ASHLU SYAJARAH


Hadiah dan Kenang-kenangan dari Seorang Saudara. Ada sebelas tema yang akan kau pelajari dan amalkan setiap harinya. Satu hari, satu tema. Dan sebelum kau memahami sebuah tema, sebelum kau mengamalkannya, sebelum kau sungguh-sungguh menyatu dengannya, JANGAN membaca tema selanjutnya. Perlahan-lahan lah. Targetkan sebelas tema ini sudah kau pahami dan kau kuasai juga kau amalkan dalam satu bulan. InsyaAllah, amin Ya Rabb.

Wallahul musta’an.

Setelah itu, copy keseluruhan tema menjadi dua buah, dan berikan kepada dua orang teman yang kau pilih. Pilihlah benar-benar dua orang itu. Pilihlah yang sesuai dengan kata hatimu.

__________________________

Muhammad Zainur Rakhman
hammadzn@gmail.com

TEMA 1 EKSIS

Ada tiga tipe dunia:
dunia alam sekitar

Adalah dunia biologis geografis, sebuah ruang dimana manusia tinggal bersama makhluk yang lainnya, dunia dimana ada matahari, ada bulan, hewan, tanaman, dan segala hal yang bisa kita rasakan dan dapat kita sentuh. Disebut juga dunia materi, dunia tampak, yakni dunia tempat manusia menjejakkan kaki, merasakan panas, dingin, berjalan, dan menghirup udara pagi. Segala sesuatu di dunia ini tunduk pada hukum alam (benda akan jatuh ke bawah, bukan ke atas). Sifat dari dunia ini adalah menunggu untuk manusia kelola dengan sebaik-baiknya.
dunia perhubungan

Adalah dunia antar manusia, dimana seseorang bisa disebut ayah karena memiliki anak, disebut guru karena memiliki murid, disebut sahabat karena relasinya dengan orang lain. Kunci dari adanya dunia ini adalah interaksi sosial. Adanya dunia ini adalah karena masing-masing orang membutuhkan satu dengan yang lainnya. Orang tua tidak disebut sebagai orang tua jika tidak ada orang muda. Anak tidak disebut anak jika tidak ada ayah ibu, guru tidak disebut guru jika tidak ada murid. Di dunia ini semuanya saling bergantung, saling membutuhkan. Hukum yang ada di dunia ini adalah hukum kebiasaan atau norma sosial, bisa juga kesepakatan umum.
dunia diri

Adalah dunia milik kita, milik setiap individu. Setiap individu manusia adalah unik dan otentik, dia memiliki dunia yang berhak dan bebas dia bangun. Setiap manusia bertanggung jawab terhadap dunianya. Dunia ini dikelola dengan bebas oleh diri kita sendiri.

“Orang yang berkuasa adalah orang memiliki dunianya sendiri. Dunia yang bisa dia bangun tanpa campur tangan dari dunia lain. Kesedihan dan kegembiraanya bukan karena faktor yang datang dari dunia lain, melainkan faktor yang merupakan pilihan sadarnya yang bertanggung jawab. Sehingga dia tak akan pernah menangis gara-gara sesuatu di luar dirinya; gara-gara dunia perhubungan. Dia menangis karena dia sadar untuk memilih menangis, dan dia akan melakukannya dengan elegan. Dia memilih karena dia memang harus memilih, bukan karena pengaruh dunia lain. Dia betul-betul menguasai dunia dirinya dan tak membiarkan dunia dirinya dijajah oleh dunia alam sekitar maupun dunia perhubungan. Dia hanya mendengarkan suara hatinya. Tak satupun faktor di luar dirinya yang mampu membuatnya tergoncang, termasuk penilaian orang lain. Dia percaya bahwa dirinya unik, bahwa dirinya penuh makna, bahwa dia adalah sosok yang sangat berarti bagi kehidupan.”

“Bangun duniamu yang otentik dengan bebas, pilihlah dengan merdeka, bertindaklah dengan sadar, berbuatlah karena kau memang benar-benar menginginkannya, jangan biarkan dirimu terjajah, jangan meniru-niru, jangan menjadi orang lain, jangan berpura-pura, jangan bersedih karena perlakuan orang lain, kau yang berhak menentukan kesedihan dan kegembiraanmu, hanya dengarkan suara hati, patuhi nurani dengan berani, isilah dirimu dengan makna dan kebahagiaan, berhadap-hadapanlah langsung dengan Allah, engkaulah manusia EKSIS!”

TEMA 2 KEKUATAN PIKIRAN
“Kamu adalah apa yang kamu pikirkan tentang dirimu!”
“Apa yang terbayang dalam pikiran akan bisa kamu genggam dalam kenyataan”
“Jika kamu pikir dirimu cerdas; kamu cerdas, jika kamu pikir dirimu berhasil; kamu berhasil, jika kamu pikir dirimu sukses; kamu sukses”
“Saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh dunia akan bahu membahu untuk membantumu mewujudkannya; jika tidak terwujud, itu tanda bahwa kamu tidak benar-benar menginginkan sesuatu itu.”
“Pertama-tama, pikirkanlah bahwa sesuatu itu benar-benar kamu inginkan. Katakan dengan jelas sesuatu itu. Kedua, jangan pikirkan bagaimana caranya,karena cara itu akan terilhamkan dalam hatimu. Ketiga, percayalah bahwa sesuatu itu sudah kau dapatkan. Mudah bukan?”

TEMA 3 KEKUATAN PERASAAN

Milikilah perasaan baik, karena perasaan baik adalah tanda bahwa kamu memiliki pikiran yang positif, dan pikiran yang positif akan mendatangkan segala keajaiban dalam hidupmu.

Itulah gunanya sesuatu bernama HOBI. Kamu mesti punya hobi, karena sesuatu yang bernama hobi akan mengobati segala perasaan yang buruk. Bahkan Handphone yang canggih sekalipun selalu butuh di charge bukan? Setrum dirimu dengan sesuatu yang kau senangi biar perasaanmu menjadi riang kembali.

Perasaan 5000 kali lebih kuat dari pikiran. Maka bayangkan! Jika kamu memelihara perasaan buruk, semua keburukan sejumlah lebih dari itu akan silih berganti mendatangimu Hiiiii ….

Kuncinya? Selalu bersyukur dan bersyukur, niscaya akan Allah tambahkan nikmat bagimu. Bersyukur dengan sesuatu yang kecil adalah langkah awal mendapatkan kebahagiaan yang besar.

Selalu. Setelah kesukaran akan ada kemudahan. Kadang-kadang Allah suka bercanda denganmu dengan cara mengujimu, jadi sadarlah bahwa penderitaan sehebat apapun hanyalah canda dariNya, So… tenang aja ya, pasti ada hikmah dibalik setiap peristiwa.

Tersenyumlah ☺!!!!

TEMA 4 CINTA

“Mencintai diri sendiri jauh lebih penting dari dicintai orang lain.”

“Sebelum kamu menerima dirimu apa adanya, kamu takkan pernah bisa menerima orang lain dengan baik.”

“Cintailah kepribadianmu, cintailah wajahmu, cintailah tubuhmu, cintailah segala sesuatu tentang dirimu.”

“Aku mencintai diriku.”

(Mantra yang harus kamu ucapkan setiap saat)

“Perlakukan dirimu dengan baik! Lihatlah, baru kamu bisa tulus memperlakukan orang lain.”

“Diriku berhak mendapatkan yang terbaik dari hidup, orang lain juga berhak, semuanya berhak mendapatkan yang terbaik, karena yang terbaik itu melimpah, karena kebaikan begitu banyak, sebanyak cahaya yang memancar di seluruh penjuru semesta.”

“Kau sakit melakukan sesuatu? JANGAN LAKUKAN ITU!”

TEMA 5 BERTINDAK
“Jarak seribu mil, dimulai dari satu langkah kaki”

“Sebuah gubuk tidak akan selesai hanya dengan kata-kata, kamu harus memotong, menggali, memasang, mengikat, intinya kamu harus BERTINDAK!”

“Jangan berhenti, berhenti berarti mundur. Bertindaklah, lakukan sesuatu, karena sesungguhnya setiap tangan akan dibimbing, setiap jalan memiliki tanda-tanda.”

TEMA 6 PEKERJAAN
Ada dua jenis pekerja:
Orang yang bekerja kepada manusia: upahnya dari manusia.
orang yang bekerja kepada Allah: upahnya dari Allah.

Jadi Pilihlah!!

Pekerjaan dari Allah, sudah ada dalam hatimu, sesuatu yang kamu dimudahkan untuk mengerjakannya. Sesuatu yang senantiasa menggedor-gedor ruang jiwamu, kehendak yang tak pernah padam, impian murni yang tak dipengaruhi harta bendawi, yang saat kau mengerjakannya, kau merasa sangat bahagia, kau merasa hidup penuh makna, kau merasa duniamu penuh cahaya. Itulah pekerjaanmu, Itulah tugasmu di dunia. Soal upah? Rizkimu dijamin Oleh Allah. lakukan tugasmu! Allah akan melakukan tugasNya, yakni melimpahkan rizki kepadamu tanpa batas.

TEMA 7 PERCAYA PADA KEBAIKAN

Keburukan hanya bayang-bayang. Kebaikan adalah cahaya. Bayang-bayang takkan ada tanpa adanya cahaya. Keburukan selalu meminjam energi kebaikan untuk mewujud.

Ingin menghilangkan bayang-bayang (keburukan)? Hilangkan benda (materi) yang menghalangi cahaya.

Jangan sibuk menghilangkan bayang-bayang, percuma, karena, bayang-bayang ada, akibat cahaya yang terhalang oleh benda.

Amalan:
Mulai sekarang sempurnakanlah wudhu. Pelajari fiqihnya dengan benar, pastikan setiap anggota wudhu terpenuhi haknya (yakni sempurna basuhannya). Jangan berwudhu dengan tergesa-gesa. Berwudhulah dengan penuh perasaan. Saat menyentuh air, rasakan betapa dingin itu adalah nikmatNya, betapa rasa segar adalah karuniaNya, lalu setiap kali membasuh, niatkanlah untuk menyucikan anggota badan yang dibasuh dari segala macam kotoran kemaksiatan dan dosa. Maksiat lisan, penglihatan, tangan, pikiran, pendengaran, dan kaki. Setelah itu berdoalah, memohon kepada Allah agar diberikan kekuatan untuk menjadi orang yang shaleh.

TEMA 8 KOSONG
Barangsiapa merasa kosong, dia akan diisi. Barangsiapa merasa isi sebenarnya dia kosong.

Kita bukan apa-apa. Kita tidak memiliki apa-apa. Kita kuat, kita memiliki, kita ada, semata-mata kehendak, pinjaman, dan kekuatan dari Allah.

Amalan:
Berusahalah sekuat tenaga untuk melaksanakan shalat di awal waktu, karena itu sebaik-baik amal. Mudah-mudahan dengan kesungguhan kita memenuhi panggilan Allah, Allah mendudukan kita pada derajat al muqorrobun (hamba-hamba yang didekatkan).

TEMA 9 BELAJAR

Belajar bisa dimana saja, tapi tak boleh kapan saja (artinya, jangan menunggu esok), apalagi kapan-kapan. Belajar harus setiap saat.

Ilmu satu paket dengan amal. Barangsiapa tidak mengikutkan ilmu dengan amal, ilmu itu akan menjauhkan pemiliknya dari Allah.

Belajar ilmu harus diiringi dengan zikir dan ketaatan, tanpa itu, ilmu tidak akan bermanfaat.

Rumusnya:

BAA (BELAJAR, AMALKAN,AJARKAN)

InsyaAllah,
Allah akan menambahkan ilmu bagi kita.

Amalan:

Bacalah setiap hari :
Istighfar 100x
Salawat 100x
Tahlil 100x

Istiqamah dengan sebuah amalan,lebih hebat dari seribu karomah (kekeramatan).

TEMA 10 JIWA YANG BERGERAK

Setiap jiwa melakukan gerak mendekat atau menjauh. Mendekat kepada Allah berarti gerak penyucian. Menjauh dari Allah berarti penodaan. Mendekat adalah dengan ketaatan, menjauh adalah dengan kemaksiatan. Meninggalkan adalah dengan kufur kepada Allah. Jiwa yang meninggalkan adalah jiwa yang rusak, yang akan hancur berkeping-keping.

Amalan:
Sedikitkan bicara
Sedikitkan makan-minum
Sedikitkan bergaul tanpa guna
Sedikitkan tidur

Semua itu membantumu menempuh jalan Cinta menuju Allah, mencapai derajat insan kamil.

TEMA 11 GREAT MAN
Orang besar, menunjukkan kebesarannya; dari caranya memperlakukan orang kecil.
Apa yang ditemukan oleh orang yang tidak menemukan Allah?
Apa yang tidak ditemukan oleh orang yang menemukan Allah?
Barangsiapa menemukan Allah, akan menemukan segala sesuatu.
Amalan:
Temukan Allah di sepertiga malam yang terakhir, dalam tahajud, saat kau membaca kalamNya dengan perlahan ditengah kesunyian; saat kau panjatkan munajat penuh kerinduan. Sesungguhnya kau bisa menemukan Allah dalam setiap sesuatu. @@@

Iklan

38 pemikiran pada “ASHLU SYAJARAH

  1. Josss
    Yg ke 12 baca materi kuliahnya, resapi, coment dan amalkan…

    Saya baru tahap coment nih…

    Coment sy: ngga bisa coment (I like this!) Speechless

    Wassalam

  2. Assalamu alaikum…

    ini adalah sebuah “AMALAN” yang perlu djalani…
    thanks atas sharing nya,mas…

    ~salam~

  3. Subhanallah…andai seluruh manusia menjalankan tak kan ada prasangka buruk pada-MU ya…Robb……nuhun postingannya dan qobiltu ki mdh2an Allah menggerakkan hati kita tuk selalu istiqomah beribadah pada-MU

  4. mohon pencerahannya Gus Den Mas zaenurrahman pada tema ke 9 bacaan tahlilnya kok buanyak buanget ampe 100 x mohon di babar Gus Den Mas, wong pas saya sowan di teempate kang mas resi durno tahlil itu mulai tawasul -al iklas-falaq-dst sampai doa tahlil…….. beg.. beg begitu maklum saya sudah tua mudah bingung nek tidak di jelaskan…… pangapunten matur nuwun pareng…………..

  5. weleh weleh weleh pangapunten dereng salam kagem bolo wong alus….
    sugeng dalu semuanya salam takdzim njih….. e e e ada Radenmas lembah dieng si penerus kyai kolodete, ampun matur kalih kakang semar njih den nek saya disini’ biar kakang semar tetep di gua semar dieng………… mbah lawu aduh isin aku tak ngumpet wae ah………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s