SURAT ANAK NEGERI


Teruntuk ibuku, ibu Pertiwi.

Kami mendengar kesedihan dan rintihan perasaanmu. Kami melihat dan menyaksikan kemarahanmu. Kami mengerti wahai ibu, kami adalah anak negeri yang telah durhaka kepada engkau. Kami hidup, mencari nafkah, berketurunan dan meninggal di dalam kandungmu. Kami tahu engkau tidak puas dengan keadaan saat ini, negerimu yang subur dan mengandung sumber daya alam yang tak terhitung tapi menyisakan berbagai masalah kehidupan. Kekeringan, banjir, longsor, gunung meletus, kecelakaan, korupsi, kolosi, nepotisme, kejahatan, kemiskinan, kefakiran adalah ulah kami kepada negeri ini. Maafkan kami yang telah khilaf kepadamu.

Kami telah jauh dari mengingatmu. Jati diri yang telah engkau berikan telah kami lupakan. jati diri yang sempat membuat kami menjadi negeri yang besar dan disegani telah kami tinggalkan. Kami lebih suka berkiblat kepada timur maupun barat. Kami lebih suka mengagungkan nenek moyang bangsa mereka daripada mengagungkan nenek moyang bangsa sendiri. Kami menjadi sangat benci akan ajaran luhur dari nenek moyang kami.

Dengan sepenuh hati kami akan meminta kepada Tuhan, permintaan dari anak negeri. Tuhan kembalikan senyum Ibuku, Ibu Pertiwi. Tuhan yang Maha Penolong, tolonglah Ibu Pertiwi. DihadapanMu kami bersimpuh mengaku salah. Negeri yang telah Engkau titipkan kepada kami telah hancur berkeping-keping. Berserakan. Sehingga negeri ini telah menjadi negeri asing bagi kami sendiri.

Tuhan yang Maha Mengerti. Jangan ajarkan kami tentang islam, hindu, budha,  maupun Kristen. Telah lama pikiran kami tersekat-sekat oleh ajaran. Ajarkan kami tentang kebenaran dalam hidup ini. Kebenaran sejati. Telah lama kami saling mengaku yang paling benar diantara sesama. Jangan ajarkan kami tentang persatuan, tapi ajarkan kami tentang perbedaan agar kami bisa memahami bahwa perbedaan adalah hal terindah yang telah Engkau ciptakan. Bahwa perbedaan menjadi dasar persatuan yang paling kuat dengan saling memahami.

Atas nama anak negeri. Dengarkan wahai saudara semua. Siapapun boleh datang ke tanah nusantara ini. Siapapun boleh menyampaikan ajaran yang bisa mencerahkan negeri ini. Berbagi pengetahuan. Berbagi rasa. Berbagi keahlian. Turut serta memakmurkan dan menegakkan keadilan. Tapi ingat, siapa diri anda. Jangan mengobok-obok negeri kami. Walaupun dengan dalih agama. Jangan ikut campur urusan internal kami. Kami tahu negeri ini sedang sakit. Kami pun juga tahu apa yang harus dilakukan.

Wahai saudaraku semua. Maju satu langkah. Kepalkan tangan. Mundur berarti penghianatan. Kita bergerak untuk membuat senyum Ibu Pertiwi terjadi lagi. Bulatkan tekat dan kuatkan hati untuk membuat jaya negeri ini. Kita buat Ibu Pertiwi bangga dengan mewujudkan cita-citanya. Bangun dan songsong hari esok yang lebih baik, karena kita adalah anak negeri. Anak dari Ibu Pertiwi.

JAYALAH NEGERIKU. JAYALAH NUSANTARAKU. TERSENYUMLAH KEMBALI IBUKU.

By Kang TJ
a.judin@yahoo.co.id

129 thoughts on “SURAT ANAK NEGERI

  1. ..:: sebuah pencerahan … salim buat yg duluan datang…duduk tuk meresapi makna…dan kembali dengan asa kejayaan kita semua…

  2. Sesungguhnya manusia sendiri yg membuat kerusakan dimuka bumi..
    Selama manusia masih ingkar akan nikmat Tuhannya,tdk mau menyadari kesalahan yg tlh diperbuat..dunia yg kita pijak ibarat neraka. Zaman sekarang manusia sdang diawasi.. PAKDE KARMO.. yg setiap saat datang menghakimi.

  3. ○Ki Lintang Sumirat
    ○Ki Nugroho
    ○Ki Jaya Baron
    ○Ki Mukdis CS
    ○Ki Lem Aibon
    ○Ki Roni s.w
    ○Ki Amang el
    ○Ki Joko Sabar
    ○Ki Mas Cetho
    ○Ki Panglima 16
    ○All Sedulur…
    Salam tadzim,salam senggol silahturahim…

    ………………….Damai

  4. juga buat om tj maaf yg di jombang belum sempat berjabat tangan hehhehehehe yg penting persodaraan

  5. manteb kang tj, rahayu sedulur
    slam KWAngen teruntuk ibu pertiwi,
    KWAngen, dng senyummu
    KWAngen, dng keramahanmu
    KWAngen, dng pesonamu
    KWAngen, dng keluhuranmu
    duh gusti ingkang maha suci

  6. Artikel yg sangat bagus sebagai bahan renungan…melalui KWA ini kita pun bisa berbakti kepada Ibu pertiwi dengan menyampaikan kebenaran,saling berwasilah,menolong sesama,menjaga kelestarian alam dan lain sebagainya…

    Terima kasih Kang TJ.
    Salam Tadzim…

  7. Semoga bisa menjadi renungan kita bersama, serta diiringi tindakan untuk memulihkan jati diri bangsa

  8. Benar pendapat anda@pangeran 16. Stlah tiap pribadi/manusianya melestarikan budaya, perbaikan tatanan sosial, ekonomi rakyat serta perbaikan moral dari pribadi, keluarga, masyarakat juga penyelenggara negara, maka jati diri bangsa pun akan pulih kembali.

  9. sumber bencana dinegri ini adalah “KOORUPSIIII…”
    kita telah dijajah oleh bangsa sendiri..
    dulu kita dijajah manusia brambut pirang..
    katanya kita merdeka
    namun setlah itu penjajahan makin parah oleh manusia berkepala hitam..

  10. mari kobar kan semangat kesadaran syeh siti jenar..
    bangkitkan ajaran syeh siti jenar..
    hancurkan penjajahan(korupsi) dimuka bumi..
    ini buminya ALLAH yg tak sepantasnya dikotori korupsi..
    jadilah manusia merdeka dari penjajahan..

  11. dulupun para pejuang halal mengalirkan darah para penjajah(belanda)..
    dan kini halal mengalirkan darah para penjajah(koruptor)..
    mari galakan revolusi..besar..besaran..

  12. SEGALA BENTUK PENJAJAHAN DIMUKA BUMI HARUS DIHAPUSKAN..
    PARA PENJAJAH ADALAH PARA PENGKIANAT YG MENGHISAP DARAH RAKYATNYA SENDIRI..

  13. ass..
    @aLL sepuh
    @aLL duLur
    @OM TJ,ikut nyimak,
    smbari ngajak aLL duLur n manusia,
    mari sm2 mrutinkn doakn aLam n isi’y.

  14. HANCURKAN AMERIKA YG MENGHISAP SUMBER DAYA ALAM KITA..
    HANCURKAN MALAYSIA YG MENGINJAK HARGA DIRI BANGSA KITA..

  15. setelah pulau sipadan dan ligitan, lalu pulau sebatik, diam-diam perbukitan kalimantan secara perlahan. Aku merindukan BUNG KARNO…

  16. Ha..ha..ha..ha..ha
    lucu skali,percuma aj hanya koar2.. Klo ingin hapus korupsi cuma gt doang sama aj bo’ong.. Klo mo berjuang sana ikut parpol jd dewan utk hancurkan kkn. Tp dh kebiasaan klo dh jd dewan malah ikutan korup.. Duit kan enak.

  17. KITA BUTUH PEJABAT DAN PIMPINAN TNI YANG SUKARNOIS…!!! BUKAN PEJABAT YANG SIBUK BERNYANYI, BIKIN ALBUM REKAMAN DAN PEJABAT YANG SIBUK BERPANTUN SAMBIL CENGAR-CENGIR, SEMENTARA RAKYAT KECIL KELAPARAN MAKAN NASI AKING…!!!

  18. Assalamu’alaikum wa Rohmatulloh…
    Salam Rahayu..

    Yth. Kang TJ : Mantaaap.. [Sepertinya mau hujan ya, ambil payungnya Kang hati-hati kebasahan.. Monggo tOPIk hangatnya disruput, nih Saya sent… Mm..mmm enak tenan, mudah-mudahan dapat membantu ya]. Amiin.

    Yth. Semua Sahabatku : [Ndak usah terlalu serius dalam merenungi setiap persoalan di Negeri ini, biasa-biasa saja… Khawatir kebablasan… Mari kita Koreksi, Perbaiki lalu Sempurnakanlah Negara yang kecil ini baru kita sama-sama Koreksi dan Memperbaiki Negara yang besar ini… Kalau kita serentak : Perbaikilah dirimu dan pada saat yang sama ajaklah orang lain, Insya Alloh : Mimpi lagi malam akan menjadi Kenyataan Esok Hari]. Amiin.

    Monggo dilanjutken…
    Nuwun,

  19. Assalamu’alaikum wa Rohmatulloh…
    Salam Rahayu..

    Yth. Kang TJ : Mantaaap.. [Sepertinya mau hujan ya, ambil payungnya Kang hati-hati kebasahan.. Monggo tOPIk hangatnya disruput, nih Saya sent… Mm..mmm enak tenan, mudah-mudahan dapat membantu ya]. Amiin.

    Yth. Semua Sahabatku : [Ndak usah terlalu serius dalam merenungi setiap persoalan di Negeri ini, biasa-biasa saja… Khawatir kebablasan… Mari kita Koreksi, Perbaiki lalu Sempurnakanlah Negara yang kecil ini baru kita sama-sama Koreksi dan Memperbaiki Negara yang besar ini… Kalau kita serentak : Perbaikilah dirimu dan pada saat yang sama ajaklah orang lain, Insya Alloh : Mimpi lagi malam akan menjadi Kenyataan Esok Hari]. Amiin.

    Monggo dilanjutken….
    Nuwun,

  20. Wa’alaikumussalaam waRahmatullahi waBarokatuh @Guruku Ki Mas DanQow..
    Salam salim tuk smua…
    ..Mengapa di tanahku trjadi Bencana..
    Mungkin Tuhan telah bosan melihat tingkah kita, yg slalu salah n bangga dgn dosa-dosa. Atau alam mulai enggan brshbt dgn kita..coba kita tanya pd rumput yg brgoyang..xixixi jd ingat lg Ebiet..

  21. ..ku lihat ibu pertiwi,
    sedang brsusah hati. Air matanya brlinang,,
    kini ibu sdg lara, merintih dan brdo’a…

  22. Sedulur semua, Agama bukanlah faktor perpecahan diantara ummat Manusia. Setiap Manusia HARUS Meyakini kebenaran Agamanya masing2, Tanpa harus membenci n memusuhi yg Berbeda Agama/keyakinan. JANGAN Membenarkan smua agama!! Gak ada bedanya dgn yg tidak punya Agama alias Atheiss!! Laa ikrooha fid diin..walakum diinukum waliyadiin…Islam Rohmatan lil ‘aalamien, hidup rukun brdampingan dgn pemeluk agama lain. Jangan merusak agama atas nama prdamaian!!

  23. “Orang-orang penyayang pasti disayangi oleh Yang Maha Penyayang. Sayangilah makhluk yg ada di bumi, maka kamu kan disayangi oleh yg ada di langit (pr Malaikat dan pr Nabi).”demikian Rasulullah brsabda. Mari qt fahami dr hadits itu, kita harus Sayang kpd makhluk yg ada di bumi! Hewan n tumbuhan pun harus kita sayangi, bhkan benda2 yg kita anggap mati, sprti tanah, batu, gunung dan air pun harus kita sayangi!!! Benda2 yg kita anggap mati pun kan merespons smua prbuatan kita. Mereka (benda2 mati itu) bisa marah n nangis, apa lg makhluk hidup brnama Manusia!! Semuanya brtasbih mensucikan namaNYA…

  24. “Jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan kepadaMu tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada negara…”.

    Salam tadzim & sejatera :
    ○MBAH JATI
    ○Ki Mas Danqow
    ○Ki Haryo Penangsang
    ○Ki Rihlah Rahmatullah
    ○Ki Dullah
    ○Ki dm3n_cah_ayu
    ○All Sedulur…

  25. YAA ALLAH KAPAN ENGKAU MENURUNKAN PEMIMPIN YANG BENAR-BENAR MENGERTI KONDISI RAKYAT & NEGARANYA,……KAMI RINDU DENGAN PEMIMPIN YANG AMANAH, CERDAS, PEMBERANI, CEPAT BERTINDAK DAN SELALU MENGINGAT NAMA MU YAA ALLAH

  26. ibu bumi….
    Maafkan kami….

    Sungguh keihlasanmu n kesabaranmu patut kami teladani…

    Sellu memberi.tak harap kembali….

    Dmn…siapa….
    Yg bisa seikhlas n sesabar engkau…

  27. @ Kimas Dancow
    @ Kimas Rihlah
    @ Mbah Jati
    @ Kang Mas Patramantra
    @ All seepuh KWA
    @ all Sedulur KWA
    Intinya adalah bagaimana kita menyayangi diri sendiri, dan semua makhluk Nya …….. Salam bhatin

  28. semakin lama topiknya semakin tak menentu,dari pada salah bicara mendingan kaboooRRrr……….

  29. salam silaturrohiim……………Ibu Pertiwi sedang terluka teramat parah,,,belum lg sembuh sudah di tambah lagi…..Apakah harus selalu seperti ini ?
    Wahai Ibu Pertiwi….kasihan sekali engkau……………..
    Salam kenal all………..

  30. Numpang lewat. Suro diro joyo ning rat, lebur dening pepaking olah darmo hastuti. Siapa menanam pasti menuai. Negaraku adalah diriku, awali membangun negara dengan membangun jati diri pribadi masing masing individu.

  31. salam semua..
    mahu bicara tentang nafas panjang/dalam yg digunakan untuk membaca al-qur’an
    bagaimana ya..?????

    ada yg guna kelebihan ini untuk nyanyi nyanyian..
    jadi sedap dan asyik didengar

    aku dengar orang jawa dan aceh pintar2 dalam masalah ini
    poknies@gmail.com

  32. Semangat malam
    paling tidak kalau kita tidak bisa mencegah kemungkaran yg terjadi di sekitar kita jangan ikut menjadi bagaian dari kemungkaran tsb
    semangat persaudaraan
    nggak pakai cling……

  33. apapun yang telah terjadi di dunia ini semuanya telah ada dalam kitab yang nyata(laukhul machfudz)dan tak ada satupun “makhluk yang dapat mengubahnya kecuali dengan izinnya,kayaknya kedepannya keadaannya indonesia dan para pejabatnya begitu begitu saja,tetap korupsi dan suap menyuap,dan khususnya kita semua sebagai rakyat indonesia,harus menyikapi dengan cara yang bijaksana daripada ngurusi negara yang mulai meningga3lkan rakyat mending berusaha memajukan ekonomi masing maing

  34. ○MBAH ARIFYANTO :
    Setuju mbah…tp bagaimana kiat-kiatnya untuk memajukan perekonomian diri ?

  35. sekilas tulisan si tajudin ini bagus tapi isinya jelas-jelas penggoblogan, yang menyebabkan indonesia jadi seperti sekarang ini karena banyaknya penghianat, sejak sukarno turun terjadi pengganyangan besar-besaran terhadap sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia di indonesia, bungkarno pantang minta bantuan uang dari amerika karena beliau tahu amerika ingin sekali menguasia indonesia, pada tahun 1967 CIA mengatakan “kita kalah di vietnam, tapi menang besar di indonesia” sejak 1967 indonesia harus jadi negara budak, contoh sederhana penyedotan pulsa, sebenarnya yang menyedot pulsa oarang indonesia adalah orang asing, telkomsel 95% kepemilikannya dimiliki oleh malaysia, indosat kalo tidak salah 70 % punya singapur, kerusuhan antar umat beragama itu semua rekayasa CIA, pemboman yang terjadi di indonesiapun itu rekayasa amerika, kerusuhan yang terjadi di klungkung bali itu kerjaanya intel sigapur,malysia yang tentu saja di bantu CIA, tujuannya adalah menghancurkan industri pariwisata di bali, karena bali adalah salah satu sumber pemasukan yang sangat besar bagi indonesia, flu burung(yang terjadi di indonesia muncul lagi dibali) itu juga fitnah, tahun 1999 ribuan orang di malaysia mati karena virus yang berasal dari babi tapi tidak pernah terexpos keluar, industri otomotif yang ada di indonesia kualitasnya jelek, ada sebuah merek mobil yang bodynya terbuat dari kaleng soft drink, ada merek sepeda motor yang sebenarnya mesinnya berkualitas jelek tapi tetap saja di produksi, negara kita adalah yang sangat hebat, konon katanya negeri atlantis yang pernah di ceritakan oleh plato ada di indonesia, gatot kaca (yang sebagian besar orang indonesia di anggap fiktif) itu berasal dari jawa, valmiki pencipta karya besar ramayana itu asli orang jawa, di kitab ramayana jawa sudah disebut, resi wiyasa yang menulis mahabarata juga orang jawa, bahkan ada salah satu nabi yang berasal dari jawa tapi saya tidak akan menyebut namanya……

  36. kiat kiat buat memperbaiki ekonomi adalah berdagang,berdagang adalah merupakan anjuran sunnah rosul yang membuat para pelakunya bisa kaya raya,tergantung orangnya mau giat apa tidak,yang penting berdagang itu memanfaatkan peluang peluang yang ada seperti barang yang mudah dijual dan di sukai banyak orang

  37. SSSSSSSSSSSSSSSSSSTTTTTTTTT……………………JANGAN MENYINGGUNG NYINGGUNG NEGARA MALAYSIA DI SINI BANYAK SAUDARA YANG ADA DI MALAYSIA ,DAN TUJUAN KWA ADALAH MENCARI PERSAUDARAAN DI SELURUH NEGARA DI BELAHAN DUNIA.LUPAKAN SOAL POLITIK BIAR PEMERINTAH MASING MASING YANG MENANGANI URUSAN NEGARA KARENA SUDAH TUGAS MEREKA,MEREKA DI BAYAR BUAT MEMPERTAHANKAN NEGARA,KALO KERJA MEREKA TIDAK BECUS SAATNYA DILAKUKAN UNJUK RASA,JADI KWA BUKAN MILIK BANGSA INDONESIA SAJA TETAPI NEGARA NEGARA YANG ADA DI SELURUH DUNIA

  38. Good Pagi………….

    Weekend saatnya bersantai ria….

    ○MBAH ARIFYANTO :
    Barang kali ada ritual khusus sebagai penyeimbang antara ikhtiar & doa…??
    Hati2 mbah…naik sepedanya jangan pake saefi angin,nanti remnya bisa blong….hehe.

    Salam Rahayu sedulur sekalian…

  39. qt terlalu sibuk mencri kambing hitam, yg amerika lah, malaysia lah dan lah lah lainx, qt terlalu terbuai dg kejayaan masa lalu. Ya skrg qt sibuk menyalahkan n berangan-angan. Mimpi teruuus. Tdk ada tindakan kongkret tuk membangun negri ni. Berushalah walau itu kecil bg negaramu, tp jk semua rakyat melakukn hal yg sama mk kumpulan yg kecil ni akan menjdi bukit. Terus semangat guys

  40. Ass… Saran. Ditompo karepmu g ditompo karepmu.. Jgn omongin mslh politik di kwa..palagi nyinggung negara lain. G etis bro.. Tau dirilah ini blog keilmuan spy yg goblok jd pinter, yg pinter jd goblok…
    Perbaiki diri sendiri lbh baik..
    Selamatkan ahlimu dr api neraka..tu bukan orang lain yg diselamatkan lebih dulu.. Tp ahli yg ad dlm diri sendiri..dulu.. Baru melangkah ke kluarga..kerabat n lingkungan.
    Lha wong diri sendiri g bs kasih conth baik bgm mo ksh tau orang lain. Orang bljr ilmu tu ibarat duduk ditepi pantai.. Renungi arah riak gelombang dilautan. Knp riak gelombang selalu menuju kearah kita.. Klo dh tau maknanya manusia akan bs lbh koreksi diri sndr..

  41. memang biang keroknya amerika, CIA pernah ngomong cukup 2 korek api untuk menghancurkan indonesia
    satu untuk membakar agama satu membakar budaya, sangat bodoh sekali jika kita mengabaikan politik karena selama ini kiita dikerjain amerika pintu masuknya politik lalu ekonomi lalu budaya, saya berharap kwa menjadi sarana pembelajaran supaya manusia indonesia lebih waspada jangan mau di kerjain sama bangsa lain, persaudara ya persaudaraan tapi jangan jadi bodoh, yang saya kritik bukan warga negara malaysia karena banyak saudara-saudara saya juga orang malaysia yang saya tentang adalah kebijakan politik negaranya bukan rakyatnya, korupsi di indonesia memang sengaja dibuat supaya bangsa kita jadi lemah, yang korup di indonesia bukan cuma orang indonesia orang asing pun banyak, ada yang mengatakan bangsa indonesia suka barang bajakan, yang dvd bajakan di glodok bnayak orang asing meskipun yang beli adalah pembantunya, budaya tanti politik dan ekonomi membuat kita hanya jadi kambing congek….

  42. tanpa pemahaman poltik yang kuat kita akan jadi budak bangsa lain, bangsa kita bangsa yang hebat dari aceh sampai papua Allah memberikan karunia yang luarbiasa karena itu banyak bangsa lain ingin menjadikan indonesia sebagai sapi perahan, saatnya revolusi, bukan revolusi yang berdarah-yang berdarah tapi lebih ke revolusi pemikiran,kita harus sadar konflik yang terjadi di indonesia adalah campur tangan asing dengan demikian kita lebih bijak dalam menyikapi segala sesuatu , CIA pernah mengatakan cukup 2 korek api untuk membakar indonesia satu membakar agama yang kedua membakar suku (budaya) tahun 1928 terjadi sebuah kesadaran bahwa kita adalah satu, kolo di cermati generasi jaman dulu alis jadul lebih maju dari generasi sekarang

  43. @ bhumipasra mudra …

    saya salut dengan anda …saya harap anda tidak berhenti disini … kalo saya merasaka juga mungkin 1 korek api yg digunakan untuk membakar budaya akan kita siram dan kira2 KWA akan bisa memadamkan api tersebut …
    apa yang anda suarakan adalah bentuk kritikan yang baik akan tetapi kira2 bersediakan anda memberikan komentar yang bersifat memberika “SOLUSI” atas semua dari komentar anda sendiri jika anda memberikan solusi secara jelas maka hal nanti akan dipadukan dengan Sumpah Budaya KWA … yang tujuannya untuk tetap mempertahankan budaya kita …?? bagaimana ..
    slm kenal

  44. @Adim
    terima kasih…..solusinya sebenarnya banyak tapi awalnya adalah memaafkan, jangan memiliki dendam

  45. Kalau untk beramar ma’ruf nahi munkar…itu memang hrs melampaui dimensi yg tdk di batasi oleh sekat2 budaya politik dll, khusus para KORUPTOR layak untk di gantung di Negeri tercinta ini…monggo di lanjut

  46. Mr.Editamsil tidak hanya merugikan negara dan rakyat dengan ulahnya. tetapi yg paling dirugikan adalah kaum hawa/para istri yg menyebabkan mereka tidak setia terhadap pasangan atau selingkuh karna ulah EDITAMSIL atau EJAKULASIDINI TANPA HASIl. Hahahaha hidup viagra,.

  47. @m jojon… Jd GGGGGEEEEERRrrrr….
    kkkkk..apa kaitan EDITAMSIL/ ENJAKULASI DINI.. Ama politik
    Aneh2 aj pean..kkkkk

  48. indonesia bisa maju itu semua karena dari pihak swasta dari segala komersilnya bukan dari pihak pelaku aparat pemerintahan,yang juga memakan pajak pajak dari semua sektor perdagangannya,setelah dapat pajaknya dimakan oleh orang orang dalam pemerintahan,selanjutnya pastilah rakyat cuma kebagian 1% untuk pembangunan wilayah daerahnya,dan untuk kesejahteraan hidupnya harus berjuang cari cari sendiri,semisal saja jualan bakso di tepi jalan dan resiko di sana pasti ada selain kena obrakan satpol pp juga pemalak dari preman,nah seharusnya masyarakat yang berdagang dibina oleh pemerintah,bukan untuk di gusur atau di obrak,ini knapa rakyat sudah meninggalkan dan sudah tidak percaya sama pemerintah,mereka malah meningkatkan skill untuk korupsi berjama’ah dibandingkan kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,nah dari sini mulailah kita meningkatkan perekonomian diri sendiri dari pada ngurusi pemerintah yang bobrok moralnya.mending kita mulai budayakan perdagangan dengan berjualan apa saja yang penting bisa buat mencukupi kebutuhan sehari hari biarpun kecil kecilan yang penting lancar,jadikan dunia perdagangan sebagai sisipan aktifitas murni kita untuk mencari uang halal,lupakan pemerintah yang tidak banyak berbuat untuk kita,mungkin keberadaan kwa sebagai tempat atau wadah bersama untuk berbagi dalam memperoleh pencerahan guna meningkatkan mutu kehidupan yang lebih baik,sing ngono yo pancen ngono ora biso dituturi yo wes……sing penting ukhuwah di kwa tetap berjalan,monggo di pun lanjut…..

  49. lllalaaahllllallaaaahhhhh laaahahhllllllaaaahhhh …………… ini pada ngaco ngomongi politrik ko ning kene et dah apabae ya…….

  50. Lakukan saja apa yang mampu kita lakukan dalam hidup ini…

    Nyimak lagi ah…(sambil nyeruput kopi hangat).

  51. Hidup takkan lepas dari yg namanya politi.,krn politik itu kotor dan jahat,
    Knp bgt,
    Singkatnya adalah,politik adalah prodaknya syetan bin iblis,,krn seseorang yg sudah berpolitik dan yg pasti ingin menjatuhkan satu sama lain,apapun caranya,yg penting keinginanya terpenuhi..dst.

  52. semoga kita semua tersadarkan, semoga kedamaian bersama kita, semoga semua mahkluk berbahagia, semoga indonesia jaya…semoga tahun depan saya punya istri 2

  53. jangan lupa sambil dengerin lagu nasyid, biar adem dikiiitt, nampaknya passs deh, hahaha… tancaaapp..!!!

  54. Ehh mimpi lg bc asr mdr utra buat brnten m kampung setan.malah smpai ngjrin istri suruh bc asr. Pdhal bkn pengmal asr

  55. semua yang baik-baik “Aamiin-semoga dikabulkan Alloh dan semua yang buruk-buruk dihilangkan oleh Alloh, Aamiin”.

  56. Sugeng enjing sedulur KWA…

    Sapa ntuk wahyuning Allah
    Gya dumilah mangulah ngelmu bangkit
    Bangkit mikat reh mangukut
    Kukutaning jiwangga
    Yen mangkono kena sinebut wong sepuh
    Liring sepuh sepi hawa
    Awas roroning atunggal

  57. Saya hanya nunggu Imam MAHDI aja.Semoga umur ku panjang, untuk bisa ketemu , dan berjuang bersama nya

  58. Sheikh Tosun Bayrak al-Jerrahi al-Halveti: “Setan dan hawa nafsu adalah pencuri yang beroperasi di dalam kegelapan dan masuk kedalam rumah yang gelap. Mereka tidak akan masu kedalam rumah Allah yang dipancari cahaya iman.Pintu menuju hati adalah pikiran. cahaya pintu itu adalah ilmu. Cahaya itu menghalangi jahatnya kebodohan, khayalan, kemunafikan, kesombongan. Jika jiwa adalah kesadaran, maka kegelapannya adalah kelalaian”

  59. Askum
    Izin nyimak mas TJ. Mungkin saya cengeng ya Mas, sampai airmata saya menetes membaca positingannya. Trims dan salam kenal.
    KWA exis..

  60. ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    SALAM PAMUJI RAHAYU…SALAM TAKZIM…SALAM PASEDULURAN….
    DENGAN MENGHARAP RIDHO ALLAH SWT INSYA ALLAH KWA JAKARTA AKAN MENGADAKAN SILATURAHMI DAN KEAKRABAN YANG INSYA ALLAH AKAN DIADAKAN DI :
    TEMPAT : BUMI PERKEMAHAN RAGUNAN JAKARTA SELATAN
    HARI/TANGGAL : AHAD, 23 OKTOBER 2011
    PUKUL : 09.00 SAMPAI SELESAI
    KEGIATAN ACARA :
    – SAMBUTAN SAMBUTAN (PERALIHAN KEPENGURUSAN KWA JAKARTA RAYA)
    – ISTIGHOSAH
    – PENGIJAZAHAN BERAS BIBIT (HANYA UNTUK KONDISI TERDESAK / HAJATAN)
    – PENGIJAZAHAN PENGLARISAN / USAHA – DOORPRIZE (DARI PARA SESEPUH KWA JAKARTA)
    DAN AKAN DI ISI OLEH TEMAN-TEMAN KWA JAKARTA RAYA MELIPUTI :
    – RUQYAH BATHIN
    – PENGOBATAN LAHIR DAN BATHIN
    – BUKA AURA
    – MEDITASI
    TAK LUPA KAMI JUGA MENGHARAPKAN PARTISIPASI SERTA SUMBAHSIH DARI PARA SESEPUH DAN SEDULUR SEMUA UNTUK MENSUKSESKAN ACARA.
    DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA. MOHON DUKUNGAN DAN DO’A RESTU KEPADA SEGENAP SEDULUR KAMPUS WONG ALUS DAN TIDAK LUPA MOHON KEHADIRANYA DEMI KESUKSESAN ACARA SILATURAHMI INI
    SALAM TAKDZIM SALAM RAHAYU SALAM PASEDULURAN
    WASSALAMUALAIKUM WR.WB

    KWA JAKARTA
    kwajakarta@gmail.com

  61. Rasanya mau ikutan Kumpul ama KWA Jakarta nich, inget2 dan salam teruntuk Ki Nurjati, Thanmust Tepost, Dead Mean, Wong Abangan, Sabda Sejati, Mbah Abd. Jabar, masih buanyak lagi.. yang terlalu panjang ntuk menulisnya, salam … semuanya

  62. “BERSAMA,KITA SUKSESKAN GATHERING KWA JAKARTA RAYA…”

    Dari Kita,Oleh Kita dan Untuk Kita…

  63. “BERSAMA,KITA SUKSESKAN GATHERING KWA JAKARTA RAYA…”

    Dari Kita,Oleh Kita dan Untuk Kita…

  64. bagi sedulur sedulur yang ada di kwa yang memiliki problem hidup yang ingin di carikan jalan kluarnya bisa di konsultasikan segala problem hidup lewat email:zano.street99@yahoo.co.id

  65. aneh-aneh wae, indonesia bakalan jaya? ra mungkin, wuakakakakakakakakkkk? hahahha ra mungkin, pengen tau? call me. bebas biaya konsultasi, wuakakakakakakak

  66. kasus2 wus kayak sejarah negoro2 liyo, kakehan daimyo, sibuk gawe rakyat e ra fokus, hahahaha koyo aku…

  67. lha loe pada harus tahu, ga cuma kerajaan secara fisik yg diwariskan, jabatan lain2 juga, dan berputar ke tempat2 itu juga, hahahaha…jaya, ra mungkriiiiinnn, wuakakakakak, mimpi hahahahahaha…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s