OJAT


Oleh: Wong Alus

“Namaku Ojat asalku Banten” demikian jawaban pria ganteng saat saya menanyakan nama dan asalnya. Tubuhnya cenderung agak pendek namun kekar, rambutnya dibiarkan tergerai. Di usianya yang menginjak 20 itu, Ojat memiliki keahlian yang sangat jarang dimiliki yang lain: ahli pengobatan alternatif kedokteran bedah dalam dan luar.

Suatu ketika di RSU Karyadi Semarang berkumpul para dokter bedah senior meminta Ojat mempertunjukkan bagaimana dia mempraktekkan keahliannya. Seorang pasien korban kecelakaan mengalami patah tulang didatangkan di ruang operasi. Pasien meraung-raung kesakitan suaranya memekakkan telinga para dokter di ruang bedah.

Ojat meminta segelas air putih. Duduk diam posisi meditasi kurang dari satu menit dan kemudian dia berdiri dan meniup segelas air tersebut dan meminta pasien meminumnya. Tiba-tiba raungan keras pasien berhenti. Rupanya dia tidak lagi kesakitan. Si pasien yang kebetulan perokok tersebut diminta menyulut rokok. “Santai saja pak. Ini operasi ringan kok. Tulang bapak akan saya sambung,” kata Ojat mencoba memberi sugesti agar Pasien tenang dan tidak panik. Ojat menjelaskan bahwa fungsi air minum tadi itu mirip dengan obat bius. Bedanya obat bius ala Ojat hanya segelas air putih yang sudah diberi doa.

Para dokter bedah saat itu berada dalam posisi sebagai pengamat saja. Mereka membiarkan si Ojat melaksanakan operasi beresiko tinggi menggunakan alat seadanya. Hanya sebilah pisau. “Pisau untuk membedah bisa pisau apa saja, pisau dapur pun boleh” kata Ojat dengan mimik riang khas anak muda.

Pasien yang sejak tadi posisi duduk selonjor diajak Ojat mengobrol. Sementara tangannya cekatan menyayat daging kaki pasien, tulangnya yang patah kemudian diluruskannya dan simsalabim…. tulang yang patah tersambung tidak kurang dari lima menit. Selanjutnya daging diletakkan kembali ke asalnya. Sobekan kulit yang terbuka di kaki pasien kemudian diletakkan kembali dan bekas sayatan pisau kemudian diolesi dengan air liurnya. Tiga menit kemudian bekas sayatan pisau di kulit sudah menghilang. Operasi itu pun selesai.

Para dokter bedah berpengalaman itu berdecak kagum. Tanpa menggunakan alat-alat bedah canggih, tanpa menggunakan obat bius, tanpa menggunakan pen (logam penyambung antar tulang), tanpa menjahit kulit, Ojat dengan sangat terampil melaksanakan operasi yang tergolong cukup beresiko itu dengan hasil memuaskan. Hingga kini, sudah ratusan bahkan mungkin ribuan orang yang dengan beragam luka baik luar dan dalam yang sudah ditangani Ojat.

“Itulah kuasa Allah SWT,” ujar Ojat sambil membuka telapak tangannya ke atas.

Asli orang desa
Ojat membuka sedikit jati dirinya. “Saya berasal dari desa paling terpencil di Banten berbatasan dengan Sukabumi. Kalau jalan kaki dari desa terakhir butuh waktu sekitar lima jam. Tidak ada kendaraan apapun termasuk sepeda motor,” papar Ojat saat ditemui di Klinik Herbal Gratis Dhandang Gulo miliki Ki Camat Krian, Sabtu kemaren untuk silaturahim.

Ojat menjelaskan, pakaian “adat” yang dikenakan di desanya berwarna hitam-hitam mirip pakaian silat. Sejak kecil penduduk di sana terbiasa hidup sederhana khas orang desa. Makanan dan minuman semuanya serba alami. Tidak ada yang dimasak. Rata-rata makanan yang disantap makanan mentah. “Nasi tidak yang putih, tapi kuning,” ujar Ojat.

Ilmu kedokteran bedah yang dimiliki Ojat adalah warisan dari sang kakek. Kakek ini memang seornang juru sembuh tradisionil yang juga dituakan di adat setempat. Namun dari anak-anak kakek langsung ini yang tidak ada yang betul-betul ahli pengobatan bedah. “Hanya saya dari sekian banyak cucunya yang mewarisi keahlian kakek,” jelas Ojat.

Sejak kecil, Ojat sangat dekat dengan sang Kakek. Namun Kakek ini tidak secara langsung menjadikan Ojat itu murid sebagaimana layaknya mahasiswa kedokteran yang diberi pengajaran-pengajaran dan kurikulum pendidikan kedokteran secara sistematis. “Kakek saya biasanya menemui saya melalui mimpi. Saya diminta melakukan operasi bedah juga awalnya melalui mimpi,” terang Ojat.

Selain melalui mimpi, Ojat juga diperintahkan untuk puasa. Puasa yang dijalani Ojat bukan Senin dan Kamis saja, melainkan puasa setiap hari dalam kurun waktu tertentu. Mulainya Puasa pada Maghrib hingga Maghrib lagi. Selama puasa mengurangi tidur dan melaksanakan wirid-wirid atau doa-doa. “Inti doa adalah memohon agar Allah SWT memberikan apa yang kita minta. Kita juga harus menuruti perintah-perintah-Nya dan mengendalikan hawa nafsu,” tutur Ojat yang biasa menghentikan antrean pasien berobat bila adzan berbunyi dan kemudian melaksanakan sholat tersebut.

“Doa dan wirid boleh apa saja,” kata Ojat. Yang jelas harus ikhlas dan istiqomah. Percuma jumlahnya banyak tapi tidak ikhlas. Yang bagus lagi pasti jumlahnya banyak dan ikhlas sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permintaan kita. Khusus soal doa ini, Ojat memberikan tips: berdoalah secara khusyuk dan yakin bahda doamu didengarnya dan yakinlah bahwa doamu akan diijabah atau dikabulkan. Jangan sedikitpun ragu Allah SWT akan menolak doamu.

Selain yakin, Ojat menjelaskan bahwa kunci terkabulnya doa adalah kesucian hati dengan menjaga agar tubuh, pikiran dan hati senantiasa bersih. “Pantangan seorang juru sembuh adalah bermain wanita, mabuk-mabukan, mencuri, dan membunuh… sekali kita melakukannya maka bisa jadi Allah SWT akan mencabut ilmu kita,” papar Ojat.

Ojat menambahkan: Satu lagi yang tidak boleh dilakukan seorang juru sembuh seperti dirinya adalah berbohong. “Harus jujur. Artinya apa yang ada di dalam hati harus sama dengan perkataan di mulut. Kalau hati kita baik, maka apa yang kita ucapkan juga baik dan bisa diterima orang lain dengan baik pula. Jangan jadi pembohong dan munafik,” ungkap Ojat.

Menurut Ojat, satu lagi yang menjadi prinsip pegangan orang Islam: berdoalah hanya kepada Allah SWT. Jangan berdoa meminta kepada yang selain Allah SWT. Seorang Islam harus melaksanakan rukun Islam yaitu bersyahadat. “Bagus dan boleh mengirim alfatihah kepada para wali atau leluhur kita dulu, namun jangan melupakan bahwa yang mengabulkan doa doa kita itu adalah Allah SWT dan atas ijin DIA semua ini bisa kun fayakun,” jelasnya.

Itulah beberapa aspek mental dan batiniah yang diperlukan agar seseorang dipercaya oleh Tuhan mampu mengemban amanah ilmu yang seperti Ojat miliki.

Ojat mengakui ilmunya ini memang jarang dimiliki orang. Dirinya juga tidak tahu dan tidak pernah meminta menjadi ahli bedah seperti sekarang. “Saya tidak pernah merencanakan menjadi juru bedah. Tapi karena sudah menjadi seperti ini ya saya jalani dengan senang hati” tuturnya.

Seorang yang punya ilmu, kata Ojat, juga bukan untuk bersenang-senang, melainkan justeru untuk memberikan manfaat dan menolong orang lain yang membutuhkan. Tuhan akan membalas kebaikan dengan kebaikan dan membalas kejahatan dengan kejahatan seperti yang diniatkan. Maka, ditempat praktik Ojat yang berpindah-pindah dari desa ke desa, dari propinsi ke propinsi yang lainnya dia tidak meminta mahar atau bayaran dari praktek yang dilakukannya. Padahal coba kita bayangkan, berapa juta uang yang harus dikeluarkan untuk sebuah operasi pembedahan? Bisa belasan bahkan mungkin puluhan atau ratusan juta rupiah untuk sekali operasi.

Namun, Ojat tidak melarang bila ada pasien maupun keluarganya yang memberi tanda ucapan terima kasih sekedarnya. “Saya tidak menolak bila ada yang ngasih saya uang entah itu seratus ribu, lima puluh ribu atau berapapun sesuai ikhlasnya dia. Rata-rata yang berobat ke saya orang miskin yang tidak mampu dan untuk itulah mungkin Allah SWT menugaskan saya untuk membantu mereka,” bisik Ojat yang setiap hari buka praktik mulai pukul 07.00 wib hingga pukul 15.00 wib ini.

Orang Berilmu Harus Rendah Hati
Di Banten, menurut Ojat, banyak orang menguasai Ilmu Debus. Tangan dipotong dan disambungkan ke tangan orang lain. Kaki dipotong dan disambungkan ke kaki orang lain dan atraksi-atraksi lain. Tubuh ditusuk dan diporong kemudian dikembalikan lagi seperti semula tanpa terluka sedikit pun. Orang bisa menjadi terkenal dan dikenal jadi seorang Pendekar alias Jawara.

Menurut Ojat, Ilmu Debus atau ilmu-ilmu yang bertujuan untuk dipertontonkan ke orang lain tergolong sangat mudah dan semua orang bisa melakukannya. Tingkat selanjutnya adalah ilmu-ilmu gaib misalnya santet, tenung, amalan-amalan pengasihan, kerejekian, terawangan dan lainnya.

Tingkat tersulit untuk menguasai sebuah ilmu gaib adalah ilmu pengobatan bedah. Ini gabungan antara ilmu gaib dengan ilmu pengetahuan medis. Menyambung urat-urat kalau salah pasti fatal. “Makanya saya katakan tersulit dan membutuhkan keahlian sangat khusus” papar Ojat.

Selain itu, menguasai pengobatan bedah membutuhkan laku tirakat yang tidak sembarang orang mampu untuk mencapainya. Kedisiplinan tinggi untuk tidak melanggar pantangan menjadi kunci bagaimana agar amalan ini bisa dimiliki. Selain tentu saja ada “wadah” atau “bakat” alam yang bisa berasal dari keturunan leluhur atau belajar dari guru yang memang menguasainya. “Orang berbakat pasti lebih bagus mengerjakan sesuatu daripada yang tidak punya bakat meskipun mungkin juga bisa” imbuh Ojat.

Ojat berpesan, semakin tinggi ilmunya orang maka harus semakin rendah hati. Orang tidak berilmu rata-rata sombong, egois dan asal bicara. Orang berilmu bicaranya hati-hati dan tidak menyakiti hati orang lain. Justeru kalau bicara bisa membuat hati tenang, menghibur orang susah dan mengajak kepada jalan kebaikan.

Pesan untuk Ojat: lanjutkan perjuanganmu memberi kemanfaatan pada orang yang membutuhkan. Semoga ridho Ilahi senantiasa tercurah padamu. Amin.

@wongalus,2010

314 thoughts on “OJAT

  1. absen malam
    salam perseduluran buat semua sesepuh n sedulur semua

    salam cium tangan buat
    ki gatoloco
    ki dalang cipto kawedar
    ki raja ryzal kelayang

  2. memang benar kata si ojat 100% top markotop…..
    orang berilmu harus seperti itu…….
    salut salut dan salut…..
    jujur saya tdk bisa ilmu kayak ojat……andai saya punya guru macam kakeknya…..
    kakek ojat siapa nama nya ya?

  3. Nyimak…
    @ki wongalus
    @ki angel cry
    @tak bernama
    @ki waligeni
    @om gatoloco
    @ki jayabaya
    @ki boca bumi tk bertuan
    @semua yg g kesebut
    sugeng dalu salam rahayu.

  4. rendah hati bukan berarti rendah diri, sebuah konsep y sehari2 kt dengar namun susah utk di amalkan kecuali bg org2 y tlah allah swt beri petunjuk di dlm hatinya, salam takzim buat para sesepuh dan pini serta buat keluarga besar kampus wong alus

  5. Mantap & salut tuk bang OJAT hehe….
    @ ki wonglus : artikelx nyentuh, sderhana,lugas tanpa kesan mengiritik atau menggurui..
    Yg Paling berat mnrut sya adalh istiqamah itu hehe….kira2 ada ga yg tau resepnya…

  6. “ud’unii astajiblakum” berdoalah kepada ku niscaya aku kabulkan,ini adalah janji Allah kepada kita.artikel diatas adlah pembelajaran bagi kita semua.salam buat ki gatoloco monggo di panggil ki ruh kakek nya si ojat siapa tau diberi petuah ilmu nya,hehe..dan kalau dapat di babar ya ki..ki gatoloco kan orang nya ikhas berbagi.

  7. @ki wongalus
    @ki angel cry
    @tak bernama
    @ki waligeni
    @om gatoloco
    @ki jayabaya
    @ki boca bumi tk bertuan
    @wongirenk
    @bocah lawu
    @putra bahari
    @faruq
    @patramantra
    @mbah jenggot
    @joko kendil
    @sedoyo bolo wong alus
    salam pamuji rahayu,,,,,,, salaman satu satu

  8. Assalaamu’alaikum…….met malem saudara semua……..emang mantap …………yang susah hanya menjaga agar tidak jadi sombong ….

  9. absen malam
    to all sedulur kwa : sugeng ndalu, lan salam rahayu wat sedulur smua dan keluarga.

  10. @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

    hidup ojat.. Maju terus pantang mundur untuk memberikan kemanfaatan bagi sesama yang membutuhkan. Al fatehah sent untuk ojat :-)

    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

  11. wahhh,, ko’ sepi yaaa, kampus nya.,.,
    pada kemana sihhhh..,.,,[ndomblong bin bengong.com]

  12. absen malem.
    semua tergantung dgn niatnya. walau kita tidak seperti ojat, kalau kita ikhlas menolong, insya allah bermanfaat.

  13. da beli buhur 234 ni,,mantaaap sedap,,e ya tp ko kelas msh hening ni,,hehehe
    cihuy ada mbak zizah37 ni di kelas.!
    Mbak zizah kofi da di siapin ni mbak.,monggo di sekeca’ken njih..hehehehe

  14. laskar lembu suro
    ni sy ada kelas duduk dekat mbak zizah ni ki.?
    Sambil menikmatati kofi nescafe+susu ni,mantaaaap.qiqiqi

  15. @om gatoloco
    @guru raja rizal kelayang
    @ki sekar mawar
    salam sungkem wat panjenengan
    n’ wat sedulur KWA.
    saya mau bercerita tntang pengalaman saya mengamalkan ilmu dari blog KWA ini.
    yg p/tama saat saya mencoba mengamalkan putergililig dari yg punya samilajadi (RRK)
    saya ternyata bisa hadir dalam mimpi temen saya yg jauh.
    dan untk ilmu panguripan dari om gatoloco
    alhamdulillah dg izin alloh saya mengamalkan untuk mendapatkan pekerjaan,dalam waktu 2 hari saya d’tawarin kerja,bahkan ada 2 pekerjaan yg menawari saya untuk bergabung.
    saat saya terlena oleh cinta saya juga konsultasi sama ki sekar mawar n’ alhasil sekarang cw itu sudah mengabari saya lagi setelah sekian lama ga menanggapi saya.
    tapi semua itu tak lepas dari alloh yg maha segalanya.
    semua amalan,mantra adalah sebagai perantaraan/jembatan do’a.
    asal kita ikhlas n’ yakin semua amalan pasti akan bisa di kuasai,kuncinya hanya 1 keyakinan.
    yakimlah bahwa alloh maha adil,maha mendegar,maha melihat,maha tau.
    jadi jangan ragu untuk meminta pertolongan sama alloh.
    entah itu melalui do’a / ucapan lain.
    yg penting 1 tujuan Qta hanyalah alloh azza wajallah.
    tidak ada daya upaya atas izin alloh.
    wassalam.

  16. mbah ojad
    njenengan mantap jg lo..krn mau melestarikan ilmu2 leluhur yg bs bermanfaat utk orang yg membutuhkan pertolngan…qiqiqi
    ki wongalus
    salam salim salam takzim slalu ya ki.!..

  17. om wawan s
    knp om ko cuma absen aza.?ko ga duduk sekalian ni..
    Monggo om duduk di kursi dpn mbak zizah msh kosong tu om..qiqiqiqi
    e ya om,ni nescafe+susunya da sy siapin om,monggo di unjuk njih..hehehehe

  18. @ ki ahmad rock, kebetulan beliau ki ojat bertandang ke sidoarjo, untuk mengenang beliau tulisan dibuat.

  19. wulyojati
    baru banyak kerjaan ki, besok pagi harus sudah selesai, mampir bentar ke bloq

  20. patramantra
    wah saya dulu lahir deket sampen ki, hehehehe
    dan sempet sebentar jadi murid di kawedanan

  21. tokeh
    hallaaah nangendi wae to.?ko dr kmrn ga muncul2..jangan jangan ya jangan lodeh ni..wkwkwkwk

  22. paramantra, jadi murid di sana tapi malah lali ngak pernah amalakan hick hick
    wulyojati, opo ne sing mantab bos, wah penasaran aku
    tokek, wah lama ngak ketok bos. kemmana saja
    qobiluman, gimana kabare bos

    yudiie
    sip bos, hehehhe,

  23. om wawan s
    la yg mantap ya yg matap om..qiqiqiqiqi
    tokek
    la hayooo ko malah minggat maning ni..hehehehe

  24. Mbah QOBILTUMAN, cerpen = cerita pendek dudu cerita penak.(favorit QOBILTUMAN) Ndak mau disuruh natap mata ojat, mendingan natap mata zizah37 atau echa…ehem..ehem..hehehe…itu baru normal. Kalo ojat buat njenengan saja, saya ikhlas…hihihi…kabuuur…

  25. tokek
    hahahahahahahahahaha
    heueh ni,ternyata sendalku ketuker ama sendal mbak zizah ni..puantesan ko jinjit sebelah..wkwkwkwkwkwk

  26. Assalamu’alaikum….sugeng ndalu sesepuh sedanten…nyimak mawon….kalian nyruput kopi….monggo di pun unjuk niku kopine @mbah Waluyojati kalian @mbah tokek…mumpung tesih anget…..salam takdzim+salam kenal……wassalm.

  27. Laaa berarti sandal saya ketuker ma om wawan mbah walaaa..
    Waduh barusan tak cariin diFB gak taunya nongol disini lg dibarengi mbah jati yg guanteng..qiqiqiqiqi

  28. @Walaupun pengdtahuan adalah asset yang sangat ampuh,Pengetahuan yang di ubah menjadi tindakanlah yang menghasilkan kemenangan…yes33..qiqiqi

  29. andez
    njih sami2,salam salim lan salam kenal jg.
    Tokek
    wualaaah lawong dari td di sini ko..qiqiqi

  30. @Ayah kupunya cerita yah…saat ini kutak sendiri lagiii.
    Ibuuu dengarkanlah aku,kan ku bawa pulang kekasih hatiku,seseorang yg mengisi hidupku,
    dgn dirinya aku bahagia..
    Dgn dirinya ku temukan cinta,
    dgn dirinya akan ku lewati semua sisa hidupku bersamanyaaaa
    ayah,ibu,maafkanlah aku,krn pihanmu bkn pilihan hatiku,krn hanya dia,dia kekasih hatiku seorang…wus3..hehehe

  31. salam salim kagem sang pujangga mbah wulyo jati, salam hangat dumateng mbah kiyai TOKEK yang selalu murah senyum. semoga kepandaian dan ilmu luhur panjenengan berdua nular pada saya, al fatihah terkirim…mbah kiyai bocah lawu, mbah kiyai gatoloco, mbah kiyai angger cemani, semoga ilmu panjenengan semua Alloh limpahkan pada saya, amiiin 7x. Bolo wongalus semua, sugeng ndalu.

  32. wah mbah jati
    sampun rawuh lg ni mbah…
    E ya mbah,niki kulo damelaken minuman kesukaan njenengan mbah..!yaitu minuman fanta yg di campur susu mbah..qiqiqiqi

  33. @Katamu km cinta kpd ku slamanya,katamu km rindu kpd ku slalu,tp mengapa aku msh ragu,
    katamu aku ini cinta terakhir km,katamu aku ini cinta dlm hidupmu,tp mengapa aku msh ragu,
    mungkinkah aku ini menjadi satu2nya cinta yg terakhir kamu,cinta yg tak ada cinta yg ke 2 dan ke 3 dan cinta lainya,
    kt mu kamu bilang jika akupun pergi katamu kamu musnah,jk cintaku punah,kamupun juga punah…
    Tapi mengapa aku msh tetap meragukanya…

  34. @msh sepi.!biar aku ngegarap PR sendiri dan ntk jgn di contek ya..he5x
    @Telah aku putuskan utk mengakhiri cinta ini.meskipun berat tuk melepasmu dari hidupkuuuu.
    Mkn inilah jln terbaik utk dirimu dan diriku tergores luka di jantung hati-ku krn dirimuuu.
    Aku slalu mengerti kamu,tapi kamu tdk mengerti aku,.
    Aku slalu sayang pdmu tp kamu slalu sakiti aku,
    aku tak bs terus bersamamu,aku tak bisa terus di sampingmuuuuu.
    Aku tak bisaaa,hahahaha

  35. Cliing…….
    Salam persaudaraan
    ternyata juga masih banyak saudara2 kita yg menolong tanpa pamrih.mudah2an menjadi inspirasi bagi kita.
    Cliiing………..

  36. @anjing lapar
    ni buhur 234nya msh ada ni ki..!
    @Cakji
    salam salim ki,,
    salam menjelang pagi jg ya ki,,!
    Beramal tanpa pamrih itu perbuatan yg sangat mulia dan pahala sbagai imbalanya..
    Melestarikan ilmu leluhur dan mengamalkannya jg tu bagian dari perbuatan yg sangat mulia pula..dan apalagi sangat di rasakan dan bs bermanfaat utk khalayak byk..wah yg ini malah lebih mantap lagi dan sangat jarang skl di temuin pd zaman2 sekarang2 ini…wes33..cling3

  37. dan memang byk adanya ilmu yg di miliki oleh ki ojod,,dan jarang pula yg melakukan seperti yg di lakukan oleh ki ojod..
    -ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg di amalkan tanpa pamrih,tanpa embel embel apapun,
    -ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg bs membuat orang bahagia,senang dan bs membuat orang slalu tersenyum sumringah dan jg bs wele wele weleee..qiqiqiqiqi
    hahahahahahahahahahahaha,wkwkwkwkwkwkwkwk

  38. saatnya mengeluarkan ilmu selimut kabut.
    Wuzz wuzzz
    ehh. . .keterusan zz z z z z z. . . .

  39. ass,wr,wbr
    ya mudah-mudahan tuhan menciptakan banyak ojat-ojat yang lain sehingga dalam masa pengobatan yang biayanya melangit masih ada yang bisa dijangkau oleh orang miskin.selamat ojat lanjutkan perjuanganmu,semoga alloh memberkati mu .amin.

  40. arek pare
    tak bernama
    salam salim njih dan jgn di selimu duluuuu.qiqiqi
    di badui ada padepokan yg di asuh oleh khiayi sulaiman dan sy punya tmn di sana yg namanya syaefudin…
    Jgan2 ki ojod kale..wkwkwkwk

  41. ki ojod
    apa bnr njenengan muridnya mbah yai sulaiman.?yg dl pernah membahas tentang ilmu segoro geni ki.?kl benar sy tunggu kedatanganya..dan apakah skrg kl mau ke padepokan msh menggunakan transportasi kuda2 orang badui ki..?

  42. Asalamualaikum wr wb
    @ Semuanya diKWA met pagi dan selamat menjalani ibadah solat subuh.
    Semoga ibadah kita diterima, dirahmati dan diberkahi Allah SWT.. Amin x3.

    Wasalaam

  43. Salam Manwan..:) Udah solat?
    Aye lagi siap2 ni ntar mau berangkat kekantor.

    Oh ya lupa., antum udah sarapan?

  44. asslamualikum buat poro sdulur2 kwa sdoyo…
    moga bnyak generasi qita yg sperti bang ojat…

    psti dpat mngurangi pendeita’an sbgiaaan rkyt qita,,,
    wah mantaaaaabz,,,, baang ooojaat…..

  45. majuu teruuus….bang ojat,,,

    qiqqii.. aq cendrian teriak2 dkelas,,qiqiqi.. dasar gendeeng,,qiqiqiqi
    eamnk jdi wonk gendeng enak ya,, dri pda orang waras tpi gendeng.qiqiqiqi,,, dasar wonk gendeng,,,wkwkwkwk

  46. ASS WRWB. absen pagi… @mbah Wong Alus, saya mohon diberi alamatnya ki Ojat ya ki…
    saya butuh untuk berobat. tolong kirimkan ke email saya ya ki… ini alamat email saya: bayuto80@gmail.com
    terima kasih ki.

  47. nurdin halid, hobby banget ngaku2 berjasa. Indonesia tidak dihukum FIFA karena lobi-lobi yg diupayakan utusan pemerintah Indonesia berhasil.
    Malah diakui nurdin karena jasanya, masya Alloh nurdin…nurdin…kapan you sadar?…maju terus andi malaranggeng dan komite normalisasi.

  48. nurdin halid, hobby banget ngaku2 berjasa. Indonesia tidak dihukum FIFA karena lobi-lobi yg diupayakan utusan pemerintah Indonesia berhasil.
    Malah diakui nurdin karena jasanya, masya Alloh nurdin…nurdin…kapan you sadar?…maju terus andi malaranggeng dan komite normalisasi..!

  49. Salam Rahayu, smua bolowongalus. Alhamdulillah mantab. mbah wulyojati salam rahayu cium tangan nggih…. sy juga ada dulu yg ngakunya murid ki jenggot dari Banten punya ilmu semacam ini sama dengan pancasona…bisa menutup luka, menyambung patah tulang bahkan operasi ghoib. wallahu’alam

  50. Salam Rahayu, smua bolowongalus. Alhamdulillah mantab. mbah wulyojati salam rahayu cium tangan nggih…. sy juga ada dulur yg ngakunya murid ki jenggot dari Banten punya ilmu semacam ini sama dengan pancasona…bisa menutup luka, menyambung patah tulang bahkan operasi ghoib. wallahu’alam

  51. Ass.wb
    Absen pagi semua sedulurku..di kwa tercinta ini..
    Manwan
    Salam salim cium tangan jg ki…
    Laskar gagak
    Salam rahayu slalu ki..
    E ya njenengan mengenal ga sa mbah andak.?
    Ki wongalus
    Ki ojod
    Salam salim salam rahayu ki..swn.

  52. mbah yai ki wonglus ..
    sekalian no HP ato alamat lengkap kyai ojat di posting biar sedulur bisa berobat kesana gitu .. salim dulu ahhh emmmmuachhhh ..

  53. ass.masa allah tabarokalloh.teruskan perjalanan mu ojat. allah akan slalu mendampingimu amiin

  54. absen pagi d’temani segelas kopi hangat….sruputttt

    @alex: darie pada bikin recoh d’kampus ini mending ngopi ajja toh….xxxxxx

  55. ki waong alus yang terhormat dan bang ojad yang sakti tapi baik hati dan suka menolong saya bisa minta alamat nya kang ojad mana tau sewaktu hari nanti kami butuh pertolongan bang ojat apakah itu tetangga atau sanak saudara,,,

    salam sukses kwa

  56. Seperti ojat ini yg aq suka, aksi langsung. Bukan cuma omdo kayak orang2 wahabi/salafi, caci maki org tapi tanpa solusi.

  57. Bagian yang paling sy sukai dari artikel ini adlah :

    “Ojat berpesan, semakin tinggi ilmunya orang maka harus semakin rendah hati. Orang tidak berilmu rata-rata sombong, egois dan asal bicara. Orang berilmu bicaranya hati-hati dan tidak menyakiti hati orang lain. Justeru kalau bicara bisa membuat hati tenang, menghibur orang susah dan mengajak kepada jalan kebaikan.”

    Semoga bisa jadi pembelajaran utk kita semua…

  58. Semangat siang
    salam persaudaraan
    insya alloh itulah salahsatunya tujuan kwa memposting amalan2,doa,jampi2 monggo di pilih sekiranya mana yg cocok kemudian kita pelajari dan amalkan jika dah berhasil untuk diri kita pribadi dan kita bantu saudara2 kita.hidup kwa……….maju terus

  59. Ki Ojat kalau tidak salah suka badui dj daerah banten,
    suku badui orangnya sopan santun tidak banyak nyeleneh apa adanya,jangan sekali kali menyakitinya, suku badui terbagi 2 ada suku badui luar dan ada suku badui dalam, suku badui luar pakaiannya serba hitam atau biru dan banyak yang sudah masuk agama islam dan sudah banyak yang menunaikan ibadah haji,kalau suku badui dalam hanya dihuni 40 orang tidak bisa lebih- pakain khususnya serba putih agamanya masih animisme.ilmunya sangat tinggi.

  60. assalamu’alaikum
    KI WONG ALUS saya mw daftar jadi anggota KAMPUS WONG ALUS
    nama: Bayu Abdi S
    TTL:Lamongan,102 agustus 1996
    Hp:082140311775

  61. assalamu’alaikum
    KI WONG ALUS saya ingin daftar jadi anggota KAMPUS WONG ALUS
    nama: Bayu Abdi S
    TTL:Lamongan,102 agustus 1996
    Hp:082140311775

  62. assalamu’alaikum
    KI WONG ALUS saya ingin daftar jadi anggota KAMPUS WONG ALUS
    nama: Bayu Abdi S
    TTL:Lamongan,02 agustus 1996
    Hp:082140311775

  63. Semangat malam smua…
    Salam salim salam rahayu bwt smua
    Poro sedulur kulo Ijin melu nyimak nggeh,monggo dilanjut…

  64. @mantra agar kuat puasa
    bismillahirrohmanirrohim
    niat ingsun dan gawe kelakuan kiyai budug basuh nyai dewi rarasari aja maras ati nira bakal tak titi dena tangga wetan,kidul,kulon,lor yen ingsun wis tutuk gawe kelakuan bakal tak balekaken maring pasar jegal panjang..
    Lakunya..sebelum puasa ambil nasi satu kepel+lauk pauk dan bc mantra 3x selanjutnya di makan sampai habis,
    salam dan smoga ada manfaatnya..swn

  65. wualah jam segini ko kelas masi kosong.!
    Hoy yok pd melebu…ni ada yg anget2,lumayan buat camilan…

  66. absent malam…
    selamat sedulur sedoyo…
    Ki Alus.. saya kangen Postingan tentang pengalaman panjenengan…kapan2 di posting lagi dong…

  67. ki harsa
    njih segeng dalu oge ki..malam2 enaknya minum yg anget2 ki,,he5
    wedang jahe,
    yg lagi mesam mesem sapa ya.?wkwkwkwkwk

  68. @ yulovka, selamat datang dan bergabung dgn kami, semoga kita bisa saling asah asih asuh. salam paseduluran. nuwun

  69. @ wulyojati, aku kirimi pisang panggang lapis keju cap rajeh magrobi. selamat menikmati sent…..

  70. @Presiden…….. apa khabar bos?
    @Wulyojati…….. pesen kopi susu mbah dua gelas.. hehe
    @wongwongan……. lamab g muncul lg riyadhoh ya…… wkwk
    @harsa………
    @Sapto………
    salam salim, met mlm aj….

  71. setuju Ki Wulyo ayo bareng nyruput jahe sambil nyemil gorengan dan bakar buhur wangi a mild..ngobrol pastinya ueeenak…
    yg lagi enyum2 biasanya baru gajian…rapelan…he.he.. : )

  72. wiiih ada Om Wawan Sleman …salam kangen Om…sesepuh kita nih…kapan bisa ngobrol2 lagi…

  73. ki harsa
    hahahaha
    betul ki,,jangan2 yg br dpat rapelan om wawan sleman ni,qiqiqiqi
    pantesan pesan pisgor nya byk amet..he5x

  74. ya lg ngilan mengilan hayo mampir dl sejenak utk menikmatin pisgor nya oce…
    Wawangan ayo di sambi ki.!

  75. @ harsa, hehehe bezuk di mendut kita ketemu kan.
    @ @ wulyo jati, rejeki nomplok itu ki. hehehe

  76. Asalamualaikum wr wb
    @ Om wawan hehe.. send tu pisang panggang untuk aye.. Lagi dikantor ni rehat sebentar sambil minum nescafe creamer tanpa gula.. Hujan lebat lagi.

    @ Mr 2 in 1 hehe… Mbah Khozin/Wulyojati
    Terima kasih share mantra puasa.

  77. Insya Om Wawan…tapi sabtu paginya harus balik lagi ke semarang masuk kerja..rencana naek bus ajah biar nyantai…naek motor kawatir hujan…
    @Ki Wulyo : happy ikut seneng dapat kabar Om Wawan dapat rapelan he.he..

  78. Insya Allah Om Wawan…tapi sabtu paginya harus balik lagi ke semarang masuk kerja..rencana naek bus ajah biar nyantai…naek motor kawatir hujan…
    @Ki Wulyo : happy ikut seneng dapat kabar Om Wawan dapat rapelan he.he..

  79. ijin nyimaks,, semoga banyak lagi muncul, Ojat Ojat yang lain, bisa berbuat banyak untuk kebajikan orang banyak.

    Didepok ada Opung Nurdin tukang urut tradisional dengan minyak klapa hijaunya yang ampuh, dia bisa mengobati 8 macam penyakit yang berkaitan dengan pencernaan mag tipus db sakit kuning, usus buntu mau operasi, termasuk penyakit borok parah atau patah tulang, dia bisa dipanggil ke wilayah jakarta dan sekitarnya di 08159996827, atau 081310079396, cuma dia minta mahar berkisar 80-100 plus minyaknya dua botol kecil, tapi cukup meyakinkan, kalau tanya dapat kabar dari mana, bilang saja dari bapaknya Kembar,,,

  80. zizah37
    selamt beraktifitas ya mbak..!?
    E ya tu amalan bias sy baca kl lagi ga punya makanan ko mbak..jd biar kuat ga makan 2/3 hari gt lo..wkwkwkwk

  81. @ harsa, kalau mau nginep bisa ditempat mas cah mumet.
    @ tokek, wah disiu hujan ya. sudah bawa jas hujan ki

  82. @ harsa, kalau yg itu sih tinggal nyari tempat sepi, beres dach, gratis bin rahasia

  83. atur nuhun Boss infonya …saya emang belum paham medan candi mendut tp rasanya pengen melek bareng disana dengan sesepuh yg lain biar ketularan karomahnya…eman2 kalo bwt tidur.he.he..
    smoga ndah hujan yah…

  84. @mbah wulyojati.,.
    @om wawan.,.,.
    @mbak zizah.,.,
    @sapyo.,.,
    @harsa.,.,
    @bagus samiaji.,.,
    @aki tokek.,.,,.,
    met malam.,.,.,.sedoyo mawon.,.salam cinta damai.,.,,
    mbah wulyojati,.,,kelasnya ko’ sepi yaaa

  85. hagus samiaji
    salam rahayu ki
    e ya kira2 bs gratis ga ya.?
    Krn di sini hrs serba gratis lo ki,.hehehe

  86. @ wulyojati, ada ki. di sana ada goanya, tapi tarif masuknya mahal ki , wkwkwkkwk
    @ haryo, monggo ki wedangnya di unjuk

  87. mas haryo
    wilujeng tepang ki..
    Kumaha damang.?
    Om wawan s
    ntk kl ke mendut sy mau nginap di GOA aja om..ada ga GOAnya.?wkwkwkwk

  88. Om Wawan …siaaaap Bossss kalo memandu sesepuh mantap hati ini jadinya..he.he..:)
    sekalian ijin pamit dulu kerjaan dah selesai…kayaknya mau hujan juga…
    pareng…
    salem sejahtera semuanya , semoga semua makhluk berbahagia

  89. Salam Mas Haryo met mlm juga
    @ Saudara Wulyojati, Ada ngak amalan untuk menahan rasa sedih?
    Maksud aye ngak mudah ngeluarkan air mata.

  90. salam salim,asah asih asuh, sdoyo sespuh,pnisepuh,lan sdoyo bolo2 alus sedoyo…^__^..
    mo share amaln than lapar jg nih,,ada 2 versi,,
    asmak tahan lapar.1.

    bismilahirrohmanirrohiim;
    ALLAHUMA SAKAROTUL MAUT,BADANKU GULUNG GEMULUNG,CAHYAKU TAHAN LUWE,MENENG-MENENG RIWENG-RIWENG,INGSUN RATU,INGGAL-INGGAL NGADEK SAKING KUASANE ALLAH..
    di tebus 313x,,3 mlam. dibaca shaja,,

    asmak tahan lapar .2..
    klentang klenting.guluku seng,wtengku si ciplu’an,di amin aking,warek tanpo mangan seger tanpo ngombe.
    Allahumma anta robbi laailaaha anta ilaihi ya Allah robbul ngalamiin..
    carnya sam diatas..

    salm all@..dulur sedoyo…

  91. manwan
    siaaap ki,sebagai hadiah ni pisgor+kofinya mumpung msh anget,di sambi njih..
    Mas haryo
    njih ki,mang mantap kl dingin bgn kl ada yg anget2 njih..!he5x

  92. tokek
    wah kl gt mantaaap..
    Om wawan s
    om wawan s
    om wawan s
    hehehehehehehehe
    siap ya om.?

  93. Aslkm wr wb. Alhamd lillah kwa tampil wajah, semoga dpt sbg wacana ato i’tibar buat kita. Amin. Mudah2n dr para sesepuh ada yg berkenan membabarkan ilmu2 yg bermanfaat bagi kemaslahatan umat, seperti utk mengusir hama ato wereng seperti ulat berbulu yg sdg melanda saudara2 kita di blora dan jawa timur…

  94. @ Saudara Wulyojati
    Aye lagi siap2 mau pulang kerumah, udah beres semua documents aye check. Hehe.. Pertanyaan aye belum dijwb tu

    Injin pamit dulu nnt dirumah setelah aye tunaikan semua kewajipan aye, InsyaAllah aye nyimak lagi.

  95. zizah37
    ntk di jawabnya di imail aza..njih..
    Ntk kl da nyampe rmh,da mandi dan makan dan beres2 hadir lg ya mbak.!?
    E ya,hati2 di jln mbak..

  96. utk mengusir wabah apa aza yg ada di kampung..
    Cari mata air yg tdk pernah berhenti ngalirnya dan di tawasuli dan di baca aza ayat kursi 41x,,usahakan masing2 rumah mengamalkannya..insya allah slama 3 mlm jg da habis..

  97. @mbah wulyojati blm mbah, biar ntar kalo saya suwon kerumah si mbah aja kt mampir sambil ziarah ke pesareane gus dur..Oke

  98. Aslkm. . .@mas khozin sae mawon@mas wawan @mas harsa@mbåk zìzah@pericentil@mas manwan@ sugeng dalu sedoyo mawon ,monggo lanjut

  99. @all ikut nyimak dh lama ndak nongol2 ko tdk da yg jual kopi yoo atau sate laper bgt ni mbah ifrit

  100. aki arek pare@… cra pakinya bca,3x..tiupkn ditangan usapkn d perut smbil di rasakn enrji tsbut berkerja di perut..qiqiqi,,,

    aki lembu suro@,,sugeng enjing
    aki waluyojati@,, salim cium tngan ki,,cup cup cup..
    aki cakji@ sugeng enjing..
    ir pangeran candra buana@.. morning juga,,,

    kog lom ada artikel baru ya,,, jadi agak jenuh niih.. pdhal ada bebrpa artikel yg sudah sedulur2 kirim…

    ngintip bntar,,cling,,ah,,,qiqiqi

  101. @mas presiden KWA met pagi mas, aku apik mas kabare ngapunten rodo telat njawabe meh keletan 50 koment (@kuwi ora keletan ning kelalen yo mas) piye weleh-weleh semakin kebak wae ngelmune mas wawan iki selamat yo mas.

  102. @wulyojati gtw bingung nih bnyk acara tp gpny picis ywdh ngedekem drmh sj hahaha ada yg mau nyumbang duit?

  103. assalammualaikum….salam kenal buat para sesepuh dan para sedulur kwa…kenalkan saya bogani totabuan berasal dari kaki gunung ambang di pedalaman sulawesi utara…
    saya sangat senang menemukan blog ini karena di blog ini semua khazanah ilmu nusantara di ulas….untuk itu izinkan saya sedikit berbagi mengenai ilmu yang berasal dari tanah totabuan….

  104. ustad ifrit
    hehehehe
    ngilan aja mbah.!kan bs ngilang,atau pake aza KM..tp awas keblabasan,qiqiqi

  105. @wulyojati terima kasih atas izinnya…
    Pertama-tama kita panjatkan puji syukur yg sebesar-besarnya ke hadirat allah azza wa jalla karena atas izin dan kuasanya kita semua bisa bertemu di blog kwa ini…
    Ilmu yang berasal dari tanah totabuan mempunyai 2 tingkatan yaitu:
    1.ilmu hulubalang
    2.ilmu panglima
    Untuk yg pertama kenapa di katakan ilmu hulubalang…karena ilmu ini memakai khodam yg berasal dari bangsa jin sedangkan ilmu panglima berasal dari khodam para malaikat allah…

    Inti dari semua ilmu yg di berikan oleh allah azza wa jalla adalah niat apabila niat kita dalam belajar ilmu untuk kebaikan dan kemaslahatan umat serta menjaga amar ma’ruf nahi munkar insya allah apa yg kita pelajari akan berkah…

    -Ilmu kebal-
    Assalamualaikum aliru mani alifu huja yah yu ruku bismillah
    Cara menggunakannya :
    Di baca saat mandi tapi harus mandi di antara pertemuan dua arus

    -Mahhabah-
    Assalamualaikum aliyana aliminya patala diri….(nama yang di tuju binti nama ibunya) patiri nyawaku….(nama kita bin nama ayah)

  106. salam salim sdulur smua……..
    @Bogani totabuan : apakah tatalakunya begitu saja…
    trus yang termasuk dalam ilmu yg pny tkt
    1.ilmu hulubalang
    2.ilmu panglima
    yang mana ? maaf kalo kurang berkenan……..

  107. @ki bogani salam tanob bo tompia saya juga berasal dari totabuan sudah lama saya tunggu2 akhirnya bogani turun gunung juga. Mohon maaf bogani saya mau tanya kenapa setiap kali kita mau masuk ke desa jin tempat sesepuh tanah totabuan tinggal kok nggak bisa masuk cuma kesasar sampai di pesisir pantai….apa yang salah ya….?

  108. bogani t
    monggo di babar secara lebih rinci agar sedulur yg lain tdk penasaran lg ki,swn

  109. Assalamualaikum…
    @galih ilmu yang saya share di atas masih dalam tahapan tingkat ilmu hulubalang dan tata lakunya tidak rumit itulah mengapa saya mengedepankan niat karena semuanya tergantung niat kita..
    @ki wulyojati silahkan ki semoga ada manfaatnya…
    @izrail yang salah adalah niat kamu..untuk masuk ke desa jin dan bertemu dgn para sesepuh haruslah dgn hati yg bersih dari sifat dendam,iri,dengki dan cinta dunia karena para khodam yg menjaga portal masuk melihat maksud dan tujuan kamu datang

  110. bagoni t
    wah mantap ki,utk yg msk alam jin..sy tunggu amalanya dan supaya di share jg di sini ki,,sy duduk sampai amalan di tulis lo ki..qiqiqiqiqi
    maklum ki sy ga bs apa2 dan pingin belajar ni ki..he5x..kopi+pisgor sdh sy siapin ki.!monggo di cicipin..

  111. absen salam tuk bolo alus@mbah mulyo jati sudeng siang@ir pangeran buana@ki bogan@kangmas putra argo…@kng patra@cah lawu@manwan@om wawan@mbah gatoloko trimakasih ki saya udah ngates ajian sp5p wah ma nyus ki ki tingal 2 tahap lg mudah berhasil ki@syeh lemah abang .@argodumilah@tak bernama@om haryo@selamat siang semua nya mudah2 anda semua di berikan kesehatan dan rizki yg berlimpah hidup damai aman dan makmur amin

  112. angger cemani
    salam salim salam rahayu ki,dan selamat beraktifitas njih..
    Sy lg menanti pelajaran dari ki bogani t,,hehehe

  113. maksih @MBAH MULTOJATI@ saya kuliahnya nanti sore aja yah sekarang masih sibuk .salam buat dosen nya ki bogani nanti saya nyontek dari sampean aja …

  114. Absen
    salam takdzim dan salam rahayu
    @ki wongalus
    @mbh wulyojati
    @ki bogani t
    @ki angger cemani… Sama ki mudah2an anda sekeluarga diberikan limpahan rizki, rahmat, ketentraman jiwa, serta ridho dr Alloh SWT. Amin

  115. @wulyojati sabar,sabar,sabar maksud izrail di atas desa jin bukan alam jin karena di namakan desa jin di desa tersebut tinggal para sesepuh tanah bogani totabuan.. yg dinamakan bogani adalah seseorang yg di percaya menjaga adat dan warisan pusaka dari para leluhur bogani sebelumnya dan desa tersebut sangat sulit di masuki oleh orang-orang yg mempunyai niat yang tidak baik makanya orang-orang menamakannya desa jin kalau amalan memasuki alam jin saya rasa di blog kwa sudah sering di share para sesepuh kwa jadi saya hanya tinggal menambahkan.
    untuk masuk ke alam jin caranya pergilah ke bekas reruntuhan bumi lakukan sholat hajat sehabis sholat tawwasul kepada rasullulah s.aw,keluarga dan para sahabat, malaikat muqoribin dan qoribin, nabi khidir a.s, syekh abdul qadir al jailani….lalu bacalah
    Ayatul kursi 3x
    Al-falaq 3x
    Al-ikhlas 3x
    An-nass 3x
    Al fatiha 7x
    Lalu membaca doa:
    “bismillahi tawakaltu’alallah wa laa haula wa laa quwwata illa billah ”
    (dengan menyebut nama allah hanya kepada allah daku berserah diri dan tiada daya dan kekuatan kecuali kepada allah)

    “Allahumma bika ashuulu wa bika ahuulu wa bika asiiru”
    (ya allah dikaulah pembelaku darimu kekuatanku dan karenamulah perjalananku)

    Lalu buatlah lingkaran di sekitar tempat kita melakukan sholat dengan niat yg membuat lingkaran ini adalah syekh abdul qadir al jailani karena apabila bala tentara jin tiba-tiba datang mereka tidak akan berani melewati lingkaran yg telah di buat oleh syekh abdul qodir al jailani.

    Setelah itu baca doa
    “subhanaka inni dholamtu nafsi faghfirli fainnahu laa yaghfiru dzunuba illa anta” pandang langit dan tersenyum (sedekah tolak bala)
    Selanjutnya dzikir allah sebanyaknya-nya sampai terbuka pintu gerbang alam jin apabila ada jin yang menjemput berilah salam apabila jin tersebut tidak menjawab salam maka bacalah doa “wa maa ramaita idza ramaita wa laa kinnallaha ramaa” karena jin tersebut di utus oleh ifrit untuk mencelakakan manusia dia akan lari kepanasan apabila mendengar doa ini.
    apabila jin muslim yang menjemput dia akan lebih dulu memberi salam dan jawablah dengan salam yang lebih baik agar jin tersebut senang…

  116. @bogani totabuan…..pertanyaan saya di koment postingan yg anda posting tolong di jawab ya….
    salam kenal dari saya yg miskin ilmu dan haus akan ilmu……..

  117. Ass Wr. Wb.
    Bang Ojat,
    Bersaksi bahwa semua itu adalah “Pemberian” dari-Nya.
    Sebuah fenomena keilmuan tingkat tinggi,
    Menggabungkan yang Ghaib dengan yang Nyata.
    Sungguh yang ghaib tetap tunduk dan patuh pada segala ketentuan-Nya.
    Subhanallah.
    Yang Memiliki Kehidupan dan Yang Maha Hidup.
    Segala Puji adalah Milik-Mu.

    Wassalam.
    mas Hu

  118. Assalamualaikum wr wb

    saya mohon minta tolong, adakah yang tahu alamat pengobatan OJAT di Banten karena saya sekarang sedang sakit perlu pengobatan segera, sekalian minta no telponnya. terimakasih
    Alamat Email saya agus75jaruki@yahoo.co.id

    Mohon jawabannya makasih

  119. Qobiltu, saya trima SEMUA KEMAMPUAN OJAT secara lengkap, sempurna, dan bermanfaat seketika ini. AMIN.AMIN.AMIN.
    Untuk segala hajat, keperluan, dan segala manfaatnya. AMIN.AMIN.AMIN
    THx :D

  120. alamate pundi mang ojat, ane pengen berobat abis cedera maen bola sampe sekarang belum sembuh, sudah ke dokter belum ada hasil, terimakasih, tlg bagi alamatnya di email saya yunirembang@yahoo.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s