FAEDAH AQIQ YAMANI HITAM


Herjuno Boudhitama boudhitamah@yahoo.com

Bahasa Arabnya adalah al-jaza’ al-Yamani, artinya adalah : Aqiq Yamani Hitam. Aqiq jenis ini berwarna hitam pekat, hanya ada satu warna saja. Aqiq hitam ini terdapat di beberapa tempat seperti India, Cina dan Yaman. Tetapi yang paling dikenal adalah aqiq hitam yang dari Yaman yang kemudian dikenal dengan Aqiq Yamani Hitam dan orang Arab menyebutnya dengan al-Jaza’ al-Yamani.

Apa Faedah Menggunakan Aqiq Yamani Hitam ini?

Faedahnya adalah :

1. Melipat gandakan pahala sampai tujuh puluh kali lipat, jika dipakai untuk beribadah, seperti shalat.

2. Aqiq Yamani Hitam ini senantiasa bertasbih dan beristighfar dan pahalanya dihadiahkan kepada orang yang memakai dan menjaganya.

3. Menolak bisikan dan gangguan setan.

4. Dan terdapat faedah-faedah lainnya, seperti untuk keselamatan, dll.

Mana Bukti adan Faedah tersebut?

Bukti atas hal itu adalah dua buah hadis atau riwayat yang datangnya dari Rasulullah Saw dan Imam Ali As. Riwayat pertama berbunyi:

نقل الإمام الرضا (عليه السلام) عن جده أمير المؤمنين علي (عليه السلام) إنه قال : خرج علينا رسول الله (صلى الله عليه و آله و سلم) وفى يده خاتم فصه من جزع يماني, فصلى بنا, فلما قضى صلاته دفعه إليّ وقال لي: يا علي ! تختم به في يمينك و صلّ فيه, أوما علمت أن الصلاة في الجزع سبعون صلاة و أنه يسبّح و يستغفر و أجره لصاحبه.

Artinya:

Imam Ali al-Ridha As menukil senbuah hadis dari kakeknya Amirul mukminin Ali As, bahwa beliau berkata: “Pada suatu hari Rasulullah Saw keluar dari rumahnya dan beliau memakai cincin di tangan (kanannya) yang batunya adalah “Jaza’ Yamani”. Kemudian beliau Saw melakukan shalat berjamaah bersama kami. Seusai shalat beliau memberikan cincin tersebut kepadaku dan berkata : “Wahai Ali, pakailah cincin ini di tangan kananmu dan lakukanlah shalat dengannya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya shalat satu kali dengan menggunakan Aqiq Yamani Hitam ini sama dengan tujuh puluh kali shalat. Dan sesungguhnya batu ini senantiasa bertasbih dan beristighfar dan pahalanya dihadiahkan untuk orang yang memakainya”. (Lihat kitab: ‘Uyun Akhbari al-Ridha, jilid 1, hal. 140, Wasa’ilu al-Syi’ah, jilid 5, hal. 96 dan Biharu al- Anwar, jilid 80, hal. 188).

Dan riwayat yang kedua berbunyi:

قال أمير المؤمنين عليّ (عليه السلام):

تختّموا بالجزع اليماني فإنه يردّ كيد مردة الشياطين !.

Artinya:

Imam Amirul mukminin Ali As bersabda: “ (Wahai Syi’ahku !), pakailah cincin al-Jaza’ al-Yamani (Aqiq Yamani Hitam), karena sesungguhnya aqiq ini dapat menolak tipu daya dan gangguan setan-setan.”. (Lihat kitab: Al-Kafi, jilid 6, hal. 472, Wasa’ilu al-Syi’ah, jilid 5, hal. 96, Tsawabul A’mal, hal. 176, Makarimul Akhlak, hal. 89, ‘Iddaru al-Da’i, hal. 119 dan A’lamu al-Din, hal. 393).[1]

Kami kira dua buah riwayat di atas sudah cukup sebagai bukti adanya manfaat batu mulia tersebut. Dari riwayat di atas dapat kita pahami bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw dan Imam Ali As menggunakan Aqiq Yamani Hitam ketika beribadah (seperti shalat). Dan tentunya kedua manusia suci dan tauladan umat itupun memiliki dan menggunakan cincin jenis lainnya pada kondisi lainnya pula, sebagaimana dapat kita lihat pada riwayat-riwayat yang lainnya. Imamul ummah; Imam Khomeini Ra pun –kita perhatikan- mengenakan cincin Aqiq Yamani Hitam di bagian jari kelingking tangan kanannya. Karena memang salah satu tanda dan ciri seorang mukmin adalah mengenakan cincin Aqiq di tangan kanan (di jari manis atau jari kelingking).

Dan tentu saja faedah atau manfaat yang terdapat padanya bersifat illat juz’iyyah (sebab parsial) dan bukan illat tammah (sebab sempurna). Karena “sebab sempurna” atau illatul ‘ilal hanyalah Allah Swt. Hal ini sebagaimana illat-illat yang lainnya, seperti manfaat obat, makanan, minuman, dan berbagai kekuatan takwini yang Allah titipkan pada manusia dan alam semesta ini.

Iklan

53 pemikiran pada “FAEDAH AQIQ YAMANI HITAM

  1. wuaduh..nyesel neh kemarin2 dah ngasihin batu akik yaman hitam ama yaman combong warna hitam .soalnya gede banget n warnanya seremm…aduh2..bukan jodoh

  2. senyum Kang Mandor

    ana ada Batu dari Mustika Ular Sawa ( python ) katanya sih dari yang ngasih dulunya sebesar batu kelerang yang besar trus ana belah jadi kecil jadilah batu buat cincin….

    trus ada lagi batu mustika kata nya sih batu ular juga ( cos kata yang ngsih dapat dari mimpi dibelit ular besar )

    ada lagi batu mustika Tikus dapatnya dari tikus yang bergerombol dimalam hari berlarian diatas atap di kepalanya ada cahaya putih eh tau2 dijatuhkan pas didapur dapat deh

    tpi ana kaga percaya sama tu batu…
    tapi tetep ana simpan sapa tahu nanti ada yang mau koleksi buat perhiasan saja hehe

    kalo ada yang mau sekedar lihat boleh

    batu batu…batu

  3. @ Herjuno Boudhitama, salam salim bos,
    kitab bihar anwar ini kok banyak sekali ya, kemarin punya sampai 10 jilid, ni yg sampen punya jilid 80 . gak tekan aku. hehehe

    lanjut bos, babar terus

  4. Senyum juga abang palui..
    Wow banyak jg tuh koleksi batunya abang..
    Ak juga mau lo abang klo dikasih …He..He..He
    ngarep.Com

  5. Waah artikel Soal Tosan Aji neeh (kalo ga salah) Ijin Nyimak sesepuh, Maklum Kaga ngerti soal beginian…nyeduh kopi dolo aaakh

  6. @mas boedietama.. Klo pake itu akik yamani yg dilipatkan sholatnya or pahala sholatnya… Hati2 bs jd penafsiran baru tu.

  7. nyimak…..
    Saya cari kayu bakar. Sampe rumah tak kampak. Tiiiing,eh.. Batu.kata orang batu kayu.
    Kayu yg telah membatu.

  8. Asslm
    Izin menyimak… Ane memang pernah dengar batu krikil disunnahkan ditaruh diatas makam karena j dapt bertasbih dan berdoa mohon ampunan bagi yang dimakamkan, tapi kalau yg ini pelajaran baru nih…

    @faisal ada yah kayu yang membatu… Mantappp…!

    Karena setahu ane kayu yg membatu (melalui proses alam beribu tahun tentunya) adalah batubara… Ini juga mantap sih… Ada faedahnya secara ga langsung bagi ane pribadi khususnya
    Wassalam

  9. Asslm
    Dalam kitab Makarim Al Akhlaq terdapat do’a untuk memakai cincin diriwayatkan dari Imam Ja’far bin Muhammad As…

  10. Belajar macam batu akik emang sulit jg.. Harus ada contoh batunya. Spt jg keris pusaka hrs tau contohnya jg. Klo g salah yamani apa jenis batu yahman ya.. Itu kan ada byk.. Warna putih,coklat, coklat susu, hitam. Kebanyakan klo di indonesia warna coklat susu. Tp beda dgn akik sulaiman. Klo akik sulaiman biasanya spt berlapis atau berserat susun. Tp klo yahman rata2 tdk berserat cuma kadang bergambar.

  11. Asslmkm…ane mau tanya…ad perbeda’an ga sama akik yaman yg klo ditrawang warnanya sprti the atau kopi….

  12. Salam…..ijin nyimak….
    kyx knal nie m Ki Herjuno…bkne penulis d majalah Misteri y????

  13. ass..f all,ssph n bolo wa,ada yg tau ga dmn bs dpt ni batu?apa bs ditrk dng cr ghaib?monggo diinfokn,nwn,wass..

  14. assalamualaykum…hati2 ya,,bukannya so alim,tp kan itu hadits syiah,ga berlaku kan buat kita yg ahlu sunnah waljama,ah…maaf ya kl saya lancang…tp kalau ada hadist yg shahihnya tolong dishare juga

  15. Ane punya banyak koleksi batu cincin..termasuk batu yaman warna hitam..bila disenter dgn dekat dari dalam batu memancar warna merah.

  16. Kalau mau main-main dengan dunia ghoib, kuatkan dulu syariahnya termasuk didalamnya belajar hadist, siapa perawinya bagaimana akhlaknya, sampai nggak riwayatnya Ke rasulullah SAW (maaf), hadist itu statusnya bagaimana, Shahih, atau Hadist Dhoif lemah, atau Hadist palsu, hadist Israilia, jangan asal ada didalam kitab terus itu langsung diasumsikan boleh/benar. Berlakulah hati-hati,

  17. cah cilik… tdk hanya main2 dgn hal gaib yg harus kuat syariatnya, main2 dgn hal nyata jg harus kuat syariatnya..
    doif ato hasan hadist tsb sy rasa akik yaman hitam memang baik digunakan, hawanya dingin, & pemakainya cenderung stabil tdk mudah emosi, itu testimoni sy setelah sy bandingkan dgn akik ato permata jenis yg lain.

  18. sya pnya nih aqiq yaman hitam peninggalan dri ulama,
    warna item pekat tp klo d trawang dlm batunya bwarna coklat.

  19. Hadits dhaif utk fadhailul a’mal.boleh2aja. Qur an menjelaskan :apa2yg. Ada d bumi &d langit.bertasbih pd.ALLAH. Klau benda itu d pakai kita? ia tetap bertasbih,kalau kita paling2 kalau ada maunya bertasbih. pekerjaan itu tergantung niatnya selama yg.d kerjakan itu tdk.melanggar syari at islam.

  20. waduh dikampung saya kaltim-berau banyak akik hitam fosil kayu tembus cahaya merah
    apakah masuk akik yaman ya…….

  21. Banyak yang pro, banyak yang kontra. Smua kembali kepada Allah.

    Simple sekali melihat apakah hal ini manfaat atau tidak. Dapat dilihat dari comment2 yang panas, yang langsung menghakimi syirik, musrik, dan negative lain nya.

    Sederhana. Yang comment dengan kebencian, disitulah yang dimana iblis telah mengepalai orang itu, karna benci adalah sifat iblis.

    Subhanallah ciptaan Allah begitu luas dan amat manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s