Salam damai sedulur KWA.

Bersama ini akan saya sampaikan kabar yang ada di dalam di blog Kampus Wong Alus. Yang pertama mengenai jumlah artikel. Saat ini diblog kita ini sudah ada sekitar 1800 artikel kiriman dari sedulur semua. Dari artikel sebanyak itu, yang terletak di PERPUSTAKAAN UTAMA sebanyak 761 Artikel dan sisanya artikel-artikel yang terpampang di widget dan langsung bisa di klik sebanyak 1000 artikel. Tentu kami sebagai admin merasa bangga dan bahagia ternyata selama ini kehadiran blog ini sudah mendapat tempat yang baik di mata sedulur semua. Sebuah jumlah yang lumayan banyak dan setiap artikel masih longgar untuk diberikan banyak komentar, didiskusikan untuk berbagai maksud seperti menambah pengetahuan sekaligus mungkin bila ingin mengamalkannya.

Ibarat perjalanan hidup manusia, tahap awal pembuatan blog bisa diibaratkan masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak tentu saja masa yang indah, masa ceria dan penuh dengan senda gurau, masa bermain, masa mengenal lingkungan sekitar, mengenal teman-teman bermain termasuk mengenal identitas diri. Masa mengenal membutuhkan banyak pengetahuan baru. Pada periode ini, setidaknya kemudian lahir ide untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pengetahuan-pengetahuan dasar, seperti amalan-amalan, ilmu-ilmu, ajian-ajian, babaran tentang hal-hal sederhana yang intinya adalah pengetahuan tentang CARA dan TEKNIK (know how).

Kita kemudian memiliki banyak keahlian dan kecakapan untuk melaksanakan sesuatu berdasarkan atas pengetahuan yang kita kumpulkan tersebut. Kita menjadi mampu mengobati sedulur yang lain, kita menjadi mampu untuk menerawang, menjadi mampu secara ekonomi menghidupi diri, dan kita memiliki profesi tertentu pula. Setelah kita menjadi apa yang kita inginkan, lantas apakah kemudian kita hanya berhenti di masa awal perjalanan ini?

Pasti proses harus terus dilanjutkan. Kita tidak boleh lalai bahwa setelah banyak pengetahuan terkumpul dan memiliki profesi tertentu maka yang perlu dilanjutkan adalah MEMAHAMI MAKNA dari apa yang telah kita kumpulkan kemudian merenungkannya. Mempertanyakan dan meragukannya dan kemudian menjawabnya sehingga membuat hidup kita lebih padat karenan memahami tujuan dan makna dibalik apa yang kita laksanakan dan amalkan sehingga membuat hidup kita lebih BIJAKSANA. Maka tahap selanjutnya dari perjalanan blog kita ini adalah tahap PEMAHAMAN. Apa yang harus kita pahami? Tidak lain berbagai persoalan tentang spiritualitas, budaya dan persaudaraan sebagaimana fokus blog Kampus Wong Alus.

Untuk memperoleh pengetahuan yang mempertanyakan alasan-alasan sebuah tindakan atau mengapanya (Know Why) maka kita perlu mendapatkan kemampuan khusus yang dapat memberikan analisa-analisa kritis dan kecakapan bersintesa/menyimpulkan dalam memberikan tanggapan-tanggapan. Prosesnya akan bertentangan dengan tahap awal memahami karena tahap awal memahami hanya memfokuskan diri pada tata cara, teknik dan hal-hal khusus. Sebaliknya, tahap dan proses lanjutan blog Kampus Wong Alus setelah dua tahun berdiri ini adalah belajar tentang pemahaman-pemahaman dan kemudian melakukan penyusunan pendapatnya agar menjadi SINTESA, yang menjadikan “mengapa berbuat demikian” mengandung makna. Bahkan prinsip-prinsip hingga paling umum segala cabang pengetahuan. Ini juga merupakan persiapan tahap ketiga perjalanan blog kita nanti ke depan yaitu tahap ketiadaan pengetahuan (fana) di dalam kemanunggalan hidup tindakan dan perbuatan sebagaimana yang Tuhan Yang Maha Kuasa kehendaki. Sebuah upaya panjang proses perjalanan hingga tercapai kebulatan awal akhir lahir dan batin di dalam KESATUAN KONJUNGTIF menyangkut segala yang ada (ALL IN ALL).

Oleh karenanya tahap kedua perjalanan blog Kampus Wong Alus ini adalah tahap kita “Naik Kelas” untuk meningkatkan kualitas akal budi dan amal berbuatan kita, mengasah ketajaman daya tafakkur, tadzakkur dan tadabbur-nya pada realitas sebagai “batu pengasah kebenaran”. Kita akan mendapat banyak manfaat bila kita mau untuk “naik kelas” kemudian serius belajar banyak hal Sangkan Paraning Dumadi sesuai dengan semboyan “Semua untuk Satu, Satu untuk Semua, Semua untuk Semua” dan berdasarkan atas paradigma perkembangan di atas, maka kami mengumumkan perubahan ORIENTASI KIRIMAN ARTIKEL sebagai berikut:

• ARTIKEL KIRIMAN HENDAKNYA BERMUATAN PEMAHAMAN-PEMAHAMAN, WACANA, ANALISA, SINTESA BISA MENJADI BAHAN PERENUNGAN, DISKUSI KREATIF MEMBAHAS HAL-HAL AKTUAL.

• BLOG KAMPUS WONG ALUS TETAP FOKUS PADA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) YANG MELIPUTI MENTAL SPIRITUAL, ETIKA, NILAI, BUDAYA, DAN WAHANA PENGEMBANGAN PERSAUDARAAN LINTAS GENERASI.

• SECARA UMUM BLOG KAMPUS WONG ALUS TIDAK LAGI MENERIMA KIRIMAN ARTIKEL YANG BERUPA AMALAN-AJIAN. BILA MEMANG ADA KIRIMAN AMALAN/AJIAN MAKA HARUS DISERTAI PEMAHAMAN DAN PENGALAMAN-PENGALAMAN PENDUKUNG AMALAN TERSEBUT. ADMIN AKAN MENYELEKSI DENGAN KETAT UNTUK JENIS ARTIKEL INI.

Kami menyadari bahwa perubahan ini nantinya akan membawa dampak yang luar biasa baik positif dan negatif. Bahkan blog menjadi kurang menarik dan diminati lagi. Namun kami yakin, seiring dengan perjalanan usia, maka minatpun juga perlu berubah. Kami menyadari hal ini seningga kami harus menyesuaikan diri dengan semangat kegairahan dan energi baru. Bagi sedulur yang masih berusia muda, silahkan mempelajari 1000 lebih artikel di blog ini dan meneruskan diskusinya. Kami tetap memfasilitasi anda semua.

Ya… hidup akan terus berjalan ke depan dan tidak mampu dihentikan karena ini adalah hukum alam. Kami mengucapkan terima kasih atas persaudaraan dan partisipasi selama dua tahun bergabung di blog Kampus Wong Alus — wahana merangkai persahabatan dan paseduluran ini. Tiada gading yang tidak retak, sekaligus kami memohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Selamat ulang tahun yang ke-2 Blogku tercinta Kampus Wong Alus!

Salam asah asih dan asuh.

KI WONG ALUS

Iklan