AMALAN DARI RASULULLAH SAW, AGAR TERLEPAS DARI KEMISKINAN


Yus Irawan
yoesiraone@yahoo.co.uk

Untuk Para Civitas Akademia Wong Alus, Mungkin ini artikel dan Amalan yang sudah banyak orang tahu, dan sedikit saya beberkan yang mungkin akan menjadi tambahan ilmu dan juga menjadi tambahan bagi koleksi perpustakaan dari Kampus kita ini, yang mana amalan ini saya pribadi belum melaksanakannya, karena satu dan banyak hal emang gak ada niat kearah sana, mungkin Allah SWT belum mengizinkan saya untuk mengamalkannya, berikut sepenggal kisah nya :

Rasulullah bertemu dengan salah seorang sahabatnya.

Bagaimana keadaanmu hari ini wahai fulan?”, tanya Rasulullah pada suatu hari kepada salah seorang sahabatnya. “Alhamdulillah, baik ya Rasulullah, tapi kalau boleh kami mengadukan kepadamu, kami masih mengalami kekurangan dalam hal ekonomi”. “Oh ya, kalau demikian menikahlah,” kata Rasulullah SAW. “Tapi Ya Rasulullah…bukankah kami sudah beristri,” Jawab Rasulullah: “Ya … nikahlah”. Hal yang demikian terjadi sampai sahabat tadi sudah beristri dengan tiga orang wanita, tapi jawaban Rasulullah tetap sama.

Maka pada lain kali ketika sahabat tadi berjumpa kembali dengan Rasulullah, keadaannya sudah berubah jadi berkecukupan dengan memiliki empat orang istri. (Al-Hadits)

Sepenggal kisah dialog antara Rasulullah dengan sahabat tadi barangkali cukup menggelitik untuk diambil pelajaran. Pelajaran yang dapat diambil dari kisah hadits ini paling tidak ada beberapa hal:

Pertama, nilai ketaqwaan Indikasi ini dapat dilihat dari kesiapan sahabat tadi untuk

mengikuti dan mematuhi perintah Rasulullah. Artinya selera dan keinginan hawa nafsu disesuaikan dengan keinginan dan kemauan Allah dan RasululNya. “Maka demi Allah yang jiwaku ditanganNya. Tidak sempurna iman seseorang diantara kamu sampai menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa.” (HR.Bukhari).

Dengan kesiapan moral yang demikian, banyak kita temukan peristiwa yang menakjubkan. Dalam kisah yang ditemukan diantara para sahabat, Abu Bakar Ash Shiddiq misalnya, mampu menginfaqkan seluruh hartanya, Ali bin Abi Thalib mampu tidur di tempat tidur Rasulullah ketika Rasulullah dalam kepungan musuhmusuhnya pada peristiwa hijrah. Dan kejadian-kejadian itu akan terus terjadi dalam kehidupan kita ini jika kita menjadikan taqwa

sebagai basis dalam semua permasalahan.

Barangkali akan aneh dalam kehidupan modern sekarang ini, seorang istri pertama melamarkan istri kedua untuk suaminya, Jawaban semua itu ada pada kesiapan, mendahulukan kepentingan Allah dan RasululNya. ”Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia kan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka” (QS.At-Thalaq/65:2-3).

Kedua, nilai keluwesan & keluasan Syariat Islam Keluwesan Islam, artinya bahwa ajaran dan nilai Islam dapat dilaksanakan dan diterapkan pada semua kondisi masa lalu dan masa kini. Syariat Islam sangat cocok untuk hidup dan kehidupan di dunia dan baik bagi semua manusia, laki-laki dan wanita, orang kaya dan orang miskin. Barangkali untuk contoh diatas, bahkan seorang yang nota bene adalah miskin, justru dianjurkan untuk menikah

kembali oleh Rasulullah. Keluasan Islam tidak akan ditemukan jika hanya didekati dengan

pemikiran (akal) saja, akan tetapi harus dipadukan antara hati (iman) dan akal sehat. Sebab kemampuan otak manusia sangat terbatas, dan banyak persoalan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan pendekatan keilmuan saja. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Tiga golongan yang berhak mendapatkan pertolongan dari Allah Ta’ala yaitu budak yang berjanji menebus dirinya dari majikannya dengan penuh iman kepada Allah, maka Allah mewajibkan diriNya untuk membelanya dan membantu seorang laki-laki yang ingin menikah

supaya menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan Allah (zina), maka Allah mewajibkan diriNya untuk menolong dan memberinya rezeki”. (HR.Dailami)

Dalam hal poligami misalnya, dorongan seks itu ada pada semua laki-laki, baik dia kaya maupun miskin, sebab memang demikianlah fitrah penciptaan manusia. Ingatkah kita, ketika seorang sahabat mengadukan kepada Rasulullah bahwa dia telah melakukan

hubungan suami istri pada siang hari di bulan Ramadhan. Siapakah sahabat tadi, “ternyata” seorang yang kehidupan ekonominya paspasan, Kifarat yang seharusnya dia bayar adalah infak kepada fakir miskin-orang lain-, akhirnya kembali jatuh kepada dirinya sendiri.

Memang demikianlah adanya, Islam itu indah. Jika ada orang takut kawin (karena) alasan materi, Allah menjawab dalam Al-Qur’an: “Dan kawinilah orang-orang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (kawin), dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan.

Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya, Dan Allah Maha luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui,”. (QS.An-Nur/24:32).

Dari Sa’id bin Jubair, ia berkata: “Ibnu Abbas bertanya kepadaku:

“Apakah engkau telah menikah?” Aku menjawab “Belum”, ia berkata: ”Menikahlah, karena sesungguhnya sebaik-baik orang Islam adalah yang lebih banyak istrinya” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Ketiga, nilai sosial kemasyarakatan Perubahan tingkat ekonomi sahabat dalam kisah diatas diduga adalah ketika Allah mempertemukan sahabat tadi dengan istri keempatnya yang seorang pengusaha. Artinya barangkali hikmah yang ingin Allah dan Rasul ajarkan adalah adanya suatu kehidupan yang saling melengkapi antara satu dengan lainnya.

Sementara firman Allah SWT.: ”Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita)…” (QS. An. Nisa/4:3-4)

Kehidupan rumah tangga antara suami istri adalah kehidupan hubungan timbal balik yang saling melengkapi dan menyempurnakan. Maka ketika seseorang belum memiliki pasangan, berarti belum sempurna hidupnya, sebab nikah itu separoh dari agama, bahkan kesempurnaannya dikaitkan dengan kehidupan beragamanya. Sebagaimana sabda Rasulullah “Barangsiapa yang dikarunia seorang Istri yang solehah berarti ia telah membantunya menyempurnakan setengah dari agamanya, maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah pada setengah yang lainnya”. (HR.Anas bin Malik r.a)

Lantas pertanyaan kebanyakan para suami pasti kalau menambah istri lagi, lalu bagaimana dengan nafkah kepada anak dan istri-istrinya ? Satu saja sakit apalagi dua, tiga atau empat. Maka orang yang secara materi tidak berkecukupan tapi akhlaknya baik, dan layak kawin harus yakin, Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya (QS.Qn-Nur:32)

Poligami sebagai salah satu dari ketentuan Allah yang dihalalkan bagi kaum laki-laki dan tentunya pasti berguna bagi para perempuan. Karena sunnatullah sepanjang zaman, perempuan akan selalu lebih banyak jumlahnya dari laki-laki, maka jangan menganggap poligami itu keuntungan atau kesenangan bagi kaum laki-laki, tetapi merupakan beban tugas berat yang mulia bagi kaum laki-laki yang harus dihadapi dalam rangka berbagi-bagi kepemimpinan kepada perempuan – perempuan lain yang membutuhkan kepemimpinannya agar berprestasi menjadi khalifah Allah di muka bumi. Maka suami tidak boleh menganggap bahwa jika dia menghadapi kesulitan hidup dengan seorang istri, maka akan lebih sulit lagi kehidupannya bila dia beristri lagi (pindah

tugas baru), artinya setelah tugas pertama selesai dan sukses atau bisa mensolehahkan atau mengislamkan perasaan istrinya.

Maka seorang istri juga dituntut berbuat adil ketika memiliki seorang suami yang siap menjadi pemimpin, tentunya secara kesalehan sosial dan tidak monopoli, sebaiknya harus mau berbagi kepemimpinan suaminya kepada perempuan lain yang membutuhkan kepemimpinannya. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 181 Komentar

Navigasi tulisan

181 gagasan untuk “AMALAN DARI RASULULLAH SAW, AGAR TERLEPAS DARI KEMISKINAN

  1. pertapa genit

    pertamax

  2. pertapa genit

    kah?

  3. rahmadipurbaya

    3

  4. rahmadipurbaya

    4

  5. ki udeng_hhb

    salam

  6. rahmadipurbaya

    sampai …klimaxx

  7. DangSanak

    test ok

  8. wah gagal pertamak

  9. yang penting 10 besar ….

  10. 11,,hadirr

  11. Laskar Permadani Muda

    Aslmkm..absen mlm

  12. De santos kds

    Assalamu’alaikum sesepuh KWA dan sedulur semua……absen2..!!

  13. si_pitung

    absen malam

  14. baru ngobrol dgn cewek aja bini dah ngambek trus gak dapet jatah. apalagi mau cari bini baru… wah bisa berabe.

    kebanyakan pria jaman sekarang kawin lagi karna nafsu dgn alasan sunah rosul. tul gak.

  15. intinya POLIGAMI..yg dsunnahkn rosulullaah,,shallallahu ‘alaih wasallam..

    mnarik,, tentunya sblum poligami,, istri dan suami,, di mungkinkan

    mngetahui,hadizt2 tentang poligami.. agar tdk ada masalah antara

    istri pertama..dst…

    gmna klo mnurut.. sedulur.. monggoooo

  16. wa’alaikum salam…

  17. Bocah lawu

    Sing penting nyimax

  18. dewa katon

    Poligami lebih sering menimbulkan ‘neraka keluarga’. Lalu ….
    1. Sedulur yang setuju poligami, siapkah jika putri anda atau saudara perempuan anda di jadikan istri kedua, ketiga atau keempat ?
    2. Apakah aturan hukum di negara memperbolehkan begitu saja tanpa syarat dan ketentuan berlaku ?
    3. Ada syarat adil di situ. Adil harta, OK. Adil dalam hati ? Adil dalam siapa yang di ajak ke acara A,B,C…..?
    4. Sunnah rasul ? Sudahkan perilaku kita yang lain sudah seperti Muhammad SAW ? Jangan ambil yang kita rasa enak saja….
    5. Yang dihalalkan Alloh belum tentu di sukai Alloh. Misalnya cerai.

  19. poligami………. wah,,,piye yho,,aq grung duwe bojho,, piye ki,,,

  20. om wawan sleman

    absen malam.
    nyimak dulu ah

  21. Mamat Kumis

    aye ikut nyimak aje dipojokan smbil ngupi+ngudud…

  22. elangBunian

    ikut nyimak

  23. Putra borneo

    Poligami???? Boro2 poligami, istri aj lum px nc… Mhon do’ax bolo wong alus smua agar sy dpt jdoh yg sholehah.

  24. trinity

    Kayanya amalannya cocok buat ane tp ndak pnya modal buat resepsi sm mbayar penghulunya…hehehe

  25. trinity

    Amalane tak lempar sama mbah khozin ajalah biar kawin lg…

  26. Bani

    @mas trinity : hahaha samaaa mas problem kita…mo nikah tapi blm ada duitnya…mudah2an di lancarin rejekinya kita kita ya mas…

  27. putra borne@lam kenal… nasib qta sama,,, smoga antum cpet dpet jdoh ya… tpi jgn dniatin poligami,,,, wah tanggung sndri resikonya,,,qiqiqi

  28. Hiro jambi

    Monggo-monggo nikah lagi,mumpung masih muda,daripada nikah(ijab qobul) sama ilmu khodam nanti dibilang sesat dll.mending nikah lagi sama gadis cakep,kinyis2,halal,rejeki tambah dll.
    Wuuenak to!
    Nih Ada Nikita w*l*,Chelsea o*****,Aur*k****,Cinta****,dll,isih Mentes2,daripada gak tersalurkan,dosa lagi.wis nek ra ngedan ra keduman

  29. Alhamdulillah,dpt ilmu baru

  30. trinity

    Mas bani@ ya mas,..amin.

  31. Putra borneo

    Lam knal jg mas @manwan. Mga mas jg cpet dpt jdoh yg d idamkan..amiin.
    Buat bolo wong alus smua slam rahayu.

  32. om wawan sleman

    ayo jomblo bolo wongalus,
    yg belum nikah secepatnya nikah.
    kalau belum dapat tambatan hati, nanti saya carikan.
    jomblo bolo wongalus, ayo secepatnya nikah.
    jbw 1

  33. Salamm,,

  34. trinity

    Om wawan sleman sy cariin ya..kl ada yg msh ori kl nda ada oc jg ndak apa2 om wawan…hehehe

  35. Patramantra

    Nyimak aja ah…

  36. Asswrwb..sesepuh wongalus semua, mohon Ijin Baca2 utk menambah wawasan :)

  37. wulyojati

    absen malaaaaam.
    Sekalian mo izin nyimak…
    Wah jos jos manteng lan mantaaap..

  38. wulyojati

    trinity
    mau nyari pesen sm om wawan ni..
    Kl aku mau pesan sm mbah bengawan candu aza…qiqiqiqi
    mbah candunya ada ga ya..?

  39. Absen malam kang mas….pengumuman kalo ada kambing yg mash perawn tolng kasih tahu @cah lawu.katanya mo di pinang..gkgkgkgk

  40. wulyojati

    hiro jambi
    yg di maksud gadis yg kinyis2 tu yg gimana ya.?
    Kl gadis kinyis2 berarti kl cowok bs di sebu konyos2 donk..wkwkwkwkwk
    he5x,kyk makan ubi yg msh panyas nyas panyas..qiqiqiqi

  41. cantrik151(pk194)

    @aki aki, mana amalanya ya, kok ga maksud inyong, apa kita harus kawin 1000x baru terlepas dari kemiskinan. Yang saudagar kayaraya aja bisa melarat apalagi yang kere, wah….. Bisa2 mampus
    Hihihihi………

  42. ga faham ilmu

    mantap!

  43. Tak bernama

    Kalo OC gk ada masa mw yg KW xixixi. . .

  44. met malem.
    wah ada om presiden. om kawin en nikah itu bedanya apa om

  45. wardoyo

    absen malem ikut nyimak belum berani ngamalin yg satu ini …..

  46. Bocah lawu

    @mbah burger… Xixixi wis gak jomblo mbh… Satu aj dulu…
    @sedulur2 yg msh jomblo ntar klo cr istri yg sabar ya… Biar g ngenes kalian semua… Xixixi

  47. ga faham ilmu

    menjelang akhir kiamat!
    banyak orang kurang tertarik dengan poligami
    banyak orang lebih suka berbuat ZINAH di banding poligami
    banyak pejabat dan menteri wanita menentang poligami tapi mendukung pelacuran dan zinah
    ada iklan di TV tentang KONDOM agar berZINAH nikmat dan tidak hamil
    pejabat dan menteri sutreslah yang mendukum itu semua mungkin biar anak perempuanya tidak hamil setelah zinah ataupun agar anak laki2nya ga tanggung jawab!
    hehehe aku sendiri gatau, soalnya belum ngerasain zinah sic
    peace ahh

  48. satrio ilang

    poligami?? haha … mau doooonnkkk…

  49. ga faham ilmu

    menurut hukum peligami itu salah dan bila melakukanya sembarangan akan masuk jeruji penjara selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun
    tapi kalo zinah bebas dan kalau tertangkapun cuma akan di data dan di beri pengarahan doank
    jadi kalo di pikir2 enakan zinah di bandingin poligami menurut orang jaman sekarang
    tapi bagaimanapun zinah itu haram dan sebuah dosa, itulah tanda akhir jaman?
    hehehe… aku jadi bingung sendiri bener apa kaga ya yang aku tulis ini? ah tapi biarlah
    peace ahhh

  50. VENDRA

    Tapi biasa nya yg punya bnyk isteri malah para laki laki hidung belang yg cuma pngn mengikuti nafsu nya.

  51. wedus gembel

    kalau sekali nikah langsung 4 bini dibarengin aja gimana,
    jadi bisa ngirit buat respsian …….zizizi…..

  52. VENDRA

    Kalau ane nyari bini satu aje susah bngt. Berarti ane bukan org islam yg baik.

  53. wulyojati

    perdebatan antara.
    Ustad metal dan ustad guru ngaji..
    Kata ustad guru ngaji zinah tu haram di jwb ustd metal oh ya tidaaaak..
    Knp tdk.?kt ust,,
    itukan membuat orang senang tad.!kt si metal..memang tp tu tetap haram lo…kt ustd..
    Sp blg tad,,kt kan sdh suka sm sk n senang sm senangnya tad,.qiqiqi dst..

  54. wulyojati

    si metal ksh contoh..
    Usta kl belanja ke pasar kan pilih2 dan tawar menawar kan tad,dan akhirnya si pedagang sk dgn tawaran ustad..akhir transaksi diel..n si pedagang senang..
    Nah..aku jg sama lo,di tempat bordil aku jg milih2 n adu tawar menawar dan akhirnya diel jg n si penjual/si perex akhirnya suka n mau lo tad,,naah itukan berarti jual beli n suka sm sk lo…bukankah membuat orang senang jg berpahala tad..?…qiqiqi

  55. Bintang-_-timur

    Gak faham ilmu @ mantap..teruskan ki…Saya dukung!

    Wulyojati @ hahaha ada2 aja mas…hati2 ntar yg kurang iman, ngeiain lho wkwkwk

  56. Bintang-_-timur

    VENDRA @ Hahaha

  57. wulyojati

    jawab ustad guru ngaji.
    Metal,,semua yg anda lakukan sdh di terangkan dlm alquran n alkhadist..bahwa yg anda lakukan tu hukumnya
    haram..lo…
    Ah tu bisa2 ustad aza dan ngarang2,lawong aku kan blm pernah membaca tad,,kt si metal..di ambillah kitap oleh si ustad..ni bc skrg…
    Di ambil dan di buka2 oleh si metal…wah3 tulisan apa ni tad.? Ko ga ada gambarnnya.?..
    Ustad cnm geleng2..kepala…knp geleng2 ustad kt si metal…ga ni kepala sedikit mau pecah tal metal kt ustad..dst..

  58. Kalo mo poligami harus ada mantra/ajiannya. Kalo polos bisa ribut melulu.

  59. Bintang-_-timur

    Debu @ hahahaa

  60. walah opo iki…

  61. ass,wr,wbr
    ije nggak mudeng ki?tapi nyimak aja.

  62. wulyojati

    bintang timur..
    Hehehehe..
    Ya tu,perdebatan yg lucu dan konyol lg..qiqiqi

  63. dimas-rangg@

    sugeng ndalu @ll..
    Nyimak mawon.. Bingung mo kmntar apa..lho wg q jg 5sh jomlo ko’ mggo dlnjut..

  64. wulyojati

    -istri yg berbakti,
    -ayah..sarapan pagi da siap ni..!! Ah sy maunya sarapan bibir aza mah.di ciulah si istri..sambut si ayah..
    -ayah..makan siangnya da siap ni yah.!..ga usah mah.! Ayah cuman mau makan siang tu cucu mah..dan di belai dan di ciumi tu cucunya..sambu si ayah..
    -dan sore harinya istri duduk di atas restucer sambil nunggu si suami pulang..
    Ga lama datanglah si suamg…ayah makan sorenya da siap ni yah..wah lo,knp mamah ko duduk disitu.kt ayah.? Lo kan ayah maunyakan yg bgn kan yah.!?wkwkwkwk..dst.

  65. kta hrus berlaku adil dlam berpoligami,bgi orang kaya soal pembagian harta dan fasilitas lainya tuk istri istrinya mungkin bisa adil,tapi apakah kta bsa memperlakukan dgn adil soal perasaan istri kta.seorng suami jg jgn branggpan bhwa drinya sudah adil,apakah seorng suami tau bhwa slah stu istrinya merasa iri atau ceburu. hanya rosululloh saja yg bsa jd pemimpin yg sempurna bagi istri istrinya.sangat jauh d smakan dg kta yg msih tergiur mlihat kemolekan wanita.

  66. wulyojati

    -utk perbedaan poligami antara rosulullah dan orang2 zaman sekarang adalah..
    -rosulullah berpoligami dgn dasar beribadah dan si’ar agama dll.
    -dan kl orang zaman sekarang berpoligami berdasarkan nafsu/memenuhi hawa nafsunya…dst..

  67. rokib

    Yang jelas hukum al quran tdk bisa dilawan dg pikiran kita/manusia,poligami boleh dan jelas tertera dlm al Quran dan itu ajaran islam,kita lihat coment kebanyakan orang,tentang adil,ingat adil hanya milik Allah dan adil tdk hrs sama,contoh ukuran kaki saya dg anda tdk sama,tapi saya nyaman dg ukuran kaki saya walau mungkin lebih kecil,kemudian bgmana klu anak atau adik anda di poligami bagaimana perasaan anda,jawabnya kembalikan ke AL Quran ,Bahkan seorang wanita japan yang baru masuk islam,(mualaf)saya menerima ajaran poligami,dan ajaran itu tdk akan membuat saya keluar dari islam,tapi kenapa banyak wanita yg memeluk islam bertahun2 justru keluar dari ajaran islam dg menolak poligami,saya kira banyak hal yg tersimpan dari dibolehkannya poligami yg jika kita menyangkalpun tdk hrs dg emosi,maaf klu ada yang tersinggung dari pendapat saya…salam

  68. OJIBUA

    ronda bentar ah……

  69. wulyojati

    @Seraut wajah di balik senyum manismu bersinar,bercahaya..
    Dan ketika ku cari arti cinta yg ada dlm kehampaan..
    Sedalam manalah cintamu pdku sudah kau buktikan kasih,hingga aku hanyut dlm buaianmu.
    -haruskah kuterima kenyataan,rasa tak sanggup tuk menahaan
    haruskah keterima semua ini cinta terpisah selamanyaaaaaaa

  70. wulyojati

    @Tiada guna ku menanti ketulusan cinta darimu,
    krn kau tak menduakan ntk kejujuranmupun tak berarti,
    apakah dirimu slalu menyadari dan akankah cintamu mampu tuk berlari,tak seharusnya aku dgn mu hanya menambah beban luka di hatiku,
    haruskah ku mati terbunuh rasa cintamu yg tak mkn hingga di akhir hidupku,meskipun ku sadari cinta tak hrus memiliki,kan ku simpan semua ini jd cinta abadiiiiii..

  71. teguhanto

    absen dan salam semuanya..
    Sdh pd sepii.. ?pada
    kemana ya?
    Solo alias dewekan bae he..he

  72. teguhanto

    absen dan salam semuanya..
    nemenin dewekan bae he..he
    salam mbah mulyojati..

  73. teguhanto

    salam mbah mulyojati..
    Saya temenin ya..

  74. teguhanto

    sendirian . . .
    dewekan. . .
    Cewek2 ada gak yg mau nemenin saya? He..he x aja bs poligami..boss

  75. teguhanto

    menjelang subuh… Ada yg nyimak
    dan mantauw gak ya? He ..he
    hadir..hadir..hadir…
    hadir..hadir
    hadir…!!!

  76. @dewekan bae@

    test..hadirrr

  77. @dewekan bae@

    ass.wr.wb. SELAMAT PAGI .Sedulur semuanya..terus memantau
    s E m A ng A t pagi..!!

  78. @dewekan bae@

    nyerupuut… kopi sambil..
    ngelepus 234
    mantaa..abs

  79. @dewekan bae@

    sedulur ada yg mau gak?
    Monggo gabung…
    Ada pisang goreng jg nih..

  80. roni sukma. w

    sepertinya sy bth amalan madu 3 nihh,,! Absen menjelang dhuha..

  81. laskar lembu suro

    aslkm……absen pagi

  82. priyobodo

    ra mutu !!!!

  83. MBAH JATI

    Sayang sama istri tapi tidak menolak poligami.

  84. trinity

    absen menjelang aktifitas…

  85. iday

    kalo dah tau uenaknya poligami pasti semua kan lsg qobiltu

  86. om wawan sl3man@…met pagi..assalamualaikum bolo wong alus…

    om wawan@,,,wah ada penawaran bner nihh omm/..

    klo gitu ane dftar dicarikan gadis dehh,, pko’e terserah seng penting ,,wanita bukan waria,,,qiqiqi piis om,,

    tpi sriuus niiih…aq udah kbleet,,,hihihihi… dtunggu responya..

  87. abdullah

    Posted by rokib on 30 March 2011 at 01:07

    Yang jelas hukum al quran tdk bisa dilawan dg pikiran kita/manusia,poligami boleh dan jelas tertera dlm al Quran dan itu ajaran islam,kita lihat coment kebanyakan orang,tentang adil,ingat adil hanya milik Allah dan adil tdk hrs sama,contoh ukuran kaki saya dg anda tdk sama,tapi saya nyaman dg ukuran kaki saya walau mungkin lebih kecil,kemudian bgmana klu anak atau adik anda di poligami bagaimana perasaan anda,jawabnya kembalikan ke AL Quran ,Bahkan seorang wanita japan yang baru masuk islam,(mualaf)saya menerima ajaran poligami,dan ajaran itu tdk akan membuat saya keluar dari islam,tapi kenapa banyak wanita yg memeluk islam bertahun2 justru keluar dari ajaran islam dg menolak poligami,saya kira banyak hal yg tersimpan dari dibolehkannya poligami yg jika kita menyangkalpun tdk hrs dg emosi,maaf klu ada yang tersinggung dari pendapat saya…salam

    Saya amat setuju dengan pendapat mas rokib. Menentang sesuatu hukum yang telah ditentukan oleh Allah, akan mengakibatkan fatal pada iman kita, sebagai seorang Islam. Maka hati-hatilah bila menentang hukum itu. Sekian wassallam

  88. absen pagi.

    gimana nih para jomblo dah dapet pangsit … eh wangsit lum smalem tuk nikah en kawin. khan kiriman dari pak presiden dah nyampe.

  89. absen pagi.

    gimana nih para jomblo dah dapet pangsit … eh wangsit lum smalem tuk nikah en kawin. khan kiriman dari pak presiden dah nyampe.

    tumben lum ada yg qobiltu.

  90. Adam

    Ass Wr Wb, Mr. Yus Irawan …
    Terima kasih atas sharing dakwahnya.
    Bagi saya pribadi … saya sama sekali gak siap utk berpoligami. Kebutuhan materi mungkin akan tercukupi ( atau mungkin tepatnya Allah SWT pasti akan mencukupi kebutuhan materi saya jika berpoligami ).
    Namun masalah keadilan yang saya rasa tidak akan pernah mungkin saya penuhi utk istri dan anak-anak.
    Dan kebetulan juga … semua kakak kandung dan adik kandung saya perempuan semua. Rasanya gak tega untuk berpoligami.
    Mungkin poligami cocok utk muslim yang lain, tapi kayaknya gak cocok utk saya, dan saya sama sekali tidak menentang sunatullah ini. Tapi karena sifat dan hukumnya hanya ” HALAL ” maka sepertinya poligami tidak akan saya jalankan.
    Silahkan menjalankan poligami bagi yang sudah siap lahir dan batin.

  91. Bocah lawu

    @kang gunawan78… Utk yg satu ini seluruh sedulur takut qobiltu… Xixixi
    @sedulur2 pada berani gak… Py bini 4 kan enak.. Byk bini byk anak byk rejeki he…3x

  92. laskar lembu suro

    poligami ooalah ,sarapan sing penting

  93. - – - – -
    - – - – -
    - –
    - – - – -

  94. laskar lembu suro

    nasi campur

  95. laskar lembu suro

    mas Selor monggo sarapan rumiyen

  96. om wawan sleman

    sudah sarapan blom
    absen pagi semua

  97. om wawan sleman

    @ manwan @ tryniti, wah kalau bener nich mau ?, di utara rumah ku ada yg kulit nya putih, tapi agak gede. gimana mau ngak ? langsung tak kenalin . penurut sekali dia

  98. Mbah Dalang Cipto Kawedar

    “Aku koq malah bingung ya membaca postingan ini….padahal celana ya sdh saya balik. Kalau untuk sedekah saya percaya banget kalau dapat melancarkan rezeki, Ki Dalang punya istri berapa?” Tanya Mbah Abduljabbar sambil narik kursi agak maju mendekati meja.
    “Istriku satu, memang sih Allah membolehkan kawin sampai 4 istri, tetapi syarat harus ADIL itu yg SUSAH, daripada akau nambah DOSA, lebih baik istri cukup satu, lagipula kalau soal nafsu, sabda rasullullah lebih baik PUASA, daripada saya gak bisa ADIL”
    “Tapi kalau istrimu banyak katanya rezekimu banyak juga Ki dalang…”
    “Yang banyak itu sebenarnya bukan karena istrimu banyak, tetapi karena kamu ada tanggung jawab menghidupi empat istri, maka energimu untuk mencari nafkah menjadi lebih besar”
    “Oh … Gitu ya?” jawab Mbah Abduljabbar.
    “Kalau saya lebih setuju punya anak banyak, karena punya tujuan Islam harus kuat dan harus menebar di seluruh jagad. Kata mbahku dulu, banyak anak banyak rezeki…”
    “Jadi Ki Dalang gak setuju poligami itu akan menambah rezeki..?”
    “ya…enggaklah. Buktinya Aa Gym waktu poligami, beberapa perusahaannya bangkrut bahkan istri pertamanya yg sdh memberikan 7 anak minta cerai. Saya jadi RAGU …benar gak itu sabda Rasulullah…? Karena contohnya koq pakai nama FULAN, apa bukan karena omongan orang yg memang suka poligami…?”

  99. om wawan sleman

    bener sekali mbah dalang, adil itu sulit dan syarat adil adalah mutlak. kalau istri minta cerai dan perusahaan bangkrut itu karena dia kurang adil , paling tidak si istri merasakan kurangnya rasa keadilan dari aa gim.
    mungkin.

  100. wulyojati

    poligaminya memang uenak lo..dan yg ga enak tu utk resi sandang panganya sehari harinya..
    Rata2 perempuan kl kurang resiko tu,mulut yg bergigi selalu nyanyi ngalor ngidul dan mulut yg tak bergigi kadan ada yg di buat nyanyi utk ngamen sana sini dm ingin memenuhi hasrat keinginannya..wkwkwkwkwkwkwk

  101. wulyojati

    pengumuman..
    Ni ada ni yg mau di poligami,,tp ni orang sdh janda,kurang cantik dan miskin lg,,,hayo ada ga yg mau….?
    Ingat berpoligami boleh atas dgn dasar utk beribada dan tdk dr dasar nafsu birahi…qiqiqiqi

  102. om wawan@..wah kulit putih,,gemuuk,,pnurut,,disamping rumah…

    smua detail yg om ksi,,kyknya gk asing tuh,,,,qiqiqi… klo dpikir2 //

    sya urungkan deh niatku… aq coba t4 lain aja,,,qiqiqi..

    dri pada ma sapi,,,hea hea hea,,,

  103. diana

    salam rahayu…bukan maksud hati menggurui..tapi kayaknya perludi kaji ulanh hadist2 tersebut.Sebuah hadist atau ayat al-qur’an terkadang tidak dapat kita serap begitu saja. Hadist sendiri terbagi atas 3 bagian yaitu sanad,matan dan rawi masing2 harus di kaji dan di telusuri selain itu kita juga harus lihat ashbabulwurudnya….dan kalu perlu lihat juga pembahasan di kitab kuning,terlebih kitab fiqih
    karena berpoligami mempunyai syarat2 yang mesti dipenuhi dan cukup berat terutama untuk kata ADIL, jadi berpoligami bukan semata-mata untuk mengatasi masalah KEREZEKIAN. pertanyaan besarnya adalah apakah kita sudah cukup ADIL ???? bahkan terkadang kepada diri kita sendiripun kita belum tentu adil…

  104. wulyojati

    om wawan s
    met pagi om,,
    om sy mau yg di tawarkan ke trinity tu om….tu yg putih2 dan besar lg tu om,,,
    biar buat persiapkan idhul adha om,,oce..qiqiqiqiqi

  105. diana

    @mbah dalang cipto,@om wawan, @wulojati TOP BGT deh…..kanjeng nabi sendiri berpoligami bukan karena untuk mengatasi masalah kerezekian tapi MENOLONG….dan menikahnya gak sekaligus….klo menikah ky gt niatnya cuma BIRAHi yah ky si Aa…tuh ( wawllhu’alam bishawab )

  106. om wawan sleman

    @ mas manwan, kok gitu, keuntungan kalau sama dia itu pengeluaran ngak bakal banyak, dan dia mau di poligami . wkwkwkkwk
    @ wulyo jati, aku boleh daftar ki.
    @ diana, memang betul , tapi kadang apa yg dikatakan oleh kanjeng nabi adalah makna yg tersirat bukan yg tersurat dalam memahami.
    mungkin benar kata mbah dalang
    “Yang banyak itu sebenarnya bukan karena istrimu banyak, tetapi karena kamu ada tanggung jawab menghidupi empat istri, maka energimu untuk mencari nafkah menjadi lebih besar”
    semakin besar beban maka tanggung jawab juga makin besar.

  107. wulyojati

    diana
    hehehehehehe
    memang memang memang mantaaaaap,
    -poligaminya di zaman kanjeng nabi muhammad dgn zaman umat yg skrg ya jelas jauuuuh berbeza lo…
    Utk poligaminya sih tdk salah,yg salah tu yg ada dlm diri manusianya sendiri…
    Kl berpoligama dgn dasar atau pd akhir membuat di salah satu pihak sakit hati dll,tu yg ga boleh,,
    di zaman skrg mana ada istri yg di duakan.! Sangat bohong tu kl ampe ada,,he5x

  108. Bocah lawu

    Salam salim@mbh Cipto@om wawan @diana slm kenal
    @mbh wulyojati… Wkwkkk… Waduh klo yg ditawarkan spt yg mbh tulis…ampyun deh mbh… Aaammpyuuunnn

  109. Bocah lawu

    Salam salim@mbh Cipto@om wawan @diana slm kenal
    @mbh wulyojati… Wkwkkk… Waduh klo yg ditawarkan spt yg mbh tulis…ampyun deh mbh… Aaammpyuuunnn mending aku py satu aja deh… Kadang satu aja ngurusnya ribet jg he…3x.

  110. aq pernah mmbca hadist,, tpi detailnya aq lupa mv…

    sutu ktika nabi.. berdo’a kpda Allah”

    ”’ya ALLAH ampinilah aq jika aq tidak adil trhadap istri2ku., wahai muhammad,,sesungguhnya smpai kpnpun kamu tk kn pernah adil..

    ..mnurut terjemahan di aatas,,, adil adalah hnya ALLAH shaja,, dan urusan ALLAH.. qita hnya berusah yg terbaik smmpu qta,,dengan tuntunan risalahnya,,,

    mv klo da yg salah,,, mhon dkoreksi…moggo dlnjuuud,,

  111. wulyojati

    om wawan s
    tp tdk cantik dan tdk kaya lo om..dia anak yatim lagi…
    Kl sampe om mau wah33 insya allah om calong penghuni surga,ya karna poligami om dgn dasar ibadah dan bkn dari dasar nafsu om,mantaaaap om,,qiqiqiqi

  112. om wawan sleman

    kalau yg akan saya kenalkan itu mau lho kalau di poligami, apalagi di duakan , di sepuluhkan juga mau dia, penurut dan kalau kerja sangat rajin.
    wkwkwkkwk

  113. wulyojati

    boca lawu
    hehehe
    ya ya ya ya ya…mending satu aza nya’..satu aza blm tentu sanggup mengimami apa lg yg lbh..qiqiqiqi

  114. Bocah lawu

    @mbh wulyojati
    @om wawan..
    Itu kriterianya ditambah aj YANG SABAR DAN NARIMO wah tambah manteb tu…..

  115. sapi … emank enak di kurbankan… mauulah om,,,qiqiqi

  116. om wawan sleman

    @ bocah lawu, kalau yg sabar dan narimo itu sulit dicari pada zaman sekarang, hick hick hick. apalagi oleh pengadilan negri saya dinyatakan pailit total. hick hick hick.

  117. Mr lanang

    Mba @diana,sy mau tnya rbg seorg istri seandaix suamix udah bsa brbuat adil dan dah mmnuhi syarat utk kwin lg dan dia pgn kwin lg, mba sbgai istri rela ga d poligami?? Kabuurrrr…tkut dmarahi…qi..qi..qi..

  118. wulyojati

    boca lawu
    semua kriteria yg itu da ada pd yg di tawarkan ama om wawann tu,,hehehe
    om wawan sapi kale..qiqiqi

  119. Bocah lawu

    @om wawan… Emang bener tu… Tp klo bs dptkan…wuih enak tu misal suami pulang g bw nafkah tinggal bilang aja “sabar ya ma…” ni papa pulang g bw duit. Paling jg g bakalan marah or sewot… Pasti dia jg jwb iya pa… G apa2…kok… kita puasa aj ya pa….. xixixi.

  120. om wawan sleman

    @ bocah lawu, dia ngak bisa jawab begitu, setahuku dia cuma bisa satu kata aja .
    wkwkwkkwk

  121. Jadulloh 7

    absen siang………….

  122. baru baca artikel ini aja bini gw dah mimpi gw poligami. dapet deh kuliah subuh.

    jarang perempuan siap dipoligami, dan jarang pula pria bisa berlaku adil.

  123. WONG GENDENG

    @BCL hi hi hi hi…..masih ada aja org yg lebih Oon dariku..
    mau aja dikerjain si Boss…..
    @BCL klo dah lulus tar amalkan aji lembu sekilan key…..

  124. Bocah lawu

    @kang gunawan78… Wah berarti energi poligami hebat ya… Silahkan berpoligami kang… Sy mendukung aja…waduh istri aj sampe ngimpi… Paling istri akang dh tau gelagat akang yg aneh tu….xixixi

  125. Bocah lawu

    @ki wong gendeng… Itu intermezo aj.. Jgn dianggap serius. Poligami sy lum siap lahir batin. Klo suruh ngamalin lembu sekilan ogah ahh… Nti klo py lembu..sy yg repot sih.. Mau tk pegang g nyampek2. Blm lg dikejar2 mbh Brama…jd capek… Xixixi

  126. mau duong poligami……asik….siapa yg mau aku poligami…angkat tangan

  127. laskar lembu suro

    met siang

  128. Adam

    Terus terang aja … saya baru mendengar anjuran Rasulullah SAW yang seperti di atas. Terutama hadist ini :
    ”Menikahlah, karena sesungguhnya sebaik-baik orang Islam adalah yang lebih banyak istrinya” (HR. Bukhari dan Ahmad).
    Bagi seluruh sesepuh dan sedulur KWA yang mengerti soal per hadist an … tolong dicek kebenaran hadist tsb.
    Rasulullah SAW pertama kali berpoligami ketika menikahi Siti Aisyah (kalo gak salah). Itupun atas perintah Allah SWT. Bukan kemauan pribadi Rasulullah SAW, dan sangat terutama bukan maksud Rasulullah SAW dlm rangka pemenuhan nafsu birahinya. Bagi yg tidak suka dgn pernikahan antara Rasulullah SAW dan bocah perempuan bernama Aisyah, silahkan tanyakan langsung kpd Allah SWT kenapa kok memerintahkan seperti itu.
    Dan lagi … berpoligami itu tidak berpahala. Pahalanya cuma pahala nikah doang. Dilakukan silahkan … tidak dilakukan ya tidak apa-apa.
    Setiap Rasulullah SAW mau membawa perempuan kepada poligami, selalu ada latar belakang ibadahnya, seperti membebaskan budak sahaya (kalo jaman skg msh ada budak belian, mungkin saya jg akan menikahi budak yg cantik, he he he), membantu janda kaya yg ditinggal mati suaminya ketika perang bersama beliau.
    Jadi Rasulullah SAW berpoligami bukan utk menghindari perzinahan.

  129. Adam

    aduh sorry … maksud saya bukan janda kaya … tapi janda miskin. tolong kasih option edit di kolom komentar dong … biar kalo ada salah ketik bisa diedit lg. Terima kasih.

  130. bocah lawu@
    istri yg mimpiin tapi dari pagi sampe ni siang, gak berenti di introgasi. pucinnngg.

  131. izinkan saya kasi masukan sedikit/nambahin yg udah ada: saya setuju dgn poligami walaupun kita tdk spt Rasul ato sahabat nabi pun tdk spt Sholihin, setidaknya ada keinginan menerapkan perintah Allah & rasulnya membaca & memahami tapi tdk dilaksanakan ibarat pohon tdk berbuah,lebih baik membaca memahami & berbuat maka akan tampaklah kebesaran Allah & kebenaran sabda Rosulullah,hidup jgn terus berteorilah,walaupun banyak yg gagal dlm menerapkan sunah yg 1 ini tapi itu bukan acuan,namun banyak jg yg berhasil ampe kakek nenek itupun jarang di expose, orang klo bicara Poligami dari dulu ada pro & kontra
    jika gagal maka diluar islam akan menggembor2kannya seolah2 islam itu Agama Birahi,jd melihat islam ya ngeri…
    demikian monggo di tambahi bumbunya he he he biar nyos…

  132. Bocah lawu

    @mas gunawan78… wkwkwkwk..amit2 deh..tp itu namanya makin cinta mas… Artikelnya kok nyetrum…

  133. Mbah Dalang Cipto Kawedar

    “Hhhmmm…sepertinya lebih senang poligami ya…?, saya kasih resep agar kita tidak pusing, kalau mau menikah dgn 4 istri, carilah wanita yg sdh memiliki pekerjaan, antara lain:
    1. wanita yg punya usaha Warteg, jadi kalau lapar tinggal makan di warung.
    2. Wanita yg pegawai negeri, masa tua dapat pensiun.
    3. Wanita yg kerja di Perusahaan Kereta Api, kalau mudik kagak bayar mahal, mungkin dapat tiket gratis.
    4. wanita penjual jamu lelaki, biar kalau bergilir satu minggu full Anda kagak loyo.

    Ini saran yg kagak muluk-muluk dan pasti joss, karena mereka pada umumnya memang hanya modal tampang pas-pasan. kalau cantik, pastinya sdh jadi artis atau foto model. betul tidak ….?

  134. om wawan sleman

    mbah dalang
    qobiltu mbah, mohon ijin mengamalkan.
    sip tenan guruku iki. josss tenan

  135. laskar lembu suro

    aslkm….sugeng siang@ki wong alus@ki begawan candu@ki abdul jabar@mas wawan@mas wulyojati@bocah lawu@manwam@cakji @mas WKG @SALAM HORMAT

  136. Jadulloh 7

    absen lagi……

  137. om wawan sleman

    aku yo melu hormat ah
    qobiltu mbah laskar lebu sora.

  138. gambare jan wissssssssssssssssssssssss…………..

  139. pengembala@

    salammm,,,,, absen siang.

  140. pengembala@

    artikel best,,,,logis,,,tapi mesti banyak yg menentang khususnya kaum hawa…

  141. tapi banyak jg yg mau di poligami….masih muda,cantik,tinggi,jalannya kaya macan luwe,lembehane blarak sempal,mantappppppppppp…..qiqiqi….siapa mau,daftar…

  142. Bocah lawu

    @ki laskar lembu sora
    wa’alaikum salam wr wb..

  143. BAYU PRAKASA SUROBOYO

    Istri boleh banyak namun harus adil&bijaksana dlm hal menafkahi lahir batin…materi maupun pendidikan anak.Alangkah baikx istri satu aja namun penurut&solehkah hingga bs menjadikan keluarga yg sakinah.Amin.

  144. pengembala@

    memang sueenneeeng tenan ditakdirkan jadi laki laki…..boleh koleksi istriiiii,,,,,sana ada sini ada situ siap……

  145. mbah dalang@,,kobiltuu ikut.. om wawan sleman aaaah…

    laskar lembu suro@.. asssalmu alaikum… salm balik.. pke jeeeet tempuur type,,1234567///qiqiqi…

  146. kalo istri 4 nikahnya bareng,trus malam pertama gimana ya……gemporrrrrrrrrrrrrrrrrr

  147. istri 1 aja poooosssssing 7 kelilinggggg,

  148. aki argo dumlah@… aq cwek yg type,, pamor urat banyi mili.. luk ulo biraahi,, lambe blarak styo.. yoni shidup smati..qiqiqi

    klo ada pcen 7 mbah… buat tmen2 yg gi butuh,, wah psti mharnya slangit tuh aki argo dumilah@…qiqiqi.. klo bsa gratis mbah,,qiqiqi

  149. ki argo dumilah@.. tk bntu mbah .. pke aji pangontong ontong..qiqiqi

  150. mlakune macan angop,lembehane mblarak sempal,sikile mbunting padi,jempole bubule…..qi.qi.qi.qi……oke Bos ki marwann kalo gratis ane juga hoo oh ….qiqiqi…..,maaf bos2 semua,daripada mikir ilmu & ngrasani orang mending ketawa aja lossssss……biar gayeng….pppiiisssssss……Kabooooorrrrrrrrr ada pasukan jin ngamuk
    .. aji pangotong ngotong tuh ngotong janda gitu bos qi.qi.qi

  151. haseekk,,Qobiltu aki argo dumilah@,,tk tunggu psennku,, wes tk siapne jamu pedot sukmo,,, ttyoop cer.. racikan 2011..iqiqiq.. biar garang,, kyak pamor nogo nyosoer…qiqiqi..

    aji pangontong2 iku ajian menguatkn snjta pusaka mbah,, lom tau ya,,qiqiqi,,

    ikut kabooorrr,,,qiqiqiqiqi….

  152. awie hu pk.622

    .

  153. cari istri asal aja.

    asal kaya
    asal cantik
    asal jago goyangannya
    asal.., pokoke asal aja.

  154. awie hu pk.622

    ASAL….
    ASAL….
    ASAL….

    ASAL JADI…
    ASAL LEWAT…
    ASAL MELEK…
    ASAL TERIMA JADI…

  155. laskar lembu suro

    shalat asar

  156. awie hu pk.622

  157. askum wr wb
    sy ingin meminta pendapat dari para sedulur KWA, apakah boleh diumur sy yg baru menginjak 15thn ini mengamalkan AURAD IMAM GHAZALI
    by: Ki Nur Jati?

  158. lapar angin

    ass.wr.wb
    permisi mas,kang,pakde,paklek,mbak,mbah,.
    Angin mau lewat,.wuuzzztt
    skalian absen siang,.qiqiqiq
    salam bwt sdulur kbehane,

  159. Hiro

    @Mbah Dalang Cipto k. Qobiltu.
    Mau tanya mbah,yang pernah saya dengar ini benar ato tidak(cuman lupa dari siapa)jumlah perempuan di bumi ini 2x lipat lbh banyak dari jumlah laki2nya.
    Nah klo gitu jika tiap 1laki2 dapat 1perempuan,apa gak sisa buanyak bgt,lha trus ditaruh mana Mbah kan berpotensi negatif.mereka kan juga butuh pemimpin alias tempat bersandar dan kebthn lainya yaitu dari laki2 pastinya(gak mgkn,masak jeruk mnm jeruk)krn sudah kodratnya.sebagai laki2 keturunan nabi Adam,apakah kita gak ikut bertanggung jawab?
    @wulyojati,Klo yg ini harus qobiltu deh,harus ikut tanggung jawab,apalagi yg py anak cwk byk.klo menurut sya mslh adil itu gak trllu dipikir.contoh,Gusti Allah itu Maha adil dlm rizki dll,tp byk org mati bunuh diri,berebut harta,kelaparan,perang.kayaknya adil itu hanya ada dihati org2 yg ikhlas.
    Wis…lah Mbah,dadi mumet dw aq

  160. Mudah-mudahan bkn jd ajang perdebatan ya,dan yakinlah apa2 yg dtg dari Alloh dan Rosulnya pasti dijamin kebenarannya

  161. awie hu pk.622

    trus nyimak aja sambil minum kopi

  162. Appiitt Hafid

    Assalam WW. Selamat Malam Keluarga KWA.
    Mohon maaf bagi sohibul ijazah, saya ingin nunut titip pengumuman, bagi anggota KWA Soloraya.

    Diumumkan kepada seluruh anggota KWA se eks-Karesidenan Surakarta, telah direncanakan bawa kita akan berangkat bersama-sama pada acara Silaturahmi Nasional KWA Ke-2 di Candi Mendut, Jawa Tengah.

    Diharapkan, segera COPY PASTE comment yang saya tulis ini, kemudian menambahkan nama dan no HP masing-masing anggota. Kemudian demi kebersamaan, silahkan saling berkomunikasi antar anggota satu sama lain.

    Daftar Peserta (sementara):
    1. Ki Risang Mukti Gemolong,Sragen 085867111219
    2. Bajul Kesupen Boyolali 085725534448
    3. Hafid / Apit Sukoharjo 085647335124
    4. Gus Cahyo Karanganyar 08122646637
    5. Kang Sugeng Sragen 08529387662o
    6. Fathir Sragen 088216290391
    7. Ki Diwantoro Klaten 08561741839
    8. Setyo Budi Klaten 085642170850
    9. Wawan A.s Sragen 085725161088
    10. Aryo Pabelan 085842060999
    11. Gus Widodo Boyolali 085647566466
    12. Agus Tanto Wonogiri 08122610206
    13. M. Syamsul Hadi Wonogiri 085728280278 / 087736236299,
    14. Sartono / Sartono Jenar Sragen 081329993338
    15. Bejo Sugiyarto / Bejo Baki,Sukoharjo 08122627983
    16. Iwan / Iwan cawas 085643557839
    17. Joko Warseno / Kawulaning Gusti Boyolali 085789108008
    18. EDI PURWANTO JL.PANDANARAN 6 BOYOLALI 67311 085640905445
    19. Bambang Trimulyanto Grogol, Sukoharjo 08122631539
    20. Supriyadi Delanggu, Klaten 081548424359
    21. Jala Satriya Delanggu, Klaten 082138868003
    22. Muhamad Ali Sragen 081215121690
    23. Amang Klaten 081215121690
    24. Panji Pabelan, Sukoharjo 085743657807
    25. Hafidz Asy’ari Akbar NGAWI, JATIM 081332069057
    26. Arip Paser 085646486978
    27. Adi Gadeng Klaten 085868789933
    28. Pramono Wonogiri 085642022064
    29. Cahyo Karanganyar 08122646637
    30. Erryfans / akar dewa 085732295850
    31.
    32.
    33.
    34.
    35.

    Mohon calon peserta untuk meneruskan COPY PASTE ini,dan mengenai teknis keberangkatan bisa hubungi Hafid 085647335124, dan Gus Widodo 085647566466.
    Demikian pengumuman ini kami sampaikan, mohon kerjasamanya demi kebersamaan dan kelancaran acara Silaturahmi Nasional KWA Ke-2 di Candi Mendut, Jawa Tengah, semoga tidak ada halangan suatu apa, Amiin.
    Mohon maaf apabila ada salah.
    HAFID 085647335124.

    Wassalam WW.

  163. Ki Dalang Cipto Kawedar

    Hati-hati dengan pelintiran orang yg gemar poligami. Pada dasarnya kita harus NYADAR bahwa pada umumnya wanita itu gak ada yg mau membagi cinta. Masalah poligami di ridhoi oleh Allah tetapi ada rambu-rambu yg harus kita pahami. Kalau hanya untuk memenuhi birahi, Rasulullah SAW menyarankan lebih baik puasa, bahkan beliau ketika berbincang dgn Sayadah Aisyah r.a, beliau bersabda seandainya Kadijjah masih hidup, saya tidak akan kawin lagi”.
    Ini tandanya Baginda Rasulpun lebih suka MONOGAMI.
    Masalah jumlah wanita lebih banyak dari laki-laki, itu juga belum ada dasar statistik otentik yg dpt dipertanggung jawabkan. Kalau ingin istri lebih dari satu, tdk perlu harus mencari pembenaran …. biasanya kata-kata ini sering digunakan orang yg suka POLIGAMI.

  164. iim

    ass….gimana saya mo nikah lagi, sedang istri saya saja baru tanggal 11 maret 2011 kemarin saya talak 1, karena kena guna2x oleh teman perempuanya, dan sudah lama telah berselingkuh, dan kedua orang tuanya menyetujui kami pisah, saya kasihan dengan anak2x kami, mohon saran dan doanya, sekiranya saya tidak berjodoh lagi dengan istri saya mohon doanya agar segera dapat melupakan istri saya dan segera mendapatkan istri yang sholehah dan mengerti agama serta mendapatkan kecukupan untuk beribadah mengabdi kepada kemulyaan allah aaamiiieen

  165. Kalo pingin cari istri lebih dari satu..carilah yang bisa cari nafkah sendiri..gak berat diongkos..Atas nama syahwat ato atas nama Iman?

  166. diantkeren

    nyimak siang neh .

  167. poeronedy

    mohon di daftar anggota kwa slm paseduluran

  168. sunnah rasul itu adalah monogami,,,,
    jumlah wanita lebih banyak???
    ah, yang bener,,,

    yang harusnya terjadi adalah poliandri :)
    cz jumlah laki-laki itu jauh lebih banyak saat ini, gmn tuh hukum tentang poliandri, hehe

  169. mohon izin mengamalkannya
    amin ya robbal alamin

  170. iim….itu tergantung anda……jika andA SENANG SELINGKUH YA PASTI ISTRIPUN DAPET YG SUKA SELINGKUH……JIKA ENTE ORG SHOLEH YA PASTILAH ENTE DPT ORG SHOLEHA….
    HUAHUAHUAHAU

  171. ARGO DUMILAH BLOON PAKE DONG AMALAN MEMBELAH DIRI………
    NIH PECAH JADI BEBERAPA ORANG……..PRET…….

  172. Sedikit ilmu lebih baik dari banyak ibadah.
    Cukup bagi seorang pengetahuan fiqihnya jika dia mampu beribadah kepada Allah (dengan baik) dan cukup bodoh bila seorang merasa bangga (ujub) dengan pendapatnya sendiri.

    (HR. Ath-Thabrani)

  173. utomo

    ijin mengamalkan Ki.. klo bisa sekalian carikan saya second wife.. tidak harus gadis ato perawan yang penting sholehah dan kaya raya…

  174. Tapak Tilas

    –Just Joke–
    Sifat Istri Idaman (disamping sholehah tentunya)/ tips untuk yg jomblowers:
    1. Pintar Atur Duit;
    2. Belanja Irit;
    3. Masakannya enaknya selangit;
    4. Diranjang Genit;
    5. Digoyang Menjerit;
    6. Bulunya Dikit;
    7. Lubangnya sempit;
    8. Rasanya Legit;
    9. Minumnya jamu pait;
    10. Kalo Orgasme mencubit;
    11.Bikin Ranjang morat-marit.

    Dijamin deh …. ngga berpikir poligami hehehehehehe amit-amit

  175. muhit

    hhheee,,seru jg y,,wlw ktinggbln staun q bru comment,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: