AKU MASIH 13 TAHUN


Pangeran Sukemilung

0852.6846.8720
rico_endo@yahoo.com

Assalamu’alaikum wr wb….salam ta’dhim saya haturkan kepada semua sesepuh dan pengampuh dii Kampus Wong Alus, salam sayang penuh cinta untuk semua santri Alus dimanapun kalian berada.

Para Hikmater….silahkan membaca tulisan ini dengan tenang. Ambil posisi yang menurutmu enak. Jika memungkinkan siapkan secangkir kopi dan buhur kesukaanmu. Saya akan bercerita saja saat ini….silahkan disimak…..

Hari minggu  tanggal 19 Juni 2011, sekitar pukul  14.00 wib…saya mendapat sms. Isinya sederhana, hanya minta ilmu karena lagi ada masalah sama teman. Saya suruh dia membaca ayat Qursyi saja dengan tata cara tertentu…walah, dia nolak katanya ga ada waktu dan ga sempat soalnya udah mau siap-siap berantem. Maunya ilmu kebal bacok dan kuat pukulan. Lho sebetulnya yang sms ini siapa ? Saya kejar balik…akhirnya terbuka juga. Dengan jujur dia ini bercerita kalo masih berusia 13 tahun dan masih duduk di SMPN 2 Cileungsi kelas 3. Niatnya cari ilmu agar saat berantem sama temannya dia ada nyali dan bisa menang. Itu saja….!!! Sesaat saya tertegun, bingung harus memberikan solusi bagaimana…..??? Ga lama dia sms lagi…sekali ini minta ilmu pellet dan pengasihan karena suka sama teman ceweknya. Brakkk….saya ngurut dada. Seinget saya umuran kayak dia saya masih suka celana pendek dan selempang sarung kalo pergi ngaji ke Mushollah. Masih suka di kejar sama Bapak almarhum kalo ketauan bolos ngaji. Saat itu hapalan pun masih Juz amma. Belum ngerti yang Namanya Hizib atau Asma….

Hal yang sama terjadi juga dikeluarga saya….ada anak tante yang suka sekali ngumpulin amalan dari Blog. Kadang kalo saya mampir kesana, adik-adik saya dengan bangga bercerita kalo barusan dapat ilmu baru dan udah QOBILTU sama yang posting. Artinya mereka ber haq untuk mengamalkan ilmu itu. Percaya ga…ilmu yang mereka kumpulin dari blog sudah menyamai 1 rim kertas hvs. Semuanya terkumpul rapi dan dijilid. Malah sudah di pilah-pilah berdasarkan jenis ilmunya. Ada pengasihan, ada Ilmu Terawangan, ada ilmu Pengobatan, ada ilmu manggil jin…..yang lucunya mereka juga QOBILTU sama Pangeran Sukemilung. Malah postingan saya dijilid tersendiri. Judulnya juga keren : KUMPULAN AMALAN ABANG PANGERAN SUKEMILUNG ditambah fhoto saya yang pake jubah. Pantesan saja…saya suka dibawain rokok kalo mereka kerumah dan Tanya-tanya soal ilmu. Soalnya ada maunya….! Kurang-kurang beberapa kitab saya di bawa pulang.

Fenomena ini pun masih saya temui saat mondok dulu…namanya santri pasti bertemu dengan hal-hal yang ber bau supranatural. Ga perduli dia masih bocah bau kunyit atau bangkotan bau tanah, semuanya mempunyai keinginan untuk mencari sebanyak mungkin pengetahuan. Terutama hal-hal yang ghoib tadi. Nah…bagusnya kalo di pondok, fenomena ini bisa diredam oleh para Ustadz. Mereka disuruh hapalin dulu kitab-kitab kalo mau Ijazah. Karena sudah diiming-imingi begitu, bocah-bocah bau kunyit tadi semangat sekali menghapal. Anehnya…semakin banyak hapalan dan semakin banyak pemahaman, justru santri bau kunyit tadi berobah orientasi ilmunya. Malah santri-santri yang bandel aja yang masih tetap mengejar Ijazah spektakuler, tajam dan terpercaya itu. Dan dikelas mereka banyak ngantuknya dari pada nyimak pelajaran. Lha…soalnya malam hari udah habis waktunya buat wiridan.

Inilah yang terjadi dengan diri kita sekarang. Tanpa sadar kebiasaan kita tadi dilihat oleh para Yunior. Ga percaya ?? Saat  di warnet perhatikanlah, pasti ada bocah-bocah yang membuka blog supranatural. Mata-mata mereka melotot, dengan wajah sumringah. Benak mereka berisi khayalan bahwa sebentar lagi bakal jadi orang sakti, kaya dan terkenal. Kalo sudah begini kita harus menyalahkan siapa ?? Ya…salahkan diri kita karena ga bisa memberikan solusi yang baik untuk para yunior tadi. Dalam Qolbu kita sedikit sekali niat untuk berdakwah. Padahal kalo mau kita mampu untuk itu. Yang jadi masalah adalah sering kali kita merasakan rendah diri karena tidak memahami satu bidang ilmu. Yang kita pahami hanyalah bagaimana caranya bisa menjadi sesuatu seperti yang ada dalam pikiran kita. Maksud saya, kebanyakan kita tidak ingin menanam dari awal hanya mau metik hasil. Ga mau capek belajar dengan berbagai alasan, tapi begitu di ajak cari kyai sakti…hayooo !!!

Padahal ini berguna sekali untuk bekal kita, baik itu dalam kehidupan social maupun dalam menghadapi problem kita sendiri. Saya ingat sekali saat kakek saya meninggal…adik-adik ibu saya yang laki-laki ga ada yang bisa mimpin baca yasin. Semuanya bingung dan sibuk sama dirinya sendiri…saat itulah ibu saya minta saya maju pimpin doa dan yasin.Waktu saya kasih tausiah dikit sekedar menenangkan mereka, semuanya langsung histeris.Menangis !! Padahal saya pun luar biasa menenangkan diri agar tidak ikutan menangis. Kejadian seperti ini pun masih berlanjut saat Bapak meninggal. Saat itu saya masih dinas di Jambi, untung saja malam itu istri saya ambil inisiatif. Dengan tegar dia meminta adik-adik saya untuk tenang dan mulai berdoa.

Kata-kata HIKMAH sering sekali diartikan dengan mempelajari ILMU HIKMAH…padahal zaman dahulu para pendekar pondok berlatih ilmu Hikmah setelah mereka selesai belajar ( Ngaji.red ). Saat mereka diminta Kyai untuk berpuasa, mereka mengerti Hakekat puasa tadi. Saat mereka membaca wirid / amalan, mereka juga mengerti makna yang tersirat didalam bacaan itu. Sayangnya dimasa kini…jarang sekali kita bisa memahami dengan pemahaman seperti mereka. Bagi kita…selesai puasa bisa sakti, selesai riyadhoh bisa demonstrasi. Ajiib !!

Padahal kata-kata HIKMAH itu bisa diartikan BIJAKSANA. Dalam artian diharapkan akan tumbuh sifat-sifat baik saat kita menerapkan pelajaran tadi didalam kehidupan. Bukannya malah petantang-petenteng jadi jagoan.Lho…jadi kemana niat belajar tadi ?? Saya ingat, saat Almarhum guru KH.Ali Umar Toyyib masih bersama kami…suatu hari ba’da Asar saya duduk bersama beliau. Saat itu saya menangis karena merasakan beban batin yang sangat luar biasa.Beliau mengusap-usap punggung saya sambil berkata,” perbaiki hubunganmu dengan Allah SWT, maka Allah SWT akan memperbaiki hubunganmu dengan manusia !”

Apapun itu yang kelak kita jumpai didalam kehidupan, baik manis, pahit, asin…seperti apapun bentuknya bisa kita hadapi dengan ketenangan seorang Hamba Allah. Ilmu apapun sejatinya menuntut kita menjadi bijaksana. Selama masih dalam jalur Ilahiyah. Artinya kita menjaga perilaku lahir dan batin. Ilmu menjadi KERAMAT karena perilaku kita, secara otomatis orang pun akan mengingat kita sebagai pribadi yang mulia. Jika sifat-sifat mulia dan bijaksana tadi terpatri kuat didalam jiwa, kelak tanpa bicarapun kita bisa berdakwah. Banyak cara untuk Dakwah…di dalam kampus inipun jika kita berniat untuk itu pasti BISA. Namun bukannya tanpa tantangan…pasti kita akan menemui hal itu. Pikiran-pikiran negative pasti timbul dari segelintir oknum. Itu sudah sunatullah, dimana ada kebaikan pasti muncul keburukan. Bahkan keburukan sebetulnya selangkah lebih dulu dari kebaikan. Tinggal bagaimana cara dan sikap kita menanggulangi hal itu.

Bagi para HIKMATER sudah seharusnya menambah pengetahuannya tidak hanya sebatas wirid dengan segudang faedah, tapi juga mengerti Ilmu Syare’at. Pengetahuan ini pasti berguna untuk anak-anak kita nanti. Jika HIKMAH KEBIJAKSANAAN itu tidak kita miliki, bayangkan apa yang kelak terjadi dengan anak-anak kita ?? Pribadi seperti apa yang akan di punya anak-anak kita..?? Blog KWA ini menurut survey merupakan Blog Supranatural terbesar di dunia. Pembacanya puluhan juta. Dengan kapasitas seperti itu, jika informasi yang disampaikan mentah atau melenceng malah akan jatuh korban dari orang awam. Maka dari itu marilah kita menjaga anak-anak kita dari keburukan yang akan timbul. Benteng terdepan adalah diri kita. Sebagai Bapak, kakak ataupun yang di tuakan dalam rumah tangga, sudah semestinya kita bisa mengarahkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Kitalah yang harus menjadi tempat sharing pertama untuk mereka. Dengan pengetahuan yang bagus dan penyampaian yang santun, nasehat itu akan bisa sampai ke hati mereka.

Hmmm….capek juga bicara terus. Insya Allah, jika masih ada umur saya sambung lagi. Silahkan para Hikmater masuk kelas lain. Mungkin ada yang menarik dikelas sebelah. Jangan sia-siakan ucapan QOBILTU jika tidak bisa kita manfaatkan. Mohon di maafkan jika cerita ini membuatmu tersinggung. Sejujurnya saya hanya ingin mendekatkan HATI saja kepada semua sahabat yang ada disini.

Semoga cerita ini berguna bagimu. Izinkanlah saya dan semua keluarga serta guru dan mursyid menjadi bagian yang terindah bagimu. Apapun itu bentuknya, sesungguhnya kita mencintai kebaikan. Tugas kitalah untuk menarik para sahabat yang terperosok.Agar kembali bangkit..

Terima kasih atas respon yang ada.Barakallah fikum. Jazakumullah bi ahsanil jaza. Wassalam.      -k-

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA 2 | 159 Komentar

Navigasi pos

159 thoughts on “AKU MASIH 13 TAHUN

  1. funky boy

    bang knapa sms saya gak di balas atau kata2 saya itu menyesatkan atau gimana gitu?

  2. Budakbageur

    Assalamu ‘alaikum.wr.wb. Saya setuja sekali dgn pencerahannya

  3. Balaputra

    5

  4. Balaputra

    Ya salah

  5. Usmanardhy

    Alhamdulillah dpt pencerahan di sore yang berkah ini.

  6. MANTAB

  7. Pencerahan baru , ilmu baru, pengetahuan baru.. amin

  8. mas haryo penangsang

    11, mantaf

  9. MBAH ARIFYANTO

    13

  10. mas haryo penangsang

    klo bgtu, Qobiltu

  11. Heemmmm….bener juza stuju kang:roll:

  12. Ki Mas Danqow

    Semarrak sore semuaaaa…..

    Udah pernah baca ditempat laen, tapi tetep nyimak….
    Qobiltu….qobiltu…qobiltuuuu…

    Salam,

  13. Joko s

    ikut nyimax

  14. nyimak di sore bolonk

  15. Aris

    postingane warna warni jian mbuh 😆

  16. SOUL SICK

    Kok yg sering share cuma pangeran sukemilung? yg lain mana nich.

  17. Assalamualaikum wr wb..,para sesepuh KWA,bolo wong alus..@pangeran: sy seorang guru di sebuah SMA,apa yg pangeran kisahkan menimpa beberapa anak didik saya…dngn mdh dan “mahar” yg murah mereka “memiliki khodam”..efeknya sangat luar biasa..dikelas sering tertidur..prestasi belajar turun drastis..persis anak yg kecanduan narkoba.,sekali tersinggung “khodamya” berontak..dan dia mengalami “trance” yg sukar untuk dipulihkan..hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya..(sekedar berbagi pengalaman)..bagaimanakah cara menangani anak yg sdh terlanjur demikian pangeran?? Mhn dibabar sekalian..@ mbah Arif:selamat sore guru…salam taqdim..alhamdulillah ada di urutan 17.. eorang guru di sebuah SMA,apa yg pangeran kisahkan menimpa beberapa anak didik saya…dngn mdh dan “mahar” yg murah mereka “memiliki khodam”..efeknya sangat luar biasa..dikelas sering tertidur..prestasi belajar turun drastis..persis anak yg kecanduan narkoba.,sekali tersinggung “khodamya” berontak..dan dia mengalami “trance” yg sukar untuk dipulihkan..hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya..(sekedar berbagi pengalaman)..bagaimanakah cara menangani anak yg sdh terlanjur demikian pangeran?? Mhn dibabar sekalian..@ mbah Arif:selamat sore guru…salam taqdim..alhamdulillah ada di urutan 17..

  18. assalamualaikum….
    pembabaran yang muantap….
    ijin nyimak ki…
    sekalian qobiltu….
    monggo di lanjut…

  19. Aris

    ijin ngintip

  20. Diana

    Testing

  21. Mantaaaaaaaap

  22. wong nglutuk

    mantap bro…
    Maju terus pantang mundur

  23. SOUL SICK

    Kata guru saya, kalau masih di bawah umur jangan prnh belajar ilmu ghoib! kata nya bkin jadi sulit berpikir! bkin kelakuan sehari hari jadi aneh! suka menyendiri, malu ketemu masyarakat, minder dll.

  24. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh..salam ta’dhim wa takrim tuk sedulur semuanya wabilkhusus Kang Masku @Pangeran Sukemilung….membaca kisah Kang Mas di atas, ternyata betul adanya, anak tsb, mau datang ke rumahku, setelah telp pke no.smart beberapa kali, dia minta alamat, ya langsung dikasih, ya kan sya senang jika sedulur yang ada di sini mau bersilaturrahim langsung dengan saya, setelah ngobrol beberapa lama, ternyata minta ilmu kebal, ilmu pukulan muntah darah yang instant/siap pakai gitu dweh…setelah ditanya ternyata usianya di bawah 15 tahun….wuiiih kaget saya. Langsung dinasehati, agar rajin sholat, berdo’a n belajar…dan selalu hormat n menuruti nasehat kedua oratu n guru, karena mereka keramat terampuh..eh nanya lagi apa itu keramat? sakti gk katnya jika mnghormati guru dan orang tua? wah sulit saya menjelaskannya…padahal sakti itu tidak harus dipahami bisa terbang, memukul orang langsung muntah darah, dll mengenai kanuragan…sakti itu bisa menghadapi n menyelesaikan permasalahn kehidupan yg menderanya. misal klo dah menikah, bisa menafkahi & mengatur keluarga dengan cukup. Klo dia seorang Presiden/pemimpin negara, berarti ia mampu mengurus negara dan rakyat…dst…hehe itu “sakti’ menurut saya, tentu bisa benar n bisa salah…Artikel2 Kang Masku ini memang mantaps..perlu dibaca n dipahami oleh yang mau terjun ke dunia persilatan..eh ke dunia hikmah..minimal sebagai basic/pondasi. ibarat bangunan tinggi menjulang, tapi pondasinya rapuh, gimana coba?? wah gempa dikit ja cepat rubuh. sama dengan belajar ilmu hikmah juga, jika basic keilmuan rapuh, sedikit menghadapi masalah ja langsung strees. sehingga tak jarang pula menyalahkan keilmuan, bahkan mengejeknya!! apaan ilmu gituan?? hehe padahal…

  25. asmlkum.slmt n sukses istimaj cikampek 23-27-7-2011
    salam sejahtera utk nabi Muhammad SAW srta kluarga
    slamat dunia akhirat utk bolo kwa..amin ya ALLAH SWT

  26. Saiiiiiiiii

    hadiiiiiirrrrr,,,,,,,
    nyimak aj dari seberang,,
    Salam rahayu bwt smua,,

  27. ass.wr.wb maap gag bisa gurau setahun belakangan adj dah bedoa menta mati pangeran. dan skr hp nyokap ilang di warung kopi. ini ngebuat gw mentok dah sekian lama gag bisa bahagia dan kemaren dah terucap kata gag enak dalam hati ini. ini ngebuat gw tambah negthink tentang idup dan bahkan pencipta gw sendiri.. pangeran….. amppun ya rabb dagangan jadi sepi karena gag ceria senyuman ini…

  28. MBAH ARIFYANTO

    hupss….loncat lagi….nyampe di kampus…absen….terus …loncat lagi….

  29. dm3n_cah_ayu

    ass
    @Ki WA&Tim
    @all sspuh&bolo wa
    @Ki Pangeran S
    ikut nyimak,alfatihah f all…

  30. MBAH ARIFYANTO

    tenang sedulur…..nanti mbah juga posting amalan…..tapi mbah riyadhohin dulu….biar ada yoninya…percuma kalo amalan di posting melulu tapi gak diamalkan…habis….ngamalin satu gak tok cer ganti ngamalin yg laen….capek deh..yg tambah pintar khodamnya daripada orangnya karena khodamnya nebeng ke orangnya a…percuma kalo amalan di posting melulu tapi gak diamalkan…habis….ngamalin satu gak tok cer ganti ngamalin yg laen….capek deh..yg tambah pintar khodamnya daripada orangnya karena khodamnya nebeng ke orangnya

  31. MBAH ARIFYANTO

    tenang sedulur…..nanti mbah juga posting amalan…..tapi mbah riyadhohin dulu….biar ada yoninya…percuma kalo amalan di posting melulu tapi gak diamalkan…habis….ngamalin satu gak tok cer ganti ngamalin yg laen….capek deh..yg tambah pintar khodamnya daripada orangnya karena khodamnya nebeng ke orangnya

  32. ijin nyimak..

  33. dm3n_cah_ayu

    @Ki P. Sukemilung,q’jd malu,hobby’q nimbun amln,perciis yg ditls diatas,
    @Ki Arifyanto, dibeber,biar sy fail jg,he…x21

  34. Balaputra

    Assalamualikum wr wb
    @kang rihlah kpn2 jd pengen soan k akang man sy ga pengen blajar ky anak yg itu pengen kebal, sekali pukul muntah darah biar cepet pnya pacar. Tar ky temen sy jago kaga gila iya…. Hehehe minta ilmu biar bs ngilang eh ngilang beneran ampe skrng blm bs keliatan.

  35. Jaman semakin maju, coba aja perhatiian. Mulai anak TK, tingkah sudah kayak anak SD, anak SD sudah kayak anak SMP, anak SMP sudah kayak anak SMU, anak SMU sudah kayak anak kuliah, anak kuliah sudah kayak anak sudah kerja. Dilihat dari sifat dan penampilan ….
    Absen malam ….

  36. dm3n_cah_ayu

    @P’ ayala7w10
    skedar usul,dinshti ja anak2 latihn beladiri aj,lbh sht,mncetak pribadi yg bgs,aman u/seusia mrk,mf jk slh

  37. Diana

    masih setia menyimak

  38. Diana

    masih menyimak

  39. absen malam. . Assalamualaikum dulur. . .slm kangen dr tuban

  40. Assaalamualaikum para Sedulur Bolo KWA
    @ Ki Wong Alus
    @ Pangeran Sukemilung
    @ Kang Rihlah
    @ MBAH ARIFYANTO
    @ Ki Mas Danqow
    @ All Sedulur semua
    slamat mlm

    Postingan yg mnimpa diri Sndiri
    hehehehehehe
    jujur saja saya saat ini masih 19 tahun
    sedari SMP kelas 3 ( 15 tahun ) saya sudah tertarik dengan namanya Supranatural yang sudah dimiliki oleh Abang/kakang saya.

    saat itu saya masih bingung dengan keadaan saya yang masih dikatakan belum cukup umur untuk menuntut Ilmu Bathin/ Hikmah/ supranatural/dll

    sehingga pada akhirnya saya waktu berumur 18 tahun bertemu dengan blog ini.
    setelah saya ceritakan dengan Bapak angkat saya,
    saya langsung disuruh kaji diri/ memperbaiki sifat dan sikap agar saya tidak salah langkah dan agar saya tidak salah gunakan ilmu trsbut.

    dan pada akhirnya setelah 1 tahun mengkaji diri. saya yang telah berumur 19 tahun ini pun di ajarkan dengan yang namanya Ilmu Bathin/ Hikmah/ supranatural/dll.
    dengan catatan telah siap , sudah menjaga Nafsu Amarah, Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah.

    jujur saja sebenarnya Blog ini belum pantas dilihat oleh seorang anak Kecil atau anak yang belum bisa menjaga Nafsu Amarah, Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah trsbut.
    karna mungkin bisa atau dapat menyebabkan anak tersebut salah langkah dan salah menggunakan Ilmu, amalan Hijib, dll yang ada di blog ini.

    saya menyarankan kepada Pemilik Blog ini yang sangat saya Hormati sebagai Guru Besar Kampus yang sangat saya Cintai ini yaitu Ki Wong Alus dan para Pengurus Blog KWA ini agar sebisa mungkin atau sedapat mungkin membuat blog ini seperti layaknya Facebook atau Twitter yang mempunyai ID sendiri bagi anggota Kampus kita ini.
    sehingga tidak dapat dimasuki oleh seorang Anak yang saya sebutkan tadi sehingga anak tersebut tidak salah langkah dan tidak salah menggunakan Ilmu, amalan Hijib, dll yang ada di blog ini.

    mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kata saya yang salah dan menyinggung Saudaraku/Sedulurku di Blog yang sangat saya Cintai ini.

    semoga dengan ini Saya bisa lebih dekat dengan Seluruh Sedulur yang ada di Kampus WongAlus ini. dan lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

  41. Andi

    IKUT NYIMAK

  42. ikut nyimak, meski dah baca di blog sebelah

  43. Intan

    NYIMAK

  44. Intan

    @wisanggeni…sbelah mana mbah..

  45. Putri

    NIMBRUNG

  46. adank

    absen malam….
    Ikut nyimak,i like this…….

  47. ABSEN malam,,.
    @ Ki Wong Alus
    @ Pangeran Sukemilung
    @ Kang Rihlah
    @ MBAH ARIFYANTO
    @ Ki Mas Danqow
    @ Andi
    @Cucu Adam
    @ dm3n_cah_ayu
    @ki ronggo hartono
    @ diana
    @ All Sedulur semua
    slamat mlm sugeng dalu
    salam saking BALI…………

  48. Putri

    ngintip

  49. Dika

    absen malam

  50. MBAH JATI

    sebenarnya eh sebenarnya sebagian besar penyimak dan komentator KWA adalah para ustadz atau guru, ada guru smp, guru sma, guru ngaji, guru tenaga dalam, guru ilmu hikmah, guru hawa murni, guru reiki dan variannya, guru ilmu sihir, guru yoga, guru laki(suami guru bagi istrinya), guru kebatinan, dan sebagainya. Makanya saya sering menyimak KWA, siapa tahu bisa mendapatkan pencerahan, manfaat dan ketularan ilmu serta keikhlasannya. Salam Hormat Guru

  51. gangga

    Assalamualaikum,,,
    Setiap baca ulasan dr Pangeran sukemilung,, saya seperti baca koran/majalah,,, krn kalimat demi kalimat enak di baca dan bisa di mengerti,,, semoga lebih banyak lagi pengeran sukemilung lainnya yg memberikan tausiah/ pemaparan seputar agama, ilmu hikmah, agar kita semakin lebih dewasa, bijaksana dalam menata kehidupan di dunia in. karena kita di dunia hanya mampir, tdk akan selamanya. dan di saat kita kembali nanti kita mendapatkan kehdupan yg lebih baik. selamat dunia akhirat. amiinn,, ya Allah ya Robbal ‘alamin.
    salam, 🙂

  52. Ki Mas Danqow

    @cucu adam : dari kata2nya kaya akan hikmah yg membuat org lain sadar jgnkan yg berusia dibwh 20th usia diatasnya sekalipun jarang yg sadar akan hal itu.. Semangat terus input, output, aplikasi…hasil.

    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
    Ada cerita sore nih, begini ceritanya :
    >>Ada seorang pedagang sayuran dipasar anyar tangerang, dia sering dilecehkan, dipalak sama preman, direndahkan sama tmn2 seprofesinya shg ia berkunjung bersilaturahim kpd salah satu sesepuh dikota itu dan inginnya sih agar ditakuti semua orang dan tentunya org2 yg dipasar anyar itu tetapi disarankan berkali2 oleh sesepuh itu ia tetap akan pendiriannya yakni ingin ditakuti oleh semua orang.
    Lalu sesepuh itu berkata : pak, kita sbg manusia tdk lah pantas ditakuti..coba bpk perbaiki lg niat bapak!!
    Pedagang itu pun berkata : nggak, saya tetap pd pendirian saya ingin ditakuti oleh semua orang.. saya sdh ga kuat lg setiap hari dilecehkan, dipalak sama preman2.. tolong saya beri sesuatu agar orang2 yg melihat saya pada takut semua jika melihat saya? (sambil memohon2)..
    Kemudian sesepuh itu berdoa kepada ALLOH SWT dan difokuskan lalu ditiupkan pd sebotol air aqua (maaf nih bkn iklan) sbg wasilahnya dan berpesan sekali lg : begini pak saran saya perbaiki lg niat bapak, ini air bapak minum nanti dirumah dgn membaca sholawat nabi 7x tahan nafas ditambah basmalah sekali niatkan didalam qolbi ingin apa mdh2an ALLOH SWT akan mengabulkannya..

    Lalu pedagang itu dgn muka senang bersegera pulang dan tak tau lagi ceritanya apa yg ia doakan ketika meminum air doa itu, setelah dapat 3 hari… sesepuh itu mendapatkan kabar bhw si pedagang yg dari pasar anyar itu terkena penyakit gila, stress dan galak lg akhirnya ia ditakuti oleh semua orang dipasar anyar.

    Lalu beberapa hari berikutnya bersama saudara dan istrinya berkunjung meminta pertanggung jwban kpd sesepuh itu krn setelah meminum air itu knp kok besoknya langsung edan alias gila dipasar.

    Lalu sesepuh itu meminta maaf yg sebesar2nya kpd keluarga pedagang itu dan Kemudian sesepuh itu berdoa kpd ALLOH SWT dan difokuskan kpd air 2 tang (maaf bkn iklan lg nih) agar diminumkan oleh pedagang itu dan akhirnya ALLOH SWT menyembuhkannya seketika itu (ALLOOHU AKBAR)… setelah itu pedagang tadi menyadarinya akan kesalahan2nya itu shg ia bertaubat & rajin ibadah hingga saat ini..

    Semoga ada pelajaran dan hikmah yg dpt diambil…

    Salam Rahayu,
    Nuwun,

  53. Assalamu’alaikum Wr.Wb poro sedulur KWA

    @ Ki Wong Alus
    @ Pangeran Sukemilung
    @ Kang Rihlah
    @ Mbah Arifyanto
    @ Ki Mas Danqow
    @ Andi
    @Cucu Adam
    @ dm3n_cah_ayu
    @ki ronggo hartono
    @ diana
    @ All Sedulur semua

    Ya benar kata MBAH ARIFYANTO.. percuma kalau amalan di posting melulu tapi gak diamalkan

  54. MBAH JATI

    ada ASR yang fenomenal, berikutnya RDR yang energinya jauh lebih kuat dari ASR, lalu ilmu macan semesta alam yang katanya belasan kali lebih kuat dari RDR, terus asmak khidir yang diyakini setara 1000x energi RDR, kemudian AMR yang sangat luar biasa, terakhir mbah arifiyanto nyebut-nyebut AMRDR. Wah..wah..apa berikutnya? Semoga elmu-elmu tersebut tidak bisa dikuasai anak usia belasan tahun yang belum tertata jiwanya, amin. Salam Hormat Guru.

  55. MBAH JATI

    monggo pak ustadz, kawulo turut nyimak.

  56. MBAH JATI

    ngopi…ngopi…

  57. wong ngingu kirik loro

    Mas kalo ilmu yang bisa bikin lombok merah beneran ada gak…maklum persiapan mau lebaran..biasanya lombok mahal….

  58. wong ngingu kirik loro

    Mbah…Pakde…mbokde…bulik…paklik…mohon pencerahan…tak tinggal sik….kirikku njegog njaluk badogan

  59. semut hitam

    salam akhi lama tdk bersapa gmn kbrnya ,ttg postingan ini ana jg kn jg nih dtlp nin anak2 pngn gtu lah inilah hehe haduh anak sekarang pngnnya dtakuti pdahal jin2 j pngn dsenengin g pngn d takutin wktu kopi darat sama ana hehehe salam bwt jamaah majlis y

  60. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum ..hadir kembali..
    ABSEN malam,,.
    @ Ki Wong Alus
    @ kang Masku Pangeran Sukemilung
    @ Ki Mas Danqow
    @ kang Masku MBAH ARIFYANTO
    @ Ki Honocoroko Nur
    @ Kang Balaputra:
    @Cucu Adam
    @ dm3n_cah_ayu
    @ki ronggo hartono
    @ MBAH JATI
    @kang madani
    @ All Sedulur semua
    waahh banyak bertaburan mutiara hikmah ni di KWA..ayoo kita pungutin..smg smakin barokah ya..
    @Kang balaputra: pamugi akang sakaluargi sehat wal afyat hasil maksad..sumangga Kang bilih bade silaturrahim ka bumi mah, urang manjangkeun duduluran..caket lah ti Bekasi ka Sukabumi mah..hehe
    @Kang Madani: ya kang ternyata sama ya..beberpa ank smk di sini jg ada yg seperti itu. jika boleh berbagi, coba amalkan berikut: sediakan air putih, bacakan ayat kursi 7x (tiap bacaan “walaayauduhu hifduhuma smpei selesai” baca 7x tanpa nafas)
    “latudrikuhul abshoru…smpe khobir” 7x tanpa nafas(ini trmasuk hati QS al an’am)
    ‘INNAHU ‘ALA ROJ’IHI LAQODIR” 1000x.
    “shollallahu ‘ala muhammad” 313x
    setelah itu airnya sbagian diminumkan kpd anak itu dan sebagian lagi dipake mandi. air ini juga bisa untuk mengobati orang yang kesurupan/kena guna2. bgmn jika tidak mau diminum oleh si anak itu? ya usahkan ja bgmn caranya agar bisa diminum dan dimandikan. sebenarnya ada ilmu yang bisa menghilangkn khodam jin dari jarak jauh bahkan ilmunya bisa tawar/tak berfungsi, tapi saya gak berani membabarnya di sini, karena bisa jadi lebih banyak mudhorotnya/takut disalahgunakan. semoga bermanfaat. jika ada yang salah mohon diluruskan. Bahkan silahkan di-Scan…@all sedukur: monggo dilanjuuuuttt…

  61. Rudi

    ikut menyimak

  62. Rudi

    ikut absen

  63. Rudi

    ikut ndheprok

  64. MBAH JATI

    pak ustadz rihlah, masukan yang bermanfaat. saya simpan barangkali suatu saat bisa digunakan untuk menolong yang membutuhkan. al fatihah sent…

  65. Rievs Hard

    mantapppppsss…………nderek nyimak aja,,,,,,,,,,,,,d(>_<)b

  66. Abah suhaimi

    Assalamualaikom wr.wb…. Mantap….pencerahan nya semoga dpt kita jadi kn tauladan. Semoga rahmat Allah selalu menyertai kanda pangeran dn kita jg. Salam takzim buat ki wongalus,ki ageng jj dn nanda Rihlah semoga Allah selalu membimbing kita…dgn taufik dn hidayah nya. Wassalam.

  67. SOUL SICK

    Org sakti bukan org yg punya ilmu ghoib tapi org yg bsa memafaafkan musuh2 nya, membalas kejahatan org dg kebaikan, menghadapi mslh dg senyum bukan dg kemarahan dan kelembutan dll.Org sakti bukan org yg punya ilmu ghoib tapi org yg bsa memafaafkan musuh2 nya, membalas kejahatan org dg kebaikan, menghadapi mslh dg senyum bukan dg kemarahan dan kelembutan dll.

  68. Budi j

    Ass wr wb
    mohon ijin menyimak,terimakasih

  69. mukra taryana/ubay saka

    mantapppp…!!! pencerahan’x kang mas enrico. smlm hormat ki wong alus, kang rihlah, mbah arifianto N bt smua pini sepuh bolo wong alus.

  70. ecko datoek

    MELOK NDEPROK..SLM KAGEM SESEPUH DAN BOLO WONG ALUSE..

  71. absen malam, pencerahan yang bagus mas sukemilung. sip tenan. makasih

  72. ikutan…

  73. Absen malam

  74. syafaat kubro

    apik 17 th dot com

  75. Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarokatuhu wamaghfirotuh @Abah Suhami: salam takzim wa takrim salim cium tangan kagem Abah. Jazakumullahu khoyron, Abah tlh mndo’akn nanda. Mohon do’akn slalu nanda ya Abah, smg khdpn nanda pnuh Barokah n anugrah Allah, dikarunia ilmu yg brmanfaat n barokah, rezeki yg bnyk n pnuh Barokah jg, bisa brbagi n menolong ssama, istiqomah & mndpt husnul khotimah..Abah, klg jg nanda do’akn sprti itu…
    @MBAH JATI: Salam takzim kagem Mbah, silahkn Mbah diamalkn, smg brmanfaat n mnjd amal sholih. Insya Allah, itu jg bisa digunakn tuk brbg mcm pnyakit..
    Salam hurmat kmbali kagem @kang mukra taryana/ubay saka…@all: monggo dilanjut…eh, diantara kunci ksuksesan dunia akhirat adlh istiqomah shalat tahajjud, sholat sunah qobliyah subuh di awal waktu…jk ada yg trgerak hti, ktk shlt sunnah qobliyah subuh di raka’at prtama slhkn stlh alfatihah bc alam nasyroh/al insyiroh, n raka’at kdua alam taro/al fil.. wa takrim salim cium tangan kagem Abah. Jazakumullahu khoyron, Abah tlh mndo’akn nanda. Mohon do’akn slalu nanda ya Abah, smg khdpn nanda pnuh Barokah n anugrah Allah, dikarunia ilmu yg brmanfaat n barokah, rezeki yg bnyk n pnuh Barokah jg, bisa brbagi n menolong ssama, istiqomah & mndpt husnul khotimah..Abah, klg jg nanda do’akn sprti itu…
    @MBAH JATI: Salam takzim kagem Mbah, silahkn Mbah diamalkn, smg brmanfaat n mnjd amal sholih. Insya Allah, itu jg bisa digunakn tuk brbg mcm pnyakit..
    Salam hurmat kmbali kagem @kang mukra taryana/ubay saka…@all: monggo dilanjut…eh, diantara kunci ksuksesan dunia akhirat adlh istiqomah shalat tahajjud, sholat sunah qobliyah subuh di awal waktu…jk ada yg trgerak hti, ktk shlt sunnah qobliyah subuh di raka’at prtama slhkn stlh alfatihah bc alam nasyroh/al insyiroh, n raka’at kdua alam taro/al fil..

  76. RifaL

    nyimak ,,,

  77. shuii

    assalamualaikum…absent pagii alfatehah sent to para sesepuh n para sedulur kwa…ikutan nyimak,,,lama g hadir di forum……..

  78. MBAH ARIFYANTO

    bagi yang mau konsultasi problematika kehidupan atau mau belajar ilmu pengobatan,pengasihan,pengen jadi paranormal handal ,kekebalan,trawangan,dll daripada tidak ada gurunya yang membimbing silahkan email:zano.street99@yahoo.co.id

  79. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    @Ki wong alus beserta sesepuh lainnya:selamat pagi salam salim salam tak’dzim
    semua.
    @Pangeran sukemilung:salam salim salam takdzim,pencerahan yang mantap,izin ngambil hikmahnya kang mas.
    @All Bolosejati:selamat pagi semuanya salam salim salam tak’dzim dan perseduluran,yuk sedulurku semua kita songsong pagi hari ini dngn aktivitas yng lebih baik dari hari kemarin dan smg kedepanya lebih baik lg dari hari ini.
    Hatur nuhun.agi salam salim salam tak’dzim
    semua.
    @Pangeran sukemilung:salam salim salam takdzim,pencerahan yang mantap,izin ngambil hikmahnya kang mas.
    @All Bolosejati:selamat pagi semuanya salam salim salam tak’dzim dan perseduluran,yuk sedulurku semua kita songsong pagi hari ini dngn aktivitas yng lebih baik dari hari kemarin dan smg kedepanya lebih baik lg dari hari ini.
    Hatur nuhun.

  80. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum….
    semarak pagi semuaaaa….

    Sambil ngopi kapal air boleh juga kapal api ditambah buhur jin sam sung sambil nyimak cerita pagi…muantap kayanya..

    Begini ceritanya :
    >> Ada seorang dokter persepak bolaan Tangerang (Persita) yg bernama dr. d..?? mengeluhkan ttg penghasilannya yg tdk menentu, ga jelas & jg sering telah gajinya sampai 3 bulan lamanya..akhirnya dokter itu bertemu dgn gurunya yg sdh lama tak jumpa lg dan menyampaikan keluhan2nya itu agar kliniknya ramai spt dulu lg. Akhirnya terjadilah dialog sbb :
    DOKTER : “guru, saya sdh buka klinik lg nih spt dulu..saya minta doanya, agar banyak & ramai pasiennya spt dulu lg, krn klu jd dokter bola ga jelas penghasilannya, ga spt dokter2 di Barca..”
    GURU : “Oh maaf dok, kalau utk itu saya ga berani..bisa2 saya di omeli habis2an oleh para guru & mursyid.”
    DOKTER : “loh kok, ga boleh (dgn nada terkejut).”
    GURU : “iya, krn kalau mendoakan agar banyak & ramai pasien sama saja mendoakan org2 agar pada sakit semua (terang gurunya).”
    DOKTER : “habis gimana seharusnya, mhn bimbingannya Guru.”
    GURU : “berdoalah kepada ALLOH, mintalah ILMU yg bermanfaat & berkah utk diri dokter jg bermanfaat & berkah utk org lain, lakukan dgn istiqomah.”
    DOKTER : “kalau memang spt itu, saya akan lakukan mulai saat ini, utk mengawalinya Guru tolong doakanlah saya ttg ILMU itu.”

    (setelah dpt satu bulan lamanya Guru itu mendapatkan kabar bahwa dokter bola itu kliniknya ramai krn mungkin terbilang murah tarifnya utk ukuran kota besar & setelah beberapa bulan lamanya dokter itu pergi haji gratis krn tugas dari kedinasan utk mendampingi haji2 dibid. Kesehatan..lalu Guru itu berkata : subhanallooh..maha suci ALLOH). The end..

    Semoga menambah pencerahan ttg banyaknya org dewasa yg masih berfikiran spt AKU MASIH13 TAHUN.

    Salam Rahayu,
    Nuwun,

  81. Wa’alaykumussalam warahmatullah…@Ki Mas Danqow: muantaaps… cerita2 dr pun Aki penuh hikmah…Benar Ki, sgala prbuatan itu hrs diawali dgn Niat yg Baik, Lurus sprti lurusnya huruf Alif…jg dlm brdo’a ya Ki…biasanya suatu amal prbuatan yg Tidak didasari Niat Lillahi Ta’ala (tdk ikhlas, HANYA brtujuan dunia smata, misal hanya agr mndpt pujian dr org lain) kan membuahkan kekecewaan dan sakit hati….jazakumullahu khoyron ya Ki ats pencerahannya…skali lg Mantaaaps… cerita2 dr pun Aki penuh hikmah…Benar Ki, sgala prbuatan itu hrs diawali dgn Niat yg Baik, Lurus sprti lurusnya huruf Alif…jg dlm brdo’a ya Ki…biasanya suatu amal prbuatan yg Tidak didasari Niat Lillahi Ta’ala (tdk ikhlas, HANYA brtujuan dunia smata, misal hanya agr mndpt pujian dr org lain) kan membuahkan kekecewaan dan sakit hati….jazakumullahu khoyron ya Ki ats pencerahannya…skali lg Mantaaaps..

  82. Abang pangeran sukemilung saya salut ama anda, saya baca terus artikel anda mantap semuanya… Jangan lelah menulis ya abang..menulis ya abang..

  83. Artikelnya bagus

  84. Tutut32

    Assalamu’alaikum,salam salim ki wong alus, guru,pinisepuh dan sdulor2 smua.. Pelajaran yg sgt brguna bg kt sbg ortu dan bg sy pribadi.. Makasih om p. Sukemilung..

  85. Ya memang sebagian besar pengamal ilmu hikmah yang masih muda seperti itu keadaanya penginya cepat mendapatkan ijazah yang banyak dan terhebat, semoga mereka mendapatkan petujuk dan hikmah yang sejatidari Alloh SWT.,

    Pangeran Sukemilung sms saya belum dibales, balis dong

  86. adam

    Ass Wr Wb …
    Bagus begitu pencerahannya saat ini.
    Kalo saya pribadi … saat ini ada jg beberapa yg saya coba berikan kepada anak saya yg baru berumur 10 dan 8 tahun ilmu hikmah. Tapi itupun yg murni berasal dari asmaul husna atau surat Al Qur’an.
    Itupun juga tujuan utamanya sih mengenalkan berzikir kepada anak. he he he.
    Alhamdulillah mereka antusias juga.
    Asal kita sbg ortu pintar-pintar memilah dan memilih utk anak-anak sambil dipantau juga apakah anak kita kuat atau tidak dimasukin energi begituan, Insya Allah aman-aman aja.

  87. Salam salim salaman

  88. PENCERAHAN YANG MANTAB….
    Tapi dengan adanya blog KWA ini….manfaat yg didapat pun gak kalah banyak….ilmu2 yg tadinya adanya di ponpes ponpes bisa keluar dan diamalkan oleh nuwun sewu ..orang2 yg tdk tersentuh pesantren……abangan…yg bisa belajar ilmu hikmah…daripada kena virus x-n kata mas Risang….

    Dan yg perlu diwaspadai situasi sulit sekarang ini…wilayah2 kumuh..banyak di masuki aktivis X-n ini…..alankah lebih baiknya. dikenalkan ilmu2 yg ada di KWA ini untuk membantu mengatasi kesulitan mereka……..

    @Ustadz rihlah R…qobilu ilmunya untuk kesurupan sent al fatehah semoga manfaat…..sebenarnya Saya juga ingin ilmu yg untuk mencabut khodam…barusaja saya diminta bantuan temen….yg rejekinya sumpet gara-gara amalan kesaktian……saya prihatin sekali…….uang brapapun tdk pernah nyanthel…..sampe habis2an………kalau boleh email ke…mlukman@live.com

  89. Gus Nur

    Salam salim penuh kedamaian
    @bib P.Sekemilung : hehe….mantabz, sdh mewakili beberapa yg di anggap sepuh dalam curhat dan pencerahannya.
    @ all : salam ta’dziem

  90. adam

    Sambungan … he he he
    Saya terus terang sangat berterima kasih … dan menaruh hormat yg setinggi-tingginya kepada seluruh pengijasah di blog KWA ini. Dengan keikhlasan beliau-beliau semua para pengijasah, banyak sekali manfaat yg diperoleh dari pengamalan dari ilmu-ilmu yg ada di KWA ini. Dan fantastisnya yg saya rasakan … begitu instant ilmu itu dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan kita. Utk yg satu itu … saya gak omdo … emang instant.

  91. uwa semar semur

    Pagi2 lagi ualan bajigur, ada yg beli, pas mau bungkus kulub huwi (ubi rebus)eeh kertas bungkusnya ada tulisan ini nih :

    AL Hikam :
    Wirid Lebih Utama Ketimbang Pahalanya
    Syeikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandary :
    Tidak ada yang meremehkan konsistensi wirid (ketaatan di setiap waktu) kecuali orang yang sangat bodoh, karena warid ( pahala wirid) itu akan di dapat di negeri akhirat, sedangkan taat atau wirid itu akan lenyap bersama lenyapnya dunia ini.

    Sedangkan yang lebih utama untuk diprioritaskan adalah yang wujudnya tidak bisa diabaikan. Wirid adalah HakNya yang harus anda laksanakan. Sedangkan warid adalah sesuatu yang anda cari dariNya. Mana yang lebih utama antara sesuatu yang dituntut oleh Allah padamu, dibanding apa yang anda tuntut dari Allah?
    Mayoritas ummat ini lebih banyak berburu pahala dan janjinya Allah swt. Dalam segala gerak gerik ibadahnya. Padahal yang lebih utama adalah ibadah dan kepatuhannya itu sendiri. Sebab kepatuhan dan ubudiyah yang dituntut oleh Allah swt, dan menjadi HakNya, itu lebih utama dibanding hak kita yang besok hanya akan bisa kita raih di akhirat.

    Sebab kesempatan melaksanakan HakNya saat ini dibatasi oleh waktu dunia, dan akan habis ketika usia seseorang itu selesai. Karena itu semampang di dunia, ibadah, amal, wirid harus diperbanyak sebanyak-banyaknya. Soal pahala dan balasan di akhirat itu bukan urusan kita. Manusia tidak berhak mengurus dan menentukan pahalanya. Semua itu adalah haknya Allah swt. Yang telah dijanjikan kepada kita, karena merasa menginginkannya.
    Ibnu Athaillah lalu menegaskan, mana lebih utama tuntutan anda apa tuntutan Allah?
    Disinilah lalu berlaku pandangan:
    1. Taat itu lebih utama dibanding pahalanya.
    2. Doa itu lebih utama dibanding ijabahnya.
    3. Istiqomah itu lebih utama dibanding karomahnya.
    4. Berjuang itu lebih utama dibanding suksesnya.
    5. Sholat dua rekaat itu lebih utama ketimbang syurga seisinya.
    6. Bertobat itu lebih utama ketimbang ampunan.
    7. Berikhtiar itu lebih utama ketimbang hasilnya.
    8. Bersabar itu lebih utama ketimbang hilangnya cobaan.
    9. Dzikrullah itu lebih utama dibanding ketentraman hati.
    10. Wirid itu lebih utama ketimbang warid.
    11. dan seterusnya.

    Para sufi sering mengingatkan kita, “Carilah Istiqomah dan jangan anda menjadi pemburu karomah. Sebab nafsumu menginginkan karomah sedangkan Tuhanmu menuntutmu istiqomah. Jelas bahwa Hak Tuhanmu lebih baik dibanding hak nafsumu.”

    Abu Syulaiman ad-Darany menegaskan, “Seandainya aku disuruh memilih antara sholat dua rekaat dan masuk syurga firdaus, sungguh aku memilih sholat dua rekaat. Karena dalam dua rekaat itu ada Hak Tuhanku, sedangkan dalam syurga firdaus hanya ada hak diriku.”
    —(ooo)—

    Karomah Bukan Derajat Luhur

    “Tidak setiap orang yang memiliki keistemewaan itu sempurna kebersihan batin dan keikhlasannya.”

    Saat ini publik ummat sering menilai derajat luhur seseorang dari kehebatan-kehebatan ilmu dan karomahnya. Syeikh Abu Yazid al-Bisthamy pernah didatangi muridnya, yang melaporkan karomah dan kehebatan seseorang.

    “Dia bisa menyelam di lautan dalam waktu cukup lama…”
    “Saya lebih kagum pada paus di lautan…”
    “Dia bisa terbang…!” kata muridnya.
    “Saya lebih heran, burung kecil terbang seharian…karena kondisinya memang demikian,” jawabnya.
    “Lhah, dia ini bisa sekejap ke Mekkah…”
    “Saya lebih heran pada Iblis sekejap bisa mengelilingi dunia…Namun dilaknat oleh Allah.”
    Suatu ketika orang yang diceritakan itu datang ke masjid, tiba-tiba ia meludah ke arah kiblat.

    “Bagaimana ia menjaga adab dengan Allah dalam hakikat, sedangkan adab syariatnya saja tidak dijaga..” kata beliau.
    Banyak orang yang mendalami ilmu pengetahuan, mampu membaca dan mengenal dalil, kitab-kitab, bahkan memiliki keistemewaan, tetapi banyak pula diantara mereka tidak bersih hatinya, tidak ikhlas dalam ubudiyahnya.

    Begitu pula ketika karomah dan tanda-tanda yang hebat itu disodorkan pada Sahl bin Abdullah at-Tustary, ra, beliau balik bertanya, “Apa itu tanda-tanda? Apa itu karomah? Itu semua akan sirna dengan waktunya. Bagiku orang yang diberi pertolongan Allah swt untuk merubah dari perilakunya yang tercela menjadi perilaku yang terpuji, lebih utama dibanding orang yang punya karomah seperti itu.”
    Sebagian Sufi mengatakan, “Yang mengagumkan bukannya orang yang memasukkan tangan ke kantong sakunya, lalu menafkahkan apa saja dari kantong itu. Yang mengagumkan adalah orang yang memasukkan tangannya ke kantong sakunya karena merasa ada sesuatu yang disimpan di sana. Begitu ia masukkan tangannya ke sakunya, sesuatu itu tidak ada, namun dirinya tidak berubah (terkejut) sama sekali.”
    Jadi karomah itu sesungguhnya hanyalah cara Allah memberikan pelajaran kepada yang diberi karomah agar perjalanan ruhaninya tidak berhenti, sehingga semakin menajak, semakin naik, bukan untuk menunjukkan keistemewaanya.

    Yang istimewaan adalah Istiqomah. Karena itu para Sufi menegaskan, “Jangan mencari karomah, tetapi carilah Istiqomah.” Sebab istiqomah itu lebih hebat dibanding seribu karomah. Dan memang, hakikat karomah adalah Istiqomah itu sendiri.
    Bahkan Imam Al-Junayd al-Baghdady pernah mengingatkan, betapa banyak para Wali yang terpleset derajatnya hanya karena karomah.
    Syeikh Abdul Jalil Mustaqim pernah mengatakan, ketika anda diludahi seseorang dan anda sama sekali tidak marah, itulah karomah, yang lebih hebat dibanding karomah yang lainnya.

    Ketika dalam sebuah perkumpulan Thariqat Sufi, tiba-tiba ada seseorang datang, dan langsung membicarakan kehebatan ilmu ini dan itu, karomah si ini dan si itu. Lalu seseorang diantara mereka menegur, “Mas, kalau di sini, ilmu-ilmu seperti yang anda sampaikan tadi hanya dinilai sampah. Jadi percuma sampean bicara sampah di sini…”

    Ada seseorang disebut-sebut sebagai Wali:
    “Wah dia itu wali, bisa baca pikiran orang, dan kejadian-kejadian yang pernah kita lakukan walau pun sudah bertahun-tahun lamanya…”
    “Lhah, orang yang punya khadam Jin juga bisa diberi informasi oleh Jinnya tentang kejadian yang lalu maupun yang akan datang… Jadi hati-hati…”

    “Beliau itu keturunan seorang Ulama besar..”
    “Tidak ada jaminan nasab itu, nasibnya luhur di hadapan Allah…”
    Dan panjang sekali kajian soal karomah dan kewalian ini, yang butuh ratusan halaman. Tetapi kesimpulannya, seseorang jangan sampai mengagumi kehebatan lalu mengklaim bahwa kehebatan itu menunjukkan derajat di depan Allah. Tidak tentu sama sekali.
    —(ooo)—

    Kenapa Kau Tuntut Tuhanmu?

    Syeikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandary:
    “Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu, tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah.”
    (sumber : sufinews.com)
    ——**——-

    Duuh, uwa baca ulang2 tapi ga faham, maklum uwa tahunya cuma bajigur sama boled (ubi) heuheuheu. Barangkali ada sesepuh2 yg bisa jelasin ke uwa.
    Mohon maaf, Ki Pangeran Sukemilung, uwa mau tanya, kalo anak kecil umur 13 th belum boleh pegang elmu pelet, kalo aki2 bau tanah model uwa boleh kan? heuheuheu

    Salam

  92. sepakat sekali Mas Milung …
    Limpah-limpah cahaya semoga mengalir kepada Njenengan sekeluarga, semua yang komen, dan semua yang membaca postingan Njenengan.

    Bagaimanapun buah ilmu adalah akhlaq, sungguh tidak ada yang bisa menandingi kesaktian dan keampuhan orang yang berakhlaq mulia dan berhati bersih. Dimanapun mereka berjalan, para malaikat membentangkan sayap-sayap perlindungan, dan Allah membersamainya dalam setiap ucapan dan tindakan.

    salam ta’dhim untuk para sesepuh dan para pembaca semua.
    salam mantyasih,

    Nuwun.

  93. Asgar

    assalamualaikum…wr wb..met siang boloalus..mangga dilanjut..

  94. Atok bujang

    senyum

  95. @Kang Unluckyman: ya silahkn Kang diamalkan, smg brmanfaat n jd amal sholih. Sbnrny wirid tu jg bs menetralisir khodam2 “keras” yg ada dlm diri sang peminum air itu. Sholawat n Ayat2 itu bisa merefresh jiwa, trutama ayat “Innahu ‘ala roj’ihi laqodir”(QS At Thariq ayat 8). Dan amalan di atas akan lbih Ampuh jk ditambah sholawat ismul a’dhom 7x. Sbnrnya mngamalkn ilmu/asma apa sj, tdk kn ada pngaruh negatif jk ssuai petunjuk dan “wadah”kita kuat. Lalu knp ada org yg mngamalkn ilmu/asma2 trtentu koq jd sakit panas bhkn gila?? Itu ibarat gelas kecil yg tipis dituangi air mendidih satu panci besar, tentunya gelas tak kuat menampung, bhkn mgkn pecah. Saya sarankan bg pr pngamal suatu keilmuan yg di KWA ni, trutama asma2 tingkat tinggi hrs sering mbc Sholawat, dan sblm mengamalkan harus Tawassul/hadhoroh dl. Sy jg prnah diijazahi Kitab Jawahirul Mustajab krngn Raden Muhammad Mustajab Kholil Jember, ktb itu berisi riyadhoh Kubro dan Asma2 tingkat tinggi, sprti ASR, Asma Kajuh Rajeh kubro,AMR dll, di sana sblm mngamalkn hrs diawali dgn tawassul/hadhoroh yg panjang, mulai dr Rasulullah,pr Nabi,malaikat, aulia, wali songo smpe Ulama2 di indonesia, khususnya di tanah jawa smpe ratusan ulama. Jd smkin bnyk yg kita hadhorohi/tawassuli, mk amalan akan smakin Barokah, dan smakin Barokah lg jk dirutinkn tiap ba’da sholat fardu, atau minimal mau wirid/mengamalkn suatu keilmuan. Tawasul/hadhoroh adlh sbg tanda terima kasih kita kpd mreka (yg dihadhorohi). Itu adlh perintah Allah agr kita hrs brterima kasih kpd manusia, khususnya kpd para Nabi, wali, kdua orgtua dan smua guru2 kita. Jg mencegah efek samping negatif yg tidak diharapkan….eh, email saya jarang dibuka ya, jk mau silaturrahim/share lewat hp sj. Tp, sy bkn s’org konsultan spiritual . Ya hny ingin mbntu sesama sbisa mgkn. Klo mau konsultasi/brguru, boleh ke Kang Masku Mbah Arifyanto atau ke sesepuh lain…saya mah blm saatnya turun gunung…hehe klo silaturrahim lbih dekat dgn sedulur oh senengnya bukan main… amal sholih. Sbnrny wirid tu jg bs menetralisir khodam2 “keras” yg ada dlm diri sang peminum air itu. Sholawat n Ayat2 itu bisa merefresh jiwa, trutama ayat “Innahu ‘ala roj’ihi laqodir”(QS At Thariq ayat 8). Dan amalan di atas akan lbih Ampuh jk ditambah sholawat ismul a’dhom 7x. Sbnrnya mngamalkn ilmu/asma apa sj, tdk kn ada pngaruh negatif jk ssuai petunjuk dan “wadah”kita kuat. Lalu knp ada org yg mngamalkn ilmu/asma2 trtentu koq jd sakit panas bhkn gila?? Itu ibarat gelas kecil yg tipis dituangi air mendidih satu panci besar, tentunya gelas tak kuat menampung, bhkn mgkn pecah. Saya sarankan bg pr pngamal suatu keilmuan yg di KWA ni, trutama asma2 tingkat tinggi hrs sering mbc Sholawat, dan sblm mengamalkan harus Tawassul/hadhoroh dl. Sy jg prnah diijazahi Kitab Jawahirul Mustajab krngn Raden Muhammad Mustajab Kholil Jember, ktb itu berisi riyadhoh Kubro dan Asma2 tingkat tinggi, sprti ASR, Asma Kajuh Rajeh kubro,AMR dll, di sana sblm mngamalkn hrs diawali dgn tawassul/hadhoroh yg panjang, mulai dr Rasulullah,pr Nabi,malaikat, aulia, wali songo smpe Ulama2 di indonesia, khususnya di tanah jawa smpe ratusan ulama. Jd smkin bnyk yg kita hadhorohi/tawassuli, mk amalan akan smakin Barokah, dan smakin Barokah lg jk dirutinkn tiap ba’da sholat fardu, atau minimal mau wirid/mengamalkn suatu keilmuan. Tawasul/hadhoroh adlh sbg tanda terima kasih kita kpd mreka (yg dihadhorohi). Itu adlh perintah Allah agr kita hrs brterima kasih kpd manusia, khususnya kpd para Nabi, wali, kdua orgtua dan smua guru2 kita. Jg mencegah efek samping negatif yg tidak diharapkan….eh, email saya jarang dibuka ya, jk mau silaturrahim/share lewat hp sj. Tp, sy bkn s’org konsultan spiritual . Ya hny ingin mbntu sesama sbisa mgkn.

  96. KWA_101

    ciamik soro….azib…

  97. ########## Mohon perhatian dan doa nya untuk kesehatan Pangeran Sukemilung..Beliau sekarang sedang sakit.

    juga pangeran minta maaf karena tidak bisa membales SMS atau telpon karana sedang istirahat..badan beliau lemas dan masih berbaring di rumah beliau..demikian terimakasih..

    Buat kanda Pangeran Sukemilung moga lekas sembuh yah..kita akan berkelana nanti.. #################

    info by Phone a minute ago…

  98. MBAH ARIFYANTO

    SHINRA THINSEI……

  99. wong lemah

    Sent Fatetah untuk kesehatan Pangeran Sekemilung,…mudah2an dg berkah Alfateha beliau lekas sembuh karena Allah SWT,..amin.

  100. sudia

    Lucu abis nich artikel, tapi realitanya memang begitu anak sekolah baru 13 tahun. banyak maunya. jadi was was ane juga yang punya anak perempuan.

  101. MBAH ARIFYANTO

    knapa lagi mas si kemilung ini,…..mudah-mudahan cepet sembuh & sehat ya mas….en bisa kumpul2 bareng lagi d kwa,

  102. MBAH ARIFYANTO

    wadow……pangeran sikemilung kena hantam energi negatif warna hitam kemerahan….berpusat pada dada perut dan tenggorokan biasanya klo kena pukulan ini adem panas kepala terasa berat kyak demam suhu badan terasa menggigil…..saya doakan cepat sembuh mas biar bisa ngajar lagi di kwa….

  103. MBAH ARIFYANTO

    biasa klo orang menanam kebajikan di kwa harus siap2 dengan pagar badan yang extra kuat,gak gitu akan k.o jika tidak dupagari oleh serangan2 dari luar,emang mudah orang posting sesuatu di kwa terus aman2 saja yg pasti orang tsb pasti di tes ilmunya dulu dengan orang yg iseng dan tdk di kenal

  104. Salam Ustad..pencerahan yang baik

    setelah membaca penjelasan ustadz Rihlah RR
    mari kunjungi situs
    http://tawasulullah.blogspot.com

    numpang promosi

    tidak lupa fatehah sent ke pangeran Sukemilung

  105. mbah arif..siapa mbah yang ngirim itu pukulan..
    ayo kita kejar..hihihi
    kita tangkep
    setelah kita tangkep kita apa i ya?

    ga usah deh biarin hidup saja..wong itu juga di bawah Kuasa Allah juga…

  106. Ass.. thn lalu saat baru sehari gabung di kwa, punggung atas sampai pinggang saya sakit 3 hari 3 malam baru sembuh. jngn jngn kena serangan energi.

  107. aslmkmwrwb…….cuma nyimak dari pagi,tapi nggk komen,kalau ini sekedar tes tes tes,…

    salam sehat selalu untuk sodara kwa selurrrrrrrrruuuuuuuuuuuh duniaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,…………

  108. Hiks..hiks sedih,,mndpt kbr Kang Masku Pangeran Sukemilung sdg diuji dgn sakit. Pdhl bulan sya’ban ini mau ke Sukabumi mau mnghadiri haul Sang Guru yg ada di sini, skalian ktemu lgsg sm aku….yuuk kita do’akn agar Beliau cpt smbuh…(jk trgerak hti boleh sprti ini) ‘ala hadzihin niyyati wa’ala kulli niyyatin sholihah alfatihah…7x “allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ‘ali sayyidina Muhammad”21x trus brdo’a dgn Mu’jizat,karomah,n barokahnya fatihah n sholawat td agr Beliau sgera disembuhkn olh Allah…amien @Kang Masku Mbah Arifyanto: waah jahat ya tu orang…bantuin dung Mas, bila perlu balikin ja dweh ke yg ngirimnya, biar jd snjata makan tuan…tdnya mau posting amalan sholawat, hmm bnyk tantangannya ya Niat n amal baik itu…apa hrs dicancel.. @Ki Ronggo S: syukron tlh mberi tahu lwt hp..

  109. aslmkmwrwb…salam hormat
    @pangeran sukemilung :semoga sehat
    @kang rihlah r :apa kabar,ayo ngopi bareng biar nggk ngantuk..
    @om.ronggo sentot :tawasullan itu perguruanny om y..?

  110. @om.ronggo sentot :kapan kepalembang..?sendiri apa rombongan..?

  111. Denmas Songgo langit

    assalamualaikum all bolo alus salam salam, wah banyak hikmah digelar moga aja saya bisa dapat. alfatiha terkhusus buat pangeran ..sent… moga lekas sembuh.

  112. yusuf

    muantab

  113. yusuf

    muantab pisan euy kang rahmat nasihatna nuhun kang,,,2096

  114. putat slawe

    Test

  115. putat slawe

    Assalamu alaikum. Ngikut nyimak.

  116. yusuf

    ijin mo di amalin, untuk menetralisir khodam buruk yg ada di diri kita bs ga ? di minum atau di mandikan sehari berapa kali ? sblum bc amalannya pake tawassul ga ?

  117. Assalamualaikum.wr.wb para Sedulurku di Kampus ini

    @ Kang Rihlah : Kang, Saya minta Email Akang boleh tak??
    sekalian kalau ada email para sedulur semua yang ada di kampus ini
    saya ingin lebih dekat dengan para sedulur.

    buat Sedulur kita yang sedang sakit yaitu Pangeran Sukemilung marilah kita doakan agar beliau segera sembuh dari sakitnya
    mari kita ikuti doa dari Kang Rihlah tadi seraya berdoa kpada Allah agar dibukakan pintu hati orang yang mencelakai Pangeran Sukemilung.

    @ Pangeran Sukemilung : Semoga Akang / Ki Sukemilung cepat smbuh dan dapat memberikan pencerahan lagi kpda Kami ini yang masih sangat Muda dalam mnjalani Hidup ini.

  118. HEHEHEHEH BARU PADA BANGUN YA YA DARI HIPNOTIS SI UYA KUYA…..HAHAHAHAHAHAHHA

  119. yusuf

    yakinkan hati mu dlm berdoa dan yakinlah doa mu akan di ijabah, karna alloh swt mengikuti sangkaan kita,,,amin

  120. wongso jin

    Assalam
    hmmm….. sepertinya seperti itulah yang di impikan para sesepuh pada usia dini …. ingin memiliki kesaktian di hargai oleh lawan dan kawan. Tidak usah mengambil contoh dari bocah usia 13 tahun tersebut.
    Dan sepertinya juga sudah mulai muncul nih wajah-wajah yang menunjukan dirinya sakti…. dengan menampilkan avatar. Allah Maha Tahu Apa yang ada dibenak anda. maaf beribu2 maaf
    wassalam

  121. wong ngingu asu loro

    nyari koq cuma dunia…kapan nyari yg nyiptain dunia yah..dasar keblinger kiblate..jare ngerti agama…nanging ora ngerti arep podo menyang ngendi

  122. WONG GENDENG

    UMUR TIDAK MENJAMIN KEMATANGAN BERFIKIR DAN MENTAL SESEORANG.qi qi qi qi…

  123. om arum manis

    umurku 17 tahun, apakah sudah boleh punya amalan di bloq kwa ini ?

  124. putat slawe

    Aq macih balita, bayi dibwh 50 th. Hahaha

  125. putat slawe

    Memberi ilmu supranatural pd orang belum nalar ataupun tak mau nalar ibarat memberi pisau pd bayi, tunggu saja hasilnya melukai dirinya apa orang lain. Wah wah wah

  126. putat slawe

    Bagi pengalaman. Untuk menetralkan energi fitnah amalkan aurod nabi khidir dan nabi ilyas. Insya alloh tawar. “bismillahi masyaalloh laa yasuqul khoiro ilalloh… dst. Tak perlu tulis testimoni penuh nanti ini forum.

  127. abah hikam

    selamat malam kwa.selamat malam kwa.

  128. den bagus tukang mangan

    gw gk setuju dg kyai di kampung gw. beliau anggap intrnt sbg sumber info kebohongan dan sumber maksiat (pornografi) pdhl beliau gk tau apa apa ttng intrnt tp berani komentar ttng intrnt shg cuma menilai dari sisi buruk nya saja. pdhl intrnt juga bnyk manfaat nya.

  129. WONG GENDENG

    janganlah membunuh bakat seseorang karena kekawatiran,bersyukurlah krn adanya anak2 yg berbakat dan berkemauan utk mempelajari tenaga dalam ilmu hikmah ilmu ghaib dll, jd tdk kwatir musnah tanpa pewaris ikutan masuk liang kubur!.
    Alloh SWT menciptakan apa yg ada didunia ini berpasangan setinggi langitpun keilmuan seseorang pasti ada orang lain yg mampu menandinginya..
    setiap manusia meniti jalan hidup menuju takdir masing2 biarlah semua berjalan sesuai kehendak SANG MAHA MENGATUR.
    belum tentu yg sekarang baik selamanya akan baik.
    belum tentu yg sekarang sembrono akan selamanya sembrono.
    tidak ada yg perlu di kawatirkan…DON’T WORRY BE HAPPY…
    …nyengir….

  130. Mas Eddy Sugianto

    he…he…he….
    membina jadi orang sakti itu mudah, tapi membina manusia yang berakhlakul karimah itu yg gak mudah. Itulah bedanya paranormal dan guru. Paranormal mengejar materi belaka tanpa ada niat untuk membina akhlak dan mental orang lain……
    Salam persaudaraan saudaraku semua………….

  131. wongwongan

    keren lung………

  132. @wongwongan :he he he,awas kualat,..?!@#$%^&*??
    mantabbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb.

  133. @Kang Yusuf: ya itu bisa. Ditambah amalan tiap ba’da sholat istigfar 100x, n tiap ba’da tahajjud 1000x, insya Allah smua khodam/energi negatif dlm diri akan langsung kabur…tp, bc istigfarnya tumaninah, artinya tenang dan dihayati. @Kang Cucu Adam: silahkn jk Akang or sedulur lain mo silaturrahim lbih dekat dgn saya, via hp ja, email jarang dibuka, tp jk mau email, nanti diksh via hp: 085215221961 /085721105330. Tapi, saya bukan konsultan spiritual/sesepuh. Saya hny bocah yg msh belajar, yg mncari ilmu n prsaudaraan. Namun, jk ada ssuatu yg bisa saya bantu/tolong, insya Allah kan saya bantu sebisa mungkin..

  134. Tutut32

    Assalamu’alaikum smua klrg bsr kwa,smg sht sll jsmni n rohaniny. Mg cpt smbuh om pangern sukemilung, alfatehah sent.

  135. adi ari-ari

    kalau ada sedulur KWA yg dr madiun,saya mau tukar kawruh lebih dekat.jika ada hub saya di 085259696333.
    matur nuwun,,,,

  136. permentrebor

    hehehe..
    postingan yg sangat kena..

    Dahulu sewaktu masih SMU.. ya pengalaman sama.. ingin ilmu itu ingin ilmu ini.. hingga ikut perguruan Pencak Silat aliran Hikmah dan bela2 puasa billahruhin 3 hari plus melek semalam suntuk..bela2 wiridan hingga ratusan kali..

    itu sangat berat karena baru pertama kali terutama melek dan wiridannya itu..

    wong biasanya, habis sholat cuma baca shalawat 3x plus doa sapujagad 3x lalu bablas je..
    hehehe..ini harus wiridan hingga ratusan.. terbayang kesemutan bokong kaki dkk..

    tp memang.. iming2 pny tenaga dalam dan bayangan ya bisa terbang.. pating pencolotan koyo manuk hinggap diranting2 kecil, ditambah penyemangat dr Asmaraman Khoo Ping Hoo Alm, dan Bastian Tito Alm.. via Cersil Beliau berdua..

    gak kerasa..rasanya ringaaan saja..

    tp lama kelamaan kasus saya pribadi ya berubah orientasi.. hanya ingin selamat dunia akhirat..

    muncul, tumbuh dan berkembangnya kesadaran bahwa kesaktian paling hebat itu adalah menjadi penduduk Surga.. jadi syarat2nya ya harus dilengkapi..

    dari sini, orientasi ngelmu hanya sebatas ibadah saja.. boleh2 saja tp ya hanya sarana ibadah saja…

    Saya senantiasa bersyukur kesadaran itu muncul sedari dini… sewaktu masih SMU kelas 1 semester ke II..

    Alhamdulillah berlanjut hingga sekr..
    Insya Allah hingga akhir umur saya..

  137. Mamat Kumis

    salam salim bwat smuanye….muantaf brader rico….tafadhol dilanjut….

  138. Nderek absen malam jum’at..
    Salim penuh persaudaraan lan hormat takdzim..

  139. Ping-balik: 'KUMPULAN ILMU'

  140. raden paijo

    ASMA KALAM RAJEH “inna quwwatah, kataban quwwatah, kitaban quwwatih, bi quwwatullah, bi kalamullah.” mohon para sesepuh scan energi nya.

  141. uwa semar semur

    Hiks hiks hiks, Ga bisa scan, ga punya kaweruh untuk dibagikan,…
    Cuma doa yg dipanjatkan buat semua :

    Yaa Alloh, Berkahilah kami semuanyaaa…Amiiin. Sholawat sent

    Ngocek bajigur deui weeh

  142. Gilang

    Assalamu’alaikum buat semua keluarga besar KWA, hanya ikut nyimak belum bisa berkomentar, karena saya masih awam…
    tapi saya punya sedikit saran, gimana kalo setiap amalan di kasih keterangan syarat minimal usia, supaya jika ada yang membaca oleh anak yg di bawah umur, maka mereka pun akan mengerti, karena tidak memenuhi syarat untuk mengamalkannya.
    Karena jaman sekarang anak SD pun sudah bisa mengakses internet, sedangkan anak yang berusia 10-16 tahun adalah anak yg sedang labil jiwa dan pikirannya (menurut saya), dan mudah”an tidak akan terjadi yang namanya salah kaprah lagi.

    Mohon maaf kalo ada yang salah.
    matur nuwun, wassalamu’alaikum..

  143. DEWA TIMUR

    Kenapa org sering merengek minta tlng kpd saya tp stlh saya tlng org itu tp org itu tega menyakiti saya.

  144. Untuk menghindari agar anak yang belum cukup umur (belum dewasa) mendapatkannya, apalagi digunakan untuk hal-hal yang berbahaya. Mungkin perlu adanya batasan umur atau ritualnya diperberat, tidak cukup dengan qobiltu saja.

    Ma’af ini sekedar usualan saja!

  145. tiga belas tahun adalah awal aqil balighhhh………wowowwowowow
    wowowowowowowowwowowowowo

  146. hadir

  147. Assalamualaikum wr.wb,
    Nyuwun sewu kepareng matur,..

    CARA MENSIKAPI HIDUP DENGAN BIJAK

    Setiap apa yang kita alami adalah sebuah proses penyeimbangan sistem yang Maha Kuasa (Alloh SWT), ketika kita berdoa (apapun yang kita minta) kemudian ….Aminn,, maka Alloh akan mengabulkan doa kita apapun itu. proses terkabulnya doa itu kita akan melewati sebuah paket situasi (menyenangkan, tidak menyenangkan & biasa-biasa saja), ketika kita mengalami paket situasi tersebut banyak diantara kita sering mengeluh, padahal ketika mengeluh itu menjadi doa “Alkalamu nisfu duua'” perkataan adalah bagian dari doa -Alhadist, dan Alloh SWT akan mengabulkan lagi apa yang kita keluhkan tadi sehingga kita akan mengalami paket situasi kembali (menyenangkan, tidak menyenangkan, & biasa-biasa saja). untuk itu ketika kita berdoa maka yakinilah doa itu terkabul dan tawakal berserah diri kepada Alloh SWT dan jalani prosesnya, selalu berpikiran positif, berkata positif dan bertindak positif, InsyaAlloh dengan demikian kita akan bisa selalu dalam kondisi dzikir (mengerti dan sadar) dan disitulah akan timbul sebuah keIkhlasan, mudah-mudahan bermanfaat.

    Kepareng nyuwun pangapuntin bilih wonten lepat,,
    Nuwun…

  148. DonKus

    ada sih kok bocah2 di bawah umur yg ditransfer ilmu gaib tapi perilakunya baik2 aja, biasanya anak perempuan atau anak yg pendidikan orangtua dan lingkungannya demokratis, baik open minded, tidak egois, dll. Ada anak perempuan 11 tahun udah ditransfer ilmu macem2, katanya energinya bisa terasa tapi setelah pengisian itu dia ngak byk ngomong soal yg gaib2, dan ngak suka petantang petenteng.

    semua itu tergantung bagaimana cara kita mendidiknya di usia dini, faktor pola hidup, dan lingkungan. makanya, maaf, saya agak ragu2 kalau mau mengisi ilmu gaib ke orang2, saya harus kenal sifatnya dan latar belakangnya.

  149. winarko

    izin nyimak,slm takzim…

  150. ali imron

    test

  151. mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: