AKHLAQ PERSAUDARAAN


kampus wongalus
kwajakarta@gmail.com

Oleh : Abdul  Hamid, Lc, MA

Di  antara  nilai-nilai  sosial  kemanusiaan  yang  ditekankan  oleh  Islam  adalah  persaudaraan (ukhuwah). Bahwa  hendaknya  manusia  hidup  di masyarakat  saling  mencintai  dan  menolong  dan  diikat  oleh  perasaan  layaknya  anak-anak  dalam  satu  keluarga.  Mereka  saling  mencintai , saling  memperkuat,  sehingga  benar-benar  terasa  bahwa  kebahagiaan  saudara  adalah  kebahagiaannya,  dan  persoalan  saudara  adalah  persoalanya.

Al-Qur’an  telah  menjadikan  hidup  bersaudara  itu  suatu  kenikmatan  yang  terbesar.  Allah  SWT  berfirman  yang  Artinya : “Dan  ingatlah  akan  nikmat  Allah  SWT  kepadamu  ketika  kamu  dahulu  (masa  jahiliyah)  bermusuh musuhan,  maka  Allah  SWT  mempersatukan  hatimu,  kemudian  menjadikan  kamu  karena  nikmat  Allah  SWT  orang-orang  yang  bersaudara”.  QS. ALI IMRAN [3] : 103.

Al-Quran  juga  telah  menjadikan  persaudaraan.  Allah  SWT  berfirman  yang  artinya  : “Sesungguhnya  orang-orang  mukmin  itu  bersaudara……. ( QS. Al-HUJARAT [49]:10 )

Nabi  Muhammad SAW mengajarkan pentingnya persatuan dan persaudaraan. Persatuan yang diajarkan tidak meleburkan perbedaan, tetapi tetap menghormati realitas perbedaan karena perbedaan merupakan sunnatullah. Allah SWT berfirman yang artinya: untuk tiap-tiap di antara kamu kami berikan aturan dan jalan terang. Sekiranya Allah SWT menghendaki niscaya kamu di jadikan satu umat saja, tetapi Allah SWT  hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu. Maka berlomba-lombalah untuk menbuat kebaikan.” (QS. Al-Maidah [5]: 49)


Kita juga dituntut berbuat adil terhadap siapa pun. Kedekatan maupun kebencian terhadap seseorang maupun sekelompok orang tidak boleh dijadikan faktor untuk berbuat tidak adil. Allah SWT berfirman artinya: janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum menjadikan tidak berlaku adil.” (Al-Maidah [5]: 8).


Untuk itu, pluralitas positif dan kejemukan yang menbawa keserasian sosial merupakan salah satu hakikat ajaran Nabi Muhammad SAW. Dari ayat-ayat mengenai ukhuwah (persaudaraan) tersebut, dapat di pahami antar sesama umat seharusnya didasarkan pada beberapa prinsip sebagai berikut:

  1. Tasamuh (toleransi). Prinsip tasamuh dimaksudkan untuk mengakomodasi seluas mungkin pluralitas kemanusiaan, baik itu berkenan dengan agama, kepercayaan, kelompok, etnis, pemikiran, dan sebagainya.

  2. Tawasuth (moderat) . Prinsip tawasuth merupakan penjelmaan dari sikap tasamuh.  Dengan nilai ini, umat islam senantiasa berupaya mengembangkan pemikiran dan gerakan dengan mendasarkan diri kepada nilai-nilai yang termasuk jalan tengah (al-wasathiyah), yakni jalan moderat, tidak ekstrim (al-tatharouf) dan tidak pula liberal. Dengan prinsip tawasuth ini, umat islam mampu berinteraksi, berdialog dan terbuka dengan semua pihak.

  3. ta’awun (gotong-royong). prinsip ta’awun menjadi sangat vital dalam mewujudkan ukhuwah di tengah realitas keterkelompokkan umat islam dalam berbagai organisasi dan baju politik yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda. ta’awun yang bersifat positif dan aktif akam melahirkan kompetisi (istibaq) dalam berkarya dan berkreavitas. Perbedaan yang terjadi di masing-masing kelompok masyarakat islam dam ormas akan memperkarya dan saling melengkapi, bukan saling menegasikan dan menafikan.

  4. Musawah (kesetaraan). Prinsip musawah merupakan prasyarat utama dalam menjalin kerjasama, gotong-royong dan dalam rangka melakukan musyawarah. Prinsip ini akan mengikis sifat ‘ananiyah (egoisme) sektoral, kebanggaan atas kelompoknya (kullu hizbin bima ladaihi farihun), sehingga merasa bener sendiri dan melihat kelompok lain sendiri dalam posisi yang salah dan di persalahkan.

  5. Takaful ‘ijtima’i (solidaritas sosial). prinsip ini sebagai manifestasi atas suatu pemikiran dan gerakan kultural yang peduli kepada nasib kaum yang lemah dan di lemahkan (mustadl’afin) yang selama ini kehidupannya tidak diuntungkan oleh pembangunan. Di atas prinsip ini islam menegaskan komitmennya pada advokasi-advokasi terhadap siapa saja yang di perlakukan secara tidak adil dan mengalami penindasan oleh siapa saja.

  6. Mahabbah (cinta kasih). Semangat cinta kasih, saling membagi, melindungi dan saling menaungi merupakan cerminan dari sikap persaudaraan sejati. Mahabbah mempunyai sikap hati yang bersifat esoteris yang dengannya mampu melahirkan rasa empati dan solidaritas sosial.

Selain dari prinsip di atas, tentu keiklasan, keterbukaan dan itikad baik dari semua pihak untuk melakukan komunikasi antar sesama akan menjadi kunci utama dalam memupuk keakraban dan kebersamaan di tangah perbedaan, sehingga semangat pesan Rasulullah SAW: “ikhtilafu ummati rahmah” (perbedaan umatku adalah rahmat) bener-bener menjadi kenyataan.

@@k

Iklan

150 pemikiran pada “AKHLAQ PERSAUDARAAN

  1. ass f all,ikut nyimak,tak lp nyalami tgn smua yg hdr,u/smua ssepuh n bolo wa,met sore,alfatihah u/kt n kluarga kt.wass..

  2. as wr wb. sangat berharga kuliah hari ini. salam seduluran dari saya yg baru(kwa2021). buat mas bajul kesupen makasih tlah mendaftarkan saya menjadi anggota kwa. untuk semua khususon para pinisepuh kwa, waffaqonallah wa rohimakumullah amin.

  3. salam peseduluran semua,buat mas bajul kesupen terima kasih telah mendaftarkan saya jd anggota kwa(no 2021). buat semuanya khususon para pinisepuh kwa waffaqonallah wa rohimakumullah. amin

  4. rasa,y pa2ran diatas skrg ni cm jd wacana,prsaudaraan skrg biasa’y atas dsr untungrugi,pny kpntigan,realita’y begitu,mf

  5. bs dihit. dng jari org yg bs mmprktekkn hal diatas,biasa’y prsodaraan level2an,yg ky ma ky,g mo si ky knal si miskin,dll

  6. Nderek ndeprok ngaji poro sepuh mugi nambah pangertosan kulo. amiiinNderek ndeprok ngaji poro sepuh mugi nambah pangertosan kulo. amiiin

  7. @mas bajul..bagi donk

    @d3m3n wong ayu
    hiya mbah..piye yo?
    hasing ilmu ne duwur wae kadang ra injoh nerapkan di masy..
    opo meneh koyok dewe2 iki yo mbah (spirit mode on)

    luwih becik eling wae yo mbah

  8. Assalamualaikum. .wr. .wb. .
    Salam salim pada smwa sedulur KWA. .
    Isi absen malam. .
    Trus nyimak pelajaran d’pojok” kampus. .hee

  9. salam malam hari :
    salam sungkem buat :
    @ mbah waluyojati : skali2 ikut ambil bagian pertamax
    @ kimas ochim : matur nuwunnya sm mbah selor kimas, beliau yg daftarke
    @ Ki Ronggo Sentot : ngapunten mboten kulo bagehi
    @ all Bolowongalus : monggo dilanjut sinambi ngopi bebarengan

  10. Assalamu’alaikum..
    Salim penuh persaudaraan dan hormat takdzim kepada ki Wong Alus, Para Sesepuh dan Para Sedulur KWA..

    Ini postingan yang mencerahkan. Rasanya adem tentrem maknyuuus..

    Bengawan Chandu, lagi test test nopo Sang Begawan..?

  11. @gus santri….ngetest aji jeritan ati ki,kagem ngundang priyayi blitar bilih kerso rawuh ndalu meniko,sekalian mas bajul kesupen…..he5x…

  12. @mbah bc
    salam salim
    @mas bajul..ngopi yok..
    biasane ngopi kapal api tho..iki ono kopi kapal TANGKER
    rasane enak kapal api sih…

    sek enak kopi medan jare
    roko 234 amild
    mantap mererm melek

  13. @ronggo sentot….sedulurku yg rajin dan gemar sesuatu yg baru dan senantiasa mencari dan mengurai hikmah….slmt mlm salam pamuji rahayu,sng bertemu panjenengan kmbl….
    @kimas laskar lembu suro…..smg berkah dan rahmat allah swt senantiasa terlimpah dan tercurah pd panjenengan dan segenap bolowngalus semuanya…..
    @bajul kesupen….sdh pake peredam merk lintah merah….jd cukup silent kimas….

  14. @ronggo sentot….wih blm punya hp aplg fb waduh gak punya oom,mklm gaptek msh bingung,klo kt komunikasi biasanya teriak via gentong sj oom….

  15. @mas bajul kesupen…lagu kenangannya opo to?bang thoyib ato sepiring berdua?ato gubug bambu to oom?….

  16. @mas bajul kesupen….ojo solo balapan lah….lagunya keris patih yg DEMI CINTA kan jg bagus to….ojo dangdutan….mabuk judi nnt…..

  17. @ronggo sentot…ya enggak aneh oom,sy mah ngikuti tradisi ibuku dulu. klo sy dulu wkt kuliah lama gak pulang,katanya dipanggil via gentong…eh sy plg ibuku cengengesan krn katanya 2-3 hr yll sy dipanggil via gentong…wah payah,kalah sepuh sama ibuku wekekekekk….

  18. @bajul kesupen….ha5x….iya nnt memngundang slank dan dewa19,nnt paling2 kiwongalus,mas kumitir,ki jatiraga sama ki arya geleng2 kepala…weeeh kwa berubah haluan,gaul….hi5x….

  19. Ngintip dikit,,,,,,
    Salim mbah yai BC,mbah yai Sentot,Mbah yai BK,salm salim cium kening nempel tangan,qiqiqiqiqiqi
    &untuk sedulur smuasalam salim salam rahayu bwt smua
    Skrng,,,,,
    Kaaabuuuuuuurrrrrrr lg,cling.

  20. @bajul kesupen….wah sangar kwa gaul,warisan dr briptu noorman he6x…
    @kamar mayat…walah medeni banget namanya,mengkorok….pss p-anjenengan dimana mas?lg nyetel MONATA ini,alirannya mas B.K. keliatane aliranku yg slow rock gak ada yg mendukung,waduh sedih tenan ini.
    @kimas ronggo sentot….iya kali ya krn kalah sepuh dipanggil via gentong sj muncul he5x….biasanya beliau ada perlu ato diminta membantu diskusi ato sharenya u/mslh2 yg beliau hadapi. mklm sdh sepuh,jd pertimbangan dr berbagai pihak diperlukan….

  21. Saya disini paling muda om…umur saya 19…Saya kepingin banget tobat gimana caranya ya…saya anak underground jepara saya punya ketua pemuja setan….tiap malam balapan kelinci dan kelinci yg kalah di makan mentah2 apakh itu dosa ya….

  22. @kimas kamar mayat…salam takdzim,mhn maaf tiada mksd sy menggurui,ini tdk lbh hanya share,slg tukar cerita….ini ada spirit dlm fb pribadi sy yg mgkn berguna buat kita bersama,buat slg mendekatkan hati dan saling mengingatkan….**seandainya kita berfikir kt u/merubah diri menjadi lbh baek dan mengingat Tuhan Sang Maharaja Semesta ini menunggu hari esok,menunggu hari nanti,menunggu kita bersih,menunggu hati kita siap dan menunggu jiwa kita suci…kapan lagi kt akan memulainya?kapan?….keburu ajal menjemput,dan apkh kt tdk khawatir klo kt smkn lupa dan smkn jauh bhkn smkn hitam?….mulailah…..dgn dsaat kt hati dan fikiran kt terpercik ilham dan kesadaran ingat akan Allah Swt Tuhan Sang Pemilik Jiwa dan Ragamu dgn berdzikir memulai membenahi diri dan ingat eling mskpn sejenak…insya allah slagi hati kt msh ada niat brubah dan berbenah…keikhlasan,niat,alam dan wkt akan menuntun kt menuju jalan-Nya. dengan ibadah yg lbh sempurna dan benar. amin.**
    Sedang masalah dosa,semua kita pulangkan dulu pd Allah,kita benahi hati kita dan niatkan kt u/lbh baik terlebih dahulu. Insya Allah selagi kita niat berubah dan bertobat wkt yg akan membersihakn dan menjawab permohonan ampun atas segenap dosa dan lalai kita…..smg berkenan….

  23. Begitukah om bengawan candu terus bagaimanakah kalau teman2 meliht sy shlat trus diledekin ters dikatain penghianat….karn ju2r dr kecil g’ prnah mengenal kash sayng…hidup di jalnan,ngamen sana ngamen sini..hnya untk sesuap nasi…trus saya ikt anak2 underground pemuja setan…merkalah keluarga saya…

  24. @kamar mayat….klo ingin berubah adlh dimulai dr diri sndr,kmdn br ke sekitar kita…sy hanya ingin share sj,krn pd hakekatnya sy hanya mns biasa spt panjenengan…yg punya kekurangan dan kelemahan….

  25. @kamar mayat…..sbtlnya ini hanya dibutuhkan keberanian dan ketegaran sj kimas. mgkn antara apa yg sy katakan tdk semudah itu pelaksanaannya bagi panjenengan. tp saran sy smntr ini panjenengan mantapkn hati dulu,smbl tetap berdzikir mhn petunjuk dan perlindungan dr Allah SWT. klo sdh mantap. selagi panjenengan mmg niat ingin meninggalkan dunia panjenengan yg serba keras,tdk menentu dan hidup dijalan….coba panjenengan cari pondok pesantren,yg sekiranya berkenan membimbing dan mengarahkn panjenengan. panjenengan bs tenang ato plg tdk berlindung dulu pada para ustadz…..klo panjenengan ragu dituduh berkhianat…mnrt sy panjenengan tdk berkhianat,sy lbh sng menyebutnya HIJRAH……berkhianat pada ketua panjenengan yg mengajak ke jalan yg kurang bijak dan tdk baik sy kira lbh berat beban moral jg mental kita apbl kt mengkhianati Allah dan rasulNya…..tdk ada yg bs kita lakukan dan kita rubah,kolo kita tdk NIAT dan ber TEKAD……

  26. @kamar mayat…dipondok pesantren tsbt,panjenengan bs tinggal,berlindung,belajar,beristiqamah…sy yakin byk sedulur2 yg akan memberi referensi mslh ponpes yg berkenan buat menerima kehadiran panjenengan nntnya apbl panjenengan mmg mengkehendaki dan berkenan…

  27. @Kamar Mayat….tidak ada istilah Tuhan telah mati. yg ada adlh matinya hati mns buat melihat kebenaran,mengakui dgn jujur kemuliaan dan keagungan tuhan. saat ini panjenengan bs melihat,bs menikmati udara bebas adlh krn karunia dan keagungan jg kemurahan dr kekuasaan dzat yg maha tinggi. coba berapa nikmat sehat yg panjenengan nikmati dibanding ribuan org yg terkapar terbaring tak berdaya di rumah sakit dgn biaya yg jutaan,panjenengan tetap dgn bangga dan senang bs kesana kemari. coba msl panjenenga n lg enak2nya naik mtr,tau2 mata kita buta bgmn?klo ingin menganl Tuhan lbh dekat,apa yg kita dpt,apa yg kita miliki saat ini kita syukuri dulu. klo sdh byk bersyukur otomatis banyak mengingat dgn byk mengingat maka hati kita akan smkn lembut dan lunak dlm memahami hadirnya Dzat ketuhanan di diri kita jg sktr kita…..mhn maaf kimas,ini hanya share,sy bkn lbh pnadai ato lbh pintar ini hanya salah satu perjalan hidup sj….

  28. @salam takzim buat Habib Ki Wong Alus Rektor
    @salam hormat buat mbah BC president direktur KWA
    @kangmas bajulkesupen262
    salam sdulur njih sedanten

    weleh ono kamar mayat + mayat hidupe mlebu KWA

    hmm dunya
    itu td utusan siapa ya

    hek hek hek

  29. @kangmas ronggo sentot….@kangmas bajul kesupen…..sptnya sdh saatnya sy mhn ijin buat undur diri,krn bsk pagi2 sy hrs keluar kota dan mlm ini jg sy msh ada sedikit keperluan…..pamit dulu…salam takdzim….wasswrwb…..

  30. @langit2
    salam sodara

    semua sodara

    hanya kadang2 ada sodara yg awam atau sok awam

    yang awam itu yang coba di share secara sedikit2 supaya sip

    yang sok awam ya silahkan sok sok an

    sek penting sodara

    silahkan monggo

  31. ASSALAMU`ALAIKUM WR WB

    SUGENG ENJANG SAUDARAKU SEMUANYA
    @ KI BUYUT RESO
    @ HONOCOROKO
    @ RONGGO SENTOT
    @ ABINYA ARSYA

  32. aslmkmwrwb..
    @ki.wong alus
    @bengawan chandu
    @bajul kesupen
    @ronggo sentot
    @adim
    @rihlah rahmatullah
    @hanocoroko nur
    @kamar mayat
    @ki.buyut reso
    @abinya arsya
    @langit langit
    @echo
    @kertapati
    @pangeran sukemilung
    @ki.menggolo
    @saiiii
    @zizah37
    @KWA JAKARTA
    @KWA SRIWIJAYA
    @Semua,sedulur KWA yang lain,…………semoga hari ini seterusnya diberikan oleh allah swt kesehatan selalu,aamiiin
    nyimaxxxxxxxxxx,sambil ngopi+234………..makyuuusssssssss

  33. Jiwamu telh trpaut jiwaku…ha..ha..ha..
    Aku adalh pengganggu….
    Aku takan prnah beranjak..
    Aku tak akan prnah berubah…
    Aku tak akan mau dewasa …orang dewasa seprtimu aku tak mau…ha…ha..ha..
    Atur aku…

  34. Salam Rahayu
    Tulisan yg mantabz habis, semoga mencerahkan diriku, dirimoe dan semua sedulur…amiin.
    salam persaudaraan.

  35. Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh ……..
    @ki wong alus
    @KWA JAKARTA
    @KWA SRIWIJAYA, @bengawan chandu, @Gus Santri, @pangeran sukemilung
    @bajul kesupen, @ustadz Angker LBALC
    @ ki ronggo sentot
    @adim
    @wong lamo
    @hanocoroko nur, @langeit biru
    @kamar mayat
    @ki.buyut reso
    @abinya arsya
    @langit langit
    @echo
    @kertapati
    @ki.menggolo
    @saiiii
    @zizah37

    @Semua,sedulur KWA semuanya………semoga dalam naungan Allah dan sehat wal ‘afyat selalu…..

  36. Setiap sholat pasti diakhiri dengan salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri. artinya orang yang mendirikan sholat harus peduli dan menyayangi sesama, lihat lingkungan sekitar. Tidak boleh mementingkan pribadi saja. Ucapan “salam: Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh berarti: semoga Keselamatan, kesejahteraan, kedamaian, juga rahmat dan barokah Allah tetap terlimpah curah kepada kalian semua (yang menerima ucapan salam itu). Orang Muslim adalah orang menyelamatkan Muslim lainnya dengan lisan dan tangannya. demikian sabda Nabi. Jangankan sesama Muslim, dengan orang yang non-Muslim saja terlarang menyakiti dan mnggagnggu, Bahkan membencinya. semoga persudaraan, ukhuwah dan silaturrahim di antara kita semakin erat dan kokoh….semoga

  37. nderexs absen. @kamar mayat , anda siapa sih ko aneh banget, apa lg ngetes yaaa..? ayo kamar mayat kita semua bersaudara

  38. @kamar mayat…kita tdk prnh merasa dewasa kok,sy sama spt panjenengan,berani2nya sy mengatur panjenengan,sy ini siapa to?ortu panjenengan jg bkn,kerabat sedarah jg bukan….sy tau diri kok,sy cuman share berusaha membuka pemikiran msg2…panjenengan mnt yg bs sy beri ya sy berikan mskpn cuman share,tukar cerita sj…..klo jalan tobat panjenengan spt yg panjenengan kehendaki adlh spt apa?sy cuman menawarkan alternatif dan solusi dr yg panjenengan kemukakan,klo mmg panjenengan tdk berkenan ya sumonggo….

  39. Sangat setuju dgn pendapat Kang Mas Begawan Candhu. Kita harus saling mengingatkn sesama sedulur lainnya yg khilaf. Namun, setelah diingatkan, kita serahkn smua hasilnya kpd Allah. Apakah yg diingatkn itu sadar atau tidak, nerimo atau tidak, jelas bukan urusan kita. Rasulullah pun menangis tatkala paman Beliau tidak mau menerima kebenaran, malah sebagai penentang dan penghalang utama perjuangan Dakwah Beliau. n sesama sedulur lainnya yg khilaf. Namun, setelah diingatkan, kita serahkn smua hasilnya kpd Allah. Apakah yg diingatkn itu sadar atau tidak, nerimo atau tidak, jelas bukan urusan kita. Rasulullah pun menangis tatkala paman Beliau tidak mau menerima kebenaran, malah sebagai penentang dan penghalang utama perjuangan Dakwah Beliau…

  40. tuhan emang tiada, kcuali Allah. Tiada tuhan slain Allah. Allah adDhohir Yg Maha JELAS Yg Maha Nyata. Bgitu Jelas&Nyata kberadaan&kkuasaanNYA yg trhampar mlalui ayat-ayatNYA & CiptaanNYA..stiap makhluk mrasakan&mngakui kberadaan&kkuasaanNYA. Hati,prasaan,jiwa,akal pikiran&logika mnerima spenuhnya kberadaan&kkuasaanNYA. Hanya sj “nafsu kotor” keangkuhan bisikan syetan lah yg mbuat manusia mngingkari&mndustaiNYA. Shg kdg mnusia brlari mnjauh dariNYA, bhkan jd atheis, menentang&mencaciNYA. Padahal, smua itu hny kn brbuah klelahn,kegelisahan n mnyeret ke jurang ksengsaraan & kehinaan yg paling Dalam.. a. Bgitu Jelas&Nyata kberadaan&kkuasaanNYA yg trhampar mlalui ayat-ayatNYA & CiptaanNYA..stiap makhluk mrasakan&mngakui kberadaan&kkuasaanNYA. Hati,prasaan,jiwa,akal pikiran&logika mnerima spenuhnya kberadaan&kkuasaanNYA. Hanya sj “nafsu kotor” keangkuhan bisikan syetan lah yg mbuat manusia mngingkari&mndustaiNYA. Shg kdg mnusia brlari mnjauh dariNYA, bhkan jd atheis, menentang&mencaciNYA. Padahal, smua itu hny kn brbuah klelahn,kegelisahan n mnyeret ke jurang ksengsaraan & kehinaan yg paling Dalam..

  41. Asalamualaikum wr wb
    @ Wong lama
    @ Ustaz Rihlah Rahmatullah

    Amin x 3, terima kasih atas doanya. Maaf baru sekarang aye ikut kuliah.. Terlalu sibuk dgn kerja.

  42. absen malem

    endi mau @kamar mayat

    onten sik perso teng pundi wau sedulur?? kok ngilang kamar mayat sak mayat2te

    sekali2 harus ada intriknya supaya kampus ramai dan pelajaran mendapat hikmah

  43. Wah gmna mau mengajak kembali ke jalan tuhan,persepsi tentang tuhannya saja dah ngawur nih si kamar mayat,pake tuhan beranak segala,kamu jangan dulu shalat bang,tapi kamu harus belajar dulu aqidah tauhid dan mengenal sifat tuhan,baru kamu shalat ya

  44. @tirta nirmaya
    tapi bang tirta..bisa jadi mas kamar mayat itu ilmunya sedang ketinggian..
    jadi dia menghilangkan Tuhan..menurut saya sih…#sensor#
    itu menurut saya..
    kadang bisa terjadi lho..yang kayak gini akiibat ngaji ngelmu tanpa guru..
    atau lagi kenaikan kelas
    nggak diterima di sekolah manapun ..
    wallahu alam..
    Astaghfirullahalazim 3x
    AshaduanLailahailallah waAshadu ana muhamadarosulullah3x
    La haula wal quata ila bilah 3x
    Astagfirullahalazim3x
    ila hadrati nabiyil mustofa safa’ati rosulillah… lahu alfatehah

  45. @RONGG0 SENTOT: Mas ronggo yg kayak si kamar mayat mah bukan ketinggian,tapi ketinggalan mas,zaman dh canggih gini msh aja ada yg kurang gaul,soal sifat tuhan aja malah kemana-mana,laga luh underground,ngomong bahasa inggris g becus,malu dong…..

  46. Aslm wr. Buat para sepuh dan saudara seiman santri kwa dimanapun berada… Salam kenal sarapan doa pagi dari kami : ya ALLOH tunjukilah kami jalan hidayah-Mu yakni jalan hidayah dari-Mu robbil ‘alamiin, allohumahdinath thoriqol mustaqiim thoriqon minal auliya’i wal ulama’il ‘aamilin. Ya ALLOH ampunilah dosa2 kami, yakni dosa dengan ilmu maupun dosa dgn kebodohan pd saat kami melakukannya. Yaa ghofurur rohiim. Aamiin.

  47. Aslm wr. Buat para sepuh dan saudara seiman santri kwa dimanapun berada… Salam kenal, mari kita sarapan doa pagi: ya ALLOH tunjukilah kami jalan hidayah-Mu yakni jalan hidayah dari-Mu robbil ‘alamiin, allohumahdinath thoriqol mustaqiim thoriqon minal auliya’i wal ulama’il ‘aamilin. Ya ALLOH ampunilah dosa2 kami, yakni dosa dengan ilmu maupun dosa dgn kebodohan pd saat kami melakukannya. Yaa ghofurur rohiim. Aamiin.

  48. Assalamualaikum
    Stelah bnyak mnelaah artikel” di kwa,,,
    Bnyak yg mmbuat saya merasa bodoh karna tlah jauh bnyak berbuat dosa,,
    mohon ijin tuk slalu menyimak tiap artikel,,, agar saya bisa banyak menuntut ilmu supaya lebih baik,,
    Mohon saya ingin bergabung di KWA dan bagaimana caranya,,,,
    Mohon maaf jika salah kata
    wassalam

  49. Ping balik: 'KUMPULAN ILMU'

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s