NGOBROL RINGAN TENTANG NENEK MOYANG BANGSA MAKHLUK HALUS


Sambil lesehan makan dan minum kopi, saya (WA) bertemu mas kumitir (MK) di sebuah warung remang-remang pinggir jalan. Wajah mas kumitir sumringah meski ia mengeluh malam ini kelaparan. Kami pun ngalor ngidul ngobrol banyak hal dan akhirnya sampai pada dialog tentang Nenek Moyang Bangsa Makhluk Halus. Menyusul kemudian Mas Bondan, yang kalo di blog kwa pake nama Komandan Koboi (KK) ini.

WA: Gimana kabarnya mas?

MK: baik, tapi agak laper.

WA: Ya sukur kalo gitu, badan saya kemaren langsung drop gara-gara serat Tapel Adam. Badan panas dingin hingga pagi, dan masuk angin sehingga harus kerokan. Saya merasa ini tanda-tanda kurang baik bila serat ini dibeber.

MK: Lho kok sama, saya juga hingga pagi ndak bisa tidur. Pikiran gelisah dan saya bakar hio.. ee hionya cepat habis.. ndak tahu kenapa.

—Malam itu, Saya dan Mas Kumitir membaca Serat Tapel Adam karya Raden Ngabehi Ronggowarsito khususnya Pupuh 2 dan 3. Saya baca pelan-pelan serat berbahasa Jawa Kawi meskipun tidak banyak saya pahami artinya. Sementara Mas Kumitir mengartikan kata demi kata. Di pupuh 2 dan 3 itu dipaparkan riwayat Nenek Moyang Makhluk Halus Jin dan Setan pertama kali sebelum adanya Nabi Adam. Bahkan sebelum jin/setan ini berwujud/tersifatkan dan masih berujud dzat murni. Begitu menggetarkan hati saya serat ini… begitu rincinya memaparkan nama-nama raja dirajanya jin dan setan sepanjang masa. —

MK: Nama-nama ini belum ada di internet. Memang ada di internet satu dua nama nenek moyang bangsa jin setan saja namun tidak terperinci seperti dalam serat ini.

WA: Betul. Yang dipaparkan di internet tentang nenek moyang bangsa Jin/setan ini kebanyakan versi kitab suci, di perjanjian baru dan perjanjian lama ada. Di Al Qur’an juga ada.

MK: Sebenarnya, di Serat Tapel Adam itu juga ada sumbernya yaitu kitab babon yaitu Bahrul Alam, Bahrul Lahud dan lainnya. Kitab itu membeberkan proses penciptaan alam semesta, mulai alam ahadiyat wahidiyat. Ronggowarsito memang seorang sarjana yang luar biasa.

WA: Betul, begitu juga karya-karyanya. Salah satunya serat Tapel Adam ini, begitu terperinci menyebutkan nama-nama leluhur kita sejak sebelum kelahiran manusia bahkan sebelum kelahiran jin/setan di dunia ini. Dari mana pun sumbernya, akhirnya saya percaya tetap dari Kalam-NYA juga.

MK: Substansinya ya seperti itu, Adam kan sudah diberikan wahyu berupa “nama-nama segala benda, termasuk nama-nama semua yang ada di dunia ini”

WA: Sangat tepat. Itu sebabnya makhluk yang bernama manusia ini harus banyak-banyak bersyukur dengan cara mempergunakan seluruh potensi yang dimilikinya untuk kemanfaatan.

–kami berdua terdiam. Entah kenapa, tiba-tiba muncul di benak saya untuk menuliskan nama-nama leluhur makhluk halus itu untuk referensi sebagai pengetahuan pribadi. Sayang bila terlupakan. Saya pun mengambil laptop dan dengan bantuan Mas Kumitir menuliskan nama-nama itu saja. Sementara kalimat-kalimat penyambungnya saya hilangkan. Jadi berupa intisari genealogi/keturunan nenek moyang makhluk halus saja. Tapi entah saat menuliskan itu hati dan perasaan saya jadi tidak enak. Gambaran-gambaran imajiner bermunculan. Saat melihat ke atas (awan) terasa ada gambaran sosok sosok mengerikan muncul. Tapi kemudian saya tetap mengupload naskah tersebut di internet namun terpassword—

MK: Hati-hati… bahaya lho nanti bila nama-nama itu diupload ke internet. Bagaimana nantinya bila nama-nama itu diwirid oleh mereka yang tidak paham?

WA: Saya juga merasa seperti itu. Nama-nama ini adalah para raja penguasa dunia gelap/hitam kelam. Mereka adalah penguasa dunia jahat. Yang selama ini dipuja-puji dan disebut-sebut para dukun aliran hitam saya yakin masih anak turunnya makhluk halus yang kesekian. Sementara mereka ini adalah nenek moyangnya, mbahnya mbah para ratu/raja makhluk halus itu.. begitu mengerikan …

MK: Makanya, cukup jadi referensi pribadi saja dan tersimpan erat-erat. Tidak perlu dibuka secara umum. Bagaimanapun juga, lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

WA: Betul dan sangat sepakat. Lebih baik menjelaskan asma-asma Allah SWT sebagaimana yang selama ini sudah dipaparkan oleh sedulur-sedulur di KWA… Namun itu semua juga kehendak-NYA juga. Mungkin suatu saat bila dibutuhkan kita juga perlu membeberkan nama-nama leluhur bangsa halus agar kita semakin waspada. Adanya kebaikan pasti harus ada keburukan dan kejahatan. Ini dua sisi mata uang yang tidak bisa tidak harus ada.

MK: Tapi timingnya harus tepat, kita harus membaca tanda-tanda jaman saat ini. Dengan dipaparkannya nama-nama nenek moyang jin/setan bisa jadi menjadi tanda-tanda semakin rusaknya tatanan gaib alam semesta.

WA: Ini yang menarik. Kalau di timur tengah ada istilah memperingati Hari Nakban atau hari pembinasaan maka bisa jadi dengan munculnya nama-nama nenek moyang jin/setan ini sebagai tanda-tanda pembinasaan peradaban tersebut.

–kami berdua kemudian menjadi khawatir apa yang kami ucapkan sendiri. Kami terdiam dan terpaku agak lama. Kami berdoa, semoga apa yang kita ungkapkan ini tidak terjadi. Namun akhirnya kami harus pasrah dengan apapun Kehendak-NYA kepada kita semua… toh akhirnya, semua harus kita pasrah kembalikan pada-NYA jua—

MK: tadi ada nama Ajajil atau Azâzîl yang dikenal luas sebagai Iblis. sebelum diciptakannya Adam, Ajajil itu Imam para Malaikat atau Sayyid al-Malaikat artinya Penghulu Malaikat, Khazin al-Jannah atau Bendaharawan Surga dan Abu al-Jan atau Bapak para Jin.

WA: Ya, dia kan diciptakan Allah SWT dari api dan memiliki ketaqwaan tertinggi, keimanan dan makrifatullah karena sangat dekat dengan NYA… Namun akhirnya dia jadi pembangkang gara-gara melanggar perintah-NYA untuk bersujud kepada Adam yang terbuat dari tanah.

MK: Nah di Tapel Adam, nenek moyangnya bangsa jin memang dicipta dari sari inti upas/racunnya api. Begitu mengerikan energinya sehingga tiada yang mampu mengalahkannya kecuali yang ikhlas. Artinya ikhlas mengalah dan justeru di ikhlas mengalah dan mengakui kehebatan ini berarti mengakui kehebatan-NYA juga bukan?

—–Dalam perpustakaan digital Wikipedia: Azâzîl terdiri atas kata al-‘azâz yang berarti ‘hamba’ dan al-îl yang berarti ‘melata’. Kata al-‘azâz berasal dari al-‘izzah yang berarti kebanggaan atau kesombongan. Dinamakan demikian karena ia tercipta dari api. Kata al-‘azâz (العزاز) terdiri dari empat huruf, yaitu huruf ‘ain, zây, alif, dan zây yang kedua. Masing-masing huruf menunjukkan sepak terjang iblis, karena setiap nama itu menunjukkan perbuatan pemiliknya. Dari huruf ‘ain muncul kata ‘ulluw ‘kesombongan’, dari huruf zây muncul kata zuhw ‘sikap takabur’, dari huruf alif muncul kata ibâ’ ‘pembangkangan’ dan istikbâr ‘sifat angkuh’. Kesombongan, sikap takabur, pembangkangan, dan sifat angkuh merupakan sifat-sifat yang dimiliki iblis. Inilah tafsir nama asli iblis yaitu Azâzîl. Azâzîl sangat banyak memiliki julukan, seperti Sayidul Malaikat dan Khazinul Jannah. Di setiap langit ia memiliki julukan yang sangat bagus, yaitu: Langit Pertama (ar-Rafii’ah) al-Abid ahli ibadah, selalu mengabdi luar biasa kepada Allah, Langit Kedua (al-Maa’uun) ar-Raki ahli ruku, Langit Ketiga (al-Maziinah) as-Saajid ahli sujud, Langit Keempat (az-Zahirah) al-Khaasyi selalu merendah dan takluk kepada Allah, Langit Kelima (al-Muniirah) al-Qaanit selalu ta’at, Langit Keenam (al-Khaliishah) al-Mujtahid bersungguh-sungguh dalam beribadah, Langit Ketujuh (al-Ajiibah) az-Zahid sederhana dalam menggunakan sarana hidup. Wujud Azâzîl Sebelum Penciptaan Adam memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat karubiyin dan masih banyak lagi. Setelah Penciptaan Adam karena enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah merubahkan mukanya pada asalnya yang sangat indah cemerlangan menjadi bentuk seperti babi hutan. Allah merubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai. Azâzîl diberi umur hingga hari akhir kiamat. Dengan janji untuk menyesatkan manusia sebanyak mungkin dan menemaninya di neraka Jahannam kelak. Permintaan Azâzîl kepada Allah: “Berkata iblis: Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.(Al-Hijr, 15:36) Lalu Allah menjawab: “Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya.(Shaad, 38:85) ——

Saat enak-enaknya ngobrol, hadirlah Komandan Koboi nimbrung diskusi kami yang hangat.

KK: selamat malam bro…. lagi asyik mendiskusikan apa njih.

WA: Monggo mas, lagi mendiskusikan leluhur makhluk halus…

KK: yah, di blog KWA rame minta dibuka passwordnya.

WA: Waduh… saya rasa kok sangat berat membuka password di blog tersebut. Saya merasa nanti banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Pembaca KWA rata-rata masih berusia muda dan masih perlu belajar banyak memahami pengetahuan. Saya khawatir nanti malah berakibat tidak baik bagi kita semua..

MK: kalau pun dibuka, harus seluruh buku Serat Tapel Adam tersebut dibeberkan agar sedulur tidak sepotong-sepotong memahaminya. Memang saya merasa sangat berbahaya mewiridkan nama-nama itu khususnya bila ada yang ingin sakti digdaya…

WA: Nah itu dia kekhawatiran saya, orang akan sangat sakti bila menyebutkan nama-nama leluhur nenek moyang bangsa Iblis ini. Bisa jadi semakin gelaplah dunia…

KK: Wah ini cukup bagus dijadikan tema dan topic cangkrukan reboan besok.
WA: siap. Hanya sebagai selingan saja dan tidak perlu diutamakan hal-hal yang sifatnya negative seperti ini. Lebih baik mengupas hal-hal yang positif…

MK: Temanya reboan besok: Menjadi (Manusia) Biasa saja.

WA: Siap… Menjadi Biasa atau Lumrah saja. Manusia yang lumrah, Lumrahnya Manusia…

—Kami bertiga akhirnya melanjutkan makan malam sego kucing dan kopi tubruk yang agak pait tersebut. Terima kasih telah menyimak diskusi sangat amat ringan ini. Mohon maaf bila tidak bermanfaat. Salam asah asih dan asuh.

Nuwun—

130 thoughts on “NGOBROL RINGAN TENTANG NENEK MOYANG BANGSA MAKHLUK HALUS

  1. Sallam hangat para sedulur sepuh KWA tercinta, wong nelangsa ikut nyimak pembahasan yg sangat menarik ini, duduk dipojokan ditemani 234 + Kopi Kental. Sallim Wassallam

  2. @ki alus…apakah segala sesuatu yg identik dg yg pertama/terlebih dulu itu berarti gimana getu…istimewa ato wah getu…luwih mandi mungki jawane po pripun ki…apakah memang ada ketetapan semacam itu ki…

  3. assalamualaikum bwt para sesepuh dan sedulur kwa.
    Wah azazil tmnnya lucifer/iblis FYI di salah 1 forum internet kayanya dah di babar nama2 anak buah iblis dan kroninya lengkap dengan pangkatnya di neraka dan jumlah pasukannya, yg bikin trit pun mengaku pernah ktemu lucifer dan memanggil anak buahnya dengan semacam simbol, persembahan dan ritualnya. Wallahu alam.

  4. Assalamu’alaikum

    KITAB SERAT TAPEL ADAM sepertinya memang harus diproteksi dari cerita njenengan ini saja sangat terasa aura hitam yang menyelimuti Sang Kitab

    Tapi hal ini tetap menjadi kewenangan dari panjenengan berdua mau dibuka ato tidak karena panjenengan yang tahu apakah sudah merasa perlu dibuka ato belum bagi semua sedulur di kampus ini

    Barokallah buat semua terutama buat panjenengan berdua; WA juga MK
    dan semua sedulur yang sudah hadir diatas maupun yang hadir di bawah

    amiiin….

  5. asal usul mula raja jin pun kena perintah sujud kpd adam sebb batin adam itu SIAPA?apakah nm raja malaikat peringkat tinggi yg tidak d perinthkn sujud kpd adam?malaikat ini merupakan penghulu malaikat peringkat tinggi yg mn azazil pun duduk d bwhnya.knp serat tapel adam harus d password sedangkan yahudi sudah lama tahu?

  6. Kalau dirasakan banyak buruknye… usah dibabarkan. Tapi gayanya mcm pratonton… bikin penasaran dong

  7. Maka itu sbbnya yahudi bersifat kebinatangan… Diatas pengetahuan… Yg sepatutnya tidak perlu di babarkan.. Mohon maaf.. Kalau bahasa kurang sopan..

  8. nuwun ki wong alus jika serat itu bnyk nudhorotnya apa gk sebaiknya di musnahkan saja,kalo di psswd kayak gini ntar kalo ada orang yg bisa gunain software pencari psswd tetep aja akan terbuka trus dampaknya?. . . .
    maafkan saya yg lancang ini
    Nuwux

  9. nuwun ki wong alus jika serat itu bnyk nudhorotnya apa gk sebaiknya di musnahkan saja,kalo di psswd kayak gini ntar kalo ada orang yg bisa gunain software pencari psswd tetep aja akan terbuka trus dampaknya?. . . .
    maafkan saya yg lancang ini
    Nuwun

  10. kaji Al Quran ma kaji diri lom selesai.dah ada kaji eyang buyut nya setan.he3x.jd makin penasaran ma kaji diri.klo eyang buyut nya setan canggih2 gtu.kira2 apa yah yg tersembunyi dlm diri manusia.ampe manusia di bilang mahluk ciptaan Nya yg paling sempurna.knp g eyang buyut nya setan aja yg dapet julukan itu.n denger2 Prof.Dr.H.Azazil SH.Msc sbelum mbalelo mrpkn salah satu panglima perang malaikat yg di utus membumi hanguskan mahluk2 cipta an Nya yg bandel sebelum eyang nabi adam di bikin.nopo leres niku mbah?.n klo di catatan tapel adam.ada catatan ttg kaji diri manusia.mbok kulo di paringi mbah wong.

  11. kalau udah tau berbahaya, ngapain di kasi tau sampe nama kitbnya segala…??? mendingan jd rahasia pribadi aja….???? kok diceritain…??? heheheeeee…ntar yg penasaran malah cari tau dimana atau bgmn caranya dapetin kitab tsb…??? heheeee….

  12. Sedulur smua, mari kita bersikap dewasa. Kalau blm perlu, mari kita belajar diri dulu pelan pelan agar nanti mengenal tuhan: man arofa nafsahu faqod arofa rabbuhu

  13. Sudahlah….klo sudah gitu…jangan di babarkan,…mending buat koleksi pribadi pengasuh KWA saja,walaupun banyak yang pengen tahu….mending postingan lain saja yang dibabar supaya bermanfaat bagi smua…tentunya berguna buat kehidupan sehari-hari

  14. …Udah di babar aja ki..baik atau tidaknya tuhan yg menentukan…saya yakin kok …apa yg akan tjadi tuhanlah menentukan…tdak akan mreka yg pya niat jelek dg mudahnya menguasai ilmu itu ..pasti Tuhan tahu kok!!!

  15. se7 @ki arifyanto ilmu yg berguna dlm “khidupan sehari hari” hari “ini” dan hari “esok yang tanpa hari”

  16. Itulah dunia maya.., dari satu sisi , memberikan manfaat positif tp dari sisi lain terutama mslh ghaib sesuai dgn kepentingan ilmu jadi pembatas antara pengijazah dan penerima ijazah….wallahu ‘a’lam. yaaah gimana baiknya aja…

  17. 33. wongalus says: 17 May 2011 at 00:35 Pemusnahan +
    pembakaran karya
    ilmuwan bukan cara
    rasulullah, mas.
    //buah simalakama,
    Nyemak ki alus aja kemampuan saya jauh dari sepadan

  18. Yang paling mulia adl beragama sesuai koridor syariat, kemudian sesuai jalan /tarikat agar bisa mengambil hikmah/hakekatnya

  19. nyimak.
    Saya setuju jgn dibabarkan ki.
    Kalolah dibabarkan bs bahaya.
    Ya to..?
    Kata mas kumitir,Dengan mewiridkan nama leluhur mahluk halus saja,bisa sakti….weleh..weleh.
    Wong kita ngamalken ilmu yg pake laku puasa saja blm tentu bs sakti..hehe.
    Mas kumitir,sakti ne misale koyo opoyo.?
    Hehe. Mohon maaf kalo ada yg tdk brkenan.
    Monggo dilanjut..

  20. Nambah pengetahuan biar ngerti salam buat sedulur KWA aku lgi di Tanjung Uban

  21. KLAU GAK SALAH ORANG SAKTI iku nggono wong sing gak nduwe musuh…KULO ABSEN NYIMAK MANEH BEN CPT FAHAM.AMIN.

  22. nuwun sewu ki wong alus,kalo saya cocoknya ngamalin apa ya ki?
    Pinginya rajeh tapi tp berhawa panas(katanya),
    Pernah pelajari rajeg wesi bawaanya marah melulu.
    Mohon petunjuknya ki sekalian saya di “tuntun”
    Nuwun

  23. Assalamualaikum ki alus lan sesepuh semuanya..
    ki alus mbok tulung direkomendasikan daftar ke ilmuan di KWA ini untuk pemula,biar ilmu itu bisa trep di badan.ngapunten ngih…m suwun…

  24. selamat pagi ki alus
    selamat pagi poro sedulur semua
    selamat pagi jagad gede
    selamat pagi wahai semua mahluk hidup

    subuh subuh subuh
    bangun bangun bangun

  25. Bangun tidur tidur lagi
    Bangun lagi tidur lagi
    Bangun… tidur lagi
    Ha ha ha ha
    of
    Bangun tidur tidur lagi
    Bangun lagi tidur lagi
    Bangun… tidur lagi
    Ha ha ha ha

    Habis bangun terus mandi
    Jangan lupa senam pagi
    Kalau lupa… tidur lagi
    Ha ha ha ha

    Barang siapa yang ingin hidup
    Awet muda, bahagia di dunia ini
    Kurangi tidur banyakin ngopi
    Ha ha ha ha
    I love you full

  26. wah seru ni, hehehhe
    namaku tercantum dalam genealogi/keturunan nenek moyang ngak ya ?
    wah seru juga kalau aku dapat urutan. hehhehehhe

    guyon lho

  27. Kadang Qt tak sadar melakukan kesalahan kecil yg sesungguhnya merupakan “Kemakruan” Hati yg paling besar…..Jk memang Babi itu haram,jangan pernah Qt beberkan kelezatannya apalagi mengiming-iminginya dengan sepotong daging Babi panggang dengan cerita enaknya rasa……sdg Qt tahu bahwa Iman Qt masih lemah……..Ingat Pitutur Bapo Semar: Gong,ning suralaya iku dulur ira kabeh,yen siweg reriyungan wong akeh ojo bebisikan…ora pantes nira kang dituwakake,yen ono bejah kang ora kena krungu wong akeh mengko bejahe ning umah dewe ae bok menawi disangka ajeng Gugat kedewatan….@@Kring Cungkring sira ngomong opo,nembe mlebu wir ngawur swarane……kwkkkkkk kabbbooorrrrrrrrr

  28. Ada ide nih ki…gimana kalo nama2 leluhur iblis tsb dipatenkan….biar ga sembarangan dibicarakan…eh tapi ngomong2 ya ki…bagaimana jika ada seseorg yg namanya sama dg leluhur iblis tsb…jika disebut2 nama org itu apakah leluhur iblis juga konek ? Trus mungkin jg akan bisa sakti…!?

  29. setuju sama yg ini;… :)

    “kaji Al Quran ma kaji diri lom selesai.dah ada kaji eyang buyut nya setan.he3x.jd makin penasaran ma kaji diri.klo eyang buyut nya setan canggih2 gtu.kira2 apa yah yg tersembunyi dlm diri manusia.ampe manusia di bilang mahluk ciptaan Nya yg paling sempurna.knp g eyang buyut nya setan aja yg dapet julukan itu.n denger2 Prof.Dr.H.Azazil SH.Msc sbelum mbalelo mrpkn salah satu panglima perang malaikat yg di utus membumi hanguskan mahluk2 cipta an Nya yg bandel sebelum eyang nabi adam di bikin.nopo leres niku mbah?.n klo di catatan tapel adam.ada catatan ttg kaji diri manusia.mbok kulo di paringi mbah wong.”

    mangtaaaabsssss :D

  30. @cungkring….nek sing gawe aran bapakne..berarti bapakne luwih jadug..ngono ? Tapi bapakne jenenge sopo kring…cungkring…

  31. “HIDUP TIDAK ADA TUJUAN TAPI ADA YANG DITUJU”

    Mohon penjelasannya Ki ?!

    Ngapuntene n Maturnuwun.

  32. mas wong alus. . .menanggapi polemik(lebay ya?hehe. .) saya menyarankan ki wong alus membeberkan nya dgn niat untuk pencerahan poro sedulur biar tdk slah jalan. . .krn ada beberapa wirid yg keliatan benar bs jg salah krn mewiridkan iblis dkk. . .dan jg sbgai tmbhan kekuatan iman dgn tau sejatinya dewa2 itu siapa mk qt tdk akan tersesat. . Panjenengan tdk usah takut akibt buruknya berprasangka baik ja. . .mudah2an dgn di bukanya serat trsebut menjadikan qt mawas diri,tmbh iman,tmbh ati ati mengamalkan amalan pokok e tmbh tmbh yg lain dweh. . .nuwun salam seduluran

  33. assalam… pak Wa dan KK tolong ya jangan di babarkan demi keharmonian manusia seluruhnya…maklumlah manusia yang beriman selama 500 tahun pon bisa kontal apa lagi kita.

  34. Apa si tujuannya ronggo warsito yg warsis menyususn Kitab Tapel Adam,apa benar utk menyesatkn Umat manusia?………Klo Memang efeknya sesadis yg diworo kn diatas….Benar lebih baik kitab Tapel Adam dimusnahkn utk kmaslahatan Umat……

  35. Nyimak..
    @mbh burger… He3x gm kbrnya mbh lama nih g ol…
    @mas haryo and all dulur met pagi

  36. babar aja ki,…’
    Sebagai pengetahuan sedulur” semua,.’! !
    Baik buruk ny kan,..
    Ada sang maha penentu yg maha mengetahui,.’!

    Walah ngmng opo aku iki,..
    Ma’af ki,.’
    sya cuma wong ndeso,.’

  37. Neng Aisyah bapaknya izazil yo jenenge Papane Izazil…..kwkkkkkk (ponakawan curiga si aisyah iku wedok anging dudu cewe’)…..kabbborrrrr

  38. @burger kill,.,.alhamdulillah saya jg baik,.,.,
    @bocah lawu.,.,sugeng injing ugi mas,.,

  39. Salamm,,

    @Kang cungkriiìiinggg…
    Pun0kawane ckep2 trnyata,hahaha..

    @mbah yai WongAlus:skdar usul nggih,maaf nek kurg brkenan,,
    lbh baik d babar dl pd slrh bolowongalus ttg risalah2 dan pelatihannya skalian mngenai mslh qalbu dl mbah,biar pd adhem dn dpt mengenal qalbunya msng2,mngenal mana itu nurani,shg mengenal nafsnya msng2 (man ‘arofa nafsahu faqod ‘arofa robbahu).Mgkn stlh itu br bs d babar jalan menuju langit ke7,dinding jalal,hingga ke ‘arsNYA.Mka dsaat bolowongalus tlah smpe dsna,ga dperlukn lg protek2an dg passwod.Rak ngoten nggih?
    Duh,skali lg maaf bngt lho nek kurg brkenan dg usul sy ni,skdr urun rmbug..

    Met aktifitas bwt smua bolowongalus,salamm..

  40. kalo di protek gk papa,mungkin Alloh belum mengijikan kita tuk belajar serat itu

  41. Tapi benernya gpp…klo diwedar gak usah dikash tahu wirid2nya gmana kan gpp..tadinya aja ak gak tau tapel adam kyak apa…taunya tapel kuda,lsung aja dposting gak usah diksh tau wirid2 gamana..kan ntar taunya silsilah biasa..tpi krna udh ribut2 jadi WOW ki!!!!!

  42. Kalau sumbernya dari kitab karangan R Ranggo Warsito berarti banyak yang sudah baca , kenapa nggak dibabar aja sbg tambah wawasan untuk anggota KWA

  43. •♥•♥•♥•♥emm•♥•♥•♥•♥mang•♥•♥•♥•♥ apa•♥•♥•♥•♥ yg•♥•♥•♥•♥ di•♥•♥•♥•♥ribut•♥•♥•♥•♥kan.•♥•♥•♥•♥

  44. •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥
    •♥•♥•♥•♥

  45. Buat apaan juga tau leluhut/nenek kakek moyang Stan. Jin, Iblis dll…… mending tau tentang ASMAUL HUSNA nama-nama ALLAH sang pencipta, jauh lebih bermanfaat dari pada mempelajari nama leluhur/nenek kakek moyang jin, setan, iblis dllnya ,,, ckckckckck

  46. ingin tau leluhur setan dan jin,WHY..?????,Lah wong saya sendiri aja siapa blm tau’ rumah iman dimn pun blm tau…,dasar saya AREK ILANG…hikhik..

  47. mahasiswa ikut sesepuh saja, bila kiranya sesepuh kurang berminat dan kurang bnyk manfaatnya, baiknya di tunda saja dulu hingga batas waku yang tak tentu..

  48. Terima kasih penjelasannya, mohon penjelasan lebih lanjut, jika iblis izazil dulu penghulunya malaikat , apakah ia merupakan dari golongan malaikat.??,
    pertanyaan kedua, dimanakah sekarang si iblis izazil tersebut? Jika Nabi Adam di diturunkan ke bumi, apakah iblis izazil tersbut juga turun ke bumi bersamaan dg Adam turun ke bumi.? Pertanyaan ketiga apakah hanya iblis Izazil ini yg tidak mati sampai hari kiamat tiba atau ada Jin , pengawal atau punggawa izazil yg juga tidak mati sampai kiamat tiba.

    Terima kasih sebelumnya

    salam dari jauh..

  49. ya dibabar aja mas WA, la wong kitabnya membuat bom, nuklir, komunis dll udah pada dibabar, itu tinggal orangnya aja. kitab-kitab itu ndak sakti, yg sakti ya kun NYA.

  50. Kalo lebih banyak mudorotnya saya setuju di paswod,.
    Dan alangkah baiknya untuk mengurangi rasa penasaran
    dibabar aja isi kitab/merangkum makna yg tersirat dr isi kitab tanpa menulis nama2 didlm kitab tersebt,.
    Dan kalo itupun masih masih banyak mudorodnya sebaiknya jangan dibabar dan dibahas lagi,.
    Mohon maaf bila saya banyak salah
    matornuwon,.

  51. Ternyata Mahluk gaib tidk dipanggil hanya di rasani/dibicarakan dia akan datang tanpa kita sadari,.
    Dan sebagian orang bila bercerita tdk berani menyebut nama gaib yg dbicarakan,.
    Saya jg tdk tau apa sebabnya mungkin sedulur disini bisa menjelaskan,.?

  52. aslamualaikum nyimak akkkkk…absen siang…abis sholat duhhur…….moga yang di lakukan sesepuh benar….saya dukung…….dari pada banyak negatifnya jangan di beber,,,,,tapi kalo sesepuh ada wangsit di suruh beber…monggo….saya dukung hehehe

  53. heee hamba Allah, lo tu pura-pura tidak tau apa elu pura-pura bego. Aku tidak pernah bilang Allah dukun, lah ente sendiri yg bilang.

  54. Assalamu’alaykum salam ukhuwah n silaturrahim tuk Ki Wong Alus,smua pini sepuh n sedulur smua…absen siang.
    makin rame n seru nih di KWA…saya bisa tambah ilmu pengetahuan n saudara. tuk yg mengaku nick name: ALLAH, anda adalah syetan yg berwujud manusia..

  55. kalo di bagi password nya nanti ada org2 yg bisa ngomol wongalus tu dukun yg menyesatkan…so bukan saja wongalus yg sesat kita juga pun akan dianggap sesat kerana jadi pembaca blognya….zaman moden kritikannya pun moden xiii….

  56. yg memakai nick:Allah anda sebenarnya bukan muslim dan jgn bergurau guna nama Allah…anda memang berani masuk neraka….

  57. dan ngomong2 soal IBlis, Setan, JIN dan makhluk halus lainnya. ijinkan saya memposting berikut ini. mdh2n ada manfaatnya, minimal sbuah diskusi..

    ‘BIOGRAFI IBLIS”

    1. Nama : Iblis

    2. Gelar : Syetan

    3. Tgl. Lahir : 1-1 Tahun perintah Sujud kepada Adam

    4. Alamat : Hati orang-orang yang lengah/Tak berDzikir kpd Allah

    5. Warga Negara : Dunia

    6. Agama : Kekufuran, kemusyrikan

    7. Pekerjaan : Pengasuh semua manusia yang sesat dan dimurkai Allah

    8. Pangkat dan Golongan : Pembangkang Utama

    9. Jabatan : Pemimpin Tertinggi Kekufuran dan Syirik

    10. Masa Kerja : Sejak kelahiran Nabi Adam sampai Kiamat

    11. Modal kerja : Penipuan

    12. Cara Kerja : Bertahap, halus dan tak terasa

    13. Sarana : Seks, Harta dan semua hiasan dunia

    14. Sumber Rezeki : Semua yang haram dan semua makanan yg tidak disebut nama Allah

    15. Tempat Favorit : Night Club, pasar dan tempat-tempat kotor

    16. Hobi : Menyesatkan dan menjerumuskan manusia, menghiasi keburukan dgn keindahan

    17. Cita-cita : Semua manusia masuk neraka

    18. Isteri : Semua yang terbuka Auratnya

    19. Anak Sah : Sembilan Anak

    20. Cucu-cucu : Yang durhaka pada orang tuanya

    21. Yang ditakuti : Dzikir dan ayat Al Qur’an

    22. Musuh : Allah dan orang beriman

    23. Teman : Semua yang rakus, boros dan ingin kekal

    24. Kekuasaan : Nihil

    25. Kemampuan : Lemah

    26. Wewenang : Merayu

    27. Alat Komunikasi : Waswas dan mengumpat

    28. Yang paling disenangi : Pemutusan hubungan antara Allah dan manusia

    29. Kepribadian : Takabbur/Angkuh/Sombong

  58. usah dibabarkan mas wa.kata org sumatra jika tau asal sesuatu kita xkan dibinasakan oleh sesutu itu.mn lebih baik dibinasakan atau tidak dibinasakan?

  59. ah sayah mah….ikut nongkrong aja, liat koment…lucu-lucu….
    salam buat semua…..
    kang wong alus…..salam silaturahmi dari saya…

  60. Absen sore para sedulur
    wah ngapain tu dwarung remang2 brdua’an lg jd curiga uy qiqiqiqi

  61. salam salim poro sedulur….
    salam salim …..
    @ ki wong alus
    @ ki 0000 energizer kwa, kang kumitir
    @ ki komandan koboy…
    wah ketelatan ikut cangkrukaannya….
    dibabar besok raboan mawon ki….
    kembali menjadi manusia biasa….
    bukan manusia super….

  62. Mending kalo ada kitab kaji diri aja.. Ada yg punya gak yah? Mari dibe2rkan disni :)

  63. Benar2 mantap kwa,smua tipe manusia dari a sampe z smuax ada,hehehehe
    @ll:semangat malam smua,salam salim salam takdzim&salam seduluran 100% bersaudara;)

  64. ampuuuun rasis lagi rasis lagi………hehehehe…beda otak beda stateman hehehe….opini bertabur bintang…..yang penting tidak musuhan….salam,salim,asih,rahayu,eratkan tali persodaraan di universitas wongalus,,,,walapun beda jurusan tapi satu hati kita asalkan menyembah allah SWT,hasbunawlohu wa nima wakil……lucu….banyak jurusan di sini….jurusan supranatural,jurusaan iptek,jurusan wealllah banyak hehehehe….yang penting kita bersodara…….perbedaan adalah nikmat tak terhingga

    abesen malam sekalian hehehehehee

  65. “Ya Allah Ampuni lah orang orang yg telah berkomentar memancing permusuhan dan pertentangan sehingga semuanya saling Menyakiti diri masing masing dan Berikan lah mereka pahala yg besar bagi orang yg Bersedia Meluruskan permasalahan dengan ketentuan tdk menghujat orang yg telah berbuat kesalahan dengan ke egoisan mereka dan YA Allah jika mereka orang orang yG telah diluruskan tdk bisa menerima nasehat yg telah diberikan LAknatkanlah mereka dan bekukan HATI mereka sehingga mereka akan menyesal dan berdoa memohon ampunan kepadamu” .amin.

    Tetap Setia memantau Komentar GAtocolo ..PISS.

  66. dalam komen pon sudah nampak cara fikiran kita belbagai..ada yg komen mengunakan nafsu sendiri gelojoh dan berkepentingan diri,ada yg mengunakan akal dan adap….makanya setelah di nilai secara halus risikonya lebih baik tidak di babarkan ya lagi bagus,maka nya kita semua tetap begini jika tidak dibabarkan.dri dibabarkan makin bertambah keburukan kan kekufuran.

  67. Ass wr wb..
    malam semuanya…
    Judul yg agak serem…
    Banyak kerahasiaan yg kita tdk tahu…
    Yg kelihatan bener aja bisa kurang bener apalagi kurang pener…
    Nyimak aja monggo dilanjut…
    Salam salim utk semuanya

Komentar ditutup.