DISKUSI AMALAN UNGGULAN = AYAT LIMA PULUH QAF


                                                          Wong Alus

 Menarik untuk membahas tentang jenis amalan mahabbah yang terkenal di dunia ilmu hikmah ini. Dalam khasanah sejarah hidup Rasulullah SAW, kita akan menemukan sebuah wacana tentang amalan yang terkenal dengan nama AYAT LIMA PULUH QAF, atau juga di Indonesia kita mengenal juga dengan AYAT LIMA yang lebih ke arah amalan mahabbah/pengasihan.

 Ibnu Mas’ud RA meriwayatkan: Rasulullah s.a.w selalu membaca ayat lima ini baik beliau sedang berada di situasi yang aman atau sedang dalam perjalanan dan dalam situasi konflik dan peperangan. Dalam peperangan beliau selalu dapat mengalahkan orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan selalu mendapat pertolongan ALLAH SWT.

 Aisyah RA meriwayatkan: Rasulullah s.a.w menerangkan bahawa bila ayat lima ditulis di dalam bejana, kemudian diisi air dan airnya diminum pada hari jumaat, maka akan disembuhkan penyakitnya kemudian diisi hatinya dengan cahaya petunjuk, keyakinan dan kasih sayang. Dan bila dibaca oleh seorang pemimpin, maka akan ditetapkan hatinya dan diberi pengaruh serta kekuatan, dan patuh kepadanya semua orang-orang yang dipimpinnya. Jika ditulis dan digantungkan pada ujung senjata untuk menghadapi musuh dalam pertempuran, maka ALLAH SWT akan memecah-belahkan kekuatan musuh.

 Salman Al-Farsi r.a berkata: Rasulullah s.a.w mengajarkan kepadaku ayatlimakemudian beliau berkata: siapa yang membaca dan mengamalkannya, ALLAH S.W.T akan melanjutkan usianya dan mengampuni dosanya dan mudah tercapai apa yang dikehendaki. Tafsir Al-Arais menjelaskan bahwa jika menghadap raja yang kejam, ia akan terpelihara dari kekejamannya dan tipu dayanya. Maka ayatlimaini adalah dinding dari kejahatan manusia dan jin serta syaitan.

Ayat lima sebagaimana yang telah dibeber banyak manfaatnya tersebut sebenarnya ayat-ayat yang diambil dari lima surah dalam Al-Quran  yaitu

 Ayat pertama: Surah Al-Baqarah ayat 246

 Apakah kamu tidak memperhatikan pemuka-pemuka Bani Israil sesudah Nabi Musa, yaitu ketika mereka berkata kepada seorang Nabi mereka: “Angkatlah untuk kami seorang raja supaya kami berperang (di bawah pimpinannya) di jalan Allah”. Nabi mereka menjawab: “Mungkin sekali jika kamu nanti diwajibkan berperang, kamu tidak akan berperang.” Mereka menjawab: “Mengapa kami tidak mau berperang di jalan Allah, padahal sesungguhnya kami telah diusir dari kampung halaman kami dan dari anak-anak kami?”. Maka tatkala perang itu diwajibkan atas mereka, merekapun berpaling, kecuali beberapa orang saja di antara mereka. Dan Allah Maha Mengetahui siapa orang-orang yang zalim. QS. al-Baqarah (2) : 246

 Ayat kedua : Surah Ali-Imran ayat 181

 Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan: ” Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya “. Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka): “Rasakanlah olehmu azab yang membakar. ” QS. Ali Imran (3) : 181

 Ayat ketiga: Surah An-Nisaa ayat 77

Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka: “Tahanlah tanganmu (dari berperang), dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat!” Setelah diwajibkan kepada mereka berperang, tiba-tiba sebahagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari itu takutnya. Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami sampai kepada beberapa waktu lagi?” Katakanlah: “Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun. QS. an-Nisa’ (4) : 77

 Ayat keempat: Surah Al-Maidah ayat 27

Ceriterakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”.
QS. al-Mai’dah (5) : 27

 Ayat kelima : Surah Ar-Rad ayat 16

Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengembang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan.
QS. ar-Ra’d (13) : 17

 Kenapa limaayat ini juga disebut AYAT LIMA PULUH QAF? Sebab setiap satu darilimaayat itu terdapat sepuluh huruf QAF. Untuk asbabun Nuzul atau sebab sebab turunnya ayat di atas, Silahkan dibuka Tafsir Al Qur’annya..

AMALAN MAHABBAH YANG BERKHODAM

Di dalam sebuah postingan dari sedulur  Aditya Riza Kurniawan  di https://wongalus.wordpress.com/2011/01/04/pengasihan-asma-khodam-pengasihan-ayat-5/ yang juga ada di Kitab Mahabbah karya KH Zakhwan Anwar, bahwa Ayat Lima yang disebutkan di atas yang sudah diramu menjadi amalan Mahabbah tersebut adalah:

 KAMAA-IN ANZALNAAHU MINAS SAMAA-I , FAKHTALATHO BIHI NABATUL ARDHI FA ASBAHA HASYIIMAN TADZRUUHUR RIYAH, YAA HAGHQOLZAA-IIL  HUWALLOOHULLADZI LA ILAAHA ILLA HUWA `AALIMUL GHOIBI WASY SYAHAADATI HUWAR ROHMAANUR ROHIIM, YAA JAGHSYAKYAA-IL YAUMAL AZIFATI IDZIL QULUUBUL LADAL HANAJIRI KAZHIMINA MA LIZH-ZHOLIMINA MIN HAMIIMIW WALAA SYAFII-IY YUTHOO` , YAA GHODZ YAA-IIL `ALIMAT NAFSUN MAA AKHDOROT FALAA UQSIMU BIL KHUNNASIL JAWARIL KUNNASI WAL LAILI IDZAA `AS `ASA WAS-SUB HI IDZAA TANAFFAS, YAA WA` ZAL ZAA-IL SHOD WAL QUR`AANI DZIDZ-DZIKRI BALILLADZIINA KAFARUU FII `IZZATIW WA SYIQOQ, YAA DAGHSYA` YAA-IIL TAWAKKALUU YA KHUDDAAMA HAADZIHIL AAYAATI, WA AYYUHAS SAYYID MAYTHOTHORUN BI TAHYIIJI QOLBI … … … (NAMA TARGET) , `ALA MAHABBATI WA MAWADDATI ALUUHAN ALUUHAN, AL `AJAL AL `AJAL, AS SAA`AH AS SAA`AH, `ALAA MULKI SULAIMAANA BIN DAAUDA ALAIHIMAS SALAAM BIHAQQIT TAUROOTI WAL INJIILI WAL ZABUURI WAL FURQOONI BIHAQQI MUHAMMADINIL MUSTOFAA SHOLALLOOHU ALAIHI WA SALLAM WA BIHAQQI HADZIHIL AAYATIL `IZHOM WAL ASMAA-IL KIROOM WA BIHAQQI KAHFAZMAHYUUSYIN ALLOHUMMA INNI AS ALUKA AN TUSAKH KHIROLI WA TUHARRIKA LI QOLBA …. …. ….(NAMA TARGET) `ALAA MAHABBATI WA MAWADDATI NASHRUM MINALLOOHI WA FATHUNG QORIIB.

 Dengan tata cara sebagai berikut dibaca 7x setelah sholat 5 waktu dan 41x sehabis sholat hajat selama 7 hari. Setelah 7 hari bisa dibaca 3x/7x setelah sholat. Pada saat membaca nama target lakukan visualisasi sejenak. Kalau untuk umum …..(nama target) diganti : “semua yang memandangku” -“fii qulubinnas (semua manusia)” -“fii qulubin nisa-i (semua wanita)’ -“fii qulubir rijal (semua laki-laki)”

 Tata cara lain diungkap seorang AHLI HIKMAH yaitu ayat diatas dibaca 93 x pada hari Jumat. Bahkan banyak fadhilah lain dari lima ayat di atas di antaranya pelunasan hutang, rezeki mengalir, memanggir orang yang minggat atau pergi jauh tak kembali, dan seterusnya tentu doa mahabbahnya diganti dengan doa sesuai keinginan kita.

 Konon, amalan ini sudah banyak yang membuktikan kehandalannya. Saya sendiri sampai sekarang belum pernah mengamalkan amalan ini dan sama sekali tidak tahu apa serta bagaimana amalan ini bekerja. Oleh sebab itu bagi sedulur-sedulur yang sudah mengamalkan atau sedulur pemerhati ilmu hikmah monggo didiskusikan agar sedulur yang lain mendapatkan pengetahuan yang lebih mendetail. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih. Salam KWA—ngen…. @@@

Pos ini dipublikasikan di AYAT LIMA PULUH QAF. Tandai permalink.

177 Balasan ke DISKUSI AMALAN UNGGULAN = AYAT LIMA PULUH QAF

  1. Ronggolawe berkata:

    Absen buat menyimak…..
    Ndeprok sambil ngopi dan nungguin hujan….salam rahayu ki wong alus, sesepuh kwa, dan sedulur semua….ayo mohon pembabarannya

  2. Lintang sumirat berkata:

    Kedisikan mbh ronggo lawe….

  3. (Boedi Alwa) berkata:

    Hadir nyimak.
    Salam persaudaraan.

  4. (Boedi Alwa) berkata:

    Salam kenal dan persaudaraan buat
    @KM RONGGOLAWE
    @KM LINTANG SUMIRAT

  5. Aria dwi pangga berkata:

    pertamaxxxxx….ayo sesepuh2 yang sudah pernah mengunakan monggo di babar pengalamanya….

  6. Lintang sumirat berkata:

    Slm kenal kembali @budi alwa…

  7. caem(bocah manut) berkata:

    hadir sambil nyimak..

  8. amang..el.. berkata:

    ..:: assalamu’alaikum ki wong alus…dan sedulur semua…mengutip dari sebuah kitab berbahasa arab melayu..tentang fadilah ayat lima..yaitu : untuk bertemu musuh..pemeliharaan diri dari kejahatan manusia..jin, syaitan dan binatang buas, jika orang besar mengamalkan membacanya ttp ia dlm pangkatnya dan bertambah kebesarannya..walhasil ayat ini patut di baca ketika di dalam negeri, di dalam musafir, dan di dalam peperangan..
    Wallahu a’lam

  9. ferdiansyah berkata:

    assalamualaikum wrwb
    saya ferdi
    di bojonggede-bogor
    saya sedang membutuhkan pertolongan
    adakah kiranya saudara/para dermawan yang mau meminjam kan uang balik nya kepada saya
    saya sedang terhempit masalah ekonomi (hutang)
    saya sudah berkeluarga dan di karuniai 2 orang anak
    saya mnta tlg agar ada dermawan yg membantu
    semoga allah membalas kebaikan saudara/demawan…

    ferdiansyah
    d/a jl raya tonjong kp sudimampir rt 01/03
    cimanggis.bojonggede-bogor 16320
    telp : 087870161819

  10. haryo penangsang berkata:

    wah, qobiltunya kmna nie,

  11. rayyan berkata:

    salam perkenalan & salam idul adha kpd semua..
    mohon keizinan utk diamalkan suatu saat nanti..

  12. Ki SamBer GleDek berkata:

    Hadir selamat malam semuanya,and salam rahayu slalu,!

  13. Ki SamBer GleDek berkata:

    Mbah haryo p
    Mbah lintang s
    \(~_*)/,clink3x,qiqiqiqiqiqi

  14. BocahWaras berkata:

    hayooo, siapa sedulur yang sudah nyoba amalan ini silakan SHARE
    :-)
    salam damai selalu….

  15. Lintang sumirat berkata:

    @mbah gledek jgn ngecling mbh…bahaya lg musim hujan…
    Mbh geledek pripon kbr panjengan…?

  16. Jampang Kilat berkata:

    Salam Rahayu & Sejahtera…

    Inzin nyimak…

  17. Lintang sumirat berkata:

    @mbh jampang keluar mbh jgn bertapa terus…

  18. Lintang sumirat berkata:

    Mbah jampang dah keluar to…salam salim cium tangan mbh…

  19. Wong Brur berkata:

    Asslam..wr.wb. Selamat hari raya Qurban, hadir nyimak Qobiltu

  20. asrul sani afriandy berkata:

    nagbsen malam lebarannnnn………….. sambil langsung qobiltu

  21. lukman berkata:

    takbiran yukkkk….

  22. awan berkata:

    izin nyimaxx..
    Salam..

  23. aaa berkata:

    saya sudah hafal ayat lima mahabah dan saya sudah mengamalkan 1 kali jumat tapi saya blm merasakan faedahnya…. saya juga ijin ijahan dari wongalus….mohon pencerahan

  24. wisnu setiawan berkata:

    ki mbah samber gledek@mbah….
    mbah lukman@ayo mbah,,saya tunggu di depan rumah mbah ya…
    Raden mas awan@awas mas.,.kena sundul.,

  25. dm3ncahayu berkata:

    ass
    @Ki WA&tim
    @aLL sspuh
    @aLL duLur
    @aLL rawuh
    ikut nyimak
    saLam cinta sLL
    monggo diLnjt

  26. wisnu setiawan berkata:

    mohon mbah aaa untuk membagi ilmu dari ayatnya ke saya…..

  27. dody berkata:

    Klo sama hijib nabi yusuf bagus mana ki alus…??kliatanya ini agak rbet and susah diapal..

  28. al kautsar berkata:

    assalamu alaikum……..malam malam gini tidak ada yang nongol………ngilang lagi ahhh….
    cling…..

  29. WIN ASSUNNAH berkata:

    asmlkum..semangat malam smua..mahabah jepang juga manjur ya..he..he

  30. nOOr @72 berkata:

    TERIMA KASIH

  31. KI AGENG MAS SAHID berkata:

    salam all, semua adlh keyakinan,istiqomah,ketaqwaan,keikhlasan,kesbran,tnp ini,boro2 deh..,ngopi dl bro..

  32. Askhalifah berkata:

    Ijin nyimak
    salam paseduluran untuk sesepuh KWA dan bolo bolo KWA

  33. WAHYU WANA berkata:

    sugeng ndalu poro sesepuh&poro sedulur semua…salam

  34. pendatang berkata:

    mana lagi power..amalan ini atau hizib nabi yusuf..haha

  35. M. Shodiq berkata:

    Maaf ,numpang promosi\

    Ass Wr Wb
    Solusi keuangan anda,
    BONUS SHARING ROYALTI PROFIT 130% SAMPAI 200% !!! HANYA 1 HARI !!!! __
    Investasi Anda dan Bonus Sharing Royalti Profit Harian Anda langsung ke rekening anda, tidak ada duanya,
    Bukan MLM /money game /cari downline jual produk abagedabra, ebook copas dll, NGGAK PUSING, TIDUR NYENYAK UANG DATANG, TIDAK PERCAYA BOS?
    Simak di http://www.hastakiwa.blogspot.com
    dan gabung segera di http://maxroyalti.com/?ref=spectacular

    Sukses untuk anda
    Was. Wr,Wb,
    Matur thankyou

  36. wongcileduq berkata:

    Qobiltu .. .

  37. Ki SamBer GleDek berkata:

    Allahu akbar Allahu akbar
    Allahu akbar laaaaaa illaaa hailallahu allhu akbar,Allahu akbar walilla hilkham.(7x).

  38. haris berkata:

    Ass.salam perseduluran tuk keluarga bsr kwa. Dah lama baru koment lg.ternyata kampus makin asik aja.he..3x. Slm hormat tuk ki wong alus. Moga selalu sehat dan selalu dlm lindungan allah amiiiin

  39. ari berkata:

    aslmlkm
    mf numpang iklan
    http://www.pulsagram.com/?=cc979492
    alkhamdulilah saya punya penghasilan tmbahan hanya dg jual pulsa
    mf..ini ilmu dunia
    mngkn gk pentng bg para sedulur dsni..
    mf
    wslm.

  40. alwindo djuhardi berkata:

    Asalamualaikum wr.wb. para sedulur KWA..saya pernah mendapat ijazah ini dengan tata laku yang agak berbeda tapi ayat nya sama persis seperti yang ditulis diatas..disebut oleh Guru saya “Mahabbah KAF HAA YAA ‘AIN SHOOD” karna awal ayat pertama dimulai dengan huruf kaf,awal ayat kedua dimulai dengan huruf haa dst…sampai kelima ayat..Bukti dari ilmu ini emang dahsyat,pernah saya gunakan selama 7 hari berturut-turut dengan cara yang berbeda ..hasilnya?..pada hari yang ke 7.. wanita nangis-nangis memohon belas kasih dari kita..Dan saya mengajarkan ini juga kepada teman saya karna perlu untuk ketemu dengan teman relasi bisnisnya yang udah lama gak ketemu..setelah diamalkannya pada hari ke 4 temanya itu datang ke bandung dari Jakarta untuk ketemu dengan dia..dan temannya itu cerita kalo dia sampe datang ke bandung karana perasaannya itu kangen sekali ingin ketemu..pesan guru saya hanya untuk hal-hal yang terdesak amalan ini digunakan,pantangan jangan digunakan kepada wanita yang sudah menjadi hak orang lain…Sedikit cerita pengalaman saya tentang mahabbah diatas.wasallam

  41. hamba sahaja berkata:

    Sekedar share dan untuk menambah khasanah keilmuan KWA
    Ingat pesan admin blog KWA : “ Hati-hati penipuan terhadap amalan yang bersinggungan dengan uang “

    RITUAL PEMBUATAN IBU DUIT

    DI BAWAH ini akan diketengahkan salah satu prosesi membuat Ibu Duit yang berasal dari Riau dan beberapa daerah Sumatera lainnya. Ritual ini sedikit agak rumit jika dibandingkan dengan Doa Istighosoh Kubro yang petunjuk lengkapnya masih dirahasiakan.

    Ritual pembuatan Ibu Duit yang akan dibeberkan dengan gamblang ini adalah dengan mewiridkan bacaan : YAA FATAAH YAA ROZAAQ.
    Agar lebih jelas berikut ini urutan tata caranya :

    1.Hendaklah Anda puasa mutih ( berbuka hanya nasi dan air putih sebanyak bilangan hari pu-
    asa ) selama 7 hari berturut-turut
    2.Selama berpuasa malamnya anda harus mewiridkan amalan tadi sebanyak 997 kali dengan
    padi. Maksudnya, untuk menghitung bilangan wirid digunakan bulir-bulir padi sebanyak tersebut.
    Jadi, selama 7 malam berturut-turut harus tersedia sebanyak 997 x 7 hari = 6979 bulir padi.
    Perlu diingat, padi ini baru diambil pada hari Jum’at dengan keadaan tubuh suci dari hadast
    besar ataupun kecil. Artinya, anda harus punya wudhu.
    3.Sebelum wiridan dimulai harus di dahului dengan sembahyang Hajat 2 ( dua )
    rokaat. Pada saat akan mulai wirid, baca dulu YAA ALLOH 3 kali.
    4.Setelah wiridan dengan jumlah bilangan seperti tersebut di atas tadi, hendaklah

  42. benyokta2 berkata:

    Assalamu’alaikum Para Sedulur

    Ijin Menyimak aja yaa..!!!

  43. ade ahmad nurhakim berkata:

    Assalammualaikum,,,mohon ijin menyimak dan mohon ijin untuk mengamalkan,,terima kasih,,,! salam knal buat semua bolo wong alus KWA,,!!

  44. kelabang tapak sakti berkata:

    betul..ayat 5 itu terlalu banyak fadilatnya,alhamd dg izinNya saya sdh mengamalkan selama 17 tahun………..insyaalloh akan terus diamalkan………..

  45. Ki SamBer GleDek berkata:

    (~’_’*),trink3x
    Absen selamat siang and salam keraharjan slalu,nwn.

  46. Jampang Kilat berkata:

    Hadir Siang………..

    *Ki Lintang Sumirat :
    Salam tadizim ki,salam cium tangan kembali…moga2 njenengan selalu dalam Lindungan-Nya.

    *Mbah Gledek :
    Salam sungkem Mbah…rahayu selalu.

    *All Sepuh & Sedulur sekalian:
    Salam silahturahim,sejahtera abadi…

  47. saka ganteng berkata:

    hadir malam,,,,

    waw ada mbahe Gledek ni,,wajib kabbooorrrrrrrrrrr

  48. Tak penting berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb
    salam sejahtera bolo KWA semuanya.sudah lama baru absen lagi disini.mau ikut urun rembuk ah,kaifiat mahabbah ayat 5 yg saya ketahui sbb:
    malam jum’at di baca 66x,lalu paginya sekitar waktu duha di baca 93x.malam seterusnya dibaca 66x (malam saja),sampai malam jum’at berikutnya.dan di malam jum’at nya di baca 66x lagi,dan paginya di baca 99x lagi.

  49. satriopamuji berkata:

    AMALAN SUPAYA TDK MINDER KPD CEWEK ADA TDK? SAYA CARI KEMANAPUN TDK PRNH ADA.

  50. MBAH ARIFYANTO berkata:

    absen dahulu………….lalu ngacir…………….bakar…….bakar…………sate……….sate…………….

  51. Lintang sumirat berkata:

    @mbh arifyanto…salam salim mbh…

  52. putra galuh berkata:

    Qobiltu…..ijin mengamalkan…..

  53. Jampang Kilat berkata:

    Selamat malam,selamat nyate…

  54. di dalam gelap ada siapa ? berkata:

    lihat lihat aja dah .. maklum, cari tambahan ilmu pengetahuan …

  55. Ki SamBer GleDek berkata:

    Hadir3x salam selamat malam semuanya,salam selamat nyate jg mbah jampang k,!kenapa ko sy hanya kebagian baunya aja nich.???qiqiqiqiqiqiqi

  56. Ki SamBer GleDek berkata:

    PERSIDEN ISRAEL SHIMON GOBLOK MENGANCAM MAU MENYERANG IRAN.!!

    Bagaimanakah menurut pendapat kita lur duluurr!!
    Apa perlu SHIMON GELO’,Di buat campuran sate malam ini.!??hemmmmmm

  57. aslkm sugeng dalu sederek sedoyo

  58. WAHYU WANA berkata:

    sugeng ndalu para sesepuh&para sedulur semua…salam karaharjan,

  59. saiii berkata:

    hadirrrrr&nyimak,,,,,,,,

  60. pangeran dewa arjuna berkata:

    izin nyimak.selamat malam semuanya

  61. Ki SamBer GleDek berkata:

    Absen pagi and salam rahayu semuanya..

  62. Akar Petir berkata:

    Ki Samber Gledek ….. qobiltu Sate SHIMON PERES …..

  63. Ki SamBer GleDek berkata:

    Mbah Akar Petir
    Oke siap mbah,Satenya khalalan thoyyiban ko mbah,!jgn takut dan jangan ragu deh.!!qiqiqiqiqi

  64. Jampang Kilat berkata:

    Salam Pagi………….

    Mbak Gledek..gak dapet dagingnya kuah pun jadilah…hehe.

  65. ***_nurcahyo_*** berkata:

    DIBABAR DIWEDAR….MONGGO………….___________>>>>>>>>>>

  66. m@skumambang berkata:

    salam rahayu….wah mantapd mbah ronggolawe…salim kenal. mbah…ki samber gledek, ki jampang kilat…sugenng enjing mbah…

  67. bocah lawu berkata:

    Assalamu’alaikum
    absen.. Selamat pagi
    @ki Alus
    @all sesepuh n bolo alus.
    Selamat aktifitas dan sukses

  68. wong edan berkata:

    hheeeeeeeee,,,,,,,,,

  69. hadi berkata:

    MANTAP, saya dpt amalan ini dari asma mahabbah akbar ilmu pengasihan sejati,
    maksyusss

  70. Gagak Lumayung berkata:

    Hadiiiiiirrr, absen hari ini …………..

  71. macan siliwangi berkata:

    @KI SAMBER GLEDEK SALAM TA’ZHIM.
    KI WONGALUS & SELURUH SESEPUH KWA MOHON SEGERA DIKOORDINASIKAN PERANG GHOIB III DENGAN FOKUS TARGET:
    PIMPINAN ISRAEL SIMON PERES & EHUD BARAK.

  72. rabbani berkata:

    qobiltu ki
    izin mengamalkan agar banyak orang yg suka nantinya juga mudah dapet pekerjaan

  73. rabbani berkata:

    qobiltu ki
    izin mengamalkan agar banyak orang yg suka nantinya juga mudah dapet pekerjaan
    amien

  74. thanmust thepos berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb
    sugeng enjing
    derek nyimak
    deprok
    mojok

  75. thanmust thepos berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb
    sugeng enjing
    derek nyimak
    deprok
    mojok

  76. zaki berkata:

    qobiltu ayat 50 qaf+mahabbahnya

  77. Jampang Kilat berkata:

    *Ki M@skumambang:
    Sugeng enjing kembali ki,bagaimana khabarnya ? Senyumannya gak nahaaaan…hehe.

  78. aliflibra berkata:

    waduh… telat truuusss…
    onlinenya di kantor aja siii…
    yang penting bisa absen juga salam poro sedulur bolo lan sesepuh seduyo teng blog KWA
    maaf bahasa ne… campur… he..he..
    maklum kulo teng kendari-sulawesi tenggara

  79. HAMBA ALLAH berkata:

    asalamualikum wr.wb
    aq mau tanya baigamana cara doa merukunkan suatu keluarga yang sering ributbutt…
    terimakasih bila anda mau menjawab pertannyaan saya…
    wasamualikum wr.wb

  80. MBAH ARIFYANTO berkata:

    @hamba Alloh:banyak banyakin baca sholawat insya alloh kluarga akan adem ayem,sebab dengan banyak membaca sholawat insya alloh energinya akan membikin suasana adem dan pikiran yang mudah temperament akan menjadi tenang

  81. MBAH ARIFYANTO berkata:

    SAYA SIAP PERANG GHAIB UNTUK MEMBELA IRAN………
    SUDAH SAYA SIAPKAN AMALAN HIZIB NASHR,HIZIB KHOFI,HIZIB SAEFI NAWAWI,BLEDUG AWU RAJEH,ASR,RDR,AMRDR`,HIZIB KAUTSAR,HIZIB BAHR,ASR LANGIT,BUMI,TANAH,HIZIB SAEFI AL FATEHAH,HIZIB QIYAMAH DAN HIZIB HIZIB LAIN YANG MEMATIKAN DAN MENGHANCURKAN
    IRAQ SUDAH HANCUR………….KARENA ZIONIS BANYAK TEMPAT PERIBADATAN DAN MAKAM MAKAM KERAMAT PARA WALIYULLOH DIRUSAK…………KINI SAATNYA BERJUANG MEMBELA IRAN DARI ZIONIS……….

  82. Ki Ageng JJ berkata:

    RAHAYU UNTUK SEMUANYA ENGGIH
    KI ALUS DHEREK NYIMAH….

    @MBAH ARIFYANTO : SUGENG RAWUH…..MBAH….NDEREK NYIMAK UGI…..MANTEB MBAH ENERGINE JENENGAN…..MONGGO DIPUN KOMANDANI…..PERANG GHAIBNYA

  83. MBAH ARIFYANTO berkata:

    @ki ageng jj:soal komando saya serahkan kepada ki wong alus selaku pimpinan kwa atau para sesepuh yang lebih senior ,selain itu saya minta dukungan para sesepuh sesepuh yang lain yang ada di seluruh kwa agar energinya bersatu dan menjadi kekuatan penuh untuk menghancurkan koalisi zionis,karena posisi saya sudah siap perang ,selanjutnya bagaimana dukungan sesepuh yang ada di kwa jakarta

    untuk perang ghaib I dan II yang terdahulu alhamdulillah banyak membantu dan hasilnya cukup menenangkan pikiran dan bisa berakhir dengan berita yang memuaskan

    selanjutnya direncaanakan dahulu system taktik penyerangannya,monggo saya tunggu tambahan tambahan dari para sesepuh yang lain………………

  84. thanmust thepos berkata:

    derek nyimak, mBah Arif saya tutwuri handayani mBah

  85. thanmust thepos berkata:

    @Ki Ageng JJ : Salam Rahayu Ki Ageng

  86. thanmust thepos berkata:

    Biasanya kalau yang komando Ki Alus, terus cepet bersambut. Monggo Ki Alus dipun wiwiti.
    Salam Takzim

  87. thanmust thepos berkata:

    Wah, terpaksa off dulu. Mau pulang dulu, monggo dipun lanjut. Salam…..

  88. Ki SamBer GleDek berkata:

    Hadir3x
    Salam selamat sore semuanya and salam salim salam rahayu tuk sedulur2 yg sy hormatin and sy cintai,.nuwun.

  89. Sore Sedulur semua….
    SASAJI NGALAMANIA

  90. Ki SamBer GleDek berkata:

    Ki wongalus
    Ki jembar jj
    Ki Nurjati
    Mbah Arifyanto
    Mbah thanmust thepost
    Mbah jampang k
    Mbah haryo p
    Mbah macan siliwangi
    Mbah kangmase ckp
    Mbah gentar alam
    Mbah selor
    Mbah gus nur
    Mbah ucis
    Mbah mbah yg lainya yg tdk sy sebutkan satu persatu,!
    Salam tetap semangat slalu salam utk merapatkan barisan demi menjalin kekompakan utk membasmi manusia2 iblis yg berniat ingin menghancurkan islam,!trims.

  91. Kang Demang Vienzchen berkata:

    mantabbb,,,salam rahayu……insya allah ada jalan….selama azan masih berkumandang di bumi…agama allah takan pudar……rahayu…rahayu…rahayu….

  92. Kang Demang Vienzchen berkata:

    salam salim sesepuh semuanya….murid yang sangat hina dan bodoh hina mohon bimbinganya,,,nuwun,,,,monggo di serupt kopi abc,tubruk dan lain-lain…rahayu

  93. Ki SamBer GleDek berkata:

    Mbah Arifyanto
    Sip mantaf mbah,
    Saya akan selalu dukung 1 jt persen mbah,,
    Salam salim and salam tetap semangat slalu,,

  94. panglima alam berkata:

    salam saudaraku..mohon ijasahnya ilmu ini..terima kasih..

  95. susu sehat berkata:

    aslm, salam perseduluran 2 tahun yang lalu saya pernah ngamalkan ayat 5 ini selama bulan romadon dibaca 3x lalu berdoa agar faedah yang baik dapat berguna bagi saya dan orang lain dibaca sehabis solat subuh dan asarb dan alhamdulillah saya mendapati beberapa hajat saya terkabul ( di mudahkan berbagai urusan ) itu yang saya rasakan dan romadon yang lalu saya coba lagi dengan cara yang sama tapi tidak baca doa nya ” agar diberikan manfaat positif bagi diri dan oranglain” serta saya juga gak jelas maunya apa mungkin sekedar sarana ibadah di bulan suci namun apa yang terjadi saya mendapati pikiran uring2an gelisah sukma seakan tertarik keluar mimpi buruk badan panas pendek kata KAGA ENAK beda kaya awal saya lakoni padahal saya amalkan baru 3 hari . langsung saya hentikan dan baca solawat sebanyak banyaknya , allhamdulillah gpp . Saya binggung ko bisa gini ,oooohhhhhhhhhh mungkin saya kotor dan bejat jadi energi negatif yang saya dapat gak cocok ,sebagai ganti saya baca ismyul adom sebagai wirid selama bulan puasa dibaca 1oo x sehabis solat subuh alhamdulliillah adem pikiran tenang , demikian cerita saya bagaimana cerita mu?………

  96. selamat malem mbah mbah semua….mbah samber gledek..demang viencent,,mbah arif..mbah jjumantoro..mbah thanmust tp…kwan nakama..dan semuanya all sedulur wong alus……kulo nderek…..perang ghoib…mbonceng mawon….

    penake maos nopo mbah…..sing powere gedhe…..tak manut ae….mbah…

    .

  97. ilusi berkata:

    absend malam…. salam salim para sedulur….
    KWA-ngen lama ga masuk.

  98. ilusi berkata:

    ijin off dulu…
    rahayu….rahayu….rahayu….

  99. haryo penangsang berkata:

    assalamualaikum sedulur,
    nderek absen mawon,
    salam KWAngen slalu,

  100. Kang Demang Vienzchen berkata:

    absen pagi….salam rahayu…nyimak sambil jualan batagor

  101. Jampang Kilat berkata:

    Pagi yang sejuk….

    Salam sejahtera,selamat beraktivitas…rahayu sedaya-daya.

  102. cowok miskin berkata:

    selamat pagi, assalamu’alaikum…

  103. m@skumambang berkata:

    salam rahayu…ki demang v,ki jampang kilat,ki cowok miskin,,,,yglain mana? apa harus bbakar bakar buhur dulu…..ato kemnyan putih….h he he…

  104. Nasrudinkb berkata:

    Allahu akbar Allahu akbar
    Allahu akbar laaaaaa illaaa hailallahu allhu akbar,Allahu akbar walilla hilkham.(7x).
    bila mahu mulakan perang ghaib….mohon gabung sama…

  105. WONG GENDENG berkata:

    Assalamualaikum…..
    AMALAN MUANTAPS TENAN….konon minum pestisidapun serasa minum air mineral….qi qi qi qii..
    ayo SEMANGAT!!!….SEMANGAT!!!…dah pada mabok amalan kalee ya …qi qi qi qiiii.

  106. cowok miskin berkata:

    KALAUPUN PEPERANGAN TERJADI, DAN SEBELUM PERANG DIMULAI, SAMPAIKAN DULU ISLAM KEPADA MEREKA, AJAKLAH MEREKA UNTUK MASUK ISLAM, SEMOGA PERTOLONGAN ALLAH AKAN DATANG.

  107. Kita harus bisa mengasihi, apabila kita ingin dikasihi orang lain. Pengasihan yang ada adalah dzat murni, kebaikan di balas kebaikan.

  108. De santos kds berkata:

    Assalamu’alaikum sesepuh KWA dan sedulur semua……ayat lima emang top markotop….ayo sedulur semua mengamalkan ayat ini semoga berkah dunia dan akhirat……monggo dilanjut….

  109. KiTAKARABAS berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Sangat dahsyat amalan ayat 5.. saya sudah buktikan…cewek dituju hampir dapat.. malah istri yang minta cerai duluan… padahal dia belum tau kalo saya lagi ngincar cewek lain..
    hehehhehe..
    apakah ini juga hasil dari kerjaan khodamnya agar saya dapat cewek impian itu???? mohon petunjuk dari seluruh warga di blog KWA serta para sesepuh sekalilan..

    Makasih..

  110. ijin absen Q’ mski lama tk brkunjung. .
    @ms.kitabarakas. . .wah. . !!!???!!!
    (rahayu sobo)

  111. Rastya berkata:

    @Ms.kitakarabas. .mf namanya kebalik. .hhe. .angel di ejo sh. . .
    salam

  112. junaidi berkata:

    mohon ijazahnya ki, semoga berkah dunia akherat

  113. effifx berkata:

    Assalammualaikum

    Izin mengamalkannya.

  114. bdi berkata:

    Assalammualaikum

    Izin mengamalkannya.

  115. udell berkata:

    Qobiltu……………
    Ki, mohon izin dan keikhlasannya serta izajahnya untuk mengamalkannya
    AYAT LIMA PULUH QAF……………

  116. sinting berkata:

    boleh juga nih…………….

  117. rabbani berkata:

    qobiltu ki
    MOHON IZIN NGAMALIN DI JUM.AT INI

  118. santrijamprong berkata:

    qobiltu,,,,, mhn ijin mengamalkan,,,,

  119. pangeran dewa arjuna berkata:

    alwindo djuhari@mf saya mau tnya cara penggunaan amalan itu untuk pelet.trima kasih

  120. Ochim berkata:

    Qobiltu. Ayat lima qof dan asma khodam mahabbah.dari ki wongalus. Izin mengamalkan mbah. Al fatihah.

  121. cleaning service 13 dimensi berkata:

    mohon ijin mengamalkan dan mohon ijazahnya, Barokalloh

  122. hamba Allah berkata:

    A’uzubillahiminassyaitanirrajim…
    Bismillahirrahmanirrahim…
    La hauwala kuataillabillahil al’iuyul azhim…
    Tiada daya dan upaya melainkan Allah,
    Apapun yang diniatkan untuk membantu orang dengan ikhlas,tanpa adanya dunia,insyaallah…
    Apapun niat kita yang baik,jika Allah dekat dengan kita,isyaallah…
    Perbanyak saja ibadah,jangan mengejar dunia,tp dunia yg nanti mengejar kita,yg kita kejar akhirat kelak…
    Sesama hanya bisa memberi nasehat,keputusan dihati kita masing2…
    Wss

  123. Ipunkbharata berkata:

    Pendatang br cm mau nyimak aja

  124. Wenda berkata:

    Asalamu’alaikum….saya mengamalkan ayat 5 mulai dari tahun 2000 nan, menurut saya sungguh besar sekali faedahnya mulai dari sifat pengasihan, benteng pertahanan, keselamatan, disegani/dihormati (manusia/maklhuk gaib(jin-setan-demit-dll) dan bersifat rahmatan lil alamin pada suatu tempat dan waktu….saya mendawamkannya sehabis solat 5 waktu ataupun saat solat tahajut dan saya tidak mengamalkan amalan lain selain ayat 5 tersebut, tapi saya tidak pernah meniatkan dalam pengamalan untuk tujuan tertentu saya meniatkan karena Allah semata-mata, karena niatnya Allah semata-mata maka dalam situasi kondisi yang memang dibutuhkan maka allah akan secara otomatis memberikan sesuai keadaan yang saat itu memang kita butuhkan. Tetapi satu hal yang sangat kentara adalah apabila saya berada dalam komunitas teman sejawat/orang banyak yang kita kenal seolah -olah kita adalah pusat perhatiannya..itu sekelumit pengalaman saya sebenarnya masih banyak yang lain tapi sekiranya cukup sekian dulu

  125. maharani padusi berkata:

    @alwindo djuhardi kalau tidak keberatan mohon di babarkan caranya utk mahabah ayat ini,smoga tidak berkeberatan share ilmu trimakasih banyak sebelumnya:)

  126. wisnu pamungkas berkata:

    salm sesepuh sedoyo,malan kagem mantepke ati kalian ngencerke pikiran ingkang bebel pripun?mohon bimbinganya…
    @hp:087839703110

  127. lia berkata:

    UNTUK PARA SEDULUR YG CAEM MOHON PENGIJASAAN HIZIB YUSUF AS SMGA BERMANFAAT UNTUK SAYA AMIN

  128. alwindo djuhardi berkata:

    maharani padusi@ cara nya bisa dengan cara di atas itu ampuh juga, cara saya terlalu berat reaksinya dampaknya mohon maaf.salam

  129. gus zan berkata:

    Bismillah para guru semua Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  130. vian faqh berkata:

    Qobiltu..mhn ijin mengamalkan ki,..

  131. jin n jun berkata:

    qobiltu, saya terima ilmu ini secara lengkap dan sempurna dengan khasiat berlipat ganda…amien

  132. Wong pegagan berkata:

    Ass…mohn pecerahan sedulur kwa….amalan ayat 5 ini sudah saya ketahui dari tahun 2004, sampai2 saya beli buku majmu’ syarif..agar bisaa tau bacaannya yang benar, tapi satu hal yang saya bingung…ada ayat yang didalam kurung, contoh ayat pertama al baqoroh ayat 246.akhir ayat ada ayat lain (qodiruun ala may yurid)…apakah itu juga perlu dibaca dan diamalkan, karena takut salah jd ada rasa enggan untuk mengamalkannya…padahal dalam hati kecil sangat ingin…namanya juga orang bimbang..hehhee…mohon sedullur yang tau..bagi2 ilmunya. terimakasih

  133. Pita berkata:

    Qobiltu

  134. Asadi berkata:

    Ya Qodiruun ala may yurid di baca 3x

  135. Wong pegagan berkata:

    @Asadi : makasih y, udah ngasih info….
    Ada gk pengalaman laen yang udah menjalani mahabbah ayat lima ini??

  136. vicret berkata:

    hadir nyimak

  137. L berkata:

    Qobiltu, saya trima AYAT LIMA PULUH QAF secara lengkap, sempurna, dan bermanfaat seketika ini. AMIN.AMIN.AMIN.
    Untuk segala hajat, keperluan, dan segala manfaatnya. AMIN.AMIN.AMIN
    THx

  138. Wong pegagan berkata:

    @all : klo mo ngamalin ini pake tawasul ke malaikat sayyid maythothorun dan kahfazmahyusin???mohon pencerahannya

  139. Alfa berkata:

    qabiltu ki…

  140. Nimu berkata:

    ijin mengamalkan amalan ayat 50 Qaf dari ki Wongalus.. serta khudammul mahabbah dari Aditya Riza Kurniawan..

  141. haby berkata:

    Saya mau tanya, apa beda ayat 5 pertama dengan yg kedua, yg di share di atas karena saya liat bacaannya berbeda. Mohon infonya terima kasih

  142. wongsuwong (Tovic alkaffi) berkata:

    Qobiltu..dan minta ijin mengamalkan..

  143. wahyudie berkata:

    Ikutan nimbrung
    Terimakasih atas ijazahnya
    Mohon ijin untuk mengamalkanya

  144. indra berkata:

    Qobiltu. Mohon izin mengamalkan

  145. uwa semar semur berkata:

    Assalamualaikum wr wb sadulur KWA
    Salam kwangeen, uwa baru nongol lagi

    Ini ayat yang selalu dibaca Rosululloh tiap waktu, khususnya menjelang perang maka ayat ini dibaca oleh Rosululloh SAW lebih banyak lagi.

    Numpang nyimak babaran ayat 5, sambil nyruput bajigur heuheuheu

  146. prima berkata:

    qobiltu, ijin mengamalkan ayat lima ya , semoga berkah:) amin

  147. Ableh berkata:

    Assalamu,alaikum,wr,wb.Ki,ijinkan saya untuk mengamalkannya, sewaktu saat nanti mudah-mudahan bermanfaat dunia dan akhirat ayat lima ini.

  148. Mas Oji berkata:

    Qobiltu…

    Mohon ijin mengamalkan…

    Terimakasih.

  149. Wong Ganteng berkata:

    qobiltu,,,saya terima semua ijazah ilmunya dgn ikhlas…semoga bermanfaat…aamiin

  150. egi nur ali berkata:

    qobiltu ki..
    ijin ngamalin

  151. daeng riyung berkata:

    qobiltu

  152. wangsawang berkata:

    ijin nyimak,,,

  153. Hamba Allah berkata:

    Amalan setan iblis..bukti pintarnya cara setan iblis menjerumuskan manusia ke neraka dengan penyalahgunaan kitab suci untuk tujuan tidak baik…bertobatlah…mana ada Tuhan mengajarkan orang buat melet orang..ingat jodoh itu sudah diatur Tuhan!!

  154. Thaher berkata:

    Qabiltu, mohon izin mengamalkan, semoga sukses. Terima kasih.

  155. tolong wat para sesepuh yg bs scanning,,,,sy mw share…saat ini sy slalu selepas sholat ,bc asr tk 1…7x tahan nafas….tk2 dan 3 jg bgtu….lalu bc asma khodam ayat 5 nya 3 x…..tp knp bdan ko jd ky org meriang ,mata panas ,dan bdan lemes. tlong di jwab yaa….poro sesepuh. salam rahayu…rahayu…rahayu.

  156. assalamu’alaiqum..
    saya ingin bertanya! jika amalan ini digunakan, pada waktu apa. tajam nya amalan ini.?
    dan salam dari saya (santri dari pp.kadu manis al-ishlah cihaurbeuti,ciamis,jawa barat) untuk semuanya.
    dan sedikit info dari saya alangkah baik nya kita mengamalkan amalan shalawat, karena 1 kali bersolawat, maka 10 rahmat bagi kita. dan apa bila bershalawat 1000x maka kita juga akan diberi ampunan,rezeki yang hak,di cegah dari berbuat dzalim,pertolongan tanpa berdo’a terlebih dahulu. di kabulkan hajat. dan bukan itu juga, gerbang gaib/ilmu allah (pergaiban) juga bisa kita dapatkan apabila kita senantiasa bersolawat 1000x setiap harinya. dan alhamdulillah sudah saya rasakan manfaat dari shalawat. bukan hanya soal ilmu gaib ataupn rezeki. tapi semakin hari jauh kedepan mendawamkan shalawat. perkara sulit pun menjadi sangat mudah. atas izin allah SWT. subhanallah…..

    terimakasih

    wasallam….

  157. xdone berkata:

    ijin mengamalkannya dan saya trima ijazahnya…

  158. leeman berkata:

    Qobiltu…mohon ijin mgamalkannya..al fatihah

  159. Asan berkata:

    Qobiltu Mohon ijin untuk mengamalkan trima kasih al fatehah.

  160. bekhi berkata:

    Qobiltu ki… Mohon ijin ngamalken.

  161. cantika25 berkata:

    qobiltu ijin ngamalin..
    @alwindodjuhardi tatacaranya gmn ya ? mohon dibabar..

  162. Anshor berkata:

    Qobiltu dulu buat ki wong alus biar tmbh joss ayat 5 dan mahabahnya juga.

    Alfateha buat ki wong alus…

  163. deomdik berkata:

    WAH AYAT INI AKU PERNAH NYOBA….BISA BIKIN BIRAHI LUAR BIASA…..PERSIS KATA MAS ADITYA RIZA…..TERUTAMA AKU COBA PADA ISTRIKU….(AKU GAK MAU NYOBA PADA YG LAIN…TAKUT KUALAT)…..

    KALAU UNTUK REZEKI BLM PERNAH NYOBA …TAK COBANYA LAIN KALI…NIH

  164. deomdik berkata:

    WAH AYAT INI AKU PERNAH NYOBA….BISA BIKIN BIRAHI LUAR BIASA…..PERSIS KATA MAS ADITYA RIZA…..TERUTAMA AKU COBA PADA ISTRIKU….(AKU GAK MAU NYOBA PADA YG LAIN…TAKUT KUALAT)…..

    KALAU UNTUK REZEKI BLM PERNAH NYOBA …TAK COBANYA LAIN KALI…NIH

  165. anwar berkata:

    Qobiltu, izinkah ngamalkan, jazakallah

  166. Dagolz berkata:

    Qabiltu, ijin mengamalkan

  167. Ilman Barkah berkata:

    saya sudah mengamalkan tiap ba’da sholat fardhu, tapi lupa apa yang aku peroleh/imbas dari membaca ayat lima tersebut. hehehe tetapi saya lebih fokus amalkan surat as-sajadah, al-mulk dan ad-dukhan. sedangkan yasin belum hafal, karena nabi Muhammad SAW wanti-wanti kepada istri para sahabat untuk menghafal dan mengamalkan surat-surat al-Qur’an dimaksud karena fadhilah dan manfaat luar biasa dahsyatnya…untuk urusan dunia sampai urusan akhirat yang akan kelak akan memberi safa’at kepada pembaca surat tersebut. monggo dipun amalkan. ya tiap hari dibaca pada saat sholat atau ba’da sholat fardhu pokoknya jangan tidur sebelum membaca ketiga surat itu.

  168. ahmad berkata:

    qobiltu
    saya terima ijazah ilmu tersebut secara lengkap
    dengan perantara media internet dan perangkatnya
    semoga bermanfaat bagi kita semua
    semoga berhasil saudara(i) kaum muslim
    fatehah
    insyaAllah
    salam dan terimakasih

  169. Nialia berkata:

    Qobiltu

  170. Nialia berkata:

    Qobiltu amalannya

  171. mahmoed berkata:

    ijin mengamalkan, qobiltu

  172. zain berkata:

    izin mengamalkan,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s