TEJAMANTRI


Muhammad Zainur Rakhman
hammadzn@gmail.com

Namaku Tejamantri. Mulai detik ini, aku akan menemanimu, menjadi sahabat setiamu; aku akan ngobrol denganmu. Jangan cari aku kemana-mana, karena aku disini. Di dalam tulisan ini. Aku mewujud ketika kau membacaku. Hidupkan aku di dalam imajensimu sebagai sosok yang kau senangi. Laki-laki? Ya, bolehlah. Tampan? Em, sebut saja kharismatis yang menyejukkan. Kau tersenyum? Hei.. tak apa, senyum menyelesaikan Sembilan puluh Sembilan persen persoalan, satu persen sisanya dengan bertindak mengikuti suara hati. Wuih, suara hati. Sudah sering kau dengar yah? Kau mau kita mengobrol tentang suara hati? Baiklah.. mulai dari mana? Tentu saja, dari suara.

Suara. Aku cenderung membedakan suara dengan bunyi. Kecenderunganku tuh hampir mendekati kepastian. Begini, suara memang pada dasarnya bunyi. Bunyi-bunyian merupakan hasil dari getaran atau benturan sesuatu dengan sesuatu. Contohnya, bunyi gamelan, itu tercipta dari benturan antara perangkat dengan pemukulnya. Aku ga ngerti istilahnya. Yang pasti bunyi tu lebih dekat kepada nada-nada daripada suara yang lebih dekat kepada makna. Kalau aku katakan makna, itu artinya memiliki maksud komunikatif. Tepatnya, bahasa. Ya, suara menawarkan bahasa. Suara menawarkan sesuatu untuk dimengerti, dimaknai, dan dikaji. Meskipun berasal dari getaran sesuatu, suara memiliki getaran yang cukup bisa dikatakan tetap, meskipun berulang-ulang. Jadi, semakin kau mendengarnya, semakin kau memahaminya.

Lalu, hati. Aku bisa katakan perasaan. Tapi sebenarnya lebih luas dari itu. Kalau aku mengatakan hati, itu artinya ya mencakup pikiran, kehendak, perasaan, dan semua kualitas dari sesuatu yang namanya jiwa. Jadi ga cuma perasaan tok sebenarnya. Soal rasa memang kita ga bisa bohong, lho..apa maksudnya. Maksudnya selera. Nah, selera juga merupakan kualitas dari jiwa. Kecenderungan pada sesuatu melebihi sesuatu yang lain. Kalau disertai ketekunan, namanya hobi. Bermacam-macam bukan? Itulah hati. Makanya, suara hati juga bermacam-macam? Secara kenyataan teknis memang demikian. Makanya, kau kadang bingung, kacau, tidak seimbang, dan melakukan sesuatu yang sebenarnya ga pengen kau lakukan. Saking banyaknya suara-suara itu, kayak motor bising. Namun, sebenarnya secara istilah, suara hati hanya satu.

Tadi, kita udah ngobrolin tentang suara. Suara itu berasal dari getaran. Kalau kau lagi kacau, itu bisa diibaratkan banyak terjadi getaran yang gak menentu. Berulang-ulang tapi ga sama. Makanya jadi suaranya macam-macam. Yang aku maksud dengan suara hati itu cuma satu. Berulang dan tetap. Semakin kau mendengarnya, semakin kau memahaminya.

Yang namanya suara hati kadang diidentikkan dengan suara Tuhan. Atau paling ga malaikat. Secara ilmu memang demikian. Ce ile, ilmu. Makanya, pasti satu. Dan pasti benar. Secara fisik, kita ga mungkin bisa ngelihat Tuhan, apalagi berhubungan dengan Nya. Gunung aja sampe hancur. Namun, kita bisa berhubungan dengan Tuhan melalui jiwa kita. Coba aja. Jiwa tuh ga bisa dikira-kira luasnya. Sebut saja, kualitas dari jiwa, misalnya imajenasi. Yang namanya orang bayangin sesuatu, apa aja pasti bisa. Bayangin jadi orang kaya, bayangin punya kekasih cantik, de el el, bisa banget. Ngayal? Iya, mengkhayal bisa apa aja. Khayalan juga merupakan kualitas jiwa. Cuma kalo khayalan tuh ga ada tujuannya. Kalau khayalannya semakin larut namanya melamun. Biasanya menyedihkan.

Kasihan deh kamu. Kau suka melamun? Tingkatkan lamunan menjadi imajenasi kreatif. Paling ga, tulis tuh lamunanmu di buku diary.

Jiwa-jiwa semuanya terhubung jadi satu. Mereka kayak tingkat-tingkat cahaya. Dari yang paling terang sampai yang samar-samar. Semuanya mengelilingi cahaya yang sangat terang. Cahaya di atas cahaya. Tuhan. Kenapa kau menyukai keindahan, kebenaran, kebaikan, tu karena kau memiliki percikan cahaya dari Tuhan. Semakin banyak kualitas-kualitas ketuhanan dalam dirimu, cahaya jiwamu juga semakin terang, dan semakin dekat dengan titik cahaya yang sangat terang. Tuhan.

Suara hati, adalah suara yang membuat hati kita semakin terang. Semakin nyaring suara hati, semakin terang jiwa kita. Akan lebih terang lagi kalau kita bertindak mengikutinya. Keseluruhan suara hati itulah yang aku sebut panggilan jiwa. Yang dalam arti sebenarnya merupakan panggilan Tuhan. Dengan bertindak mengikuti suara hati, dan dengan hidup memenuhi panggilan jiwa, itu berarti kau sedang berlari menuju Tuhan. Sehingga, mau tidak mau, jiwamu secara otomatis akan diliputi oleh keindahan, kebaikan, kebenaran, dan cinta kasih. Maka hidupmu akan dipenuhi dengan cinta dan hanya cinta. Cinta tu gabungan kualitas keindahan, kebenaran, dan kebaikan yang lebur menjadi satu dan bergetar dengan hebat. Semangat ga tuh?

Lantas gimana mengenal suara hati? Tadi kukatakan, suara hati tu cuma satu. Dan suara itu muncul dari getaran. Untuk memunculkan suara hati, kau hanya perlu mengumpulkan getaran pada satu titik. Konsentrasi. Yah, konsentrasi, itulah kuncinya. Bahasa arabnya, khusyuk. Untuk bisa konsentrasi, segalanya harus tenang. Nah ketenangan itu datang dengan memelihara kejernihan jiwa, kelembutannya, dan kepasrahannya, atau kosong. Perlu latihan? Tentu saja. Sangat perlu. Latihannya gampang. Shalat.

Shalat yang diusahakan kekhusyukannya akan mengantarkanmu mengenal suara hati. Tentang shalat, bisa deh kau belajar pada ahlinya; ustadz, kyai, atau ulama disekitar tempat tinggalmu. Aku cuma nunjukin aja. Bisa ga si pake cara lain? Secara teori bisa aja si, tapi secara praktek cuma shalat yang bisa. Kalau kau cuma melatih daya konsentrasi, yah.. banyak yang menyebutnya kekuatan pikiran atau kekuatan mental, sebenarnya beda banget dengan konsentrasi yang aku maksudkan. Konsentrasi yang aku maksudkan adalah konsentrasi jiwa, bukan hanya salah satu bagian dari jiwa. Kalau kau melatih konsentrasi pada salah satu kualitas jiwa (misalnya mental), kau hanya akan membuatnya dominan, dan mengubur kualitas yang lain, pada hakekatnya hal itu bisa merusak jiwa. Jiwa ga akan bercahaya, namun akan semakin samar, dan menuju kegelapan dengan cepat. Tandanya apa? Ga akan ada kedamaian dan ketenangan. Orang yang ngeliat, ga akan merasakan kesejukan, yang ada malahan kesan angkuh dan merasa hebat. Maksudku secara teori, ya mungkin saja dengan kehendak dari Tuhan, tapi itu ga bisa diusahain, itu anugrah yang ga bisa diminta. Jadi cuma shalat yang bisa. Met belajar yah…

Sebelumnya kan aku bilang, kalau bertindak mengikuti suara hati tu satu persen setelah Sembilan puluh Sembilan persennya pake senyum. Senyum itu, sebagai prasyarat, bahwa hatimu siap untuk menjadi jernih, lembut, pasrah dan akhirnya bisa tenang, dan kau akan mudah mengenal suara hatimu yang sejati. Coba deh senyum. Tuh kan, senyum itu artinya kita berdamai dengan diri kita, berdamai dengan keadaan, berdamai dengan hal-hal yang ga bisa kita jangkau. Makanya, kalau mau shalat, harus senyum dulu, ga boleh marah. Nah, itulah kenapa, syarat sahnya shalat dengan wudhu lebih dulu. Membasuh muka, tangan, sebagian kepala, dan kaki dengan air. Biar kita bisa merasakan kesegaran air itu dan nantinya segala macam api yang berkobar, berupa keluh kesah, amarah, sedih, rasa bersalah, kecewa, merasa tersisih, enggan, kelesuan, patah harapan, ga semangat, malas, de es be bisa padam dan mengalir bersama tetesan air wudhu yang jatuh ke tanah. Senyum yah …

O ya, mau ngobrolin senyum? Oke..

Senyum aku katakan hal yang mudah, sekaligus susah kau lakukan. Kalau lagi marah, dipaksa senyum jadinya lucu..hi..hi.. memang seharusnya kau memaknai senyum dulu. Senyum aku katakan adalah berdamai. Berdamai dengan dirimu. Artinya, kau itu bukan manusia super. Diantara semua kelebihanmu, kau pasti punya kekurangan. Ya, kau harus menerima, harus berdamai dengan wajahmu yang mungkin ga terlalu tampan, otakmu yang pas-pasan, tinggi badan, postur tubuh ga semok, de es be… ya berdamai. Berdamailah, baru kau bisa mengubah keadaan. Berdamai dengan dirimu yang misalnya punya masalah kesehatan, cacat fisik, berdamailah. Berdamailah dan lihat, apa yang bisa kau lakukan.

Lalu, berdamai dengan keadaan. Yang namanya suasana, keadaan, kau ga bisa selalu ngontrol. Ada keadaan yang menyenangkan hatimu, ada dan pasti ada keadaan yang membuatmu kalang kabut. Berdamailah, dan lihat, apa yang bisa kau lakukan. Terlalu bangga dengan diri, membuatmu memiliki rasa malu yang berlebihan. Merasa memiliki akan menyebabkan kau banyak mengalami kehilangan. Berdirilah di atas ombak dengan kepala tegak, songsong angin dengan neraca yang seimbang, dan jangan bergantung kepada apapun yang kau tahu mereka sama denganmu. Hilangkan rasa bersalah, meskipun, aku tahu kau selalu ingin memperbaiki kesalahan, tapi yang pertama berdamailah, hilangkan perasan bersalah, dan kau akan mampu mengubah keadaan.

Yang terutama, berdamailah dengan orang lain. Artinya, jangan menuntut terlalu banyak kepada orang lain, yang kau tahu, mereka sama manusianya denganmu. Orang lain, kau tahu, meraka punya wajah yang beda, mereka mungkin berlainan tempat denganmu, berjumpa dengan orang-orang yang berbeda dengan yang kau jumpai, membaca buku yang mungkin tidak sama dengan yang kau baca. Sementara kau menonton serial drama komedi, mereka menonton film kartun. Mereka tentu punya hobi yang macam-macam, yang bisa jadi sama atau berbeda denganmu. Dan yang pasti mereka mewarisi gen dari orang tuanya yang bukan orang tuamu, sehingga berdamailah, berhentilah menuntut. Adakalanya kau bertemu dengan orang yang sangat pas denganmu, mau mengerti dirimu, menurut apa saja kehendakmu, dan slalu mempersembahkan yang terbaik untukmu, tapi tidak selalu bukan? Maka berdamailah, dan lihatlah apa yang bisa kau lakukan.

Dari uraian semua itu, maka senyum menjadi simbol perdamaian. Senyum ku katakan, seperti air yang mendinginkan api. Dengan selalu siap untuk tersenyum, kau akan mudah berdamai dengan apa saja. Sehingga Sembilan puluh Sembilan persen penyelesaian sudah kau kantongi, satu persen sisanya, kau sudah tahu bukan? Shalat yuk…! sudah wudhu kan?

Kau tahu? Aku sangat senang ngobrol denganmu. Sampai jumpa. Salam …

Sembilan Kaidah Keadaan

Bakda Mulud, 1432 H

“Yang dahulunya tiada, kemudian menjadi ada, selanjutnya tidak ada, adalah benar-benar tidak ada.”

“Yang dahulunya ada, kemudian tetap ada, dan selalu ada, adalah benar-benar ada.”

“Yang kemarin sudah pergi, yang esok masih misteri, yang benar-benar ada adalah saat ini.”

“Segala sesuatu ada saatnya, tidak ada yang harus dipercepat ataupun diperlambat.”

“Semakin diusahakan, semakin sulit dijangkau; semakin dibiarkan, semakin ia datang mendekat.”

“Tidak ada masalah; yang ada hanya keinginan kita untuk mengeluh.”

“Segala sesuatu berada dalam jangkauan tangan; akan tetapi kaki kita demikian senang bepergian.”

“Yang terpenting adalah kesadaran; bahwa kita tidak benar-benar ada; sehingga saat kita terjatuh, kita secepatnya paham, bahwa kita tidak benar-benar sakit.”

“Yang tidak ada bergantung sepenuhnya kepada yang ada; suka atau tidak suka.”

@@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 134 Komentar

Navigasi pos

134 thoughts on “TEJAMANTRI

  1. wong lamo

    yees

  2. nyimak

  3. Bentaos Putih

    10 besar

  4. adam

    Ass Wr Wb …
    Mohon ijin utk menyimak walaupun sambil terkantuk-kantuk. he he he.
    Mudah-mudahan bukan krn kebykan wirid nih.

  5. hem…manggut2….seperti diri kita. Yg tadinya tidak ada sekarang ada,suatu saat kita tidak ada,mengejar yg di depan,bukankah yg di belakan sudah digulung..

  6. Wong ngallah

    Asslmu ‘alaikm,,,
    @ki gentar alam,,,dan smw se2puh kwa, slm takdzim saya…
    Absen hadir, ikut nyimak, , , , no 9.
    Ki ageng jj, ki abd jbbr/ki dalang. . . . Blm hadir ea, pdhl q muridny ni dah nggu2?
    Wsslmu ‘alaikm.

  7. manggut2 ndot com ……. mbah GA…..ayo slonjoran kene…tak sajeni kopi karo rokok ya 😀

  8. wong lamo

    ayo om om pada ngopi biar nggk ngantuk..
    @mas.agung: ap kabar..?semoga sehat selalu aamiiin

  9. Nang Cubluk

    Assalamu’alaikum wrwb

    Alhamdulillah, Salam salim paseduluran….
    Nyimak….sambil Nyruput es Teh……

  10. wong lamo

    waalaikumslmwrwb..mumpung lagi santai,ikut @ nang cubluk aj minum es teh kopi susu…sambil nyimak

  11. lemots

    Mantaaaf…

  12. Si Doel

    ……..?

  13. Mulya

    Senyum senyum senyum
    Relax relax relax
    salam persodaraan

  14. kopral DJ

    telet mulu masuknya euyy….ijin nyimak yaa…nuwunnn

  15. absen siang ,,,,,

    ijin nyimak sambil ngintip postingan terbaru …..

    salam to all bolo wongalus…..

  16. ehen zaxis

    angguk2 dlu dgn senyuman (^_^).

  17. alas kaki

    haha…… berarti wong lamo adalah mas rio, koq banyak amat nicknamenya??? yg satu lg blm ketauan…oo aku ketauan…wkwk..peace..

  18. Adem adem adem
    ayem tentrem karo
    mesem
    salam persaudaraan
    saudara sungguhan
    monggo dilanjut
    nngak pake cling….

  19. wong lamo

    @alas kaki : cuma dua itulah nggk lebih,kalau ada lebih dari itu bukan saya..salam takzim

  20. ade syahputra

    absen hadir sedulur”…..
    Untuk sesepuh” d atas sya,.’
    Salam takdzim ki,.’! !
    Monggo d lanjutzzz……

  21. wong lamo

    @alas kaki : lebih baik jujur dari pada menutupi pakai topeng..,di balik nama tapi rupa tak sama,tak sesuai,..ujung ujung…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!..??????????????
    disini saya pribadi mencari sedulur,, ilmu mungkin no.2 tapi nggk juga saya ngamalkan ilmu di kwa ini..saya cuma menyimak pencerahan dari sesepuh n sedulur kwa,supaya otak ini berpikir hati menerima apa adanya…

  22. wong lamo

    @ alas kaki : kamu siapa sebenarnya ..?tampakan wajah mu,biar saya mengenal lebih akrab…?? katanya sedulur..? siapa tau kita ketemu di jalan,jadi saling bertegur sapa..???

  23. tak bernama

    nyimak

  24. Ki nur jati

    KWA JAKARTA AKAN TETAP MAJU PANTANG MUNDUR ADA MUSUH SIKAT SAMPE MATI .ADA SAUDARA DAN KAWAN KAMI HORMATI DAN HARGAI SAMPAI TETES DARAH PENGHABISAN.SAYA MUAK DENGAN OKNUM2 KWA YANG MERASA DIRINYA SEPUH TAPI HATINYA SEPERTI SERIGALA.

  25. Bocha Bumi tak Bertuan

    Qobiltu… senyum nya maz tejamantri

  26. wong lamo

    mantab untuk para sedulur……..salam takzim untuk semua

  27. kopral DJ

    rapatkan barisan dan lanjutkann….

  28. Ki nur jati

    KARENA SAYA MUAK DENGAN OKNUM2 KWA YANG SUDAH TERDAPTAR DIBUKU SAYA JUGA KWA JAKARTA YANG SUDAH KAMI BLACK LIST YANG MENJOLIMI SAUDARA SAYA JUGA MURID SAYA.kenapa disebut oknum karena mereka melakukan perbuatan sihir yang mencelakai saudara saya di kwa jakarta.saya sudah bersabar selama ini tapi sabar ada batasnya.ALLOH MAHA ADIL

  29. kopral DJ

    @ kinurjati …ada oknum kwa jakrta ya…ckckckck sikat ajah GPK (gerakan pengacau KWA)

  30. @Ki nur jati: Sabar ki….nur jati
    monggo pado eling lan was podo.

  31. kopral DJ

    asmikum ki Ageng JJ pakabarnya….

  32. MasdI

    Absen sore, salam seduluran kagem bolo wong alus

  33. Nawiazky

    Assalamualaikum
    jujur posisi saya netral2 saja dan dari lubuk hati terdalam saya ingin semuanya berlangsung dengan suasana perdamaian dan perseduluran, saling asah asih asuh saja…. (terlebih tidak ikut ke Mendut (entah menyesal entah tidak tidak dapat pergi kesana, melihat perkembangan saat ini).

    Namun saya bernaung di korps KWA Jakarta, yang saya lihat sangat guyub, saling dukung asah-asih asuh….

    Saya cinta damai dan peseduluran, tapi saya loyal dengan corps…..
    Persaudaraan di KWA Jakarta, ibarat anggota tubuh bagi saya, apabila sakit saya akan turut merasakan sakit…..
    what ever the other say about us, that is my position…….
    @Than Must The Post, walau saya belum bisa apa2, namun saya siap nunggu komando dibelakang jenengan….

  34. thanmust thepos

    ada yang baru ya?
    sampai gak tahu, keasyikan di belakang……sihhhhhh

  35. @kopral DJ: Al hamdulillah . baik ki…..
    pripun panenengan .

    jane ono opo iki….kok rame….rame….

    aku tak nyimak desek

  36. Kentut Loro

    Kentut Loro Hadir…

    Kinurjati : Saya yakin Ki Nurjati Orang yg Bijaksana, Biarlah KWA ini Adem tanpa ada Berita2 seperti ini…
    Kalopun Kejadiannya seperti itu, saya yakin Ki Nurjati dapat mengatasinya, tanpa memberitakan hal2 seperti ini… Bact to the Nature Budaya Luhung Nusantara.
    Soo, Take Our KWA Peacefully….
    Btw Sembah Nuwun Ki Nurjati… and Semua Bolo KWA.

  37. thanmust thepos

    @Nawiazky : Terima kasih Mas atas dukungannya, mudah – mudahan tidak terjadi apa – apa.
    @Ki Nurjati : mBah Nur, seperti tadi , pimpin anak – anak dibelakang, biar saya yang didepan dulu.

  38. thanmust thepos

    @KiAgeng JJ : Sugeng sonten Ki? Kados pundi Kabaripun?

  39. Ki nur jati

    Siap laksanakan mas@thepos

  40. kopral DJ

    @ ki ageng JJ kabar baik juga ki
    @kang thanmust thepost…target operasi kemana yaa..kok ga pernah keliatan lagii

  41. Lagi2 cerpen yg kluar , membosankan . Ki Nurjati sing eling , sabar ujung tombak iman .

  42. Nino

    @kang thanmust thepost wonten nopo to niki..??

  43. Patramantra

    Gak tau aku… Apa yang menjadi masalah dan dipermasalahkan…Jadi penonton aja dah. Sambil berdo’a smoga kwa di tempat lain masih tetap adem…ayem…

  44. Maung Luwe

    salam persaudaraan buat semua keluarga KWA,yaah…agak sayang ngga bisa hadir di Mendut,tentu banyak sekali pengalaman yg didapat dari sana…buat yg mau sharing please ya aku tunggu..sing pada rukun ya.

  45. @thanmust thepo: Alhamdulillah sahe ki..
    pripun Ki sancang ungu sampun hubungi panjenengan

  46. thanmust thepos

    @ALL BOLO WONG ALUS : Saudara – saudaraku, pertama sekali saya atas nama pribadi sekaligus atas nama kwa jakarta MOHON MAAF yang sebesar – besarnya karena beberapa hari ini kampus wong alus dipenuhi oleh warga kwa jakarta yang DEMO menuntut permintaan maaf kepada oknum kwa. Hal itu kami lakukan karena rasa solidaritas kami kepada anggota kwa jakarta yang diperlakukan kurang manusiawi menurut kami. Sekarang hal itu kami sadari ternyata salah. Maka dari itu dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya.
    Sekali lagi kami atas nama semua anggota kwa jakarta MOHON MAAF , atas kekhilafan kami menguasai kampus dengan teriakan – teriakan yang kurang pantas.
    KWA JAKARTA MOHON MAAF LAHIR BATIN.
    Terima kasih.

  47. Nino

    Smoga allah swt melindungi kita semua dan memberikan yg terbaik buat kita semua.. Amin,..

  48. thanmust thepos

    @Ki Ageng JJ : alhamdullillah, dereng Ki Ageng.
    Pamit mundur dulu, monggo, matur nuwun.
    kwa jakarta : mundur barisan
    istirahat ditempat.

  49. thanmust thepos

    @Nino : Mas Nino gak ada apa – apa , sudah selesai. sudah minta maaf. kwa jakarta yang salah.
    Monggo amit , mundur

  50. Nino

    @kang thanmust tepost
    saya minta maaf kang, karena saya yg msh bau kencur ini sok pingin tau..
    Salam damai Buat kwa jakarta smua smoga tetap jaya slalu,.

  51. Mas Bei

    disini, weh selesai juga
    Alhamdulillah

  52. harsa

    absent sore…
    salam sejahtera…

  53. Mas Bei

    Ikut mundur, ah,
    atut…………., kemarin waktu demo GALAK,
    ATUT …..ada yang dendam. ha. ha. ha. rahayu. rahayu. rahayu.

  54. adam

    @Mbah Thanmust Thepos : anda Danyon nya KWA Jakarta ya ? Acung jempol utk anda deh … Terlepas dari siapa yg salah dan siapa yg bener … kita ceritanya mau bersaudara 100 % di KWA nih … seperti yg pernah saya tulis di salah satu koment … Allah SWT juga menciptakan manusia tidak 100 % sempurna … ada manusia yg kepalanya peyang … ada yg matanya picak sebelah … ada yg kakinya pengkor … dan ada yg mulutnya dower.

    Karena kita pingin bersaudara 100 % di KWA ini … kita hrs menerima semua jenis manusia … termasuk yg kekurangan spt di atas. Supaya kita bisa menerima semuanya … ya mau gak mau perbanyaklah bersabar.

    Gak gampang emang utk bersabar … apalagi bagi org yg berilmu tinggi. Karena biasanya ilmu tinggi juga meninggikan semuanya. Meninggikan ego, meninggikan emosi, dan meninggikan kemampuan tempur.

    Terima kasih utk anda dan seluruh jajaran KWA Jakarta yg telah membuat KWA ini adem kembali.

  55. adim

    selamat sore sadaraku kampus wong alus :
    sesepuhku KWA Jakarta
    – Ki Nur Jati
    – Mbah Abdul Jabbar
    – Ki ageng JJ
    – Mas thanmus thepos
    – Mas Patramantra
    salam takzim dan perdamaian selalu buat saudaraku KWA Jakarta ..
    derek nyimak …monggo dilanjut

  56. dah selesai ya..hem ya sudahlah…mas agung trimakasih kopinya….sy sampek keseret ama nih masalah,hem..

  57. udah selesai nih…unek2 kwa jkt…silahkan yg lain unek2 ki nurjati..siapa? Yg udah main sihir di kwa jkt…di jlaskan,…

  58. aslm. damai slalu peace,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  59. tukang sapon

    @pakdhe gentar; ayo silahkan juga keluarkan uneg———————————————————uneg panjenengan….
    ayoh…….ayoh………..mengko aku sing nggowo linggise ,bagian nyongkel uteke panjenengan……wkwkwkwwk…..

  60. iblis

    huahaaaaaaaaaa

  61. iblis

    huahaaaaaaa

  62. mantap, permisi gabung….

  63. tiyangalit

    absen sore, salam..salim dimari,, nderek dawuhe ki nurjati kemawon. geser dikit dung mas kopral dj, ini barisannya bener2 rapet..hi..hi..313x

  64. akar dewa

    hhhmmmmm ga mudeng …. nyimak waelah ….

  65. Salam salim untuk ki Nur Jati, ki Mbah Abdul Jabbar, Ki ageng JJ, ki Mas Thanmus thepos, Ki Gentar Alam, ki Mas Patramantra, ki Adim, Pemangku kwa ki mbah sapon, ki tiyang alit, ki iblis, ki adam, ki mas bei, ki harsa, ki nawiasky, ki wong lamo, ki dani dan sedulur semua… rahayu… alfatihah sent

  66. Sopo wae sing pengen pangesthi rahayu… angayomi ing tyas wening.. kudu gelem
    ngeningke ati kang suwung… Nanging sejatining isi.. Isine cipta sayektos..

    Siapapun yang ingin senantiasa mendambakan kebaikan, perlu mengendapkan pikiran, dalam mawas diri sehingga hati ini kosong (pamrih) namun sebenarnya akan menemukan cipta yang sejati.

    nuwun…..

  67. AB

    Numpang ngadem….

  68. Tukang Gorengan

    @wongalus: salim dulu ah sama sesepuh cup.. cup.. Minta izin gabung di kwa njih.. Sekalian mau izin jual gorengan hihihihi..

  69. om wawan sleman

    sugeng ndalu ki alus, salam karaharjan.

  70. mbahe danyange kanjeng panembahan wong alus salam takdzim…sungkem sakeng mured paleng mbejujak….@kangmas gondrong monggo di congkel niki utek ke kulo,di resik i seng kotor seng ngeyel..qiqiqiqiqi,..sambil nguncali 234..sak slop..wkwkwkwk

  71. absen sore…..nyimak mas thepos,ono opo kang….

  72. pindah ke partai lain ah , bosen ribut mulu , ……………….sungguh terlalu

  73. @ki nur jati N semua sedulur KWA JAKARTA yg sabar, marilah kt cari jalan yg lebih bijak krn kekerasan jk kt selesaikan dgn kekerasan bknnya akan menyelesaikan masalah justru dapat menambah rumit masalah..

  74. om wawan sleman

    tokekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    piye kabare bos

  75. Tukang Gorengan

    Sekali saudara tetap saudara.. SETUJU?????

  76. thanmust thepos

    ASSALAMU’ALAIKUM WR WB.
    SUGENG DALU, PORO SEDEREK SEDOYO.
    SEDULUR – SEDULUR BOLO WONG ALUS INGKANG KULO HORMATI, WABIL KHUSUS PANITIA SILATURAHMI II MENDUT.
    Pertama saya THANMUST THEPOS, atas nama Pribadi sekaligus atas nama KWA Jakarta, dengan ini menyatakan PERMOHONAN MAAF yang sebesar – besarnya kepada SEGENAP PANITIA SILATURAHMI II Mendut, karena kekhilafan dan kebodohan kami, sehingga dalam beberapa hari ini kwa jakarta memuntahkan kekesalannya kepada panitia, yang tidak sepatutnya dilakukan.
    Sekali lagi kami mohon maaf.
    Kalau kita bicara yang salah, maka saya pastikan yang salah adalah KWA Jakarta, terutama para pengurusnya yang datang terlambat sehingga mengganggu acara yang sedang berlangsung.
    Selanjutnya kami mohon kemurahan hati Panitia yang di pandegani Kangmas Bengawan Candhu dan Ki Mas Bajul Kesupen, untuk berkenan MEMAAFKAN kami kwa Jakarta terutama yang hadir di Mendut.
    Sekali lagi kami atas nama kwa jakarta dengan setulus – tulusnya mohon untuk dimaafkan atas kekhilafan kami, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Sekaligus kami memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya, atas partisipasi dan pengorbanannya sehingga terselenggara acara tersebut. SELAMAT DAN SUKSES, UNTUK PANITIA.
    Terima Kasih
    Wassalamu’alaikum wr wb.
    Salam atas nama kwa jakarta thanmust thepos.

  77. @om wawan kabhare top markotop om..qiqiqiqiqi

  78. agus.wdd

    asslm wr,wb,salam salim sungkem buat ki wong alus dan semua sesepuh…ijin nyimaak..salam seduluran buat semuaa..

  79. om wawan sleman

    @ tokek
    @ thanmust thepos
    ayo ngopi dulu. hehehe mumpung ijeh anget

  80. Bayu Agni

    Izin nyimak…….

  81. maspri131

    SEMOGA DARI KEJADIAN INI ,BISA MENJADIKAN KITA SEMUA MENJADI PRIBADI PRIBADI YANG ARIF DAN BIJAKSANA

  82. thanmust thepos

    @Muhammad Zainur Rakhman : Maaf, numpang lapaknya.

  83. Bayu Agni

    @ thanmust thepos _ Ngana bai bai jo!

  84. thanmust thepos

    @Ki Alus : sugeng dalu Ki. Salam Takzim
    @Wawan Sleman : Monggo mas wawan, kulo derekaken
    @Ki Bayu Agni : Salam, buat temen2 “Kelompok Suami Lepas Kendali Istri”
    @Maspri131 : Betul mas ambil hikmahnya, ambil yang bagus, buang yang jelek
    @Tokek : alam Paseduluran
    @agus widodo : salam Paseduluran

  85. Bayu Agni

    om wawan _ kalau mau ngopi datang aja ke tempat bayu agni ada kopi luwak lho?

  86. Bayu Agni

    Baik mas thepos pesan anda akan saya sampaikan ke semua anggota suami lepas kendali Istri he he he….

  87. om wawan sleman

    @ bayu agni, beres bos. sorry kemarin gak sempat bincang2.
    @ than must thepost, nanti malam saya sms lagi ya, ni ada perlu dikit, hehehe

  88. thanmust thepos

    @Tukang Gorengan : SETUJU 100%

  89. thanmust thepos

    @WAWAN SLEMAN : OKE MAS WAWAN, DITUNGGU?!

  90. Nawiazky

    @Ki Thanmust Thepos, 86 siap Dan…. (Alhamdulillah)
    @Ki WA salam takzim saya, alfatihah juga utk Ki WA
    Wassalam

  91. @nawiazky,,,,,,,,, hupz ada orang kalimantan nih,,,,!!!!! oleh2nya mana,,,,???? macan keram juga boleh. wkwkwkwkwkwkwk………….

  92. Nawiazky

    @Ki Bayu agni salam salim hormat nih…
    Mantaaap kopinya boleh ga ikit nyrupuuut, waduuuh saya belum bisa masuk anggotanya nih masih suziss, hahahahahaha

  93. pamukt1/kwa-jakarta

    Assalamu alaikum wr wb…..
    Alhamdulillah…komandan mengatakan tarik mundur pasukan yang artinya kita tarik diri dari arena bukan berarti kwa-jakarta takut, tapi kita masih punya akal sehat daripada berujung pada akibat yg tidak di inginkan nantinya…
    yang jelas KWA tempat menggalang SILATURAHIM dan bukan tempat menggalang
    SILA-NJAJALI…

    Salam buat :
    @Ki Alus, @Ki Ageng JJ, @Ki Gentar Alam, @Ki Thepos, @Ki Nurjati, @Ki Bayu Agni, Nawiazky
    @Ki Deadman dan semua yg hadir…salam paseduluran………

    Nuwun….

    (eof://PAmukt1/KwaJakarta)

  94. Nawiazky

    @Ki Adem… Hushhh becandaan private messages jangan dibawa ke mari ahhhh
    Hahahahahahahhahahahahaha

  95. thanmust thepos

    OKE , MONGGO DIPUN LANJUT.
    BADE ISTIRAHAT RUMIYIN.
    SALAM

  96. Nawiazky

    Salam salim ke yang hadir
    @Ki Pamukt1
    @Ki ADEM (A…. DEad Man)
    @Ki Bayu Aghni
    @Ki Mas ‘Danyon’ Thepos
    @Mbah wawan sleman
    @mbah mas Pri
    Dan lainlain nya
    Salam rahayu

  97. thanmust thepos

    SEBELUM TUTUP PINTU, SALAM TAKZIM SERTA SALAM HANGAT :
    @KI PAMUKT1
    @MAS DEADMAN
    @MAS NAWIAZKY
    @KI BAYU AGNI
    AMIT MUNDUR DULU
    SALAM

  98. @than must thepost salam takdzim penuh hormat om..
    @om wawan kopine masih anget ta..wkwkwkwkwk

  99. mmarjuki

    Mantab … setuju banget.kita semua harus belajar senyum, dan banyak senyum.belajar berdamai.tertama berdamai dengan diri sendiri.setelah senyum akan terasa relaks.atau belajar relaks.lalu pasrah.pasrah total bahwa hakekat kita semua ini memamg gak ada.betul-betul gak ada.kalau ada sementara ini karena memamng diadakan.tapi nanti menjadi tiada lagi.itulah karena ada yang membuatnya .membuatnya tiada pula.marilah berdamai,tersenyum,relaks,dan pasrah.kita masuk tiada kekuatan kecuali kekuatan tuhan.amien salam buat temen2 sekampung.salam semuanya.muhamad marjuki 085641820576, di pemalang Jateng.mohon maaf semuanya….

  100. Sabdo Sejati

    Poro sepuh, Ki WA, Pak Mangku GX, Guru Ki Nur, Ki JJ, mantan presiden KiWS, Senopati Agung Ki Thepos, juga ki CK, ki BA, ki GA dan poro sedulur semua,
    Mari kita Reboan sambil ndongeng,
    Kalau yang faham Wayang, maka kalau keluar Semar- Punokawan akan keluar satria, namun kalau yang keluar tejomantri alias Togog-Mbilung akan terjadi kegentingan dan hal-hal kurang bagus. Eh…., tiba-tiba hari ini yang keluar Tejomantri alias Togog-Mbilung, dan ternyata tidak hanya di wayang, di KWA pun keluarnya tejomantri membuat suasana jadi genting juga.
    Ini bukan gothak-gathik-gathuk,- musyrik; tapi sungguh-sungguh terjadi.
    Untuk memahami makna bicara seseorang, juga makna tulisan yang tersirat memang tidak gampang, apalagi “Dongeng”, ini cukup susah, dan bisa salah mengerti.
    Seperti saat Sunan Muria menyuruh muridnya Bagus Rinangku( pacar Raden Ayu Nawangsih, anak sunan Muria), untuk ” menunggu burung di sawah”. Maka Bagus Rinangku hanya duduk di gubuk, dia nungguhin dan melihat burung2 yang memakan padi di sawah. Pada saat Sunan Muria datang , maka marahlah beliau melihat kelakuan muridnya, yang membiarkan burung memakan padi. Maka Bagus menjawab, ” Apa salah saya sunan, Sunan menyuruh saya menunggu burung, bukan mengusir burung”.
    Alkisah Dongeng di mulai dari Raden Paku, setelah berkhalwat/taffakur selama 40 hari, maka beliau mendirikan padepokan diatas Gunung(Giri), maka tersebutlah beliau sebagai Sunan Giri. Dalam waktu singkat murid sunan Giri begitu banyak dan sangat Solid. ( Maaf koq seperti KWA Jakarta anggotanya banyak dan solid). Tetapi memang begitulah, menurut babad tanah jawa muridnya tidak hanya dari jawa dan nusantara, tetapi ada yang berasal dari Arab, china, bahkan Ngerum.
    Begitu terkenal dan kesohornya Sunan giri, maka seorang Begawan yang sakti mandraguna dari Gunung Lawu, Jateng; merasa tersaingi. Karena diantara ribuan muridnya, ada yang pindah ke sunan Giri. Singkat dongeng begawan Mintasemeru datang ke Giri dan adu kesaktian dengan Sunan. Kesaktian yang luar biasa, termasuk ilmu sihir dikeluarkan oleh sang Begawan . Ada permainan menebak apa yang dikubur di puncak bukit, menerbangkan tempayan terbalik airnya tidak tumpah, mengadu ikat kepala begawan dan jubah sunan, menyusun ratusan telur, bahkan beradu fisik. Namun di dukung kedewasaan berfikir antara Sang Begawan Mintomeru dan Sunan giri, akhirnya mereka menjadi shohib dan saling mendukung.
    Menjadi Shohib setelah berselisih dulu bagus juga, tetapi Gusti Allah menghendaki kita menyayangi semua ciptaanya, tanpa pakai menyakiti. Seperti Dongeng pertemuan pertama Sunan Kalijaga/Raden Said/ atau lebih terkenal waktu itu si perampok Berandal Lokajaya dengan Sunan Bonang.
    Pada saat tongkat Sunan Bonang direbut paksa oleh Lokajaya, Sunan Bonang terjatuh, dan tidak sengaja mencerabut beberapa gerombol rumput. Saat bangun sunan Bonang menangis. Maka Raden Said berkata, ” jangan menangis orang tua, ini saya kembalikan tongkatmu”. Tetapi Sunan Bonang Menjawab,” saya menangis bukan karena tongkat itu, karena saya merasa bersalah dan berdosa, karena saat terjatuh tidak sengaja telah mencerabut rumput-rumput ciptaan Allah yang tidak bersalah ini”.
    Ajaran leluhur yang luar biasa, kita harus menyayangi siapapun, bahkan sampai rumputpun harus kita sayangi.
    Untuk mengakiri dongeng, marilah kita mencoba memaknai dongeng raden Qosim/Sunan Derajad, karena dengan dongeng ajaran beliau bisa menaikkan derajad seseorang. Maka Raden Qosim kita sebut sunan Derajad.
    – Menehono teken marang wong kang wuto, secara singkat bisa kita maknahi, bahwa kita harus selalu bijaksana dan memberikan petunjuk bagi mereka yang memerlukan, bukan malah meremehkan. (termasuk sesama anggota KWA)
    – Menehono mangan marang wong kang luwe, kita dituntut selalu berfikir menyejahterakan orang sekitar kita. Baik lahir maupun batin.
    – Menehono Busono marang wong kang wudo, kita wajib hidup sesuai toto-trapsilo yang benar dan bisa mengajarkan budipekerti yang benar dan baik kepada yang membutuhkan, baik secara syariat, maupun makrifat.
    – Menehono ngeyup marang wong kang kodanan, disinilah kita ditantang untuk menghargai kepada siapapun. kepada pelacur, banci, pemadat, dan semua orang yang menderita kita harus bisa melindungi.
    Ini sekedar cara membaca dongeng secara singkat. Namun sebenarnya ajaran ini kalau di dalami bisa menjadi buku.
    Poro Sepuh dan poro sedulur, sudah tengah malam, maka dongeng saya akhiri, dan saya mohon maaf bila ada istilah, maupun kata-kata yang tidak berkenan.
    Nuwun.

  101. @KI Sabdo Sejati sang pencerah: matur nuwun… benar-benar benar…

  102. luarrrr biasa ki sabdo sejati….saya sangat kagum dengan falsafah kehidupan diatas…salam kenal,salam paseduluran semua,,,damai itu indah….monggo dilanjuttt

  103. Ki nur jati

    Mas@kentut loro saya mengimbau,mengingatkan dan menyadarkan bagi oknum2 yang ingin mencelakai sadulur kita adalah perbuatan sihir,sihir adalah perbuatan dosa besar.yang mana dengan ilmunya untuk mencelakai,membuat sakit parah,memisahkan pasangan suami istri dan segala sesuatu yg tidak baik untuk mencelakai orang adalah perbuatan sihir

  104. Ki Sabdo Sejati memang Maknyuuuuuuuuussssssssssss……

  105. Ki nur jati

    Apakah saya harus diam saja dan membisu.SEBAGAI SAUDARA KITA MELURUSKAN DAN MENGINGATKAN SAUDARA KITA YANG BELAJAR DI BLOK KWA INI SUPAYA TIDAK TERGELINCIR DAN TERJERUMUS KE LEMBAH DOSA.ILMU APAPUN BISA DIGUNAKAN UNTUK PERBUATAN SIHIR.INI MAKSUD SAYA.

  106. Ki nur jati

    TELITI DAN AMATI apa yang tersirat.

  107. Ki nur jati

    WARNING LIGHT BUAT SADULUR KWA SELURUH INDONESIA SAYA MENGIMBAU DAN MEMPERINGATKAN GUNAKAN ILMU YANG ADA DI KWA UNTUK KEBAIKAN BERSAMA UNTUK BANGSA DAN NEGARA.DAN JANGAN GUNAKAN ILMU YANG ADA DI KWA UNTUK MENCELAKAI ORANG LAIN APAPUN BENTUKNYA APA DIBUAT SAKIT,DIKIRIM ENERGI NEGATIV,DAN SESUATU YANG TIDAK BAIK DISEBUAT PERBUATAN SIHIR.SIHIR ADALAH PERBUATAN DOSA BESAR.SEMOGA KITA DIBERI HIDAYAH OLEH ALLOH SWT KE JALAN YANG LURUS DAN DIBERI ILMU YANG BAROKAH DAN BERMAMPAAT.SALAM…..

  108. Ki nur jati

    WARNING LIGHT BUAT SADULUR KWA SELURUH INDONESIA SAYA MENGIMBAU DAN MEMPERINGATKAN GUNAKAN ILMU YANG ADA DI KWA UNTUK KEBAIKAN BERSAMA UNTUK BANGSA DAN NEGARA.DAN JANGAN GUNAKAN ILMU YANG ADA DI KWA UNTUK MENCELAKAI ORANG LAIN APAPUN BENTUKNYA APA DIBUAT SAKIT,DIKIRIM ENERGI NEGATIV,DAN SESUATU YANG TIDAK BAIK DISEBUAT PERBUATAN SIHIR.SIHIR ADALAH PERBUATAN DOSA BESAR.SEMOGA KITA DIBERI HIDAYAH OLEH ALLOH SWT KE JALAN YANG LURUS DAN DIBERI ILMU YANG BAROKAH DAN BERMAMPAAT.SALAM….. .

  109. Ki Nurjati: selamat malam..sugeng ndalu ki.. maaf ki, pulsa saya habis shg belum bales sms njenengan ki..maaf njih… @sedulur semua: monggo dilanjut saya nyimak.. nuwun

  110. Ki nur jati

    @ki alus tidak apa apa,yang penting saya sudah konfirmasi ke ki alus.dan sudah saya realisasikan diblog kalo bisa dicopas setiap postingan.ini sebagai ladang dakwah supaya sadulur kita tetap dalam koridor agama dan bangsa dan negara

  111. gus santri

    Assalamu’alaikum…
    Menjura sangat dalam dumateng Sedoyo Sederek Anggota KWA. Khususon Mbah Habib Ki Wong Alus.. (Injih Mbah Yai, ngajine paling sae ngaji laku..siiip niku)

    Ki Sabdo Sejati, terima kasih atas segala penghormatan Panjenengan. Kulo aturi rawuh ke gubug kulo, saperlu kulo gantosan hormat panjenengan.. Matur nuwun sangt njih Ki, jazaakumullohu ahsanal jazaa’..

    Mas Pri, juga matur nuwun sanget sampun jemput kulo dateng terminal Yogyakarta. Mudah2an Allah membalas amal baik panjenengan dg sebaik-baik pembalasan.
    Kimas Thanmus Thepos, bintang lima untuk amal bakti panjenengan..
    Ki Nur Jati, hormat takdzim, salam damai penuh kehangatan kagem panjenengan..
    Kimas Tejomantri, hormat takdziim…bahasanya jann top markotop..
    Semua yang hadir maupun yang hanya menyimak saja..Salam terhangat dan penuh persaudaran kepada panjenengan semua..

  112. @ki nur jati: setuju ki, jika melanggar pantangan biar mendapat ganjaran yang sangat pedih.
    Lanjut ki, ni saya yang masih baru dan belum tau apa2 ijin menyimak aja. Sebelumnya salam kenal dulu ya ki, saya dani di ponorogo… Cium tangan dulu… Cup…cup..cup…..

  113. maspri131

    gus santri : matur nuwun doa nipun, itu semua,allah swt yang menggerakan hati panitia dan hati saya untuk menjemput panjenengan berkat doa panjenengan, dan semoga peran panjenengan + sesepuh sesepuh yang lain, didalam komunitas ini yg mengedepankan visi ASAH,ASIH,ASUH, dapat menjadikan kita semua menjadi PRIBADI PRIBADI YANG SHOLEH,ARIF & BIJAKSANA ( RAHMATAN LIL ALAMIN)

  114. Ki Dalang Cipto Kawedar

    Matur nuwun buat Kangmasku Maspri dukun komputer yg sdh ikhlas membantu meminjamkan laptop-nya sehingga presentasi saya lancar.

    Kangmas Sabda sejati matur nuwun, tausiahnya mantabs …..

    Salam takdzim buat sedulur KWA semuanya, Mbah Gentar Alam, yai Mabh Gondrong, Ki Alus, Ki BC, Ki Nur Jati, Mbha Thepost, yai Nawaisky, Ki Bayu Agni, Kancil sang Pendosa, Pamukti sang Flamboyan, Wong Lamo, Sukemilung, yai Kertapati, Ki Ageng Jembar Jumantoro, Raden Sancang Ungu, Mbah bajul Kesupen, Bocah Lawu, Dividi, Patramantra, yai Wong Abangan, yai Raka Masjambrong, dll yg belum saya sebut nama-namanya …. POKOKNYA semua adalah BINTANG, semua adalah INTAN dan EMAS MURNI.

    Tidak ada sesuatu itu BURUK, yg negatif pun kita perlukan untuk menambah semangat, untuk membangkitkan energi spiritual kita. Sebagai contoh ada cerita menantu namanya MINI (nama samaran-red) yg ingin membunuh ibu mertuanya, krn ibu nertuanya membencinya. datanglah ia ke paranormal minta dibuatkan racun yg scr perlahan memiliki daya bunuh yg ampuh. Paranormal membuatkan racun tsb tetapi dgn syarat selama 3 bulan menantu tsb harus berbuat baik kepada mertuanya, karena kalau tdk, racun tsb tdk ada reaksinya.
    Pada bulan pertama, mertua MINI heran tumben koq menantunya sekarang sangat baik. Akhirnya mertuanya tdk enak kalau tidak menyayangi menantunya itu. Dibalaslah dengan kebaikan juga.

    Pada pertengahan bulan ke dua, sang menantu merasakan kebaikan ibu mertuannya yg tulus, akhirnya timbul penyesalan karena sdh memberikan racun kepada ibu mertuanya. Buru-buru Mini pergi ke paranormal tsb minta agar diberi PENAWAR RACUN tsb. Kata paranormal:”Sebenarnya itu bukan racun, karena apa yg ibu mertuamu lakukan sebenarnya dari ulah perbuatanmu yg tidak menyayangi ibu mertuamu. karena engkau telah berubah, maka berubah pulalah ibu mertuanmu menjadi sayang kepadamu”.

    Sebagaimana Law of Attraction mengatakan apa yg kita dapatkan adalah apa yg kita perbuat. Tetapi LOA ini tdk berfungsi manakala dihubungkan dengan spiritualisme, yang justru kalau kita menebar energi POSITIVE yaitu CINTA, energi negative akan teredam menjadi energi postive. Bukankah sejahat-jahatnya orang masih ada KEBAIKANNYA….?

    Ajarilah kami bahasa Cinta-Mu agar kami dekat….. dengan-Mu yaa Tuhan-ku ….

  115. koppral DJ

    salam rahayu semua..selamat pagi…dan selamat melaksanakan aktivitas guna mencari ridho illahi….istirahatt di tempatt…grakkkkk…..siappp…grakk….tanpa komando….balik kanan bubarrrr….jalann…prak..prakkk..

  116. Nawiazky

    absen-absen-absen
    salam takzim saya, yang sudah hadir di lapak ini:
    @Ki Nur Jati, semoga semuanya mendapat ibrah dan pelajaran dari pelbagai kejadian selama ini. Salam hormat Ki
    @Ki Dalang Cipto Wedar, amin YRA, semoga kita semua semakin dekat dan cinta kepada-Nya
    @Kang Kopral DJ….. ikut saya juga mau bubaran, jangan di tinggal hehehehehe
    @mas Pri sang dukun komputer….
    @Dhani Saputra
    dan para sedulur semua yg tidak dapat disebutkan satu per satu

    semangat pagi, semoga hari ini kita semua mendapat berkah dari Allah swt amiin

  117. KI AGENG JEMBAR BATHUKE KINCLONG SEKALEEEEEEEEE

    ada sedulur yang usul agar nickname saya diganti menjadi KI AGENG JEMBAR BATHUKE KINCLONG SEKALEEEEEEEEE, wuih sangar sekaleeeeeeeeeeeeee ya dulur?

  118. KI AGENG JEMBAR BATHUKE KINCLONG SEKALEEEEEEEEE

    nama asli : SUPRIYANTO
    nama waktu kerja di TAIWAN : LEE PING HOO
    nama didunia teknisi computer : MASPRIE
    nama di KWA : KI AGENG JEMBAR BATHUKE KINCLONG
    SEKALEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    nama di BKC( batuk kinclong club) : Pak PRIE

  119. Ki Dalang Cipto Kawedar

    Aya-aya wae ….
    Selamat deh dgn nama barunya Ki Ageng Jembar Bothake eh… Bathuke Kinclong Sekaleeeeee …. (panjang amat ya…?)

  120. Gembel Makin Gembel

    Salammun Qoulam mirrobir rohiim

    Semoga Semakin Tercerahkan Atas limpahan Rahmat Cahaya-NYA dan mendapatkan Buah hikmah yang baik…

    Salam-salim Asah, Asih, Asuh

    Izinkan Dengan Penuh Ta’zim saya Menyentuh kaki
    Para Sesepuh, guru dan Bolo wong Alus semuanya…

    Barakallah

    🙂

  121. Mas Bei

    salam
    poro sepuh…

  122. Mas Bei

    asyik ono dosene?!

  123. bangun tidur,tidur lagi….kwkkwkwkw…

  124. Mas Bei

    sepi ya?

  125. Mas Bei

    dah ah capek , pamit dulu

  126. garra

    smoga dengan kejadian ini kita menjadi manusia yang arif dan bijaksana

  127. Tablet

    Matur nuwun sanget ki kulo malih sadar…

  128. bayangankatibina

    salam dari “Hati” ke “Hati”….

  129. Bregud

    hehehehehehehe………hehehehehehehe……….hehehehehehe……….

  130. Assalamu alaikum
    salam kenal untuk parasedulur di kwa juga para sesepuh
    nama: ali sadikin
    alamat; madina sumut

  131. DOSA DAN PAHALA HANYA MENANTI UNTUK SIP YANG MENGINGINKANYA.
    AKU BANGUN TENGAH MALAM INI DAN KULIHAT HANYA CAHAYA PETIR TAPA ADA SUARA.
    SEPI BAGAI MALAM TURUNNYA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: