TUJUH BUTIR AIR MATA


Hidup penuh karomah dan keajaiban. Saat belum ada atau belum terlahir ke dunia pada hari ke-7 dan Jam 07.17, aku sudah direncanakan keberadaanku kelak. Siapa yang merencanakannya pastilah Sang Maha Perencana. Kemudian, saat aku telah hadir ke dunia maka aku mengolah hidupku untuk menyesuaikan diri dengan buku pedoman hidup. Inipun sebuah keajaiban. Kalau tanpa hidayah tuntunan, bisa jadi aku akan terlempar ke hidup yang tak berpedoman.

Aku menari-nari bersama pelangi dunia. Nafsu dan hasrat aku turuti. Hingga kemudian kumerasa capek, lelah dan lungkrah. Yang tidak bisa kuingkari, aku sadar bahwa aku senantiasa ada di dalam pengawasan-NYA. Sedetik pun DIA tidak pernah tidur dan terlena terhadap semua perbuatanku. Jangankan perbuatanku yang nyata-nyata terlihat. Getaran batin, pikiranku seliar apapun ternyata DIA juga Maha Tahu. Dan nanti setelah mungkin aku ditiadakan, jasadku dikubur di tanah basah dan dimakan cacing maka ruhku akan kembali ke dzat-NYA. Ini jelas sebuah keajaiban.

Bagiku, semua peristiwa yang menimpaku itu penuh arti dan makna. Sekecil apapun yang terjadi pada diriku, pasti itu semua sudah ada di dalam gambaran-NYA. Maka kusadari atau tidak, kuketahui atau tidak, nyambung atau tidak dengan logikaku, maka semua itu pasti ada faedahnya bagi hidupku. Kuyakini sesuatu meskipun tidak atau belum semuanya terbuktikan. Aku tahu, hidup itu sebuah laboratorium dimana aku boleh mencoba meragukan segala hal, kemudian menyelidikinya dan kemudian mendapatkan kepastian yang tidak terbantahkan lagi. Kepastian itu kemudian menjadi sebuah kata kunci dimana segala sesuatu bisa kuurai darinya. Hidup dengan hanya mengandalkan logika, membuat batinku terasa sumpeg dan sesak. Mata terasa kabur dan telinga terasa tuli.

Pada suatu ketika, akal sehat perlu kulengkapi dengan mata batin. Kurasakan segala hal dengan penghayatan. Kutulis puisi, syair, kupetik gitar, kubernyanyi di ujung senja sebuah pantai. Kubercinta dengan kata-kata. Kubertemu dengan seorang gadis yang lahir pada tanggal 7, kulabuhkan bahteraku padanya. Hidup terasa semakin hidup saat anak laki-laki ku hadir pada tanggal 27. Kuberi nama dia Hasan yang artinya “yang bagus dan tampan”. Dia menghibur hari-hariku, capek dan lelah bekerja sebagai lelaki tidak kurasakan sebagai beban yang berat.

Kata orang, mungkin aku hidup di alam imajiner. Pikiranku tidak waras.. Betapa sesungguhnya antara imaji dan hal yang nyata itu bagiku begitu sulit untuk dibedakan. Suatu ketika, saat aku duduk diam di sebuah pagi di rerumputan. Tiba-tiba datang seekor ular dan ular itu mendesis. Aku justeru melihat ular itu sedang menyapaku dengan sapaan hangat seorang teman berjenis makhluk lain. Aneh, kenapa ular itu tidak kuanggap sebagai ancaman? Justeru sebaliknya, ketika aku disapanya maka kubalas sapaan mesranya dengan salam dan dia pun kemudian pergi dengan gembiranya.

Aku jelas bergembira bila aku mampu memaknai semua ini sebagai wujud penghambaan dan rasa sukur telah di-ada-kan dengan satu misi khusus tertentu sebagaimana misi-misi khusus yang dirancang pada setiap manusia. Hidup memang ajaib dan penuh dengan hal-hal yang ajaib bagiku. Namun barangkali tidak bagi Tuhan Semesta Alam. Kenapa kukatakan “barangkali?” sebab aku tidak tahu betul apa kehendak-NYA kecuali diri-NYA sendiri.

Kerap terlintas di benak ini kenapa ku ada dan apa misiku… Tak selalu kutemukan jawaban yang jelas, namun kuyakin semua makhluk telah mengikuti kehendak dan perintah Ilahi dengan terpaksa ataupun suka cita. DIA membuat hukum yang pasti diikuti semua makhluk, hal ini bisa aku rasakan dalam renungan yang hening. Kuperhatikan keluar masuknya nafas kedipan mata dan degup jantung yang bergerak mengalirkan darah sambil mengirimkan nutrisi menggantikan sel-sel yang hilang indahnya penglihatan memandang alam suara debur ombak menggema menembus telinga dan lidah merasakan lezatnya buah-buahan dan biji-bijian. Oh .. alangkah indahnya semuanya ini, manusia hanya bisa merasakan dan menyaksikan. Tidak sedikitpun ikut andil dalam membuat rasa semua ini. Bagaimana rasa itu muncul? Bagaimana bentuk rasa itu? Pernahkah bisa terpegang bentuk rasa itu?

Rasa itu memang sesuatu yang sungguh gaib, Allahu Akbar…dengan penuh penghayatan aku memahami; bahwa aku sebenarnya hanya diam terpaku dalam kesibukan af’al Allah. Hanya DIA lah yang Maha Menggerakkan semua ini, termasuk bumi, bintang, galaksi dan DIA juga yang mengatur senyawa-senyawa bereaksi serta butiran atom bergerak pada porosnya. Maka, kuharus bersyukur atas semua ini. Kesadaranku ini tidak setiap saat hadir dalam hidupku. Dulu saat kulahir dari perut ibu kupasti belum mengetahui apa-apa, kemudian DIA memberi kepadaku pendengaran dan penglihatan serta pikiran dan perasaan agar bersyukur.

Guru sejati manakah yang bisa mengalahkan Allah SWT? Dia adalah Sang Maha Guru yang mengajarkan apa-apa yang belum diketahuinya. Allah-lah yang menuntunku, memberikan inspirasi, ilham dan wahyu. Tubuh patuh mengikuti hukum-NYA, tidak terkecuali aku yang setiap saat menjadi orang yang kufur nikmat ini. Sunnah-sunnah Allah berlaku kepada alam semesta baik yang mikro maupun yang makro. DIA sumber segala hakikat dan sumber segala pengilhaman.

Maka, kuterus belajar sedikit demi sedikit tentang semua hal. Baik itu apa yang kulihat, kudengar, dan kuhayati, juga yang sudah diturunkan kepada para manusia bijaksana sepanjang masa dimana mereka telah sampai pada pemahaman yang lebih tinggi karena sudah mendapatkan wahyu ilham. Sesungguhnya tidak hanya aku dan dirimu yang sudah mendapatkan ilham tersebut. Bahkan DIA mewahyukan kepada lebah dan mewahyukan kepada tiap-tiap langit itu urusan masing-masing.

Jadi aku dan engkau diberi roh dan roh adalah limpahan Dzat-NYA sehingga muncullah kesadaran serta kemampuan abstraksi dan berkomunikasi secara lisan maupun simbolik, kemampuan analisis dan sintesis, berakal dan berpikiran. Kesemuanya itu merupakan intrumen yang disediakan dalam rangka untuk menjalankan tugas kekhalifahan. DIA mengilhamkan kepada jiwa manusia. Dia yang mengajarkan jiwa manusia melalui kalam baik tentang semua jalan baik itu jalan kebajikan maupun jalan kejahatan… Jalan hitam atau jalan putih, jalan susah atau jalan senang, jalan derita atau bahagia…..

–Wahai orang-orang beriman jika kamu bertaqwa kepada Allah SWT niscaya Dia akan memberikan kemampuan bagimu untuk membedakan yang benar dan yang salah dan barang siapa bertaqwa niscaya Dia akan mengadakan bagimu jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangka–

Dengan demikian semakin kupaham bahwa cara untuk mendapatkan cahaya atau hidayah yaitu mengamalkan hal yang diwajibkan dan disunnahkan. Memberi manfaat ke semua orang, membantu yang kesusahan, bersedekah sosial, serta melakukan dzikrullah baik berdiri, duduk, maupun berbaring untuk mengingat NYA. Dan kuyakin, kalau kuingat pada-NYA maka DIA akan menyambut ingatanku, dengan sambutan kasih sayang serta memberinya cahaya penerang bagi hatiku.

Ya Allah Ya Majid, berilah semangat kepada debu kotor ini bersujud, menangis dan menitikkan tujuh butir air mata di Kaki-Mu Yang Maha Mulia.. Yang Mahanya Semua yang Serba Maha.

=wongalus=

Iklan

164 pemikiran pada “TUJUH BUTIR AIR MATA

  1. ya Allah apakah jiwa ini yang terlalu rakus? terlalu banyak yang kuminta dariMu ? sehingga TERLUPA MAKNA HIDUP INI….
    ki wong alus terima kasih pencerahannya

  2. kwangen suwe gak pernah ngumpul.matur nuwun mas alus wejanganipun.mugi pinarangan barokah lan rohmatipun gusti kang hakaryo jagat sedoyo sederek kwa

  3. Asslamkm wr wb
    salam paseduluran semuanya bolo wong alus yang sudah hadir disini…
    mohon ikut nyimak kuliah…
    sambil selonjoran …

  4. @ kuliah malem jumatan ya Ki, wah bisa diroutinekan Ki. Tiap malam jumat ganti topik; juga bisa ganti pembicara.

  5. Allah.. Satu nama yg sakral dikalbu, dimana seluruh alam jagad raya memuji tiada henti dan lelah, Allah.. Mgkin tidak langsung memberi apa yg aq mnt tp Allah akan lgsung memberi apa yg aq butuhkn.. KehendakNYA tak mampu dtawar, tp Dia memiliki Kasih dan Sayang, yang Menyayangi makhluk yg saling menyayangi dan Dia jg tidak pernah pilih Kasih.. (para sesepuh yg slalu trus mengasuhku, para saudara2ku yg memberi inspirasi,pengalaman,pengetahuan yg tak bs trbls dgn apapun didunia.. Sy ucapkn TERIMA KASIH, Salam Persaudaraan, 100%Bersaudara(pinjam kalimat Ki Gatoloco) oh ya ga pake diskon lho..! Ki Wong Alus, Ki Wawan, Ki Tukang Sapon, Ki Bengawan Candhu beserta staf pendukung, sy izin absen..

  6. Semangat pagi dolor2 kwa
    semangat persaudaraan 100% saudara
    salam karaharjan lan nderek nyimak
    terima kasih
    rahayu 7x
    cling…….

  7. Hidup penuh misteri, alam akan melakukan seleksi thd diri kita. sikap batin kita yg menjadi target dari seleksi alam

  8. hebat dan tidak hebat itu relatif…..
    pandai dan tidak pandai itu relatif…..
    berguna dan tidak berguna itu relatif…..
    miskin dan kaya itu relatif
    relatif dan tidak relatif itu relatif:-)…..
    YANG PENTING TETAP ADANYA KESADARAN….
    KESADARAN SEBAGAI MAKHLUK…..
    YANG AKAN MEMBAWA KESADARAN ADANYA SANG KHALIK….

  9. Fajar menjelma terbit bersama embun baru bersama nafas rezqi baru bersama sumber ilham baru….ayuh bangun gapai semuanya…lo jgn lupa solat dulu ya……salam damai persaudaraan semuanya….

  10. Salam kenal dan salam ta`dzim Wong Alus. saya suka tulisan anda, semoga juga bermanfaat buat saudara lainnya. Mari kita jaga jiwa Tauhid kita semua.

  11. Hiiks…aku tidak putus asa tapi akupun tidak berharap…karena harapan bagiku adalah sebuah kemewahan …dan aku tidak punya waktu untuk itu….hiks…hiks

  12. sengtuju eyang sapto, dan kesadaran itu juga relatif…tapi ijinkan kawulo mengatakan jikalau beliau ki wong alus memang termasuk HEBAT main kata-katanya….hehehe…nyuwun pangapunten eyang sapto, ampun duko nggih. Salam penuh hormat eyang sapto…nuwun.

  13. salam mbah balik kwampung. Mungkin benar harapan adalah kemewahan, itulah yang terjadi pada rakyat jelata dinegeri ini. Mereka mengubur dalam harapan-harapan, meski sesekali masih muncul dalam mimpi mereka. Indonesia tampak maju dalam pembangunan, tapi itu hanya diperkotaan. Di daerah pinggiran, pelosok daerah sangat menyedihkan. Tapi apa jadinya jika rakyat hidup tanpa harapan, meski yang akan terjadi juga sesuatu yang belum pasti. Indonesia…

  14. kwa nasibnya kwa
    sesepuhnya sdh tiada…apa mgkn nasibnya bkl spt kaskus yg sdh kehilangan pamor?…dimana itu hongmankim,jatiraga,ki sadewo,ki taopik,kapal api,ust.maulana arifin imam masjid purwosari,didik mulyono dan para sesepuh lainnya? sdh pergikah dr kwa? kini hnya ada perubahan2 yg tdk berarti.skrg hanya Gatoloco,Raja Rizal kelayang,ki dalang cipto kawedar yg msh eksis di kwa.

  15. Lumayan menyesal pada pilgub DKI JAKARTA yg lalu mendukung fauzi bowo. Pertimbangannya karena dia bekas wakilnya sutiyoso, siapa tahu bisa melanjutkan program-program sutiyoso. Ternyata….Buat saya SUTIYOSO gubernur DKI JAKARTA seumur hidup.

  16. kadang aku rindu dg kwa yg dulu,yg ramai,yg semarak canda tawa,tdk spt sekarang.sedikit2 ribut kyk di kaskus aja.malas comennya.byk pengacau.

  17. Ass Wr Wb …

    Terkadang … nafsu dan ego menarik kita bukan hanya menyekutukan Allah SWT … tp juga membuat diri kita udah berusaha menjadi Tuhan itu sendiri tanpa kita sadari.

    Astaghfirullah …

    Aku jd kangen shalat malam di atas gunung, di alam terbuka, di atas rumput ditemani bulan dan bintang-bintang dan suara-suara hewan penghuni gunung …

  18. Ki @MBAH JATI

    Njih Ki, salam takzim kagem panjenengan.
    Menjaga kesadaran meskipun itu juga relatif.
    Kita diam, tidak sadar ada yg MAHA DIAM….
    Kita bicara, tidak sadar ada yg MAHA BICARA…..
    Kita merasa benar, tidak sadar ada yg MAHA BENAR…..

  19. mas yingyang, sesepuh KWA ya mas. Jangan-jangan panjenengan juga sesepuh di KWA. Mungkin mereka hanya lagi jenuh saja, seperti orang yg jenuh main facebook akhirnya mencari sesuatu yg lain. Tapi tetap mereka akan nengok KWA juga, seperti mbah DEADMAN misalnya. Beliau sudah ada KSIH tapi masih suka posting dan komen di KWA ini. Salam penuh hormat mas yingyang.

  20. astaghfirulloh, hamba ini memang tidak sempurna, penuh kesalahan dan berlumur dosa. Eyang sapto, kawulo ngaturaken salam paseduluran, semoga Gusti Alloh selalu melimpahkan rahmat dan barokah untuk eyang sapto dan keluarga, amiiin.

  21. subhanawlooh…..suatu perkataan yang bijak…..moga kita di beri kekuatan iman dan islam.alfatihah buat ki alus dan boloalus di nusantara…salam pemuja tali persodaraan dan pemuja rahayu…..

  22. @KI AGENG TIRTAYASA

    Matur nuwun doanya Ki, semoga Allah SWT juga melimpahkan segala karunia-Nya kagem panjenengan dan keluarga…..

  23. @ ying yang…..datang & pergi ,hidup dan mati….adalah hal biasa.
    siapa bilang mrk pd pergi,cuma tdk pernah coment sj…mungkin krn padatnya kesibukan mrk.
    tidak ada yg kekal,kecuali Alloh S.W.T….yg maha esa,maha segala maha….
    toh banyak sesepuh baru yg tdk kalah hebat dr mrk yg memberikan kontribusi untuk mengisi keilmuan dr berbagai suku di ind….
    jngnlah hal tsb dibahas…ngak penting broooo…..
    sampai dngn saat ini yg sy rasakan kwa tetap exis dan bnyk pengunjung…
    ok bro….slm komak tuk anda & pengunjung blok ini…..rahayu ….asah,asih,asuh…

  24. Assalamu’alaikum wr wb.
    Sugeng Siang katur dumateng poro sederek sedoyo.
    Salam takzim engkang lebet.

  25. wuihhh….lha kok salah alamat koment…..
    mau ngoment ke ki @MBAH JATI,kok salah alamat,xixixi…..
    matur nuwun doanya njih Ki, semoga Allah SWT juga melimpahkan segala karunia-Nya kagem panjenengan dan keluarga….

    @all….salam salim karaharjan…

  26. dari nama “wong alus” menjadi “dlosoran ning ngisor wit blimbing”…..sekilas image saya begini :

    Ada nuansa “menyesali” dengan nama “wong alus”. Rasane kok koyo sombong nek ngaku wong alus…nggih to? .hehehe…nggih..nggih sae niki.

    Tapi, yo ojo dlosoran terus ….kapan menek blimbinge om…hehehe…
    Simbah Sunan Kali kan dah pesan….”peneko blimbing kuwi”…

    to be continued>

  27. pd latah ya…yangyong…yongying…ha ha ha yingyang dah dari dulu bro…salam kompak aja.

  28. SEMANGAT SORE….
    mumpung sempet,ngisi absen dulu…
    poro rawuh lan sedulur semua..Assalamu alaikum warohmatulloh wabarokah…

  29. mbah tukang sapon, mbah ada teman setelah istiqoroh dapat mimpi berkaitan dgn anaknya, “melihat tawon madu di pok piring” . mimpi 2x sama ini terus. opo mbah artine ?
    sorry mbah lewat bloq, ngirit pulsa hehehe

    @ yinyang, met sore bos

  30. Brother@Yingyang
    nicname kmu ada lagunya nie..
    Begini bunyinya.
    are you sleeping
    are you sleeping brother john, brother john
    morning bells are ringing
    morning bells are ringing
    yingyangyong
    yingyangyong
    yangyingyeng
    yangyingyeng
    qiqiqiqi
    salam kompak bro,

  31. salam rahayu….KWA ko skarang sesepuhnya pada ke mana siiih…..

  32. Asslmkm.wr.wb.
    Salam takdzim menjura Kangmas Wong Alus,Mas BC,Gusbon,Oom Wawan ã.k.ã Ki Arum Manis…lan sedulur sedoyo yg insya Alloh diRahmati Alloh..
    Matur suwon postingannya Kangmas Ki Alus…
    @ Mas YingYang..salam paseduluran..salam KWAngen KWA yg dulu….hehe…
    Ijin nyimak slanjutnya Ki….(Smbl ngarep diuntal ketela rebus…hehehe…)

  33. Mbah yai …
    kurasakan sujud keningmu menghadap kesanaNya …
    aku tidak kuat melihat tangisanmu untukNya …
    aku tersungkur mengambil butir-butir air mata itu …

    Mbah yai ..
    aku pondong cucuran air mata itu untuk menentramkan
    jiwa-jiwa keringku …..
    aku mengatakan duh gusti …
    sujud-sujud kening suci di malam hari itu …
    yang terlaksana bagi semua sesepuh kampus wongalus ..
    menetramkan jiwa … pengharapan ridhoNya …

    Mbah yai …
    jutuh butir air mata itu … merasuk dalam relung hatiku …
    jiwa jiwa gersang tumbuh menjadi subur …
    riak dahaga menjadi terpuaskan …
    sungguh mimipi-mimpi itu adalah kecintaan
    bagi hambanya yang merasa kangen
    akan kehadiran jiwa ini di dikampus …

    Mbah yai
    malam itu mengatakan …
    kemarilah ..kemarilah …
    kami akan menyambut kecintaanmu untukNya ..
    sungguh bagi semua yang merindukan
    kehadiran kecintaan dan persaudaraan ..

    mbah yai ..
    kau sambil menundukkan kepala ..
    dan berkata … aku mencintaiMu …
    dan kami menyambut kecintaan itu dengan salah satu
    tujuh butir air mata ..itu …

    katakan aku cinta kamu …
    tangisan ini nyata untuk saudaraku semua …
    tangisan ini adalah tangisan .. tujuh butir air mata ..

    tujuh butir air mata …
    kecintaan dan kekangenan sejati …
    untuk seluruh warga dan sesepuh KWA ..

    sesungguhnya ini hanya mengalir begitu saja dengan ribuan cinta dan pesona

    salam sejahtera …

  34. ass. . .wr.wb
    Mohon ijazahnya kpd sesepuh . . .untuk
    .’ASR madura utara’ . . .

    matur nuwun.

  35. mas ikhwan ASR madura utara sdh di ijasahkn,buka j arsip kwa ntr jga d klo gk pakek mesin pencarian

  36. malem kagem wargo KWA
    Mas Adim rangkaina kata pean begitu mempesona menanggapi postingan tentang tujuh butir airmata, salut tuk pean.
    Lembu suro bagaimana ini dak pernah berkabar, da dimanfaatkan kumisnya manusia harimau apa belum, bagi2 cerita dong tentang kumis manusia harimaunya.
    kagem sedoyo wargo KWA salam persaudaraan

  37. Ada lomba puisi nich…
    Puisi bagus lhoh buat mendekatkan diri kpd Tuhan lewat jalan sastra….
    @om yang : kisah mahabarata ditulis oleh Resi Wiyasa kakek dari Pandawa dan Kurawa. Palagan perang barata yuda padang Kurusetra berada di wilayah India nama propinsinya saya lupa. Jika saudara ingin lebih jelas silakan cari di situs wikipedia.

  38. alhamdulilah mas Yoyok.belum pernah di pakek,y bwt tunggu dompet j.gmn kbrnya bisnis akik m kerise piye .@ki patramantra sugeng dalu salam hormat

  39. @mas laskar lembu suro: sugeng dalu salam rahayu
    @mas togog: saya ngawinya kwadungan. Kalau mas ke kwadungan silakan mampir ke tempat saya.
    @mas kutu buku: kisah mahabarata, khrisna itu benar nyata adanya. Tapi kalau g percaya juga gpp. Toh juga g akan mempengaruhi keuangan mas…qiqiqi

  40. Patramantra@jls g ada hub ma keuangan..mang. Kebanyakan nonton kartun..loe.!! Dah tua masih sukanya liat kartun..

  41. Mas lembbu suro sepi mas beberapa laku tak dak langsung bayar jadi dak bisa kulaan lagi, mungkin kalo ada wargo KWA yang butuh keris ato tombak sepuh masih ada persediaan
    dan tuk mas kutu buku dan mas patramantra, maaf sebelumnya masalah cerita mahabarata dan ramayana yang di tulis oleh resi wiyasa dan wamilki sebenarnya penggabaran laku hidup manusia kedua resi ini mennulis cerita itu untuk mencapai derajat tertinggi dalam agamanya yang nantinya cerita ini sebagai pedoman laku bagi manusia sesudanya.
    sedang di indonesia wayang merupakan pagelaran dari seni bayang2 yang mengisahkan tentang kehidupan manusia, setelah agama dari hindustan masuk cerita ramayana dan mahabarata mulai dipentaskan dalan kesenian wayang. Perlu diketahui cerita mahabarata dan ramayana yang ada di negeri kita ini sudah banyk yang diubah disesuaikan dengan budaya kita waktu itu. mungkin ini yang bisa aq paparkan tentang mahabarata dan ramayana kalo sala sekalilagi maaf.

  42. @mbah dagoel badranaya: salam rahayu
    @mas kutu buku: tentang keberadaan mahabarata g percaya gpp krn bukan sesuatu hal yg penting. Tp kalau sekedar ingin tahu sejarah masa silam tentang mahabarata disitus wikipedia dibahas….Artefak masa mahabarata memang sangat minim ditemukan seperti masa kejayaan Benua ATLANTIK….ngomong2 trawangan mas kutu buku emang muantaaab…. Tahu aja kalau gue suka film kartun sbg pilihan hiburan penghilang kejenuhan….xixixi

  43. mas yoyok kerisne wis di tukokne klambeni opo urung ,opo mlh wis laku ,yg kemarin di mendut di bwa

  44. Cak Ji yok opo kelnajutane kaose sido opo gak sido
    Mas lembu suro gak tak gaekno klambi akudewe saiki gak klamben, tapi wingi onok wong sing tertari barang2ku tapi penawarane rendah gak nutut karo kulak ane sing payu keris mini tok, sebab regane terjangko 200 an
    pean gak butuh ta ?

  45. wis sakmene disik aq ngantuk mene yambut gawe
    Poro Kadang KWA sugen Dalu kati sesanti joyo joyo wijayanti rahayuo sedoyo ciptane gusti Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin……………..

  46. ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHOLAATAN TAHABU LANAA BIHAA MINHU AKMALAL IMDAAD WA FAUQOL MUROOD FII DAARID DUNYAA WA FII DAARIL MAA’AD WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII WA SALLIM WA BAARIK BI QODRI ‘AZHOMATI DZAATIKA ‘ADADA MAA ‘ALIMTA WA ZINATA MAA ‘ALIMTA WA MIL A MAA ‘ALIMTA

    salam salim salaman bwat smuanye… tungguin bentar yeeh aye mo nyari nasgor dulu…enih ferut kaga bise diajak komfromi…

  47. @mas yoyok: pemahaman mengenai kisah mahabarata memang seperti itu. Dan kitab mahabarata dan ramayana yang ada di nusantara sudah di gubah sesuai budaya kita.
    Tapi Kalau saudara tertarik dengan kisah mahabarata silakan klik di sini mungkin bisa menambah wacana.

  48. cak ji kulo taseh woten griyo,duka niki ajenge balik taseh males@mas Yoyok,kulo sampon gadah keris setungal mawon sampun cekap,ampuh

  49. @patramantra… salam salim salaman bang patra… ntu emailnye ude aye bales,maap telat soalnye aye bru bise ke warnet lg…silahken di cek ricek…huehehehe

  50. mantaappp.. bisa menerangi hati dan pikiran menjadi jernih walaupun hidup susah menjadi adem.
    Ditunggu lagi Ki Alus pencerahanya.
    All sesepuh salam salim.

  51. Assalamu’alaikum…
    Salim hormat takdzim kpd Habib Kiai Wong Alus..
    Salim hormat takdzim kpd Para Sesepuh..
    Salim jabat erat penuh persaudaraan dan hormat takdzim kepada Para Sedulur KWA..
    hmmm…tenang dan damai mendengar pencerahan dari Kiai Wong Alus..

  52. Sepi,
    ada apa dengan KWA tercinta yaa???
    Kok semakin lama semakin gak kompak g kyk dulu lg swasanax,ahh sudahlah mungkin smua pada sibuk,,
    balik maneh ahhh,,,,,,

  53. kpd smua sesepuh dan pembaca kwa smua mohon ijazahkan sebuah amalan untuk meraih harta dunia dan meraih surga selamat diakhirat/amalan multi fungsi dan simple,kami bingung mau wirid yg mana, mau wirid utk meraih harta dunia kami takut akhirat tdk selamat kan percuma ,mhn pencerahanya.

  54. Alhamdulillah tulisan tausyiah dan pencerahan yg mantab dari mbahe danyane habib Wongalus, Insya ALLOH kalau di dasari atas kejernihan qolbu yang disertai dzikir maka maka sebuah hasil karya apapun akan terasa menerangi dunia, dengan penuh makna dan rasa damai.
    Salam Persaudaraan dengan saling asah, asih & asuh. Semoga kita semua selalu di Naungi Cahaya Rahmat Gusti ALLAH TA’ALA, sedulurku semua yg sy hormati, kita semua tentu percaya bahwa Gusti ALLAH SWT itu Tuhan kita yg Maha segalanya, tapi mungkin kita belum mengerti & belum faham akan makna MAHA itu…..sehingga kita masih ragu, gamang dan kurang yakin. Mari kita cob abaca ASMAUL HUSNA yg 99 itu seraya memahami dan menghayati makna dan artinya… mari kita bersama masukkan dan tancapkan kandungan maknanya dalam hati sanubari kita terdalam, setelah itu tafakuri dengan kebersihan qolbu yang dalam. Coba baca dengan pelan penuh khusu’ dan tawaduk sampai hati ini mantab. Jangan paksakan tapi coba ikhlaskan….coba terus dan terus sampai hati merasa mantabdan yakin akan kedekatan dan kehadiran Tuhan di sisi kita,jangan putus asa dari Kasih dan Sayang-NYA, kerana KUN FAYAKUN itu pasti dan nyata bagi yg benar2 yakin.
    ALLAHU…ALLAHU..ALLAHU…ALLAHU…ALLAHU…ALLAHU..ALLAHU
    Pusat dari segala kekuatan yg ada di bumi, dunia sampai akherat, Asma yg bgtu Agung, Mulya, Sempurna tidak satupun yg akan mampu menyamai-NYA DIA-LAH ALLAH AZAWAJALLAH… Getarkan dalam dada/hati dlm setiap detak jantung, keluar masuk nafas kita dalam menghadapi setiap kejadian baik dalam kebahagian maupun dalam ujian, masalah, sesuatu yg kadang membuat sedih, susah, stress masalah cinta, keluarga, ekonomi, kerjaan, karir dll. InsyaALLAH semoga haqqul yaqin dengan Bersama-NYA setiap kesempitan akan menjadi lapang, setiap ksusahan akan ada jalan keluar dan kita akan lebih tenang, damai, Hanya Bagi Gusti Pangeran ALLAH SWT semua yg tidak mungkin menurut akal manusia akan menjadi muda dengan KUN FAYAKUN-NYA…..
    ALLAHU..ALLAHU..ALLAHU…Lafadzkan Asma-Nya yg begitu Mulya, Agung dan Luar biasa dasyattt, pusat dari semua kekuatan yg ada dalam mikro dan makro kosmos jagad raya, sumber dari semua energi positif dan kebaikan yg tak akan tertandingi oleh apapun, Puncak dari segala apapun yg haqqul yakin tiada dua-nya, yang Maha dari segala Maha tidak ada satupun yg sepadan melawan-NYA, tempat kita menyembah sepenuh jiwa & raga “iyyakana’ budu waiyya kanasta’iin….” Yang Maha Pengasih dan Penyayang tanpa batas. Mengadulah dengan sungguh-sungguh, berdo’alah, menangislah dengan tulus ikhlas mengharap Ridho dan Berkah-NYA…InsyaALLAH itu akan lebih baik serta akan mempercepat Ma’unah-Nya datang menghampiri kita, Kuasa-NYA yg tak terbatas menjamah kita, Kasih Sayang-NYA membelai kita dengan hembusan kalam dan sirr pada qolbu kita,,,,
    ALLAHU AKBAR………………………………………………………………………..33 X
    PENGGENGGAM SETIAP JIWA, ALAM SEMESTA BESERTA ISI-NYA….. jangan pernah takut pada apapun selain pd ALLAH SWT, semoga kita memperoleh Naungan Ridho dan Kasih Sayang-NYA sehingga smua akan menjadi lancar dan lebih baik….Amien…3x Allahumma astajib lakum, amiin ya robbal ‘alamiin. wassalam

  55. Assalamu’alaikum wr wb…@Gus Nur… Tausiah diatas mudah2an bs memberikan arti yg lbh dalam qolbu warga kwa utk selalu mengESAkan Alloh, bwh Alloh yg patut dimintai pertolongan. Karena manusia dan sluruh mahkluk jg alam semesta dibwh kekuasaan dan genggamanNYA. ALLOH Maha besar. Alloh Maha Besar… Wss

  56. assmmkm wr wb
    mantap mbah . siraman rohani yg luar biasa GRATIS PULA nuwun
    assmmkm wr wb

  57. dah cukup lama sy mengambil banyak hikmah dari komunitas luhur ini tulisan tulisan yg mencerah membuka hati dan mata saya walau mata batihn saya belumlah tajam……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s