MERDEKA BUNG!!!


Pada suatu perayaan Agustusan menyambut hari ulang tahun kemerdekaan, kami mendapat tugas untuk menjadi bagian dari tim gerak jalan di kantor. Kami diberi seperangkat seragam training. Kemudian diantar memakai kendaraan menuju tempat tertentu dan dari tempat tersebut masih harus berjalan kaki menuju titik start pemberangkatan. Cukup lama tim kami harus menunggu diberangkatkan oleh Kepala Daerah.

Di depan dan belakang kami, ratusan tim lain dari banyak instansi serta sekolah se-Kabupaten berkumpul di titik yang sama. Titik ini adalah sebuah jalan di perumahan yang agak lebar dan karena saking banyaknya tim yang ikut acara gerak jalan Agustusan tersebut, maka kami menunggu berjam-jam. Tibalah giliran tim kami diberangkatkan.. dengan teriakan kecil dari Kepala Daerah, “Satu… Dua… Tiga…” disertai tepukan tangan dari para pejabat di podium, bendera yang ada di tangan Kepala Daerah diangkat ke atas. Resmilah, kaki tim kami berayun berirama seperti pasukan defile bersenjata.

Di tengah perjalan, saya (wongalus) melihat sosok berambut gimbal tanpa pakaian dan hanya mengenakan celana pendek kumal sedang duduk di pinggir jalan di depan sebuah area makanan cepat saji Amerika. Banyak tas-tas plastik yang tidak lagi bersih yang berada di kanan kirinya. Entah apa isi di dalamnya. Barangkali, benda-benda yang menurutnya berharga. Lalat-lalat hinggap di tubuhnya yang belepotan debu bercampur keringat. Cukup berbau dan dimohon untuk tidak mendekat bila tidak ingin muntah. Yang menarik dari wong edan alias si Gila: ada satu tongkat disandarkan di pagar dan ujungnya diikatkan sebuah bendera merah putih lusuh dan lemas tidak berkibar. Di tengah seriusnya tim gerak jalan kami menyanyi-nyanyi lagu perjuangan, saya pun iseng berteriak begitu melihat “si gila” tersebut. MERDEKA BUNG!!!

Ia tidak bergeming. Ia tidak perduli. Ia tidak merespon teriakan saya. Ia tetap duduk seperti tidak ada apa-apa. Tatap matanya tetap kosong meskipun ragam pesona tim-tim gerak jalan melintas di hadapannya. Seorang teman tersenyum dan berkata… “Eh, ngapain anda berteriak ke dia? Dia itu yang sebenarnya sudah bebas. Kita ini hanya bisa berteriak teriak merdeka tapi kenyataannya tidak mendeka. Kita hanya bisa berteori tentang kemerdekaan dan tentang kebebasan. Berteori tentu hanya sekedar ada di kepala, belum menjalani dan melakoninya.”

Perkataan teman itu tadi memancing perenungan saya. Benar juga.. Kita ini jago kalau ngomong soal merdeka, berandai-andai, berteori namun belum bahkan bisa jadi tidak mau menjalani atau melakoni apa yang kita omongkan tersebut. Apalagi saya, jagonya munafik. Bisa ngomong, terbiasa menasehati orang lain.. tapi kalau menasehati diri sendiri huh minta ampun sulitnya. Dosa kita lakukan tanpa penyesalan. Kita tumpuk-tumpuk kesalahan tanpa merasa bahwa kesalahan itu kemudian menjadi gunungan kesalahan dan setiap saat siap menimbun diri kita. Pantas.. doa kita tidak diijabah lha wong kita termasuk orang orang yang tidak bebas karena tertimbun lemak kemunafikan.

Beda dengan si gila. Ia sudah berada di aras laku dan kesadaran yang berbeda. Mungkin juga berada di alam yang lain. Dan ia memilih diam. Tidak banyak omong dan senantiasa sibuk dengan dirinya sendiri. Ia tidak peduli, apa kata dunia tentang dirinya. Pokoknya ia bergerak ke sana dan kemari, mencari cari sesuatu. Kadang ia memungut sesuatu namun kebanyakan terasa bahwa yang dicarinya tidak pernah ditemukan. Kadang kalau waktunya lapar, ia mencari-cari di tempat sampah sisa-sisa makanan dan disantap tanpa khawatir dirinya akan sakit. Dan memang, atas Kuasa Tuhan si gila jarang kena sakit dan dengan demikian tidak perlu berlama-lama di rumah sakit. Ia berjalan, berjalan dan berjalan lagi menghabiskan hari yang tidak pernah selesai.

Namun di siang terik itu bisa jadi ia merenung tentang kemerdekaan… Kata siapa merdeka itu enak? Bukankah orang merdeka adalah bebas dari belenggu pengkondisian pihak lain serta bebas untuk memilih beberapa atau banyak alternatif yang ada dihadapannya. Dan memilih pilihan adalah tidak enak. Sebab disana tetap ada kemungkinan beresiko yaitu menjatuhkan pilihan yang salah dan keliru yang ujung-ujungnya adalah kesengsaraan diri. Kalau menjatuhkan pilihan yang benar, toh itu benar yang relatif dan tergantung sudut pandang. Benar menurut saya belum tentu benar menurut anda. Jadi pada posisi dan titik di mana kita menilai, itu yang mempengaruhi apakah pandangan kita bisa jadi benar dan bisa jadi keliru. Selain itu, cara memandang juga sangat berpengaruh. Cara pandang ini sangat penting sebab kalau kita punya beragam cara, maka itu akan lebih baik dibandingkan dengan hanya satu macam cara memandang. Itulah sebabnya, juga banyak orang yang ingin dirinya terbelenggu karena dengan belenggu dia merasa nyaman dan tidak perlu bertanggung jawab atas pilihan-pilihan yang diambilnya. Cukup manut dan ikut saja pada mereka yang berani bertanggung jawab dan dia bisa nyaman menikmati hidup.

Sejatinya apakah ada di dunia ini orang yang sungguh-sungguh bebas dari pengkondisian? Lahir kita sudah terkondisi. Jenis kelamin dan dari orang tua siapa dilahirkan kita juga tidak punya pilihan. Pilihan-pilihan alternatif di depan kita juga biasanya sangat amat terbatas kalau boleh dibilang tidak ada. Hanya segelintir orang di negeri ini yang banyak pilihan, tentu saja pilihan berkaitan dengan kemampuan finansial. Semakin banyak uang, semakin banyak pula pilihan. Semakin sedikit uang, semakin segelintir pilihan. Dan yang tidak punya uang, tidak ada pilihan.

Tapi itu semua hanyalah teori, dan itu masalahnya. Orang gila terus merenung: Kebanyakan mikir membuat pilihan hidup terasa sempit. Orang dihantui oleh sesuatu keadaan yang tidak nyaman. Saat keinginan tercapai, ada lagi keinginan lain yang lebih besar. Saat keinginan besar tergapai, lahir kemudian keinginan raksasa lain yang ingin segera dituntaskan. Keinginan demi keinginan susul menyusul, salip menyalip di tikungan. Mana yang lebih dulu dituntaskan, mana yang harus ditinggal di belakang. Ada benarnya meski tidak semuanya dikatakan bahwa keinginan itu elan vital, sumber hidup, namun sekaligus sumber derita. Tinggal pilih yang mana. Kalau pilih sumber hidup mana keinginan harus dikelola sebaik-baiknya, kalau pilih sumber derita mana keinginan harus dipupus dan kalau bisa ditiadakan. Caranya adalah latihan mematikan raga, menganggap bahwa keinginan ragawi itu hal yang hina dan tidak pantas dituruti agar jiwa bisa bersih suci dan ringan melanglang ke langit. Kalau keinginan ragawi dituruti, maka diri akan terbebani dan melekat ke benda-benda. Diri akan terbelenggu dan tidak akan bisa menikmati kebebasan atau kemerdekaan sejati.

Si Gila terus merenung: Apakah kemerdekaan sejati bisa dicapai dengan cara memeluk satu agama tertentu? Iman, ritus dogma mitos yang irasional senantiasa ada disemua agama dan semua keyakinan di dunia. Bahkan tidak punya agama dan mereka yang mengklaim sebagai rasional pun terjebak di dalam irasionalitas. Bukankah percaya pada dewa-dewa rasio juga merupakan satu penghambaan dan ujungnya adalah kecewa karena rasio tidak pernah menuntaskan tujuan akhirnya? Mana yang harus dipilih manusia modern sekarang ini? Pilih beribadah, bertakziah, tahanuts, semedi atau ke mall, cafe, ngerumpi, ngegosip, fesbukan, ngeblog, twitteran..renang, jalan-jalan atau menenggelamkan diri dalam kesibukan kantor serta menghabiskan waktu di dalam kemacetan dan dengan demikian bisa menguras umur dengan cepat. Buat apa mengirit-irit umur.. toh akhirnya umur akan tetap habis bukan? Apa ada manusia di dunia ini yang bisa hidup abadi.. Kalau masih makan nasi atau roti, minum kopi, teh dan es campur rasa-rasanya umur pasti bisa habis.

Si Gila melanjutkan kegilaannya dengan sebuah pertanyaan: kenapa manusia itu sejatinya tidak pernah bisa menggapai kemerdekaan hakiki? Dasar gila, ia menjawab dengan cepat.. Sebab manusia itu diciptakan. Ya, sampai kapanpun kalau manusia itu masih diciptakan oleh Tuhan maka jangan harap manusia bisa merdeka. Manusia bisa mendeka jika dan hanya jika bisa menjadi Tuhan dengan Kekuasaan yang tiada terbatas. Hanya Tuhan yang Maha Merdeka dan Maha Bebas. Tapi apakah manusia bisa menjadi Tuhan yang demikian itu? Oalah..boro boro menjadi Tuhan, menjadi manusia saja sulitnya minta ampun koq. Harus bisa hidup, harus bisa makan, harus punya teman dan harus bersandang, harus punya panggonan alias rumah dan harus punya cita-cita dan harapan. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah manusia tidak boleh bunuh diri. Memenuhi kebutuhan itu semua tentu sekarang ini semakin sulit. Jauh lebih mudah menjadi rumput, tikus atau semut karena dimanapun semesta manusia begitu terbuka terhadap kemungkinan.

Akhirnya, tidak banyak informasi yang bisa digali dari perenungan si gila. Tapi minimal dari dia tadi saya belajar tentang ketenangannya diteriaki bahkan diumpat, diolok-olok, dicaci maki, dihina, dijadikan kambing hitam, dijadikan wahana disumpahserapahi orang dengan diam tidak banyak omong menghadapinya. Dari si gila saya dapat belajar bagaimana menjalani kemerdekaan serta harapan meraih kemerdekaan yang sejati… Meskipun itu hanya utopia yang dari hari ke hari semakin kecil kemungkinannya bisa dialami.

Sidoarjo, 7 September 2011

wongalus

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 173 Komentar

Navigasi pos

173 thoughts on “MERDEKA BUNG!!!

  1. Ndaru_cemlorot

    oke no 1 pertamina….ehhh pertamax

  2. Damarwulan

    So cool..bener2 postingan ki wong alus mantap bener kali ini .salut salut salut… Lanjutkan ki postingan dgn latar dan gaya bahasa yg ringkas dan dapat di pahami banyk pihak…

  3. Hanafi

    Makasih banyak tuk perenungan nya,,,, smoga kita smua dpt mengambil i’tibar serta manfa’at,,,,,Aamiin,,,,

  4. Elbe

    Mantaps..hasil dari sbuah perenungan yg dlm dan terkndsikn. MERDEKA BUNG!

  5. Wong indonesia

    Kelimax

  6. 5 besar

  7. MBAH ARIFYANTO

    6 wae

  8. ckckckck…..bener banget ki.. tapi sumpah ki,selagi manusia masih bisa makan minum dan ngelantur malah gak akan mati 2..merdeka,.omong2 pantai kartini jepara sekarang lagi ramae lho ki…

  9. Rihlah Rahmatullah

    Kapan ya Merdeka dr korupsi?? Merdeka n Bebas yg Hakiki hanya bisa dicapai dgn Mengabdi, menghamba, trus mndekati disertai kepasrahan total kpd Allah

  10. faisal arsawirja

    hahayyyyy gusti nu agung…..kakarak muncul deui….

    salam kang rihlah….

  11. assalamu’alaikum wr.wb
    mohon maaf lahir dan batin
    kepada sodara semua
    mohon saya di maafkan bila ada salah
    wasalam

  12. MALELA

    Aslm.wr.wb

    Salam Rahayu Ki Wongalus…

    Kemerdekaan adalah salah satu karunia-Nya yang wajib kita syukuri…

    *Ki Wisnu Setiawan.
    *Ki Damarwulan.

    Salam kenal & salam Sejahtera…

  13. adim

    7 semangat

  14. MALELA@saya bukan ki,saya hanya tukang nyimak n ndeprok dipojokan,saya tidak pantas mendapat gelar ki,,saya ini cuma orang bodoh yang tidak bisa apa-apa…….
    Tolong panggil wisnu saja ya…..
    @mbah arif:saya yang ke 6 mbah….

  15. satryocilik

    absen pagi…terus ndlosor

  16. mbah sareb

    merdeka dolorrrrr

  17. ass.wr.wb,,
    minal aidin wal faidzin,, mohon maaf lahir batin,,
    buat semua sesepuh KWA N smua anggota KWA salam knal N salam hormat,,
    saya orang baru,,

  18. salam salim sedulur all.. nderek nyimak

  19. adim

    mbah sarib .. pripun kabare ..

  20. Heemmmm….mungkin di mata orang gila itu…sejatinya kita lah yg gila kale ki….mungkin dia berpikir “koq smakin banyak orang gila ya,..dia berpikir akan ada pemilihan orang yg paling gila di acara tsb” ckckck ❗

  21. Jagad Kelana

    Mantap ki wongalus pencerahannya. Merdeka yang hakiki adalah merdeka berkeTuhanan (Makrifatullah). Tanpa itu manusia hidup akan kehilangan kendali/tanpa kontrol. Setuju sama kang Rihlah perlu totalitas & keikhlasan pengabdian kepada sang Khalik. Jadi sadar bahwa hidup didunia ini sebagai amanah Allah (buat bekal kita mati). Wajar saja kalau kita belum bisa merdeka dari korupsi, suap, iri & dengki, caci maki, sombong dll sebagai perilaku yg disukai syetan ya karena kita belum sadar atau lupa bahwa kita bakal mati (Nasehat yang tidak banyak bicara adalah kematian). Merdeka……. buat sedulurku bolowangalus

  22. MALELA

    *Wisnu Setiawan >
    Hehe…saya yg doif ini takut terucap lancang utk memanggil sebuah nama,mangkanya saya panggil Ki sbgai wujud penghormatan saya,tapi kalo kurang berkenan oke lah begitu..saya panggil Kanjeng aja..hehe.

  23. Rihlah Rahmatullah

    Salam rahayu oge kanggo kang faisal…jg sm Ki Jagad Kelana jg sdulur smua..inget ucapan kakek dl, nanti mgkn zaman yg kn kau hadapi, kn brmunculan orang2 Gila yg keren n dihormati, Orang2 Gila yg mementingkan diri sndiri jg asyik dgn dunia sndiri..mgkn aku jg jd Gila..jd GILA BERJAMA’AH/BERSAMA

  24. agungsedayu

    kata sebuah tuntunan…sejatinya manusia tak ada yg merdeka,krn ia di ciptakan hanya untuk tunduk beribadah,sedangkan merdeka hanya di berikan kpd org2yg mampu menjadi kholifah,setidakya untuk diri/kluarganya,selebihya pilihan yg di buat manusia sendiri…..sedang saya sendiri msih bertumpuk dosa,boro2 kholifah….ngapunten…nuwun.

  25. Rihlah Rahmatullah

    Gila Harta, Gila Tahta, Gila Wanita, Gila Gelar, Gila Hormat, Gila Pujian, Gila Sanjungan, Gila korupsi, Gila Hukum, Gila internetan, Gila Facebookan, Gila SMSan, Gila Telponan..Gila Amalan, dan Gila-gilaan yg lain..heuheu inilah GILA BERSAMA

  26. heemm…saya belum merdeka…….???
    lanjut kan perjuangan………………..???

  27. @kang rihlah r :gila berjamaah..mantaf juga y…saya juga gila-gilaan…???

  28. MALELA

    Dahulu sebelum zaman penjajahan tiba,Kanjeng Sunan Gunung Jati pernah berucap dihadapan para wali & Raden Fatahilah setelah terbentuknya sunda kelapa :

    “nanti pada suatu masa akan datang kebo bule masuk ke tanah jawa…”.

    Ternyata terbukti bangsa asing telah datang menjajah tanah air kita yang tercinta dan para koruptor termasuk kebo bule yang telah menjajah perekenomian bangsa yang berakibat menyengsarakan rakyat…Masya Allah.

    *Jagad Kelana.
    *Mubarok9.
    *Wong Lamo.
    *Kawulo Alit.

    Salam kenal & salam perseduluran…

    *Ki Rihlah >
    Kalo kebanyakan RDR bisa gila juga gak ?? Hehe….guyon.

  29. Aku

    Mantafff…

    Mungkin yg di maksud kebanyakan orang MERDEKA DARI PENJAJAHAN,

    kalo itu emang betul kita sudah merdeka…

    Kecuali makna Kata ‘merdeka’ di perluas lagi…

    KEBANYAKAN KITA BELOM MERDEKA…

    KITA MASIH DI JAJAH…

    kita di jajah kecanduan rokok
    Kita di jajah kecanduan bokep
    Kita di jajah hutang cicilan motor/mobil
    Kita di jajah kemiskinan
    Kita di jajah oleh orang lain spt : upah di bawah UMR,

    Dan lain-lain…

  30. Gus Noer

    MERDEKA…wah berat mengucapkannya, walau sbenarnya kt hrs sdh merdeka dr penjajah smua tahu, tp kt hrs tahu jg Merdeka byk milik koruptor yg dpt remisi…hehe. Merdeka Bung smga kt bs berbuat sesuatu dgn sdikit ilmu kt biar bs mendorong menuju lbh baek, amiin

  31. Rihlah Rahmatullah

    Yaa mantaf @ki wong lamo..boleh dweh gila2an. @Ki Malela: Oh Tentu Bisa Gila, tu khayalan yg memuncak ktk mngamalkanx. Trmasuk GILA juga Yaitu BANYAKnya Keinginan, Tapi Gk mau berusaha&brdo’a. Jg SANGAT GILA bg Orang yg mrasa SEHAT AKALnya Tapi Gk mau Beribadah kpd Allah..

  32. MBAH ARIFYANTO

    masalah koruptor tunggu sidang akherat saja,……
    percuma mereka kagak akan mendengar suara hati rakyat
    telinga mereka sudah kebal tuntutan,uang rakyat adalah makanan empuk bagi mereka,pokoknya bekerja di area pemerintahan sarat
    dengan pungli dan koruptor,mending berdoa bersama sama kepada Alloh agar negara kita
    dikasih pemimpin yang jujur dan memperhatikan kepentingan rakyat,walaupun ijabahnya tidak sekarang mudah mudahan doa kita dapat di ijabah pada masa depan buat anak cucu kita kelak

  33. Rihlah Rahmatullah

    Jg trmasuk GILA bg orang Ingin Sukses/Kaya/Sakti sekejap mata..

  34. MBAH ARIFYANTO

    ngomong ngomong masalah gila gilaan jadi inget lagunya the chancutter……gila gilaan bersama teman teman…….
    wah enaknya ngundang pak oga biar ada yang nyanyikan…..lagunya
    ayo pak oga…….nyanyi……////

  35. dm3n_cah_ayu

    aSS…
    >Ki WA&TIM
    >all ssepuh&bolo WA
    ijin nyimak…

  36. MBAH ARIFYANTO

    intinya kita semua belum merdeka,di bilang sudah merdeka kalo kita sudah masuk surganya Alloh swt,mudah mudahan kita semua termasuk golongan ahli syurga….amiin,alfatehah sent….

  37. Rihlah Rahmatullah

    Benar kt Sang Hujjatul Islam Imam alGhozalie: Al Junun Funun–>GILA itu Rupa2/bermacam. Dan diantara kehancuran Ummat ini adalah karena Menjauhi para Ulama & Fuqoha..

  38. assalamualaikum.MOHON MAAF LAHIR BATIN BUAT KLUARGA BESAR KWA. BILA ADA SALAH KATA MOHON DI BULAKAN PINTU MAAF SELUAS LUASNYA…SALAM HANGAT SLALU BUAT..KANG MAS ALUS..MAS BENGAWAN CANDHU..MAS WAWAn sleman..Mbah GONDRONG..,TRAH SILIWANGI…DAN SEMUANYA..WASSSS

  39. Thanmust thepos

    GILA GILA
    EMANG GILA…….

  40. Thanmust thepos

    ASSALAMU’ALAIKUM WR WB
    KANGMAS RILLAH RAHMATULLOH.
    SEMOGA SEHAT – SEHAT SELALU.
    WASSALAMU’ALAIKUM WR WB

  41. nyimak…sambil nyeruput kopi cap madat bahrain qiqiqiiqiqiq

  42. nyimak…sambil nyeruput kopi cap madat petasan indonesia qiqiqiqiqiq

  43. nyeruput maing dan sekarang selonjoran sambil ndeprok sama kangmas guru semuanya..salam rahayuu..rahayuuu…ndrek nyimak n deprok lagi,,,,nuwun

  44. aslkm edantenan

  45. tukangtakon

    aSS…all
    ijin ikut mencermati…..
    kayak’y dL2 sering ada kata2,
    MERDEKA ATAU MATI

  46. lostsouls

    sbenernya bukanlah gila yang harus kita tiru namun cara pikir saja yang harus kita liat…kl mau melihat lebih jauh sblm si gila ini contoh paling nyata adalah sunan kalijaga,perjalanan beliau juga sama,dimana dia menunggui sebuah tongkat yang menyita waktu beliau…disitu dia juga dikatakan gila,dikatakan miring sedeng dsbynya namun jauh tersembunyi disana adalah adanya penyataan diri atas kematian dia.pada saat dia menunggu tongkat dia melakukan dan membunuh sesuatu yang ada dalam dirinya….
    1.membunuh keinginan untuk mendapat penghargaan dari orang tua atas harta dan kekayaan dari keluarga besarnya.
    2.membunuh keinginan dasar manusia yaitu nafsu beliau…nafsu bukan hanya sekedar nafsu makan dan nafsu birahi namun nafsu2 lainnya
    3.membunuh keinginan untuk dihargai.membunuh keinginan untuk dihormati dsbnya….
    4.membunuh eksistensi keakuannya,membunuh “aku dalam diri sehingga “aku yang hakiki” dapat keluar……

    demikianlah apa yang terjadi pada diri beliau…sama sperti perkataan seorang yang mungkin anda kenal “ketika kita lahir kita mencari dunia,namun setelah berjalannya waktu kita melepas dunia dan mencari akhirat namun tujuan sebenarnya adalah kita melepas smuanya dan mencari keakuan sejati…….dan pada akhirnya kita dapat melepas dunia dan segala makhluk dari hati dia……

    ya allah berikanlah aku adab sehingga aku bisa diam,bisu,tuli ketika aku berada dihadapanmu…amin ya robbal alamin

  47. MBAH JATI

    sesama orang GILA insya Alloh kita bisa saling memahami apa yang direnungkan satu sama lain. Hehehe…jaman edan…akeh wong edan alias gila. Mungkin kita juga gila, gila ilmu pengetahuan, gila internetan, gila cinta, de el el. Yang Maha MERDEKA itu ALLOH SWT, betul nggak mas agung sedayu? Kalau saya salah mohon dikoreksi, nuwun.

  48. MBAH JATI

    benar sedulur malela, parahnya kebo bule dimulyakan, kita pun manut saja apa kata orang-orang bule. Baik atau buruk kalau yang bawa orang bule akan dianggap bagus. Mungkin kalau kebo bule punya saya akan saya pakai buat membajak sawah.

  49. MBAH ARIFYANTO

    @rihlah rahmatulloh:jangan salah kang mereka kagak menjauh,malah mereka mendekat dengan para ulama ketika mau kampanye,mau masuk test,mau pemilihan,mau naik jabatan,mau dan mau…,kalo sudah sukses mereka akan mengembalikan modal dulu entah 3-5x lipat lewat cara korupsi,selanjutnya hasil korupsi buat modal pemilihan periode selanjutnya,saat pemilihan mereka akan mendekati para ulama untuk mencari dukungan baik mental atau spritual

  50. MBAH JATI

    majenun…

  51. MBAH JATI

    saya senang di KWA ini ada MBAH ARIFIYANTO dan USTADZ RIHLAH RAHMATULLOH, membuat saya selalu ingin nengok KWA. Panjenengan berdua ini sedulur-sedulur yang ngangeni, Salam Damai.

  52. MBAH JATI

    Sedulurku semua, kawulo mohon pamit offline, nuwun. Assalamu ‘alaikum.

  53. Mas Cetho

    Salam merdeka…. He he he

  54. Gus Noer

    eh nee baru lihat coment mbah gentaralam, apa lg riadho mbah ko no hp-y sy hubgi ga aktif wae… mhn maaf lahir dan batin mbah. gayang para koruptor…hupz nee jgn2 byk mat2…hemm jaman edan ya, salam rahayu untk smua…

  55. Ilusi

    Hehehe… (waduh ktwa duluan, ketauan deh kalo gila) Ternyata gila bnxk macam nya. . .
    Smoga gila nya bsa kurang dikit demi sdikit. .amin.

  56. roni s.w

    Top.. Artikelnya ki.. Lanjut..

  57. nguantuk..
    Kang raihlah@”Ada Dua Mata yg Tak kan tersentuh
    oleh api neraka: Mata yg
    MENANGIS karena takut kpd
    Allah (trmsuk tringat dosa2),
    dan Mata yg Terjaga(melek) di
    malam hari di Jalan Allah.”(al Hadits).
    Semoga Tetesan air mataku ni
    karena Allah, shg brbuah
    Magfiroh&RahmatNYA…

  58. Kang raihlah@”Ada Dua Mata yg Tak kan tersentuh
    oleh api neraka: Mata yg
    MENANGIS karena takut kpd
    Allah (trmsuk tringat dosa2),
    dan Mata yg Terjaga(melek) di
    malam hari di Jalan Allah.”(al Hadits).
    Semoga Tetesan air mataku ni
    karena Allah, shg brbuah
    Magfiroh&RahmatNYA…

  59. Mbah Khozin

    Merdekaaaaaaaaaaa.!!!!!!!

  60. MALELA

    *Mbah Jati >
    Betul sekali…aksi kebo bule tidak akan pernah berakhir karena itu sudah merupakan kodrat yang tercipta secara berpasang2an,ada baik & buruk,ada benar & salah dst,semoga dengan doanya para ulama,para habaib dapat meredam murkanya Allah SWT…

    *Ki Rihlah >
    Betul Ki…Kunci permasalahan hidup manusia diantaranya terdapat 2 hal : NAFSU & PERUT.
    (contoh soal ) ;
    -Ketika seseorang dalam mengamalkan sebuah ilmu diselimuti oleh nafsu maka kemudaratan yang akan tercipta…
    -Dan Ketika PERUT sedang lapar terkadang dapat memicu seseorang untuk melakukan perbuatan yang menyimpang (perampokan,pencurian dsb)…
    Semoga kita semua termasuk orang2 selalu diRahmati oleh-Nya…

    *Ki Gentar Alam>
    Salam kenal & salam hormat..

    Lanjut…Izin untuk menepi sambil melantumkan sebaris doa…

    Salam Rahayu…

  61. tukangtakon

    @Km Wisnu,sdkt nambahi
    smua bdn terbakar api neraka,kcl anggota bdn yg u/sujud(hadist jg)
    mf klo slh
    soale msh blajaran.

  62. tukangtakon

    @Mbh Jati
    nuwunsewu
    hati2 kwalat Mbah
    KEBOBULE’Y
    jgn u/bajak sawah
    sbab dikraton soLo
    dikeramatkan!!!
    mf…mf…mf…mf

  63. salam rahayu…selamat malam…

  64. Ndagel

    Para leluhur dahulu telah menyatakan bahwa “suatu saat besok ada jaman dimana orang2 tua,muda dan anak2 banyak yg berbicara sendiri sambil berjalan,makan,tidur dll”….hmmm ternyata ucapan tsb terbukti dijaman sekarang yaitu dg adanya hp,..tapi mengapa yg para leluhur tsb tdk langsung mengatakan akan ada alat komunikasi hp…apakah penerawangan saat itu melarang menyebutkan secara detail…ataukah penerawangannya/future vision nya tdk mendeteksi nama hp tsb ? Khan kalo sdh tahu detail mereka bisa mendirikan perusahaan operator seluler ato minimalnya penyedia bts untuk anak cucu buyut canggahnya ? …utk para sedulur dan sesepuh yg udah bisa melihat masa yg akan datang..maupun yg sdh terlewat akan tetapi masih ada hubungannya dg masa sekarang….ada pertanyaan nieh,bolehkah mencampuri atau lbh bijak lagi memperbaiki keadaan..misal anda secara ruhaniyah tahu si A koruptor sekian trilyun pada hari x jam y satu tahun lagi…ini belum terjadi,untuk kasus ini org2 yg memiliki vision dan tahu hal tsb akan terjadi bagaimana harus bersikap ? Cuek bebek,diem pura2 ga tahu,masa bodoh krn bukan wewenang dan urusannya atau bagaimana ?! mohon pencerahannya krn masih byk pertanyaan di benak saya,.trims

  65. Ndagel

    Para leluhur dahulu telah menyatakan bahwa “suatu saat besok ada jaman dimana orang2 tua,muda dan anak2 banyak yg berbicara sendiri sambil berjalan,makan,tidur dll”….hmmm ternyata ucapan tsb terbukti dijaman sekarang yaitu dg adanya hp,..tapi mengapa ya para leluhur tsb tdk langsung mengatakan akan ada alat komunikasi hp…apakah penerawangan saat itu melarang menyebutkan secara detail…ataukah penerawangannya/future vision nya tdk mendeteksi nama hp tsb ? Khan kalo sdh tahu detail mereka bisa mendirikan perusahaan operator seluler ato minimalnya penyedia bts untuk anak cucu buyut canggahnya ? …utk para sedulur dan sesepuh yg udah bisa melihat masa yg akan datang..maupun yg sdh terlewat akan tetapi masih ada hubungannya dg masa sekarang….ada pertanyaan nieh,bolehkah mencampuri atau lbh bijak lagi memperbaiki keadaan..misal anda secara ruhaniyah tahu si A koruptor sekian trilyun pada hari x jam y satu tahun lagi…ini belum terjadi,untuk kasus ini org2 yg memiliki vision dan tahu hal tsb akan terjadi bagaimana harus bersikap ? Cuek bebek,diem pura2 ga tahu,masa bodoh krn bukan wewenang dan urusannya atau bagaimana ?! mohon pencerahannya krn masih byk pertanyaan di benak saya,.trims

  66. yusup

    Had!rr…

  67. al kautsar

    @malela yg makin lela lelo
    @mbah arifyanto yg sibuk terus
    @kang rihlah rahmatulloh rokhimakumulloh
    @kigentar alam yg suka menyendiri bsama alam
    @thankmusthepost tukang kirim surat pos
    @ kanjeng romo wisnu setiyawan yg suka ngampus di kwa
    @mbah jati yg sedang panen orderan
    @mbah khozin yg isinan
    @ilusi yang suka menganggap dunia itu hanya ilusi
    @pak oga…yg mbolos terus
    Dan bolo bolo lain semuanya yg setia bersama kwa salam sugeng karahayu slamet karto raharjo joyo wardhono noto botolimo

  68. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Selama Sore semua..
    Semarak sore semua…

    PSIKOLOGIGIII..
    Gila berbeda dengan Mabuk, Gila itu Majnun dan Mabuk itu Sakarun, Gila itu Hilang Aqal sedangkan Mabuk itu Tidak Sadar tetapi terkadang dianggap sama dalam Masyarakat. Persamaan Gila dan Mabuk adalah dihilangnya tingkat kesadaran, ini arti Gila dan Mabuk dari satu sisi saja.

    Agar Hidup MERDEKA maka harus mempelajari apa itu Gila dan apa itu Mabuk, walaupun tdk Wajib tetapi hal itu merupakan suatu keharusan krn Gila dan Mabuk adalah lawannya Merdeka. Seperti halnya : Ikhlas dgn Riya, Sabar dgn Marah, Rajin dgn Malas, Malaikat dgn Syetan, Tawadhu dgn Sombong, Abdulloh dgn Abdud Dunia dan lain sebagainya.

    Sahabat Hudzaifah Al Yamani R.A. berkata : ”ya Rosulalloh, Amalan apakah yg tidak disukai Alloh?”, tetapi Para Sahabat yg lain banyak yg bertanya : ”ya Rosulalloh, Amalan apakah yg disukai Alloh?”. Menurut Hudzaifah R.A. bila seseorang mengetahui yg Buruk/ yg Jelek maka yg BAIK akan mudah kelihatan, maka bila ada suatu Amalan/ suatu Obat bertanyalah dahulu apakah ada efek sampingnya?..

    Gila dan Mabuk kamu Saudaraan ya…hehee.

    Nuwun,

  69. al kautsar

    ya syukuri saja kelakuan para korupsi negara ini,dengan begitu indonesia banyak lahir orang kaya baru dari hasil korupsi, lihat para petugas kpk saja kaya mana ada brangkat ngantor pake bajay / mikrolet/ bis kota kalo kagak pake mobil pribadi,wong negara kita ini kaya raya,sembako saja impor mulai beras,jagung,sayur,buah buahan dll petani pada gigit jari akhirnya mengadu nasib memilih bekerja ke kota ada yang jualan atau ikut kontraktor,sawah mereka jual buat modal usaha ke kota

  70. arek_borneo

    ass.wr.wb,,
    minal aidin wal faidzin,, mohon maaf lahir batin,,
    buat semua sesepuh KWA N smua anggota KWA…MERDEKAAA..

  71. Ki Mas Danqow

    PSIKOLOGIGIII..

    BATALnya Wudhu ada 4 dan salah satunya adalah Hilang Aqal. Hilang Aqal ada beberapa (kembangkan), yakni :
    1. Majnuun adl Hilangnya sesuatu di Qolbu (tdk tau malu) tetapi masih adanya Aqal (hafalan, ingatan msh ada) dan kekuatan tubuh utk menggerakan pun masih ada.

    2. Shoro’un adl Penyakit hilangnya Aqal (lupa ingatan) dan tetapnya Qolbu (tau ke malu) biasanya wajahnya disentuh2kan ketanah.

    3. Khoblun adl Penyakit hilangnya Qolbu (tdk tau malu) dan rusaknya Aqal (tdk ingat sesuatu) dan lebih parah daripada Majnuun.

    4. ‘Atihun adl Penyakit yg setengah daripada Majnuun disebabkan krn ketakutan yg mendalam didlm kehidupannya (trauma) biasanya disebut stress/ Org setengah.

    5. Amnesia adl Lupa ingatan krn benturan yg keras dikepala disaat kecelakaan terjadi (geger otak).

    6. Pingsan adl Hilangnya kekuatan diri dan tdk sadarkan diri shg tdk terasa apa yg telah terjadi disaat pingsan (gelap saja).

    7. Hipnotis adl Masih adanya kekuatan diri tetapi tdk sadarkan diri (gelap saja) dan bergerak atas perintah yg menghipnotis, walaupun ada kajian yg begitu panjang secara alamiahnya antara Hipnotis dan Gendam.

    8. Kesurupan adl Masih adanya kekuatan diri tetapi tdk sadarkan diri (gelap saja) dan bergerak atas kuasa Jin yg merasukinya.

    9. Mughma ‘Alaih adl Hilangnya Aqal tetapi masih adanya kekuatan diri utk bergerak (Ayan/ Epilefsi).

    10. Sakarun, 10. Naumun dll.

    (pegel ngetiknya.. To be continueee..)

    Nuwun,

  72. al kautsar

    nasib nasib dadi kawulone negoro indonesia gak zaman kerajaan,penjajahan,orde lama,revolusi,orde baru,reformasi,kabinet perjuangan pancet kemawon sengsara choi,,,,yang makmur cuma pejabatnya saja,rakyat cuma sebagai alat buat kebutuhan mereka
    eeeh ada ki mas danqow,gimana mas sudah diminum susu dencow nya,,,,jangan lupa minum susu 3x sehari buat perkembangan tulang

  73. al kautsar

    kampus sepi,,,,,pada wiridan kerezekian semua nich maklum habis lebaran kantong bolong uangnya pada habis buat lebaran hari raya kemarin,,,,,ahihihihik

  74. hadiir……..
    NyiMAK……..

  75. Q.S. Al kausar@lagi pada cari rumah kosong untuk persiapan buat besok malam…..

  76. piye jal ?

    Lha dallah …pokok masalahe duwit maneh duwit maneh…uang khan cuman kertas dan logam tho…? Kuq pemerintah ga bikin uang yg bAnyak utk dibagikan pada masyarakat,cukuplah 100 milyard per orang,saya yakin bahan bakunya masih cukup,kalo perlu peruri buka cabang dah di stiap daerah kabupaten,..! Ga usah takut inflasi,inget takut khan cuman pd tuhan…kalo ga pengen inflasi itu duwit dibelanjakan diluar negeri aja….tentu saja pemerintah sebelumnya harus import pesawat dlm jumlah besar besaran utk dibagikan masing2 tujuh buah tiap desa…beres tho…hayo mikir opo maneh..!!

  77. piye jal ?

    Jangan lupa tiap desa harus ada landasan pesawat dan pilotnya….kalo gak beli dari http://www.terrafugia.com mereka bikin mobil yg seukuran apv tapi bisa terbang..alternatif laen tentu bisa manfaatkan ilmu terbang spt ibnu alwar cs dll…

  78. Dancow

    Kalo ga salah harga mobilnya terrafugia cuman 1,7 milyard kuq…malinda dee bisa beli 10 buah tuch !! Bagaimana kalo uang yg dibagikan 200 milyar saja dg catatan yg 100 milyar di depositokan di bank swiss..jadi ga pusing2 lagi nyetak uang..

  79. Rihlah

    Kalau bisa begitu oh indahnya dunia ini…

  80. Jhati uwung

    Wah kalo memang spt itu bisa sepi ntar konsultasi ke mbah ariefyanto

  81. ki ageng gendowor

    melu ndelok ndisik

  82. arjuna hitam

    Alhamdulillah, terimakasih ki wong alus atas pencerahannya.

  83. UTUH NAGA

    mantaf klu ky gitu..hich…

  84. UTUH NAGA

    mlm yg dingin

  85. UTUH NAGA

    RRR

  86. dancow n rihlah@1,7 milyar klo untuk beli beras dapat berapa kilo ya?? Daripada beli mobil yang gak jelas…

  87. dancow n rihlah@1,7 milyar klo untuk beli beras dapat berapa kilo ya?? Daripada beli mobil yang gak jelas…
    mending uangnya ditabung,kalau minta jimat terbang sama mbah arif trus pasang di mobil/motor ….biar bisa terbang gitu….
    Hahahahaha..piSSS

  88. al kautsar

    MANNAS (manusia pemakan nasi)pada bobok semua neh…..klenger kbanyakan makan nasi

  89. al kautsar

    MEOOOONG…..SAATNYA MUSIM KAWIN TIBA BUAT MANNAS…..AHIHIHIHIK

  90. HUK…HUK…HUK…

  91. al kautsar

    semua pada menyalahkan korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah,masalahnya
    kalian kalian ini tidak kecipratan duitnya,coba saja klo yang ngomongin masalah korupsi ini kecipratan duitnya mesti kayak kucing kekenyangan tentu tidak meong meong lagi.tolong kasih kesempatan mereka berbuat dosa yang banyak,,,,jangan dilarang ulah mereka ber kesempatan buat jadi orang kaya raya.indonesia kagak akan bangkrut biarpun yg dikorupsi bertrilyun trilyun,satu nusa satu bangsa mari kita tingkatkan korupsi berjamaah

  92. al kautsar

    mari kita tingkatkan upaya korupsi berjamaah di kantor kantor swasta,lembaga sosial,yayasan dalam sektor apa saja yang penting dapat duit banyak,daripada hutang sana sini nanti di kejar kejar rentenir,atau daripada cetak uang sendiri nanti ditangkap polisi,daripada maling nanti klo apes malah di gebukin orang,buat para pelajar mulai sekarang sekolah yang pintar biar nanti bisa cari pekerjaan yang enak usahakan ikut cpns,klo sudah jadi pejabat lakukan apa yg mesti dilakukan oleh seniornya terdahulu,,,ahihihk

  93. salam takzim katur poro sesepuh wabil khusus ki alus

    belajar memang bisa dari siapa saja, bahkan dari orang gila sekalipun, hanya orang2 yang pandai bersyukur yang bisa tafakur..

    semoga kita selalu dapat mengambil hikmah dari berbagai situasi dan kondisi agar lebih mulai hakekat ‘kemanusiaan’ kita. amin..

    ki alus, matur nuwun pencerahannya, kami tunggu pencerahan berikutnya..

  94. Mbah Khozin

    Hadir menjelang pagi ni.!!
    Lur dulur,apakah sekarang kt bs di katakan merdeka apa blm ya.???qiqiqiqi

  95. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Selama Pagi..
    Semarak pagi semua…

    @piye jal : kendaraan terrafugia menurut saya bagus jg tetapi utk ukuran masyarakat indonesia masih belum cocok menurut Saya, krn kebanyakannya pakai ilmu kidung kencana, lepit bumi, saifi angin dll.. baru cocok lebih praktisss..hehee.

    @dancow : wah ada jg nih yg berhomonim, yakni : tulisannya sama, penyebutannya sama tetapi maknanya berbeda.. Jika hrgnya 1.7 M menurut Saya masih murah ya bila melihat fungsi dan Inovasinya, tetapi masih kalah ya dgn produk indonesia padahal terbilang kecil ukurannya, spt : Batu Merah Delima, BK, RB, Bambu Petuk, KM dll yg hrgnya jauh lebih mahal katanyaaa…

    @al kautsar : Bila ngomongin korupsi banyak hal yg hrs ditelusuri, misalnya saja : kisah malin kundang anak durhaka, jgn salahkan anak 100 % bila akhlaqnya tdk baik tetapi lihat jg Org Tuanya, begitu jg bila ada seorang Suami yg korupsi maka lihat jg Istri dan anak2nya biasanya mereka banyak menuntut duniawi. Seperti halnya Nazarudin, Gayus dll.. Itu salah, tau ga salahnya..

    .. Salahnya mereka nggak ngebagi Saya..hehee. seperti banyaknya masyarakat kita atau ada jg diantara kita yg membenci Soeharto, Bj Habibie, Megawati, Gusdur, SBY dll.. Padahal Kuncinya adl bila kita menjadi Org terdekatnya Soeharto pasti tdk akan membencinya, bila kita menjadi org terdekatnya SBY pasti tdk akan mencacinya dll.. Bahkan akan mengaguminya dan mendukungnya bila ada yg berkata miring ttg Mereka pasti akan dibelanya mati2an. Itu yg Saya lihat dimasyarakat kita walaupun tdk semua tetapi Mayoritasnya spt itu.

    @malela : Salam kenal mas, lanjutkan.

    @Ust Rihlah : sudah selesai ya Syawalannya, nanti Saya emailkan utk amalan setiap ba’da sholat pardunya dari semua awrod yg sdh diamalkan. Bila Istiqomah insya Alloh akan muncul warid.

    @mbah arif : semoga sehat wal afiyat, salam rahayu.

    @mbah jati : ngampus nggak mbah, sambil ngisep buhur 234nya mantab.

    @wisnu : Dua bulan ini belum turun hujan di Tangerang, gmn disana sdh turun hujan belum.. Jgn2 di Tangerang ini kebanyakan yg Ngamalin Rajeh2 ya hujannya dipindahkan kelaut..hehee.

    Nuwun,

  96. MBAH JATI

    98

  97. MBAH JATI

    99

  98. MALELA

    *Ki Mas Danqow >
    Salam kenal kembali & sejahtera mas…

    Mantaf kembali ke format yang lama jadi lebih mudah di download…

  99. MBAH JATI

    100

  100. MBAH JATI

    wah meleset ya

  101. MBAH JATI

    kiyai mas Danqow, saya baru selesai menyerap energi hangat matahari pagi. Kata orang India namanya surya namaskar, kalau kata saya ya buat ngangetin badan setelah semalam tidur menahan dingin. Terima kasih sudah berkenan menyapa kawulo yang masih taraf belajar ini. Salam penuh hormat kiyai mas Danqow, semoga kita bersaudara dalam nama Alloh.

  102. MBAH JATI

    selamat pagi sedulur MALELA.

  103. Ki Mas Danqow

    PSIKOLOGIGII…

    HILANG AQAL = MERDEKA ???.. BUNG !!!
    1. Majnuun, 2. Shoro’un, 3. Khoblun, 4. ‘Atihun, 5. Amnesia, 6. Pingsan, 7. Hipnotis (Gendam), 8. Kesurupan, 9. Mughma ‘Alaih (Epilefsi).

    10. Sakarun : Aqal dan Qolbu antara sadar dan tidak, shg ucapannya tdk kuasa tuk ditahan-tahan (akhirnya melantur), pandangan dan pendengarannya tdk jelas sampai ke Qolbu dan tdk jelas sampai ke Aqal (tdk sadar). Sakarun disebut jg Mabuk (tdk sadar) shg ada keterangan : ”Jgnlah dekati Sholat bila dlm keadaan Mabuk (Zhohir)”, ada jg : ”tiap2 yg memabukkan itu haram”, ada jg : ”Qolbu itu spt kota (madinah) artinya apa jg ada maka sulit utk khusu’, ada jg yg Sholat tetapi tdk mengetahui arti yg diucapkannya/ Sholat melamun kemana2 shg semua ini dpt disebut mabuk.
    Mabuk (tdk sadar) ada 3 Jenis ini berdasarkan perbedaan Faktor Penyebabnya, yakni :
    1). Mabuk Zhohir : penyebabnya mengkonsumsi benda yg Zhohir spt : Narkoba, Khomer (minuman yg memabukkan), dll. Termasuk jg Mabuk Zhohir bila Mabuknya itu krn kelelahan (capai), Mabuk Kendaraan, Mabuk Laut dll.
    2). Mabuk Bathin : penyebabnya Miskin Hati, Miskin Ilmu spt : Mabuk Judi, Mabuk Wanita, Mabuk Marah, Mabuk cemburu, Mabuk Duit, Mabuk Jabatan, Mabuk Harta dll. Termasuk jg Mabuk korupsi krn tdk sadar mana uang pribadi dan mana uang rakyat (mabuk). Mabuk Bathin lebih berbahaya daripada Mabuk Zhohir krn Bila Mabuk Zhohir korbannya hanya beberapa org saja tetapi bila Mabuk Bathin banyak org yg menjadi korbannya.
    3). Mabuk Ruhiyyah (fana) : penyebabnya Cinta hanya kpd Alloh (mahabbah), Bathin terendahnya manusia adl ”An Nafsu” tertingginya adl ”Ar Ruuh” sedangkan Bathin terendahnya Tuhan adl ”Ar Ruuh” tertingginya adl ”Adz Dzaat” dan bersatunya Bathin tertinggi Manusia yakni ”Ar Ruuh” dgn Bathin terendahnya Tuhan yakni ”Ar Ruuh” jg maka disebut Musyahadah (Manunggaling Kawula lan Gusti). Mabuk Ruhiyyah banyak penyebutannya spt : Jadab (Majdub), Dzunnuun, Al Ittihad, Wihdatul Wujud, Dzauq, Khowariq, Khoriqul Adat, Khowarij dll. Mabuk pd tingkatan ini sering disebut Gila oleh org awam krn Mabuk disini adl kondisi Ruhiyyah Terpana dgn Maha Jamal, Jalal dan Kamalnya Alloh Azza wa Jalla maka yg lain (hilang dari pandangan, pendengaran dan ingatannya). Wanita bangsawan saja terpana melihat Nabi Yusuf AS shg jari2 tangannya terpotong tdk terasa apalagi bila Terpana kepada Alloh Swt (laa maujuda illallooh). ”berdzikirlah kalian kpd Alloh sampai kalian dikatakan Gila”.

    Bila kita melihat org gila, dia punya tangan, kaki dll kita pun sama (punya) hanya perbedaannya yakni tingkat kesadarannya saja. Bila kita mengatakan ”Kamu Gila” kpd org gila, maka diapun tdk mengakuinya bahkan mengatakan hal yg sama kpd kita, begitu jg dgn org yg tingkat kesadarannya lebih tinggi diatas kita, dia menganggap kita ini org gila semua maka kitapun tdk mengakuinya krn kita kan sholat, puasa, kalau makan diwarung jg bayar dll akhirnya kita yg menganggap mereka Org Gila tetapi bila dijelaskan oleh Mereka maka kita jg spt org gila kelakuannya.

    ORANG GILA menurut HUKUM SYAR’I yakni ”Laa wa Laa” artinya : tdk terkena wajib, tdk terkena haram, tdk terkena Sunah dll.. Mau dia mengerjakan, mau dia meninggalkan Perintah dan Larangan Alloh, tetap sj dia tidak ketaklif oleh Hukum Syara’, maka itulah salah satu Orang yg telah MERDEKA..hehee.. MERDEKA!!!

    HILANG AQAL = MERDEKA???.. BUNG !!!..

    11. Naumun dll. (to be continueee)..

    Nuwun,

  104. assalamualaikum…
    selmat pagi sedulur semua.
    mbah jati salam salim guru

  105. ki Mas Danqow : salam salim juga ki, sekaligus salam kenal kepada aki dari saya yang doif ini.

  106. Gus Noer

    Hidup ini wajib memilih, walau pd hakekatnya smua mengikuti sunatulloh, berharap dan tetap optimis itu wajib. jgn pernah berhenti berikhtiar dan trus berdo’a insya Allah kt akan mendptkan kemerdekaan yg sejati…MERDEKA BUNG… TETAP GAYANG PARA KORUPTOR…

  107. MBAH JATI

    salam penuh hormat sedulur ilusi, monggo sedulur, kawulo nyimak dulu.

  108. MALELA

    *Mbah Jati >
    Selamat pagi kembali,semoga hari ini keberkahan menyertai anda…

  109. MBAH JATI

    mohon pamit dulu sedulur.

  110. KATA NABI :BERBUATLAH SESUKA HATIMU ASAL TIDAK MALU,,MALU BAGIAN DARI IMAN YG GAK PUNNYA MALU,,jawab sendiri ah: SALAM TAKDZIM GUS Noer…MALELA SALAM KENAL KEMBALI…

  111. MALELA

    *MBAH JATI >
    Selamat pagi kembali saudara Ku,maafkan atas kelancangan saya yang doif ini tidak menyapa anda terlebih dahulu..

    *Gus Noer
    *ilusi.
    Salam kenal & salam perdamaian…

  112. MALELA

    *Ki gentaralam > Terima kasih,semoga kita dipersatukan oleh tali persaudaraan..

  113. Ilusi

    Malela : salam damai jga mas. Smoga dengan ada nya blog ini kita bisa menambah saudara.
    @ki Gentaralam : salam sali jga kpada aki.
    @Gus Noer : saya dukung. Pko nya yg nama nya ANTI KORUPSI saya dukung.

  114. WONG GENDENG

    yang gila siape…? qiqiqiqi…….
    [ngeloyor pergi]

  115. wong lamo

    ASLMKMWRWB….SAUDARA2 KU.

  116. absen hadir….

  117. UNLUCKYMAN

    ABSEN HADIR…..wah kuliahe @ki mas dancow…ciamik….lumayan. salam utk semuanaya..

  118. Ilusi

    @kang wong lamo : Waalaikumusalam. . . Saudaraku, salam kenal dari saya kang.
    @kang wisnu setiawan : apa kabar kang.
    @kang mas Arifyanto : koq ga muncul ? ? lagy sbuk ya guru.
    @kang ustad Rihlah : kang ustad rihlah nie pasti lagi ngajar d’PonPes. Sukses kang ngajar nya.

  119. Rihlah Rahmatullah

    wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh..@Ki Thepos: jsyukron, semoga Ki Mas juga sehat wal’afyat penuh barokah dalam naungan Allah selalu.
    @Guruku Ki Mas Danqow: salam ta’dhim penuh hurmat salim cium tangan ka Pun Guru. alhamdulillah Ki Mas, barokah Do’a n bimbingan Ki Mas. insya Allah sekarang mau tahap dua…diantos amalan ba’da sholat fardunya…jazakallahu Ahsanal jazaa..
    salam salim salam hurmat @Yai Gus Noer, @MBAH JATI @Mbah Arifyanto, Ki Malela, km wisnu s, Ki Gentar A, Km Alkautsar, kang ilusi n sedulur semuanya…
    @Yai Gus Noer: ayyooooo bangkit n teruuusss semangaatttt perang melawan korupsinya…juga menyentil paara koruptornya…semoga Allah memberi kekuatan n keikhlasan kpd kita semua dalam menegakkan n meninggikan Kalimah Allah dan ‘Izzul islama wal muslimin (memuliakan islam dan muslimin) sampai maut menjempuuut…Alllaaaaaaaaaahu Akbar..

  120. Rihlah Rahmatullah

    @salam salim hurmat jg @km wong gendeng, @km wong lamo n Unluckyman.
    @kang Ilusi: hehe iyya nieh kebetulan lagi nyuantai dulu sambil ol…graatisss di rumah Pak Kyai nya..

  121. Ilusi

    @kang ustad Rihlah : matap kang. . .hehe
    oia . . kumaha kabarna ang ? ?

  122. Ilusi

    Ijin off line dlu sedulur.

  123. Gus Noer

    Alhamdulillah sy msh Satria Piningit atau Imam Mahdi atau siapapun yg siap menjdi pemimpin yg amanah. salam salim dan salam kenal untk smua sdulur bolo alus,
    @mbah gentar alam: salam KWA-ngen ktawanya
    @ust.Rihllah:mangga kang mas tausyiyah dan pencerahannya
    @ilusi dan melila:salam kenal dan sduluran
    @mbah jati:monggo di lanjut
    @all:lanjut
    @mas BC:salam kwa-ngen

  124. Gus Noer

    Wah slah ketik kt msh menunggu SATRIA PININGIT

  125. Ilusi

    Saya ijin off line dlu. .
    All sedulur : smoga apapun aktifitas yg kita krjakan hari, smoga mendapat rahmat dan ridho Allah SWT. Amin
    maju terus KWA blog tercinta.

  126. Mas Jaluaji

    sssssttt…. ojo rame-rame

    RAME ING GAWE SEPI ING PAMRIH
    yang terpenting apa yg kita lakukan, bukan retorika atau ha ho he saja, semangat ya semnagat tapi musti di lakukan.

    salam kepada semua bolo wong Alus
    – Rihlah Rahmatullah
    – MBAH JATI
    – Ilusi
    – semuanya saja salam jabat erat

  127. MALELA

    John F Kenedy pernah berkata :
    “jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada negara”.

    Bercermin dari kalimat itu kita dapat mengaplikasikan dengan melakukan perbuatan yang berguna bagi bangsa & negara,memberikan pelajaran/menurunkan ilmu kepada sesama itu juga merupakan kontribusi kita kepada negara dengan cara agamais dalam pembentukan fondasi mental jati diri dengan tidak melupakan pemahaman dasar :
    “ilmu tanpa shalat merupakan kesombongan,shalat tanpa ilmu merupakan amal sia-sia…”.

    Yuuk..mariiie para sepuh & sedulur sekalian memberikan pengajaran ilmu kepada saya yang alfakir ini…hehe.

    Mohon maaf kalau ada salah dalam penyampaian,maklum masih taraf belajar…hehe.

    Salam rahayu untuk saudara ku sekalian…

  128. cerita si gila kepada saya, sehabis beliaunya bertemu dengan Ki Alus :

    hasil bumi melimpah ruah

    aku puas mengais sampah
    yang enak dan yang nikmat kuberikan untukmu sobat
    geli aku tertawa melihat banyaknya orang gila
    kesetanan dikejar waktu
    jalani hidup bagai ikan mendatangi bubu
    andai mereka mau melihat indahnya mawar saat bunga mengembang
    atau seekor burung ternyata memiliki banyak kicauan?
    embun berkilauan bunga memamerkan kemewahan
    aku puas hanya bertelanjang
    yang baru dan yang indah kuberikan untukmu sobat
    karena aku buang hajat gunung tinggi menjulang
    karena aku kencing sungai-sungai mengalir
    bangga dengan lantang aku pekikkan

    “MERDEKA!!!!”

  129. Slamet

    Orang hidup tidak ada yg merdeka butuh berjuang dan berjuang untuk mewujudkan keinginan/cita2 kita dan tanpa itu kita bisa disebut nglokro/putus asa,.
    Dan jangan sampai setelah berjuang dan tanpa menghasilkan apa kita menjadi gila,
    karna iman yg kuat, berdoa dan tetap bersyukur, berusaha tentunya dgn jalan yg benar itu bisa membuat kita tentram lebih dari merdeka,.
    Karna kenyataanya kita telah merdeka tpi cobo lihat disekeliling kita??

  130. ********** KWA MANTAP **********
    ** salam siang,salam hormat salam ta’zim salam sedulur selalu **
    @ki.wong alus
    @bengawan candhu
    @Slamet
    @tomy arjunanto
    @MALELA
    @Mas Jaluaji
    @Ilusi
    @Gus Noer
    @Rihlah Rahmatullah
    @UNLUCKYMAN
    @wisnu setiawan
    @WONG GENDENG
    @MBAH JATI
    @gentaralam
    @Ki Mas Danqow
    @Mbah Khozin
    @wahyukudusudus
    @al kautsar
    @AL MUBAROK
    @UTUH NAGA
    @arjuna hitam
    @ki ageng gendowor
    @Jhati uwung
    @piye jal
    @yusup
    @arek_borneo
    @kangmas Demang Vienzchen
    @Ndaru_cemlorot
    @dm3n_cah_ayu
    @Thanmust thepos
    @MBAH ARIFYANTO
    @Aku
    @agungsedayu
    @Elbe
    @adim
    @mbah sareb
    @satrio cilik
    @kawulo alit
    @tiyang alit
    @jagad kelana
    @agung sedayu
    @all………………………………
    lanjut kan perjuangan……………..???

  131. GANDUL GANDUL

    Para pejuang susah payah memperebutkan kemerdekaan sampai darah penghabisan.. tp stl merdeka org2 mengisi kemerdekaan dg seenak nya.. yaitu dg maksiat!

  132. GANDUL GANDUL

    PEMUDA JAMAN PENJAJAHAN BERPIKIR BAGAIMANA SUPAYA BSA MERDEKA, PEMUDA JAMAN SKRNG BERPIKIR BGMNA CARA SUPAYA DPT MENZINAHI CEWEK.

  133. Ki Lurah

    HADIRRRRRRRRRRRRRR

  134. @KI.LURAH :ap kabar…?mohon maaf lahir batin…

  135. Gus Noer

    Negara no 1 terbesar jml umat muslimnya tp knpa di Negeri ini jg paling merajalela para Koruptor, menyedihkan… saatnya Rakyat hrs melawan. kpn lg…melawan sesuai dgn kmampuan masing2, bg yg punya ilmu,amalan,aji2, mantra, kodam dll silahkan dilontarkan energi dan power kekuatan serta kodamnya untk melumpuhkan para pencuri uang Negara.,..

  136. tsmario

    Beruntunglah orang yang masih gila, karena dunia ini sekarang dipenuhi oleh orang yang tergila-gila……., ora edan nanging kedanan, sehingga tidak mampu menahan diri, tidak dapat menguasai nafsunya………. salam Karahayon

  137. Bukankah waktu bayi sdh merasakan kemerdekaan…? Selama kita masih hidup yg namanya merdeka tdk mungkin ada.merdeka itu setan…

  138. “Tee Sateee !!! ”

    IZIN LEWAT YAh……

    “Tee SATEEEEE !!!”

  139. Hilangakan keinginan utk jadi sesuatu.keinginan baik dan buruk keduanya juga nafsu.hilangkan semuanya maka kita akan merasakan kemerdekaan walau sejenak.

  140. aslkm ….!rame kampusnya

  141. aslmkmwrwb..untuk sedulur ku semua…
    saya baru dapet pesan sms dari bang rico ( pangeran sukemilung ) bahwa isi dari pesan itu :
    KEPADA SEMUA YANG BERGELAR UMAT ISLAM,HARI INI PAKAR METEOROLOGI BAGIAN RUSIA,PUKUL 3 SORE KEMAREN MENDAPATI SESUATU BUNYI GANJIL LAGI YANG SEPERTI NGAUMAN RAKSASA YANG KEDUA KALINYA DARI BAWAH MANTEL BUMI,MENURUT PARA ULAMA ITU SUARA DAJJAL YANG BERUSAHA NAIK KE MUKA BUMI,OLEH ITU KITA DISURUH SENANTIASA TIDAK BERHENTI ADZAN & SHOLAT .
    SIAPA YANG MEMBACA INI TOLONG SEBARKAN SMS INI’
    KIRIM PADA 20 ORANG.JANGAN DOPERMAINKAN LILLAHITA’ALA & DEMI ALLAH,INI AMANAH JANGAN DIHAPUS SEBELUM DIKIRIM KE 20 ORANG.
    sekian sms dari pangeran sukemilung kepada saya.
    trims…….
    info lebih lanjut hub :pangeran sukemilung..

  142. Korupsi justru di lakukan orang2 yg merdeka…merdeka dari peraturan agama alloh…maka mereka bebas melakukanya tanpa rasa takut dosa.

  143. @ wong lamo : isinya sama seperti yg saya dapat dari teman via BBM 2 bulan yg lalu, anggap saja kanjeng pangeran sedang guyon sama panjenengan Mbah.

  144. @ Mas Lintang Sumirat : salim kenal ngeh, saya melihat bulan dan awan kalau malam hari kok ada yg beda, mungkin panjenengan bisa menjabarkan karena lintang dekat dengan bulan dan awa, he he he … Nuwun

  145. al kautsar

    assalamu alaikum kembali prof.dr.ir.al kautsar.SE,Spa,msp menyapa komentator setia kwa,korupsi ada di mana mana ini adalah virus yang menular banyak orang yang terinfeksi virus ini,serahkan semua pada Alloh swt biar Alloh yang membasbi mereka lewat azabnYA YANG AGUNG

  146. Wisnoe Ardea

    Salam Takdzim dan hormat kagem sohibul bait kiwongalus,kangmas kumitir dan Ki camat kriyan. Salam hormat dan paseduluran kami persembahkan buat segenap sedulur blog wongalus,segenap sesepuh dan civitas akademika kampus wongalus,jajaran aktivis dan bolowongalus smuanya. Ikut nimbrung tindak pidana korupsi adalah:

    1) pasal 2 ayat (1) : “Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.”

    2) pasal 3 : “Setiap orang yang dengan sengaja menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.”

    Berarti yang akan di tindak pidana adalah korupsi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Namun korupsi juga banyak dilakukan orang dan pihak yang dirugikan bukan negara.

    Mari kita kaji arti harfiah dari kata korupsi. Kata “Korupsi” berasal dari bahasa latin “Corruptio” (Fockema Andreae : 1951) atau Corruptus (Webster Student Dictionary : 1960). Selanjutnya disebutkan bahwa “Corruptio” itu berasal pula dari kata asal “Corrumpere” suatu kata latin yang lebih tua. Dari bahasa latin itulah turun kebanyakan bahasa Eropa seperti Inggris : Corruption, Corrupt; Perancis Corruption dan Belanda Corruptie (korruptie). Dapat kita memberanikan diri bahwa dari bahasa Belanda inilah kata itu turun ke bahasa Indonesia “Korupsi”. Arti harfiah dari kata itu ialah : kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidak jujuran, dapat disuap tidak bermoral penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah. Meskipun kata Corruptio itu luas sekali artinya namun sering “Corruptio” dapat dipersamakan artinya dengan “penyuapan”. Kemudian arti kata korupsi yang telah diterima dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia disimpulkan oleh Poerwadarminta dalam “Kamus Umum Bahasa Indonesia” : Korupsi ialah perbuatan yang buruk seperti pengertian penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya (Poerwadarminta : 1976). ( http://antikorupsi.org/indo/content/view/386/6/ )

  147. Salam kenal kembali@mas jaluaji…justru
    itu mas,berbeda tapi keduanya dari sumber yg sama yaitu keinginan penciptanya

  148. MALELA

    *wong lamo >
    Merdekaaaa…!!!

    *Ki Slamet.
    *Ki Lurah.
    *Mas Jaluaji.
    *lintang sumirat.
    *laskar lembu suro.
    *tomy arjunanto.
    *GANDUL GANDUL.
    *tsmario.
    *Tukang Sate.

    Salam kenal & salam persaudaraan…

  149. Wisnoe Ardea

    @mas lintang sumirat dr gunung kerinci…@mas jaluaji dr jatim….@mbah chozin yg dr bandung,,,,,salam kenal dan salam paseduluran.@khususon ki nurjati,sohibul ijazah dari bumi cikarang bekasi tercinta…salam hormat kami. smg ijazahan dpt berjalan dgn lancar,doa kami sll menyertai panjenengan ki. trmksh.

  150. @MALELA@WISNU slm peseduluran jg dr sy wong deso iki mas…pangapuntenipon…

  151. Assalamu’laykum warohmatulloh wa barokatuhu.. Salam salim dr ht @ki wong Alus,sesepuh,guru,ustadz,dan smua klrg kWa… Hadir nyimak n smbil introspeksi dr…

  152. Heryanto

    Ass. Wr. Wb.
    Mohon ijin untuk mendaftar sebagai anggota :

    Nama : Heryanto
    No HP : 0811355007
    email : oedik2007@gmail.com

    Wassalam

  153. Wisnoe Ardea

    @Lintang Sumirat….he5x,wong ndeso brarti temennya oom tukul ya?numpang beken kalau bgt ha5x. di kerinci kan ngadi sariro dan ngadi busono jg ngadi panguripan. aslinya mas lintang dr jawa,jawanya tepatnya dmn?

  154. Wisnoe Ardea

    @Tomy Arjunanto…..salam hormat dan salam kenal kmbl,menjalin silaturahmi kmbl yg mgkn smpt terputus dan terhenti mskpn sesaat,smg ke depannya akan lbh byk interaksi dan komunikasi kmbl dgn tmn2 di kwa dan panjenengan. wah syair panjenengan klo membaca tdk bs dgn serta merta bs lgsg di telaah,hrs di eja,di resapi dan difahami br kita mengerti. maknanya jauh ke depan skl. matur suwun.
    @Gus Noer….salam manembah buat sedulur2 di bumi panembahan nur langit,smg berkah dan rahmat hidayah Allah snantiasa terlimpah dan tercurah kepada semua sedulur disana. selamat berjuang dgn sistem dan ilmu latennya,menghadapi bahaya yg sdh membudaya dan mengakar yaitu bahaya laten,bahay korupsi. slmt berjuang.

    setiap perjuangan dan usaha pst ada nilai dan hikmah tersendiri yg kadang kita tdk bs mengukur dan mengamati dgn mata telanjang. smg niat dan ikhlas kita mendapat tmpt dan ridho dr Allah swt. amin.

  155. @ Wisnoe Ardea : salam hormat dan salam kenal, malem jumat kliwon acarane apa ini Ki Wisnoe

  156. sugeng ndalu for all my friend/sesepuh.. in blog kwa….good night..

    Sepi….malam jum’at kliwonan,

  157. sugeng ndalu for all my friend/sesepuh.. in blog kwa….good night..

    Sepi….malam jum’at kliwonan,

  158. Gus Noer

    Salam rahayu smua bolo alus, mas wisnu sy temani d mlm jum’at yg mubarokah smg ini saat muqadamul ayyam…
    @kang mas wisnua ardea alias mas BC: mtr pandongane mugi jd jln pguat tekad mengobarkn perangi Korupsi, salam salim pa dekan kwa
    @mbah khozin: slm rahayu mbah, kpn nee mbah kwa bandung raya biasa-y brsama sdulur kaskus di bumi ciwangun indah lembang
    @om selor:salam rahayu mbah
    @ki mas al kautsar:^slm rahayu nggih
    @wong lamo: salam ke p.sekimilung, ane jg org plg
    @all: salam rahayu buat bolo alus smua

  159. @mas wisnoe sy dr pati.bpk jatim ibu ibu asli pati mas

  160. ilusi

    ada padi di tengah hutan
    aduh sepi malam mingguan…
    eits salah msksud nya malam jum’atan…
    kabuuurrrrrr…..werrrrrrr….cling…cling….

  161. ilusi

    off dlu…
    salam salim sedulur semua..

  162. MANWAN

    met pgi,,
    slm mnjura buat ki wong aluuus sungkem ndeprok,,
    slm buat bolo2 alus. yg sepuh mw pun yang muda..

    isi absen langsung ijin pamiit cari sesuap nasi..hehhe.. cling..

  163. Bocah lawu

    Assalamu’alaikum
    absen….
    met pagi @ki wong alus…@bolo alus
    met aktifitas n sukses..

  164. Ilusi

    Assalamualaikum. . .
    Absend hadir. . .

  165. aguss

    mohon ijin mau bergabung

  166. tsmario

    ijin melintas…….
    Salam perkenalan kembali kagem kangmas Malela, semoga keselamatan dan kesejahteraan menaungi kita semua terutama para bolo wong alus. amien

  167. al kautsar

    # MANWAN: salam manjura itu artinya apa?apa bukan manjuro atau manjur?atau salam mansur s si pencipta lagu dangdut?

  168. MALELA

    *tsmario >
    Terima kasih banyak wahai saudara ku,semoga kita dipersatukan oleh tali persaudaraan…

    Salam Rahayu…

  169. dinalsyam

    hehem hehem5x

  170. ilaw65

    wong lamo Says:

    8 September 2011 at 16:22
    aslmkmwrwb..untuk sedulur ku semua…
    saya baru dapet pesan sms dari bang rico ( pangeran sukemilung ) bahwa isi dari pesan itu :
    KEPADA SEMUA YANG BERGELAR UMAT ISLAM,HARI INI PAKAR METEOROLOGI BAGIAN RUSIA,PUKUL 3 SORE KEMAREN MENDAPATI SESUATU BUNYI GANJIL LAGI YANG SEPERTI NGAUMAN RAKSASA YANG KEDUA KALINYA DARI BAWAH MANTEL BUMI,MENURUT PARA ULAMA ITU SUARA DAJJAL YANG BERUSAHA NAIK KE MUKA BUMI,OLEH ITU KITA DISURUH SENANTIASA TIDAK BERHENTI ADZAN & SHOLAT .
    SIAPA YANG MEMBACA INI TOLONG SEBARKAN SMS INI’
    KIRIM PADA 20 ORANG.JANGAN DOPERMAINKAN LILLAHITA’ALA & DEMI ALLAH,INI AMANAH JANGAN DIHAPUS SEBELUM DIKIRIM KE 20 ORANG.
    sekian sms dari pangeran sukemilung kepada saya.
    trims…….
    info lebih lanjut hub :pangeran sukemilung
    ass….all warga kwa
    @wong Lamo,slm kenal kembali…
    maaf sedikit menambahkan dari sy,mhn mf jk salah….
    jadi sebenarnya didunia (maksud sy Bumi),suara adzan jg sholat tidak pernah berhenti alias sambung menyambung terus menerus selama 24 jam perharinya.
    Mf terus terang sy Lp sumbernya,yg pasti memang seperti…nwn

  171. al kautsar

    @wonglamo:semakin dekat tanda tanda kedatangan dajjal membuat kita yakin bahwa apa yang diberitakan oleh al qur’an dan hadist mengenai tanda tanda kedatangannya adalah benar keberadaannya,banyak hal yang kita jumpai pada saat ini mengenai tanda tandanya seperti pemimpin yang tidak amanat pada rakyat,orang tua yang dijadikan pembantu,ulama yang berebut jabatan di kancah politik dll,untuk itu lewat blog kwa ini marilah kita bersama sama merapatkan barisan untuk mendesak pemerintah agar supremasi hukum ditegakkan,pemerintah harus pro rakyat,korupsi harus di brantas sampai akar akarnya kalau masih tetap saja,kita serang saja pemerintahan ini dengan kekuatan amalan dan doa sehingga apapun yang terjadi adalah resiko yang harus kita trima sebagai wujud pengorbanan kita kepada agama dan negara,lidah tak bertulang waktu kampanye
    gembar gembor sok peduli pada rakyat,sudah tercapai tujuannya
    malah meninggalkan kepentingan rakyat,apabila ini tercapai maka kehadiran dajjal tak peru dirisaukan karena dengan kebaikan maka akses pintu kluar dajjal bisa di tutup dengan adanya nilai kebaikan kebaikan yang ada di bumi

  172. saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan wong alus.sampai sekarang kita tak pernah mendapatkan kebebasan…hidup masih dibelenggu kemunafikan.masih dituntut oleh emosi kerakusan..kita tidak tahu kapan kemerdekaan akan datang jumpa dengan kita…..bangsa kita adalah bangsa yang penuh kemunafikan……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: