2 TAHUN BLOG KAMPUS WONG ALUS: MOHON MAAF KAMI HARUS BERUBAH


Salam damai sedulur KWA.

Bersama ini akan saya sampaikan kabar yang ada di dalam di blog Kampus Wong Alus. Yang pertama mengenai jumlah artikel. Saat ini diblog kita ini sudah ada sekitar 1800 artikel kiriman dari sedulur semua. Dari artikel sebanyak itu, yang terletak di PERPUSTAKAAN UTAMA sebanyak 761 Artikel dan sisanya artikel-artikel yang terpampang di widget dan langsung bisa di klik sebanyak 1000 artikel. Tentu kami sebagai admin merasa bangga dan bahagia ternyata selama ini kehadiran blog ini sudah mendapat tempat yang baik di mata sedulur semua. Sebuah jumlah yang lumayan banyak dan setiap artikel masih longgar untuk diberikan banyak komentar, didiskusikan untuk berbagai maksud seperti menambah pengetahuan sekaligus mungkin bila ingin mengamalkannya.

Ibarat perjalanan hidup manusia, tahap awal pembuatan blog bisa diibaratkan masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak tentu saja masa yang indah, masa ceria dan penuh dengan senda gurau, masa bermain, masa mengenal lingkungan sekitar, mengenal teman-teman bermain termasuk mengenal identitas diri. Masa mengenal membutuhkan banyak pengetahuan baru. Pada periode ini, setidaknya kemudian lahir ide untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pengetahuan-pengetahuan dasar, seperti amalan-amalan, ilmu-ilmu, ajian-ajian, babaran tentang hal-hal sederhana yang intinya adalah pengetahuan tentang CARA dan TEKNIK (know how).

Kita kemudian memiliki banyak keahlian dan kecakapan untuk melaksanakan sesuatu berdasarkan atas pengetahuan yang kita kumpulkan tersebut. Kita menjadi mampu mengobati sedulur yang lain, kita menjadi mampu untuk menerawang, menjadi mampu secara ekonomi menghidupi diri, dan kita memiliki profesi tertentu pula. Setelah kita menjadi apa yang kita inginkan, lantas apakah kemudian kita hanya berhenti di masa awal perjalanan ini?

Pasti proses harus terus dilanjutkan. Kita tidak boleh lalai bahwa setelah banyak pengetahuan terkumpul dan memiliki profesi tertentu maka yang perlu dilanjutkan adalah MEMAHAMI MAKNA dari apa yang telah kita kumpulkan kemudian merenungkannya. Mempertanyakan dan meragukannya dan kemudian menjawabnya sehingga membuat hidup kita lebih padat karenan memahami tujuan dan makna dibalik apa yang kita laksanakan dan amalkan sehingga membuat hidup kita lebih BIJAKSANA. Maka tahap selanjutnya dari perjalanan blog kita ini adalah tahap PEMAHAMAN. Apa yang harus kita pahami? Tidak lain berbagai persoalan tentang spiritualitas, budaya dan persaudaraan sebagaimana fokus blog Kampus Wong Alus.

Untuk memperoleh pengetahuan yang mempertanyakan alasan-alasan sebuah tindakan atau mengapanya (Know Why) maka kita perlu mendapatkan kemampuan khusus yang dapat memberikan analisa-analisa kritis dan kecakapan bersintesa/menyimpulkan dalam memberikan tanggapan-tanggapan. Prosesnya akan bertentangan dengan tahap awal memahami karena tahap awal memahami hanya memfokuskan diri pada tata cara, teknik dan hal-hal khusus. Sebaliknya, tahap dan proses lanjutan blog Kampus Wong Alus setelah dua tahun berdiri ini adalah belajar tentang pemahaman-pemahaman dan kemudian melakukan penyusunan pendapatnya agar menjadi SINTESA, yang menjadikan “mengapa berbuat demikian” mengandung makna. Bahkan prinsip-prinsip hingga paling umum segala cabang pengetahuan. Ini juga merupakan persiapan tahap ketiga perjalanan blog kita nanti ke depan yaitu tahap ketiadaan pengetahuan (fana) di dalam kemanunggalan hidup tindakan dan perbuatan sebagaimana yang Tuhan Yang Maha Kuasa kehendaki. Sebuah upaya panjang proses perjalanan hingga tercapai kebulatan awal akhir lahir dan batin di dalam KESATUAN KONJUNGTIF menyangkut segala yang ada (ALL IN ALL).

Oleh karenanya tahap kedua perjalanan blog Kampus Wong Alus ini adalah tahap kita “Naik Kelas” untuk meningkatkan kualitas akal budi dan amal berbuatan kita, mengasah ketajaman daya tafakkur, tadzakkur dan tadabbur-nya pada realitas sebagai “batu pengasah kebenaran”. Kita akan mendapat banyak manfaat bila kita mau untuk “naik kelas” kemudian serius belajar banyak hal Sangkan Paraning Dumadi sesuai dengan semboyan “Semua untuk Satu, Satu untuk Semua, Semua untuk Semua” dan berdasarkan atas paradigma perkembangan di atas, maka kami mengumumkan perubahan ORIENTASI KIRIMAN ARTIKEL sebagai berikut:

• ARTIKEL KIRIMAN HENDAKNYA BERMUATAN PEMAHAMAN-PEMAHAMAN, WACANA, ANALISA, SINTESA BISA MENJADI BAHAN PERENUNGAN, DISKUSI KREATIF MEMBAHAS HAL-HAL AKTUAL.

• BLOG KAMPUS WONG ALUS TETAP FOKUS PADA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) YANG MELIPUTI MENTAL SPIRITUAL, ETIKA, NILAI, BUDAYA, DAN WAHANA PENGEMBANGAN PERSAUDARAAN LINTAS GENERASI.

• SECARA UMUM BLOG KAMPUS WONG ALUS TIDAK LAGI MENERIMA KIRIMAN ARTIKEL YANG BERUPA AMALAN-AJIAN. BILA MEMANG ADA KIRIMAN AMALAN/AJIAN MAKA HARUS DISERTAI PEMAHAMAN DAN PENGALAMAN-PENGALAMAN PENDUKUNG AMALAN TERSEBUT. ADMIN AKAN MENYELEKSI DENGAN KETAT UNTUK JENIS ARTIKEL INI.

Kami menyadari bahwa perubahan ini nantinya akan membawa dampak yang luar biasa baik positif dan negatif. Bahkan blog menjadi kurang menarik dan diminati lagi. Namun kami yakin, seiring dengan perjalanan usia, maka minatpun juga perlu berubah. Kami menyadari hal ini seningga kami harus menyesuaikan diri dengan semangat kegairahan dan energi baru. Bagi sedulur yang masih berusia muda, silahkan mempelajari 1000 lebih artikel di blog ini dan meneruskan diskusinya. Kami tetap memfasilitasi anda semua.

Ya… hidup akan terus berjalan ke depan dan tidak mampu dihentikan karena ini adalah hukum alam. Kami mengucapkan terima kasih atas persaudaraan dan partisipasi selama dua tahun bergabung di blog Kampus Wong Alus — wahana merangkai persahabatan dan paseduluran ini. Tiada gading yang tidak retak, sekaligus kami memohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Selamat ulang tahun yang ke-2 Blogku tercinta Kampus Wong Alus!

Salam asah asih dan asuh.

KI WONG ALUS

Iklan

107 Comments Add yours

  1. om wawan sleman berkata:

    @ selamat kepada ki wongalus. slametan nanti malam menu nya apa ki ? sego golong apa tumpeng robyong ya.

    wah sudah 2 tahun ya.

  2. aryo P berkata:

    selamat ulang tahun kampus tercinta…ayo ayo bopo alus potong tumpengnya

  3. Haus-Ilmu... berkata:

    Met Millad KWA 🙂

  4. Arek Pare berkata:

    @om Wawan Sleman
    @ om Tigabelas
    @om Edy
    @om Aryo
    @om Rahmadipurbaya
    @ n’ yg lainnya met siang lam kenal smuanya

  5. Haus-Ilmu... berkata:

    Semoga isi KWA semakin kedepan, semakin bermanfaat bagi para pembaca seperti Saya. Amin

  6. KAng Iwan berkata:

    Untuk KWA, selamat Ultah yang ke-2, semoga selalu memposting Artikel yang bermanfaat bagi para pengunjungnya.
    Salam asah asih dan asuh

  7. yudie berkata:

    semoga kampus tercinta ini semakin jaya…

  8. sip lah pokoke salam salim

  9. ki ageng ustad ifrit berkata:

    Wah kykny nti mlm bwt tumpeng rajeh ni mantap truskan kreasimu kwa…kmi slalu mendukungmu

  10. Isa berkata:

    Met Siang Semua, Khusus untuk KWA tercinta Selamat Ulang Tahun yang Ke -2 semoga bolo wong alus bisa NAIK KELAS semua

  11. BOLOWONGALUS SOLORAYA berkata:

    2 tahun sudah KWA menghiasi kehidupan bangsa indonesia. dinamika kehidupan telah diberikan oleh KWA untuk bangsa indonesia tercinta. visi dan misi yang diusung KWA telah membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. BOLOWONGALUS SOLORAYA mengucapkan terima kasih krn SEMANGAT DAN NAFAS PASEDULURAN yang dihebuskan KWA telah memberikan inspirasi pada BOLOWONGALUS SOLORAYA utk menjalin pasesuluran.

  12. kopral Dj berkata:

    selamat hari jadi kampus ini semoga menjadi lebih kritis dan lebih bermanfaat bagi civitas akademika di dalamnya wass

  13. iday berkata:

    ya yaa yaaa moga tetap sehat banyak rejeki cepat jodohnya banyak cucunya

  14. the jaks berkata:

    Wilujeng Milad untuk KWA, semoga solid dan persaudaraan makin erat, hidup Kang Mas Raden Habib M. Wildan

  15. 7akaerde berkata:

    sukses selalu untuk KWA, pererat silaturahmi Jaya dan Makmurlah indonesia dan sukses untuk Kang Mas Raden Habib Wildan

  16. BOLOWONGALUS SOLORAYA berkata:

    BOLOWONGALUS SOLORAYA turut belasungkawa atas meninggalnya putra saudara kami Bp. Hengky ( KWA SRIWIJAYA ) semoga putra sodara kami Bp. Hengky diterima di sisi Tuhan YME dan diampuni segala dosanya..Amin ya robalalamin

  17. ianthea berkata:

    Selamat milat ke 2 buat KWA, semoga Allah meridhoi perjalanannya.

  18. derict nyimak………..

  19. Ki edal edol berkata:

    Slamat ulang tahun yg ke 2 bagi kampus alus tercinta,,,semoga jaya slalu..,,,dua tahun sudah kita bersaudara tambah temen,,,tambah ilmu tp satu pertanyaan buat saya,,,anuu powerkuu piye bozz,,,hehehe,,,,

  20. Ki edal edol berkata:

    Inalalilahiwainailahiroji’un,,,,saya juga ikut berduka cita atas meninggalnya putra bpak hengky smoga arwahnya ditrima Alloh swt,,,,amiieenn,,,

  21. mohamad sholeh berkata:

    assalamualaikum……para pini sepuh yg sy hormati,seluruh pejabat KWA,seluruh Bolo alus……ini suatu masukan yg amat bagus kt akan meningkat pd tahap pemahaman ini adalah tingkatan berbahaya maka dari itu sebelum memposting suatu amalan beserta pengalamannya kt harus membuka diri kita dahulu yakni mau diprotes,dihina,dicaci karena akan banyak benturan paham – paham yg berbeda,bersebrangan maka sangat diperlukan sikap yg amat- amat dewasa dan ini juga akan banyak mengandung sisi positif nya kita2x hanya sebatas menghormati,memberi masukan dgn perkataan yg baik dan bermoral bukan utk pamer ilmu tp saling membantu meluruskan dgn tata cara yg amat lembut,baik,berhati-hati agar terjaga selalu rasa persaudaran perseduluran dalam satu wadah” KAMPUS WONG ALUS ” sekian,salam perseduluran dan sukseskan MENDUT kita nanti…..salam.

  22. naufal adli berkata:

    selamat ultah buat kampus wong alus, semoga sukses selalu…

  23. wardoyo berkata:

    selamat semoga selalu berjaya dan mampu memberikan yg terbaik utk generasi penerus bangsa

  24. Bregud berkata:

    Salam hurmat buat kejelian dan kearifan brader Wong alus, …brader M. Wildan.
    Setiap amalan / ajian nyang mau di posting , perlu di sken dulu….untuk peningkatan kualitas.
    Bravooooo……Kang mas Wildan.

  25. Zakoy berkata:

    Met millad KWA,.semoga tambah maju lg,.amin

  26. mohamad sholeh berkata:

    assalamulaikum…….para pini sepuh khususe Ki Wong Alus dn bapa Presiden Mas WaWan …..boleh dong sy di scaning…klo boleh ijazah ilmu scanning nya…..ampura sdurunge,salam hormat,sungkem……ini alamat email saya silah bg para pini sepuh yg mau mengirimkan ijazahannya sy menunggu dan berharap wassalam…….” sholehmohammad71@yahoo.com

  27. mohamad sholeh berkata:

    Ahai…..ada ki bregud….salam ki…bgmana 4k5 pancernya ki…?testi dong….!

  28. mohamad sholeh berkata:

    assalam…..Anane wadah meketen niki akeh manfaate sebab ayen tetakon ng guru kitane mboten wani boro – boro arep ngomong ngedeleng rai ne be kitane ws gemeteran…..

  29. Izrail berkata:

    ASS.WR.WB… semoga allah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua…AMIN
    mohon maaf ki wong alus saya mau tanya apakah sudah ada yg mengirimkan artikel yg berasal dari sulawesi utara ?
    sebelum dan sesusadahnya saya ucapkan terima kasih…wassalam

  30. igbal berkata:

    selamat ulang tahun, smg tali persaudaraan kita makin erat

  31. Patramantra berkata:

    Selamat ulang tahun

  32. jc asyari berkata:

    Met milad KWA…

  33. Ki Lurah berkata:

    @selamat kepada ki wongalus.
    semoga kwa tetap jaya………
    ki wawan sleman kalo slametan nanti malam
    menu nya apa ki ?aku ikut………………..

    salam hormat kepada Ki sabda langit

    salam kepada semua bolo wong alus

    wassalam

  34. bagus yudo. s berkata:

    Selamat Ulang Tahun untuk KAMPUS WONG ALUS. Semoga tambah jaya selalu…

  35. Pangeran Kuning(Akbar A.H) berkata:

    met milad tuk KWA,smoga makin jaya dan berjalan sesuai semboyan nya ” ayo berlomba menjadi dewasa dan bijaksana”

  36. Argo Dumilah berkata:

    met ultah,sucses KWA

  37. Wulyojati berkata:

    Tetap semanga slaluuuuu.
    Sebagai siswa sy akan selalu mendukung apa dan bagaimanapun yg akan di laksanakan oleh ki wongalus tercinta,,
    karna bagi saya persaudaraan dan perseduluran sangatlah paling penting di bandingkan dgn apapun itu bentuknya…
    Ayo sedulurku semua..kt tetap semangaaaaaat njih..

  38. salam damai berkata:

    HAPPY MILAD… KALO SAYA PASTI TINGGAL KELAS LHA WONG SERING BOLOS..

  39. jaya mendung berkata:

    Happy birth day KWA and salam bolo wong alus.

  40. Gembel Gerbang Kampus berkata:

    Qobiltu untuk Perubahannya…

    🙂

  41. anak ondel ondel berkata:

    met ultah kwa yg ke 2 semoga ke depannya tambah mantab

  42. Abu Amira berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    Selamat Milad buat KWA yang ke 2 semoga semakin bermanfaat bagi kemaslahatan ummat manusia, menegakkan yang benar dan menghancurkan nahi munkar….buat saudaraku Muhammad Wildan dan keluarga semoga mendapat lindungan dari Allah SWT.. diluaskan rezekinya dan dipermudah urusannya…amin.
    Cuma satu saran saya sebagai saudara yang bodoh ini…tetaplah membumi….jangan pernah merasa sampai…karena sesungguhnya yang merasa sampai itu sesungguhnya belum sampai….Sampaikanlah rasa cinta kasih kepada warga wong alus…sampaikanlah kebesaran Allah… sehingga di akhir masa nanti saudaraku dapat memepertanggungjawabkannya dihadapan Yang Maha Menguasai Alam Semesta….
    Wasalamualaikum wrwb
    NB : kira2 rossi menang gak ya besok…dan mudah2an ntar malem AC Milan menang ya..bravo Milan..he.he..he

  43. surya_buana berkata:

    Assalamualaikum Wr..Wb..

    Ki Alus beserta dewan guru dan sesepuh KWA yang dihormati oleh segala makhluk..

    Keputusan ini SUDAH SANGAT TEPAT SEKALI (DOUBLE THUMB UP), Jika ada sesepuh KWA atau saudaraku sekalian yang ingin me- sedekah kan kemampuan nya dalam dunia supranatural sebaiknya ikut terus “Mengawal” artikel yang disajikannya sampai tuntas, bisa saja dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan melalui komen2 atau bisa juga mengawalnya di forum kwa (kalo ga salah bukannya kita pernah punya FOEKWA.COM..cmiiw)

    Yang kedua, kalau saya boleh berpendapat, ilmu apapun tanda di dasari, dilandasi, di polesi ( opo wae sing penting ngerti..) dengan siraman jiwa yang dapat menyejukkan hati maka sudah pasti beraura panas dan akan membawa mudharat bagi si empunya maupun orang lain, maka dari itu, tausiyah, nasihat, wejangan, kultum ataupun renungan sangat dibutuhkan sebagai pelengkap dalam rangka mengamalkan apapun yang sudah kita dapatkan manfaatnya dari blog ini ataupun dari para guru yang betebaran di penjuru pelosok negri ini.

    dan yang terakhir dan yang paling penting adalah MENGAMALKAN apa yang telah kita dapatkan, karena yang namanya AMALAN ya bukan hanya utk diri sendiri tapi juga untuk ke maslahatan orang banyak..

    intinya.. jalan yang akan ditempuh untuk memperkaya artikel selain amalan dan ajian sudah benar, hanya saja kembali kepada kesadaran kita masing2 untuk memulainya..

    wassalamualaikum wr..wb.

    Surya_Buana

  44. Bocah lawu berkata:

    Semoga KWA makin sukses VISI n MISI nya Amin3x…

  45. Laskar Cinta berkata:

    Met ultah KWA, moga makin sukses dgn perubahanx dan menjadi lbh baik

    salam salim om2 semuax…

  46. genibiru berkata:

    selamat ultah buat blog tercinta ini semoga dilebihkan barokahnya oleh Allah SWT
    amiin…

    juga buat Ki Alus dan para sesepuh juga semua bolowongalus dimanapun berada
    Al Fatehah sent buat panjenengan semua…

  47. Iro berkata:

    Sugeng tanggap warso kagem KWA ingkang sampon jangkep kaleh taon mugi sageto langgeng kangge sarono ngangsu kawroh,nguri nguri kabudayan lan ngraketke paseduluran,.

  48. BAYU PAMUNGKAS berkata:

    wah slametan ultahny dimana nich.

  49. irwan berkata:

    Assalamualaikum Wr..Wb..
    Yth.Ki Wong Alus beserta dewan guru dan Pinisepuh KWA saya hormati

    ” Selamat Ulang Tahun yang Ke-2 untuk KWA yang kita cintai ini…” Sya atas nama pribadi sangat menyukai Bolg ini dimana KWA adalah sarana pembelajaran untuk saling asah, asih dan asuh untuk semua para Anggota Poro Bolo KWA dimana saja berada di Muka Bumi ini.Semoga Kampus Wong Alus lebih baik lagi dimasa mendatang nya…
    Saya sangat mendukung bila artikel-artikel yang masuk perlu dipertimbangan lagi dari para Pakar Pengasuh KWA ini dimana cara dasar penguasaan suatu ilmu itu harus benar-2 dibabar lagi secara lengkap dan jika perlu disertai pengalaman para pengijazah didalam melakoni ilmu tersebut, agar paro Bolo KWA dapat mengambil hikmah serta pembelajaran dari ilmu yang diposting tersebut…
    Akhirul kalam, mohon maaf bila ada kata-kata yg kurang berkenan dari saya. Saya Selaku dari Anggota KWA Dari Bengkulu menyampaikan sekali lagi..moga-moga kedepan KWA lebih baik lagi untuk mendukung visi dan misi KWA yaitu saling ASAH, ASIH DAN ASUH tentunya…………………

    Salam Hormat saya,

    Wassalam mualaikum wr.wb.

  50. thanmust thepos berkata:

    YAH SUDAH DUA TAHUN YA?
    SAMPAI GAK TERASA.
    TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI – TINGGINYA BUAT YANG PUNYA BLOG INGKANG DAHAT KINURMATAN KI WONG ALUS, KARENA PERAN BELIAULAH KITA SEMUA BISA TERTATAP MUKA BAIK DARAT MAUPUN MAYA.
    JUGA KITA SEMUA DAPAT QOBILTU SETIAP AMALAAN YANG DI POSTING.
    SEKALI LAGI TERIMA KASIH KI ALUS, SALAM TAKZIM SELALU.
    UNTUK BERUBAH ITU ADALAH KEWENANGAN DAN HAK DARI KI ALUS.
    SEKALI LAGI SELAMAT ULANG TAHUN

  51. gumantung ing awang berkata:

    salam rahayu,,,,

    Anut runtut tansah reruntungan, Munggah mudhun gunung anjlog samudra,,, Gandheng rendhengan jejering rendheng, Reroncening kembang para kesatria bumi, ki wong alus ugi ki alang kumitir lan sedaya sesepuh… kulo aturaken sugeng ambal warsa dumateng kampus wong alus,,,, mugi tansah kaparing ayem tentrem lan tresna ingsun,,,, eppy b’dee,,, selamat ulang tahun,,, sugeng ambal warsa,,,, al-fatehah sent,,

  52. AINK THEA berkata:

    met milad yg ke 2 kampus wong alus trcinta, moga tmbh maju & maslahat bwt umat.. Aamiin

  53. Abah suhaimi berkata:

    Salam berkahi buat kampus wongalus semoga kita semua tetap di-dlm Rahmat Allah. Wassalam

  54. santri alit berkata:

    Selamat ulang tahun Blog KWA, saya sangat setuju dan mendukung sekali dgn adanya perubahan yg dilakukan oleh Ki Alus, demi Bobot Blog KWA kedepan. agar tetap menjadi Forum Silaturahim dan diskusi yg berwawasan, intelek serta bisa menjadi khazanah budaya bagi Bangsa dan Negara.

  55. wiradipraja berkata:

    SETIAP PERUBAHAN AKAN SELALU MEMBAWA BANYAK DAMPAK, TAPI SEMUA ADALAH PROSES. PROSES MENUJU KE ARAH YANG LEBIH BAIK, DI MILAD KWA YANG KE 2 INI SEMOGA PERUBAHAN YANG TERJADI MEMBAWA KITA KE ARAH YANG LEBIH BAIK DAN TENTUNYA AKAN SEMAKIN MEMBAWA KITA LEBIH MENDEKATKAN DIRI PADA YANG MAHA KUASA.
    SELAMAT ULANG TAHUN KAMPUSKU

  56. roni sukma. w berkata:

    met ultah kwa-ngenku.. Mg jd yg terbaik n mg thn dpn ultah lg.. Hehe3x ..

  57. QOBILTUMAN berkata:

    huaahaaahuaa..aakulah jawara dengan 1800 macam kesaktian (karena senang qobiltu dan lomba mburu pertamax) setelah berguru di perguruan maya KWA tapi jangan kau tantang aku kalo perlu tambahin aku dengan ilmumu, keluarkan semua ilmumu biar aku tambah pusing,huahaahaa….met ulang tahun ke2 buat KWA dan para pengasuhnya semoga jadi blog yang dinamis dan tetap semangat n tapi jangan terlalu serius2 kedepannya tetap diharap ada gojegan segar biar gak monoton biar kami tetap jadi tukang keplok2 meski kadang jadi provokator juga tapi aku suka kamu KWA…

  58. ojibuaku berkata:

    ABSEN

  59. agusabdul kholik berkata:

    selamat siang… Smg Tuhan yang Maha Esa sllu mmbrkahi KWA, Selamat Ulang Tahun sukses sllu…. tetap jaya raya.

  60. Mas Jaluaji berkata:

    SUGENG TANGAP WARSO DUMATENG KWA

    SALAM HORMAT DUMATENG KI WONG ALUS DAN SEGENAP SESEPUH, PINISEPUH, AJISEPUH KWA.

    KE DEPAN SEMOGA MENJADI SEMAKIN BAIK KEPADA PEMAHAMAN DAN PENCERAHAN.

    SEKTI TANPO AJI, NLURUK TANPO BOLO, NGALAHAKE TANPO NGASORAKE.
    NUWUN.

  61. centrinx bagaz berkata:

    selamat ulang tahun.. Smoga brtambah ny usia smakin matang dan dewasa

  62. angdidi berkata:

    Selamet ulang tahun KWA-ku.
    saya setuju dengan poro sepuh semuanya, semua keilmuan yang telah diizajahkan, perlu diluruskan dengan pemahaman biar tidak ada pelencengan aqidah, 1700 ratusan keilmuan yang telah diizajahkan dengan ikhlas,mungkin melebihi dari cukup, tinggal pemahaman dan bimbingan , orang tahu belum tentu bisa , orang bisa belum tentu ngerti, orang ngerti belum tentu faham, mari kita sama – sama belajar untuk memahami dengan dasar pondasi keilmuan yaitu ketauhidan, semoga keilmuan yang telah diizajahkan ini senantiasa bermanfaat di dunia dan akherat. aminn..

  63. Khadim Blog berkata:

    (senyum……..)

    semoga bertambah bijaksana , bertambah dewasa dan bertambah manfaat bagi sesama.

  64. pangeran pengasih berkata:

    kami dari padepokan mahabbah..mengucapkn selamat milad kampus wong alus yang ke 2 tahun..semoga makin jaya n sukses selalu..

  65. Patramantra berkata:

    Selamat ultah 2 smoga kita semua smakin bisa ELING…

  66. putro segoro berkata:

    selamat ulang tahun yg ke 2 buat kampusku tercinta,,,ajarkan kami tentang arti kehidupan ini dan bagaimana menyikapi hidup ini.

  67. GATOLOCO berkata:

    SELAMAT ULANG TAHUN BUAT KWA…..
    SEMAKIN BERTAMBAHNYA USIA MEMANG HARUS MAKIN DEWASA….
    MEMANG HRS ADA PERUBAHAN….

    USIA 2 THN ADALAH USIA YG SEMAKIN MATANG…
    TERUS BERKARYA…HIASI BUDAYA ANAK NEGERI…..

    SEMOGA ADA TALI SAUDARA DI SINI 100% BERSAUDARA 100%BERSAHABAT

    HAPPY BIRTHDAY TO YOU K.W.A…………..SEMOGA ADA SEMANGAT BARU PADA PERUBAHAN YG BARU INI…….

  68. Ki Dalang Cipto Kawedar berkata:

    Weleh kalah duluan sama Mas Gatoloco sang artis KWA. Memang harus begitu, ada peningkatan dalam postingannya, dengan demikian ada progress development. Bravo KWA ….

  69. Cakji berkata:

    SELAMAT ULTAH KE 2 KWA
    mempererat persaudaraan
    salam KWA ngen untuk dolor2 KWA beh
    untuk KWA mania salam persaudaraan

  70. bodokeremezken berkata:

    selamat ulang tahun KWA

    trimakasih banget atas lembaran-lembaranya, kitab-kitabnya, buku-bukunya, ayat-ayatnya, kalimat-kalimatnya, daun-daunnya, ranting-rantingnya, manisnya, pahitnya, asinya, asamnya, getirnya, sempriwingnya, kulitnya, isinya dari semua sedulur-sedulur KWA, semoga perjalanan dari mengumpulkan apa adanya ini bisa bermanfaat bagi kita bagi sesama dan bagi semua.

    trimakasih yang sebesar-besarnya saya ucapakan kepada kanjeng guru ki alus dan semua sedulur-sedulur KWA yang dari awal semua secara pribadi saya anggap sebagai guru-guru saya, yaa semua karena menurut saya pribadi setiap insan membawa kitab-kitab tak tertulis sendiri-sendiri.
    sajadah jagad luas terbentang

    sugeng rahayu kerahayon
    nuhun

  71. bintang berkata:

    sucsesss……….kwa
    maju terus,,,

  72. bodokeremezken berkata:

    kanjeng guru kialus dan sedulur-sedulur keluarga besar KWA

    jika selama ini saya pernah membuat sakit hati ,salah silaf, baik yang saya segaja maupun yang tidak saya sengaja dari lubuk hati yang paling dalam saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

    kaulo nyuwun ngapunten kialus
    kaulo nyuwun ngapunten sedulur-sedulur KWA semua

    trimakasih banget.nuhun

  73. Sworo thok berkata:

    Sip sip sip top top top wis

  74. minak jinggo berkata:

    salam,,,,smua bgi pemilik KWA, pengunjung KWA, PENGIJAZAH DI KWA, PENGAMAL2 DALAM BLOG KWA,,, WALAU SAYA PRIBADI BARU TAHU BLOG INI,…DAN BARU DAFTAR ANGGOTA KWA,,,SAYA YAKIN DI KWA INI BANYAK SEKALI MANFAAT YG NKITA PEROLEH,,,SESUAI HARAPAN SESEPUH DAN PINISEPUH DI KWA. SELAMAT ULTAH YG KE-2, SMOGA SMAKIN BERJAYA MEMBENTUK PERSAUDARAAN YG HAQIQI. SALAM KENAL UNTUK SMUA. DARI SAYA MINAKJINGGO (PUTRA BLAMBANGAN)

  75. singa meringis berkata:

    1. udah sunat
    2.udah ngimpi basah
    3.dah ngerti haq dan bathil
    4.dah melaksanakan baiat syahadat
    5.ikhlas siap menanggung pertanggungjawaban.
    BERUBAH…….GOD LUCK

  76. saya ucapkan Happy Birthday utk blog kampus wong alus semoga jaya selalu….

  77. nuha berkata:

    Selamat Ulang Tahun KWA…. Tegak Berdiri Tuk Gapai Ridho Illahii… amiienn.

  78. Budiman berkata:

    Sugeng Tanggap Warsa KWA,

    Matur nuwun buat para Sesepuh dan Pengamal ijazah keilmuan disini. Semoga semakin arif, bijaksana dan sabar dalam membimbing kita. Semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan manfaat dan barokah untuk kehidupan di dunia maupun di akherat kelak.

    Wassalam

  79. Erwin Hariyanto berkata:

    selamat ulang tahun yang ke – 2 semoga tetap jaya

  80. WIYADI berkata:

    ass.wr wb
    salam kepada segenap para pinisepuh,sesepuh kampus wongalus jg salam kepda para sedulur smua,met ulang tahun KWA yg ke2 mg mkin tmbah sukses kedepanny lagi/mg jadi barokah bagi kita smua..amin.jg mkin mmpererat tali paseduluran semua

  81. pangeran anom no.0632 berkata:

    Allahu Akbar…
    Allahu Akbar…
    Allahu Akbar…
    Salam pamuji rahayu buat para sesepuh dan bolowongalus dmnpun berada, wabil khusus buat ki wongalus.
    Selamat hari jadi KWA, smg tmbh lancar dan tmbh memberi manfaat buat semua. Sy penggemar berat dan pengikut setia blog tercinta ini. Bnyk sesuatu yg bermanfaat buat diri sy pribadi. Sy ucapkan bnyk terimakasih kpd blog tercinta ini. Salam sejahtera slalu buat semua.

  82. datuk berkata:

    Assalamu’alaikum sedulur semua khususnya pd Ki Wong Alus
    Slamat milad utk KWA smoga rhido Allah SWT slalu utk kita semua..aamin

  83. Boca Bumie tak bertuan... berkata:

    Med milad kwa ku…

  84. bayu jati berkata:

    Happy milad yang ke-2 buat KWA
    Perubahan apapun itu sangat diperlukan. Amien

  85. Harum Mewangi berkata:

    selamat ulang tahun & trims atas silaturahmi yang terjalin melalui KWA.

  86. PHM berkata:

    Selamat ya KWA, Insya Allah wawasan KWA akan menjadi nyata. Amin.

  87. mas.rio berkata:

    ASLMKMWRWB
    SELAMAT ULTAH
    SEMOGA DI BERIKAN KESEHATAN SELALU OLEH ALLAH SWT UNTUK PARA DEWAN PAKAR SEDULUR KWA SETANAH AIR N SEMUANY..
    SEMOGA SUKSES JAYA SELALU..AAMIIIIN

  88. pitulikur berkata:

    assalamualaikum wr wb…
    salam salim takzim dumateng poro sesepuh dan warga kwa jagat raya…
    SELAMAT ULANG TAHUN KWA….
    SEMOGA SELALU BISA MENJADI PEMBENAR DAN PENERANG BERSAMA PORO SESEPUH2NYA YG WELAS ASIH….
    BESARLAH KWA….JAUHLAH SEGALA HALANGAN RINTANGAN DAN DIPERMUDAHKANLAH BILA ADA COBAAN….AMIN, AL FATEHAH SENT….

  89. tiyangalit berkata:

    “Selamat hari jadi yang ke 2 KWA.. semoga KWA lebih berjaya, semoga lebih KWAngeni, dan semoga terjaga KWAluargaan kita semua” .. salam takzim Ki Wong Alus dan sedulur semua

    ..”Segala puji bagi Allah, yang awal tanpa yang awal sebelum-Nya, yang akhir tanpa yang akhir sesudah-Nya. Mahasuci AsmaNya, Mahatampak AnugrahNya”..

    ..”Ya Allah. Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya. Shalawat yang awalnya tidak terbatas, yang batasnya tidak berujung, dan akhirnya tidak berhingga”..

    ..”Berikan semua itu dengan petunjuk dan rahmatMu, berikan kepada kami apa yang terbaik di dunia dan akhirat”.. Amin

  90. Satria GaGak RiMang berkata:

    Selamet hari jadi KWA, ….semoga semakin bermanfaat untuk semua, amien,

  91. singa meringis berkata:

    @ tiyang langit mau tau gak yg terbaik buat dunia dan akhirat yaitu>
    ALLAH SWT
    selamat mendapatkannya………

  92. lilik sutriyono berkata:

    Ass.Wr.Wb. salam persaudaran semoga kita selalu di limpahkan kesejahteraan,kesehatan dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.Amin Tak lupa kami doakan selalu kpd Ki Wong Alus selalu selalu dlm perlindunganNya.Ki Wong Alus ijinkan aku yg hina mau urun rembuk untuk ultah KWA 2.Saya Mau usul gimana kl setiap pemberi ijazah di sertakan hurup latinya/arabnya, karena selama ini sebuah amalan kadang antara terjemahnya dengan latinya beda yg di takutkan pengucapanya salah maknanya juga salah dan biasanya suatu amalan yg tdk sesuai nanti khodamya berupa jin bukan malaikat.dan bisa saja membawa pengaruh kepada yang mengamalkannya.Mohon maaf kalau saya terlalu lancang untuk menyampaikan ini,saya sebagi orang yg tidak bisa apa-apa mohon maaf kepada semua warga KWA khususnya kepada Ki Wong Alus.Salam seduluran.Ws.Wr.Wb

  93. udengudeng berkata:

    injih selamat. moga succes terus apa yang diharapakan demi membangun bangsa yang maju dan tentram loh jinawi.
    cahyoo

  94. Machrus Elhana berkata:

    SELAMAT ULTAH KWA KE-2 SEMOGA SUKSES SELALU

  95. Nang Cubluk berkata:

    Assalamu’alaikum wrwb, semangat malam sedulur semua…… khususnya pd Ki Wong Alus Al Fatechah send…..
    Slamat milad utk KWA smoga rhido Allah SWT slalu utk kita semua, Semangat Perubahan ..aamin

  96. Khadim Blog berkata:

    Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada
    di jalan Allahu taala sampai dia kembali

    (Shahih Tirmidzi)

    SENYUM…………………….

  97. Khadim Blog berkata:

    Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara merenggut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak lagi tersisa seorang alim.
    Dengan demikian orang-orang mengangkat pemimpin-pemimpin yang dungu lalu ditanya dan dia memberi fatwa tanpa ilmu pengetahuan.
    Mereka sesat dan menyesatkan.

    (Mutafaq’alaih)

  98. Mifta berkata:

    moga tetep jaya blognya…

  99. singa meringis berkata:

    nuntut kagak nuntut sami mawon namun hasilnya yg beda….bro….masih percaya aja ama alimat tersebut….
    meringis,,,,,,,

  100. singa meringis berkata:

    @….lilik…khodam jin atau malaikat sama aja masih makhluk toh ???
    yg penting ente tahu tuh ilmu….buat ente….sebab akibat yg ditmbulkan untuk ente…….

  101. gembong berkata:

    Assalamualaikum SELAMAT ULANG TAHUN KAMPUS TERCINTA MESKIPUN AKU GAK LULUS DAFTAR JADI MAHASISWANYA. Karena saya belum bisa melihat Angin apalagi graji langit.

  102. Sabdo Sejati berkata:

    Dear All,

    Semoga dengan wacana perubahan yang disampaikan oleh Wong Alus malah dapat lebih meningkatkan tali silahturahmi diantara kita, karena kita bisa berdiskusi secara bebas, tanpa saling menyalahkan. Dan hati kita bisa lebih legowo, karena kita bisa menerima pendapat orang lain walaupun sejatinya kita menentang pendapat itu.
    Monggo kita bebas berfilsafat, dan berfilosofi, sambil nguri-uri budaya nusantara yang Adiluhung. Kita juga bisa mengambil baiknya dari budaya Papua, Flores, Aceh, Jawa, Arab, China, India, Tibet, Astec, Belanda, Jepang. Kita juga bisa belajar ajaran Hindu, Budha, Kong hou chu, bahkan pengetahuan tentang Liberal, sosialis, Pancasila dsb.
    Semoga melalui KWA, kita menjadi manusia yang seutuhnya, dan tidak merasa kita yang benar, sehingga kita semakin bisa menjadi manusia yang rendah hati.
    Nuwun

  103. syahri berkata:

    saya berterima kasih atas layanan info yang sangat trasparan dan terpapa dg jelas dan gamlang tanpa ada yg ditutupi dan membayar. sehingga menambah wawasan saya.
    saya merasa sangat terbantu dengan web anda.
    saya ucapkan TERIMA KASIH, SEMOGA TAMBAH BAROKAH DAN TERCURAHKAN HIDAYAH ILAHIYA KPD KITA SEMUA

  104. Ali Kasan berkata:

    selamat MiLad untuk KWA…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s