ILMU HITAM DAN ILMU PUTIH


==Ini artikel yang bisa dijadikan bahan perenungan sebelum mengamalkan ilmu gaib. Sebab mengamalkan ilmu gaib diperlukan kehati-hatian, khususnya soal NIAT. Sumber artikel ini adalah blog Cahaya Pencerahan (http://ainuamri.wordpress.com/) Phone: 08987812289==

Di sebuah daerah di pulau Jawa bagian Timur, ada seorang kyai yang disegani masyarakat. Ia tidak hanya dikenal sebagai seorang ahli ibadah, tapi juga memiliki berbagai kelebihan. Ia mampu berjalan di atas air, dan kebal senjata tajam. Di luar dugaan, ia meninggal dunia dalam keadaan tragis, sekujur tubuhnya merah kehitam-hitaman. Ia menjerit-jerit seperti serigala. Sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir ia sempat bertutur, bahwa untuk memiliki berbagai “kesaktian” itu, ia harus melakukan transaksi dengan jin. Bentuk transaksi itu sangat sederhana. Setiap malam Jum’at, tepat pukul 12.00 malam, ia harus melakukan hubungan badan dengan jin. Na’udzubillahi min dzalik.

Bahkan yang lebih mengerikan lagi dan membuat setiap orang Islam bulu kuduknya berdiri, apa yang pernah diceritakan orang yang sangat dekat dengan penulis, dan dia mendapatkannya dari seorang anak Kyai di salah satu daerah pulau Jawa. Di daerahnya tersebut, terdapat seorang Kyai yang terkenal sangat dermawan dan baik sekali, bahkan dia mengajarkan kepada anaknya perbuatan-perbuatan yang baik, namun yang menjadi pertanyaan kenapa ketika dia meninggal dunia tidak nampak dalam dirinya tanda-tanda khusnul khotimah, justru yang terdengar adalah jeritan histeris yang keluar dari mulutnya di saat-saat dia menghembuskan nafasnya yang terakhir ? Tak pelak, anaknya yang sudah lama terdidik dengan kebaikan-kebakan itu menjadi heran dan bertanya-tanya , kenapa hal itu terjadi ? Dia teringat bahwa di salah satu sudut rumahnya ada sebuah kamar yang selama ini, dia dan keluarganya tidak boleh tahu apa yang ada dalamnya. Karena penasaran, di dobraklah pintu kamar tersebut…” astaghfirullah ……!!!!!!!!! betapa terkejutnya anak Kyai besar tadi, di dalam kamar kecil yang angker itu ternyata adalah sebuah WC dan mushaf Al-Quran yang di penuhi dengan tahi. La haula wala quwwata illa billah….Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari syetan yang terkutuk.

Kalau cerita diatas benar, maka jelas bahwa kyai itu telah murtad dan kafir karena dia menyembah syetan dan menghina kitab suci yang dimuliakan oleh kaum muslimin . Ilmu putih itu hakikatnya seperti apa ? Apakah ilmu tersebut merupakan salah satu ilmu yang Islam telah memerintahkan umatnya untuk mencarinya, walaupun sampai ke negeri Cina? ataukah dia termasuk ilmu hitam yang untuk mendapatkannya harus dengan bantuan jin? atau ilmu yang menggabungkan ajaran- ajaran Islam dengan bantuan jin dan roh- roh halus lainnya?

Di akhir kepemimpinan presiden Soeharto, terjadi pembantaian ulama dan kyai di daerah Jawa Timur. Tragedi pembantaian tersebut masih belum sirna dari ingatan kita. Sebagai kaum muslimin , banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran . Namun pada tulisan ini, ada point penting yang mungkin belum tersentuh oleh banyak pengamat. Masalah tersebut adalah ilmu putih, sebuah ilmu unik yang yang dimiliki oleh beberapa kyai di tanah Jawa , ilmu ini sering digunakan ketika terjadi bentrokan antara kelompok hitam ( para penjahat ) dan kelompok putih ( sebagian orang-orang pesantren )

Bagi kita kaum muslimin, sudah sepakat bahwa ilmu hitam merupakan bagian dari alam hitam yang tidak boleh didekati. Tapi untuk ilmu putih, sebagian kaum muslimin Indonesia masih menganggapnya suatu ilmu biasa, yang setiap orang boleh mempelajarinya. Alasan mereka, bahwa ilmu putih adalah ilmu untuk menegakkan kebenaran, membela yang lemah dan menjaga diri dari serangan- serangan orang-orang jahat. Mereka tidak mau tahu bagaimana cara- cara mendapatkan imu putih tersebut, atau mungkin sebagian dari mereka memang tidak tahu cara- cara tersebut. Bagi mereka, sesuatu yang dikerjakan oleh kyai atau orang alim yang mereka segani, adalah sah- sah saja. Sampai sekarang-pun kebanyakan dari kita, khususnya yang bergelut dibidang ilmu- ilmu syareah, ataupun ilmu-ilmu eksata, tidak mengetahui istilah ilmu putih tersebut. Paling jauh, yang kita dengar hanya sebatas berita atau kisah seorang kyai yang mampu mengetahui orang yang mencuri dengan cara melihat dari sebuah bejana yang berisi air yang sudah dibacakan doa-doa tertentu, bisa menangkal tenun, santet dan sihir dll.

Kalau kita runtut Sejarah Islam –khususnya pada periode pertama dulu yaitu pada masa keemasannya- yang penuh dengan kemenangan dan kejayaan, akan sulit kita dapati, bahkan mungkin tidak ada seorang sahabat dan tabi’in memiliki ilmu putih, seperti sekarang ini, apalagi ilmu hitam. Mereka hanya mengandalkan apa yang mereka dapatkan dari Rosulullah saw dengan berpedoman Al Quran dan Hadits saja, …tidak lebih dari itu. Tapi mereka mampu menaklukan dua ngara super power pada waktu itu ( Romawi dan Persia ), mereka mampu berkuasa dan menebarkan keadilan di alam ini .

Secara aklamasi para ahli sejarah menyatakan bahwa kemenangan- kemenangan yang diraih umat Islam pada waktu itu merupakan keajaiban dunia yang belum pernah terjadi di panggung sejarah kehidupan manusia. Bagaimana tidak, bangsa Arab, bangsa pengembala kambing di tengah-tengah lautan padang pasir yang sangat panas, tak pernah dilirik sedikitpun, bahkan dipandangnya dengan sebelah mata oleh bangsa- bangsa besar pada waktu itu, tiba-tiba muncul hanya dalam waktu 10 tahun , mampu menaklukkan dua Imperium yang telah membangun kekuasan mereka selama ratusan tahun lamanya. Hanya dengan keimanan yang benar dan kuat saja, akan muncul karomah- karomah dan hal-hal yang luar biasa, yang jauh kewajaran manusia.

Dan itu semua merupakan bentuk pertolongan Allah kepada hamba-hambaNya yang taat dan konsisten serta istiqomah. Ini juga terjadi pada diri para sahabat secara individu, seperti halnya tongkat kayu milik seorang sahabat yang bernama Usaid bin Hudair yang bisa memancarkan sinar benderang di tengah-tenah kegelapan . Juga terjadi pada diri Abu Muslim al Khulani, yang dilempar oleh Aswad Al ‘Insi ( pemimpin kaum murtad ) ke api yang membara, kemudian bisa keluar darinya dengan selamat tanpa cacat sedikitpun, juga terjadi pada diri ‘Alak al Khudrami yang mampu berjalan di atas air ketika menyeberang lautan untuk menaklukan pasukan musuh yang ada di negri seberang.

Karomah-karomah semacam itu, juga terjadi pada orang-orang sholeh sebelum kedatangan nabi Muhammad saw, seperti apa yang dialami Maryam, yang mengandung tanpa tersentuh oleh seorang laki-laki, dan selalu mendapatkan makanan di mihrabnya, tanpa seorangpun tahu dari mana asalnya. Begitu juga yang dialami Ashabul Kahfi yang tidur lebih dari 300 tahun lamanya. Semua itu terjadi pada diri mereka tanpa sengaja, itu hanyalah semata-mata pemberian dari Allah swt, karena keimanan dan keistiqomahan mereka terhadap ajaran- ajaran Allah. Intinya , kehebatan-kehebatan mereka itu bukan karena mereka memiliki ilmu putih, sebagaimana yang sering dibanggakan oleh sebagian orang Islam zaman sekarang.

Beberapa Contoh Ilmu Putih

Masalah Ilmu Putih ini, mengingatkan penulis pada cerita seorang mahasiswa yang mengatakan bahwa pamannya dahulu pernah mempunyai ilmu putih, kemudian dia bertaubat dan meninggalkannya, kata pamannya : “ ilmu putih itu sebenarnya sama dengan ilmu hitam , cuma bedanya ilmu hitam digunakan untuk kejahatan sedang ilmu putih digunakan untuk kebaikan “ Bahkan, kita dapatkan sebagian orang yang sering disebut kyai, justru menggunakan jalan yang tidak pernah diajarkan oleh Rosulullah saw untuk mendapatkan ilmu putih semacam ini. Pada musim haji sekitar tahun 1995, kebetulan penulis bertemu dengan penyuluh agama ( mursyid haji ) di salah satu rombongan haji dari Jawa Tengah. Dia dipercaya oleh jama’ah karena berkali-kali pernah naik haji. Dia pernah berkata : “ kalau saya dihadapkan pada suatu masalah, maka saya tidak akan bertindak sampai ada sesuatu yang membisikkan di telinga saya “ . Mendengar pernyataan itu, penulis bertanya : “ Gimana caranya pak, untuk bisa seperti itu ? “. “ Kita harus bisa makan nasi putih saja, selama beberapa hari tanpa lauk dan sayur “ , jawabnya santai.

Ajaran Islam mana, yang menyuruh seseorang hanya makan nasi putih saja . Mungkin banyak umat Islam yang akan keluar dari Islam kalau mereka hanya dibolehkan makan nasi putih saja, tanpa lauk dan sayur. Kasihan bapak ini , naik haji berpuluh- puluh kali , tapi tidak memahami bahwa haji merupakan bentuk ketundukan dan kepatuhan terhadap ajaran-ajaran Allah, dengan tanpa menambah – nambahnya dengan selera akal dan nafsunya.

Bertepatan itu pula beberapa saat yang lalu, ada seorang pelajar Malaysia mengaku bahwa nenek moyangnya berasal dari Jawa asli, katanya, neneknya menganjurkan kepadanya untuk puasa “mutih “ ( bukan puasa putih lho ). “ Menurut anda puasa mutih itu apa ? “ , tanya penulis. “ Puasa mutih itu berpuasa dalam beberapa hari dan tidak berbuka kecuali dengan nasih putih “, jawabnya.

Penulis juga pernah membaca makalah yang berjudul “ Ilmu Estu Pamungkas “ , suatu ilmu yang salah satu cara untuk mendapatkannya harus berpuasa mutih selama beberapa hari dan beberapa malam, dan dia hanya diperbolehkan makan dan minum air putih satu kali saja dalam sehari semalam, yaitu pada waktu tepat tengah malam. Setelah melakukan aksi puasa, maka dia dituntut satu hal lagi, yaitu untuk melakukan puasa ngebleng selama beberapa malam. Puasa ngebleng ini berbeda dengan puasa Pati Geni. Kalau Pati Geni , seseorang harus berdiam diri di suatu kamar yang tertutup tanpa ada seleret sinarpun yang masuk kedalam kamar. Selama itu pula dia tidak boleh buang kotoran, buang air kecil, makan, dan minum. Tetapi pada puasa ngebleng boleh terdapat sinar yang masuk, hanya kita dilarang keluar kamar sebagaimana Pati Geni, serta tidak boleh makan, minum maupun buang air besar maupun kecil selama dia melakukan hal itu.

Konon orang yang memiliki ilmu Estu Pamungkas ini juga memiliki larangan dan pantangan, diantara adalah : tidak boleh takabur (sombong) serta mempergunakan ilmu ini untuk merugikan orang lain, seperti merusak rumah tangga orang lain, serta dilarang keras menggunakan ilmu tersebut setiap waktu. Dari keterangan diatas, nampaknya secara sekilas Ilmu Estu Pamungkas ini adalah Islami, karena mengajarkan untuk berpuasa dan melarang untuk mengganggu orang lain serta tak boleh takabbur.

Tapi di sisi lain, kita daptkan bahwa cara yang dipakai adalah cara-cara misterius, puasa mutih dan nasi putih. Makanya, lebih tepat kalau amalan- amalan ini kita sebut “ talbis al-haq bi al-bathil “ ( salah satu bentuk mencampur-adukkan antara kebenaran dengan kebatilan ).

Talbis seperti ini akan sangat berbahaya bagi keutuhan agama Islam, karena banyak orang awam yang terkecoh kepada suatu amalan, yang kelihatannya baik, padahal sebenarnya adalah ajaran gado-gado dari berbagai keyakinan dan aliran kepercayaan.

Waktu terjadi pembantaian kyai oleh para ninja, salah satu mahasiswa yang kebetulan sedang berada di Indonesia, tepatnya di salah satu pesantren yang sedang diincar, mengatakan : “ Salah satu dari kyai menyuruh seseorang untuk mengejar ninja yang sedang bersembunyi di kuburan…. agar para ninja tersebut takut dan lari terbirit- birit, maka orang yang akan mengejar tadi harus telanjang bulat, tanpa sehelai benangpun di atas tubuhnya, lantas aja pengejar tersebut menurut nasehat kyai tadi, telanjanglah dia, dan ternyata benar, ketika para ninja tersebut melihat orang telanjang langsung kabur ambil langkah seribu.“

Penulis jadi geli dan risih mendengar cerita tersebut, dari mana orang tadi mengetahui kalau telanjang bulat itu membuat ninja takut? Kalau di Mesir , orang yang berbuat seperti itu ( bertelanjang ria ) , justru akan menjadi tontonan anak kecil. Macam- macam saja orang Islam zaman sekarang ini, benarlah apa yang di predeksikan Rosulullah saw, bahwa salah satu tanda akhir zaman, adalah dihapusnya ilmu syare’ah dengan meninggalnya para ulama yang konsisten dengan ajarannya, kemudian digantikannya dengan orang-orang bodoh dan aneh-aneh. Sehingga yang benar menjadi salah dan salah menjadi benar.

Salah satu masalah yang sering ditanyakan kepada penulis, adalah operasi memburu pencuri dengan metode baru ( yang sebetulnya sudah kuno ), dan mungkin belum pernah dilakukan oleh badan intelejent manapun juga, yaitu melalui bejana air yang di bacakan doa atau mantera, dan banyak dipraktekan di beberapa tempat. Bahkan disana ada sebuah ilmu yang bernama “ Aji Tunggeng Mogok “ sebuah ilmu yang bisa membuat pencuri terpaku ditempat. Di dalam buku-buku hadits “kutubus sittah “ ataupun “kutubut tis’ah”, tidak didapati hadits yang menyebutkan do’a untuk menangkap pencuri, atau supaya pencuri terpaku ditempat. Kalau untuk membentengi diri dari Jin dan syetan, atau mengusir jin yang bercokol di dalam tubuh atau di rumah, atau menolak bala’, sihir dan santet , itu memang banyak dan sangat di anjurkan dalam Islam.

Dengan membaca Ayat Kursi umpamanya, atau membaca dua ayat di akhir surat Al Baqarah, atau membaca mu’awadzatain ( surat Al-Falaq dan Surat An-Nas ) , atau membaca dzikir pagi dan petang , atau membaca surat Al Kahfi setiap Jum’at, dn lain- lainnya yang jelas- jelas diajarkan oleh Islam dan termaktub di dalam buku-buku hadits. Kenapa bukan itu saja yang dipraktekan dan diajarkan kepada umat Islam ? apakah belum cukup apa yang diajarkan oleh Rosulullah saw, sehingga harus mencari ajaran-ajaran baru yang kita belum tahu sumbernya dan belum jelas kebenarannya.

Kalau terbukti bahwa ilmu-ilmu semacam itu tidak terdapat dalam ajaran Islam , maka seorang muslim tidak boleh ikut-ikutan, walaupun yang mengerjakan itu seorang kyai. Seorang kyai tidak bisa dijadikan standar, karena dia tidak maksum. Allah berfirman :

ولا تقف ما ليس لك به علم إن السمع والبصر الفؤاد كل أولئك كان عنه مسئولا

“ Janganlah engkau mengikuti (sesuatu amalan ) yang engkau tidak mengetahui hakikatnya. Sesungguhnya pendengran, penglihatan dan hati ini akan dimintai pertanggung jawabannya “ ( QS. Al Isra’ : 36 )

Al Qur’an dan Hadits Sumber Kemuliaan

Sangatlah tepat apa yang dikatakan Umar bin Khottob, ra — sahabat Rosulullah saw yang terhebat setelah Abu Bakar As-Siddiq ra — : “ Kita telah dimuliakan oleh Allah dengan Islam, maka barangsiapa yang mencari kemulian selain Islam, maka Allah akan menghinakannya “ Benar,…Allah telah memuliakan Umar dan para sahabat yang mengikuti petunjuk Islam, Allah telah memuliakan mereka dengan keimanan dan kekuasaan yang mempunyai wilayah sangat luas, bukan hanya Imperium Persi dan Romawi saja yang ketakutan dengan mereka, bahkan syetanpun lari terbirit- birit ketika bertemu dengan Umar….Subhanallah !!!. Maka barang siapa diantara umat Islam yang yang mencari kemulian dan kesaktian melalui Syetan dan Jin, bukannya kemulian yang mereka dapatkan, tapi kehinaan di dunia , mereka hidup dibawah ketiak Syetan dan Jin , dan diinjak-injak serta ditindas oleh penguasa- penguasa kafir ( sebagai syetan-syetan manusianya ) …dan di akhirat akan mendapatkan adzab yang pedih…na’udzubillahi min dzalik. Maha Benar Allah di dalam Firman-Nya :

أيبتغون عندهم العزة ، فإن العزة لله جميعا

“ Apakah mereka ( orang-orang munafik) mencari kekuasan dan kemulian dari sisi mereka. Sesungguhnya kemulian hanya ada di sisi Allah semata. “ ( Qs. An Nisa’ : 139 )

بل كانوا يعبدون الجن أكثرهم بهم مؤمنون

“ …Bahkan mereka menyembah jin dan kebanyakan mereka beriman kepada jin tersebut ( QS Al Saba’ : 41 )

Umat Islam Indonesia – khususnya daerah Jawa- hendaknya kembali kepada ajaran Islam yang asli, yang bersumber kepada Al-Quran dan Hadits serta petunjuk para sahabat, dan wajib meninggalkan ilmu-ilmu klenik yang hanya akan menambah kehinaan demi kehinaan. Tidak ada dalam Islam ilmu hitam, ilmu putih, ilmu hijau, ilmu biru, atau ilmu kuning, tapi hanya ada ilmu Al-Quran dan Hadits serta perangkat yangmendukungnya. Tiada pula ilmu aji tunggeng mogok, mantera pelet media rokok, ilmu kontak, ajian mahabbah, pengasih, ilmu debus, mantra guru sajab. Ilmu- ilmu semacam itu tiada lebih dari peninggalan ajaran- ajaran Hindu dan Budha yang dicampur adukkan dengan Islam sehingga menjadi sesat dan menyesatkan. Wallahu a’lam.

http://metafisis.wordpress.com/2010/06/07/sang-kyai-dan-ilmu-putih/
@@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 447 Komentar

Navigasi pos

447 thoughts on “ILMU HITAM DAN ILMU PUTIH

  1. Ardaloka

    NYmk

  2. Ardaloka

    Mlm dlur2 smua

  3. Ardaloka

    Kmpul malam2

  4. @Assalamualaikum:..Abseeen..hadir wah mantaf postingnya….bisa berargumen nih…

  5. Muhammad rusdi

    Assalamualikum
    Absen malam & menyimak

  6. rahmadipurbaya

    6

  7. rahmadipurbaya

    7 ..absen ..

  8. Bocah lawu

    10 besar

  9. awie hu pk.622

    weleh telat maneh

  10. susu sehat

    aslm, saya sangat salut atas kritiesnya anda dalam menyikapi fenomena hidup yang berkembang di tengah masarakat kita memang banyak yang salah ,campur dan benarnya terutama dalam hal amalan (klenik) . Tapi patutlah saudara tahu Bid`ah ,kufur ,kurofat ,mudhorot ,munafik ,syirik ,musrik dsb hak mutlak Alloh SWT dalam menetapkan , anda dan saya mungkin masih dalam maqom yang sama (awam) karna melihat dan mencerna masih mengandalkan panca indra yang sangat gampang sekali tertipu karna terhijabnya diri kita tapi belum pada tahap IKHSAN dan HAQQUL YAKIN kebenaran yang hakiki. Komen anda saya nilai sangat bagus namun sarat dengan kesombongan diri merasa paling benar dan menyinggung. yuk sama2 introspeksi diri sudah sedalam apa dan sejauh mana kita “BENAR“ dari akalkah atau dari yang HAQ ,wasalm….

  11. Cokro Perbowo

    Absen malam…

  12. si_PITUNG

    wah artikel yng menarik
    salam perseduluran
    buat para sesepuh kwa

    ini artikel
    bagus
    cuma agak menyinggung
    keyakinan
    ahli kebatinan
    kebatinan
    tidaklah mnyimpang dari agama islam

    ya sesepuh semua sudah tau tidak usah d jlaskan ya
    krna pnjang lebar

    @penulis
    jk anda faham trhadap agama
    sharusnya anda tdk bnyak cerita
    apakah anda sholat?
    samakah perbuatan anda dngn sholat anda?

    batin dan pikiran
    suaranya tipis bgt
    makanya hrus jeli membedakan

    maju terus kwa
    salam damai
    dan hormat

  13. sopo iki seng nules…ben e wae lah wong muktajilah…

  14. si_PITUNG

    wah artikel yng menarik
    salam perseduluran
    buat para sesepuh kwa

    ini artikel
    bagus
    cuma agak menyinggung
    keyakinan
    ahli kebatinan
    kebatinan
    tidaklah mnyimpang dari agama islam

    ya sesepuh semua sudah tau tidak usah d jlaskan ya
    krna pnjang lebar

    @penulis
    jk anda faham trhadap agama
    sharusnya anda tdk bnyak cerita
    apakah anda sholat?
    samakah perbuatan anda dngn sholat anda?

    batin dan pikiran
    suaranya tipis bgt
    makanya hrus jeli membedakan

    maju trus kwa
    salam damai
    dan hormat

  15. laskar lembu suro

    aslkm….absen mlm

  16. luqman chakim

    maaf ki kalau Hizib setahu aq Hizib isinya Sholawat dan nukilan dari ayat Al Qur’an.tapi mengapa dulu sy pernah sakit dan kata seorang ustad sy di lukai orang dg Hizib???

  17. susu sehat

    bung lukman semua karna niat ga usah jauh2 deh kita akan bersekutu dengan setan blamana kita kemasjid dgn niat nukar sendal tapi insa Alloh kita akan dapat ridhoNya walau kita pergi ketempat wingit hanya untuk menggagungkan kebesaranNYA

  18. ga faham ilmu

    mantep ni artikelnya

  19. susu sehat

    MAAF tolong jangan di tafsir dengan dangkal ya perkataan saya karna saya juga masih mesti banyak belajar…

  20. sang penulis seandai dirimu tahu tetang agama ini luas,sy ini islam anti panatik,nabi aja tidak pernah menyalahkan,lah kok kamu,menyebarkan kalimat permusuhan,setelah nabi kembali kepada allah…terjadi perang antar umat islam..taukah kau perang jamal…pasukan ali berhadapan dengan pasukan,siti aisyah..ada hikmah di balik itu..

  21. awie hu pk.622

    hizib banyak macamnya ada yg untuk digunakn untuk diri sendiri ada juga digunakan untuk mengirim sesuatu,

  22. telat,,hadiier,,,

  23. Ini artikel kaum wahabi, bisanya cuma omdo

  24. awie hu pk.622

    duh pusing tulisannya kecil

  25. candra

    alhamdulillah ki susu sehat….mantep ki….

  26. awie hu pk.622

    salam salim sesepuh dan para sedulur semua

  27. Abdullah

    Pnulis artikel kyax dr sblah nih,buat para spuh n bolo kwa jgn dtanggapi esmosi yach eh salah emosi gto,sntae aj lg……. Klo ente punya dalil kami jg punya dalil, so…lakum dinukum waliadin.,aja dach. Kabuuuur,,,,,,.cling…

  28. Hai mnsia pntu neraka tlh trbk ikut lah klian dngn qu…

  29. Krna ilmu kalian hdp,krna ilmu jg lah kalian mti..

  30. bagusss,,, ki wong laus… thx sudah mmberi pengetahuan tambahan lewat bca’an itu,,
    mantabzz baguusss,,,,,,
    oz ya,,, btw gimna ya cra para wali2 di indonensia,,mensyiarkn islam ya,,,??

  31. wah bkin smngat kendor aja niieh,,,, mo bals pke dalill dan alkisah,,, pulsa gk ckup…
    ,,moggo poro sdlur di kluarkn alasan yg bagus,,singkat padat jelass,,,,

  32. mas penulis saya mau tanya hukumnya makan dan minum itu apa? Tolong jawab dengan ilmu sariat .

  33. aa yan

    ijin nyimak…

    Tuk admin & pengurus blog KWA saya mau kritik…jangan suka gonta-ganti theme wordpress, jadi pusing kalau mau baca. Sebaiknya pilih theme yang minimalis, layout ngga ribet, warna yang lembut trus ditetapkan jadi default theme KWA.

    Maaf ats khilaf & salah…, Salam sedulur & cinta

  34. si_PITUNG

    @debu
    ki debu bener bgt
    biasanya orang2 seperti penulis
    cuma omdo

    slalu nuduh orang sesatlah
    bid’ahlah
    pdahal jk penulis ini
    memang faham
    dia kagak bnyak cerita

    kan ilmu ALLAH SWT
    luas bgt

    ki debu
    plis minta no hp nya
    sy ada perlu bngt

  35. awie hu pk.622

    hai kau si pitung dari mana asalmu? disitulah kau akan kembali lagi menjadi debu yg berterbangan dibawa angin lapar. janganlah kau mengutuk orang2 sebelum Allah mengutuknya. camkan itu

  36. awie hu pk.622

    tes

  37. dari mana kamu tahu rosul tidak pernah mutih? Rosululloh biasa kok ber buka puasa cuma dengan air putih!mutih, ngrowot, nyirih, itu bukan sesuatu yg haram mas?

  38. syech lemah abang

    asalamualaikum penulis,…..

    Dari tulisan anda seolah-olah anda adalah benar itu emang baik dari sisi agama anda menyampaikan suatu kebaikan dan mengajak saudara-saudara kita tentang hakikat islam yaitu harus kembali kepada alquran dan hadis cuma dalam penyampaian anda terlalu memojokkan label KYAI seolah-olah KYai itu mengajarkan hal yang salah ini suatu kesombongan sekarang tanya kan diri anda apakah anda sudah benar dalam mengamalkan ajaran islam jangan sampai kita kebablasan dalam memahami islam dari kulit luar saja contoh nya : dahulu orang pergi haji naik Onta nah sekarang ini apakah kita mesti naik onta,..????,…jadi kalau anda mengeneralisir sebuah keilmuan,….

    guru ngaji saya juga Kyai beliau mengajarkan saya cuma zikir pagi soer SUBHANALLAH,.ALHAMDULILLAH,.LAILAHALILLAH,.ALLAHUAKBAR ba’da subuh dan asar tanpa menjelaskan faedah dan maanfaat nya yang penting istiqomah,…dan dalam ajaran KYAI saya tidaj lah aneh2,…nah beliau juga setiap ada yang minta amalan keselamatan cuma di berikan ZIKIR tersebut baik itu preman ataupun yang bukan preman,..intisari nya adalah ia mengajak kita selalu mengingat ALLAH,..wahai saudaraku sang penulis artikel,..sebaik-2 nya budi perkerti adalah yang bisa menjaga saudara nya

    1. AR-RAHMAN (Yang Maha Pengasih)
    Dialah Allah yang mengasihi semua mahluk ciptaan-Nya tanpa kecuali. Semua mahluk yang melata, yang besar maupun kecil didarat, laut dan udara dan semua manusia baik yang ber-iman maupun tidak, yang baik maupun jahat semuanya dikasihi secara adil dan merata. Karena kasih sayang Allahlah kita dan semua mahluk yang ada dibumi ini dapat hidup terus menerus sampai datang ajal yang telah ditetapkan. Dengan kasih sayang-Nya ia mencukupkan semua kebutuhan hidup semua mahluk dialam semesta. Dengan kasih sayangnya ia menjadikan bumi ini sebagai suatu tempat yang nyaman dan aman untuk dihuni oleh berbagai mahluk hidup. Hanya saja limpahan kasih sayang ini hanya diberikan Allah pada semua mahluk selama hidup didunia saja, di akhirat kelak kasih sayang ini hanya diberikan kepada orang ber-iman yang menjadi penghuni syurga. Penghuni Neraka tidak lagi merasakan kasih sayang yang mereka dapatkan selama hidup didunia, karena mereka selama hidup didunia kafir dan engkar pada-Nya.

  39. Salamm,,

    absen aja,hehe..

  40. Patramantra

    Absen, hadir dan nyimak…. Wah kok agak vanas ya…..
    Apa sih inti artikelnya zizizi….3x g nyimak gue…cuma absen bae

  41. Sartono Jenar

    Lewat az…tuinkkk……

  42. absen malem

  43. 1.Nabi saw memperbolehkan berbuat bid’ah
    hasanah.
    Nabi saw memperbolehkan kita melakukan
    bid’ah hasanah selama hal itu baik dan tidak
    meniti kesempurnaan iman 121
    menentang syariah. Sebagaimana sabda beliau
    saw “Barangsiapa membuat – buat hal baru yang
    baik dalam islam, maka baginya pahalanya dan
    pahala orang yang mengikutinya dan tak berkurang
    sedikitpun dari pahalanya. Dan barangsiapa
    membuat – buat hal baru yang buruk dalam
    islam, maka baginya dosanya dan dosa orang yang
    mengikutinya dan tak dikurangkan sedikitpun dari
    dosanya” (Shahih Muslim hadits No.1017).
    Demikian pula diriwayatkan pada Shahih
    Ibn Khuzaimah, Sunan Baihaqi Alkubra, Sunan
    Addarimiy, Shahih Ibn Hibban dan banyak lagi).
    Hadits ini menjelaskan makna bid’ah hasanah dan
    bid’ah dhalalah.
    Perhatikan hadits beliau saw, bukankah
    beliau saw menganjurkan? Maksudnya bila kalian
    mempunyai suatu pendapat atau gagasan baru yang
    membuat kebaikan atas Islam maka perbuatlah..,
    Alangkah indahnya bimbingan Nabi saw yang
    tidak mencekik ummat, beliau saw tahu bahwa
    ummatnya bukan hidup untuk 10 atau 100 tahun,
    tapi ribuan tahun akan berlanjut dan akan muncul
    kemajuan zaman, modernisasi, kematian ulama,
    merajalela kemaksiatan.
    122 meniti kesempurnaan iman
    Maka tentunya pastilah diperlukan hal
    – hal yang baru demi menjaga muslimin lebih
    terjaga dalam kemuliaan. Demikianlah bentuk
    kesempurnaan agama ini yang tetap akan bisa
    dipakai hingga akhir zaman, inilah makna ayat
    “Alyauma akmaltu lakum diinukum..dst,dst, “Hari
    ini Kusempurnakan untuk kalian agama kalian,
    kusempurnakan pula kenikmatan bagi kalian, dan
    kuridhoi Islam sebagai agama kalian”.
    Maksudnya semua ajaran telah sempurna, tak
    perlu lagi ada pendapat lain demi memperbaiki
    agama ini. Semua hal yang baru selama itu baik
    sudah masuk dalam kategori syariah dan sudah
    direstui oleh Allah dan Rasul-Nya.
    Alangkah sempurnanya Islam, bila yang
    dimaksud adalah tidak ada lagi penambahan, maka
    pendapat itu salah, karena setelah ayat ini masih
    ada banyak ayat – ayat lain turun, masalah hutang
    dan lain – lain.
    Berkata para Mufassirin bahwa ayat ini
    bermakna Makkah Almukarramah sebelumnya
    selalu masih dimasuki orang musyrik mengikuti
    hajinya orang muslim, mulai kejadian turunnya
    ayat ini maka Musyrikin tidak lagi masuk Masjidil
    meniti kesempurnaan iman 123
    Haram, maka membuat kebiasaan baru yang baik
    boleh – boleh saja.
    Namun tentunya bukan membuat agama baru
    atau syariat baru yang bertentangan dengan syariah
    dan sunnah Rasul saw, atau menghalalkan apa
    – apa yang sudah diharamkan oleh Rasul saw
    atau sebaliknya. Inilah makna hadits beliau saw
    “Barangsiapa yang membuat – buat hal baru yang
    berupa keburukan…dan seterusnya”. Inilah yang
    disebut Bid’ah Dhalalah.
    Beliau saw telah memahami itu semua, bahwa
    kelak zaman akan berkembang, maka beliau
    saw memperbolehkannya (hal yang baru berupa
    kebaikan), menganjurkannya dan menyemangati kita
    untuk memperbuatnya, agar ummat tidak tercekik
    dengan hal yang ada dizaman kehidupan beliau
    saw saja dan beliau saw telah pula mengingatkan
    agar jangan membuat buat hal yang buruk (Bid’ah
    Dhalalah).
    Mengenai pendapat yang mengatakan bahwa
    hadits ini adalah khusus untuk sedekah saja, maka
    tentu ini adalah pendapat mereka yang dangkal
    dalam pemahaman syariah, karena hadits diatas
    jelas – jelas tak menyebutkan pembatasan hanya
    124 meniti kesempurnaan iman
    untuk sedekah saja, terbukti dengan perbuatan
    bid’ah hasanah oleh para Sahabat dan Tabi’in.
    2.Siapakah yang pertama memulai Bid’ah
    hasanah setelah wafatnya Rasul saw?
    Ketika terjadi pembunuhan besar – besaran
    atas para sahabat (Ahlul yamaamah) yang mereka
    itu para Huffadh (yang hafal) Alqur’an dan Ahli
    Alqur’an di zaman Khalifah Abubakar Asshiddiq
    ra, berkata Abubakar Ashiddiq ra kepada Zeyd
    bin Tsabit ra: “Sungguh Umar (ra) telah datang
    kepadaku dan melaporkan pembunuhan atas
    ahlulyamaamah dan ditakutkan pembunuhan
    akan terus terjadi pada para Ahlulqur’an, lalu ia
    menyarankan agar Aku (Abubakar Asshiddiq ra)
    mengumpulkan dan menulis Alqur’an.
    Aku berkata : “Bagaimana aku berbuat suatu
    hal yang tidak diperbuat oleh Rasulullah..??, maka
    Umar berkata padaku bahwa Demi Allah ini adalah
    demi kebaikan dan merupakan kebaikan, dan ia
    terus meyakinkanku sampai Allah menjernihkan
    dadaku dan aku setuju dan kini aku sependapat
    dengan Umar, dan engkau (Zeyd) adalah pemuda,
    cerdas, dan kami tak menuduhmu (kau tak pernah
    meniti kesempurnaan iman 125
    berbuat jahat), kau telah mencatat wahyu, dan
    sekarang ikutilah dan kumpulkanlah Alqur’an
    dan tulislah Alqur’an..!” berkata Zeyd : “Demi
    Allah sungguh bagiku diperintah memindahkan
    sebuah gunung daripada gunung – gunung tidak
    seberat perintahmu padaku untuk mengumpulkan
    Alqur’an.
    Bagaimana kalian berdua berbuat sesuatu
    yang tak diperbuat oleh Rasulullah saw??”. Maka
    Abubakar ra mengatakannya bahwa hal itu adalah
    kebaikan, hingga ia pun meyakinkanku sampai
    Allah menjernihkan dadaku dan aku setuju dan
    kini aku sependapat dengan mereka berdua dan
    aku mulai mengumpulkan Alqur ’an”. (Shahih
    Bukhari hadits No.4402 dan 6768).
    Nah saudaraku, bila kita perhatikan konteks
    diatas Abubakar shiddiq ra mengakui dengan
    ucapannya : “Sampai Allah menjernihkan dadaku
    dan aku setuju dan kini aku sependapat dengan
    Umar”.
    Hatinya jernih menerima hal yang baru (bid’ah
    hasanah) yaitu mengumpulkan Alqur’an, karena
    sebelumnya Alqur’an belum dikumpulkan menjadi
    satu buku, tapi terpisah – pisah di hafalan sahabat,
    meniti kesempurnaan iman 127
    (Mustadrak Alasshahihain hadits No.329).
    Jelaslah bahwa Rasul saw menjelaskan pada
    kita untuk mengikuti sunnah beliau dan sunnah
    khulafa’urrasyidin.
    Dan sunnah beliau saw telah memperbolehkan
    hal yang baru selama itu baik dan tak melanggar
    syariah, dan sunnah khulafa’urrasyidin adalah
    anda lihat sendiri bagaimana Abubakar shiddiq
    ra dan Umar bin Khattab ra menyetujui bahkan
    menganjurkan, bahkan memerintahkan hal yang
    baru, yang tidak dilakukan oleh Rasul saw yaitu
    pembukuan Alqur’an, lalu pula selesai penulisannya
    dimasa Khalifah Utsman bin Affan ra, dengan
    persetujuan dan kehadiran Ali bin Abi Thalib
    kw.
    Nah.. sempurnalah sudah keempat makhluk
    termulia di ummat ini, khulafa’urrasyidin melakukan
    bid’ah hasanah, Abubakar shiddiq ra dimasa
    kekhalifahannya memerintahkan pengumpulan
    Alqur’an, lalu kemudian Umar bin Khattab ra pula
    dimasa kekhalifahannya memerintahkan tarawih
    berjamaah dan seraya berkata : “Inilah sebaik baik
    Bid’ah!”(Shahih Bukhari hadits No.1906) lalu
    pula selesai penulisan Alqur’an dimasa Khalifah

  44. awie hu pk.622

    dimohon para sesepuh untuk hadir dan memberikan babaran kebenarannya. karna ini dah termasuk SARA……

  45. Sartono Jenar

    Mengamati sambil udut…bul…bul…bul…mugo2 doane makbul…

  46. mbah jenggot

    hm…………assalamualaikum kagem poro sedulur dan poro sesepuh kwa.saya banyak menjumpai org yg spt penulis itu biasanya org diluar golongan NU.kalo org NU biasanya tak akan berbicara spt itu.karna para wali songopun juga banyak yg melakukan topobroto ataupun poso mutih.
    wallauhu a’lam bissowab

  47. ARTIKEL WAHABI KOK DIMASUKKAN,..ADA MAKSUD…….

  48. Bregud

    Huahahahahaha….huauahahaha……..huahahahahahahahaha…….
    Sungguh…heubattt ..artikel diatas, dan nyang ….lebih hebaaattt lagi,..adalah orang mem- posting di belog enih,….dan nyang… PALING HEBAT… adlah orang nyang memberi komen terhadap artikel diatas…..hehehehe…hehehehe…hehehehe…
    Lha…..dikasih komen jg percuma, karena :
    1. Nyang membuat artikel ora ada ( siape nyang tanggung jawab ? ).

    2. Coba baca himbauan :- artikel ini bise dijadikan renungan sebelum mengamalkan ilmu ghaib, sebab, pengamalan ilmu ghaib kudu ati ati,…khususnye NIAT.
    Tariiiiiiiikkkkk….mang.

  49. itu artikel copas ya, berarti bukan penulis dari KWA.
    anggap saja sebagai wacana..
    ^_^

  50. ki_tapai

    saya tahu penulis asli artikel ini, dan sy pernah membca artikel2nya di blog aslinya, mereka menganut faham wahabi, tdak bsa menempatkan mana yg benar dan mana yg salah. Mereka mencmpuradukkan smuanya..coba liat dlm artikel aslinya di http://metafisis.wordpress.com , begitu bnyak trlhat ksombongan di dlamnya dan slalu branggapan dirinyalah pling benar, sok suci dan yg lain sesat,, nauzdubillahimindalik..astagfirullah…

  51. nagakuning

    menurut ane
    tulisan ini hampir sama dengan perkataan para sesepuh waktu di gathering jakarta
    yang intinya ambilah ilmu yang kita butuhkan setelahnya janganlah sombong dan takabur atawa jumawa dan tulisna ini juga sebenarnya ada baiknya karna terkadang setelah kita memiliki ilmu tertentu kita menyelahgunakan ilmu yang telah miliki tersebut
    misal untuk merusak rumah tangga orang , menipu dan sebagainya jadi menurut saya ambil yang baiknya saja karna persepsi orang beda beda sekali lagi maaf bukan maksud mengurui interperksi diri itu ada baiknya , siapa pun dia , mau presiden , dokter, lurah atawa , yang lainya karna setiap ilmu yang kita miliki akan dipertanyakan oleh sang pemiliki ilmu yaitu Allah ,swt ., dibawa kejalan yang baik atawa dijalan yang buruk ,sekali lagi maaf yach sedulur sekalian bukan maksud mengurui thx

  52. si_PITUNG

    ki awie hu yng sy hormati

    sy tdk pernah mengutuk siapapun
    sy sngt cinta dng blog kwa

    tp artikel penulis
    menyinggung
    orang yng berfaham
    ilmu
    kebatinan
    ataupun kaji diri

    marilah kt kaji diri
    jgn asal nuduh orang bid’ah dan sesat

    mohon ki wong alus
    ki abdul jabbar
    hadir
    untuk
    mmberi pemahaman
    pada penulis
    dan awie hu

    terima kasih
    salam
    perseduluran

  53. meniti kesempurnaan iman 129
    sudah diperbolehkan oleh Rasul saw dan dilakukan
    oleh Khulafa’urrasyidin, dan Rasul saw telah jelas
    – jelas memberitahukan bahwa akan muncul banyak
    ikhtilaf, berpeganglah pada Sunnahku dan Sunnah
    Khulafa’urrasyidin, bagaimana Sunnah Rasul
    saw?, beliau saw membolehkan bid’ah hasanah,
    bagaimana sunnah khulafa’urrasyidin? Mereka
    melakukan Bid’ah Hasanah, maka penolakan atas
    hal inilah yang merupakan Bid’ah Dhalalah, hal
    yang telah diperingatkan oleh Rasul saw.
    Bila kita menafikan (meniadakan) adanya
    bid’ah hasanah, maka kita telah menafikan dan
    membid’ahkan Kitab Al-Quran dan Kitab Hadits
    yang menjadi panduan ajaran pokok Agama
    Islam karena kedua kitab tersebut (Al-Quran dan
    Hadits) tidak ada perintah Rasulullah saw untuk
    membukukannya dalam satu kitab masing – masing,
    melainkan hal itu merupakan ijma atau kesepakatan
    pendapat para Sahabat Radhiyallahu’anhum dan
    hal ini dilakukan setelah Rasulullah saw wafat.
    Buku hadits seperti Shahih Bukhari, Shahih
    Muslim, dan lain – lain. Iinipun tak pernah ada
    perintah Rasul saw untuk membukukannya, tak pula
    Khulafa’urrasyidin memerintahkan menulisnya,
    130 meniti kesempurnaan iman
    namun para Tabi’in mulai menulis hadits Rasul
    saw.
    Begitu pula Ilmu Musthalahulhadits, Nahwu,
    sharaf, dan lain – lain sehingga kita dapat memahami
    kedudukan derajat hadits. Ini semua adalah
    perbuatan bid’ah, namun Bid’ah Hasanah.
    Demikian pula ucapan “Radhiyallahu’anhu”
    atas sahabat, tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah
    saw, tidak pula oleh sahabat, walaupun itu disebut
    dalam Al-Quran bahwa mereka para sahabat
    itu diridhoi Allah. Namun tak ada dalam Ayat
    atau hadits Rasul saw memerintahkan untuk
    mengucapkan ucapan itu untuk sahabatnya. Namun
    karena kecintaan para Tabi’in pada Sahabat, maka
    mereka menambahinya dengan ucapan tersebut.
    Dan ini merupakan Bid’ah Hasanah dengan
    dalil Hadits di atas. Lalu muncul pula kini Al-Quran
    yang di kasetkan, di CD kan, program Al-Quran
    di handphone, Al-Quran yang diterjemahkan, ini
    semua adalah Bid’ah Hasanah. Bid’ah yang baik
    yang berfaedah dan untuk tujuan kemaslahatan
    muslimin, karena dengan adanya bid’ah hasanah
    di atas maka semakin mudah bagi kita untuk
    mempelajari Al-Quran, untuk selalu membaca
    meniti kesempurnaan iman 131
    Al-Quran, bahkan untuk menghafal Al-Quran dan
    tidak ada yang memungkirinya.
    Seka r ang ka l au ki t a mena r ik mundur
    kebelakang sejarah Islam, bila Al-Quran tidak
    dibukukan oleh para Sahabat ra, apa sekiranya
    yang terjadi pada perkembangan sejarah Islam ?
    Al-Quran masih bertebaran di tembok –
    tembok, di kulit onta, hafalan para Sahabat ra
    yang hanya sebagian dituliskan, maka akan muncul
    beribu – ribu versi Al-Quran di zaman sekarang.
    Karena semua orang akan mengumpulkan dan
    membukukannya, yang masing – masing dengan
    riwayatnya sendiri, maka hancurlah Al-Quran dan
    hancurlah Islam.
    Namun dengan adanya Bid’ah Hasanah,
    sekarang kita masih mengenal Al-Quran secara
    utuh dan dengan adanya Bid’ah Hasanah ini pula
    kita masih mengenal hadits – hadits Rasulullah saw,
    maka jadilah Islam ini kokoh dan Abadi, jelaslah
    sudah sabda Rasul saw yang telah membolehkannya,
    beliau saw telah mengetahui dengan jelas bahwa hal
    – hal baru yang berupa kebaikan (bid’ah hasanah),
    mesti dimunculkan kelak. Dan beliau saw telah
    melarang hal – hal baru yang berupa keburukan
    132 meniti kesempurnaan iman
    (bid’ah dhalalah).
    Saudara – saudaraku, jernihkan hatimu
    me n e r ima i n i s emu a , i n g a t l a h u c a p a n
    Amirulmukminin pertama ini, ketahuilah ucapan
    ucapannya adalah Mutiara Alqur’an, sosok agung
    Abubakar Ashiddiq ra berkata mengenai Bid’ah
    hasanah : “Sampai Allah menjernihkan dadaku
    dan aku setuju dan kini aku sependapat dengan
    Umar”.
    Lalu berkata pula Zeyd bin Haritsah ra
    ”..bagaimana kalian berdua (Abubakar dan Umar)
    berbuat sesuatu yang tidak diperbuat oleh Rasulullah
    saw??, maka Abubakar ra mengatakannya bahwa
    hal itu adalah kebaikan, hingga iapun (Abubakar ra)
    meyakinkanku (Zeyd) sampai Allah menjernihkan
    dadaku dan aku setuju dan kini aku sependapat
    dengan mereka berdua”.
    Maka kuhimbau saudara – saudaraku muslimin
    yang kumuliakan, hati yang jernih menerima hal
    – hal baru yang baik adalah hati yang sehati dengan
    Abubakar shiddiq ra, hati Umar bin Khattab ra,
    hati Zeyd bin haritsah ra, hati para sahabat, yaitu
    hati yang dijernihkan Allah swt.
    Dan curigalah pada dirimu bila kau temukan
    meniti kesempurnaan iman 133
    dirimu mengingkari hal ini. Maka barangkali
    hatimu belum dijernihkan Allah, karena tak
    mau sependapat dengan mereka, belum setuju
    dengan pendapat mereka, masih menolak bid’ah
    hasanah.
    Dan Rasul saw sudah mengingatkanmu
    bahwa akan terjadi banyak ikhtilaf dan peganglah
    perbuatanku dan perbuatan khulafa’urrasyidin, gigit
    dengan geraham, yang maksudnya berpeganglah erat
    – erat pada tuntunanku dan tuntunan mereka.
    Allah menjernihkan sanubariku dan sanubari
    kalian hingga sehati dan sependapat dengan
    Abubakar Asshiddiq ra, Umar bin Khattab ra,
    Utsman bin Affan ra, Ali bin Abi Thalib kw dan
    seluruh sahabat.. amiin
    Pendapat para Imam dan Muhadditsin mengenai
    Bid’ah
    1. Al Hafidh Al Muhaddits Al Imam Muhammad
    bin Idr i s As syaf i i rahimahul lah ( Imam
    Syafii)
    Berkata Imam Syafii bahwa bid’ah terbagi
    dua, yaitu bid’ah mahmudah (terpuji) dan bid’ah
    134 meniti kesempurnaan iman
    madzmumah (tercela).
    Maka yang sejalan dengan sunnah maka ia
    terpuji dan yang tidak selaras dengan sunnah
    adalah tercela. Beliau berdalil dengan ucapan
    Umar bin Khattab ra mengenai shalat tarawih :
    “inilah sebaik baik bid’ah”. (Tafsir Imam Qurtubiy
    juz 2 hal 86-87)
    2.Al Imam Al Hafidh Muhammad bin Ahmad
    Al Qurtubiy rahimahullah
    “Menanggapi ucapan ini (ucapan Imam Syafii),
    maka kukatakan (Imam Qurtubi berkata) bahwa
    makna hadits Nabi saw yang berbunyi : “seburuk
    buruk permasalahan adalah hal yang baru.
    Dan semua Bid’ah adalah dhalalah” (wa
    syarrul umuuri muhdatsaatuha wa kullu bid’atin
    dhalaalah), yang dimaksud adalah hal – hal yang
    tidak sejalan dengan Alqur’an dan Sunnah Rasul
    saw, atau perbuatan Sahabat radhiyallahu ‘anhum,
    sungguh telah diperjelas mengenai hal ini oleh
    hadits lainnya.
    “Barangsiapa membuat buat hal baru yang
    baik dalam Islam, maka baginya pahalanya dan
    pahala orang yang mengikutinya dan tak berkurang
    sedikitpun dari pahalanya, dan barangsiapa
    membuat – buat hal baru yang buruk dalam
    Islam, maka baginya dosanya dan dosa orang yang
    mengikutinya” (Shahih Muslim hadits No.1017)
    dan hadits ini merupakan inti penjelasan mengenai
    bid’ah yang baik dan bid’ah yang sesat”. (Tafsir
    Imam Qurtubiy juz 2 hal 87)

  54. awie hu pk.622

    apa yg dikatakan oleh ki wanman memang betul..tul..tul..tul…
    jadi orang2 yg beriman jgnlah menghujat terus biarlah Allah yg akan menghukumnya. jdi sebaiknya ilhamilah prospeknya kenapa bisa begini dan kenapa bisa begitu. karna saat ini banyak sekali para sedulur kita yg terjerumus karna meminta bantuan jin bukan meminta kepada Allah.
    bila kita minta pada Allah, dan Allah memberikan permintaan tersebut maka kita bisa membayarnya dengan cara IKHLAS.

  55. Bregud

    Hehehehehehe….hehehehehe….hehehehehehe…..
    Ane jadi pengen nanye pade diri sendiri : ” apakah ade larangan dalam Islam kalo makan cume dengan nasi & air putih ” ?
    Jawabannye : ” entar….ane blajar duluuuuuu”.

  56. syech lemah abang

    Bukan ummat Islam yang meng-claim kebenaran mutlak ajaran Islam, melainkan Allah ta’aala sendiri yang meng-claim hal tersebut. Kita hanya meyakini dan mentaati firman Allah ta’aala. Oleh karena itulah Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menje…laskan betapa berbedanya ganjaran ukhrowi yang akan diterima seorang mu’min dibandingkan seorang kafir (non-muslim) akibat perbuatan baiknya di dunia.
    Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: ”Se¬orang kafir jika berbuat kebaikan di dunia, maka segera diberi balasannyadi dunia. Adapun orang mu’min jika ber¬buat kebajikan, maka tersimpan pahalanya di akherat di samping rizqi yang diterimanya di dunia atas keta’atannya.” (Muslim 5023) Marilah kita syukuri ni’mat iman dan Islam yang Allah ta’aala karuniakan kepada kita. Marilah kita sampaikan sholawat dan salam bagi manusia pilihan yang telah mengajarkan kita hakikat iman dan Islam, yakni Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam.

  57. susu sehat

    dahhhhhhhhhhhhh capeeee capeeeeeee amaaatttttttttt komentrrrrrrrrrr lah wong sing nulis ra nang kene cape in jari ne tok wis lupaken

  58. syech lemah abang

    Inilah bedanya seorang ahli ibadah dg seorang ahli kitab…
    Seorang ahli praktek dg ahli teori…
    Satu kata yg berarti,lebih baik daripada seribu omongan tanpa arti…

    Sikap ahli kitab & ahli teori serta perilaku seribu omongan tanpa isi itulah yg membuat islam jd trbelakang & tak pernah maju,
    serta menjadikan bangsa ini terus menerus kerdil…

  59. syech lemah abang

    kaboooooooooorrrrrrrr,…..ijin pamit mau meting malam2 wkwkwkwkk hua..hua..hua..hua..huhahahahahahahah (niru ketawa nya bib Iblis) cling wes ngilang

  60. si_PITUNG

    ki awie hu yng sy hormati

    sy tdk pernah mengutuk siapapun
    sy sngt cinta dng blog kwa

    tp artikel penulis
    menyinggung
    orang yng berfaham
    ilmu
    kebatinan
    ataupun kaji diri

    marilah kt kaji diri
    jgn asal nuduh orang bid’ah dan sesat

    mohon ki wong alus
    ki abdul jabbar
    hadir
    untuk
    mmberi pemahaman
    pada penulis
    dan awie hu

    terima kasih
    salam
    perseduluran
    salam hormat

  61. awie hu pk.622

    oops…. maaf ki pitung… salah sasaran.
    saya minta maaf ma pitung karna salah kirim. mohon maaf yg sebesar besarnya

  62. ekhemm,,,,gk hebat sih yg koment,,yuk qita sling koreksi,,asah asih asuh,,,

    koment sya jg buat pngetahuan aja,,untu pmbca,, tentang bid’ah…
    ini sya copiy dri ,,habaib mundzir,,jkt…patut buat bca’an jg,,,hehehe,,,

  63. Patramantra

    Stlah membaca artikel di atas…kasihan jg ntu penulis…hikhikhikz…3x
    g tau faedah puasa mutih eee….
    Secara logika/ilmu putih, puasa mutih bisa menghemat biaya hidup. Jadi kalau kita mau puasa mutih pasti cepat kaya. Ilmu ini kan banyak diamalkan orang cina. Menurut informasi yg aku dpt, orang cina suka makan bubur….agar cepat kaya….
    Kira-kira aku kuat g ya jalanin prinsip orang cina. zizizi….9x

  64. Manusia yg pengetahuannya sangat dangkal n’ bodoh .

  65. Ki TAMPAR

    Tulisan Yg ngak MENDIDIK…..

  66. Bregud

    Intinye :

    1. Bab ibadah HARUS ada perentahnye.

    2. Bab muamalah, HARUS ade larangannye.

    Cukup sekiaaan…..wasalam…..cliiiiingggggg

  67. ””

  68. awie hu pk.622

    dah ga usah di cemooh trus itu kan ada tulisan himbauan bagi orang-orang yg ingin meminta bantuan ama jin, ini hanya untuk pengetahuan aja. karna orang yg bikin itu emang ga aja. hanya imajinasi belaka

  69. Patramantra

    Ilmu putih = ilmu bahasa, matematika, sejarah dll
    ilmu hitam = ilmu biologi, fisika, kimia dll

  70. Bregud

    Bang@Patra……good idea,………lha…kalo lagi bokek ,……ape salehnye .ye bang ?
    Banyak faedah puase mutih :
    1. ngiriiiiiiiiit ( buat ane nih )

    2. Nurunin berat bodi, kolestrol, darah duwur, stressss,asam ruat, dan berbage penyakit jeroan dan luar.

    Hehehehehehe……..merdeke !!!!!!!!

  71. msih nyimak…rame2 ih,,, kyk pasar malemm,….xixixixi ,,,smbil jualan teh jahe aaahh,,

    jahe jahe jahe,,, teh jahe teh jahe,,, wedang jahee,,, ayok sypa mau kbru abiies,,

    gratis pseen,, stelah mnum byar,, jahe jahe..wedang jahe,,, kseel ah,, lingguh sekk..

    smbil lihat rame2,,,qiqiqi

  72. jagar@ksa

    Hihihihi…..sumuk’e kongress pssi bakal pindah mrene iki ketok’e….hihihihi….aku wes pernah moco isine metafisis.wordpress…isine?…hihihihi….weleh2….
    Buat penulis : Al fatehah 1x….semoga barokah ,hidayah dan kasih sayang Alloh menerangi hidup dan jalan anda…..

  73. CungKring CeRBoN

    numpang Narsis….., 🙂

  74. Berpuasapun seumur hidup

  75. ini artikel yang mengundang rusuh di blog hihihi
    saya gak heran kalo nanti ada bakal banyak hujat menghujat di komen artikel ini..

    males bacanya..
    ^_^

  76. awie hu pk.622

    tes….

  77. dpet duit brapa ya,,smbil ngitung,,,,
    1000..2500..5000..7700… wah msih kurang nieh,,, lom byar storan lagii…

    muter2 lagi ah,,, jah jahe jahe,,wedang jahee,,, moggoo cek sger kepalane

    atine,,lan jiwa raganeee,,, wes di campuri bismillah pituu+asmak pluntur sihirr.

    ces pleng,, mesti mari uneg2ke,,,qiqiqi…

  78. Jahe = janda herang

  79. CungKring CeRBoN

    Numpang Narsis :-p

  80. waduh,,,,, kyo’e onok lrangan jualn dsni gk ya,,,

    takuut ah,,, dri pd dgusur,,mendingan kabuuurrr,, jualn di emperan aja,,amann,,

    emperan kwa jarak 5,,kiloo.. adoooheeee,,, gk payu2 kie,,,,qiqiqi

  81. Wong kalbar

    Artikel yg bagus..n lebih bagus lg jika lebih menghormati sesama…
    Uaahh..nguantuk..

  82. Patramantra

    @bang bregud: makan bubur tuh ilmu andalan orang cina agar cepat kaya…zizizi….3x
    @bang manwan: kopi susu jahe 2 ya… Buat aye ma bang bregud cepat g pakai lama….
    @bang cungkring cerbon: jgn ngintip doang…Monggo masuk ki…

  83. awie hu pk.622

    wanman ayo jabarin amalan ayat pitu biar para sedulur tambah semangat

  84. sunan kali bening@…seng jualn uduk janda aki,,,,

    seng julan simbah lanang,,,qiqiqi,,

    klo janda herang.. sana thuu..masii 8 kilo lgi jauhnya,,dari kwa sini…. qiqiqi….

    pieess piiesss piees… pipis//hea hea hea..

  85. ilmi crb

    Nyimak baelah……………

  86. Patramantra

    Sadarkah saudara, bahwa matematika, psikologis, bahasa bahkan ilmu fisika, kimia, biologi terkandung dalam ilmu keghaiban. Dan itu lebih maju ilmu bathin/ghaib/sihir dari pada yang diajarkan dalam sekolah formal.

  87. wong_ gentur

    Assalamu’alaikum Wr..Wb… Bismillahirrohmanirrohmanirrohiim..Asyhadu anla ilaha ilallahu wa asyhadu anna muhammadurrosulullloh SAW..Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa’ala aali sayyidina muhammad (Sholallohu’alaih..).. La haula wala quwwata illa bil qudratulloh.. La haula wala quwwata illa bil iradatulloh..La haula wala quwwata illa bil kalammulloh..La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhiim..
    Salam hormat takzim & Kenal @ki Wongalus, Para Sesepuh KWA, mbah Kyai,mbah al ustadz..santri2..khususon bolo wongalus…SALAM ASAH,ASIH DAN ASUH..Perkenalkan al dhoif,al faqir, hamba wong_gentur hanyalah seorang yang terlampau bny dosa di kampus ini bahkan di dunia fana ini..hamba hanya ingin silaturahim dgn smua bolo wongalus di kampus tercinta..Dan sudilah kiranya hamba yg dhoif, faqir, serta plg bny dosa ini diterima disni..KWA.. Hatur Nuhun ka sadaya.wilujeung wengi..Wassalamu’alaikum Wr.Wb..

  88. awie hu pk.622

    weleh…weleh

  89. aki patramantra@… psen dua ya,,ok bntar aq buatin,,, susunya msih peres di kandang nya… biar rasa asli susu,,,,qiqiqi… harganya gk mhal buat aki ber dua,,,,

    ckup…di babrkn ilmunya aja….stuju yaaa… maksa coom,,,hehehe

    awie hu@ klo ayat 7,,, aq lom punya tuh,,, tpi klo keris luk pitu… aq punya.. klo mau

    tk kiremne gratis,,, cuma pantangnnya jgn di buat nusuk orang ya,,, soalnya terbuat dri kayuu.. xi xix xi,,,,
    awiee hu@ smunggo lek jnengan duwe ayat 7… moggo kerso di babar…. aq tk gawe jahe psesn dlu,,,xixixi,,,

  90. gundul

    kalo saya pernah ketemu orang yang agak mangkel ketika memanggil tmnya jin kok dtg2 untuk melihat apa ditempat itu ada pusaka. nah ketika suatu hari ketemu si jin, orang ini tanya kenapa saya panggil kok gak mau dtg, tahu nggak jawab si jin, Le buat apa kamu kumpulkan pusaka banyak2, ntar bisa mengganggu keimanan dan merawat pusaka itu susah. orang itu cuman diem aja.

  91. oh naseeb pulsne habisss… wktu jua yg memisahkn qta..

    nwuwun pamit cek pro sdreeek… sepuuh,,,,

    arep istiraht dlu,, moggo di lnjuud acarnee…

    yg penting jgn anarkiisss….piiecccc…

    asslamu alikuum..

  92. Bintang-_-timur

    Mikum…
    Ada yg bisa saya banting? Hehehe

    Numpang tenar bae. . .

  93. om wawan sleman

    @ all sedulur, ngapunten telat hadir.
    sugeng ndalu poro sedulur. ijin nyimak saja, monggo dilanjutttttt

  94. wong_ gentur

    Assalamu’alaikum…Salam kenal @Si Pitung,,Awie Hu,,Manwan,,Gundul>>(apanya yg gundul mbahe..gkgkgk..) Salam Asah Asih Asuh..

  95. si_PITUNG

    awiehu@
    ooo salah sasaran ya
    iya sy maafkan
    sy jg minta maaf bila ada salah kata

    seharusnya artikel ini bukan di kwa
    tp gpplah buat informasi
    karna penulis ini
    selalu aja menuduh orang yng diluar kelompoknya
    sesat n bid’ah

    apalagi sama kita semua yng mmpelajari ilmu kebatinan
    isi dari islam

    salam perseduluran

  96. wong_ gentur

    tak lupa tuk sesepuh salam takzim mbah@Om Wawan Sleman…Wilujeng Wengi ka Sadaya yg lg pd ol…

  97. ngaran

    wuah…artikel mantab…nih pencerahan qolbu…
    Yg ga setuju jangan sewoooot…lebih baik dibaca pelan2 dihayati,trus intropeksi jangan langsung menghujat,diajak benar ko ngeles .kleiatan sombongnya nampak mentang2 dah sering wirid ribuan x dah ngerasa bener…aneh orang sekarang.Allah ga butuh wirid yg banyak2 sampe ribuan karena yg yg diutamakan itu yg ikhlas walau secuil,apakh anda sudah ikhlas tanpa embel2 pd saat wirid…? Ga perlu dijawab tanya aja pada hati nuranimu…semoga Allah menyadarkan kalian …amin.

  98. om wawan sleman

    artikel ini menarik untuk disimak dan menjadi bahan renungan.

    @ wong gentur. salam takzim ki, sugeng ndalu.
    maaf off dulu, nanti malam onl lagi. lagi akeh gawean.
    monggo dilanjut

  99. Ndruwo

    Huuaahahahaha
    Sudah2…!!!DIAM SEMUA JGN EYEL2AN. yg py kitab tebal sana dipelajari…jgn eyel2an disini. Sy ingatkan… KUANFUSAKUM WA AHLIKUM NARO.. Selamatkan DULU ahlimu sendiri dari api neraka… Hakekatnya apa yg ada didalam wadagmu karena bsk itu akan bertanggungjwb dihadapan Alloh SWT. BUKAN ANAK DAN ISTRIMU JG GOLONGANMU. Renungkan itu. Ayo pada merenung sana…!!! Huaahahahaha

  100. Gentar ali

    Ude kagak usa banyak cincong lg langsung sikat ajeh nie yg mulis artikel,
    ayo…Mana jawara2 kwa hajar tu wahab..

  101. si_PITUNG

    @ngaran

    salam kenal

    anda benar
    wirid
    zikir
    ribuan kali
    tp gk iklas
    percuma

    sedikit
    tp iklas
    insya ALLAH
    di ijabah

    apa saudaraku
    juga mengamalkan satu zikir?
    yaitu zikir nafas

    ini zikir jk kt faham
    bisa digunakan buat hal positif
    mohon
    sesepuh yng tau zikir nafas
    mohon di babar

    klw sy yng babar
    ntar kena tempeleng kepala sy sama guru sy
    krna sy blum di izinkan

  102. awie hu pk.622

    fadlilah ayat pitu ( ayat tujuh )

    BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

    1. QUL-LAN-YUSHIIBANAA ILLA MAA KATABALLAAHU LANAA ( CARA BACANYA: QULLAYYUSHIIBANA… )
    HUWA MAULAANA, WA ‘ALALLAAHI FAL YATAWAKKALIL MU’MINUUN.

    2. WA IYYAMSASKALLAAHU BI-DLURRIN FALAA KAASYIFA LAHUU, ILLA HUWA, WAIYYURIDKA BIKHOIRIN FALAA ROO_ODDA LIFADHLIH, YUSHIIBU BIHI MAN YASYAA_U MIN ‘IBAADIH, WA HUWAL ‘AZZIZUR ROHIIM.

    3. WAMAA MIN DAA_BBATIN FIL ‘ARDLI ILLA ‘ALALLAAHI RIZQUHAA WA YA’LAMU MUS-TAQORROHAA WA MUSTAUDA’AHAA, KULLUM FI KITAABIM MUBIIN.

    4. INNI TAWAKKALTU ‘ALALLAAHI ROBBI WA ROBBIKUM MAAA MIN DAA_BBATIN ILLA HUWA ‘AKHIDZUUM BINAASHIYATIHAA, INNA ROBBII ‘ALAA SHIROOTHIM MUSTAQIIM.

    5. WA KA-AYYIM MINDABBATIL LAA TAKHMILU RIZQOHAA, ALLAAHU YARZUQUHAA, WA IYYAAKUM, WA HUWAS SAMII’UL ALIIM.

    6. MAA YAFTAHILLAHU LINNAASI MIN ROHMATIN FALAA MUMSIKA LAHAA, WAMAA YUMSIK FALAA MURSILA LAHUU MIM-BA’DIH, WA HUWAL ‘AZIIZUL HAKIIM.

    7. WA LAIN SA-ALTAHUM MAN KHOLAQOS-SAMAAWAATI WAL ARDLO LAYAQUULUNNALLAAH, QUL AFAROAITUM MAA TAD ‘UUNA MIN DUUNILLAHI IN AROODANIYALLAAHU BI DLURRIN HAL HUNNA KAA SYIFAATU DLURRIHI, AU AROODANII BIROHMATIN HAL HUNNA MUMSIKAATU ROHMATIH, QUL HASBIYALLAH, ‘ALAIHI YATAWAKKALIL MUTAWAKKILUUN.

    tata cara: dibaca pada pagi dan sore
    kegunaannya : barang siapa membaca ayat tujuh dari Al-Qur’an ini maka tiada seorangpun dari makhluq Allah yang bisa menyakiti. Insya allah dicukupi rizqinya

    ijazah dari KH.Syeh Ahmadi bin Sairozi

  103. Gentar ali

    Wah..Gimana presiden kwa ini. Kok wahab da berani unjuk gigi.
    Ayo..
    Heem..

  104. Laskar lembu suro

    Aslkm hadir mlm mas wawan ikut kabur

  105. Gentar ali

    Kwa di aduk2 wahab.. Hihihi…

  106. wong_ gentur

    SEPIII.. yaaa,, yg ad hanyalah Hening…wah.wah.Dalam hening ad yg sedang “MENEMANI..” rupanya toh.. yo Wis, Qt ngobrol sini.. Ga ad yg tau ko,, cuma hanya ad Qt..

  107. Gentar ali

    Presiden nye kemana kok diem ajeh.

  108. si_PITUNG

    @wong_genthur
    wa alaikum salam wr wb

    salam kenal kembali
    salam perseduluran

    artikel ini jng kt pandang secara kulit
    tp kt lihat hakikatnya

    kt boleh belajar kebatinan
    ,hikmah
    apapun namanya

    tp intinya satu
    hnya kpda ALLOH
    tmpat kt memohon

    jng smpai kt
    tertipu
    dngn pesona keghaiban
    krna pd hakikatnya
    hnya pd ALLAH
    yng uda jumpa jin sakti,khodam,sedulur papat
    jngnlh kt lupa pd ALLAH

    maaf bila ada salah kata

  109. Dimas_rangga

    Mlm..ikut nymk aja..5w coment takut slh..krn sy org bodo..kabuuur lg ah..wuuzzz..

  110. === jangka sewu ===

    ABSEEEEEEEEEEEEEEEEN MALAM
    wah kayanya paham WAHABI masuk nih haaaaaaaaaahaaaaaaaahaaa
    kaya nya paham begini JANGAN DI MASUKAN DISINI dong sbb BUKAN JALURNYA katanya ga ingin ada PERDEBATAN dan ga mau PERCEKCOKAN tapi ko spertinya memancing ke ARAH SITU
    PUSIIIIIING DEH
    ARTIKEL DI ATAS BUKAN UNTUK PERENUNGAN .
    APA YANG MAU DI RENUNGKAN ………………
    KALAU KITA BENAR2 MERENUNG MENURUT ARTIKEL DI ATAS
    BERARTI SAMA DENGAN MEMBUNUH KEYAKINAN LAMA DAN MENGGANTINYA DENGAN KEYAKINAN BARU
    ITU BERARTI SAMA SAJA BUNUH DIRI BUAT KAMPUS WONG HALUS
    SEBAB OTOMATIS ILMU2 YANG KAMPUS WONG ALUS BABAR SELAMA INI SUDAH TA BERGUNA SBB MENJADI SESAT DAN MENYESATKAN SEKALI LAGI SESAT DAN MENYESATKAN (bukan kata sya lo sesat tp kata artikel di atas pd bgian ahir coba sdulur bca lg nih sy kutip bg ahirnya ””’Tiada pula ilmu aji tunggeng mogok, mantera pelet media rokok, ilmu kontak, ajian mahabbah, pengasih, ilmu debus, mantra guru sajab. Ilmu- ilmu semacam itu tiada lebih dari peninggalan ajaran- ajaran Hindu dan Budha yang dicampur adukkan dengan Islam sehingga menjadi sesat dan menyesatkan.”” )
    MAAP SERIBU MAAP BUAT PINI SEPUH SEBAIKNYA ARTIKEL DI ATAS DI HAPUS DAN DI GANTI DNGN YANG LAIN
    MAAPKAN SY YANG BODOH INI SY COMENT KARNA SY CINTA DAN SENENG MASUK ANGGOTA WONG HALUS . MAKASIH

  111. Gentar ali

    Presiden nya mandul…Presiden nya mandol. Kagak becus…

  112. Gentar ali

    Kwa uda keropos ,Presiden kagak becus.
    Coment yg jelek di gusur, yg penting keliat bgus,tidak peduli gusur sana gusur sini.

  113. wong_ gentur

    @Laskar Lembu Suro..@Gentar Ali..@Awie Hu.. Salam Salim lan ASAH ASIH dan ASUH..kagem panjengan All…SALAM KENAL…

  114. Gentar ali

    Wah.. Nie yg nulis artikel uda di kirim petir nie kalau ada Raja Sigentar alam kemana hihihi..

  115. ngaran

    pitung@ salam kenal kembali….waah aku gau tau mas dzikir nafas yg aku tau hanya dzikir biasa dan lagi dibiasakan / belajar cuma dzikir biasa juga sholawat ba’da sholat wajib apa yg diajarkan guru,hanya diajarkan istiqomah dan ikhlas….

  116. awie hu pk.622

    dah. dah. mendingan hapalin tuh doa ayat 7, ga usah comment lg

  117. wong_ gentur

    Tatkala Qt jauh dari orang yg Qt KASIHI, terasa teramat sangt RINDU,,?? knp ya..??? yo wis tak tny dl ama AURA KASIH wae..

  118. Gentar ali

    Mandul mandul pacul cul cul….Cul…Cul…

  119. awie hu pk.622

    pernapasan bisa dilihat melalui power papat lima pancer atau melalui reiki. karna mempunyai penyelarasan yg sama dan lebih mudah dijalankan. silahkan dilihat di artikel album kwa ini

  120. rieke

    Mas mbok ya kalo buat artikel yg valid, nanti malah jadi bahan ketawaan lho.. Saya tdk mempermasalhkan benar tidaknya ato baik buruknya artikel anda tp kalo datanya saja sdh ngawur apakah msh bisa dikategorikan benar?? Cerita : betapa terkejutnya anak Kyai besar tadi, di dalam kamar kecil yang angker itu ternyata adalah sebuah WC dan mushaf Al-Quran yang di penuhi dengan tahi. La haula wala quwwata illa billah….Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari syetan yang terkutuk. Itu hanya HOAX mas..sekali lg HOAX.. dan itu sdh banyak yg tau kok.. Jadi mari kita koreksi diri sendiri, jgn sampe niat kita beramar mahruf nahi munkar disusupi nafsu yg malah akan membawa kita kpd kesombongan. Semoga kita semua termasuk kedalam golongan yg mendapat syafaat Nabi di hari akhir nanti. Amin

  121. awie hu pk.622

    pusiing

  122. Sartono Jenar

    Wowww…….

  123. Gentar ali

    Jawara2 kwa da kabur semua,presiden nya kagak becus…Kagak becus…Kagak becus…
    Hihihi…

  124. Patramantra

    Jawaban artikel di atas. Ada di artikel saya “PERLUKAH KITA BELAJAR ILMU GHAIB” tapi sayang, aku baru malas nerusin nulis artikel tsb.
    SEBAGAI BAHAN PERENUNGAN bersama
    *Anda pasti pernah dengar Legenda Benua yg Hilang “BENUA ATLANTIK
    dunia percaya peradaban kemajuan teknologinya lebih canggih dari peradaban sekarang. Kemajuan teknologi diperoleh dg menggabungkan ilmu pengetahuan dan ilmu keghaiban. Dunia percaya letak benua atlantik sekarang adalah negara INDONESIA. Jadi kita adalah pewaris puing-puing peradaban tsb. Maukah kita menyusun kembali puing-puing tsb. Agar kejayaan berbangsa, bernegara, beragama maupun spiritual berpusat di NEGERI tercinta ini.
    *Mengenai Ilmu Haq dan Bathil. Bukan saja milik orang Arab. Orang jawa, melayu, dayak, sunda, betawi maupun daerah yang lain juga punya ilmu haq. Orang jawa menamakan ilmu sejati yaitu ilmu kekuatan yg berasal dari pengolahan bathin…atau kaji diri. Ilmu ini diperoleh dari perenungan diri dan pencarian hakekat dalam hidup.
    *Justru saya kasihan sama penulis. Dia hanya menganggap kedasyatan ilmu kekuatan bathin hanya bisa diperoleh dg kerjasama dg jin dan setan maupun iblis saja. Dan ia justru meragukan sifat Allah yang maha pengasih dan penyayang. Karena menganggap hanya orang tertentu aja yang bisa mendapatkan karomah.

  125. wong_ gentur

    Engkau seperti sesuatu yg slalu memenuhi dlm diriku, sesuatu yg sedetik ku kenal sedetik kemudian tak ku kenal, sesuatu yg menggetrkan isi kepala& bathin ini..sesuatu yg agh..teramat mudah namun sulit.. wowwww.. cuma aq yg merasakanmu, disaat orang sibuk dlm kesibukanny … ahh..begitu indah nya keberadaanmu dlm diriku…

  126. awie hu pk.622

    nyimak

  127. wong_ gentur

    Damaiiiii…Tentreemmm… Ademmm..Ayemmm… yah itulah yg bs kurasakn saat ini.. Adakah yg ingin berbAGI DGN HAMBA YG PALING BANYAK DOSAA DIMUKA BUMI INI.. ??

  128. === jangka sewu ===

    trus terang sy dulu masih plin plan. dan sya pernah berkeyakinan sperti paham wahabi (ya kurang lebih paham sprti artikel di atas ) sampai2 sempat dirukiah (menurut sy pengobatan pengusir jin paham wahabi dengan cara di rukiah silakan baca kitab kifayatul insan wal-jin ) dan sesudah di rukiah jadi bingung dan serba salah coba sja sdulur bayangkan mau dikir siri takut salah sbb blm pernah sy tau hadis yang menerangkan dikir siri terus mau dikir asmaul husna juga takut salah sbb kata ustad yang merukiah dulu ada orang yang ngamalin asmaul husan eh pas dirukiah jin atau khodam dari asma yang sering di wiridkan keluar dan ngomong . sbb yang sy tau wktu itu dari ustad tsb yang di dikirkan itu yang ada hadisnya dari rosulullah (yang pernah dilakukan oleh rosulullah). pokoknya wktu itu jadi pusing sendiri . pikiran sering kosong dan hati merasa jauh mrasa sring planga plongo. merasa ga ada pegangan. dan wktu itu sy langsung kembali ke keyakinan awal dalam dikir atau wirid . tapi ada perobahan dalam mencari ilmu atau ngamalin suatu ilmu. yang asalnya dari al quran dan bahasa arab sy jalankan. tapi luar dari itu sy harus berpikir 7 kali buat ngamalin yang berasal dari jangjawokan ataupun mantra. maap bukan merendahkan jangjawokan ataw mantra skali lgi maap . tapi keyakinan mnurut pengalaman yang pernah sy jalani sehingga mmpunyai prinsip sprti itu.
    maap para sdulur itu cuma sdikit pengalaman saya yang bodoh menyangkut artikel di atas yang sy alami sendiri

  129. Gentar ali

    Mantap om tampamantra,tak acungi 2 jempol hihihi…
    Jd presiden ajeh om..

  130. Patramantra

    @om gentar ali: g mau jadi presiden saya, lebih enak jadi wong dezzo…hikhikhik….3x

  131. wong_ gentur

    @Awie Hu… @Jangka Sewu.. maen tebak2nn ama hamba yg dhoif, y plg bny dosa ini yuk…GAMBOA VS CHRISS JHON adu jotos sapa yg menang ayo??

  132. wong_ gentur

    @Gentar ali jg boleh ikut nebak jika berkenan..atw all yg lg pd ol ne.. GAMBOA VS CHRISS JHON..? Sopo sing MENANG…? Sopo sing KALAH…??

  133. Bocah lawu

    Wuih kok uyel uyelan enek opo iki… Bobok ajalah…

  134. Gentar ali

    Om tampamantra, om itu cocok jd presiden, linuwi tampa manta, berwawasan n bisa melihat situasi hihih…
    Atau jd tukang adu kambing ajeh om hihihi…

  135. wong_ gentur

    @ Ki Patra Mantra boleh ikut nebak jg ne…??

  136. batara pancer buana

    asalmualikum wr wb
    om jangka sewu biasanya jarang coment kayanya cuma liat and mengikuti perkembangan. ayo anggota kwa yang udah lama yang lain lgi pd muncul ngasih coment . ky om jangka sewu ini juga buat kemajuan dan kelangsungan kejayaan kwa. hehe
    sy stuju buat coment yang kamu utarakan om jangka sewu sy kutip lagi ya
    ARTIKEL DI ATAS BUKAN UNTUK PERENUNGAN .
    APA YANG MAU DI RENUNGKAN ………………
    KALAU KITA BENAR2 MERENUNG MENURUT ARTIKEL DI ATAS
    BERARTI SAMA DENGAN MEMBUNUH KEYAKINAN LAMA DAN MENGGANTINYA DENGAN KEYAKINAN BARU
    ITU BERARTI SAMA SAJA BUNUH DIRI BUAT KAMPUS WONG HALUS
    SEBAB OTOMATIS ILMU2 YANG KAMPUS WONG ALUS BABAR SELAMA INI SUDAH TA BERGUNA SBB MENJADI SESAT DAN MENYESATKAN SEKALI LAGI SESAT DAN MENYESATKAN (bukan kata sya lo sesat tp kata artikel di atas pd bgian ahir coba sdulur bca lg nih sy kutip bg ahirnya ””’Tiada pula ilmu aji tunggeng mogok, mantera pelet media rokok, ilmu kontak, ajian mahabbah, pengasih, ilmu debus, mantra guru sajab. Ilmu- ilmu semacam itu tiada lebih dari peninggalan ajaran- ajaran Hindu dan Budha yang dicampur adukkan dengan Islam sehingga menjadi sesat dan menyesatkan.”” )
    MAAP SERIBU MAAP BUAT PINI SEPUH SEBAIKNYA ARTIKEL DI ATAS DI HAPUS DAN DI GANTI DNGN YANG LAIN
    MAAPKAN SY YANG BODOH INI SY COMENT KARNA SY CINTA DAN SENENG MASUK ANGGOTA WONG HALUS . MAKASIH.

  137. wong_ gentur

    GAMBOA VS CHRISS JHON…??

  138. Penulis@sbgi org jwa,aku sgt tersinggung.artikel gak bermutu..artikel kyok GIATEEL aja dimuat.ngapain,km melarang2 kami,mempelajari plet media rokok dn ilmu2 lain.yg ptg kami gak berskutu dgn jin rak yo wes.urusin aj selingkuhanmu itu dgn tetanggamu yg pelacur itu.org km sndri sm kelompokmu aj msh doyan wanita gtu,sok suci kmu.didik aj ank perawan mu yg sekolah di smu itu yg jd cwek cabutan itu aj.gak ush urusin kami?

  139. wong_ gentur

    Sapa pendukung GAMBOA…???

  140. Gentar ali

    Yg menang tukang ngadu nya om.

  141. Bocah lawu

    Aku njago wong gentur…xixixi bobok ajalah

  142. wong_ gentur

    Sapa Pendukung CHRISS JHON…???

  143. wong_ gentur

    CHRISS JHON atw GAMBOA…??? GAMBOA atw CHRISS JHON…??? Ayo pasang taruhannnny, tp bkn pake uang…!! Taruhanny pake ilmu dan amal ibadah yo..??? Sapa yg plg bny ILMUny dan Paling bny AMALny…otre…Atw apa ada masukkan sedulurku kabeh, OPO SING JADI TARUHANNYA…?????

  144. === jangka sewu ===

    OM BATARA PANCER BUANA thanks
    om batara kumaha damang yeh ? hehehe walau dekat tp jarang ketemu

  145. Bocah lawu

    Aku bertaruh wong gentur pasti menang xixixi bo2k ajalah

  146. wong_ gentur

    GELAR RING TINJU DUNIA… PARTAI PANAS ANTARA PETINJU DARI DUA BENUA..BENUA HITAM DAN BENUA PUTIH…ayo pasang taruhannya dulur2,…???

  147. Bocah lawu

    Aku bertaruh buat wong gentur… Bobok ajalah.

  148. Gentar ali

    Kwa uda kacau balau
    misi nya melestarikan kebudayaan,eeh artikel kayak ini di post..
    Cetek kagak becus..

  149. wong_ gentur

    @Bocah Lawu….Wah2…ckckck..mbahe piye toh mbah..Sy ini bukan petinju mbah.. sy cm hamba yg lg bny salahny daripada benernya mbah..kartu kuning sampeyan..!!! gkgkgk..

  150. om wawan sleman

    absen malam poro sedulur semua
    monggo dilanjut

  151. === jangka sewu ===

    wong gentur benar 2 partai panas ring tinju dunianya . ane ga mau bertaruh ah soalnya udah kepanasan duluan .haaaahahahaaa

  152. Bocah lawu

    Selamat malam om wawan… Ayo pilih mana om tinjunya.. Aq tetep pilih wong gentur yg menang

  153. wong_ gentur

    @mbah Bocah Lawu…nicknny good..Lawu Lalang.. uppss, itu mah Lalu Lalang…Punten ah…tuh kan sy mah msh bny salahny drpd benernx…Sy mo minta masukkan@bocah lawu ne,, kira2 taruhanny yg bgs opo yach//?? yg greget taruhannx, biar bny yg nonton PARTAIRING TINJU DUNIA HITAM DAN PUTIH spt judul artikel…????

  154. Bocah lawu

    Pokoknya terserah km mau omong apa… Sy tetep pilih wong gentur… Km pilih mana…xixixi

  155. om wawan sleman

    @ bocah lawu, saya menjagokan yg menang saja. yang menang saya belikan nasi goreng dan kopi .
    monggo dilanjut

  156. === jangka sewu ===

    LEBIH BAIK ARTIKEL DI ATAS DI HAPUS SAJA
    SEKALI LAGI ………………
    KAMPUS WONG HALUS SAMA SAJA BUNUH DIRI KALO MENURUT ARTIKEL DI ATAS SEBAB KALO MENURUT ARTIKEL DI ATAS BERARTI
    KAMPUS WONG HALUS
    “” SESAT DAN MENYESATKAN “” SAKALI LAGI “” SESAT DAN MENYASATKAN “”
    MAAF BUKAN KATA SAYA LOH TAPI KATA ARTIKEL DI ATAS .
    SAYA KUTIP BAGIAN AHIRNYA DARI ARTIKEL DI ATAS
    ”’ Tiada pula ilmu aji tunggeng mogok, mantera pelet media rokok, ilmu kontak, ajian mahabbah, pengasih, ilmu debus, mantra guru sajab. Ilmu- ilmu semacam itu tiada lebih dari peninggalan ajaran- ajaran Hindu dan Budha yang dicampur adukkan dengan Islam sehingga menjadi sesat dan menyesatkan ”’
    MAAP PARA PINI SEPUH WONG ALUS DAN BP PERSIDEN KWA .BUAT KEMAJUAN KAMPUS WONG ALUS SEBAIKNYA HAPUS ARTIKEL DI ATAS SBLM LBIH BNYAK LAGI KRITIKAN YANG PEDAS YANG MEMICU PERPECAHAN .PERDEBATAN DLL

  157. Gentar ali

    Kagak becus..Kagak becus jgan2 wahab jg.
    Kabur aah kagak ade mutu nye.
    Lain misi lain yg di post.
    Nama nye menjatukan semangat orang belajar.
    Kagak becus..Kagak becus…

    Om tampamantra lanjutkan tausya2 nya mantap. Ane menjurah hormat. Hihihi…

  158. wong_ gentur

    Sambil menunggu dulur2 pasang taruhannx… LADIES and GENTLEMENT.. Sy perkenalkan yg bertindak sbg INSPEKTUR PERTANDINGAN, dan jg sbg RING ANNOUNCER merangkap WASIT dan JURI skaligus… BERI APPLAUS SAMBUTAN YANG MERIAH KEPADA…….Mr……….@OM WAWAN SLEMAN…. kabooorrrrr

  159. Patramantra

    Ini hanya wacana aja ya….
    Ilmu mengenal diri… Itu bukan milik orang arab aja… Dan orang jawa menyebutnya ilmu sejati. Kekuatan Ilmu ini bukan bersumber dari sejenis mantra dan dzikir tapi pada perenungan hakekat diri, alam semesta dan kekuasaan Allah. Dalam tradisi jawa diturunkan dlm bentuk Wejangan pemahaman dan pengertian tentang ke-tiga hal di atas. Setelah paham seseorang bisa mengetahui unsur/elemen dalam diri dan alam semesta. Dan orang tsb bisa dikatakan sbg orang setengah dewa karena insyallah sudah bisa mengendalikan alam…(tp saya hanya orang biasa lho …Jd jgn dianggap manusia setengah dewa… apa lagi pimpinan dewa band, atau malah suaminya dewa-dewi zizizi…..99x)
    @gentar ali: apa enak jd tukang adu kambing aja ya…
    @wong_gentur: aku tak jago om wawan aja…

  160. wong_ gentur

    ngintip bentar…eittt.. msh ada SNIPER… Kabuuuurrrrr.

  161. Bocah lawu

    Poooweere ennnteeek poookkkoooke teetteepp wooonngg geeeennntuuuurrr…
    @sedulur udah deh cuma artikel aja kok ditanggepi..mana orangnya g ada lg… Anggap saja setan ya. Yg penting kita2 g spt yg mereka kira. Oke. Tp ya hrs ada konsekwensi dr dalam diri kita… Jgn cuma omong doang ya. Yg penting kt tetap asah asih asuh eling lan waspodo….
    Piye.. Aq tetep pilih wong gentur …xixixi

  162. Bocah lawu

    Poooweere ennnteeek poookkkoooke teetteepp wooonngg geeeennntuuuurrr…
    @sedulur udah deh cuma artikel kyk gt aja kok ditanggepi..mana orangnya g ada lg… Anggap saja setan ya. Yg penting kita2 g spt yg mereka kira. Oke. Tp ya hrs ada konsekwensi dr dalam diri kita… Jgn cuma omong doang ya. Yg penting kt tetap asah asih asuh eling lan waspodo….
    Piye.. Aq tetep pilih wong gentur …xixixi

  163. om wawan sleman

    wong_ gentur , jangan kabur ki,
    aku dadi tukang nyimak saja.

  164. mbiting

    salam salim sungkem dulu ahhh ma poro sesepuh dan warga kwa…..cupp cuppp muahhh….

    barusan dari warung….ngopi…..nyleput2 jajan….
    ruamme di warung, akhirnya kebagian jatah duduk mojok…grimis rodok2 adem…
    ada yg pesan jahe, ada yg pesan teh panas tapi yg kebanyakan ya nyruput kopi….
    tiba2 ada yg pesan es jhosua…..lah teman saya langsung nyletuk ” wong iku panas dalam tah kog adem2 pesen es” saya cuman ngakak “lah wong yg buat beli duitnya dw…yg minum juga wongnya dw….” sahut saya….
    akhirnya mgkin karena sungkan orang yg pesan es jhosua minta dibungkus aja es nya….langsung mbayar ” pak lek, uangnya recehan ya…sepurane….” katanya….
    teman saya nyletuk lagi…. ” mari ngamen yo pantes ngelak….”
    hwkwkkkkwkkkwkk….orang2 kontan pada ketawa….yg beli es nyengir dan pergi…..
    pak lek yg punya warung sambil tersenyum ngomong ” saya buka warung, yg datang ndak cuman satu tipe orang, beragam orang setiap hari datang dengan maksud dan keinginannya masing2….
    mau bayar pake uang receh ya boleh… bayar pake uang kecil atau besar jg gpp wong tetep namanya uang cuman beda bentuknya aja tujuannya sama….yaitu mbayar….”
    ” le….yen wonge mundak nesu terus sampean disumpahi supaya juga kepingin es terus piye….”
    ” lah kalau ngomong ke teman2nya….ngomong ke saudara2nya…ngomong ke tetangga2nya kalau beli jangan diwarung ini karena takut di omongi yg aneh2 terus piye…heheheee….dari satu orang bisa jadi satu kampung yg merasa tersindir…..”
    ” kadang perbedaan itu memang janggal…ngganjel….tp itulah perbedaan, makanya saya jualan ndak cuma jualan kopi thog….heheheee…..mau ngobrol thog ndak beli ya gpp mung ngampung maen sekak thog….wong jenenge warung nggone soboe wong teko ndi2….”
    teman saya cuma mlongo aja….kenapa dari hal yg nampaknya sepeleh kok jadi sepoloh…..

  165. Gentar ali

    Kurang puas hati ane sekali lg kagak becus..Kagak becus… Nyebur kelaut ajeh hihihi..

    Selamat tingal kwa, sebentar lg bubar. Jd sarang wahab.

  166. Bocah lawu

    @sedulur..td sy pas dijalan ktemu orang trus sambil ngobrol kesana kemari sy dikasih tausiah…
    Gini:” klo apa yg kita inginkan bs cpt terkabul ada 3 hal yg perlu dilakukan..
    1. Jujur kpd Alloh
    2.Jujur kpd diri sendiri
    3. Jujur kpd alam yg kita pijak.. Smg bermanfaat dunia akhirat.

  167. Tak bernama

    Salam cium tangan tuk ki wong alus,
    Salam asah asih asuh tuk bolo kwa semua

  168. awie hu pk.622

    duh kok ga ada yg keluarin ilmunye

  169. wulyojati

    wulaaa
    baru mau ngampus kn ni mata sepet..qiqiqiqi

  170. wulyojati

    ngbntuk bin sepet ni mataa

  171. wong_ gentur

    Ada masukkan td dibelakang Ring… Pelatih kedua petinju blg ama Sy… ktny ginii… “ayo..sapa yang pny ilmu kebal, pukulan dkt atw jarak jauh, atw menghilang skalipun.. disuruh melawan GAMBOA atw CHRISS JHON…”>>>>kabooorrrr.. msh nampak OM SNIPER…

  172. wulyojati

    ga ada oyg krm kofi panas nih

  173. Assalamualaikum..hihihh..Absen seperti biasa..walah kwa jadi kicau ria..@ walah ada gentar ali…..om gentar ali tanya nih si gentar alam kemenong ya…hihi…hilang tanpa jejak..

  174. wong_ gentur

    njih mbah @OM WAWAN SLEMAN….soale Sy kl ga dicari SNIPER pasti dikejar2 DENSUS 77..

  175. Tak bernama

    Sabar dulu om om sekalian,
    Api yang membara di siram dulu. . . .
    Demi KWA
    Demi PASEDULURAN

  176. Bocah lawu

    @wong gentur ..ayo pilih mana..kok kabur. Pokoknya sy pindah tempat. Tetep satu aja wong gentur yg tk pilih.. Pilih mana? Xixixi
    @mbh wulyojati.. Salam salim mbh. Nwnsewu niki lg gojegan

  177. om wawan sleman

    @ wong gentur, tenang aja om, kalau di kejar densus tinggal pakai panglimunan, beres dach

  178. wong_ gentur

    @OM WAWAN SLEMAN…Punten ieu,,, mbah punya wig GAYUS ga..??? kl ada boleh pinjem toh mbah…kl ngamplop ke SNIPER atw DENSUS 77, Sy ga pny FULUSnx…

  179. awie hu pk.622

    kok jdi gini

  180. Tak bernama

    Sekarang jam istirahat ngampus mw mandi dulu ahh..
    Biar sueger sblm ngampus lagi

  181. @awi hu…hiii..@bocah lawu.@waluyo jati…@ malem semua..,

  182. awie hu pk.622

    bagi para sesepuh tlg ijazahkan saya doa fulus

  183. Bocah lawu

    Ada yg ketinggalan maaf
    @mbh Dadar gulung salam salim jg mbah
    @om wawan s… Kelihatan ceria aja..
    @om tak bernama.. Gak ty lg deh nama e salam salim jg ya..

  184. @om wawan sleman..met malem…. @Bocah klawu..@awi hu…huwik…huwik..huwik…udah gak melas melas lagi bos..

  185. awie hu pk.622

  186. wong_ gentur

    sruup…tawassul dulu ah tuk syeikh Asy-Syadzily qs…tuk kenikmatan secangkir kopi hasil penemuan beliau… Tsumma illa hadrotin…. bi barokati sirri lahu syaiun lillah…al fatihah..sent…sruuppp..sruuppp.. sambil bakar gahru cap 234.. monggo lanjut PARTAI RING TINJU DUNIAnx…

  187. @awi hu…mau mintak di ijazahin bos,gampang bisa di atur.. Wanii piroo?….

  188. awie hu pk.622

    pade kemana

  189. wong_ gentur

    “YAA HABIBIE..YAA HABIBIE.. YAA HABIBIE MUHAMMAD…( Shollu’alaih….)”…

  190. walah jebule kok ngantuk…sepet tenan..mata rasanya…

  191. Bocah lawu

    @pr sepuh.. Jg sedulur2 maaf sy off dulu… Td lum isya’ monggo dilanjut.
    @wong gentur udah ya…becandae.. Pokoke tetep pilih wong gentur..xixixi

  192. om wawan sleman

    @ wong gentar, ngak punya bos, masalah fulus masalah kecil itu, nanti aku kasih. barusan tadi aku cetak .
    @ bocah lawu, iya ki baru nyantai , kerjaan warung sudah beres semua. monggo kalau mau off. matur nuwun.
    @ dadar gulung salam salim ki. sugeng ndalu

  193. ah dah pada males…artikel bikin kicau aja…sy deket orang yg punya pemahaman begini..ampun amit2 bgt..sok suci di ajak salaman gak mau..di tanya gak jawab,,sholawat gak boleh pake sayidina…

  194. awie hu pk.622

    opo tuh wong gentur

  195. Sudadi

    Di tengah keheningan malam, coba merenungkan diri tentang:

    1. Kepala kita!, Apakah ia sudah kita tundukkan, rukukkan dan sujudkan dengan segenap kepasrahan seorang hamba yang tiada daya di hadapan Allah Yang Maha Perkasa, atau ia tetap tengadah dengan segenap keangkuhan, kecongkakan dan kesombongan seorang manusia?
    2. Mata kita!, Apakah ia sudah kita gunakan untuk menatap keindahan dan keagungan ciptaan-ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, atau kita gunakan untuk melihat segala pemandanga dan kemaksiatan yang dilarang?”
    3. Telinga kita!, Apakah ia sudah kita gunakan untuk mendengarkan suara adzan, bacaan Al-Quran, seruan kebaikan, atau kita gunakan untuk mendengarkan suara-suara yang sia-sia tiada bermakna?”
    4. Hidung kita!, Apakah sudah kita gunakan untuk mencium sajadah yang terhampar di tempat sholat, mencium anak-anak yatim piatu yang sangat kehilangan kedua orang tuanya dan sangat mendambakan cinta bunda dan ayahnya?”
    5. Mulut kita!” Apakah sudah kita gunakan untuk mengatakan kebenaran dan kebaikan, nasehat-nasehat bermanfaat serta kata-kata bermakna atau kita gunakan untuk mengatakan kata-kata tak berguna dan berbisa, mengeluarkan tahafaul lisan alias penyakit lisan seperti: bergibah, memfitnah, mengadu domba, berdusta bahkan menyakiti hati sesama?”
    6. Tangan kita!, Apakah sudah kita gunakan untuk bersedekah kepada dhuafa, membantu sesama yang kena musibah, membantu sesama yang butuh bantuan, menciptakan karya yang berguna bagi umat atau kita gunakan untuk mencuri, korupsi, mendzalimi orang lain serta merampas hak-hak serta harta orang yang tak berdaya?
    7. Kaki kita!, Apakah sudah kita gunakan untuk melangkah ke tempat ibadah, ke tempat menuntut ilmu bermanfaat, ke tempat-tempat pengajian yang kian mendekatkan perasaan kepada Allah SWT yang atau kita gunakan untuk melangkah ke tempat maksiat dan kejahatan?”
    8. Dada kita!, Apakah di dalamnnya tersimpan perasaan yang lapang, sabar, tawakal dan keikhlasan serta perasaan selalu bersyukur kepada Allah SWT, atau di dalamnya tertanam ladang jiwa yang tumbuh subur daun-daun takabur, biji-biji bakhil, benih iri hati dan dengki serta pepohonan berbuah riya’?
    9. Perut kita!, Apakah di dalamnya diisi oleh makanan halal dan makanan yang diperoleh dengan cara yang halal sehingga semua terasa nikmat dan barokah, atau di dalam diisi oleh makanan yang diperoleh dengan cara yang tidak halal, dengan segala ketamakan dan kerakusan kita?”
    10. Diri kita!, Apakah kita sering tafakur, tadabur, dan selalu bersyukur atas karunia yang kita terima dari Allah SWT..”

  196. awie hu pk.622

    bah

  197. wong_ gentur

    SAUDARAKU….Nasehati diri kita, ingatkan diri kita sendiri…. Jgn lah hidup kita diwarnai dgn pertengkaran.. apalagi ada dusta diantara kita…terlebih ada dendam didada kita…
    SAUDARAKU…. ketika sedetik kita dedam msh bs bs diberi nikmat umur panjang adl suatu maunah-Nya… namun ketika detik2 selanjutnya ketika dendam msh bercokol dlm diri & ketia itu dicabut nikmat umur panjang kita, sdh barang pasti kita kembali keharibaan-Nya dlm keadaan dendam pula…. SANGGUPKAH KITA MEMPERTANGGUNG JAWAB KAN SMUA ITU….???!!

  198. Tak bernama

    Om awie perlu doa fulus untuk apa?

  199. ya ora bakalan tak woco meneh iki artikel….ngawe ra penak,podo ae iki jenenge..ora salah dikampleng..ora bisa wales….melas melas melasi bgt..

  200. bayan

    Salam paseduluran. Saya mau crita pengalaman didengar syukur gak didengar ya syukur. He he he tetap semangat njih. Saya dulu pernah puasa mutih bahkan milang kepel, hari pertama 7 kepal buka, hari ke 2 jumlh 6 kepal dst sampai 7 hari terakhir 1 kepal. Dulu waktu riyadhoh amalan brojo musti. Saya akan buka pengalaman saya selama riyadhoh. Ternyata puasa mutih yg diniati benar benar mendekat pada Alloh akan terbentuk keiklasan yang luar biasa. Dalam menjalankan puasa setelah hari pertama berbuka saya gak pernah memikirkan masalah buka, karna apa yaitu seakan berbuka puasapun juga percuma sekedar menggugurkan sesuai syariat aja. Karna nasi putih air putih gak enak rasanya tidak ada rasa sama sekali seakan tidak makanpun gpp. Disini timbul kekhusuk an ibadah dan amalan hanya kpd Alloh semata semua tujuan. Rasa letih, haus, lapar tambah ikhas menjadikan kenikmatan ibadah tiada terhingga sangat nikmat. Menjadi jernih qolbu dan iklas serta merasa bener bener dekat Alloh dan yakin Alloh ikut merasakan penderitaan haus lapar kita yang ditujukan kepadaNYA. Saya tidak menemukan sisi buruk dari efek mutih tadi. Bahkan membantu saya dalam mengingat kembali memori rasa rasa itu dimana bisa mencapai keiklasan setandard porsi saya yang pernah saya capai. Saya tidak mengharap harap khodam dll karna bisa mengurangi kekhusuk an saya dalam tirakatan mendekat ke Alloh. Waktu itu saya merasa iklas dan nyaman, toh bila akhirnya fatal dlm puasa misal mati, saya iklas karna mati dekat dengan Alloh. Ini beda dg panjenengan yg mengharap khodam, seandai gagal terus kejadian mati, maka anda mati dekat/bersama khodam tadi, ini jelas menjadikan kita jauh dari iman. Saran saya mengamalkan sesuatu sebelumnya diteliti dulu terus waktu ngamalin harus total kpd Alloh biar bener, kuat, dalam lindunganNYA, dan tetap pd syiratal mustaqim. Tawashul juga bermanfaat menata meluruskan niat mengikut jejak kelurusan yang ditawashuli. Demikian pandangan saya berdasarkan yang saya rasakan, bila ada salah atau kurang berkenan mohon maaf ,salim terus minggir..

  201. om wawan sleman

    monggo di lanjutttt

  202. awie hu pk.622

    apa tuh

  203. Tak bernama

    .

  204. awie hu pk.622

    besok aku ditagih ama rentenir nich, sebesar 5jt tapi total keseluruhannya 75jt, sekarang lagi kempes nich ga ada pemasukan selama 2 minggu ini.

  205. awie hu pk.622

    kirim lewat email yo

  206. Sorban Terbang

    Wallahu’alam,kita kembalikan saja semuanya kepada 4jJi, “Wa Innallaaha Ala Kulli Syai – in Qadiir”.{Sesungguhnya 4jJi mengetahui segala sesuatu}.

  207. wong_ gentur

    SAUDARAKU…@Ki Sudadi…salam kenal ki..salam salim..sebuah perenungn yg membuat kita sungguh2 merenung Ki..monggo di lanjut….
    SAUDARAKU…@Awie hu… APA’annn Tuh…? itu hanya sebait syair qosidah aj…
    SAUDARAKU…@OM WAWAN SLEMAN, nyetak fulus nx udah ada ijin dari Otoritas BANK INDONESIA lom..? Harap lapor dulu 1×24 jam Ki….
    SAUDARAKU…@BOCAH LAWU..dgn bercanda hdp mjd indah asal tertib hukum bercandanx..skaligus menyehatkan pikiran serta bathin kita Ki… betul…betulll. ujar Upin& Ipin..

  208. Tak bernama

    Salut buat @ki bayan yg sudah dpt mengambil hikmah dari poso mutih

  209. awie hu pk.622

    .

  210. nasib tukang dadar gulung…ikhlas itu apa sih?…gampang di ucap.berat dilakoh hanya Allah yg tau keikhlasan hambanya…..pamit aja lah makin membingungkan,..baik buruk nya amalan tergantung dari niat pengamalnya…

  211. Tak bernama

    @om awie bukankah semua udah ada d KWA tinggal pilih mana yg om rasa cocok

  212. wong_ gentur

    Kemana kan ku cari dirimu…? Dimana kan ku temukanmu..? Apa yg kan ku sampaikan padamu ketika ku mendapatkanmu…?

  213. wong_ gentur

    SAUDARAKU…@DADAR GULUNG… IKHLAS ga bs didefinisikan secara metodologi yg pas& akurat…tp kembali pd keadaan hati dan praktek di lapangan..kira2 begitu lah ujar yang dhoif,jahil serta banyak dosa ini Ki….Salam kenal salam salim…
    SAUDARAKU…@TAK BERNAMA… Salam kenal dari si Dhoif, Jahil, Hamba yg banyak dosa ini… salam salim…
    SAUDARAKU…@SORBAN TERBANG.. Salam kenal dari si Dhoif, Jahil, Hamba yg banyak dosa ini… salam salim… Emangnx tuh sorban terbang kemana Ki..? Hebat atuh aya sorban bs terbang kitu…..gkgkgk

  214. Tak bernama

    @om awie,satu sisi anda membabarkan ilmu2/amalan bahkan sampai hal kerejikian tp dari sisi lain anda minta doa fulus,

  215. wong_ gentur

    wowwww.. sepiiii… sebagian org blg, pagi ne…senin..I DON’T LIKE MONDAY… tp sy blg… WHY BROTHER..??? WHY U DON’T LIKE MONDAY…???

  216. wong_ gentur

    SAUDARAKU…@TAK BERNAMA… Wowwwww BROTHER….

  217. wong_ gentur

    …..

  218. wong_ gentur

    ?????

  219. satrio ilang

    apa yang diungkapkan penulis di atas ada bagian yang benar, dalam arti kasus2 yang diungkapkan itu adalah hal2 bathil.. yang perlu ditanyakan dalam hal ini adalah kebenaran cerita2 itu..
    namun demikian ada banyak hal yang salah untuk sebuah artikel menyangkut ilmu pengetahuan yaitu artikel tersebut tidak mencakup sama sekali ilmu gaib yang banyak dibabar disini.. dan tidak menanggapi sedikitpun kasus yang ada disini..
    dalam hal puasa mutih, sebenarnya Nabi SAW pernah berbuka puasa hanya dengan air putih.. mengapa menyalahkan orh berbuka dengan air putih dan nasi putih.. itu jika dilihat dari sudut pandang bahwa puasa mutih adalah syar’i. namun saya berpendapat sebenarnya puasa mutih, puasa ngebleng, puasa ngalong itu sebenarnya hanyalah peminjaman istilah saja.. kata puasa yang dilakukan oleh Maryam adalah menghindari bicara dengan orang lain.. jadi kata puasa disini adalah puasa dalam arti bahasa yaitu menahan diri saja. jadi puasa2 jenis tersebut tidak masuk dalam puasa yang bersifat istilah, jadi tidak tergolong sebagai ibadah mahdzoh.. dia masuk dalam kateegori ibadah yang mendukung adanya nahi mungkar, menghindari kemaksiatan dan sejenisnya.. disinilah nilai ibadahnya..

    penulis sengaja menukil satu ayat dan membuang ayat lain.. dia menukil ayat tentang org2 yang menyembah jin tapi tidak berani mengungkap bagaimana Nabi Sulaiman AS memerintah jin atau bekerja sama dengan jin..

    sebenarnya untuk menjadi musyrik atau kafir sangat banyak bentuknya, bukan cuma terkait dengan masalah gaib saja.. org2 kafir dan musyrik banyak menyembah berhala, seperti lata, uzza dan manata… jin bersifat ghaib dan berhala bersifat dhohir.. zaman sekarang banyak orang mengidolakan dokter dalam hal pengobatan.. sebenarnya itu juga potensi menjadi musyrik sebagaimana orang2 yang percaya pada dukun. bedanya adalah dzohir dan gaib.. tapi keduanya sama2 punya potensi musyrik.. tapi keduanya juga bisa tidak musyrik jika kita mengukuhkan tauhid kita bahwa segala sesuatu berasal dari Alloh SWT.. dan smua itu adalah masalah hati.. karena musyrik adalah dosa hati, seperti sombong, hasud dan riya’
    apa yang anda andalkan tentang harta benda dunia nyata itu sebenarnya adalah berhala2 yang anda sembah jika anda bisa merasakannya.. anda memiliki ketergantungan pada harta, pada dokter yang mengobati dan pada obat, serta pada bom, senapan dan tameng untuk melindungi diri.. itu adalah potensi2 musyrik jika kita tidak bisa menempatkannya pada tempat yang tepat dalam hati….

  220. Assalam………….
    Maaf baru bergabung selama nich ju2r q sangat senang dengan membaca Artikel di Album Kwa, tanpa ikut2 an Komentar??
    tapi gara2 membaca artikel yang satu nich, q jadi pgen ikut2an Comment, karena Artikel nich bisa merusak or mempecah belahkan anggota Kwa??
    Untuk yang menulis Artikel nich??
    sebelumNya minta maaf klo sedikit menggurui??
    Ilmu yang ditulis disini semua adalah atas ijin Allah, klo tanpa ijin Allah tidak akan bisa??
    Klo mank sipenulis Artikel nich Umat kanjeng nabi dan berpegang teguh atas Al – Qur’an dan Al Hadits??
    Apakah pantas anda ber suudzon, di blog KWA??
    Apakah Anda Lupa, dahulu kanjeng Nabi Muhammad SAW pernah kholwat dan prihatin di Gua Hira??
    hanya untuk mendapatkan wahyu dari Allah??
    itu bwt kanjeng Nabi, tapi klo ummatNya untuk mencari………………….
    Untuk hasil dari kholwat (Prihatin) itu sendiri, kita kembalikan pada niat kita masing2??
    Siapapun yang menanam benih padi pasti akan tumbuh padi, jangan pernah berharap tumbuh jagung karena hal itu sangatlah tidak mungkin??
    Agama ISlam sendiri memiliki, 4 tingkatan yang jelas n yang penting kita jangan pernah melupakan syari’at tuch sendiri??
    n berpegang te2p berpegang teguh pada Rukun Islam dan Rukun iman??
    saya rasa cukup sekian, buat penulis artikel nich??
    Nb:
    Jangan pernah merasa benar, karena kebenaran yang hakiki itu adalah milik Allah SWT??

    Wassalam

  221. wulyojati

    tomaaaaat

  222. wulyojati

    manggaaaa

  223. wulyojati

    meloooooon

  224. wulyojati

    semangkaaaaaa

  225. wulyojati

    apeeeeeell

  226. wulyojati

    alpukaaaaaaaaaat

  227. wulyojati

    di bikin juuuuuuuse

  228. wulyojati

    makan dulu nasi rawoooon..

  229. ga faham ilmu

    artikel ini sesat karna akan memecah belah umat islam dari sisi pemahaman
    penulis ini menganggap dirinya sederajat dengan tuhanya karna dia menyatakan bahwa yang lain sesat karna yang hanya allah lah yang menentukan dan mengatahui segala sesuatu yang baik dan yang buruk
    pertanyaanku;
    apakah kau tauhan?
    apakah kau allah?
    apakah kau malaikat?
    apakah kau nabi?
    ataukah kau iblis yang ingin mengadu domba umat islam agar saling membunuh seperti yang terjadi di negara2 lain?

  230. ga faham ilmu

    aku ga faham agama aku hanya orang awam tapi aku tidak suka dengan orang2 yang berangapan paling benar sedunia!
    sekarang banyak kaum dajal di tubuh islam yang menghalalkan membunuh saudaranya sendiri sesama umat islam karna mereka merasa paling benar dan bisa menentukan dosa dan pahala?
    mengajarkan islam dengan mengaji dan solat
    mengajarkan islam dengan sunah dan hadis
    mengajarkan islam dengan ilmu pengetahuan ataupun ilmu kebatinan yang intinya menyembah ALLAH!

  231. ga faham ilmu

    aku ga faham agama aku hanya orang awam tapi aku tidak suka dengan orang2 yang berangapan paling benar sedunia!
    sekarang banyak kaum dajal di tubuh islam yang menghalalkan membunuh saudaranya sendiri sesama umat islam karna mereka merasa paling benar dan bisa menentukan dosa dan pahala?
    marilah saudara > mengajarkan islam dengan mengaji dan solat
    mengajarkan islam dengan sunah dan hadis
    mengajarkan islam dengan ilmu pengetahuan ataupun ilmu kebatinan yang intinya menyembah ALLAH!

  232. sai

    semangat pagi smua…
    Mari ki’ smua’na sarapang nasi kuning…..

  233. sai

    semalam rameeeeeeee……buanget ya…
    Numpang lewat sambil ngisi absen+ijin nyimak dari jauh aj deeh..
    Kabur lg aaahh…..

  234. absen pagiii,,, assalamualaikum….

  235. aki said,,, yuk srpan berdua ja,,,kelas msiih sepi nih,, masss,,,

    tpi aq dbyarin ya mas,,,.. mklumm lom dpet pasiieeenn…qiqiqi

  236. eh salah,,, aki sai@…hehehe..

    tpi aq malu ma yg pwsa senin nniieh,,,,

    waduu mudah2ahn kamis depan bisa puasa deeh,,amiin..

  237. SALAFI WAHABì = SESAT MENYESATKAN.padhal gak boleh bilang sesat.la nyatanya sesat.

  238. santri_kyai sambu

    artikel ini berbau SARA, mendiskreditkan orang jawa .tolong dihapus saja

  239. si_PITUNG

    absen pagi
    ya bener
    sy sependapat dengan para sedulur yng berpendapat
    artikel di atas
    di hapus saja
    karena
    bisa
    memecah
    keyakinan
    kita
    yng belajar
    kebatinan
    dan kaji diri

    jangkasewu@salam kenal
    salam hormat
    gakfahamilmu@sy spendapat dng komen
    mas di atas

  240. artikel sdi atas.. mungkin di maksudkn untuk,,, mnguji koment2 sdulur smua…

    dari sisi baik dan bruknya…..

    mungkin oprator sndri telah berfikir2 bolak balik sblum artikel intu dimuat….

    pda akhirnya.. beliau gk enak juga,, pdhl maksud dan tjuan utama kwa

    hnya menyampaikn,, dan tak bertanggung jwb atas isi artikel tsbut…

    nah sisi baiknya,,, kita bsa klihatan kompaknya dsnii,,, smngat bolo2 kwa dlm

    mncari ke ilmuan yg,,qta gandrungi…. saling mlindungi,, hehehe, smbil usap dagu tk bejenggoot…qiqiqi..

    untuk mmncing asap,,harus ada apinya,,, biar smkin tebal asapnya,,, qiqiqiqi..

    ngapunten lek salah koment.. hnya berbagi pmikiran sya yg kolot ini,,,xixixi…

    moggo jk ada pendpt laen,,, nyimak smbiil,, nahan nafas,,,,qiqiqi

  241. …..

  242. ngaran ngawur

    pada sewoot semua hahaaaa…

  243. Bocah lawu

    Pokok e aq tetep pilih wong gentur…wong gentur…wong gentur dor dor dor dor dor… Xixixixixi

  244. levas nafasss,, haaaahhh,,,, ngos ngossan…..

  245. ,,,,,

  246. syech lemah abang

    hadir,………….absen sambil sarapan kopi xxxxxx

  247. Jadullah 7

    huaaaaaciiiihhhhhh…..laler edannnn…..iseng banget mlebu irungku, …ganggu le gek nyimak je…..monggo dilanjut mbah2…aki aki….kulo tak dlosor leyeh2 wae…..

  248. Bregud

    Ki@Tak bernama …….anda jeliiiiiii.

    Kang@Satrio Ilang………..anda mantebbbzzz.

    Simbah@)0mWawan.S………….anda cocuuok jadi presiden…hehehe…hehe, ..salam Oom,..tabek…( sambl angkat topi ).

    Kang@Manwan……..hehehe……hehehehe,……..baru nyadar.. ? Hihihihi

  249. batara pancer buana

    KWA mengalami kemunduran dan spertinya di dalamnya telah terjadi ketidaksinkronan .
    dengan artikel di atas banyak anggota KWA yang kecewa.
    secara tidak sadar KWA telah memperlihatkan kejelekanya sendiri. kalau mnurut bhsa sunda ada pribahasa ” nempoken liang waduk sorangan”. artinya memperlihatkan kejelekanya sendiri.
    katanya buat perenungan sy kutip bagian awal artikel di atas
    = Ini artikel yang bisa dijadikan bahan perenungan sebelum mengamalkan ilmu gaib. Sebab mengamalkan ilmu gaib diperlukan kehati-hatian, khususnya soal NIAT. =
    mungkin perlu saya garis bawahi artikel di atas intinya MELARANG MEMPELAJARI YANG KATANYA ILMU HIKMAH KEJAWEN DAN LAIN2 SBAB MNURUT ARTIKEL DI ATAS TIDAK ADA ILMU PUTIH .ILMU HITAM .KUNING BIRU DLL DAN BILA MEMPELAJRI ILMU HIKMAH KEJAWEN PENGASIHAN DLL ADALAH SESAT DAN MENYESATKAN . SESAT DAN MENYESATKAN.
    SEDANGKAN SELAMA INI KAMPUS WONG HALUS MEMBABAR ILMU2 TERSEBUT BERARTI MNURUT PAHAM ARTIKEL DI ATAS KWA SESAT MENYESATKAN.

    SY SANGAT SEDIH SEKALI KWA TERCINTA MEMUAT ARTIKEL DI ATAS
    SY STUJU USULAN TEMAN SPERGURUAN SY JANGKA SEWU DAN SDULUR KWA @si_PITUNG HAPUS SAJA ARTIKEL DI ATAS DAN GANTI DENGAN TOPIK LAIN

  250. 7 Kebiasaan Orang-orang yang Bahagia

    Orang-orang yang bahagia akan memiliki kebiasaan yang membahagiakan pula; sesederhana itu. Orang-orang paling bahagia yang saya kenal memiliki 7 kebiasaan yang terlihat jelas dalam diri mereka. Jika anda ingin membuat hidup anda lebih bahagia, anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini dalam kehidupan anda.

    “Sebagian orang merasa bahagia sesuai dengan apa yang mereka pikirkan”.
    – Abraham Lincoln –

    1. Ikut Ambil Bagian dalam Sesuatu yang Anda Minati – Anda bisa mengikuti kegiatan apapun. Anda bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan yang bersifat religius, bergabung dengan kelompok yang mendukung tujuan tertentu, atau menapaki karir anda dengan tekun. Dalam setiap kegiatan yang anda pilih, hasil psikologis yang diraih mempunyai sifat sama. Anda ikut ambil bagian sepenuhnya dalam kegiatan yang anda minati. Kegiatan semacam ini akan memberikan kebahagiaan dan makna dalam kehidupan anda.

    2. Habiskan Waktu Bersama Teman-Teman dan Keluarga – Kehidupan yang bahagia adalah kehidupan yang anda lalui bersama teman-teman dan keluarga. Semakin kuat hubungan pribadi yang anda miliki serta semakin kerap interaksi bersama teman-teman dan keluarga, maka semakin bahagia pula anda.

    3. Pikirkan Hal-hal yang Positif – Seringkali orang terlalu berkonsentrasi pada hal-hal negatif dan tidak menyisakan waktu untuk merefleksikan hal-hal yang berhasil mereka raih secara positif. Merupakan hal yang alami bagi seseorang untuk mengkoreksi keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan mereka dan memfokuskan diri mereka pada hal tersebut, namun harus terdapat keseimbangan dalam menempatkan diri anda. Sangatlah penting untuk merefleksikan hal-hal baik yang anda peroleh sementara anda mengkoreksi hal-hal yang buruk. Mengingatkan diri anda terus menerus terhadap kesuksesan pribadi yang anda raih setiap harinya akan memiliki dampak positif yang sangat berarti dalam kebahagiaan emosional anda.

    4. Gunakan Sumber Daya yang Anda Miliki – Orang rata-rata biasanya merasa kagum ketika mereka melihat seseorang yang memiliki kekurangan fisik memperlihatkan tanda-tanda kebahagiaan secara emosional. Bagaimana mungkin seseorang yang berada dalam kondisi fisik seperti itu bisa terlihat begitu bahagia? Jawabannya terletak pada bagaimana mereka menggunakan sumber daya yang mereka miliki. Stevie Wonder tak bisa melihat, jadi ia menggunakan kemampuan mendengarnya dalam dunia musik, dan ia sekarang memiliki 25 piala Grammy sebagai bukti.

    5. Ciptakan Akhir yang Bahagia Setiap Waktu – Kekuatan dari akhir merupakan sesuatu yang mengagumkan. Akhir dari sebuah pengalaman yang dialami seseorang dapat mengubah persepsi keseluruhan orang tersebut. Bayangkan anda sedang membaca sebuah novel yang memprovokasi pikiran anda. Sekarang bayangkan bagian akhir dari novel tersebut ternyata sangat buruk. Meskipun cerita nya sangat menegangkan hingga saat-saat menjelang akhir, apakah anda akan tetap merekomendasikan novel tersebut pada orang lain? Orang selalu mengingat bagian akhirnya. Jika bagian akhir tersebut berakhir bahagia, maka pengalaman tersebut juga menciptakan perasaan bahagia. Selesaikan apa yang sedang anda kerjakan, selesaikan dalam keadaan baik, dan ciptakan akhir yang bahagia dalam kehidupan anda jika memungkinkan.

    6. Gunakan Kekuatan Pribadi Untuk Menyelesaikan Sesuatu – Setiap orang memiliki kekuatan pribadi yang unik. Kita memiliki bakat dan keahlian yang berbeda. Kebahagiaan emosi akan datang secara alami pada mereka yang menggunakan kekuatan pribadinya untuk menyelesaikan sesuatu. Ketika anda berhasil mencapai sesuatu karena keahlian anda sendiri, maka penghargaan psikologis yang anda peroleh sangatlah bernilai.

    7. Nikmati Setiap Kebahagiaan yang Anda Raih – Hal-hal terbaik yang bisa anda nikmati di dunia ini sifatnya gratis. Hal-hal tersebut muncul dalam bentuk yang sederhana dan muncul di hadapan anda pada waktu dan tempat yang tidak bisa anda duga. Kebahagiaan semacam ini diatur oleh alam dalam situasi tertentu dan ditangkap oleh panca indera kita. Momen semacam ini mungkin saja muncul saat anda sedang melihat pantulan sinar matahari terbenam dari sebuah kolam ketika anda sedang menggenggam tangan orang yang anda sayangi. Menyadari kemunculan momen-momen semacam ini akan menimbulkan kebahagiaan tak terduga dalam kehidupan anda.

  251. Bregud

    Mbah@Jadul……kemane aze Mbah ? Ojo ndlosor ae mbah,….mengko nek ono brekat jan ra kebagian……..

  252. rame banget semalam…

  253. si_PITUNG

    @manwan

    salam hormat
    salam perseduluran
    sy sependapat dengan mas
    baru sy mau komen seperti itu
    uda keduluan sama mas

    bener mas
    seperti mas
    bilang
    operator dan para sesepuh
    sudah sngt mengerti dan faham
    akan yng trjdi atas
    artikel
    di atas
    n sy jg yakin
    para sesepuh
    dan sedulur
    tidak spendapat
    dngn artikel di atas

    salam perseduluran

  254. Bocah lawu

    Pokok e aq tetep pilih wong gentur…xixixi gak perduli artikel diatas… Ngregeti ati.. Dor dor dor

  255. BROMO

    Assalamu’alaikum………..met pagi semua……

  256. batara pancer buana

    KATANYA ARTIKEL YANG MSUK DI SLEKSI DULU TAPI ARTIKEL GINIAN MASUK JUGA TUH !!!!!!!!!!!!!!!!!! ?????????????
    AWAS FAHAM WAHABIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
    BIASANYA DI BAWA ORANG YANG BERSEKOLAH DI ARAB

  257. bocah lawu aku milih ,,….SULE aja deh,….wkwkwkwkkwkwkw

  258. AKU MILIH SOPO ya,…emang ada pemilihan opo sih,….???? hehehehheheh

  259. Absen bro…semalam hanya nyimak takut kena bacok..he.he.he,kata2 yg di posting pedas bung maklum harga cabe sudh turun lagi…….wkwkwk
    @sedulur…salam kinasih sedoyo..

  260. Bregud

    Mbah@Mbiting….hehehehe….hehehehehe….lam kenal Mbah.

    dibalik ceritera , ade sebuah pesen……pesen es cendolllll…..hihihihihi…hihihihihi

    sebuah kedewasaan ……

  261. bagus yudo. s

    ASS WRWB. untuk para pengurus blog KWA, saya minta tolong mesin pencarian di adakan lagi… agar lebih mudah untuk mencari artikel yang telahlewat.
    terima kasih untuk perhatiannya.
    WASSALAM

  262. aki jdullah@,,laler’e mlihat lobang hidungmu mrip ,, srang nya siiih ,qiqiqiqi…

    mknya klo wudhu lobang hidung nya dberi aer sk ember,, biar bersiih,,, qiqiqi..piiessss..

    aki bregud@.., nyadar setelah smlm koma…6 jam… bgtu bnguunn ,,, ilanng,,uneg2 smlam,, qiqiqi… lanjuud aki,,,

    si pitung@,, jngn mau kdahuluan,,, gk kbgian jatah dri genduren smlaem lhoo..xixixi

    bocah lawu@.. wah sampean cocok jdi sporteer… niiee,,, klo ada order sorak2,,

    ente yg kbnjiran joob,,, qiqiqi,,, jgn lupa,, tarikk napass,,, qiqiqi

    moggo dlnjuud..

  263. (kopral DJ)

    ikut nyimak ajah sambil ngantuk,………whoammmmm

  264. Patramantra

    Artikel diatas sangat bermanfaat bagi kita bersama. Walau keliatan banyak kekurangan dan berat sebelah cenderung memojokan pelaku spiritual pecinta ilmu ghaib. Tapi setidaknya bisa membuat kita untuk cek dan ricek kembali akan niat belajar ilmu bathin. Jadi rasanya sakit semua ibarat ditonjok g bisa mbalas….zizizi….3x

  265. dimas.

    Tes.

  266. Jadullah 7

    Mbah bregud….salim ya mbah…cup cup muachhhh

    mbah manwan………bener kali mbah, irungku ka gede jadi dikiro sarange……….opo mungkin upilku sing gede yo mbah, jadi dikiro bojone…….wkwkwkwk…….

    lalere arep tak plites …aku wedi dosa……….nek misuh karo mangkel yo doso…., jal kudu piye aku…….

  267. Assalamualaikum…hem pemahaman seperti artikel di atas inilah,yg sering membuat permusuhan,antar umat manusia..,selalu memojok kan yg tidak berpaham seperti mereka…jagankan yg kejawen agama islam sendiri di hantamnya..rahmatan lil alamin mungkin gak ada dalam kehidupan mereka..hati keras bahkan lebih keras dari batu,

  268. Astaghfirullahaladziiim…..

  269. Patramantra

    Dg adanya artikel tsb di atas tlah memberi hikmah diantara kita warga KWA lebih merapatkan barisan dan saling berbagi tentang
    -pengalaman laku tirakat
    -pandangan tentang ilmu bathin
    sehingga kita lebih merasa butuh akan kekuatan bathin karena keinginan untuk lebih dekat dan mengenal Allah.

  270. Bocah lawu

    @sedulur2.. Kmrn malam membicarakan siapa yg mau taruhan duel Crishjhon vs Gamboa menang mana… Pokok e aq pilih wong gentur…xixixi

  271. om wawan sleman

    absen pagi,
    monggo dilanjut poro sedulur

  272. @kangmas alus..salam penuh rasa hormat…salam rahayu..salam takdzim…salam penuh cinta salam penuh perdamaiyan,bagi seluruh mahluk Allah baik di langit mau pun di bumi, Assalamualaikum buat warga kwa dari mamapun suku apapun,agama apapun salam salam rahayu..

  273. kucrit

    Kenapa kwa juga kopas artikel dari blok orang ya…artikelnya membuat kontropersi lagi…jadi seperti dikondisikan tarik ulur setelah sebentar suasana dingin lalu diisi artikel yg membuat memanas lagi hadeee pusing ngana bacanya.

  274. Bocah lawu

    @mbh Burger@mbh Gentar@kang patra… Met pagi ya… Kita2 keluarga kwa hrs sabar… Kita sedang diuji nih kesabaran. Lagian yg posting gak tampak wujudnya.. Biar dimakan sendiri tu pemahaman.. Ben kleleken…xixixi

  275. qobiltuman

    setelah menulis artikel pesan cinta di semeru yang isinya kholwat ki WA yang mendapat wisik tuk menyebarkan cinta Ilahi terus akhirnya muncul artikel diatas apakah ki WA mencoba untuk mengamalkan cinta dimaksud dengan bertindak demokratis dengan memasang artikel dimaksud dengan harapan para ahli pintar dan para pemerhati di KWA dapat mengkaji semua keilmuan baik itu hitam atau putih jadi mengharap agar semua yang ada disini bisa berkepala dingin tapi bisa memberi solusi dengan berdasar rujukan pada buku suci yang diyakini atau dari apapun yan diyakini karena tidak ada yang sempurna kecuali Yang Maha Sempurna yaitu Alloh jadi bagi para pemerhati yang hadir disini silahkan memilih benar tidaknya suatu artikel sukur sukur bisa mencerahkan sehingga bisa mengambil sisi positif jadi nanti akan semakin mendewasakan KWA sehingga tidak asal2an jadi dikembalikan ke masing2 pemerhati belum tentu kita yang benar itung itung semua itu dalam rangka ujian kenaikan maqom kita ketingkat yang lebih baik, mohon maaf bila ada yang salah , asalamualaikum wr wb dari Qobiltuman

  276. Biarain kleleken……biarin di makan sendiri ,yg penting kita sesuai dengan ke imanan kita sendiri,pendapat boleh beda tapi jangan mendoktrin orang lain….damailah indonesia

  277. absen pagi. semangat pagi. salam rahayu untuk semua sedulur kwa.

    Postingan ini kayaknya copas deh.

  278. akar dewa

    sepertinya nyimak aja

  279. @bocah lawu..qiqiqi…gak papa..artikel bagus..tapi lebih bagus lagi ya jangan di letak kan di sini ini blog spritual ilmu batin beraneka aliran..tentunya..inilah korban dari belajar satu guru..jadi saklek..

  280. salam hormat sesepuhku di manapun anda berada…….pemahaman yg benar menurut yg ngomong,blm tentu benar menurut orang kebanyakan…mari saudaraku……kita pasrahkan ke Gusti Alloh …….haqkul yakinlah……..udah lah,sy hanya bisa ngomong tp tidak bisa merealisasikan,mengimplementasikan……..males lah mikir yg berat2…..EGP = emang gue pikirin……qi..qi,,qi…..sluman,slumun,slamet

  281. wulyojati

    melooon

  282. Bregud

    Ki@Kebul kuman…..guuuud….guddddddd…….
    ujian kenaikan maqam……

  283. wulyojati

    melo’on..
    Sesungguhnya di muka bumi ini tdk hal yg benaaar..dan yg bnr adalah segalah hal yg kt makan dan yg memproses makan kt..!!
    Melon,apel,alpukat,wortel dll,nah ini yg br oke banget..mantaaaq,,
    qobiltu mau tak buat juse..sip33

  284. Bocah lawu

    @mbah Gentar … Betul mbah rata2 orang yg belajar satu guru tu kelakuanya kyk gitu… Sak karepe dewex… Xixixi. Mereka tu g sadar bhw byk macam warna manusia yg hrs dipahami shg bs diambil hikmah…

  285. batara pancer buana

    === ADA WAHABIIIIII
    KABURRRRRRRRRRR
    AH KABURNYA GUNAKAN ILMU LANGKAH SERIBU BIAR CEPET BC DULU
    MANTRANYA ……BISMILAH …..NIAT INGSUN MATEK AJIKU………..
    +++ EH LU SESAT !!!!! APAAN TUH YANG KAMU BACA ? KAMU GA TAU YAH GA ADA
    ILMU BEGITUAN LU UDAH SESAT, MAU KABUR LAGI
    KALO MAU KABUR …….. LARI AJA …
    NIH GUA KASIH CONTOH (lansung lari)
    JARAK SPULUH METER KESANDUNG DAN JATUH
    === OM BACA DOA DULU GA SBELUM LARI TADI (SAMBIL TERIAK ) HAHAHAHAHA
    EH LUPA YA SBB KT OM ITU SESAT KL SBLM LARI BCA DOA DULU .
    KACIAN DEH LU JATUUUUUUUUUUUH
    KABUUUUUUUUUUUUUUUR ……………….. BELESAT SET

  286. wulyojati

    batara pancer
    ngikuuuuuuuuut….

  287. batara pancer buana

    mas wulyojati cepet pake ilmu meringakn tubuhnya kita kabur dan berlari di atas daun ilalang
    duluan mas ya wuuuussssssssssssssssssssssssssss set ‘set
    ayo siapa lagi yang mau ngikuuuuuuuuuuuuuuuuut

  288. wulyojati

    batara pancer
    acut kl ntk di kira sesaat om,,mending ngembol meloon azaaaaaaa
    nyusul sambil ngesoooooot..qiqiqiqiqiqiqiqi..

  289. yusfi sriwijaya

    dasar WAHABI………. klo berani jgn di artikel saja,,,,, debat terbuka dunk,,,,

  290. aki jadullah@@…. relakan ae laler’e mlebu… mungkin gwo berkah ikuw…. biarkan

    dia diam sjenak di dlm hidungmu… smbil mendo’aknmu jdi orang yg dholeh,,,

    nntikan bbrpa sa’at,,, klo trasa ada yg anget di hidungmu,,, makbul,,,lalere wes buang hajat,,,

    qiqiqiqi,,,,piiiss,,,,

  291. Lapar angin

    Nasgor2,nasgornya pakde,.
    Jualn smbil absen,.qiqiqiqiq

  292. KWA 1181

    Numpang lewat..euuy
    sekalian bawa kopi sama teh buat sedulur semua biar lebih adem dan makyooooss

  293. wah ada..om presiden wawan sleman@@ caliim dluu akh,,,,

    gmna tuh om wawan@ mksud dri postingan,,teratas… mhon besi sdkit komentar yg

    bs jdi wacana,,skligus qta mo tau pendpt om sbgy president kwa,,,,,, mv om,,,

    dlam hatii ,,,takuut dgusuur niieh lapak aku,,,,,,qiqiqi

  294. wulyojati

    kl ga ada sayidina ali dan lainya,,
    kl tdk ada syeh abdul qodir jaelani dan lainya.
    Kl ga ada para wali song dan lainnya..
    Bisa2 saudaraku yg seiman di bantai hbs ama orang2 kafir…
    Hidup pasrah tu jg di larang lo…
    Cacing di injak jg mulet2 lo..wkwkwkwkwk

  295. hadi

    waduh2, kok jadi berantem, ki wong alus dan para sesepuh lainya pasti ingin rukun2 aja,…..

    setau ane yg fakir ilmu ini, banyak juga kok kyai yang merangkap jd dukun. logika masyarakat kita kan “ada orang pake peci + sarungan + pke baju2 sholat+bs punya kelebihan lainnya= kyai ato imam”

    mak bro semuanya, masyarakat kita kan ga tau asal muasal kelebihan seseorang , apakah dari jin ato dari Allah SWT.

    pengamal RDR juga akan berkodam ifrit, jika niatnya ingin sakti. akan tetapi sebaliknya jika niat karena Allah SWT. maka ridho Allah lah yg didapat.

    jadi mak bro semua penghuni kampus KWA, bersikaplah bijak terhadap sesuatu jangan menghakimi benar dan salah.

    maaf semuanya jika ada salah2 kata

  296. lemots

    Assakamualaium wr wb

    Artikel yang bagus sesepuh,.tapi ko setelah membaca timbul prasangka Buruk buat para kyai yaa,.Astaghfirullah haladzim Ampuni Kami Yaa Rabb

    Mungkin untuk sesepuh yang paham Ilmu mudah untuk mem-filternya tapi bagaimana dengan kami yang miskin Ilmu..Semoga ini menjadi wacana dalam Hal kebaikan untuk semua,…amiiin

    Lanjut Puh, nyimak terus

    .

  297. tuanku muda

    benar……!!!!
    untuk apa….belajar ilmu kesaktian. bisa terbang, pelet….(sihir semua..) lebih baik dalami ilmu fiqih, hadist, alquran atau ilmu keduniawian seperti ekonomi,fisika biar kita tidak ketinggalan.
    kalau ilmu kesaktian tujuan akhirnya apa…?.. yang pasti untuk gagah-gagahan dan mencelakakan orang …..berdosa

  298. walah tmbah panas di ubupi… kopii,,,,, psen es treh ae,, mas kwa1181…@,, jgn maniss2… es nya yg bnyakk,,, cpya adeem dsni,,,qiqiqi

  299. wardoyo

    Tdk usah dipikir mumet2.la yg punya bener cuma Allah.kalo kita benernya cuma kebeneran.Trus setiap pribadi akan dimin a pertanggung jawaban masing

  300. wulyojati

    wualaaah
    aku tak mangan disek…biar ga sesaat..wkwkwkwk

  301. aki tuanku muda@,, mnrutku klo tuanku muda gk bljar ilmu hikmah jg gk apa2… klo bljar jg gk da salahnya,,,

    ilmu fsika,,ilmu eonomi, ilmu hadist,,dll… klo tdk dsertai niat yg tulus bljar karna Alllah,,,

    jg bs mnjdikn orang tsbut slah langkah,,,

    smisal.. bljar fikih tpi utk jdi orang yang dhormati,,,

    bljar ilmu hadist agar di segani,,gagah2han…

    bljar ilmu ekonomi,,pda prakteknya korupsiii…

    dll,,, klo berbicara tjuan,, bnyk yg mnyangkut soal baik dan bruuknuya,,,

    itu sllu ada pda dri mnusia…

    apalgi djman yg serba smrawut di indonesia,,, bnyaknya pngangguran di mana2,,

    shingga membuat rakyat,, bnyak mlakukn hal nekat untuk bertahan hidup…

    aplgi ke’amann yg sudah sngat mahal di negri kita tercinta… copet di tangkap ,,dilepas lgi krna ada uang jminn dri klompoknya,,ato gengnya,,, dll

    bnyk alasn untuk qta bljar ilmu yg di warisi oleh nenek moyang qt jman dahulu…

    utk di pergunakn sa’at skrg ini… ya itu qta kmblikan pd tjuan msing individu dalm plksna’anya…

  302. hermansyah

    ass.salam asah asih asuh tuk bolowongalus.AMBIL YG BAGUS NYA.BUANG YG JLEK NYA.mari kita sama2 koreksi diri kita masing2. selamat memperbaiki yg salah. maju terus pantrang mundur.

  303. hermansyah

    ko namanyeh ujungnye semue pake said, yeh……?ga apa2 lanjuuuuuuuuuuuuut mang.

  304. om wawan sleman

    @ ki bregud. salam salim mbah. semangat mbah.
    @ manwan. seperti sudah di tulis di atas artikel bahwa ini adalah sebuah renungan kita dalam melangkah mengamalkan ilmu gaib.
    ini sebagai diskusi kita atas suatu pemikiran yg dapat di istilahkan “diluar kerangka pemahaman kita” selama ini. dan bagaimana kita bisa menyikapi suatu perbedaan dgn arif dan bijaksana dgn pemahaman kita masing masing dgn bahasa yang baik dan santun. kita junjung toleransi sebagaimana sudah di cantumkan di ideologi kwa.
    kalau amalan ya tetep jalan to, tenang saja.
    monggo kita diskusi lagi.

  305. Tuan muda..jgan mendahulu takdir allah dengan kata PASTI…

  306. om wawan sleman

    maaf kabur dulu,
    mau kerja dulu.
    monggo dilanjut.

  307. Salam dulu……. bermuzakarah untuk cari kebenran bukan untuk mencari siapa yg menang, itu kan perdebatan……
    Garis panduan telah diberi oleh Al Quran dan Hadis2 Nabi……segalanya dari Al Quran….tapi saya sendiri heran kenapa kalau kita belajar tentang Solat, Puasa ,Zakat , Haji..dll..kita tidak membuka Al Qur an, sebalik nya kita buka kitab2 yg membicarakan tentang hal2 yg bersangkutan…….kerana kita tidak mampu (saya) untuk mencari nya sendiri,….. maka saya baca apa2 yg telah Ulama’ susun dan Fatwakan….mereka (Ulama) pasti bersumberkan Al Quran dan Sunnah… kadang2 ada perbezaan pendapat diantara satu sama lain sehingga ada Mazhab2…
    Bagi pendapat saya yg jahil ni……ambil lah yg sesuai pada pandangan dan pegangan kita, berdasarkan ilmu yg ada pada kita….maksud saya bukan pro dan kontra ya…cuma saya berpegang pada rukun Islam dan Iman …..sebagai garis panduan…….agar Laaila haillallah, Muhammd Rasululloh….sebagaiman diucap begitulah diKasadkan kedalam hati…..walau pun kadang2 perbuatan nya ada yg tidak sempurna saya lakukan…..suruhan danlarangan nya….
    Maaf diatas pendapat saya yang bodoh ni…….Wassalam.

  308. PERHATIAN INI ADA,,KI OM WAWAN SLEMAN@ angkat suara,,,,,

    hmmm,,,, iya mnteb om wawan@,,, aq jg mksudnya gtu… tpi agar sdlur2 kwa jg bs

    mlihat koment dri om wawan@.. ya itu lebih baek too,,, krna jnengan psti dah kordinasi

    dngan oprator kwa,, tentang postingan di atas,,,

    hmmm… ayem ayem ayemm… wes,, intine wes ktemuuu,,,qiqiqi…

  309. semoga

    hehehe…

    ayat2 Qur’an juga ada 2 jenis bung…
    muhkamat, dan mustashabihat….
    monggo, dibabar….. 😀

  310. Assalamu’alaikum
    salam takdzim too all

  311. iya om wawan@,,moggo klo mo kabuurr,, ti jgn kliatan… klo kliatan nmanya lariii,,,qiqiqi..

    aki wulyojati@.. aq jg laper niieh bgi duuk,, itung2 sodakoh… aq khan pemulung besi tua,, qiqiqi,,

    msih lom dpet besi,,tengok sana tengok sini,,,, besinya pda rebutan,, sking bnyak rakyat miskin ,,,

    hmmmzz… knpa naseeb indonesia kyk gni ya,,, kpan majunya,,,,,smbil gigt jari…qiqiqi

  312. mas SEMOGA@,,, wah coba di babar thu maksud aki,,,, moggo,,, smbil aq duduk nyimak,,,

  313. Patramantra

    @kang bocah lawu: tul jg ape kata lho…
    Kaum WAHABI mau bilang apa tentang kita itu Hak mereka. Hanya saja PEMAHAMAN mereka telah MENYESATKAN diri mereka dalam KEBENARAN YG MEMBABI BUTA. Ini pengaruh dari Rasa TAKUT SYIRIK dan MUSRIK yang BERLEBIHAN telah MEMBUAT MEREKA RAGU akan KEKUASAAN dan SIFAT ALLAH maha PENGASIH dan PENYAYANG, maha MENGABULKAN DOA hambaNYA, maha ADIL, MELIPUTI ALAM SEMESTA, DHOHIR dan BATHIN….. ini bisa dilihat dari sikap dan anggapan mereka terhadap ilmu bathin….Padahal ilmu Allah meliputi dhohir dan bathin….
    Ngomong-ngomong apakah KITA belum/tidak TERSESAT dalam KEBENARAN YANG MEMBUTAKAN ya zizizi….3x

  314. sakti kayak apapun,kalau ngak makan juga lapaaaaaaaaar….jadilah orang biasa sj,ngak ush neko2….gmn tanggapan pak presiden…tentang hal ini…,tugas anda untuk memfilter postingan yg berbau SARA,….jagan slm,slim terus…,nanti ada sidang pertanggung jawaban megenai kinerja dlm 100 hr……pissss intermezo bossss….wis lah Kaburrrr aja..

  315. Mohd Genius

    Assallammualaika….saudara sedulur kampus wong alus
    sesungguhnya bila ada penetapan sesuatu hukum maka ulama fekah & tasawuf akan duduk sekali lantas mengeluarkan hukum berlandaskan al quran & hadith2 soheh..
    sesungguhnya didlm keras ada lembut , didlm lembut ada keras..
    hukum tetap hukum iaitu ketetapan yg nyata dari al quran.
    pernah terjadi & dialami sendiri oleh seorang makhluk Allah yg sering mencari ilmu ketuhanan @ ilmu haq …yg sudah pasti selalu mempersoalkan hukum2 & keesaan Allah ketika ia pergi menunaikan ibadat umrah ditanah suci mekah, lantas ia meminta yg esa menunjukkan jika ilmu haq, zikir2 yg dipelajarinya dr pak kiyai & org berilmu benar @ tidak.
    Subhanarobial ak la wa bihamdikh …maha suci Allah hamba Allah itu dipertunjukkan satu persatu keesaannya. Disaat itu juga Allah menurunkan petunjuknya …si hamba Allah ditimpa penyakit …dr dlm dirinya dirasakan terbakar seolah olah meminum air yg panas mengelegak…seluruh badannya dipenuhi cacar air yg sgt berbisa. …pedih ..sakit…ia tidak dpt masuk kebaitullah utk menunaikan solat & sebagainya..
    Hinggalah pada suatu hari disaat ia merasakan malaikat izroil sudah mula menarik dari kaki keperut…Maha suci Allah …ia benar benar menginsafi segala kesalahannya..teringat ibubapa yg byk dia menyakiti hati mereka,teringat pd anak2 yatim yg terlalu jarang dihulurkan bantuan & bagaimana nanti anak2nya setelah ia tiada..kpd fakir miskin yg hanya dipandang sinis ketika menghulurkan sedekah, teringat segala dosa yg dilakukanya…Subhanallah… jika ia kembali dimanakah tempatnya
    Ketika i2 lah hamba Allah i2 berdoa mungkin buat penghabisan kalinya dgn linangan air mata keikhlasan pasrah & redho apa yg bakal diterimanya yg ia memohon ” Ya Allah aku memohon keampunan & kemaafanmu atas sifat ar rahman ar rohimmu segala kesalahanku sama ada sedar @ tidak..ketika aku melakukannya ampunkan lah Ya Allah yg maha esa, yg maha kaya, tidak dilahirkan & tidak melahirkan, tidak ada siapa yg dpt memgimbaginya( kekuasaannya).
    Aku memohon Ya Allah jika engkau panjangkan umurku dgn keberkatan & rohmatmu insyaallah akan ku sampaikan ilmu & peringatan yg engkau kurniaankan utk ku kpd makhluk & hamba2 mu yg lain supaya mereka beroleh rahmat & jln yg benar mengakui & tunduk dibawah kekuasaanmu,
    Insyaallah sesungguhnya kitabmu Alquran & segala isinya i2 benar segala peringatan yg dibawa oleh rasulmu junjungan besar nabi Muhammad i2 benar insyaallah akan kuperingati diriku , keluargaku , makhlukmu yg lain yg engkau kurniakan hidayah kpd mereka tidak akan ku tambahi @ ku kurangi walau sedikitpun kerana ia sudah lengkap & sempurna, iNSYAALLH akan ku pertahankan kebenaranmu ya ALLAH”
    Ya Allah berikanlah peluang utk ku menjadi hambamu yg beriman, bertakwa, beramal soleh( soleh) & tergolong dlm golongan hambamu yg sedikit iaitu hamba mu yg bersukur.
    sesungguhnya suatu keajaiban telah berlaku …..si hamba Allah tadi telah diberikan peluang utk memperbaiki dirinya , keluarganya &* makhluk Allah yg diberi kebenaran oleh yg esa utk ditarbiah…
    Wahai sedulur Kampus Wong Alus marilah kita jadikan tauladan dari kisah hamba Allah tadi iaitu setiap perbuatan dlm kehidupan seharian haruslah berlandaskan Al quran & sunnah2 soheh…jgnlah sekali2 kita menambah nambah @ mengurangi walau sedikit pun apa yg telah ditetapkan dlm alquran. semoga kita tergolong dlm golongan yg dirahmati didunia, di alam barzoh & akhirat…amin…

  316. wulyojati..

    sesat tu ada dlm diri manusianya sendiri dan bkn ada dlm yg di ajarinya/pelajarinya…

  317. Jadullah 7

    absen siang……………………………………………………………………………………..

  318. Patramantra

    Dari pada meributkan paham wahabi….Ini saya ijasahkan “ILMU TANPA BAYANGAN” cara mengamalkan cukup puasa 3 hari, sholat hajat 2 roka’at doa dibaca sebanyak-banyaknya tak terbayang jumlahnya yg penting ikhlas. Adapun doa yg harus dibaca,…… aduh lupa….abis g kebayang sih bacaannya seperti apa? xixixi….99x

  319. Salam utk para guru dan sedulur semuanya…

    Menarik sekali membaca diskusi teman2 ttg postingan ini
    Mudah2an ada hikmah dan pelajaran yg dapat diambil dr hasil diskusinya, asal jgn ribut2 lagi 🙂

  320. manusia rendahan

    وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لاَ يَعْلَمُهَا إِلاَّ هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلاَّ يَعْلَمُهَا وَلاَ حَبَّةٍ فِي ظُلُمَـتِ اْلأَرْضِ وَلاَ رَطْبٍ وَلاَ يَابِسٍ إِلاَّ فِي كِتَـبٍ مُبِينٍ

    Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

    (QS. 6:59)

  321. drpd ribut mulu….ni sy ijazahin ilmu Rawe Rontek..,ilmu ini sy dpt th.1993 dr seorang guru di mojokerto.
    tp sy tdk tahu ini ilmu hitam apa putih…
    Bissmilahhirrohman nirohim…wah lupa……ketularan @ ki patramantra rupanya. .. qi qi qi …pisssss

  322. gunawan78

    wah pada lupa ya. jangan2 kena virus xn

    kabur……..

  323. monggo aki2 yg …mo di babar ilmunya lanjuud,,,, poro bolo mnuggu…

    sperti kata presiden om wawan@ di akhir komentrnya….YA AMALAN TTEP JLAN TRUSS TOOO”

    ,,sumonggo sdrek sling babar ilmu mwon,,, dri pda menghbiskn enrji buat…yg udah lewat..

  324. pencari Magfiroh

    absen sore……..
    Kampusnya dah mulai adem…..

  325. semedi

    ass….
    salam kenal dan salam senyum smuax trutama para sesepuh disini…….

  326. gunawan78

    @manusia rendahan

    Ilmu gaib hanya millik Allah, ini diambil dari surat Al An’am 6:59: “Dan pada-Nya kunci-kunci kegaiban yang tidak diketahui kecuali oleh-Nya.”
    Dalam menafsir ayat tadi Al Qurthuby mensitir hadist Bukhari dan Ibnu Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Kunci-kunci kegaiban ada lima, tidak ada yang tahu kecuali Allah; yaitu jenis kelamin janin dalam rahim, apa yang akan dikerjakan besok, kapan turunnya hujan, di bumi mana seseorang akan mati dan kapan terjadinya kiamat.”

    Dua di antaranya sudah bisa diketahui dengan teknologi. USG bisa mellihat kelamin bayi dikandungan denngan ketepatan semakin akurat. Satelit dan ilmu meteorology juga semakin bisa diandalkan untuk peramalan cuaca. Jadi, semakin tidak gaib lagi. Tiga lagi yang masih dikategorikan gaib. Tetapi mungkin saja kelak bisa diketahui. Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Quran mencoba mengartikan al ghaibi dengan “unseen”, yang tidak terllihat.

    mau jelas kunjungi aja link ini :

    http://eepinside.com/?p=172

  327. wulyojati..

    sy+jg mau ngijasain ilmu pancaso lo..tp pasti ada yg blg sesat..jd we ga jadi aaaah

  328. Laskar lembu suro

    Aslkm absen siang@mas khozin salåm hormat@mas wawan kok udah kabur,kampus rame tpi gk ada sesepuh yg muncul

  329. abdullah

    Assalamu alaikum para saudara2 ku sekalian,

    Saya mohon pencerahan yang lebih detail, ‘Apakah rezeki seseorang itu tergantung dengan tempatnya’ ?

  330. Bocah lawu

    Hemmmm ngantuk… Bobok ajalah….

  331. wulyojati..

    laskar lembu s
    salam hormat jg njh,…

  332. Sartono Jenar

    Hay…hay…met siang semua…sy jg ikut mo ngijazahin kidung pencabut nyawa ahh…wah…tu…ada yg melotot…nggak jadi ahhh…ntar dibilang sesat…kabuuurrrrrrr…….

  333. Kentut Loro

    Ane Hadir lagi…
    banyak yg baru lagi rupanya

  334. Satria GaGak RiMang

    Salam karahayon dulur kabe, woiiii tulisan artikelnya ko dr jaman sy msh kuecilll msh ada ya, emang laku gtu,,,,wkwkwkw ngapunten dulur…qiqiqi

  335. ember…ember…siapa mau beli ember…….

  336. absennn…. iya ki kentut loro@,,,, aq jg baru,,, salam knal pda mhasiswa lama…salimmm ah,,,qiqiqi..

  337. sendang drajat@,,,wuih julukane jenengan sangarrr,,, mbok aq tike’i ember gratis,,di iseni air sendang drajat,,,, buat nyirami bungaku,, biar tmbah drajat,,,qiqiqi

    wah,, nntii jgn2 ini jg sesat niiehh,,, takuuuuuutt,,, mendingan aq minggir ah,,,

  338. wulyojati..

    kl kentut ojo ping loro,kurang mantap.!
    ping telu wae gmn.?
    kan bs bunyi..pret pret preeeeeeeeet..
    wkwkwkwkwkwkwk

  339. ,,,

  340. mbah Abdul

    kalau aku lebih enak pake mantra sesuai dengan bahasa kita alias nasionalis
    sedangkan wirid dari bahasa lain lebih bahaya karena harus pas bacaannya kalau salah sedkit/terburu-buru pasti salah arti apalagi kalau bacanya mengejar target jadi kalau wirid dari bacaan Al-Qur’an wiridkan aja yang pendek-pendek seperti Istigfar, sholawat, tasbih tahlil basmalah hasbunallah dsb lebih aman dan menentramkan…

  341. Patramantra

    @gunawan: tentunya teknologi USG juga bisa dikatakan sesat dong oleh mrk….hikhhkhik….3x
    ilmu ghaib itu induknya ilmu pengetahuan masa kini, dan lebih maju dari pada ilmu fisika, kimia yg di ajarkan di institusi formal.
    Padang KURUSETRA tempat perang antara KURAWA dan PANDAWA efek radiasi dan pencemaran lingkungannya lebih parah dari pada Hirosima dan Nagasaki. Padahal waktu itu belum ada teori atom….

  342. mantera pelet media rokok, ilmu kontak, ajian mahabbah, pengasih, ilmu debus, mantra guru sajab. Ilmu- ilmu semacam itu tiada lebih dari peninggalan ajaran- ajaran Hindu dan Budha yang dicampur adukkan dengan Islam sehingga menjadi sesat dan menyesatkan.???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????/

  343. Tukang Kopi

    Kopi kopi…
    Kopi susu kopi hitam kopi ginseng panassss..
    Siapa yang mau kopi silahkan pesaaaaan..
    Tapi kalo ada yang mau pesan kopi paste saya tidak jual, apalagi kopi paste artikel SARA
    Kopi kopiiii..
    Mbah patra, mbah abdul, mbah manwan, mbah khozin wulyojati, pesan kopi gak mbah, ini mumpung lagi ada diskon mbah, pesan kopi ya?
    Qiqiqi

  344. MBAH JATI

    seneng di KWA ada mas manwan, pinter ilmu agamanya, pinter pula bikin guyonannya…

  345. Kalau saya menyimak dan membaca artikel di atas untuk memacah belahkan persaudaraan dan kekeluargaan,tidak mungkin seorang kiyai menaruh kitab suci alqu’an di WC, sedangkan anak kecil saja yang baru belajar ngaji takut apalagi seorang kiyai yang tahu hukum dan sareat agama, jelas ini orang kafir yang mau memecah belah.

  346. mbah Abdul

    @tukang kopi
    kopi brontoseno eneng ra?

  347. Tukang Kopi

    Mbah jati mau pesan kopi susu gak mbah? Masih diskon ini mbah, enak baca artikel sambil nyeruput kopi panas mbah..
    Qiqiqi

  348. “INNAMA A’MALU BINNIAT”
    Jgnkan belajar ilmu ghaib, makan dan minum aja bs jd syirik jk kt salah menyikapi..
    @tuanku muda Allah menurunkan beragam ilmu ghaib dan kesaktian bkn gak ada maksud dan tujuan, Allah maha tahu apa yg hambanya butuhkan dan mengenai tujuan awal dan akhir kt belajar ilmu apapun bentuknya semata2 hanya mengharap ridhoNYA dan jg utk menambah kokoh keyakinan kt akan kebesaran dan keagunganNYA..

  349. awie hu pk.622

    fadlilah ayat pitu ( ayat tujuh )

    BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

    1. QUL-LAN-YUSHIIBANAA ILLA MAA KATABALLAAHU LANAA ( CARA BACANYA: QULLAYYUSHIIBANA… )
    HUWA MAULAANA, WA ‘ALALLAAHI FAL YATAWAKKALIL MU’MINUUN.

    2. WA IYYAMSASKALLAAHU BI-DLURRIN FALAA KAASYIFA LAHUU, ILLA HUWA, WAIYYURIDKA BIKHOIRIN FALAA ROO_ODDA LIFADHLIH, YUSHIIBU BIHI MAN YASYAA_U MIN ‘IBAADIH, WA HUWAL ‘AZZIZUR ROHIIM.

    3. WAMAA MIN DAA_BBATIN FIL ‘ARDLI ILLA ‘ALALLAAHI RIZQUHAA WA YA’LAMU MUS-TAQORROHAA WA MUSTAUDA’AHAA, KULLUM FI KITAABIM MUBIIN.

    4. INNI TAWAKKALTU ‘ALALLAAHI ROBBI WA ROBBIKUM MAAA MIN DAA_BBATIN ILLA HUWA ‘AKHIDZUUM BINAASHIYATIHAA, INNA ROBBII ‘ALAA SHIROOTHIM MUSTAQIIM.

    5. WA KA-AYYIM MINDABBATIL LAA TAKHMILU RIZQOHAA, ALLAAHU YARZUQUHAA, WA IYYAAKUM, WA HUWAS SAMII’UL ALIIM.

    6. MAA YAFTAHILLAHU LINNAASI MIN ROHMATIN FALAA MUMSIKA LAHAA, WAMAA YUMSIK FALAA MURSILA LAHUU MIM-BA’DIH, WA HUWAL ‘AZIIZUL HAKIIM.

    7. WA LAIN SA-ALTAHUM MAN KHOLAQOS-SAMAAWAATI WAL ARDLO LAYAQUULUNNALLAAH, QUL AFAROAITUM MAA TAD ‘UUNA MIN DUUNILLAHI IN AROODANIYALLAAHU BI DLURRIN HAL HUNNA KAA SYIFAATU DLURRIHI, AU AROODANII BIROHMATIN HAL HUNNA MUMSIKAATU ROHMATIH, QUL HASBIYALLAH, ‘ALAIHI YATAWAKKALIL MUTAWAKKILUUN.

    tata cara: dibaca pada pagi dan sore
    kegunaannya : barang siapa membaca ayat tujuh dari Al-Qur’an ini maka tiada seorangpun dari makhluq Allah yang bisa menyakiti. Insya allah dicukupi rizqinya

    ijazah dari KH.Syeh Ahmadi bin Sairozi

  350. Jadullah 7

    absen sore……………………………………………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  351. bakul esss.......

    walahhhhhhh……kopi pahit..kopi pahit……..,ojo podo tuku, mergo kopi ne rasane pahiiit………kopi pahit…
    esssss…esssss…..,essssss ..es campur…es telerrrr…….esssss cendol….

  352. won9bodho

    wah wah wah…kaya di arab aja.semua dilarang,sholawat nariah dilarang,hizib dilarang ga ada yg namanya peringatan ISROMI”ROJ,MAULID NABI…smua bid’ah tpi mmperkosa pembantu ga haram,ga bid’ah n ga nggaji pegawai ga haram….itulah WAHABI YG KEWAHABIAN.kullu muhditsin bi’ah kullu bid’ah dlolalah kullu dlolalah fin naar..itu kata mereka.
    coba kalo orang wahabi keluarganya ada yg kerasukan jin ataau santet apa cukup dibacakan falaq binnaas tanpa tau caranya,santet itu akan keluar?….semua sok lurus sok tau hukum tapi kalau di kasih kitab gundul y…klabakan .
    apa artinya :wktu nabi sebelum di angkat jadi rosul,Ia slalu pergi ke gua HIRO dan menyapi disan?apa dia mau dekat dengan JIN? atau ingin Berteman dgn SYETAN?….cobalah fikir nd cermati.trima kasih

  353. Hussin Mohamad

    Salam..
    Suatu tamparan hebat untuk kita semua…KWA.. pada pemgamatan saya atikel diatas merupakan satu peringatan kepada kita semua, ya ..dalam keghairahan kita belajar bermacam2 ilmu di kampus Wong Alus ini…adakalanya kita terpesong niat dalam melaksanakannya…Oleh itu berhati2lah dalam mempelajari sesuatu Ilmu untuk kebaikan kita didunia dan Akhirat…

    Wassalam….

    Mohamad_hussin_bin@dell.com

  354. Tukang Kopi

    Mbah abdul, masih ini mbah tapi tinggal 1 sendok, yg ini asli dari kediri.
    Kopinya mau dicampur telor ayam kampung gak mbah?
    Kata orang khasiatnya bisa tahu mana berita hoax mana bukan kalo udah nyeruput kopi brontoseno campur telor ayam kampung .
    Berita hoax yg kayak kyai buang tinja diAl quran kayak artikel di atas lho mbah..
    Qiqiqi

    Mbah bakul es:
    Saya jualan kopi bukan gula, kita joinan aja yuk, sampeyan jual es saya kopi, kalo digabung jadi es kopi
    Qiqiqi

  355. saya juga sesat….

  356. Mohd Genius

    kekadang kita hanya menilai atau melihat sesaorang individu dr zahirnya sahaja tanpa kita memohon pd yg esa
    wahai sedulur yg hebat lagi dihormati
    kisah seorang guru murshid berkata kepada anak muridnya..wahai anakku..
    mintalah QUDRAT MU bersama dgn yg esa
    mintalah IRODAT MU bersama dgn yg esa
    mintalah ILMU MU bersama dgn yg esa
    mintalah SAMAK MU bersama dgn yg esa
    mintalah BASAR MU bersama dgn yg esa
    mintalah KALAM MU bersama dgn yg esa
    mukholafatuhu lilhawadith ..berdirilah kamu bersama dgn yg esa…
    wahai anakku bila mati anak adam i2 hanya 3 perkara yg dibawanya
    amal ibadah yg diterima
    sedekah jariah yg diterima
    anak2 yg soleh…

  357. Jadullah 7

    minum es teler wae…………..karo nyimak sing podo kuliah ………monggo mbah2 di lanjut……………

  358. Bajul Kesupen

    @ blog Cahaya Pencerahan (http://ainuamri.wordpress.com/) Phone: 08987812289 : artikel anda sangat mendeskriminasikan salah satu penganut keyakinan,,Tuhan itu Maha Tau dan Maha adil,,apakah semua ilmu yg bersumber dari keyakinan kejawen itu mesti bersinggungan dengan syetan / iblis ? janganlah kita mengklaim suatu keyakinan hny melihat sebuah kejadian tapi lihatlah, pelajari dan mengerti sebuah ajaran secara makrifat jgn hny syariatnya saja, atau istilah kita liat dalamnya jng liat kulitnya. klo Tuhan membenarkan agama islam saja kenapa agama lain / penganut keyakinan lain ga di musnahkan? juga klo hny islam yg dibenarkan mungkin yg ada hanya 1 negara didunia ini yaitu negara Arab. di Tanah Jawa lbh dulu mengetahui tata laku atau aturan hidup. silahkan liat sejarah dimana sebelum Nabi Muhammad SAW menerima wahyu tentang agama islam di Tanah Jawa telah mengetahui tentang Ketuhanan dlm bentuk budaya..NUWUN

  359. bakul esss.......

    @bakul kopi; adol es campur aro kopi nk pinggir kuburan…….mengko sing nukoni mbah jadulah ,lambene ben terus podo ndomble koyo jadulah 07……
    @murid sesaat; nk sesaat kuwi ojo ajak-ajak………,malahan tak cekok i es kopi kon mengko……..

  360. Tukang Kopi

    Kopi gratis buat mbah jadullah 1 dst.,. juga buat mbah bajul kasupen
    Qiqiqi
    Betul itu mbah, di jaman iman makrifat tauhid sebelum nabi saw lahir sudah ada agama/budaya di nusantara, bisa dibaca dimanuskrip kuno dan prasasti yg ada
    Qiqiqi

  361. benul benul benul….eh salah betuk maksudnya……..telo…telo…siapa mau beli telo ndruwo…murah,meriah,mendem….qi..qi..qi….

  362. won9bodho

    Mohon di izinkan,saya mau mengijazahkan ILMU PUKULAN TANPA BAYANGAN spti punya mbah PATRAMANTRA.tapi maaf nii mbah bukannya saya nyaingin mbah…kalau dikatakan nyaingin ya okelah kita bertanding..aku akn gunaka ilmu ini…ILMU PUKULAN TANPA BAYANGAN..ga pakai puasa…ga pakai wirid… takut sasat berkawan dgn jin atau setan. ini ilmu semula jadi bisa langsung di test dan sudah terbukti ampuuuuuh,mangkuuussssss bisa mukul lebih dari 10 orang
    Sarat dapengetesan langsung
    1.kita cari ruangan yg banyak orang ber gerombol atau lebih enak kalau lg kumpulan RT lg kenduri
    2.kita duduk di bawah sikring/ stop kontak listrik
    3.kita langsung test baca wez ewez ewez aja kesuh aja nironi kudu manut aku …tatik napas dlm2…..trus kita berdiri..dan putar sikring itu/kita turn off .kan lampu dah mati smua…kita langsung aja tonjokin/pukulin orang di sekeliling kita.hitung sebanyak2nya sukur bisa 20 orang,trus kita duduk di tempat semula ..gampangkan????….amalan ini aku ijazahkan dgn iklash…tapi kalo ada akibatnya ga tanggung jawab hahahhahha……..hahaahhahaha…..
    sori ki PATRAMANTRA…

  363. mbah jaduloh gambar gravatarnya kok lucu2 ya….pasti mirip dengan orangnya…..qiqiqiqiqiqiqiqiqi……

  364. apa di ganti aja…mbah ndombleh……qiqiqiqi…pissssssssssss

  365. haaa…. [mlongo]

  366. eit…kok gambar surodadu mikul mriem……….wah ada pak surodadu…atut……ntar di uncali nanas sing soko wesi…alias granat…….KABOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOORRRRR….

  367. waallah .. pakdhe argo jo kaboorrr…. iki telekmu timpalen disik

  368. nick name nya macam2 ya…ada wong bodo…nek bodo ngak usah ajak2,wong sesat……..nek arep sesat jo ajak2,wong pinter….tapi ojo minteri…….wong edan,nek ra edan ra keduman….maaf beribu maaf kisanak ,jangan diambil hati ya…ini cuma sekedar guyonan saja…sing penting ……QOBILTU……manut grubyuk…pisssssss…..lanjut sedulur……mau pulang dului, dari cari rumput alias ngarit…..

  369. jadullah 4

    argo; ngendi koe? telekmu keri ki…mangaaap sek..untalen,,hahhaa

  370. yen pakdhe dumil mesti jelek banget mangkane ga berani pasang avatar heksheksheksss…..

  371. aku melu nyemak oleh yo mbahhhhhh… 😀

  372. jadullah 4

    jadullah 1: iyo kang, melas tenan jyan……ngarit go makani anak bojone…xiixiiixiixii,,

  373. Brama

    Wah..Seperti nya bener artikel di atas.
    Astaqfirullah..
    Berarti selama ini saya sesat mengamal kan mantra dan ilmu kejawen.

  374. jadullah 4

    berarti wali 9 juga sesaaat……menciptakan beberapa lirik lagu, tembang, belajar wayang dll…xiixiixiiixixixiixiiiixixi,,ahhh sungguh mulia dan penghuni surga kalian….huwahahhahhaa……

  375. Patramantra

    Huahuahuahuaaaaaa http://ketawa-terpingkal.me jadi banyak teman yang kebakaran JENGGOT, sementara banyak diantara kita yang tidak memelihara jenggot. Padahal kebanyakan yg memelihara jenggot kaum Wahabi….

  376. Brama

    Alhamdulillah…Mendapat pencerahan. ya allah ampuni dosa2 kami kalau selama ini kami mengamal kan ilmu kejawen dan mantra2.
    Mongok sedulur kita tingali ilmu yg menyesatkan dan tak bermempaat.

  377. jadullah 4

    memegang tasbih juga bisa sesat lho…ixixiiixiixiii,,percaya sama khodham2 penghuninya…ga beda sama keris yang kalian cap sesat…..cuma beda media dan barangnya…huwahhahahhahhahhaha,,tipis memang tipis….

  378. Patramantra

    Huahuahuahuaaaaaa http://ketawa-ngakak.me kita ini baru dipepet bin dipojokan sama ki Wongalus yg dg sengaja memposting artikel copas berbau WAHABI. Sebuah artikel lain dari biasanya…..,ya…,stidaknya kita bisa saling pandang memandang sesama teman di Kwa. Berteriak bergantian mengemukakan pandangan ilmu gaib menurut diri kita masing-masing, akan menjadi studi kelayakan sebagai dasar orang awam yang ingin belajar ilmu ghaib.

  379. jadulloh 5

    wah ono telek telek’an,nek nelek ndang ditimpal,nek ra ndang ditimpal ngko tak pacul sisan sing nelek
    hahahaha

  380. jadullah 4

    jadullah 5: bendoo sisan wae ..huwahhahahahhahaa,,

  381. Brama

    Ayo sedulur2 mumpung masih di kasih kesempatan kalau mau tobat.
    Kpda pemilik blog. Ada baik nya artikel2 ilmu kejawen yg ada di kwa ini di musnakan karna menurut artikel diatas menyesat kan manusia banyak.

  382. jadullah 4

    @brahma: kenapa egak ente aj yg hijrah ke tanah arab ????????tenang disana ga ada ilmu pake bahasa jawa,, meski ilmunya sama tapi lebih baiklah….namanya sudah mengalami alih terasi pakai bahasa arab…membumi hanguskan keragaman budaya dan peninggalan bangsa??karena menurut? menurut siapa mas? ga jelas…hahhaha,, maaf maaf maaf…

  383. jadulloh 10

    hahaaa…malah kabur mbah argone mw,,,,selak kesusu nyabun yo ??? ahayhay…

  384. jadulloh 10

    wooooo….brama kumbara opo brama gemblung hahaaaa…kok iso ketularan saraape brama kw jadulloh4 hahaa…

  385. jadulloh 5

    hahahaha sopo nelek mesti mambu,hahaha pacul2an wae
    ahahahaha

  386. Brama

    Wadu berartih selama ini saya telah tersesat jauh,yg mempercayai ilmu semula jadi,ilmu mantra dan kejawen.
    Terimakasih banyak siapa pun yg menulis artikel diatas, karna ini pelajaran yg sangat berharga buat kami khusus nya saya yg lg mencari jati diri ini.

    Sujud syukur terimakasih ya allah.

  387. jadulloh 5

    waduhh waduhh lha kok kabur piye? wahh wahh,ra tanggung jawab,wah ono brahma maneh,opo toh brahma ya?
    hahahaha

  388. jadullah 4

    @jadul 10: wahhahaa….iyo ding namanya juga brahma (brahmana) ahh pasti salah satu penghuni surga….namanya beraroma hindu budha dri kebudayaan hindia….huwahhahahha…….knapa ya namanya ga dimusnahkan juga?xiiixiixii…..
    ben mbaah benn……..wahabiii wahab is the best…wkkwkwkkwk,,
    kejawen matipun ga mau..hidup pun enggan….huwahhahaha,,yah tak berharap surga dan pantang ke neraka…..weh ni om brahma nguber surga…smoga dapet t4 tertinggi….xiiixiiixiix,,
    jadullah 5: bom5an ae, lawane wahabi…huwahhahahha…..

  389. Brama

    Jadullah 4. Ini pelajaran yg sangat berharga buat kita yg selama ini ber gelut dg ilmu kebatinan. Ini petunjuk tuhan agar kita sadar bahwah selama ini kita dalam kesesatan. Astaqfirullah..Nauzubillaminzaliq.

  390. Bocah lawu

    Huhuhu….10x. Kacian deh..loe dah bertahun tahun bljr ilmu gaib dibilang sesat…xixixixi mari kita ucapkan semboyan baru… Matilah kesesaaataaan… Udah benar lum..xixixi

  391. jadullah 4

    siip mbah brahma……wkkwkwkkw,untung saya ga percaya….tapi yakini saja….wahhahhahahha,mff mbah ga pernah saya geluti…..tpi yo kenal dikitlah…hhehehe,,

  392. Brama

    Mari para sedulur kita kembali kepada al quran.
    Adat budaya kalau menyesatkan tidak ada mempaat nya untuk di pertahan kan.

    Dan mari jg kita satukan tekat bahu membahu untuk memusnakan ilmu2 yg tidak bermempaat dan menyesat kan orang banyak itu. Di antara nya menurut artikel di atas adalah : kejawen, semula jadi,mantra,dan ilmu khodam. Sebelum sampai ke generasi berikut nya yaitu anak cucuk kita.

  393. Anglingdarma

    Ngucapin selamat buat prabu @Brama kumbara raja madang kara, yg punya ilmu sakti ajian serajiwa punya pedang juga namanya pedang naga puspa dan punya istri cantik namanya Menthili eh,.Manthili sekarang mau inshaf.
    Ayooo sedulur podo inshaf,.

  394. melu gelut wae aku,do ra ajak to jadulloh2 mania ki

  395. Brama

    Bocah lawu
    alhamdulillah..Kita mendapat pencerahan.Mari kita tingal kan hal2 yg berbau klenik.

  396. Brama

    Angling darmo terimakasih, ini hidaya tuhan.
    Marih kita ajak kerabat2 kita kembali kepada al quran.

  397. Brama

    Jgan sia2 kan hidup yg singkat ini dgan hal2 yg tidak bermempaat apa lg yg sesat dan menyesat kan.

  398. brama kumbara insyaf,trus rep pindah neng arab wkwkwkwkwkwk

  399. Bocah lawu

    @anglingdarma…tokoh legendaris ajarin sy ilmu MAKDUM SARPIN NYA kan pymu lebih asli… Tp ilmu sesat apa enggak…xixixi

  400. Bocah lawu

    @jadullah 9..kwkkkk. namamu dh ke arab2an jd g sesat ya xixixi
    @sedulur.. Tk ksh tau ya.. tu nama yg msh berbau jawa ganti semua ya nti dibilang sesat…xixixixi pindah sana ke timur tengah xixixi

  401. HUAHAAAA … KOK DO NANGGAPI SI BRAHMA … DI KOCOK WAE PAKE REMASON

  402. jadullah 4

    lama2 sia2 hidup di dunia dari pada muter2 ga manfaat,, toh akhirnya kembali ke akhirat…noh langsung saja pada bunuh diri semua…xiixiiiix,, ah angling dharma sesat juga….xiiixiixi,, di alqur’an kan ga ada istilah dharma….xiixiiixiixiiixix,,

  403. Brama

    Alhamdulillah
    jadullah 9 dan boca lawu uda insyaf jg.
    Semoga kita semua di berih hidayah.Amin
    ayo kerabat2 yg lain,marih kita insyaf,tobatannasuhah.
    Tingalkan dan musnakan ilmu kejawen.

  404. jadullah 4

    @angling dharma: bagi makdum sarpinya donk….xiixiiixixiix,,

  405. jadullah 4

    brahma : gmna cara musnahinya mbah…xiixiiiixiix,,padahal gendhing juga ilmu lho mbah..ilmu ngademke ati…xiixiiix,, padal yg ngajarin dan populerin adalah tokoh wali 9….nah saya juga harus mengajarkan itu dalam kegiatan formal nanti….piye yen arep musnahin…sudah menjadi tanggung jawab….xiixiixixiix

  406. Brama

    Alhamdulillah
    jadullah 4 uda insyaf jg.
    Semoga yg lain jg mendapat hidayah.Amin

  407. jadullah 4

    ajarin magsutnya mengenai guru lagu, guru wilangan lan guru gatra….dospundhi pakdhe?eh sesat ega ya aq pake basa jawa…..xiixiiixiiixi, saya juga punya bbrapa skrip bahasa jawa tetapi ditulis dengan bahasa arab…gmn pak dhe? menyesatkan ega pak? awam ni….blm bisa bedain…..xiixixixi…takut tambah sesat ni kalau mengajarkan pada khalayak ramai….xiixiix,,

  408. Anglingdarma

    Hiihihihiii
    ada jang jualan peta atau kompas ngak ni jadi bingung aku,.
    Qiqiqiqiqi

  409. Bocah lawu

    @Brama Kumbara sama @Angling Darma lbh sakti mana ya… Tp sayang kesaktian kalian g berguna…soalnya sesat….xixixi

  410. jadullah 4

    wakkakakka….amiin amiin mbaah amin…yen aku ora iso musnahke kebudayaan mbah…..ning yo kudu dibatesi, saget mbatosaken antawis kabudayan lan agami…menawi ageman lan niat menika saking kersaning pengeran sedayanipun langkung sae….ngucap sukur dening pengeran menawi kula lair ing nagri sakmenika….menawi panjenengan badhe hijrah wonten padang pasir njih sumonggo kula derekaken…huwahhahhaa,,

  411. jadullah 4

    manungsa namung bisa lamun pengeran ingkang kuwasa…..
    salut menawi saget kepanggih kalian titah manungsa ingkang sayekti…..ning ra wedi,, coba rene tak getook mprempul ora…hhahahaa

  412. Bocah lawu

    @mbah jadullah 4… Sy panggil mbah nti dibilang sesat g..xixixi
    mbh jadullah 4 …. ayahku jg py kitab tp tulisan arab berbahasa jawa klo sy pelajari sesat jg dong….xixixixixi

  413. Brama

    sedulur2 yg br belajar ilmu kebatinan, agar berhati hati, kembali ajah ke al quran.
    Jgan mempelajari ILMU KEJAWEN, SEMULA JADI, ILMU KHODAN.
    Agar baroka dunia dan akhirat.

    Mongok jadulla 4,jadul 9,boca lawu,angling darmo, kita ajak saudara2 kita kembali ke alquran.

  414. jadullah 4

    menawi miturut kula mboten njih mbah….seratan menika para tokoh agung ingkang nyerat….isinipun warna warna… tuladhanipun babagan filsafat katuhanan islam ingkang dipun terjemahaken ngangge basa jawi, supados tiyang sanes rumiyen saget maos ugi tumut nyepeng … melas to mbah ra iso boso arab, dospundi menawi badhe nepangaken islam kalian tiyang2 minika??? menawi miturut brahma menika sesat… alqur’an saja ditulis dengan bahasa arab…. 😮
    masak nulis huruf arab pake bahasa jawa??xiixiiixiiix,,
    menawi miturut pengeran kula mboten wantun mbah ngaku utawi ngklaim…mboten mangertos kula mbah…

  415. Brama

    Boca lawu dan jadul.
    Kalau ada kitab ilmu2 yg berbau kejawen bakar ajah, agar tidak sampai ke generasi selanjut nya.
    Mulai sekarang kita harus bahu membahu untk memusnakan yg ber bau kejawen.

  416. jadullah 4

    @bocah lawu: waaah mboten ngertos kula mbah…kula menika sinten njih, ..huwahhahaa
    @mrahmana: njih kula sarujuk menawi kalian alqur’an…namung mboten ngrusak budaya,rumiyen sampun nate dipun saring kalian para wali…..kula panjenengan menika sinten to mbah…nyaring2…..saya dangu saya ilang nagri iki..luwih sae sesarengan ngelestarekaken jati diri bangsa….supados anak putu nggadahi unggah ungguh ugi tumindhak ingkang adiluhung….

  417. sareb

    DUH GUSTI KOWE MOHO KUOSO AKU NJALUK PANGAPURO

  418. IQ o'on

    Wah gimana to ini… Saya ini baru belajar ilmu dari kwa lo mas, kok trus ada postingan gitu trus gm lanjutane. Saya baru amalinnya setengah jalan, gimana to senior2 ini. Trus gimana ni..nti bs2 ilmu saya yg masuk separo to. Nasib nasib

  419. @brahma: wonten musium kathah sanget mbah…sumonggo panjenengan menawi badhe ngobong..kula mirsani kemawon…ugi guru2nipun, departement kebudayaan, dinas kebudayaan ingkang ndukung…sumonggo menawi panjenengan badhe ngobong…kula mirsani kemawon….
    menapa menawi sampun dipun obong kita sampun barokah?????????menapa sampun leres timindhak menika?menapa kitha sedaya ingkang ngaku2 ugi ngrumangsani??????
    duh ghusti…..kathah kang ngaku aku…
    astaghfirullah….
    menawi ustat ingkang dipun dados irah2ah dosmenika kemawon ingkang pungkasan mprihatinke…..duh ghusti tebihaken kalian ifrit ingkang ngagem serban….monggo2 mbah….dipun lajengaken….kula mendel kemawon,

  420. Brama

    IQ o’o kalau berbau kejawen tingal kan saja, karna menyesatkan dan banyak mudarat nya.
    Kembalilah kepada alquran.
    Semoga anda mendapat hidaya.

    Saya orang jawa,tapi tak bisa bahasa jawa.

  421. tapi 1 yg harus mas brahma ketahui…saya akan tetap melestarikan budaya…bahasa jawa dan yang mas cap sesat..akan mulai bersama2 kembali membangkitkan… mengenai pengaturan bahan pelajaran dengan mgmp,, kembali masuk ke ngarsa dalem kembali mendapatkan dukungan,kasultanan, departmn penddkan, dep kbudayaan, dpr……alhamdulillah tahun ini menjadi pelajaran wajib dan ujian non mapel, untuk sd, smp, dan sma jatim, jateng dan DIY….silahkan kalau mau bakar sekolah2 juga yang mengajarkan bahasa jawa ataupun yg mas anggap kejawen….monggo….mff saya of dlu..nuwun,

  422. Ongkowijoyo

    Saya kok jadi bingung tho… Lha aku ini wong jowo beragama Islam masak harus membakar hal-hal yg berbau jawa….
    Tadi saya sempat mencium kitab-kitab baik berbahasa jawa bertuliskan jawa maupun arab dan qur’an pun sempat saya cari baunya, Lha kok apek… Lha aku ini wong jowo tidak tahu bau arab. Dan apek itu berarti berbau jawa, karena saya tinggal di jawa. Apakah semua kitab saya harus dibakar semua ya, termasuk kitab arab kan sudah terkontaminasi bau apek jawa…. Jadi bingung aku….

  423. Brama

    Om keblondrok.
    Ilmu kejawen dan ilmu khodam menurut artikel diatas sesat dan menyesatkan serta banyak mudarat nya.
    Alhamdulillah.. kayak nya om uda insyaf jg, kalau untuk melestarikan budaya untk membangun kepentingan orang banyak itu kewajiban kita sebagai anak bangsa.
    Om keblondrok jgan lupa bakar ya kalau ada hal2 klenik yg berbau kejawen. Sebelum sampai ke generasi selanjut nya.

  424. Brama

    Ongkowijoyo jgan ragu2 musnakan saja.Tidak ada jg mempaat nya.
    Kembalilah kepada alquran.

  425. IQ o'on

    @brahma.. Gimana to anda ini jgn membatasi seperti itu to… Alloh aja memberikan kebebasan kpd hambanya. Dan kita kan jg diwajibkan blajar ilmu. Anda jgn lupa asal anda. masak kebudayaan mau dihancurkan. Trus gimana pertanggungjawabannya. Pemerintah aja gak melarang kok. Ya anda langsung aja to bilang ke pemerintah. Masak cuma berani koar2 di kwa. Yah g kesatria anda pengecut. Bau kecut

  426. me

    bingung aku hahahahaha

  427. RENO

    !!!!!!!!!!???????
    DUH GUSTI AMPUNILAH HAMBAMU INI…..

  428. Ongkowijoyo

    @om brama: saya yakin agama yang selamat adalah Islam. Karena assalama berarti selamat. Tp taukah om makna ayat…Allah menciptakan manusia bersuku bangsa-bangsa yang berbeda-beda…., taukah om makna Allah memberikan Rohul qudus kesetiap manusia…dan Allah pasti tidak lupa karena lupa hanya milik manusia… Orang jawa pun tidak lepas dari pemberian Rohul qudus oleh Allah…. Tahukah om Brama tentang kitab HIDAYAT JATI yang ditulis oleh Pujangga terkenal R. Ng. Ronggowarsito. Kitab tsb ditulis dalam bahasa jawa dan diambil dari pemahaman ilmu tasawuf Islam. Telah dijadikan sumber literatur sebagian tarekat islam. Dan juga banyak mengilhami beberapa aliran kepercayaan dipulau jawa….

  429. Ongkowijoyo

    Orang hindu dan budha pun juga mengenal Nabi Nuh…

  430. Brama

    IQ anda tidak baca coment saya di atas kalau masalah budaya itu kewajipan kita sebagai anak bangsa untk melestarikan nya.
    Yg tidak boleh menurut artikel ini adalah hal klenik yg berbau kejawen karna banyak mudarat nya.Dan mengandung unsur sirik dan musyrik.
    Om jgan ragu2 kembali ke pada alquran. Karna alquran tidak diragukan lg.
    Mongok musnakan yg berbau kejawen.

  431. Brama

    Ongkowijoyo benar sekali om,mongok ajak sedulur yg lain kembali keislam sejati.

  432. me

    @om brama klo saya ga mau ikut ajakan anda gimana?apakah anda memusuhi saya?

  433. Bocah lawu

    @brama .. Tau wong gentur gak… Dimana ya pasti gnt nick. Pokoke q ttp pilih wong gentur… Xixixi. @brama… Km pilih mana..???xixixi

  434. gembala sapi

    @ Brahma : sesuk negoro indonesia gantinen arab trus bahasane yo arab,,trus kowe tak pateni ben mlebu surgo,,penak to neng surgo,,katimbang neng dunyo kakean mslh, duwe utang ga iso bayar, ngesir cewek ga klakon

  435. wong_ gentur

    Assalamu’alaikum wr,wb… Wilujeng Enjing ka Sadaya…

  436. wong_ gentur

    Bismillahirrohmanirrohiim… (disadur daripada kitab “AMAL MA’RIFAT” karya Al Arifbillah Al-Allamah Al-Hajj Abdurraman Shiddiq bin Al-Hajj Muhammad Affif yang brgelar MUFTI INDRAGIRI yang merupakan cicit daripada Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang juga dzurriyat Tuanku Pangeran Dipenogoro..)
    1. Adapun Syari’at artinya kenyataanya yakni barang yang dinyatakan oleh Alloh Ta’ala daripada segala hukum ‘amar dan nahi dan lainnya maka ta’aluq ia anggota.
    2. Adapun Thoriqat artinya jalan. Yakni jalan menyempurnakan syari’at seperti taubat, zihad, tawwakal, dan sabar dan ridho dan shidiq dan mahabbah dan zikrotul maut dan lainnya daripada segala perangai yang terpuji maka ia ta’aluq pada hati dan nyata pada anggota.
    3. Adapun Haqiqat artinya ‘itiqad yang sebenarnya yang wajib dipercayakan sama ada ilahiyyat nabawiyyat atau sama’iyyat yaitu ta’aluq ia pada hati yakni berhubungan dengan perbuatan hati.
    4. Adapun Ma’rifat artinya pengenalan yang smpurna kepada Alloh Ta’ala yaitu ta’aluq ia pada sirr hati artinya mengenal Wahdaniyyah Alloh Ta’ala pada Af’al dan pada Asma dan pada Sifat dan pada Zat dengan i’tiqad yang yakin sekira2 tetep pada i’tiqadnya bahwa tiada memperbuat sekalian kainat melainkan Alloh Ta’ala. Dan tiada yang bernama didalam kainat hanya Alloh Ta’ala. Dan tiada yang maujud di dalam kainat ini hanya Alloh Ta’ala..
    Adapun sgala perbuatan mumkin dan asmanya dan sifatnya dan wujudnya maka yaitu Fana di dalam Af’al Alloh Ta’ala dan Asmanya dan Sifatnya dan Wujudnya. Hasilnya yang ada pada mumkin ini majaz dan mazhar yakni kenyataan Af’al Alloh Ta’ala dan Asmanya dan Sifatnya dan Wujudnya tiada mempunyai Wujud haqiqi yang sebenarnya…@

  437. galih kankung

    ngopi-ngopi. tikar udah di gelar, cangkruan yo.

  438. Adam

    Ass Wr Wb, semua sedulur KWA …

    Sedikit saya mau memberikan masukan dari saya yg sangat awam masalah agama dan ilmu kebatinan.

    Yang saya tauk …
    Ilmu kebatinan, seperti ilmu kebal dlsb …. tidak akan pernah ada dalam sunnah dan Al Qur’an … karena para Nabi, khususnya Rasulullah SAW gak butuh sama ilmu begituan. Para Nabi dan Rasul … begitu punya masalah … tinggal ngadu ke malaikat (dalam hal ini malaikat Jibril as), dan Allah tinggal langsung memberikan mukjizat kepada para Nabi tsb, tergantung kebutuhan yang mereka perlukan.

    Berbeda dengan para Kyai maupun bahkan Walisongo … tidak ada komunikasi langsung antara mereka dengan Allah SWT.

    Mereka (para Kyai lokal / walisongo) harus berjuang berdasarkan peralatan yg ada di sekitarnya, termasuk kebudayaan lokal yg ada di sekitar mereka.

    Dan yg saya tauk … entah bagaimana caranya … apa yg mereka (terutama walisongo) gunakan dari produk lokal yg jelas – jelas tidak islami awalnya (seperti kejawen) akhirnya diridhoi oleh Allah SWT utk mereka gunakan dan akhirnya ada semacam islamisasi produk lokal oleh para walisongo tsb.

    Demikian sedikit penjelasan yg sederhana dari saya yg awam … semoga dipahami oleh semuanya.

    Wass Wr Wb …

  439. wedus gembel

    sebaiknya redaksi KWA lebih selektif dalam menampikan artikel yang menurut saya
    mengandung provokasi, perdebatan dan pro kontra salah satunya adalah artikel di atas
    yang nota bene adalah copas dari blog lain.
    kita seakan percuma coment di blog ini, sedang penulisnya yang asli itu sendiri
    berada di blog lain.

  440. lemots

    Aduuh ko blog tercinta jadi Begini seeeh…

  441. Ass WW, salam hormat buat para sesepuh dan Keluarga besar KWA semua

    keyakinan yg sunguh2 tumbuh dari pemahaman yg benar,pemahaman yg benar berasal dari syariah yg benar, keyakinan yg sunguh2 adalah mahkota roh, dia tahan uji dan tahan sepuhan,artikel yg menghujat atau argumen yg kritis dan keras terkadang dibutuhkan utk menguji “mahkota Roh” tadi.
    Ilmu Islam sangat Universal dan indah, dia bisa dilihat dari banyak sisi dan semua akan indah, kebenaranya adalah seperti tiang pancang yg berdiri tegak dari bumi sampai kelangit,maka hampirilah tiang pancang tersebut maka kebenaran adalah “setinggi badanmu”,jangan paksakan saudaramu lebih tingi lagi krn itu akan menyakiti lehernya dan jgn jangan paksakan lebih rendah krn itu akan menyakiti pingangnya krn harus membungkuk terus hehehehehe,,jgn hindari pemahaman yg berbeda,jgn hindari hujatan atas keyakinan,mutiara akan besar dan berkilau krn terjangan gelombang arus bawah laut dan hantaman pasir..
    smoga kita menjadi org yg terkenal di langit dan tersembunyi dibumi,,
    Wa salam
    Datuk

  442. – – – – –
    – – – – –
    – –
    – – – – –

  443. nazri nazar

    Ass….sadulur saderek sadayana… sebelumnya sy mohon maaf ila lancang masuk dan memberikan tanggapan di KWA ini. Sy hanya ingin memberikan sedikit pandangan mengenai masalah diatas.Banyak para kaula yg langsung memfonis suatu masalah dg tidak berpegang pd tempat, keadaan, dan masa{waktu}.Mengapa pula hrs kita katakan org yg berpuasa mutih itu bid”ah..? Bukankankah kita hidup di Indonesia memang memakan nasi putih dan minum air putih..? Klo anda ingin mengikuti sunnah Nabi seutuhnya ya.. seharusnya anda makan dan berbuka dg sepotong roti gandum atau buah kurma bukan..? tetapi kita hidup di Indonesia..mengapa pula hal tsb di perdebatkan…mengenai hal tsb sy pernah ada membaca suatu riwayat bahwa Nabi tidak melarang pengikutnya utk berpuasa sesuai hajatnya…bila selesai menjalaninya…ya..jalanilah kehidupan itu seperti biasa kembali…ok

  444. om wawan sleman

    Pengertian Islam Rahmatan lil’alamin

    1. Pengertian islam
    Kata “islam” adalah kata bahasa arab yaitu “sailama” yang dimasdarkan menjadi “islaman” yang berarti damai.
    2. Pengertian rahmatan
    Kata ‘rahmatan” kata bahas Arab yaitu “rohima” yang dimasdarkan menjadi “ rahmatan’ yang artinya kasih saying.
    3. Pengertian lil’alamin
    Kata “Al-alamin” adalah kata bahasa Arab yaitu “alam” yang dijama’kan menjadi “alamin” yang artinya alam semesta yang mencakup bumi beserta isinya.

    Maka yang dimaksud dengan islam rahmatan lil’alamin adalah islam yang kehadirannya ditengah kehidupan masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih saying magi manusia maupun alam.

  445. om wawan sleman

    “Lakum diinukum waliyadiin”
    Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku (al kaafiruun ayat 6)

    Islam mengajarkan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan .
    jadi apakah anda setuju untuk saling merendahkan dan saling membenci ?

  446. om wawan sleman

    ada suatu kisah dimana para sahabat nabi mendengar bahwa rasulullah masih meminta ampunan atas dosa yg di perbuat dengan menangis dalam waktu yg lama.
    apakah kita pernah meminta ampunan atas dosa kita baik yg sengaja maupun yg tidak disengaja. rasulullah saja yg sudah dijamin masuk sorga masih minta ampunan dosa, sedangkan kita ?
    kadang malah kita berfikir bahwa kitalah yg selalu benar, sedangkan orang lain pasti salah. rasulullah saja bahkan pernah beberapa kali menyuapi makan seorang yahudi miskin, yang jelas di quran sudah disebut bahwa kita harus hati hati terhadap kaum yahudi.
    mohon para sedulur untuk lebih bersikap dewasa dalam menghadapi perbedaan.
    maaf kalau ada yg kurang berkenan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: