UNTUK SEBENTUK KEINGINAN


Enrico Burhan

0852.6846.8720
rico_endo@yahoo.com

Assalamu’alaikum wr wb….salam ta’dhim saya haturkan kepada semua sesepuh dan pengampuh dii Kampus Wong Alus, salam sayang penuh cinta untuk semua santri Alus dimanapun kalian berada.

Saat ini saya hanya ingin ber intermezzo saja dengan kalian. Ada saatnya sejenak kita meletakkan beban dan mencoba untuk rilex dari kesibukan. Terlebih bagi para Hikmater ( Ahli wirid, begitu saya menyebutnya.red ). Mungkin saja,entah dimana dan dalam keadaan bagaimanapun…mereka yang mencintai wirid selalu disibukkan dengan hitungan dan bacaannya. Bukan tanpa sebab, demi sebentuk keinginan maka kebanyakan dari kita mencoba meraihnya dalam waktu secepat mungkin dan sebanyak mungkin. Hajat dan keinginan yang membuncah di dalam dada terkadang mengalahkan pikiran-pikiran rasional.

Saat ini saya tidak berbicara sebagai Pangeran Sukemilungsaya berbicara sebagai pribadi seorang sahabat yang bernama Enrico Burhan. Dengan kebiasaan dan keadaan yang sama dengan kalian. Kenapa saya katakan begitu ?? Sebabnya sederhana…jika para sahabat menghubungi saya sebagai seorang Pangeran Sukemilung sama artinya dengan para sahabat akan mencurahkan isi hati dan masalahnya kepada saya. Sedangkan saya tidaklah beda dengan kalian. Hanyalah sebuah pribadi yang kadang kala juga terjebak kesalahan, ke khilafan dan  kelemahan. Semua itu manusiawi menurut saya. Perbedaan yang nyata adalah bahwa saya pernah duduk bersama guru-guru dan mursyid dalam majelis ilmu. Dan dari beliaulah saya mendapatkan apa yang saya miliki sekarang. Sebagian dari itu sudah saya bagi kepada para sahabat dengan tulus ikhlas. Mungkinkah dari semua pemberian itu, baik dari saya yang dhoif ataupun dari para sesepuh yang lain, sudah bisa memberikan solusi bagi hajat para sahabat ?? Sudahkah semua pemberian itu menghantarkan keinginan para sahabat kepada tempatnya ?? Jika pun kalian menerima semua bentuk bacaan wirid ( Ilmu.red ) apakah para sahabat yaqin bahwa kelak pemberian itu tetap bermanfaat bukan hanya bagi kehidupan dunia tapi juga di akhir kelak saat kita berkumpul dalam penghisaban di Yaumil Akhir ??

Saat ini mungkin waktu yang tepat bagi semua pertanyaan yang ada dalam batin para sahabat untuk saya jawab. Saya tidak akan berbicara tentang tingkatan makrifat dan kedudukan spiritual para sahabat, saya hanya ingin membuka wawasan kalian bahwasanya semua gelisah yang menghantui jiwa kita pasti akan ada JAWABANNYA ??  

Kita mulai dari sebuah pertanyaan   :

BERAPA LAMA DOA YANG KALIAN PANJATKAN SAMPAI KEPADAMU DAN MENGANTARKANMU KEPADA TUJUAN ?

Bagi kalian yang sering mengambil amalan wirid di kampus ini pasti mempunyai stok wirid yang mungkin saja menyamai stok wiridnya para Kyai. Kalian mengumpulkannya berdasarkan keinginan kalian. Dengan melihat faedahnya dan kegunaan wirid tersebut. Dengan nafsu yang menggebu- gebu semua amalan itu di simpan rapi didalam arsip ghaib yang kalian beri judul :

KUMPULAN AMALAN-AMALAN MUSTAJAB.

Dalam pengamalan itu terkadang sahabat menemui pengalaman spiritual yang tidak bisa terjawab. Kembali kebingungan melanda. Jika amalan itu untuk kesaktian maka biasanya ada beberapa Ruhaniyaan yang datang, entah itu khodam ayat, jin iseng, ataupun gangguan syaiton. Bagaimana cara sahabat bisa membedakan sifat dan keadaan Ruhaniyan itu ??  Ada lagi yang bertanya kepada saya tentang kemustajaban antara amalan yang satu dengan amalan yang lain ?? Kemudian minta ijazah amalan yang paling  mustajab, yang spektakuler, tajam dan terpercaya ??? Ada lagi yang kebingungan karena doanya seperti tidak pernah di ijabah, lenyap dan hilang ??? Yang lain bercerita sudah riyadhoh belasan hari tapi ilmu belum tajrib juga ??

PRIHATIN  ??? sudah tentu saya miris melihat keadaan itu. Betapa banyak para sahabat yang lelah dalam amalannya tetapi tidak menemui keberhasilan. Betapa banyak sahabat yang merasa ilmunya tajrib tapi kemudian sadar bahwa dia ada dalam lingkaran tipu daya Jin / syethon. Betapa banyak kelelahan itu menyebabkan hilangnya kepercayaan terhadap semua bentuk wirid ?? Mari kita kaji satu persatu para sahabat….

  1. Hilangkan kebiasaan mengkoleksi bacaan wirid yang tidak  kalian fahami asbabun nuzulnya dengan baik.. Kebiasaan seperti ini hanya menyebabkan kalian berangan-angan saja.Apakah dengan mempunyai koleksi puluhan bacaan akan bisa membuat kalian menjadi seorang spiritualis handal atau seorang prayer yang mumpuni ?

  2. Kembali kepada sunah An-Nabi SAW. Pelajari dan pahami dengan baik setiap  sunah Beliau SAW. Tumbuhkan rasa mahabbah dan tawaduq. Yaqini bahwasanya keutamaan beliau SAW lebih dari Nabi manapun.

  3. Carilah Guru Mursyid dan mengabdilah kepada beliau dengan tulus.Satu Mursyid dapat mengantarmu kepada puluhan guru yang bukan Mursyid.

  4. Duduklah bersama sahabat yang bisa membuat batinmu tenang, orang-orang yang menyimpan kebijaksanaan didalam jiwanya. Ilmu yang baik, benar dan yang berasal dari sumber yang jernih akan membuat pengamalnya menjadi lebih lurus  dalam  berpikir dan bertindak. Mereka akan memadukan Dzikir dan Pikir dengan seimbang. Keseimbangan batiniah mereka jauh lebih baik dan sempurna.

  5. Perbanyaklah bermuhasabah. Koreksi dirimu dan perbaiki jika kalian menemukan cela di dalamnya. Cari tahu apa yang menjadi keiinginanmu sebetulnya.

Kelima point di atas belumlah bisa menjawab keseluruhan pertanyaan para sahabat, tapi minimal bisa mewakili apa yang menjadi sebab tidak / belum berhasilnya sebuah riyadhoh. Tulisan ini tidak akan mengambil contoh orang lain, saya akan menceritakan pengalaman saya sendiri. Secara pribadi saya tipe orang yang logis dengan keinginan selalu memperbaiki kualitas spiritual dari waktu ke waktu. Jungkir balik bahkan tak jarang terperosok. Hanya karena kasih sayang-NYA dan bantuan para mursyidlah saya bisa selalu kembali. Saya di kelilingi para sahabat yang siap setiap waktu membela dan menolong saya. Merekalah yang menjadi saksi perjalanan spiritual. Mereka selalu hadir menolong jika saya kesulitan. Mereka-mereka inilah yang di jadikan ‘ KHODAM ‘ oleh Allah SWT untuk saya. Kehadiran mereka yang nyata dan ada membuat jiwa saya selalu tenang dan terjaga. Saya tidak jatuh dalam khayalan ghoib tentang sebentuk khodam tanpa rupa dan mendebarkan. Mereka datang kapanpun mau…tanpa saya harus bersusah payah membaca ribuan wirid. Mereka dating dengan kerinduan seorang sahabat, bukan dalam kegelapan dan kebingungan. Silaturahmi kami pun  terjaga dengan baik.

Selanjutnya …bagaimana saya menyikapi persoalan yang menimpa saya ??? Bagaimana cara saya mendapatkan semua hajat saya  ??? Berapa record tercepat doa yang saya panjatkan datang dengan sempurna ??? Untuk para sahabat ketahui…saya tidak pernah menjadikan diri sebagai ‘ CHEEKER GUDANG ‘ yang hanya menghapal nama-nama barang / produck. Saya lebih suka menjadi seorang ‘ DOKTER ‘ yang paham takaran dosis serta obat apa yang tepat untuk penyakit saya. Kebanyakan para sahabat hanyalah menjadi CHEEKER GUDANG saja. Menghapal puluhan amalan tanpa tahu obat dan dosis yang tepat  untuk hajat / masalah mereka. Hasilnya  ? ……NOL BESAR

Lihatlah bagaimana cara para Mursyid memberikan Ijazah…beliau tidaklah sama dalam memberikannya. Dua orang yang datang dengan kasus yang sama kemudian minta doa+ijazah, akan diberikan ‘ obat ‘ yang berbeda. Yang satu mungkin hanya disuruh banyak istighfar dan yang lain mungkin saja diminta lebih banyak bershodaqah. Yang tampak di mata seorang mursyid, mereka hanya diminta untuk memperbaiki kekurangan saja. Demikianlah yang biasa kami lakukan !! Saya tidaklah buru-buru memvonis bahwa apa yang terjadi harus segera diselesaikan dengan amalan ini atau itu. Saya mencari terlebih dahulu penyebabnya baru mencari obatnya.

Contoh kasus paling baru   :

  • Awal Januari saya kembali pulang ke palembang setelah sekian lama di tugaskan di medan. Saya kembali sebagai seorang pengangguran. Seorang laki-laki tanpa status dan harga diri. Begitu menurut saya. Awalnya merasa senang karena bebas dari rutinitas kerja. Setelah satu bulan gelisah menghinggapi diri, barulah kemudian saya melaksanakan riyadhoh untuk mencari wiridan yang tepat untuk masalah saya. Saat itu ada tiga hal yg menjadi beban, Utang-Uang-Kerja. Apa wiridan yang tepat yg dapat merangkum semua hajat itu ?? Jawaban sekaligus solusi untuk itu adalah saya mendapatkan Ijazah Asma Ul-Husna dari sahabat saya DENWIEK. Hasilnya bagaimana ?? woow sangat mengagumkan…tuntas dalam tempo tepat 2 minggu. Tentang bagaimana caranya saya mendapatkan Ijazah itu biarlah hanya menjadi rahasia antara saya dan Mbah Denwiek.

  • Kasus ke dua adalah masalah yang menimpa saya dengan abang saya. Permasalahan uang yang menjadi pokok utama. Saya lakukan kembali pencarian Isyaroh itu. Belum ada isyaroh yang dapat di jadikan patokan selama beberapa hari. Tepat hari ke lima, mendadak ba’da dzuhur  Isyaroh itu saya dapatkan. Ba’da dhuhur itu saya membaca Ratib Al-Attos sebanyak 40x.. Belum tau setelah itu akan mendapatkan solusi apa. Malamnya….ba’da maghrib saya di telpon teman dan bilang akan mengembalikan uang saya. Alhamdulillah….berarti kurang lebih 7 jam saja doa itu terjawab.

  • Kasus ke tiga adalah ke inginan saya untuk kerja di tempat lain dengan jabatan yg sama saat terakhir saya bertugas. Kurang lebih 15 hari melakukan riyadhoh, saya teringat akan sebuah Ismul A’dhom ( pernah diposting dengan judul yang sama )…saya  tergerak untuk membacanya. Hasilnya….?? Mendadak saya dapat telpon dari seseorang yang bernama Andri ( kelak akan menjadi Pimpinan saya sekarang ). Beliau bercerita panjang lebar dengan saya. Terjalin ke akraban. Suatu hari saya di undang main ke kantornya, awalnya saya kira beliau adalah pegawai biasa seperti saya. Ternyata sangat mengejutkan…beliau adalah Seorang kepala cabang. Wah…ada apa ini ?? dengan tanpa tedeng aling-aling ( njiplak ucapan Mas Wiro Sableng ! ) beliau menawarkan Jabatan Sub Branch di daerah. Dengan beberapa fasilitas yg membuat saya tertarik. Kalo sudah begini saya ga komentar banyak….Alhamdulillah.

Untuk kasus yang lain sangat banyak. Hal itu yang membuat saya selalu  hati-hati dalam memilih wirid yang tepat untuk suatu hajat. Saya pun menyarankan para sahabat untuk bersikap demikian. Jangan terjebak dalam iklan faedah suatu amalan. Cari tahu dan yaqini bahwa amalan yang kau dapat bisa mengantarmu dengan baik tanpa kehilangan barokah para Nabi dan Aulia Allah. Ucapkanlah QOBILTU…jika memang hatimu berkata bahwa memang itulah obat yang tepat bagimu. Insya Allah saya akan mengajarkan kepada kalian bagaimana caranya mencari Isyaroh yang tepat. Saya bukanlah orang sakti seperti kebanyakan sangka para sahabat. Sama seperti kalian…saya pun menadahkan tangan kepada-NYA saat menemui kesulitan. Saya pun menangis dan mengadu kepada-NYA akan beban batin saya.

Intermezo ini rasanya sudah terlalu panjang. Maafkan saja jika kelemahan artikel ini membuatmu tersinggung atau tersindir. Demi Sebentuk keinginan mari sama-sama memperbaiki kwalitas spiritual kita. Akhirul kalam saya ucapkan kepada semua sahabat, jangan pernah bersedih jika doamu belum di ijabah. Kau tidaklah tahu apa Rahasia dibalik itu sampai kelak Allah akan membukakannya untukmu. Selamat berdoa semoga semua hajat segera terqabulkan…Amiin.

Untuk sedikit intermezzo ini saya hanya meminta kepadamu “ sertakanlah saya dan keluarga juga semua Mursyid dan guru kami didalam doa-doamu…Insya Allah kepada semua sahabat, kita akan berjumpa kelak secara langsung. Rindunya hati seorang sahabat kepada sahabatnya jauh lebih berat dan besar dari sebuah gunung ataupun jauh lebih luas dari sebuah samudera “

Saya Pamit….Jazakumullah bi ahsanil jaza. Barakalloh fiikum…

Footnote :

Salam ta’dhim buat Abangku Sanjaya di Bandung…thx atas nasehatnya. Good Job Brother !

Salam sayang untuk sahabat terbaik Muhammad69…Jangan nganji yo ji !! hehehehehe…

@@K

Iklan
Categories: UNTUK SEBENTUK KEINGINAN | 303 Komentar

Navigasi pos

303 thoughts on “UNTUK SEBENTUK KEINGINAN

  1. melok nyimak ae om, lamo dak ngumpul ^_^

  2. Abu Yahya

    terima kasih sudah berbagi pengalaman

  3. raden wijaya

    katilu, hore dapet katilu, benar kang enrico burhan apa yang diutarakan benar semua punten 100

  4. shuii

    absent
    pelajaran baru bab baru
    mash 10 besarrrrrrr

  5. Rihlah Rahmatullah

    10 besar

  6. Jaya Mendung

    Absent siang
    Salam wirid

  7. Heemmm bersyukurlah anda atas segala keberuntungan selama ini….dan semoga saja tidak ada buntung di akhir nanti…..banyak skali orang yg memulai kebaikan..tapi sangat jarang yg berakhir dg baik…

  8. Rihlah Rahmatullah

    Wuuihh Mantaaps intermezzo Kang Masku. Sdkt memperbaiki “Mind of System” and “Believe System” adik Kang Masku ini..Jd ingin segera brtemu dgn Kang Masku ini…alhamdulillah Kang Masku, skrg adik Kang Mas ni dekat dgn Kang Sanjaya. Trnyata Kang Sanjaya tu sring ke Sukabumi jg..Jazakumullahu khoyron katsiron ya Kang Masku…”Lil wasa_ili hukmul maqhosid…” Man Dalla ‘ala khoyrin falahu ajru kafa_’ilihi,,

  9. udengudeng

    absen siang. Nyimak monggo d lanjut

  10. Deri

    Melok nyimak pulo sm Musafir Besemah… Mbuat kopi kite mang?

  11. ABSEN SIANG 20 BESAR LUMAYAN…SALAM TAKDIM UNUK SEMUANYA

  12. ♫ KWAn_Lama ♫

    Mantaaaaaaaaaaaapppp

  13. bar subuh

    Saat ini saya tidak berbicara sebagai Pangeran Kepagian…saya berbicara sebagai pribadi seorang sahabat yang bernama bar subuh. Dengan kebiasaan dan keadaan yang sama dengan kalian. Kenapa saya katakan begitu ?? Sebabnya sederhana…jika para sahabat menghubungi saya sebagai seorang Pangeran kepagian sama artinya dengan para sahabat akan mencurahkan isi hati dan masalahnya kepada saya. Sedangkan saya tidaklah beda dengan kalian…….maaf komen sekedar copas habis mau komen apa ya?? o ya met sianggg semuwa

  14. bar subuh

    kimas sabdo sejati tidak promosi kok cuma menawarkan beda lho mas…

  15. Tak bernama

    Nyimak

  16. ki vienzchen

    aslamualaikum….nyimak….

  17. Rihlah Rahmatullah

    Jk boleh beropini kaitannya dgn intermezzo Kang Mas Rico ini…emang ilmu-ilmu (wirid2/amalan) yg diposting n di ijazahkn oleh para sesepuh & sedulur di blog-blog sprti KWA ini—krna blog-blog sprti KWA ini skrg mulai menjamur, brkembang,,dan saya mmandang Blog KWA ni sbg inspirator&motivator bg blog2 yg lain—begitu banyak & amat beragam. Mgkin bisa diibaratkn hidangan yg banyak yg lezat, brgizi dan menyehatkan. Saya teringat jika sedang Puasa, khususnya Puasa Ramadhan, siangnya sblm brbuka, saya mncari & mngumpulkan brbagai jenis makanan yg enak2, sehingga trkumpullah brbagai jenis minuman n makanan yg banyak, dgn hrpn dpt dimakan n “memuaskn” ketika pas buka puasanya..hmm namun ktika saatnya brbuka puasa tiba,,Jangankan dimakan semuanya, dicicipi smuanya pun bgtu sulit. Ya, mgkn jalan trbaik dibagikn/disedekan kpd saudara/tetangga. Naaah mgkn ilmu-ilmu yg dikoleksi pun ibarat hidangan itu. Sangat Sulit Sekali,,bhkan bisa Bisa dikatakn Tidak Mungkin,,dapat diamalkan semuanya, oleh karna itu dgn cara brbagi dgn sesama ilmu2 yg dimiliki itu..yg saya khawatirkn adlh krna bnyk orang “mudah” mndptkn, mngamalkn &mengoleksi ilmu-ilmu cukup dgn “Qobiltu”,, banyak yg kurang “memuliakn Ilmu-ilmu itu sndiri & kurang ta’zim/hormat kpd Mu’jiz (Sang Pengijazah). Sehingga Tak jarang, orang dgn begitu mudahnya menyalahkn ilmu tu sndiri, ktka dirasa ilmunya Tidak mujarob, tdk mndptkn hasil apa2, hny brbuah lelah n capek. Padahal, JELAS bukan ilmu/wirid/amalannya yg Salah/Tidak mujarob, tapi sang pengamalnya lah yg Salah atau Tidak brsabar…Namun, Kpd Para Sesepuh/Sedulur– yg brbagi keilmuan dgn Niat brbagi n menolong dgn Tulus–Jangan khawatir, Jangan kecil hati/kecewa, Jika SEANDAINYA ilmu yg Tulus dibagikan itu Tidak ada yg mengamalkn, bhkn bnyk menuai kritik atau melecehkannya,,Itu Tak kan mengurangi keilmuan itu dan Tak kan mengurangi sedikit pun Pahala NIAT yg tulus ingin brbagi dan menolong sesama itu. Karna KemurahanNYA, bahwa NIAT yg Baik itu Langsung dapat PAHALA, dicatat jd amal Baik, meski belum dilakukan. Beda dgn Niat yg Buruk, Tak kan dituliskan jd amal buruk atau tak brdosa, kecuali sedang/telah dilakukan..Wallahu A”lam

  18. wong lamo

    aslmkmwrwb….bang ico apo kabar..?lamo tak jumpa..?

  19. salam siang

  20. dm3n_cah_ayu

    ass,ikut nymak,manteeep Bib,monggo lanjut…wass

  21. wisanggeni

    assalammualaikum
    kang rico : kalo cari seorang mursyid, biasanaya masuk thoriqoh dulu? nah bagaimana cara memlilh mrsyid yg pas buat kita, krn kan skrg banyak thoriqoh.

  22. lemots

    Alhamdulillah,.terima kasih sesepuh atas cerita, kisah atau apapun itu namanya,.sungguh hati ini jadi terbuka dan memiliki pemahaman yang baru,..

    nuwun sesepuh

  23. salam hikmater……nyimak….

  24. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Saudara Enrico/PS
    Terima kasih kerna sudi share pengalamannya dikampus tercinta ini.
    Syukur Alhamdulliah kita ditemukan dengan seorang penasehat dan guru yang benar2 tulus iklhas, tinggi ilmunya tapi tetap merunduk saperti padi… Saudara kita Sanjaya.

    @ Rihlah Rahmatullah
    Beruntung ente dpt dekat dengan seornag guru yang tidak mau dikenali. Klau aye dekat dengan beliau hanya diYM dan email aje.

    @ Mamat Kumis
    Terima Kasih juga pada antum.

    Wasaalam.

  25. kopral DJ

    ass.. absein siang salam rahayu buat sadulur kwa semua elamat ber aktivitas…

  26. Irwan

    As.Wr,Wb
    Salam kenal mas Enrico Burhan. Sharing yang bagus. Terima kasih.

  27. heru 1966

    nderek nyimak nggih

  28. heru 1966

    artikelne iki apik tenan.matur nuwun kangmas enrico.

  29. heru 1966

    sugeng sonten kagem poro sedulur lan sesepuh sedoyo.
    monggo kulo nyuwun pamit rumiyin,wassalam.

  30. Like This !!
    …………………………………………………….
    … … … … … … … … .„–~–„………………….
    … … … … … … … ../:.:.:.:.:.|…………………
    … … … … … … … .|;.;.;.;.;.;/…………………..
    … … … … ._„„„„„„„_.);.;.;.;.;.|………………….
    … … … „-“:.:.:.:.:.:.”~-„;.;.;.;|………………….
    … … .. (_„„„„„„—„„_:.:. );.;.;..”„…………………
    … … „-“:.:.:.:.:.:.:.:””-„/;.;.;.;.;.”„……………….
    … .. (:.___„„„„„„„„„___);.;.;.;.;.;.;.|………………
    … .. /””:.:.:.:.:.:.:.:¯””\;.;.;.;.;.;.„”………………
    … .. :.__„„„„„„„„„„„„„„__/;;;;;;;;;;;/\………………
    … .. \.:.:.:.:.:.:.:.:.:.:.);;;;;;;;;;/:::\…………….
    … … . \„„„„—~~~;;;;;;;;;;;;;„”:::::::\……………
    … … … . “””~~–„„„„„„„„„„„-“::::::::::::\………….
    … … … … … … \:::::::::::::::::::::::::\…………

    Matur Suwun untuk pencerahannya Om Rico, Nice Artikel !!
    Sallam Rahayu utk semuanya…..

    Lanjuuuutttt ngopi plus nyedot 234 >>>>>>

  31. rubian

    mantaps kang rico,ma’af belom jadi ke palembang.
    saya pernah ketemu dng seorang pimpinan pesantren darussalam di muara enim,namanya buya zulkarnain.
    Beliau bercerita waktu datang ke muara enim dari palembang,hanya bawa sarung dan baju koko saja,pada thn 2000,namun sekarang beliau memiliki pesantren,panti asuhan,dan semuanya dia sendiri yg membiayai,jadi saya tanya buya.buya….apa yg buya lakukan,buya jawab,saya mengamalkan bismillahirrohmanirrohim,hanya bismillahirrohmanirrohim,kata saya,bukan buya mengamalkan asr,atau asma rdr,tidak kata buya saya mengamalkan bismillahirrohmanirrohim,tapi saya bersungguh2 mengamalkanya.
    Kalimat yg sering kita baca,namun kita melupakan kelebihanya……

  32. Rahmat

    Pengalaman apa yang pernah mas rico memang pantas ditularkan kepada bolo wong alus semua

  33. absen sore…

  34. Laskar permadani

    Salam jg bwt sohib kwa sriwijaya…

  35. nyemak

  36. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum absent sore…salam ta’zim wa takrim tuk para sesepuh s sedulur KWA semua semoga semuanya sehat wal ‘afyat juga dalam naungan dan Bimbingan Allah selalu…
    Siapa saja yang menunjukkan (memfasilitasi) kepada kebaikan, maka pahalanya seperti pahala orang yang mengerjakannya. Begitu pula siapa saja yang menunjukkan kepada keburukan, maka dosanya seperti dosa orang yang melakukannya. Saya Yakin, kita disini saling mengingatkan, saling berbagi, saling tolong menolong, saling menyayangi dan saling mendo’akan. Dengan kata lain saling menunjukkan kepada Kebaikan…
    @Teteh Zizah73: Iyya ayyee juga bersyukur alhamdulillah bisa kenal dan bertemu dengan sesepuh dan sedulur yang ada di sini…termasuk bisa kenal sama Teteh Zizah, wuihh mau juga dong share dengan Teteh Zizah atau sedulur lainya via email; kirimkan ya artikel-artikel motivasi, tentang Bisnis, keilmuan dan pengalaman yang bisa menginspirasi saya ke emailku: Rahlah9185@yahoo.co.id
    sebenarnya saya sangat tertarik dengan Thoriqoh, terutama Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah, Thoriqoh Syadziliyyah, dan Thoriqoh Ghazaliyyah,,karena tiga Waliyullah inilah yang paling saya kagumi diantara Para Waliyullah yang lain, Yaitu Syeikh Abdul Qodir al Jilani, al ‘alim al allamah Imam Abul Hasan As Sadziliy dan Sang Hujjatul Islam Imamul Ghozali. Saya juga ingin dibimbing oleh seorang Mursyid, seperti yang disarankan oleh Kang Mas Rico di atas,tapi selama ini saya belum menemukannya..meski begitu saya sangat senang bersilaturrahim kepada para Kiyai/Ulama, Ahli Hikmah, pr Ustadz juga para sesepuh dan sedulur lainnya, dengan harapan hidupku lebih Barokah, bisa “kecipratan” hikmah, ilmu dan akhlaq beliau-beliau itu….semoga.
    @maz_rafi: say amati dan perhatikan, Kang Mas ini kreatif dalam membuat gambar dengan menggunakan huruf dan karakter tulisan…imajinasi Kang Mas dalam..
    Maaf ya tuk para sesepuh dan sedulur semua, jika koment saya ini Lebbaayy, sehingga tidak elok dibaca dan gak enak di hati…sekali lagi mohon Maaf untuk semua…

  37. @Rihlah mau cari mursyid yo mas..
    yang dekat aja …
    kalimantan dekat ga?

  38. hahahahah…….be patient……and ……..Godluck……..

  39. Rihlah Rahmatullah

    @Ki Ronggo Sentot: waduuuh Ki, menurut ukuran saya Kalimantan itu jauh. memang jauh dekat itu relatif, tergantung siapa yang memandang. soalnya saya belum pernah ke luar Pulau Jawa, ingin sieh melakukan “rihlah” atau perjalanan yang penuh Barokah ke berbagai daerah, bahkan mungkin lintas negara…Kalau bisa sekitar daerah Sukabumi, kecuali jika ada yang mengajak/ngongkosin hehe karna sementara ini saya masih proses menuju kesuksesan..dan Mursyid Thoriqohnya diantara yang saya sebutkan di atas…Terima Kasih atas Niat yang baik dari Ki sentot, jazakumullahu khoyron katsiron..

  40. Rihlah Rahmatullah

    sebentar lagi seruan Ilahiy berkumandang…yuuk kita siap-siap menyambutnya dengan gembira dan khusyuk…pamit dulu ya…assalamu’alaykum warohmatullah…

  41. Guru Mursyid tidak kita temukan ( belum menemukan) karena ada mursyid haq dan bukan haq kita…
    hanya datang dari hidayah langsung (pertemuan nyata atau ghaib)..
    pada saat yang tepat..
    pada petunjuk batin yg pas..
    pada keyakinan paling tinggi dan kepasrahan total pengabdian

    pake iktiar dan biasanya(pasti) kita pas pada kondisi memprihatinkan wkwkwkwk secara dunia..
    contoh..
    kita dalam keadaan paling jatuh secara ekonomi, mental dan komplit pokoknya seperti contoh diatas..
    lalu dgn cara kita masing2 melakukan pasrah nah ini yang sulit..
    karena kadang2 kita hanya cari mursyid untuk mengentaskan kemiskinan..padahal esensinya ilmu..
    kita disuruh pilih Ilmu atau Harta..
    jawaban? harus mantaps dan konsisten semasa menjalaninya

    kan sudah banyak contoh..cerita2 diatas..

    maaf ki wong alus dan sedulur
    saya juga sama2 seperti sedulur..
    alhamdulillah disini kita saling mengingatkan u kebaikan
    sekiranya kesan menggurui dan sok keminter..saya mohon rela dan ikhlasnya ya mas rihlah

    nah ternyata mas udah punya tho… hehehe
    salam salim ditambah hormat y untuk mursyid mas..

    saya td bukan menawari..
    hanya bertanya dan
    menyakan kalimantan dekat ga//? hehehehe

    jangan marah yo mas

  42. daerah sukabumi ya??

    kan saya pernah bilang saya juga sempat trip ke sana…
    maybe…

  43. Asskum saya mohon ijin jadi anggota KWA nama:wong jatuh alamat:majalengka jabar no hp: 08996358973 trimakasih

  44. 50,,pas pisan..

  45. tukang ojek

    pas pisan mas pembabarannya.
    soalnya saya sebelum ketemu mas………………..
    saya sempet ngamalin asmak dan sebagainya.
    tapi hasilnya apa?
    yang saya dapat waktu itu malah kesengsaraan.
    di karenakan setiap malam saya harus merasakan
    kepanasan yang tidak karuan.
    sampai sampai saya harus 4 sampai 6 kali dalam semalam
    tapi sama aja masih tetep kepanasan.
    dan salah satu anak sayajuga yang masih kecil.
    tiap malam hanya bisa menangis jarang tidur,
    badanya panas mendadak,ketakutan seperti melihat makluk goib.

    tapi setelah saya ketemu dengan mas………yang aliran toriqoh juga
    saya di kasih amalan istiqfar+sholawat.
    alhasil saya sekarang sudah ga kepanasan
    dan anak saya juga sudah ga nangis nangis ataupun kepanasan lagi.
    maturnuwun mas……………….
    semoga sampean sekaluarga di mulyakan oleh allah swt
    di dunia maupun di aqirat.
    ALFATEHA 14*

  46. gandri

    Absent

  47. gandri

    Mbah khozin ini maharnya mbah.. xixixi

  48. Saiiiii

    Mohon Ijin ikut nyimak,,,,,,,

  49. Saiiiii

    Mbah khozin,ada kopi g mbah???
    Warung lg sepi bawaanx ngantuk melulu,,

  50. Anak setann

    apsenn malam
    nyimakk ajj dary belakang….

    salam rahayuu buatt semuaaa…..

    salam sejahtra untuk Qt semua…

    Sangat membery pencerahannn bwt saya yg bodoh ini…
    terimaksihh bykk bwt bank Rico end ki wong aluss dan semua sesepuhh….

  51. 56,
    saii a
    kopinya da siap pas mantaaap,monggo di minum dl,!!

  52. gandri
    W
    A
    N
    I
    P
    I
    R
    O
    ?
    HAHAHAHAHAHAHAHA

  53. sanjaya32

    Assalamu’alaikum wr. wb
    nomor berapa ya…yang penting dpt ngisi absen + daftar hadir…he3x
    salam persaudaraan tuk semuanya…
    ko bisa sama ya nama abangnya mas enrico sama saya…
    sanjaya…kalau mmg berjodoh kita akan berjumpa dan saya dapat bersahabat mas enrico…
    wassalam…

  54. Rihlah
    monggo mlebet,kopi sdh siap ni buat begadang ntk.!he5x

  55. 61,
    Wualaa kampus ko sdh kotor ni,.pdhal yg ngampus jg blm pd datang,hemmmmmm

  56. muhammad69

    @enrico,wah,mantapz sbuah postingan dan sekaligus sebagai sebuah pencerahan, g bs komentar banyak, selain “good job bro, god job”, tnang bae dak nganji ane disini.ente tuh ati2 be disano godaan banyak, hahahaha.
    @om sanjayaguitarholic, salam salim u/ sodaraku dari bandung, maaf of ane skrng jarang ol, tar ol lg y….semoga antum selalu, dalam kebarokahan dan kerohmatan,serta perlindungan dari ALLAH SWT,amin, begitu juga doa ane buat sahabat2ku/sedulur KWA SRIWIJAYA (kertapati,datuk guru,dato rao, wong linglung,pangeran pengasih, moesafir,aa yan,jurai,WWW,pak jaffar,pak yan,amin godek dll)khususnya ,dan para sesesepuh KWA (ki wong alus,bengawan candhu, ki abdul jabbar, mbah gondronxx, deadman,angker ludiarto,om iblis, gatoloco, RRK, ki maghrobi, raden sancang ungu, bajul kasupen,wawan sleman,dsb.), serta sedulur2 KWA (mamat kumis,ki khozin,sai, rubian,gandri,rihlah rahmatullah,ronggo sentot,mafthuka,heri 1966,rahmat, maz rafi,mbak zizah37,ki ronggo,dsb….)

  57. Nyapu2 dulu aaah,,mana ada tumpahan kopi lagi..,sapa ni yg numpahin kopi ni.? Ayo ngacung.!

  58. ericsagita

    pengalaman spritual yang sangat mengesankan, izin mengamalkan dan menyimak ke ilmuan yang pa ustad beberkan.

  59. Muhammad69
    Wualaa foto latarnya da ganti ni,,ampe pangkling aku ki.,biasanyakan yg di pake tu hary poter lo,qiqiqi
    Ya udalah,salam salim salam rahayu njih.?

  60. Absen lan nyimak rek
    semangat malam
    cling…

  61. muhammad69

    @wulyojati,HAHAHA,iya ki genti dulu ….photonya….salam salim juga ki

  62. ahmad

    smua itu kt ambil seperlunya aja,disesuaikn wadah kita.

    stj bgt!

  63. Sepi bgn ya wis tak corat coret dl ni,
    -bismillahirrohmanirrahim.
    Allahumma du’a bali sumpah waliyulloh ana muka badan yaa rosululloh,
    Allahumma yaa bali,yaa bali,yaa bali,sakukudung ingsun qulhu komara geni tutup bali,balika,balika,balika,balikum,balikum,balikum,,
    Ngopi duluuuu.

  64. Muhammad69
    Ya ni,sy ampek ga ngenalin td,skrg sdh ada peningkatan ni,!?skrg sdh seperti eyang suhu lo,,qiqiqiqi
    E ya,maaf jg ya ki,kmrn sy ke palembang ga sempat singgah,,swn.

  65. Lemak nian jadi kau bang Rico,, nak melok jalan kau dak pacak aku baco amalan panjang panjang nian, sulit nian nak ngapalinyo.. Salam kenal bae dari aku bang Rico Endo..

  66. Masi tetap sepii ni,tak coret lagiii..
    ”bada’tubi bismillah ruhi bihih tadat,ila kayfi assrori bi ba’yinihin thoowat,narudhu bikal a’damin kulli,wijhatin wabil ismi tarmihim,minal bu’di bi syatat,wa ashmim,wa abkin,tsuma a’mi a’duwi wa a’duwana,wa ah krishum,.
    Skrang mau makan dulu aaah,da lapaaar,,qiqiqi

  67. MBAH SINGO DONGSO

    mantap….

  68. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Muhammad69
    Syukron atas doa’nya, Jazakumulloh Khoiron Katsiro
    Salam persaudraan selalu dari aye .. Hehe udah terikut2 cara Mamat Kumis. Semoga saudara Muhammad69 juga selalu berada dlm lindungan barakah Allah SWT.

    @Mbah Wulyojati
    Nescafe tanpa gula ada ngak?

  69. Tak bernama

    Mbah wulyojati sekalian d babar

  70. muhammad69

    @wulyojati,iya gpp ki,ktnya sempat ke prabumulih y ki,kpn2 klo ada ksempatan ktmuan y ki,hehehe.

  71. nyimakz

  72. aslmkmwrwb…
    @mas.m69 :apo kabar…?kapan kita kumpul lagi..?

  73. aslmkmwrwb,..semua nya apa kabar..?

  74. aslmkmwrwb,…salam hormat sedulur KWA…
    @ bang ico endo :salam hormat ,mantab..
    @muhammad69 :salam kangen,………ingat pesan bang ico jangan nganji…!!
    salam kenal sayang semua sedulur KWA……….

  75. Hemmm,hbs ma’em ko malah ngantuk ni,,qiqiqi
    Mbak zizah37
    Siaaaa mbak,nescafe tanpa gula da siap ni.,!
    Tak bernama
    Wah tata lakunya lumayan ki,,kayaknya pasti merasa berat deh,,he5x
    Muhammad69
    Ya btl ki,,oce deh kl ntk waktunya aga luang insya allah singga n kito ngopi rame2 njih,,qiqiqi

  76. @wulyojati samudra/ki.khozin :jangan lupa ajak y ngopi bareng kl kepalembang..?

  77. wah nama saya kok lain.??!! bingung sendiri..??@#$%^&
    malam yang dingin,enak ngopi bareng sama sedulur,..siapa y yang mau diajak..?

  78. Wong lamo
    Siaaaap ki,kopi palbang memang mantap lo,,hemmmm,qiqiqi
    Sekalian tuker2an sendal njih,,qiqiqiqiqh

  79. @wulyojati samudra :ok,ki.wulyojati…

  80. Wong lamo
    Siiip pisan,nama di fb ki.qiqiqi

  81. Mbak zizah37
    Ko ni nescafenya ga di minum dl mbak,?ntk keburu dingin lo.!

  82. aku ra di ajak ki wulyo?
    kan cedhak kepri

  83. Ronggo sentot
    Bukannya sampean skrg di yogjokarto.?sebab temen sy yg namanya sentot tinggal di yogjo lo,qiqiqiqiqi
    Kl bgt monggo2 bareng2 ngopinya ki,,sambil leseh2 njìh,?he5x

  84. Zizah37

    @ Mbah Wulyojati
    Nescafe lagi panas log ntar melecur ni bibir aye .. Hehe tadi mkn apa Mbah?

  85. Mbak zizah337
    Hehehehehehe
    Minumnya pake sedotan aza mbak.!sayangkan kl bibir sampe mloncot mbak,hahahahaha,

  86. Mbak zizah37
    Td makan nasi+lalap lalapan mbak,,ga biasa makan daging dagingan.!he5x

  87. shuii

    absent
    udah pada ngumpul nih
    salam malam
    @kang mas ronggo sentot@adinda zizah37@ki wulyojati @kang ams raihlah
    n sedulur semua alfatehah send

  88. salam malam hari

  89. Shuii
    Bajul kesupen
    Salam selamat malam kembali ki,,monggo2 skalian di sambih kopinya,ya biar tdk nut nutan lo,qiqiqi

  90. Adem Ayem

    Assalamualaikum para sesepuh dan sedulur KWA………Absen malam & ijin nyimak…….

  91. udengudeng

    absen malam. Derek nyimak nang pojokan. Monggo d lanjut

  92. Mas Bajul.. Mbah Wulyo… Selamat malam…

  93. sip..mari nginum
    kopi teh lan sak panunggalane
    ngudut lan sak koreke
    mangan sak dapure
    wkwkkwk

    alhamdulillah baru makan sama sayur santan daun ketela dan jantung pisang
    cateringan..plus sambel

  94. shuii

    @ki wulyojati
    ki pesen wedang stmj heeheee disini uadeeeeeem grgrgrgrrrjhhhhh

  95. Patramantra

    Ikut isi absen… lama g masuk…
    Salam rahayu
    @ki bajulkesupen
    @mbh wulyojati
    @ki udengudeng
    @adem ayem
    @ki shuii
    @mbak zizah37
    dan bolo alus semua

  96. Zizah37

    @ Mbah Wulyojati
    Lalap daun ulam raja, daun selom, temu mangga? Pantas Mbah awet muda dan makin ganteng ya..
    Ada amalan tertentu yang menyebabkan Mbah menjauhi daging? Maaf aye bnyak bertanya.

    @ Shuii saya kirim Fateha juga, udah terpilih blum?

  97. 100,

    Ki Seloor
    Met malam kembali ki,,..
    Monggo cangkrukan lagi,!

  98. MBAH SINGO DONGSO

    wah pakde ronggo sentot dahar sayur daun telo sak oyote, karo jantung pisang sak debog ke qiqiqi….

  99. shuii

    @adinda azizah37 terpilih apanya?
    salam juga@kang mas patramantra
    salam ki selor

  100. shuii

    @mbah singo dongso salam hadir

  101. Zizah37

    @ Patramantra
    Salam rahayu juga . Gmana kabarnya?

  102. MBAH SINGO DONGSO

    shuii: injih salam salim… rahayu

  103. Mbak zizah37
    Hehehehehe
    Wah ga ada amalan khusus mbak,ya krn kebiasaan aza ko’,he5x
    Shuii
    Siap ki.wedang jahenya segera meluncuuurr
    Patramantra
    Monggo calik ki,sambil menunggu kopinya..!he5x
    Mbah singo d
    Wah lahab amet mbah,ko sampek ga ada yg nyisah tu..qiqiqiqi

  104. @ WS
    yups sak oyote mbah..ben kuat
    nek jantung pisang sak deboge..hayho mesakkhe pocongan
    engko dek e arep ngumpet ng ndi?

    hmm koyok sapi bae mbah..kabeh disikat

    ngomong2 durung say hai to everybody

    salam salim spesial yang punya lapak.. pangeran Sukemilung ya?
    kagem ki selor..mbah singo dongso
    mbah wulyo, neng zizah, mas shuii, ki patra matra, udeng2, adem ayem

    salam sedulur aduoh

  105. akar dewa

    absen menjelang tengah malam ….

  106. eh mas bajul kesupen kulo

    salaaaaaaaaaaaam juga

  107. MBAH SINGO DONGSO

    mbah ws: hehe… mumpung belum ketemu hari senin, sikat kabeh

  108. Ronggo sento
    Sak deboke,sak oyote sak godonge di sikat hbs to ki,? Wah jd kelingan sing di kandangi ki,,wkwkwkwkkk

  109. Absen malam ………..

  110. Mbah singo d
    Hahahahahahahaha
    Ya uda mbah sy mau ke blakan dulu njih,,monggo di lajengkeun,swn

  111. Zizah37

    @ Mbah
    @ Ronngo S
    Ngak faham tu.. rasa ketinggalan, bahasa jawa ya?

    @ Shuii .. Kok lupa, Kun faya kun loh

  112. @neng Zizah37
    injih mbak
    puniko boso jowo
    levelnya bahasa jawa ngoko
    biasa dipake untuk orang proletar

    wekekke

    kalau mbak zizah dari golongan expatriat

    jadi belum begitu faham, maaf deh

  113. shuii

    @ki ws :racikane mantep ki…….uanget nang awak hehehehe
    @adinda zizah 37:minta doanya tinggal nunggu hasilnya….

  114. Saiiiii

    Ngintip dikit,,,,,,,
    ^_^

  115. shuii

    @adinda zizah37:saya g ikut / daftar kalo kunfayakun…kagak berani
    tiap hari ngadepin customer….ayahab(dibalik) kalo pengucap sabdo dadinya manjur
    hatinya lom kuat nahan esmosiii

  116. Zizah37

    @ Ronggo S
    Hehe … Oh begitu ya.
    Maaf ya, aye ni cucu wong jowo tapi bahasa jowonya ..hmmm kurang baik loh..

    @ Shuii, aye doain mugi2 terpilih .. Aminx3

  117. sedulur kulo pamit rumiyin njih

    badhe tilem

    pun

    maturnuwun
    wasalamualaikum warahmatullah wa barakatuh

  118. Zizah37

    @ Saudara Shuii .. Ya, aye setuju klu belom bisa control emosinys lebih baik kita amalkan yang sedehana dulu. Ya semoga suksess ya dlm pekerjaan saudara.

    Sedulur kulo pun ijin pamit.. Bantal awe awe tu, mau rehat dulu.

    Wasalam

  119. Ngintip dulu ahh…
    Lho kok pada ngilang…
    Ikut ngilang ahhh….
    (Pinjem istilah Cak Ji..)
    Cliinnngggg….

  120. roni s.w

    Demi masa ktk Allah brsumpah.. Dan Demi Allah dan Rasulullah Muhammad ktk manusia brsaksi sy benar2 trharu menahan tetesan air mata ktk membc artikel pangeran sukemilung(kang mas enrico burhan).. Benar apa yg kang mas smpaikn tp jgn lp donk sy dan saudara sy yg lain mhn dibungkusin tipsnya agr mdh mendpt isyaroh dr yg Maha Kuasa..
    @Ki sabdo sejati: matur suwun sanget ki.. Atas tawaran niat baik Ki sabdo sejati, silahkn bg saudaraku yg menerima iktikad baik dr ki sabdo sejati
    @Ki Wong Alus: Ki wong alus kmana toh? Ga tau kalo sy dah kangen mw salam tngan ki wong alus, mdahan Allah menyatukn kt brsama smua dlm limpahan RahmatNya yg tiada akhir.. Kabul ya Allah..

  121. roni s.w

    @ki selor mw kmana? Sy ngikut ya ki.. Wuuussshh..!!

  122. denwiek

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    @Pengeran Sukemilung – Bang Enrico Burhan

    Pengalaman yang sangat berat, pelajaran yang sangat berharga buat saya. semoga suatu saat nanti, jika masih ada umur, kita bisa jumpa lagi. tak lupa salam untuk bapak2 ustadz di majlis sampeyan di palembang.

    Semoga semakin sukses untuk sampeyan. tak lupa semoga alloh swt ridho dunia dan akhirat … aamiin.

    Langsung mohon diri.

    Wassalam.

  123. om arum manis

    absen malam
    nunut ngintip aja, capek habis nglayap hehehe

    clinggggggg

  124. Mamat Kumis

    @enrico burhan… aye satuju bner ame bang rico punye postingan… poko’nye muantaf dah… (smbil ngasih dua jempol)… salam kwangen…
    @zizah37… makaseh kembali mpo zizah di negeri singa… nanti aye kirim es doger+ketoprak ala meksiko sbage hadiah bwat mpo ^_^
    @muhammad69… amien… makaseh bnyk bwat doanye… demikian juge doa aye bwat brader afghan alias m69 di palembang….
    @patramantra… salam rahayu brader patra… nanti kite kontek2 lg yeeh ^_^
    @denwiek… ude lama kite belom kongkow2 lg neh… He5! salam kwangen bang…
    @sanjaya32… iye kbetulan aje nama depan antum sama ame bang sanjaya guitarholic abangnye bang rico nyang tinggal di kote bandung… salam knal+pesodaraan selalu….
    @kel besar KWA… smoga kesuksesan selalu menyertai kehidupan smua sodare2 aye di kamfus tercinte ini…. al fatehah sent………..(amien)

  125. sanjaya32

    Assalamualaikum wr. wb…
    salam ta’dhim semua buat keluarga besar KWA…semoga kita semua selalu berada dalam ridho, rahmat dan lindungan Allah SWT…Amiiin Ya Rabbal Alamin…
    @bang mamat kumis…salam kenal + persaudaraan kembali dari saya…
    Wassalam…

  126. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum…warohmatullah..shobbahul khoyr..good morning…met pagi…wilujeng enjing..tuk para sesepuh n sedulur semua di mana pun berada..Qt awali hari ini dgn Do’a, syukur, ikhlas, dan senyuman…semoga hari ni labih baik nan indah bg kita semua..jg apa-apa yang dikerjakn n direncanakan hari ini berjalan succes n lancar sebagaimana yang diharapkan..
    salam ta’zim wa takrim..

  127. teratai

    pencerahan yang sangat bagus dan menyentuh. memang kadang kita tidak dapat merumuskan keinginan sendiri. tidak tau apa yang kita inginkan. terima kasih atas pencerahannya.

  128. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    PERAN DAN FUNGSI DO’A

    Rasulullah SAW bersabda “ addu’a mukhul ibadah”. Do’a adalah otak/ intisari ibadah. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang sedang berdo’a sebenarnya ia sedang memposisikan diri sebagai seorang hamba yang butuh pertolongan Maha Penciptanya. Bahkan sampai ada hadits yang mengatakan, “Tuhan marah kalau seorang hamba tidak pernah / jarang berdoa”. Karena seorang hamba yang tidak mau berdo’a berarti dia seorang yang sombong.

    KEPASTIAN IJABAH

    Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa semua do’a pasti diijabah, Umar RA menimpali “Kalau begitu berdo’a saja yang banyak”. Rasul SAW menjawab, “Sebanyak apapun permintaan yang diijabah oleh Allah SWT, akan merupakan amat sangat sedikit sekali jika dibandingkan dengan apa yang dimiliki Allah SWT yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis”.

    MEKANISME IJABAH DO’A

    Berdasarkan ayat wa idza sa’alaka ‘ibadi ‘anni fainni qorib ujibu da’watadda’i idza da’ani, bahwa setiap do’a pasti diijabah, hanya saja ada mekanismenya. Dan mekanisme ijabah do’a adalah salah satu aturan main yang diterapkan Allah SWT dalam kehidupan.

    Dalam mekanisme ijabah ada tiga sistem:

    1. Diijabah sesuai dengan permintaan, minta merah dikasih merah, mita apel dikasih apel, minta sehat dikasih sehat, yang belum nikah minta nikah di kasih nikah, yang minta tambah istri juga dikasih tambah. Ijabah macam ini disebut sebagai ijabah yang sesuai dengan permintaan.

    2. Diijabah tidak dalam bentuk yang sesuai dengan permintaan tetapi seimbang dengan yang diminta. Jika anak balita di pagi hari minta es krim, kemudian dikatakan kepadanya ”jangan es krim nanti sakit perut, ini saja roti”. Artinya yang diminta adalah es krim dan yang diberikan adalah roti yang merupakan suatu yang seimbang tapi tidak sesuai dengan apa yang diminta. Begitu juga terkadang seseorang berdo’a minta rizqi harta tetapi yang diijabah rizqi kesehatan. Hal seperti ini merupakan ijabah yang seimbang tapi tidak sesuai permintaan.

    3. Diijabah dalam bentuk tabungan deposito yang akan dicairkan ketika menghadapi kesulitan baik di dunia atau di akhirat kelak.

    PENYESALAN ORANG YANG JARANG BERDO’A

    Di hari akherat nanti banyak orang yang menyesal karena selama hidup di dunia tidak banyak berdo’a, penyesalan itu timbul terutama:

    Ø Ketika melihat bahwa do’a yang tidak diijabah di alam dunia ia dapatkan ijabahnya dalam bentuk tabungan deposito yang dicairkan di akherat.

    Ø Ketika mengalami bahwa mayoritas do’a yang diijabah di alam dunia lebih banyak dipakai untuk ma’siat yang mengakibatkan dosa dari pada pahala, atau hanya sebatas dikoleksi, ditinggal mati dan akhirnya tidak memberikan kontribusi apapun untuk kehidupan akheratnya yang abadi. Artinya lebih banyak jumlahnya yang tertinggal di alam dunia dari pada yang terbawa kontribusinya ke akherat.

    Ø Ketika melihat bahwa kesabaran menghadapi musibah di dunia, rewardnya (kredit point) sangat besar di akherat. Hal ini dapat dilihat dari pernyataan seseorang dengan nada penuh penyesalan dalam sebuah hadits: ”Kalau tau begitu besar reward kesabaran menghadapi musibah, maka sewaktu hidup di alam dunia saya siap bersabar menerima musibah walau sampai badan ini disobek-sobek dengan gunting sekalipun”. Di samping memang banyak hadits yang senada, jangankan musibah yang besar, duri yang melukai kaki saja mengandung ampunan, pahala dan derajat yang tinggi”.

    Hal-hal seperti ini merupakan bagian dari ”aturan main” yang harus dipahami sehingga ketika menghadapi agenda apapun di dunia, tidak akan pernah goyah, sedih, stress dan sebagainya, khususnya ketika merasa do’anya belum diijabah.

    Maka sebenarnya yang terberat dalam memahami agama adalah memahami ”aturan main” yang diterapkan oleh Allah SWT dalam kehidupan di dunia ini. Kalau hal-hal yang sifatnya seperti syariat, tidak terlalu sulit untuk dapat dipahami mengingat banyak buku / kitab yang mudah didapat dan dibaca, tinggal memilihnya.

    FAKTOR YANG MEMPERCEPAT IJABAH

    Berdasarkan keterangan diatas, bahwa setiap do’a akan diijabah melalui salah satu dari tiga sistem. Disamping itu ada beberapa faktor yang menjadikan do’a lebih cepat dalam proses ijabahnya, diantaranya ;

    1) Faktor tempat.

    § Berdo’a di Garut dengan di Masjidil Haram akan berbeda masa ijabahnya.

    2) Faktor waktu.

    § Berdo’a di siang hari dengan berdo’a di waktu menjelang subuh akan berbeda ijabahnya. Rasul SAW menyebutkan saat ijabah yaitu tsulutsul-akhir minal-lail sepertiga akhir dari malam (jam 02.00. – 04.00.).

    § Setiap muslim dalam satu minggu punya saat ijabah satu hari. Dan dalam satu hari ada jam-jam tertentu sebagai saat ijabah baginya.

    § Ada hadits yang mengatakan bahwa setiap malam Alloh SWT memberikan saat ijabah yang dirahasiakan, siapapun yang berdo’a tepat pada waktu tersebut pasti diijabah. Makanya bagi orang yang mengetahui aturan main seperti ini apalagi sedang dalam kondisi ‘emergency’, ia berdo’a mulai dari setelah sholat maghrib hingga sholat subuh tidak tidur. Karena dengan cara demikian ia pasti mendapatkan saat ijabah yang ada pada malam itu.

    3) Faktor kekhusyu’an.

    § Do’a yang dilakukan dengan penuh kekhusyu’an akan lebih cepat ijabahnya dari yang tidak khusyu’.

    4) Faktor cara berdo’a;

    § Bil-qaul :

    o Berdo’a dengan cara mengucapkan permintaannya.

    o Berdo’a dengan puji-pujian kepada Alloh SWT. Berdasarkan hadits qudsi ”Idza syaghola abdi tsana’uhu alayya ’an mas’alati a’thoituhu afdlola ma u’this-sailin” Bila hambaku lebih disibukkan okeh puji-pujian kepadaKu dari pada sekedar minta tanpa memuji, Aku akan mengijabah do’anya dengan yang lebih baik dari lainnya.

    § Biqiroatil-Qur’an

    o Berdo’a dengan memperbanyak membaca al-Qur’an. Dalam kitab-kitab tafsir banyak keterangan yang bersumber dari hadits bahwa barang siapa membaca ayat-ayat tertentu atau surat tertentu akan mendapatkan ijabah dalam hal tertentu, seperti baca surat al-Waqi’ah akan diberi rizqi yang banyak dan banyak lagi contohnya.

    § Bish-sholawat

    o Berdo’a dengan memperbanyak baca sholawat nabi. Dalam beberapa hadits dinyatakan bahwa barang siapa membaca sholawat satu kali, Alloh SWT membalasnya dengan 10 (sepuluh) kali lipat sholawat yang isinya mengandung 10 dosa diampun 10 pahala diberikan 10 derajat dinaikkan. Dari jumlah 10 (sepuluh) tadi, 3 (tiga) bagian dikeluarkan untuk menyelesaikan mas’alah di alam dunia, dan sisanya 7 (tujuh) bagian dikeluarkan untuk mempermudah kesulitan di alam akherat.

    § Bil-isyarah

    o Berdo’a dengan dibarengi isyarat. Ketika Rosul SAW bersama sahabat istisqo’ beliau berdo’a dengan dibarengi isyarat, yaitu memindahkan selendang dari bahu kiri ke bahu kanan sebagai isyarat perubahan kondisi.

    o Rasul SAW membuka sorban Abu Hurairoh RA sambil berdo’a kemudian dipakekan kembali di kepalanya agar tidak mudah lupa.

    o Melempar jumrah sewaktu haji merupakan contoh berdo’a dibarengi dengan isyarat melempar iblis.

    o Do’a yang dibarengi dengan isyarat ini kemudian banyak dikembangkan oleh para ulama dalam upacara ritual adat budaya suku-suku di Indonesia.

    5) Faktor kondisi. Seperti hadits :

    § Ittaquu da’watal madzlum, fainnahu laisa bainahu wa bainallohi hijabun, hati-hati dengan do’a orang yang madzlum (didzolim/ dianiaya).

    § Du’au as-shoimi ‘inda iftharihi mustajab yaitu seseorang yang berdo’a dalam kondisi berbuka puasa.

    § Du’aulmusafiri mustajab, dalam kondisi perjalanan.

    § Addu’a ’inda nuzulul ghaits, pada waktu hujan.

    6) Faktor posisi.

    § Do’a dari posisi seorang ibu untuk anaknya lebih cepat dari do’a orang lain.

    § Do’a seorang guru untuk muridnya lebih cepat dari do’a orang lain.

    § Do’a seorang rasul untuk umatnya lebih cepat dari yang lain.

    § Do’a seorang pemimpin untuk rakyatnya lebih cepat dari yang lain.

    7) Faktor jumlah orang yang berdo’a.

    § Do’a dilakukan oleh 1000 orang berbeda dengan do’a sendiri. Berdasarkan faktor ini maka tradisi istighotsah jadi tumbuh subur di masyarakat.

    8) Faktor keyakinan.

    § Dari sebuah hadits, ‘Kalau engkau mampu menggunakan keyakinan yang ada di hatimu, maka gunung-pun bisa rata dengan do’amu’.

    9) Faktor hati orang yang berdo’a (maqam/ derajatnya).

    § Do’a orang yang maqomnya tinggi di sisi Alloh SWT, berbeda dengan yang rendah. Tinggi-rendahnya maqom seseorang tergantung tinggi-rendahnya maqom Alloh SWT di dalam hatinya. Jika Alloh SWT dinomer-satukan di hati sesorang dengan selalu mendahulukan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya di atas kepentingan hawa nafsunya, maka Alloh SWT akan menomer-satukan do’anya dengan mempercepat ijabahnya.

    10) Faktor bacaan.

    § Berdasarkan hadits, ” Allah SWT mempunyai ismul-a’dhom, barang siapa berdo’a dengan ismul-a’dhom tersebut akan diijabah dengan cepat”.

    § Rasul SAW suatu saat setelah sholat subuh berjama’ah di masjid, didatangi Jibril bahwa; “Ada sahabat berdo’a begitu bagus kalimatnya sehingga malaikat menyerahkan nilainya kepada Allah SWT”. Seketika Rasul SAW bertanya, “Siapa yang membaca do’a ?”, “Saya” jawab seorang sahabat. Kemudian Rasul SAW menyuruhnya membaca do’a. Ada dua versi tentang do’a yang dibaca. Versi pertama; Alhamdulillahi hamdan yuwafi ni’amahu wayukafiu mazidah . . . . , Versi kedua; Alhamdu lillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan kama yuhibbu robbuna wa yardlohu.

    11) Faktor makanan halal.

    § Rosul SAW bersabda “Bila seseorang banyak makan harta haram, maka do’anya tidak didengar/ tidak cepat diijabah”.

    12) Faktor pemahaman, keilmuan dan ma’rifat.

    § Nabi Ibrahim AS ketika akan dilempar ke api, beliau paham bahwa api remote control-nya di tangan Alloh SWT, dan apipun menjadi sejuk oleh perintah-Nya: Ya naru kuuni bardan wa salaman ala Ibrohim.

    § Bil-amal

    o Ketika seseorang pergi ke pasar untuk berdagang, sebenarnya ia sedang minta rizqi, tidak dengan perkataan, tetapi dengan amal/ berdagang di pasar.

    o Berdo’a dengan memperbanyak shodaqah. Menurut sebuah hadits; ”Shodaqoh dapat menutup minimal 70 (tujuh puluh) pintu bala’/ musibah” dan hadits ”Shodaqoh dapat memadamkan murka Tuhan”.

    Sumber

  129. Ki Lurah

    Assalamu alaikum semua bolo kwa se dunia

    di sarankan……….untuk kwa srijaya………untuk mengadakan pertemuan kecil
    pada setiap bulan……..seperti silaturahmi..bulanan gitu
    kalau djawa timur…….dg nama cangrukan gita kalo gak salah…
    nanti ada pembahasan……..insya Allah saya mau ikut belajar

    salam buat kwa sriwiaja
    Enrico Burhan kertapati,datuk guru,dato rao, wong linglung,pangeran pengasih, moesafir,aa yan,jurai,WWW,pak jaffar,pak yan,amin godek rio …semua ..dll)khususnya ,dan para sesesepuh KWA (ki wong alus,bengawan candhu, ki abdul jabbar, mbah gondronxx, deadman,angker ludiarto,om iblis, gatoloco, RRK, ki maghrobi, raden sancang ungu, bajul kasupen,wawan sleman,dsb.), serta sedulur2 KWA (mamat kumis,ki khozin,sai, rubian,gandri,rihlah rahmatullah,ronggo sentot,mafthuka,heri 1966,rahmat, maz rafi,mbak zizah37,ki ronggo, semua aja ya…..dengan ucapan…………………………….. Assalamu alaikum ww….)
    qobiltu .hadir……..

  130. @ki lurah: sepakat ki. anjuran untuk bersilaturahim secara rutin dan berkala amat banyak manfaatnya. nuwun

  131. Matur nuwun atas pencerahanya @riko…salam kenal utk @Ki alus…

  132. nyimak dan absen siang
    @ki wong alus salam hormat
    @ki lurah salam hormat juga
    sedulur
    ada guru besar datang hayo pada masuk kuliah

    @mas iwan
    qobiltu
    (astaghfirullah3x)
    subhanallah
    penjelasan yang mantaps..berbobot, terukur..

    ini baru namanya kuliah extra

  133. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Wong Alus
    Salam tadzhim, jutaan terima kasih saya ucapkan kerna mengizinkan kami semua berkumpul diblog Ki. Disini kami dpt berkenalan dan mengiratkan lagi tali silatulrahim walaupub hanya dialam maya. Disini juga kami dpt menimba ilmu walaupun kadangkala terdapat perselisehan kerna perbezaan pendapat. Terima kasih sekali lagi Ki 🙂

    @ Ki Lurah
    Wa’alaikum salam wr wb

    @ Mamat Kumis
    Aye tunggu es doger tu, gmana kabar bro aye? Maaf bro aye belum jwb emailnya.
    Setebal mana kumis antum? ,,, Hehehe.

    @ Rihlah Rahmatullah
    Salam tadzhim juga, gmana cuaca diSukabumi?
    Disini hujan terus sejak subuh tadi, semoga lancar juga apa yang ente rencanakan hari ini.

    Wasaalam.

  134. Saiiiii

    Absen pagiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,,
    Semangat pagi bolo alus smua,,,,

  135. @Zizah37
    alhamdulillah saya baik2 saja,sehat dan senang selalu
    makanya foto tersenyum..
    Eh aku belum disapa kok njawab ya? ga apapalah kan semua sedulur
    @saiii
    semangat pagi juga

  136. shuii

    absent pagi
    salam u sedulur semua
    ganbatte……

  137. wong welirang

    1.wali mursyid adalah wali yg jg seorang mursyid ( pembimbing rohani ) contoh : syekh ahmad khotib as-sambasi
    2.wali tp bukan mursyid contoh : para wali songo
    3.mursyid tp bkn wali
    bagi sedulur cari yg no.1 krn insyaalloh akan membimbing kalian dari dunia sampai akhirat krn wali mursyid yg kamil mukammil bs memberikan syafa”at
    bagi yg ingin cari wali mursyid lakukan sholat tengah malam terserah jumlah rokaatnya yang penting 2 rokaat salam dan ikhlis ingin mendekatkan diri pada alloh setelah itu wirid alfatihah 313x dengan khusyu’ tidak terburu-buru setelah itu mohon pada alloh agar diberi petunjuk siapakah wali mursyidnya.nuwun dan mohon maaf bila ada kata-kata yg salah dari hamba yg banyak dosa ini bila ada yg salah mohon diluruskan para sedulur yg saya yakini lebih pandai dari saya.salam seduluran

  138. tukang ngampar

    asalamualikum
    buat sdulur semua
    barangkali para sesepuh dan sdulur tau doa atau ilmu buat menghilangkan santet gantung jodoh
    makasih
    ini merupakan sbuah permintaan dari teman saya yang terkena santet gantung jodoh
    makasih

  139. asalamualaikum

    buat para sepuh dan seduluh mohon buat pncerahanya
    gimana caranya buat menghilangkan santet gantung jodoh
    makasih

  140. hehe om tukang ngampar
    makasih…… jadi malu udah diduluin permintaan sy yang ingin ngilangin santet gantung jodoh

  141. Absen lagi
    cling…

  142. asssalamu’alaikum
    salam sukses utk semua saudara2ku

    kwa bandung atw kwa jawa barat … kapan ada silaturahmi ?

  143. @ wong welirang
    salam sedulur, barakallah penjelasannya ki
    @cak ji
    salam salim

    @yang cari penyembuh santet
    jawaban saya: bertawasul kepada Allah.
    dengan keyakinan yang ainul yakin ke Gusti Allah (tergantung iman dan taqwa seseorang)
    bukan ke yang lain2 ex: (bacaan2)orang atau ini itu.
    bedakan..jika anda menerima suatu ayat lalu di amalkan eh ternyata korban tak sembuh..maka anda akan kecewa dan menyalahkan
    kalo berhasil pun anda hanya akan yakin pada kata2(amalan itu) khusus u sembuhkan santet
    inti sebenarnya Allah Yang Ahad yang patut di Sembah dan Hanya kepadaNya kita mohon pertolongan

    liat juga penjelasan @mas Iwan diatas tentang doa
    caranya: yakin ainul yakin
    makrifatullah
    jalannya dengan Tawasul

    http://tawasulullah.blogspot.com

  144. eh maaf ki Alus jadi iklan bog
    dalam hati saya hanya niat menyebarkan ilmu Allah ya ki..
    sesuai kemampuan ki

    Salam takzim ki alus..
    hormat grak

    Salam juga untuk sesepuh..ini lho sesepuh ada yang minta tulung..saya hanya bisa sampai tawasul
    doanya ya yang special ga punya..monggo di babar..

  145. Ki Lurah

    Salam…… buat ki alus……apa kabar ? mohon pencerahannya……..
    ki Wawan sleman ……….opo kabare ? dan salam untuk semua bolo kwa semua…
    salam

    KWA SRIWIJAYA Pengeran sukemilung.Rio,kertapati,datuk guru,dato rao, wong linglung,pangeran pengasih, moesafir,aa yan,jurai,WWW,pak jaffar,pak yan,amin godek dll)khususnya ,dan para sesesepuh dan semua…….anggota kwa sriwijaya……….

    hayo kwasriwajaya dirembuk ulang……… (Ki Alus sudah menganjurkan silaturahmi amat banyak manfaatnya)
    mohon maaf yang sebesarnya…….kepada kwa sriwijaya..yang tidak berkenan……mohon maaf beribu ampun………salam silaturahmi…..salam peseduluran………
    salam hormat kepada semua bolo kwa
    wassalamu alaikum warohmatullah wabrokatuh……….

  146. Saya setuju silaturahmi..monggo di lanjut
    saya lagi terpencil di kepri..fatehah sent saja njih ki

  147. Rihlah Rahmatullah

    assalamu’alaykum…
    @Ki Ronggo Sentot: betuul Ki, saya sama sekali tidak tersinggung dgn koment Ki tentang Mursyid itu, saya kan terima semua nasihat, kritik dan saran dari pr sesepuh dan sedulur semua dengan senang hati, jiwa besar dan lapang sepak bola..eehh maksudnya dengan lapang dada..heuheu tuk saat ini, saya belum menemukan, Kang Mas Rico menyarankan ke Pekalongan. namun alhamdulillah sering sowan silturrahim ke pr Ulama, habaib, Ustadz, dan sedulur yang lain. dan saya sangat senang memperbanyak sahabat dan sedulur dalam hidup ini. Terima Kasih ya Ki atas Nasihat dan masukkannya…
    Salam ta’zim wa takrim juga @Ki Wong Alus, Ki Selor, Ki Cak ji, Ki roni, Ki Muhammad69, Kang Mas Sanjaya32, Ki mamat kumis, ki khozin, sai, rubian,gandri,, Ki mafthuka,heri 1966,rahmat, maz rafi , Offlom. om arum manis, adinda zizah37, Ki roni sw, Ki wong lamo, kang mas shuii, Ki patramantra, Ki bajul Kasupen, tukang ngampar, gagah, Kang Iwan, Ki Lurah, Lintang sumirat, teratai, saii, dll sesepu dan sedulur lainnya. Salam ta’zim wa takrim penuh hormat juga dari Kang Mas Rico tuk sesepuh dan sedulur semua. kata Kang Mas Rico, waktu mlm ngobrol di telp, Mohon Maaf jika dah posting artikel gk hadir dikoment..suka lgsung kabuuur..cliing hehe itu karna Kang Mas Rico sedang sibuk-sibuknya..oleh karena itu harap memakluminya…
    @Mbah Khozin n Mbah wulyojati; makasih atas kopiny semalam..mantaaaps…meleeekk tyuuusss..wuih mantpas Ki wulyo, semalam sambil nyapuin halaman nyapuin hati juga dgn jaljalutiyah dan asma Qulhu..monggo dibabar Ki..
    @wong welirang; hatur nuhun sanget atas nasihat dan masukkannya. jazakumullahu khoyron..
    @ Kang Iwan; mantaps pembabaran tentang Do’nya..monggo dilanjut..Kang Iwan tinggal di mana Y/ boleh saya silaturrahim ke rumah Kang Iwan?
    @Adinda Zizah37; salam ta’zim wa takrim juga buaat Adinda..alhamdulillah cuaca di sini cerah n masih tetep Cool n Fresh lho..di tunggu ya Adinda, Ghili Crabs nyo..heheh Syukron wa jazakumullahu khoyron ya atas Do’a Adinda..wa iyyaki..hujan adalah rahmat dariNYA…hujan-hujanan ja Adinda, biar basah dengan rahmatNYA..heheh..monggo dilanjut..
    .

  148. @Rihlah..selamat siang
    salam salim..kemana aja ki baru nongol

  149. Rihlah Rahmatullah

    @Ki Ronggo sentot: salam ta’zim n met siang juga Ki.. ada gajah Ki eh ada saja..setia memantau KWA..jika malam tuh suka OL di hp, sulit coment., dan malam silaturrahim via smsn n telp saja sama Kang Mas Rico, Kang mas Shuii n sedulur semua..sekarang OL di komputer sekolah,,,hehe gratis Ki..sepuasnya..sambil meriksa soal n ngisi raport…sambil menyimak n memungut mutiara hikmah di KWA ini juga sesekali silaturrahim ke kampus lain, kan jika OL di komputer/laptop bisa membuka beberapa situs sekaligus….minta Do’anya saja sari Ki Ronggo s sedulur semua, smg saya diberi kekuatan n keikhlasan dalam beribadah n menjalani kehidupan ini…juga silaturrahim kita semakin erat dan dekat, bertambah Barokah..juga bisa lebih banyak menuai anugrahNYA…ameinnn

  150. Aminn,barakallah..telpon saya juga donk..085248706706

    wekekeke
    kayak orang pacaran saja kita

  151. MBAH SINGO DONGSO

    Wah bnyk wejangan nih,
    nyimak ah…

  152. Ada banyak aspek yang membuat do’a tidak terkabulkan, antara lain :
    1. Kurangnya kesungguhan dalam berdo’a.
    2. Dilatar belakangi nafsu duniawi.
    3. Tidak rutin dalam berdo’a dan beribadah.
    4. Tidak beramal sholeh.
    5. Fisik yang kotor, masih mengandung hadats.
    6. Kalau terkabul membuat kita jadi celaka.
    7. Mendapat ujian dari Tuhan.
    8. Dicintai oleh Tuhan.
    9. Berdo’a di waktu dan tempat yang kurang tepat.
    10. Content do’a yang terlalu umum.
    11. Tidak pandai (khususnya dalam merangkai kata do’a).
    Mungkin aspek terakhir ini yang membuat do’a anda tidak terkabul-kabul.
    Jika aspek terakhir ini yang menjadi persoalan, mungkin dengan menerapkan salah satu bacaan di bawah ini sebagai intronya, do’a anda akan selalu terkabul (tapi saya tidak menjamin, jika do’a anda dikabulkan terus menerus).
    1. Ya Tuhan, Engkau Maha Tahu yang kumau.
    2. Ya Tuhan, dahulukan do’a saya. Soalnya saya butuh banget dan kepepet nih.
    3. Ya Tuhan, kabulkan do’a saya sekarang juga. Jangan nanti atau pun besok..

  153. absen sore

  154. Salam pasuduluran @rihlah…

  155. Bintang

    Saya copas dari blog energi sejati.
    ..
    PENGUMUMAN
    ..Filed under: ARTIKEL by Ki Abduljabbar — 23 Komentar 18 Juni 2011
    Oleh Ki Abduljabbar
    ..
    ASMA MOCOPAT SAYA NYATAKAN PALSU KARENA PENGIRIM BUKAN KI SABDA SEJATI YANG ASLI DAN KETIKADIHUBUNGI
    MINTA PULSA …..!!!
    TINDAKAN INI SUDAH TIDAK SESUAI DENGAN KAIDAH PERSAUDARAAN, INGATLAH ALLAH MAHA MELIHAT APAYG SAUDARA LAKUKAN. JIKA MENGHENDAKI REJEKI YANG HALAL KARENA ANAK ISTRI MAUPUN SAUDARA SENDIRI YG LAPAR. AMBILAH ILMU – ILMU YANG SUDAH DIPOSTING DI BLOG INI DGN GRATIS UNTUK BEKAL USAHA MENCARI REJEKIYG HALAL.
    HIDUP ADALAH MEMBERI BUKAN MENGAMBIL (Rasulullah SAW), SEMOGA SAUDARA MENDAPAT HIDAYAH DARI ALLAH SWT, DAN TINGGAKANLAH PERNUATAN YANG TIDAK TERPUJI INI.
    WASSALAM,
    KI ABDULJABBAR

  156. Bintang

    Waspada penipu ada di mana mana.

  157. Semangat sore
    masih semangat menyimak
    cling…

  158. Ki Menggolo

    mantap untuk diresapi dan dihayati ……………………………

  159. Saiiiii

    Absen wayah sandi kolo,,,,,

  160. rubian

    assalamualaikum saudaraku semua di kwa,salam perdamaian,
    Buat mas gagah,kalo pengalaman saya membantu oarang yg kena hal yg seperti itu,saya suruh yg bersangkutan sholat taubat,lalu sholat hajat,tawasulan umum,lalu bc sholawat adrikia 121x,sebelum sholat siapkan air 1glas,selesai airnya di minum,lakukan 3-7hari,atau samapai ada hasil,biasanya malam pertama selalu ada gangguan,seperti kepala sakit,seperti gempa,dll,namun jangan takut dan hadirkan allah di hati dan pasrahkan kehadiratnya.
    Semogah bermanfaat.

  161. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum absent…jelang maghrib..
    @Ki Ronggo: ya Ki, no Hp nyo aye save y..heuheu ntar kita janjian yua…
    @Lintang Sumirat: salam silturrahim s salam ukhuwah juga ya…monggo silaturrahimnya di tunggu di Sukabumi..
    @Bintang; he’em bener itu penipu, tapi kayaknya masih muda…saya ucapkan jazakumullahu khoyron katsiron Kpd Ki Abdul Jabar atas telah membongkar penipuan ini. jelas bin dzahir, penipuan seperti ini sangat mencoreng persaudaraan, mengotori tali silaturrahim dan menimbulkan prasangka dan curiga kepada orang-orang yang tulus ikhlas ingin berbagi dan membantu sesama…semoga Allah melindungi kita semua agar terhindar dari semua penipuan dan semua kejahatan makhluqNYA….Emang zaman sekarang kehati-hatian sangat diperlukan. Apalagi di zaman canggih seperti sekarang ini, Teknologi maju begitu pesat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga kejahatan pun lebih maju dan canggih pula. Ya seperti menggunakan sarana internet/dunia maya untuk kejahatan & penipuan..sehingga sering terjadi yang disebut Cyber Cryme…Namun, jangan sampai terlalu mencurigai setiap orang yang tak dikenal, sehingga menimbulkan su’udzon, kebencian dan permusuhan diantara para sedulur yang tulus ingin silaturahim dan berbagi….semoga pula persaudaraan di antara kita semakin erat dan kokoh..berbuah keridhoan, kebahagiaan, kesuksesan dan surgaNYA..amien..seruan Ilahiy telah berkumandang..yuuuk kita sambut dengan gembira dan khusyuk..pamit dulu ya..assalamu’alaykum…

  162. shuii

    assalamualaikum
    nyimak banyak pelajaran baru dibabar qobiltu….
    salam kagem
    @para2 sesepuh
    @kang mas raihlah
    @kang mas ronggo sentot
    @ki alif sadewa
    @abah parakan
    @rumi
    @adinda zizah 37
    @ki wong alus
    @ki wulyojati
    @mbah singo dongso
    @kang mas rubiah
    @kang mas bintang
    n sedulur kwa semua….
    alfatehah saya haturkan smga terjalin ukuwah islamiah n barokallah slalu dlm naunganNya

  163. Arifyanto

    wah…wah pada ngrumpi bareng nich izin nyimak….saja

  164. Semangat malam
    masih semangat dalam menyimak
    cling…

  165. @ronda malam. nuwun .

  166. shuii

    assalamualaikum
    wah ada @ki wong alus
    salam malam minggu ki
    ada artikel atau wjangan yg mau dibabar lagi ki
    saya nyimak saja smga berkahnya dapat amiin
    nuwun

  167. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..absent malam…anak muda mamingan di KWA..
    salam ta’zim @Ki Wong Alus…@Kang Mas Shuii..juga sedulut semua..barokallahu fiikum..

  168. Budiman

    Salam hormat buat Ki Wongalus dan para sesepuh..
    ikut menyimak bersama Cakji… cling..

  169. Rihlah Rahmatullah

    salam hormat buat kang Mas Cakji n Kang Mas budiman…sepii..pd ke mana ya…
    pesen kopi ah kpd Mbah Khozin n Ki Wulyojati…soalnya mo begadang nih..meriksa soal setumpuk..hehe gak da yg bantuin eung…Do’anya ja dweeh dari semuanya…mau pamit dulu..assalamu’alaykum…

  170. ajeng nyimak mawon.
    monggo di lanjuut.
    @ki wong alus:semangat malem ki,,silakan di lanjut rondanya. . . . . .

  171. Raden raddin

    kulo tumot ronda ngeh ki.mantaab

  172. dhony

    wow mana nih. si gentar alam. katanya 2i hari aq mati buktinya aku masih sehat wal afiat

  173. assalamualaikum sedulur kabeh

    ikutan yooo

  174. hadiiir ngikut ngronda,
    ki wongalus
    ki lurah
    ki selor
    ki shuii
    ki Rihlah
    ki patramantra
    ki saii
    ki muhammad
    ki nico
    ki ki semua yg hadir malam ini,salam rahayu slalu njih,,
    e ya,mbak zizah37 nescafenya da siaap mbak.!
    Dan sapa yg mau pesan kopiii.?swn.

  175. Rihlah
    niki kopinya da siap ki,,mau sama apa lagi ni.?

  176. Ronggo sentot
    ayo monggo di gelar tikernya,!kt leyeh2 sambil ngopi njih.?

  177. ijin gabung ngih poro sedulur..bukan maksud apa2, cuma pengen tambah sedulur, tambah pengalaman dan juga tambah pinter.he….. Maklum masih anak bau kencur. Mboten nopo2 njih..?

  178. Kulo kancani ronda @ ki wongalus…sinambi nyecep ngelmunipun…
    @kang rihlah trma kasih…insaalloh kl ada kesempatan …

  179. wualaah ko pd mingkem kabeh to.,mari2 kesini ajo sapo nang mau di pijit ama ambo.?qiqiqi

  180. dhani
    lintang
    selamat malam mingguan njih.! Salam rahayu slalu..

  181. MBAH SINGO DONGSO

    nderek ronda ki wong alus…. salam salim nggih….

  182. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam Takdzim kahatur ….
    @Bang Enrico Burhan
    Salam Salim persaudaraan Bang,,,kapan ke Bandung, n’tar kumpul2 bareng nih sm Kang Sanjaya…

    @Ki Wongalus
    Wilujeng wengi Ki,,,salam takdzim kahatur kanggo panjenengan…

    @Bang Mamat Kumis
    Brother, hehehehe…..ane pesen roti buaya ya,,,

    @Muhammad69
    Om,,,bagaimana kabarnya,,,sudah lama gak OL bareng lagi ya…

    @Zizah37
    Salam kenal mbak….

    @Rihlah Rahmatullah
    Salim kenal Kang,,,iraha urang tiasa dipareng papendak nya, mugia tiasa manjangkeun tali duduluran nu sanes mung ukur di dunia maya wungkul…

    @Kang Selor
    @Om Mbah gondrongxx
    @AA Khozin
    @Laskar Permadani
    @Om Sai
    @Om Putra Sapto Argo Al-Awwam Al-Pemalang Al-Jawiy
    dan teruntuk para sesepuh semuanya yg tak dapat kutulis satu persatu…salam salim paseduluran…

  183. kl begtu sy mau corat coret aaah,qiqiqi

  184. AA
    ualaaa kamana wae A.?
    Ko baru katingali,he5x
    mbah singo d
    mau pesen kopi nopo mbah.?qiqiqi

  185. mbak zizaaaaah,!lg malming ya mbak.?

  186. Aya wungkul A, hehehe…kumaha damang A?

  187. @mbah khozin salam salim kagem panjenengan mbah…

  188. alhamdulillah A,msh tetap seperti biasa A,.he5,
    AA
    mangga’ di sambi minumanya biar ga ngantuk A,!

  189. selamat malam minggu @mbah khozin… Mboten malming mbah..?

  190. Hatur Nuhun pisan A,,,

    Izin pamit dulu dulur2…Assalaamu’alaikum Wr. Wb
    Permiossss…………….

  191. lintang sumirat
    njih,salam salim kembali ki,,! Lan salam rahayu slalu,,

  192. dhani
    wualaah wis tuo ki,kl malming paling2 di rmh dan di temeni kopi dan buhur gudmer aja ni..qiqiqi

  193. AA
    njih monggo2 A,hati2 di jln ya,,pandangan lurus aja dan ojo tolah toleh lo.!?qiqiqiqi

  194. dm3n_cah_ayu

    Ass…U/smua warga KWA tanpa terkeculi,ikut gabung,banyak nasehat yg mangfaat,mhn ijin u/dimemori,monggo dilanjut,tak lupa alfatihah terkrm U/smua warga KWA ,warga Rt skitar sy,warga indonesia,jg warga seluruh dunia,mhn tdk ada yg kecewa karena tdk diabsent satu_satu,was…

  195. Saiiiii

    Gedabluuukkk,,,aduh sopo iki malming kok malah dlosoran neng ngarep lawange kelas marai kancane tersanjung wae,,,,
    Oalaaahh jomlo kwa tooh,pantesan malming kok merana sendirian,qiqiqiqi
    Semangat malam smua,,,
    Absen bentar trus kabur lg,hehehehehe
    Malming kelase sepi dosenne podo jalan2 sm bu dosen,qeqeqeqe

    ^_^

  196. 197,,nah skrg da waktunya coret2 ni…

    -HIZIB BARQI
    Bismillahirrohmanirrohin
    ashaduanlaa ilaahaillallaah waa ashadu anna muhammadarrosulullah
    Bismillahirrohmanirrohim
    Naruddu bikal’adaa-a miin kulli wijhatin wabil ismi narmiihiim minal bu’di bisy-syatat fa anta rojaa-i yaa ilaahii wa sayyidii fafarriq lamiimal jaisi in romaa bii gholath,

    Kopinya3x mantaaap

  197. Zizah37

    @ Salam Mbah Khozin
    nunggu nescafenya dari tadi sampai tertidur sebentar. Hehe..

    @ Anak Adam salam kenal kembali – terima kasih

    @ Saudara Shuii, terima kasih atas Alfatehanya.. Aminx3

    Sedulur semuanya salam takzhim ..

  198. Pecinta Habib

    HADIR absen malam…..
    monggo diunjuk kopine bolo wong alus….khususon mbah kozin kopi ++
    sekalian pamit kaabooorrr….

  199. Ngopi wis mariii dan kls msh kosong,,coret2 maning aaah,,qiqiqiqi
    Kegunaan hizib barqi yoniku..
    -utk mbentak musuh bs gemetar.
    -musuhnya bs buta n tuli.
    -membisukan musuh ketika kt bicara.
    -musuh mau jahat pa kt tak sampai”kacian deh lo”
    -bs menghancurkan batu/besi.
    -menghancurkan musuh
    -disegani lawan/pun kawan
    -menaruh simpati masyarakat
    -bisa menghancurkan musuh ghaib,.

    Sory kelas tak coret2 njih.!qiqiqiqi,koyok wong gendeng dewe ni,,wah biarlah tinimbang ga da kerjaan aja ni.,wkwkwkwkk,

  200. Zizah37
    Selama datang n selamat menikmatin nescafe buatan mbah khozin mbak.!wkwkwkkkk
    Pecinta habib
    Kebiasa aaaaan deh,,kabur kaburan,,qiqiqi

  201. MBAH SINGO DONGSO

    nyuwun sewu mbah khozin kopine mboten kulo unjuk, kulo lagi ludiro inggil alias darah tinggi hehe
    nyuwun wedang putih mawon….

  202. Si Komo Komodo

    Weleh.. Weleh.. Weleh..

    malam minggu ada yang mau temenin komo bergadang tidak yah???

    weleh.. weleh.. weleh..

  203. @wulyojati…pesen kopinya satu…jgn pake lama, banyu adem yo ra po po ki…

  204. Mbah singo d
    Monggo kulo damelaken wedang jahe mawon.! Yo’ nopo mbah,kerso nopo mboten.?he33x

  205. Si komo
    Slamat datang ki,,.pesan kopi nopo susu mawon.?he3x
    Lintang sumirat
    Langgeh njenengan ko seneng kopi sing atis to.! La ntk kl loro weteng pripun..?hahahahaha

  206. Zizah37

    @ Mbah Wulyojati
    Terima kasih nescafe hangat ni, enak diminum dlm cuaca dingin begini, tempat aye hujan terus… Alhamdulillah hujan rahmat.

    @ Mbah Singo D
    Daun ulam raja dikisar, minum airnya seminggu 3 x , InsyaAllah bisa turun kolestrol level, lama kelamaan turun tu darah tinggi Mbah.

  207. Zizah37
    Wah lg hujan ya di sana.? La disini ko malah puaanas mbak,! Ijol ijolan enggon yok mbak,,qiqiqiqiqi

  208. Si Komo Komodo

    @waluyo: komo teh manis hangat saja atau wedang jahe nya.

    @all:si komo mau lewat jalanan. Kalau macet jangan salahkan komo ya qiqiqiqiqi 🙂

  209. Si komo
    Siaaaaaaaaap,wedang jahe hanget segera meluncur ki,,perlu gorengan tnlo nopo mboten.?

  210. Mending ngomong dewe opo mending corat coret ya.?..

  211. Kl begitu mending skrg makan dulu aja deh,,

  212. Zizah37

    @ Mbah Wulyojati
    Disini udah musim hujan . Wah Mbah udah tau bahasa jawa aye kurang baik… Hehe tak faham tu.
    Tata cara hizib gmana Mbah?

  213. om arum manis

    Wulyojati samudra, aku minta dunk

  214. Adem Ayem

    Assalamualaikum para sesepuh dan sedulur KWA……Absen ronda …..

  215. aby_riki

    asalamualaikum.. Murid baru,absen malam.. Salam kenal smua’y..

  216. om arum manis

    mohon di scanke ni. entuk ini tadi
    inna quwwatih nakaban natah kitaban natah Salaamun qaulan mir-robbir-rohiim
    jare simbah kok ben semeleh.
    hick hick hick

  217. om arum manis, pamit dulu mata da rada sipit…… maaf g sempet tegur sapa td keasyikan baca artikel “melesat ke neraka” jd skrg pengen melesat ke kasur butut…hehe. nuwun

  218. om arum manis

    ono mas kertapiti to, hehhehe met malam.
    monggo bos.
    lo wes jam 1 to , cepet banget

  219. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    absen 1/3 malam,met malam sedulurku smua.
    @ki wong alus:salam takdzim ki, sekalian ikut ronda bareng.

  220. om arum manis

    wes ameh jam 2, muleh rondo ahhhhh

  221. bang jampang

    assalamualllaikum…..izin nyimak…..wah banyak sesepuh pade kumpul nech…..salim kesmua tanpa terkecuali

  222. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..absent 1/4 mlm jelang Shubuh…

  223. Rihlah Rahmatullah

    @Mbah Khozin n Ki Wulyo; makacieh Mbah kopinya,tambah dunk buhur 234 + dupanya 7 rupa..hehe monggo Ki dibabar kaifiyat,makna n fadhilah Hizb Halilintarnya smpe Tuntas… @Anak Adam: wuuihh aya Kang Sanjaya, nembe turun gunung deui nya. Ya smg ukhuwah n jalinan shilaturrahim yg kita rajut ini, di antara kita semua , Tidak hanya sampe KINI & DI SINI(di alam fana ini), tapi sampe NANTI & DI SANA yaitu ilaa yaumil akhir ilaa jannatin Na’im..sampe akhirat..Ukhuwah shilaturrahim & Kasih Sayang berbuah keridhoan & SurgaNYA..amien @ salam ta’dhim salam ukhuwah @ Kiom arum manis, @Ki Lintang Sumirat, @Adinda Zizah37,@Kang Ugan S, @Ki Kertapati, @Kang Adem ayem,@si Komo K,@Mbah Singo, @Pecinta Habib,@dhani S,@Bang jampang,@dm3n cah ayu,@aby riki, @cigobang s,,pokoknya smua sesepuh n sdulur dweh yg tak bisa kusebutkn one by one…
    Sbntar lg Shubuh tiba, yuuk qt siap2 sholat Shubuh,, sblmnya alangkah elok nan indahnya jika sblmnya Sholat Sunnah qobliyah Shubuh dulu ya. Krna “..Lebih utama drpd dunia dan seisinya..”dmikian pesan Rasulullah trcinta..smg kita tetap istiqomah slalu di jalanNYA..amien

  224. Salam, Bagus sekali ceritanya, Masih juga merujuk kepada amalan serta wiridan.

    Yang penting ikhlas dan sabar. Kelima point itu adalah fitrah dalam kehidupan manusia, semua pasti mengalaminya.

    Ngga usah diceritakan kisah tersebut, takutnya jadi takabbur. Seolah-olah anda sangat mustajab do’anya.

    Kalau begitu do’ain dong bangsa Indonesia semoga korupsi pada hilang, bencana pada meredam dan apai amarah rakyat tersiram dengan api kerohanian dan kembali kepada jalan yang benar.

  225. absen sore dan pagi

    maklum sedulur semua..tdk bisa hadir karena faktor alam
    mendung

  226. hmm pada pergi ke pasar semua

    ngantar mantan pacar y?? (=sekarang dah jd istri!!!!!!!!!!!)
    beli sayur..lauk lauk..tempe jengkol pete teri cabe..
    hmm

    sendiri nih..

    @pghjm PHM salam kenal
    mari kita berdoa..untuk itulah blog ini ada

  227. sungguh elok pemba2ranya sperti stetes air d padang pasir menyejukan sangat..

  228. erti

    ada yg punya film jadul yg judulnya BUJANG JELIHIM ga ya?tapi yg jilid 2&3.soalnya saya cari2 susah bgt.adanya yg jilid 1

  229. erti

    ada yg punya film jadul yg judulnya BUJANG JELIHIM ga ya?tapi yg jilid 2&3.soalnya saya cari2 susah bgt.adanya yg jilid 1.kalau ada tolong dong ksh t

  230. Met pagi semuanya,slm salim @mbh khozin,@Ki rihlah @ki arum manis…

  231. ngadem sbntar aja ah ditempat OOm Rico…
    kalo kelamaan bisa makin sayang entarnya … 🙂

    salam salim asah asih asuh para sesepuh, sedulur, brother and sista KWA-ngeen..Rahimakumullah…

    mumpung sempet connect Internetnya hihihii…

  232. arifin

    hohoho nie artikel yang keren dg gaya bhs yang pas,simpel,n gak njlimet.
    lanjutkan kimas enrico burhan. salam asah asih asuh tuk seluruh bolo wong alus.

  233. muhammad69

    @anak adam,salam salim om,hehehehe3,tar diatur aja yah wktunya kpn….

  234. @Muhammad69,,,,seeeeep Om, hehehehe….mudah2an bisa terlaksana, titip salam salim sungkem buat bang Rico Om,,,

  235. @pghjm PHM…salam akhi…kisah itu sebetulnya untuk memotivasi saja. Kalo saya ambil kisah orang lain takutnya belum ada izin akhi. Mari sama-sama kita berdoa untuk kebaikan.

    @ All KWA…be winner together oke !!

  236. absen morning

    mas sukemilung gambare mantabbbbbb

  237. Thanmust thepos

    INNALILLAHI WAINALILAIHI ROJIUN
    TELANG BERPULANG KE RAHMATULLOH, ANGGOTA, SAHABAT, GURU, KWA JAKARTA SAUDARA AIGUSTIAN BIN AGUS CIK ANANG NICKNAME : GUS BEWOK
    LAHIR TGL. 6 JUNI 1967
    MENINGGAL TGL. 29 MEI 2011, SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DISISINYA DAN DI AMPUNI SEGALA DOSA – DOSANYA. AMIN YAROBAL ALAMIN.
    SELAMAT JALAN SAHABATKU, SEMOGA TERANG JALANMU
    UNTUK SEDULUR KWA MOHON DO’ANYA.
    Yang Berduka Cita
    Atas Nama KWA Jakarta
    thanmust thepos

  238. Salam salim bwt @Kyi P sukemilung… Slm persaudaraan dari saya…

  239. INNALILLAHI WAINALILAIHI ROJIUN….turut berduka cita, semoga yang ditinggalkan tetap dlm kesabaran.

  240. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..absent jelang Dzuhur…salam ta’dhim salam silaturrahim @ Ki Wong Alus dan sedulur semua, khususnya @Kang Masku P.Sukemilung, @Ki Ronggo Sentot, @Ki Lintang Sumirat, @Ki Muhammad69, @AnakAdam69, @Om Arum Manis, @Gembel Gerbang Kampus, @pghjmPHM, @Mr.Zm n @erti…
    wuihh sekarang pd muncul lg eung, Kang Mas Rico n Kang Sanjaya..kumpul-kumpuull…
    @Ki Ronggo; hatur Nuwun sanget Ki..atas nasihat n masukkannya..smg Ki Ronggo sehat wal ‘afyat dlm naungan Allah selalu…
    @Ki The Post; terima kasih Ki atas infomya; mari kita berdo’a; Allahummagfirlahu, warhamhu, wa ‘afih, wa,fu anhu, wa aussi’ qobrohu, wa anzilirrahmatan nazilatan ilaa qobrihi birohmatika ya Arhamarrahimin…amien..

  241. Rihlah Rahmatullah

    Semoga pula SAUDARA AIGUSTIAN BIN AGUS CIK ANANG meninggalnya dalam keadaan husnul khotimah, di tempatkn di tempat yang terpuji di sisNYA, juga semoga semua sanak saudara yang ditinggalkan diberi ketabahan, keikhlasan dan kekuatan..amien…semoga kita bisa mengambil hikmah n pelajaran dari kematian…

  242. Innalilahi wainalilaihi rojiun
    Semoga amal dan ibadah beliah diterima disisi Allah, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan, Amin

  243. nyangkrukkkkkk

  244. suhaimi

    asalamulaikum

    saya turut berduka cita atas berpulangnya sahabat kita. semoga rohnya dirahmati Allah. ya allah berilah kekuatan kepada keluarganya yang di tinggalkan. amin.

  245. santri

    BUAT GATO LOCO
    kalau memang AMR mu itu terbukti ampuh, saya tantang kamu……coba bunuh saya, kalau besok saya masih hidup.. hati hati kamu GATOLOCO… giliran saya yg akan membunuh kamu….. huahahahaha, GAYANYA MOSYING DI blog energi sejati…
    oe temen temen ini ilmu palsu, jadi orang mbok yo do mikir….. jaman wes reyot masih pada saling tipu menipu…. huahaha,, hati hati saja kamu gato loco,.,,kalau komment saya kamu hapus berarti memang terbukti bahwa AMR itu aspal alias palsu… huahahahah saya tantang kamu,, hidup mati ku hanya di tangan ALLAH bukan di tangan mu… huahahahaha silakan saja bunuh saya,, saya iklas,, tp bila kamu tdak bisa membunuh saya,, ati ati kamu,,, uahahahhah DASAR PENIPU ULUNG… semenjak kamu tidak ada di sini blog ini tidak panas seperti ini…kenapa saya tidak tertipu oleh mu GATOLOCO…!!! karena saya punya ustadz, saya tanyakan pada beberapa ustadz di desa saya tentang AMR mu,,,!! eeehh……tpi semua ustadz itu pada bilang “itu ilmu apa,? asr bukaan… rdr juga bukaan…” halaah saya sendiri yg menanggung malu, pantas semua orang pada memusuhi kamu,, la wong ilmu mu aja palsu semua,, 1 bukti lagi teman saya yg mengamalkan amr mu, dia jatuh sakit sampai sekarang, setelah di tanyakan pda ahli para normal dan ustad ustad lain katanya ” itu akibat amalan yang energinya kocar kacir, yg bisa bisa nyawa teman mu melayang “!!! oleh karena itu saya meminta pertanggung jawaban mu,,,,!!! saya tdak terima teman ku seperti ini, bahkan ada 5 oarang lainya yg sama seperti itu.. tapi BAGI TYEMAN TEMAN YG TIDAK MENGALAMI SEPERTY INI, berarti harus banyak banyak bersukur karena masih di kasih sehat oleh allah.. awas lu… GATOT LOCO ANAK BUAH DAJJAL lu>>>>>

  246. santri

    BUAT GATO LOCO saya minta pertanggung jawaban mu,,,
    kalau memang AMR mu itu terbukti ampuh, saya tantang kamu……coba bunuh saya, kalau besok saya masih hidup.. hati hati kamu GATOLOCO… giliran saya yg akan membunuh kamu….. huahahahaha, GAYANYA MOSYING DI blog energi sejati…
    oe temen temen ini ilmu palsu, jadi orang mbok yo do mikir….. jaman wes reyot masih pada saling tipu menipu…. huahaha,, hati hati saja kamu gato loco,.,,kalau komment saya kamu hapus berarti memang terbukti bahwa AMR itu aspal alias palsu… huahahahah saya tantang kamu,, hidup mati ku hanya di tangan ALLAH bukan di tangan mu… huahahahaha silakan saja bunuh saya,, saya iklas,, tp bila kamu tdak bisa membunuh saya,, ati ati kamu,,, uahahahhah DASAR PENIPU ULUNG… semenjak kamu tidak ada di sini blog ini tidak panas seperti ini…kenapa saya tidak tertipu oleh mu GATOLOCO…!!! karena saya punya ustadz, saya tanyakan pada beberapa ustadz di desa saya tentang AMR mu,,,!! eeehh……tpi semua ustadz itu pada bilang “itu ilmu apa,? asr bukaan… rdr juga bukaan…” halaah saya sendiri yg menanggung malu, pantas semua orang pada memusuhi kamu,, la wong ilmu mu aja palsu semua,, 1 bukti lagi teman saya yg mengamalkan amr mu, dia jatuh sakit sampai sekarang, setelah di tanyakan pda ahli para normal dan ustad ustad lain katanya ” itu akibat amalan yang energinya kocar kacir, yg bisa bisa nyawa teman mu melayang “!!! oleh karena itu saya meminta pertanggung jawaban mu,,,,!!! saya tdak terima teman ku seperti ini, bahkan ada 5 oarang lainya yg sama seperti itu.. tapi BAGI TYEMAN TEMAN YG TIDAK MENGALAMI SEPERTY INI, berarti harus banyak banyak bersukur karena masih di kasih sehat oleh allah.. awas lu… GATOT LOCO ANAK BUAH DAJJAL lu>>>>>

  247. santri

    BUAT GATO LOCO
    kalau memang AMR mu itu terbukti ampuh, saya tantang kamu……coba bunuh saya, kalau besok saya masih hidup.. hati hati kamu GATOLOCO… giliran saya yg akan membunuh kamu….. huahahahaha, GAYANYA MOSYING DI blog energi sejati…
    oe temen temen ini ilmu palsu, jadi orang mbok yo do mikir….. jaman wes reyot masih pada saling tipu menipu…. huahaha,, hati hati saja kamu gato loco,.,,kalau komment saya kamu hapus berarti memang terbukti bahwa AMR itu aspal alias palsu… huahahahah saya tantang kamu,, hidup mati ku hanya di tangan ALLAH bukan di tangan mu… huahahahaha silakan saja bunuh saya,, saya iklas,, tp bila kamu tdak bisa membunuh saya,, ati ati kamu,,, uahahahhah DASAR PENIPU ULUNG… semenjak kamu tidak ada di sini blog ini tidak panas seperti ini…kenapa saya tidak tertipu oleh mu GATOLOCO…!!! karena saya punya ustadz, saya tanyakan pada beberapa ustadz di desa saya tentang AMR mu,,,!! eeehh……tpi semua ustadz itu pada bilang “itu ilmu apa,? asr bukaan… rdr juga bukaan…” halaah saya sendiri yg menanggung malu, pantas semua orang pada memusuhi kamu,, la wong ilmu mu aja palsu semua,, 1 bukti lagi teman saya yg mengamalkan amr mu, dia jatuh sakit sampai sekarang, setelah di tanyakan pda ahli para normal dan ustad ustad lain katanya ” itu akibat amalan yang energinya kocar kacir, yg bisa bisa nyawa teman mu melayang “!!! oleh karena itu saya meminta pertanggung jawaban mu,,,,!!! saya tdak terima teman ku seperti ini, bahkan ada 5 oarang lainya yg sama seperti itu.. tapi BAGI TYEMAN TEMAN YG TIDAK MENGALAMI SEPERTY INI, berarti harus banyak banyak bersukur karena masih di kasih sehat oleh allah.. awas lu… GATOT LOCO ANAK BUAH DAJJAL lu>>>>> …

  248. santri

    untuk sdulor KWA saya mohon bantuanya, untuk membalas GATOLOCO karena sudah membuat teman saya sakit, dan telah menyebarkan ilmu palsu di http://www.enrgisejati.wordpress.com dia berusaha balas dendam karena dulu dia di remehkan sewaktu masih di KWA sekarang dia menyebarkan ilmu2 palsu.. tolond mohon pertolonannya, atas bantuamya trimakasih

  249. santri

    untuk sdulor KWA saya mohon bantuanya, untuk membalas GATOLOCO karena sudah membuat teman saya sakit, dan telah menyebarkan ilmu palsu di http://www.enrgisejati.wordpress.com dia berusaha balas dendam karena dulu dia di remehkan sewaktu masih di KWA sekarang dia menyebarkan ilmu2 palsu.. tolond mohon pertolonannya, atas bantuamya trimakasih

  250. INNALILLAHI WAINALILAIHI ROJIUN
    TELANG BERPULANG KE RAHMATULLOH, ANGGOTA, SAHABAT, GURU, KWA JAKARTA SAUDARA AIGUSTIAN BIN AGUS CIK ANANG NICKNAME : GUS BEWOK
    LAHIR TGL. 6 JUNI 1967
    MENINGGAL TGL. 29 MEI 2011, SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DISISINYA DAN DI AMPUNI SEGALA DOSA – DOSANYA. AMIN YAROBAL ALAMIN.
    SELAMAT JALAN SAHABATKU, SEMOGA TERANG JALANMU
    UNTUK SEDULUR KWA MOHON DO’ANYA.
    Yang Berduka Cita
    Atas Nama KWA Jakarta
    thanmust thepos

    Ronggo Sentot ikut belasungkawa:
    Inalillahi..
    ila hul haq
    ila mutalaq

  251. NAMA
    https://wongalus.wordpress.com
    Ideolagi:
    https://wongalus.wordpress.com/ideologi-kwa/
    Salam Redaksi:
    https://wongalus.wordpress.com/salam-paseduluran/

    mohon yang mengkases dan komen berbau nafs baca dulu..
    iqro!!

    mboten isin nopo njih
    sama Yang punya diri

  252. INNALILLAHI WAINALILAIHI ROJIUN
    semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah, dan semoga Allah memberikan kekuatan da ketabahan hati bagi yang ditinggalkan

    @ Ki Santri
    mf Ki kalau saya lancang
    apa tidak bisa kita berbicara dalam bahasa perdamaian
    dan tidak membuat permusuhan dengan anggota yang lain
    dan kalau mengamalkan ilmu itu apakah tidak sebaiknya kita mengenali ilmu itu terlebih dahulu sebelum di amalkan

    mf Ki kalau saya lancang
    karena saya sudah mengalami ilmu yg tidak cocok dengan jiwa dan raga saya

    salam salim bagi Bolo Alus semua

  253. ealah . . .

  254. aslmkmwrwb,..,
    hadiiiir,..
    salam sehat selalu untuk sedulur KWA..
    @ki.wong alus: salam hormat,salam sedulur selalu.
    @ki.lurah :salam hormat apo kabar..?semoga diberikan kesehatan oleh allah swt selalu,aamiiin,
    maaf ki.lurah,kami sering kumpul cangkrukan kecil,di kediamannya kertapati,..tapi nggk selalu,..di karenakan para sedulur KWA sriwijaya,banyak tugas luar kota…insya allah kalau para sedulur KWA sriwijaya ada waktu luang akan kumpul lagi bersama menjalin silaturahmi,..ntr kami kabari kalau ada acara cangkrukan dengn sedulur kwa sriwijaya,..
    ki.lurah hp nya kok nggk pernah aktif..?
    salam ta’zim untuk sedulur kwa sriwijaya…

  255. pa kabar mas wong lamo

  256. INNALILLAHI WA INNALILAIHI ROJIUN..
    turut berduka cita atas meninggalnya ; Agustian bin agus cik Anang/gus bewok..
    semoga semua amal ibadah nya di terimah di sisi allah swt dan di ampuni segala dosa dosa aamiin yaa robbal alamiiin..

  257. kulo njih nyuwun sewu ngapunten menawi luput..
    @ setuju kagem Cucu Adam
    @wong lamo..salam salim
    @om arum manis.. e alah..
    tambahi ‘l’ siji sip kang..
    @ ki santri..Istighfar terus yuk.. sama sama..
    haduh Gusti nyuwun ngapunten kulo kilaf terus…

  258. @om.arum manis :alhamdulillah sehat selalu,..apo kabarny om..?

  259. @ronggo sentot :salam salim salaman om,..apa kabarnya..?

  260. Alhamdulillah senang selalu.
    Semoga @aki Wong Lamo juga beserta keluarga
    pa kabar palembang..pesen mpek mpek
    mantaps nian

  261. @ronggo sentot :aamiin,kabar palembang seperti yang dulu,…ayo om kepalembang aj kita makan pem-pek sama sedulur kwa sriwijaya+ngudut nyantai di benteng kutok besak,wuiiih mantab om….

  262. Damar Sasongko

    @santri: hp gatoloco kan sudah ada monggo panjenengan selesaikan dengan yang bersangkutan via phone. Jangan buat keributan di thread ini.

    @all sedulur: bagi yang mengamalkan amr silahkan tapi di harap tidak melebihkan amr (hiperbolik) jadikan semua amalan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu prasyarat ilmu hikmah adalah ojo nggumunan. Bagi mereka yang mengamalkan suatu ilmu lalu terpesona akan khasiatnya maka hanya ilmu saja yang dia dapat dan bukan ngelmu.

  263. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alykum…salam ta’dhim salam persaudaraan, ukhuwah, dan silaturrahim tuk sesepuh dan sedulur di mana pun berada…smg tetap dalam naungan &bimbingan Allah slalu..hmm ada….@Ki Santri; salam silaturahim Ki…jika boleh berpendapat, koment panjenengan seperti itu justru bisa mengundang ketidaksimpatian dari sedulur, bisa menimbulkan kebencian, permusuhan dan memutus tali silaturrahim dan persaudaraan diantara kita. Jangan tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan dan menghukumi sesuatu, sehingga akibatnya bisa fatal. Jika ada masalah, kesalahpahaman atau silang sengketa di antara sedulur hendaknya selesaikan dengan kepala dingin, akal yang sehat dan nurani yang jernih. Hendaknya jangan dalam keadaan marah…karena ketika mengambil keputusan atau mengerjakan sesuatu dalam keadaan marah, ptidak akan membuahkan apa-apa, selain kekecewaan dan penyesalan. Sepakat sengan pendapat Ki Sasongko, langsung aja selesaikan lewat HP saja secara pribadi dan kekeluargaan. sepakat juga bahwa kurang Bijak rasanya jika kita terlalu membangga-banggakan suatu ilmu…tujuan mempelajari/mengamalkan suatu Ilmu itu bukan untuk pamer atau agar mendapatkan sanjungan dan pujian dari orang lain..Maaf tak bermaksud menggurui, hanya sekedar berpendapat dan mengingatkan sesama…juga jika ada kata-kata dalam coment ini kurang berkenan di hati sedulur, sudilah kiranya memafkan saya…maklum masih bocah…heuheu buah juga yang masih muda mah suka masam…

  264. Saiiiii

    Innalillahi wa inailaihi rojiun,turut berduka cita yg sedalam2x,smoga amal ibadah beliau diterima disisix,amiiiin.

  265. shuii

    innalilahi wainnailaihiirojiuun,
    saya shuii turut berduka,
    smga amalan2 n ibadah2 beliau ditrima di sisiNya
    n keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan,,amiin

  266. INNALILLAHI WAINALILAIHI ROJIUN
    al fatehah terkirim kepada alm AGUSTIAN BIN AGUS CIK ANANG NICKNAME : GUS BEWOK
    semoga keluarga yang ditinggalinya diberi kekuatan serta ketabahan dan semoga pula segala Dosa Alm gus Bewok diampuni dan Amal ibadahnya diterima disisi Allah Ta’ala..

    salam silaturahiim kembali kpd Oom Rihlah R..juga para sedulur kampus tercinta,…
    Barakallah

  267. muhammad69

    INNALILLAHI WA’ INAILLAIHI ROJI’UN,ane turut berduka cita atas berpulangnya shabat,sedulur, guru kita AIGUSTIAN BIN AGUS CIK ANANG (gus bewok) ke rahmatullah, semoga amal ibadah beliau diterima oleh ALLAH SWT, dan kepada keluarga yg ditinggal diberikan kekuatan dan kesabaran…AMIN

    CARPE DIEM…..

  268. muhammad69

    @PANGERAN SUKEMILUNG,auuu ji photo tuch,ane dak kuat liat nur photo “YANG MULIA” tuch…..criiiing,kinclong,wkwkwkwk
    @WONG LAMO/DATUK GURU,tenang bae mas yo,ane dak nganji kog…wkwkwkwk

  269. asslmkm wr wb,
    Innalilahi wainalilaihi rojiun….turut berduka cita atas meninggalnya gus bewok….
    semoga segala amal ibadahnya diterima dan diampuni segala kesalahannya….al fatehah sent….

  270. Inalilahi…turut berduka cita atas meninggalx @gus Bewok…smga amal ibadahx di trima Alloh swt amin

  271. INNALILLAAHI WA INNA ILLAIHI ROJI’UUN…
    Semoga segala amal ibadahnya diterima Gusti Alloh…

    @Om Muhammad69,,,Malem Om,,,n’tar aq contact ya,,,td koq ga dibales sms q, hehehe

  272. muhammad69

    @anak adam/om agung,maaf simpati ane lg bis plsa,wkwkwkwk,okeh om

  273. @muhammad69 :wah mas m69 udah mantab kerja nya..kapan..?? denger denger habis lebaran..?
    jangan lamo lamo,..
    @anak adam :salam kangen..?

  274. @Muhammad69, qeqeqeqe…..oceh Om

    @Wong Lamo, Kembali kwangen Om, lamo kito tak jumpo ya, hehehe…piye kabare Om ?

  275. MBAH JATI

    subhanal hayyilladzi la yamuut…semoga gus bewok bahagia dan damai dalam pelukan kasih sayang-Nya serta surga firdaus tempat istirahatnya.

  276. kinjeg mas

    pas banget,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  277. laskar lembu suro

    aslkm….absen mlm

  278. cong kenik

    absen awal malam dan nyimak ……….monggo dilanjut

  279. ugan surya

    INNALILLAHI WAINAILLAIHI ROJI’UUN,semoga segala amal ibadahnya di terima disisi gusti Allah swt,dan bagi keluarga yang di tinggalkan semoga di beri kekuatan dan kesabaran.

  280. Prih

    Absen pagi ………….

  281. di suatu waktu ketika orang tuaku di rawat di rumah sakit, aku berdoa smoga beliau cepet sembuh sehingga aku bisa mengikuti acara kumpul2 temen di kwa, dan betul sekali doaku mungkin terkabul dan orang tuaku bisa sembuh pulang kerumah, akhirnya aku bisa mengikuti acara kumpul2. Diacara tersebut aku bercerita tentang doaku tersebut ke seorang teman kwa, dan dia hanya bilang ” hebat kamu…dengan doamu kamu bisa berbuat seperti itu…” aku terdiam tak bisa berkata, ………..kurenungi kata2 teman kwa tersebut, dan timbullah pertanyaan dalam hati….. ” apakah karena doaku sehingga ortuku bisa sembuh, atau memang sudah garisNYA atau KehendakNYA semua itu bisa terjadi ??” dalam pikirku apalah diriku ini yg banyak meng aku – aku….. bisa gini bisa gitu…., dan pada ujung hatiku aku hanya bisa melihat dan bersaksi atas kebesaran NYA yg bekerja dan berkehendak lewat diriku……apalah aku ini……….yg hanya bisa mengaku2…………………..

  282. faisal arsawirja

    hadirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  283. udah aku baca bolak balik akhirnya jatuh lagi di QOBILTU……..

  284. Gus Nur

    INNALILLAAHI WA INNA ILLAIHI ROJI’UUN…atas meninggalnya Gus Bewok
    Semoga segala amal ibadahnya diterima Gusti Alloh…serta keluarga yg di tinggal di berikan kekuatan iman, islam dan sabar dlm memerima setiap ujian ini, Amien…3x

  285. adam

    Ass Wr Wb …

    Bener banget pembahasannya, ki. Terlalu byk yg dicopas, akhirnya bingung sendiri mana yg mau di jalanin duluan. he he he.
    Pingin sakti …. eh … tenyata ada lg yg ngasih lebih sakti lg katanya … baru setengah jalan … ternyata ada lg yg ngasih jauh lbh sakti lg … akhirnya gak dpt apa-apa … tp cuma keblinger sendiri.
    Na’udzu billah min dzalik.
    Selamat menuntut ilmu utk semua sedulur di kwa ini.

  286. assalamualikum
    mohon ijin untuk gabung di forum ini,,,
    salam pesaudaraan,, peseduluran salam kenal semua,,
    dari dedi di tegal,,

  287. hadir…..

  288. lutfi

    Nasehat yg sgt baik.

  289. mantab komennya… bagus banget…

  290. Sri W Priambodo

    Mantaap…OM RiCo….Qobiltu…..salam Cinta selalu….

  291. rangga wijaya

    Salam kenal tuk sesepuh blog ini, dan semua sedulur-sedulur KWA dari saya yang masih hijau, alias bawang konthong. Membaca intermezonya mbah rico sungguh sangat menenangkan dan menyejukan. Betapa tidak, di saat kita dilanda keputusasaan, gundah gulana, akibat doa dan wirid sudah dijalani tapi belom ada setitik harapan, seolah olah saya disadarkan. Ibarat udan, udane ing mongso ketigo, sungguh ngademi-ngademi jiwa yang kering kerontang. Trimakasih mbah rico, trimakasih sedulur kwa, trimakasih wong alus. Semoga saya diberi kesempatan untuk menambah peseduluran.

  292. maszen

    bha ha ha ha derek amul kemamawon

  293. Gak comment Rugi nih…makasih sobat atas pencerahannya, tersentil juga kita2 ini dg artikelnya 🙂

  294. cah cilik

    qobiltu, moga bermanfaat dunia akhirat

  295. Salam rahayu dulur2..
    Wahai para pecinta syeh abdul qodir jaelani..Tdk tahu kah dulur2 dgn imam Ali as,imam husain as,dan para imam ma’sum cucu Rasulullah,maqam mereka d atas seluruh manusia kecuali Rasulullah saww,dalam akhr hdp mereka yg pnuh dgn derita dan air mata,pd saat imam husain as d bntai oleh muawiyah,sbgian bgsa jin dan selurh malaikat menangisi beliau pemuda penghulu surga..Sabda Rasulullah aku adalh kota ilmu dan imam Ali adalah pintu nya..Knp qt tdk bertawasul kpd mereka yg jelas2 ma’shum..Anak cucu Rasulullah, yg mengalir dalam tubuh mereka adlh darah suci Rasulullah manusia plg berilmu dan berahlak mulia,knp saudara2 lbh memilih bertawasul kpd selain mereka???Shalat nya yg plg khusu adlh shalat Rasulullah,setelah itu shalat imam Ali as, pd saat belaiu terkena pnh d kaki nya,beliau menyurh shbt unt mencbt panah tersebt pd saat beliau Shalat dan beliau tdk merasakan sakit saat itu…Betapa tinggi nya maqam imam Ali as..sumpah imam khomaini as,keutamaan takbir imam Ali as,lbh utama dari pd takbir yg d lakukan oleh seluruh malaikat,jin,dan seluruh manusia kecuali Rasulullah..Allahumma shali ‘ala muhammad wa alii Muhammad..

  296. perapatan ke2

    Suatu pelejaran besar untuk sesuatu yang besar…
    and Buat sahabat Enrico Burhan Insya Allah..AMiiin

  297. Asalamualaikum wr wb
    @ Saudara Enrico/PS
    Terima kasih kerna sudi share pengalamannya dikampus tercinta ini.
    Syukur Alhamdulliah kita ditemukan dengan seorang penasehat dan guru yang benar2 tulus iklhas, tinggi ilmunya tapi tetap merunduk saperti padi… Saudara kita Sanjaya.

    mohn izin mengamalkannya .Ratib Al-Attos

    Wasaalam.

  298. Untuk sebuah Keunikan. ^^

  299. Wong Bego

    Qobiltu ! Ikut nyimak ,….. terima kasih ……… tambah pencerahan !……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: