DOAKU UNTUKMU BUNDA


Pangeran Sukemilung
0852.6846.8720
rico_endo@yahoo.com

Assalamu’alaikum wr wb….salam ta’dhim saya haturkan kepada semua sesepuh dan pengampuh di  Kampus Wong Alus, salam sayang penuh cinta untuk semua santri Alus dimanapun kalian berada.

Sebelumnya saya mohon maaf, Blog KWA ini merupakan tempat sharing untuk para pecinta Hikmah. Namun menurut saya, bukan tidak menutup kemungkinan untuk tulisan dengan tema yang sedikit beda. Seperti kali ini, setelah saya kemaren mengenalkan Majelis tempat saya ta’lim, tidak ada salahnya saya mengajak HIKMATER untuk mengenal lebih jauh tentang saya. Satu orang yang punya arti sangat tinggi untuk seseorang Enrico Burhan.

 Tulisan ini hanyalah sebentuk ucapan terima kasih kepada Sang Bunda. Sengaja aku torehkan disini, aku ingin memintamu untuk menjadi saksi bahwasanya aku sangatlah mencintai ibuku. Kelak jika Allah bertanya, maka tulisan ini menjadi bukti  bagiku. Tulisan ini merupakan lembaran emas bagi sang Bunda.

Ibuku…beliau bernama Nur’aini. Artinya Cahaya Mata. Bagiku beliau benar-benar sebentuk cahaya. Jauh di kedalaman batin, ibuku selalu berpendar terang. Tak sekejab pun aku ingin jauh dari beliau. Tak sekejab pun aku ingin menjauhkan batinku dengan beliau. Sosok ini mempunyai tempat istimewa  didiriku. Beliau lebih dari sekedar piala emas. Bahkan lebih dari semua piala terbaik apapun di dunia ini.

Ibu…jika saja aku bisa mengulang kembali hari-hari yang terlewat. Aku ingin membuat hari yang hilang itu menjadi lebih indah.

Ibu…jika saat itu air matamu jatuh karena marahmu padaku. Saat ini izinkanlah aku mengusapnya dengan cintaku.

Duh bunda…jauh darimu tak pernah terbayangkan. Sakit bagiku bukanlah yang menimpa badanku…sakitku adalah saat aku harus berjauhan denganmu.

Bunda…sahabatku memanggilku dengan nama Sukemilung. Darah mulia warisanmu mengalir indah dari Sang Buyut. Laki-laki gagah bernama Pangeran Sukemilung itu  menurunkan perempuan mulia sepertimu. Kau dan keturunanmu  adalah sejarah terbaik bagiku dan anak-anakku. Kebanggaanmu adalah kebanggaan anak-anakku. Penghinaan bagimu dan keturunanmu adalah genderang perang bagiku dan anak-anakku.

Bunda…bagaimanakah caraku mengucapkan terima kasih untukmu ?

Kau memberikanku hidup, Kau memberikanku kasih sayang

Tulusnya cintamu putihnya kasihmu takkan pernah terbalaskan

Hangat dalam dekapanmu Memberikan aku kedamaian

Eratnya  cintamu nikmatnya belaimu takkan pernah terlupakan

Oh ibu…terima kasih untuk kasih sayang yang takkan pernah usai

Tulus cintamu takkan mampu untuk terbalaskan

Oooh ibuu…semoga tuhan memberikan kedamaian dalam hidupmu

Putih kasihmu kan abadi dalam hidupku. 

Sahabat…apakah kau mau menjadi saksiku ?? Sampaikanlah ucapan kesaksian itu di hadapan Tuhanku kelak. Sampaikanlah bahwasanya sahabatmu yang bernama Enrico Burhan ini adalah benar sangat mencintai ibunya. Bahwasanya sahabatmu ini dengan tulus menyayangi sang bunda.

Bunda…kau selalu mengajarkan bahwa seorang anak adalah bagian terlembut dari seorang ibu. Aku heran jika ada seorang anak yang berlaku kasar dan mencerca ibunya. Seperti keherananku kepada seorang anak yang pintar menghujat dan menghina. Apakah mereka tidak mempunyai ibu sepertiku ?? Apakah mereka tidak pernah di ajarkan seperti Engkau mengajariku…??

Bunda…Demi Allah kau adalah bagian terindah dariku. Semua bagianmu adalah yang terbaik bagiku. Laki-laki terbaik dilahirkan oleh perempuan-perempuan terbaik.

Bunda…alangkah bangganya ibu sang Hujjatul Islam Al-Ghozali melihat anaknya menjadi tokoh besar. Alangkah bangganya ibu Sang Quthub Abdul Qodir Jailani melihat anaknya menjadi Pemimpin para Wali. Alangkah bangganya ibu sang Quthub Uwais Al-Qorni melihat anaknya mendoakan sahabat besar Ali bin abi Thalib dan  Umar  bin Al-khatab….

Bunda…aku mungkin tidak sebesar mereka, tidak se mulia mereka, namun aku menjamin bahwasanya kecintaanku kepadamu tidaklah kalah dengan kecintaan Al-Ghozali terhadap ibunya….cintaku terhadapmu tidaklah kalah dari kecintaan Al-Quthub Jailani terhadap ibunya…cintaku padamu tidaklah kalah dari Al-Quthub Uwais Al-Qorni terhadap ibunya….tidak akan pernah kalah bunda.

Duh Bunda…rasanya aku ingin memberikan semua yang terbaik bagimu. Namun pemberian sebesar semesta tidak akan cukup. Apalah artinya alam raya ini bagimu  ?? Sedangkan Engkau lebih besar dari alam raya itu….

Duh Bunda…Seperti semua warna-warna indah ternyata kau lebih indah dari semua warna. Ucapanmu adalah doa keramat yang membuat malaikat tidak akan mampu menulisnya dengan kalimat yang terbaik sekalipun.

Bundaku…aku ingat bahwa engkau pernah berkata, bahwa aku telah meletakkan sebelah kakiku di surga karena kau tahu…kau merasakan sayang itu mengalir deras dariku. Namun aku tidak ingin surga apa pun…kau adalah surga itu sendiri. Butir-butir air matamu adalah rangkaian doa bagiku. Butir-butir air matamu adalah air keramat penyembuh semua sakit. Air mata itu yang penuh dengan doa terbaik dari semua kumpulan doa. Duh bunda…gemetar badanku takkan bisa aku hentikan kecuali ada dalam dekapanmu. Sakitku takkan terobati kecuali usapan lembut tanganmu.

Bunda…terima kasih atas semua sayang itu

Bunda…ciuman lembut dan hangatnya pelukanmu adalah pakaian terbaik untukku.

Bunda…terima kasihku padamu…terima kasih bunda  !!

Sahabatku…aku memintamu berdiri untuk menjadi saksi kepada Tuhanku.

Terima  kasihku kepadamu sahabat…terima kasih yang takkan pernah usai.

Terima kasih….cukuplah kesaksianmu itu kepadaku.

Footnote  :

Senandung ini aku persembahkan untuk semua Ibu terbaik yang melahirkan sahabat-sahabat terbaik. Khususnya Sahabatku Muhammad69….Ji, jagalah ibu kita dengan kekuatanmu dan kasihmu. Kelak semua itu akan membuatmu berdiri disamping Rasulullah SAW dan Bunda tercinta beliau Sayyidah Aminah Ra…..jagalah ibu kita ji !!

Thank’s 4 Pasha ‘ Ungu ‘…lirik yang indah……

— k —

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA 2 | 96 Komentar

Navigasi pos

96 thoughts on “DOAKU UNTUKMU BUNDA

  1. Sastro Gending

    Qobiltu

  2. Sastro Gending

    Mbah kumitir nuwun trims sudah diupload ya..

  3. Absen dulu…..

    │▒│ /▒/
    │▒│/▒/
    │▒ /▒/─┬─┐
    │▒│▒|▒│▒│
    ┌┴─┴─┐-┘─┘
    │▒┌──┘▒▒▒│
    └┐▒▒▒▒▒▒┌┘
    └┐▒▒▒▒┌┘

  4. andri brajamusti

    amal perbuatan yang sangat di sukai oleh Allah SWT ialah sholat (tepat pada waktunya) , setelah itu berbakti kepada orang tua setelah itu lalu berjihad di jalan Allah SWT (HR,Bukhari dan muslim)
    bener banget kang rico orang tua khususnya IBU adalah jembatan menuju syurga coz ridhollah ridho walidain , saya punya pengalaman tentang mengamalkan ilmu dari salah satu sesepuh di kampus tercinta kita ini dan sudah menjadi guru spiritual saya yaitu ki nurjati sebelum mengamalkan ilmu dari ki nurjati saya minta ijin dan ridho dari oramg tua saya dan mertua saya dan hasilnya Alhamdulillah…….

  5. Bismillahirahmanirahim.

  6. Mas Cetho

    absent. Slm Kwa semuanya

  7. Asw…Wr..Wb. Pangeran sukemilung sip tenan lama tak jumpa bagi bonus2nya :-).

  8. Mas Cetho

    Alhamdulilah dpt 10 besar. Xi xi xi

  9. ibu…sebuah kata yang sangat sakral…sangat dalam….just share kemarin perjalanan dari kalimantan selatan ke jakarta….langit mendung….cuaca kurang baik….terus saya kirim al fatehah untuk ibu & bapak (keduanya sudah meninggal) sambil memohon pada Allah agar perjalanan lancar….alhamdulillah pada saat pesawat terbang cuaca cerah dan perjalanan kami pun sampai ke jkt dengan aman & nyaman…

  10. mukdis

    salam sahabat selalu…

  11. dm3n_cah_ayu

    ass smua warga KWA,ikut nyimak….

  12. Bismillahirahmanirahim.

    Sahabat…apakah kau mau menjadi saksiku ?? Sampaikanlah ucapan kesaksian itu di hadapan Tuhanku kelak. Sampaikanlah bahwasanya sahabatmu yang bernama Enrico Burhan ini adalah benar sangat mencintai ibunya. Bahwasanya sahabatmu ini dengan tulus menyayangi sang bunda.
    @Pangeran Sukemilung
    saya bersaksi bahwasanya sahabatku yang bernama Enrico Burhan ini adalah benar sangat mencintai ibunya. Bahwasanya sahabatku ini dengan tulus menyayangi sang bunda.

  13. dm3n_cah_ayu

    alfatihah u/ibu2’y warga KWA,tanggung deh,u/smua kluarga’y warga KWA jg,

  14. Aku sudah kehilangan ayahku,aku tdk mau kehilangan ibuku,i love you ibu

  15. Muklis eh mukdis salam sahabat juga,hehehe

  16. Suatu hari seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia. Dia bertanya kepada Tuhan : “Para malaikat disini mengatakan bahwa besok engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara saya hidup disana, saya begitu kecil dan lemah”?

    Dan Tuhan menjawab, “Saya telah memilih satu malaikat untukmu. Ia akan menjaga dan mengasihimu.”

    “Tapi disini, di dalam syurga, apa yang pernah saya lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini sudah cukup bagi saya untuk berbahagia.”

    “Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari. Dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya dan menjadi lebih berbahagia.”

    “Dan bagaimana saya boleh mengerti saat orang-orang berbicara kepadaku jika saya tidak mengerti bahasa mereka ?”

    “Malaikatmu akan berbicara kepadamu dengan bahasa yang paling indah yang pernah kamu dengar; dan dengan penuh kesabaran dan perhatian, dia akan mengajarkan bagaimana cara kamu berbicara.”

    “Dan apa yang akan saya lakukan saat saya ingin berbicara kepadaMu ?”

    “Malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdoa.”

    “Saya mendengar bahwa di Bumi banyak orang jahat. Siapa yang akan melindungi saya ?”

    “Malaikatmu akan melindungimu, walaupun hal tersebut mungkin dapat mengancam jiwanya.”

    “Tapi, saya pasti akan merasa sedih kerana tidak melihatMu lagi.”

    “Malaikatmu akan menceritakan padamu tentang Aku, dan akan mengajarkan bagaimana agar kamu bisa menuju kembali kepadaKu, walaupun sesungguhnya Aku akan selalu berada di sisimu.”

    Saat itu Syurga begitu tenangnya sehingga suara dari Bumi dapat terdengar, dan sang anak bertanya perlahan, “Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, bolehkah Kamu memberitahuku nama malaikat tersebut ?

    “Kamu akan memanggil ‘malaikatmu’, Ibu.”

    Ingatlah selalu kasih sayang ibu, berdoalah untuknya dan cintailah dia sepanjang masa.

  17. salam sore

  18. Pangeran Sukemilung

    @ Ronggo Sentot…kelak saya pun akan bersaksi untukmu, dan terima kasih buatmu yang tak pernah usai……Terima kasih.

  19. shuii

    assalamualaikum……..alfatehah saya krimkan u para sesepuh para sedulur semua,,,,,,,pencerahan yang menarik @pangeran sekemeling,,,,idem @kang mas ronggo sentot……..salam salim sedulur semua

  20. Rihlah Rahmatullah

    Qobiltu dan Terima Kasih banyak buat Kang Mas Rico…air mata ini tumpah, tak kuasa aku membendungnya ktika aku mengingat sang Bunda…juga sang Ayah, yg kduanya tlh lama menghadapNYA… semoga kita bisa membahagiakn mreka dgn mnjd anak yg sholih, dgn bnyk brbuat amal kbaikn dan dgn do’a yg tulus untuk kduanya…Robbir ham humaa kamaa robbayanii shogiron..

  21. Sang petualang

    Mas rico……salam sejahtera selalu,sungguh ulasan kangmas menyentuh kalbu tak terasa air mata menetes…saya juga bersaksi kangmas bahwa kangmas sangat mencintai ibumu seperti aku juga menyayangi ibuku….oh ibu.,.ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu, hanya doa yg terlantun untuk anakmu yg jauh diperantauan,sungguh kasih sayangmu ibu yg membuatku bertahan menghadapi hidup ini…oh ibu.. anakmu merindukanmu….@salam asah asih asuh tuk saudara2ku….

  22. Ki Demang Vienzchen

    asalamualaikum…rahayu salam sodara….mudah-mudahan kita selalu dalam ikatan sodara….

    sungguh penuh hikmah….

  23. Anantaraya

    Ya Rahman, ya Rahim

    Indahkan kehidupan kami dengan kesalehan anak-anak kami
    Peliharalah anak-anak kami yang kecil
    Kuatkanlah anak-anak kami yang lemah
    Sucikan kalbu mereka
    Bersihkan kehormatan mereka
    Sehatkan badan mereka
    Cerdaskan akal mereka
    Indahkan akhlak mereka
    Gabungkanlah mereka bersama orang-orang yang bertakwa kepada-Mu
    yang mencintai Nabi-Mu, keluarganya yang suci, dan sahabatnya yang mulia
    yang berbakti kepada orangtuanya
    yang bermanfaat kepada bangsanya
    yang! berkhidmat kepada sesama manusia

    Wahai Zat yang nama-Nya menjadi pengobat
    yang sebutan-Nya penyembuhan
    yang ketaatan-Nya kecukupan
    sayangi kami yang modalnya hanya harapan
    dan senjatanya hanya tangisan
    Kabulkanlah doaku

  24. Kibuyut Tanggal

    Terharu, semoga menjadi anak2 yg sholeh.

    Salam Rahayu, ALL KWA..

    Nuwun,

    KBT

  25. Ass wr wb
    Lembut sekali hati tuan

  26. mukdis

    sama2 kang andri…

  27. Arifyanto

    SURGA ADA DIBAWAH KAKI TELAPAK IBU

  28. Raden raddin

    aku bersaksi untukmu

  29. Alimudin

    Qobiltu ki, sy pun jadi saksinya betapa sayang Mas Rico pada bundanya, begitupun sy betapa sayangku pada bundaku sehingga sy merasa rugi dan menyesal apabila sy tdk mendoakannya minimal 5 x sehari semalam.

  30. al-manfaluti

    Salam, Semoga kita semua dapat menjadi anak-anak yang dapat menyejuk hati ibu bapa kita. Insyaallah. Semoga hari ini lebih indah dan lebih dari hari semalam yang ditinggalkan.

  31. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    selamat malam sedulurku semua.
    @Kang rico:salam salim salam tak’dzim kang.
    @All Bolowongalus:salam salim salam perseduluran.
    tiada yang lebih keramat selain keramatnya doa seorang ibu.
    Hatur nuhun.m salam tak’dzim kang.
    @All Bolowongalus:salam salim salam perseduluran.
    tiada yang lebih keramat selain keramatnya doa seorang ibu.
    Hatur nuhun.

  32. Raden raddin

    kenapa yg absen cuma dikit ya?pada kemana toh bolo kwa nih! Mungkin absennya klo ada maunya ya..he..he…

  33. ugan surya

    kok comennya doble ya?….

  34. hadirrrrrrrr

  35. dm3n_cah_ayu

    brbuat bae k org tua phl’y spt phl naik hj&jihat.
    doa’y lbh top dr doa 1000 ulama
    murka’y =murka Allah
    ridho’y=ridhoNYA

  36. mlem minggu nonton dangdut nek lapangan…wusss…mantep goyangane penyanyine

  37. Absen malam minggu..

  38. Saiiiiiiiiii

    Abseeeeeeeennnnn,,,,,,,
    Sambil nangis haru,hiks,,,hiks,,,,

  39. anak setann

    apsennn

  40. @kangmas bajul kok nyleneh tenan
    liyane mbahas mamak ne
    eh iki malah ndelok ndangdut
    jan jiah tenan

    salam damai kang
    wes entuk dik sekarung durung

  41. ki Ronggo : tanda ksih buat balas budi ga perlu dibahas tp diwujutkn dlm tindakan…ak ajak goyang dangdut mumpung nek boyolali bengi iki ono dangdutan nek lapangan go refresing dadi pikirane fresh trus mlebu kampus padang ati lan pikirane….iki lg entuk karunge

  42. @kangmas bajul

    wadow kalah wes..ga iso njawab aku..

  43. mbah ananta raya.. puisinya bikin ati ngenes mas..

  44. @sastro Gending
    salam salim seduluran mbah…

    eh mbah..nderek tanglet
    mas anantaraya kan=praja anantara= Ki Alang-alang Kumitir ..

    weh hadir sesepuh..malu saya..ngumpet dulu lah

  45. @Mas Ronggo Sentot: Betul. Mas AAK memang ahli malih rupo. Selain pemalu, memang punya ngelmu dosomuko mas hehehe. Nuwun

  46. Aminnn/… doane mbah bajul kabul kajate mas…

  47. @wong alus
    salam hurmat ki..

  48. roni s.w

    IBU : Ikatan Batin yang Utuh dan kuat bgtu aq memaknainya, dmanapun aq IBU dpt merasakn keberadaanku. Doanya adlh penyelamat saat aq trhimpt masalah, tangisnya membuat seluruh penghuni alam tunduk.. Adakh makhluk yg paling mulia selain IBU? Tak trbyngkn pengorbnannya membesarkn seorang anak, tak trlukiskn bgmn Ia brusaha dm seorg anak. Tp kdng aq brtanya mengapa trkadng seorg IBU tega membunuh anaknya sendr? Malukah? Bingungkah? Atau ia tak menginginkn seorg anak lahir dr rahimnya? Wallahu’alam bishawab.. Cintaku pd kedua orang tuaku kuletakkn pd bris kedua stlah aq mencintai Tuhanku..

  49. mbah alus monggo goyang dangdut sareng2,,sak jane matuk yen acara2 kumpul KWA diselingi dangdutan yg santun buat hiburan

  50. Nah sepakat sambil minum susu boyolali yang hangat hehe.. upppssss… xixixi

  51. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum salam ta’dhim wa takrim penuh hurmat @Ki Wong Alus n smuanya…baru turun Gunung lg ya Ki..heuheu aku boleh ikutan ngopi+refreshing sama Kang Mas Bajul Kesupen gak ya..manggut2 dengerin lg dangdut…heuheu

  52. mbah alus & all bolowongalus : mslh susu sapi hangat siap aj asal kami dikbari dl klo mo mencicipi di gubuk kami

  53. Rihlah Rahmatullah

    Eeh ada Ustadz Angker Bodasyah…waah kayanya kmarin sempat menyepi dl ya Kang Mas Angker di sebuah gua…heuheu Saya do’akan Kang Mas Angker semoga segera meniti Sunnah Nabi..membentuk keluarga maslahah+sakinah..calonnya udah ada ya Kang Mas…(eeh do’ain aku jg ya..hmm)

  54. @ Mbah Rihlah : monggo mbah klo mau denger suling bambu boyolali
    @ utk bolowongalus pencinta dangdut salam suling bambu

  55. echo mencari guru

    Atiku tambah nelongso kelingan mbok’ku enkang adoooh.wes suweee dereng saget sowan.sesepuh sedoyo n all bolo alus nyuwun do’a pangestune mugi2 kulo saged enggal sowan mbok’e.@ki alus @om ronggo s@ustad rihlah@mbk yu zizah n all dulur2 kwa salam salim n sugeng dalu,alfatiha sent…

  56. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Echo
    Terima kasih atas doa alfateha untuk saya dan sedulur yang lain. Saya kirim fateha untuk ente juga Alfateha…

    @ Ustaz Rihlah
    You are not alone.. Aye juga udah tidak punya ayah dan bonda tercinta..

  57. hadir menyimak..

    salam mbak zizah..

  58. ralat
    hadir menyimak..

    salam mbak Zizah37

  59. ….Malaikat vs. iblis…..
    _ada tuh malaikat yg buang darah dagingnya dpinggir kali/tempt sampah,apakh masih dsebut malaikat…..mungkn mash bisa disebut malaikat tapi malaikat ifrit….

  60. @KAMAR MAYAT
    salam salim
    salam sedulur

  61. Kibuyut Tanggal

    Salam pamuji rahayu ALL KWA …

    Mhn Pencerahannya :
    “surga ANAK ada dibwh telapak kaki ibunya, surga ISTRI ada dibwh telapak kaki suaminya sedangkan surga SUAMI berada dibwh telapak kaki KETIGA Orang Tuanya”.

    NUWUN,

  62. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ronggo Sentot
    Salam kembali Maaf lmbt jwbnya… Baca2 buku ketiduran donk… Hehe sekali lagi maaf ya bro 🙂

  63. salam sedulur..
    bravo wt pangeran sukemilang..
    sukma sejati

  64. ericsagita

    hadir, ikut nyimak pa ustad

  65. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..hadir di siang hr smbil minum es kelapa+susu…@Kang Echo: alfatihah sent to Kang Echo,,@Kakanda Zizah37: Thanks very much for your pray n your motivation. Wuuihh ternyata kita senasib ya…

  66. salam siang

  67. Rihlah Rahmatullah

    @KBT: Salam ta’dhim. Kmh dmg Ki? Pamugi Ki Barokah Salamet aya dina lindungan Allah salamina. Boleh ya saya brpendapat di sini;, Surga anak ada di telapak kaki ibunya, artinya jika s’org anak brbakti kpd ibunya, mk dia akan mndpt surga. Jika dia durhaka kpd ibunya, mk Allah murka kpdnya, shg menjauhkn dr jalan surga.
    Sdgkn Surga istri ada di telapak suaminya, artinya jk istri tsb berbakti n taat kpd suaminya,mk dia kn mndpt surga. Dan jk dia durhaka kpd suaminya, mk Allah murka kpdnya, shg menjauhkn dia dr jalan surga. Bgmn Jika suami n ibunya menyuruh yg Baik kpd istri tsb? Mana yg didahulukan? Maka yg didahulukan adlh keta’atan trhdp suami, baru kpd Ibu. Pndpt ini brdasarkn sbuah hikayat dlm sbuah hadits. Adapun Surga suami ada di telapak Ketiga orangtuanya ( orangtua kandung,mertua dan guru) berarti jika s’orang suami berbakti kpd ketiga orangtua tsb, mk dia kn mendapatkn surga. Jika dia durhaka kpd ketiga ortu tsb, mk menjauhkan dia dr jalan surga. Wallahu A’lam. Ini hny pndpt saya, sbg manusia biasa. Mgkn benar, mgkin jg salah. Jika ada yg salah, mohon diluruskan/dibetulkan. @Ki KAMAR MAYAT/DZIKRUL MAUT/HADZIMIL LADZAT; Salam ta’dhim buat Ki. Mohon Maaf jika selama ini, saya telah brburuk sangka trhdp Ki. Dalam nian kata-kata Ki. Jika s’orang Ibu(Ki mengibaratkn malaikat) tega membuang darah dagingnya sndiri(bayi) ke selokan/tmpt sampah,,maka ibu tsb telah hilang rasa “keibuannya(kelembutan n kasih sayangnya)”, seorang manusia yg hilang “kemanusiaanya”,,ya minimal ketika membuang anaknya itu. salamina. Boleh ya saya brpendapat di sini;, Surga anak ada di telapak kaki ibunya, artinya jika s’org anak brbakti kpd ibunya, mk dia akan mndpt surga. Jika dia durhaka kpd ibunya, mk Allah murka kpdnya, shg menjauhkn dr jalan surga.
    Sdgkn Surga istri ada di telapak suaminya, artinya jk istri tsb berbakti n taat kpd suaminya,mk dia kn mndpt surga. Dan jk dia durhaka kpd suaminya, mk Allah murka kpdnya, shg menjauhkn dia dr jalan surga. Bgmn Jika suami n ibunya menyuruh yg Baik kpd istri tsb? Mana yg didahulukan? Maka yg didahulukan adlh keta’atan trhdp suami, baru kpd Ibu. Pndpt ini brdasarkn sbuah hikayat dlm sbuah hadits. Adapun Surga suami ada di telapak Ketiga orangtuanya ( orangtua kandung,mertua dan guru) berarti jika s’orang suami berbakti kpd ketiga orangtua tsb, mk dia kn mendapatkn surga. Jika dia durhaka kpd ketiga ortu tsb, mk menjauhkan dia dr jalan surga. Wallahu A’lam. Ini hny pndpt saya, sbg manusia biasa. Mgkn benar, mgkin jg salah. Jika ada yg salah, mohon diluruskan/dibetulkan. @Ki KAMAR MAYAT/DZIKRUL MAUT/HADZIMIL LADZAT; Salam ta’dhim buat Ki. Mohon Maaf jika selama ini, saya telah brburuk sangka trhdp Ki. Dalam nian kata-kata Ki. Jika s’orang Ibu(Ki mengibaratkn malaikat) tega membuang darah dagingnya sndiri(bayi) ke selokan/tmpt sampah,,maka ibu tsb telah hilang rasa “keibuannya(kelembutan n kasih sayangnya)”, seorang manusia yg hilang “kemanusiaanya”,,ya minimal ketika membuang anaknya itu.

  68. Kobilthu

  69. Bengawan.Candhu

    jadi teringat sama almarhumah ibu…he5x…smg kita saat ini dan nnt dicatat sbg pribadi yg taat,patuh dan berbakti pd org tua kita,dan bs saling mjd saksi dan memberi kesaksian dgn kebaikan dan kemuliaan kita sbg anak yg terlahir dr seorang ibu. amin.

  70. KI EMPU DEWANDJANI

    Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?” Nabi Saw menjawab, “ibumu…ibumu…ibumu, kemudian ayahmu dan kemudian yang lebih dekat kepadamu dan yang lebih dekat kepadamu.”

    (Mutafaq’alaih).

  71. KI EMPU DEWANDJANI

    Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya.
    (HR. Ad-Dailami)

  72. mangkuperwira

    Duh…. Yang Maha Agung….. Ampunilah segala dosa ibuku,…sayangilah dia seperti dia menyayangi ku waktu kecil, berilah sinar islam dan nikmat islam Mu serta rahmat taufiq hidayah Mu kepada ibu ku,….panjangkan lah umur dan amal ibadahnya,,,sehatkan jiwa dan badannya jauhkanlah ibu ku dari segala macam penyakit ….baik penyakit lahir maupun batin,…tetapkanlah iman islamnya…dan akhirilah kelak kehidupanya dalam keadaan islam dan iman serta Khusnul khotima…..dan tempatkan lah beliau di tempat yang mulia di sisi MU………Aamiin

    I Love you Mom………..

  73. “Ya Allah Engkau hantarkan getaran gelombang sanubari saudaraku Enrico Burhan yang sangat rindu,sayang, dan hormat kepada Ibunda-nya dimanapun beliau berada dan aku menjadi saksi atasnya semoga aku juga bisa seperti mas Enrico…”
    @Ki Wong Alus salam ta’dhim selalu…
    @ sedulur Wong Alus semuanya salam persahabatan…

  74. dan sang pengembara

    Kenanglah Ibu yang menyayangimu….

    Untuk ibu yang selalu meneteskan air mata ketika aku pergi….

    Ingatkah,ketika ibu rela tidur tanpa selimut demi melihatmu, tidur nyenyak dengan dua selimut membalut tubuhmu… Ingatkah engkau ketika jemari ibu mengusap lembut kepalamu….

    Ingatkah engkau ketika air mata menetes dari mata ibu ketika ia melihatmu terbaring sakit …

    Ingatkah engkau ketika ibu mengerahkan daya upayanya agar kamu mendapatkan sesuatu yang diinginkan meskipun ia tidak mempunyai biaya…

    Sesekali jenguklah ibu yang selalu menantikan kepulanganmu di rumah tempat kau dilahirkan…

    Kembalilah memohon maaf kepada ibu yang selalu rindu akan senyumanmu…

    Simpanlah sejenak kesibukan-kesibukan duniawi yang selalu membuatmu lupa untuk pulang….

    Segeralah jenguk ibu yang berdiri menantimu di depan pintu bahkan sampai malampun kian larut…

    Jangan biarkan engkau kehilangan saat-saat yang akan kau rindukan di masa datang…

    Ketika ibu telah tiada…

    Tak ada lagi yang berdiri di depan pintu menyambut kita………….

    Tak ada lagi senyuman indah tanda bahagia…………

    Yang ada hanyalah kamar yang kosong tiada penghuninya, yang ada hanyalah baju yang digantung dilemari kamarnya……….

    Tak ada lagi yang menyiapkan sarapan pagi untukmu makan…………..

    Tak ada lagi yang rela merawatmu sampai larut malam ketika engkau sakit……..

    Tak ada lagi dan tak akan ada lagi yang meneteskan air mata mendo’akanmu disetiap hembusan nafasnya……….

    Kembalilah segera…

    Peluklah ibu yang selalu menyayangimu…

    Ciumlah kaki ibu yang selalu merindukanmu dan berikanlah yang terbaik diakhir hayatnya…

    Sahabat….

    berdo’alah untuk kesehatannya dan rasakanlah pelukan cinta dan kasih sayangnya….

    Jangan biarkan engkau menyesal di masa datang kembalilah pada ibu yang selalu menyayangimu…

    Kenanglah semua cinta dan kasih sayangnya….

    Ibu maafkan aku….

    Sampai kapanpun jasamu tak akan terbalas…

    Terima kasih Ibu….

    Semoga kita berkumpul lagi di Surga…..

    Amiiiien….

    Memory Almarhumah Ibu tercinta

  75. ,,,,,,,,,,,,,

  76. Atok bujang

    sernyum

  77. lemots

    Aku menjadi saksi bahwasanya Enrico Burhan sangatlah mencintai dan menyayangi ibunya…

    Terima Kasih Ibu atas segala curahan kasih sayang mu kepada ku dan anak2mu,.do’a kan lah aku ibu agar menjadi anak yang berguna untuk sesama dan sukses dengan segala cita-cita..amiin

  78. ANU

    Assalamualaikum….
    absen …
    nyimak…
    nyontek…
    persembahan lebih baik drpd persaksian yg kesannya membela diri….
    dan persembahan adalah bukti…,saksi palsu lebih ngetop drpd bukti palsu…
    dan DZIKIR FIDA layak dipersembahkan utk org2 yg kita sayangi.
    wassalam..

  79. Ummi
    ummi
    ummi
    Postingan di atas sangat menyentuh kalbuku, makasih yah mas, tak tau kalau bicara tentang ummi saya jadi melankolis dan pengen nangis 😦

  80. Ass wr wb
    Absen malem

  81. wong bocah

    yang sering saya amalkan
    “robbighfirli waliwaalidaiya warhamhuma kama robbayani shogiro” salah satu doa untuk kedua orang tua dibaca sebanyak-banyaknya!

  82. agus priyono

    mantap gan

  83. Ki Mas Danqow

    Absen pagi..

  84. heru 1966

    sugeng ndalu.
    kulo nderek nyimak nggih

  85. heru 1966

    artikelne apik tenan pangeran sekemilung. matur suwun.

  86. Kasto

    bersyukurlah kalean smua bahagia berserta ibu2 yg sangat dimuliakan….tapi tdk dg ibu ini Winfaida (27), Tenaga Kerja Indonesia asal Desa Wana Sakti, Kecamatan Batang Hari, Lampung Timur yang disiksa dan diperkosa majikannya di Malaysia sejak pertengahan 2010, akhirnya bisa kembali ke kampung halamannya.
    Ia tiba di Bandara Radin Intan Lampung, Jumat 1 Juli 2011 pukul 14.00 WIB didampingi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lampung. Ia berangkat dari Bandara Soekarno Hatta dengan diantar petugas dari Bareskrim Mabes Polri.
    Win –sapaan Winfaida– berangkat dari Lampung pada 29 Juni 2010 dengan niat mengadu nasib di luar negeri. Tujuan utama keberangkatan Win sebenarnya adalah ke Singapura. Namun, sesampainya di Batam ia malah dibawa ke Malaysia oleh sponsoryang memberangkatkannya.
    Di Malaysia inilah Win menjalani hari-hari suramnya. Dia mendapat perlakuan kejam dari sang majikan yang keturunan India. “Saya disuruh makan daging babi, mengurusi anjing, mengangkat vas bunga bolak-balik, dan mengurus tiga rumah,” kata dia.
    Bukan itu saja, Win juga mengalami penyiksaan fisik yang sangat kejam. Jari-jari tangannya dipatahkan, lengannya ditusuk, dan darah yang mengalir di lantai harus dibersihkan dengan dijilati sampai bersih.
    Winfaida tiba dengan jari bekaspatah dan luka di pergelangan tangan bekas ditusuk benda tajam. Parahnya, ia tidak pernah menerima gaji selama iabekerja.
    Namun, sekarang dia merasa lega, karena sudah bisa pulang ke Tanah Air. “Saya trauma, Mas. Saya tidak mau lagi bekerja sebagai TKI,” ujarnya lirih.
    Ke depan, jika punya modal, rencananya Win ingin membuka usaha di rumah. Dia juga menyarankan agar para calon TKI yang akan berangkat harus benar-benar tahu prosedur dan tahu ke mana harus melapor jika ada masalah.

  87. Ki Mas Danqow

    Ada Hikmah dibalik Musibah :
    Para Hikmater jika ingin mendapatkan hikmah maka harus mengalami musibah tetapi musibahnya berbeda dgn org2 selain Hikmater, klu selain Hikmater berupa ujian/cobaan taqdir yg buruk tetapi bagi para Hikmater musibahnya yg harus dilakoni adl Tirakat, Riyadhoh, kurang tidur & makan, Puasa ini & itu, Sholat ini & itu, baca dzikir/ awrod/ mantra sebanyak ini & itu DLL. Ini semua merupakan musibah bagi orang awam, tetapi ada hikmah dibalik musibah. Jika ingin mendptkn Hikmah harus mengalami Musibah.
    —LAA TAHZAN INNALLOOHA MA’ANAA—
    “JANGANLAH BERSEDIH (Saudaraku), SESUNGGUHNYA ALLOH BESERTA KITA”.

    Nuwun,

  88. rifal

    Assalamualaikum…
    Terimakasih mas rico ,,,
    karna tulisannya sangat membuat saya tersentuh dan mebuat saya ingin lebih menghargai, menghormati , menyayangi dan mencintai ibu saya…
    salam hormat untuk para sesepuh dan semua anggota KWA…

  89. Ki Mas Danqow

    Selesai…

  90. Eko.sucahyono

    Assalamualaikum wr.wb……terharu hatiku ketika membaca tulisan ini,jd teringat almarhumah ibuku dan almarhum ayahku…tak terasa air mataku menetes deras.sy kagum…alfatehah untuk kedua orang tua kita… an ini,jd teringat almarhumah ibuku dan almarhum ayahku…tak terasa air mataku menetes deras.sy kagum sm mas rico…ayo…marilah kt slalu do’akan dan krm alfatehah untuk kedua orang tua kita…

  91. cah cilik

    qobiltu. Insya Allah. Moga kita semua menjadi orang yang ahli syukur dan berbakti kepada orang tua.

  92. Ping-balik: 'KUMPULAN ILMU'

  93. Lelaki Cinta Damai

    ARTIKEL YANG BERMANFA’AT BAGI KITA SEMUA. TRIMS.

  94. Tak terhitung berapa banyak tetesan air mata ini ,,
    disaat kepergianmu “IBU” ….

Tinggalkan Balasan

