MENYEMBAH DAN MEMPERSEKUTUKAN ALLAH SWT: SEBUAH TAWARAN SKEMA PEMAHAMAN


Menarik juga mengikuti diskusi tentang syirik dan mempersekutukan-NYA di postingan-postingan di KWA ini, dan pada kesempatan ini ijinkan saya untuk urun rembug agar semakin jelas arahnya dan malah tidak membuat ruwet. Marilah kita mulai dengan skema pemahaman syariat, tarikat, hakekat. Kalau belum lengkap, silahkan dilanjutkan agar ada hikmah dan pembelajaran untuk kita semua…

Hakekat : Kepada Allah saja, kita Menyembah dan Memohon Pertolongan, Memohon rezeki

Tarikat: Cara dan jalannya harus benar dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islami (kejujuran, dilarang berbohong, boleh mencari keuntungan namun harus realistik dan rasional dan tidak mendholimi atau mengandung tipu daya dll).

Syariat: Usaha donk. Carilah ke hutan kayu bakar, juallah ke pasar.. itu lebih baik daripada kamu jadi pengemis (usaha yang maksimal dengan memaksimalkan potensi diri yang ada, harus pandai menjalin jejaring kerja atau relasi bisnis dll)… Kita tidak hidup sendirian, kita hidup sebagai makhluk sosial…

“Bang saya minta tolong ya….” .. Pak dokter, saya minta tolong diperiksa”….Ini tidak termasuk syirik namun syariat mencari rejeki yang halal, syariat untuk meminta bantuan agar dokter memeriksa kita dan meminta obat agar sakit kita sembuh

KHUSUS BERDOA

Bagaimana bila berdoa? Berdoa: wajib hanya kepada Allah SWT

Siapa yang kita mintai pertolongan? Hanya Allah SWT

Bagaimana kata-kata/kalimat doa: Hanya boleh meminta kepada Allah SWT

Bagaimana bila kita meminta kepada yang selain Allah SWT? Itu syirik alias mempersekutukan Allah SWT.

Penjelasannya? Berdoa urusan yang sangat pribadi. Berdoa ada di dalam batin kita. Diri kita berhadap-hadapan dengan Allah SWT disetiap kesempatan. Sholat itu berkomunikasi dengan Allah SWT. Arti berdoa secara khusyuk adalah berdoalah setenang-tenangnya karena yakinlah engkau sedang dilihat Allah SWT. Tidak perlu kita meminta kepada sesuatu yang goib (angan-angan, trawangan, imajinasi akan hadirnya khodam, jin, siluman) saat kita berdoa.

Tidak perlu juga dalam berdoa yang sifatnya sangat pribadi itu, kita meminta kepada dokter agar kita sehat.. tidak perlu kita meminta kepada tukang bakso agar kita kenyang…. Tidak perlu dalam berdoa kita meminta kepada khodam asmak, kepada jin, kepada iblis, kepada orang yang sudah meninggal, tidak perlu meminta kepada para nabi, itu artinya kita tidak mempercayai Allah sebagai pengatur tunggal, karena DIA memberi yang kita butuhkan.. tidak hanya memberi yang kita minta. Allah SWT bukan pelayan kita. Justeru kitalah yang harus melayani Allah SWT… Maka, apakah engkau tidak malu saat engkau meminta ternyata engkau dikasih yang lain dan kemudian engkau malah protes???

Maka, susunan redaksi doa harus ditata agar kita tidak syirik…. Kita hanya berdoa kepada Allah SWT itu prinsip utama tauhid LA ILAHA ILALLAH.

Ya Allah SWT yang Maha Menciptakan semua mahlukmu di bawah ini…
(aku memohon dan meminta hanya padamu) selanjutnya…

Ya Muhammad Rasulullah SAW
Ya Nabiya Adam AS
Ya Nabiya Nuh AS
Ya Nabiya Ibrahim AS
Ya Nabiya Musa AS
Ya Nabiya Isa AS
Ya seluruh Nabi dan Rasul-NYA……
Ya Syekh Abdul Qodir Jailani
Ya Syekh Jumadil Qubro
Ya Sunan Giri
Ya Syekh Bujuk Tumpeng
Ya Ayah dan Ibuku
Ya seluruh manusia di dunia baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup
Ya ruh diriku sendiri
Ya Bumi
Ya Langit
Ya seluruh alam semesta dalam genggaman-NYA….(kukirimkan al fatihah kepadamu semua sebagai bentuk penghormatanku padamu. Aku tidak menyembah kalian.. aku menghormati kalian karena kalian adalah ciptaan-NYA.. bukan ciptaanku yang mana aku memang tidak bisa mencipta apa-apa)

Tapi kok setelah ada Allah ada nabi Muhammad dst.. apakah ini tidak syirik/mempersekutukan-NYA? Tidak. Justeru ini adalah wujud penghormatan kepada Allah SWT yang telah menciptakan Rasulullah SWT, para nabi dan rasul yang lain serta kepada ayah dan ibu kita dan semua makhluk-NYA. Prinsipnya tetap berdoa hanya kepada Allah SWT.

Sangat sepakat bahwa Allah SWT melingkupi kehidupan semua yang ada ini. Namun makhluk tetap makhluk dan Pencipta tetap Pencipta. Semua ini ada di dalam genggaman-NYA. Allah SWT bisa melebur ke dalam adanya makhluk, bisa juga tidak melebur.. terserah DIA yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kita tidak bisa sepenuhnya menjangkau LOGIKA-NYA…. Maka bersujudlah…

Benar dan salah itu memang beda. Ada jalan kebaikan yaitu jalan “surga” yang diridhoi Allah SWT dan ada jalan kejahatan/keburukan yaitu jalan “neraka” yang tidak diridhoi-NYA, yaitu jalan Iblis. Meskipun iblis itu ciptaan-NYA, namun sumbernya ya Allah SWT juga. Tetaplah semua ini ujian agar kita bisa memilih jalan yang diridhoi-NYA.
Karena semua jalan itu tidak akan sia-sia….

Salah satu aspek dalam berdoa adalah berdzikir. Berdoa ada tingkatannya: (1). Memuja Allah SWT (berdzikir), (2). Menyapa Allah SWT dengan mesra (3). Meminta dan memohon pada-NYA (4).. dst…

Khusus untuk berdzikir kepada Allah bukan hanya sekedar menyebut nama Allah di dalam lisan atau didalam pikiran dan hati. Akan tetapi dzikir kepada Allah ialah ingat kepada Asma, Dzat, Sifat, dan Af”al-Nya. Kemudian memasrahkan kepada-Nya hidup dan mati kita, sehingga tidak akan ada lagi rasa khawatir dan takut maupun gentar dalam menghadapi segala macam mara bahaya dan cobaan.

Sebab kematian baginya merupakan pertemuan dan kembalinya ruh kepada raja diraja Yang Maha Kuasa. Mustahil orang dikatakan berdzikir kepada Allah yang sangat dekat, ternyata hatinya masih resah dan takut, berbohong, tidak patuh terhadap perintah-Nya dll. Konkritnya berdzikir kepada Allah adalah merasakan keberadaan Allah itu sangat dekat, sehingga mustahil kita berlaku tidak senonoh dihadapan-Nya, berbuat curang, dan tidak mengindahkan perintah-Nya.

Eh..jangan sombong bila sudah makrifat…. Iblis pun berma’rifat kepada Allah, bertauhid kepada Allah, dan berdo’a kepada-Nya, memuja-Nya, namun ia enggan mengikuti perintah-Nya. Orang berdzikir seperti ini sama kedudukannya dengan kedudukan syetan yang terkutuk.

Allah berfirman : “Hai iblis , apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri atau kamu merasa termasuk orang yang lebih tinggi ?”

Iblis berkata : Aku lebih baik dari padanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.

Allah berfirman: “Maka keluarlah kamu dari surga, sesungguhnya kamu adalah yang terkutuk, sesungguhnya kutukan-Ku tetap atas kamu sampai hari pembalasan.”

Iblis berkata: “Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan.”

Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi tangguh. Sampai hari yang telah ditentukan waktunya ( hari kiamat).”

Iblis menjawab: “Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis diantara mereka….

Kalau kita perhatikan dialog Iblis dengan Allah di atas, kelihatan sekali bekas keakraban antara Khaliq dan makhluq-Nya. Dia sangat percaya kepada Allah, dia bertauhid, dan mengetahui bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah, dia juga memuja Allah dengan menyebut “faizzatika” (demi kekuasaan Engkau). Dia selalu memanggil Allah dengan sebutan “Ya Rabbi” (Ya tuhanku), dan yang terakkhir dia dikabulkan doanya agar dipanjangkan usianya sampai hari kiamat.

Hampir saja sempurna sang iblis sebagai hamba yang sangat dekat, memohon kepada Allah (berdo’a), bertauhid dan berma’rifat kepada-Nya. Hanya satu kesalahan sang iblis ini, yaitu tidak mau mengindahkan perintah-Nya untuk bersujud (menghormati) kepada Adam. Berarti ia tidak mengakui atau tidak menerima keputusan Allah yang Maha Bijaksana, disebabkan kesombongan merasa paling baik dari dirinya, ana khairu minhu , aku lebih baik dari Adam.

Ada sebagian ahli dzikir yang tidak mau melaksanakan ibadah shalat, dengan dalil sudah sampai kepada tingkat ma’rifat atau fana. Dengan alasan wa aqimish shalata lidzikri (dirikanlah shalat untuk mengingat Aku …karena tujuan shalat adalah ingat. Namun ia tidak sadar, bahwa ingat disini … tidak hanya kepada nama-Nya atau kepada dzat-Nya, akan tetapi konsekwensinya harus menerima apa kemauan yang diingat, yaitu kemauan Allah SWT seperti apa yang telah diperintahkan didalam syariat-Nya .

Bandingkan dengan sikap syetan yang tidak mengikuti kemauan Ilahi. Perbuatan khariqul `adah –meninggalkan kebiasaan syariat– dianggap perbuatan seorang waliyullah. Padahal Rasulullah Muhammad dan para sahabat menegakkan syariat shalat, dan mu’amalah. Sedang kedudukan beliau berada diatas para wali manapun di dunia. Dengan alasan yang seakan masuk akal, serta dengan ditandai/ditambahi kelebihan-kelebihan spiritual yang menakjubkan.

Janganlah anda heran.. bila Iblis lebih sakti dari manusia… Jin yang berwatak setan pun juga… mereka mereka ini mampu menembus alam ghaib dan mampu menyelami pikiran dan hati manusia, … bahkan ia mampu berjalan melalui aliran darah karena memang ia dikabulkan permintaannya. Namun, jangan ikuti mereka… Ikutilah petunjuk-NYA untuk menjadi wali-NYA… kekasih Allah dan merupakan wakil Allah didalam melaksanakan tugas-tugas menegakkan syariat Alqur’an dan As sunnah….

Aku hadapkan wajahku kepada wajah yang menciptakan langit dan bumi, dengan lurus. Aku bukanlah orang yang berbuat syirik, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku kuserahkan (berserah diri) kepada Tuhan sekalian Alam ….

@Wongalus,2011

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 274 Komentar

Navigasi tulisan

274 thoughts on “MENYEMBAH DAN MEMPERSEKUTUKAN ALLAH SWT: SEBUAH TAWARAN SKEMA PEMAHAMAN

  1. merkujo

    dpt pertamax ga yah?

  2. merkujo

    kalo kedua, dapat ga yah?

  3. merkujo

    kalo ketiga, masih dpt ga yah?

  4. merkujo

    ke emapt selesai deh

  5. Top Ten

  6. ABSEN 10 BSR.

  7. Nyimak mawon

  8. 2

  9. Nawiazky

    Absen menyimak dgn telaten…

  10. JOYO SENTIEK

    Absen malam..

    Ijin nyimak dan Qobiltu

    Matur suwun

  11. ki deglu

    assalam mulaikum wrwb…
    di mana kaliyan semuah yg dikatakan sakti dan membanggakan kesaktiyan kaliyan
    saya tunggu kaliyan kemarin tidak ada yg datang….?
    mana yg telah kaliyan bicarakan kehebatan kaliyan…..?
    dan mana yg kaliyan sebut” kan kesaktiyan kaliyan….?

    DAN MANA KESOMBONGAN KALIYAN YG KALIYAN BANGGAKAN YG DI BICARAKN SELAMA INI….?

    YG SERING AQ DENGAR SETIYAP ADA PERTEMUAN ITU…?
    YG KATANYA BISA INI DAN BISA ITUH SAYA INGIN MENJAJALNYA LANGSUNG DARI KALIYAN SEMUAH .
    wasalam….

  12. ki deglu asli

    hmmmmmmmm

  13. loloy

    ketiak belas…eh ketiga belas,,,hehehe

  14. lumayan dapat 100 besar . .

  15. Rahman a'r

    Assalamu’alaikum sugeng ndalu mbah yai wong alus..matus nuwun pencerahanipun,hormat ta’zhim.nuwun

  16. Arum Manis

    14
    nyimak dulu sambil ngudud ngupi di malam yg indah.

  17. tukang sapon

    SEMANGAT pas TENGAH MALAM…….
    sugeng rawuh kagem poro sedulur…….
    QOBILTU……
    QOBILTU……
    QOBILTU……
    @kagem simbah danyange wong alus; alfatehah + jantung yasin segera terkirim ……………….
    +sebungkus puntung 234 juga meluncur…….

  18. tukang sapon

    @KI DEGLU ; salam hormat merundukkan kepala cium tangan kagem panjenengan…,
    ma’af njih ki, numpang tanya…. dimanakah ki deglu yg kemarin2 itu, yg sering mengingatkan dan mengajak kembali sedulur2 di kwa ke jalan yg lebih di ridloi allooh……(meski ki deglu sering dihujat,dihina, dicaci,di anggap budeg dan bego..namun tetap sabar dan tetap mengingatkan sedulur2 semua….),
    namun…..mungkinkah ki deglu yg sekarang ini,sudah MENJADI dan MERASA sakti juga, sehingga setiap hadir absen ajakan dan peringatannya berubah menjadi sebuah tantangan yg kiranya kurang begitu pantas di ucapkan oleh KI DEGLU yg begitu arif dan bijaksana……..

  19. angdidi

    Salam salim tuk yai mas wongalus,buat semua bolowongalus,khususon ki mas deglu yang terus gencar memberikan warning buat sedulur kabeh walau sedikit ekstrim he..he..he…yang intinya mengajak dan mengingatkan poro sedulur kabeh untuk lebih ati – ati dan waspada terhadap segala sesuatu yang akan menyesatkan aqidah, pandai — pandailah memilah dan memilih untuk sebuah laku yang mendapat restu sebuah keridloan, tapi saya yakin dan percaya poro bolowongalus setidaknya punya pondasi dasar ketauhidan yang tidak mudah tergelincir dalam kesyirikan, marilah kita saling mengingatkan dengan rasa dan bahasa kasih sayang, I Love you full itu kata mbah surip.

  20. loloy

    @tukang sapon wah kebetulan “PRIA PUNYA SELERA” alias GG sy sdh habis,,,sudih kah kira2 kita berbagi di dlm sepuntung rokok 234 utk dihisap bersama2…sambil menikmati secangkir air panas…maklum kopinya gak ada,,,jd bisanya cuma minum air panas doank…heheheh…monggo dilanjut…

  21. Mandor turu

    Ke5belas
    @ki wong alus
    @simbah tukang sapon
    @ki arum manis
    salam takdzim penuh hormat sedoyo

  22. Mandor turu

    Wah keliru ke8belas

  23. ki supo legowo /climaxs

    Saudaraku Ki deglu yang baik,
    agama kita menegaskan bahwa sesama muslim adalah saudara

    jadi jika engkau muslim dan aq muslim dan bolo wong alus itu muslim semua bukankan kita semua saudara …

    alangkah indahnya jika sesama saudara itu saling membantu dan nasehat menasehati ..

    sebagaimana perintah-Nya dalam kitab yang mulia
    JAGALAH DIRIMU DAN KELUARGAMU DARI SIKSA API NERAKA (kesusahan penderitaan)

    (amarah, kesal, susah itu termasuk nerakanya dunia karena begitu energi negatip yang keluar dari tubuh kita)

    maaf Ki bukan maksud aq menggurui.

    Thanks

  24. angdidi

    Weih…ada mbah gondrong sugeng dalu mbah, salam salim cium tangan buat panjenengan.

  25. tukang sapon

    merundukkan kepala penuh hormat dengan cium tangan kagem;
    @simbah danyange
    @simbah yaine mas kumitir
    @pak bos arum manis
    @mas wong edi
    @ki mandor turu
    @ki loloy
    @ki angdidi
    @ki joyo normal
    @ki deglu asli
    @ki rahman
    @DLL…poro sesepuhku semuanya yg rawuh………..
    SEMANGAT PAS TENGAH MALAM……….

  26. loloy

    monggo dilanjut lg…sy menyimak aja sambil menikmati secangkir air panas…:)

  27. makasih ki atas pencerahanipun…
    @ki deglu sabarki ojo nessu,mending mari kita bersukur masih di beri kesehatan pada hari ini n’ sholat hajat b’syukur atas k’hadirat-NYA….

  28. Dimas_rangga

    Kalo ingin mnjajal org nmx apa?..sm jga deh..somse.. Klo org baik itu g ngrusin org lain (dlm aml) dia ngrsi drx sdri mngreksi kkurngx sdri,. Slm dmai kwa.. 5f itu si kt pak ustad sy kn mrd bru msh bodo bnyk kkurangn..

  29. Dimas_rangga

    Mr kt koreksi dr kt msing2..jngn bnyk kt tp aml yg nyta”TUHAN LEBIH TAU APA YG TRDETIK DLM HATI STIAP HAMBANYA” slgi ada wktu mri kt brbnah dri..

  30. Arum Manis

    cium tangan dumateng
    @simbah danyange
    @simbah yaine mas kumitir
    @mbah bos tukang sapon
    @mas wong edi
    @ki mandor turu
    @ki loloy
    @ki angdidi
    @ki joyo normal
    @ki deglu asli
    @ki rahman
    @ Dimas_rangga
    @ yudie
    ciup ciup ciup muach muach muach
    monggo pinarak lan dipun unjuk kupi gaib lan buhur magrobi 234

  31. Mandor turu

    Wes.. Gak iso omong aku..
    Wes tak nyimak ae…
    Monggo mbah gondrong tausiahe dilanjut…
    Semangat malam kagem poro bolo wongalus..

  32. Ass wr wb
    salim dumateng pemangku mbah tukang sapon salim nggak pakai cup cup cup muuaaaahhh
    kimas arum manis
    pundi smse bos
    all bolo wongalus semua
    salam persaudaraan 100% saudara
    nderek nyimak terima kasih 3x
    cliiing…..

  33. pelan_pelan_saja

    kayak nya iblis ma malaikat.kalah sakti n kalah brani ma manusia mbah.iblis ma malaikat g berani nyekutuin Allah.lah manusia?….he3x.n manusia kadang lebih takut kehilangan khodam ilmu nya dari pada takut ma Allah.ada yg bilang khodam tuh arti nya penjaga.ada yg bilang khodam tuh pembantu.tp kadang q bingung.yg bos nya mana.yg pembantu nya mana.
    klo ada amalan yg mungkin meragukan/di anggap syirik ya g usah di amalin.or klo nga sholat istikharah dulu biar g ragu.coz bagian marketing nya iblis juga canggih loh.mrka selalu berinovasi biar produk dosa nya laku.contoh gampang dlm pesugihan.dulu tumbal nya anak kandung/orang yg di sayang.berhubung dah g bgtu laku.mrk bikin trobosan marketing baru.pembantu jg blh buat korban/orang yg dah pernah makan duit pesugihan nya.lama kelamaan produk g laku.divisi marketing bikin inovasi baru.skrg musuh bisa jd tumbal.he3x.baca artikel di atas jd inget syeh abdul qodir jaelani yg dapet voucher discount g sholat dr iblis.tp kagak di ambil.hehehe.
    wlpun divisi marketingnya canggih.tp dasar strategi marketingnya tetep sama.iblis pake tehnik ‘MENYEBRANG SUNGAI YG DERAS’ yg dulu sering ikut pramuka psty tau tehnik ini.hehehe.

  34. absen malam.

  35. mohamad sholeh

    Assalamulaikum……..suatu postingan yang bagus…..sebagai tambahan/acuan silahkan dibuka masalah syariat,tariqat dan haqiqat dalam kitab HIDAYATUL ADZKIYA/QOMI’UT TUGHYAN bab awal…..disitu ada keterangan yang jelas…..semoga bermanfaat….wassalam

  36. G_bondowoso

    Assalamualaikum wr wb….
    Sampurasun kang pamuji rahayu.
    SALIM
    @MBAHKU KI WONG ALUS
    Ijin nyimak MBAH?

  37. bhre menoreh

    salam..buat bolo alus semuanya..

  38. Sugeng Ndalu, selamat malam sedulur semua

    @ KI wongalus
    @ Ki Mas Kumitir
    @ Ki Tukang sapon
    @ Ki Arum Manis
    @ Cak Ji
    @ Om Pelan2 saja

    saya Qobiltu ki Wongalus

  39. Temannya Darno

    Ki Deglu abis ketipu lima belas juta.
    Kasian..

    mau nyari duit, malah ilang duit.

  40. Bayu Swantan

    Hai orang2 sakit..
    Janganlah di putar balik kan ayat2 Allah..di dalam lubuk hati mu ada sebercik Nur Illahi..Selalu ingatlah Kepada Yang Kholik..Yang Maha memiliki..Yang Maha tahu dalam lisan dan Bathinmu..jangan lah jadi Kyai Jarkoni..bisanya ngajar rak iso nglakoni..Mari kita sama sama2 saling mengingatkan..janganlah saling menghujat..saling menghidupi bukan saling mematikan..kita jaga zaman yang kita lalui ,sembuhkan jiwa kita dengan mawas diri berdasar iman dan tawakal.demi kehidupan keturunan2 kita akan lebih baik di zaman yang akan datang. Allah Ya Wahid..Allah Ya Gofar..Astaghfirullah hal adzim. Zalam kompak zelalu

  41. “DIAM ITU EMAS..
    TAPI BERKATA BAIK ITU MUTIARA”

    maka dari itu lebih baik diam kalau memang tdak bisa berkata baik.

    buat para bolo wong alus tak lupa pula saya minta pada panjenengan untuk tetap mengingat alloh sang pencipta alam semesta raya beserta isinya.
    apalah arti kesaktian,jika d’kehidupan abadi k’lak kita lemah.
    apalah arti k’kayaan jikaka d’aherat nanti kita miskin.

  42. assalamualaikum.wrwb..yantai aja lah..yg penting menertibkan diri.,tiada maksud tuk mengajari,gak da niat tuk menggurui..salam asah asih asuh..

  43. Arum Manis

    cium tangan dumateng
    @ cakji
    @ mas jaluaji
    @ temannya darno
    @ Mas Jaluaji
    @ bhre menoreh
    @ G_bondowoso
    @ mohamad sholeh
    @ to meneng
    @ yudie
    @ Bayu Swantan
    @ G A.sih shuwasta bhuwana
    ciup ciup ciup muach muach muach
    monggo pinarak lan dipun unjuk kupi gaib lan buhur magrobi 234

  44. Ki AGENG JEMBAR BATHUKE KINCLONG SEKALEEEEEEE

    mungkin maksud dari para sedulur yang berkomentar tentang bahayanya sirik adalah seperti pencerahan yang disampaikan oleh KI WONG ALUS di atas, hanya saja karena keterbatasan mereka dalam bidang tulis menulis sehingga comment yang mereka lontarkan langsung terlihat menjustifikasi persoalan. akan tetapi hal-hal seperti inilah yang menjadikan BLOG kita ini menjadi ramai dan menarik. coba kalau yang comment cuma nulis, qobiltu/pertamax,salam/salim/kwangen dll, saya yakin nggak akan betah orang lama lama nongkrong di blog ini, lha wong film-film action aja yang ditunggu-tunggu adalah adegan berantemnya, ya kan?
    PADAHAL SUDAH BEBERAPA BULAN YANG LALU SAYA DAH PASANG KUDA-KUDA DAN SIAP BERANTEM,( TUH LIHAT GAMBAR AVATAR SAYA )
    TINGGAL TERIMA PERINTAH DAN SIAAAAAAAPP……………CIAAAAAAAAAAAAATTTTTT

  45. Diantara bentuk kesyrikan adalah merasa wujud, merasa ada, merasa pintar, merasa bisa ini bisa itu, aku hebat, aku kaya, aku bisa, aku pintar.. merendahkan makhluk lain.
    wujuduka jambun : wujud kamu adalah doasa (syirik).

  46. pelan_pelan_saja

    @mas jaluaji – sugeng ndalu juga mas.n sugeng ndalu juga buat para bolo wongalus.sedoyo.
    – beda pendapat tentang syirix/g sirix suatu amalan kyk nya g mslh.asal di dasari ma dasar yg kuat g asal comment.-eh loe syirix loe.gue bener tau.g syirix.- klo eyelan2 tanpa dasar yg kuat ya jd nya berantem g jls.

  47. djanoko

    Salam kenal dan hormat
    Izin Menyimak….
    @ cakji
    @ mas jaluaji
    @ temannya darno
    @ Mas Jaluaji
    @ bhre menoreh
    @ G_bondowoso
    @ mohamad sholeh
    @ to meneng
    @ yudie
    @ Bayu Swantan
    @ G A.sih shuwasta bhuwana
    Terima Kasih….

  48. sajjani's

    menarik untuk di fahami, ijin baca ki…
    salam hormat pada semua dulur”

  49. salam damai

    MEMANG MENURUT KANJENG NABI MUHAMMAD SAW DALAM MENGGAMBARKAN PERBUATAN SYRIK YANG SANGAT SAMAR DENGAN PERUMPAMAAN ” SYRIK ITU SEPERTI SEMUT HITAM YANG BERJALAN DIATAS BATU HITAM DALAM KEADAAN GELAP GULITA” MENGINGAT DEMOKIAN SAMARNYA SYRIK KITA HARUS BERHATI2 DALAM MENATA NIAT

  50. MAS WONG ALUS BOOLEHLAH KIRANYA SAYA INTERUPSI SEDIKIT MENGENAI *ridho* MENURUT SY ALLAH TELAH RIDHO ATAS SEGALA PILIHAN PARA HAMBANYA, INSYA ALLAH KITA HANYA DIPERINTAHKAN UNTUK MENDAPATKAN NIMAT DAN RAKHMAT. TERGANTUNG PENGAKUAN KITA SECARA LAHIR DAN BATHIN, KITA INI SIAPA ?
    JIKA DIA MENGAKU SEBAGAI TUHAN JUGA DIPERSILAHKAN YANG PENTING dia AKAN BERTANGGUNG JAWAB .
    YANG TERPENTING BAHWA #TUHAN# TIDAK MENGINGINKAN DIPERSEKUTUKAN BAIK SECARA PERBUATAN LISAN MAUPUN LAKU.

  51. Faisal wae

    Ass.wr.wb
    Semangat spertiga malam,
    wah udah rame.
    @ki wongalus.
    Qobiltu,
    smoga melekat dihati pencerahan postinganya untuk saya dan sedulur smua yg nyimak dIKWA tercinta ini.
    Ah, mbalik lg baca postingan ah…
    Monggo dilanjut…

  52. Adie madara

    Absen tengah malam.. Ngopi item + bakar dupa pria punya selera… 😀 😀 😀

  53. Faisal wae

    Dengan cara berbakti,tunduk,taat,dan menyembah jin-jin.
    Ini yg dinamakan perbuatan KUFUR DAN SYIRIK terhadap ALLAH Swt.

    Di KWA, ndak ada amalan yg menjurus ke SYIRIK….
    N

  54. Abu Yahya

    Bismillaahi RahmaanirRahiim
    Terjemah bebas surat An NAas

    Katakan (ya manusia)
    Aku berlindung kepada (Allah)
    Yang Punyai manusia
    Yang Kuasai manusia
    Yang Sembahan manusia
    dari kejahatan bisikan bisikan (was was) yang tersembunyi
    Yaitu was wis (gejolak nafsu dan rayuan pikiran negatif)
    yang terbesit dalam dada manusia
    yang datang dari sebagian jin maupun manusia

    At Tusturi berkata “Tidak diketahui bisikan syirik kecuali oleh seorang muslim. Tidak diketahui bisikan kemunafikan kecuali oleh seorang mukmin, demikian dengan bisikan kebodohan kecuali bagi yang berpengetahuan, bisikan kelengahan kecuali bagi yang ingat, bisikan keduharjkaan kecuali yang taat, biksikan dunia kecuali dengan amalan akhirat”

  55. G_bondowoso

    MEMANTAU KAMPUS TERCINTA?
    @Ki Arum manis
    Salim kembali and Cipika Cipiki
    @Mas djanoko
    Salam Kenal juga
    @Faisal wae
    nepangken ti simkuring.
    .salam sadulur kabeh?
    Adios…permios…Abdi….parantos…? he…he…hee
    [absen maksudnya] jgn salah Tafsir….

  56. wong_ndeso

    nyimak

  57. Aku

    Ribet banget…gara2 kritik orang ijazah di cabut kembali…payah…pelit…seperti ‘orang yg memakan muntah-nya sendiri’…shodaqoh ilmu tapi shodaqohnya di ambil kembali….

  58. Rahmat Hasbu

    Hmmmm.. lagi2 masalah syirik.
    saya kira inti dari pada syirik adalah berkeyakinan bahwa selain Allah dapat menghasilkan sesuatu seperti kekuatan dll… yang padahal pada hakikatnya itu merupakan af’al nya Allah.
    mudah-mudahan ada sedikit pencerahan, jadi gini lho:
    kasab/ciptaan Allah itu terbagi 2
    1. kasab Allah IDTIRORI : ciptaan Allah tanpa dibarengi kasab Makhluq seperti bumi, gunung, minyak tanah. makanya suruh pindah ke gas soalnya kalo habis, manusia ga bakalan bisa buat minyak tanah.
    2. Kasab Allah IKHTIARI : ciptaan Allah dibarengi kasab/usaha makhluk seperti pesawat, rumah dll yang pada hakikatnya, semua adalah ciptaan Allah.
    jadi saya kira kembali pada hati masing2.
    mulut bicara syariat : ” perut saya kenyang habis makan baso”
    hati bicara hakikat ” yang memberikan rasa kenyang hanyalah Allah SWT”

    hapunten bilih lepat….

  59. Siluman_MACAN

    Wah,,masih ngomongin Syirik,,,

    nyimak ada Deh,,!!!!!!

  60. Siluman_MACAN

    ¤Met Paggiii s’muanya……

    Salap Persaudaraan untuk KWA Tercinta ini……..

  61. Siluman_MACAN

    ma’ap salah Ketik…tu salap Ganti Salam aja deh…..maklum Baru bangon Tidur…..hehehe..

  62. bajing ireng

    assalam. . , buat sesepuh dan warga KWA , sy ingin bergabung mjd anggota KWA gmana crnya. , .?? Trus apakah ilmu yg di beberkan harus ada kuncinya ato gmana?? Karna sy baca posting yg dulu2 ko d sertakan kuncinya tp yg baru2 malah tdak ada. , , trus fungsi kunci buat apa?? ,maaf banyk tny. ,karna sy masih ingusan dan awam. . . Salam paseduluran.

  63. KAYAK PADA GAK TAHU SAJA LABEL DIKIT2 SIRIK,BID’AH,MUNAFIK,KAFIR,..ITU KAN MAKANNYA TIAP HARI WAHABI SALAFI. DISINI ITU SUDAH PADA FAHAM APA ITU SPESIFIKASI SIRIK,KAFIR,BID’AH DOLALAH,..KALAU ADA YG USIL RIBUTKAN DIKIT2 SIRIK KELIATAN ITU BERFAHAM SALAFI WAHABI TEMANNYA PARA TERORIS,NII,MMI,JAT,HTI,..DAN ITU ORANG BARU DI KWA CEK AJA PASTI JG BLM TERDAFTAR ANGGOTA KWA.HANYA INGIN MERUSAK..BASMI FAHAM WAHABI..PERGI DARI KWA.

  64. Kog malah jadi rame nih..

  65. Ya Allah….. tunjukkan kepadaku mana amalan yang sirik dan mana amalan yg Engkau ridhoi. Jangan biarkan pikiran q menentukan/menyimpulkan sendiri karena Engkaulah yang Maha Benar

  66. Bocah lawu

    Assalamu’alaikum
    nyimak..mg2 bs ambil hikmahnya. Swn@ ki wong alus..atas pencerahannya.

  67. Wis tho….ojo nesu nesu…ingat kata simbah saya…..gax baex nesu2 …lbh baex come here aja…

  68. si_pitung

    absen pagi

    mantap artikel di atas

  69. Ki Dalang Cipto Kawedar

    Selamat pagi seluruh sedulur Bolowongalus, selamat berakhir pekan dgn keluarga. saudara, dan handai taulan.
    Mantabbbbbssssss ….. seluruh komen-komen dari sedulur semua, tambah perbendaharaan kata “Kyai Jarkoni” bisa ngajar gak bisa nglakoni, memang banyak ya… yg spt itu?

    Kangmas Deglu sedulur yg sdh menjadi menyeimbang Kampus Wong Alus, yg mewakili orang-orang tanpa topeng. Sehingga kampus menjadi semringah. Kalau dekat saya ajak ngopi-ngopi dan udud rokok makrifat 234. salam takdzim dan salam rahayu nggih …

  70. ki Blegedes

    Bikin kopi ko kepahitan ni..
    Met pagi semuaa..

  71. SODOLANANG

    syirik atau nggak urusan pribadi masing2 ma Alloh SWT…masing2 menanggung dosa sendiri2 .
    orang2 yang suka gembar gembor bekoar dll…ttg syirik bidah kurafat dll…adalah org2 yg bermaksud melucuti kekuatan org2 muslim dan mengkerdilkan/membonsai agama Islam…WASPADALAH! WASPADALAH!..he he he (ngumpet).

  72. @ DEBU COBA ANDA MEMINTA FURQAN….SAMA TUHAN ANDA.

  73. Ass wr wb mbah abdul jabar weleh 3x bagi dong mbah udud makripat 234 kulo tampi tangan kaleh mbah was
    cling…..

  74. yoyok

    sebagai orang yang beriman seharusnya kita mengimankan orang kafir dan orang yang menyekutukan gusti ALLAH tidak malah mengkafirkan dan menuduh orang yang beriman itu syirik ingat ingat ingat ada rahasia dibalik rahasiah

  75. 7akaerde

    sungguh enak artikel ini dibaca,mudah dimengerti.ada yang berbagi ilmu dan ada mengingatkan utk hatihati dalam gobiltu.memang indah KWA

  76. @ YOYOK RAHASIA NYA ADALAH HITAM.

  77. ki Blegedes

    Kafir tu ya kafir lo..
    Kafir tu ya kafir lo..
    Semuakan da pd tau kl orang yg tdk mau mengakui allah tuhannya dan muhammad rosul allah. itukan orang kafir jgn harap bisa mask surga allah,baru mau mencium bau surga aja da kagak bisa…kacian deh lo..hae si kafir..

  78. @ KIBLEGEDES KALO SURGA DUNIA KAYAKNYA MEREKA TUH AHLINYA…HE

  79. ki Blegedes

    DDH
    Hahaaaaaaaaa
    Betul skl tu..
    Moto orang kafir tu adalah..hidup utk menumpuk harta dan senang2..dan kl orang islam mencari harta/nafkah hanya utk agar bisa hidup dan agr bs tetap beribadah…

  80. wahyu kudus

    Terima kasih Ki Alus atas pencerahannya, seharusnyalah sesama muslim untuk saling mengingatkan, wa tawaa shoubil haqqi wa tawa shoubis shobri (saling mengingatkan untuk menaati kebenaran dan saling mengingatkan untuk menetapi kesabaran). Kesabaran meliputi:
    1. Ashobru ala tho’ah (Kesabaran untuk selalu taat pada Allah)
    2. Ashobru alal mushibah (kesabaran menghadapi musibah)
    3. Ahobru alal makshiyat (kesabaran untuk tidak berbuat maksiyat)

    Apa jadinya jika kita sudah tidak mau mendengarkan nasehat, padahal manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Allahumma a’inni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika (Ya Allah tolonglah kami untuk banyak mengingatmu, pandai bersyukur kepadamu dan dan senantiasa beribadah dengan baik kepadamu). Amin Ya Robbal Alamin

    Semoga berkenan, mohon maaf jika ada kekhilafan.

  81. Patramantra

    Kehadiran @deglu @alex @ucil bisa menjadi kontroling dan penyeimbang bagi kita semua. Walau sakit didengar…Tapi lebih membuat kita lebih waspada dan tidak membabi buta terhadap pengamalan suatu mantra… Meniru perkataan @bib iblis Janganlah kita tersesat dalam kebenaran…
    Karena syirik itu sangat samar sekali apalagi terbungkus dalam suatu mantra yang arti, makna dan tujuannya kita tidak tahu….

  82. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

  83. ki Blegedes

    Wah lumayan tuh dan tp sayangnya sy sdh sepuh dan kl msh mudah pasti nglamar deh..he5x..

  84. P@nger@n_tid@r_mgl

    5jempo buat ki wog alus
    Sugeng enjang ki…
    Sangat bisa diterima pencerahany
    Apalagi bagi orang orang yang lagi bimbang dalam memperdalam ilmu
    tapi menurut saya:
    Selama kita menjalankan semua perintahNYA
    Melakukan kewajibanNYA
    Melakukan sunah RasulNYA
    Menjauhi larangaNYA
    Dan melakukan amalan apa aja asalkan krono allah ta’ala itu bukanlah suatu sirik.
    Kembali kepada niat hati kita

  85. Nyimak aja….sambil nyapuin semut

  86. Asw… Salam rahayu para sesepuh semuanya,ijin duduk disamping ki deglu tumben ki deglu bicara spt itu tdk spt biasa yg sabar dan selalu mengingat temen2 dikwa,apa sudah kesambet jin ya kok bicaranya spt itu menantang sesepuh dikwa.Terus terang sy suka dg kesabaran ki deglu yg dulu,atau ini yg palsu kali ya?Kaburrr dulu sebelum ki deglu plesu teko jurus langkang seribu…..Wuzzz…Cling hilang meninggal jejak kaki doang 🙂

  87. absen siang….

  88. mr.black

    ijin nyimakkkkk

  89. Al Mahadaya

    Apa itu penyembahan berhala? Menyembah sesuatu yg tidak bermakna dan tidak mendtgkan faedah. Jadi nabi2 tidak menyembah Allah kerana tidak bermakna. Nabi2 menyembah AL-Segala LAHA-Milik Dia.
    Apa itu kafir? Melanggar hukum2 tuhan yg terdpt di dlm al quran dan mendtgkan hukum2 manusia melalui hadis2 yg dicipta. Sebagai contoh mengadakan hukum haram pada arak dan kemudian menjatuhkan hukum ciptaan sendiri spt sebat kerana hukum2 ini tiada terdpt di dlm al quran. Maka sesiapa yg membawa sesuatu hukum maka jelaslah menjadikan dirinya tuhan.
    Dan telah jelas bhw di dlm al quran, tuhan firmankan mengikuti agama nabi Ibrahim dan sudah barang tentu nabi yg membawa al quran patuh perintah tuhan dan tidak membawa agama yg baru.
    Islam dicipta dgn penipuan org2 munafik setelah meletakkan baris dan tanda pada al quran dan menukarkan nama tuhan dan nama nabi yg sebenar. Islam tidak pernah membawa kebaikan kpd manusia malah manusia sentiasa berpuak2 dan berpecah belah. Agama tuhan tidak membenarkan ini berlaku kerana hukum2 tuhan adalah apa yg di wahyukannya dan bukan pendapat2 manusia. mahadaya-asalama.blogspot.com

  90. sapto

    Salim-salim sedulur semua…………..

    Ngomongin syirik memang menarik, penuh kontroversi .
    Kalau ditarik kembali, maka ujungnya akan berada di akal pikiran kita yang melahirkan pola pikir pemahaman.
    Kalau kita mesti waspada, barangkali adalah waspada terhadap pikiran kita sendiri…..
    Orang bisa ingkar bukan karena kebodohannya, tetapi karena ketinggian logika pola pikirnya…..
    Orang juga bisa beriman karena ketinggian logika pola pikirnya…..
    Kadang dalam kondisi yang ekstrim kita terjebak dalam mindset yang kuat yang akan melakukan proteksi diri terhadap informasi-informasi yang datang dari luar.
    Mindset saya PASTI BENAR dan INFORMASI DARI LUAR PASTI SALAH….
    Lha kalau sudah begini apa ya nggak yang jadi TUHAN adalah PIKIRAN KITA SENDIRI…..?
    Embuhhhh Ahhhh…..

  91. faisal arsawirja

    ass.wr,wb….salam sejahtra buat semua…semoga mendapat ridho dr ALLAH SWT PEMILIK SEGALANYA….

    guru ngaji saya pernah bilang ” buka hati,, dan lihat sekeliling semua itu adalah ALLAH, …semua di semesta jagat raya ini adalah ALLAH…
    carilah ALQURAN SEJATI , yang bukan sekedar kalammullah tertulis dan tidak hancur dibakar atau pun dimakan jaman,
    carilah SHALAT sejati yang jauh dari riya,ujub , dan hanya karena allah…
    ALLAH itu amat sangat dekat dengan kita, jika kita membuka hati…

    semoga dengan perbedaan membuat kita makin dewasa…
    maju terus KWA….

    WASSALAM..

  92. absent……sugeng siank sdoyo dulur2 kwa sdoyo. slam slim silem,,,,
    ijin tumot nyimak saking menara msjid,,, wah ktingal alit2 niki tiang2..qiqiqi
    sip moggo dlnjuuud,,, kulo dreng tumeko bhsan skmeniko….
    tkut slah ucap,, nnti di saut klih deglu ampuuun….. ijin ilang,,, cliiiing.. cling cling…

  93. Cah Pinggir Kali

    looooo..koq artikelnya yg keluar cuma satu, biasanya 3 sampai 5 sehari..????!!!!!

  94. Hmmmmmm….. 🙂

  95. @ raden mas SAPTO.MUUUUUUUANNNNNNNNNNNNNNTTTTTTTTTEBBBBBBBB TENAN.
    EDAN-EDAN,HEBAT……..
    KITA TETAP HARUS MENCARI YA RADEN MAS SAPTO..HHIHIH

  96. sapto

    Mas @dosa dan pahala…..

    Baiknya mencari dan terus mencari ya mas,hehehe….
    Mencarinya ke dalam aja kayaknya , kan bisa mengurangi KAMBING HITAM….

  97. kalo kedalam bagaimana saya tahu.wong semua ada di luar hik.
    kambing hitam mmmmmmmbbbbbbbbbbeeeeeeeeekkkkkkkk

  98. laskar lembu suro

    aslkm hadir lagi makasih@ ki wong alus tausyahnya mantab dan menambah keimanan.@ki deglu@mas arum manis@kidalang@masmanwan@mas jaluaji@cak ji@ki patramantra@cah pingirkali@mas yoyo@dosa danpahala@ki pemangku tukang sapon@sugeng siang salm hormat

  99. Kepada anda2 yang suka bilang sirik, bid’ah tolong beri saya uang, jodoh dan sembuhkan sakit saya. Kalo anda2 tidak mau beri uang lebih baik diam saja dan saya tidak akan berhenti mengamalkan mantra2 di kwa

  100. sapto

    mas @dosa dan pahala

    hehehe, biarkan berbagai informasi dari luar masuk dan janganlah melakukan justifikasi sebelum pikiran dan hati nurani kita mengolahnya….

    Kira-kira bener nggak ya mas…?

  101. @mas SAPTO NIH ADA PENGALAMAN SAYA.
    TAHUN 1998 ADA SESEORANG YG BERDAKWAH DIACARA KENDURI KEMATIAN.
    DIA MENGAMBIL HADIST *BARANG SIAPA MENGAKU UMATNYA MUHAMAD SAW,MAKA NANTI DIAKHIR JAMAN (KIAMAT) DAN MASA HISAB DAN TIMBANGAN DOSANYA LEBIH BANYAK DARI PAHALANYA,MAKA NABI AKAN MENARUH SELENDANGNYA (MENAMBAH BERAT) PAHALANYA DAN AKHIRNYA ORANG TERSEBUT MASUK SURGA*.
    SETELAH ADA TANYA JAWAB SAYA PROTES PADA APA YG BELIAU SAMPAIKAN,BAHWA NABI MUHAMAD ADALAH SEORANG MANUSIA BIASA ,MANA MUNGKIN BISA MEMBERIKAN SEBANYAK UMATNYA,KARENA SELENDANGNYA TERBATAS. DAN BELIAU TIDAK MENJAWAB.
    TAHUN 2007 SAYA MIMPI BERTEMU NABI….SETELAH BELIAU MEMBERIKAN SESUATU PADA SAYA (RAHASIA YA) BELIAU MELEPASKAN PAKAIANNYA,NAMUN PADA SAAT MELEPAS BELIAUPUN TETAP MEMAKAI PAKAIAN DAN TIDAK TELANJANG.
    SAYA BERHARAP DARI CERITA ITU KITA (MAS SAPTO) BISA MENGAMBIL HITAMNYA YA .
    PADA TAHUN SEKITAR 2000 SAYA MENCOBA MEMOHON AGAR ORANG YG SAYA ANGGAP TELAH MENGGANGGU KETENANGAN SAYA TENTUNYA DENGAN KESAKTIAN YG SAYA MILIKI (HEHEH SOMBONG DIKIT BOLEH TOH),
    TAPI APA HENDAK DIKATA SEBELUM SELESAI MERAPAL ,ORANG TERSEBUT TELAH TERTAWA DAN MNGETAHUI BAHWA SAYA MENGINGINKAN DIA CELAKA.
    POSISI ORANG TERSEBUT SEBETULNYA BIASA SAJA NGAKU ISLAM TAPI JARANG SHOLAT PALING SHOLAT 1 TAHUN SEKALI DAN TIDAK KAYA HARTA POKONYA DIBAWAH RATA-RATA LAH,NAH SAYA SECARA SOSIAL SIH MENURUT ORANG SEKARANG DIATAS DIA (MENURUT ORANG LHO).
    NAH SAYA JADI HERAN ,SAYA SAKTI ,BERAKAL POKONYA LENGKAP DEH,LHA ORANG YG BIASA-BIASA SAJA KOK BISA MENTERTAWAKAN SAYA,HIKHIK.
    NAH ITULAH PENGALAMAN MAS,AMBIL HITAMNYA SAJA MAS YA…HIKHIK

  102. Wong kosong

    Absen siang.. Telat yg penting tetep nyimak.

  103. sudiyono

    pada kemana ya??
    kok sepi………….
    ………
    ………
    ……………………………………??????

  104. wong ga ngerti apa2

    tolong aku ini ga ngerti apa2 masalah beginian aku pengen banget bisa .. terus bisa bantu orang lain.. tolong aku ya… aku penegn cari guru tapi mereka pake uang banayk2 padahal aku cuma anak jalanan namaku akhmad 085724120120mohon bantuannya ya

  105. Bimo Braja

    Assalamu Alaekum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Sungkem untuk sesepuh Ki Raden sancang Ungu
    salam hormat dan Kwangen untuk ki wong alus
    Alhamduliilahirobbil Alamin…bertemu kembali dengan kampus tercinta, setelah sekian lama ga pernah ngampus ki, ya semenjak merapi batuk ga pernah ngisi absen lagi .
    Apa kabar sodara PITULAS ?
    salam hormat juga untuk :
    @Presiden KWA
    @ki Ageng JJ
    @ki nurjati
    @Abah umar
    @ki than must thepos
    @ki Raza rijal Kelayang
    @ki Gatoloco
    @ki dalang cipto kawedar
    @abah suhaemi
    @ki semar semur, (heuheuheu)
    @ki-@ki semuanya
    semoga tidak bosan dan cape untuk membingbing dan mengajar kami semua.
    salam hangat untuk semua santri metal KWA baik yang lama maupun yg baru.

    bahasan ki alus di atas menarik untuk disimak. tetapi membicarakan hal hal yang bersifat syirik tidak akan ketemu ujung dan pangkalnya.namun sebagai indikatornya, bila kita mengamalkan suatu amalan, baik yang berbahasa arab maupun yang berbahasa salain itu, baik yang diucapkan oleh lidah maupun hati, tanya pada diri kita sendiri.kepada siapa ucapan amalan itu kita tujukan, apakah kepada diri sendiri, apakah kepada ALLAH, dan apakah kepada sesuatu yang lain. rasakan dan jawab dengan sejujur jujurnya.
    dan untuk santri metal KWA mari kita mengkaji. sudah saatnya kita berubah, sudah saatnya kita menyelami makna dari suatu amalan.
    itu aja dulu sedulur KWA, sekalian isi absen
    monggo dilanjut
    salam persaudaraan

  106. aslm. thanks,,,,,, good artikel. nuwun

  107. …. …. ….
    Nyimak dulu aje…

  108. ki ageng ustad ifrit

    Absen sore n ijin nyimak

  109. Salamm,,

    numpang absen aja,hehe..

  110. Faisal wae

    Ass.wr.wb
    salam perseduluran KWA.
    Ijinkan saya berbagi cerita dan sedikit ilmu kepada bolo wongalus smua.
    Ilmu ini saya dapat dari keluarga saya sendiri.tp sudah lama tidak saya gunakan.
    Dalam cerita pewayangan dari Begawan Saptoargo sampai keturunan Pendawa terkenal sangat sakti.Dari keturunan Pendawa,ada Gatotkaca yg terkenal bs terbang.Antareja terkenal bs berjalan di dlm bumi.Abimayu yg terkenal jago main panah.Antasena terkenal bs mengeluarkan bisa yg mematikan.dan masih bnyak lagi.
    Eyang Saptoargo sendiri jg terkenal kesaktiannya.Bahkan hingga menjelang usia tua.Dia menjadi seorang begawan yg slalu menyebarkan ilmunya untuk kebajikan manusia didunia.salah satu ilmu yg dimilikinya adalah ilmu pengasihan yg dinamakan Aji Pengasihan Saptoargo.
    Ketika budaya Hindu dan Budha masih berjaya di Indonesia,mantra aji pengasihan ini memakai jawa kawi.tetapi,stelah agama islam masuk dan berkembang,maka berbaurlah antara islam dan jawa.yg kita kenal dgn nama islam kejawen.salah seorang tokoh yg mempopulerkan Islam kejawen adalah Kanjeng sunan kalijaga.
    Mengenai keampuhan aji pengasihan ini,tak usah diragukan lg.karena ilmu ini bnyak digunakan para pangeran dari keturunan pendawa yg terkenal sakti mandraguna.
    Raden Arjuna yg terkenal satria paling tampan jg memiliki aji pengasihan ini.Begitu jg anak turunnya seperti Raden Ambimanyu,bahkan sampai cucunya yg menjadi raja besar Astina yaitu Prabu Perikesit.Krn sangat dirahasiakan aji pengasihan ini hanya dipakai oleh para pangeran. Namun bila sedulur semua ingin mempelajari toh tidak ada salahnya.
    Tatacara lakunya:
    _Mandi keramas untuk menghilangkan najis yg nempel dibadan.
    _Puasa mutih 3 hari 3 malam dimulai pada hari selasa kliwon.
    _Dilanjut dengan pati geni sehari semalam.
    _Selama menjalankan puasa dan pati geni,setiap tengah malam mantra dibaca 13 kali sambil membayangkan wajah orang yg dituju.
    Inilah mantrany:
    BISMILLAHIROHMANIRROHIM,
    SUN AMATEK AJIKU PENGASIHAN SAPTOARGO,
    LONTANG-LANTUNG MUNGGAH GUNUNG SAPPITU,MENEHI KEMBANG CEMPAKA,DAK SAWATAKE ATINE SI…(Sebut nama orang yg dituju)SIDO KELENGER KAYUNGYUN KARO AKU,ASIH KRONO ALLAH,
    LAA ILAHAILALLAH MUHAMADARRASULULLAH.
    Demikian Aji Pengasihan Saptoargo yg berasal dari kayangan,alam tempat alam tempat para dewa-dewi seperti dalam kisah pewayangan.Mudah-mudahan ilmu ini bisa menambah wawasan.
    Mohon maaf bila ada kekurangan.
    Salam perseduluran KWA.

  111. G_bondowoso

    Mantap,.,.Singkat….,Padat….Berigizi
    Salam SADULUR
    @Mas faisal wae
    Manga di teraskeun?…..
    Adios …Permios..
    Abdi parantos…Absen

  112. Sholat Maghrib Dulu,…

    Mending Berjama’ah….

    Yuk pd Sholat Dulu…

  113. laskar lembu suro

    aslkm absen mlm mgu

  114. ¿?¤sepi Bener Malam ni……..
    Pd kemana cie…….

  115. wong bioso

    salam prasuduluran kagem bolo wong aluss se doyo

  116. G_bondowoso

    Salam sadulur kabeh?….
    Sesepuh kita pada kemana yah?…
    @Siluman MACAN . Salam…
    @Wong bioso
    salam.,

  117. Bocah lawu

    Absen malam minggu.
    @all sedulur selamat menikmati malam minggu bersama kluarga ya..he3x.

  118. kidang kencana mas

    Sugeng Dalu poro sesepu / pinisepu ugi sedoyo bolowongalus wonten nuswantoro
    dari artikel yang ditulis oleh Sesepuh yang selama ini sangat saya hormati yaitu Mbah Kyai Ki Wong Alus diatas ada sedikit pertanyaan di hati saya
    diartikel tersirat makna bahwa ” Semua orang yang tidak menyembah ALLAH SWT adalah musyrik “, pdhl disini ada beberapa agama dan aliran kepercayaan dan dalam tata laku beribadah ada yang menyebut ” Tuhan”, ” Sang Hyang Widi”, ” Gusti Ingkang Akaryo Jagad”, lha trus apakah ini jg dianggap musyrik? Mohon pada Mbah Kyai Ki Wong Alus untuk membeberkan Pertanyaan hati saya…NUWUN

  119. Salam knal skaligus numapng nyimak plus copy paste…menyelam sambil minum air. Boleh y mas-mas skalian.
    Skaliam mo comment:
    Kalo Aghisni/na bi idznillahi ta’ala wabikaromatihi/him nas,alukal barokata wa….. !! Gimana tuh? Boleh ga?
    By Wong Banten. Wasalam

  120. P@nger@n_tid@r_mgl

    saya masuk
    @gentar langit
    Salam kenal

  121. gandri

    No comment

  122. gandri

    Comment no

  123. Sejatinya kita berdoa dan berharaf pada sang maha kuasa, syareatnya memang kita bisa berikhtiar dari mana saja, yang penting tidak menyalahi aturan-aturan agama.

  124. Cakil

    Dosa pahala itu juga dukun tp sekarang dah gak laku karna cabul, masih begok ngaku sakti,akhirnya diketawain orang gila. Eh dasar begok orang gilanya dikira sakti, dasar pada gila. Wa kaka kaka

  125. agusabdul kholik

    sebelumny kami mohon maaf, orang puny ilmu Kebatinan/ilmu dokter/ilmuma’rifat mau digunakan baik/jahat, mau minta sama jin/Tuhan… itu semua OTOMATIS. Tuhan sudah mmbrikan semuanya tanpa pamrih, semua yg baik dan buruk trcipta dr Tuhan.ingat semua sudah OTOMATIS. tinggalTingkatan Ibadah yg paling tertinggi adalah orang Muhsiniin artinya beribadah/berbuat baik dgn Tulus(ikhlas).

  126. nyimak no comen dan lanjutkan hehe salam seduler semua…

  127. Sai

    Semangat malam minggu smua,
    salam takdzim bwt sesepuh smua&salam cinta damai bwt seluruh bolo wongalus dimanapun berada,,
    Absen+nyimak wae,,,
    monggo lanjut.

  128. Ray Pranata KWA

    Semangat malam mingguan sesepuh ku.
    ^_^

  129. Faisal wae

    CLIiiiigg….
    Pada kemana?
    Ooya..malam minggu..
    cling ..
    Nyimak,.. Monggo lanjut terus…

  130. Cakil

    Mana sideglu dan siucil ni udah qu siapin tulang? Hug hug

  131. Faisal wae

    nyimak,….
    nyambi ngemplok bakso,.
    @Cakil.. Monggo di caplok baksone.mmpung lg hangat…
    Tulange ojo yo., hehe

  132. MBAH SINGO DONGSO

    mantap…

  133. pelan_pelan_saja

    @ mas sapto Orang bisa ingkar bukan karena kebodohannya, tetapi karena ketinggian logika pola pikirnya…..
    Orang juga bisa beriman karena ketinggian logika pola pikirnya…..
    Kadang dalam kondisi yang ekstrim kita terjebak dalam mindset yang kuat yang akan melakukan proteksi diri terhadap informasi-informasi yang datang dari luar.
    Mindset saya PASTI BENAR dan INFORMASI DARI LUAR PASTI SALAH….
    Lha kalau sudah begini apa ya nggak yang jadi TUHAN adalah PIKIRAN KITA SENDIRI…..?.

    keren euy.di lanjut mas

  134. chips

    Semua berawal dari niat…….. ?!?!
    lanjuuuuut malem mingguane……

  135. wonKWAmpus

    Ass..All ssepuh/pinisepuh,bolowongalus dimn sj berada,sy menyimak dari kemarin kok pertanyaan yg senada dng sy blm ada ya,sy memahami bagi parasepuh/pinisepuh ini hal kecil/sepele pelajaran dasar,tentu tdk demikian bagi sy/mungkin jg sbagian bolo yg malu2 u/bertanya.KLO U/BANG SY MINTA TLNG(TANPA MELHT APAKH ABANG INI MUSLIM/KAFIR,BAIK/JELEK),PAK DOKTER TLNG SY DIOBATI(JG TANPA MELHT APA DOKTER INI MUSLIM/KAFIR,DUIT YG BUAT KULIAH HALAL APA ENGGAK),mnurut tausiah Mbah YAI DIATAS sy YG BODOH INI menangkpnya BOLEH.SEBENARNYA SY MENUNGGU ADA SEDULUR YG NANYA BEGINI”KHODAM /JIN ANU SY MINTA TLNG DICARIIN DUIT 3 TRILYUN SECEPATNYA,MOHON MBAH YAI JG SSEPUH/PINISEPUH JG SEDULUR MEMBEBERNYA,TENTU INI NANTI AKAN SNGT2 FENOMAL,MATURNUWUN,WASS….

  136. sapto

    Salim-salim selamat malam sedulur semua…..

    mas @pelan_pelan_saja
    aku yoo tak ikutan nyimak mas, monggo-monggo dilanjut….

  137. sapto

    Salim-salim selamat malam sedulur semua…..

    mas @pelan_pelan_saja
    aku yoo tak ikutan nyimak mas, monggo-monggo dilanjut….

  138. wonKWAmpus

    Sugeng ndalu selamat malam mbah sapto,injih mbah nyuwun pangapunten,taksih brangasan,maklum puber mbah,nderek tepang njih mbah,monggo dipun lanjut…

  139. gandri

    @wongkwampus, boleh saya bertanya ke panjenengan. 1. Waktu minta tolong sama jin anu, panjenengan melihat dg jelas dg ainul yaqin apa tidak? (jangan sampai ghoib / jin belum hadir dipanggil pangil dimintai bantuan ini bermuara ke 1 titik yaitu jin saja tanpa tembus ke Alloh). 2. Sampean ingat ndak sama Alloh ketika menghadapi jin waktu berdialog? Kenapa mesti ingat? Karena juga menentukan kiblat iman dan permohonan arahnya kemana? Jangan sampai kita lepas mengingat Alloh dlm segala hal kalau ndak ingin tersesat dari jalan Alloh. 3. Panjenengan sadar nggak kalau jin sifat ghoib kalau panjenengan nyata, berarti ada hijab dinding diantara dia, berarti mustahil juga kan tercapainya

  140. sapto

    mas @wongKWAmpus….
    salim-salim mas,salam pitepangan ugi mas….

    lha kesadaran akan kelemahan maupun kekurangan diri-sendiri itu kan MUTIARA tho mas…?
    Karena dengan demikian kita akan mempunyai keinginan untuk MENG-UPGRADE-NYA….

  141. Wong kosong

    Aku hadapkan wajahku kepada wajah yang menciptakan langit dan bumi, dengan lurus. Aku bukanlah orang yang berbuat syirik, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku kuserahkan (berserah diri) kepada Tuhan sekalian Alam ….
    Makna kalimat diatas mengandung ketahuidan yg mendalam..
    Kalau tdk bs menjalani spt diatas jls kita telah ingkar dan berdusta…kpd Alloh.

  142. wonKWAmpus

    @Sugeng ndalu Mbah Gandri nderek tepang ugi njih,tentunya klo ngundang ya yg diundang ya hrs dah kliatan,klo belun datang ya ditunggu sampai dtng baru ngobrol sambil ngopi2 gt mbah,seperti kita ngundang orang klo orangnya blm dtng berarti ngorol sendiri,dan itu kurang baik didengar tetangga,maaf mbah bercanda,@Mbah sapto,injih Mbah,@KI WONG KOSONG,Aku hadapkan wajahku kepada wajah yang menciptakan langit dan bumi, dengan lurus. Aku bukanlah orang yang berbuat syirik, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku kuserahkan (berserah diri) kepada Tuhan sekalian Alam ….
    Makna kalimat diatas mengandung ketahuidan yg mendalam..
    Kalau tdk bs menjalani spt diatas jls kita telah ingkar dan berdusta…kpd Alloh.,SETUJU SANGET KI,nderek ndadosaken pangemut emut njih…

  143. Datuk ria

    Sampurasun!!???

    Numpang ngecap, si sirik gak tau apa-apa jangan dihujat terus kasian bro….nah.. ini ada sedikit tiupan barang kali bermanfaat, ngomongin soal beribadah kepada allah supaya gak nyasar pertama PENGAMPUNAN kita manusia tempat salah dan dosa maka segeralah memohan pengampunan-Nya, kedua PENGAKUAN bahwa alam semesta serta isinya ini adalah ciptaanya{ALLAH} segala sesuatu yang kita dapat/ kita punya bahwa itu berasal dari allah maka wajiblah kita mengakui-NYA, ketiga PERMOHONAN nah…. kalau kita sudah mohon ‘pengampunan’ dan ‘mengakui-Nya’ tinggal memohanlah kepada allah, kalau tiga unsur telah kita peggang teguh insyaallah kita tidak berkenalan dengan si sirik. Amin

    salam hormat pada para sesepuh KWA dan para sedulur

    datuk ria

  144. Wong kosong

    @wongKWAmpus..
    Lha mau gimana lg itu kan sering kita bc pada saat sholat utk menghdp Alloh.. Setelah sholat kt jg byk lupanya.. Iya tho. Bukanya itu namanya dh ingkar akan janji kpd Alloh. Lebih2 syirik itu batasannya lebih tipis lg. Mudah2an Alloh mengampuni kt semua.. Dan dilindungi dr tipu daya Iblis dan sekutunya…amin

  145. gandri

    Kalau keras kerasan ada lagi yang lebih nyahok. Mengingat alloh adalah iman, dan ketika lepas dari mengingat Alloh menjadi kafir. Beruntunglah mereka yg setiap tarikan nafasnya dzikir dan menutup mata dg dzikir. Disini tadi yang jadi pokok masalah adalah do’a amalan. Padahal doa adalah otaknya ibadah, doa senjatanya orang mukmin, doa adalah nur langit dan bumi.

  146. P@nger@n_tid@r_mgl

    askum sderek
    Ikut malam mingguan
    Disini

  147. wonKWAmpus

    @Ki Wong Kosong,Mbah Gandri,P@anger@n_tidur,monggo dilanjut,kulo pamit rumiyen,kathah energi negatif nyasar,pareeng

  148. Wong kosong

    @wongKWAmpus.. Iya tho…ada energi minus.
    @gandri.. Emang benar panjenengan..
    Monggo lanjut.. Sy jg mau ngikut @wongkwampus… Katanya ada energi… Hiii,…clinngg

  149. gandri

    Nderek undur.

  150. RIIIIIIIIIAAAAAAAAAAANG
    MALAM DAN SIANG,DOSA DAN PAHALA,BAIK DAN BURUK,BUTA DAN MELIHAT,SOMBONG DAN REBDAH HATI,BATHIL DAN HAQ,SURGA DAN NERAKA,PELET DAN PEMAKSAAN,NEGATIF GAN POSITIP….
    tuhan dan hamba. CACI DAN PUJIAN,OMAN DAN KAFIR…..
    CAKIL DAN …
    SSSSEEEEEEEEPPPPPPPPPIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
    PILIH DAN AJA YYYYYYAAAAAAAAAAA

  151. Sai

    Absen pagiiiiiiiiiii,,,,,,,,,,

  152. UTARA

    Assalamualaikum
    salam paseduluran all BOLO K.W.A.
    absen pagiii……..
    gimana klo garis finishnya istighfar….
    ASTAGHFIRULLOH AL ADZHIM.
    wassalam…….

  153. lagi ibadah semua nih……

  154. laskar lembu suro

    aslkm met pagi

  155. Faisal wae

    Salim asah asih asuh. Menyembah dan memuja patung,berhala,pohon besar,api,jelaas syirik dan kafir.
    Ucapan lisan,atau mantra dan bahasa ,amalan yg mengandung kekuatan sama seperti do.a yg tertuju kepada ALLAH SWT semata,kalau msh ada jg yg bilang syirik,inilah syetan berwujud manusia..
    LANJUTKAN!! yes,!

  156. Arum Manis

    nyimak mawon

  157. Podho kimas arum manis kulo njih nyimak mawon
    cling…

  158. BUKTI-MANA BUKTI.OH BUKTI,BUKTI,BUKTI…….BAGI MEREKA YANG MENGKLAIM
    BUKTIKAN.
    OH TERNYATA…….SI IMAN YANG BERBICARA.

  159. P@nger@n_tid@r_mgl

    pagi @laskar lembu…

  160. P@nger@n_tid@r_mgl

    @wonKWAmpus
    Saya ngintip aj sambil nyimak

  161. Arum Manis

    minta ijin
    memandang kwa

  162. Arum Manis

    wah ono mbah cakji, salam salim mbah

  163. G_bondowoso

    Salam salim tuk sadulur kwa
    Wabil khusus sesepuh kita
    @Ki Arum Manis
    @mbah cakji
    @p@nger@n tid@r
    @ki Gentar Gangit
    Salam takdzim sy
    Ki?

  164. guru sesat

    Salam…mohon yg tahu babarkan Ilmu untuk masuk hutan, rimba supaya selamat dari Binatng Buas,,,seperti Harimau dan sebagai nya..terima kasih.

  165. Arum Manis

    @ g sesat, yg pentingkan punya niat baik pada alam sekitar dan karuhun yg ada. amalan pageran misal, HIZBUL BAHR, AMALAN KESELAMATAN LAHIR BATIN, DZIKIR ASMA UL-HUSNA, NURBUWAT. cari sendiri di daftar postingan.

  166. P@nger@n_tid@r_mgl

    saking cintanya sama KWA
    Macul pun sya sempatkan ngintip ngintip sambil nyimak aja
    @g_bondowoso
    Walaikum salam
    Tambah sedulur tambah rezeki
    Dn tmbah teman tukar kaweroh

  167. Wong kosong

    Ass…@guru sesat…
    Ini ada doa klo mau amalkan.. Spy selamat dr binatang buas..
    Bismillahir rohmaanir rohim
    TETULAK O TALIKEM SING O WULU SING O BUNTUT MINGKEM MINGKEM KERSANE ALLOH
    LAHAULA WALAQUWATA ILLA BILLAH..
    Dibaca sebanyak banyaknya…sehabis sholat subuh dan magrib. Pake riyadoh puasa lbh baik.
    Klo mau menggunakan tahan nafas 7x.
    Nb:harus pakai celana yg ada usus2 atau celana kolor yg ada talinya. Saat menggunakan bc doa diatas sambil mengikat tali dicelana tsb. Tp klo sudah keluar dr hutan ikatan tali hrp dilepas. Kasian kan klo binatang buas dihutan tsb g bs makan. Malah kita yg berdosa krn menyiksa makhluk tsb. Wss

  168. Faisal wae

    Akhir pekan yg cerah.
    Salam 100%perseduluran. Monggo sing are ngalanjut diBlog KWA kita tercinta ini.

  169. kidang kencana mas

    pertanyaan hatiku semalam ga ditanggapi..males jadinya mending bakar buhur 234 sambil goyang dangdut…tarik mang

  170. kidang kencana mas

    pertanyaan hatiku semalam ga ditanggapi..males jadinya mending bakar buhur 234 sambil goyang dangdut…tarik mang….

  171. kidang kencana mas

    pertanyaan hatiku semalam ga ditanggapi..males jadinya mending bakar buhur 234 sambil goyang dangdut…tarik mang….goyang pinggul…

  172. P@nger@n_tid@r_mgl

    di magelang….
    ada sebuah waliullah yang gak diragukan lagi kesaktianya
    Walau harta melimpah tapi selalu hidup dalam kesederhanaan
    Kalo lagi dakwah gak pernah mau pake sepeker tp herany jamaah yag duduk paling dbelakang tetap bisa mendengarkan suara simbah kyai…(maf g berani nyebut nama takut ad yang kurag berkenan)dengan jelas
    Dulu pernah simbah diundang untuk dakwah disuatu tempat dn saat seleseai pihak panitia biasa memberi salam tempel alias amplop berisi…,tapi simbah menolak sambil menjawab:ak ini dakwah bukan untuk cari materi
    Alangkah lebih senangy kalo separo dari jama’ah bisa melaksanakan ap yang saya(simbah kyai..)ajarkan..subhannallah…
    Bahkan beliau berkata: kalo emag panitia lagi repot berkemas” simbah tk pulang sendiri..(simbah juga terkenal pergi kemana” jarak jauh pun bisa dtempuh hanya dengan hitungan menit,bahkan
    kadang bisa berada didua tempat dalam waktu yang bersaman)
    Pernah juga ad kejadian dimana habis dakwah simbah diantar pulag bawa mobil ee…ditengah perjalanan mobile mogok kehabisan bensin ditengah tengah sawah padahal jauh dari perkampungan apalagi penjual bensin.tapi simbah dengan tenangny berkata ambilah air di kalen itu dn tuagkan aja ke mobil…pk sopir tanpa pikir panjang (apa g rusak mobil diisi air)langsug aja melaksanakan perintah simbah dan subhannalah…mobilny bisa hidup kembali
    Mungkin itu hanya sedikit cerita kesaktian simbah dari mulut kemulut dn mugkin bagi sedulur orag magelang atau pernah singgah dmagelang pernah mendengar tersohornya beliau

    Saya bercerita ini g ada maksud apa apa tapi mksud hanya karna kekaguman saya terhadap beliau dn hanya untuk mengenag jasa jasa beliau
    Alfatehah 7x kususon buat simbah
    …,…
    Yang perlu dgaris bawahi adalah
    Dimana orang yg berilmu tinggi tp beliau mengajarkan tanpa ada pamrih apa apa sama halnya dengan blog KWA yg membagikan ilmu tmpah pamrih.apalagi dijaman sekarag yg apa apa serba uang
    trima kasih ki wog alus dan para sesepuh semoga KWA TETAP JAYA
    Dan ijinkan saya menjadi angota menimba ilmu disini.
    Wasalam…

    Sekali lagi maf bila ad yag kurang berkenan

    by
    P@nger@n_tid@r_mgl

  173. ki deglu

    assalam mulaikum wrwb….
    terimakasih kaliyan telah memberi tau saya …..?
    tetapi pembicaraan kaliyan tidak sama dengan kenyataan .
    kaliyan hanya bisa berbicara tidak ada kenyataan’ya.
    kaliyan hanya menutupi keburukan kaliyan dan tidak mau mengakui keburukan kaliyan sendIRI .
    SEPERTI ITULAH KALU ORANG YG TAU AGAMA CUMA DI BACA DAN DI HAFAL SAJAH .
    TIDAK DI PAHAMI ARTI AGAMA KALIYAN MASING” INI.

  174. sapto

    @kidang kencana mas…..
    wooowww….ora entuk ngambek lho kang, xixixi…..
    Kayaknya nonton sepakbola asik juga kang…
    Biar dapat tempat VIP,bisa nonton pemain-pemainnya yang hebat-hebat….
    Tapi mau lewat mana yaa….
    Ada jalan semak belukar, ada jalan setapak, ada jalan kabupaten, ada jalan provinsi, ada jalan tol…..

  175. wisanggeni

    ikut nyimakkkkk

  176. Wong kosong

    @ki deglu… Anda sendiri jg gt loh. Truz gm ki..coba ksh conto. Apa kita2 semua dulur suruh diam aja g usah komen. Ya jd kosong ntar blognya.. wkwkwkwk. Ayo ki.. Tlng ksh conto nya..

  177. P@nger@n_tid@r_mgl

    @sapto
    Lewat jalan tikus aj
    @deglu
    Ya ya ya…

  178. sueb

    Ki sapto……..jalan yg mana aja boleh Ki, sesuai dengan kondisi nya.
    Yg penting………sudah ada jalannya, bukan membuat jalan sendiri ( tanpa ilmu lagi ), pasti nyasaaaaaarrrrrr !!
    Hehehehehe…..hehehehehe…..hehehehehehe…..sori bozzzzzz !!!

  179. sueb

    P@nger@n tidur……..kalo soal menyoal crita begituan sih ane jg banyak denger, bahwa ada orang 2 yg punya kemampuan melibihi batasan normal, ane percaya, tapi ane belum pernah denger pengakuan orang tsb, bisa begini, bisa begitu….slow aze coyyyy….hihihihihi…..hihihihihihi
    Nah kalo nganter si Mbah Yai, bensinnya abis……….itu sih yg gebleggg , sopirnya
    kenapa ga mau periksa kondisi bensinnya, sebelum berangkat ?????

  180. sueb

    hehehehehe…..hehehehehehe……ki dengkul ini belum pernah diasep pakai merang kali ya ?? Ente ini bisanya pidato doangan………ayoo, babarkan ilmunya ki.
    Ane yaqin , ilmu ente udah luber………, kalo ga mau babarkan ilmunya, berarti ente bener bener pelit bin mbelgedesssssss…….
    Sori coyy………… ( ane amatek ajiku si wewe gombel…….weshhhhhh,…ngilang ), sambil ninggalin suara : kik…ki….kik…..kik……kik….kik….kik…..

  181. innalilahi wa inailahi roji’un…
    poro sesepuh n’ poro bolo wong alus…
    saya minta do’a_a buat om saya yang telah di panggil alloh swt kemaren.
    semoga arwahnya bisa tenang di alam sana.
    amin.

  182. Ah deglu yg sok pintar tp o,on,,liiat mukamu lihat hatimu,liat ibadahmu.belajarnya salafi cm bidah,kafir.pantas jd ahli takfir.mending belajar ikkak di songgobumi.

  183. putu adam

    ki deglu itu anjing
    krjaannya mngonggong.
    makanannya kotoran manusia.

  184. putu adam

    ki deglu itu dogy
    krjaannya mngonggong.
    makanannya kotoran manusia.

  185. P@nger@n_tid@r_mgl

    @sueb
    Biasany orang pnya daya linuweh itu gk memamerkan,dan biasany orag laen yang bercerita
    Gak kaya si…sapa tu…?yang katanya banyak omong tapi gak punya kemampuan
    Bnyak musuhny lagi disini
    @suro nggoto
    G usah minta doa
    Biar matinya gk diterima aja biar penasara gentayangan kesana kemari
    @yudie
    Alfatehah…. 3x buat om anda

  186. heh ORANG-ORANG YG SUKA NGOMONG DAN MENGATAKAN ORANG ITU BINATANG……….TAU GAK SIH………SIAPA DIA ITU SI DEGLU……..?
    COBA PAKE AMALAN PENGLIHATAN TANPA BATAS,,,TES DONG ILMU KALIAN UNTUK MELIHAT SIAPA ITU SI DEGLU SEBENARNYA….KALO DAH TAU ENTE PALING NYENGIR KUDA……..HAHAHAH

  187. Wong kosong

    @sirik dan tidak sirik..
    Sy jg yakin ki deglu itu ilmunya tinggi..
    Ditambah komen anda>.heh ORANG-ORANG YG SUKANGOMONG DAN MENGATAKAN ORANG ITU BINATANG……….TAU GAK SIH………SIAPA DIA ITU SI DEGLU……..?
    COBA PAKE AMALAN PENGLIHATAN TANPA BATAS,,,TES DONG ILMU KALIAN UNTUK MELIHAT SIAPA ITU SI DEGLU SEBENARNYA….KALO DAH TAU ENTE PALING NYENGIR KUDA……..HAHAHAH itu tambah yakin aja sy.. Anda pasti dh kenal dgn kideglu…

  188. Faisal wae

    Wah,..Awass.! ki deglu kepanasan…..
    He.he…

  189. sueb

    P@nger@an tidur…….100 % se 7….hihihihihi…….hihihihihihihihihi…., biasanya beliau beliau itu pada ngumpet…ngumpet ing pepadhang….takut ketahuan orang banyak,..takut riya…hihihihihihihi…..hihihihihihihihi……..

  190. Datuk ria

    Assalamualaikum seduluuuuur…..

    istighfar 3x…..
    Kalau bolo wong alus sudah main kasar-kasaran nanti jadi gak alus lagi deh, hormati yang punya rumah, biar bagaimana kita tamu disini.

    salam sejahtera buat sluruh bolo wong alus.

  191. Picek_Siji

    nyimak

  192. Dimas_rangga

    Ko’ blogx rada pns..ktx bolo alus..cr t4 yg adem aj
    “Yaa sudahlahh”

  193. faisal arsawirja

    ass,wr,wb….
    waaaaahhhh…kok jadi ribut ya…ki wong alus tolong…clearkan masalah,,,biar kami,,nyaman nongkrong disini…
    salam buat semua,,,semoga diberkahi ALLAH,,DAN TIDAK PUTUS TALI SILATURAHMI…

    WASSALAM

  194. cakil

    ada sebuah crita tentang seorang pelacur jalanan yang mempunyai anak 3 bersaudara,karna malu tak jelas bapaknya, taukah siapa mungkinkah sideglu,siucil dan dosa dan pahala yg skrng bertopeng syirikdantdk syirik, dasar pemakan tulang brsaudara!

  195. cakil

    siucil sideglu dosa dan pahala makan ni kotoran.

  196. Arum Manis

    nunut ngintip tulisan

  197. sueb

    @Datuk ria…biarkan saja,….yg panas biar kebakar krn panas hatinya, yg adem biar kedinginan qolbunya…..hihihihihihi…..hihihihihihihihi….mrk lagi latihan acting untuk shooting film ” beranak dalam kubur “…..hihihihi….hihihihihihi…
    Saya yaqin……Si Mbah Wonge Alus Habib M.Wildan lagi nyengir nyengir mesem sambil cekikikan ngliat tingkah polah warga dan atau partisipan KWA yg macam macam ragamnya.
    Selamat dan salam hormat ane buat Ki Wong alus yg begitu arief menyediakan lapak buat penyaluran bakat terpendam anak cucu Adam.
    hihihihihihi……hihihihihihihi……hihihihihihi

  198. Arum Manis

    @ ki deglu dan saya itu masih keturunan kanjeng nabi juga lo, jadi bisa dibilang kami saudara juga,
    peace dech.

  199. sueb

    Ki@Cakil…..jangan jangan bapaknye :….ente …, hihihihihi……hihihihihi…..hihihi
    Sori…jangan sewot bozzzzzzz !!!!!

  200. cakil

    sideglu siucil mana congormu!!! Wakawaka

  201. Arum Manis

    @ sueb, kok sepertine yaqin banget, ajari dunk trawangannya, aku langsung qobiltu bin yaqin.

  202. cakil

    ha ha ha ha

  203. cakil

    bgus kang sueb, salam pinutur, kalau mau bicara dgn manusia pake bhs manusia yg berribu bahasa, klo mau bicara dgn binatang ya juga dgn bahasa binatang donk!!! Mereka biar tau ntar salah digigit lho? Ha ha

  204. cakil

    salam ki arum manis yg tambah manis,nuwun.

  205. Arum Manis

    @ cakil , tausiah yg bagus, saluttttttttttttttttt

  206. Bocah lawu

    Absen malam..
    Salam rahayu
    @ki wongalus
    @ki sueb
    @ki cakil
    @ki Arum manis
    @ki wong kosong
    @all yg g kesebut.
    Monggo dilanjut
    sugeng dalu….

  207. Rony Kurniawan

    assalamu’alaikum…

    salam ta’dzim buat semuanya…

    “Syirik berarti menganggap seseorang atau benda lain atau suatu konsep sebagai wujud yang setara atau lebih tinggi dari Allah. Anggapan seperti ini bisa dari segi penilaian, sifat keberartian, rasa lebih menyukai, atau keunggulan, yang disertai dengan perbuatan-perbuatan yang mendukungnya. Hal seperti inilah yang disebut sebagai “mempersekutukan Allah dengan Tuhan yang lain”. Dengan kata lain, menganggap bahwa seseorang atau benda lain memiliki sifat-sifat Allah, sama artinya dengan mempersekutukan Allah.

    Allah menyebutkan dalam Al-Qur’an bahwa dosa syirik tak akan diampuni:

    “Allah tak mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang dikehendakiNya. Barang siapa mempersekutukan Allah, sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (Surat An-Nisa: 48)”..
    “Jika kamu mempersekutukan niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang2 yg merugi.”Wallahu a’lam bish-shawab.

    …Laa Ilaaha illallah ..

  208. Arum Manis

    @ bocah lawu, bagaimana kabare bos, sugeng ndalu.
    @ Rony Kurniawan, bagaimana kabare bos juragan,

  209. cakil

    ki arum manis nyuwn agunge pangapunten njeh menawi nambah kirange sedepe kwa, amargo menawi sedep kabeh njeh podo lali awae dhewe kuwi ora sedep he he he

  210. cakil

    ki suro nggoto gmn kbrnya? Piaraan ane dah tlp panjengan dereng? Amargi wiwit wau mboten ketok congore(siucil dan sideglu,syirik dn tdk syrik) ni makananmu tulang!!

  211. Bocah lawu

    @om arum manies.. Alhamdulillah baik. Mg2 panjenengan jg gt ya.. Ngomong2 tambah manis aj he3x..

  212. MBAH SINGO DONGSO

    kl boleh urun rembug, sebenarnya sih kita hanya cukup mendalami filosofi jawa aja, kan ada pepatah yg mengatakan AJINING DIRI DUMATUNG SEKO OBAHING LATI
    sebenarnya ga perlu lah kita saling hujat menghujat, cukup berinstrospeksi diri aja apakah mulut kita ini layak mengucapkan hal-hal yg spt itu.
    ini hanya sekedar usul lo ya, kl ada yg tdk berkenan tolong sy jng dilempar bata pa lg batako, tp kl lemparnya bnyk sekalian ga apa2 kan lumayan bs utk perbaiki tembok pagar rmh yg udh rusak…hehehe…

  213. Rony Kurniawan

    @ arum manis,baik komandan…piye kabare? sambil nguvi plus buhur 234…
    monggo dilanjut.

  214. Arum Manis

    @ cakil, kalau ngak gini juga ngak sedep, santai saja.
    @ bocah lawu, manis wajah atau manis rasanya bos
    @ MBAH SINGO DONGSO nanti aku lempari krupuk aja

  215. Arum Manis

    @ Rony Kurniawan, wah trawangan sampean jos bin top markotop bin butul sekali.

  216. Arum Manis

    @ Rony Kurniawan, gimana kabare babe lan mami , sehatkah ?

  217. Bocah lawu

    @arum manis… Ya mudah2an tambah manis wajahnya biar byk cewek2 ngikut… Ha..5x

  218. Mana yang lebih baik. Bunuh diri atau berobat ke paranormal?

  219. Sai

    Semangat malam smua,,,,
    kulo ijin melu nyimak nggeh,,

  220. Abdullah

    ANEH… LAMA KELAMAAN BLOG INI JADI AJANG BERANTEM, SUNGGUH JAUH DARI NIAT SEMULA, BAGAIMANA KI WONGALUS, APA PERLU SAMPEAN MELAKUKAN SENSOR, UNTUK MENJAGA AGAR BLOG INI TETAP ADEM, AYEM, TENTREM,…
    BUAT KI..KI..KI.. LAINYA YANG SUPER SAKTI, NGGAK USAH SALING UJI, SALING MENJELEKAN KARENA YANG BICARA JUGA BELUM TENTU BENAR DAN BAGUS, SILAHKAN SHARE SAJA ILMU YANG DIKAJI SAMPEAN BIAR KAMI BISA MELIHAT SEJAUHMANA KETINGGIAN ILMUNYA, KARENA PANDANGAN UMUM ITU JAUH LEBIH OBYEKTIF DARI RASA SENDIRI…

  221. Rony Kurniawan

    @ ARUM MANIS,alhamdulillah sehat wal afiat berkat doanya panjenengan..amin

  222. kidang kencana mas

    pertanyaan hatiku ga di jawab mlh bahas comen yg bikin hati. kumpul di rumahe pakde kidang wae yo,,nyruput kopi bebarengan kro bakar buhur 234 trus midangetaken lagu2 dangdut koplo sbl goyang,,,gmn? pakde kidang tunggu lo

  223. Abdul Kholik

    Doa’a ketika di makam Waliyullah :
    Yaa Allah,
    ampunilah dosaku sebagaimana Engkau mengampuni dosa Wali ini..
    terimalah ibadahku sebagaimana Engkau menerima ibadahnya Wali ini..
    tinggikan derajatku sebagaimana Engkau telah meninggikan derajat Wali ini..
    dan seterusnya…, improvisasi sendiri, sesuai kepentingan…

    Kalau kita mengawali do’a “Wahai Kanjeng Sunan Kalijaga, sampaikan kepada Allah maksud dan tujuanku ini”…. ini orang agak bego-bego dikit. Lha wong bisa langsung menyampaikan sendiri kepada Allah, koq malah minta perantara Sunan Kalijaga. Saya gak tahu, yang seperti ini tergolong syirik apa tidak, meski ini perilaku spriritual orang2 yang kurang cerdas.

    Kalau setelah berdo’a kepada Allah, kemudian kita meminta sesuatu kepada Wali yang bersangkutan…., maka pada saat itulah bala tentara Dajjal (Syaithan) langsung datang dengan menyerupai Wali tersebut kemudian menemui si pendo’a, bahwa agar si pendo’a terkabul maksud dan tujuannya, maka pendo’a harus melakukan hal-hal khusus. Ketika si pendo’a menuruti bisikan atau wangsit atau “wahyu” atau apalah namanya…, maka si pendo’a itu sudah masuk perangkap Dajjal.

    Mau mencoba ??? Monggooo….

    kholik.mkb@gmail.com

  224. cakil

    yaa gitu dech, klo dirumah ada kotoran mestinya dibersihin pake sapu,klo gak bisa pake lap dan sabun,klo gak bisa ya dicongkel, dlm fiqih aja klo kena najis mugholadhoh(kena air liur anjing) harus dibasuh pake debu dan diulang lagi. He he he, njeh mboten poro pinisepuh,supoyo poro tamu dan penghuni kwa jdi tentrem adem.

  225. P@nger@n_tid@r_mgl

    ya monggoh dilanjut poro sederek
    Nyimak aja..
    Tapi daripada bahas yang gak jelas yo bareng” solat malam aj biar hati kita adem tentrem

  226. sapto

    Selamat pagi all…..

  227. sueb

    hehehehehe…..hehehehehe…….pertanyaan Ki Debu, pol tenan.
    Menurut ane nih , bang….yg lebih baek adalah ” ngebunuh paranormal yg ngobatin ”
    Hihihihihihi…..hihihihihihihi……sori kalo jawabannya saleh, Bang .

  228. Wong kosong

    @sueb…yach km kyk kurang kerjaan aja… qqqqq.

  229. sueb

    @wong kosong…….hahahahaha…..hahahahahaha…..terawangan njenengan benul benul ngejreng tenaaaaannn…….lha….mmg bener, ane lagi kurang kerjaan nih..
    minggu lalu ane di PHK dari tempat kerje, padahal cuma nyolong kabel 1 ton
    Hihiihihihihi…..hihihihihihihi……

  230. sueb

    Ki@Debu…… ” Bunuh diri, utawe brobat ke paranormal ” ? Ane kagum ama ente, kok ya kefikiran sampe kesono. Ane funya otak ini sudah bebel banget ye ??
    Ma kasih ide pertanyaannye bang, ane jadi kefikiran juga nih .
    Bunuh diri…..dose besar, malah mayatnye kaga boleh dishalatkan, katanye.
    Brobat keparanormal,…..41 ari shalatnya kaga dinilai.
    Hahahahaha…..hahahahahaha…… sama sama sulit,…tapi ntar dulu,….yg 41 ari tertolaknya shalat ,itu kan kalo nanyain soal nasib,rezeki dan jodoh ke paranormal ?
    Jadi kalo hanya brobat , kenapa tidak boleh ? Kan kaga ade larangannya ye ????
    Jadi….menurut ane sih, untuk sementare berobat ke paranormal lebih baek (dari pd bunuh diri ), dan akan lebih baek lagi ke dokter……hihihihi….hihihihi….

  231. lemots

    Alhamdulillah,.makn cinta sama KWA dan sesepuh beserta bolo wong alus,..

  232. TOMPLE

    assalamualaikum wr wb.
    biar saja coment dulur2kabeh ditampilkan semua,ini akan membuktikan bahwa kwa bukan blog yg sombong ,merasa benar sendiri . tapi ternyata diluar sana msh ada yg ndak cocok dg kwa.jadikan saja sbg bahan intropeksi kwa biar kedepan bisa diterima lebih banyak orang yg cocok ketimbang yg ndak cocok.maju terus pantang mundur kwa.

  233. tau gak lo yang YANG BUANG SOFTEX DI EMBER SAYA ADALAH SI CAKIL….????

  234. lemots

    Bingung Juga Yaa Sama orang-orang yang ga terima dengan adanya na Blog ini Padahal Disini tidak menuntut Materi sepeserpun Bahkan Para sesepuh dengan Ikhlas memberikan Ijazah Ilmu, wejangan, nasehat serta arahan untuk membenah diri agar lebih Dekat dengan Sang Khalik,..Yaa Allah Lindungi laah Kami dan berikan kemudahan serta kesabaran para sesepuh untuk tetap memberikan Ilmu dan nasehatnya..Amiiin

  235. Sang Pengembara

    Lanjut…biarkan anjing menggong…kafilah berlalu,karena ane sang pengembara…
    Busungkan Dada…sukses buat kwa…amiin

  236. DUK-DUK-DUK…….AAAAAAUUUUUUUUUUOOOOOOO
    GRGRGRRRGGGG

  237. gandri

    Hai umat muhammad hai hai… Siapa bilang minta do’a kepada orang lain itu sesat dan syirik? Asal tujuanya dan niatnya tepat itu boleh boleh aja. Mintalah di do’akan kepada Alloh, mintalah do’anya kepada Alloh untuk hajat kita. Baginda Rosululloh sendiri pernah minta di do’akan kepada seorang pemuda sholeh yang sangat taat dan berbakti kepada ibunya. Yang mana pemuda tadi sangking baktinya pd ibu, kemana mana selalu digendong. Padahal pemuda tadi dipandang biasa oleh para shohabat, tapi Rosululloh lebih tahu derajat pemuda tadi disisi Alloh. Terkadang pandangan dhohir saja bisa kecele.

  238. cong kenik

    hmm ngadem dulu, ……….

  239. mukra taryana

    seru abis…!!! nyimak……

  240. Ndaru Cemlorot

    Bismillahirrohmanirrohiim, Assalammu’alaikum,,, semua sdulur, salam seduluran salam kenal buat semua, semoga kt smua bs slalu stiap saat menggetarkan Asma ALLAHU…ALLAHU..ALLAHU…(Pusat dari segala kekuatan yg ada di bumi, dunia sampai akherat, Asma yg bgtu Agung, Mulya, Sempurna tdk satupun yg akan mampu menyamai-NYA DIA-LAH ALLAH AZAWAJALLAH…) Getarkan dlm dada/hati dlm setiap detak jantung, keluar masuk nafas kita dalam menghadapi stiap kejadian baik dlm kebahagian maupun dlm ujian, mslah, sesuatu yg kdang membuat sedih, susah, stress mslah cinta, keluarga, ekonomi, kerjaan dll. InsyaALLAH smg haqqul yaqin dgn Bersama-NYA stiap ksempitan akan menjadi lapang, stiap ksusahan akan ada jalan keluar dan kita akan lebih tenang, damai, Hanya Bagi Gusti Pangeran ALLAH SWT smua yg tidak mungkin menurut akal manusia akan menjadi muda dgn KUN FAYAKUN-NYA…..
    ALLAHU..ALLAHU..ALLAHU…Lafadzkan Asma-Nya yg bgtu Mulya, Agung dan Luar biasa dasyattt, pusat dari semua kekuatan yg ada dalam mikro dan makro kosmos jagad raya, sumber dari semua energi positif dan kebaikan yg tak akan tertandingi oleh apapun, Puncak dari segala apapun yg haqqul yakin tiada dua-nya, yang Maha dari segala Maha tdk ada satupun yg sepadan melawan_NYA, tempat kita menyembah sepenuh jiwa & raga “iyyakana’ budu waiyya kanasta’iin….” Yang Maha Pengasih dan Penyayang tanpa batas. Mengadulah dengan sungguh2, berdo’alah, menangislah dengan tulus ikhlas mengharap Ridho dan Berkah-NYA…InsyaALLAH itu akan lebih baik serta akan mempercepat Ma’unah-Nya, datang menghampiri kita, Kuasa-NYA yg tak terbatas menjamah kita, Kasih Sayang-NYA membelai kita dengan hembusan kalam dan sirr pada qolbu kita,,,,
    ALLAHU AKBAR…..3X PENGGENGGAM SETIAP JIWA, ALAM SEMESTA BESERTA ISI-NYA…..jgn pernah takut pd apapun selain pd ALLAH SWT, smg kita memperoleh Naungan Ridho dan Kasih Sayang-NYA sehingga smua akan menjadi lancar dan lebih baik….Amien…3x Allahumma astajib lakum, amiin ya robbal ‘alamiin. wassalam

  241. neo

    ya ampun….bagi sy KI DAGLU toping nya lagi tebal sih ..hehehe…ngak mcm toping sy..nipis saja…jgn marah2 kok…nanti bisa lebur topengnya…semua org blh melihat wajahnya..kontrol kang KI..mana blh di paksa2 kemahuan org lain untuk jdi seperti kita….ayoh dong..jgn ribut….zassssssssssssssss

  242. neo

    cobak kamu buka blog kuliah untuk agama ,blog kamu sendiri…iklan kan linknya disini..mungkin lg mantap KI DEglu..sy rasa ngak ada salah jika org menilaikan sendiri sy pon kepingin mahu mempelajari sesuatu yg ngak sy tahu..mana tahu ilmu KI juga sy dpt manafaatnya..dan Ki juga dpt balasan dri ALLAH ta`ala..sy cuma mahu beri cara penyelesaian yg sy anggap terbaik sja.kalu begini berterus sy lihat hasil nya hanya sia2…malahlebih ribut lg

  243. neo

    masakan org berilmu..budipekerti dan cra tulisan nya hanya sekadar untk menjadi pertikaian org lain…tatabahsanya pn engak mencermin ada ada nur didlm nya..ya ampun kalu sy tersilap..

  244. cakil

    dosa pahala, emang elo kayak tong sampah,maaf ya cuma ngepasin doang! Ha ha ha syukur klo dah sadar tempat kotoran.

  245. MAKANYA PERHATIKAN TUH TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH JANGAN SAMPE BIKIN BALA AMA ENTE NDIRI. HEHEHEH

  246. Arum Manis

    @ DOSA DAN PAHALA, sopan dikit dunk

  247. Arum Manis

    kita ini berkumpul dari pemahaman yg berbeda beda yg ngak mungkin bisa banyak sepakat dalam banyak hal. tapi mohon untuk memakai bahasa yg baik. boleh mengkritik tapi dgn bahasa yg enak difahami.

  248. HOI GANDRI (JURAGAN RITUAL) ENTE NDIRI BILANG MINTA DOA ME ORANG,TAPI DILAIN PIHAK NABI KAGAK MINTA DOA TUH TAPI NABI MENYURUH KEPADA ANAK SHOLEH TERSEBUT DAN DISAKSIKAN OLEH DIA (NABI SAW).
    MAKANYA KALO PUNYA KACAMATA JANGAN KACAMATA KUDA YA…!!!

  249. @ ARUM MANIS KENAPA ENTE KAGAK MINTA SUPAYA TUH NABI KHIDIR JANGAN MELOBANGI PERAHU ORANG-ORANG MISKIN ?????????????

  250. BOLEH KUTANYA PADA KALIAN SEMUA APA JUDUL DARI KAMPUS INI *KAMPUS ORANG-ORANG HALUS* BISA KAGAK HALUS ITU DILIHAT OLEH MATA ????

  251. Arum Manis

    @ DOSA DAN PAHALA, aku kan belum ketemu kanjeng nabi khidir. nanti kalau ketemu aku beritahu dia, wkwkwkkwk

  252. warga kwa

    hehehehhehe ternyata arum manis si GATOLOCO toh,…weleh2 nih orng aneh yang katanya kaya dan sakti itu ya,..ck..ck..ck..mau berguru boleh gak ya

  253. Arifyanto

    Ya…smua pada ngoceh kyak pasar burung,mending nyimak saja,bersyukur sudah ada yang nasehati kita di kwa,tapi mending sich daripada….yang dilakukan oleh anggota dewan yang ada di sono di nasehati sama suara rakyat malah no coment…alias gak digubris….prinsip mereka adalah vokoke wareg….

  254. P@nger@n_tid@r_mgl

    ya ya ya

  255. putu adam

    “jangan kamu saling benci dan dengki dan jangan pula mengungkit keburukan orang lain…………….jadilah hamba alah yang bersaudara , yang tidak saling berbohong dan saling merendahkan. letak takwa ada di sini(rasullullah menunjuk dadanya sampai tiga kali). seseorang patut disebut buruk bila merendahkan yang laiinya…..” (HR BUKHARI)

  256. gandri

    Subhanalloh @Dosa dan pahala terserahlah lu ngomong apa. Makakan tu pahala pahala, bagiku tak mengejar pahala tapi hanya parek dan ridho Alloh.

  257. wonKWAmpus

    yudie Says:

    8 May 2011 at 17:04
    innalilahi wa inailahi roji’un…
    poro sesepuh n’ poro bolo wong alus…
    saya minta do’a_a buat om saya yang telah di panggil alloh swt kemaren.
    semoga arwahnya bisa tenang di alam sana.
    amin.
    ALFATIHAH SENT u/OMNYA OM YUDIE,ALFATIHAH U/SMUA SSEPUH N PINISEPUH,ALFATIHAH U/SEMUA PENGUNJUNG SUPER BLOG KWA

  258. SINGA MARANTEE

    @ wonk kampus…..

    INNA LILLAAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UUN…turut belasungkawa, semoga amal nya ditrima disisi Allah Swt. amiin..

  259. bani

    @ wonk kampus…..

    INNA LILLAAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UUN…turut belasungkawa, semoga amal nya ditrima disisi Allah Swt. amiin..

    @DOSA & PAHALA : ya ini lah setolol2nya umat…udah tau kampus wongalus masih demen masuk kemari….emang tolol lu ya…? mangkanya sebelum masuk kemari di baca dulu ideologi KWA itu seperti apa….di resapi….di hayati…kalo cocok teken enter…masuk lu kemari kalo ga cocok ya lu minggat jauh2 sana….

    gw yakin @DOSA & PAHALA ini korban orang2 yang di cuci cetak ma orang2 NII…..kasian gw ma elu…mudah2an Allah ngasih hidayah ke elu ya tong…

  260. Arum Manis

    @ wonk kampus,
    INNA LILLAAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UUN…kami turut belasungkawa, semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah Swt . amien

  261. Luciola Eberta Jovita

    YA ALLOH..

    DENGAN ASMA SEBAIK2NYA ASMA
    DENGAN ASMA ALLOH TUHAN PENGURUS LANGIT DAN BUMI
    AKU MOHON DI CURAHKAN SETIAP KECINTAAN DAN PANGKALNYA RIDHA

    AKHIRILAH HIDUPKU DENGAN AMPUNAN
    WAHAI PEMILIK SEGALA AMPUNAN.
    INNA LILLAH…

  262. arya geni

    di dalam suatu pelajaran ada teori dan praktek mungkin ki deglu sudah mau mempraktekan ilmunya…

  263. nih begini seharusnya,SEMOGA YANG DITINGGALKAN (KELUARGA) DLL DAPAT MENJAGA AMANAHNYA DAN DIBERIKAN IJIN UNTUK MEMBERIKAN SYAFAAT.
    AMIN,
    ORANG YG TELAH MENINGGAL ATAUPUN YG MASIH HIDUP TETAP DITERIMA SEGALA AMAL IBADAHNYA BAIK BERUPA DOSA ATAU PAHALA,KARENA SEMUA ITU AKAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN.
    PEACCE.

  264. TERIMAKSIH UNTUK BANI YG TELAH MENGINGATKAN SAYA,SEMOGA BUKAN ANDA YG MENCUCI OTAK ORANG,YA..YA

  265. sueb

    @Dose dan pahale……..amal ibadah ape, dan bagaimane yg bise dilakukan
    oleh orang yg sudah meninggal ???
    Bukankah orang yg meninggal itu pasif, udah kaga bise ” mengerjakan amal ” lagi, kecuali ” menerime” ganjaran amal baiknye ketika masih hidup, seperti : Amal jariyah, ilmu yg bermanfaat dan doa anak 2 nya yg shaleh ??
    Kalo yg udah meninggal, masih punya potensi ” berbuat ” sesuatu,…lantas ape artinya mati , ape bedanya mati ama hidup ???

  266. sueb….arti mati secara bahasa adalah sebuah proses pemisahan antara jasad dan ruh. wong udah mati atau udah dikubur itu masih bisa di Perintah oleh Yang Maha Esa untukmelaksanakan Tugas sayang.bukan hantu gentayangan yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    ah abang sueb ini kan dah sakti kok masih ngetes ane sih ????

  267. sueb

    @Mas DDP,….kaga ngetes bang, ( emang kran bocor )…hihihi….
    ini benerran kaga faham….tugas ape gerangan yg diberikan Yang Maha Kuasa buat orang yg sudah meninggal ??? Bukankah amalan/ hasil perbuatan nya sia sia, karena sdh terputus ( kecuali 3 hal ) ??
    Sebab ane denger nih, mrk yg sudah dialam kubur ( barzah ), hanya 2 kegiatan yg mrk bisa lakukan :
    1. merasakan nikmat kubur
    2. menikmati siksa kubur
    Jadi tugas ape lagi yg akan diberikan oleh Y.M.K ??
    Sori bang, ini ane kaga fahammmmmm…

  268. sueb

    Kite kaga pernah akan tau, siape siape yg bakal merasakan nikmat / sikse kubur. Yg jelas mrk sibuk dengan kondisinya masing masing
    Kalo abang mau mengatakan bahwa roh orang yg meninggal bise ditemui oleh orang yg masih hidup ( dlm mimpi ), dgn acuan hadits : “Iblis kaga bise menyerupai N.Muhammad, krn itu bila ade orang yg mimpi ketemu beliau, itu benar adanya “, maka itu ansich ” ketemu “, tdk ada kegiatan apapun.
    Mhn penjabarannye bang…..

  269. Kyai Tobil

    Kalo saya perhatikan manusia itu lucu2. Seorang ulama dinilai maqomnya di sisi Allah dg melihat kesaktiannya ( karomahnya ). Misalnya Syekh Abdul Qodir Jailani digelari sbg Sulthonul Auliya’ padahal tidak ada satupun keterangan dr agama yg menjamin bahwa beliau masuk surga. Bandingkan dg sahabat nabi misalnya ABU BAKAR yang tidak terdengar kesaktiannya namun dijamin masuk surga. Mana yg lebih tinggi Maqomnya SYEKH ABDUL QODIR atau ABU BAKAR ? he..he.. sekedar mengingatkan !

  270. sueb

    Mbah@Kyai Tobilll….ma kasih atas peringatannye Ki.
    Menurut ane sih, karomah / kesaktian tdk perneh di klaim oleh ybs,tapi nilai itu diberikan oleh orang laen.
    Hal ini merupakan salah satu methode dakwah yg diperlukan sesuai dgn tuntutan zaman ( budaya setempat )
    Pd zaman hidupnya Abu Bakar Ass Shidiq r.a., mngkin sj tdk mengenal budaya ” karomah/ kesaktian “, tapi di sini, tokoh S.A.Qodir, dianggap sebagai ulama/auliya yg sarat dgn karomah akibat usaha pendekatan dirinya kpd Allah SWT, dan ini cocok dgn budaya Indonesia khususnye.
    Pertanyaan adalah, apakah budaya bertentangan dgn syariat agama ??
    Terus terang….ane bln dapet keterangan bahwa budaya dilarang agama, sepanjang budaya itu bermanfaat buat orang banyak ….dan…tidak ada unsur menduakan Allah SWT.
    Mohon ma’af pak Kyai, mhn pencerahan bagi ane nyang blo’on enih.

  271. arifin

    @Kyai Tobil,pendpt lu ada bnrnya,walaupun begitu gua gak sepenuhnya setuju loh. trmkasih atas wkt dan perhatiannya tob. jazakumullah. salam asah asih asuh.

  272. syed dann

    izin share ye dlm facebook kelab antu

  273. han bi kwang

    alhamdulillahirabil’alamiin……….

    baca dengan ihlas dan penuh penghayatan

    dalam segala kondisi…

    ALHAMDULILLAHIRABIL’ALAMIN……

  274. droewolonk

    Aku hadapkan wajahku kepada wajah yang menciptakan langit dan bumi, dengan lurus. Aku bukanlah orang yang berbuat syirik, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku kuserahkan (berserah diri) kepada Tuhan sekalian Alam ….
    Makna kalimat diatas mengandung ketahuidan yg mendalam..
    Kalau tdk bs menjalani spt diatas jls kita telah ingkar dan berdusta…kpd Alloh.
    alkhamdulillah…
    terima kasih atas pencerahanya ki wong kosong + ki alus
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: