SERAPAH PUYANG SI PAHIT LIDAH


PANGERAN SUKEMILUNG
rico_endo@yahoo.com

Diantara beragam versi tentang Legenda Puyang Si Pahit Lidah, maka kami ber inisiatif untuk membuka sedikit wacana ini menurut catatan / tambo sejarah yang ada pada silsilah keluarga kami. Artikel ini hanya sekedar sharing saja, bukan untuk di perdebatkan. Jika ada pembaca yang lebih paham tentang Legenda ini, kami persilahkan untuk mengkoreksinya dan meluruskan. Sepanjang hal itu dapat menambah nilai-nilai kebersamaan, serumpun dan seketurunan guna menjaga nasab dari pelaku sejarah yang menjadi Legenda Sumatera Selatan ini.

Maka Beliau yang namanya kami ambil sebagai Nickname di KWA ini ( Pangeran Sukemilung ) menurut tambo / sejarah GUMAY adalah keturunan dari seseorang yang bernama DIWE GUMAY.Kisah itu sebagai berikut….

Bahwa GUMAY adalah nama seorang DIWE yang turun kedunia dan mulai betapak di Padang Selase ( Bukit Siguntang ) di palembang. Ngawak Diwe mule-mule :

Diwe Gumay beristrikan anak Ratu Bengkulu. Waktu tersebut hampir bersamaan dengan terjadinya perang antara Bengkulu dan Aceh.Menurut ceritanya, Diwe Gumaylah yang dipanggil oleh bakal istrinya untuk menyudahi perang tersebut. Sehingga membuat perang tersebut berakhir dengan istilah : Atjeh kalah-Bengkulu Silah.

Dari pernikahan itu, Diwe Gumay mempunyai dua anak :
Ratu Iskandar Alam
Ratu Selibar Alam.

( Ratu Selibar Alam pergi ke Pagaruyung-Minangkabau dan keturunannya ada dipagaruyung )

Ratu Iskandar Alam, berputra :
Ratu Djemenang Sakti, berputra :
Ratu Gandjaran, berputra :
Ratu Menggale ( Semenggale ), berputra :
Ratu Semenggali, berputra :
Ratu Berdjunjang Sakti, berputra :
Ratu Radje Kuase ( Meradje Mengkuse ), berputra :
Ratu Radje Mude ( Ratu Kebuyutan ), yaitu Ratu terakhir.

Ke sembilan Ratu ini disebut “ RATU SEMBILAN DJUNDJANG “ ( Gilir ). Dari keturunan yang kesembilan ini, Ratu Radje Mude ( Ratu Kebuyutan ) mempunyai dua orang anak.
Raden Simbang Gumay ( Pangeran Sukemilung ) disebut juga Puyang Sukemilung
Putri Renik Debung. Beliau menjadi istri Puyang Saing Nage didalam laut.

Pangeran Sukemilung sendiri mempunyai 9 orang anak dari 2 istri. Anak-anak beliau ini disebut PUYANG SEMBILAN BERADEK. Nama anak-anak beliau adalah :
Puyang Remandjang Sakti, napak BALAI BUNTAR-Lubuk sepang, Lahat.
Puyang Intan permata Djagat,ngadekan ds.Prabu menang. Puntang Suku Merapi.
Puyang Pandjang,di Panda Enim.
Puyang Endang, di Lintang Kanan.
Puyang Remindang, ditangga Rase ( Manna )
Puyang Limpak, di Air Balui ( Musi Ulu )
Puyang Limparan, di Lubuk – Kayu Are
Puyang Untu, di Niru / Rambang Prabumulih
Puyang Remuntu, di Tjinte Mandi ( Redjang Bengkulu )

Dan keturunan selanjutnya sampai sekarang adalah anak cucu dari Puyang Remandjang Sakti. Kembali pada Kisah Puyang Si Pahit Lidah ( Pangeran Sukemilung ), beliau mempunyai nama dan gelar yang banyak. Masyarakat Palembang dan sekitarnya mengenal beliau dengan nama-nama- antara lain dibawah ini :
Diwe Sekilung / Sukemilung : Nama Saat Sedang Musafir
Diwe Serunting : Nama Asli
Diwe Rakuan : Nama Saat Berperang
Diwe Si Mata Ampat : Nama Keramat Bisa Melihat Dari Belakang
Diwe Lenggang Pati : Nama Keramat Bisa Mendatangkan Ribuan Angin Berdengung
Diwe Lian Pati : Nama Budi Pekerti Lemah Lembut Dan Shabar
Diwe Malin Pati : Nama Kebesaran Pemimpin

Menurut legenda Kesaktian beliau ada di lidahnya.Diantara berbagai macam keramatnya adalah beliau mempunyai Ucapan ( Kalimat Sakti ) yang bisa membuat apapun yang disumpahnya menjadi seperti yang di ucapkannya. Keluarga kami mengenal kalimat itu dengan nama “ UCAP GUMAI .“ Sejauh yang kami ketahui, ilmu ini menjadi semacam tradisi yang terus menyambung sampai ke anak cucu. Tanpa harus dipelajari pun, beberapa orang dikeluarga kami mempunyai kemampuan Ucap Gumai tersebut. Apalagi jika terdesak kedalam suatu persoalan yang membahayakan, terkadang tanpa sengaja keluar ucapan sumpah tersebut. Saking berbahayanya ilmu itu, para Tetua kami menyembunyikan ilmu itu rapat-rapat sampai sekarang. Yang masih menyimpannya kemungkinan besar hanyalah Para Jurai Kebale’an ( Tetua Adat suku Gumai, Keturunan dari Puyang Tuan Radje ).

Yang menarik dari kisah ini adalah, kami mendapatkan sebuah SERAPAH / KALIMAT yang sumbernya disebutkan berasal dari Puyang Si Pahit Lidah. Kalimat ini di tulis oleh KH. Bahri bin Pandak, Tanjung Atap-Komering Ilir Palembang didalam kitabnya yang berjudul Aurodul Hakiim. Dan beliau menyebutkan, mendapatkan Kalimat ini dari Ujo’ Agus, Air Pedaro. Redaksi Kalimat itu begini :

Bismillahir rahmaanir rahiim…

Assalamu’alaikum kang malih jati

Wa’alaikum salam warohmatullahi wa barakaatuh

Ing ang pangeran akulah pangeran pati

Biso tedong biso si pahit lidah

Biso dibisakan kau oleh allah ta’alaa

Aku dikuasakan aku waliyullah

Berkat laa ilaha ilallah muhammadur rasulullah…( sebut hajat kita )

Disebutkan bahwa kalimat itu berguna sebagai sambatan / wasilah tawasul atas sesuatu keperluan yang kita butuhkan. Selama kita meyakini dan tulus dalam ucapan, kalimat sederhanapun bisa menjadi mantra mujarab untuk jalan keluar yang kita butuhkan. Terlebih disaat kepepet.

Cukup sekian dulu artikel ini. Kiranya bisa memperkaya khasanah kebudayaan nusantara. Dan kami menghimbau kepada semua keturunan dari DIWE GUMAI khususnya juga dari kerabat kami BASEMAH DAN SEMUA ANAK KETURUNAN YANG ADA DI DAERAH LAHAT, PAGAR ALAM DAN SEKITARNYA…untuk menjaga dan melestarikan ilmu dan budaya peninggalan nenek moyang kita. Karena itu adalah identitas dan jati diri untuk keturunan dan anak cucu kita kelak.

Wabillahit-taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum wr,wb…Barakallohu fiikum
@@@

Pos ini dipublikasikan di >>PERPUSTAKAAN UTAMA. Tandai permalink.

363 Balasan ke SERAPAH PUYANG SI PAHIT LIDAH

  1. Pencari hidayah berkata:

    Iso 1

  2. Pencari hidayah berkata:

    Al fatekhah tuk pangeran sukemilung yg trus aktif d KWA…

  3. triwiyono berkata:

    asslamualaikum
    semangad malam poro sedulur…..

  4. Bengawan.Candhu berkata:

    Mhn ijin menyimak…mantep….

  5. Bengawan.Candhu berkata:

    @kimas triwiyono…sugeng ndalu kimas….bgmn kbr panjenengan dan belahan hati panjenengan,smg sehat dan baek2 sll…..sdh ktm sama sang hyang jengkangalam mas?bsk dimendut he5x….

  6. moch.ryan berkata:

    wah.. telat lagi, salam salim salaman ki BC , langsung nempel dikenig:-)

  7. pangeran pengasih berkata:

    lanjut ji…..

  8. Cakji berkata:

    Semangat malam
    salam persaudaraan toek
    @pencari h
    @cak triwiyono
    @kimas bc
    @mohc.ryan
    nderek nyimak monggo di lanjut

  9. MBAH JATI berkata:

    10 besar?

  10. rino berkata:

    mohon ijin tuk nyimak salam kenal bt sesepuh semuanya .salam bt ki gentar alam mohon masuk saya ada perlu dgn njenengan

  11. triwiyono berkata:

    @kangmas bengawan candu yg dimuliakan Alloh SWT maturnuwun atas do’a njenengan Alkhamdulillah saya dan Si dia sehat wal afiat.. mugi2 njenengan juga dibri kesehatan dan keselamatan oleh Alloh Amin… InsyaAlloh saya mluncur keMendut.. nyuwun do’anya…
    @CAK JI…. salam rahayu….

  12. rino berkata:

    ki begawan candu salam kenl

  13. muhammad69 berkata:

    @pangeran sukemilung, mantak aii cacam ilmu pamungkas keluargo caknyo keluar
    @bengawan candhu, om bc gimana kabarnya…?lama g bertegur sapa,kapan om ane bs qobiltu RDR-nya,hehehe

  14. Rusdy berkata:

    Khehe
    bru tw silsilah ny, selama ne cm tw nama dan patung2 yg d kisahkan dr kutukan sipahit lidah,

    “ough iyo aku wong prabumulih, salam kenal untk galo2nyo”
    khehe pake bahasa daerah

  15. lamsin berkata:

    ijin nyimak aja

  16. Tukul_Bagong berkata:

    Mantap sekali, terimkasih pangeran sukemilung seluruh bolo wong alus semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

  17. Beno tassawuf berkata:

    Asslmllkm,,, al ikhlas ntuk para sepuh KWA smua.ki bengawan candhu, dan mbah jati,, serta salam knal jg ntuk ssepuh smua,hormat sungkem,,,, asslmllkm…..

    @ki abdul jabbar trim ksh alamt ny,, insya allah,bla nnti di ijinkn sy akn sltrhmi ktmpt aki.

  18. rony berkata:

    ijin nyimak..

  19. Kertapati/RSA berkata:

    sugeng ndalu, nderek nyimak njih
    @Sukemilung…………mantaaaaaaaaaab
    @Ki BC………. salam takzim
    @Kang Sugeng …….. salam salim
    @M69…….. nanti dikondisikan RDR nya
    @P.Pengasih…….. mana hizibnya
    @all salam kenal dan perseduluran.

  20. Kertapati/RSA berkata:

    sugeng ndalu, nderek nyimak njih
    @Sukemilung…………mantaaaaaaaaaab
    @Ki BC………. salam takzim
    @Kang Sugeng …….. salam salim
    @M69…….. nanti dikondisikan RDR nya
    @P.Pengasih…….. mana hizibnya
    @all salam kenal dan perseduluran.

  21. laskar lembu suro berkata:

    aslkm…absem mlm sugeng dalu poro sepuh

  22. Diwe Gumay berkata:

    @Ki BC….salam ta’dhiim, masih sibuk dijalan nggih ??
    @ Ki Kertapati…artikelnya lum jadi tuh ??
    @ M69….cak mano rasonyo Ziarah semalam ?
    @ PP…mantab ajiannyo !!
    @ All KWA…salampeseduluran.

  23. Adhi_seti@ berkata:

    Askum ..sugeng ndalu sdoyo..kususny buat mas bc dan pangeran sukemilung smg Allah slalu mlmphkn rhmtny buat panjenengan…nderek ngangsu kawruh….monggo dlnjut…

  24. laskar lembu suro berkata:

    sugeng dalu ki BC@MBAH JATI@MAS KERTAPATI

  25. jurai mudePasemah berkata:

    nahh..yang macam inilah yg ane demen..Kajian&warisan dari leluhur kita dahulu patut dilestarikan..bukan berarti kita mengagung2kan faham akan kesukuan maupun etnis.Akan tetapi, sesuai dengan makhom daripada KWA Sriwijaya itu sendiri.

    Sedikit share neh,ane teringat dulu waktu tahun 2010 sehabis lebaran ane mudik ke Pagaralam.kebetulan nenenda ane tuh masih keturanan dari “diwe gumay” yang dulunya sewaktu masih muda terkenal sebagai “orang Pintar”(walaupun sebenarnya sekarang masih seh)tapi udah ga seaktif dulu lagi dikondisikan oleh umur yang semakin menggerogoti jasadnya..

    Namun, sisa2 dari kejayaannya dimasa lampau masih nampak dari sosoknya yang berwibawa,berkharisma dan penuh daya tarik..bahkan konon nenenda ane tuch punya istri sampe 9..spesialisasi beliau pun cukup aneh, memikat&memelet..Namun disamping beliau bisa menyatukan pasangan yang korban dari “cinta bertepuk sebelah tangan” ini, ternyata setelah ane korek2 informasi dari dulur2 yang lain ternyata beliau juga mampu memisahkan pasangan yang tidak dikehendaki..

    singkat kata,sewaktu ane sowan kesana beliau mengijazahkan amalan2 yang beliau miliki..salah satunya adalah Pengasihan yang memakai unsur yang ada di tubuh manusia itu sendiri yaitu :

    “Bismillahirohmannirohim..

    Minyakku si gilang-gilang
    Digilang di hati tangan
    nimbul cahaye Allah
    cahaye Baginde Rasullullah
    Manis Mate anak adam terpandang kepadaku
    Katenye Allah

    tata caranya cukup mudah, yaitu sebelum membaca amalan diatas, terlebih dahulu dengan ibu jari tangan kiri kita mencolekkan langit2 rongga dalam mulut.kemudian ibu jari tangan kiri kita tadi diborehkan ke hati tangan kanan kita.sesudahnya bisa digunakan untuk langsung bersalaman tangan dengan target maupun diraupkan di wajah..

    demikianlah secuil sejarah dari tanah basemah/pasemah..terlepas dari keberhasilan atau tidaknya tergantung dari si pengamal itu sendiri.ane terpancing neh gara2 pangeran sukemilung..he2..

    wassallammualaikum wr. wb

  26. Bengawan.Candhu berkata:

    @muhammad 69…ha5x…waduh,pd nanyain ya…sy blm siap oom buat buka lapak nih,sy menyimak sj….
    @laskar lembu suro @kertapati…salam pamuji rahayu….salam dan salim kagem panjenengan….
    @Beno tasawuf….@adisetia…injih kimas…monggo dlanjut silaturahmi dan rame2nya dsini…..

  27. muhammad69 berkata:

    @RSA,kakakakak benar2 ntar dikondisikan aja yak
    @diwe gumay,hahaha mgkin bang rico yg lebih lebih ngerasain
    @jurai mude, mantapz brader…,oio cak mano photo2 kito kmaren

  28. muhammad69 berkata:

    @BC,ane setia nungguin ijazahannya tar dari antum om BC,hehehe

  29. Moesafir Besmah berkata:

    Nah raban puyang la keluagh gale
    Milu nganing kudai
    ^_^

  30. Kertapati/RSA berkata:

    @laskar lembu suro…….. semangat malam kembali.
    @jurai mudePasemah……mantaaaab, ditunggu kelanjutan yg lainnya.

  31. jurai mudePasemah berkata:

    @69 : foto2 masih di AA Yan..cm skarg ni dio lg byk job..barusan dio dari rumah ane.
    @ Musafir : auu.. kang,kebile aghi ka ngeluaghka puyang2 kite..ha2..ha

  32. muhammad69 berkata:

    musafir besemah,salam salim…ki,aiii lengkap sedulur2 antum

  33. Moesafir Besmah berkata:

    @jurai mude:
    La mintak ijin lum kamu nga puyang tuh hehe

  34. Beno tasawuf berkata:

    Asslmllkm,,,, gerus siwak diatas topi,,,,,
    terus nyimak smbil ngopi,,, Asslmllkm……

  35. muhammad69 berkata:

    @jurai,siiip dah kalo gitu

  36. Tarjo Candali berkata:

    banyak juga ya versi sumber kekuatan lidah Serunting…

  37. Moesafir Besmah berkata:

    @m69
    Lagi ngumpul galo ahaha

  38. Kertapati/RSA berkata:

    makan dak makan kumpul, ane duluan kabuuuuuur.
    (mato la limo watt)
    @all……… Salaaaaaam

  39. Moesafir Besmah berkata:

    @pangeran sukemilung:
    Ngape mate empat tuh same nga puyang serunting? Ame dek salah mate empat dalam hal ini riye tabing adalah waris diwe gumay yg menyalah gunakan ilmu haqq. sejinjing dgn serunting yg menyalahgunakan martabat 7 pd makam kun.
    cmiiw (colek me if iam wrong)
    ^_^

  40. Deri berkata:

    Ah cacam, jeme besemah ngumpul, wkwkwkwk
    Puyang Selinggang nye mane? ngape ndek bie???
    Lum turun gunung ape??? Masih njage gunung dempo ndek?

  41. muhammad69 berkata:

    @RSA,kalo la limo watt, kaduklah dulu kopi tuh..hahaha

  42. muhammad69 berkata:

    @moesafir besmah, nih ane colek2…mo tak kasih cendol pa bata merah…cek kulkas gan,hyakakakak

  43. Moesafir Besmah berkata:

    @m69: cendolnya abis gan, tapi batu batanya lumayan empuk juga ahaha
    @deri: puyang selinggang dang ngingat2 mas trinjan tali nyawe hehe

  44. GUPITO berkata:

    Ass.. ada yg punya amalan supaya bsa menguasai bhs asing tdk, pak?

  45. sai berkata:

    ngintip dikit,,,,,,,

  46. lanang langgur berkata:

    Sejarah ksatria gagah SIPAHIT LIDAH. Terjaga diranah oleh penerus silsilah. Sungai Musi jembata ampera. Warisi tradisi kebudayaan Nusantara. Slm hormat dan slm pesaudaraan. Izin menyimak dan sbagai pelajaran.

  47. atok bujang berkata:

    BUJANG SENYUM … OOOY TERSENYUM BAEE

  48. igbal berkata:

    ikut nyimak

  49. om wawan eeeees berkata:

    pengumuman

    naruto chapter 527 sudah terbit.
    monggo kita baca komik naruto .

  50. akar dewa petir berkata:

    nyimak

  51. wisanggeni berkata:

    ijin nyimak

  52. Mandor turu berkata:

    Derek nyimak salam peseduluran kagem sedoyo bolowongalus
    HIDUP KWA
    JAYA NUSANTARA

  53. ki jurai mude pasemah bak mano kalau aku izin mengamalkannyo,

  54. anang wong cilik berkata:

    ijin nyimak,,,,lanjut sedulur???

  55. Darno berkata:

    dari cerita di tv sih,sipahit lidah mati karena lidahna sendiri juga….heheheh …hatai……salam

  56. gentaralam berkata:

    wah..wah…mantaf dulur2 dari tanah sebrang mantap…..keren…..asak akuni nganeng kian maseh budak lom cukop umor…bile ade waktu useklah bada ku,ke dusun baturaje..kite kele jiarah bada puyang lubuk baung/puyang tulang besi…di tengah hutan blantara…

  57. gentaralam berkata:

    wadaau…ketemu lagi ama mbah darno panu roto…
    wkwkwk……bukan karna lidahnya tauuu.,karna umurnya gak panjang..wkwkwkwk…

  58. Darno berkata:

    @ gentar alam (sipenakut ilmu)….biar panjangnya 111111111100000000 juga pasti mati…jik99x

  59. Darno berkata:

    yang penting jika telah bisa menjadi sipahit lidah musti harus jaga lidahnya…jangan sampe menyesal…nantinya…..soalnya kita masih manusia….yg sering khilaf….

  60. gentaralam berkata:

    kang darno hahaha…nesu,marah.erosi..e salah emosi….wkwkwk..duprak duprak….khilaf itu gak sengaja…lah kalok sekarang bener2 salah..aku nya khilaf…ojo ngunu ngene ae kok repoot…..

  61. laskar lembu suro berkata:

    aslkm…pagi bolo alus semua

  62. ass. wr. wb……
    salam seduluran aja tuk semua kwa.
    monggo dilanjuuuuuuuut, aku cuma neropong dari seberang…

  63. rendra berkata:

    ikut menyimak

  64. ojibuaku berkata:

    ngintip ah… disela2 kerja😀😀😀

  65. andra jogja berkata:

    gedubrag… numpang rebonding rambut gan???!!!

  66. om wawan eeeees berkata:

    salam salim poro sedulur semua, selamat pagi
    ijin ngintip kuliah pagi.

    @rendra, @ ojibuaku @ zainursii patrick @ laskar lembu suro @ gentar alam. salam salim semua salam KWAngen.
    monggo dilanjut

  67. rendra berkata:

    ada ga ya yg punya ilmu kebal api ga… kalau ada para sedulur semua tolong di share ya…. yg dari melayu jg ya…. atau dari bugis…. atau suku apa z laah..hehehhehehe

  68. gentaralam berkata:

    mbah darno panuroto(panutan raketoro}..

  69. om wawan eeeees berkata:

    pak kyai andra , pripon le kumpulan, lancar to

  70. gentaralam berkata:

    mbah darno panuroto(panutan raketoro}.
    Mas wawan eessss….salam kembali..
    maaf sy lgi pingin guyonan..ama mas darno pendekar dari lembah cermai murid kinasih mbah kuwu mangun tapa…

  71. om wawan eeeees berkata:

    @ gentar alam, apakah maksudnya Ki Buyut Mangun Tapha melakukan bertapa di Gunung Ciangkup

  72. aku pengemis berkata:

    ijin nyimak mak mak mak mak mak mak mak mamake

  73. gentaralam berkata:

    mas wawan esss..langsung tanya aja ma ki ubi clembu bogor..sengerti sy beliau adalah murid dari mbah kuwu sangkan cakra buana khodamusy syarifah min ahli masjid agung kasepuhan cerbon…
    mas wawan eess..bertanya karna tidak tau?…..sudah tahu tapi,
    bertanya untuk memperbandingkan?…
    Atau sudah tau dan paham bertanya cuma untuk mencoba?….hahahaha..kabooorrrr…..

  74. The man berkata:

    Asw…Salam para sesepuh semuanya,salam rahayu ki gentaralam,ki wawan eess dan ki darno.Kok cuaca disini agak panas perlu dipasang ac 1pk biar dingin dan adem.
    Siap sedia…Dorrr…
    Kaburrr…Wuszzz…

  75. Zenki berkata:

    Duduk ikut menyimak dan mengamati sasaran objek.

  76. wawan sleman berkata:

    @ gentaralam, suwer bos, ngak tau je. aku kan cuma pengentau ttg om darno yang ngetren sekali, hehehehehe .
    ikut pak kyai gentaralam , kaburrrrrrrrr

  77. mbah khasan subakri berkata:

    belum 1000% manjur itu. ok

  78. laskar lembu suro berkata:

    nyimak cerita,,,,,,,,,,,

  79. MBAH JATI berkata:

    Nggak tau pada ngomong apa..? Karena udah jadi pahit lidah nanti kalo bikin kopi gulanya tambah 1 kilogram…biar ga nyengir kepahitan…kopi kapal api rasa mantap..! Daripada ikut bingung kabur aja ah…

  80. MBAH JATI berkata:

    ???@/@???

  81. Si Manis Lidah berkata:

    @mbah darno panuroto salam hormat mbah..
    @gintaralam ud usai ap bilum pingimbaraan kau orang..
    Buat simua simangat siang..

  82. gentaralam berkata:

    @wawan slema ya oke deh..klo engak tanya aja ma wong abangan…
    wawan sleman kan sudah tak bilang jangan pakek,. booss..soale klok sy di panggil boss..suka langsung ngasih duit…wkwkwkwk..
    *the men…ya pantes panas lah diluar, di tengah lapangan bola…coba kalok di dalem kolam renang adem makyuus…!

  83. gentaralam berkata:

    @wawan slema ya oke deh..klo engak, tanya aja ma wong abangan…
    wawan sleman kan sudah tak bilang jangan pakek,. booss..soale klok sy di panggil boss..suka langsung ngasih duit…wkwkwkwk..
    *the men…ya pantes panas lah diluar, di tengah lapangan bola…coba kalok di dalem kolam renang adem makyuus…!

  84. gentaralam berkata:

    si manis lidah…ber arti ini buaya daraaatt….
    mbah jati…sosok yg adem,ngayomi, berkarisma kuat.,hem siapa sosok ini..apakah sang pengama aji sampurna ning jaya..pojok ing jagat…(melayuuuu…soale mbah jati luru sabetan)

  85. izal berkata:

    Ki Pangeran Suke melung dan ki jurai mude pasemah , izin menyimak dan qobiltu

  86. wong linglung berkata:

    pangeran sukemilung@mantabs bos penjelasan ya
    moesafir@salam takzim
    M69@salam takzim
    kertapati@salam takzim
    jurai mude@salam takzim
    pangeran pengasih@salam takzim

  87. wongwongan berkata:

    @jurai mudePasemah : METU KELAH SEKALIAN PELET “KUCUR” NYO….wkwkwkwk

  88. SINGA MARANTEE berkata:

    SALAM ALL…
    @ PANGERAN SUKEMILUNG…
    @ BENGAWAN CHANDU AND CANDA….
    SALAM….LAME TAK JUMPE

  89. ki udeng_hhb berkata:

    IKUT NYIMAK…SALAM SEDULUR SEMUANYA

  90. SINGA MARANTEE berkata:

    JADILAH ENGKAU “MUHAMMAD” AGAR DIKASIHI OLEH MUHAMMAD MAKA SAAT ENGKAU TAAT SESUNGGUHNYA ENGAKU AHMAD.

  91. Moesafir Besmah berkata:

    @wongwongan
    Dengar2 ijazah pelet kucur nak dimetuke minggu besok di tempat mas.ario ahaha
    (Kompor mode: On)

  92. fitri nan cantik berkata:

    ada yang tau ga ya pelet belalang kadung. katanya tuh pelet sangat berbahaya. tolong di jelasin ke aq. aq butuh banget. trims atas perhatiannya

  93. Ustadz berkata:

    Assalamualaikum..
    Apa yg saudara2 ku lakukan di blog ini adalah perbuatan bid’ah..
    Bertobatlah saudaraku.,kembalilah ke jalan yang di ridoi oleh Nya,,,

  94. muhammad69 berkata:

    @wong linglung,mantapzzz…salam salim takzim buat antum ji

  95. fitri nan cantik berkata:

    tolong ya. soalnya pelet itu pelet kepunyaan pak belalang di kisah zaman dahulu

  96. fitri nan cantik berkata:

    kalau ada tolong kasih tau yah, bayar mahal-mahal juga gpp

  97. Koboy berkata:

    Fitri…daripada nyari pelet..mendingan kita nikah aja ama sya…gk perlu pake pelet peletan he he

  98. Yudie berkata:

    Ijin nyimak njih ki

  99. Si Manis Lidah berkata:

    @gintaralam jaoh di mato daka di ati, tao ajo..

  100. Moesafir Besmah berkata:

    @wong linglung
    Salam takzim ^_^

  101. gus jai berkata:

    hm,ye lah.uda kordinasi antum smua?mana prog ja nya.segera kondisikan

  102. Nico syah alam berkata:

    Numpang lewat……………..,

  103. Seteko berkata:

    Saya siap kondisikan……..

  104. Seteko berkata:

    opo ne sing dikondisikan gus….???????

  105. Rahmatullah As Sukabumi berkata:

    Assalmu’alaykum…smuanya….absen sore…@Pangeran Sukemilung: Syukron Kang ilmunya….Qobiltu n ijn nyimak…insya Allah brmanfa’at n maslahat dunia akhirat..

  106. wong linglung berkata:

    M69&moesafir basemah@sama2
    ustad@bi diah tu yang seperti apa,..
    disini ajang utk mencari teman dan menyambung tali silaturahmi antar umat manusia,jgn trlalu cpt menilai orang tu sesat..

  107. ranjang_bergoyang berkata:

    wuihhh,muuuuantepzzz ini elmuuuu…..kasanah kebudayaan sumsel ini…..berarti yg nulis keturunan langsung si pahit lidah y,salam takdzim pangeran sukemilung

  108. muhammad69 berkata:

    hoooammm,sepi yah

  109. jurai mudePasemah berkata:

    hupp..metu absen kudai..

    @all : lam takzim..

    @wongwongan : bahaye kalu pelet kucur tu dikeluarke..alangke banyak mertuo yang dicucuk hidungnyo oleh menantu..wkkwkkk

    cabut ahh…udah magrib

  110. yus berkata:

    kok sepi ni…..

  111. Darno berkata:

    wah ternyata aku masih seneng dipuji juga yaa….abis aku baca….jadi ketawa sendiri……hik 99x
    gentar alam…..penakhluk ilmu kali…eeeiiiit….sopo sing nesu wong aku seneng dipuji…..hiihkkkkk99x

  112. hadi berkata:

    nderek nyimak skaligus izin daftar
    nama : Hadi Sunarto
    email : m4ndor_centil@yahoo.com
    081519927325

  113. gentaralam berkata:

    wah pas on pas ketemu kang darno…jodoh x kang…ayo kang ilmu ne di wedar sy tak siap2 qobiltu….saiki serius.. ra penak je karo seng duwe lapak….soale ndak kuwalat..(siap2 sedakep silo tratai)…

  114. Darno berkata:

    waduh….den mas gentar alam nyuwun pangapuronipun ….wedar nopo mas…teng nikipun pun katah ilmu……pangapuropnipun nggeh lahir bathin….

  115. Darno berkata:

    Begini aja yah… jika mas nanti akan menhadiri pertemuan bolo wong alus;;….mas minta kepada mereka untuk menyaksikan….persaksian mas atas siapa Tuhan nya Mas dan Nabi yang mas akan ikuti ajarannya…..jadikanlah mereka saksi…persaksian mas…..insyaAllah jika disitu ada pemimpin yang mas anggap orang yang sangat sholeh dan mumpuni…..setelah itu….laksanakan sholat seperti biasa….terserah sholat sunahnya…..dan amalkan zikiran,,,,yang berisi alfatiha….tasbih….pujian….pengampunan dan sholawatan laksanakan secara rutin…atau istiqomah hingga nanti ada petunjuk…(jumlah zikirannya tentukan dengan kesanggupannya….asal rutin ya mas)…insya ALLah pasti terus akan berubah zikirannya sesuai dengan petunjuk yg ada…..

  116. Darno berkata:

    oh ya jika sanggup sedekahkan kepada para anak yatim sesuai dengan kemampuan dan keikhlasannya……..selamat

  117. fitri nan cantik berkata:

    @koboy : Fitri…daripada nyari pelet..mendingan kita nikah aja ama sya…gk perlu pake pelet peletan he he

    enak aja………..!!

  118. setro wilis berkata:

    KWA semakin mantap
    nunut nyimak hehhee

  119. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Jurai mude Pasemah…ane tunggu tulisan ente
    @ Musafir besemah….segera siapkan artikelnyo…
    @ Ki Kertapati…salam ta’dhiim
    @ M69…cepet balek !
    @ Wongwongan….kapan bikin buku sejarah versi ghaib ??
    @ Wong linglung…kapan nak kerumah ??
    @ All KWA Sriwijaya….mano program kerjo kito ?? ditunggu Gus Jai…harap segera dikondisikan

  120. SABRANGLOR berkata:

    salam semua@p sukemilung,adem rasa nya dengar sejarah ini,salah satu kebanggaan adat sejarah kita Indonesia ,ditunggu cerita lain nya mas

  121. gentaralam berkata:

    qobiltu kang darno…insyallah..amiiin…

  122. L4sk4r p3rm4d4ni berkata:

    Aslmkm..slm to bolo wongalus

    nuhun

  123. bayan berkata:

    Assalamu alaikum

  124. bayan berkata:

    Salam takzim pangeran sukemilung para sesepuh dan sedulur KWA. Silahkan dilanjut pembahasanya ilmu sabdonya.

  125. Pangeran Sukemilung berkata:

    .

  126. mas.rio berkata:

    aslmkmwrwb..wah,udah ramai,terlambat lg ni,ikut nimbrung aj ..?

  127. jurai mudePasemah berkata:

    lagi nunggu tambahn dari p.sukemilung…he2

  128. suara HATI berkata:

    Tessss Tess (masuk ngak ) Yaa.

  129. Wong Kito Galo berkata:

    Salam kekeluargean gale-galenye!

  130. suara HATI berkata:

    masukkk : nyimak Sambil Kopi + Surya !!!

  131. Sai berkata:

    Semangat malam smua..
    Absen and nyimak dari seberang..

  132. TokeK berkata:

    Nyimak sambil ngopi dan nonton TV

  133. Semar Nur Alif berkata:

    absen malem minggu…………..

  134. arubian berkata:

    pangeran sukemilung kalo boleh tanye,dimane makam puyang srunting tu…..sebab katenye ade di berape daerah,tapi di tahun 90an aku pernah datang kemakam puyang srunting sakti/sipahit lidah di dusun pulau bringin,muare due kisam,aku datang dewe’an dan sempat masuk ke alam gaibnye,yg ku kinak persis dng dusun pulau beringin,cuman yg membedake sungainye masih lebar,sedangke yg didusun pulau bringin la surut……salam kekance gale

  135. jurai mudePasemah berkata:

    Nah..keluagh gale jeme kite..

  136. Sai berkata:

    Sepi,rupanye pade ngumpul di ef be smue…….

  137. muhammad jerry berkata:

    salam buat semua sesepuh dan keluarga wongalus….juga utk semua jemme tanjung sakti….saya dari keluarga djentamat…

  138. yudie berkata:

    omm jurai lam kenal

  139. m.redzuawan berkata:

    salam,
    ki, mohon di ijazahkan ya…namaku m.redzuawan ari m’sia….

  140. ari tingkir berkata:

    ki jurai mude salam salim lan kenal njiih,,

  141. MBAH JATI berkata:

    selamat malam, salam hormat dan takzim untuk mas gentar alam, mas laskar lembu suro, mas beno tasawuf, dan sedulur semua salam rahayu. Kawulo nyimak saja.

  142. Moesafir Besmah berkata:

    absent daluh sek..

  143. ari tingkir berkata:

    salam puji rahayu lan kenal,,
    kagem @mbah jati,
    dereng tilem nopo ge mbakar dupo njiih,, heheh..

  144. ari tingkir berkata:

    ee,, wonten ki musafir basemah,,
    alun lalo pa ge blek wakuncar ne ki,,?? Lam paseduluran njiih..

  145. Moesafir Besmah berkata:

    @ari tingkir:
    bukan dari wakuncar ki, tapi baru pulang dari luar kota nyari sesuap nasi ^_^

  146. wongwongan berkata:

    @Moesafir Besemah : nyari sesuap nasi, dua kontener beras dan 10 kg emas, wkwkwkw

  147. Moesafir Besmah berkata:

    @wongwongan:
    ane anggap itu doa buat kito sedulur galo..
    aaaamieeeennnn…
    ^_^

  148. Sai berkata:

    Ngintip dikit….

  149. Sai berkata:

    Sepi.
    Kabur lg…..

  150. cicak cabang sakti berkata:

    absen
    nyimak mak nyimak slalu…

  151. Sai berkata:

    CCS:malem om,lom tdr om??

  152. cicak cabang sakti berkata:

    sai
    gmn msh hujaan.?
    salam salim ya..

  153. Sai berkata:

    Kabur aahh…..
    Cling*

  154. cicak cabang sakti berkata:

    wualaaa
    bs bareng ya..
    sai
    blm ni..lg nunggu yg manis2..he3

  155. Sai berkata:

    Loh tak kira….
    Sy d’makazar om,dsni g da ujan cuma ada clasmild&copi yg stia menemaniku hingga akhir malam nanti…

  156. cicak cabang sakti berkata:

    wualaa
    sai
    jgn kabur dl om..
    ni kopinya di minum dl..

  157. Sai berkata:

    Salam Salim jg om..
    Maklum pake hp jd agk lambat..

  158. cicak cabang sakti berkata:

    sai
    huahaaaaaaa
    bukanya td sempat aliran..he3
    mantap buhur 234 ni..

  159. aa yan berkata:

    Assalamu’alaikum, absen dini hari…..

    @ sesepuh & pinisepuh KWA : salam takzim & hormat…

    @ sedulur KWA : salam rahayu & cinta…

    @ sedulur KWA Sriwijaya : ane sudah kirim pict acara silahturrahim & pembentukan KWA Sriwijaya tgl. 6 Februari 2011. Mohon di cek e-mail masing2. Buat sedulur yg belum terkirim pict-ny dimohon sedulur lainnya meng-forward (email CC & BCC).

    Mohon maaf bila terdapat salah tulis nama…
    Salam rahayu,

    Aa Yan

  160. cicak cabang sakti berkata:

    sai
    make hp jg ga masalah..kl hp yg 4 jt keatas,hsl jg mantaaaap

  161. Sai berkata:

    Om,punya bwt pelarisan g om??,yg semacam sodo telu gitu…
    Klo ada ,bagi dong…..

  162. Sai berkata:

    @AA YAN: waalaikumsalam wr. Wb.semangat malam om,salam salim om.
    .@om CCS:klo punya uang segitu mending bwt kperluan yg laen om..

  163. cicak cabang sakti berkata:

    buat dagang apa bisnis om..dan apa buat di kantoran.?

  164. aa yan berkata:

    @ Sai : salam salim om… untuk Ajian Sodo Telu tuk pelarisan buka arsip KWA:

    https://wongalus.wordpress.com/2010/09/29/ajian-sodo-telu-untuk-pelarisan

  165. Moesafir Besmah berkata:

    Assalamualaikum
    Ane sekedar menyampaikan amanat dari pangeran sukemilung seperti ini:

    serapah si pahit lidah ga bisa di ijazahkan. Cm buat sharing aja !

    Demikian amanat sudah ane sampaikan, selanjutnya silahkan berhubungan langsung dgn beliau.
    Syukran ^_^

  166. aa yan berkata:

    @ Moesafir Besmah: sudah cek email lum…ditunggu cendolnya ji…

  167. Moesafir Besmah berkata:

    @aa yan:
    Sudah tapi lum masuk..atau nyasar daluh yo?:)

  168. aa yan berkata:

    @ Moesafir Besmah: om idak kado nyasar…lum trimo bae, cek ulang be…

  169. Sai berkata:

    Om aa yan,makasih om,tp bukan sodo telu om yg sy cari tp yg lainx,yg semacam sodo telu gitu,soalx yg ini kurang mantap om..
    Klo om punya,bagi dong om…(^_^)

  170. Sai berkata:

    Om CCS:bwt warung om,dulu pernah dikasih om joko suwiryo&udah kusalin di hp.tp hp’x hilang om,ngasihx lewat komen.tp udah lupa komen xg di artikel sebelah mana??

  171. om wawan eeeees berkata:

    صباح جميل،
    تحية طيبة يا إخوتي جميع مزدهر.
    آمل مدارسنا السلام آمنة دائما. آمين

    لحين دراسة اللغة العربية ، عذرا

  172. om wawan eeeees berkata:

    السلام هو جميل

  173. om wawan eeeees berkata:

    دروس اللغة العربية

    الإفطار، وتناول وجبة الإفطار
    سمك مشوي، سمك السلور المشوية، ساتيه الدجاج والماعز الكاري،
    الشاي الثلج والجليد الليمون والقهوة المحلاة،
    رخيصة، ورخيصة، ورخيصة.

    يرجى المحاولة
    monggo
    mengilang dulu , clinggggggggg

  174. TokeK berkata:

    @wawan eeeees tu amalan/apa kalo amalan di babar donk..

  175. sai berkata:

    hadir&nyimak,,,,,
    om tokek;met pagee om,,,
    om ws;pagi2 udah ngasih pr,,,,,,,,

  176. aa yan berkata:

    absen pagi….

    selayang pandang KWA Sriwijaya:

    http://kwasriwijaya.blogspot.com/2011/02/kwa-sriwijaya-silahturrahim-pembentukan.html

    @all sesepuh, pinisepuh & santri KWA salam pamuji rahayu

  177. Zizah37 berkata:

    Asalamualikum wr wb pada semua diKWA
    Semoga saudara/saudari sentiasa diberkahi dan dirahmati Allah SWT

    @ Cicak Cabang Sakti
    Gmana kabarnya saudara?
    Singapore udah hujan2 ni nyaman..

    Wasalam.

  178. laskar lembu suro berkata:

    aslkm…absen pagi sedulur

  179. pangeran pengasih berkata:

    lanjut jiii and kpn blog kwa palembang dibuat

  180. haris berkata:

    empek empek telok, hehehe

  181. laskar lembu suro berkata:

    mas wawan@mas tokek@mas sai@AAyan@alas tunggal@mas zizah@met pagi semua

  182. laskar lembu suro berkata:

    aslkm pangeran pengasih@mas haris

  183. aa yan berkata:

    @ pangeran pengasih: om masih tahap uji coba, tes bae…kalu sedulur cocok kita masukke agenda kerja KWA Sriwijaya..

    @ Zizah37: Wa’alaikumusalam, alhamdulillah baik… amin allahumma amin ats doanya tuk sedulur santri KWA..

    @ haris: salam salim om…

    @ laskar lembu suro : salam takzim & hormat Ki

    @ om wawan eeeees: salam rahayu Om, tulisan arabnya dtranslate ke latin…

    @ TokeK: salam salim Om

  184. Mas Jaluaji berkata:

    Melintas pagi, salam dumateng poro sedulur sedoyo.
    @pangeran sukemilung : salam hormat ala jawa timuran pangeran.
    @zizah : salam om, lama hadir sibuk ya
    @laskar lembu suro : ayo mas diwedar khasnaha dari majapahit yg agung karena panjenengan kan juga keturunannya, he he he …

  185. wong linglung berkata:

    ass met pagi
    pangeran sukemilung@insya allah ana maen krmh
    moesafir basemah@salam takzim
    mas rio@salam takzim and kpn kito kumpul lagi
    a’a yayan@mano foto nyo n salam takzim
    kertapati@ salam takzim
    jurai mude@kpn euy kumpul drmh ente.
    wongwongan@salam takzim
    ALL@salam sedulur and salam hormat

  186. cicak cabang sakti berkata:

    zizah37,
    hadir ni say..
    hujan2nan ya..smalam.?

  187. aa yan berkata:

    @ Mas Jaluaji: salam rahayu Om..
    @ wong linglung : salam salim Om.. ane bantu link :

    http://kwasriwijaya.blogspot.com/2011/02/kwa-sriwijaya-silahturrahim-pembentukan.html

  188. Adim berkata:

    Assalamu`alaikum wr.wb
    sugeng siang saudaraku semua …
    derek nyimak …
    monggo dilanjut ..w
    wassalam ..

  189. cicak cabang sakti berkata:

    zizaaaaaaaa37
    daku baik2 slalu n smoga zizah jg dalam damai slalu njih..tq

  190. Mas Jaluaji berkata:

    @aa yan : salim juga om, wah progresnya kwasriwijaya mangtap om, lanjut om

  191. Alif alfakir berkata:

    Ucap gumay ad 10 ucap terakhir turun namanya sepengucap..silahkan dtg ketmpt rumsah dusun gumay talang kab.lahat untk lebih jelasnya

  192. Moesafir Besmah berkata:

    @aa yan.
    Diphoto tuh dak pacak komen, cakmano nak nampung aspirasi sedulur2 ^_^
    @wong linglung
    Salam takzim balek:)
    @all sedulur salam takzim pagi

  193. gentaralam berkata:

    cakmano bae kalu boleeh bang..moesafir b…
    tetap setia izin berlalu….

  194. wong linglung berkata:

    aa yayan@mantap foto2nya…
    maju terus kwa sriwijaya…

  195. Moesafir Besmah berkata:

    @gentaralam
    tetap setia izin berlalu hehe^_^

  196. ki bayu digdoyo berkata:

    telat uy nyimaknya…yoweslah gabung wae

  197. MBAH JATI berkata:

    @mas ari tingkir, salam hormat. Nitip salam juga buat joko tingkir dan kanjeng sunan kalijogo.

  198. muhammad69 berkata:

    mano oi dak dikirimi apo aku ni?

  199. MBAH JATI berkata:

    Walah..walah..mbak fitri nyari pelet tho…? Minta sama mas TOKEK aja mbak. Beliau ahli yg sangat berpengalaman soal bikin nempel, hehe…salam hormat untuk mas TOKEK, semoga rahmat & barokah Alloh selalu tercurah untuk beliau, amiiin. Pamit lagi….

  200. MBAH JATI berkata:

    Walah..walah..mbak fitri nyari pelet tho…? Minta sama mas TOKEK saja mbak. Beliau ahli yg sangat berpengalaman soal bikin nempel, hehe…salam hormat untuk mas TOKEK, semoga rahmat & barokah Alloh selalu tercurah untuk beliau, amiiin. Banyak orang linuwih disini, kawulo yg bodoh ini mohon pamit saja…

  201. Moesafir Besmah berkata:

    @alif Al fakir:
    Keruan dide ngape penyebab tunjuk penjalang (gumay) bingkuk sementare semidang (serunting) jempole tideng?

  202. Moesafir Besmah berkata:

    @m69:
    Pecaknyo nyasar daluh galo email dari aa yan ahaha
    Tuh la ado linknyo, tinggal save bae gambarnyo ^_^

  203. boejang soelieng berkata:

    salam sedulur semua……….

  204. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Alif alfakir…Alm.Rumsah amasin tu nenek kito, apo ente masih keluargo nenek kami ??….tolong konfirmasi

    Warning…diatas ada gravatar saya tanpa coment, mohon maaf tolong jangan memulai memalsukan / membuat coment dengan nick name orang lain !!

    @ Musafir Basemah & Jurai Mude Basemah…tetap solid
    @ All KWA Sriwijaya…konfirmasi dengan Ketua Dato’ Rao untuk program kerja berjalan.

  205. Moesafir Besmah berkata:

    Ame balek ke dusun pasti sanak gale hehe ^_^

  206. muhammad69 berkata:

    @moesafir, hahaha iya x y, mantapz dah dcheck…poto2nya.

  207. Rajis berkata:

    ay aado bagi2 foto ck nyo , tp ngpo dk dapat jatah aku nyo ?

    tolong kirim kirim ke sini : dewa_mabuk0123@yahoo.com yo mas aa yan

    tuk KWA sriwijaya salam sedulur galo2 :)

  208. muhammad69 berkata:

    @rajis,check di link yg ditulis a.a yan di comment agak atas bos, ado photonyo

  209. Pangeran Sukemilung berkata:

    Di goggle ane lum ado fotonyo ji…..kwkwkwkwkwk

  210. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Rajis….masuk ke link KWA Sriwijaya…lagi ngumpul disano !!

  211. nasrudinkb berkata:

    Assalmu alaikum…selamat pagi wahai saudaraku semua keluarga KWA, bagi yg berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hizib Bahri (Imam As Sazali), sila dapatkan Kitab karangan Allayarham Tok Wan Ali Kutan, seorang Ulama dari negeri Kelantan,(yg hidup nya dulu lagi dari Tok Kenali) yang meninggal diTanah Arab kalau tak silap saya di Thaif yg banyak mengarang kitab2 Agama salah satu nya kitab LamAutul Aurad, disitu diterangkan cara terperinci kaedah2 dan cara2 mengamalkan nya akan HizibBahri, sedikit info yg dapat saya berikan untuk saudara2ku yg berminat dan berhajat, mudah2an bermenafaat Dunia dan Akhirat, mohon maaf kalau salah kata dari saya, wassalam….

  212. Rajis berkata:

    m69: mksh br tejingok ini
    Pangeran: meluncur ke TKP

  213. Moesafir Besmah berkata:

    @rajis:
    Ente kan duduk membelakangi dan dibawah dukun photo, jadi dak masuk terawangan kamera ahaha
    Tapi di photo kwa sriwijaya ado tuh:)

  214. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Musafir…cak mano ngirim foto ke goggle dari yahoo ??

  215. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ nasrudinkb…gimana cara dapat kitabnya ?? Hubungi antum di nomer berapa ??

  216. Rajis berkata:

    Moesafir : salah nian mmng befoto di blkng Gus jay sm kang doly lngsung ke samar oleh para khodam mereka … hahaha … kaburrrrrrrrr

  217. Moesafir Besmah berkata:

    @pangeran sukemilung
    Bikin akun digoogle dulu, beda dgn yahoo ato wordpress

  218. nasrudinkb berkata:

    salam untuk @Pangeran Sukemilung, kitab tersebut ada dijual diToko2 Buku yg biasanya Toko menjual Kitab2 dan Buku2 Agama,untuk pengetahuan saudaraku Pangeran cuba lawati laman web ini

    http://ulama.blogspot.com/2005/03/syeikh-wan-ali-kutan.html

  219. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ nasrudinkb…akhi, ane pernah posting Hizib Bahr yang Ijazah dari KH.Bahri bin Pandak..itu bersumber dari kitab yang antum sebut. Coba dicek postingan ane…

  220. nasrudinkb berkata:

    3. Lum’atul Aurad, 1311 Hijrah/1894 Masihi. Kandungannya mengenai selawat, wirid dan pelbagai doa. Terdapat pelbagai edisi cetakan, di antaranya oleh Matba’ah al-Miriyah, Mekah, cetakan kedua 1314 Hijrah. Edisi cetakan Matba’ah Al-Ahmadiah, Singapura, 1346 Hijrah. Dan edisi yang terakhir ialah yang diusahakan oleh cucunya, Haji Wan Abdul Qadir Daud al-Kalantani. Edisi yang terakhir ini dicetak terus menerus dan masih beredar di pasaran kitab sampai sekarang ini. Lum’atul Aurad ini sangat banyak diamalkan oleh para ulama dan orang awam dunia Melayu, bagi pengamal-pengamalnya selalu menceritakan akan keberkesanan amalan tertentu yang termaktub dalam kitab itu setelah mereka mengamalkannya secara

  221. Moesafir Besmah berkata:

    @rajis.
    Itulah kalo datang telat jadi dak tau strategi bephoto dekat dulur yg harus dihindari kalo pas dijepret ahaha

  222. nasrudinkb berkata:

    @Pangeran Sukemilung, terima kasih,wassalam, pernah baca kitab Pati Rahsia,
    * Pati Rahsia. Diselesaikan pada 1 Rejab 1363 Hijrah. Cetakan yang ketiga Haji Daud bin Haji Abu Bakar al-Ahmadi, 3296-B, Jalan Tengku Petra Semerak, Kota Bharu, Kelantan, 1389 Hijrah/1969 Masihi. Dicetak atas perbelanjaan Nik Ahmad Kamil (Datuk Seri Setia Raja) bin Nik Mahmud, dan dicetak atas kebenarannya. Ditandatangani oleh Raja Muda, Yang Dipertua Majlis Ugama Islam, Pejabat Majlis Ugama Islam Kelantan pada tarikh 15 Jun 1946 Masihi, bilangan (3) 136/46. Kandungannya mengupas ilmu hikmah menggunakan berbagai-bagai, isim, wirid, doa, dan lain-lain.

  223. Delan berkata:

    mari lestarikan budaya asli daerah kite, terimekasih sanak lah posting sejarah puyang kite..

  224. mas.rio berkata:

    aslmkmwrwb..semuany salam takzim selalu..maaf terlambat lagi….

  225. BANDAR SAHAM berkata:

    ASS.WR.WB , IKUT MERAYAKAN MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W , KAMI IJAZAHKAN ILMU MELIPAT GANDAKAN UANG SECARA NYATA , YAITU DENGAN MEMBELI SAHAM BUMI RESOURCES DI HARGA RP. 1600 RUPIAH DAN KEMUDIAN MENJUALNYA DI HARGA RP. 3200 RUPIAH , KUNCINYA DISIPLIN DAN SABAR , TERIMA KASIH , KURANG LEBIHNYA KAMI MOHON MAAF .

  226. MBAH JATI berkata:

    😦 ¤_¤:-(

  227. Dirut pegadean berkata:

    Bagi saudara saudara yg membutuhkan uang secara cepat dan tanpa syarat yg berbelitbelit,harap hubungi kami…

  228. muhammad69 berkata:

    BEGH ada saham nih….hehehehe

  229. jurai mudePasemah berkata:

    absen kudai..

    lam takzim sedulur KWA Sriwijaya..
    foto2nyo Qren2..
    @ari tingkir : lam kenal ..
    @ wong linglung : ntar kami smw krmh ente..(siapke b sesajennyo..wkkwwkkk)

    ngapo blog ini jadi ado urusan saham mcm ni?begawe neman2 men nak dpat duit banyak..Korupsi kepalangan men dak takut lagi dosa..he2

  230. patramantra berkata:

    @bandar saham : ijasahin kita dong tips-trik dan strategi cara main saham….

  231. TokeK berkata:

    @MBAH JATI curang neh lempar batu sembunyi tangan..hehehe
    @mbak fitri kalo masalah pelet memelet mbah jati pakarnya cuman dia bersikap kayak padi..

  232. Tokek belang berkata:

    Sssstttt….! Info terbaru dari sidoarjo jatim …telah dicuri secara live dari kuburan 24 jenazah bayi ….ayo kawan cari tau siapa dan apa motifnya …!! (tv one)

  233. gentaralam berkata:

    nah..mak ini lah ilok nye mang jurai mudepasemah…kwa.tu.banyak macam,nye..asak kurupsi,hala neman idop…kele awak ini nak jual empek2 kian kalu ade die nak pesan mesanak di kwa ni..salam kian buat kwa sriwijaya…

  234. Jazuli berkata:

    @tokek belang bisa menyaksikan mnc tv pukul 20;31,dimana sunan bonang menggagalkan upacara pengorbanan bayi yg bertujuan utk menghindari pageblug,.(mungkin ada kaitannya)

  235. laskar lembu suro berkata:

    aslkm..

  236. laskar lembu suro berkata:

    aslkm@mbah jati@mas tokek@ki gentar alam@patramantra@mas jazuli @mas jaluaji sugeng dalu sedoyo

  237. Moesafir Besmah berkata:

    @gentaralam
    Ame puyang awak raje nyawe la ngicek pakse kite aningi kudai heh:)

  238. gentaralam berkata:

    mak mane maksud nye dek ngerti awak ni.,.mang moesafir basamah…….

  239. Samsu berkata:

    Melu nimbrung lan nyimak…….

  240. ari tingkir berkata:

    puji rahayu kaegem poro santri ing KWA,, @jurai mude thnx to rspnd’a,,
    @mbah jati slam adem ayem,, ane tinggl d wil mata air kramat joko tingkir (senjoyo). Monggo poro sdrek santri yg mo sowan k gubuk ane,, Insy Allah slu siap ntuk burhur n kopi pait.. Monggo dlnjut njiih,, ta nyimak ma gelar tiker..

  241. Zizah37 berkata:

    Asalamualaikum wr wb para sedulur santri KWA.
    @ Saudara Mas Jaluaji dan Saudara Laskar Lembu Suro
    Kulo estri (wanita) hehehe.. Bukan om zizah atau mas zizah
    @ Saudara Aa YanKita saudara seagama, juga hamba2 Allah yang doif penuh dengan dosa2 kecil dan besar, yang disengajakan atau pun tidak. Jadi wajarlah kita mendoakan kesejahteraan diantara satu sama lain juga untuk mendapatkan redho Allah SWT
    @ Saudara Cicak Cabang Sakti
    kemaren hujan nyaman Syukur Alhamdulliah tapi siang tadi mendung aja, tapi saya bersyukur juga kehadrat Allah SWT.

    Wasalam dan selamat malam semuanya

  242. jurai mudePasemah berkata:

    ass..wr.wb
    absen malam kudai..

    Kenapa postingannya P.sukemilung ne jd kayak Facebook yah..
    hi..hi..hi…

    (back to serious): ane mw tanya dengan sedulur KWA, ada yang tau atw punya relasi yang siap buy piring anti basi gak?udh dites 1 minggu..nasi gak basi cuma kering doang.Pengennya seh nyoba pake rendang tapi takut digondol kucing..:)

    tolong di info ke ane yach.. lam takzim

  243. mang ujang berkata:

    ikut nyimak

  244. rendra berkata:

    ada ga ya yg punya ilmu kebal api ga… kalau ada para sedulur semua tolong di share ya…. yg dari melayu jg ya…. atau dari bugis…. atau suku apa z laah..

  245. Moesafir Besmah berkata:

    @gentar alam:
    maksute tuh puyang awak samber nyawe tuh semegi nga puyang gentar alam, kenade kamu dek keruan hehe:)
    @jurai mude pasemah:
    nah sip nian itu, tapi kalu bisa dipiringnya gak habis nasinya dimakan berkali-kali mungkin banyak yang minat ehehe

  246. Repati ugau berkata:

    Asalamualailum

    Subhanallah…
    Ucap puyang semidang keluar.
    Mohon ijin nyimak

    sholu ala nabiy…
    Allahumma sholi ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.
    Salam barokah nur muhammad.

  247. Moesafir Besmah berkata:

    penutup ucap puyang semidang:
    berkat kalimah laailaha ilallah muhammadrasulullah

  248. Bengawan.Candhu berkata:

    1 2 3 ayam berlari mencari roti remah….
    ktm juo sama satria moesafir besmah…
    123 ayam berlari rotinya diatas talam…
    buat muoesafir besmah slmt mlm….

  249. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Ki Begawan Candu…semangat Malam & salam ta’dhim buat antum ki…

  250. denwiek berkata:

    @Pangeran sukemiling …. gimana kabar? …. kog tumben mlm2 … OL …. mudah2an dlm kondisi ok lah

  251. d-devil berkata:

    zizah: alo zizah pa kbr?? *kok tumben2nya beredar..gmn tu i.pukau, mkin mangkus aja yah?!

    Jurai mudapasemah: tbuat dr apa tu piring? Ada sample nya?

  252. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ denwiek…salam ayahanda, udah baca pesan saya di Pengobatan ?? ane dah berhasil riyadhohan…tapi ada cerita lucu…ampe kepingkal-pingkal sendiri dari hari jumat sampe malam ni !!

  253. denwiek berkata:

    @Pangeran Sukemilung … saya dah baca …. tapi kan dah sy jwb juga …. oooh ya … sy beberapa x sms ke hp … apa no hpnya dah berubah?

  254. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ denwiek…maafkan ananda ayahanda, soalnya saya lagi suaaaaangat gelisah dan bingung belakangan ini, takutnya nanti kegelisahan itu diketahui antum, makannya sengaja ga dibales…heheheheheh. Alhamdulillah…sedikit banyak saya dah dapat makhroj yang di inginkan, walopun masih 2 doa saya yg lum dijawab ! Yang jelas mamanya anak-anak udah senyum lagi ke saya…hehehehe thx atas ijazahnya, muaaaaaaantaaaap !

  255. denwiek berkata:

    @Pangeran Sukemilung … alhamdulillah … saya ikut bersyukurlah …. sayang internet lg lemot banget nih … coba kalau sampeyan ada google Talk bisa lebih cepet nih …. soal mantab atau tidak … kan itu krn kemantaban hati panjenengan sendiri pada saat panjenengan bermunajat kepada alloh.

  256. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ denwiek…siap nanti ane bikin goggle talk, ini dah mulai pake email baru pak !! hehehehe

  257. cicak cabang sakti berkata:

    absen pagi 1/3 malam
    salam sedulurku semuanya..
    zizah37
    sing uayu dewe..wah koyo’e da bobo ni,krn hbs kehujanan ya..he3

  258. denwiek berkata:

    @Pangeran Sukemilung … siiiip deh …. masalahnya sekarang adalah … saya dah kepepet waktu nih …. ijinkan saya mohon diri yaa …. soalnya mau ngumpulin biji tasbeh yg pada berantakan dan pada keras nih …. trus mau tak pencet-pencetin satu2, biar biji tasbehnya rada empuk …. boleh ya sy mohon diri.

    Wassalam.

  259. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ denwiek…monggo dilanjut, semoga biji tasbehnya makin empuk ! titip doa buat kami sekeluarga dipalembang….barakalloh

  260. Pangeran Sukemilung berkata:

    Hampir jam 4 subuh….!!

  261. Pangeran Sukemilung berkata:

    Tetap ga bisa tidur…..

  262. FIRMAN ANOM berkata:

    ass wr.wb.
    Absen dulu ach
    ko sepi ya,mungkin lg pd dzikir.
    Salam kenal to pangeran,katanya nich kalo Rosulluloh SAW,itu paling gellisah kalo bisa tidur nyenyak,tp kite sebaliknya .Why?

  263. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ FA…Lam kenal jg akhi.karat hati yg bkn mata ga bisa tidur..hahaha

  264. Moesafir Besmah berkata:

    Ada puteri riang tertawa
    Melihat mawar yg tumbuh tak lazim
    Selamat pagi buat sedulur kwa
    Khususon Bengawan Candhu salam takzim
    ^_^

  265. letkol. Untung berkata:

    ada yang mau mencoba

    Inna quwwatih nakaban natah kitaban natah allaahulaailaaha illaahuwal hayyul qayyuumu, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum, lahuu maa fiis samaawaati wamaa fil -ardhi, man dzaalladzii yasyfa’u ‘indahuu illabiidznih, ya’lamumaa bayna aydhiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyaiin min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhus samaa waati wal –ardha walaa ya uuduhuu hifzhuhumaa wa huwa al’aliyyu al’azhiimu

  266. mas.rio berkata:

    aslmkmwrwb..
    @letkol untung :salam kenal salam hormat ..maaf di coba untuk apa om…?

  267. anak muba berkata:

    Askm.wr.wb

    Salam kenal sedulur kampung wong alus,dari anak muba palembang.wasalam

  268. Sai berkata:

    Semangat pagi smua…
    @letkol untung:salam salim om,dibabar skalian dong om tata carax byr g penasaran…
    @om rio:salam salim om,,semangat pagi om..
    @ll:salam rahayu smua..

  269. mas.rio berkata:

    @anak muba :salam salim om..
    @sai :salam salim juga om..met pagi..
    salam hormat salam sungkem sesepuh sedulur kwa setanah air..

  270. setan suroboyo berkata:

    asalamualaiku wr.wb.
    Salam kenal saudaraku smua.
    Cup…cuup…muaaach

  271. setan suroboyo berkata:

    salam takdim wat sesepuh smua.
    Mohon bimbingannya dlam jalur yg benar

  272. ==@@Kereta Api@@== berkata:

    Absen siang dulu.. Ayo yang punya asma RDR dan nakaban di wedar gan..:-)

  273. sam'un berkata:

    aslmkmwrwb..salam hormat salam sungkem semua…….
    menyimak be…

  274. sam'un berkata:

    aslmkmwrwb.. om-om..abang-abang,mas-mas,kakak-kakak-semuanya salam kenal..

  275. Adim berkata:

    @ letkol Untung
    RDR di sambung dengan ayat kursi …
    monggo di babar … faedahnya …

  276. Adim berkata:

    @ sam`un cewek apa cowok ..

  277. Adim berkata:

    @ sam`un salam kenal… hadir di candi mendut ya….

  278. SINGA MARANTEE berkata:

    SYAIR PERAHU Karangan ULAMA hamzah fansury, ini hanyalah sebuah renungan bagi kita semua.

    Inilah gerangan suatu madah
    mengarangkan syair terlalu indah,
    membetuli jalan tempat berpindah,
    di sanalah i’tikat diperbetuli sudah

    Wahai muda kenali dirimu,
    ialah perahu tamsil tubuhmu,
    tiadalah berapa lama hidupmu,
    ke akhirat jua kekal diammu.

    Hai muda arif-budiman,
    hasilkan kemudi dengan pedoman,
    alat perahumu jua kerjakan,
    itulah jalan membetuli insan.

    Perteguh jua alat perahumu,
    hasilkan bekal air dan kayu,
    dayung pengayuh taruh di situ,
    supaya laju perahumu itu

    Sudahlah hasil kayu dan ayar,
    angkatlah pula sauh dan layar,
    pada beras bekal jantanlah taksir,
    niscaya sempurna jalan yang kabir.

    Perteguh jua alat perahumu,
    muaranya sempit tempatmu lalu,
    banyaklah di sana ikan dan hiu,
    menanti perahumu lalu dari situ.

    Muaranya dalam, ikanpun banyak,
    di sanalah perahu karam dan rusak,
    karangnya tajam seperti tombak
    ke atas pasir kamu tersesak.

    Ketahui olehmu hai anak dagang
    riaknya rencam ombaknya karang
    ikanpun banyak datang menyarang
    hendak membawa ke tengah sawang.

    Muaranya itu terlalu sempit,
    di manakan lalu sampan dan rakit
    jikalau ada pedoman dikapit,
    sempurnalah jalan terlalu ba’id.

    Baiklah perahu engkau perteguh,
    hasilkan pendapat dengan tali sauh,
    anginnya keras ombaknya cabuh,
    pulaunya jauh tempat berlabuh.

    Lengkapkan pendarat dan tali sauh,
    derasmu banyak bertemu musuh,
    selebu rencam ombaknya cabuh,
    La ilaha illallahu akan tali yang teguh.

    Barang siapa bergantung di situ,
    teduhlah selebu yang rencam itu
    pedoman betuli perahumu laju,
    selamat engkau ke pulau itu.

    La ilaha illallahu jua yang engkau ikut,
    di laut keras dan topan ribut,
    hiu dan paus di belakang menurut,
    pertetaplah kemudi jangan terkejut.

    Laut Silan terlalu dalam,
    di sanalah perahu rusak dan karam,
    sungguhpun banyak di sana menyelam,
    larang mendapat permata nilam.

    Laut Silan wahid al kahhar,
    riaknya rencam ombaknya besar,
    anginnya songsongan membelok sengkar
    perbaik kemudi jangan berkisar.

    Itulah laut yang maha indah,
    ke sanalah kita semuanya berpindah,
    hasilkan bekal kayu dan juadah
    selamatlah engkau sempurna musyahadah.

    Silan itu ombaknya kisah,
    banyaklah akan ke sana berpindah,
    topan dan ribut terlalu ‘azamah,
    perbetuli pedoman jangan berubah.

    Laut Kulzum terlalu dalam,
    ombaknya muhit pada sekalian alam
    banyaklah di sana rusak dan karam,
    perbaiki na’am, siang dan malam.

    Ingati sungguh siang dan malam,
    lautnya deras bertambah dalam,
    anginpun keras, ombaknya rencam,
    ingati perahu jangan tenggelam.

    Jikalau engkau ingati sungguh,
    angin yang keras menjadi teduh
    tambahan selalu tetap yang cabuh
    selamat engkau ke pulau itu berlabuh.

    Sampailah ahad dengan masanya,
    datanglah angin dengan paksanya,
    belajar perahu sidang budimannya,
    berlayar itu dengan kelengkapannya.

    Wujud Allah nama perahunya,
    ilmu Allah akan [dayungnya]
    iman Allah nama kemudinya,
    “yakin akan Allah” nama pawangnya.

    “Taharat dan istinja’” nama lantainya,
    “kufur dan masiat” air ruangnya,
    tawakkul akan Allah jurubatunya
    tauhid itu akan sauhnya.

    Salat akan nabi tali bubutannya,
    istigfar Allah akan layarnya,
    “Allahu Akbar” nama anginnya,
    subhan Allah akan lajunya.

    “Wallahu a’lam” nama rantaunya,
    “iradat Allah” nama bandarnya,
    “kudrat Allah” nama labuhannya,
    “surga jannat an naim nama negerinya.

    Karangan ini suatu madah,
    mengarangkan syair tempat berpindah,
    di dalam dunia janganlah tam’ah,
    di dalam kubur berkhalwat sudah.

    Kenali dirimu di dalam kubur,
    badan seorang hanya tersungkur
    dengan siapa lawan bertutur?
    di balik papan badan terhancur.

    Di dalam dunia banyaklah mamang,
    ke akhirat jua tempatmu pulang,
    janganlah disusahi emas dan uang,
    itulah membawa badan terbuang.

    Tuntuti ilmu jangan kepalang,
    di dalam kubur terbaring seorang,
    Munkar wa Nakir ke sana datang,
    menanyakan jikalau ada engkau sembahyang.

    Tongkatnya lekat tiada terhisab,
    badanmu remuk siksa dan azab,
    akalmu itu hilang dan lenyap,
    (baris ini tidak terbaca)

    Munkar wa Nakir bukan kepalang,
    suaranya merdu bertambah garang,
    tongkatnya besar terlalu panjang,
    cabuknya banyak tiada terbilang.

    Kenali dirimu, hai anak dagang!
    di balik papan tidur telentang,
    kelam dan dingin bukan kepalang,
    dengan siapa lawan berbincang?

    La ilaha illallahu itulah firman,
    Tuhan itulah pergantungan alam sekalian,
    iman tersurat pada hati insap,
    siang dan malam jangan dilalaikan.

    La ilaha illallahu itu terlalu nyata,
    tauhid ma’rifat semata-mata,
    memandang yang gaib semuanya rata,
    lenyapkan ke sana sekalian kita.

    La ilaha illallahu itu janganlah kaupermudah-mudah,
    sekalian makhluk ke sana berpindah,
    da’im dan ka’im jangan berubah,
    khalak di sana dengan La ilaha illallahu.

    La ilaha illallahu itu jangan kaulalaikan,
    siang dan malam jangan kau sunyikan,
    selama hidup juga engkau pakaikan,
    Allah dan rasul juga yang menyampaikan.

    La ilaha illallahu itu kata yang teguh,
    memadamkan cahaya sekalian rusuh,
    jin dan syaitan sekalian musuh,
    hendak membawa dia bersungguh-sungguh.

    La ilaha illallahu itu kesudahan kata,
    tauhid ma’rifat semata-mata.
    hapuskan hendak sekalian perkara,
    hamba dan Tuhan tiada berbeda.

    La ilaha illallahu itu tempat mengintai,
    medan yang kadim tempat berdamai,
    wujud Allah terlalu bitai,
    siang dan malam jangan bercerai.

    La ilaha illallahu itu tempat musyahadah,
    menyatakan tauhid jangan berubah,
    sempurnalah jalan iman yang mudah,
    pertemuan Tuhan terlalu susah.

  279. sam'un berkata:

    @om.pangeran sukemilung..mantab habis…
    @om.moesafir besmah…ganteng nian,murah senyum..
    @Om.muhammad69…belagak juga cak hary foter difilm2..la punya anak berapo ?pasti anakny belagak-belagak mirip ayahnya..he3
    @om. jurai muda pasemah..tambah muda aj om..bagi dong ilmu awet mudanya…?
    @om.rajis..dari liat dan baca namany..orangny cakep..
    @om.kertapati [rsa]..om pasti yang punya loket kereta api..itu kan..?
    @om.pangeran pengasih..wah ini perlu di dekati untuk menimbah ilmu pengasihny..
    @om.suara hati..anda memang pemerhati rakyat..maju trus om
    @om.wongwongan..manusia yang penuh tanda tanya…?he3 canda om…
    @om.wongkitogalo..orang yg ramah penuh keakraban..
    untuk semua sodara kwa setanah air..penuh kasih sayang…salam cinta damai
    @om.linglung..jangan terlalu bingung..minta pembelajaran sama om.pangeran sukemilung biar ngg ling lung lagi..
    @om.aa yan.. orang yang penuh dakwah dan irama..
    @Om.rio..malu-malu..tapi mau…ayo om. rio semangat…he3..apa maksud malu-malu itu…?

  280. sam'un berkata:

    @om.adim :cowok om..salam kenal salam hormat.. salam sungkem..
    insya allah kl ngg ada halangan saya ikut hadir menambah sodara menjalin tali persauduluran..

  281. TokeK berkata:

    Mata kuliahnya blm ganti neh..

  282. Darno berkata:

    @.wah singa marente….menyetarakan dan menyamakan anatara pencipta dan yg di ciptakan….(singa marente bisa dipanggil tuhan oleh yg menuhankannya)…ich serem………serem………..

  283. Yos berkata:

    Ass wr wb…
    Ijin nyimak..
    Slm tuk smua warga kwa..
    Moga sll dlm lindunganNYA….

  284. TokeK berkata:

    @yos Amiiiiiiiiiiiiin

  285. sam'un berkata:

    aamiiiiiiiiiiiiin

  286. Moesafir Besmah berkata:

    Sam’un kalo dibarat dipanggil Samson.
    Salam takzim om:)

  287. Suara HATI berkata:

    Sam”un : Wah maen Pelesetan Yaa… Sama “un : Sama Sama Tujuan (perseduluran)..He.he..PIssss.

  288. Bengawan.Candhu berkata:

    @moesafir besmah…..salam t5akdzim jg kagem panjenengan,smg berkah rahmat hidayah inayah Allah swt snantiasa terlimpah tercurah pd panjenengan skeluarga. amin.
    @sedulur bolowongalus….sugeng siang…salam pamuji rahayu…mhn ijin gelar tiker menyimak…..

  289. Ma'imun berkata:

    Wah ketemu sodara… Apa khabar @om sam’un?

  290. turunan puyang berkata:

    alhamdulillah ada jg yg mengetengahkan kebanggaan wong sumsel,khususnya palembang dan seputaran wilayah lematang,selain si pahit lidah msh byk lg,saya dan leluhur saya mengenal puyang lebe dan puyang besak.

  291. sam'un berkata:

    @om.moesafir :he3,akhirny si ganteng keluar juga…salam om..lagi ngapain..?
    @om suara hati :iy om,plesetan dikit biar ngg terlalu tegang belajarny…salam pissss
    @om.ma’imun :kabar baik om..semoga om ma’imun baik juga…

  292. Bengawan.Candhu berkata:

    @kimas sam’un…@kimas turunan puyang….salam hormat dan takdzim dr kami yg msh awam ini dan msh bocah ini,mhn bimbingan pencerahan dan doanya….agar kami dpt lbh knl dgn panjenengan……smg dpt dterima….

  293. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Mbah Abdul Jabbar…salam ta’dhiim, mbah udah saya kirim naskahnya barusan. Nanti tolong dicek dan mohon saya diberi masukan apa saja yang perlu ditambah atau diperbaiki. Setelah itu baru nanti saya kirim yang hasil print outnya.

    Mohon Doa agar niat ini terkabul ya mbah….Barakalloh

  294. Pangeran Sukemilung berkata:

    @ Ki Begawan Chandu….salam ta’dhiim, semoga selalu dalam limpahan Rahmad Allah SWT.Amiin…

  295. Bengawan.Candhu berkata:

    @ki mas pangeran sukamelung…..injih kimas pangeran sukamelung yg ganteng….sy mhn ijin menyimak sj nih,siapa tau ilmu semula jadinya jg siah diposting he5x….wah sangar ya sejarah sesepuh dan leluhur dr bumi andalas bgt melegenda dan wingit skl,pantas klo anak cucu dan keturunannya layak berbangga dan berbahagia dgn nama besar para leluhur dan pejuang2nya. trt sng dan berbangga jg lho kt dsini.

  296. sam'un berkata:

    @KI.bengawan candhu : salam hormat salam takzim..
    lha wong juga pengen minta pencerahan sama ki.bengawan candhu dan para sedulur di sini, saya juga masih belajar juga ki…bc

  297. Bengawan.Candhu berkata:

    @kimas sam’un….opo to mas mas…dsini cuman tkg nyimak melulu dan gelar tiker kesono kemari,ndomblong doang….makanya deket2 sama panjenengan biar kecipratan berkahnya lo….asli…..

  298. udah kerasa berkata:

    @ Ki Begawan Chandu,sy bkn sesepuh kok,cm numpang lwt aja,kbtulan sy jg pengen nanya sm pangeran sukemilun,apakah dia jg prnh dgr atau lbh tau dg puyang yg sy sbt td,karena konon yg bernama puyang besak adalah puyang daerah kami dan konon katanya smpai skrg msh hidup tp td tau kbradaanya,tp konon jg sih klu agak terdesak atau ada apa2 pd turunannya,dia hadir jd tameng,minimal nampak sprti tangan besar yg menepis atau menghalangi.maaf koment sy ini bkn utk pamer apalagi d perdebatkan,tp sekedar share aja dan maaf klo ada slh kata ya….

  299. @All Sesepuh Pinisipuh : monggo sami sowan badhe wonten acara KWA lhoooo monggo dipun Bikak….

    https://wongalus.wordpress.com/2011/02/08/silaturahim-kwa-jakarta/

  300. turunan puyang berkata:

    @ Ki Begawan Chandu,maaf:nick name udah kerasa td adalah nickname turunan puyang

  301. Diwe Gumay berkata:

    Salam buat semua sedulur di KWA dan khususnya KWA Sriwijaya…selamat berkarya ! Tetap rendahkan hati dan kepalamu seperti padi, jaga adab dan ilmumu.

  302. Bengawan.Candhu berkata:

    @diwe gumay….salam pamuji rahayu….salam takdzim…salam knl dr sy…smg berkenan dan dpt dterima….
    @turunan puyangt…injih kimas,sy sdh tau kok,krn pokok pembicaraan msh nyambung. ckp mengesankan ya,peranan leluhur dr bumi sriwijaya negeri andalas dlm menyapa dan mendampingi putra putri dan keturunannya smp saat ini. ckp elok. smg sj bsk ada yg nyiprati barakahnya ya,biar kt jg dikit2 bs mengikuti jejak sedulur2 dr bumi sriwijaya…amin…

  303. Sai berkata:

    Semangat sore smua,,
    salam salim salam takdzim kagem poro sesepuh&sedulur smua,,,
    waah,,,,ini poro seepuh bumi andalas sudah pada turun gunung,monggo klo ada ilmu yg langkah boleh di share disini,byr kami2 yg beda daerah bisa sedikit mengerti,atw mungkin ada yg mau mengijasahkan,,,,,
    monggo lanjut,,,

  304. Moesafir Besmah berkata:

    @turunan puyang.
    Ame dek salah itu puyang tebat besak, ame kami nyebute siak sakti

  305. laskar lembu suro berkata:

    aslkm….hadir lagi

  306. laskar lembu suro berkata:

    aslkm..@ki musafir besmah@mas sai met sore @ki Bc slam hormat slalu

  307. turunan puyang berkata:

    @ki musafir besma,nah mngkin jugo,krna,zmn dlu kn,org2 sakti tu leman merantau k mano2,jd tiap daerah psti pnya julukan dewek bagi sikok wong.
    @bengawan chandu,stiap daerah pnya keilmuan sendiri2 kok,tp smbernya tetap dr Allah,tul gak…he..he..btw salam kenal ya n bt smua2nya

  308. Zizah37 berkata:

    Asalamualaikum wr wb
    @ D-Devil ..ngama kabarnya?
    Bro, klu ilmu pukau kita discussnya disono tu, posting RRK

    Yok kesono.

    Wasalam.

  309. SINGA MARANTEE berkata:

    @ DARNO…..
    :) :):) MAKNA JADILAH ENKAU SEPERTI “MUHAMMAD” ITU MAKNA YGSGT DALAM DLM TASSAWWUF, BAGI YG NGERTI GAK KOMENT DIA,

    TUBUH KASAR KITA BILA DLM KEAADAAN SUJUD MAKA AKAN BERBENTUK TULISAN MUHAMMAD ( DLM BHS ARAB ), ITU ADALAH ISYARAT YG TERSIRAT, MAKA TDK SALAH HADIST NABI : “BARANGSIAPA MENINGGALKAN SHALAT, DIA BKN UMATKU”

    DAN BILA KITA BERDIRI TEGAK DLM SHALAT, MAKA TUBUH KITA TEGAK SEPERTI “ALIF”…., KEIKA RUKU’ MAKA MEMBENTUK HURUF ” HA’ “…., KETIKA KITA SUJUD MAKAMEMBENTUK HURUF ” MIM “…., DAN KETIKA DUDUK TAHYAT MAKA MEMBENTUK HURUF ” DAL “……

    JADI LENGKAPNYA….ALIF, HA’, MIM, DAL = AHMAD….( NAMA RASULLULLAH SEBELUM LAHIR KEDUNIA / MAKNANYA “AKU MEMUJINYA “….SIAPA “AKU ” DISNI…..???? AKU IALAH ALLAH SWT…

    MAKNA MUHAMMAD ADALAH ” KAMI MEMUJINYA ” ( KAMI DISINI DIMAKSUDKAN ADALAH KITA / SEMUA MAKHLUK )…

    JADI MAKSUD DARI KALIMAY SAYA :……..JADILAH ENGKAU “MUHAMMAD” AGAR DIKASIHI OLEH MUHAMMAD MAKA SAAT ENGKAU TAAT SESUNGGUHNYA ENGAKU AHMAD……ADALAH ” SHALATLAH KAMU SESUAI SYARIAT YG DI AJARKAN NABI AGAR DIKASIHI ALLAH SWT DAN RASULLULLAH MUHAMMAD…DAN SESUNGGUHNYA BILA KITA SHALAT KITA ADALAH UMAT MUHAMMAD…INI MAKNA YG TERSIRAT….

    MAKANYA ” THARIQAT HANYALAH BAGI ORANG YG MAU BERFIKIR…..

    SAYA TIDAK MENYAMAKAN ANTARA MAKHLUK DGN PENCIPTA….JELLL….( JELASSSS..HEHEHEHHE..):):) : )…

    JANGAN CARI PERMUSUHAN…, TAPI CARILAH PERSAUDARAAN.., KRN PERSAUDARAAN SANGATLAH INDAH…

  310. SINGA MARANTEE berkata:

    KARENA RASULLULLAH DITURUNKAN KEDUNIA UNTUK MENYAMPAIKAN “SAYRIAT ” DAN PERBUATAN SHALAT ITU SYARIAT, MAKA BILA KITA SHALAT ( TAAT MENJALANKAN PERINTAH-NYA ) MAKA ITULAH UMMAT “MUHAMMAD “…
    :):) :):):)

  311. laskar lembu suro berkata:

    aslkm ,,,absen mlm

  312. TokeK berkata:

    @singa marantee mantab monggo di lanjut jgn setengah2 meski blm menyentuh daging kulit jg gak apa2 kok..

  313. SINGA MARANTEE berkata:

    @ TOKEK…

    Hanya hanya menyampaikan yg pokok-pokok saja, selebihnya biarlah biarlah sampeyan membabarkan….itulah gunanya sharing…asah ( ASAH FIKIRAN, BUKAN ASAH PEDANG )..asih…asuh…

    kRN SHALAT ADALAH YG PALING POKOK…SOAL DIKERJAKAN ATAU TIDAK TERPULANG PADA PRIBADI MASING-MASING….HEHEHEE..SALAM…

  314. SINGA MARANTEE berkata:

    Sayangnya tulisan muhammad diketik di komputer aksaranya kurang mirip, lain halnya kalau ditulis tangan agar sedulur mudah memahami maksud saya, untuk menambah keimanan dan keyakinan kita.

    محمد
    Kata muhammad adalah posisi ketika sedang sujud / shalat….makna lebih dalam lagi dari sujud adalah wujud penyerahan diri kepada Allah swt / melaksanakan perintahnya, sedangkan shalat adalah perbutan syariat yang plg pokok ” SESUNGGUHNYA SHALAT ITU TIANG AGAMA”.

    Maka MIM……(م )……..itu sebagai isyarat kepala kita
    dan HA’….(ح) ..sebagai isyarat badan dari bahu sampai batas pinggang
    dan pinggang kita sebagai isyarat MIM…(م )
    dan telapak kaki kita sebagai isyarat DAL…..( د )

    SELEBIHNYA MONGGO KANG TOKEK MEMBABARKAN..PENGETAHUAN SAYA HANYA SAMPAI DISINI….NUWUN.

  315. SINGA MARANTEE berkata:

    Makna yg lebih dalam dari sikap SUJUD / MENYEMBAH adalah penyerahan diri kepada Allah Swt ( merendahkan dahi dan meletakkan dilantai adalah sikap TAAT / PATUH )

  316. Moesafir Besmah berkata:

    Ada yg mau menjabarkan huruf2 bismillah dimana jagad besmah dimulai? ^_^

  317. diantkeren berkata:

    wah keren pengen nyoba neh

  318. Darno berkata:

    @ SINGA MARENTE….SIAPA YG CARI MUSUH ??? WONG MUSUH ITU SUDAH DICIPTAKAN DAN NYATA LHO ??? JADI SAYA KAGAK CARI MUSUH SOALNYA MUSUH PASTI DATANG DAN MENGHASUT……KALO KALAH YA JADI PENGIKUTSI MUSUH….KALO MENANG….YA JADI PENGIKUT PEMIMPIN YAITU MUHAMAD SAW…
    MENGAPA HARUS BERSYAIR ,,,YG MAKNANYA BAHWA ANDA BISA BERUBAH MENJADI MUHAMAD””’ (KALO SEPERTI MUHAMAD MUNGKIN SAJA)…OKE DARI AKU YG BELUM TAU…………..SALAM

  319. SINGA MARANTEE berkata:

    SALAM ALL…SELAMAT MALAM…

    @ DARNO…
    Bersyair adalah bahasa penyampaian saja, beda orang ya beda penyampaian…saya suka syair mungkin orang lain tidak…tapi itu gak jd soal.., asal ada penjelasannya.

    ” JADILAH ENGKAU MUHAMMAD…, MAKSUD SAYA SUJUDLAH KAMU..(SHOLATLAH KAMU )…dan penjabarannya sudah saya jelaskan di atas….

  320. irvan berkata:

    assalamulaikum……….. alfakir dari timur ikutan nimbrung di blog ini…….. dan buat semeton – semeton (saudara) KWA smua salam kenal dan salam takzim…. From LOMBOK – N T B

  321. Erwin berkata:

    qobiltu

  322. Maul Wardi berkata:

    Syukron Katsir, Qobiltu ‘ala Jami’i Ma Ajazta
    Barokallahu Fiika Wa ‘ala Ahlika Ajma’in. Amin

  323. antubanyu berkata:

    tiap anak keturunan mempunyai pendamping…tp walahualam itu kt bpak sy

  324. aris berkata:

    pembudi jeme ngaku keturunan lidah pahit, ame kate diksesui dengan kelakuan.
    justu supahtu kanek meperkuat kebenaran. salam kpd semua orang siddik dari awal sampai ahir. berhati-hati lah gog jeme kecik lagi di remehkan apebile besumpah sepenuh jiwe dik kah lepas kah jadi tulah.

  325. p widiarto berkata:

    ikut nyimak aja, tks. lam boeat … sumadang

  326. jeme dusun berkata:

    “bersaksi gunung seminung
    berseru danau ranau
    …………………………….”

    mantap mang penjelasan si pahit lidah.

    tapi ngape laen nian dengan pelemnye dulu. benah nian kate cs di pucuk tadi “si mata empat” bukan name laen serunting tapi dietu musuh pahit lidah. si mata empat yang bunuh si pahit lidah dengan dahan enau. adek betine pahit lidah jadi batu pule karne pahit lidah dide sengaje nyumpahkenye.

    anak si pahit lidah namenye dirut. ade lagunye itu
    “dirut…. dirut…. dirut jangan nanges
    bapang ke bejalan
    bejalan dek ke lame
    dirut tinggallah kudai”

  327. cah cilik berkata:

    qobiltu moga bermanfaat dunia akhirat

  328. badot berkata:

    Ass…..
    Salam kenal…..

  329. badot berkata:

    Ass..

    saya lahir dan di besarkan di kota padang…
    tapi bak saya jeme kota gading tebing tinggi,empat lawang..
    selama ini saya hanya mendengar sejarah puyang saya dari cerita ayah saya.

    menurut sejarah yang di ceritakan ayah saya puyang kami dijuluki puyang depati,dimana puyang depati mempunyai dua saudara yang biasa di di ceritakan ayah saya bernama puyang bujang dan puyang gadis.pernah saya bertanya nama asli dari puyang-puyang tersebut,tapi ayah saya juga tak mengetahui nya.

    dan masih menurut cerita ayah saya puyang depati bersahabat dengan puyang si pahit lidah,yang biasa di sebut oleh ayah saya dengan sebutan puyang serunting ( puyang serunting sakti ).Dan di dusun kota gading ada satu makam yang kami percayai sebagai ” ptilasan ” dari puyang serunting.

    saya ingin sekali mengetahui tentang sejarah dari puyang- puyang tersebut.

    dan saya minta tolong dari kakak-kakak, jika ada yang bisa memberi saya pencerahan tetang sejarah dari puyang kami tersebut untuk membalas postingan saya ini..

    Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih.

    Wasallam

  330. Atok Bujang berkata:

    Wa Mā Yulaqqāhā ‘Illā Al-Ladhīna Şabarū Wa Mā Yulaqqāhā ‘Illā Dhū Ĥažžin `Ažīmin

    Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

    (QS. 41:35)

    senyum Barakallah nur muhammad seluruh nya

  331. anak serunting berkata:

    keturunan Serunting di lampung ada juga,
    Sekhunting (si pahit lidah )
    sekhupa (anak)
    arifin (cucu)
    syahbuddin (cicit)

  332. lion berkata:

    mantap ce…….pacak mintak kontak ye pcak dihubungi……aku tertarik dengan sejrahhe…

  333. Arie Kinal Semidang Sakti berkata:

    terima kasih atas semuanya……

  334. rentain berkata:

    salam kenal saya renta keturunan dari kedurang suku pasemah bertepat diprovinsi bengkulu. salam buat snak gegale keturunan serunting

  335. aryalingga berkata:

    terima kasih, hanya kami lebih cenderung bahwa Sipahit Lidah ataupun pangeran Sukemilung adalah seorang Wali tempo dulu; sehingga beliau bergelar Syekh-Runting (artinya mahaguru yang berlidah tajam) dan Syekh-Midang (artinya mahaguru yang tidak menetap)

  336. evan erlangga berkata:

    Ass…. Padepokan ini ada dimana ya jelas’y?? Saya dari Bogor, keturunan darah sumatra bogor,ingin bersilaturahmi dengan semua saudara” keturunan Pangeran serunting atau Si Pahit Lidah…. Suatu hari beliau datang kepada saya, dan memberitahukan kepada saya kalau saya ada titisan dari beliau…dan sampai saat ini beliau selalu mendampingi saya…
    Salam kenal buat semua’y..

  337. ARYALINGGA berkata:

    SAUDARAKU, MOHON TANGGAPAN; ALASAN YANG MEYAKINKAN: 1. BAHWA SI PAHIT LIDAH SAMA DENGAN SI MATA EMPAT. ATAU SEBALIKNYA ; SOALNYA KAMI-KAMI INI ; MENGURUSI UMAT SESUAI DENGAN AMANAH BELAIU; JADI KALAU BENAR KEDUANYA ITU SATU ORANG BERARTI LEGENDA YANG SELAMA INI KAMI FAHAMI HANYALAH CIPTAAN BELANDA UNTUK MEMECAH BELAH KELUARGA ALUMNUS SRIWIJAYA ; PANTAS SAJA ARYA TABING DAN P SERUNTING BERKELAHI DIKEBON KOPI;; KOPIKAN KOMODITI BELANDA BISNIS KE TEMPAT KITA…

  338. selvan pinoria raso gumay berkata:

    asalamualaikum, slm knal aku kturunan puyang semindang cucu pangeran alirudin dr tanggo raso Manna. Snang bisa ngumpul dsini, tau bnyk tentang sisilah puyang semindang! Lanjut..

  339. selvan pinoria raso gumay berkata:

    asalamualaikum, slm knal aku kturunan puyang remindang cucu pangeran alirudin dr tanggo raso Manna. Snang bisa ngumpul dsini, tau bnyk tentang sisilah puyang remindang! Lanjut..

  340. aditya wibowo berkata:

    komplit sekali ceritanya masbro mudah2an benar semua, ane cuma tau sebagian aja karena pas puyang datang binggung mau nanya apa hahahahahaha. cuma mau nambahin, makam puyang serunting atau si pahit lidah tidak diketahui tempatnya karena ditakutkan oleh puyang sendiri dijadikan tempat yg bisa menyesatkan dan yang dibilang oleh masyarakat tentang makam yg ada di sum-sel itu bukan makamnya tp petilasannya dan pada akhir hidupnya puyang serunting menyiarkan agama islam disumatra khususnya sumatera selatan. terima kasih atensinya semoga membantu memperbaiki sejarah tentang puyang serunting. amin.

  341. Kudo Pacu berkata:

    izin untuk d amalkan Ki…
    send Alfatiha….

  342. yusrizal berkata:

    AKU ADE UCAP GUMAY @buway beke bujang betare,turun anak sebiji lanang,turun diturunkna malam tige puluh.akulah yang gagah dide bellawan,belawan juge dik benapsu.centam bairum jagat bute dunie tulih katenye allah.centam bairum jagat bute ,dunie tuli akula betungkat besi ,akula betulang batu.akula yang gagah dide belawan.hak katenye allah.

  343. Didi Gumay berkata:

    Rindu dengan dusun Gumay Talang mandi ayik kikim

  344. hendri berkata:

    kalau boleh saya tau di mana makam puyang sirunting atau pun si pahit lidah itu berada?

  345. Pathamsyah berkata:

    Salam Lekum….Selamat kepada saudaraku yang sudah menjalani laku pelatihan dari Guru Besar Habib Muhammad Wildan (Ki Wongalus ) dan juga Selamat mengikuti Pelatihan bagi yang akan dididik oleh Beliau,Semoga semua Ilmu Alloh yang diturunkan melalui Tangan Dingin dan Kebijaksanaan Guru Besar Habib Muhammad Wildan tidak menjadikan diri SAUDARAKU lupa,SOMBONG,ANGKUH Dsbnya melainkan tetaplah bagai PADI…(contohnya Guru besar Kita…walaupun penuh bahkan sampai meluber ke ilmuan Beliau,tapi tetap santun dan bersahaja bagai PADI yang menguning).Semoga Ilmu yang didapat dipergunakan dijalan kebenaran dan MENOLONG sesama hamba ALLOH…Amien.. BY Achoet Faisal si Raja Gombal..Putera Dayak Banjar Hulu Sungai Selatan-Kandangan, yang lama terdampar di Pulau Buton Sulawesi Tenggara.

  346. aryasamudrya berkata:

    nderek langkung

  347. wanenoor berkata:

    ndiw… geme pulee… gengaman aq.. salam

  348. Izin serot ilmunya ya para sedulur.

  349. Mansurianto berkata:

    Ass ..
    Maaf bru hadir di thn 2014 …
    Ni sya hadir dari padang guci ..
    Mo nanya apa pernah ada acara/kegiatan pembangkitan leluhur/puyang di daerah kalian ??
    Klo misalnya ada kapan kita bisa gabung ??

  350. mohon maaf sebelumnyo, utk pangeran suke milung. aku baru biso ijin sekarang. mantera itu kupakai utk puisiku :Sindron si Pahit Lidah. Puisi ado dalam buku kumpulan puisi “Stanza Lara” yg kuterbitkan tahun 2010. Puisi ini ternyato banyak yg seneng. Waktu lomba baco puisi di Unsri, puisi ini byk dibacakan. sebagai penyair, aku ingin menggali potensi2 sastra (termasuk mantera) dari tradisi di Sumsel dan dikombinasikan ke karya sastra modern. inilah puisi itu, semoga suka dan sekali lagi mohon maaf. salam dari Palembang

    SINDROM SI PAHIT LIDAH

    mari merapal kembali
    mantera sakti sang serunting
    kita kutuk sumpahi
    para bergundal berdasi

    ing ang pangeran akulah pangeran pati
    biso tedong biso si pahit lidah
    fuah…!

    biar semua lidah menjadi kelu
    biar semua kepala menjadi batu

    aku sudah tak ingat benar
    terakhir kau bersumpah
    tapi sekali ini saja
    muncullah di muka arena
    biar paham dengan tabiat
    juraimu di masa kau tiada
    lalu tak siapa saja dapat
    memberi sanksi serta sapa

    ayo kita sambat tanpa ampun
    tenung dahsyat sang Sukemilung

    hoi… para begundal tak tahu diri
    dengarlah dengar sumpah ini

    ing ang pangeran akulah pangeran pati
    biso tedong biso si pahit lidah
    fuah…!

    tapi lidah mereka lebih pahit dari liurmu
    meludah kemana suka menjilat tak bermalu
    sampaikanlah pada si Mata Empat
    mereka ini suka berempat mata
    kasak kusuk di bawah meja
    saling tusuk dalam kelambu

    Puyang Tuan Raja
    jikalau tak jua engkau merajah
    azimat purba kisah dalam legenda
    maka katakata mu hanya pahit di bibir saja

    fuah…
    fuah…
    mereka tambah merajalela

    pancoran 16/02/2011.

  351. Mansurianto berkata:

    Ass…
    Mau gabung ni dkumpulan puyang2 ….
    Ni sya dri Padang guci mau gabung ,,,..
    Nama klmpok kmi PANGKALAN AGUNG yg brtmpat di bungin tambun padang guci kaur

  352. jeme semende berkata:

    jeme semende nyimak saje kalu kalu ade titik terangnye ilmu kuntau segale ilmu nenek puyang pailah kite lestarikah mangek pacak tepakai di mane saje kite bebadah he he he he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s