TENTANG MASALAH ASMARA

on

Saya mendapat email dari saudari Mawar tentang problem asmara yang membelitnya dan kami share diblog dengan harapan adanya masukan dari sedulur KWA yang budiman. Terima kasih. (wongalus)

xxxxx

Assalamuallaikum wr.wb.
Sebelumnya perkenalkan nama saya MAWAR (nama asli ada pada redaksi kwa) , m’f kalo saya sdh lancang mengirim email ini kepada kiwongalus. Begini ki, saya sedang menghadapi problema hidup yang bagi saya sangat pelik. kurang lebih satu tahun yang lalu saya telibat perselingkuhan dengan teman sekolah di masa SMA. Awalnya dari saling curhat & saya hanya ingin tahu seperti apa kehidupan dia yang skg (nama PIL saya KUMBANG- lahir xxxx nama asli ada pada redaksi kwa). Hubungan kami sdh sangat terlalu jauh, dng kata lain kami sdh melanggar larangan Allah, sementara kami sdh sama2 memilki keluarga.

Akhirnya hubungan kami ketahuan oleh masing2 pasangan kami. dan yang lebih memiriskan, suami saya akhinya melaporkan ke instansi dimana tempat PIL saya bekerja. Sudilah kiranya kiwongalus memberikan saran/nasehat yang terbaik untuk saya & PIL saya, sampai dengan saat ini kami sdh tdk melakukan kontak badan lagi meskipun melalui dunia maya kami masih saling berhubungan. oh ya ki, setelah saya minta tolong sama orang pintar untuk menerawang dia, ternyata dia punya pengasihan yang saya sendiri tidak tahu apa bentuknya. yang menjadi bahan pertanyaan buat saya, apa sebetulnya motivasi dia, sampai2 dia berambisi sekali untuk memiliki saya?? sekali lagi ki, mohon dengan sangat saran & nasehatnya. Seandainya di tempuh dengan jalan ISLAH/ Damai menurut Islam apakah masalah ini masih bisa diperbaiki?? saya sangat berharap balasan dari kiwongalus, maturnuwun…wassalamuallaikum wr.wb. @@@

Iklan

336 Comments Add yours

  1. PANCA WARNA berkata:

    cabuuuuuuuuuuuuuuuuuuut

  2. ga faham ilmu berkata:

    bissmilahirahmanirahim

  3. Boca Bumie tak bertuan... berkata:

    Minyak sayur

  4. Londo jowo berkata:

    100 besar?

  5. Ardaloka berkata:

    Nymak

  6. kryant77 berkata:

    Lumayan 6789

  7. fredysyifa berkata:

    absent mbah….

  8. sai berkata:

    melu nyimak…

  9. Tukang Kopi berkata:

    Saya mau bikin kopi dulu yang banyak, nanti kalo sedulur kwa datang langsung ambil sendiri kopinya yaa
    Jangan lupa kasih komen
    Kopi kopiii
    Qiqiqi

  10. Patramantra berkata:

    Ke berapa ya?

  11. Adam berkata:

    nyimak aja deh

  12. manwan berkata:

    11,,,wkwkwkwk… hadiiirrr..

  13. Chakra denta berkata:

    Hemmm selingkuh wah dosa besar itu apalagi sampe jinah,apalagi pasangan sudah punya pasangan,

  14. Chakra denta berkata:

    Solusinya tobat nasuha,

  15. Chakra denta berkata:

    Memang sudah akhir jaman

  16. roni sukma. w berkata:

    astaghfirrullah.. Kusut banget benangnya apalagi dah amburadul gini.. Monggo ki wongalus, mas bc dan sesepuh lainnya tuk dibantu,,

  17. Chakra denta berkata:

    Ingat jinah dan selingkuh bisa menghancurkan karir,mempersulit rejeki,dan masalah kehidupan lainnya….

  18. Chakra denta berkata:

    ….pas selingkuh asik asik aja,pas ketauan baru pusing 7 keliling…..

  19. nuryadi berkata:

    saya mau bertanya apakah kehidupan keluarga anda baik2 saja tdk ada masalah yg mengakibatkan terjadi perselingkuhan, apakah anda masih mencintai suami atau pil anda , apakah pil anda bertanggung jawab bila terjadi hal2 yg buruk dikemudian hari,

  20. moh.ali berkata:

    aq no piiro …ki..????

  21. Chakra denta berkata:

    Harusnya dirajam sampe mati karena merusak dan menodai ikatan pernikahan dan perkawinan juga rumah tangga diantara keduanya………

  22. wulyojati berkata:

    aku juga no piro iki..?

  23. ikan teri berkata:

    assalamualaikum , p0ara bolo wong alus saya minta tolong di kasih masukan plisssss saya mo yanya untuk yang jual minyak ritual macam misik dll yang asli dimana sih saya di bekasi nih soalnya dah di telusur banyak yang labal2 ane takut ketepu plissss dong di tunggu kesediaannya trims

  24. Joko Sabar berkata:

    Sabar…Sabar…Sabar…

  25. Laskar lembu suro berkata:

    Aslkm kok mslh asmara q oro mudeng

  26. Chakra denta berkata:

    Ada beberapa sebab selingkuh.1 kurang harmonis dalam rumah tangga.2 napkah batin tidak terpenuhi.3 dan faktor lainnya.jadi orang selingkuh tidak ada paktor gaibnya yang ada paktor syetan yang ada didalam dirinya yg selalu menggoda dan merayunya sehingga terperangkap perjinahan….

  27. Erwin Hariyanto berkata:

    Memang benar. roso trisno jalaran soko kulino (Rasa suka karena terbiasa (kalau gak salah artinya))

    @MAWAR : Untuk masukan dari saya. Mbak MAWAR .
    1. Kembali ke jalan Allah SWT dan tahu diri sendiri
    2. Shalat Istikhoroh untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT (kalau mbak mawar curhat kepada manusia (banyak kekurangan), oleh sebab itu mbak mawar curhat kepada Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Allah SWT)
    3. Mbak Mawar harus minta maaf kepada istri om KUMBANG karena mbak mawar banyak, sedikit menyakiti istri om KUMBANG
    4. Untuk sementara ini jangan lagi berhubungan komunikasi baik lewat dunia maya atau dunia nyata, sampai situasinya mereda (takutnya api cintanya semakin membara)
    5. Baca kitab “Qurotul Uyyun” kalau belum punya beli di toko buku islam
    6. Ingat sama anak mbak MAWAR (kalau anak Mbak MAWAR melakukan hal yang seperti Mbak MAWAR lakukan saat ini, takutnya nanti akan ditiru) daan ingat sama suami Mbak MAWAR yang mempercayakan kalau Mbak MAWAR sebagai istrinya ( ingat kalau suami ridha kepada isrtinya, maka Allah juga ridho , begitu juga sebaliknya)
    7. Bertobat dan jangan ulangi lagi

    @ om KUMBANG : lakukan seperti hal 7 saran saya kepada Mbak MAWAR

    @ Mbak MAWAR dan om KUMBANG : kalau untuk mendamaikannya.
    1. coba cari pihak ketiga yang dapat dipercaya dan berpengalaman dalam mengatasi hal seperti ini.
    2. Kumpulkan 2 keluarga om KUMBANG dan keluarga mbak MAWAR dan juga pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.

    Saran saya diatas masih teori, bukan kenyataan.
    Bila ingi menjadi kenyataan , ya lakukan.
    Sebaiknya dipikir – pikir dulu saran saya , jangan telan matang – matang

    Sukses apa tidaknya tergantung bagaimana usaha mbak MAWAR dan om KUMBANG
    saya percaya pasangan mbak MAWAR dan om KUMBANG sekarang sedang sakit hati.

    Seperti yang saya katakan di atas. Manusia mempunyai kekurangan, Allah Yang Maha Sempurna

  28. Chakra denta berkata:

    Magrib dulu ahh…….

  29. ikan teri berkata:

    assalamualaikum , p0ara bolo wong alus saya minta tolong di kasih masukan plisssss saya mo yanya untuk yang jual minyak ritual macam misik dll yang asli dimana sih saya di bekasi nih soalnya dah di telusur banyak yang labal2 ane takut ketepu plissss dong di tunggu kesediaannya trims

  30. wiradipraja berkata:

    dunia semakin aneh, sudah dipasangkan sama ALLAH SWT, masih saja mencari dosa. @mawar; yang sudah terjadi adalah takdir diri mba, yang harus dilakukan sekarang adalah segeralah bertobat, kalo diliat dari cara mba bercerita mba sepertinya ibadahnya sangat kurang, saran saya pertebal ibadah saja ilmu pelet ataupun pengasihan bakal luntur dengan ijin ALLAH SWT.

  31. moh.ali berkata:

    tobat yuk…
    Gara” chating nie…clbk…
    Wez jo di trzno…..maneh..
    Trima nasib ini apa adanya

  32. ilmi crb berkata:

    Absen sore

  33. Brama berkata:

    Astaqfirullah…

  34. batara pancer buana berkata:

    saya rasa arah tujuan kampus jd g jelas
    biasanya babar ilmu . babar pengetahuan . bukanya babar masalah kan ada tempatnya di konsultasi
    KABUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUR
    MAKIN GA NGEH AJA PANTESAN SISWA LAMA PADA MENGHILANG SATU PERSATU TERNYATA MELENCENG DARI VISI DAN PISINYA YANG PERTAMA

    KABUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUR
    KABURRRRRRRRRRRRRRRRR

  35. Brama berkata:

    Astaqfirullahalazim..
    Kembali kepada alquran, dan jauhi hal2 yg berbau kejawen.
    Semoga anda mendapat hidayah.

  36. Bintang-_-timur berkata:

    Ass.wr.wb
    Selamat malam buat semua keluarga besar wong alus..
    Saya ada pertanyaan, siapapun berhak menjawab…

    Menurut para sesepu dan kwa,
    Apakah masturbasi/onani mempengaruhi aura ataupun menghilangkan ilmu kebatinan yg dipelajari?
    Maaf lancang bertanya,ini adalah unek2 yg belum mampu saya pertanyakan secara lisan.
    Dan terimakasih sebelum nya,mohon maaf jika ada kesalahan..bintang yg belum punya apa2 ini minta dibimbing..

  37. Brama berkata:

    Batara pancer benar,jauhi dan musnakan hal2 yg berbau kejawen.
    Kembali lah kepada alquran.

  38. Brama berkata:

    Bintang timur pijat burung itu,hukum nya makru,tidak ada hubungan nya dg ilmu kebatinan, aura itu menuruti pikiran.
    Kembali kepada alquran dan jauhi yg berbau kejawen dan khodam.
    Semoga kita semua mendapat hidaya.

  39. Laskar lembu suro berkata:

    Nyimak

  40. koplak 66 berkata:

    kalo istri aq yang berbuat begitu. Tak sembelih sendiri. Laki2 tak bunuh juga.

  41. Bintang-_-timur berkata:

    Braman : terimakasih banyak,jawaban anda sangat membangun.
    Selama ini bnyak yg bilang bahwa dengan onani akan menghilangkan ilmu,saya takut sekali..sedangkan saya belum berumah tangga.

  42. Brama berkata:

    Bintang timur tidak apa2 lanjutkan saja ber anoniria.

  43. ToKeK berkata:

    @Brama nun sewu pangapunten saya akui wejangan sampeyan jempol namun sayang sampeyan akhiri wejangan sampeyan dgn mendeskriditkan aliran kejawen.. Mbok ya jgn gitu bos..
    Sunan kalijogo aja yg derajatnya seorang wali menjunjung tinggi nilai2 luhur budaya kejawen, masak kt yg islamnya masih nempel di KTP sok jago mau mendeskriditkan.. Jgnlah kt merasa benar sendiri krn di atas kebenaran masih ada kebenaran yg lain..
    Jk kt tdk suka pd satu golongan putuskan aja LAKUM DIINUKUM WALIYADIIN gak usah mendeskriditkan itu namanya ISLAM..

  44. batara pancer buana berkata:

    kaya nya akan terjadi percekcokan antara yang nganut kejawen ama yang nentangnya
    JADILAH ISLAM YANG KAFFAH

  45. si_PITUNG berkata:

    tak selamanya selingkuh itu indah

    mawar@
    pintu taubat masih terbuka
    akui kesalahan
    mohon ampun pada ALLAH
    putuskan komunikasi dng mas kumbang
    cari sesepuh
    yng bisa menetralkan energi pengasihan
    mas kumbang yng trkena
    di diri anda
    brama@sy setuju dng mas
    tp tolong jng nyinggung sara
    jalankan sy menurut kyakinan masing2
    tokek@salam hormat salam kenal
    sy setuju bgt dng pendapat ki tokek

  46. si_PITUNG berkata:

    lupa absen malam dulu ah

  47. ehen zaxis berkata:

    huahahaha…ada pepatah mngatakan “selingkuh itu indah klo tdk ketahuan” klo km brmain api brti km hrus siap mrasakan panasx,jgn mnyesal d akhir episode….km sharusx brsyukur krn sdh ktahuan slingkuh, s’andaix km tdk ktahuan slingkuh ya otomatis hubungan kalian trus2 brlanjut & slma itu juga km brbuat dosa besar,,,,,ini adlh karma,saran q bnyak2 lah istiqfar memohon ampun kpd allah,,,,jgn pikirkan tntang pelet2 tp pikirkan dlu tntang kluarga mu………………

  48. Rubi berkata:

    @brama
    Saya tersinggung tersingung dengan comnt anda tentang kejawen, blm thu dlmnya sudah menilai kejawen jga ad payung hukumnya,Tuhanya orang islam gk ngajarin kyak gtu.jangan” sampeyan islam cma (ageman/pakaian) doang,pakaianya bgus dlmnya belum tntu.

  49. Dan Sang Pengembara berkata:

    assalamu’alaikum para sepuh dan bolo kwa….
    telah saya baca dari keterangan mbak MAWAR… bahwa dalam hal ini mbak MAWAR telah melakukan dosa merusak Pagar Ayu… Merusak Pagar Ayu merupakan dosa besar.
    Jadi menurut pendapat saya sebaiknya kalo memang mbak MAWAR seorang Muslim melakukan Tobat Besar dan mintalah bimbingan dari ustadz atau ulama di tempat mbak tata cara tobat besar itu…
    Semoga mbak MAWAR dapat petunjuk dari-Nya…
    Saya minta maaf kepada seluruh bolo kwa apabila ada kata2 yg kurang berkenan…
    Wassalam

  50. me berkata:

    haduh klo masalah cinta memang sulit ya

  51. ToKeK berkata:

    Maaf dlm hal ini saya gak mau membela satu aliran/golongan tertentu, saya cuman merasa sangat tdk setuju jk ada pihak yg mendeskriditkan satu golongan..
    Jk kt merasa islam taati ajaran baik secara teoritis pun praktek.. Terapkanlah Sifat Rahman dan RahimNYA kpd semua makhluk itu tanpa membedakan ras, suku, golongan dan warna kulit itulah islam..

  52. Argo Dumilah berkata:

    weh…sekarang ada jasa konsultasi masalah problem rumah tangga to….ngendi ki jaduloh,do ngilang…..jadul….dimana kamu…sini ndeprok deket mbahmu sini..nyimak aja ya dul..

  53. Brama berkata:

    Tokek saya ini penganut kejawen jg, tp td saya baca artikel ilmu hitam dan ilmu puti yg di post wongalus. saya mendapat kan hidaya. Bahwa selama ini saya sesat.
    Om tokek marih kita kembali kepada alquran dan kita musnakan hal2 yg berbau kejawen karna banyak mudarat nya.
    Alhamdulillah..Sipitung jg uda mendapat hidaya.
    Marih sedulur yg lain kita insyaf sama2 sebelum terlambat.

  54. Brama berkata:

    Om rubi jangan tersingung itu dosa.
    Kembalilah kepada alquran,mari kita tingalkan hal klenik yg berbau kejawen.

  55. om wawan sleman berkata:

    absen malam
    poro sedulur semua, met malam

  56. Mazpri berkata:

    Bintang timur@klau bisa jangan onani deh orang yg belajar ilmu spiritual harus bisa menjaga 9 lubang dlm dirinya banyakin kegiatan yg bermanfaat insyaallah bisa..

  57. batara pancer buana berkata:

    setelah membaca artikel ilmu hitam &putih
    sy berpendapat selama ini kita selaku bolo wong halus telah sesat dan di sesatkan.
    di antara kita kebanyakan kalo lagi punya masalah atau musibah pertama yang di cari khodam bukan tuhan .
    brama yng sy hormati kita sejalan coy. tpi kl bisa jngn mojokin yang lain

  58. ToKeK berkata:

    @Brama sekali lg nun sewu pangapunten saya sangat mendukung saran sampeyan namun tolong jgn kotori tobat sampeyan dgn menjatuhkan satu golongan masak gak ada cara laen yg lebih baik utk mengungkapkan kebenaran tanpa menjatuhkan satu golongan..??? Matur suwun

  59. Brama berkata:

    Om tokek itu yg di post wongalus lebih tajam lg. Saya hanya mengikuti saja.
    Marih om tokek kita insyaf sama sama, tingalkan kejawen kembali kepada al quran

  60. batara pancer buana berkata:

    om brama siiip ane dukung
    kembali pada al quran dan hadis

  61. bejujag berkata:

    absen malem.. Hadir mbah,ki kyai,yai. Kangmas. Aq hadir. Jgn d tulis alpa y palagi skit. Bsa skit bneran aq. He..he..3X

  62. rubi berkata:

    @brama
    kejawen adalah aliran kepercayaan kepada Tuhan yg maha esa. kawruh sampeyan masih mentah urung jowo ,klau ada masalah yg disambat ttep GUSTI kang moho suci,niku ingkang naminipun kejawen.

  63. Bocah lawu berkata:

    Wah dikwa ada QORUT nya… Klo ktemu pasti diceramahi ini musrik itu musrik…pokoknya semua g bener deh Kuuabbburrr…burr… Burrr makan bubur xixixixi

  64. Brama berkata:

    Om rubi bener marih kita tingal kan dan musnakan hal klenik kejawen.Dan kembali kepada al quran.
    Semoga yg lain segera mendapat hidaya.

  65. wardoyo berkata:

    Sebaik baik manusia adalah yg terbaik ahlaknya.memang banyak aliran dinegeri kita dan sdh pasti beda cara pandangnya.tapi jngn dicari perbedaanya.cari kesamaanya sama2 mahluk Allah.bukankah Al quran sdh menjelaskan kita diciptakan bersuku2.berbangsa2 utk saling mengenal.bukan utk saling memojokkan atau menyalahkan.dan hidayah juga tdk bisa dipaksakan.jadi ya LAKUM DINUKUM WALIYADIN

  66. Kejawen Asli berkata:

    Kejawen adalah pandangan hidup orang Jawa. Setiap suku bangsa di Indonesia punya pandangan hidupnya masing-masing hasil perenungan manusia beradapan dgn lingkungan sosial budayanya. Suku suku Arab juga punya pandangan hidupnya masing-masing. Abu Jahal dan Abu Lahab juga. Islam beda dengan budaya. Budaya dan agama punya titik singgung namun secara keseluruhan memiliki wilayah masing-masing. Mencampur adukkan keduanya bisa mengakibatkan kebingungan. Islam menuntut kita untuk bertafakkur (berpikir). Maka hiduplah sebagaimana cara budaya orang Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Aceh, Dayak, Papua, Toraja hidup. Jangan hidup sebagaimana budaya Arab… Ambil Islamnya…. bukan budaya mereka…

  67. ehen zaxis berkata:

    om brama@ utk mngubah kyakinan/kpercayaan sseorg tdk lah mudah,kadang2 trjadi adu otot leher bhkan kadang2 smpai trjadi pertumpahan darah,itu smua hnya utk sbuah keyakinan,,,klo bisa cari lah jln yg lbih baik jgn langsung memvonis salah………….

  68. Tak bernama berkata:

    Waktu asik2an gk bagi2 mbak,sekarang lagi gk asik di bagi2.
    Mbak udah mengkhianati suami mbak
    Kalo boleh tanya sama mbak mawar,hukuman apa yang pantas untuk seorang pengkhianat?. . . . .
    Tapi Gusti ALLOH Maha Pengampun mbak,kembalilah kepada NYA

  69. Argo Dumilah berkata:

    brama kumbara satria madang kara……

  70. Kejawen Asli berkata:

    Abu Jahal dan Abu lahap lebih pintar berbahasa Arab. Di Arab: pemerkosaan banyak terjadi… Buktinya TKW-TKW kita pulang ke Indonesia pada bunting… Dunia arab sekarang pada mengamuk.. rakyatnya menuntut revolusi besar-besaran… Para raja digugat…. tidak boleh lagi ada monarki absolut… Nah, Apakah orang Arab lebih baik daripada orang betawi, orang Jawa, orang Batak seperti kita??? .. disinilah letak kearifan kita untuk menjalani Islam secara sempurna.. Maka, bersyukurlah kita yang hidup di Indonesia. jadilah orang Indonesia yang beragama Islam. Jangan jadi orang arab yang beragama Islam. Nabi Muhammad SAW dan Islam itu hadir untuk rahmat bagi seluruh alam.. tidak hanya orang arab saja.

  71. si_PITUNG berkata:

    @brama
    buat kang mas yng sy hormati
    jgnlah kt merasa bnr sndiri
    jgn biarkn ht kt
    di masuki hw nafsu dng mnyalahkan
    aliran trtntu
    jk kang mas
    bnr2 fham alqur’an
    mas tdk akn asal tuduh orang sesat
    jlnknlh mnrut kykinan masing2
    krna ma’rifat stiap orng brbeda

    apa mas sholat
    ?
    sudh smakah prbuatan kang mas dngn sholat kang mas?

    salam perseduluran

  72. rubi berkata:

    @brama
    duh GUSTI kulo nyuwon pangapuro, paringono kuat sabar, anampi goda saking ciptaane Panjenengan ingkang sampun ngaku bener piyambak,duh GUSTI bener namung gadahe panjenengan. kulo nyuwon pangapunten gusti sampun kepancing amarah kulo,duh GUSTI paringono kuat,sabar.

  73. jaka tarub berkata:

    @brama
    buat kang mas yng sy hormati
    jgnlah kt merasa bnr sndiri
    jgn biarkn ht kt
    di masuki hw nafsu dng mnyalahkan
    aliran trtntu
    jk kang mas
    bnr2 fham alqur’an
    mas tdk akn asal tuduh orang sesat
    jlnknlh mnrut kykinan masing2
    krna ma’rifat stiap orng brbeda

    apa mas sholat
    ?
    sudh smakah prbuatan kang mas dngn sholat kang mas?

    salam perseduluran
    kwa maju terus

  74. Kejawen Asli berkata:

    Soal klenik saya urun rembug. Klenik atau bukan sesungguhnya soal stigma bahasa saja. Orang Jawa, orang Betawi, orang Batak, orang Aceh, orang Toraja, dll punya tradisi adiluhung menghormati alam semesta dengan caranya sendiri. Mereka membakar dupa/kemenyan/menyediakan uba rampe sebagai pernghormatan pada alam numinus. Manusia merasa kerdil pada alam semesta yang penuh dengan hal-hal menakjubkan. Hingga membuat mereka merasa harus menghormati dengan caranya sendiri. Indonesia adalah negara yang plural dimana semua agama adalah agama “impor”: hindu, budha, islam, kristen dll… agama itu mewarnai keindonesiaan kita semua. Sebagai orang Islam, sangat bijaksana bila kita memiliki pemahaman yang luas sehingga mampu menghargai sedulur kita yang berbeda agama. Mengolok-olok, menyalah-nyalahkan agama dan kepercayaan yang lain sama saja dengan mengolok-olok diri sendiri.. dari mulut kita terpancar isi kepala kita. Kalau isi kepala kita bersih insya allah tidak apa yang kita keluarkan dari mulut juga bersih.

  75. Argo Dumilah berkata:

    mbak mawar….apa mbak nga merasa berdosa terhadap suami mbak yg sudah menentukan pilihan untuk menemani hidup sebagai garwo / sigaran nyowo / belahan hati.
    Bertobatlah kepada Alloh mbak,minta maaf kepada suami anda & istri mas Kumbang.
    berusaha semaximal mungkin untuk tdk berhubungan / komunikasi lagi dengan PIL anda.
    hapus nomer HP nya…tidak usah contact lagi dengan si Dia,baik melalui email,sms,tlp……dan mbak harus melupakan si Dia.
    pada awalnya memang sangat sangatlah berat…tp ,dengan niat dan kesungguhan…isyaallah mbak pasti bisa melupakan & kembali ke keluarga mbak.
    sy tdk hanya teori,tapi sudah mengalami sendiri & Alhamdulliah berhasil.
    bedanya sy tidak berhubungan dengan istri yg masih bersuami tetapi dengan janda…..boleh dikata janda tsb sangat cantik,sexy…..pasti banyaklah laki-laki yg tertarik sama mantan Wil sy tsb.
    Dengan niat & usaha ,saya yakin …pasti mbak bisa…..
    kasihan suami & anak2 yg dngn tulus iklas mencintai mbak……
    Begitu mbak …smoga mbak bisa melupakan dan kembali ke keluarga mbak…

  76. rubi berkata:

    @brama
    jika memang kejawen salah seperti yg anda tuduhkan biarlah ini menjadi pertanggung jawaban tersendiri dihadapan Tuhan.
    pangapuntene ingkang kathah.
    @all
    sedoyonipun kulo nyuwun pangapuntene.

  77. Kejawen Asli berkata:

    Bagi yang suka mengaji pasti tahu. Titik tengah seluruh ayat di dalam Al Qur’an adalah YATALATAF .. (biasanya ditandai dgn huruf merah) apa maknanya? LATIF LAH.. lembutlah.. wahai orang yang beriman.. lembutkanlah hatimu karena dihati yang lembut penuh cinta kasih yang mampu menangkap vibrasi/getaran yang dipancarkan oleh Allah SWT. Orang beriman tidak keras mengerak sombong hatinya. Ia senantiasa tawadu’ menjaga sikap, wara’, zuhud, khauf sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Ingatlah.. bahwa Rasulullah tidak pernah mengecam agama dan keyakinan lainnya.. bahkan ia rela setiap hari memberi seorang perempuan buta yang beragama Yahudi. oke. salam paseduluran penuh kasih.

  78. om wawan sleman berkata:

    makasih poro sedulur
    @ argo dumilah
    @ kejawen asli
    @ tak bernama
    @ erwin harianto
    @ tokek
    @ wirodipraja
    @ si pitung
    @ ehen zaxis
    atas sumbang saran dan nasehatnya kepada mbak mawar dan temannya. mugi-mugi Allah paring barokah dateng panjenengan sedoyo.Amin.

  79. lemots berkata:

    Aduuuh,.ko jadi salah kamar begini yaaaa, bukannya udah ada rubrik Konsultasi tapi gpp deh ikut nyimak aja.

  80. mas haryo berkata:

    masih nyimak..,.,.,….,….
    mbah yai kejawen asli,, kulo setuju kalih penggalihe panjenengan
    alam takdzim bolo wong alus,.,.,.,.,.

  81. om wawan sleman berkata:

    @ kejawen asli, makasih ki. semoga saya bisa jadi orang yg seperti iktu ki. doain ya.

  82. Laskar Permadani Muda berkata:

    Aslmkm wr.wb…salam rahayu…aya aya wae

  83. Kejawen Asli berkata:

    Saran untuk mbak mawar: gunakan hati nuranimu sebagai seorang ibu! Jangan gunakan hati nurani sebagai seorang yang bernafsu gairah asmara… Mbak Mawar, Ingatlah pada ibumu, ibunya ibumu, neneknya ibumu dan seterusnya.. mereka wanita-wanita mulia…Ingatlah pada Tjoet Nja Dhien, Kartini, Drupadi, Shinta dll… jangan ingat britney spears, jupe, luna maya, cut tari… Matikan sinetron-sinetron kita yang tidak mendidik dan hiduplah dalam keheningan samadhi seorang ibu sejati….

    Saran untuk presiden KWA: hiduplah laksana semar!

  84. jatayu berkata:

    ass. absen malam…
    salam salim utk smua sepuh & warga KWA. was.

  85. MBAH JATI berkata:

    lebih baik sedulur pake nickname: MUSLIM, SYAIKH AL ISLAM, ABDULLAH, AL ARABI, atau apalah yg diambil dari kitab suci yang maha mulia AL QURAN. Napa pake nickname BRAMA(dewa hindu) atau sedulur dulu penggemar berat saur sepuh. Ajian Serat Jiwa, hehe..assalamu alaikum.

  86. Argo Dumilah berkata:

    selingan indah keluarga utuh…..astagfirulloh……jangan sampe terulang lagi,bikin seret rejeki..dosa besar..

  87. Kejawen Asli berkata:

    Tambahan utk presiden KWA: di banyak relief candi-candi, anda akan melihat seorang tua yang sunyi sendiri… pamomong para ksatria, dia adalah Resi Agastya yang kemudian di era lain Jawa dikenal sebagai Semar.. juga dikenal kemudian dengan Sabda Palon… Ramalan Sabda Palon adalah ramalan revolusi kesadaran bukan sebuah revolusi tatanan politik .. ini beda dengan Ramalan Jayabaya ttg ratu adil. Semar atau Samar hakikat sesungguhnya adalah sosok yang melambangkan bayangan keadilan kesetaraan kebenaran yang harus mengejawantah dalam perilaku para ksatria. Nah, panjenenganlah yang harus jadi semar itu. Pamomong itu. Bukan ksatria karena itu bukan maqom panjenengan. Nuwun. Rahayu.

  88. Laskar lembu suro berkata:

    Sugeng dalu @ki wong alus@ki begawan candu@ki b ajul kesupen@ki dalang cipto kawedar kok gk d keluar pd semedi y@mas wawan@ki kejawen @lan pöro bolo alus semua

  89. Brama berkata:

    Alhamdullah..
    Kalau sedulur uda faham bahwa kejawen sesat dan menyesatkan,mengandung unsur sirik,dan berhodamkan bangsa lelembut.
    Terimakasih ya allah telah memberih hidaya kepada ku dan sedulur2 ku.

  90. MBAH JATI berkata:

    mas kejawen asli, salaman mas sama saya. salam rahayu kejawen…

  91. om wawan sleman berkata:

    @ kejawen asli, matur nuwun sanget ki. wah saya ngak kuat ki kalau jadi semar, bathin saya masih banyak panasnya. di dinginkan banyak godaannya. yah pokoke qobiltu njenengan saja .

  92. Kejawen Asli berkata:

    @salam rahayu kagem sesepuh mbah Jati, kawulo namung ngiyup saja koq.
    @Brama: yang anda dapatkan bukan hidayah. Itu nafsu. Hidayah itu kesejukan dan kedamaian. Bukan sumpah serapah dan suka mengkafir-kafirkan. Saya sarankan untuk belajar Islam secara kaffah.

  93. Brama berkata:

    Kejawen sejati mongok mas kita kembali ke islam sejati.
    Mbh jati mongok ajak kerabat yg lain. Agar kita baroka dunia dan ahirat.
    Tentram jiwa raga dalam menjalani hidup yg singkat ini.

  94. Mas Jaluaji berkata:

    Salim kagem ki kejawen asli
    Pemahaman panjenengan luar biasa mantap.

    Nyuwun bimbinganipun…

  95. Laskar Permadani Muda berkata:

    @mas jaluaji
    @mas wawan s
    @mbah jati
    apa kbrnya smg sht yaa

  96. Brama berkata:

    Benar sekali mas kejawen kalau hati diliputi nafsu kedamaian dan ketentraman hati tak akan datang,sumpa sarapa dan mengkafirkan ada perbuatan setan laknatulla,orang yg suda dikuasai bangsa lelembut.
    Mongok kang mas kita sama2 mengkibarkan bendera islam sejati. Semoga kita semua mendapat rahmat allah.

  97. Bocah lawu berkata:

    @brama.. Km tau wong gentur gak tlng bantu cari ya… Dakwahnya ntar dulu.
    Pasti gnt nick ni.. Pokoke q ttp pilih wong gentur…xixixi
    @brama …ayo km pilih mana???
    @mbh kejawen asli… Met malam bos.
    @sedulur santai ajalah…sabar aja lah…

  98. om wawan sleman berkata:

    @ laskar pemadani, wah sangat sehat ki . gimana kabar njenengan. mohon bimbingannya mas laskar permadani.

  99. gunawan78 berkata:

    wah kalo kejawen gak boleh, jin gak boleh, khodam gak boleh, trus apa dong yang boleh…

  100. sedhulursoloraya berkata:

    salam rahayu sedhulur wongalus

  101. Kejawen Asli berkata:

    Brama: tidak ada di Al Qur’an dan As Sunah disebut Islam Sejati! Islam ya Islam, itu prinsip logika (manthiq/arab) A=A. A tidak sama dengan non A. Kalau Brama menyarankan untuk menjalani Islam Sejati.. berarti Brama mengakui ada yang Islam tidak sejati. Ini berbahaya karena di agama Islam tidak dikenal Islam Tidak Sejati. Sekali lagi belajarlah Islam secara kaffah dengan ragam ilmunya: dakwah, ushuludin, kalam, fiqih, ekonomi Islam dan lain sebagainya. dasarnya adalah logika lurus. Hanya memberi saran tanpa paradigma yang baik tentu saja hanya diterima oleh mereka yang lemah ilmu dan lemah iman. Kita hidup di jaman post modern dimana akal (pikir) harus dipakai untuk mendukung qalbu (dzikir) sehingga nanti amal laku kita tercerahkan dan mencerahkan peradaban.

  102. Mas Jaluaji berkata:

    @ salim mas LPM
    @ brama : mari, saya setuju panjenengan niatnya begitu mulia.

  103. dimas berkata:

    Nyimak mawon

  104. Kejawen Asli berkata:

    Adik Brama: Dalam istilah agama Islam, ada sebuah sifat jiwa (diri) yang disebut dengan JIWA YANG TENANG (Nafsul Muthmainnah). CIRI-CIRI Nafsul Muthmainnah ini hanya sederhana saja, yaitu pada Nafs ini tiada lagi rasa kekhawatiran dan tiada kesedihan padanya (la khaufun ‘alaihim wala hum yah zanun). Siapa saja dapat merasakannya. Realitas suasana diri yang bersifat universal ini kalau dibahasakan secara populer adalah, bahwa pada diri itu, otaknya tidak lagi dihantam oleh gelombang badai fikirannya, dadanya tidak lagi dihantam oleh galaunya perasaannya. Ya…, otak sang diri ini sudah tidak lagi terkotak-kotak dalam berbagai persepsi yang sangat beragam dari orang ke orang, dan dada sang diri itu juga sudah tidak bergolak lagi dengan berbagai amukan perasaan baik perasaan senang maupun perasaan susah. Nah, inilah kunci tanda-tanda orang yang telah mendapat HIDAYAH. Sudahkan Adik Brama mendapat hidayah? Mari kita introspeksi diri masing-masing….

  105. Brama berkata:

    Subhanallah..
    Wajah nya boca lawu telah berbinar binar.Tanda hidaya telah datang.
    Bersyukurlah akan nikmat tuhan boca lawu.
    Jgan lupa ajak kerabat yg lain. Doa kan mereka yg belum insyaf.
    Mongok boca lawu semoga cahaya kebenaran selalu menaungi hati mu.

  106. Panasonic berkata:

    Menyimak dolo ahhhhhhhh

  107. Tukang Kopi berkata:

    ting tring ting ting..
    hayo para sepuh kwa, sambil memberi komen juga nih saya buatkan kopi..
    biar komennya tidak mengandung SARA biarpun akhir2 ini banyak artikel SARA seliweran di KWA, fokus pada artikel konsultasi mbak mawar sambil nyeruput kopi..
    Qiqiqi

  108. Brama berkata:

    Bertahap saja kang mas kejawen,pelan pelan,jgan buru.
    Yg penting kita lepas dulu dari kungkungan setan laknaktullah.
    Dan memberantas faham2 yg menyimpang.
    Saya jg br mendapatkan pencerahan yg dalam.
    Islam sejati,islam yg tidak mencampur aduk kan dg sesuatu.
    Islam sejati berlandaskan alquran dan hadist

  109. om wawan sleman berkata:

    nyimak dulu

  110. Bocah lawu berkata:

    @brama.. Makasih ya dido’ain dpt hidayah. @mbh kejawen … Wah asik tu JIWA YANG TENANG. Pst rasanya adem ya…
    @sedulur.. Santai ajalah.. Ngomong2 tau wong gentur g… Pasti gnt nama…xixixi dor dor dor

  111. Ongkowijoyo berkata:

    Alhamdulillah aku mendapat pencerahan dari ki Brama. Mari kita kembali ke Qur’an dan hadist, silakan tinggalkan yg lain.
    @ki Brama bgm aura saya ki skr?

  112. Kejawen Asli berkata:

    adik Brama: Selami samudra ayat dalam Al Qur’an ini===Semua (malaikat) sujud kepada-ku (Adam) kecuali Iblis. SEMUA berarti tidak ada perkecualian sama sekali. Sekarang semua sujud kecuali “aku” == jadi? Iblis ya aku itu sendiri. Maka aku yang tidak mau sujud inilah iblis. Iblis atau aku inilah yang merasa paling benar dan merasa paling tahu kemudian menyesatkan yang lainnya. Jarak terdekat seorang hamba dengan rabb-nya adalah saat sujud. Kenapa? Karena dalam sujud kita tidak lagi melihat ke-aku-an (iblis) ini. Kita menjadi suwung/kosong dari aku dan inilah “jarak” batiniah terdekat dengan Allah SWT. Marilah kita bertobat dari ke-iblis-an kita…

  113. Brama berkata:

    Mongok kerabat semua,kita introfeksi diri dan kita renungi.
    Bahwa semula jadi,kejawen dan ilmu khodam tidak berlandaskan apa2 dan tidak tercantum dalam alquran dan hadist.
    Ini baru saya fahami setelah saya berulang kali membaca artikel ilmu hitam dan ilmu puti.

  114. Bocah lawu berkata:

    @mbh kejawen… Kurang dalem mbh yg lebih dalem gt loh.. Biar tambh adem. Kan laut tu makin dlm makin adem… Terus mbh. Sy tk nyelem dulu siapa tau wong gentur ada di dasar laut.. He wong gentur km dm…xixixi

  115. Mas Jaluaji berkata:

    Mas tukang kopi : saya gulanya dikit aja ya mas.

    Iya bener barusan diartikel sebelumnya nama jawa tempat lahir saya dan leluhur saya di salah2kan dan nama Kyai juga di jelek2kan, ibaratnya kemarau setahun hilang disapu hujan sebentar saja. tp ya gak papa mungkin niatnya juga baik dan sebagai paweling bagi kita juga.

  116. Tukang Kopi berkata:

    kwa sekarang misinya memberangus budaya kejawaen ..
    di kopi di kopi…
    Qiqiqi

  117. Brama berkata:

    Injhi kang mas kejawen, semoga kita semua di jauhkan dari tipu daya iblis laknatullah dan balah tantara nya.
    Dan sipat keakuan dan benar sendiri.
    Sama dg ilmu khodam, kejawen dan semula jadi itu semua tipu daya iblis laknaktullah.

  118. Tukang Kopi berkata:

    mbah jaluaji..iki kopi luwak buwat sampeyan..
    gerratis..
    Qiqiqi

  119. Kejawen Asli berkata:

    Janganlah kita ini hanya berucap saja “kembali ke Al Qur’an dan Hadits” namun ajaran di dalamnya kita injak-injak. Janganlah hanya dipegang saja namun IQRA, BACALAH Firman Allah SWT dan Sabda Rasulullah SAW kemudian laksanakan dalam perilaku. Membaca memerlukan pengetahuan. Bukankah di Al Qur’an bertaburan ayat-ayat yang menyarankan agar kita berpikir?….”dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Q.S. Al Baqarah: 163-164) “

  120. Tukang Kopi berkata:

    mbah kejawen asli: ini saya buatkan kopi ginseng buat sampeyan, gulanya setengah sendok sesuai permintaan.. monggoo..
    Qiqiqi

  121. Brama berkata:

    Tukang kopi kalau masalah budaya itu harus di lestarikan, dan kita sebagai anak bangsa wajib ikut ambil andil.
    Yg harus di musnakan hal2 berbau klenik kejawen. Karna sangat berbahaya untuk generasi selanjut nya.
    Mari kita kembali kepada alquran dan hadis.

  122. om wawan sleman berkata:

    nyimak aja deh
    sekalian jualan nasi goreng,

  123. VENDRA berkata:

    MASALAH YG DIBIKIN SENDIRI.

  124. Brama berkata:

    Betul sekali kang mas kejawen,
    jaman sekarang orang2 cuma tau alquran dan hadist.Tp tidak perna di bacah dan pelajaran di injak2 nauzubillaminzaliq.
    Marih kang mas kita saling bahu membahu untuk memberantas faham2 yg menyesatkan.

  125. Bocah lawu berkata:

    Wah apa JIWAKU blm tenang ya.. Tak nyelem lg cari wong gentur…
    @om wawan … Psn nasgornya yg biasa aja ya. Yg spesial tu biasanya ada pamrihnya…xixixi. Klo dh jd lempar ke laut aja y.. Sy lg nyelem di dasar laut makin dalam mkn adem om.. cr wong gentur… Mana ni wong gentur…xixixi

  126. Tukang Kopi berkata:

    Mbah brama:
    ini saya buatkan kopi susu buat panjenengan, gak pake gula karena udah manis qiqiqi..
    tapi selaku tukang kopi kalo boleh saya berpendapat, kejawen itu erat kaitan dengan budaya, saya malah gak bisa berpikir budaya apa di indonesia yang paling al quran?
    budaya kawinan adat mana di indonesia yang paling ngalquran..
    kalo dijawa adat budaya kawinan yo erat dengan unsur kejawennya..
    Qiqiqi…
    monggo dilanjut..saya mau buatkan kopi buat sedulur kwa yang lain dulu mbah..
    tring ting tting.. <–bunyi ngaduk kopi..

  127. Laskar lembu suro berkata:

    Wah tambah rame, tukang kopi aku pesan kopi ,biar agk betah di kampus

  128. Kejawen Asli berkata:

    Brama: Tipu daya iblis artinya tipu daya ke-akuan anda dan saya sendiri. Kejawen itu ajaran adiluhung. Kejawen itu falsafah Jawa. Setara dengan falsafah Orang yang hidup di lembah baliyem, falsafah toraja, falsafah Bali, falsafah minang, sasak… dll ee.. Kok anda salahkan itu apanya yang salah? Tidak ada yang salah. Kalau diartikan kembali ke Al Qur’an dan As Sunah secara leterluks (dangkal) memang tidak ada di sana. Namun pelajari substansi (isi)nya.. Kalau leterluks barangkali Brama tidak boleh buka internet karena tidak ada di kitab suci. Tidak boleh bawa handphone, tidak boleh pake celana dalam (kancut)…. padahal itu semua domain budaya yang sifatnya “boleh” dan tidak “dilarang”. Kenapa anda membuat satu kesepakatan/ijma’ sendiri ? Nah, silahkan raba dengan jujur… atau memang ini hanya obrolan dusta dan diskusi agama kita ini hanya dijadikan dagelan saja?

  129. Kejawen Asli berkata:

    @syekh tukang kopi: matur nuwun syekh kopinya mantappp

  130. @ Gentar...@ berkata:

    Assalamualaikum..telat bro…nganu..nganu power ilmu khodam ku sak iki piye boss….qiqiqi…mumetttt…ampunnn….

  131. Brama berkata:

    Kang mas kejawen maaf tak copast

    “Bukankah di Al Qur’an bertaburan ayat-ayat yang menyarankan agar kita berpikir?….”dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Q.S. Al Baqarah: 163-164) “.

    Di sini jelas sekali di jelaskan akan kuasa tuhan yg tak terbatas.
    Dan kita di suru berpikir, agar jangan berpaling dari alquran,karna di dalam alquran semua nya suda ada. Bercocok tanam. Pengendalian angin,api dsb.

    Marih berpikir mengapa kita masih belajar ilmu kejawen,khodam. Sedangkan itu suda jelas2 bersekutu dg setan,bangsa lelembut, jgan sia2kan hidup kita yg singkat ini. Mempelajari hal2 yg tidak bermempaat.
    Sekali lg mari kita kembali kepada alquran dan hadist

  132. Patramantra berkata:

    Saya cari
    @mbah gentar
    @mbah gentar alam
    @gentar ali kok gak ada ya, apa mereka sama malih rupa ya….
    @mbah kejawen asli: tolong saya diijasahin ilmu malih rupa dong…, syukur-syukur bisa untuk malih kaya raya….
    @om brama: kasih yg versi islamnya ilmu malih rupa ya, saya tunggu lho om…

  133. Kejawen Asli berkata:

    Brama: Kita ini hidup di negara Indonesia. Indonesia memiliki falsafah Pancasila. Hakekat pancasila adalah sesuai urutan silanya: TUHAN–MANUSIA—SATU—RAKYAT—ADIL. Pancasila ini konsepnya sama dengan ajaran Kejawen: Manunggaling Kawolo kelawan Gusti. Bila Tuhan dan Manusia itu Menyatu/ “manunggal” maka rakyat akan adil. Nah, ajaran mulia seperti ini anda katakan klenik? syirik? Itu ajaran makrifatullah sebagaimana metafisika para Waliyullah sepanjang masa dan di Jawa kemudian dilanjutkan oleh Sunan Kalijogo–Syekh Siti Jenar.

  134. Bocah lawu berkata:

    @mbh gentar…salam salim mbh. Ngomong2 tau wong gentur g…xixixi ya udah sy tk nyelem lg cr dilaut yg paling dlm adem adem adem… He wong gentur km dm??

  135. tak bernama berkata:

    kejawen asli jauh lbh berbobot dari brama,

  136. Tukang Kopi berkata:

    permisiiii saya mau antar kopi buat mbah laskar lembu suro sama eyang gentar..
    ting ting ting..
    saya mau mengingatkan kalo mbak mawar masih nunggu wejangan dari sepuh gimana kelanjutan cerita mereka itu njih..
    Qiqiqi

  137. @ Gentar...@ berkata:

    Brama…nganu bos..powerku sak iki piye boss…

  138. Brama berkata:

    Kang mas kejawen kalau masalah hp dan buka internet.
    Masalah nya lain lg,itu bukan klenik tp sama dg budaya,budaya zaman sekarang.

  139. Bintang-_-timur berkata:

    Mazpri : makasih bnyak ya nasehat nya, insyallah akan saya kurangi.
    Dulu saya pernah dimarahin sama kakak angkat saya skaligus pembimbing saya, beliau bilang
    Kok aura kamu hilang?Kamu onani ya?
    Nah pas waktu itu saya memang onani,kemudian saya diisi lagi.
    nah kok bisa ketahuan ya? Masih bingung…
    Selang 2minggu kemudian,walau saya non islam,namun saya dikasih kpercayaan oleh sodara2 saya yg islam, mulailah mengamalkan ASR, dan amalan2 lain nya. pantangan nya,jika berzina maka perut akan membengkak kmudian meninggal.
    Jika oral dengan pacar,apa termasuk zinah?
    Skali lg makasih ya mas brama dan mazpri smoga mas dan keluarga serta keluarga wong alus semakin mendapat barokah dan apa yg dipelajari smakin disempurnakan oleh NYA.

  140. Kejawen Asli berkata:

    @Brama: tidak semuanya ada dalam Al Qur’an secara detail. Di Al Qur’an hanya dijelaskan prinsip-prinsip keilmuannya saja. Coba saya mau tahu… tolong carikan saya ayat tentang tata cara penanggulangan bencana reaktor nuklir?

  141. Patramantra berkata:

    @mbah gentar: powere Kwa agak konslet mbah…

  142. tak bernama berkata:

    kejawen asli jauh lbh berbobot dari brama,
    saya bisa membedakan padi yg berisi beras dan padi yg tanpa isi

  143. Bocah lawu berkata:

    @patra… Ngapain clingak clinguk disitu…xixixi Km pasti lg bingung. Sini ikut aku nyelem kelaut yg paling dalam… Biar adem.. pokoknya q mau cr wong gentur… Dia pasti lg cr mutiara dilaut yg paling dalam.

  144. Brama berkata:

    Bintang timur dzina itu ada dua macam. Dzina kering dan dzina basa.
    Kalau dzina kering,oral,ciuman,onani, pandangan yg bernafsu itu,pendengaran dll.
    Kalau dzina basah. Cuma satu ngentot.
    Kalau di kaitkan dg ilmu kebatinan insyallah tidak ada kaitan nya.Karna kebatinan adalah hati mu. Selagi kamu yakin insyallah kobul.
    Tp jauhi hal2 yg berbau klenik,karna banyak mudarot nya
    @Om tak bernama iya jg mas saya kan br belajar td siang.

  145. Tukang Kopi berkata:

    Bocah lawu, sebelum nyungsep ke laut kopinya dihabisin dulu njih, biar gak ditilep sama semut Qiqiqi..

  146. ToKeK berkata:

    Kopi anget kopi anget.. Mbah wulyojatiiiiiiiiii.. Ini kopi Mbah..

  147. Patramantra berkata:

    @bocah lawu: aku g mau nyelam dingin…. Aku tak ngamati target taruhan dari atas bukit kembar aja ya…zizizi….3x
    @tukang kopi: bikinin es kopi 1 ya dan kopi susu agak pahit buat bocah lawu…

  148. jadullah17 berkata:

    cihuuuuuuuui…………

  149. Bocah lawu berkata:

    @tukang kopi… Sini jualan didasar laut yg paling dalam… Disini adem otak jg ngikut adem… Siapa km temukan mutiramu yg hilang… Biar tambh manteb pendiriannya

  150. Kejawen Asli berkata:

    @Brama: terakhir saya ingin bertanya ke anda. Di ayat Al Qur’an dan As Sunah yang mana yang melarang baca doa, sholawat, asma, hizib yang ada di KWA ini? Belajarlah ke pesantren hingga tamat dan lahaplah banyak kitab agar cakrawala keislaman anda semakin bagus dan tidak gampang menuduh “klenik” karena sesungguhnya Innamal a’malu binniyah…. Semoga Allah SWT meridhoi anda.
    @Sedulur KWA: saya mohon diri njih. Wassalamualaikum wr wb. Salam asah asih dan asuh.

  151. jadullah17 berkata:

    huahahahaha………

  152. Brama berkata:

    Hehehe..Betul sekali kang mas kejawen masak di alquran ada tata cara buat hp n buka internet.

    Mongok kang mas usulkam sama admt supaya keilmuan kejawen semula jadi dan ilmu khodam yg ada di kwa di hapus ajah, kasian kepada kerabat kita,niat hati mau belajar ilmu,yg di dapat kesesatan.

  153. Bintang-_-timur berkata:

    Nyimak aja,biar yg gk tau jd tau..

  154. tak bernama berkata:

    “dalanmu yo dalanmu dudu dalanku,
    aku tak liwat dalanku dewe ra usah ngeyel ,
    ojo ganggu gawe karo aku,
    ojo njajal ngganggu gawe aku,ngidak bayangku wae kowe bakal udunen patangatus patang puluh patang (444) dino”
    Inilah mantra yg biasa saya baca ,bagi bolo kwa yang mau amalkan boleh2 saja tapi syaratnya wktu bca mantra ;
    *Tidak boleh tengok kanan
    *Tidak boleh tengok kiri
    *Tidak boleh menengok kebelakang
    *Harus dgn ber LARIIIII. . . .

  155. Kejawen Asli berkata:

    @Brama: saya admin KWA. Saya tidak punya niat sedikitpun menghapus keilmuan di KWA. Saya justeru akan terus menambah ilmu-ilmu (yang menurut anda sesat dan klenik itu) karena misi saya adalah melestarikan budaya bangsaku, bangsa Indonesia agar senantiasa ingat jati dirinya sebagai manusia Indonesia yang berbhineka tunggal ika. Terima kasih.

  156. Brama berkata:

    Subhanallah…Tidak ada larangan dalam alquran dan sunah rosul, membacah sholawat.Berdoa.
    Saya jg mau nanya dalam alquran ada tidak yg menyuru bacah mantra mandi kembang 7 rupah dsb.

  157. Bocah lawu berkata:

    @patra…diatas bukit t anginnya kenceng bekalmu msh kurang ntar km nyasar… Mutiara km kan msh lum ktemu.. Carinya dilaut bkn di bukit… Dasar bingung km..xixixi

  158. tak bernama berkata:

    gk usah merendahkan diri untuk meninggikan hati

  159. Bocah lawu berkata:

    @patra…diatas bukit t anginnya kenceng bekalmu msh kurang ntar km nyasar… Mutiara km kan msh blum ktemu.. Carinya dilaut bkn di bukit… Dasar bingung km..xixixi

  160. bakul essss...... berkata:

    @simbah danyang kejawen; semangat tengah malam njih bopo…….cup..cup..cupp…emmmuach…..
    @tukang kopi; ojo turu ndimek, jare ngajak joinan jualan es kopi…..

  161. bakul essss...... berkata:

    @simbah danyang kejawen; semangat tengah malam njih ,salim njih bopo…….cup..cup..cupp…emmmuach…..
    @tukang kopi; ojo turu ndimek, jare ngajak joinan jualan es kopi…..

  162. @ Gentar...@ berkata:

    Bocah lawu….sy emoh melu nyelem neng laut asmara…qiqqiqi..@ kangmas patramantra…wes podo konselet kabeh…qiqiqiqi..sy yo melu2 konselet….
    @mbahe danyange tukang kopi ..matur suwon sanget e mbah kopine…rasane rodho sepett.. Mbah..qiqiqi..

  163. bukan jadulah 01...... berkata:

    @JADULAH 7; ndang mulih kono lho, ……mengko esuk nk ngarit mundak karipan….

  164. tak bernama berkata:

    salam cium tangan ki wong alus,
    ternyata pake ilmu malih rupo

  165. tak bernama berkata:

    @bocah lawu *thumb up*

  166. bukan jadulah 01...... berkata:

    @mbah gentar; ojo kakehen ngguyu mbah, nggarahi untumu cepet do coplok……gelis ompong……….

  167. tak bernama berkata:

    Bocah lawu says:
    28 March 2011 at 23:53
    @patra…diatas bukit t anginnya
    kenceng bekalmu msh kurang
    ntar km nyasar … Mutiara km kan
    msh lum ktemu.. Carinya dilaut
    bkn di bukit … Dasar bingung
    km..xixixi
    *ini nyindir siapa ya ki? *

  168. Brama berkata:

    Tadi kan uda di bilang kalau masalah kebudayaan itu kewajiban kita sebagai anak bangsa untk turut andil melestarikan nya.
    Yg saya maksud klenik itu,yg td kejawen khodam,dan semula jd. Mengakui atau tidak mengakui. Banyak lah mudarat nya dari pada mempaat nya. Karna uda termasuk unsur sihir.Sirik dsb
    kenapa harus di hapus.Untuk menghindari penumpukan manusia sesat.
    Kan kasian uda miskin sesat lg.
    Kang mas kejawen mohon di pertimbangkan untk kemasyalatan orang banyak.

  169. tak bernama berkata:

    bukan jadulah 01…… says:
    29 March 2011 at 00:05
    @mbah gentar; ojo kakehen
    ngguyu mbah, nggarahi untumu
    cepet do coplok ……gelis
    ompong……….
    //gigi palsu saiki murah om xixixi

  170. Bocah lawu berkata:

    @tak bernama… 5f ya sy g bermaksud nyindir lo.. Yg sbr om.. Klo mungkin ada yg dr sy pribadi yg salah ucap sy mhn maaf yg sebesar besarnya… Manusia itu byk khilafnya…termasuk sy.nwn

  171. Brama berkata:

    @Tak bernama wajah nya berbinar sekali pasti uda insaf hehe…
    @panglima sigentar alam salim,
    @om wawan jgan gusur saya
    @tampamantra.Linuwi tampa mantra master kundalini
    @all.Kerabat kwa salim salaman.

  172. Bocah lawu berkata:

    Ki Brama ni siapa ya… ??? Yah mudah2an ktemu dlm mimpi dah…

  173. tak bernama berkata:

    moco komen getihku dadi panas

  174. @ Gentar...@ berkata:

    mbahe bukan jadullah 01…qiqiqiqi..nganu mbah.soale sy ireng mbah ari ora nguyu mbok ndak kesampar..karo santri kwa..senp podho wira wiri…qiqiqi…….@om brama…nganu om udah selesai silahkan om brama beraktifitas kembali….kepada santri2nya om brama sendiri….@tak bernama..jenege keren topmakotop lah…artinya kosong

  175. tak bernama berkata:

    @om bocah lawu,saya gk merasa d sindir kok om ,
    santai aja. . .
    Mungkin tetangga sebelah om xixixi. . .

  176. Bocah lawu berkata:

    @sedulur2ku… Kita jgn terlalu sensitif deh.. Ada hal2 yg g berkenan dihati nyantai ajalah yao… Klo sensitifnya kepada Alloh ayo yg super sensitif…. Soalnya DIA lbh sensitif dr kita… Xixixi

  177. Brama berkata:

    Alhamdullah.. Uda pada insaf semua. Jgan lupa ajak kerabat2 yg lain.Kembali kepada alquran dan hadist. Mari kita kibarkan islam sejati.
    Jauhi dan musnakan kejawen.
    Untk menghindari penumpukan manusia sesat.

  178. tak bernama berkata:

    Bocah lawu says:
    29 March 2011 at 00:24
    Ki Brama ni siapa ya… ??? Yah
    mudah2an ktemu dlm mimpi
    dah …
    //kalo pingin ketemu mbak mawar dlm mimpi xixixi. . .

  179. Brama berkata:

    Alhamdulillahirobbilalamin
    ya allah semoga kami termasuk orang2 yg bersyukur karna mendapat hidayah dari mu.
    Allahummah ya allah jauhkan kami dri tipu daya iblis laknaktullah dan bala tantra nya.
    Ya allah berilah hidayah kepada saudara2 kami yg belum paham dan belum insaf.Amin allahumma amin..

  180. bukan jadulah 01...... berkata:

    @mbah brama; waduuuhhhhhhh saya itu juga sesaat lho mbah, jangan2 saya ikut dimusnahkan…,mbok yoo o yg kejawen jangan dimusnahkan mbah, tapi diluruskan saja,mosok panenengan lupa ,ketika rosululloh melarang malaikat jibril yg akan memusnahkan orang2 kafir…..,kalo saat belum bisa diluruskan..eeee…barangkali seminggu lagi,sebulan lagi…..bahkan mungkin anak2nya atau cucunya ada yg bisa diluruskan…..
    @mbah tak bernama;nk moco komen getihe dadi panas….panas…panas……., njaluk o bakul essssss…..kono lho mbah, anggeran muk cekok i eessssss sak gerobake yo mampet panase….

  181. Bocah lawu berkata:

    @ki tak bernama … Mbak mawar siapa tu klo dh kenal ya dikenalin ke smua sedulur…ben uyel2an neng ngimpi…xixixi

  182. tak bernama berkata:

    om @ Gentar…@ ini bisa aja ,
    saya ini emang kosong dan kalo d pukul suaranya nyaring alias kosong emang kosong gk ada isinya bukan suwung loh om

  183. Brama berkata:

    Hehe…Panglima sigentar alam bisa ajah, kebetulan om waktu milik saya, karna saya tidak kerja mencari uang tp uang bekerja untuk saya.
    Lumayan waktu nya bisa di mempaatkan untk belajar memperbaiki diri.

  184. Bocah lawu berkata:

    @ki brama …ajarin dong ki.. Gm uang bekerja utk sy… Kan enak tu duduk,bobok dpt duit..xixixi

  185. Brama berkata:

    Om jadullah yg di musnakan ajaran nya om,tahyul,klenik,sihir kan dilarang di agama kita yg gituan.masak manusia nya. dosa om

  186. tak bernama berkata:

    Brama says:
    29 March 2011 at
    00:34
    Alhamdullah.. Uda pada
    insaf semua. Jgan lupa
    ajak kerabat2 yg
    lain.Kembali kepada
    alquran dan hadist. Mari
    kita kibarkan islam sejati.
    Jauhi dan musnakan
    kejawen.
    Untk menghindari
    penumpukan manusia
    sesat.
    //ok, om kita kibarkan Islam,tp kejawen tdk d musnahkan karena belum tentu sesat

  187. Brama berkata:

    @Om tak bernama kalau masalah kosong betul. beneran saya baru belajar td sebelum nya paham ilmu kejawen dan semula jg,dan ilmu khodan jg.
    @Boca lawu ente bisa ajeh hehehe…

  188. tak bernama berkata:

    mandi dulu ahh…
    Soalnya mw ketemu mbak mawar dalam mimpi hehehe. . .

  189. bukan jadulah 01...... berkata:

    wahh..ini mbak mawarnya mana ya……….,kalo nanti sudah bisa menghindari perselingkuhan dan tidak berhubungan lagi sama si kumbang….,…nanti hubungannya di ganti sama saya aja………insya’alloh saya siap dihubungi…
    atau berhbungan dengan @mbah brama saja, ……….biar dapat yg lebih fresss……

  190. tak bernama berkata:

    @om brama jangan dulu katakan isi laut itu merah atau biru sebelum menyelam dan menyaksikan dgn mata kepala sendiri

  191. Brama berkata:

    Saya tak akan mengatakan air laut itu asin sebelum saya meminum nya.

  192. tak bernama berkata:

    @om brama sudut pandang kita berbeda

  193. Brama berkata:

    Lagian diatas uda saya tulis bahwah sebelum nya saya penganut ilmu kejawen semulajadi dan dan ilmu khodam.Untk melancarkan perjalanan hidup saya. Jd saya tau apa yg saya katakan.

  194. Bocah lawu berkata:

    Klo sy ingin merasakan betapa beratnya mencari mutiara dilautan yg bgt dalam. Nti klo dah ktemu ada kepuasan yg tk bs dibyr dgn apapun. Kecuali dibyr dgn mbk mawar..he..3x

  195. Brama berkata:

    Om tak bernama sudut pandang berbeda itu wajar,saya mengajak yg mau saja,yg tidak mau tidak bisa kita paksa.
    Mari om kita sekarang punya misi.
    Kita ajak orang sebanyak2 untk kembali kepada alquran dan sunah.
    Mempaatkan sisa hidup kita ini untk kebajikan

  196. Bintang-_-timur berkata:

    Brama, tak bernama, bocah lawu : selamat malam,saya pamit dulu, lanjutin postingnya, besok pasti saya baca..
    Ass.wr.wb

  197. Bintang-_-timur berkata:

    Oy ktinggalan,
    Bukan jadullah
    Hehehe mikum. .

  198. angdidi berkata:

    Salam KWA ….ngen buat bolowongalus semuanya aza,monggo dilanjut ikut nyimak aza he , he,,,….he…

  199. BURGER_KILL berkata:

    Oh my god..mbak mawar cantiknya kaya nawang wulan lho,bodyny juga molek,seksi,bohay…pasti goyanganya mantep tuh…qiqiqi.

  200. Jawi Full berkata:

    Ada Brama Kumbara neh om brama katanya islam kok cara2 yahudi anda pake maen mojok2in dan maen musnah2an. sebelum islam masuk indonesia tradisi kejawen udah ada lho malah seorang auliyah Allah yaitu sunan kalijaga menjunjung tinggi nilai2 luhur budaya kejawen dan mengaplikasikannya mengiringi dakwahnya lho,padahal ia seorang wali yg tentunya lebih faham islam daripada kt..
    Apakah ajaran islam ngajarin kt tuk mojokin dan musuhin satu golongan tdk kan.islam itu lembut dan penuh kasih sayang lho jgn permalukan islam dgn tindakan anda yg sok fanatik itu.malu sama agama lain dasar tong kosong nyaring bunyi.apa al qur’an dan al hadist ngajarin umat islam tuk mojokin dan menjelek jelekkan jg memusuhi satu golongan tidakkan.makanya kalo blm tahu islam jgn sok bahas islam,tindakan anda justru dpt menjadi bumerang bg islam hingga pd akhirnya menimbulkan fitnah dikalangan umat manusia yg ujung ujung malah bs jd mempermalukan islam di mata dunia.

  201. Bocah lawu berkata:

    @mbh burger …gm kbrnya. Kesemsem sm mbk mawar jg ya… Xixixi. Eh tau dm wong gentur g…xixixi mencolo putro mencolo putri

  202. IQ o'on berkata:

    Payah semua…!gm bs belajar ilmu la semua cuma brantem.g ksh contoh yg baik. Dosa semua.Sy ilmunya amalin br separo dh dianggap sesat. Kebangeten deh kalian semua.

  203. Brama berkata:

    Hemm..
    Jawi full,baca lg coment dr pertama,
    jgan lupa sekali lg mari kembali ke alquran dan hadist.
    Dan memberantas kejawen tahyul,sihir,sirik dan hal2 yg tak bermempaat lain nya. Semoga misi ini di ridoi allah.Amin. Wasalam

  204. wong_ gentur berkata:

    Bismillahirrohmanirrohiim…SEDULURKU… Kuliah nyububuh nyoookkk… (disadur daripada kitab “AMAL MA’RIFAT” karya Al Arifbillah Al-Allamah Al-Hajj Abdurraman Shiddiq bin Al-Hajj Muhammad Affif yang brgelar MUFTI INDRAGIRI yang merupakan cicit daripada Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang juga dzurriyat Tuanku Pangeran Dipenogoro..)
    1. Adapun Syari’at artinya kenyataanya yakni barang yang dinyatakan oleh Alloh Ta’ala daripada segala hukum ‘amar dan nahi dan lainnya maka ta’aluq ia pada anggota.
    2. Adapun Thoriqat artinya jalan. Yakni jalan menyempurnakan syari’at seperti taubat, zihad, tawwakal, dan sabar dan ridho dan shidiq dan mahabbah dan zikrotul maut dan lainnya daripada segala perangai yang terpuji maka ia ta’aluq pada hati dan nyata pada anggota.
    3. Adapun Haqiqat artinya ‘itiqad yang sebenarnya yang wajib dipercayakan sama ada ilahiyyat nabawiyyat atau sama’iyyat yaitu ta’aluq ia pada hati yakni berhubungan dengan perbuatan hati.
    4. Adapun Ma’rifat artinya pengenalan yang smpurna kepada Alloh Ta’ala yaitu ta’aluq ia pada sirr hati artinya mengenal Wahdaniyyah Alloh Ta’ala pada Af’al dan pada Asma dan pada Sifat dan pada Zat dengan i’tiqad yang yakin sekira2 tetep pada i’tiqadnya bahwa tiada memperbuat sekalian kainat melainkan Alloh Ta’ala. Dan tiada yang bernama didalam kainat hanya Alloh Ta’ala. Dan tiada yang maujud di dalam kainat ini hanya Alloh Ta’ala..
    Adapun sgala perbuatan mumkin dan asmanya dan sifatnya dan wujudnya maka yaitu Fana di dalam Af’al Alloh Ta’ala dan Asmanya dan Sifatnya dan Wujudnya. Hasilnya yang ada pada mumkin ini majaz dan mazhar yakni kenyataan Af’al Alloh Ta’ala dan Asmanya dan Sifatnya dan Wujudnya tiada mempunyai Wujud haqiqi yang sebenarnya…@

  205. wong_ gentur berkata:

    Aya naon ieu… isuk2 geus ngobrolkeun asmara…SEDULURKU… HATI2 LAN WASPADALAH…Jangan bermain API….termasuk juga API ASMARA… hayo sapa yg lg main api asmara…???JANGAN ADA DUSTA DIANTARA ANDA… nanti digigit semut…ujar boneka SUSAN punya KAK ria ENAS…kabooorrrr.

  206. galih kankung berkata:

    ra melu-melu, urusan rumah tangga. malah salah saran dadine repot.ngaciiiiiirrrrrr…..

  207. BURGER_KILL berkata:

    Salam balik cah lawu….saya suka bercanda om..q bu2k dulu..bye bye

  208. wong_ gentur berkata:

    @Cah….Cah…Cah…BOCAH LAWU… Apakah dirimu yang kmarin ku lihat ketangkap HANSIP..??? Karena eh karena Engkau bermain API… termasuk api asmara dgn seorang Nenek2 di bawah pohon jengkol nan rindang itu…hmm.hmm. Kabbbooorrrrrrrrrrr lagi…

  209. wong_ gentur berkata:

    @BOCAH LAWU… apakah yg mjd beban di dalam pikiranmu…??? sehngga SAUDARAKU memanggil diriku…
    Hamba ini hanyala seorang paling HINA dan bny dosane dimuka bumi… Tak pantas bagi hambamu ini dicari2…apalagi hrs membayar maharnya tuk memanggilku….

  210. wong_ gentur berkata:

    ???? kho pada kaboorrr ja seh….

  211. namku brama keprus berkata:

    sugeng,,, enjing ,,namku brama keprus,,

  212. Numpang lewat berkata:

    ass,wr,wbr
    sallalloh ala muhammad,sugeng enjing kagem poro sedulur bolo lan sesepuh kwa.
    @brama ..monggo dibabar pangaweruhipun mbahh,kulo tak nyimaaaaak…

  213. saejoyo berkata:

    sugeng enjing?monggo sareng2 subuhan,sedulur2 mbotensah repot2 ngurusi kejawen sesat np islam sejati mergi sedoyo mpun wnten engkang biji,monggo ninggali awak2 e piyambak2 nuwun

  214. santri_one berkata:

    cepet ayo ndang sholat subuh

  215. santri_one berkata:

    ayo ndang sholat subuh

  216. Edy Joe berkata:

    Salamm,,

    absen pagi..

  217. Ari tingkir berkata:

    Puji rahayu all sedulur..
    absent pgi.. monggo d lanjut njiih.

  218. Bocah lawu berkata:

    Assalamu’aikum
    cihuiii… Akhirnya keluar jg kan… Pasti g akan kuat sembunyi truss krn alam jg akan memanggilmu.. @wong gentur… Kmrn rame2 km muncul pasti dh gnt nick. Walaupun km katakan hina pd dirimu km py mutiara yg g bs ditukar dgn yg lain. Tp g tau ya mngkn bs ditukar dgn mbk mawar…xixixi … Kuuabuurrr..zigzag ben g ketangkep… Namanya aja dh wong gentur.. Ilmunya tinggi… Terbukti dh kluarkan tausiah diatas… Tausiah alus2an…xixixi. Berrrr

  219. Bajul Kesupen berkata:

    INNALILAHI WA INNAILAIHI ROJIUN
    TELAH MENINGGAL DUNIA AYAHANDA DARI MUHAMAD ALI (ANGGOTA BOLOWONGALUS SOLORAYA ) SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DI SISI TUHAN YME DAN DI AMPUNKAN SEGALA DOSANYA

  220. syech lemah abang berkata:

    Ingan KRISDAYANTI ama RAUL lemes,……..manusia LAKNATULLAH,..jangan dengarkan lagu nya krisdayanti PEREMPUAN PALING BEJAT SEDUNIA tidak tahu malau,………wkwkwkwkwkwkwkwk,..ane simpatisan anang sih ,…hayo demo,..

  221. kopral dj berkata:

    bermain – main dengan api kecil mengasikan besar menyesakan hmm…..akhirjaman sudah terlihat tanda2nya

  222. wong_ gentur berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb…
    Bismallahirrohmaniirohiim… Asyhadu anla Illaha Ilallah Wa Asyhadu Anna Muhammadurrosulloh..(Shollallahu ‘alaih..) Allohumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad Wa’ Ala Aali Sayyidina Muhammad.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Qudratulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Iradatulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Kallamulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Billahil ‘Alliyil Adhiimm..
    Absen Pagi menjelang bagawe…
    @BOCAH LAWU…Salam Paseduluran Brother dari hamba yg bodo, lagi hina, dan banyak dosa ini… Wah.Wah.. apakah ini sebuah penawaran tanpa mahar Bro..??? (sok atuh ditanyain ama mbak MELATI..eh Mawarnya..qiqiqi..). Btw sdh berapa lama jd AGEN BIRO JODOH Bro..? SEDULUR KWA…. WORO-WORO… bagi yg blm pny pasangan bin jodoh, g usah pake pelet2n sgala. Datang aj ke Ki @Bocah Lawu…Insya Allah kan dicarikan jodoh oleh beliau mulai dari yang BUKA SEGEL alias Orisinil ampe yg turun mesin tp masih bertenaga….gkgkgk. Betul bgtu Bro…??? Nyumput ahhh..

  223. Anak hilaf berkata:

    Fafiru ilalloh..

  224. wong_ gentur berkata:

    INNALILAHI WA INNAILAIHI ROJIUN
    TELAH MENINGGAL DUNIA AYAHANDA DARI MUHAMAD ALI (ANGGOTA BOLOWONGALUS SOLORAYA ) SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DI SISI TUHAN YME DAN DI AMPUNKAN SEGALA DOSANYA….

    Demi Zat yang menguasai dan meliputi sgala sesuatu… Cahaya yang telah kembali kepada Sang Pemilik Cahaya…

    SELAMAT JALAN AYAHANDA..SMOGA AMAL IBADAHMU DITERIMA-NYA, DAN SMOGA RUHMU MELEBUR KEPADA NUR MUHAMMAD SANG PEMILIK RUH… AMIN YA ALLOH YA KARIIM… SHOLLALLOHU ‘ALAIH..

  225. Anak hilaf berkata:

    Yaa Sayyidii Yaa Rosulalloh
    Yaa Sayyidii Yaa Ayyuhal-Ghoust.

  226. batara pancer buana berkata:

    om brama bravo
    sy dan om brama sama2 udah menginsapi kesalahan kita setelah membaca artikel ilmu hitam putih
    kita telah sesat
    astagfirullah aladim
    KEMBALILAH KE QURAN DAN HADIST

    KALO BOLEH MUAT TERUS ARTIKEL TENTANG KEILMUAN YANG BENAR SPERTI KEMARIN YANG BERJUDUL ‘ ILMU HITAM DAN ILMU PUTIH

  227. Nawiazky berkata:

    Untuk ayahhanda dari MUHAMAD ALI (ANGGOTA BOLOWONGALUS SOLORAYA )
    Allahumma fir lahuu war hamhu waafihii wa’ fuanhuu….
    semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya dan diampunkan segala dosa2nya
    Dan mas M. Ali diberikan kesabaran keikhlasan dan kekuatan iman atas ujian ini…
    alfatihah sent…
    salam,
    Nawiazky

  228. wedus gembel berkata:

    @mb mawar kalau udah ketauan selingkuhnya sama
    kumbang, ya sudah. ganti pasangan selingkuhan
    dengan orang lain.ntar kalau ketahuan lagi, ya
    ganti pasangan selingkuhan lagi. begitu seterusnya. waktu nikmat2nya selingkuh diem2 aja
    nggak mau cerita dah berapa ronde lu lakuin.
    tapi setelah ketahuan kok nyasar curhatnya di
    KWA ..?
    xixixi…….. kabur ah

  229. @ Gentar...@ berkata:

    assalamualaikum..sy dan kluarga..turut belasungkawa atas meninggalnya bpk dari saodara muhamad ali…semoga amal ibadah nya di trima di sisinya,amin…

  230. Bocah lawu berkata:

    @muhammad ali… Sy ucapkan belasungkawa jg.. Smg amal ibadah almarhum ayah panjenengan diterima Alloh SWT.
    @mbh gentar alam.. Slm salim mbh.
    Weh wong gentur jd aneh…kuuaabuurr… Berrrr

  231. BURGER_KILL berkata:

    Saya mewakili semua genk wong alus,ikut bela sungkawa sedalam dalamnya…dan smga Allah menerima amal ibadahnya…alfateha..amiin ya robbal alamin..takziahnya kpn y?

  232. @ Gentar...@ berkata:

    Buana pancer bumi…qiqiqiqi…
    hargai pendapat orang lain,hentikanlah menebar rasa tidaknyaman..kalo ingin pengetahuan tentang agama.silahkan cari blog yg mengupas agama..ini blog tentang pengetahuan budaya spritual kebatinan…

  233. awie hu berkata:

    nyimak

  234. Jawi Full berkata:

    Ikut berbelasungkawa.. Atas meninggal ibunda M.ALI semoga arwah beliau diberikan tempat yg layak disisinya sesuai amal perbuatannya slma hidup didunia,,,Amin

  235. Absen saja sambil nanya bos powermu gmna hahay

  236. cahaya berkata:

    bagi yg ngerasa udah paling betul pegang islam sejatinya monggo dilanjut aja.. Tapi aku tetap takjub ama pm kejawen asli yg begitu berbudi dan santun dlam pengajaran yg begitu dalam nggak dangkal seperti yg tukang nyalah2 in org laen. Kayak udah jadi pemilik syurga aja ni org.. Salam takjim buat kejawen asli..

  237. awie hu berkata:

    wah sepertinya ada pertarungan baru nich. tambah panas nich
    nyimak ah

  238. Bocah lawu berkata:

    @om buana pancer… Santai aja om.. Maaf insyaf atau g itu urusan masing2 om.. Manusia bebas kok milih jln hidup mau tersesat or gak… Itu dh ad konswensi yg hrs ditanggung kelak di hadapan Alloh SWT. Ini blog spiritual batin dgn tujuan utk pembelajaran kultur budaya Nusantara. Klo nti menuruti artikel yg isinya berat sbelah. Jd g nyaman om. Jd ribut lg. Bolowongalus py warna berbeda antara 1 dgn lainnya. Jd tlng ditoleransi. Swn

  239. awie hu berkata:

    betul…tul…tul…

  240. @ Gentar...@ berkata:

    @Bocah lamu…nganu…bagai mana kabar bos..qiqiqi..

  241. awie hu berkata:

    .

  242. Bocah lawu berkata:

    @mbah gentar alam… Alhamdulillah baik… Begitu jg panjenengan mbh… Nganu… mbah.. Wong gentur jd aneh…xixixi. Lari dulu werr..nti ngintip lg.

  243. @ Gentar...@ berkata:

    @Bocah lawu…nganu bos wong gentur konslet..jdi radak piye ngunu…qiqiqi…

  244. Argo Dumilah berkata:

    weleh 2 ,lari2 teyus apa nga capek to yo….bocah lawu… iiiikkkkuuuuttttttttttt

  245. wardoyo berkata:

    Jangan tanam kurma di indonesia.karena akan kurang bagus hasilnya.baik batang pohon atau buahnya.Tanamlah kelapa di indonesia pasti akan lebih baik hasilnya.masalah amalan saya ibaratkan pisau.pisau bisa digunakan utk memotong sayur,buah atau yg lainya tapi bisa juga utk membunuh.masalah hitam/putih.benar/salah./sesat tergantung niat awal tapi kita juga harus bisa memilah2 karena manusia itu mahluk yg bisa mangreh kridaning budi.jadi semua ada aturan dan hukum yg mengatur baik sangsi hukuman atau karunia.

  246. Argo Dumilah berkata:

    nyimak sambil mikir…… emeng epe toooo

  247. Argo Dumilah berkata:

    sepi banget,pd kemana yaaaaaa

  248. gunawan78 berkata:

    Bersatu kita teguh, bercerai ……………… kawin lagi.

    lanjut kang…

  249. Bocah lawu berkata:

    @mbh gentar… Nganu mbah wong gentur impen-impenen mbk mawar…xixixi. Dijodohkan aj sm mbk mawar…xixixi

  250. Argo Dumilah berkata:

    bercerai kita selingkuh qi..qi..qi….sensasinya men

  251. Bocah lawu berkata:

    @mbh gentar… Tu ada lg mas Gunawan78 dijodohkan aj sm mbk mawar…xixixi

  252. Argo Dumilah berkata:

    mbak melati aja lah…yang masih legit…..wkwkwkwkw…

  253. Bocah lawu berkata:

    @mbh gentar… Itu mbh… Om argodumilah jg ngikut skalian aj dijodohkan sm mbk mawar…xixixi

  254. jadullah 5 berkata:

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN
    SMGA BAPAK DARI HABIB MUHAMAD ALI ASEGAFF DITERIMA DISISI ALLOH SWT AMINN

    HAHAHA SELINGKUNG,GILIRIN WAKTU MELAKUKAN RASANYA DUNIA MILIK BERDUA,TAK TAKUT DOSA DAN RESIKO,HUAHAHA ENAK ASYIK ASYIKK UENAKKKK TENANN
    WAH SETELAH KETAHUAN BARU BILANG DAN NUDUH DIGUNA GUNAIN
    HAHAHA,SEANDAINYA KEMARIN2 NDA KETAHUAN APAKAH ANDA JUGA AKAN BERTANYA APAKAH AKU DIGUNA GUNAIN
    HAHAHA
    DAH LAHH NDA USAH MELAKUKAN PEMBELAAN DIRI BILA MEMANG SALAH SEGERA MOHON MAAF PADA SUAMI ANDA

  255. Sorban Terbang berkata:

    Assalamu’alikum, Ucapan yang pantas pada awalan pertama “ASTAGHFIRU4JJI HAL AZHIIM”,Mengakui kesalahan atas apa yang diperbuat,{ “S E T I A ARTINYA SELINGKUH TIADA AKHIR”,ATAU “C I N T A ARTINYA CERITA INDAH NAMUN TIADA ARTI”}.langkah kedua taubatan nasuha yang disertai dengan sholat taubat, memohon kepada 4jJi dengan sungguh 2 dan keyakinan hati,merenungi segala kesalahan yang kita perbuat,mudah2 an 4jJi tidak memberikan mudharatNYA,langkah ketiga mencari solusi titik tengah atau pemecahan masalah yangdisertai kedua belah pihak,wujudkan ukhuwah islamiyah,dan musyawarah serta mufakat agar hasil solusi yang kita dapatkan tidak menjadi pertikaian atau permusuhan,sekiranya itu yang bisa saya sampaikan Wassalam u’alaikum .

  256. batara pancer buana berkata:

    SEBENARNYA YANG SAYA UTARAKAN CUMA UNGKAPAN KEKESALAN PADA TUKANG SELEKSI ARTIKEL YANG AKAN DITAMPILKAN DI KWA YANG KURANG JELI
    KENAPA PAHAM WAHABI DI MASUKAN KE BLOG INI
    BUKAN MASALAH PERBEDAANYA TAPI YANG JELAS BUKAN JALURNYA DI MASUKAN DI BLOG INI
    SEPERTINYA INGIN TERJADI PERCEKCOKAN DI BLOG INI YANG AHIRNYA TAR MAU DI TUTUP. KAN SAYANG . KALAU SEANDAINYA KWA SEBUAH PERUSAHAAN PASTI G AKAN DI PAKAI LAGI IBARATNYA MUSUH DALAM SELIMUT. SBB KALO DI PIKIR DENGAN JERNIH YANG MEMUAT ARTIKEL TSB INGIN MEMBERI TAU BAHWA SELAMA INI ILMU YANG KWA BABAR SELAMA INI SESAT DAN MENYESATKAN. TAPI DENGAN KEPINTARANYA BELIAU MENYAMPAIKANYA DENGAN HALUS MELALUI ARTIKEL ORANG LAIN.
    SADARLAH PARA BOLO WONG HALUS AKAN HAL ITU
    YANG SAYA INGINKAN CUMA SATU HAPUS DARI DAFTAR PUSTAKA ARTIKEL KEMARIN. DAN PERJELAS LAGI VISI DAN MISI KWA SBELUMNYA . JANGAN SAMPAI KEBABLASAN SPERTI INI BAHKAN SEKARANG KWA BUKAN LAGI TEMPAT BABAR ILMU TAPI TEMPAT CURHAT DAN MENENTASKAN MASALAH.
    MAKANYA JANGAN TERSINGGUNG ADA PIHAK DARI LUAR INGIN MEMASANG IKLAN DI SINI . HAHAHAHAHAHAH SANGAT MENYEDIHKAN KAMPUSKU TERCINTA INI.
    SUNGGUH TERLALU …………….. TERLALU…………..

  257. batara pancer buana berkata:

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN
    SMGA BAPAK DARI HABIB MUHAMAD ALI ASEGAFF DITERIMA DISISI ALLOH SWT AMINN

  258. Boca Bumie tak bertuan... berkata:

    INNALILLAHI WA INNALILLAHI ROJIUN

    Turut BELASUNGKAWA

  259. Bocah lawu berkata:

    @buana pancer… Sabar ajalah… Santai ajalah… Xixixi jd kayak mbah Gentar…

  260. Bani berkata:

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN
    SMGA BAPAK DARI HABIB MUHAMAD ALI ASEGAFF DITERIMA DISISI ALLOH SWT AMINN

  261. gandri berkata:

    Test

  262. Argo Dumilah berkata:

    mbak mawar,melati.kembang kantil ……..bunga bangkai.. qi.qi.qi…….nek konangan wadul,nek enak aku ra di wei …qi.qi.qi

  263. awie hu berkata:

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN
    SMGA BAPAK DARI HABIB MUHAMAD ALI ASEGAFF DITERIMA DISISI ALLOH SWT AMINN

  264. gandri berkata:

    Saya pernah dengar ilmu sejati, sejatine ilmu, dzat sejati, sifat sejati, sejatine manusia. Sekarang ada islam sejati mana tadi mohon dibabar biar jelas. Soalnya kalau sekedar bilang kembali ke Alqur’an dan hadist sangat luas tafsirnya untuk dijabar. Biar kita tahu mana yang diluar qur’an dan mana yang didalam qur’an. Mohon islam sejati memberi pencerahan.

  265. gandri berkata:

    Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun turut bela sungkawa atas pulang kerahmatullah bpkny habib muhammad ali assegaf.

  266. Kejawen asli berkata:

    batara pancer buana: Dari saudara yang berbeda pemahaman, kita menjadi kuat. Dari saudara yang beda pendapat, kita bisa belajar mengenali kesalahan. Kita menjadi tegar dengan jati diri kita. Tidak perlu alergi apalagi memusuhi pada mereka yang beda pendapat. Biarlah blog ini jadi warna-warni di belantara ide dan kita bisa dewasa menyikapi perbedaan. Belajar dari alam: Biarlah cacing tetap jadi cacing, ayam tetap jadi ayam, singa tetap jadi singa karena itu sunatullah dan kita menjadi bagian di dalamnya.

  267. Gentar ali berkata:

    Hihihi…Ada yg selingku jg nie, keren top markotop. Lanjutkan mbk selingku nya, jika perlu sama sapi mbk.
    Wah..Asik betul mantap..

  268. gandri berkata:

    Om gentar ali, cara ngancurin gimana om?

  269. Waranta Kurangga berkata:

    Setuju… Mbah Kejawen Asli
    namun boleh beda pendapat, boleh beda keyakinan asal saling menghargai dan tanpa saling menghina dan menafikan…
    dan tanpa merasa menang sendiri (terkadang kata orang ini kekurangan penganut paham wahabi.. kata orang lho bukan kata saya, karena saya belum pernah berinteraksi scr langsung sih)

    Out of Topic dikit nih
    pernah lihat id FB dengan nick/id: jasmine slalu hepi <– nah ini contoh org yg dibalik nick ini yg tidak menghargai perbedaan … piss ahhh nanti dibilang provokator
    Kalau dibilang provokator abaikan saja… maaf bila tidak berkenan…

    kabooor ……

    Salam

  270. Gentar ali berkata:

    Bener tu mumpung masih di kasih kesempatan kalau mau insaf
    Ane mau tobat jg aah,
    mumpung belum mati hihihi…

  271. Gentar ali berkata:

    Om gandri ane kagak tau,tanya ajeh ma om brama.
    Ayo om kita tobat sama sama ajeh.
    Om kejawen aslih mongok di haturi kita insaf sama2 sebelum kita mati.
    Entar kalau suda mau mati baru tobat jd firaun dong hihihi…Asik..

  272. Mbah Dalang Cipto Kawedar berkata:

    “Kenapa eh…kenapa yg haram itu nikmat …..”
    “karena eh ….karena setan ikut hajat….”
    (bacanya dgn lagu Oma Irama ya…?)

    Kalau baca buka Men are from Mars, women are from Venus, ada perbedaan perspektif komunikasi antara wanita dan pria. Barangkali ketidak pahaman komunikasi inilah sehingga sering terjadi perselingkuhan. Sang pria merasa sdh tdk cocok berkomunikasi dgn istrinya dan demikian juga sang wanita sdh tdk cocok komunikasinya dgn sang suami, akhir cerita masing-masing mencari jalan sendiri-sendiri. Saya tidak bisa memberi saran apa-apa karena saya belum pernah mengalaminya. “Apa kalau ngsih saran harus sdh punya pengalaman mbah …..:
    “Ya nggak …., kalau sdh punya pengalaman kan tambah joss …”
    “Tetapi semua tindakan BAIK atau BURUK itu tergantung dari pikiran kita mau atau tidak melakukan perbuatan tsb…?”
    “Jadi hati nurani lah yg harus dapat menguasai NAFSU bukan nafsu yg malah menguasai hati nurani”.
    “seandainya saya jadi Bunga Mawar, minta maaf kepada sang misoa eh suami lebih baik, karena kita memang SALAH. Masalah ditolak atau tidak pokoknya Anda sudah membaca pahitnya dicerai dari pada takut minta maaf yg buntutnya diceraikan juga. Tetapi seandainya sang suami memaafkan, ini luar biasa.
    Saya tidak peduli apakah cowok tsb pakai aji pengasihan atau tidak, jangan terpengaruh akan hal itu. Pertanyaan saya, Mawar masih CINTA dengan suaminya kagak?
    Atau terpaksa CINTA karena sdh ada anak-anak?

  273. Bocah lawu berkata:

    @pr sedulurku yg kucintai… Ayo semua insyaf mumpung msh ada kesempatan.. Kembali ke Al Quran dan Hadist..krn itu pusaka yg tk terkalahkan… Lho… Eh kok jd ngikut kayak mbh Brama ya….xixixi Kaburrrrr

  274. Bocah lawu berkata:

    Balik bentar …ada mbah Cipto.. @mbah Cipto salam salim mbah… Tlng bc emailku.. Werrrr

  275. Gentar ali berkata:

    hihihi..
    Om lawu rupa nya takut jg sama neraka
    Ayo siapa yg kagak mau jd firaun kita insaf same2.

  276. gandri berkata:

    Rasa rasanya selama ini aku berusaha tidak keluar dari qur’an hadist. Harus yang mana lagi? bingung.com. Kalau anjuran ningkatkan ketaqwaan ya okelah 2 jempol.

  277. Gentar ali berkata:

    Wah..Benar2 mantap, kenapa kagak kepikiran ya selama ini untuk kembali ke quran dan hadis.

  278. Gentar ali berkata:

    Wah..Selama ini berartih ane sesat dong,pakai jimat itu jimat ini,cari mantra itu mantra ini.
    Om bramana apa ini sebuah hidaya jg ya.

  279. Mbah Dalang Cipto Kawedar berkata:

    Mbah Abduljabbar berdebat adu argumentasi dengan Ki Dalang Cipto Kawedar.

    “Cerita klasik itu kalau orang masih menganggap KEJAWEN itu agama, yg sok pinter itu kamu Mbah”. Kata Ki dalang sewot.
    “Lho …aku ini hanya mengatakan tinggalkan kejawen kembali ke Al-Qur’an”.
    “Lha…ya gak nyambung, kalau kejawen itu agama terus NABINYA namanya siapa? dan kitabnya namanya Apa?”
    “Lihat saja blognya mas Alang-alang Kumitir, di situ serat-serat kejawen semua….”
    “Lho….baru kali ini aku ngomong GOBLOG karo panjenengan Mbah ….”
    “Lho koq goblog gimana tho…?”
    “Ajaran kejawen itu FILSAFAT yg diajarkan oleh leluhur orang Jawa dari dulu, itu adalah perspektif dari keluhuran budi pekerti spiritualnya. Coba saja kata-kata ANDAB ASOR, asah, asih dan asuh, dll wis akeh tenanan …, yang jelek itu di mananya?”
    “Kalau Mbah Abdul merasa ajaran kejawen itu keliru, sebenarnya yg keliru itu orangnya bukan ajarannya. Lha koq sampeyan nggebyah uyah menganggap ajarannya yg salah ….”
    “jangan-jangan dulu matematikamu nilainya PAPAT, terus kamu bilang matematika itu yg salah. Kalau kita gak tahu ya jangan sok tahu, nanti malah diketawain sama tikus, walaupun ajakanmu benar, menyuruh kembali ke Al-Qur’an. Tetapi kamu juga harus bisa menunjukkan ajaran Kejawen itu salah DIMANA…?
    Mbah Abduljabbar delog-delog mata menerawang ke atas langit, “ya Allah ajarilah aku bahasa cintamu dan tunjukkanlah aku jalan yg lurus seperti jalan yg telah Engkau berikan kepada mereka yg telah Engkau beri NIKMAT”.
    “ya…itu benar mbah ….nikmat di sini adalah nikmat IMAN dan nikmat ISLAM”
    “jadi Ki Dalang ini agamanya ISLAM…?”

  280. GATOLOCO berkata:

    ADA MBAH DALANG CIPTO KAWEDAR…..WADUH MBAH….AQ KANGEN BGT SM SAMPEYAN LHO….GAK ADA KABAR……KANGEN AQ….

  281. Gentar ali berkata:

    Pada kemane nie orang2.

  282. Gentar ali berkata:

    Om gotaloco kebangetan nie masak islam di pojok2in begitu…

  283. – – – – –
    – – – – –
    – –
    – – – – –

  284. Argo Dumilah berkata:

    nyimak @ gatoloco

  285. wardoyo berkata:

    siiip tenan mbah dalang lan syeh gatoloco.maju terus kwa

  286. Mbah Dalang Cipto Kawedar berkata:

    Eh ….mbah Gatoloco, saya sdh menghitung hari…,detik demi detik … kutunggu kedatanganmu Mbah ….

  287. Argo Dumilah berkata:

    @ ki gatoloco…sy di scan jg ya…..pissss

  288. GATOLOCO berkata:

    @gentar ali….bukan saya pojok2in islam….krn islam adalah agama saya……..
    jujur mas…ini tdk ada hub sm agama….tp ttg cara pandang dari orang nya……bukan agamanya……
    jadi semoga kita semua terhindar dari permusuhan….krn islam bukan permusuhan mas….krn islam adalah agama yg haq…

  289. GATOLOCO berkata:

    @mbah dalang cipto kawedar…..saya juga tdk sabar menunggu pertemuan dg semua sedulur kwa mbah…….wah…
    di sini gunung…di sana gunung….di tengah nya….pulau jawa…..dalangnya gak bingung….krn ki cipto kawedar tdk bingung…..yg penting kita bersama….bersaudara….

  290. GATOLOCO berkata:

    @argo dumilah…….saya tunggu di email saya aja ya

  291. @ Gentar...@ berkata:

    nganu ki gotoloco…power ku sak iki piye mbah…!

  292. won9bodho berkata:

    Aduuuuhhh,ternyata kedatangan Ki Gatoloco banyak di dn yg menunggu termasuk Ane.dh lama saya mau nanya ki..

  293. Sembara berkata:

    Assalamualaikum

  294. pitulikur berkata:

    salam salim sungkem kliling dumateng poro sesepuh dan masyarakat kwa….
    @ki alus waskita…
    @pak pres negara kwa… om wawan
    @ki BC
    @ki mbah dalang cipto
    @ki bocah gunung lawu
    @ki gentar alam
    @ki risang
    @gus bond
    @ki gandri
    @ki gentar ali
    @ki batara pancer
    @ki bani
    @ki mbah kejawen
    @mbah yai brama
    @ki awie hu
    @ki gatoloco
    @ki argo
    @ki wardoyo
    @ki wongbodo
    @ki sembara
    @and all around the world of rep. kwa 🙂

  295. gandri berkata:

    Apakah islam itu? Apakah islam itu? Apakah islam itu? Kata nabi ya rukun islam itu jawabnya. Perkara yang mudah jangan diperumit.

  296. Sembara berkata:

    waduuhh lagi panas nh ….tp bener jg kata si brama cocok saya sependpat,tp aneh ko pada nyalahi brama ya…

  297. @ Gentar...@ berkata:

    pitulikur..salam kembali kangmas..

  298. Jawi Full berkata:

    @Ki dalang
    @gentar
    @gatoloco
    salam takdzim penuh hormat ki..
    @buat semua semangat siang..

  299. sewelas berkata:

    Gandri: Islam itu hanya rukun islam…………… kok sempit gitu pemahaman anda. Rukun islam: sahadat, sholat, puasa, zakat, haji tok yang disebut islam……. bagaimana dengan ngeblog, fesbukan, nonton tv, makan minum, karate, bercanda dgn teman, cinta ayah dan ibu itu tidak termasuk islam kalo gitu???????????

  300. junaidiehs berkata:

    nyuwun sewu, klw diijinkan saya akan mencoba amalan2 yg ada…dgn izin allah smg diberi kemudahan , amiiiin………..

  301. sareb berkata:

    @ mbak mawar… jawaban ada pada panjenengan sendiri. sebelum bertindak panjenengan sudah tau konsekuensi dari apa yang dilakukan nanti,entah itu konsekuensinya baik ato buruk. sekarang ditata hatinya.bila salah ya jangan dilakukan lagi.cobalah untuk lebih eling dan waspada dalam melangkah menapaki kehidupan… yang penting sama sama mencari salah. karna dengan salah kita akan menemukan benar. saya hanya bisa mendoakan semoga panjenengan mendapat hidayahnya… dan tambah kwa-at dalam menjalani kehidupan.

    @ ki kejawen asli / simbah danyange kampus wong alus salam salim sungkem ki…

    @ ki gatoloco… mantab ki penjabarannya…

    @ all sedulur bolo alus .. monggo dilanjut …

    NUWUN

  302. gandri berkata:

    Ki sewelas saya hanya menukil dari hadist. Itu kriteria kerangka menjadi islam disebut islam. Kita mau jungkir balik apapun selama masih dlm kerangka keislaman tetep aja islam. Gak bisa dibilang musyrik, sesat, bid’ah dll.

  303. Bocah lawu berkata:

    @pitulikur… Salam balik kang… Salam 27 derajat…

  304. om wawan sleman berkata:

    @ betoro pancer buana. kita tentunya pernah mendengar bahwa “Untukkulah agamaku dan untukmulah agamamu”. disini juga mengandung arti bahwa kita harus toleransi kepada setiap pemahaman yg ada di muka bumi ini, akan tetapi walau toleransi kita harus tetap berpegang teguh dengan apa yg kita yakini. dan jangan mengusik kebenaran menurut orang lain.
    Faham wahabi apakah salah, dan setahu saya faham wahabi tidak termasuk ajaran yg dilarang keberadaanya di indonesia. Dan bloq ini mau menampilkan postingan apapun juga ngak ada masalah asal tidak bertentangan dengan ideologi kwa yg sudah ditetapkan.
    Kebetulan artikel ini menarik untuk dibuat renungan jadi tidak masalah diposting. Seperti yang sudah saya bilang kemarin ini adalah renungan dan didiskusikan.
    Sebagian bolo wongalus juga dari wahabi, sebagian saya mengenal mereka dan mereka sudah cukup lama disini, dan mereka tidak pernah bilang amalan disini sesat. Dan anda sebagai warga baru sebaiknya menghormati tolleransi yg sudah dibangun ada di bloq ini. Dan memakai nick name yg sudah dikenal sedulur disini.

  305. om wawan sleman berkata:

    @ betoro pancer buana, tolong kalau coment di posting yg sesuai temanya. ini sudah lain tema. makaasih

  306. om wawan sleman berkata:

    Pengertian Islam Rahmatan lil’alamin
    1. Pengertian islam
    Kata “islam” adalah kata bahasa arab yaitu “sailama” yang dimasdarkan menjadi “islaman” yang berarti damai.
    2. Pengertian rahmatan
    Kata ‘rahmatan” kata bahas Arab yaitu “rohima” yang dimasdarkan menjadi “ rahmatan’ yang artinya kasih sayang.
    3. Pengertian lil’alamin
    Kata “Al-alamin” adalah kata bahasa Arab yaitu “alam” yang dijama’kan menjadi “alamin” yang artinya alam semesta yang mencakup bumi beserta isinya.
    Maka yang dimaksud dengan islam rahmatan lil’alamin adalah islam yang kehadirannya ditengah kehidupan masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih saying magi manusia maupun alam.
    “Lakum diinukum waliyadiin”
    Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku (al kaafiruun ayat 6)
    Islam mengajarkan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan . perbedaan membawa berkah bagi kita sehingga ego kita bisa teredam.
    jadi apakah anda setuju untuk saling merendahkan dan saling membenci ?

  307. cahaya berkata:

    sering2 dapat babaran yg mantap dari sesepuh kejawen asli….hidup tambah bernilai tinggi…mas gatoloco sesepuh muda kwa…mantap abiiiss..

  308. Mohd Genius berkata:

    Assalammualaika…para sedulur kampus wong alus yg hebat lagi dihormati
    sekitar thn 1998 sy ada ketemu dgn seorang tua jawa yg pd zahirnya hanya seperti insan kebanyakkan ….auranya cukup lembut & tenang tapi sgt tajam.
    sy lantas bertanya kpd dia tentang ilmu2 hebat, sakti dan lain2 lantas jawabnya
    anak muda maukah kamu kuajar ilmu kesaktian yg sgt ampuh lagi hebat seerta tiada tandingannya…
    waduh sudah tentu pak sy sgt berminat….bisa aja
    begini dengar baik2 wahai anak muda..
    jika ada org yg sakit kamu ziarahinya…jika ia ingin menghembuskan nafas terakhirnya duduklah disisinya…hingga akhir…
    uruskan jasadnya hingga keliang lahad…pastikan kamu masuk kedlm liang lahad utk menyambutnya.lihat betul2 anak muda …
    setelah i2 kamu naik saja keatas sebelum dikambus tanah kuburnya…
    padiahkan lah qulhuallah kpdnya & sekelian makhluk..insyaallah jika kamu bernasib baik kamu akan dpt ……
    waduh cobain dulu pak …gratis lumayan ….

  309. om wawan sleman berkata:

    @ Mohd Genius , wah bagus ini. makasih ki,

  310. tak bernama berkata:

    Untuk ayahhanda dari MUHAMAD
    ALI (ANGGOTA BOLOWONGALUS
    SOLORAYA )
    semoga amal ibadahnya diterima
    disisi-Nya dan diampuni dosa2nya
    Dan mas M. Ali diberikan
    kekuatan iman atas ujian ini

  311. sengkuni berkata:

    udahlah bosss wawan eh presiden wawan gitu aja kok repot (niru Gus dur) itu kan cuma orang2 yang belum paham saja, suruh aja si sapa tu………. ya si betoro namanya aja yang top hehe sekalian temen2nya yang gak paham2 suruh kembali ke bangku duduk manis di depan jangan dipojokan paling molor makanya ndak pinter2 (ra mudengan babar blas) mulane ro.. betoro ngajimu kuwi lo ojo mung sariat bloko, ngaji kuwi yo sak pranatane ( Gus dur lagi) biar cepet faham gitu,…… sengkel aku,aku ke yo iso nesu ojo mbok diarani ora biso ro…ro… betoro rungokno ro…. kowe duwe guru po ra to yo ro…….. kok le dedel ra mundak2. yen ra duwe meguruo kae ono mas kumitir, mbah cipto, mbah gatoloco,ki mas risang, boss mas gus habib wildan, mas boss presiden wawan bakul es (sori pak bos presiden slah ketik hehe sori juga buat sesepuh KWA dak aku tulis semua ojo meri nggeh)

  312. sengkuni berkata:

    innalilahi wa inna ilaihi roji’un
    mari kita bersama sama hadiah fatihah atas kembalinya ayahanda mas M. ali semoga diberikan tempat yang layak di sisi Nya sesuai amal perbuatannya al fatihah………….

  313. tak bernama berkata:

    nyimak ae lah. . .

  314. wong_ gentur berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb…
    Bismallahirrohmaniirohiim… Asyhadu anla Illaha Ilallah Wa Asyhadu Anna Muhammadurrosulloh..(Shollallahu ‘alaih..) Allohumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad Wa’ Ala Aali Sayyidina Muhammad.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Qudratulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Iradatulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Bil Kallamulloh.. La Haula Wala Quwwata Ila Billahil ‘Alliyil Adhiimm..
    Absen Malem… SLAM PASEDULURAN yg lg pd ol…

  315. wong_ gentur berkata:

    @BOCAH LAWU… dimanakah dirimu…???

  316. satrio ilang berkata:

    langsung aja mbak mawar JANGAN MELAKUKAN KONTAK DENGAN DIA APAPUN BENTUKNYA.. entah chatting, sms atau telepon atau bahkan bertemu.. jangan lakukan.. klo anda menginginkan dia, anda harus bercerai dg suami dan menikah dgnnya… Jangan lakukan kontak apapun…. jalan yg sedang anda tempuh adalah jalan ke tempat api yg sgt panazzzzz..

  317. om wawan sleman berkata:

    “ngaji kuwi yo sak pranatane”
    oh gusdur, I LOVE U PULLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
    “gitu aja kok repot
    oh gusdur, I LOVE U PULLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    @ SENGKUNI , Nnuwun bos

  318. SUNAMI/NYAMPAH berkata:

    wah pake ruislah islam……..rajam sampai mati !!!!!!!!!!!!!!!

  319. SUNAMI/NYAMPAH berkata:

    @ wawan selebor……………katanya lakum dinikum waliedin…….ya biarin aja dia bilang sesat……..tetapi anda kok maksa dia agar jangan bilang sesat mana….rahmatannya ??????????
    makanya mikir………..(maksa lagi deh tuh gue ame lu) hikhikhik

  320. SUNAMI/NYAMPAH berkata:

    @ gandri…………musrik ,ingkar…..ya masih termasuk islam!!!!!!!!!!!!
    bagaimana kalo bukan islam……..pertanggungjawabannya secara apa ???
    wah ada banyak orang keblinger……………nger-ngeer
    lha penjelasan musrik kan ada di Kitab alquran………..apa itu bulkan bagian dari islam………………woi kalo ngomong ngawur juga boleh.hikhik

  321. SUNAMI/NYAMPAH berkata:

    @ bintang timur……….masturbasi itu……..EEEEEEEEENNNNNNNNNNAAAAAKKKKKKKK……..Gila….hikhi

  322. Anterman berkata:

    Assalamualaiku buat semua.maaf saya punya kejadian mirip mawar.minta ijin mau email ke mbah gatoloco bisa ya mbah…maturnuwun sanget..

  323. Anterman berkata:

    pangapunten semuanya nuwun sewu ,mau ngrepotin mbah @gatoloco

  324. BUDAK NAFSU berkata:

    assalamu’alaikum para sepuh dan bolo kwa, mw numpang copas n memberi saran buat mba mawar nech, mhn maaf sekali lagi ….
    stlh sy baca dr ktrngan mbak MAWAR… bahwa dlm hal ini mbak MAWAR telah melakukan zinah\dosa besar… .
    pendapat sy sebaiknya mbak MAWAR sbg seorang Muslimah melakukan Tobat Besar dan mintalah saran n bimbingan dari seorang ustadz atau ulama agar mbak mawar dpt lebih menguatkan iman sebab apa yg terjadi pd mbak tdk lebih dr kurangnya IMAN, kembalilah kpd al-qur’an n hadits sbg pedoman
    Smg mbak MAWAR hidayahnya…AAMIIEEN
    Saya minta maaf kepada seluruh bolo kwa apabila ada kata2 yg kurang berkenan…
    Wassalam wr wb

  325. anang masrudin berkata:

    Master Brama@ ” Keyakinan”> adl urusan super pribadi antara sang hamba dg sang maha pencipta..,,

  326. singa meringis berkata:

    wuih ada dua orang yg berdebat masalah benar tapi penjelasan….malah bikin kagak jelas………..
    Islam adalah = penjelasan mengenai aturan-aturan
    Agama adalah kitab yg disucikan oleh orang-orang yg mengimaninya…kitab tersebut juga berisi peraturan…
    Islam………menyeluruh dari alam Akhirat dan dunia saat ini
    agama adalah golongan pengikut para nabi dan rosul yg diutus untuk melaksanakan dan memberi contoh pada orang lain
    adakah nabi dan rosul yg bukan ISLAM ??????????? monggo

  327. Anterman berkata:

    Assalamualaikum Maaf mbah gatoloconya kemana ya.??saya butuh pencerahan mtrnuun dan pangapunten

  328. singa meringis berkata:

    @ anang mas rudin ngomong kok ngemeng ??????????

  329. singa meringis berkata:

    Budak nafsu jangan kembali pada qur an dan hadis tapi kembali pada wong alus sebagai Imamnya dia yg diintai keputusan gitu kaliiiiii

  330. manson berkata:

    334

  331. Agust berkata:

    Suro diro jayaningrat lebur denim pangastuti…

  332. angga berkata:

    baca juga artikel mnarik ini ya semoga bermanfaaat Tanda Pria Jatuh Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s