KWA NASIONAL II NEWS — Medio April 201


PENGUMUMAN DAFTAR SOHIBUL IJAZAH TERBARU DAN SUSUNAN ACARA CANDI MENDUT SALAMAN MAGELANG JATENG,HARI TANGGAL JUMAT DAN SABTU 22-23 APRIL 2011.

Bismillahirrahmanirrahiim……

Segala Lantunan Puja dan Puji Bagi Allah sang Raja Semesta Raya Sang Maha Sempurna dan Maha Tinggi.

Atas segenap karunia dan rahmat serta limpahan kasih sayang dan curahan-Nya shg acr yg kt rencanakan dan kt gaungkan jauh2 hari tetap terlaksana mskpn ditengah gossip dan isu tentang tertundanya bhkn batalnya acr ini yg telah dihembuskan oleh berbagai pihak,tapi segenap panitia dan pengurus blog tetap konsisten dan komitmen dengan PILIHAN dan UCAPANNYA. Semua tetap berjalan sesuai dgn apa yg kt rencanakan dan telah kt tetapkan dlm rapat besar maupun rapat internal kecil2an.

Semua semata mata kt lakukan demi kebersamaan dan demi paseduluran guna menambah paseduluran dan menambah wawasan jg menjadi bahan referensi dan cerita kt disuatu masa maupun di masa yang akan datang. Bhkn mjd suatau kenangan bagi kt semua yg senantiasa akan tersimpan dan terkenang dlm hati dan jiwa kt. amin.

Sebelum susunan acr ini kt sampaikan secara lbh terperinci,berikut ini kami sampaiakn kmbl beberapa sesepuh yg krn sesuatu hal beliau2 menunda kehadirannya disaat ini dikarenakan beberapa hal. Diantara bbrp sesepuh dan sohibul ijazah yg berhalangan hadir adlh :

1). Ki Bams Satria,karena beliau sbg salah satu khalifah yg ckp dituakan dlm klrg besar beliau,beliau berhalangan hadir krn pd tanggal dan hari yg bersamaan,beliau ada acr yaitu sbg wali u/pernikahan salah satu klrg beliau,shg beliau memohon maaf atas penundaan wkt beliau u/menjalain silaturahmi kali ini,beliau menitip salam dan memohon doa kpd kt smua,smg acr klrg besar beliau dpt berjalan dgn lancer,baik dan aman. Amin.

2). Ki Rizal Raja Kelayang,beliau jg menunda kedatangan beliau di tahun ini buat berkunjung dlm ajang silaturahmi kali ini,krn ibunda tercinta beliau sdg sakit dan smpt dirawat di RS Siloam Singapoore Hospital selama hmpr sepekan. Sdg masa2 ini adlh masa pemulihan dan penyembuhan bagi ibunda tercintanya. Shg sebagai bakti,penghormatan beliau kpd ibunda beliau,beliau smntr ini menunda kehadiran beliau di acr gathering ini,dan menitip salam hormat dan salam paseduluran beliau kpd segenap bolowongalus dan segenap sesepuh dan semua aktivis blog wongalus. Beliau menitipkan 9 kumis manusia harimau u/diserahkan sbg zakat beliau dan ijazahan beliau kpd segenap sedulur yang hadir di candi mendut nntnya,mustika ini dmn apbl harimau tsbt mati,maka kumis ini akan ikut musnah atau ghaib. Smg yg berjodoh beruntung skl bagi yg mendapatkan mustika ini.

3). Ki ageng Ungaran,beliau menunda kehadiran beliau krn beliau sdg sakit,yg msh membutuhkan penyembuhan dan pemulihan sakit beliau. Beliau menyampaiakn permohonan maafnya kpd segenap poro sedulur semua dan segenap sesepuh atas penundaan kehadiran beliau ini. Salam takdzim dan salam Paseduluran beliau buat segenap sesepuh dan segenap sedulur2 bolowongalus.

4). Ki Sabdo Langit,beliau menunda kehadiran beliau krn ada schedule pekerjaan yg tdk bs ditinggalkan pd tgl tsbt,krn ada tugas di Kaltim. Beliau nitip salam hormat dan salam paseduluran buat sedulur KWA dimanapun berada dan khususnya peserta gathering nasional di Candi Mendut.

Mari kt doakan kpd beliau bertiga smg apa yg saat ini beliau2 hadapi dpt segera terlaksana dgn baik,lancer dan membawa keberkahan jg manfaat bagi smuanya, dan bagi yg skt sgr sembuh,sehat dan dapat beraktivitas sebagaimana mulanya. Amin amin amin…..amin….alfatihah…sent….

Demikian sekilas informasi kpd segenap sesepuh yg berhalangan hadir maupun menunda wktnya.

Berikut kami smpkn susunan acr di CANDI MENDUT hari tanggal Jumat dan Sabtu tgl 22-23 april 2011.

Hari jumat Tanggal 22 april 2011-04-15

13.00 s.d jam 15.00 Pengisian daftar kehadiran poro sedulur bolowongalus

15.00-15.30 shalat ashar

15.30 Doa pembukaan yg dipimpin oleh Ki Ageng Jembar Jumantoro

15.45 s.d 17.00 Perkenalan segenap sesepuh,sohibul ijazah dan perkenalan via absensi kpd poro sedulur.

17.00 s.d 17.45 Ki Angon Tausyiah Sangkan Paraning dumadi

18.00 s.d 19.30 Ishoma

1930 s.d 20.30

1)Ki Abdul Jabar Cracking The Milionaire Code, merupakan meditasi yg membuat hal-hal yg keberadaannya terjadi pada angan-anagan (immaterial) merubah keberadaannya akan menjadi kenyataan. Jika Anda menempatkan keinginan Anda atau berharap itu akan terwujud di dunia (nyata) material, visualisasi setiap aspek secara detail. Bisa berupa rejeki,harta dan hajat.

2)Ki Abdul Jabar….Pembangkitan energi sedulur batin

20.30-22.00

1)Den Bagus Pengajaran dan Paraktek laku prihatin antar dimensi. Melatih hati dan fikiran kt u/memvisualisasikan benda immaterial menjadi material yg bs dilihat dan dirasakan oleh indera kt.

2)Ki Gatoloco Pemahaman dan pengertian hakekat ilmu sihir

22.00 S.D 23.00 Raka Mas Jambrong Asma Kewibawaan Agung Jilid II dan Terawangan tnp ritual dan puasa,diharapkan peserta yg mengikuti pengijazahan ini diharapkan menyiapkan AIR AQUA botol buat diisi dan penyelarasan doa.

23.00 s.d 01.00 Raden Sancang Ungu, Wisata Alam Ghaib.

01.00 s.d 07.00 Istirahat

07.00-0800 Ki Wongalus dan Mas Kumitir, Saresehan tentang peranan dan fungsi sosial budaya spiritualisme dan ilmu hikmah di Indonesia di masa lalu dan masa sekarang yg modern.

08.00-09.00 Ki Camat Krian Pelatihan dan praktek NLP, Hipnosis dan Reiki

09.00 10.00 LINE I Ki Ageng Jembar Jumantoro Penyelarasan Asmak Sir Langit,silahkan bagi sedulur2 yg rncn ikut penyelarasan u/menyiapkan air mineral 1 gelas dan daun sirih temu rose 3 lembar yg memetiknya disertai dgn pang daunnya jd bkn hanya daunnya sj,tp pang ato gagang ato dahan kclnya hrs dsertakan jg. Bagi yg krg jls mslh daun temu rose bs menghubungi ke beliau.

LINE II Gus Santri Blitar mengijazahkan : Ilmu falaq u/perjodohan,Doa rizki kubro,Mahabah/kewibawaan(mahabah sulthon),doa ketentraman dlm bermasyarakat dan berumah tangga.

10.00-12.00 Pengobatan dan terapi ini terdiri dr beberapa subline,kami persilahkan buat menyesuaikan dgn jadwal dan keprluan msg2 pribadi dan hajatnya. Trmksh.

Line I Ki Cipto Husodo dgn pengobatan terapi listrik,terapi bekam,pijat refleksi dan penotokan.

Line II Pengobatan dgn wasilah air kombinasi mustika merah delima dr bbrp sesepuh yg berkenan mengamanahkan mustika2 beliau buat digunakan dlm pengobatan ini. Diantaranya mustika merah delima dr

1)Sanghyang Jengkangalam(1biji), 2)Ki gentar Alam(1biji) 3)Raka Mas Wawan blora(1biji)

Yg rncn akan kami kombinasikan dgn air shalawatan nariyahan dr majelis Alhidayah,pusaka mustika bambu pethuk,omyang jimbe penambah beras yg diperoleh wkt riadoh dimakam Empu Supo Kadilangu Demak. khususnya u/menetralisir dan penyembuhan dr energi negatif,memperkuat pancaran kharisma,penguat aura kerejekian penglarisan tentunya dgn seijin dan ridho Allah.

Line III Sebagaimana acr digedong songo kami kombinasikan kmbl ada rajah syifa jabalut,zam zam asma’.

LINE IV Minyak MJS (minyak jaya sampurna) minyak yg trbuat dr kelapa hijau khusus yg dibuat oleh sesepuh Ki Raja Raungan. u/mengobati penyakit medis :jantung,kista,migrain,stroke, dll. dan non medis berupa santet,pelet,ilmu hitam,teluh pelet.(dr Gus Nur Dan Majelis Nur Langit)

LINE V. Bubuk Sidr(racun bagi jin fasik) yg berguna u/ruqyah bagi jin fasik ato lokasi angker. agar mjd netral dan bersih. .(dr Gus Nur Dan Majelis Nur Langit)

LINE VI Minyak MSA Minyak semesta Alam,terbuat dr beberapa bahan alami,u/mengobati keseleo,pegal2,patah tulang,retak. .(dr Gus Nur Dan Majelis Nur Langit)

Doorprice Doorprice Doorprice…..akan diberikan di sela2 acara mulai dr hari jmt sore s.d hr sabtu siang.

I ) KI RIZAL RAJA KELAYANG insya allah rncn men-Zakat-kan 9 (sembilan)helai kumis manusia harimau. tujuh helai bagi para sedulur yg hadir di acr silaturahmi yg beruntung dan dua helai bagi panitia yg beruntung via doorprice.

II) GUS NUR Sodakoh tujuh batu alam hasil kontemplasi dan pengijazahannya,berikut garam asma’penyelarasan bagi penerima batu alam tsbt,yg digunakan buat mandi u/menetralisir hawa hitam dlm badan dan sbg penyelarasan aura.

1200-1300 Ishoma

13.00-14.00 Pengijazahan Langsung

Asmak RDR dan lainnya oleh beberapa sesepuh dan segenap aktivis blog wongalus.

1400-1430…PERPISAHAN DAN PAMITAN…….

Salam Pamuji Rahayu….Salam takdzim…..

Hormat Kami

PANITIA KWA NASIONAL II CANDI MENDUT APRIL 2011
bengawan.candhu@gmail.com

@@@

Iklan

250 pemikiran pada “KWA NASIONAL II NEWS — Medio April 201

  1. monggo bagi poro sedulur yg bisa gambar denah lokasi/peta/rute dari beberapa penjuru,atau terminal,silahkan diposting,agar poro sedulur yg akan hadir tidak terlalu bingung cari bus/angkutan yg menuju lokasi…salam paseduluran 100%

  2. kepada yg mengkehendaki peta pita lokasi ke candi mendut insya allah bsk pg sdh kami upload,mhn bersabar. silahkan nnt pita peta nya didiskusikan bagi yg pnya rncn buat berangkat berombongan. silahkan dikoordinasikan sebaik2nya dgn sedulur satu daerah. bgmn baiknya trmsk titik penjemputan,biaya dan uang saku seperlunya.
    trmksh atas sgenap atensi dan kehadirannya. salam takdzim….

  3. Kalau ada yg menginginkan Ebook Provokasi-provokasi Mantera dan Ebook Ingsun Sejati mohon membawa Flash Disk minimum 2 GB free.
    Salam paseduluran

  4. semoga acaranya berjalan dengan lancar dan sukses…
    membawa berkah serta makin mempererat tali persaudaraan
    salam dr saya sang “pencari ilmu”buat para sepuh
    lan sedulur bolowongalus kabeh……………

  5. absen pagi…

    slam buar poro sdulu2 kwa,,sdoyo…
    mudah2an acara di cndi medut nnti brjln dengan lncar,,amin,,
    ma’af lom bza hadir,, krna ksibukn yg tk bsa dtinggal..

    ki dalang cipto kawedar@..slam takzim ki,,,
    oz ya bsakah sya mendapatkn Ebook Provokasi-provokasi Mantera dan Ebook Ingsun Sejati,,

    kiranya ki berbaik hati,, ini email sya,,ato sya boleh tau alamat email ki dalang cipto kawedar,??

    hermanwawan1@gmail.com

  6. Absen pagi dlu smbil mkn nasi uduk mpok darmi yg mantepz
    Jd ingin ikut tp da acara lamaran nikah keluarga hiks hiks jd bingung
    ohya klo lamongan kwa sapa ja ya saya sndrian ni

  7. absen pagi

    sayangnya

    SY
    tdak mmpunyai uang yng bnyak

    padahal
    sy sngt ingin sekali
    menghadiri acara tsb

    mohon doanya
    agar sy di beri harta yng berkah n berlimpah

    n di acara selanjutnya sy bisa datang
    amin

    ki dalang cipto kawedar@ salam cium tangan

  8. buat bolowongalus soloraya silahkan koordinasi keberangkatan via sms ke mas widodo ( 085647566466 )

  9. ki begawan candhu saya pencinta blog ini sudah dua tahun tapi tentunya hanya pencinta pasif. bolehkah saya ikut hadir dalam acara tersebut. dan kalau boleh saya daftar jadi anggpta kampus kwa.

  10. Salam ta zim untuk sedulur semua, sukses selalu acara silaturahmi KWA Nasional, semoga semakin erat, kompak dan tebar kebajikan. Hidup KWA dan wadya baladnya, Jaya dan Makmurlah Indonesia Raya.

    NB: Kanjeng Mbah Yai Raden Mas Bengawan Cadhu dan Kanjeng Al Habib Mbah Yai Wong Alus salam Ta’dzim dari kami

  11. Absen siang ki wongalus.
    Mantaaaap dan semoga sukses slalu dan khususnya yg sedang berhalangan dan semoga di lancarkan segala keinginannya..amin3

  12. buat yg mau daftar anggota,,dipersilahkan klik artikel Daftar Anggota dan Anggota KWA terbuka utk umum

  13. Poro dulur lan panitia.. Usul.. Engkang mboten saget dugi dipun paringi ijazah punopo? Wirid npow nashat gih mbotn npo2..

  14. absen siang.sebenarnya pengin ikut kumpul guyub.tapi liburnya ganti hari tgl 22 masuk.salam buat mas p.c. Buana.saya doakan smg acr guyub candi mendut lancar dan diberkahi Allah salam buat sedulur semua

  15. salam salim dolo ah buat sesepuh kita mbah yai Kancil Sang Pendosa dan Mbah Yai Mursyid Angker Ludiarto El-Bodasyah

  16. absen siang
    salam takdzim kpd sesepuh KWA smua.
    salam hormat kpd bolo alus dimanapun brada…!!!!mhon doanya agar saya bisa ikutan guyub di mendut.alfatihah sent all bolo alus.

  17. wah….wah….wah……
    dalam postingan ini kok nama saya ada ya?
    sudah gitu saya di sejajarkan sama den bagus ………
    utk den bagus……suatu kehormatan saya bisa di kenalkan dg beliau…….

    tp materi kuliah dari saya yg ditugaskan oleh kampus kokm sangat sangar sekali……..pemahaman dan pengertian hakekat sihir…..saya juga bingung kalo menurut temanya……apakah disitu saya hrs ceramah….? apakah saya hrs praktek..? apakaj hrs ijasahkan langsung…….

    baiklah krn rasa Cinta saya kepada kampus kampus tercinta ini……saya akan berikan sesuatu yg khusus bagi sedulur Siswa kampus wong Alus…..
    Itu pun bagi yg minat….

    Peringatan penting…..:
    *bagi penerima ijasah ilmu sihir HARUS SIMPAN BAIK BAIK NOMOR SAYA…..krn cuma saya yg bisa mencabutnya….
    *kalo saya memanggil sihir dg kunci…jadi tanpa khodam ….sihir itu yg datang…bagi peminat….jelas anda memakai khodam yg nanti saya transfer…setelah ilmu sihir saya panggil di dg kunci tsb.
    dan ketika saya tranfer nanti ada mantra kuno…..cukup pendek…..dan seketika anda punya kemampuan menyihir…..merubah tali jadi ular…..nahkan merubah batu menjadi hantu yg menakutkan…..bisa terbang…bisa menghilang…..bisa mengangkat batu dg hanya dg di tatap….bisa menghancurkan batu……

    BISA mendatangkan pusaka dalam hitungan menit yg biasanya di sertai angin yg bertiup kencang……

    Memang ilmu tsb hrs bertemu secara langsung dg saya…krn tangan saya hrs menyentuh raga anda……
    setelah khodam ilmu sihir masuk……berbagai kemampuan……
    bisa merubah uang jadi kertas….
    merubah uang jadi daun….
    bisa menghilangkan benda…..
    dan nanti langsung praktek bagi penerima ijasah……

    pesan saya….jk anda sudah bosan dg keajaiban…..kembailkan pd saya ….dg hubungi saya…..nomor saya jangan sampai hilang….

    ilmu sihir tsb…memakai khodam…roh dari ilmu tsb…..

    pantangan…..jangan di salah gunakan….krn jk di salah gunakan…..mk saya akan cabut dari jarak jauh…….

    semoga setelah kita di kenal dg keajaiban….membuat kita jadi orang yg tdk gampang putus asa dlm hidup….

    saya akan usahakan hadir di acara tsb….walau proyek saya di sini sudah hampir selesai….krn seharusnya saya pulang tanggal 3 mei……..tp gak apa…..saya akan hadir…meski nanti hrs balik lagi ke tai chung…….

    semoga ada tali saudara yg indah……
    salam persahabatn 100%bersaudara.
    krn saudara bisa mengerti saudaranya.

  18. kami ucapkan banyak terima kasih pada sesepuh yg telah bersedia memberikan pengijazahan semoga ilmu yg diijazahkan bermanfaat bagi kehidupan semua makhluk ciptaan Tuhan…Nuwun

  19. tenang kang piyung anda senasib dengan saya kecuali satu…kangmas gatoloco mau menyihir kertas jadi uang dan dan ngirim buat kita berdua buat ongkos kesana hehehhehehheheh bukan begitu kangmas sebernarnya saya kangen dan pengin ketemu dengan anda langsung tapi kangmas kan tau sendiri lah gmn saya….salam persaudaraan 1005%

  20. kami ucapkan banyak terima kasih pada sesepuh yg telah bersedia memberikan pengijazahan semoga ilmu yg diijazahkan bermanfaat bagi kehidupan semua makhluk ciptaan Tuhan…Nuwun.

  21. hadir absen.
    ki selor utk stempelnya beres ki,tp aku lali nyimpene..piye iki.!?
    e ya kan ada ki gatoloco..di sihir aza ki..wkwkwkwk k

  22. ki selor
    ko ga ada di daftar pengijasahan ki.?knp ga daftar ki.?wkwkwkwk
    bajul kesupen
    salam salim salam rahayu ki.!

  23. @mbah wulyojati ada pengijazahan ilmu hujan duit gak mbah biar pulangnya dr candi mendut poro sedulur kaya semua..wkwkwkwkwkwk

  24. Absen sore..
    Nasib..nasib..mksd hti ingn mghdiri acr mendut..tp kykya g bsa hdr krn msh dirantau..dan da krjaan yg hrs d slsaikn..
    Hny bs bdo’a smga lncr dan sukss..dan mhn doax smg bs hdr di acr brktx.. SALAM DAMAI KWA..

  25. Tokek
    Adaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,qiqiqiqi..capek ni mangap teus..hehehe

  26. doa kami yg dr jauh…smoga acara lancar dan sukses slalu dan slamanya…hidup kwa….salam takjim buat ki wong alus,mas gatoloco.kidalang cipto,ki abdul jabar,raden sancang ungu,raja rijal kelayang dan seluruh sespuh dan sedulur kwa….smua

  27. @kangmas tokek btul coba aja ada yg mengijasahkan dan mentrafer khodam ilmu duit enak kali kangmas saya bisa ke mendut ketemu sama sedulur yg lain nasib nasib nasib salam kenal kangmas@kangmas sol sepatu selamat sore@ustat ifrit sore juga@mbah mulya jati ngopi yu…@kangmas dimas rangga lam kenal

  28. hadir ,,hadir,,,,hadir,,,
    (tiba2 muncul)…..

    selamat malam,,,,,

    @ki wong alus ,salam kagem rahayu ,,,,,
    @ki bajul kesupen ,met sore menjelang malam,,,
    @ki ustadz ifrit ,dan bolo wong alus selamat menunaikan sholat maghrib,,,,,

    ane pulang dulu ya ,,,,

    brommmmmm,k,,,,,,
    brommmmmm…m

    waduh bannya bocor ,
    mbak zizah koq gak hadir,
    lagi sibuk ya mbak ????

    hehehehehehehehehehehe

    monggo lanjut ki ,,,

    #123()_-+@*46/:;,.m’!??

  29. Nuwun sewu poro sedulur KWA.
    Sudah lama g buka blog KWA.Ternyata ada acara di Mendut .untuk pemula spt saya dan belum terdaftar sbg anggota apa boleh ikut .terus syarat – syarate opo ?matur nuwun

  30. Hadir malam mingguan ni..
    Selamat malam sedulurku semuaaaaa.
    Salam salim tuk.
    Ki wongalus
    Ki gotoloco
    Ki BC
    Ki selooor
    Ki laskar lembu suro
    Mbah jatiii
    Mbah ustad ifrit
    Mbah jambrong
    Mbah tukank sapon
    Mbah angger cemani
    Mbah tokeh hoky
    Mbah om wawan s
    Mbah manwan
    Mbak Zizah37 hadir mbak.
    Dan mbah mbah yg lainya..salam sayang semua selaluu.

  31. Mbak Zizah37
    Blajar masaknya da beres lum mbak..?..sy mau cicipin ni.!.!
    Mbak awas keasinan ya mbak.!!wkwkwkwkwkwk

  32. 1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
    19
    20
    21
    22
    23
    24
    25
    26
    27
    28
    29
    .
    .
    .
    .
    .
    1001
    Wis saiki ancang2 mau…..?

  33. Ki selor
    Hehehehehehehehe
    Justru yg begitu yg aku gole’i lo ki,,qiqiqiqiqi
    Pendekar wiro sableng kan jg lholaa lholoo lo ki..hehehehe
    Njipun saniki mau kopi nopo juse alpukat+susu+madu..monggo dipun pilih mbah..qiqiqi

  34. @ki gatoloco…salam takdzim dan hormat dr bocah yg msh brbau kencur ini ki. Jstr sy yg heran kok,wkt meeting kmrn nama panjenengan dsebutkan akan mengisi materi pengertian sihir,njih ki nuwun sewu,itu utk memperhalus bhs sj,ini jg demi menjaga dan menghormati panjenengan jg dgn sgenap semangat dan keluasanny. Sumonggo kata2 tsbt panjenengan trjemahkn dan dipilah,mana yg ingin panjenengan tampilkan ato panjenengan unggulkan buat dshare kpd sgenap sedulur,krn para sdulur smua sgt menanti berkah dan pencerahan dr panjenengan. Smg brkenan. Nuwun. @ALL BOLOWONGALUS…ADA TAMBAHAN DOORPRICE TAMBAHAN DR RADEN SANCANG UNGU,YAITU DUA BUAH BATU MUSTIKA HARIMAU SANCANG,BATU MUSTIKA PEMANGGIL 100HARIMAU SANCANG TNP RITUAL. Silahkn bagi yg brjodoh. Skl lg acr ini adlh gratis,kecuali brkaitan dgn uang saku dan bekal pribadi bagi msg2. Monggo saling menyesuaikan. Nuwun.

  35. Tidak hadirnya ki sabda langit tentu akan sangat berpengaruh. Lalu siapa pembimbing pengganti wisata alam gaib?saya usul mas gatoloco atau raka mas jambrong, bagaimana?

  36. @ki wulyojati…the new cover. Kumaha damang?salam pamuji rahayu dan hormat kagem panjenengan,gmn kbr kota peyeum?sdh disambangi ulat bulu blm?smg tdk njih. Biar gak bentol2.

  37. Asalamualaikum wr wb
    Ki Wongalus
    Ki Bengawan Candu
    Semoga acaranya berjalan lancar dan suksess ya.

    @ Mbah Wulyojati
    @ Ir Pengeran CB

    Ni aye udah hadir tapi ngak salah kelas ni?
    Don’t worry aye sendiri ngak suka klu mknan tu asin..:)

  38. Eit eit jgn pergi dl ki BC yg guanteng..hehehe…
    Salam salim salam kangen ni..!kumaha damang ki,?

  39. Ki lurah bengawan semangat malam om. Bagaimana jika ki lurah di mendut nanti juga kasih ijazahan? Saya yakin ki lurah adalah orangyang berilmu tinggi

  40. Ki BC
    Hehehe
    Alahamdulillah ki,dararamang sedoyo lan sebaliknya semoga ki BC sekeluarga jg slalu sehat dan dlm damai slalu..amin.
    Mbak Zizah37
    Met malam mbak..!wah sama mbak sy jg ga suka yg sin asin mbak..qiqiqi

  41. Ki BC
    E ya,utk ulat bulu alhamdulillah cuman lewat aza ki,tdk mau mampir dan muda2han pulangnya jgn sampai mampir..hehehe
    Ki BC mau pesan peyem apa peyempuan ki.?wkwkwkwk..

  42. Ki selor
    Wualaaaa
    Di ajak catur ko malah nonton bola ki.!
    Chesea manang 3 loooo..
    Berarti sy yg menang dan bsk yg kalah traktir ok,,hehehehe

  43. @ Mbah Mulyojati
    Aye ngak suka nonton bola. Ni lagi ngobrol dgn teman ditlpn sambil myimak ilmu2 diKWA ni.

  44. SEANGAT TENGAH MALAM….
    salim cium tangan dulu cup,..cup..cup..emmuaach..kagem;
    @mbah semangat malam; pripun kabaripun mbah..
    @mbah khozin:iki lho mbah tak uncali puntung 234..
    @guse begawan:pripun kbre gus.@mbah humberger kil:ma’af saya masih jauh dari tayu,silahkan kalau pas ada acara keluar dari semarang silahkan mampir pinarak
    @pak insinyur:salim njih pak,cup..cup..cup..emmuaacch…

  45. @wulyojati…sae kimas pangestu. Eh njawabnya gt gak sih?a gak ngerti soale he5x. Sori lg tdk enak badan,sdh tiga hr khujanan melulu. Panjenengan kok tau sy mo prg?he5x maklum cape bgt td,br smp rmh jam7td. @insyinyur ganteng…smua sesepuh tetap memiliki pengaruh apbl beliau2 tdk hadir. Tp ya kt sbg panitia tetap brsh melakukan koordinasi dan improvisasi dgn sohibul ijazah yg hadir maupun sedulur yg brkenan dan rela di daulat.

  46. @guse tukang sapon yg msh tetep gondrong abis dan ganteng….alhamdulillah atas doa dan pangestu dr panjenengan gus,kbr sy baek. Msh jd tkg ojeg kok gus. Nyari penumpang. Wekekek. @kimas tokek…injih kimas,salam takdzim dan salam hormat kagem panjenenganipun. Monggo dtunggu rawuhnya dcandi mendut. @zizah37…injih mbak salam metal selalu njih,sugeng ndalu,sugeng tetepangan. @sumulungjati…bgmn kbrnya?lg njomblo ato sepi drmh nih?

  47. aslkm…@ki begawan candu@ki wulyojati@bocahlawu@mbak zizah@masmanwan@angger cemani@mas wawan @sugeng dalu semua salim dulu sama poro sepuh

  48. Asz,, senyum @all bolo alus lan @all solo raya,, @ bajul sehat slu njiih,, @BC,, salim rahayu, hormat lan takzim @mbah gatoloco, tulung mengke kulo dipun sukani ijazahi pun njih,, truz soal no hp pnjenengan d sukani kpn ya?? ngapunten d pun aturi teng email kulo mawon njiih ki (ari.sastro@ymail.com),, jzakumullah.

  49. laskar lembu sora@ki begawn candu salam kenal ki@insiyur ganteng met malam@tukang sapon@mbah mulya jati@kozhim a@mba zizah malm mba

  50. @ki BC insya Allah kalo gak ada aral dan rintangan datang ki..
    @angger cemani salam salim ki..
    @mbah wulyojati di tinggal kabur ta mbah peyemnya gimana..qiqiqiqiqi

  51. @ Laskar Lembu Suro
    Waalaikumsalam wr wb
    @ Angger Cemani – met mlm 🙂
    @ Insiyur Ganteng – aye bukan Betawi tapi belajar dari saudara aye Mamat Kumis. Lebih tepat lagi aye anak jati Spore – Jawa/Bugis/Melayu/Cina Baba – siapa pun kita dan apa keturunan kita semuanya sama dimata Allah SWT.

    @ Mbah Mulyojati
    Aye pesan nescafe campur creamer tanpa gula.
    @ Ki Begawan Candu – niat aye tu mau ikut serta tapi ya urusan kantor menggunung.. Hehe terlalu sibuk. Mungkin dilain kesempatan Ki.

  52. wualah di tinggal ngobrol sebentar da ruame ni kampuse..
    Mbah tukang sapon
    siat tak tangkap puntunge mbah..suwun njih mbah,
    ki BC
    walaupun njenengan sering kehujanan msh tetep muantep ko..mak nyus pako’e ki,
    mbak zizah37
    tlp sama sapa yo..?qiqiqi
    tokek hoky
    insya allah okey.?
    Angger cemani
    salam salin jg ki,semangat slalu njih.?

  53. mbak zizah37
    siaaap mbak,kofi nescafe tanpa gula da siap meluncur mbak,,sekalian martabak coklan keju nya jg siap..
    E ya,mbak zizah ntk kl kemendut bareng sy aja mbak..gmn.?
    Pasti ntk paling caem lo mbak..qiqiqiqi

  54. ki bajul kesupen
    tenang aza kl capek ki,
    kan da ada yg pijitin ki,,tu yg di sebelahnya tu yg pijitinya.!qiqiqiqi

  55. Izin menyimak… Tapi kalau yg bisanya hanya menyimaks dalam dunia maya seperti saya ini tdk dpt doorprize nya yah… Ngarepsndotcom hehehe
    Semoga acaranya sukses, tidak kurang satu apapun dan diridhoi اَللّهُ. Salut kepada semua dulur khususon para panitia…
    Wassalam

  56. mbah tukang sapon
    puntungnya da hbs mbah..monggo di lempar lagi mbah.!
    Toke hoky
    wah da kumat ni kabur kaburan terus..!

  57. Nawiazky
    kl mau dpt dor dorpres.com di tulis mawon alamate,sapa tau ntk ada yg nyangsang..qiqiqiqi
    salam salim njih.?

  58. monggo mbah, niki kulo uncali malih,tuwiiing..tuwiiing…. barusan olehku njumputi angsal sak plastik kresek guweedeee……….

  59. Mbah Wulyojati
    Hehe ..ada2 aje ni, aye mulanya mau ikut serta juga tapi teman2 kerje dikantor ramai yang libur, aye terlambat aju permohonan untuk cuti. Terima kasih kofi dan murtabaknya ya.

  60. mbah tukang sapon
    clep clep..wualah mbah niki sanes puntung mbah..ko malah sing ketangkap ko kayak kerise ki bengawan candu ni..qiqiqiqi

  61. mbak zizah37
    hehehehehehe
    ya mbak,manusia hanya punya rencana dan tuhan yg menentukan mbak..dan sapa tau ntk yg cuti tdk jd dan bs donk mbak zizah yg ambil cutinya..hehehe
    mbak tenang aza ya ni stok kofinya msh byk mbak,ntk kl da hbs tinggal recues aza mbak..he5x

  62. @ Wardoyo salam kenal kembali dan terima kasih ya.
    Hehe.. Udah ngantuk ni effect ubat flu ntar nnt bobo lah.
    @ Mbah Wulyojati kofi kurang power hehe.. Mata aye udah 5 watt ni. Aye ijin pamit untuk istirihat ya.
    Met mlm semuanya. Semoga kita diberi kesempatan lagi untuk berkumpul dikampus tercinta ini.. InsyaAllah jika diberi kesempatan aye share ilmu2 Nusantara punya leluhur aye.

    Wasalamualaikum wr wb.

  63. mbak zizah37
    wah muantap mbak,di tungguuuuu mbak,,
    mana tangannya mbak,mau cium tangan ni..qiqiqiqi..
    E ya,selamat beristirahat ya mbak dan semoga kesehatan selalu menyertai mbak zizah dan keluarga..amin3 yrbl alamin..
    E ya jgn lupa ya mbak.?.

  64. nderek ngumpul wonten mriki sedulur kulo sedoyo…kulo sampun kangen slalu..msuwn..
    Mbak wongalus
    Mugi2 ulang tahun kwa enjeng di paring lancar,selamat,bermanfaat,sukses wa barokhah njih..kulo tumut mdonga aken kimawon..smwn.

  65. SYIRIK

    Firman Allah Subhanahu wata’ala :

    ]إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء[

    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendakiNya”. (QS. An Nisa’, 48)

    Nabi Ibrahim berkata :

    ]واجنبني وبني أن نعبد الأصنام[

    “ ……. Dan jauhkanlah aku dan anak cucuku dari perbuatan (menyembah) berhala”. (QS. Ibrahim, 35)

    Diriwayatkan dalam suatu hadits, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “أخوف ما أخاف عليكم الشرك الأصغر، فسئل عنه ؟ فقال : الرياء”

    “Sesuatu yang paling aku khawatirkan dari kamu kalian adalah perbuatan syirik kecil, kemudian beliau ditanya tentang itu, dan beliaupun menjawab : yaitu riya’. (HR. Ahmad, Thobroni dan Abi Dawud).

    Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من مات وهو يدعو من دون الله ندا دخل النار”

    “Barang siapa yang mati dalam keadaan menyembah sesembahan selain Allah, maka masuklah ia kedalam neraka”. (HR. Bukhori)

    Diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من لقي الله لا يشرك به شيئا دخل الجنة ومن لقيه يشرك به شيئا دخل النا”

    “Barang siapa yang menemui Allah (mati) dalam keadaan tidak berbuat syirik kepadaNya, pasti ia masuk surga, dan barang siapa yang menemuiNya (mati) dalam keadaan berbuat kemusyrikan maka pasti ia masuk neraka”.

    Kandungan bab ini :

    Syirik adalah perbuatan dosa yang harus ditakuti dan dijauhi.

    Riya’ termasuk perbuatan syirik.

    Riya’ termasuk syirik kecil ([1]).

    Riya’ adalah dosa yang paling ditakuti oleh Rasulullah terhadap orang orang sholeh.

    Dekatnya sorga dan neraka.

    Dekatnya sorga dan neraka telah sama-sama disebutkan dalam satu hadits.

    Barang siapa yang mati tidak dalam kemusyrikan maka pasti ia masuk sorga, dan barang siapa yang mati dalam kemusyrikan maka pasti ia masuk neraka, meskipun ia termasuk orang yang banyak ibadahnya.

    Hal yang sangat penting adalah permohonan Nabi Ibrahim untuk dirinya dan anak cucunya agar dijauhkan dari perbuatan menyembah berhala.

    Nabi Ibrahim mengambil ibrah (pelajaran) dari keadaan sebagian besar manusia, bahwa mereka itu adalah sebagaimana perkataan beliau :

    ]رب إنهن أضللن كثيرا من الناس[

    “Ya Rabb, sesungguhnya berhala berhala itu telah menyesatkan banyak orang” (QS. Ibrahim, 36).

    Dalam bab ini mengandung penjelasan tentang maknaلا إله إلا الله sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhori, yaitu : membersihkan diri dari syirik dan pemurnian ibadah kepada Allah.

    Keutamaan orang yang dirinya bersih dari kemusyrikan.

    ([1]) Syirik ada dua macam : pertama : syirik akbar (besar) yaitu memperlakukan sesuatu selain Allah sama dengan Allah, dalam hal hal yang merupakan hak khusus bagiNya. Kedua : syirik ashghor (kecil), yaitu : perbuatan yang disebutkan dalam Al Qur’an dan Al hadits sebagai suatu syirik, tetapi belum sampai ke tingkat syirik akbar. Adapun perbedaan diantara keduanya :

    Syirik akbar menghapuskan seluruh amal, sedang syirik kecil hanya menghapuskan amal yang disertainya saja.

    Syirik akbar mengakibatkan pelakunya kekal di dalam neraka, sedang syirik kecil tidak sampai demikian.

    Syirik akbar menjadikan pelakunya keluar dari Islam, sedang syirik kecil tidak menyebabkan keluar dari Islam

  66. DAKWAH KEPADA SYAHADAT “LA ILAHA ILLALLAH”

    Firman Allah Subhanahu wata’ala :

    ]قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني وسبحان الله وما أنا من المشركين[

    “Katakanlah : ”inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku, aku berdakwah kepada Allah dengan hujjah yang nyata, maha suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik”. (QS. Yusuf, 108)

    Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu berkata : ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam mengutus Muadz bin Jabal ke Yaman beliau bersabda kepadanya :

    “إنك تأتي قوما من أهل الكتاب، فليكن أول ما تدعوهم إليه شهادة أن لا إله إلا الله – وفي رواية : إلى أن يوحدوا الله -، فإن هم أطاعوك لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة، فإن هم أطاعوك لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد على فقرائهم، فإن هم أطاعوك لذلك فإياك وكرائم أموالهم، واتق دعوة المظلوم فإنه ليس بينها وبين الله حجاب”

    “Sungguh kamu akan mendatangi orang-orang ahli kitab (Yahudi dan Nasrani), maka hendaklah pertama kali yang harus kamu sampaikan kepada mereka adalah syahadat La Ilaha Illallah – dalam riwayat yang lain disebutkan “supaya mereka mentauhidkan Allah”-, jika mereka mematuhi apa yang kamu dakwahkan, maka sampaikan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka sholat lima waktu dalam sehari semalam, jika mereka telah mematuhi apa yang telah kamu sampaikan, maka sampaikanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka zakat, yang diambil dari orang-orang kaya diantara mereka dan diberikan pada orang-orang yang fakir. Dan jika mereka telah mematuhi apa yang kamu sampaikan, maka jauhkanlah dirimu dari harta pilihan mereka, dan takutlah kamu dari doanya orang-orang yang teraniaya, karena sesungguhnya tidak ada tabir penghalang antara doanya dan Allah” (HR. Bukhori dan Muslim).

    Dalam hadits yang lain, Imam Bukhori dan Muslim meriwayatkan dari Sahl bin Sa’d, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam disaat perang khaibar bersabda :

    “لأعطين الراية غدا رجلا يحب الله ورسوله، ويحبه الله ورسوله، يفتح الله على يديه”، فبات الناس يدوكون ليلتهم أيهم يعطاها، فلما أصبحوا غدوا على رسول الله كلهم يرجون أن يعطاها، فقال : ” أين علي بن أبي طالب ؟، فقيل : هو يشتكي عينيه، فأرسلوا إليه فأتي به، فبصق في عينيه ودعا له، فبرأ كأن لم يكن به وجع، فأعطاه الراية، فقال :” انفذ على رسلك حتى تنـزل بساحتهم، ثم ادعهم إلى الإسلام، وأخبرهم بما يجب عليهم من حق الله تعالى فيه، فوالله لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم”، يدوكون أي يخوضون “.

    “Sungguh akan aku serahkan bendera (komando perang) ini besok pagi kepada orang yang mencintai Allah dan RasulNya, dan dia dicintai oleh Allah dan RasulNya, Allah akan memberikan kemenangan dengan sebab kedua tangannya”, maka semalam suntuk para sahabat memperbincangkan siapakah diantara mereka yang akan diserahi bendera itu, di pagi harinya mereka mendatangi Rasulullah,. masing-masing berharap agar ia yang diserahi bendera tersebut, maka saat itu Rasul bertanya : “di mana Ali bin Abi Tholib ?, mereka menjawab : dia sedang sakit pada kedua matanya, kemudian mereka mengutus orang untuk memanggilnya, dan datanglah ia, kemudian Rasul meludahi kedua matanya, seketika itu dia sembuh seperti tidak pernah terkena penyakit, kemudian Rasul menyerahkan bendera itu kepadanya dan bersabda : “melangkahlah engkau kedepan dengan tenang hingga engkau sampai ditempat mereka, kemudian ajaklah mereka kepada Islam ([1]), dan sampaikanlah kepada mereka akan hak-hak Allah dalam Islam, maka demi Allah, sungguh Allah memberi hidayah kepada seseorang dengan sebab kamu itu lebih baik dari onta-onta yang merah” ([2]).

    Kandungan bab ini :

    Dakwah kepada “ La Ilaha Illallah” adalah jalannya orang-orang yang setia mengikuti Rasulullah.

    Peringatan akan pentingnya ikhlas [dalam berdakwah semata mata karena Allah], sebab kebanyakan orang kalau mengajak kepada kebenaran, justru mereka mengajak kepada [kepentingan] dirinya sendiri.

    Mengerti betul akan apa yang didakwahkan adalah termasuk kewajiban.

    Termasuk bukti kebaikan tauhid, bahwa tauhid itu mengagungkan Allah.

    Bukti kejelekan syirik, bahwa syirik itu merendahkan Allah.

    Termasuk hal yang sangat penting adalah menjauhkan orang Islam dari lingkungan orang-orang musyrik, agar tidak menjadi seperti mereka, walaupun dia belum melakukan perbuatan syirik.

    Tauhid adalah kewajiban pertama.

    Tauhid adalah yang harus didakwahkan pertama kali sebelum mendakwahkan kewajiban yang lain termasuk sholat.

    Pengertian “supaya mereka mentauhidkan Allah” adalah pengertian syahadat.

    Seseorang terkadang termasuk ahli kitab, tapi ia tidak tahu pengertian syahadat yang sebenarnya, atau ia memahami namun tidak mengamalkannya.

    Peringatan akan pentingnya sistem pengajaran dengan bertahap.

    Yaitu dengan diawali dari hal yang sangat penting kemudian yang penting dan begitu seterusnya.

    Salah satu sasaran pembagian zakat adalah orang fakir.

    Kewajiban orang yang berilmu adalah menjelaskan tentang sesuatu yang masih diragukan oleh orang yang belajar.

    Dilarang mengambil harta yang terbaik dalam penarikan zakat.

    Menjaga diri dari berbuat dzolim terhadap seseorang.

    Pemberitahuan bahwa do’a orang yang teraniaya itu dikabulkan.

    Diantara bukti tauhid adalah ujian yang dialami oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dan para sahabat, seperti kesulitan, kelaparan maupun wabah penyakit.

    Sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “Demi Allah akan aku serahkan bendera …” adalah salah satu dari tanda-tanda kenabian beliau.

    Kesembuhan kedua mata Ali, setelah diludahi Rasulullah adalah salah satu dari tanda-tanda kenabian beliau.

    Keutamaan sahabat Ali bin Abi Tholib.

    Keutamaan para sahabat Rasul, [karena hasrat mereka yang besar sekali dalam kebaikan dan sikap mereka yang senantiasa berlomba-lomba dalam mengerjakan amal sholeh] ini dapat dilihat dari perbincangan mereka dimalam [menjelang perang Khaibar, tentang siapakah diantara mereka yang akan diserahi bendera komando perang, masing-masing mereka menginginkan agar dirinyalah yang menjadi orang yang memperoleh kehormatan itu].

    Kewajiban mengimani takdir Allah, karena bendera tidak diserahkan kepada orang yang sudah berusaha, malah diserahkan kepada orang yang tidak berusaha untuk memperolehnya.

    Adab di dalam berjihad, sebagaimana yang terkandung dalam sabda Rasul : “berangkatlah engkau dengan tenang”.

    Disyariatkan untuk mendakwahi musuh sebelum memeranginya.

    Syariat ini berlaku pula terhadap mereka yang sudah pernah didakwahi dan diperangi sebelumnya.

    Dakwah harus dilaksanakan dengan bijaksana, sebagaimana yang diisyaratkan dalam sabda Nabi : “ … dan sampaikanlah kepada mereka tentang hak-hak Allah dalam Islam yang harus dilakukan”.

    Wajib mengenal hak-hak Allah dalam Islam [3].

    Kemuliaan dakwah, dan besarnya pahala bagi orang yang bisa memasukkan seorang saja kedalam Islam.

    Diperbolehkan bersumpah dalam menyampaikan petunjuk.

    ([1]) Ajaklah mereka kepada Islam, yaitu kepada pengertian yang sebenarnya dari kedua kalimat syahadat, yaitu : berserah diri kepada Allah, lahir dan batin, dengan mentaati segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, yang disampaikan melalui RasulNya.

    ([2]) Onta-onta merah adalah harta kekayaan yang sangat berharga dan menjadi kebanggaan orang arab pada masa itu.

    ([3]) Hak Allah dalam Islam yang wajib dilaksanakan ialah seperti sholat, zakat, puasa, haji dan kewajiban kewajiban lainnya.

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/03/dakwah-kepada-syahadat-la-ilaha.html

  67. HUKUM S I H I R

    Firman Allah Subhanahu wata’ala :

    ]ولقد علموا لمن اشتراه ما له في الآخرة من خلاق[

    “Demi Allah, sesungguhnya orang-orang Yahudi itu telah meyakini bahwa barang siapa yang menukar (kitab Allah) dengan sihir itu, maka tidak akan mendapatkan bagian (keuntungan) di akherat” (QS. Al Baqarah, 102).

    ]يؤمنون بالجبت والطاغوت[

    “Dan mereka beriman kepada Jibt dan Thoghut” (QS. An nisa’, 51).

    Menurut penafsiran Umar bin Khothob Radhiallahu’anhu : Jibt adalah sihir, sedangkan Thoghut adalah syetan.

    Sedangkan Jabir Radhiallahu’anhu berkata : Thoghut adalah para tukang ramal yang didatangi syetan, yang ada pada setiap kabilah.

    Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “اجتنبوا السبع الموبقات، قالوا : يا رسول الله وما هن، قال : الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات”.

    “Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran !, para sahabat bertanya : “Apakah ketujuh perkara itu ya Rasulullah ?”, beliau menjawab :” yaitu syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan oleh agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dari peperangan, menuduh zina terhadap wanita yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan tidak memikirkan untuk melakukan dosa, dan beriman kepada Allah” (HR. Bukhori dan Muslim).

    Diriwayatkan dari Jundub bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda dalam hadits marfu’ :

    “حد الساحر ضربة بالسيف ” رواه الترمذي، وقال : الصحيح أنه موقوف.

    “Hukuman bagi tukang sihir adalah dipenggal lehernya dengan pedang” (HR. Imam Turmudzi, dan ia berkata : pendapat yang benar ini perkataan sahabat).

    Dalam shoheh Bukhori, dari Bajalah bin Abdah, ia berkata : “Umar bin Khothob telah mewajibkan untuk membunuh setiap tukang sihir, baik laki-laki maupun perempuan, maka kami telah membunuh tiga tukang sihir.”

    Dan dalam shoheh Bukhori juga, Hafsah, ra. telah memerintahkan untuk membunuh budak perempuannya yang telah menyihirnya, maka dibunuhlah ia, dan begitu juga riwayat yang shoheh dari Jundub.

    Imam Ahmad berkata : “Diriwayatkan dalam hadits shoheh, bahwa hukuman mati terhadap tukang sihir ini telah dilakukan oleh tiga orang sahabat Nabi (Umar, Hafsah dan Jundub).

    Kandungan bab ini :

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah ([1]).

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat An Nisa’([2]).

    Penjelasan tentang makna Jibt dan Thoghut, serta perbedaan antara keduanya.

    Thoghut itu kadang-kadang dari jenis Jin, dan kadang-kadang dari jenis manusia.

    Mengetahui tujuh perkara yang bisa menyebabkan kehancuran, yang dilarang secara khusus oleh Nabi.

    Tukang sihir itu kafir.

    Tukang sihir itu dihukum mati tanpa diminta taubat lebih dahulu.

    Jika praktek sihir itu telah ada dikalangan kaum muslimin pada masa Umar, bisa dibayangkan bagaimana pada masa sesudahnya ?.

    ([1]) Ayat pertama menunjukkan bahwa sihir haram hukumnya, dan pelakunya kafir, disamping mengandung ancaman berat bagi orang yang berpaling dari kitab Allah, dan mengamalkan amalan yang tidak bersumber darinya.

    ([2]) Ayat kedua menunjukkan bahwa ada diantara umat ini yang beriman kepada sihir (Jibt), sebagaimana ahli kitab beriman kepadanya, karena Rasulullah telah menegaskan bahwa akan ada diantara umat ini yang mengikuti (dan meniru) umat-umat sebelumnya.

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/02/hukum-s-i-h-i-r.html

  68. Mbah wulyojati tiang pati.
    @dia mbah wulyojati,orang nekad sedunia,tampangnya keras garang tongkronganya,segarang singa…
    Dia mbah wulyojat,slalu hidup sendiri,rmh pun tak ada berkelana saja..kerjanyaa…
    Wulyojati,anak asuhan rembulan,
    Wulyojati,lahir besar di jalaan.
    Tp walau bgt hatinya penuh kasih,kadangkala sikapnya seperti malaikat yg penuh kasih..
    Tegar hati wulyojati,kalahkan baja kerasnya,tiada perduli petir menggelegar…kerasnyaaa..atc.

  69. MACAM MACAM SIHIR

    Imam Ahmad meriwayatkan : telah diceritakan kepada kami oleh Muhammad bin Ja’far dari Auf dari Hayyan bin ‘Ala’ dari Qathan bin Qubaishah dari bapaknya, bahwa ia telah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “إن العيافة والطرق والطيرة من الجبت”

    “Iyafah, Tharq dan Thiyarah adalah termasuk Jibt”

    Auf menafsiri hadits ini dengan mengatakan :

    Iyafah adalah meramal nasib orang dengan menerbangkan burung.

    Tharq adalah meramal nasib orang dengan membuat garis diatas tanah.

    Jibt adalah sebagaimana yang telah dikatakan oleh Hasan : suara syetan. (hadits tersebut sanadnya jayyid). Dan diriwayatkan pula oleh Abu Dawud, An Nasa’i, dan Ibnu Hibban dalam shahihnya dengan hanya menyebutkan lafadz hadits dari Qabishah, tanpa menyebutkan tafsirannya.

    Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من اقتبس شعبة من النجوم فقد اقتبس شعبة من السحر، زاد ما زاد” رواه أبو داود وإسناده صحيح.

    “Barang siapa yang mempelajari sebagian dari ilmu nujum (perbintangan) sesungguhnya dia telah mempelajari sebagian ilmu sihir. semakin bertambah (ia mempelajari ilmu nujum) semakin bertambah pula (dosanya)” (HR. Abu Daud dengan sanad yang shahih).

    An-Nasai meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من عقـد عقـدة ثم نفث فيها فقـد سحر، ومن سحر فقـد أشرك، ومن تعـلق شيئا وكل إليـه”

    “Barang siapa yang membuat suatu buhulan, kemudian meniupnya (sebagaimana yang dilakukan oleh tukang sihir) maka ia telah melakukan sihir, dan barang siapa yang melakukan sihir maka ia telah melakukan kemusyrikan, dan barang siapa yang menggantungkan diri pada sesuatu benda (jimat), maka ia dijadikan Allah bersandar kepada benda itu”.

    Dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “ألا هل أنبئكم ما العضه ؟ هي النميمة القالة بين الناس ” رواه مسلم.

    “Maukah kamu aku beritahu apakah Adh-h itu ?, ia adalah perbuatan mengadu domba, yaitu banyak membicarakan keburukan dan menghasut diantara manusia” (HR. Muslim).

    Dan ibnu Umar Radhiallahu’anhu menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “إن من البيان لسحرا”

    “Sesungguhnya di antara susunan kata yang indah itu terdapat kekuatan sihir.”(HR. Bukhori dan Muslim)

    Kandungan bab ini :

    Diantara macam sihir (Jibt) adalah iyafah, thorq dan thiyarah.

    Penjelasan tentang makna iyafah, thorq dan thiyarah.

    Ilmu nujum (perbintangan) termasuk salah satu jenis sihir.

    Membuat buhulan dengan ditiupkan kepadanya termasuk sihir.

    Mengadu domba juga termasuk perbuatan sihir.

    Keindahan susunan kata (yang membuat kebatilan seolah-olah kebenaran dan kebenaran seolah-olah kebatilah) juga termasuk perbuatan sihir.

  70. DUKUN, TUKANG RAMAL DAN SEJENISNYA

    Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shohehnya, dari salah seorang istri Nabi, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى عرافا فسأله عن شيء فصدقه لم تقبل له صلاة أربعين يوما”

    “Barang siapa yang mendatangi peramal dan menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka sholatnya tidak diterima selama 40 hari”.

    Abu Dawud meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد “. رواه أبو داود.

    “Barang siapa yang mendatangi seorang dukun, dan mempercayai apa yang dikatakannya, maka sesungguhnya dia telah kafir (ingkar) terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad” (HR. Abu Daud).

    Dan diriwayatkan oleh empat periwayat[1] dan Al Hakim dengan menyatakan : “Hadits ini shahih menurut kriteria Imam Bukhori dan Muslim” dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى عرافا أو كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد”

    “Barang siapa yang mendatangi peramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesunggunya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad”.

    Abu Ya’la pun meriwayatkan hadits mauquf dari Ibnu Mas’ud seperti yang tersebut di atas, dengan sanad Jayyid.

    Al Bazzar dengan sanad Jayyid meriwayatkan hadits marfu’ dari Imran bin Husain, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “ليس منا من تطير أو تطير له، أو تكهن أو تكهن له، أو سحر أو سحر له، ومن أتى كاهنا فصدقه فقد كفر بما أنزل على محمد ” رواه البزار بإسناد جيد.

    “Tidak termasuk golongan kami orang yang meminta dan melakukan Tathoyyur, meramal atau minta diramal, menyihir atau minta disihirkan, dan barang siapa yang mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad.

    Hadits ini diriwayatkan pula oleh At Thabrani dalam Mu’jam Al Ausath dengan sanad hasan dari Ibnu Abbas tanpa menyebutkan kalimat : “dan barang siapa mendatangi …”dst.

    Imam Al Baghowi ([2]) berkata : “Al Arraf (peramal) adalah orang yang mendakwahkan dirinya mengetahui banyak hal dengan menggunakan isyarat-isyarat yang dipergunakan untuk mengetahui barang curian atau tempat barang yang hilang dan semacamnya. Ada pula yang mengatakan : ia adalah Al Kahin (dukun) yaitu : orang yang bisa memberitahukan tentang hal-hal yang ghoib yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Dan ada pula yang mengatakan : ia adalah orang yang bisa memberitahukan tentang apa-apa yang ada dihati seseorang”.

    Menurut Abul Abbas Ibnu Taimiyah : “Al Arraf adalah sebutan untuk dukun, ahli nujum, peramal nasib dan sejenisnya yang mendakwahkan dirinya bisa mengetahui hal hal ghaib dengan cara-cara tersebut.”

    Ibnu Abbas berkata tentang orang-orang yang menulis huruf huruf أبا جا د sambil mencari rahasia huruf, dan memperhatikan bintang-bintang : “Aku tidak tahu apakah orang yang melakukan hal itu akan memperoleh bagian keuntungan di sisi Allah”.

    Kandungan bab ini :

    Tidak dapat bertemu dalam diri seorang mukmin antara iman kepada Al Qur’an dengan percaya kepada tukang ramal, dukun dan sejenisnya.

    Pernyataan Rasul Shallallahu’alaihi wasallam bahwa mempercayai ucapan dukun adalah kufur.

    Ancaman bagi orang yang minta diramalkan.

    Ancaman bagi orang yang minta di tathoyyur.

    Ancaman bagi orang yang minta disihirkan.

    Ancaman bagi orang yang menulis huruf huruf أباجاد [untuk mencari pelamat rahasia].

    Perbedaan antara Kahin dan Arraf, bahwa kahin (dukun) ialah orang yang memberitahukan tentang perkara-perkara yang akan terjadi di masa mendatang yang diperoleh dari syetan penyadap berita di langit.

    ([1]) Yakni : Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai’ dan Ibnu Majah.

    ([2]) Abu Muhammad Al Husain bin Mas’ud bin Muhammad Al Farra’, atau Ibn Farra’ Al- Baghawi. Diberi gelar Muhyi Sunnah. Kitab-kitab yang disusunnya antara lain : syarh as sunnah, al jami’ baina ash shahihain. Lahir tahun 436 H (1044 M), dan meninggal tahun 510 H (1117 M).

  71. salam kenal buat sedulur kwa semuanya… saya baru.. apa saya nanti bisa mengikui acara tsb? matur nuwun kagem sedoyo sedulur kwa…

  72. aslmkmwrwb..met malam para dewan pakar sedulur kwa yang lg begadang met malam minggu..
    salam kenal yg blm kenal..
    aaamiiin semoga sukses lancar n diridhoi allah swt..

  73. ki selor@ sugeng dalu ugi kagem ki selor, mugi2 kulo saget menghadiri acara tersbut…
    nyuwun alamat candi mendut soale kulo awam banget daerah magelang.. matur nuwun…

  74. @ki.selor:alhmdllh keadaan palembang cak lamo tulah blm ad perubahan..
    @mas.haryo:salam kenal.met mlm mnggu

  75. @ki.selor mungkn kebnyakan ngopi..titip salam untk para dwan pakar sedulur kwa yg akan datang dcandi mendut..mf ki selor ngg bs datang untk silahturhmi diacra di candi mendut,krna jauh lokasi,memang ad niat untk jalin slatuhrahmi kesana tp keaadan jauhny.
    yang penting jauh dimata dekat dihati..

  76. @Mas Rio, betul betul betul, jangan sampai jarak menjadi penghalang persaudaraan yang sudah terjalin selama ini. Walaupun belum pernah bertatap muka, tapi rasa sudah terjalin sangat erat.
    Salam buat sedulur-sedulur yang di Palembang..

    Kayaknya sudah mulai ngantuk Mas.. Saya mau off dulu sambil nunggu subuhan..
    Salam Paseduluran

  77. sepiiii udah pada tidur semua…
    @ki.bengawan candu..
    @ki.wongalus
    semuany…met tduur..
    salam cinta damai
    salam sedulur
    semoga sehat selalu..aamiin

  78. @ki.selor met bobok..ntr sy smpaikan salamny sama sedulur kwa palembng..
    saya juga of dulu..ntr dilain waktu kita smbung lg..
    untk semua dewan pakar sedulur kwa mohon maaf lahir bathin
    wasslm…

  79. absen minggu pagi,wah salah satu dosen favoritku dateng nih kang mas GATOLOCO,semoga perjalanan dari tai chung d lancarkan jadi kepengen dateng juga…salam persaudaraan selalu untuk semua bolo wongalus

  80. Waduuuh wahabi lg sumpek.. Berapa buku tu disalin..
    Awas jgn hanya beraninya ceramah kayak gituan diblog di candi mendut jg ya..

  81. assalamu alaikum semuanya met pagi,,, wah sayang saya ga bisa hadir,, cos kurang modal,,, mau hadir uang cuman 500 rebu doank,,, salam aja buat yg hadir di KWA NASIONAL II Medio April 2011 aja ya ? @ mas gatoloco ::: ijin mengamalkan ilmu pemanggil ruhnya dan ilmu panguripannya,,, kalau sihirnya saya ga minat,,, saya lebih minat ke ilmu pengasihan umum aja,,,….. saya ngamalin hizib yusuf kwa dan ayat 15 atau pengasihan asma khodam kwa,,, pas ke plasa banyak cewe yg lirik lirik he….he…

  82. @ki GATOLOCO.. ki tolong di terawangin dong hasil bola ARSENAL vs LIVERPOOL nanti malam ya ..sy tunggu (bingung tgl 7hari lagi ada hutang yg harus di lunasi) ma’af buat yang sedulur yg lain, saya bingung dr mn dpet uang sebanyak itu kalo gak dri judi bola..krn bener2 kepepet 😦

  83. kalo sedulur kwa ada yg bisa terawang hasil bola tolong sms ke nmer saya, saya cuma ingin hutang saya lunas, gak lebih.. tolong ya sedulur.. sms di nmer ini 083834432882

  84. kalo sedulur kwa ada yg bisa terawang hasil bola tolong sms ke nmer saya, saya cuma ingin hutang saya lunas, gak lebih.. tolong ya sedulur.. sms di nmer ini 083834432882 .. maafkan saya .. kejepit 😦

  85. Met pagi semua waktuny brlibur sama klwrga mantepz wahh maen bolo ya aq pegang
    liverpool akh 3-2

  86. Tolong dong,,, kalau ada petunjuk peta lokasi lebih praktis dari ini,,,, di banar.

    Halo Kordinator jakarta, bagaimana mekanisme keberangkatan KWA Jakarta ke Mendut,,,,

    Candi Mendut.
    (Klik untuk memperbesar).
    Secara administratif Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju Candi Mendut, anda dapat menggunakan rute jalan Magelang yang menghubungkan Yogyakarta dengan Magelang. Ikuti saja jalan tersebut, sampai anda tiba di Mungkid, tepatnya di pertigaan lampu merah dengan papan penunjuk arah ke Candi Borobudur. Ikuti petunjuk papan penunjuk arah tersebut, belok ke kiri, dan ikuti saja jalannya sampai anda berjumpa dengan Candi Mendut di sisi kanan jalan (barat). Setidaknya dari Yogyakarta menuju Candi Mendut memiliki jarak kurang lebih 37 km (45 menit perjalanan). Untuk bisa memasuki Candi Mendut, pengunjung dikenakan retribusi Rp. 3.300,- per orang. Sedangkan untuk biaya parkir, sepeda motor Rp. 1.000,-, sedan Rp. 3.000,-, dan bus Rp.7.000,-.

  87. Mungkin bisa membantu dulur yang membutuhkan sesuatu petunjuk ataupun isyarah langsung dari ghoib. Lakukan sholat hajat nabi khidir di kwa sudah pernah dibabar seperti yang diporting kangmas pangeran sukemilung, kemudian bacalah ayat “allohu lathifu bi ibadihi yarzuqu mayyasyaa’ wahuwal qowwiyul azis” 13x. Kemudian dzikirkan pelan sebanyaknya “ya lathiifu”. Insya alloh akan datang petunjuk. Kadang datangnya ketika setengah sadar dapat isyaroh. Kadang datangnya barengan sinar kilat kayak lampu blit. Sekali kilatan sudah memuat seakan 1paket aplikasi terdiri banyak unsur yang panjang bila diterjemahkan, seperti “kun” satu kata tapi tergelar fayakun yang melimputi langit bumi. Akan tapi panjenengan bisa faham terjemahanya. Semoga dpt membantu saudaraku yang ada masalah. Pergunakanlah dijalan alloh. Salam seduluran.

  88. tebakan ane 3-2 buat liperpool….asli ga make kodam ga make terawangan tebakan murni hehehe….
    salam takzim bang guru gatotloco dan semuanya….

    NB : ngilangin sipat males gmana yax…?

  89. Pagi semua,silahkan dinikmati wedhang jahenya,biar badan angeta nget n kelelapon khas martapura.hehehheheheeheheh,yang lagi ngidam,ati ati ntar ngiler….

  90. Kl dr banjarmasin naik pesawat,yg plg dekat enaknya turun dimana y kl mau ke mendut..
    Hiks..hiks..Binun g ada teman n’ g tau jalan mau ikutan kemendut..

  91. yang saya hormati kangmas gatolo drimana kangmas ko bru hadir…@ki kancil buana @bani@bayan@ca lawu@mas haryo@manwan@ki mulyo jati@kozhim@pangeran buana@kang patra@orgodumilah@tak bernama@bocah mumy@ki selor@kang bajur kesupen@mat siang semua

  92. @ki GATOLOCO ..maturnuwon sanget ki atas bantuan nya..nanti saya pegang liverpool ya ?.. semoga bisa buat bayar hutang2 saya.. skor akhir berapa ya ki’.. ( maaf.minta tolong lagi… hehe)
    @ki ustad ifrit.. liverpool manteb ya ki..?..

  93. @ZABLENK.. beneran ya itu ki…. saya bingung banget nih… sesepuh2 yang lain.. tolong bantu saya ya..(mngharap banget) :-(.. mtur nuwon ..
    ass..

  94. @gatoloco eh bru muncul ga mingguan nh hehe
    @murid ndableg cukup sxli sj maen judi bwt byr hutang n jgn sxli2 pura2 miskin nti mlh dmiskinkan oleh yg maha kuasa lahir n batin
    klo ilmu liat masa dpn yg aq tau km dlmn sj satu amalan n beramal jg hati qt brsih itu ilmu qt gbs liat lama paling hitungan detik skilas sj

  95. Salam Lekum,alhamdulillah Alloh memberikan rejeki Insya Alloh hadir…ntuk Ki Kang Sol Sepatu..saya dah beli tiket naik Lion tgl 20 krn jadwal kapal ga ada/ga pas dari Buton ke surabaya…mohon info nanti saya menuju mana untuk berkumpul pas sudah tiba di Bandara surabaya ma kasih sebelumnya………

  96. Salam lekum,gasan abahnya Nina…mun handak naik pasawat badapat di Bandara Surabaya ja julak’ai,ulun gin tapaksa pakai burung halang jua neh tumatan pulau Buton sulawesi,apa kapal jadwalnya tasalisih…paksa ta ganali ongkos..ha ha ha…alhamdulillah ada dingsanak si tukang sol sapatu basadia mangawani ulun….jadi kita baimbai an ja julak abah Nina…ulun kaena manginap di Hotel Gajahmada Ampel..kita badapat disitu bisa jua kaya…okeha..oke aja gin…Salam salim ntuk dulur liane…

  97. Salam lekum,gasan abahnya Nina…mun handak naik pasawat badapat di Bandara Surabaya ja julak’ai,ulun gin tapaksa pakai burung halang jua neh tumatan pulau Buton sulawesi,apa kapal jadwalnya tasalisih…paksa ta ganali ongkos..ha ha ha…alhamdulillah ada dingsanak si tukang sol sapatu basadia mangawani ulun….jadi kita baimbai an ja julak abah Nina…ulun kaena manginap di Hotel Gajahmada Ampel..kita badapat disitu bisa jua… kayapa…okekah..oke aja gin…ni no hape ulun 085255886422….Salam salim ntuk dulur liane…

  98. @ Pathamsyah …
    silahkan datang di jatim ck ji surabaya udah sy hubungi untuk mas pathamsyah …
    tukang sol sepatu ini nanti berangkat dr pasuruan ke bungurasih bersma2 ….
    o ia pake bahasa sulawesi ya… sy jd kurang faham
    monggo dilanjut

  99. =====LINANGAN AIR MATA====

    Kisah spiritual anak kecil yang memeluk islam hanya karena dia baca mengenai buku Islam, setelah sebelumnya orang tuanya memberinya semua buku semua agama yang ada di dunia, Orang tua memutuskan agar anaknya sendiri yang memilih agamanya.

    Rosulullah saw bersabda: ”Setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani, atau Majusi.” (HR. Bukhari)

    Kisah bocah dari Negara Amerika ini tidak lain adalah sebuah bukti yang membenarkan hadits tersebut di atas.
    Alexander Pertz dilahirkan dari kedua orang tua Nasrani pada tahun 1990 M. Sejak awal ibunya telah memutuskan untuk membiarkan anaknya memilih agama yang jauh dari pengaruh keluarga atau masyarakat. Begitu dia bisa membaca dan menulis buku-buku maka ibunya menghadirkan untuknya buku-buku agama dari seluruh agama, baik agama langit atau agama bumi. Setelah membaca dengan mendalam, Alexander memutuskan untuk menjadi seorang muslim. Padahal ia tak pernah bertemu muslim seorangpun.
    Seiring dengan perjalanan waktu Dia sangat cinta dengan agama islam ini sampai pada tingkatan dia mempelajari sholat, dan mengerti banyak hukum-hukum syar’i, serta membaca sejarah Islam, mempelajari banyak kalimat bahasa Arab, menghafal sebagian surat Al-QUr`an, dan belajar Adzan.

    Semua itu di pelajari tanpa bertemu dengan seorang ustad kyai atau muslim. Berdasarkan bacaan-bacaan buku2 dan Al-Qur`an tersebut dia memutuskan untuk mengganti namanya yaitu Muhammad ’Abdullah, dengan tujuan agar mendapatkan keberkahan Rasulullah saw yang dia cintai sejak masih kecil.

    pada satu waktu salah seorang wartawan muslim amerika datang dan menemui di rumahnya dan bertanya pada bocah itu. Namun, sebelum wartawan tersebut bertanya kepadanya, bocah tersebut bertanya balik kepada wartawan itu, ”Apakah engkau seorang yang hafal Al Quran ?”

    Wartawan itu berkata: ”Tidak”. Bocah itu sedikit kecewa rupanya, namun sang wartawan dapat merasakan kekecewaan anak itu atas jawabannya.

    Bocah itu kembali berkata , ”Akan tetapi engkau adalah seorang muslim, dan mengerti bahasa Arab, bukankah demikian ?”. Dia menghujani wartawan itu dengan banyak pertanyaan. ”Apakah engkau telah menunaikan ibadah haji ? Apakah engkau telah menunaikan ’umrah ? Bagaimana engkau bisa mendapatkan pakaian ihram ? Apakah pakaian ihram tersebut mahal ? Apakah mungkin aku membelinya di sini, ataukah mereka hanya menjualnya di Arab Saudi saja ? Kesulitan apa sajakah yang bapak alami, dengan keberadaanmu sebagai seorang muslim di komunitas yang bukan Islami ?” begitulah pertanyaan bocah tersebut.

    Setelah wartawan itu menjawab sebisanya, anak itu kembali berbicara dan menceritakan tentang beberapa hal berkenaan dengan kawan-kawannya, atau gurunya, sesuatu yang berkenaan dengan makan atau minumnya, peci putih yang dikenakannya, ghutrah (surban) yang dia lingkarkan di kepalanya dengan model Yaman, dia kadang2 berdiri sendiri di kebun umum untuk mengumandangkan adzan sebelum dia sholat. Kemudian ia berkata dengan penuh penyesalan, ”Terkadang aku kehilangan sebagian sholat karena ketidaktahuanku tentang waktu-waktu sholat.”

    Kemudian wartawan itu bertanya pada sang bocah, ”Apa yang membuatmu tertarik pada Islam ? Mengapa engkau memilih Islam, tidak yang lain saja ?” Dia diam sesaat kemudian menjawab.

    Bocah itu diam sesaat dan kemudian menjawab, ”Aku tidak tahu, segala yang aku ketahui adalah dari yang aku baca tentangnya, dan setiap kali aku menambah bacaanku, maka semakin banyak kecintaanku”.

    Wartawab bertanya kembali, ”Apakah engkau telah puasa Ramadhan ?”

    Muhammad tersenyum sambil menjawab, ”Ya, aku telah puasa Ramadhan yang lalu secara sempurna. Alhamdulillah, dan itu adalah pertama kalinya aku berpuasa di dalamnya. Dulunya sulit, terlebih pada hari-hari pertama”. Kemudian dia meneruskan : ”Ayahku telah menakutiku bahwa aku tidak akan mampu berpuasa, akan tetapi aku berpuasa dan tidak mempercayai hal tersebut”.

    ”Apakah cita-citamu ?” tanya wartawan
    Dengan cepat Muhammad menjawab, ”Aku memiliki banyak cita-cita. Aku berkeinginan untuk pergi ke Makkah dan mencium Hajar Aswad”.

    ”Sungguh aku perhatikan bahwa keinginanmu untuk menunaikan ibadah haji adalah sangat besar. Adakah penyebab hal tersebut ?” tanya wartawan lagi.

    Ibu Muhamad untuk pertama kalinya ikut angkat bicara, dia berkata : ”Sesungguhnya gambar Ka’bah telah memenuhi kamarnya, sebagian manusia menyangka bahwa apa yang dia lewati pada saat sekarang hanyalah semacam khayalan, semacam angan yang akan berhenti pada suatu hari. Akan tetapi mereka tidak mengetahui bahwa dia tidak hanya sekedar serius, melainkan mengimaninya dengan sangat dalam sampai pada tingkatan yang tidak bisa dirasakan oleh orang lain”.

    Tampaklah senyuman di wajah Muhammad ’Abdullah, dia melihat ibunya membelanya. Kemudian dia memberikan keterangan kepada ibunya tentang thawaf di sekitar Ka’bah, dan bagaimanakah haji sebagai sebuah lambang persamaan antar sesama manusia sebagaimana Tuhan telah menciptakan mereka tanpa memandang perbedaan warna kulit, bangsa, kaya, atau miskin.

    Kemudian Muhammad meneruskan, ”Sesungguhnya aku berusaha mengumpulkan sisa dari uang sakuku setiap minggunya agar aku bisa pergi ke Makkah Al-Mukarramah pada suatu hari. Aku telah mendengar bahwa perjalanan ke sana membutuhkan biaya 4 ribu dollar, dan sekarang aku mempunyai 300 dollar.”

    Ibunya menimpalinya seraya berkata untuk berusaha menghilangkan kesan keteledorannya, ”Aku sama sekali tidak keberatan dan menghalanginya pergi ke Makkah, akan tetapi kami tidak memiliki cukup uang untuk mengirimnya dalam waktu dekat ini.”

    ”Apakah cita-citamu yang lain ?” tanya wartawan.
    “Aku bercita-cita agar Palestina kembali ke tangan kaum muslimin. Ini adalah bumi mereka yang dicuri oleh orang-orang Israel (Yahudi) dari mereka.” jawab Muhammad

    Ibunya melihat kepadanya dengan penuh keheranan. Maka diapun memberikan isyarat bahwa sebelumnya telah terjadi perdebatan antara dia dengan ibunya sekitar tema ini.

    Muhammad berkata, ”Ibu, engkau belum membaca sejarah, bacalah sejarah, sungguh benar-benar telah terjadi perampasan terhadap Palestina.”

    ”Apakah engkau mempunyai cita-cita lain ?” tanya wartawan lagi.
    Muhammad menjawab, “Cita-citaku adalah aku ingin belajar bahasa Arab, dan menghafal Al Quran.”

    “Apakah engkau berkeinginan belajar di negeri Islam ?” tanya wartawan
    Maka dia menjawab dengan meyakinkan : “Tentu”

    ”Apakah engkau mendapati kesulitan dalam masalah makanan ? Bagaimana engkau menghindari daging babi ?”

    Muhammad menjawab, ”Babi adalah hewan yang sangat kotor dan menjijikkan. Aku sangat heran, bagaimanakah mereka memakan dagingnya. Keluargaku mengetahui bahwa aku tidak memakan daging babi, oleh karena itu mereka tidak menghidangkannya untukku. Dan jika kami pergi ke restoran, maka aku kabarkan kepada orang tuaku bahwa aku tidak memakan daging babi.”

    ”Apakah engkau sholat di sekolahan ?”
    ”Ya, aku telah membuat sebuah tempat bilik dibalik lemari di perpustakaan sekolah aku shalat di sana setiap hari agar tidak ketahuan teman2ku” jawab Muhammad.
    Kemudian datanglah waktu shalat maghrib di tengah wawancara. Bocah itu langsung berkata kepada wartawan,”Apakah engkau mengijinkanku untuk mengumandangkan adzan ?”

    Kemudian dia berdiri dan mengumandangkan adzan. Dan tanpa terasa, air mata mengalir di kedua mata sang wartawan ketika melihat dan mendengarkan bocah itu menyuarakan adzan.

    Subhanallah selamat meneteskan air mata

    PERTANYAANNYA YANG HARUS KITA RENUNGI DAN KITA JAWAB
    “ SEKARANG BAGAIMANA DENGAN KEISLAMAN ANDA????!!!

  100. Nderek nyimak…
    Itu sebuah hidayah yg tdk di dapat oleh setiap manusia..
    -hidayah bisa di peroleh langsung dr allah swt.
    -hidayah bs di dpt dari sesama kita(manusia)
    -hidayah bs di dpt dr kebesaran alam,alam kasar n alam halus..
    Dan utk hidayah yg paling muliah adalah,hidayah yg di dpt dr allah swt,,yg seperti di rasakan oleh saudara muhammad abdullah..trims

  101. Assalamualaikum Ki Dewa Cakra…maaf,,no.hpnya ganti ya..???kQ susah dihubungi..???saya mau konsultasi dengan anda…mohon dikabari kalau ganti no.hp…nuwun.

  102. @ki ustadz ifrit.. bener ki’ .. saya merasa tiap kali sholat atau wirid kdang gk ikhlas krn mengharap ini dan itu di dalam melakukanya,mohon bimbingan, dan mohon di ajarkan ilmu melihat masa depan nya, terimakasih.. ass..
    @ki ustadz ifrit alfatihah sent..

  103. hadir absen sore menjelang malam…
    Caqek ni mau nyantai dl,ntk malam mau dagang kopi dan nasgor dan nescafe tanpa gula kesukaan mbak zizah37..
    Lanjuuut.

  104. wah ada ki dewa besi ni.
    Tumben ki bs onlane.?..gasibuk ni…
    Salam salim salam tarik2kan tangan ki..qiqiqi..tp ojo ngetokno ilmu lo..!wkwkwkwk..

  105. @wulyojati walah ko dtg ga bw makanan sih balik lg sono heh
    @murid ndablek wahh saya mah gbs apa2 ma om gatoloco sj yg dh trbukti hehe piss om gatoloco bikin repot hehehe huhuy

  106. Marilah kita belajar menghargai pendapat n prinsip orang lain. bagi yang tidak sealiran jangan kasih komen di blog ini atau mencoba merusak acara ini. kembalikan saja hakekat dan keyakinan masing-masing kepada Allah secara pribadi2. karena kita smua akan mempertanggungjawabkan perbuatan kita secara pribadi-pribadi kepada sang Khaliq. jangan merasa paling benar sendiri karena kebenaran hanya milik Yang Maha Tunggal sedangkan manusia adalah tempatnya salah dan khilaf. kita semua bersaudara. salam peace dari saya orang bodoh.

  107. @ki ustadz ifrit.. gimana ya ki tips nya biar ibadah sperti sholat n wirid ikhlas lillahi ta’ala..fikiran saya suka ngelantur, berhalusinasi aneh2 tiap qiyamul lail..
    @ki GATOLOCO.. dpet referensi dr ki ustadz ifrid ki (mengharap di ajari cr paling gmpang sekilas pandang masa depan)hehe…
    @ki ustadz ifrit + ki GATOLOCO alfatihah sent.
    @sedulur sesepuh KWA semua alfatihah sent..
    di kwa saya bnyak belajar banyak tentang ikhlas dan sabar.. terkadang tnpa saya sadari air mata saya menetes saat baca bbrapa artikel yg buat saya ingat siapa dr saya.. manusia sombong dan bangga dgn dosa.. astaghfirulloh..
    salam seduluran to all ..al fatihah sent again.. 🙂

  108. @murid ndablek drpd km wirid2 amalan lbh baek km beramal soleh kpd siappun brsihkan hati kita n dri tutur kata sifat n prilaku pun drubah keikhlasan n kesabaran lalu pandanglah cermin sblm mengenal org lain knlilah diri sndri dlu

  109. ki sanak, ente di jogja kagak tau rute ke mendut, gimane ane nyang di jakarta,
    becanda ente,
    kalo kaga liat aje tuh postingan bagus samiaji di atas

  110. Absen pagi
    mksdny menang taruhan bola di playstation 2…ayo sp yg mau tarung wining eleven di ps2

  111. teruntuk @ para sesepuh dan sedulur kwa,,,sy ikut menyimak susunan acara silaturahim nasional,,,

  112. Para sedulur jakarta & tangerang, siapa yg ke mendut naik kereta api ekonomi dr psr senen? Aku ikutan.

  113. huahuahu ada tukang sihir mau dipenggal kepalanya……..aaadddddddduhhhh ….siapa yang mau menggal kepalanya BUNG ???? baru dateng joko bodo aja semuanya dan minta maaf………..Takut………apalagi mau menggal kepala segala….
    wuih kayak tau aja siapa itu tukang sihir………tahu kagak lu apa pekerjaan tukang sihir…………………weleh;;;;;;;;;;welwh
    aaaaauuuuuuuuuuuuuuuummmmmmmmmmm

  114. @ aku jan embuh…….dengan anda berkomenter demikian juga anda secara tidak sadar telah merasa anda adalah yang PALING BENAR hikhikhi…..dan pastilah anda ini sangat………………ah kagak tega juga aku ngomong……………
    aaaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuummmmmmmmmmmmmmm

  115. hayo—–rane—-rame…………jangan berduka———-jangan berduka…………ning nang ningung iwak ayam…..ayo rame- jangan berduka…..janganberduka,,,,,,,,,,,,,,,
    huahuahuahuahauauua………..haaaaauuuuummmmmmmmmmmmmmmmmmmm…ngis

  116. HANYA BERDOA SEMOGA SEMUA ACARA SILATURRAHMI KWA DI CANDI MENDUT SUKSES DAN MENJADI BERMANFAAT BAGI SESAMA

  117. permisi numpang kasih tau,dari apa yg saya baca baik nama maupun keskatian-kesaktian disini semuanya seperti atau bagaikan orang yg menyewa tempat tinggal atau kendaraan. Artnya begini semua yg anda gunakan itu bukanlah AMANAH yg dipercayakan langsung kepada anda-anda sekalian ,tetapi masih milik orang lain sertifikat tanah dan rumah atas nama orang lain,begitu juga dengan kendaraan yg anda-anda gunakan BPKB DAN STNK nya nama dan hak milik orang lain.
    jadi anda ini masih dituntut membayar sewa dan diberi batas waktu.
    Ingat yang memiliki memang Tuhan yang Esa tetapi ada hak-hak khusus yang telah diberikan kepada orang-orang yang diberikan Ilmu tersebut secara langsung dan kuasa penuh.
    yach ternyata cuman pinjam toh belum dibeli dan milik pribadi secara langsung.
    permisi.

  118. mendut..mendut,,,kau membuat aku jadi terkentut kentut.menemuimu sampai masuk angin kena macet 12 jam .he…he…he…kapok…? au ..ah.. gelap…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s