OLAH MANAH


Mas Kumitir
(KWA 0000)

Senja menggelayut di ufuk barat. Saya, Wong Alus, Camat, Raden Rahmat, Nugraha dan Fadli ditemani dua orang yang baru kami kenal bergegas untuk berangkat memulai perjalanan. Dua orang baru itu adalah: satu orang pendekar suku Badui Banten dan seorang muridnya yang berusia belia. Kami berkemantapan bila malam ini adalah malam melakukan perjalanan olah rasa.

Perjalanan terasa lamban dan dua jam kemudian kami sampai pada sebuah tempat yang asing. Dada terasa sesak di malam yang gelap gulita itu. Langit di atas bertabur bintang tidak mampu menyinari jalan setapak yang sebenarnya hanyalah semak belukar. Jalan tidaklah mendaki, namun menuruni batu-batu tajam yang licin. Tidak sepertu saudara dari Badui yang berjalan lincah tersebut, tapak kami terpeleset-peleset dan mencoba bertahan agar tidak terjatuh.  Energi goib terasa semakin kuat.

Mata kedua sedulur Badui tersebut menyorot tajam ke segala arah. Bak elang yang siaga terhadap semua kejadian, kami tenang berjalan di belakangnya. Hingga sampai ke sebuah sungai kecil berbatu. Air terasa sangat dingin, begitu kaki kami celupkan di dalamnya. Tak kuasa rasanya berlama-lama di tempat itu. Namun panggilan membawa kami pada kesimpulan bahwa kami tetap harus disitu memenuhi niat kami.

Kami terpaku sesaat di sungai. Sesepuh Badui yang kami panggil Abah itu, tiba-tiba mengeluarkan suara adzan dan qomat. Dilanjutkan dengan bertawassul mengirimkan al fatihah ke para penghulu agama dan leluhur-leluhur terdahulu. Kami tercenung karena suara sederhana itu menghentikan jantung kami sesaat.

Setelah pakaian dilepas dan bertelanjang, kami menceburkan diri ke air yang diperkirakan sekitar sepuluh derajat celcius tersebut. Abah mengambil posisi duduk, meramu bunga tujuh warna dan membakar buhur. Satu persatu kami diminta untuk berada di depannya dalam posisi berjongkok. Kepala kami diminta untuk menyelam sejenak dan kemudian kepala kami diguyur air bunga tersebut. Doa-doa kepada Allah SWT dilantunkan dari mulutnya.

Itu adalah pengiajazahan langsung yang baru saja kami terima malam tadi. Abah tidak memberi tahu apapun terkait dengan doa yang baru dilantunkannya, apa faedahnya, bagaimana menggunakannya. Kami dalam hati hanya mengucapkan; “Qobiltu saya terima doa dari abah atas ijin Tuhan Yang Maha Kuasa”.

Abah adalah sosok yang tawadu, meski ilmu kependekarannya sudah sangat mumpuni, sehari-hari dia berpenampilan sangat bersahaja. Hampir semua tingkat ilmu diajarkannya kepada siapapun yang menginginkan mulai ilmu debus, ilmu kanuragan/kejadukan, ilmu-ilmu asihan, ilmu kerezekian dan lain sebagainya. Ilmu-ilmu diajarkannya tanpa pamrih dan hanya ingin bertujuan agar yang diajarinya mau untuk menebarkan kebaikan dan kemanfaatan, amar makruf nahi munkar.

Usianya memang sudah tergolong tua. Namun di Badui, usia seperti Abah masih terbilang belum terlalu tua. Sebab gurunya abah ini masih hidup dan berusia 130 tahun. Hidup dekat dan menyatu dengan alam, hati damai tenang dan tidak banyak keinginan, membuat usia manusia melenggang santai di sana dan tahu-taru berusia seratus tahun bahkan lebih. Abah masih terlihat berusia empat puluhan. Tiada satu keriput pun di kulitnya, giginya masih utuh dan terlihat gagah.

Diijazahi oleh Abah, badan terasa nyaman, sehat dan hati terasa tenang. Ini adalah satu episode perjalanan spiritual yang kami tidak pernah menduga sebelumnya. PANTA RHEI—semua mengalir gemericik sebagaimana aliran sungai menuju ke muara. Kami semua hanya bisa menunggu dengan berkarya sebaik-baiknya sesuai kemampuan dan kapasitas yang diberikan pada kami. Tidak akan kami sia-siakan sisa waktu untuk tidak memaknai apa yang tergelar ini. Hidup adalah tugas untuk meramu arti dan menemukan hakikat.

Dan dari doa-doa yang terlantun dari hati ikhlasnya Abah, kami terasa mendapatkan kekuatan dan semangat baru untuk menyelami hakikat Rasa. Yang empunya rasa ini ialah jasad/jasmani. Yaitu rasa lelah, lemah dan capai. Kalau Rasa lapar dan haus itu bukan milik jasmani melainkan milik nafsu.

Mengapa jasmani memiliki rasa ini?. Karena sesungguhnya dalam jasmani/jasad ada penguasanya/penunggunya. Orang tentu mengenal nama Qodham atau Alif Lam Alif. Itulah sebabnya maka didalam Al Qur’an, Allah memerintahkan agar kita mau merawat jasad/jasmani. Kalau perlu, kita harus menanyakan kepada orang yang ahli/mengerti. Selain merawatnya agar tidak terkena penyakit jasmani, kita pun harus merawatnya agar tidak menjadi korban karena ulah hawa nafsu maka jasad kedinginan, kepanasan ataupun masuk angin.

Bila soal-soal ini kita perhatikan dengan sungguh-sungguh, niscaya jasad kita juga tahu terima kasih. Kalau dia kita perlakukan dengan baik, maka kebaikan kita pun akan dibalas dengan kebaikan pula. Karena sesungguhnya jasad itu pakaian sementara untuk hidup sementara dialam fana ini. Kalau selama hidup jasad kita rawat dengan sungguh-sungguh kita bersihkan dengan mandi, sebelum puasa keramas, sebelum sholat berwudhu dulu agar tidak menjadi korban hawa nafsu, serta kita lindungi dari pengaruh alam, maka dikala hendak mati jasad yang sudah suci itu pasti akan mau diajak bersama-sama kembali keasal, untuk kembali ke sang pencipta.

Seperti halnya kita bersama-sama pada waktu lahir kealam fana ini. Mati yang demikian dinamakan mati tilem (tidur) atau mati sempurna. Pandangan yang kita lakukan malah sebaliknya. Mati dengan meninggalkan jasad. Kalau jasad sampai dikubur, maka Qodham atau Alif Lam Alif, akan mengalami siksa kubur. Dan kelak dihari kiamat akan dibangkitkan.

Dalam mencari nafkah baik lahir maupun batin, jangan mengabaikan jasad. Jangan melupakan waktu istirahat. Sebab itu Allah ciptakan waktu 24 jam (8 jam untuk mencari nafkah, 8 jam untuk beribadah, dan 8 jam untuk beristirahat). Juga dalam hal berpuasa, jangan sampai mengabaikan jasad. Sebab itu Allah tidak suka yang berlebih-lebihan. Karena yang suka berlebih-lebihan itu adalah Dzad (angan-angan). Karena dzad mempunyai sifat selalu tidak merasa puas.

Dari mana rasa itu? Apapun yang datangnya dari luar tubuh dan menimbulkan adanya rasa, maka rasa itu dinamakan sejatinya rasa. Jadi sejatinya rasa adalah milik panca indera yaitu mata: Senang karena mata dapat melihat sesuatu yang indah atau tidak senang bila mata melihat hal-hal yang tidak pada tenpatnya. Telinga: Senang karena mendengar suara yang merdu atau tidak senang mendengar isu atau fitnahan orang. Hidung: Senang mencium bebauan wangi/harum atau tidak senang mencium bebauan yang busuk. Kulit: Senang kalau bersinggungan dengan orang yang disayang atau tidak senang bersunggungan dengan orang yang nerpenyakitan. Lidah : Senang makan atau minum yang enak-enak atau tidak senang memakan makanan yang busuk.

Rasa sejati akan timbul bila terdapat rangsangan dari luar, dan dari tubuh kita akan mengeluarkan sesuatu. Pada waktu keluarnya sesuatu dari tubuh kita itu, maka timbul Rasa Sejati. Untuk jelasnya lagi Rasa Sejati timbul pada waktu klimaks/pada waktu melakukan hubungan seksual.

Sementara, Rasa Tunggal Jati sering diperoleh oleh mereka yang sudah dapat melakukan Meraga Sukma (keluar dari jasad) dan Solat Dha’im. Beda antara Meraga Sukma dan Sholat Dha’im ialah : Kalau Meraga Sukma jasad masih ada.batin keluar dan dapat pergi kemana saja. Sementara bila Sholat Dha’im jasad dan batin kembali keujud Nur dan lalu dapat pergi kemana saja yang dikehendaki. Juga dapat kembali dan bepergian ke Alam Lauhul Makhfuz.

Bila kita Meraga Sukma maupun sholat Dha’im, mula pertama dari ujung kaki akan terasa seperti ada “aliran“ yang menuju ke atas kekepala. Pada Meraga sukma, bila “aliran“ itu setibanya didada akan menimbulkan rasa ragu-ragu/khawatir atau was-was. Bila kita ikhlas, maka kejadian selanjutnya kita dapat keluar dari jasad, dan yang keluar itu ternyata masih memiliki jasad. Memang sesungguhnyalah, bahwa setiap manusia itu memiliki 3 buah wadah lagi, selain jasad yang tampak oleh mata lahir ini. Pada bagian lain bab ini akan kita kupas.

Kalau sholat Dha’im bertepatan dengan adanya “Aliran“ dari arah ujung kaki, maka dengan cepat bagian tubuh kita akan “Menghilang“ dan kita akan berubah menjadi seberkas Nur sebesar biji ketumbar dibelah menjadi tujuh bagian. Bercahaya bagai sebutir berlian yang berkilauan. Nah, rasa keluar dari jasad atau rasa berubah menjadi setitik Nur. Nur inilah yang disebut sebagai Rasa Tunggal Jati. Selain itu, baik dalam Meraga Sukma maupun Sholat Dha’im. Bila hendak bepergian kemana-mana kita tinggal meniatkan saja maka sudah sampai.

Rasa ini juga dapat disebut Rasa Tunggal Jati. Sebab dalam bepergian itu kita sudah tidak merasakan haus, lapar, kehausan, kedinginan dan lain sebagainya. Bagi mereka yang berkeinginan untuk dapat melakukan Meraga Sukma dianjurkan untuk sering Tirakat puasa. Jadikanlah puasa itu sebagai suatu kegemaran. Maka di momen Ramadhan yang akan kita jalani ini kita memulai berlatih agar nanti kita sampai pada tujuan azali kesemua itu yaitu menjadi orang yang bertakwa, Dan yang penting juga jangan dilupakan melakukan Dzikir gabungan Nafi-Isbat dan QOLBU. Dalam sehari-hari sudah pada tahapan lillahi ta’ala.

Hal ini berlaku baik mereka yang menghendaki untuk dapat melakukan Sholat Dha’im. Kalau Meraga Sukma mempergunakan Nur Allah, tapi bila Sholat Dha’im sudah mempergunakan Nur Illahi. Karena ada Rasa Sejati, maka Rasa merupakan asal usul segala sesuatu yang ada. Oleh sebab itu bila hendak mendalami ilmu Ma’rifat dianjurkan untuk selalu bertindak berdasarkan rasa. Sehari-hari kita berlatih olah manah (orah rasa) dengan cara jangan membenci, jangan menaruh dendam, jangan iri, jangan sirik, jangan bertindak sembrono, jangan bertindak kasar terhadap sesama manusia.

Sebab dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, kita ini semua sama karena masing-masing memiliki rasa. Rasa merupakan lingkaran penghubung antara etika pergaulan antar manusia, juga sebagai lingkaran penghubung pergaulan umat dengan Penciptanya. Rasa Tunggal jati ini mempunyai arti dan makna yang luas. Karena bagai hidup itu sendiri. Apapun yang hidup mempunyai arti. Dan apapun yang mempunyai arti itu hidup. Sama halnya apapun yang hidup mempunyai Rasa. Dan apapun yang mempunyai Rasa itu Hidup.

Dengan penjelasan ini, maka dapat diambil kesimpilan bahwa yang mendiami Rasa itu adalah Hidup. Dan Hidup itu sendiri ialah berasal dari Sang Pencipta. Padahal kita semua ini umat yang hidup. Jadi sama-sama ada Penciptanya. Oleh sebab itu, umat manusia harus saling menghormati, tidak saling merugikan, dan harus saling tolong menolong karena sesungguhnya kita satu kesatuan dalam keberagaman. Semoga kita mampu untuk menjadi manusia yang wajar seperti ini. Amin. @@@

Iklan

165 pemikiran pada “OLAH MANAH

  1. Assalamu’alikum,wr.wb.
    Salam hormat salam takdhim Ki Wong Alus,Kimas Kumitir lan sedulur sedoyo
    Yg di rahmati Alloh…
    Kimas Kumitir,…matursuwon sanget postingannya
    Pencerahan yg mencerahkan….nuwun

  2. ulasan yang sangat menarik, semoga bisa bermanfaat buat pribadi dan saudara2 semua…Al-fatihah send….

  3. Saya dan keluarga besar di Palembang mengucapkan selamat memasuki dan menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan tahun ini….sebelumnya saya memohon maaf atas semua ke khilafan dan kesalahan saya kepada semua sahabat di Kampus tercinta ini !!! Mari berlomba menjadi insan yang terbaik …..Barakalloh

  4. tah ieu karak postingan,,,,,,,,alhamdulillah….
    gusti nu agung…..tos dipendakeun abi jeung….

    alhamdulillah….

  5. melihat gambar air terjun postingan diatas rasanya kok pernah bekunjung kesana ya lewat raga sukma

  6. MHN MF BATHIN LAHIR
    KSALAHAN YG SNGAJA /PUN G SNGAJA,NAMA’Y JG MANUSIA TMP SLH N DOSA
    MET PUASA SMGA JG INSAN YG TAQWA

  7. jadi pulang ga mbah arif?
    kalau masih di sini saya nati tak kesitu.
    tadi ada yang ketinggalan.

  8. DARI AIR KITA BELAJAR KETENANGAN…..

    DARI BATU KITA BELAJAR KETEGARAN…..

    DARI TANAH KITA BELAJAR KEHIDUPAN…..

    DARI KUPU2 KITA BELAJAR MERUBAH DIRI…

    DARI PADI KITA BELAJAR RENDAH HATI…….

    DARI ALLAH KITA BELAJAR KASIH SAYANG YANG SEMPURNA……

    MELIHAT KEATAS :MEMPEROLEH SEMANGAT TUK MAJU…..

    MELIHAT KEBAWAH: BERSYUKUR ATS SEMUA YANG ADA….

    MELIHAT KESAMPING: SEMANGAT KBERSAMAAN…..

    MELIHAT KE BELAKANG: SBAGAI PENGALAMAN BERHARGA…..

    MELIHAT KE DALAM : TUK INTROSPEKSI DIRI……

    &MELIHAT KE DEPAN: TUK JADI LEBIH BAIK……

    selama saya ikut bergabung di KWA ini saya telah punya banyak salah
    saya mohon maaf yang sebesar besarnya.
    supaya ibadah puasa kita nanti di terima allah swt
    dan semoga kita di berikan kekusukan sampai akir bulan romadon.
    selamat menyambut bulan puasa.

    @ mbah arifyanto salam paseduluran.
    saya bisa nulis seperti ini karena bimbingan mbah arif yanto
    maturnuwun mbah…..
    ALFATEHA 1*

  9. Salam mas kum, ki alus…
    Insya 4JJ.., malam sabtu saya mampir di padepokan…
    Mohon berkenan menerima hamba ini ki….
    Dari yg sedang KWAngen……

  10. ass all
    @mbh tukangojeg
    mantap wejangan’y
    asal jgn lht rumput tetangga aj ya mbah,
    mf bcanda.
    all dulur met puasa y,
    was

  11. all warga kwa
    sbner’y RASA’Y gmn sih mngalami mlm lailatul qadar?
    kok kyk’y thn lalu RASA’Y bnyk dulur kwa yg ngalami.

  12. Kepada seluruh anggota kwa yg barusan mendaftar kwa yg mencantumkan nomer hp supaya lbh waspada akan penipuan dari oknum tertentu..Barusan saya ditelpon org yg mengaku dari BRI jakarta 2 kali…pastinya anda tahu lah ..kita dijanjikan hadiah dg mentransfer sejumlah uang…ini dia nomer penelpon tsb 0818955861 mungkin dari rekan2 juga ada yg dihubungi..smoga org tsb diberi kesadaran.

  13. rumpute tetanga lebih seger,j @tukang takon.
    niki asline @tukang takon demite kidul kali ya?
    hehehehehehe…………..
    tak tinggal solat dulu nanti wktunya malah ga nyampe.
    soale 30 menit lagi mu pulang.
    wes kesel le nyambut gae.

  14. toto
    tulisan yang sangat bagus. tentu tulisan ini disarikan dari pengalaman penulisnya.
    menyambut ramadhan kami mohon ma`af lahir batin kepada sesepuh dan seluruh sedulur KWA sedunia…..

  15. Salam, dikesempatan ini saya ucapkan selamat menyambut ramadhan al-Mubarak kepada seluruh umat Islam khususnya kepada semua saudara di KWA, semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, “Pucuk Pauh delima batu, Anak Sembilang di Tapak Tangan,Sungguh Jauh Beribu Batu, Dekat di Hati dilupa Jangan” Ramadhan Karim. Daripada Al-manfaluti …………….

  16. MBAH ARIFYANTO says: 28 July 2011 at 17:40
    => melihat gambar air terjun postingan diatas rasanya kok pernah bekunjung kesana ya lewat raga sukma
    @mbah,ajarin dong saya ini MERAGA SUKMA,dari dulu saya ingin belajar,tapi takut karena gak ada guru….

  17. @Andri kick hopper
    @tukang ojek
    @jaya baron kompeni
    @lintang sumirat
    @saiii
    @toto
    @banyulumut
    @al-manfaluti
    @€ RESTU €
    @jayamendung
    @Garuda
    selamat malam,lagi pada ngapain??kok sepi-sepi aja nie…
    @mohon perhatian: oKE

  18. Mantapsssssssssss

    Ini yang saya tunggu2

    qobiltu rangkaian kata yang syarat akan makna

    semoga seluruh Anggota KWA meneladani prinsip yang di tulis dalam postingan ini

    utamanya saya pribadi

    salam hurmat pada sesepuh KWA yang telah menjelaskan secara gamblang..misi KWA

  19. @mas kumitir: postingan yang menarik, @mas tukang ojeg: kalimat-kalimat yang bagus @sedulur KWA semua, selamat beribadah.

  20. Waaikum salam, saudara surachdi ,
    yang di maksud SALAKA EMAS itu adalah WADAH Manjing Kurungan Tuan Alloh Ratu Adam Pangeran PancaDria Keraton Kasepuhan Cirebon,Ratu Para Wali Tuan Darmaji Pangeran Pandu Tuan Jati Sunan Gunung Jati.
    atau
    WADAH Ratu Lemah PancaDria Raraga Adam Nunapa Geger Cirebon.
    Tuan Rasa Pangeran RAncasan Sakurung Cirebon Nampa Elmu Ratu Cirebon Lenggang Manik Tuan Manik Ya Isun Jimat Cirebon.

  21. assalamualaikum…. sedulur KWA AL fatikah sent…

    ” Karena ada Rasa Sejati, maka Rasa merupakan asal usul segala sesuatu yang ada. Oleh sebab itu bila hendak mendalami ilmu Ma’rifat dianjurkan untuk selalu bertindak berdasarkan rasa. Sehari-hari kita berlatih olah manah (orah rasa) dengan cara jangan membenci, jangan menaruh dendam, jangan iri, jangan sirik, jangan bertindak sembrono, jangan bertindak kasar terhadap sesama manusia.”>>> Ar Rahhman Ar Rohhkim

    matur suwun….

  22. Assalamu’alaikum…
    Semarak pagi semuaaa…

    Ingat badui maka Saya teringat akan Dua Buah Kidung yg melegenda yg berasal dari daerah PAMARAYAN Badui…

    Pitutur Para Sesepuh : bhw Kedua Kidung itu duuulu..duuuulu, dipakai setiap acara2 kemasyarakatan dimana yg melantumkannya adl seorang wanita cantik yg bersuara emas, indah sekali kalimat2nya, tentram rasanya hati ini bila mendengar.. Wanita itu dikenal memiliki nama Nyi Mas Melati… Namun, Kedua Kidung itu sekarang hampir punah keberadaannya… krn ada rahasia yg tersimpan rupanya, yakni : dimanapun kalian mendengar kedua kidung itu berada maka sambunglah silaturahim kepada org itu krn Kedua Kidung itulah sejarah Awal daerah Pamarayan Badui…

    Dan ketahuilah dlm perjalanan mencari kebenaran, kita akan banyak sekali menemui para sesepuh.. ada yg namanya sesepuh islam, ada sesepuh indonesia dan ada jg yg disepuh mengaku sbg sesepuh..

    Dan ketahuilah bhw yg disepuh itu amatlah banyak sekarang ini, jd berhati-hatilah.. Krn dlm pencarian logam emas mengunakan nafsu dan logam itu ternyata bukanlah emas akan tetapi disepuh emas.. Warna itu adalah hitam dan putih jgn terjebak dgn warna abu2.. Sbg perawat/ mursyid carilah sesepuh dimanapun berada, sambunglah.. namun sbg ikhwan jgnlah mencari sesepuh krn dikhawatirkan terjebak akan warna abu2.. Bila sudah wktnya, sbg perawat/ mursyid gendonglah ikhwanmu agar dpt mengenali sesepuh yg kamu temui.. Itulah sebaik2 perjalanan dan persaudaraan..

    Itulah sedikit pesan dari kedua kidung itu agar tetep eling lan waspada, waspada kana wekasan elingna kana wiwitan sing tetela rejeung nyata…

    Berikut ini adl sedikit bait dari kidung Pamarayan yakni sedihnya panggung sandiwara ini..
    ——————————-
    Gunung2 sawah nguungun
    Cilameee bangun teu rame
    Caringiiin bangun prihatin
    Caiii ngarikcik careurik
    Baralak teu bisa suuurak

    Ganti mangsa ganti raja
    Tata caraaa jeung pangawasa
    Kawula mani nalangsa
    Sumur tujuh jadi wiwitan
    Kramat tengah jadi panuutan

    Sanggar pamarayan pandawa lima
    Ciri wanci salapan sapuluh tunggal
    Hayaaang didangdanan disabaa’an
    Ku sajatining manusa
    Iman sariii sukma mulyaaa..
    ———————————-
    (ini sedikit bait dari Kidung Pamarayan)
    To be continue for ‘Kidung Sunda Wiwitan’
    Nuwun,

  23. Artikel yang bagus..
    Derek nyemak ..
    Met pagi…
    Met beraktifitas buat seluruh bolo alus..
    Semoga dimudahkan segala urusan..

  24. Assalamu’alaikum wr. wb., Mas Kumitir
    Sungguh sangat bersahaja..
    Berbicara mengenai proses meraga sukma, saya yang masih belajar ini ingin bertanya apakah aliran yang mengalir dari ujung kaki itu dapat dirasakan oleh semua orang ? Atau bisa juga tidak terasa namun yang ada langsung hanya perasaan ragu-ragu atau was-was di dada ?
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih
    Salam persaudaraan

  25. @rihlah rahmatulloh:wa’alaikum salam pak ustadz

    @WISNU SETIAWAN:EMAIL MBAH AJA:zano.street99@yahoo.co.id

  26. menarik sekali artikelnya, saya tau suku badui dari madunya saja yang suka mereka jual, tapi terkadang juga ada org yang nyamar buat hanya jual madu. mereka suku badui suka sekali berjalan jauh. tapi tidak terlihat mereka membawa aqua. bravo suku badui lestarikan budayamu, bila perlu ilmu badui di paparkan habis disini biar ada dokumentasinya.

  27. @Laskar lembu suro
    @Lintang Sumirat
    @sudia wijaya
    @Thanmust thepos
    @om saka ganteng
    @MBAH JATI
    @jisongji
    @ooo
    selamat siang,absen…sambil nungguin artikel terbaru….

  28. Asmaradahana
    Kmn ya ko ga pernah sambang gan.????
    Wah jangan2 mojok di pinggi kali mkn.,wkwkwkwkwk

  29. Ngapain gan.? Kacien deh lo ga ada temannya.!!wkwkwkwkwkwkwkwkk
    Kabuuuuuuuuuuuuuuurrr
    Main ke medan gan,byk duren,mau kan,?wkwkwk

  30. Salam ta’dhim penuh hurmat kagem sedulur smua, wabilkhusus shohibul blog Ki WA & Ki Mas Kumitir…jg Kang Masku P.Sukemilung& Mbah Arifyanto..n Ki Mas Danqow…
    Artikel menarik…Ilmu tentang Aji Diri Aji Hati Aji Rasa…

  31. Tuk sedulur smua, jk ada prbedaan awal puasa/idul fitri, hendaknya Jangan diprmasalahkn. Karena smuanya punya dasar hukumnya n dpt dipertanggungjawabkn. Lho yg salah yg mana? Tidak ada yg salah. Yg Jelas Salah adlh yg tidak puasa tanpa alasan yg benar…

  32. dulur2 KWA, tamu agung akan segera tiba “MARHABAN YA ROMADHON” maaf dri ane kalau ada kata2 yang khilaf kpda all dlur semua salam rahayu.

  33. Mantab km kumitir babarannya….sy terkesan dengan babaran jasmani yg bisa ikut ke haribanNya ketika manusia sdh tiba saatnya nanti….dan kisah tsb pernah sy dengar…memang ada yg bisa seperti itu…semoga kita semua bisa mencapai sampurnaning urip lan sampurnaning pati….aamiin
    @buat bolo alus salam kenal dan selamat menunaikan ibadah puasa ramadan..mhn maaf lahir batin

  34. Assalamualaikum. .
    Marhaban ya ramadhan.
    Mohon ma”f lahir dan batin.
    Mari kta sambut bulan suci ramadhan ini dengan suka cita. Smoga d’bulan suci ramadhan ini rahmat dan hidayahNYA selalu tercurah kepada kita semua. Amin ya ALLAH amin ya robbal alamin. .
    Salam persaudaraan

  35. 2 hr lg nafas kt akan menjadi tasbih,tdr menjadi ibadah,doa menjadi ijabah dan 2 hr lg pahala akan di lipat gandakan,dan kesemuanya itu takkan terwujut tanpa ada maaf dari hati saudara2 skalian dgn tulus,mk dgn bgt izinkanlah daku memohon maaf atas khilaf dari cakap dan tingkah laku yg kurang berkenan di hati sedulur2ku semua,”*MARKHABAN YAA ROMADHON”Wassalam wb.

  36. Semangat pagiiii sedulur smua,salam rahayu&salam cinta damai slalu,,
    Absen pagiiiiiiiii+melu nyimak aj dweeh,hehehehehe

  37. assalamualaikum wr wb
    absen hadir di pagi hari…….:)

    marhaban ya ramadhan
    selamat datang bulan suci

    namamu senantiasa di hati
    kedatanganmu selalu dinanti
    fadhilah & ganjaranmu ramai dicari
    ibadahmu diberkati
    dan kepergianmu pun ditangisi

    selamat menggapai ridha ilahi

    mohon maaf lahir batin….kpd para sepuh,pinisepuh lan sedulur bolo wongalus kabeh…..

  38. @To All Bolo Wong Alus :
    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Satu hari lagi NAFAS ini menjadi Tasbih,
    Satu hari lagi TIDUR ini menjadi Ibadah,
    Satu hari lagi DO’A – Do’A ini menjadi ijabah,
    Satu hari lagi PAHALA ini dilipat gandakan,
    Tapi………..
    Itu semua tak kan terjadi sebelum kita semua saling memaafkan.
    “MARHABAN YA SYAHRI RAMADHAN”
    Mohon MAAF Lahir & Bathin.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    Atas nama KWA Jakarta
    thanmust thepos.

  39. mantabbb tenan…pencerahan battin yang haus akan dahaga ilmu membuat hati tenang..hati riang…subhanaallah walhamdulilah wala ila hailellah wowlohu akbar….menyatu dengan alam…qobiltuuu pencerahanya….menyatu dengan alam berarti kita menghormati alam….qiqiqiqiqi….

  40. Hdup di dunia ini.. kewajiban saya hrs jalan terus seperti sholat, zakat, puasa dll. kalau tdk dijalankan, dianggap kafir, diancam masuk neraka dll. tp hak hak saya sngt sulit utk didapatkan terutama hak mendapatkan jodoh dan rejeki. tdk seimbang antara hak dan kewajiban.

  41. Aslmalaikum tx semua sesepuh dan warga keluarga besar KWA. Perkenalkan nama saya anjas a. Dgn nickname an’s mr asal kepri . semenjak sy menemukan blok ini sy sempatkn mampir dan coba menimba ilmu d sini. Sy sadari sy kurng brbakat ilmu gaib karna emng tak punya trah brng kali. Dulu pernah belajar karna tk mau bernasib seperti alm bpk dan keluarga lainya yg sering jd korbn kejahatan ghaib tp tk brhasil.sy cuma ingin menjalin silaturahmi d sini,mungkn bs tk brbagi sebgai saudara sebangsa dan seagama.Menyingung tulisan d ats sy hanya ingin brtanya pada semua saudara atw sesepuh d sini bg yg berkenan memberi masukan pd sy yg dhoif ini! Scara pribadi sy akui sy punya sedikit ganguan susah tidur, tk mengatasi itu sy jd sering beristighfar dan brtafakur karna pada posisi ini sy akn mudah merasa kantuk. Tapi yg anehnya saya sering merasakan seperti orng brmimpi dlm keadan terjaga. Terasa saya merasa brada d suatu tempat bertemu dgn seseorang tp sy seperti bisu bl d ajak bicara tp sy xakin saya dlm keadaan tidak tertidur. Yg jd pertanyaan saya apakah penomena ini? Apakah saya memang bermimpi atw berimajinasi. Semoga warga d sini bis memberi sedikit masukan dan Jawaban yg memuaskan. wassalam

  42. Assalamualaikum wr wb.
    Rasaning Rasa Sejati
    Rasa Tunggal Jati
    Rasa kuwi Urip
    Asale Saka Gusti Allah Kang Maha Suci
    Iman Islam menuju Taqwa
    Ni’matullah Rahmatullah
    Salam Rahayu n Kekeluargaan tuk Sesepuh KWA n para Punggawa KWA juga kpda sluruh Bolo Wong Alus Sing ana ing Seluruh Pelosok Semesta.
    Ramadhan akan tiba saatnya kembali mensucikan Diri (Dzohir lan Batin)
    Wassalam

  43. Marhaban ya Romadhon….Assalamualaikum wr.wb
    Jayalah KWA indonesia…
    Sekedar pgn tanya adakah orang di blog ini yg ngamalin sholat dhaim?? mohon infonya..email ke yudi_cokro@yahoo.com krna saya jrng online alias hp jadul hehe..maur tengkyu sblmny..moga Allah SWT slalu MeriDHoi,mmbri Hidyah taufiq inayah srta RahmatNYA kpd kita smua Amiin ya Robbal Alamin…

  44. salam pramuji rahayu, salam ta’zim, salam hormat, salam salim salaman katur keluarga besar KWA.
    matursembahnuhun pembabaranipun,
    monggo dilanjutttttttttttt

    saking kaulo nyuwun agengipun pangapunten, mohon maaf lahir batin.

    salam damai selalu.
    nuhun.

    katur keluarga besar KWA…..al-fatihah..sent.
    katur bumi langit jagad sak isi nipun………al-fatihah….sent

  45. MARHABAN YAA RAMADHAN Perkataan yang indah adalah “ALLAH” Lagu yang merdu adalah “ADZAN” Media yang terbaik adalah “AL QUR’AN” Senam yang sehat adalah “SHALAT” Diet yang sempurna adalah “PUASA” Kebersihan yang menyegarkan adalah “WUDHU” Perjalanan yang indah adalah “HAJI” Khayalan yang baik adalah ingat akan “DOSA & TAUBAT” KELUARGA BESAR KAMPUS WONGALUS MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.

  46. ass wr wb
    smua bolo wong alus + mau ngucapin marhaban ya ramadhan
    maaf lahir batin ya smua bolo wong alus d seluruh jagad raya.

  47. Bagus sekali bagi yang mau melakukan dan menjalankan,sangat luar biasa ilmu 2 yang saya baca,menentramkan hati dan bathin.Mudah 2 an dapat dijalankan bagi yang senang dan ingin melakukan,dengan hati yang sudah benar 2 siap dan mendapat panggilan dari hati dan nuraninya.Terima kasih

  48. assalammualaikum wr.wb.
    salam sejahtera bwt para sesepuh n pinisepuh kampus wong alus..
    saya helmi indra dari purwokerto jateng.
    saya sudah kesana kemari mencari sosok pembimbing untuk bisa membimbing saya dalam hal kebathinan n spiritual tapi belum ada yang cocok.
    sudikah kiranya ada dari sesepuh,pinisepuh kampus wong alus yang mau sudi kiranya menjadi pembimbing saya karena akhir2 ini saya mengalami beberapa hal2 aneh padahal saya tidak mengamalkan apapun.
    jujur semua ini membuat saya merasa penasaran dan kepikiran serta mengalami kebingunan sendiri harus kemana saya mencari sosok pembimbing atw seseorang yang bisa menjawab semua pertanyaan saya ini.
    klopun memang saya ditakdirkan untuk bisa menjadi orang yang bisa dalam hal spiritual atw kebhatinan saya ikhlas begitupun sebaliknya klopun tidak saya ikhlas.
    klo memang saya mau diterawang saya ikhlas,berikut biodata saya:
    nama:helmi indra catur yanto.
    alamat:perum purnawira ledug,kecamatan kembaran kabupaten banyumas.
    no hp:085741121221
    agama:islam.
    maaf seblumnya saya dari keluarga yang lagi jatuh masalah ekonominya.
    tidak bisa menjanjikan apapun..
    semoga dengan tulisan saya ini sekarang dalam kampus wong alus,saya bisa mendapatkan seorang pembimbing.
    terima kasih sebelumnya,semoga TUHAn YME membalas semua keikhlasannya semua.
    NB:saya stand by lewat sms atw pun telpon kapanpun.
    wasalammualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s