KABAR BADUI TERKINI


As.Segala puji syukur saya panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi, tak lupa sholawat dan salam saya panjatkan kapada Nabi Muhammad SAW,yang mana dengan ridho Nya saya bisa berbagi,mencari,dan belajar berbagai macam ilmu sebagai jalan mencari ridho Allah SWT.

Di awali dengan ucapan terima kasih saya kepada KWA,saya ingin mengungkapkan suatu informasi tentang Kabar Baduy Terkini. Tak lupa, saya mohon dengan sangat atas bantuannya kepada sodara-sodaraku di manapun berada untuk menyelamatkan aset kita sebagai bangsa yang menjunjung tiggi nilai-nilai kebudayaan nenek moyang kita.Mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan sodara-sodaraku di blog KWA tercinta ini.

Dalam Riksa Budaya Sunda 2011 yang diselenggarakan di kampus UPI oleh mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah , saya bertemu dengan salah seorang warga Baduy yang berjualan kerajinan berupa iket, tas, gelang, kalung dsb. Produk tersebut menjadi sumber penghidupan selain dari hasil cocok-tanam, kalau saja bisa terjual dengan harga wajar. Sayangnya banyak pembeli yang terlihat sangat mengerti tentang arti dari produk kebudayaan (yang sering terdengar dari percakapannya), tapi tidak mampu mengaplikasikan. Hanya mau membeli dengan harga murah. barangkali karena penjualnya tidak punya nama atau gelar budayawan atau seniman? sehingga mereka menyamaratakan produk kebudayaan yang dijualnya dengan ikan asin peda atau es krim?

Kata orang Baduy yang tidak terlalu pintar dengan tekhnik jual-beli ala “modern”: Tidak apa-apa dibeli dengan harga murah juga. Yang beli kan masih sodara, masih orang Sunda. Kasihan mau pake gelang tapi tidak punya uang.”

Tidak heran kalau dia sering sekali gulung tikar. Hasil penujalannya habis oleh biaya produksi dan transfortasi.

Melalui beberapa gelas kopi dan rokok yang dinikmati bersama, saya bisa mendapatkan informasi bagaimana keadaan masyarakat Baduy sekarang. Mereka gelisah dan kebingungan. Sebabnya memang sangat klasik, diusik oleh pihak-pihak yang serlalu bicara lantang di televisi tentang kebudayaan yang harus dilindungi dan dijunjung tinggi …… dan sebagainya lagi. Tapi di belakang layar mereka menjadi anjing. Ya, anjing! Kalau bocah cilik masyarakat Sunda yang belum sekolah, menyebutnya “gogog”. Anjing itu, saat ini sedang menyantap Baduy seperti tulang.

Orang asing dari mancanegara yang sangat diharamkan memasuki wilayah Baduy, sering tidak diketahui kedatangannya. Tahu-tahu mereka sudah keluar dari Baduy Dalam (wilayah Baduy yang hanya dihuni oleh para tetua kampung adat dan dianggap sebagai tempat suci). Warga baduy juga tidak mengetahui mereka bisa masuknya lewat mana. Mereka bisa pergi tanpa ada sangsi dari siapapun. Lalu aparat Banten bagaimana? Menanggapi pertanyaan itu, dia hanya tersenyum.

Rahasia-rahasia masarakat Baduy yang memang sangat dirahasiakan, telah dibongkar dan dibukukan oleh anjing-anjing tadi. Buku itu telah disebar luaskan. Ironisnya lagi, masarakat Baduy yang tidak bisa membaca pun diberinya beberapa. Masarakat Baduy yang ahirnya tahu tentang isi buku tersebut, bisa apa lagi selain gelisah dan memaki angin.

Setelah keadaan Baduy diketahui oleh anjing-anjing yang lebih senior, di sana didirikan pula tambang minyak yang tentunya menjadi kegelisahan baru yang tidak bisa terbayangkan lagi ketika saya mendengarnya.

Beberapa budayawan,seniman, serta mahasiswa (semuanya asli bukan hanya status) telah melakukan beberapa bentuk protes atas kejadian-kejadian tersebut. Hasilnya, menurut orang Baduy, semakin menggelisahkan karena tidak ada pencerahan sama sekali.

Ketika menulis catatan ini, saya masih mengingat bisikannya kemarin sore sebelum beliau pulang kembali ke Baduy: gera hudang ulah tiris bae, lawan ku seuneu, seuneu nu tiis. Gera tulungan, Baduy geus gareheng. Lain ku panas lain ku usum halodo….. Segeralah bangun jangan bersikap dingin, lawan oleh api, api yang dingin. Cepat tolong Baduy yang telah gosong. Bukan gosong karena panas musim kemarau…. ”

Was.
Mama Karta
nurkarta@yahoo.com
085320186426
085624146749

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 42 Komentar

Navigasi pos

42 thoughts on “KABAR BADUI TERKINI

  1. Aditya

    Keduaxx skrg mah..ga kedupaxx..

  2. ki ageng ustad ifrit

    Ke tiga

  3. 4,,,,qiqiqi

  4. Absen..

  5. mBejujag

    10 besar

  6. pecinta dunia

    ???

  7. angger cemani

    hadir

  8. Wulyojati

    7

  9. Andri

  10. Ijin nyimak

  11. bejujag

    8. Absen siang. Sempurnaa..

  12. absen siang ,,,,,,

    salam sejahtera to ki wong alus dan semua sedulur K.W.A…….

    Oh ya ki kebetulan @kiwong alus ada disini ,
    boleh gak ane bertanya ?????????

    gimana caranya mendaftar menjadi anggota K.W.A ??????

    ijin pamit ki ,,,,,

    ane mau menghilang dulu ya ….
    cling,,,cling,,,cling,,,,,

    he,,,,he,,,,he,,,,he,,,,he,,,

  13. anak nelayan daha

    heemmm.. (maaf, lagi merenung)

  14. Ardaloka

    Nymk

  15. Nyimak dan absen ke 16

  16. Salamm,,

  17. Nyimak smpai klimax

  18. kunchen

    nyimak

  19. Bocah lawu

    Nyimak

  20. ABSEN HADIR DI KAMPUS TERCINTA

  21. Prayoga gemilang

    wah nicknamenya nama2 baru semua.apa cuma ganti nickname aja ya?
    salam utk soemua warga kwa.

  22. Prayoga gemilang

    ki gatoloco,qobiltu ilmu menarik uangnya ki.saya lg amalin tp blum dpt sasmita gaib.

  23. ki_tapai

    salam bwt dulu2r smuanya.. Salam ki @gatoloco..

  24. bagus samiaji

    tulungan kang!! lindungi wisdom lokal yang menjunjung tinggi kearifan,

  25. absen malam,,,,

    semangat malam bolo wong alus …..

    salam kenal to @prayoga gemilang …….

    n3 @prayoga gemilang yg ada di majalah misteri atau bukan ?????

    ngintip dulu ah ,siapa tau ada postingan terbaru …

    he,,,,,he,,,,,he,,,,he,,,,,

    he,,,,,

    wah disini turun hujan ….

  26. laskar lembu suro

    semoga AllAh melindungi para kaum badui dan seluruh mahluk ciptaanya

  27. ahsugianto

    saya turut prihatin atas kondisi ini, sy hanya bisa berdoa semoga Alloh memberikan kekuatan, ketabahan dan jalan keluar yang terbaik…YA ALLOH, HAK MUTLAK ITU HANYA MILIK-MU, SELAMATKANLAH SAUDARA-SAUDARA KAMI SEMUA SUKU BADUI DARI TANGAN-TANGAN BATHIL, BERIKANLAH MEREKA PERTOLONGAN-MU. SESUNGGUHNYA TIADA DAYA DAN KEKUATAN MELAINKAN HANYA KEKUATAN-MU SEMATA…AMIIN YAA ROBBAL ‘ALAMIIN.
    ALFATIHAH…..

  28. Ndaru Cemlorot

    Salam penuh semangat, wah ini sungguh memprihatinkan, kami mungkin hanya bs ikut prihatin dan berdo’a smg dulur2 kita mendapatkan hak yg sama dgn warga bangsa yg lain…sungguh sebuah “IRONI’ di Negeri yg kita cintai ini, yg kurang begitu beruntung, kurang pintar, yg miskin akan semakin tertindas dan semakin terpinggirkan….. smg pemegang amanah rakyat Negeri ini bisa mendengar jeritan saudara2 kita yg lg meratapi nasibnya. sehingga alam tdk semakin murka, na’udzibillahi mindzalik,,, sabar dan sabar….itu kata pamungkas. salam

  29. hadi

    Assalmu’alaikum wr.wb.Yah begitulah ironis memang dan inilah yg sangat membuat saya kesal dan marah karena sya tidak bisa berbuat apa-apa selain turut prihatin dan bantuan do’a insya Alloh dapat bermanfaat,terima kasih.Salam kangen selalu kepada para sespuh kwa dan sedulur sekalian.

  30. saya sungguh prihatin dengan kondisi ini tanpa disangka dan diduga wilayah saudara kita telah di rusak kebudayaannya apa yang harus kita lakukan untuk menolong saudara kita, adakah solusinya untuk menyingkirkan gogog-gogog itu…? dengan apa? kalau aparat hanya tersenyum menanggapinya siapa dalang sesungguhnya?

  31. salam salim to sesepuh dan bolo wong alus …..

    ironis memang ,begitulah yg terjadi. dan kita hanya bisa berharap dan berdo’a serta berusaha agar saudara2 kita suku badui mampu untuk mempertahankan jati diri dan budaya mereka. sehingga budaya mereka tetap lestari.

    maju terus suku badui ,kami selalu mendukungmu…….

    semoga kalian bisa menjaga dan melestarikan budaya bangsa ini …….

    seperti kata pepatah ;
    BANGSA YG BESAR IALAH BANGSA YG BISA MENGHARGAI KEBUDAYAAN2NYA …

    Jadi tetap pertahankan ekstansi kalian ,,,,,,

    buktikanlah kepada dunia bahwa kalian layak untuk diakui …….

    merdeka….merdeka……
    …..merdekà….merdeka….

    ud kàyak mo 17an z ,,,,

    hehehehehehehehehehehehehehehek,,,,,,,

    maju teru pantang mundur.

    oc…..

    berangkat lagi ….

    brommm..push…!!!!!

  32. Raden Anom

    saya sungguh prihatin dengan kondisi ini :
    Kamarana jaro ? geura teang ku dia kaadilan nu pasti, beu ulah caricing di buri bae daria !!!!!

  33. ade

    @prayoga gemilang :apa kabar…?iya satu orang berjuta nama..?
    saya kira begitu,…

  34. hary

    absen sore

  35. Patramantra

    Saya ikut prihatin semoga pemerintah bisa mengambil kebijakan yg memihak suku badui

  36. Abdullah

    salam prihatin saudaraku suku baduy, memang anjing ini memiliki uang dan teknologi, yang mereka manfaatkan dengan sepenuhnya untuk mencari keuntungan bagi mereka, tanpa harus bermoral ria memikirkan suku lainya, ambil saja contoh suku maya di amazon yang sekarang menjadi lokasi pariwisata setelah dimasuki oleh anjing dengan modalnya, hal ini terjadi karena penguasa tidak “berkuasa” terhadap uang dan hutang yang selama iini di berikan oleh para anjing dan anteknya.
    Disini saya ingin mengetuk INOHONG SUNDA, yang katanya menepuk dada sebagai Teureuh SILIWANGI.. yang hanya pandai berkoar saja tanpa aksi, kondisi sekarang sudah seperti ini, tunjukkan bahwa kalian ini pemilik budaya dan masyarakat Sunda, bukan cuma “hayang kapuji dan hayang kapinton saja”, cuma sibuk dengan atribut, totopong-lah, pangsi-la, kampret-lah, bukan itu tapi bagaimana keperdulian kalian dalam menjaga budaya warisan leluhurmu.
    Buat saudaraku Urang Baduy Luar dan Urang Baduy Dalam, janganlah tergiur oleh iming-iming akan ditayangkan lewat TV, itu cuma sarana iklan mereka, usir saja. dan kalo anjing itu kelak muncul “baledog” ku Werejit, ku teluh, Ku Balongkeng. biar kapok.
    sallam…
    cag teundeun di handeuleum sieum
    cag tunda dihanjuang siang
    paragi nyokot ninggalkeun

  37. selamat pagi bolo wong alus……..

    jangan takut untuk menjadi indonesia…..

    tuangkan saja segala upaya ……

    untuk menjaga budaya bangsa kita……

    dari sabang sampai merauke ,berjajar pulau-pulau……

    kami anak melayu……
    asli indonesia……

    ini lagu melayu……..
    made in indonesia……

    ………”””……”””…..”'”,

    walaupun suku ,agama dan ras kita berbeda.tapi kita tetap menjadi satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu tanah air indonesia, bangsa indonesia ,dan bahasa persatuan kita bahasa indonesia……..

    maju terus indonesiaku….

    semangat ,,,,semangat,,,

    tetap lestarikan budaya bangsa ini…..

    hehehehehehe,,,,,,

    salam perdamaian …..

    …..wkwkwkwkwkwk…….

  38. arif fianto

    ikut nimbrung ja.

  39. wong faqir

    duh nelongso hati ini,apakah sedemikian mlorot peradaban kita.sering bgt di televisi dan internet q baca tentang pentingnya menjaga kebudayaan daerah tp trnyata nun jauh di pedalaman sana nasib suku badui bgt tertatih.hayo gak usah nunggu ada komando tuk membela suku badui dr penghinaan ANJING2 TANAH itu,qt lakukan dgn cara qt masing2 hingga menuai hasil.
    Keep asah asih asuh .

  40. deling jati

    salam sedulur kabeh…. kembalii pada hukum alam, ada aksi paasti ada reaksi. seberapa jauh sedulur baduwi mensosialisasikan hasil karyanya dan bagaimana kualitasnya, jika usahanya maksimal dan hasilnya bagus (unik, menarik dan dikemas selera pasar) pasti hasilnya wahh…..go international. jangan menyalahkan pasar atau masyarakat manapun, mereka adalah raja yang bisa membeli apa saja. ini adalah tantangan jaman yang harus dijawab oleh dulur baduwi dimana saja berada. ITU KAN KULIAH SAMBIL DAGANG, JADI HASILNYA YA SAMBILAN KANG!! jangan mengkambinghitamkan kebudayaan dan masyarakat yang menciptakan kebudayaan. sukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: