ASMAK QORUN


Asmak ini sangat pendek:

YA …… YA ………, YA RIZKI, YA KHABIR

Mohon maaf bila tidak dilengkapi.

Saya mendapatkan asmak yang hanya terdiri dari 4 (empat) kata ini dari seorang sesepuh kondang yang kini sedang bertapa. Asmak ini tidak diijazahkan, apalagi dipraktekkan. Hanya sebagai tambahan wacana dan agar kita tidak berdoa dan meminta kepada selain Allah SWT. Membaca isi Asmak ini, kita akan mengetahui asmak ini meminta kepada si KHODAM ASMAK. Bukan berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

Ini jelas merupakan tindakan mempersekutukan Allah SWT, perbuatan syirik, hina dan dilarang keras karena bisa menjauhkan diri kita dari petunjuk dan hidayah Allah SWT. Kalau diri kita jauh dari-NYA, kita akan terlempar ke dalam kumparan persoalan hidup yang tiada perujung pangkal yang ujung-ujungnya adalah kesengsaraan dunia dan akhirat.

Menurut informasi, Asmak ini bisa mendatangkan kekayaan dan rezeki yang sangat cepat. Rejeki orang lain, mungkin juga rejeki anak dan cucu kita akan tersedot sehingga kita akan kaya mendadak. Bila kita kebetulan seorang pedagang, maka dagangan kita tiba-tiba akan laris manis dengan bantuan khodam asmak ini. Cukup menggiurkan memang karena bisa membuat kaya mendadak. Namun, cepat kaya bukan berarti cepat mendapat barokah. Bisa jadi nanti juga akan datang cepat mendapat musibah beruntun yang tidak terduga. Wallahu’alam.

Kami memposting asmak ini dengan tujuan agar sedulur semua berhati-hati dan senantiasa awas eling dan waspada. Tidak setiap doa/mantra/amalan itu sesuai kemanusiaan kita dan garis Ilahi. Pilihlah amalan yang bermanfaat dan berguna bagi hidup abadi kita baik di dunia dan baik untuk akhirat. Hidup itu tidak untuk main-main karena kita ada di dalam genggaman-NYA. Hanya DIA titik tujuan hidup kita yang utama.

@wongalus,2011

Pos ini dipublikasikan di ASMAK QORUN. Tandai permalink.

91 Balasan ke ASMAK QORUN

  1. syeakh kece berkata:

    bukannya 5 asma asma Qorun

  2. ToKeK berkata:

    Hore 5 besar

  3. maz_rafi berkata:

    ijin nyimak sambil ngupi ngupi:)

  4. om wawan sleman berkata:

    hehehe

  5. JAMBU KARANG berkata:

    ikut nyimak juga ah

  6. Mamat Kumis berkata:

    aye msk 10 besar nehh…

  7. hasbynafsy berkata:

    maaf ki wong alus…
    bisa minta email aki, maaf saya anak baru dikwa, untuk asma diatas kiranya saya mau di ijasahkan ki, saaya dlm kondisi bnyk hutang, 1 bln kdpn rmh mau disita dll lagi.
    mohon pencerahan

    mh4sby@gmail.com

  8. Palui berkata:

    10 besar saja

  9. angdidi berkata:

    Salam, mbah gondrong, weeh fotone keren kaya turis salim saya dari jauh buat panjenengan, juga buat om wawan sleman mugia sehat, om tokek, mas rafi, syech kece, jambu karang, khususon buat ki wong alus salam ta;zim saya ki buat panjenengan.

  10. om wawan sleman berkata:

    ki wongalus, or sedulur. apakah yg ini juga termasuk asma qorun
    yaa hayyu, yaa ‘aliyyu, yaa maliyyu, yaa wafiyyu, yaa waqiyyu, yaa qowiyyu, yaa ghoniyyu, yaa waliyyu, yaa baqiyyu
    mohon pencerahan

  11. om wawan sleman berkata:

    ada yg tau ini asma apa dan fungsinya ya
    1. basama,bakama,ba ama,marama,na ama,qahara,nazhora,za a zin,dalama….
    2. basama,bakama,baama,maqama,dalama,bahara,qahara,na zhora,zhohara
    kalau ada yg tau mohon pencerahan. ( dapat dari tetangga samping ).

  12. angdidi berkata:

    om wawan makasih udah di add di FB, 9 Asma Allah yang mempunyai khasiat dan fadilah yang banyak om multifungsi.

  13. LOW LEVEL berkata:

    asma qorun………. !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. om wawan sleman berkata:

    angdidi, makasih banget. gitu ya.
    sama2 bos, di fb kadang saya jarang buka, hehehe

  15. maz_rafi berkata:

    @Om andidi>Sallam kembali om, terucap Sallam Sallim juga utk semua sedulur sesepuh kampus wongalus tercinta yg Saya hormati #ciumtangan

  16. kumbang ,kelana berkata:

    assalamualaikum,,,, all..,,, melu nyimak,,,, ah,,,,

  17. Penyimak berkata:

    Bagus nih postingan,sebagai penyeimbang jangan di jejali dg mantra2 ajah.
    Sakti kagak sengsara ia.
    Ayo yg suka japa mantra mongok mikir kalau mau ngamalin.
    Kiwongalus ajah uda bilang kalau mantra itu meminta kepada selain allah.
    Artih nya syirik.

  18. Penyimak berkata:

    Ayo.. siapa yang anak cucu nya sengsara amalin tu mantra penarik uang.

  19. om wawan sleman berkata:

    @ Penyimak, maaf saya new bie, syirik itu apa sih ? anda saja yg jawab ya , jangan yg lain.

  20. Penyimak berkata:

    Ayo..Siapa yg mau jd syirik amalin tu mantra.

  21. LOW LEVEL berkata:

    tumpang curhat !!!!
    kata orang-orang yang mata batinnya hebat.. katanya rumah saya + tempat usaha saya itu telah d penuhi oleh guna-guna, sehingga apapun usaha / bisnis yang saya lakukan ketika mulai ada peningkatan tiba-tiba anjlok dan hampir-hampir gulung tikar trussss.. saya dan keluarga sudah melakukan pengajian yasin 41 orang ustad/ajengan.. tapi cuma bertahan 3 bulan.. setelah kembali lagi seperti semula… apa ada ilmu / amalah yang real dapat menghancurkan guna-guna plus mengembalikan kepada pengirimnya… hatur nuhun sebelumnya

  22. Penyimak berkata:

    @Om wawan di atas kan uda di jelasin wongalus

  23. om wawan sleman berkata:

    @ LOW LEVEL , walaupun bisa bertahan 3 bulan dgn yasinan, kan sudah lumayan itu. tingaal yasinan lagi sudah ilang lagi gangguan.
    kalau mau sih ditambah yasinan dgn keluarga sendiri.

  24. om wawan sleman berkata:

    @ Penyimak, hehehe

  25. wongalus berkata:

    @Low Level: Amalannya adalah beramal kebajikan, berbuat yang memberi manfaat utk orang lain, suka menyumbang fakir miskin, yatim piatu dan beribadah fardhu dan sunnah. Termasuk di sini adalah bersih bersih diri luar, yaitu bersih kan dulu tindakan kita dari kejahatan dan kekejian (lahir) dan dalam (batin). Insya Allah, semua energi negatif akan sirna dan rumah anda akan terang benderang oleh hidayah dalam lindungan Allah SWT. Wirid mulut harus disertai dengan wirid laku. Iman harus dibarengi dengan Amal Sholeh. Bila hanya niat dan wirid mulut saja meski itu jumlahnya jutaan kali pasti kurang lengkap. Terima kasih.

  26. Penguasa timur berkata:

    Ya yaa yaaa batal mo cepat kaya

  27. LOW LEVEL berkata:

    syukron atas masukannya… !!!
    lanjut !!

  28. randu alas berkata:

    salam ki wongalus..muantabs pencerahannya.moga menjadi manfaat bagi sedulur smua

  29. Bocah lawu berkata:

    Sugeng dalu
    @ki wong alus
    @om wawan s
    @penyimak
    @low level
    @penguasa timur
    ya ya ya aja deh… xixixi
    Ujian lagi ujian lagi mau gimana lagi…

  30. om wawan sleman berkata:

    sugeng ndalu juga mas bocah lawu

  31. Mamat Kumis berkata:

    He5! smg kite smua nasibnye kaga spt qorun di jaman nabiyullah musa alayhis salam… amin

  32. Patramantra berkata:

    Tes…

  33. joe iceberg berkata:

    Ass.wr.wb salim buat ki wongalus n jg salam buat presiden KWA bsrta bolowongalus smua,postingan yg pnh dgn hkmah..jgn gntungkn hrpnmu pd manusia krn engkau pst akn kcwa,jgn gntngkn hdpmu pd dunia sbb engkau akn trluka,gntungkn hdpmu pd ALLAH semata engkau akn dmai sjhtera n engkau akn d kejar dunia

  34. dody berkata:

    …Dilengkapi donk asmanya

  35. salam damai berkata:

    JIKA KITA MEMBACA ASA’UL HUSNA MAKA AMALAN INI TIDAK SYRIK, JUSTRU ALLAH SWT MENGANJURKAN MEMINTA KEPADANYA DENGAN MENYEBUT ASMA’UL HUSNA

  36. maryanto berkata:

    subuh

  37. SENGKUNI berkata:

    WALAH WALAH LAWONG PODO PENGIN SUGEH KABEH OM PRESIDENE NYOPLOK BUKU KARO TETANGGANE DI GOWO RENE WAH AMALANE JOOOOS GANDOS WADER LELE MULO SAMPEK GENDENG HEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHEH KWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKW NANANANANANNANANANANNANANANANANNAANNAANNANANANNANHAHAHAHHAHAHHAHAHAHH

  38. MBAH JATI berkata:

    dosa, pahala, salah, benar suatu perbuatan
    dinilai dari niatnya, insya Alloh demikian. salam penuh hormat untuk saudara semua. selamat pagi.

  39. wong lamo berkata:

    aslmkmwrwb..
    masih menyimak isi pelajaran…

  40. ki ageng ustad ifrit berkata:

    Aq tau aq tau aquuuuuuu tauuuuuuuuuu

  41. Ki Dalang Cipto Kawedar berkata:

    Kalau amalan YA …… YA ………, YA RIZKI, YA KHABIR dibilang syirik, dimana ya letak syiriknya?
    hanya yg bikin bingung apa maksudnya memberikan YA …… YA ………, kalau YA RIZKI, YA KHABIR itu dah jelah maknanya.

    Sependapat dengan tausiah yai Wongalus, Wirid mulut harus disertai dengan wirid laku. Iman harus dibarengi dengan Amal Sholeh. Mantabs …..

  42. APAKAH ASMA QORUN INI SAMA SEPERTI YG MBAH KH. JAUHARI UMAR PASURUHAN……………..???

  43. Ningnong berkata:

    ini bukan ya ki asmanya
    Ya qoririn, Ya qorun, ya rizki , ya khabir ??

  44. wongalus berkata:

    KI Dalang Cipto Kawedar: Doa asmak ini kandungannya mempersekutukan Tuhan karena meminta kepada Qorun. Sebagaimana ditulis oleh Ki Ningnong di atas. nwn

  45. dahri muhammad berkata:

    Assalamualaikum. Salam ta’dzim buat semuanya. Semoga Allah memberi hidayah pada kita semua.
    ya…. apa sajalah. yang Maha Tahu hanya Allah. Dia yang Maha Kuasa atas segalanya.

  46. Mas Bei berkata:

    Ki Alus, kalau diganti Ya Alloh, Ya Rohman,….
    Gimana ?
    Atau Ya Ibu, Ya Bapa,…..
    Gimana?
    Maaf mohon pencerahan?

  47. Rahman a'r berkata:

    Kaya Asma dari mbah KH.AFANDI soma gede Kebumen.

  48. Mas Bei berkata:

    Mohon Pencerahan!!!

  49. Mas Bei berkata:

    Mas Rahman A’R, salam

  50. penyairkematian berkata:

    @ ki wongalus : maaf ki kalau boleh tahu cara pengamalannya bagaimana ki ? Maaf ki hanya untuk pengetahuan saja gak akan diamalkan.

  51. Mas Bei berkata:

    poro sedulur, saya pamit dulu, titip absen ya, takut dosenne killer.

  52. Mas Bei berkata:

    ha.ha.ha. rahayu. rahayu. rahayu.
    bisa aja penyairkematian
    ha.ha.ha. rahayu. rahayu. rahayu.

  53. KAKEK GENIT berkata:

    we hekh hekh… nyimak asma qorun…

  54. tarjo berkata:

    itu karena tidak dilengkapi…ya titik titik memangil nama qorun,,ya sirik lah,,belum lagi mesti potong sapi

  55. Ray Pranata KWA berkata:

    Mbah Tarjo@ ^__^
    Mizz u mbah.

  56. udengudeng berkata:

    wah klo asma qorun udah keluar jgn2 mw d tutup ya kwa? hehehe infox gtu ce. salim dlu sm sesepuh

  57. Kang Cendol berkata:

    ass.. kita kembalikan pada keyakinan dan iman.semua amalan itu ada sisi baik dan buruknya. mari dilanjut…

  58. Preet berkata:

    Nyentil srintil bintil.. Ngantuk bobok ah..

  59. tarjo berkata:

    miss you too mbah ray pranata…..ya….ya Qorun,ya rizqi,ya khobir

    siap-siap kaboooooooooooooooooooor..xixixi

  60. salam damai berkata:

    Wah kalao udah menyebut dan meminta kepada dzat selain Allah SWT yaitu qoririn, dan qorun maka menurut saya amalan ini masuk katagori syrik suwun

  61. safar sultra berkata:

    bkan qaririn tp karirin
    ada pd asma birhatiah
    artinya ALLAH brti tdk
    syirik krn mnnta kpda
    ALLAH

  62. tarjo berkata:

    tentunya qoririn dan karirin itu berbeda…betul apa yang di sebutkan mas salam damai….itu asma pertama memanggil jin QORIRIN

    kalau KARIRIN saya tau lah artinya itu “TUHAN ALAM SEMESTA”

    jadi asma qorun versi ini SANGAT SYIRIK

  63. gus santri berkata:

    Salim hormat takdzim kepada Mbah Habib Ki Wong Alus,…
    Menjura dalam kepada Para Sedulur..

    Intinya, syirik adalah perbuatan hati menyekutukan Allah dengan apa pun selain-Nya. Secara umum, sebagaimana di dalam Sullamut Taufiq, Syirik itu ada 3: Syirik dalam aqidah, syirik dalam aqwal (kata-kata) dan syirik dalam a’mal(perbuatan). Secara ringkas, merangkum 3 syirik itu, syirik adalah aqidah (keyakinan), kata-kata maupun perbuatan yang menghina atau meragukan kepada Allah SWT dan ajaran-Nya, termasuk para rosul, para malaikat, kitab-kitab suci, para ulama dsb. Ringkasnya semua hal yang meremehkan agama islam atau meragukannya.

    Namun, dalam menilai suatu perbuatan itu syirik apa tidak, tidaklah mudah. Memang mudah kalau dari satu segi. Misalnya ada orang berkata: saya tidak percaya Allah. Maka jelaslah orang ini syirik kata-katanya, kalau ucapan itu tidak menyimpan arti lain (misal, itu kata2 masih koma, komplitnya saya tidak percaya Allah bisa mati dst). Kalau orang tadi meyakini ucapannya berarti, disamping syirik kata2, dia juga syirik aqidah. Na’udzubillah. Dan kalau, akhirnya, perbuatannya mencermikan kesyirikan. Komplitlah syiriknya: kata2, aqidah dan perbuatan. Na’udzubillah.
    Tetapi contoh di atas berlaku bagi orang dalam keadaan normal. Kalau dalam keadaan terpaksa bisa saja tidak berlaku. Misalnya, dipaksa musuhnya untuk mengucap ‘saya tidak percaya Allah’. Kalau tidak mau akan dibunuh. Maka boleh bagi dia berkata itu untuk menyelamatkan nyawanya. Tapi, tentu saja, itu hanya kata2. Dia tdk boleh meyakininya. Dan segera bertobat dan mencabut kata2nya itu manakala sudah aman.

    Ya Qoririn, Ya Qorun, Ya Rizki, Ya Khabir apakah syirik? jawabannya akan panjang dan lebar. Tapi jawaban paling menyelamatkan dan paling tampak, bisa jadi, memang syirik. Setidaknya syirik dalam kata2..

    Jawaban agak panjangnya begini. Ya adalah kata panggil dalam bahasa arab yang artinya wahai. Memanggil siapa pun, iblis sekalipun, sebenarnya, tidak akan menyebabkan syirik. Kalau tidak dimaksudkan memohon kpd-nya dan menyekutukannya kpd Allah. Minta tolong pun kepada sesama makhluk tidak akan membuat hukum syirik. Bila tidak seperti memohon kepada tuhan. Seperti ucapan: “Mas, minta uangnya, saya kepepet nih!”. Tentu itu bukan syirik. Tetapi iblis dan syetan adalh musuh yang nyata bagi kita. sebagaimana dalam alqur’an dan hadits.

    Nah…silakan disimpulkan sendiri. Saya sudah lelah mengetik sepanjang ini. Hormat takdzim kepada Para Sedulur semuanya….

  64. udengudeng berkata:

    wah mantap gus santri. sungkem dlu sambil nyimak. lanjut gus wejanganya

  65. salam damai berkata:

    yang paling aman bacaan Ya qoririn, Ya qorun, ya rizki , ya khabir diganti Ya Allah, Ya fatah, ya rozaq ya khabir insyaAllah bila diamalkan dengan yakin akan pertolongan Allah hasilnya sama. suwun

  66. Ki Lurah berkata:

    hadir……………

  67. om wawan sleman berkata:

    kata ya qorun,
    kata qorun ini merujuk kepada si qorun itu sendiri, jadi kalauapakah boleh disini kata ya qorun adalah “permintaan ” kepada si qorun untuk membantu.
    dan dari pada membingungkan enakan pakai di asmaul husna, hehehe

  68. Ramlan berkata:

    Ya Allah, Ya fatah, ya rozaq ya khabir
    berapa kali dan hari ya nak dibaca in….kabur…:)

  69. Rakuti berkata:

    Low level@btul ap yg diktakan ki wong alus.lbh jlsx km simak di comentku pngalaman amalkan asmak sunge rajah,nt km akn thu lbh lgkapx.
    wiridkanlah surah wasamsy waduha shbs sholat fardhu,krn ayt itu sgt di takutin olh jin2 kafir yg sakti skalipun.krnwktu ku wirid ayt itu aku lsung muntah di depanx alquran,krn khodam2 jin2 ku lsung keluar kepnasan?lbh baik brdoa sndri kpd tuhan,krnlbh iklhas mintax

  70. Rakuti berkata:

    Hasbynafsy@sdh jls2 ktax ki wong alus,itu memprsekutukan tuhan kok msh di mnta.kan msh bnyk dgn cra lain.mnt aj lsung kpd tuhan.krn tuhan itu mha kya,pny bumi,pny lngit,pny utusan2,pny emas,pny harta dn sgla glax.km bcà aj di comentku pengalaman amalkn asmak sunge rajeh.di situ sdh lgkap smua ku jlaskan.krn ku males ngetikx lg.

  71. Preet berkata:

    Preetttt

  72. MUSTAMAN berkata:

    seandainya bisa di ijazahkan yah

  73. Preet berkata:

    Asmak itu aq nemu, makanya aq nanya ke sini! Tp kurang bgt di report. Asma itu nemu ketika aq berkunjung ke Ponpes Miftahul Ulum, cabang ponpes Miftahul Ulum Betet Pamekasan Madura, di Kalsel. Ponpes itu di dirikan oleh Almarhum KH. Raden Abdul Hamid Muin. Aq murid beliau! Beliau Kiai berpengaruh di Pamekasan Madura. Begitulah..

  74. Preet berkata:

    Sekilas asma yg aku temukan itu sbb:

    ALLAMUMMA RAJA QORUN RAJA MANYAR AKU MINTA DUIT ASIH ASIH ASIH TARETAN SE EMPAK SE KALIMAK BADHEN SEMAJUNGIH… dst.

    Doa ini aku nemu gak sengaja. Perkara syirik Wallahu alam.. wong namanya nemu ya aku simpan utk analisa. Syukur2 KWA bisa, dan mau mengungkap mesteri asma ini. Enggak mau, enggak apa2. Begitulah..

  75. ndara nakcirbon berkata:

    ooohh pusiiingggg deh ‘ semua bolo wong alus pada sakti semua : waduh waduh permisi minta nimbrung aja.

  76. dody berkata:

    …Khamisyn…dari bib iblis syirik gak ya?? …artinya apa dan gunanya apa …mkin ada sesepuh yg bsa bantu…plisss!!!

  77. salam damai berkata:

    Kepada semua bolo wong alus perkenankan saya berbagi pengalaman barangkali pengalaman pribadi ini ada manfaatnya bagi sedulur tercinta, pada tahun 1997 pertama kali saya bekerja penempatan di Kota Semarang yang sebelumnya saya sama sekali belum pernah kesana. Sebelum berangkat saya mita doa restu kedua ortu dan selanjutnya saya minta bantuan doa kepada seorang kiai agar di semarang saya diberi keselamatan dan kesuksesan. Oleh kiai tersebut saya diajak sholat maghrib bersama lantas setelah itu saya diberi amalan yg insyAllah demikian : Hal ataka hiinum minadh dhahri lamyakum syaian madzkuro, inna kholaqnal insana min nuthfatin amsajin nabtalihi faja’alnahu samian bashiro. disertai dengan batu jamrud untuk dibelikan ikat dan dipakai sebagai cincin. tata lakunya hanya dibaca setelah sholat dan pada kata2 samian (tahan napas 3x) dan dilepaskan pada saat membaca bashiro. tidak boleh makan ikan sungai atau laut, selama 3 hari. setelah itu pada saat hendak branglat kerja diminta menyebut syam’un, maimun, zaitun dan menghentakkan kaki ke tanah selama 3 x. selama kurang lebih satu tahun saya yakin dengan amalan ini dan di semarang saya ibaratnya salah bener menang. tetapi sekitar tahun 1998 keyakinan saya luntur karena ragu dengan Syam’un, maimun, Zaitun itu sehingga amalan tersebut menjadi jarang diamalkan dan lama2 tdk sama sekali. yang terjadi adalah batu2 jamrud yang saya pakai itupun tidak saya ketemukan keberadaannya. Intinya semua amalan kalau mau berhasil harus disertai dengan keyakinan insyAllah akan berhasil. suwun

  78. Maulana berkata:

    memang dunia ini penuh dengan misteri ghaib……?????????, hanya Alloh azza wa jalla yang benar dan kita jadikan penolong di dunia dan akhirat kelak.

  79. Syeakh Kece berkata:

    Asma Qorun itu nama lain dari asma jabul rizqi,Asma jabul Rizqi ada yang 4 asma,5 asma, 10 Asma dsb,Wallohu ‘alam, klo yg 4 saya dulu punya tapi tidak sama dgn …. yaa rozaq yaa khobir, tapi ada ….yaa kahfi dgn tt.cara sholat hajat khusus dgn 200 s.al ikhlas dan ayat kursy 360 baru ditambah 4 asma tsb dan kunci doa sbb
    yaa Alloh hamba mohon kecukupan untuk ibadah
    yaa Alloh hamba mohon kekayaan untuk ibadah
    yaa Alloh hamba mohon rezeqi yang melimpah untuk ibadah
    Yaa Alloh hamba mohon kebaikan dunia akhirat untuk ibadah
    yaa Alloh hamba mohon rahmat.ridho,berkah Engkau agar hamba dapat beribadah dengan ikhlas dan baik,
    was salamu ‘alaikum wr wb

  80. wong faqir berkata:

    eyang qorun dr jaman nabi musa a.s sampai skrg jd legenda….

  81. Syeakh Kece berkata:

    bila ingin mendapatkan ijazah asma qorun datang saja ke pasuruan,klo yang dekat datang ke pesantren NURUL BAYAN jl.Desa Manis kec.Cingambul Cikijing Majalengka setiap malam Rebu Legi, Mas Kawinnya cukup Murah sekitar 50 rban,telponya 081395680970, selamat mencari

  82. roberto berkata:

    @Syeakh Kece;sipp betul betul betulll…macem-macem..puyenglah

  83. win assunnah berkata:

    asmlkum wr.wb
    ap kbr smua

  84. erlangga berkata:

    assalamualaiakum wr wb,,, terima kasih infonya,,,….@ om wawan sleman :: kalau tidak salah itu asma sembilan om saya pernah liat d blog tokuban78.wordpress.com

  85. verdy anjasmara berkata:

    Mohon ki sya lagi butuh dana.. Mhn di ijazahkan ke alamat email saya..terimakasih ki.
    Verdydumai@yahoo.com

  86. ading39@ymail.com berkata:

    ya qorun ya qoririn ini bacaan pelengkapnya

  87. Rohmad Wahyudi berkata:

    nderek nyimak mbah……

  88. tampyNugroho berkata:

    Ass..
    Ijin mengamalkan.,
    yg mungkin tlah lengap di komen gus santri.,terima kasih.
    Wass..

  89. midikar berkata:

    Ijin mengamalkan lur yang mungkin udah lengkap di coment’a

  90. soloraya007 berkata:

    mbah qorun itu siapa sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s