PERJALANAN-PERJALANAN KE DALAM


oleh : wongalus

Hidup segan mati tak mau.

Lelah sudah rasanya mencari tahu dimana kebijaksanaan dan kebenaran itu berada. Timur barat utara selatan sudah aku jelajahi dan ternyata kosong.

Tiada pula orang yang kuanggap paham, ternyata benar-benar paham.

Di ujung rasa putus asa, kulanjutkan sedikit waktu yang tersisa untuk menulis.

Entah,  ada manfaatnya atau tidak.

Tiba di sebuah kawasan yang tiada berpenghuni lagi di penghujung pulau. Ini desa yang jadi saksi kelahiranku dan sudah puluhan tahun silam kutinggalkan. Perlahan kuayunkan kaki  melangkah menuju sebuah surau mungil di tepi telaga. Malam itu terasa begitu suci dan ajaib. Kekuatan apa yang menyuruh kupergi ke sana, aku tidak tahu. Yang aku tahu, sebuah panggilan dari mimpi bahwa aku harus mendekati surau itu.

Bulan di langit tersenyum tipis, sedikit kuning berlatar kehitaman. Suara binatang-binatang malam menjadi musik ringan yang menggema dari segala penjuru penghantar jiwaku yang kosong melompong. Lolongan-lolongan srigala tiba-tiba muncul tidak terduga.. membuat suasana semakin purba dan mencekam.

Tiba di surau, aku menggelar sajadah. Nafas yang iramanya tersengal kuatur ritmis. Kukonsentrasikan pikiran ke keluar masuknya nafas. Hanya kepada nafas. Mulailah kugerakkan dua tangan dan mengucapkan Allahu Akbar…..Allah Maha Besar…. Yang Maha Besar Kekuasaaannya, Yang Maha Besar Kecintaannya, Yang Maha Besar Kekuatannya, Yang Maha Besar Ilmu Pengetahuannya, Yang Maha Besar semuanya tanpa terkecuali…..

Seketika itulah diriku hilang. Diriku sudah tidak lagi memikirkan apakah aku ada atau tidak, masih hidup atau sudah mati, apakah aku masih aku atau menjadi orang lain, dan aku tak ingat juga diri-diri lain… semua tiba-tiba terasa tidak ada. Dan tiba-tiba lahirlah satu kesadaran aneh yang kutulis berikut ini…:

Sukma yang terbang mengangkasa mencari tahu ada apa?….

Kulihat semua gerakan yang ada berhenti total. Bumi menjadi sunyi dan seluruh alam menjadi diam. Tiada punya suara dan gerakan apa-apa lagi. Mesin-mesin kendaraan tidak lagi menderu. Semuanya berada pada tempatnya. Mati total isi bumi ini sepersekian detik waktu di dunia namun yang kualami terasa begitu lama.

Kucoba melihat teman-teman dekat yang kukenal. Ternyata mereka ada di tempatnya masing-masing, mematung kaku tanpa gerak. Ada yang terlihat bergairah namun sayangnya ia diam mematung meski kutahu mereka masih hidup. Entah, hidup di dimensi yang mana… Ada yang terlihat lemas dan lesu dengan memegang segepok uang, matanya masih melotot dan nadinya terlihat mengeras. Bola matanya nyaris keluar. Nyawanya nyaris tercabut dari ubun-ubun. Penuh hasrat untuk memenuhi keinginannya melampaui kebutuhannya.

Ada lagi teman yang sedang berwirid hatinya.. Nah, di tengah alam yang diam dan tertidur, terlihat gerakan cahaya berpendar dari lubuk hatinya. Hati yang dipenuhi cahaya itu memancar hingga menyilaukanku. Setelah kuucapkan Assalamualaikum maka kuteruskan pengembaraanku. Baru beberapa saat melangkah, aku tertegun dengan sebuah pemandangan mencekam.

Seorang pertapa tegap dan tegar duduk disebuah batu di pinggir pantai. Ia sibuk menyatukan diri dengan diri sejatinya. Masih terlihat gambaran-gambaran pikirannya yang semakin samar seperti asap yang menggantang di atas kepala. Wajahnya tenang dan memancarkan aura terang. Aku tidak bisa menilai, apakah dia sudah berada di jalan yang lurus atau bengkok, namun ada bisikan bahwa dia saat ini harus menjalani ujian yang sangat berat untuk menebus dosanya di masa lalu akibat meniadakan Tuhan dalam hatinya. Maka, aku pun berdoa.. Ya Alloh, berilah petunjuk pada dia agar suatu saat kembali ke jalan-MU. Kemudian kulanjutkan perjalanan…

Tiba di sebuah tempat, terlihat seorang pria di depanku sedang mengasuh anaknya yang masih balita. Namun karena alam sudah diam, maka ia pun menjadi patung dengan posisi duduk. Sementara sang anak yang mematung itu terlihat mencari-cari kebahagiaan sendiri dengan bermain batu-batu kerikil. Hati sang pria tersebut terasa merana setelah ditinggal pergi isteri tercintanya. Menggelegak nyaris mengalir namun belum bergerak. Mungkin baru beberapa saat yang lalu berhenti. Kurasakan uap panas saat mendekati keduanya.

Kupeluk sayang si anak piatu. Ia yang nyaris kepanasan kemudian terasa sejuk. Degup dadanya mengatakan bahwa sang ayah sedang gelisah. Duh Gusti, ingin kubawa pulang dan kuasuh penuh perhatian dia.. namun apa daya memang bukan milikku dan dia adalah milik Alloh Sang Maha Pemilik Sejati…

Kutangisi dan kudukai si mungil itu…Ya Rabb… Tuhan Tercintaku.. kenapa kau sisakan duka di anak-anak milik-MU yang mungil tiada berdosa itu?  Kalau Engkau berkenan Ya Alloh, bunuhlah diriku yang penuh lumuran dosa dan zina sekarang ini sebagai ganti agar mereka yang masih putih dan suci itu bisa melanjutkan hidupnya dengan bahagia sejahtera. Nyaris aku kehilangan keseimbangan diri dari sholatku ketika aku merasakan adanya anak ini didekatku.

Inilah yang terakhir, namun juga berupa awal yang mungkin. Sebagaimana bunga yang layu dan gugur. Musim semi tiba dan kemudian hujan datang adalah bahasa alam tiada akhir yang sesungguhnya. Yang ada adalah berproses dan terus berproses. Itu pertanda adanya Gerak dan Aktif dari Yang Satu dan Kekal.

Di tengah diri yang tenggelam dalam sunyi sepi suwung itu… tergetarlah hati oleh suara khotbah dari ujung angkasa… “Inilah Khotbahku” katanya. Tiada terlihat apa-apa sehingga sulit dikenali siapa yang berucap lantang disukmaku. Tiada gerak lagi. Sukmaku siap menerima perintah apapun.

“Yang kau cari soal kebijaksanaan dan kebenaran itu sejatinya tidak ada…. yang kau cari itu mitos dan semuanya palsu!… hidup itu tidak bermakna sehingga tidak berharga untuk dilanjutkan!” katanya dengan keras.

Aku tidak berpikir lagi, yang ada hanya mengamini perintah dan suara itu. Akalku tak mungkin lagi menganalisis kebenaran ini. Benar atau salah di hatiku pun tiba-tiba melenyap pergi dan aku tak mampu meraihnya lagi. Aku masih menantikan sesuatu yang mungkin terjadi.

“Semuanya tersesat dalam hutan nilai-nilai keakuan sendiri, semua terlempar ke jurang hina nestapa, semua kewajibanmu itu sebuah kebodohan, semua makna yang kau rangkai dan kau bangun menjadi kepercayaan itu sia-sia belaka…agama, surga dan nerakamu itu khayalan… Kalau masih yakin bahwa tafsirmu itu benar, maka kupastikan engkau gagal… Bunuhlah dirimu!” katanya tanpa tedeng aling-aling.

Suara itu berlanjut semakin keras dan detail menjelaskan apa maksud yang sesungguhnya: “Bunuhlah semua hasrat dan keinginanmu… bila masih ingin ketemu AKU itu berarti engkau tidak cinta AKU…..apalagi keinginan mencari AKU!. AKU tidak perlu kau cari karena aku tidak dimana-mana dan tidak kemana-mana.. Aku tidak perlu waktu dan tempat untuk berada, jalanmu jalan nyata jalanku jalan rasa” terangnya.

Suara itu berlanjut: “…Adaku aneh ajaib bercampur unik diluar jangkauan rekaan akalmu.. caraku mencintai atau membenci adalah cara-KU…bahasa-KU tidak sama dengan bahasamu…. Bahkan aku ada atau tidak ada jangan pernah perdulikan AKU… siapa dirimu? Sok tahunya engkau tentang AKU padahal engkau hanyalah sebutir mahluk yang kau katakan sendiri sebagai makhluk paling mulia padahal nyatanya dihadapan-KU, engkau ini tidak begitu…” katanya.

Mendengar suara siapa itu yang begitu keras rasa-rasanya jantung yang tinggal satu dua degup ini pun langsung ingin berhenti untuk selama-lamanya. Linglung dan gila diri ini. Kosong… Suwung… Blank… Zero…. Tiba-tiba aku tersadarkan diri dari sholat dan diriku ternyata mungkin masih ada karena masih kurasakan nafas yang bergerak… meskipun nama pun aku merasa malu memakainya lagi….

Ya,

kini ….

aku tidak punya apa-apa

dan siapa-siapa lagi

aku telah kehilangan segalanya…

Harta, tahta, mereka yang kusayang, agama dan keyakinan…

Bahkan

diriku sendiri

tiada berbentuk lagi….

Remuk!

============

Iklan
Categories: >>ZERO MIND | 246 Komentar

Navigasi pos

246 thoughts on “PERJALANAN-PERJALANAN KE DALAM

  1. Ronggo

    Pertamax

  2. Handoyo

    lima besar……

  3. PASINGSINGAN

    LORO….
    Mantabz zero mind….apakah ini yang dinamakan Novel Makrifat? nice share, nice to meet you. Salam.

  4. Mas Cetho

    Mantabbbbb

  5. Mas Cetho

    5

  6. Mas Cetho

    6

  7. Mas Cetho

    7

  8. al kutsar

    Eitz puitisss sekali….ini yang dinamakan sastra ya?

  9. zoel

    ok..

  10. MBAH SAREB

    MANTAB BANG ZERO…

    PODO REBUTAN BENER…
    TAPI RA ONO SING PODO REBUTAN SALAH..

    POKOE AJUUURRRR..

  11. lanjutkan……

  12. Ramlansakti

    TIADA tuhan selain ALLAH

  13. Hidayat

    Bisa sederhanakan bahasanya…… langsung makna yg tersirat dari semua yg tertulis di atas… suwun

  14. amang .. el

    ..:: salam persaudaraan semua … mantap pencerahannya ….

  15. Hampa

    Hemmm.. JIWA DAN KEHAMPAAN

  16. Mas Jaluaji

    banyu manik prawitosari

  17. SUGI SAWUNGGALING MADHUREH

    ZERO MIND=SUWUNG=KOSONG=FANA.
    ITULAH AKHIR DAN AWAL SEBUAH PERJALANAN ROHANI MENJUMPAI TUHAN.
    SEBUAH METAMORFOSA DARI ADA MENJADI TIDAK ADA, DAN MENJELMA MENJADI ADA.
    ADALAH AKU SEJATI YANG DISEMAYAMKAN DALAM GENGGAMAN SANG PEMILIK “AKU”.
    KINI DIA TELAH MENJADI BUKAN DIA LAGI, DIA YANG KONON MASIH DISELIMUTI RASA AKUNYA, TELAH LENYAP DALAM AKU SEJATI….AKU YANG TIDAK TAHU LAGI TENTANG SIAPA AKU…SELAMAT MENEMPUH JALAN BARU…JALAN LURUS MENUJU TITIK AKHIR PETUALANGAN ROHANI.
    AKU LAHIR DAN BATHIN AKAN MENGEJARMU DALAM WAKTU YANG TAK BEGITU LAMA….!
    WASSALAM

  18. nderek ndeprok ki,, salam takdzim ugi salam paseduluran kagem poro pinisepuh ugi bolo wongalus sedanten,,,Rahayu

  19. Hampa

    Hatiku terasa kosong jiwaku terasa hampa
    indraku terasa mati
    jantungku terasa terhenti
    sukmaku terasa melayang
    hampa dan semakin hampa….

  20. TEGUR SAPA

    ADA PENJELASAN : 1.SMUA KWAJIBANMU ITU SBUAH KBODOHAN 2.AGAMA SURGA N NERAKA ITU KHAYALAN 3.BAHKAN AKU ADA / TIDAK JGN PERNAH PEDULIKAN AKU, ITU SMUA DR SYETAN LAKNATULLAH, SURUH SI SYETAN LAKNATULLAH BLAJAR LAGI

  21. Ora Ngerti Keduwuren boso, tapi mantappppppppppp

  22. Joyo Sentiek

    Subhanalloh…

  23. WONG GENDENG

    waah ramudeng terlalu berat untuk saya yang masih duduk di PAUD cuma bisa nyanyi..
    dari perut turun ke kaki…..
    dari perut naik ke tangan …
    dari perut ke kepala…………
    isinya perut pindah ke kepala….
    lalalala………………………………
    qiqiqiqiiiii………….

  24. nur

    Mangtap mas, kalo ad pengalaman lg bg2 ya. Nuwun
    Gimana seh kok bisa mendapatkan ato melewati pengalaman yg bgt menakjubkan. Ajari dönk

  25. ijin ndeprok ning pojok derek…!!!

  26. dm3n_cah_ayu

    aSS…
    @aLL sspuh
    @aLL sduLur
    @Bpk Zero Mind,
    stLh bc tLsn’y,q mikir,q diam,&akhr’y maLu ndiri,
    q sering remehkn org.

  27. jibrut

    manusia manusia ada ada saja,..jalankan saja…jalankan saja…kebenaran yg dianggap benar jalankan saja..kesalahan kalau dianggap salah jalankan saja…rasa yg sebenarnya adl tdk berasa…warna sebenarnya adl tiada..jalankan saja…jadilah air..jadilah angin..jadilah tanah …jalankan saja

  28. Jampang Kilat

    Hadir…………………..

    Bagus sebagai bahan renungan…salam tadzim Ki Zero
    Mind.

    ○Mbah Sareb
    ○Ki Sugik Sawunggaling
    ○Ki Lintang Sumirat
    ○Ki Ramlansakti
    ○Ki Buyut Resso
    ○Ki Mas Jaluaji
    ○Ki Hampa
    ○Ki Kwan Nakama
    ○All boloalus…

    Salam Tadzim penuh persaudaraan.

    ………………….Damai

  29. mantapz, dulinan opo mane iki mbah. Orep iki mung ono loro lek gak seneng yo seneng qiqiqi.

  30. #### Ayu ting ting hadir di kwa ####

    Kemana kemana oh kemana….

  31. Cakji

    Semangat malam
    mantap om
    yo iku wes………
    Nggak pakai cling……..

  32. kemana kemana oh kemana Bpk eselonnn … Jrengg

  33. “Hidup segan mati tak mau.

    Lelah sudah rasanya mencari tahu dimana kebijaksanaan dan kebenaran itu berada. Timur barat utara selatan sudah aku jelajahi dan ternyata kosong”…. Podo ae karo aku mbah wildan… “Kemana kemana oh kemana…”

  34. Itulah Indonesia ku,Indonesia mu dan Indonesia kita semua sedulur – sedulur
    Bangsa’e kita dianjarkan oleh adat yang santun dan majas bahasa yang begitu indah.
    Mohon maaf sedulur lan sederek ,saya tidak bermaksud menggurui kita semua di persaudaraan KWA ini.Namun mutiara perjalanan yang diungkapkan dengan majas oleh Ki Zero adalah cerminan dari kita2 sedulur yang mencari kebenaran sejati.Akhirul kalam “Illahi anta maksubi waridhoka matlubi ” Amin.Al fatiha 3x sent sedulur semua.
    Mohon maaf kalau tulisan saya kurang bekenan di hati sedulur – sedulur.

  35. DEWA MABOK

    kdng kalau ada org ngomong dlm hati, kok saya kdng bsa dengar?

  36. MOHON BANTUAN SEDULUR AGAR WEBLOG : kesalahanquran.wordpress.com DAPAT DITUTUP KARENA TELAH MENDESKRITKAN ISLAM DAN NABI MUHAMMAD SAW. LAPORKAN HAL ITU KE WORDPRESS.COM !!!!! ALLAHU-AKBAR…!!!!

  37. AKU RINDU YANG KU RINDU DIRIKU, DUA ROH MENJADI SATU DALAM TUBUH

  38. Susu sehat

    Maaf ki sy org bodoh tata bhsanya klwat tinggi mohon dtrjemahkan karna di sini kan ga hny ada nya org pntar aja

  39. heeeemmmmm………………………..??????? tetep gak mudeng hekh hekh……….

  40. ***_nurcahyo_***

    ALLOHU ALIMULGHOIBI WASYAHADA

  41. Boedi Alwa

    IJIN NYIMAK MOGA DAPAT BAROKAH

  42. agungsedayu

    saya gak mudeng ki….kyakya jebakan ma`riifat

  43. RajScorpio

    Luar biasa pengalamannya….salut buat Ki Zero Mind

  44. Susu sehat

    Da baca brulang kali tetap aja ga mudeng duh nasib bodohnya aku adakah sedulur disini yg sudi menterjemahkanya hmmm…

  45. aNz_ghestRo

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
    Salam RAHAYU tuk Yg pnya KWA, Dosen, Siswa n sdoyo sdulur.
    Kpd Admin ZERO MIND (sy pang9il SI SUWUNG ajah ya)
    Ulasan Yg SANGAT INDAH.
    ASYHADUANLA ILAHA ILALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMAD RASULULLAH
    ALLAHU…ALLAHU…ALLAHU
    Ni’matullah Rahmatullah
    WASSALAMUALAIKUM WR.WB

  46. aslkm. .absen malam

  47. MBAH JATI

    kosong adalah berisi, berisi adalah kosong, iku jare biksu Tong Sam Cong dudu Tong Koh Zhong. Mumet ora ngger? Wis ora usah mumet, ayo diseruput kopine, diisep rokoke…..alhamdulillah…

  48. Damar_wulan

    bahasanya berat ki…..mohon di babar sesepuh…

  49. Wulyojati Samudra

    Hadir3x
    Salam selamat pagi tuk semua yg hadiiiirrr

  50. Wulyojati Samudra

    Mbah selor
    Mbah kirna
    Mbah basunadha
    Mbah jangka sewu
    Mbah cendol

  51. Wulyojati Samudra

    Mbah selor
    Mbah krisna
    Mbah basunadha
    Mbah jangka sewu
    Mbah cendol
    Masi pd di CIC nl,sp yg mau kirim kopi..!!!qiqiqiqiqi

  52. Wulyojati Samudra

    Begadang sambil nunggu penampakan gadis ni.!qiqiqi

  53. Wulyojati Samudra

    Alhammdulillah acara halal bihalal tlah berjalan dgn lancar dan sukses,,amin3x.
    Selamat jalam sedulur2 yg dari serang,kerawang,indramayu,dll semoga selamat sampai rumah,amin3x yarobbal alamin.

  54. saiii

    semangat pagiiiii sedulur smua,,,,
    Melu nyimak snajan ora mudeng bahasane terlalu gaul,,,,

  55. saiii

    mbah khoziiiiinnnnn,,,,,
    i love you fuuuulllllll mbah,,,,
    Kangen sm sampean mbah,g oll sedino wae rasane staun mbah,acarane wes beres ngendi oleh2he mbah???,qiqiqiqiqiqi

  56. yusup

    Huh… Akh!rnya bisa 4bsen jga,

    hadir,
    nyimak lag!

  57. Rihlah Rahmatullah

    Assalaamu’alaykum…
    Aku bukan siapa2..aku bukan apa2..aku hanyalah debu tanah yg mndpt tiupan roh Ilahi…
    Tiada daya n tiada kekuatan, cukup Allah sbg tambatan.
    Lemah tak brdaya tatkala mnanggung derita.
    Berkat Cinta Allah sungguh daku kuat menerima..

  58. Rihlah Rahmatullah

    Assalaamu’alaykum..
    Aku bukan siapa-siapa. Aku bukan apa-apa.
    Aku hanyalah debu tanah yg mndpt tiupan roh Ilahi.
    Tiada daya n tiada kekuatan, cukup Allah sbg tambatan.
    Ku lemah tak brdaya tatkala mnanggung derita.
    Berkat Cinta Allah, sungguh daku kuat menerima..

  59. Rihlah Rahmatullah

    Dunia ni tmpat Lelah n Capek, tmpat brjuang n mengabdi.
    Lantas, kpn seseorang bisa istirahat dgn damai???
    Yaitu ktka pertama kali menginjakkan kakinya di surga…

  60. Rihlah Rahmatullah

    Teruslah dan teruslah menata hati, memperbaiki diri dan mengabdi kpd Allah dgn sebaik-baiknya jg mewujudkan Cinta Kasih SayangNYA kpd sesama n kpd alam semesta sampai di mana batas kmampuan kita…sampai hembusan nafas terakhir..

  61. Selamat Pagi Sedulur semua
    Selamat beraktifitas….
    Mantapppppppppp

  62. mukdis cianjur

    salam sedulur semua…

  63. salam karahayon sedulur KWA semua, sugeng enjang , selamat beraktivitas.

  64. Gus Noer

    Ass,,
    Semangat pagi smua bolo alus, Puji Syukur Alhamdulillah Acara Halal Bihalal KWA-Bandung Raya yg di prakarsai Sesepuh yg sangat membanggakan Mbah Selor, Mbah Khozin & om Pecinta Habib serta semua sdulur bolo alus Bandung tlah berjalan lancar, Adapun ada sdikit kekurangan dan mungkin kurang sesuai dengan semua bolo alus yg hadir kami mewakili Panita Ngariung/Cangkrukan KWA-BDG Mohon Maaf yg sebesar-besarnya. kepada semua sedulur yg hadir baik dari Bandung sendiri maupun dari luar kota termasuk, Sumedang, Cianjur, Sukabumi, Cikampek, Serpong Jakarta, Indramayu dll kami mengucapkan terimakasih, salam persaudaraan penuh kasih dari kami. doa’a kami insya ALLAH Menyertai panjenengan selalu. kepada :
    @Mbah Selor : Hatur thank yuooooo, terimakasih atas kemurahan hati panjenengan itu yg hanya bisa sy haturkan, serta doa sy untuk penjenengan ssemoga sehat wal’afiat dan sukses.
    @Mbah Khozin: Matursuwun sanget, semoga oleh2 yg panjenengan bagi-baqgikan ke sedulur semua Buluh Perindu dan Ilmu daya sejatinya berkah, qobiltu mbah
    @Om Pecinta Habib: Haturnuhun pizan atas prakarsanya
    @Ki Jagad Raga : trims mas sudah teraphy byk sedulur
    @Ki Taofik : Sukron akhi atas kemurahan hatinya memberikan ilmu Keselamatan mutlak 4 malaikat versi Hikmah, semoga antum selalu mendapat keselamatan Dari-Nya
    @Ki Jangka Sewu: hehehe….ilmunya di amalkan dengan serius kang, wah sayang byk kitab dan mahal tapi cuma jadi penghuni lemari
    @Ki Ustd DIGDaya : Wah ngelawak wae kayak cepot
    @Ki Ust Rihlah : Semoga dengan kehadiran antum pertemuan kwa BDG menjadi byk berkah
    @Ki Kresna : wah ijazahnya mana?
    @Ki Gangga : wah kpn2 ijzahnya Bos….hewhe
    @Ki Trinity : wah ko ga memberikan oleh2 untuk yg jauh2
    @Ki Hysteria : kang nanti bagi2 ilmunya ya…
    @Ki Basunadha: mas gmana meditasinya top
    @Abah Deden : Wis jgn ngumbara terus, mandetho lah…hehe
    @Sdulur-sdulur Serpong, Cikampek, Cianjur, Sukabumi, Indramayu, Subang : Terimakasih tlah jauh2 datang kebandung. Terimaksih semua. untuk sesepuh yg hadir secara kasat mata maaf ane tdk sempat balas salam panjenengan semua, maklum lumayan sibuk. terimakasih atas do’a panjenengan semua. wassalam

  65. MANWAN

    selamat dtang di istana qalbu… selmat mneruskan prjlnn ke fase slnjutnya.. jngn lupa dakn aq agr bsa memsiahkn dri dri bdan ini… slam damai….

  66. Ryankadiri

    Ass..mantapz ki, salam smua bolo wong alus..

  67. Mandor turu

    Assalamu’alaikum wr wb
    met pagi n met beraktifitas porodulur n porosepuh

  68. Gus Noer

    wah ki mas zero mind wah mantabz sih mantabz tapi bahasanya ini luar biasa bikin mumet bagi sedulur2 yg baru masuk kampus,,,,, opo wis wayahe Syareat, thorekhot cukup trus mundak dadi hakekat, ma’rifat…..trus podo ktemu yakin, ainul yakin dan haqqul yakin…..hemmm jero banget. wis pokok nunut wae lah ambek sing soleh2.

  69. haryo penangsang

    ass, absen pg
    salam rahayu sedulur
    salam KWAngen

  70. Hampa

    Assalamu’alaikum
    salam rahayu
    @pr sepuh n dulur2
    Sekedar share pengalaman..
    Ini terjadi Kira2 15th yg lalu.. setelah selesai sholat malam n wirid.. Sy merasa penat,jiwa ini terasa hampa.. Kemudian sy berbaring utk istirahat..tiba2 dlm keadaan sadar dan tdk sadar sy rasakan jiwa ini terlepas dr tubuh sy.. Kemudian sy ushkan konsentrasi kesadaranku terjaga utk mengetahui dan merasakan apa yg tlh sy alami wkt itu..
    Sy rasakan jiwaku terbang..dpt kulihat jasadku membujur ketimur dgn tgn mendekap spt orang sholat.. Kemudian ad suara yg menyeruku teruskan naiklah km keatas..sy ikuti suara itu hingga sy rasakan tlh mencapai atap genting,dpt kulihat suasana langit dgn bintang2 yg bergantungan dan jiwa ini benar2 terasa sejuk..msh sempat kulihat jasadku terbujur dgn tgn mendekap.. Kemudian suara td menyeruku lg trus naiklah keatas..
    Sy ikuti suara itu dan terasa jiwaku melesat kencang.. Tp keanehan gerak jiwaku spt zigzag kekanan kekiri.. Saat itu sy benar2 kagum krn kulihat cahaya2 spt spiral berwarna warni.. Suara td terus menyeruku seolah2 mengawalku.. Kemudian sy terhenti.. Chy spiral itupun lenyap..dan kulihat hy bintang2 itu smakin lama smakin dekat.. Rasa takut smakin menjadi kurasakan.. Akhirnya sy teringat akan jasadku yg kutinggalkan..rasa ketakutankupun makin menjadi.. Suara itu terus menyeruku utk naik..tp krn ketakutanku dh tk terbendung sy putuskan utk kembali. Kmudian sy rasakan sy sudah terbangun.. Tdk lg kulihat bintang dihdpanku yg begitu besar..sy pun duduk tertegun memikirkan apa yg tlah sy alami..
    Demikian td sdkt sharing pengalaman..
    Subhanalloh..3x.

  71. munir

    absen pagi, , , daleeeem bgt mas zero mind
    @gus nur, terima kasih banyak jawaban sms sabtu kemarin gus….

  72. Gus_Lan

    Salam Rahayu sedoyonipun Katur dumateng Poro Sederek Kampus Wong Alus.
    Dados Mrinding nyimak Perjalanan nipun Ki Zero Mind.

    “Semuanya tersesat dalam hutan nilai-nilai keakuan sendiri, semua terlempar ke jurang hina nestapa, semua kewajibanmu itu sebuah kebodohan, semua makna yang kau rangkai dan kau bangun menjadi kepercayaan itu sia-sia belaka…agama, surga dan nerakamu itu khayalan… Kalau masih yakin bahwa tafsirmu itu benar, maka kupastikan engkau gagal… Bunuhlah dirimu!” katanya tanpa tedeng aling-aling.

    Ijin Deprok teng pojokan kampus Kaleh nenggo wedaranipun.

  73. waduuh…mas Zero Mind….

    Aku gak mudheng je….malah mubeng….silakan sesepuh dijelaskan maknanya…agar kami paham maksudnya…apa mas Zero Mind sudah mulai masuk maqam tahalli ( kosong melompong )….lanjut mas….moga bisa masuk ke Takhalli….

  74. Jampang Kilat

    Hadir…………………..

    Salam Tadzim & Sejahtera saudaraku sekalian….

    Al-Fatiha…send all.

    ………………….Damai

  75. Gaguk

    ass wr wbr

    ini saya cuplik n saya copas,

    “Bukan kehendak angan-angan, bukan ingatan, pikiran atau niat, hawa nafsu pun bukan, bukan pula kekosongan atau kehampaan. Penampilanku sebagai mayat baru, andai menjadi gusti jasadku dapat busuk bercampur debu, nafasku terhembus di segala penjuru dunia, tanah, api, air, kembali sebagai asalnya, yaitu kembali menjadi baru. Bumi langit dan sebagainya adalah kepunyaan seluruh manusia, manusialah yang memberi nama”(Syeh Lemah abang).

  76. Sorak2 horeee

    JATI DIRI…JATINE SOPO qiqiqi.. JATINE URIP..
    JATINE SOPO..kckckck..

  77. .

    SELAMAT DAN SUKSES SAYA UCAPKAN KEPADA
    ZERO MIND ATAS MAQOM YANG TELAH DI RAIHNYA ….

  78. Catur Wyaghra

    bener lan salah tuwuh saking penganggep /pakulinan nanging sejatine ora ono .

  79. tukang cuci piring viola

    cak gaguk… opo artine kuwi om….
    ojo lali tanggal 7…. sowan nang mbh yai
    sesuk siap – siap sopo ngerti oleh santrinene mbah yai pendekar sing pinter ngaji…

  80. haryo penangsang

    belajar memahami

  81. nyimak sampai akhir………………..??

  82. mantaps mas zero mind

  83. Ass.maaf melencng dr artikel,sy ucapkan Alhamdulillah akhirnya sy bs hdr dan pulng dgn slmt dr KWA bandung,walopun dlm prjalnn mtor sy bcr,damri nya mogok disukabumi,trs pas pulang sy ngantuk akhirnya trunya di crbn (kelewat),makash jg bwt ki selor,gus nur,PH,ki taufik,mbah khozn,mbah waluyo jati,dan boloalus kbeh yg tk bs disebutkan satu2 makash ats ijazah dan oleh2nya,jg bwt pak satpam yg rela menghntr sy naek ke CIC tanpa pamrh,jg untk pak ustd abdul karim makash ats tumpangan mobilnya.smg sgl amalnya diterima Allah SWT.amin.maaf kalo kbnyakan coment.ohya untk ahmad alghfy dr indramayu ini sy amus dr indramayu tugu 085224083221.wasalam

  84. Gus Noer

    Alhamdulillah @Kang Amus : Panjenengan tlah selamat sampai rumah, mewakili panitia kami mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apbila ada yg tdk berkenan. semoga silaturohim tetap terjaga, krn di sana akan ada keindahan dalam kebersamaan. barokallohu. wassalam

  85. haryo penangsang

    sgeng sönten gus noer,

  86. sang bintang terdiam,pendarkan cahaya yg di trima dari sang mentari,perlahan tapi pasti perintah itu datang menghampiri,
    perlahan masuki lapis ujian atmosfir bumi,
    meregang,terbakar.menghancurkan seluruh sel2 tubuh dan apa yg ia ketahui tentang apa2 di smesta raya ini
    tersenyum menikmati stiap sel2 yg hancur smpe sel terakhirnya melebur mengurai indahny keikhlasan jalani sgl apa yg terjadi di smesta raya ini sesuai kehendak ILLAHI…

  87. Gus Noer

    Mbah Haryo salam karaharjan rahayu mbah…

  88. Kangmase CKP

    ASSALAMUALAIKUN,
    Hadir untuk nyimak dan menyapa poro sesepuh semua.

  89. Gus Noer

    Ass,,
    Semangat sore menjelang petang smua bolo alus, Puji Syukur Alhamdulillah Acara Halal Bihalal KWA-Bandung Raya yg di prakarsai Sesepuh yg sangat membanggakan Mbah Selor, Mbah Khozin & om Pecinta Habib serta semua sdulur bolo alus Bandung tlah berjalan lancar, Adapun ada sdikit kekurangan dan mungkin kurang sesuai dengan semua bolo alus yg hadir kami mewakili Panita Ngariung/Cangkrukan KWA-BDG Mohon Maaf yg sebesar-besarnya. kepada semua sedulur yg hadir baik dari Bandung sendiri maupun dari luar kota termasuk, Sumedang, Cianjur, Sukabumi, Cikampek, Serpong Jakarta, Indramayu dll kami mengucapkan terimakasih, salam persaudaraan penuh kasih dari kami. do’a kami insya ALLAH Menyertai panjenengan selalu. kepada :
    @Mbah Selor : Hatur thank yuooooo, terimakasih atas kemurahan hati panjenengan itu yg hanya bisa sy haturkan, serta doa sy untuk penjenengan ssemoga sehat wal’afiat dan sukses.
    @Mbah Khozin: Matursuwun sanget, semoga oleh2 yg panjenengan bagi-baqgikan ke sedulur semua Buluh Perindu dan Ilmu daya sejatinya berkah, qobiltu mbah
    @Om Pecinta Habib: Haturnuhun pizan atas prakarsanya
    @Ki Jagad Raga : trims mas sudah teraphy byk sedulur
    @Ki Taofik : Sukron akhi atas kemurahan hatinya memberikan ilmu Keselamatan mutlak 4 malaikat versi Hikmah, semoga antum selalu mendapat keselamatan Dari-Nya
    @Ki Jangka Sewu: hehehe….ilmunya di amalkan dengan serius kang, wah sayang byk kitab dan mahal tapi cuma jadi penghuni lemari
    @Ki Ustd DIGDaya : Wah ngelawak wae kayak cepot
    @Ki Ust Rihlah : Semoga dengan kehadiran antum pertemuan kwa BDG menjadi byk berkah
    @Ki Kresna : wah ijazahnya mana?
    @Ki Gangga : wah kpn2 ijzahnya Bos….hewhe
    @Ki Trinity : wah ko ga memberikan oleh2 untuk yg jauh2
    @Ki Hysteria : kang nanti bagi2 ilmunya ya…
    @Ki Basunadha: mas gmana meditasinya top
    @ki Amus Indramayu : semangat terus mas nggih
    @Abah Deden : Wis jgn ngumbara terus, mandetho lah…hehe
    @Sdulur-sdulur Serpong, Cikampek, Cianjur, Sukabumi, Indramayu, Subang : Terimakasih tlah jauh2 datang kebandung. Terimaksih semua. untuk sesepuh yg hadir secara kasat mata maaf ane tdk sempat balas salam panjenengan semua, maklum lumayan sibuk. terimakasih atas do’a panjenengan semua.
    SUBHAANAKA ALLAAHUMMA WA-BIHAMDIKA ASYHADU AN-LAA ILAAHA ILLAA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAYK. WALLAAHUL MUAFFIQ ILAA AHDATH THARIYQ. AL-HADULILLAAHI RABBIL `AALAMIYNA HAMDAN YUWAAFIY NI`AMAHUU WA-YUKAAFI-U MAZIYDAHUU `ALAA KULLI HAALIN WA-NI`MAH, WA-NAKHUSHSHU KHUSHUUSHAN BI-NI`MATIL IYMAANI WAL-ISLAAMI WAL-IHSAANI ILAA YAWMIL QIYAAMAH. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  90. Kangmase CKP

    ASSALAMUALAIKUM,
    Hadir untuk nyimak dan menyapa poro sesepuh semua.
    @gus noer, semangat sore gus.

  91. Gus Noer

    kangmas CKP : Alhamdulillah kangmas panjenengan selamat sampai rumah kembali, salam untuk keluarga nggih, semoga silaturohim kemarin membawa berkah manfaat, amiin…3x

  92. Bocah lawu

    Assalamu’alaikum
    absen malam…slm rahayu sugeng dalu to
    @ki zero mind
    @gus nur
    @mas CKP
    @mas satyarasa
    @mbah haryo
    @all boloKWA… Tetap smangat..slm damai

  93. Lebuawu

    Inilah detik detik terakhir yg paling menentukan dlm hidup ku,
    telah ku mantap kan hati ku, & segenap jiwa raga ku tuk memilih mu,
    sebagai org yg terahkir dlm sisa sms gratis ku,
    huhahaha…

  94. Assalamualaikum wr.wb
    Admin baru Zero Mind ( Saya Panggil Ki Suwung Ajah Ya).
    Ni’matullah Rahmatullah
    Wassalamualaikum wr.wb

  95. Absen malam
    Gus muer
    Trims ijazah khususnya gus,mantaf pisan,qobiltu njih gus,suwun.

  96. Mbah kamgmase
    Mbah CKP
    met malam salam rahayu mbah,!
    Mbah basunadha
    Maaf td pagi sy ga bisa mengantar pulang ya mbah.???
    Dan matur suwun jg sama sedulur2 yg jauh2 menyempatkan hadir dan hanya di suguhin ala kadarnya mbah,.suwun.

  97. Mbah zero
    Mantaf ulasan pencerahannya mbah.,qobiltu,qobiltu,qobiltuuuu..
    Dalam hidup Tdk ada kehidupan yg suci dan baik dan bagaimankah caranya kita agar kt bisa menjadi orang yg suci dan bersih dlm sgala hal,berusaha itu lbh mulia dan apa bila di bandingkan dgn kepasrahan.dan hanya diam merenung dan menunggu,dst,!!qiqiqiqiqiqi

  98. ass.,.,
    mbah khozin,,., manteb mbahhhhhhhhhhhhhhhhhh
    kang mas bocah lawu.,.,.slam blik kang mas.,.,.,.,., panen urung,.,.,.,.,.,.

  99. Jampang Kilat

    Hadir…………………..

    Izin nyender ah..

    ………………….Damai

  100. Pesan apa an niii.!!

  101. kopi pahit wae mbahh,.,, karo cemilan sing enteng,.,.,
    mas jampng monggo pinarak,,, niki didamelne kopi mbah khozin,.,

  102. ilusi

    KI Zero Mind : mantaf pengalamanya..
    Kang Ustad Rihlah : mantap tausiyahnya kang.
    mbah Wulyojati Samudra : salam rahayu mbah.

  103. BISMILLAH..YA ALLAH TURUNKAN HIDAYAH ISLAM PADA UMAT SELURUH ALAM..
    SENT ALFATEHAH FOR MUHAMMAD SAW DAN KELUARGA…………….

  104. (ng€SAt~riyo)

    sugeng ndalu bolo alus…

  105. Rihlah Rahmatullah

    Alhamdulillah ya…
    @Yai Gus Noer: jazaakallaHu ahsanal jazaa…trharu mndengar Yai mo pindah lg k Lamongan..hiks..hiks..

  106. Rihlah Rahmatullah

    Jg tuk pr sesepuh n sdulur yg kmrin hadir di acara KWA Bandung: JazaakumullaHu ahsanal jazaa…smoga sillaturrahmi n ukhuwah kita trus brlanjut ilaa jannatin Na’im..smg brbuah kridhoan Allah..smakin tambah barokah, tambah iman, tambah ilmu, tambah rezeki. Smoga mbuat hidup kita mnjdi lbih indah n brmakna..

  107. Rihlah Rahmatullah

    @kang Ilusi: hehe bukan taushiah, hny mengingatkn diri sndiri…mari kita trus menggapai cintaNYA dgn mbawa diri yg pnuh noda n dosa…AllaaaHu Akbar…

  108. Rihlah Rahmatullah

    Dlm hidup kdg kita mngalami musibah, kdg anugrah.
    Kdg air mata tumpah, kdg trtawa hahahah.
    Kdg kuat kdg lemah.
    Kdg senang kdg susah. Smua tu slalu mngandung Hikmah nan Indah.
    Hny kpd Allah lah kita spenuh brserah.
    Laa hawla walaa quwwata illaa billah.
    Mohon Maaf dr s’org Rihlah.
    Hamba faqir yg pnuh dosa&salah.
    Smoga kita smua Istiqomah,
    n mndpt husnul khootimah..

  109. ilusi

    Kandg UStad RIHLAH : betul…… berusaha sekuatnya ikhlas dan istiqomah dalam beribadah kepadaNYA.
    makin semangat ibadah demi mencapai ridho ILLAHI…..
    ijin offline dulu.
    salam salim sedulur…
    assalamualaikum…..

  110. "PRABU ANOM

    top markotop…absen malem lur…

  111. Abdullah

    Baru tahap awal dibukakan pintu2 ruhani,jangan terpukau atw terseret arus hawa nafsu.Yg anda cari & butuhkan hakikatnya Allah Swt,bkn syapa2..Bergurulah dgn sejatinya guru,yg menghantarkan anda ke hadirat-Nya,melalui Mursyid Kamil Mukamil sehingga tdk tersesat dan diharu biru oleh Iblis beserta balatentaranya..

  112. Sorak2 horeee

    Makin bingung n g mudeng..deng..deng.
    ???

  113. Denmas Songgo langit

    assalamualaikum hadir absen untuk nyimaks

  114. Mbah sarip dan rekan rekan panitia acara syawalan jombang, matur suwun, untuk semua yang telah hadir matur suwon. untuk ki alus, matur suwon kerawuhannya. untuk kang sugik sawunggaling salam takjim n salut

  115. bintang

    TOP

  116. mbah sarep, kang Sugik Sawunggaling, Ki Alus Rahayu sedoyo

  117. La ilaha illaLLah

  118. aslkm jaya terus KWA

  119. aslkm ..absen malam Jaya Terus KWA

  120. Absen pagi menjelang fajar menyingsing anda salam rahayu tuk sedulur semua.!

  121. Letih, Jenuh, sesak, hanya kepada ALLAH q meminta bukan kepada manusia….

  122. Suara ku karena doa ku, dengan suara ku seharusnya aku mendengar ratapan mereka, karena suara ku pula jalan ku menuju arti keridhoan, karena temayu lembut suara ku pun airmata menetes, hasrat menggebu nan membakar jiwa mereka, namun kesedihan takkan membuat suara ku menghilang… ALLAH dgn segala kebesaran NYA..

  123. kriswanto

    Lam Alif.Awal dan akhir kali yo….hehehehesalam kenal poro sedulurku di KWA iki.mat kenal wae sl,doa dan doanya dari sesepuh KWA.

  124. agungsedayu

    Selamat pagi sesepuh semua…
    Ikut absen pagi
    @zeromind:artikel tentang olah roso/roso sejati judulnya
    apa ya mas.?…sukur di kasih link nya di KWA ini
    terima kasih sebelumnya.ngapunten.nuwun.

  125. mamiq irwan

    ada ato tidak ada aku tak perduli, tidak bermanfaatpun aku juga tak perduli, “BUNUHLAH DIRIMU”

  126. Jampang Kilat

    Hadir…………………..

    Salam sejahtera & salam persaudaraan saudaraku sekalian….

    ○Gus Noer
    ○Mbah Wuljojati
    ○Ki Haryo Penangsang
    ○Ki Rihlah Rahmatullah
    ○Ki Bocah Lawu
    ○Ki Saiii
    ○Ki Laskar Lembu Suro
    ○Ki ilusi
    ○All boloalus…
    Salam Tadzim & salam Silahturahim…

    Al-Fatiha…send all.

    ………………….Damai

  127. mukdis cianjur selatan

    selamat pagi..gus noer..mbah khozin..kang opik..pecinta habib..terimakasih atas ijazah nya waktu di cic.dan juga buat sedulur yg hadir di cic bandung. juga buat semua sedulur kwa selamat pagi.salam kenal buat ki jampang kilat..salam

  128. agus12

    absen ………….
    reportase cangkukan jatim mana nih?
    walaupun gak bs hadir pengen merasakan sedikit kehangatan acara kebersamaanya.

  129. Jampang Kilat

    ○Ki Mukdis CS :
    Salam kenal kembali Ki..semoga kita dipersatukan oleh tali persaudaraan…nuhun.

  130. Sungguh cerita yang mencerahkan………saya sampai rindu menanti cerita selanjutnya…….bahkan ada rasa rindu ingin bertemu dengan Ki Zero Mind……….Salam Salam Salam 🙂

  131. Taufik alhidayah

    Jalan yang lurus dan benar dengan penuh keselamatan adalah jalan yang di ridhoi gusti allah,yaitu harus menjalankan sareatnya terlebih dahulu dengan menjauhi larangan NYA dan mengamalkan apa yang diperintahkan NYA dan memahami yang namanya rukun islam,rukun iman,dan juga ihsan lalu jalankan…apakah kita sudah memahami dan menjalankan semuanya itu?bagaimana kita bisa mencapai tarekat…hakikat dan ma’rifat …kalau islam, iman dan ihsan saja kita belum memahami dan menjalankannya…
    Salam perseduluran kanggo bolo alus sedoyo…

  132. thanmust thepos

    sedih deh gak bisa ikut datang diacara cangkru’an Bandung Raya
    apalagi denger cerita gari Gus Noer, aduh……….nyesel deh gak bisa hadir

  133. Sorak2 horeee

    IMAN..ISLAM..IHSAN..
    ISTIQOMAH
    setuju mantaf@mas taufik.
    Sejak dalam kandungan sang bunda manusia sudah knl dgn Tuhannya.. Setelah dewasa krn hawa nafsu menguasai manusia tertutup hijab utk sampe kpd Tuhannya..
    Astaghfirulloh.. Smg Alloh mengampuni kita semua..

  134. Gus Noer

    Bismillah….Ass…Salam pamuji Rahayu kepada smua bolo alus dan sesepuh semua.
    @ Mbah Khozin : Matursuwun mbah atas smuanya, pokoknya Qobiltu lah untuk oleh-2nya
    @ Mbah Selor : Qobiltu mbah oleh2 nya
    @ Ki Jampang K.:Salam kang semoga keberkahan untuk panjenengan
    @ Ki Mukdis : haturnuhun kang tlah hadir di ngariung KWA BDG
    @ Kang Ust.Rihlah : wah mantabz tausyiahnya, wah kang ustadz isnyaALLAH jarak tdk akan memutuskan silaturohim antara kita, amiin. sukron akhi..
    @ Ki Bocah Lawu : Salam kangmas nggih
    @ Ki Haryo : Salam Mbah
    @ Mbah Thanmust : Waduh leres mbah Acarae Alhamdulillah lancar & sukses, tentu semua berkat do’a panjenengan jg dan sdoyo sdulur bolo alus. salam mbah
    @ Ki Mas Dancaw : sukro akhi atas info2 dan pencerannya
    @ ALL : Semangat siang dengan penuh Syukur
    Wassalam

  135. Gus Noer

    waduh salah ketik ki mas Dancaw Sukron akhi atas pencerahannya, nentepan kewajiban heula akh…nyuwun pamit

  136. WONG GENDENG

    DUH GUSTE…ABDINA ANYO’ONA EPARENGE ELMO SE NAFEK SE MANFAAT E DUNYA SARENG AKHERAT AMIIin……….

  137. Mbah Gus nuer
    Mbah taufik
    Mbah thamus T
    Mbah jampang k
    Mbah ki mas donkow
    Mbah Rihlah
    Mbah sania
    Mbah kriswanto
    Mbah mamiq
    Mbah agus12
    Mbah sofyan
    Mbah agungsedayu
    Dan sedulur semua yg hadir salam selamat siang lan salam salim salam rahayu semuanya,suwun.

  138. Mbah mukdis
    Mbah sorak2
    Mbah wong gendeng
    Salam salim mbah,salam rahayu slalu njih.?he5x

  139. WONG GENDENG

    sami2 mbah Wulyojati Samudra pripun pawartosipun ,saekemawon..?qiqiqiqiii..
    salam pasedoloran(mbah sareb ver qiqiqiqiii….)
    Wassalamualaikum wr wb…..

  140. Gus Noer

    Mbah Wulyojati Samudra : ini ada sedulur yg sms apa buluh perindunya msh ada sisa,,,hehe, dia ga sempet ikut kemarin….Qobiltu Mbah…hehehe
    @Kang Ust.Taofik Sukabumi asgar : nee sdulur ada yg tanya do’a Asma’ perangnya lupa, termasuk ki Ucis cianjur selatan. apa sama dengan punya ane : BISMILLAHI YAA ALLOH YAA MALIKUL BUNDUUK yg baca 3x sampai nafas habis yg ane dpt dari kulo jg. nuhun kang

  141. Mbah wong gendeng
    Sukur alhamdulillah mbah,smoga pd sehat dan dlm damai slalu.amin.
    Gus noer
    Masih byk stok nya gus,monggo2 bg yg berminat gus,
    Utk yg asma malaekat dari mbah taufik kmrn energinya lumayan bgs gus,dan agar supa di lakukan satu hembusan nafas setelah tarik nafas hu allah,,nuwun.

  142. Dan pd intinya asma malaekat sunan kali jaga tsbt tanpa puasa dan kl di pelajari dgn membaca/di tulis hrs di tebus dgn berpuasa 7 hari ya mbah taufik,. ???
    Kt tunggu mawon bg sedulur yg menginginkannya,ntk jg akan di share di kwa ini ko’,!gt kan mbah.??qiqiqiqi

  143. adim

    assalamualaikum wr.wb
    .
    sugeng siang sedulurku semuanya ….
    pembabaran yang bagus sekali …
    derek nyimak …..
    monggo dilanjut
    .
    .
    wassalam ….

  144. adim

    @ mbah wulyojati ..
    sy juga butuh nih ilmunya sunan kali jogo bagi2 donk … hihihi

    @ Tukang cuci piring cafe Violla ….

    siapa ya santri KWA yang ngajinya merdu sekali sehingga orang yang mendengarkan pun bisa2 meneteskan air mata …

  145. Lemah Urip

    Jalan Yang benar insya Allah di dapat dengan mengikuti sunah2 rosulullah kanjeng nabi Muhammad SAW.
    salam salim untuk saudara ku semuanya di KWA.

  146. Jampang Kilat

    ○Mbah Wulyojati :
    Salam rahayu & sejahtera Mbah,semoga Mbah sekeluarga selalu dilimpahkan Karunia-Nya…ditunggu Mbah BP nya ? Hehe…

    ○Gus Noer
    ○Ki Wong Gendeng
    ○Ki Taofik
    ○All boloalus…
    Salam salim silahturahim & sejahtera…

    ………………….Damai

  147. Mbah adim
    Salam rahayu mbah,
    Utk asma malaekat ntk bisa sama mbah taufik dan Gus nuer mbah,karna beliau berdua sdh menguasainya,,!?
    Mbah jampang
    Dengan ucapan yg sama mbah,smoga sampean sekeluarga jg dlm keadaan sehat dan dlm damai slalu,amin3x.
    Monggo2 kl njenengan berminat mbah,!he5x

  148. adim

    ia makasih mbah wulyojati ….

    all sedulurku KWA

    pamit dulu …

    wassalam …

  149. Mbah Adim
    Njh monggo2 mbah,hati2 di jalan njih.!

  150. Mahatma

    Assalamualaikum sedherek semuanya…

    Alhamdulilah..Puji Tuhan…semoga artikel dari Ki ZeroMind ini menjadi salah satu tambahan pelajaran bagi pertumbuhan spiritual kita semua.
    Selebihnya menjadi bahan renungan batin kita, apakah yang kita jalani di kehidupan ini sudah benar atau baru hanya sebatas “kelihatan benar”.

    Salam Rahayu, GBU.

  151. Gus Noer

    Hehehe….wahh mbah Wulyojati kalau sy ada pernah dpt dr daerah Banten jg ilmu do’anya sama Asma’ Malaikat yg di dapat sedulur2 kemarin, tp jg dari pedalaman cianjur ada Asma 1000 malaikat…wallohu’alam.
    Mantab Mbahe Wulyojati Samudra : nanti sedulur tsb sy suruh aj Qobiltu dan mengambil Buluh Perindu ke tempat panjenengan…hehe
    @Mbah Jampang K : silahkan sekali2 mampir ke Pasanggrahannya Mbah Khozin nanti biar dpt Batu mustika asma atau Buluh Perindu….qiqiqi
    salam untuk semua.

  152. Absen sore dulu ah..Muuuantab tenan kuliah di KWA ini bikin aq tambah kerasan di sini..g’ lulus-lulus pun g’ pa2..yg penting kuliah n kuliah.. Buat para sepuh saya haturkan ALFATEHAH 11 X sent..

  153. Raden Anom

    Assalamualikum wr wb .

    Hmm,.. Mantappppppppppp….. Marifat !!!!!

    salam Takzim @Ki

  154. mukdis cianjur selatan

    absen sore..salamat sore buat mbah gus noer..di tunggu ijazahnya gus.. mbah khozin wulyojati samudra…di tunggu batu mustika nya mbah..om pecinta habib & juga buat semua yg hadir di acara ngariung kwa bandung saya ucapkan trimkasih.. saya sangat bangga bisa ngariung.. dan semua bolo wongalus dimanapun berada..salam perseduluran..

  155. Babeqiu

    Salam Tadzim…Katur Ki Zero Mind
    Pencerahan yang sangat Luar Biasa…membuat saya sedikit mengerti “Pesan yang Tersirat”.
    Ki Zero Mind…Mugi Tansah rahayu Pinaringan Sih Rahmating Gusti Ingkang Murbeng Dumados, Saenggo tansah Sabar lan Wicaksono anggenipun ngayomi KWA.

    **Masih Kuingat Saat Ki Wongalus woro-woro Jengkar dari Singgasana KWA
    Beliau mewartakan sosok pengganti “Pemangku KWA”
    Yakni “ZERO MIND”

    Disaat itulah nuraniku mengatakan “Kebijakan Yang Luar Biasa” dari Ki Wongalus
    Banyak mungkin para sedulur yang mengartikan ZERO = NOL atau KOSONG
    Tapi kalau saya mengartikan ZERO = HAMPA

    Jika NOL adalah tiada bilangan, Namun Ada Nilai
    Jika KOSONG adalah Suatu Wadah atau tempat yang kudu dihuni

    Akan Tetapi HAMPA bukanlah NOL atau KOSONG
    Ya !! Ke-HAMPA-an itu bukan bernilai NOL , KOSONG.
    Ke-HAMPA-an ini BERISI, PENUH….MELIMPAH dengan HIKMAH

    Maturnuwun Ki Zero Mind….Sugeng Makaryo

    Salam Salim Untuk Pinisepuh, Sesepuh dan Sedulur Kinasih KWA
    *Ki Ustad Rihlah Rahmatulloh….Terima Kasih untuk semua yang panjenengan babar untuk saya.
    *Ki Wongalus….Kurindu bertemu
    *Gus Noer
    *Ki Selor
    *Mbah Sareb…he he he si Mbah iki rek…Porong Ajur to Mbah?..wah di Koplo Dangdut asyiik niku lagune Mbah…
    *Waluyo Jati Samudra
    Semua saja Salam Peseduluran…

  156. Ilusi

    Assalamualaikum sedulur semua.
    Absend.

  157. Absen malem and salam salim tuk semuanya.,
    Gus Noer
    Qobiltu asma malaekat sewunya gus,dan monggo di tunggu jg bg sedulur2 membutuhkan monggo sy tunggu njih.!?
    Babequ
    Salam salim kembali mbah,salam rahayu slalu njih.?he5x

  158. Mbah Ilusi
    Wa alaikum salam mbah.salam selamat malam njih.?

  159. mukdis cianjur selatan

    salam mbah waluyojati samudra…salam gus noer..di tunggu ijazahnya..

  160. Kumat

    Ass…salut sm mbh wulyojati yg truz aj semangat..mesti orang lama.. YANG LAIN PADA KEBAKARAN JENGGOT GAK PERNAH NONGOL…wkwkwk

  161. Wuih.. Rame. Sengenge KWA tetap JAYA..

  162. Mbah mukdis
    Salam salim kembali mbah,salam rahayu slalu njih.??
    Mbah kumat
    Njih mbah,kita hrs tetap semangat slalu,,dan biarlah yg berlalu trus berlalu dan usah di ingat2 lg dan kl mau sukses harus tetap fokus kedepan pandangannya”kacamata kuda”,,he5x

  163. Kumat

    Mbh wulyojati..@ jd ikutan kyk sy.. Kkkkk
    ayo yg wong lama pd kluar..kagak usah ngintip..wkwkwkwk
    ntar tk mintain kacamata sm mbh wulyo…biar PD lagi.. Kkkkk

  164. Mbah tunggal d
    Sip betul mbah,kwa hrs jaya and berkibar slalu..!!dan jgn pernah bosan2 and malas utk absen walaupun 1 jam skl utk menyapa and salam salim kpd sedulur2 semua,baik yg sdh kt kenal ataupun yg blm kt kenal”Kebersihan hati adalah bersih dan apabilah kt tdk membeda bedakae/ tdk memandang rendah kpd sesama”..!!
    Buat apa hidup kl kerjanya slalu mencela n menghina.
    Berbuatlah asah asih dan saling asuh pabila kt ingin dapat pahala dan hidup dgn tdk penuh dgn hina,,!

  165. Mbah tunggal d
    Sip betul mbah,kwa hrs jaya and berkibar slalu..!!dan jgn pernah bosan2 and malas utk absen walaupun 1 jam skl utk menyapa and salam salim kpd sedulur2 semua,baik yg sdh kt kenal ataupun yg blm kt kenal”Kebersihan hati adalah bersih dan apabilah kt tdk membeda bedakae/ tdk memandang rendah kpd sesama”..!!
    Buat apa hidup kl kerjanya slalu mencela n menghina.
    Berbuatlah asah asih dan saling asuh pabila kt ingin dapat pahala dan hidup dgn tdk penuh dgn hina,,!

    By.wulyojati Samudra.

  166. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Mbah Wulyojati
    @ Saudara Kumat
    Klu saya ya, amat rindu pada teman yang udah lama ngak hadir spt Mamat Kumis, Om Arum Manis, muhd69, Ronggo Sentot, Rumi, Rico, Zal-Rengat dan ramai lagi.. Kemana semuanya?Mungkin lebih active diFB ya.

  167. Kumat

    @mbh wulyojati@mbk zizah
    ad yg tambh bikin geli..tu di comen artikel hijib syahadat, ad DEMET IKUTAN QOBILTU…KKKKK
    OOOHH DUNIA… DUNIA

  168. Mbah kumat
    Qobilt kacamata kudanya mbah,he5x
    Kaca mata kuda adalah sebagai contoh biar tdk lirik kanan dan kiri,
    Karna kesuksesan itu hanya bisa di raih dan kl kt sdh memiliki IMPIAN DAN SIKAP POSITIF DAN BERKACAMATA KUDA,
    Tan kesemuanya itu nonsen bisa berhasil,dst.he5x.

  169. Mbah Zizah37
    Salam salim selamat malam mbah.?semoga keluarga selalu sehat dan dlm damai slalu njih,amin3x.
    Arti dari kacamata kuda adalah,
    Dan sebelum tujuan belum tercapai kt di larang melirik kanan dan kiri,!
    Agar kt sukses dlm segala hal adalah,sebaiknya kt selalu fokus kedepan,pandangan tetap ke sasarang yg kt tuju dan yg kt impikan,!he5x

  170. Kumat

    @mbh wulyojt… Mantappp.. Lebih mantap sambil dgr lagu2nya MAHER ZAIN
    He…3x

  171. Mbah kumat
    Hehehehehe
    Kl ada demit qobiltu tu berarti da insaf kale demitnya.!?he5x
    Betul mbah,sambil dengar musik biar tdk ada kejenuhan dlm hidup ini ya mbah.??qiqiqiqiqi

  172. Zizah37

    Mbah Wulyojati
    Setuju bngt.. Hehe, pandang kehadapan baru ada kemajuan, tetapi sekali sekala harus juga pandang kebelakang ya.

  173. Kangmase CKP

    ○Gus Noer
    ○Mbah Wuljojati
    ○Ki Haryo Penangsang
    ○Ki Rihlah Rahmatullah
    ○Ki Bocah Lawu
    ○Ki Saiii ○Ki Laskar Lembu Suro
    ○Ki ilusi
    ○All boloalus…
    Salam Tadzim & salam
    Silahturahim…

  174. Kangmase CKP

    @mbah wulyo
    Kalo asma pukulan mautnya mbah, energinya gmn? Nuwun mbah, bpnya

  175. Mbah Zizah37
    Pandang kebelakan.???
    La kl kt lg serius2nya fokus ke depan trus kl noleh kebelakang la kl di depannya ada becak ntk gmn.??bisa2 nabrak becak trus kehambat dah menuju sasaran yg di tujunya.!qiqiqiqiqiqi
    Mbah kangmase
    Semua jenis pukulan pasti mantaf powernya mbah.!he5x.

  176. Kangmase CKP

    @mbah wulyo, buluhnya mbah jg mantabz lho…
    Ngopi mbah..

  177. Kangmase CKP

    mungkin sdh jodoh ya mbah, asma pukulan dari mbah kyai bisa hapal.
    Jg asma perangnya sdh hapal, krn kebetulan sudah lama saya tempel didinding dan sering dibaca kalo mau pergi. Jg tatacara dan bacaannya sama persis. Cuman judulnya aja yg beda. Tp lupa dulu dpt ijazah dari siapa. Katanya buat keselamatan.

  178. Kangmase CKP

    menjelang tengah malam kok sepi ya?

  179. MBAH JATI

    mbah wulyojati, saya dibagi buluh perindu-nya mbah. Gimana mbah?

  180. Zizah37

    Mbah Wulyojati
    Kok saya dipanggil Mbah bukan Mbak?
    Hehe.. Begini maksud saya, ya untk mendapatkan kejayaan/kemajuan dlm apa bidang yang kita buru/ceburi kita harus focus ditambah dengan positive thinking. Kadang kala bila kejayaan sudah kita kecapi kita mudah lupa diri bahkan kita terlalu bangga dgn kejayaan kita. Kita lupa untok menoleh kebelakang siapa yang ada dibelakang kita.. Pesan guru bahasa ingeris saya disekolah menengah dulu “Don’t forget to look behind you, there are so many peoples that better than you”

    Saya juga serious loh Mbah.. Hehe.. Nescafe ngak ada Mbah.

  181. Gangga

    Assalamualaikum,,, Gus Noer,,, Mbah Khozin,,,,,dan saudara2ku tercinta,,..
    Mbah Khozin,,, bolehkah saya bersilaturahim ke tempat mbah? dimana mbah?

    salam, 🙂

  182. MBAH JATI

    Kangmase CKP, elmu pukulan apa kangmas?

  183. Kumat

    @mbah wulyojt.. Bulunya bs berenang di air g mbh…he3x.
    @mbk zizah.. Benar tu jgn terlalu bangga dgn kejayaan dlm bentuk ap aj.. Toleh k blakang aj biar nabrak dpnnya,lht keatas aj biar kesandung g tau ad tonggak d bwhnya…jd binggung deh… Qqqqq
    trs enaknya gm…y

  184. mbah zizah37
    betul mbah,dlm hal yg positif itu fane2 mawon mbah,dgn tujuan dan harapan gmn agar kebaikan yg sdh terlewati gmn agar lbh baik lg utk ke depanya.!he5x
    mbah kangmase
    bisa mbah,berenang jongkir balik jg bs ko’,qiqiqiqiqi

  185. mbah kumat
    hehehe
    berenang bisa mbah,dan mulat mulet jg bisa ko’,he5x

  186. Kangmase CKP

    @mbah jati, ma’af mbah kaya’nya kemarin ga diberi judul. Ato saya yg lupa ya judulnya?
    @mbah khozin, mantebz mbah. Apalagi kalo dikazih batunya, pazti lebih mantep jungkir baliknya. He…he..

  187. mukdis cianjur selatan

    iya mbah khozin…saua nunggu batu mustikanya mbah…hehe..

  188. mbah kangmase
    mbah mukdis
    mbah jati
    wilujeung enjing salam salim sahayu slalalu mbah,dan sedulur2 semua salam salim salam kangen selalu,!he5x

  189. alfateha…tuk sedulur yg sdg beraktifitas dan yg dlm perjalanan semoga selalu di beri keselamatan,kesehatan dan dalam damai selalu,amin3x yarobbal alamin.!!

  190. mbah kangmase
    insya allah mbah,kl memang ada yg cocok kale panjenengan monggo2 mawon mbah.!!

  191. Kumat

    AMIN…3X
    he…3x

  192. bagus samiaji

    Subhanallah,,,,,
    perjalanan batn yang hebat,,, kalau semua orang bisa seperti itu, niscaya damai dunia ini,,, karena masing-masing tahu diri,, dan tahu yang dibutuhkan, dan harus lakukan,,,,,

  193. mbah Zizah3x
    bener skl mbah,terkadang bg orang yg sudah ada di atas/jaya itu sangat lupa atau melupakan terhadap yg di bawah2 dan kl tdk di bentengi dgn keimanan yg insya allah kejayaan yg dimiliki seseorang lambat laun kejayaan itu akan runtuh bin nyungsep,he5x.
    Kejayaan bisa di hancurkan oleh beberapa hal.yaitu,
    -krn keimanan lemah
    -krn perempuan
    -krn kesombongan
    -krn sk berjudi
    -krn melupakan orang tua.
    -krn korupsi dll.
    Orang yg sanggup memeliahara kejayaan adalah…dst.

  194. mbah kumat
    mbah bagus s
    salam salim salam pamuji rahayu mbah,salam jabat tangan selalu.!!

  195. bagi orang yg mampu mempertahankan kejayaan/kesuksesan adalah..
    -mampu menjaga hubungan dgn allah swt dan mampu mampu menjaga hubungan dgn manusia dgn baik(hablum minallah,hablum minannas).
    -manpu menjaga imannya
    -rendah diri dan welas asih.
    -suka beramal atau shodaqoh.
    -menghindari yg mo limo itu,dll.
    Memang sangatlah berat utk dapat menjalankan hal2 yg seperti di atas dan tetapi setidaknya ada niat dan usaha utk melakukannya hal2 yg seperti di itu,!betul apa betul.???qiqiqiqiqiqiqiqi

  196. Kumat

    @mbh wulyojt… Betul..betul..betul he5x mantabnyaaa ayam goreeeng..he3x

  197. Gus Noer

    Semangat Siang Sdulur bolo alus semua, salam rahayu…
    @Mbah Khozin : Wah Qobiltu mbah untuk pencerahannya…. tolong di siapin BP-nya nanti rekan2 yg blm dapat biar meluncur ke sana….qiqiqi
    @Ki Kangmase CKP : tunggu aj Amalan Asma 4 malaikat lebih lengkap sebentar lg akan ada di postingan kwa ini,,,,hehe
    @Ki Gangga : Salam rahayu nggih….semangat terus
    @All : salam pamuji rahayu penuh rasa syukur. Alhamdulillah.

  198. mukdis cianjur selatan

    selamat siang…mbah gus noer.. di tunggu amalan asma 4 malaikatnya.salam rahayu..semua sedulur…kwa

  199. pelan_pelan_saja

    .”……jalanmu jalan nyata jalanku jalan rasa…….”
    ” Aku seperti yang hambaku sangka kan kepada Ku ”

    kadang q heran ma mahluk yang nama nya manusia

    sehari 5 kali ngobrol ma yang di Atas masa lom kenal2 juga.hehehe
    emang waktu sholat apa aja yang di obrolin ampe lom kenal ma yang di Atas ?

    kadang sepertiga malam calling2 ma yang di Atas tp kok masih aja ada yang lom kenal juga.mang waktu calling2 apa aja yang di omongin ampe lom kenal2.

    sholat lah seperti akan mati esok hari.n nyari duit seperty akan hidup selama nya

    klo sholat doank tapi g merasa lg ngobrol ma yang di Atas/g ngerasa kenal ma yang di Atas.
    g merasa dekat ma yang di Atas, yaaa selamat mencari cari aja.hehehe

    apakah aku orang baik? aku bukan orang baik euy.sholat aja masih bolong2.hehehe
    apakah diri mu kenal ma yang di Atas? yoa aq kenal ma yang di Atas.yang di Atas Maha Pengasih n Penyayang.saat aku g sholat aku g langsung di cemplungin ke hell.
    saat aq g sholat aku juga g di suruh bayar oksigen.
    saat aku aq nglupa ma yang di Atas dia tidak nglupa mendetak kan jantung ku.

    karena Dia sayang padaku.

    yang di Atas juga g pilih2.mentang2 bukan islam terus g di kasih rejeki/di kasih hidup.
    mentang2 bukan islam terus g di sayang.itu bukan sifat yang di Atas.

    so sebagai hamba Nya aq juga g pilih2.mentang2 g se agama terus musuhan/prengat prengut.yang di Atas aja g pilih2 kenapa aku harus pilah pilih.

    Hablum Minallah Hablum Minannas.

    Bagiku Agamaku, Bagimu Agamamu

    n hidup bukan cuma teori.hidup adalah praktek.

    sorry lg asal comment.klo ada salah2 kata harap di maapin yax.klo g nyambung ma tulisan di atas ya maap.hehehehe

  200. Hehe

    sugan teh kaliki dangdeur
    boro abdi gancang ngadek
    sugan teh lalaki bager
    boro abdi gancang daek
    kaduhung ngadu kaleci
    meuli leupet di cabean
    kaduhung boga salaki
    liang…….ngagedean
    Cikaracak ninggang batu
    laun-laun jadi legok
    tai cakcak ninggang huntu
    laun-laun nya dilebok
    Cikaracak ninggang batu
    laun-laun jadi legok
    cai ngeclak ninggang momo*
    laun-laun jadi orok
    Kembang cula kembang tanjung
    kembang sagala domdoman
    rek sabulan rek sataun
    moal weleh diantosan
    Aya roda na tanjakan
    katinggang ku pangpung jengkol
    aya randa gogoakan
    katinggang ku hulu botol

  201. Babeqiu

    *Ki Wulyojati Samudra… Rasanya Adem Panjenengan sapa daku…he he he Terima Kasih..Salam Hormat tuk Ki Wulyo

    *Ki He he… Artinya Apa tuh Ki ? saya baru bisa Nyokot sama Atos doang… wah mesti kudu buka kamus nih….

  202. Jampang Kilat

    Hadir…………………..

    ○Gus Noer :
    Iya Gus haturnuhun…salam rahayu.

    ○Mbah Wulyojati :
    Nuhun mbah…tapi saya gak tau harus menghubungi njenengan kemana ?? Mau diterawang tapi saya gak punya ilmu terawangannya…hehe.

  203. bajul kesupen 262

    salam malam

  204. Wulyojati Samudra

    Salam salim salam selamat malam sedoyo.

  205. Wulyojati Samudra

    Gus noer
    Salam salim salam rahayu gus.!njih gus di tunggu bg ada yg berminat gus.!swn.
    Kangmase
    Ke paropong mawon mbah,bs kontek dl mbah.!

  206. Wulyojati Samudra

    Mbah baheqiu
    Mbah jampang
    Mbah bajul kesupen
    Met malam salam rahayu slalu mbah,,!

  207. Jampang Kilat

    ○Mbah Wulyojati :
    Saya daftar Mbah….

  208. askumwb.
    -salam ta’dzim ntuk HABIB W.A LAN KM. ZERO MIND.
    @Semua dolor kwa lan semua mbah2 salam hormaaaaaaaaa….t graaaaaak. tangan d dahi nich…
    lg upacara siang…hex

  209. salam ta’dzim sedulur semua
    dh lama nih ga masuk kampus,semoaga tambah maju dn sukses untuk KWA Bandung Maaf Ki WS sy g dpat hadir karena ada tamu kebetulan beliau aktif KWA medn,ingin hadir dn kenal saudara semua.salam asah,asih,asuh untuk sesepuh dn sedulur semua

  210. subhanallah….

  211. Kumat

    Alhamdulillah… Satu persatu orang2 lama dh mulai on.. Ya gitu dong mbah.. Jgn lupakan kampus tercinta ini… Salam dr wong kumat kadang yo waras..he5x.

  212. perapatan ke2

    Hadir …
    izin mbaca…mbah
    salam….

  213. kita sibuk dengan amalan baru..sibuk ngurusin orang……tapi lupa berkaca akan diri, salam ayu ting ting..kemana kemana…dimana dimana oh dimana…..

  214. WONG GENDENG

    Assalamualaikum…..
    MENTELENG RA MUDENG MUDENG qiqiqiqi……
    selamat datang mbah buyut tiang bungkuk….
    salam paseduluran WONG K.W.A…
    malam jumat isih ono sing kumat qiqiqiqii….
    wassalamualaikum…..

  215. edi_edi

    apakah mbah zzero mind dan mbah wongalus tu orang yg sama ????

  216. Kumat

    @wong gendeng… Qiqiqi podo artine
    salam semangat di kampus tercinta..

  217. @ kang edi-edi, saya juga punya pikiran yang sama dengan anda
    @ mas pelan-pelan saja, sedikit tapi mantap mas

  218. dadine….mbuh..aku ora weruh…… 😦

  219. yahya bin syarif

    assalamualaikum.
    Absen

  220. muhammad thahir

    asslm semua,

    salam kenal saya Muhammad Thahir…. masih newbi di sini. Mohon pencerahan dan bantuan dari senior2 dan guru tercinta.

  221. HAHAHAHAHHAHA

    Zero Mind…
    Engkau telah membuat bulu setiap kujur tubuh ini bergetar dan berdiri….
    Engkau membuat aku ini menagis di depan komputer…
    Siapakah Aku….Siapakah Kamu?
    aku tidak ada apa2…aku tidak berilmu..aku tidak berkuasa…aku tidak memiliki apapun.. aku hanyalah sebuah bayangan yang….hilang lenyap…dan hanyalah sadarku yang melihat..merasakan..dan mendengar….
    Dimanakah aku?????
    Siapakah Aku????
    Siapakah pemilik bunyi yang menggema dan membuat hati ini mengetahui maknanya? kenapa rasa merindingku muncul padahal aku tidak berbentuk dan berwadah?
    Siapakah kamu???? aku anggap kamu ini bodoh jika mengejar mencari aku karena Aku adalah aku dan Aku adalah aku….
    Awalnya adalah Aku dan saat ini pun hanyalah Aku.. yang bersuara itu juga Aku, dan kamu atau dia atau kalian semua ciptaan sudah tidak ada dan entah ada dimana..

    HAHAHAHAHAHA……

    AH… aku ini tidak ada apa2nya…

  222. Tedjo

    Subhanallah..salam kenal dan takdhim,pangestune kang..

  223. andypermadi

    mungkin ini adalah perjalanan spiritual kita kelak,antara dosa dan amal adalah seperti magnet dalam diri manusia.

  224. sesuap nasi

    Pengalaman yg dahsyat…smoga kt smua dpt memaknai apa yg sdh di share ki wong alus sbg cermin hidup utk masa yg akan datang..saat ini sy pun mengalami zero mind..hy pasrah dan memohon Keridhoan NYA saja dr ALLAH SWT.dan melepas smua amalan yg sy anggap tlah menduakan NYA. Ya Allah Ya Gusti Pangeran..ampunilah dosa2 hamba mu ini yg berlumuran dosa,,cucilah hati dan jiwa ini menuju jalan yg selalu di Ridhoi- MU…salam hormat Ki Wong Alus.or mas wildan.

  225. …mugi mawon saged nderek salebetipun ‘Zero Mind’…,
    salam kenal katur sedayanipun…
    Langkung katur ingkang kagungan dalem panjenenganipun Ki Wong Alus, ugi sedaya pinisepuh
    mugiya kepareng nderek ngangsu kawruh.

    isa a

  226. salam kenal kang..

  227. ki_mapan parijan

    Tadi itu curhat apa, kok bikin aku nostalgia.
    Kanggo sing ra mudheng ra sa sedih mengko yo ono titi wancine.
    Kabeh sedulur bakalan nyicipi kok……………………….

  228. Alloh Maha Ghaib dr segala yg Ghaib
    lalu siapa yag ditemukan oleh diri ?

  229. Wah ,pengalaman yg unik mas.thanks to muck.I WANT O HAve like you expierient.bay…thanks

  230. Paku Bengkok

    hadir .. ikut menyimak..
    /// Aku adalah aku /// Aku adalah kosong ///

  231. djanoko

    assalamualaikum wr.wb sungguh bagus karyanya…subhanallahhh…namun,akan lbh bermanfaat lg kalau ada penjabarannya..suwun

  232. inoy

    Dalam

  233. Isa mardanus kuncoro

    kebijaksanaan tertinggi adalah kejujuran .
    kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana mana artinya barang siapa yang jujur akan selamat,mata uang menyatakan rejeki ,berlaku menyatakan terjadi(peristiwa).
    kebenaran yang nyata adalah matahari ,dalam gelap yang pekat manusia tak bisa melihat mana yang benar mana yang salah,tentu ini berhubungan dengan adanya TUHAN.
    Manusia adalah refleksi dari alam semesta,misalnya matahari adalah mata kanan bulan adalah matakiri ,bagian tubuh manusia mengekspresikan alam semesta.
    Tuhan bisa dicari dan ditemukan dengan memahami kitab kitab suci tanda tanda alam,sejarah sejarah alam semesta jutaan tahun lalu,introspeksi diri memahami diri dari berbagai sudut pandang.
    Alam semesta adalah guru yang menyimpan sejarah masa lalu yang sambung menyambung rangkai merangkai menjadi suatu rangkaian yang sempurna.
    Alam memberi tanda jejak masa lalu untuk kita memahami segala sesuatu yang ada dialam ini.
    ada hukum hukum alam dan permisalannya contoh ;
    Alat dunia ganti berganti,alat hidup balas membalas artinya segala sesuatu didunia ini tak ada yang abadi.
    membahas kejujuran bila kita bersalah cepat cepat mengakui kesalahan kita pada TUHAN lalu mohon ampun maksudnya bila kita bersalah cepat cepat minta ampun dan minta maaf.
    Mengakui kesalahan adalah amat penting karena mempengaruhi rejeki dan keselamatan kita.
    Mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua,terimakasih

  234. mas aryo

    bukan remuk hasil akhirnya mas. Tapi musnah….kembali kosong seperti dulu lagi. Surga dan neraka telah kembali pada wujud asalnya…..kosong..tiada warna, tiada hasrat, tiada rasa…Bali suwung….demikian Brawijaya pamungkas mengajarkan kepada kami.

  235. Zaky hanafi

    Subhanallah.. Maha suci allah dr duga2’n dan persepsi kita. Maha tinggi dan teragunglah ia dgn segala kekuasa’n nya yg tak terbatas.
    Kita tak bisa mengenal allah, kecuali sebatas allah memperkanalkan dirinya pd kita, kita tak kan bs membuka hijab, kcuali sbtas apa yg di bukakan nya utk kita. Allah sudah menyempurnakan keyakinan utk hambnya slepas kdtang rasulullah muhammad saw dgn syariat yg kuat dan sempurna. Tak ada st pun yg allah lewatkan kcuali smua sudah ia jelaskan lewat syari’at2nya. Kita sama2 berlindung kpd allah dr sesat nya kebodohan dan godaan iblis. Kita sama2 berharap kpd allah akan pertolongan nya utk mengangkat kita dr penjara kebodohan, dan memberi nur hidayahnya kpd gelapnya ht ini. Sehingga kita menjadi benar menurut allah, bukan menurut kita.
    Bentuk jiwamu dgn kerangka syari’at dgn kokoh, krn tak kan mungkin allah mengajarkan ilmu yg ia wajibkan utk hambanya, kalw ilmu itu adalah tipuan belaka. Tak kan mungkin allah menyesatkan hambanya dgn ilmu syariatnya sendiri. Tak kan mungkin allah mengingkari janji yg ia sampaikan lewat qur’an nya, krn meyakini janji allah, adalah bagian meyakini adanya allah. Allah sudah menjelaskan jalan menujunya dgn jelas, dan keyakinan kita tentangnya menjadi kekuatan kesadaran kita dlm menuju kembali pdnya. Jika keyakinan kita tak punya kerangka yg kokoh, pegangan yg jelas, tujuan yg tunggal, maka sm artinya kt mengingkari wujud jasad kita sendiri. Krn kekuatan2 keyakinan itulah yg mempertahankan wujud ini, diantara atmosfir materi yg saling tarik menarik.. Kalw sj pembelajaran yg br anda terima adalh st kebenaran, maka sudah pasti rontoklah wujud diri ini krn daya tarik menarik benda sekitar kita. Krn yg mengumpulkan, dan membungkus wujud segala sesuatu, adalah penerimaan nya akan allah sebagai penciptaan nya.. Inilah awal mula semua kekuatan, sbelum kekuatan2 yg selanjutnya terurai. Akhirnya kpd allah lah kembali segala kbenaran, trlepas dr kebenaran yg tersimpan pd akal yg sungguh lemah ini. Sholawat dan salam atas muhammad bin abdillah. Allahumma sholli ala muhammad. Subhallah wa bi hamdih, subhallahil ‘azhim..

  236. M. Amin

    Allahu Akbar…

  237. endang hartono

    salam kenal dari saya pada Bpk ki wong alus…saya terkesan dengan artikel ini

  238. mustBRO

    alhamdullilah wes tekan masbro

  239. zaky

    Ya sudahlah.. Biarlah nebjadi tiada.. Cuma kata kata anda tsb dr alam mana? Dan sekarang di tulis, di baca oleh siapa? Dan kesadarannya di alam mana? Bagi yg sampai pada haqiqi ke wujudan, hendaklah menghargai rahasia krn sebelum allah ajarkan kita semua, toh itu di rahasiakan? Dr siapa? Dari semua manusia yg kesadarannya masih di alam ajsam (perwujuda/sebab akibat/syariat). Kalau kalimat2 dr sono… Di bawa ke alam sini…, bagi yg belum sampai sono.., ntar rancu keyakinannya.., justru malah jadi bahaya..

  240. herliwanty

    Pengalaman spiritual yg begitu syarat dngan makna,sungguh penulis berhati mulya dapat berbagi kepada sesama sehingga kami para pembacapun dapat mengambil sari hikmahnya insya Allah amien

  241. DELING JATI

    salam….
    begitu dalam jalan yang dilakoninya……. alangkah lebih indah juga dibabar ilmu syare’atnya….
    monggo poro sepuh di babar semuanya…. agar pemahaman ISLAM KAFFAH membumi di blog tercinta ini……….
    salam peseduluran…..dari el-faqier ini……

  242. Angga Django

    Assalamualaikum

    Sy Mengalami serupa dgnMu, tp beda perjalanan..

    Sy melewati cosmic dan ledakan nur/cahaya dri Mana Asal kejadianku..

    Terima kasih..
    Wassalamualaikum

  243. Wong Bego

    Perjalanan MAKRIFATULLOH ! SUWUNG , INILILLAHI WA INALILLAHI ROJIUN ! BERASAL DARI ALLOH KEMBALI KEPADA ALLOH ! INI YANG NAMANYA ISLAM ? SELAMAT , TIDAK TERSESAT ! MULIH ASALIRO ! MANTAB GUS ! SAYA IKUT ! ! ! ! !……….

  244. wong kismin

    Saluuuuuut………..
    Sahadat yg sempurna/ma’rifat sahadat…?
    Manunggal kaula lan gusti…
    ANA AL HAQ…………………………………………….

    Lanjut………………..

  245. cah angon sobo kali

    Wong urip kudu ngerti uripe ! Golekono uripmu ! yen wis kenal urip ! Bakal bosen urip,amargo pingin nunggal karo uripe ! sangkan paraning urip kari nglampahi mugo dulur kabeh oleh hidayahe Gusti sing among urip sakalir .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: