.krn sy pernah diberi 2pusaka dr beliau thn 2006…wasss

  31. datuk berkata:

    subhanallah,kisah yg penuh dedikasi,mempertaruhkan nyawa utk jihad fisabilillah yg sebenarnya,melindungi kaum muslimin dan mencegah pertumpahan darah,salah hormat saya untuk beliau

  32. Joko Umbaran 577 berkata:

    Maha suci engkau Ya Alloh yang telah mengutus orang2 suci seperti Kyai Tersebut, dam semoga isu sara tidak terjadi lagi di bumi pertiwi yang tercinta ini.

  33. daneeys berkata:

    assalamualaikum para sedulur dan para sesepuh

  34. Cokro Perbowo berkata:

    Ass….
    Ikut nyimak dan mengambil hikmah dr pengalaman tsb…

  35. Bajul Kesupen berkata:

    sALAM sUNGKEM KAGEM :
    The stars
    by Ulat bulu
    Sudadi
    Mas jaluaji
    ahmadrock
    Mas jaluaji
    Sartono jenar
    Sumulungjati
    khozin
    Awong ra ngerti
    alfin
    mas.rio
    prayoga
    nasrudinkb
    7 mata air
    Oray
    Tiang Bungkuk
    SABRANGLOR
    wong kracak
    Lee Ping Ho ( cah mboemen )
    Kumbang kelana
    BAYU PAMUNGKAS
    Murid Sesaat
    rievs hard
    puji lembah dieng
    APA maksud penulis yah
    Mad mad
    wongkito2
    triwiyono
    R.RIO SEMBODO
    datuk
    Joko Umbaran 577
    daneeys
    Cokro Perbowo
    ALL BOLO WONG ALUS
    Khusus sungkem buat sang penulis minary citraeleanora dan ucapan terima ksih karena Kisah di atas bisa menjadi inspirasi kita hati kita longgar, nrimo, ikhlas dalam menghadapi hidup ini. hidup ini hanya sesaat jadi mari sedulur2 manfaatkan hidup sesaat ini agar berguna bagi kehidupan di dunia

  36. bang jampang berkata:

    asslmkm…..seluruh sedulur……salam salim……saya pernah dengar tuh kisahnya….walau agak sedikit berbeda…tentang datok burung…dan seorang kyai dari jawa…saya dengar dari seorang sesepuh di kalimantan kyai a (inisial) juga punya pesantren di sana(kalimantan)….semoga kisah ini menjadi i’tibar kita bersama…sesungguhnya keikhlasan itu besar nilainya di sisi Allah azza wajallah……wassalam

  37. Kertapati(RSA) berkata:

    kisah yang sangat manfaat dan baik sekali untuk jadi bahan renungan….. “Islam Rohmatan lil ‘alamiin”

  38. 7 mata air berkata:

    ada kyai s tinggl di jawa tengah di dah terkenal urusan ghoib tapi sy tanya jawbnya simple tanya hati,jadi bingung saya,he,he

  39. al fatihah buat kiyai yg tulus dn ikhlas itu sebagai contoh kehidupan kita semua.salm semua buat saudara ku semua asa,asi,asu

  40. jibrut berkata:

    manteb..manteb..bagus utk pemblajaran

  41. SABRANGLOR berkata:

    @R.R SEMBODO,Almt P.burung wah susah mas,th 2005 ada tmn dr banyumas kerja di Antang kalang cerita dia ketemu orng tua (islam)pyg punya rumah tk2 ttp tdk punya dinding atas,ktka ditanya dia bilang tmp bertemu para pangkalima dr selrh dayak.jd ga perlu dikasih dinding,jl nya ya maburr

  42. bagong berkata:

    @SABRANGLOR….PANGLIMA BURUNG anak IBNU HAJAR kah mas,,,Ibnu Hajar saudara sapaerguruan SOEKARNO…kalau beliau memang beragama Islam dan menggerakkan pasukan dayak

  43. bagong berkata:

    ini dia saudara seperguruannya Bung KARNO : Daud Beurueh (Aceh) , Kahar Muzakar (Sul-Sel), Ibnu Hajar (Kal-Sel), Machfud Sumolangu (AUI, Kebumen/Kedu Selatan)

  44. Parang Maya berkata:

    Subhanallah. Sungguh indah bila kita berbaik sangka dan tetap menjaga tali silaturahim kepada sesama. Amin

  45. bagong berkata:

    PANGLIMA BURUNG anak IBNU HAJAR…rumahnya memang tingkat dua…gelar beliau DOKTOR S3, elitlah beliau ini.

  46. SABRANGLOR berkata:

    @Bagong,setau sya kalo bergelar DR,saya manggil nya damang seorang paruh baya yg energik,skr udah jarang ketemu

  47. SABRANGLOR berkata:

    Mumpung ada Parang maya(pedanggaib)babar dong ilmu parangmaya,cempedeh,jurus pedang pegangan tasbih asahan bintang nya,tuk bg pengalaman

  48. Novi setia menanti. . . berkata:

    Kwa katanya wadah pelestarian ilmu mistic leluhur nusantara. .
    Manaa. .??
    Kebanyakan ilmu2 asmak impor dari luar negri(bercampur kearab2an) dan ilmu jawa bagus juga seh manfaatnya namun alangkah lebihbaeknya ilmu2 yg bermuatan lokal seperti dari dayak,bugis,papua,ntt,ntb,melayu,minang,aceh,ambon,goa,batak juga diperbanyak/dikluarin/dishare biar lebih berimbang dan merata .
    Misalnya tuh ilmu haq semulajadinya ki RRK dan ki ratabaka bagus banget tuh ane demen(cintai juga produk ilmu leluhur dalam negri).OK

  49. ahmadrock berkata:

    @novi setia..memangnya kalau bhs arab dr negara arab..?nusantara ini unsur indo,jawa,arab,melayu,cina dll.islam itu universal.kalau hizib memang kebanyakan dr timurtengah,asma banyakan justru yg dr khas nusantara.

  50. !!!! berkata:

    Alhamdulillah.saat tragedi sampit,tdk smpai merembet kedaerah banjar.Salah satunya disbbkan pengaruh seorg kyai karismatik didaerah banjar yg sekarang sdh wafat.
    Dan jg wkt itu,krn jaminan beliau atas keamanan dr etnis m.Maka puluhan ribu org dr etnis m bisa dilarikan / diamankan didaerah banjar.

  51. Baginda berkata:

    Dari mana info tersebut….suku M ketika diamankan didaerah kandangan…habis dipotong leher mereka…kandangan provinsi kalimantan selatan

  52. Baginda berkata:

    ada perbedaan Teknik memotong kepala dari suku D & suku Bnjr…

  53. SABRANGLOR berkata:

    @!!! ,Bener kt sampean,saya melihat sendiri peta perang trsb meliputi borneo, ke timur terhalang karomah KYAI mumpuni tanah banjar sedang ke timur terhalang kasultanan p.bun yg dianggap saudara tua @dayak,saya pribadi mengajak sahabat semua dimana bumi di pijak disitu langit di junjung,jangan sombong ktka di atas apa lagi angkara,jangan sampe terulang lg di PERSADA INDONESIA

  54. erbede232 berkata:

    @ll, met malam.
    …..Mohon maaf gak ada maksud sara,dan juga jgn dikomentari kearah sara, maupun apalah yg menyinggung,sedikit kisah ini hanya sebagai kilasan gambaran…..
    Monggo sedulur kabeh, sesuai permintaan sdr. minary citraeleanora diatas, silakan komentar yg bikin suasana DAMAI aja. Wis DAMAI, DAMAI, DAMAI.

  55. Laskar Permadani berkata:

    Wah ngeri…kox pake potong kepala….serem ah…kabur

  56. ahmadrock berkata:

    @all kwa..kita ini negara kesatuan ..maaf sebelumnya kalau bisa jgn pakai kata yg panas.harus diingat kalimantan itu luas.1 kabupaten sampit saja luas.jd kita gak mungkin tahu apa yg semua terjadi.mending kita ambil hikmah dr perjuangan kyai yg jauh dr jawa yg ikhlas demi perdamaian sesama muslim dan anak bangsa…

  57. wawan sleman berkata:

    salam poro sedulur semua, salam salim, ijin ngintip bentar.
    cerita yg bagus banyak hikmah yg bisa didapat.
    kalau kita bolowongalus dapat meniru pak kyai ini wah sip tenan.
    semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita, amien.

  58. mbah wawan aku njaluk intipe dikit yo… enak kok intip itu…

  59. enakan potong ayam bisa dibikin te… sate… hekh hekh…

  60. Baginda berkata:

    kandangan masuk kalimantan selatan bukan…tanyakan saja sama orang kandangan…suku M yang di amankan didaerah situ…habis terpotong kepalanya semua…padahal dijaga ketat sama TNI…

  61. Laskar cinta berkata:

    @baginda,salam salim om,kok ngeri gtu om?

  62. Baginda berkata:

    suku M yang diangkut pakai truk melewti kalimantan selatan menuju kalimantan timur saja masih dikejar pasukan dayak…saya denger ibu-ibu ditruk banyak yang meraung menangis tangisan yang menyayat hati,,ketika melintas hulu sungai utara.

  63. Baginda berkata:

    @LC…sssstt..jangan atut sama saya ya om,,ku ga makan orang kok..heheh..

  64. ahmadrock berkata:

    @baginda…suatu perilaku potong leher,bunuh orang,..harusnya gak ada kebanggaan disitu,peace .saling mengasihi,sayang,menolong,memberi itu termasuk kebanggaan karena kita semua makhluk – NYA.

  65. Baginda berkata:

    @LC…oh iya,salam salim juga untuk anda om ^_^

  66. Baginda berkata:

    @ahmadrock…jangan salah sangka ya om…saya bukan pasukan dayak…peace juga.

  67. Laskar cinta berkata:

    @baginda,saya g takut kok om,malah lgi ada yg saya tungguin dari om😀

  68. Baginda berkata:

    saya cuman ikut mengamankan seorang nenek dari suku M…beliau sebatang kara,,walaupun beliau suku M,,tapi baik dan beradab…gak kasar bahasa dan perilaku..

  69. ahmadrock berkata:

    all kwa..selama ini kwa isinya ilmu jawa,timurtengah,sulawesi@walau msh dikit,sunda buhun walau mash dikit ,ayo dong dong all kwa yg batak,papua ,ambon,dayak,banjar,aceh dll di share ilmunya.

  70. Novi berkata:

    Ya asmak emang gubahan lelehur kita tapi maseh berbau arab tidak jauh2 beda sumbernya pastinya juga arab,hizib..saya juga tau itu dari arab.
    Maksud aye yg orisinil milik leluhur kita ilmu2 suku misal:banjar,dayak,aceh,ntt,bali,bajo,ambon,batak,ntb,natuna,sulu,papua, dll ilmu2 asli leluhur kita tak kalah hebat loh ma yg dari luar.
    Lebih indah dan berwarna rasanya bila ilmu2 bermuatan lokal diangkat jadi kwa indah seperti pelangi dilangit yg tinggi beranekaragam namun satu jua(bhineka tunggal ika)

  71. SUGI SAWUNGGALING berkata:

    SAMPAKAN SALAM SUNGKEM SAYA DAN SEDULURKU SEMUA DARI SUKU “M” TERIMAKASIH….DAN…
    ITULAH SEJARAH KELAM REPUBLIK INI YANG BER “BHINNIKA TUNGGAL IKA” TERCORENG DENGAN SEJARAH KELAM ANTARA “M” & “D” TAPI BAU AMIS ITU SUDAH HILANG….TINGGAL RAJUT KEMBALI DENGAN SEMANGAT “TUNGGAL IKA”…WASSALAM….
    “M”

  72. !!!! berkata:

    @mas baginda.Saya lihat sendiri suku m ditampung diHSU.mungkin lebih 10rb org ditampung dilapangan bola empu jatmika amuntai.Dan mereka kemudian dikirim dg aman smpi kepelabuhan trisakti utk diantar kepulau jawa.
    Ujar {alm} guru ijai.Bl org m msk banjar,apalagi martapura,insya allah aman.bahkan diwkt beliau ceramah didepan puluhan ribu jama ah,beliu sempat memanggil sembilan datu banjar yg gaib utk memberi perlindungan ditanah banjar.diantaranya,datu suban,datu nuraya.dll.
    Klu ditinjau segi sejarah nama dari sampit,kuala pambuang,pulang pisau,adalah mengambil nama dr perjalanan seorg pangeran krajaan martapura yg mencari tanah didaerah kalteng dan berhasil mendirikn sebuah kerajaan dikotawaringin.
    @sesepuh dan sedulur.ana mo undur diri,karna susah masuk kampus.Sinyal GPRS disini lg gangguan.

  73. Mamat Kumis berkata:

    slmet malem semuanye…aye ngikut nyimak kisah ame ceritanye…mksh

  74. Baginda berkata:

    @!!!…saya bilang kejadian pembantaian terjadi dikandangan…kalau amuntai tidak tahu…didaerah kalua saja masih dikejar pasukan dayak sampai ketanah grogot kalimantan timur…saya sendiri murid Guru Ijay,,,dan saya masih keturunan Datu Daha (Syeh Muhammad Thoha)….dan saya juga masih keturunan Datu KERTAMINA.

  75. wanbiz berkata:

    semoga Pak kyainya mau shodakoh ilmunya ke KWA, amiin

  76. Laskar cinta berkata:

    @baginda,hbs fb an sma cew2 sexy y om?

  77. !!!! berkata:

    @dangsanak baginda.jangan talalu esmosi nah.Kita 1 daerah jua.ternyata situ katurunan datu ng sakti bs jd buhaya wan datu{bl kd salah}suah badapat nabi khaidir.
    Dl ana mulai amuntai umpat maantar sekitar 15 bis baisi suku m kapelabuhan trisakti banjarmasin.Alhamdulillah salamatan barataan kadada gangguan smpi katujuan.
    Ana hdk bulik dl nah.Mata ngantuk banar.lawan jua jaringan gprs gangguan.

  78. Baginda berkata:

    @!!!..Inggih om Rezky col…mungkin yang terbantai dikandangan bisa ditanyakan kewarga sekitar….ini cerita yang menuju kekalimantan timur…malah pas masuk ketanah grogot yang aman…bujur tu saya di angkat Nabi Khidhir menjadi murid,,ada sebuah kitab yang beliau ajarkan…dan cincin yang beliau pasangkan ketangan saya sebagai tanda.

    @LC…tau aja neh si om…kabooor…hihihi…

  79. ahmadrock berkata:

    @novi..asma sebenarnya banyak yg buatan para syeh / kyai lokal juga cuma pakai bahasa arab.memang kalau pakai bhs arab pasti dr arab?he.he.he

  80. ehen zaxis berkata:

    ass…mohon maaf sblumx saya org sampit,saya mnta jgn mndebatkan msalah yg dpt mnumbuhkan ksedihan+kmurkaan yg tlah lalu…..pristiwa tragedi yg dlu kita anggap sbgai plajaran aja & kita ambil hikmahx…..

  81. Singo luedro berkata:

    assalaamu.’alaikum. Monggo sedulur kwa semua.benar kata mas sugi sawunggaling. Yg lalu biarlah berlalu.jngn kembali mengorek luka lama. Bila kita msh trs sj saling mencari kesalahan sesama, ‘ORA BAKAL RAMPUNG’,sbb kebenaran adlh suatu hal yg relatif,tergantung dr sisi mana kita memandangnya.si A maupun si B pasti sama2 punya sisi baik dan buruk.”INNA AKROMAKUM ‘INDALLOHI ATQOOKUM”. smg semua kisah di atas menjadi iktibar bg kita semua untuk bs slng instropeksi diri. Slm persaudaraan untk semua bolo alus di manapun berada.opo wae werno kulite, teko endi wae asale.poko’e kuabeh lah…

  82. SiswoAlus berkata:

    Benar kalo kita jangan mengunkap luka,tapi duduk masalh harus jelas dulu,karena suku M &D sudah perang sjk lam,bahkan hapir di smua tmp di kalimantn, dalm ikatan persahabatan KWA inilah klo bisa kita mencari akarnya dg diskusi yg tanpaemosi

  83. arif setiyawan berkata:

    duren duren roti roti
    mbiyen mbiyen saiki saiki….
    _sudahlah,,,,sodaraku,,,,kita semua bersaudara,,,,

    smoga kita dpt mengambil hikmah dr setiap kejadian,,,,

    salam sedayanipun kagem dulur KWA
    _assalamu’alaikum warihmatulloh

  84. nyai iim berkata:

    سُبْحَانَ اللّهُ,,
    Semoga ini bs dijadikan pembelajaran buat kita smua. Bahwa kita adalah satu bangsa _ kita adalah saudara seagama. Tak seharusnya kita bermusuhan, mencaci hanya karena bebeda suku dan agama. Tuhan menciptakan kita dg bermacam2 karakter agar perbedaan itu bs menjadi wrna dlm hidup kita. Allahu Akbar…
    Semoga mereka yg berjiwa pemarah, pendendam, pembenci dan pembunuh diberi kesadaran untuk menjadi jiwa2 yg pemaaf dan saling menghargai perbedaan. Jikalau ada yg salah itu bkn dari suku atau agamanya melainkan pribadi yg tdk bs mengontrol diri.
    Salam damai dari yg cinta damai.

  85. hakikatnya bukan seperti yang dikhabarkan.

  86. wenk berkata:

    ALLAHU’AKBAR

  87. wenk berkata:

    ALLAH HU’AKBAR

  88. Slam berkata:

    Salam pagar nusa tuk semua……

  89. Ki Semar berkata:

    Menang tanpa peperangan .

  90. Hj tika ambara gultom berkata:

    Dimana atuh alamat kiayi nya…biar anakku mesantren disana..

  91. VENDRA berkata:

    ass.. dulu gw pernah mimpi jadi penengah mengatasi konflik antar suku di luar jawa. gw juga pernah mimpi berurusan dg opm papua. aneh bngt mimpi itu.

  92. I berkata:

    cerita ini kalau benar hukum nya ghibah dan kalau tdk benar hukum nya fitnah…ngakunya punya tuhan tapi gak kenal tuhan..yg saya baca gk ada yg ikhlas dari atas sampai bawah termasuk saya.

  93. Wong Bego berkata:

    Selagi manusia masih EGO IS ? Pertengkaran, keributan, dan perang tetap terjadi ! EGO AGAMA , SUKU, RAS dan ETNIS ! Apabila kita sudah menyadari bahwa kita ini sama ? yaitu mahluk Tuhan dan menghilangkan identitas yang lain alias netral ( sama dengan sifat NETRAL TUHAN ( Pengasih penyayang tidak pilih kasih dan tidak pilih sayang ) ? Kemungkinan besar dunia ini damai ? jika manusia sudah tidak meng kavling2 kan diri dalam 1) AGAMA ( islam, kristen,hindu budda,kong fu chu, sinto, aliran kepercayaan dll ). 2) SUKU ( jawa,sunda,madura, dayak , banjar,papua,asmat negro,melayu,batak dll ) 3) RAS dan ETNIS ( kulit putih ,kulit merah, kulit kunung, kulit coklat/ sawo matang, kulit hitam ?/ etnis cina, jawa, melayu, jerman yahudi , amerika dll ) . Biasanya perang terjadi karena EGO yang berlebihan yaitu mau BENARNYA ( sendiri dan kelompokya), MENANGNYA (sendiri dan kelompoknya ) BUTUHNYA ( sendiri dan kelompoknya ) COBA RENUNGKAN ? TUHAN PEMILIK ASLI DAN PENCIPTA BUMI INI TIDAK MEMBEDA BEDA KAN UMATNYA ? BUMI INI BISA KITA KITA TINGGALI BERSAMA SECARA DAMAI ? DAN TUHAN TDAK MEMERINTAHKAN BUMI INI UNTUK SATU KAUM, SATU AGAMA,MAUPUN RAS ( TUHAN NETRAL ) SEDANGKAN MANUSIA YANG TIDAK MENGAKUI ADANYA TUHAN SAJA TETAP DIBERI HIDUP, DIBERI REJEKI DSB NYA ! UNTUK ITU MARILAH SAUDARA2 KU SEMUA SELURUH DUNIA BERDAMAILAH , DAMAI ITU INDAH ! DAMAI ITU TENTRAM DAN BAHAGIA , DAMAI ITU NIKMAT ! JANGAN KITA IKUT2 AN MEREKA YANG SUKA BERTENGKAR DAN MEMPERTENGKARKAN MASALAH AGAMA , RAS ,SUKU ,ETNIS ! DEMIKIAN KI ALUS ! MAAF SEKEDAR UNEG2 , BILA SALAH MOHON DIKOREKSI , KI ALUS GURU SAYA ,KAN AHLINYA ! MATUR SEMBAH NUWUN !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s