JATI DIRI KWA INDONESIA


wongalus

Media blog seperti KWA ini sebenarnya sangat efektif untuk merangkai persaudaraan dan berbagi pengetahuan dan ilmu-ilmu dan marilah kita lanjutkan hal ini….

Sedulur-sedulur yang tergabung dalam KWA ini berasal dari beragam suku, agama, ras, golongan, organisasi apapun juga. Namun ketika kita mendaftarkan diri di KWA, maka di forum ini kita melepaskan atribut suku, agama, ras, golongan, organisasi tersebut dalam satu media bersama. Berdiri dan duduk di bangku yang sama. Baju sementara ditanggalkan dan kita bersepakat untuk berbicara dengan rendah hati dan saling mendengar dan berbagi.

Sejak di masuk SD kita diajari oleh guru-guru yang mulia bahwa cita-cita yang terbaik adalah membela bangsa dan negara. Sesudah kita dewasa, sekarang.kita selalu menyadari bahwa tugas mulia kita adalah bagaimana senantiasa nenyumbangkan tenaga dan pikiran kita untuk menyejahterakan rakyat, membela bangsa, membahagiakan masyarakat, rnenciptakan ketenteraman sosial. Apa saja yang mengancam ketenteraman sosial, akan kita perangi bersama-sama.

Keyakinan itulah yang saya patrikan dalam hati ketika dulu membangun blog KWA dengan susah payah. Bayangkan, setiap hari saya harus melekan untuk menulis artikel, memposting kiriman-kiriman dari pembaca. Tidak saya gubris betapa setiap hari anak dan isteri saya protes karena ayah atau suaminya sibuk seorang diri di meja kamar memelototi laptop. Saya terang-terangan mencuri waktu untuk keluarga, dan saya curahkan waktu untuk membangun blog ini. Protes, kritik adalah makanan sehari-hari saya. Namun kerja keras itu akhirnya terbayarkan ketika saya mendapatkan teman dan ketika saya bertatap muka langsung dalam berbagai forum, langsung menemui saya di rumah kontrakan atau dalam forum-forum lesehan KWA.

Saya amati, rata-rata kebanyakan sedulur yang menemui saya adalah berwajah kuyu, sinar mata mereka layu meskipun penuh semangat, dan pakaian mereka tentu saja—tidak trendy. Tentulah mereka tak punya kapasitas ekonomi untuk mengejar mode yang larinya selalu sangat lebih cepat dibanding ‘langkah’ gaji kita semua.

Terus terang, kalau bersentuhan dengan strata sedulur KWA, otak saya langsung curiga. Ini ada urusannya dengan bejana berhubungan. Saya akan memberi dan menyumbangkan seluruh jiwa raga untuk sedulur semua namun terus terang saya juga tidak bisa terus-terusan untuk memberi karena saya juga butuh sumber untuk memberi. Makanya, ada yang bilang menjadi orang kaya itu lebih enak karena bisa memberikan apa yang dia punya untuk yang lain. Maka, berlakulah adil.. kalau kita menuntut yang lain untuk memberikan yang terbaik maka yang perlu kita pikirkan adalah kita harus juga memberikan yang terbaik untuk yang lain.

Hidup adalah menikmati kebebasan. Kenapa manusia cenderung untuk mengikatkan diri pada belenggu ketidakbebasan? Biarlah KWA ini sebuah kumpulan individu yang tidak terikat satu sama lain yang bebas lepas merdeka dari pengaruh apapun. Itu sebabnya sejak awal saya menolak untuk menjadikan KWA ini organisasi yang resmi, berbadan hukum, dan lain-lain. Buat apa? Itu karena saya bebaskan diri dari membentuk sesuatu yang bebas kepentingan.

Maka alangkah idealnya KWA tidak menginduk ke organisasi massa, apalagi organisasi politik manapun. Saya akan menolaknya karena saya tidak butuh organisasi massa untuk bereksistensi. Untuk hidup, saya sudah cukup diikat oleh negara menjadi Warga Negara Indonesia. Buktinya? Saya punya KTP dan menjadi warga negara di sebuah organisasi besar seperti Indonesia ini sudah sangat mengikatkan mata batin dan pikiran sehari-hari.

Biarlah KWA menjadi kumpulan atau gerombolan yang tidak terkenal dan dikenal yang berada di pinggir hutan peradaban. Namun di dalamnya kita semua bisa berteduh dan ngiyup dengan santai. Leyeh leyeh untuk sekedar minum kopi, menghisap rokok dan bercengkrama dengan sedulur yang lain.

Terakhir…. pada titik tertentu marilah kita belajar pada segala sesuatu di alam semesta ini. Termasuk kepada Iblis. Kenapa? Sak nemen-nemene alias sejahat-jahatnya Iblis, dia tidak pernah merasa dirinya benar, dirinya baik, dirinya suci. Sementara kita memiliki kecenderungan yang sangat besar untuk merasa benar, merasa baik dan merasa suci sehingga orang lain yang kita tuduh harus bertobat, itupun kita larang ia bertobat. Padahal kita ketakutan setengah mati kalau ia tidak bertobat sehingga mengamuk. Nah, dalam hal melarang manusia bertobat, kita sama dengan iblis. Tapi dalam hal memahami konsep tobat, iblis unggul dari kita.

Kita tidak tahu bahwa pertobatan kepada Allah dipersyarati oleh keberesan masalah dengan sesama manusia. Artinya kalau punya hutang, harus bayar dulu; kalau bersalah, dihukum dulu oleh manusia, baru Allah membuka pintu ampunannya. Kita tidak tahu itu, sedang iblis tahu persis.

Iblis, sesudah menggoda manusia dan menjerumuskannya agar dibakar oleh kobaran api dari dalam napsunya sendiri, berkata kepada Tuhan: “Wahai Tuhan, sesungguhnya aku sendiri takut kepadaMu…”. Sementara pada kita sangat sedikit indikator bahwa kita takut kepada Tuhan. Kita berani mengabaikan pembelaan Tuhan atas rakyat kecil, orang-orang teraniaya, orang-orang kalah dan tersingkir, anak-anak yatim peradaban. Kita bisa bahkan mendustai keberadaan mereka berpuluh tahun.

Manusia dijadikan mandataris kehidupan alam semesta dengan argumentasi bahwa manusia itu dholuman jahula. Lalim dan bodoh. Artinya, manusia sanggup menjadi pemimpin karena modal utamanya adalah rasa bersalah telah berbuat lalim, belum bisa menolong orang lain, sehingga ia senantiasa mendorong diri untuk berbuat sebaik-baiknya. Modal utamanya adalah sanggup merasa bodoh, tidak pinter, tidak unggul dari siapapun — sehingga ia selalu berendah hati untuk belajar.

Last but not least, tidak ada ceritanya masyarakat iblis dan setan bertengkar satu sama lain, sebagaimana kita manusia selalu dan terus menerus bertengkar memperebutkan khayal masing-masing, golek benere dhewe, mempertahankan benernya sendiri, mempertahankan organisasi kita, kepentingan kita dengan merasa yang lain lebih rendah dan hina, menggurui yang lain, memerlukan kehinaan saudaranya sendiri untuk mendapatkan kejayaan, membutuhkan kehancuran sesama manusia untuk memperoleh yang ia sangka kehormatan.

Itu menurut saya… bagaimana dengan anda?

@wongalus,2012

Iklan

311 pemikiran pada “JATI DIRI KWA INDONESIA

  1. setuju banget ma ki wong alus KWA bukan sebagai alat untuk politik dan kepentingan komunitas tertentu lebih baik bekerja sama dengan komunitas lain dalam membangun budaya bangsa terutama budaya mistik, tetapi bekerja sama ga harus menginduk
    KWA mempunyai moto dan landasan tersendiri

  2. 100% setuju dgn ki Wongalus…biarlah blog ini spt ini adanya, tanpa hrs menginduk atau bernaung di bwh satu organisasi yg justru akan mgkn bs menimbulkan perpecahan…KWA adlh milik seluruh umat di seluruh dunia yg ingin mencari persaudaraan…sbg seorang yg lbh mengedepankan ilmu eksak dan sains, tp sy sdh mengikuti blog ini selama setahun lbh, sy tertarik dgn bnyknya ilmu warisan leluhur yg diposting di blog ini. Bukan ingin menjadi sakti, tp sekedar mempelajari kekayaan budaya bangsa…Ini adlh pengalaman baru buat sy, trnyt begitu bnyk ilmu warisan leluhur yg memperkaya budaya bangsa kita…
    Terima kasih KWA…terima kasih ki Wongalus.

  3. Alhamdulilah…saya sangat setuju dengan pendapat ms. wong alus…biarlah kwa netral..biarlah kwa menjadi wadah penyejuk tersendiri yang membuat ummat semakin cerdas dalam meniti kehidupan….

  4. Aku Setuju ma ki wongalus…
    Kwa… ya Kwa bukan yang lain tidak perlu dan tidak butuh menginduk ke organisasi lain, ntar justru hilang tuh identitas diri Kwa.
    Jika memang mendesak dan dipandang perlu lebih baik KWA berdiri sendiri sebagai Organisasi Sosial/Paguyupan sendiri dari pada harus menginduk ke organisasi lain. Tapi jika tidak mendesak dan perlu lebih baik biar spt ini ajah….

  5. Setuju , Smg ini sebagai pembelajaran dan pendewasaan yg belum dewasa dalam berpikir . Bravo Kwa . Sejelek jeleknya tetap rumah qt sendiri dan harga diri sendiri

  6. lah kotak Pandora sudah terbuka… mengerti perasaan kangmas MW… apa sebaiknya ditambahkan dalam aturan main tertulis dalam “Tentang blog” (diformat supaya terletak di atas/awal) bahwa KWA adalah independen terhadap organisasi atau golongan tertentu dst….

  7. ayo podo njaluk maaf karo wong alus,
    maksud hati pengin bikin acara ultah KWA yang spektakuler, tapi nggak tahu caranya jadi clingak clinguk, tolah toleh, tanya sana-tanya sini, gimana caranya bikin acara festival? akhirnya ada yang berpengalaman bikin acara pameran yang mau membantu,dan memandu step by step untuk mempersiapkan acara tsb, kadang terpikir buat ngumpulin orang yang keliatan batang hidungnya aja susah, apalagi ngumpulin orang yang nggak keliatan( di dunnia maya) …..? wuuuuuuiiiiiiih kabuuuuuuuuuuuuuurrrrrrr aja ah, munguti rupiah tuk nafkahi anak istri di rumah

  8. Viva Kang Mas Wong Alus, Viva KWA, ini artikel yang saya tunggu yaitu pernyataan resmi dari Habib Wildan / kang Wongalus bahwa ” KWA ya KWA ” bukan diperuntukan atau di seret -seret masuk organisasi masa umum atau partai politik tertentu, kami sangat akur dan setuju banget,

    pokoke ay lop yu poll untuk Wong Alus dan KWA, salim dolo ah ama Kang Habib Wildan Cup cup Muah,
    salam pesuduluran untuk KWA Jakarta Raya dan KWA Sedunia

    Damai dan makmurlah Indonesia Raya

  9. Hadoh… Tersentuh hati baca artikelnya ki,

    apalag! Ngebaca yang
    sampe aki harus meninggalkan waktu luang untuk istri dan anak hanya untuk KWA,

    hadoh..

    Ookelah…

    aku dukung ki dari depan, belakang…

  10. ATAU KITA BIKIN AJA FORUM SERUPA YAITU : FKABKWA ( FORUM KOMUNIKASI ANGGOTA BLOG KAMPUS WONG ALUS)

  11. RAHAYU UTK SEMUANYA,
    KALAU ADA KOMENT ATAU PENYATAAN SAYA , ATAU MUNGKIN ADA COMEN SAYA MENGARAH IKLAN DAN DR DULUR YG LAIN ADA SPT ITU SY ATAS NAMA PRIBADI MOHON MAAF YG SEBESAR BESARNYA KEPADA DULUR KWA DI MANAPUN BERADA, TERUTAMA WABIL KUSUS KI WONG ALUS YG SANGAT HALUS HATINYA.

    Semua ada kebijaksanaan belum keputusan.
    YA MANDIRI SAJA TIADA MASALAH DIDUKUNG FKPPAI.
    DAN SEPERTI BIASANYA BANYAK MANDIRI ASAL PUNYA GUYUP RUKUN SALING ASUH DAN BERSATU MAKA AKAN BESAR
    CONTONYA PSHT , PSBJ , PAGARNUSA DAN JBSN MJR DLL.
    IKUT FKPPAI SECARA PERSEORANGAN DARI PAGURON APA APA JUGA BAIK.
    KITA INI BESAR KARENA UNIVERSAL MEMAYU HAYU JAGAT

    kampus KWA tempat belajar mahasiswa.
    SAYA MEMAKLUMI KEBIJAKAN DAN KEPUTUSAN KI WONG ALUS ITU HALUS SEGALANYA DAN BISA ADA DIMANA SAJA KAPAN SAJA DIUNIVERSAL RENDAH DAN TINGGI BESAR DAN KECIL

    ADA KURANG LEBIHNYA MOHON DI MAAFKAN
    Dan Harap di Maklumi Juga Bahwa Saya Juga Manusia Yg di Benami Napsu 4 di Pikiran Saya Yg Jadi Ujian Terbesar Manusia..
    Janganlah BerSedih Krn Roda Hidup yg Sering Mengalahkan Hati Kita .. Krn Pikiran Dg Napsu 4 nya Selalu Menjadikan Duniawi sbg Pemicu .Marilah Kita Bersama sama SALING ASIH ASUH DAN ASAH Yg Mana di Situ Ada Kebersamaan Dalam Menjaga Hati Kita. dan peseduluran seluruh jagat raya ini. semoga semua makhluk hidup bahagia.
    NUWUN

  12. JANGAN PADA KOMENTAR WAKTU HATI MENJADI PANAS.
    JANGAN MENYIMPULKAN SESUATU DALAM KEADAAN YANG TERBURU BURU
    TELAAH DULU
    RENUNGKAN DULU
    CAMKAN DULU
    TANYA DALAM HATI ,
    BARU AMBIL KESIMPULAN
    ( SOK BIJAK EUY ? )
    MAKSUD SAYA TIDAK BEGITU
    TAPI MARI KITA RENUNGKAN KEMBALI
    APAKAH INI SUDAH BENER ?
    KALAU SUDAH KITA ANGGAP BENER,
    AYO, MARI, KITA ERATKAN JABAT TANGAN KITA, KITA MAJU BERSAMA-SAMA
    SINGSINGKAN LENGAN BAJU KITA
    BERAT SAMA DIPIKUL
    RINGAN SAMA DIJINJING
    KITA SUKSESKAN ACARA KITA APA ADANYA.
    BRAVO

  13. Ass wr wb,
    Jangan pernah meng-INDUK kepada Partai Politik tertentu, kalau ini terjadi maka K W A akan hancur, persaudaraan akan musnah, permusuhan akan timbul.

    Jadi pesan saya KWA harus tetep seperti niat A W A L-nya, menjalin persaudaraan.

    kita sebagai Warga KWA harus hati-hati, siapa tau ada penyusup dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    Wass wr wb

  14. memang pada kenyataan kehidupan seperti itu,untuk niatan baik harus siap2 dengan hambatan dan kendala yang ada,namun saya menilai mending KWA jadilah seperti ini tidak perlu mengikuti organisasi yang ada…..KWA…ya tetap jadi KWA dari dulu KWa bersifat apa adanya
    lambat laun hasilnya telah mendunia tanpa bantuan dan legalitas dari pemerintah ,salam karaharjan dumateng KI wong Alus….. maju terus KWA…..

  15. Setuju…., kwa harus tetap pada jatidirinya. Persaudaraan dan saling berbagi tanpa mengurui dan menyakiti

  16. Wedang ronde diombe bareng…
    mikul gabah mlaku ning pasar…
    Kondang rame tujune gayeng…
    jebul wis obah kok arep bubar…

    sabar…sabar…sabar…

    mangan jadah koncone tempe…
    ngombe kopi wektune sore…
    ora gegabah tandane sae..
    lelakon iki kanggo sinau…

    slaman…slumun…slamet…

  17. mungkin sesepuh trsbut ngin mmbntu kwa dengn naungan yg sudah tenar mka kwa akan tenar jg..
    dsni pengasuh kwa tdk ngin di bntu oleh naungn manapun agar kwa tetap mnjdi kwa yg sderhana guyub rkun, krna mnimbang latar belakang msrykat paling bwah agar bs sling mnikmati tnpa ada perbeda’an status sosial..

    dan pndpt tsrsbut tdk dahulu di konsulkan ke pengasuh kwa sehingga se’ola2h telah mmpunyai wewenang di atas pengasuh atas kwa yg telah pengasuh bangun susah payah agar bisa dnikmati kaum glongn mnapun trutama glongn bwah..

    intinya ini trjadi diskusi di dunia mya agar smua tau bukn hnya sesepuh xxxxxxxxx agar smua pembca. pmerhati. pecinta, sespuh pnisepuh kwa sejalan dengn tjuan sang pembngun kwa

    ( iki ngomong opo tho yoh aq kog tumben ngedumel dwe qiqiqi. sote= sok tau qiqiqi )

    slm salim buat smua sedlur dmnpun brda..
    ayo podo gyub rkun dan mmbngun kwa tnpa pksa’an khendak masing2…
    ( ups ngoceh maneh…) qiqiqi
    wes aq tak meng ae krna udh kbnyak coment iqiqiqi..

  18. salam pamuji rahayu sedulur semua,
    betul memang betul,KWA ADALAH KWA DAN BUKAN GOLONGAN APAPUN,DAN DI DLM KWA BISA SAPA SAJA.!!
    BOLEH SAPA SAJA.!!DAN ASALKAN MAU MENGIKUTI ATURAN MAINYA(KWA).!
    KI WONGALUS
    SALAM RAHAYU BIN MANTAP ULASANYA,NUWUN.
    poro sedulur dan poro sepuh salam penyejuk jiwa semuanya.

  19. Assalamu’alaikum…salam rahayu para sedulur smuanya…salam hormat jg @ki wong alus..,leres pangandikanipun panjenengan menawi KWA nggih ttp KWA, dgn adanya KWA ini mpkn tmpt kita menjalin persaudaraan tanpa memandang ras n suku,tmpt belajar,saling berbagi,asah,asih n asuh.KWA mpkn wadah yg netral tdk terikat dgn organisasi apapun n di KWA ini jg ada ciri khas salam paseduluran yaitu Salam KWAngen….yg mnjdikan persaudaraan kita mnjadi lebih erat lagi…,salam KWAngen…sedulur…

  20. SaLam
    SaLam pamuji rahayu mbh guru MW,aLL sspuh,pinispuh,aLL guru2,aLL sdLr trkasih…
    Nderek nyimk dL,smntara sy sngt bs mngrti jg mmahami apa2 yg mbh sspuh MW sampai mmposting haL diatas.
    SaLam SaLim Damai&JayaLah KWA yg sm2 kita cintai.
    SaLam:-D

  21. Mantaapppp, diskusi untuk solusi dan instropeksi… salah-benar itu adalah relatif, yang penting kejadian yg disampaikan dapat diambil pelajaran yang konstruktif…

    Salam Rahayu

    Wassalam,

  22. memang benul e betul,kwa adalah kwa,dan di dalamnya bs sapa saja,dan kl tdk,wah bs gawat mkn..!
    Cotoh.
    Seandainya kwa berinduk ke pak Suaep(partainya)dan mkn yg sering berkunjung ya yg pasti golonganya dan yg lainya ogah ogahan utk masuk,dan paling kl ada jg pasti ejek ejekan dst.
    -KWA ini kan bebas dan siapapun tdk ada larangan utk masuk,asal dgn niat baik,dan kl ada yg masuk dgn tdk dgn niat baik atau mengacau dan atau sifatnya memprofokasi,nah berarti ada apa dgn orang tsbt,apa karna sakit hati dan apa krn merasa tersaingi dan apa ada apa apa nya donk.!xixixixixi
    menurut Ane,kwa ini adalah wadah informasi dan perantara penyambung tali silaturahim dll.
    Salam penyejuk jiwa.

  23. Sugeng Siang ki WA ugi Sedulur2..
    nderek urun rembug, prayoginipun KWA kedah independen mandiri boten perlu cawe2ne liyan,
    ” KWA ya KWA “..
    nyuwun sewu menawi klentu..
    Rahayu..

  24. Sugeng Siang KI KWA dan All keluarga KWA…

    KWA terlahir dari dan untuk silaturahim bangsa Indonesia,melayu,muslim,budayawan yang beraneka ragam asal muasalnya… jerih payah Ki KWA dan yang diikuti para sesepuh2 lainnya telah memberikan warna demokrasi,tolabul ilmi,dan silaturrahiim di dunia maya sebagai sarana perekat kebudayaan dan persaudaraan yang tak terbatas ruang dan waktu…
    Sekilas jika kita hidup yang ber birokrasi dengan menginduk xxxx dan partai xxxx kelihatannya LEGAL dan cepat MERAIH KARIR dan KEKUASAAN. Apalagi menjelang pemilu 2014 yang sudah pada pasang strategi ???????????…Namun…………semua hanya fatamorgana…..

    mungkin sesaat atau sekilas akan cepat “JAYA” tapi apakah akan langgeng??????? sementara KWA sekarang sudah me-nasional bahkan men-dunia, orang negeri seberang juga sudah banyak yang bergabung….
    SAYA SETUJU dengan Ki KWA …biarlah KWA tetap KWA..bebas merdeka dan independen….Kalaulah ada sesepuh ataupun mungkin Ki KWA jadi Anggota legislatif atau menteri kebudayaan sebagai “BUAH” dari jerih payah yang telah dilakukan…namun KWA janganlah jadi miliknya golongan ataupun ataupun milik kepentingan golongan tertentu…..
    Nuwun sewu Ki KWA,…sekedar pendapat….

    KWA jadilah ladang amal fiddunya wal akhirat bagi kita semua…perjuangan Ki KWA tidak terhenti pada kepentingan dunia.

  25. salam buat ki wong alus
    sya sangat setuju kwa ya kwa,bkan yg lain

    tapi yg sya pertanyakan kenapa artikel tersebut harus anda posting,kalau memang sperti yg anda katakan di atas

    kalau memang tidak setuju ya langsung bilang kepada yg ngirim artikel tersebut,bicara baik2,jd tidak perlu diposting dan di komentari

    mohon maaf sebelumnya,sya hanya bertanya,bkan bermaksud berdebat
    wasalam

  26. Alhamdulillah , sebenarnya apa bila ada sesuatu tidak mungkin tidak akan selesai denga keterbukaan hati , mungkin dari yang menyampaiakn atau yang mendengar atau yang membaca , kembali ke positivya ditampung segalanya dan ditanyakan langsung , atau dibicarakan langsung , dengan berbicara apa adanya ? tanggapan orang bebas saja asal semuanya jelas!, karena ketidak tahuan manusia bisa saja berbeda pendapat, tetapi kalau disikapi dengan damai toch menjadi indah , itu sebabnya saya suka dengan Mari kita sikapi segala perbedaan dengan damai.”

  27. Selamat buat wongalus,sukses anda tlah bisa membikin panas suasana kampus,dan nama anda akan menjadi semakin terkenal,

  28. Ayo mbah alus,mumpung suasana hangat,keluarlah 3x,jatuhkan ki jj,semakin mbah alus bertutur halus,maka mbah alus akan mendapat simpati yang besar,jayalah wongalus yg bertutur halus berakal BUlUS.

  29. ALAH……., MASIH PADA RIBUT SOAL APA TO ?
    NGONO YO NGONO, NING OJO NGONO………..
    KALAU BOLEH SAYA NGOMONG, ………………..
    KWA YA KWA
    ORANG KWA BOLEH SIAPA SAJA
    ORANG KWA JUGA BOLEH KEMANA SAJA
    ORANG KWA JUGA BOLEH MASUK KE ORGANISASI MANA SAJA
    TAPI KWA TIDAK BOLEH MASUK KE ORGANISASI MASSA
    BEGITU KAN MAS ???

  30. Setuju mbah thanmus,Itu yg diharapkan,tapi kalau kwa masuk kemana aja kan nanti pemilik kwa rugi mbah,Nda jadi terkenal

  31. SAUDARA2 SEBANGSA DAN SETANAH AIR
    SATU NUSA, SATU BANGSA DAN SATU BAHASA YAITU INDONESIA. NAMUN TIDAK SATU AGAMA.
    MARI KITA DUKUNG KANJENG GURU KI AGENG MBAH BIB WONGALUS WILDAN BAKSO (intermezo)
    KITA DUKUNG DENGAN SEPENUH HATI KEPADA BELIAU KI WONGALUS AKAN IDE2NYA YG CEMERLANG DAN SPEKTAKULER, BOMBASTIS DLL.
    KARENA BELIAU ADALAH MANUSIA PINILIH PASTI BENAR, SATRIA PINILIH LELANANGING JAGAD DARI LAUT KIDUL. NINGNONG NENGGONG…
    MARI KITA CIPTAKAN SUASANA DAMAI KALAUPUN ANDA2 TIDAK SETUJU YA SILAHKAN RIBUT SAJA.
    TAK TONTON SAMBIL KEPLOK2 SAMBIL NYEDOT BACEMAN.

    SALAM TIGA JARI DAR MAS WANDI PUTUL SUGIHWARAS {AG}

  32. kang 7aka..kumaha satuju…gmana seksi komunikasi kurang komunikasi..hehehehe. mengkomunikasikan KWA keng KWA kan komunikasi..halah

  33. Mbah alus,jgn ngumpet donggg.kenapa mesti ada korban demi popularitas mbah alus,kan bisa lewat email,telp,sms,inbok,tegur dia dgn kata2 yg lebih halus,jgn dulu pakai AKAl BULUS,tegur dulu ki,tapi mungkin dgn ini maka nama mbah alus akan terkenal.dgn dalih demi kwa,hancurkan ki jj,ayo sesepuh smua,ini waktunya anda berkomentar,dukung dgn jilat kiwongalus,lumayan,walau dapat ampasnya

  34. para sesepuh, pinisepuh, ajisepuh lan kasepuhan KWA ingkang dahat luhuring budi.Amit-amit nyuwun sewu njih….
    walaupun saya bukan anggota tapi sudah lama saya mengikuti perkembangan KWA, saya tau persis di sini tempatnya orang-orang linuwih, waskita, digdaya, sekti dll. Tapi saya masih sering menemukan komentar2 di setiap artikel yang isinya rada slengekan tidak serius, bahkan kebanyakan guyon. lha hal ini yang mungkin sering menimbulkan kesalah pahaman antar anggota, karena tidak semua orang suka guyon dan rasanya akan lebih baik bila sedang menyampaikan pendapat, usulan, saran, nasehat dll itu disampaikan dengan halus, tertata dan gampang di mengerti. Menurut saya bahasa itu sangat penting, karena salah sedikit saja bisa menyebabkan masalah yang besar. Saya tetap berharap dan berdoa semoga KWA tetap eksis, jaya, maju sehingga bisa terus membantu orang-orang yang membutuhkan, Amiiin.

  35. ADUH PARA SESEPUH KWA SEMUA BICARA ANDA SEPERTI PARA DEWA TAPI ANDA PEDUSTA.
    KLENGKLENG GLENG

    SALAM TIGA JARI DR WANDI PUTUL SUGIHWARAS {AG}

  36. kalau begini caranya saya sangat setuju blog ini di bubarkan
    harus nya belajar dari pengalaman sebelumnya

    kalau memang ada artikel yg tidak berkenan ya jangan di posting

  37. YAH NAMANYA JUGA PENGAKU KALAU INGIN TERKENAL YA HARUS ADA KORBANNYA.
    MBALON DISIK AAH MEN FRESS GA EMOSIAN

    SALAM TIGA JARI DR WANDI PUTUL SUGIHWARAS {AG}

  38. Òh oh oh,mbah alus yg katä2nya halus,akal bulus,tapi sayang kulitnya keriput dan tidak halus,Kenapa oh kenapa mbah alus selalu bikin sensasi,oh sensasi yg luar biasa,korbankan mbah jj maka anda dapatkan simpati.

  39. DASAR WONGALUS OTAK UDANG 1000X
    COBA WIRIDKAN MANTRA DI ATAS AGAR ANDA BISA BEKEN DAN UNTUK SEGALA HAJAT

  40. @KI AGENG JEMBAR JUMANTORO : KI AGENG, PANJENENGAN GAK SALAH. DIMANA LETAK SALAHNYA? JADI PANJENENGAN GAK PERLU MERASA BERSALAH.
    SAYA MAU TANYA PADA SEDULUR SEMUA, APA MENGUNDANG ORANG UNTUK DATANG KE ULTAH ORGANISASI ITU SALAH ?! COBA TOLONG DIRENUNGKAN !!!
    NAH YANG KURANG PAS ITU, ADA PESAN DIBAWAHNYA.
    ITU YANG SEBENARNYA KURANG PAS.
    COBA SIMAK KATA KATA SAYA :
    KWA YA KWA
    ORANG KWA BOLEH SIAPA SAJA
    ORANG KWA JUGA BOLEH KEMANA SAJA
    ORANG KWA JUGA BOLEH MASUK KE ORGANISASI MANA SAJA
    TAPI KWA TIDAK BOLEH MASUK KE ORGANISASI MASSA
    ITU MENURUT SAYA, KALAU YANG LAIN GAK SETUJU YA GAK MASALAH BUAT SAYA
    ITU PENDAPAT SAYA
    YANG GAK SETUJU YA MONGGO MAWON ITU HAK SAMPEYAN SEMUA.

  41. Mbah alus,kenapa oh kenapa mbah alus diam aja,jadilah orang dewasa jgn jadi orang tua tapi otak kayak anak2,ayo mbah alus keluar jgn diam aja,tapi jgn keluarkan anunya mbah.

  42. WALAH KOK SENG DI KORBANN KI JJ PADAHAL OTAKNYA WONG ALUS WAE SENG PENGIN CARI SENSASI PENGEN TENAR KARENA OTAKNYA ADA DITEMANYA YG JUGA TIGA SERANGKAI SAMAR NAK ORA TENAR MAKA SENG DI KORBANKAN KI JJ TOLOL TOLOL TOLOL WONG JAKARTA DO DIKELABUI WONG ALUS SEKARANG MENGKU SENDIRI SEMPROL SEMPROL

  43. ki alus itu pasti ada yg menghasut
    kenapa kok artikel tersebut di posting kalau memang ki alus tidak suka

    coba anda rasakan kalau blog anda di cela,rasanya gimana

    bicaralah dengan ki jj baik2

    jangan berani hanya mencela lewat artikel

  44. Kenapa mbah alus diam ajaäaa??? apa mbah alus cacingan?. Kasian smua anggota kwa,nanti suatu saat anda2 yg akan dikorbankan

  45. wandi putul : eh, emang elu siapa ?
    mbah gebleg : mbah jangan mentang2 gebleg terus bikin terus bikin keruh suasana dong, dasar gebleg, ya gebleg.
    dalih : emang kalian siapa ?, kalu ngomong pake otak dong!

  46. Wow wow wow wow,mbah alus emang oye,mäafkan aku ki,kalau katä2ku tak sopan ya ki,tak terasa tiba tiba griming2 diperut ada hawa panas,maafkan aku mbah,setelah aku meditasi,ternyata aku hanya kepingin ngising kok ki

  47. BERTAUBATLAH HAI KALIAN2 PENGHINA WONGALUS APAKAH ANDA TIDAK TAKUT KUALAT PADA WONGALUS KARENA BELIAU ADALAH MANUSIA SETENGAH DEWA. MAKA DARI KECIL BELIAU TIDAK NETEK SIMBOKNYA KARENA SIMBOKNYA JIJIK LIHAT WAJAH ANAKNYA. MAKA TERPAKSA DI TETEKI OLEH MONYET BETINA YG KEBETULAN LAGI BERANAK MAKA JADILAH SI WILDAN.
    YANG SUNGGUH BER AKHLAKUL KARIMAH.
    WAHAI SAUDARAKU BETAUBATLAH SEBELUM TERLAMBAT DI SABDA OLEH MBAH ALUS GERING

    SALAM TIGA JARI DARI MAS WANDI PUTUL SUGIHWARAS {AG}

  48. Oh mbah alus akhirnya keluar juga,maafkan aku kiii,nama aki aku jelek2in,naNti aki tinggal bersih2in nama aki.sipp maka akan bersinar nama kiwongalus,Aduh kok jadi ngaceng peliku

  49. UNDANGAN. Mhn kehadiran sdr/sdriku dlm rangka HUT xxxxxx KE 11 di …………JakTim. Pada hari ….. Jam ……… 00 wib. KWA YG SUDAH MEMBENTUK KEPENGURUSANYA SEBAIKNYA HADIR MENGINDUK KE xxxxxxxxx BILA NANTI MAU HAJAT BIAR AKSESNYA GAMPANG. LANCAR.
    (sesepuh zz)

    jadi kalau KWA yg sudah membentuk kepengurusan lek gak menginduk gak lancar hajate ngunu po yo..? bingung nyong tak nguntal obat sit ah

  50. mohon maaf ki alus klo ada kata2 yg tidak berkenan
    sebaiknya anda selesaikan dengan cara baik2,jangan lewat artikel begini

  51. Rasanya sudah semakin dewasa para anggota kwa.sangat salut meski ada koment provokatif dari satu oknum para siswanya tidak terpancing dan otomatis tidak emosi dg demikian tidak perlu membuang energi sia sia..salam rahayu bagi ki alus beserta seluruh anggota kwa..

  52. Mulai molai molaiiiii..!!
    Salam rahayu mbah Ageng jembar jumantoro..salam dan jangan terfoprokasih oleh orang2 yg blm jelas keberadaanya.dan sy yakin ki wongalus tdk bermaksud seperti apa yg di utarakan oleh poro sedulur ko mbah,dan ulasan di atas kan sdh sering di muat atau di posting walaupun dgn tema yg berbeda dan tetapi dgn maksud yg sama jg ko’,,kami mengharapkan semua sedulur jgn sampai terkecoh oleh hal2 yg akan menimbulkan perpecahan,permusuhan dll,kita hrs bs menyikapi apa dan bermaksud apa dlm tulisan2 yg ada,kita hrs tetap bersatu bergandeng tangan dlm menjalin perseduluran,!
    Saya tau apa maksud yg di tulis oleh mbah ageng jj,tadinya hanya memberi informasi saja kepada sedulur2 semua,agar yg blm tau menjadi tau,dan yg ingin belajar biar belajar,”mana gratis pula”,!kesemuanya itukan to orang2 kwa jg lo,sedulur2 kt juga,!
    Dan yg penting tdk ada sifat komersil ataupun bisnis itu tdk opo2 mkn,”maaf kl salah”,!!
    Salam penyejuk jiwa.

  53. Selamat sore sedulur semua: saya sangat bahagia sore ini dengan sapaan, teguran, kritik, cercaan, hinaan apapun. Terus terang, sudah agak lama saya tidak mendapatkan cercaan yang hangat tersebut. Tersinggungkah saya? rasa-rasanya, Iblis seperti saya tidak pantas lagi tersinggung deh… jangankan satu dua tiga seratus seribu sejuta orang.. semua orang dibumi kalau menuduh saya ini iblis maka akan kuterima dengan sukacita. Malah, kujadi tersanjung dengan celaan itu, sebab itu justeru menunjukkan bahwa anda sangat mengormati saya. Duhh… Gusti, siapa wongalus..koq bisa bisanya dibenci seperti musuh yang sangat kuat dan besar itu??? Pasti yang terjadi adalah kesalahan. Padahal artikel atas saya hanya ingin menggaris bawahi bahwa KWA menolak ajakan siapapun dan akan independen, tidak akan mau diseret kesana kemari oleh Ormas apapun. Saya tidak menuduh siapapun karena itu kita menggunakan kaidah etika jurnalistik dengan menyamarkan xxxx. Dan kalau misalnya ada yang menyebut saya banci, tidak beres, gila, gendeng, sempel, edan, cari sensasi, cari musuh, cari masalah, dll .. memang demikian lah adanya. Itu berarti sedulur ini belum mengenal saya yang sebenarnya… memang saya ini tempat bersemayamnya Iblis laknat intipe neroko jahanam sehingga tidak layak dikunjungi, disambangi apalagi diguroni dan dijadikan sesepuh. Jadi saya justeru matur suwun dan salam kenal dengan saya yang sesunngguhnya. Yah,,,…. semua manusia memang sangat suka bertengkar dan berpecah-belah satu sama lainnya. Suka membela golongannya sendiri, partainya sendiri, alirannya sendiri, kepentingannya sendiri. Pembelaan atas golongannya sendiri itu bisa berpijak pada keyakinan atas kebenaran golongannya atau atas pilihan ideologi kelompoknya atau yang banyak adalah karena digolongannya itu terletak mata pencahariannya, terletak pemenuhan atas kepentingan karier dan keuntungan² pribadi lainnya. Diantara yang berkecenderungan terakhir itu ada yang karena keterpaksaan sebab tidak ada pilihan lain kecuali loyalitas tunggal, atau ada yang karena selalu merasa tidak cukup, alias karena keserakahan….. KIta semua sesungguhnya sangat hobi egoisme, egosentrisme. Tidak hanya manusia² pemalu saja yang begini. Kritik saya biasanya apakah bisa kita hidup tanpa mengkotakkan dirinya kalau tidak di A, B atau C… ? Hmmm… manusia bergaul satu sama lain dan punya kesukaan untuk meng-klaim, “Khuwi japemethe.” “Kae bocahe dhewe.” Itu orang kita.” “Itu anak buah saya.” “Gali yang itu rekan saya, awas kamu jangan berani-beraninya sama saya.” Dan pada saat yang bersamaan mereka masing-masing sesumbar tentang kemerdekaan, kebebasan, hak asasi manusia. Hmmm…. Manusia sungguh-sungguh memiliki potensi yang besar untuk bodoh dan munafik.

  54. qeqeqeh mbah JJ nek ra sabar yo gelar Jembar e di buang laut wae,mbah alus nek ra sabar ganti mbah kasar . qeqeqeh nek mung do amit amit nyocot bae gampang qeqeqeh

  55. Assalamu’alaikum Wa RohmatULLAHi Wa Barokatuh Untuk Ki Wong Alus, Para Sesepuh & Bolo Alus Sedunia..

    Sy Pribadi Teramat Sangat Setuju Dgn Pendapat Ki Wong Alus..

    Walaupun Sy Msh Br Bergabung Di KWA Namun Sy Merasa Sedih Bila KWA Yg Independen Malah Di Jadikan Lahan Perekrutan Sebuah Orpol & Ormas Yg Pd Hakekat Akhirnya Adalah Kekuasaan..
    Sy Tertarik Bergabung Di KWA Krn KWA Murni Independen Dan Para Sesepuhnya Tulus Membantu Sesama Yg Membutuhkan Solusi Atau Asbab Dari Permasalahan Yg Di Hadapi..
    Namun Bila Sy Di Ijinkan Memberi Masukan Di Sini..
    Hendaknya Di Coba Dgn Tabayun (Cek & Ricek) Terlebih Dahulu Kemudian Di Tempuh Musyawarah Dgn Kepala & Hati Yg Sejuk Selain Itu Mari Sama2 Melepaskan Jubah Keegoisan Diri..
    Agar Insya’ALLAH Tdk Terjadi Pecah Hati Yg Mengakibatkan Terjadi Permusuhan Dalam Tubuh KWA..
    Jgn Biarkan Syetan Mengendalikan Nafsu Amarah Yg Akhirnya Akan Di Sesali Saat Duduk Merenung Dalam Tafakur Hati..

    Sy Bukan Orang Linuwih & Dikdaya Seperti Para Sesepuh KWA, Saya Sebagai Murid Atau Apapun Namanya Merasa Teramat Sedih Menyaksikan Pertikaian Ini..
    Mari Sama2 Kita Berjabatan Tangan, Luruskan Hati & Niat Hanya Untuk Menghamba Pada Sang Maha Adil & Maha Perkasa..
    Karena Semakin Kita Gosok Perbedaan Yg Ada Maka Lambat Laun Akan Membakar Segala Amaliah Yg Telah Kita Buat Selama Ini..

    Hanya Ini Yg Coba Saya Bagi Dgn Ki Wong Alus, Para Sesepuh & Bolo Alus Semuanya..

    Tidak Ada Maksud Hati Sy Untuk Mengurui/ Mendikte Atau Berlagak Bijaksana Agar Di Kagumi Namun Semua Itu Tulus Ikhlas Agar Jgn Sampai Persaudaraan Di KWA Hancur Berantakan..

    Salam Penuh Cinta & Kedamaian Dari Jiwa Yg Mendamba Cinta & Ridho Sang Maha Cinta Sejati Penguasa Kehidupan Sejati..

    Al Fakir Wa Dhoif..

    Cakra Buana

    081344522342

    Wassalamu’alaikum Wa RohmatULLAHi Wa Barokatuh..

    .
    .
    .
    :’-)
    .
    .
    .

  56. ANDA BETUL MBAH ALUS ANDA SANGAT BIJAK SEKALI
    HAMBA SEMAKIN SALUT
    HAMBA SETUJU BAHWA ANDA ADALAH IBLIS YANG BODOH.
    MAAFKAN HAMBA INI HANYA SEKEDAR MEMBENARKAN APA YANG ANDA TULISKAN

  57. Assalamu’alaikum Wa RohmatULLAHi Wa Barokatuh Untuk Ki Wong Alus, Para Sesepuh & Bolo Alus Sedunia..

    Sy Pribadi Teramat Sangat Setuju Dgn Pendapat Ki Wong Alus..

    Walaupun Sy Msh Br Bergabung Di KWA Namun Sy Merasa Sedih Bila KWA Yg Independen Malah Di Jadikan Lahan Perekrutan Sebuah Orpol & Ormas Yg Pd Hakekat Akhirnya Adalah Kekuasaan..
    Sy Tertarik Bergabung Di KWA Krn KWA Murni Independen Dan Para Sesepuhnya Tulus Membantu Sesama Yg Membutuhkan Solusi Atau Asbab Dari Permasalahan Yg Di Hadapi..
    Namun Bila Sy Di Ijinkan Memberi Masukan Di Sini..
    Hendaknya Di Coba Dgn Tabayun (Cek & Ricek) Terlebih Dahulu Kemudian Di Tempuh Musyawarah Dgn Kepala & Hati Yg Sejuk Selain Itu Mari Sama2 Melepaskan Jubah Keegoisan Diri..
    Agar Insya’ALLAH Tdk Terjadi Pecah Hati Yg Mengakibatkan Terjadi Permusuhan Dalam Tubuh KWA..
    Jgn Biarkan Syetan Mengendalikan Nafsu Amarah Yg Akhirnya Akan Di Sesali Saat Duduk Merenung Dalam Tafakur Hati..

    Sy Bukan Orang Linuwih & Dikdaya Seperti Para Sesepuh KWA, Saya Sebagai Murid Atau Apapun Namanya Merasa Teramat Sedih Menyaksikan Pertikaian Ini..

    Mari Sama2 Kita Berjabatan Tangan, Luruskan Hati & Niat Hanya Untuk Menghamba Pada Sang Maha Adil & Maha Perkasa..
    Karena Semakin Kita Gosok Perbedaan Yg Ada Maka Lambat Laun Akan Membakar Segala Amaliah Yg Telah Kita Buat Selama Ini..

    Hanya Ini Yg Coba Saya Bagi Dgn Ki Wong Alus, Para Sesepuh & Bolo Alus Semuanya..

    Tidak Ada Maksud Hati Sy Untuk Mengurui/ Mendikte Atau Berlagak Bijaksana Agar Di Kagumi Namun Semua Itu Tulus Ikhlas Agar Jgn Sampai Persaudaraan Di KWA Hancur Berantakan..

    Salam Penuh Cinta & Kedamaian Dari Jiwa Yg Mendamba Cinta & Ridho Sang Maha Cinta Sejati Penguasa Kehidupan Sejati..

    Al Fakir Wa Dhoif..

    Cakra Buana

    081344522342

    Wassalamu’alaikum Wa RohmatULLAHi Wa Barokatuh..

    .
    .
    .
    :’-)
    .
    .
    .

  58. …..Mari kita kritisi apa yang salah dengan artikel saya di atas? Apakah saya menuduh seseorang? kalau saya menuduh seseorang siapakah beliau? terus terang niat awal saya menulis adalah mengungkapkan sikap saya yang bisa jadi salah atau benat… namun pilihan sikap itu terbuka terhadap kritik karena derajat kebenaran manusia seperti saya, dan barangkali semua orang adalah relatif… Jadi, benarkah di blog KWA ini saya mengundang anda untuk memasuki pentas primordialisme yang sempit? Demi fanatisme dan taqlid yang sebuta-butanya kepada seseorang apalagi kepada makhluk jahat berakal bulus seperti saya ? Atau bahkan memang anda menyukai sesuatu pertarungan yang hanya berisi kebodohan, nafsu dan emosi yang tidak jernih arahnya, serta ketidakpahaman dan ketergesaan? Saya akui saya agak cemas tidak hanya terhadap kemungkinan chaos yang heboh, tapi juga terhadap kebebalan yang ‘tenang’ yang terjadi di tubuh KWA sekarang ini. Nah, saya yakin juga diam-diam, sesungguhnya, jauh di lubuk jiwa kita masing-masing terdapat juga rasa asyik menyaksikan atau mengalami benturan dan peperangan. Tapi untuk apa dulu? Bersediakah anda mengalami itu semua untuk suatu kebeningan dan pencerahan agar KWA ini menjadi forum yang bersih dan sebagai sarana menyambung tali silaturahim? Bertamulah ke rumah para sesepuh KWA, yang arif dan bijaksana dan bertanyalah kepadanya apakah gegap gempita yang sedang kita gelar di komentar-komentar blog ini bisa memancing permusuhan? Hmmm.. rasa-rasanya kalau saya bertemu dengan para sesepuh saya pasti akan menciumi tangan mereka sebelum mereka mengulurkan tangan. Tentu saja sedulur, saya masih bisa tidak gila untuk memberikan jawaban atas emosi anda –yang sesungguhnya saya mafhum benar bahwa ini adalah semangat pernuh enerji ‘jihad’, meskipun sampai sekarang belum ada titik koordinat yang menyilangkan petemuan antara konteks atau tema dengan momentum yang tepat. Kalau boleh, sedikit masukan kepada sedulur2 disini, naluri menjelek-jelekkan, berprasangka buruk dan jahat, negatif thinking dan feeling seperti itu hendaklah ‘dipenjarakan’ bis-shabri was-shalâh—sampai ada konteks dan sâ’ah sejarah dimana gumpalan tenaga semacam itu kita perlukan bersama melawan musuh yang tiada lain adalah ketidakadilan, kemiskinan, ketidakperdulian, kemunafikan, kebodohan, ketololan diri kita masing-masing…. Rahayu, asah asih dan asuh….

  59. wah cangekem wildan jan enaaaaaaaaaaaak temen ya ngomonge lawong iblis memang bener kok enggak mau mengakui asline wong alus iku banciiiiiiiiiiiii lo kikuk kikuk lan ingo ingone mas bei anjinge kikuk kikuk kikuk mas bei ingon ingone @ki wong alus alias wildan pengamat bul bul buldaya ngalengko dirojo eeeeee salah mbah ne demet koyok thamus tai,kancil telek sak gelemku yo ngomongku lawong aku wes kecewa bangeeeeeeeeeeeeeeeeeet tenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan lho kikuk kikuk kikuk

  60. @mas Wandi Putul: salam kangen mas…. Jiwa kekanak-kanakan saya juga punya semacam rasa senang terhadap guyonan anda dan sedulur di KWA ini dalam skala kecil atau besar dengan tema apapun. Tapi di balik silaturahim kita semua ini sesungguhnya mencerminkan siapa kita masing-masing karena yang disebut ‘agama’ adalah kesanggupan mental dan akal budi untuk tidak menggerakkan kaki kehidupan ini berdasarkan apa yang kita sukai, apa yang kita klaim, apa yang kita anggap dan persepsi… melainkan berdasarkan apa yang wajib dan benar menutur Allah SWT. Saya mohon maaf untuk mengatakan hal seperti ini. Bahkan terhadap fitnah besar dalam hidup saya, insyaAlloh saya bukan hanya tak bersedia meladeni atau mengeluarkan enerji sedikitpun melainkan, kalau perlu, saya bersedia membeli fitnah itu. Saya bersedia membayar orang yang memfitnah saya, demi ma’unah, fadhilah dan karomah…..Maka kalau saya merasa cemas teehadap persaudaraan dan paseduluran di KWA ini, insyaAlloh kecemasan yang saya maksudkan bukanlah situasi mental, melainkan manifestasi dari kesadaran akan pengetahuan dan kewajiban hidup saya……

  61. @MAS AKIK BENAR BENAR AKIK’E, NIK ORA SABAR YO BUKAN MAS AKIK DI GANTI KORO MAS WATU, HE..HE..HE..GUYON MAS….BEN ORA TEGANG

    DARI PAGI HINGGA SORE INI PARA JIN, SETAN, DAN SEBANGSANE BERTENGGER DI HATI KITA, MARILAH KITA KEMBALI KE JATI DIRI KITA MASING MASING. SING WONG JOWO BALIK NING JOWONE, SING WONG BALI BALIK NING BALINE, SING WONG SUNDO BALIK NING SUNDONE, SING WONG BATAK BALIK NING BATAK’E, SING SETAN BALIKO MARANG RATUMU DEWE DEWE, REPSIREP ADEM ANYEM KENO IDUNE DEWE DEWE, BALEO MARANG PANGGONANE DEWE DEWE, WIS TITI WANCINE BALI BALI BALI, SING PANAS DADI ADEM , AMARGO KENO IDUNE DEWE, NIK WIS BALIK LEKEN IDUMU DEWE DEWE, NIK WES DI LEK RASANO ADEME. ADEM AYEM, TENTREM, RAHAYU,

  62. @ Ki Wong Alus
    @ Ki Jembar
    @ Ki The Must
    @ Dan Sedulurku kang kinasih Semua
    Ada sebanyak 48 pitutur Jawa, yang sangat bagus untuk diikuti oleh semua orang. Dan bagi orang yang belajar jadi orang winasis, kasarnya belajar jadi paranormal , pitutur ini sangat bagus kalau dijadikan pegangan.
    Ada beberapa yang saya ingat al:
    1.Rame ing nggawe sepi ing pamrih, memayu hayuning bawono.
    2.Ngudi laku utomo, kanthi sentosa ing manah
    3.Titikane Aluhur iku saka alusing solah tingkah budi bahasane, lan legawaning ati, darbe sifat berbudi bawa leksana.
    4.Geni murub iku panase ngluwihi panase srengenge, ewodene yen ditikelake loro, isih kalah panas tinimbang guneme Durjana.
    5.Pangucap iku bisa dadi jalarane kabecikan, pangucap uga dadi jalarane pati, kasangsaran,pamitran. Pangucap uga jalaraning wirang.
    6.Tumrape wong linuwih/winasis iku tansah ngudi kaslametaning liyan, kang metu saka sajroning ati
    Nah Poro Sedulur, silahkan dibaca kata perkata dan pelan pelan. semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf memakai bahasa jawa. yang kurang memahami silahkan bertanya kanan kiri. Dan saya siap menterjemahkan juga.
    Nuwun.

  63. @ Poro Sedulur

    Wah lucu tenan blog hari ini, sampai sampai staf di kantor pada masuk ke ruangan saya karena saya tersenyum senyum sendiri di depan komputer.
    Orang jogja bilang: Lucu Puoooollll Dab.

  64. Mbah terong: kalau kita baca tulisan, maka kita harus punya perhitungan rangkap sebelum menyimpulkan sesuatu. Harus dikunyah, tidak boleh ditelan atau apalagi diuntal begitu saja….Janganlah asal menulis apalagi dengan apriori. Itu bukan sikap seorang yang gemar kebijaksanaan hidup. Iblis seperti saya saja masih bisa berpikir merdeka, kenapa anda yang berpengetahuan luas malah berpikir yang didasari pada prasangka negatif bahkan anda mengadili seseorang tanpa bisa menjelaskan secara gamblang apa maksud anda. Oke deh, ini semua adalah pembelajaran hidup untuk berdemokrasi. Hak asasi kita semua yang diberi oleh Gusti Alloh untuk mengungkapkan sesuatu berdasarkan atas penghayatan hidup kita masing-masing. Bicaralah dengan santun karena kita dipagari oleh hukum/syariat, selanjutnya apakah bicara kita didasari oleh akhlak dan cinta/kasih sayang. Untunglah kita tidak menjadikan forum ini arena gugat menggugat dan saling menjebloskan saudaranya karena pencemaran nama baik. Mohon diingat di forum ini, kita dengan mudah melacak IP adressnya dan dimana lokasinya. Semoga sedulur yang lain memiliki kedewasaan yang sama. Matur nuwun.

  65. Oh yesss,jadi ingat jaman singasari,ken arok bunuh tunggul ametung demi dapatkan tahta,lanjutkan,hancurkan

  66. Eyang Mbah Guru Sando Sejati dan Eyang Mbah Guru Ki Ageng JJ: sugeng sonten ki. monggo disambi leyeh leyeh di angkringan sambil membaca dagelan poro sedulur…. hehehe…. Nuwun…

  67. Izin COPAS dr Kang mas Cakra buana,,,,

    Mari Sama2 Kita Berjabatan Tangan, Luruskan Hati & Niat Hanya Untuk Menghamba Pada Sang Maha Adil & Maha Perkasa..
    Karena Semakin Kita Gosok Perbedaan Yg Ada Maka Lambat Laun Akan Membakar Segala Amaliah Yg Telah Kita Buat Selama Ini..
    ***************>>>>>>>>>>>>>>**************************
    Jgn Sampai Persaudaraan Di KWA Hancur Berantakan.,,,,,,,

    Damai itu indah Duluooorrr,,,*&(^(

  68. Eyang Mbah Guru Thanmustthepost: Rahayu ki. Sugeng Sonten kemaron dan saya tak ngudud yang tinggal separo hehehe… monggo dllanjut ki… saya ndeprok di belakang…

  69. @Poro Sedulur,

    Wah saya amit mundur dulu.
    Terpaksa tidak bisa menikmati terusane lelucon goro-goro , Gareng, Petruk, Bagong, Togog, Bilung, plus Durno, Sengkuni ditambah Sadewa.
    Monggo dilanjut, untuk hiburan cap go meh

  70. Ada komen-komen di sini yang kelihatan melampaui batasnya. .Hingga darah muda saya turut mendidih membacanya. .Apa yang ada di benak kalian hingga tergamak mengeluarkan kata-kata sebegitu?. .Sudah hilangkah hormat di hati kalian semua?. .Walau apapun, Wong Alus tetap ketua KWA dan pengasas KWA. .Tunjukkan sedikit hormat bila berbicara. .Saya tidak melihat dari artikel di atas, siapa yang dituduh Ki Wong Alus. .Malahan beliau meletakkan sesepuh zz demi melindungi identiti sebenar pengirim komentar tersebut. .Malahan Ki Wong Alus cuma menyatakan pendiriannya saja untuk berdiri secara independent. .Tidak terlihat di mata saya sewaktu membaca artikelnya, beliau ingin mencari publisiti. .Hentikan komen-komen melampaui batas tersebut. .Kembali kepada semangat persaudaraan sesama ahli KWA. .

    Salam Ukhwah. .

  71. FILOSOPI AKSORO JOWO KUWALIK

    NGO THO BO GO MO
    NYO YO JO DHO PO
    LO WO SO TO DO
    KO RO CO NO HO

    1. Ngracut busananing manungsa
    2. Thukul saka niat
    3. Bayu Sejati kang andalani
    4. Guru Sejati kang muruki
    5. Mati bisa bali

    6. Nyata tanpa mata ngerti tanpa diwuruki
    7. Yen rumangsa tanpa karsa
    8. Jumbuhing kawula lan Gusti
    9. Dhuwur wekasane endhek wiwitane
    10. Papan kang tanpa kiblat

    11. Lali eling wewatesane
    12. Wujud hana tan kena kinira
    13. Sipat hana kang tanpa wiwit
    14. Tetep jumeneng ing dat kang tanpa niat
    15. Dumadi kang kinarti

    16. Karsa kwasa kang tanpa karsa lan niat
    17. Rasa kwasa tetunggaling pangreh
    18. Cipta rasa karsa kwasa
    19. Nur Hurip Cahya wewayangan
    20. Huripku Cahyaning Gusti

  72. @ Ki SABDO SEJATI? katanya ada 48 pitutur jawa, kok cuman 6 yg ditulis….? yang 42 pitutur lagi mana….?
    ikutan wong alus aaahhhh. mau udud dulu, sambil nembang udud dulu udud duluuuuuuuuuu? lagunya dalang enthus
    HAYO OLEHE COMENT SAMBIL UDUD DULU, SING ORA UDUD HAYO PODHO BELAJAR UDUD

    SALAM UDUD SELALU……. puuuuuusssshhhhhh……puuuuuusssssh

  73. Wis toh…ojo podo rame…lha wis podo tuwone d rembug kanthi sareh…kethoke mung ono kesalah pahaman..,wong sing pengecut kuwi wong sing sering nambahi panase suasana n ganti2 nick name, nick name @gimen, @mbah terong, @Bagong lungguh kepenak iku sejatine wonge podho…mung ganti2 nick name thok…tak cokot irungmu nganti mblesek irungmu…lha wong sing pengecut iku sing ganti2 nick name…wong koyo ngono mung isone sesumbar thok…omoge nggedubrus…nganti lambene ono umpluke…

  74. zul kapan: saya setuju dengan anda.
    saya juga heran kenapa kita semangkin akrap semangkin gak sopan tutur katanya , apa karna sampean2 yg merasa udah sakti mandra guna terus anda2 bebas ngeluarkan kata2 caci maki terus2san.
    klo di daerah saya nama ya pake ki atau mbah tu orang ya dah tua dan kata2nya sopan2 gak kayak gini. maki sana maki sini pake acara adu domba segala.

    KWA INI TERBENTUK UNTUK APA SEBENAR NYA? APA TUK MENGHUJAT ,MENGHINA ATAU UNTUK MENJALIN PERSAUDARAAN . COBA SEDULUR2 JAWAB ???

  75. lha..dalah…mbah@cakil kok ngluyur…ucul soko kandange…he..he..he..he..,ngapunten mbah@cakil lhawong kulo namung guyon kmawon kok…salam sederekan nggih mbah..,oh…jadi ada orng yg sering ganti2 nick name tuk tujuan nambahin kisruh suasini eh…suasana toh mbah…,ya udah di gigit aja mbah hidungnya pke giginya mbah yg lebih maju itu…he..he..he..he..,kalo sy cermati dgn seksama dlm tempo yg sesingkat singkatnya…(kayak proklamasi aja nih…) bhw ki wong alus tdk menuduh n menyalahkan sesepuh trsbt,n sesepuh trsbt jgn mrasa dirinya bersalah,krn dlm hal ini ki wong alus tdk menyalahkan comentnya panjenengan,coment trsbt hanya mpkn suatu usulan aja,n bila tdk berkenan thd usulan trsbt yg tdk apa2 sbb usulan trsbt sifatnya tdk memaksa,itu mpkn hanya suatu urun rembug aja,jd jgn di tanggapi dgn ucapan2 yg mnyebabkan suasana KWA ini jd panas,qta ttp fokuskan agar acra ultahnya KWA bs brjalan dgn lancar n sukses,mngkn bagi pihak2 di luar yg tdk suka dgn adanya KWA ini mrasa senang bila tau suasana di KWA mnjadi memanas saat ini. ayo ndang podho sareh lan sabar,sabar iku bakale subur lan subur iku bakale makmur…,ono rembug yo di rembug sing becik,ono panganan yo di pangan bareng2 ben podho melu rasan panganane..,nah…iki..mumpung ono kopi ayo..poro sedulur podho di sruput bebarengan…ben iso maaak…nyuuusss….

  76. HIDUP KWA, KWA ADALAH MILIK BERSAMA TIDAK MEMANDANG RAS. WALAU SAYA JARANG COMENT TP SY SLALU MENGIKUTI PERKEMBANGAN KWA.
    TERUNTUK KI WONGALUS SY SALUT SAMA ANDA. DEMI KWA, DEMI PARA ANGGOTANYA, DEMI KESEJAHTERAAN DAN KEBERSAMAAN ANDA KORBANKAN WKT ANDA. SEMOGA KWA TMBH MAJU TERUS..,AMIN AL FATIHAH….

  77. nuwun sewu nderek ngangsu kaweruh,
    Rupanya para mahasiswa sudah kelebihan energi jadinya ya seperti ini,mungkin sudah waktunya mencarikan lawan tanding yang semestinya hehehe………..
    SALAM DAMAI
    KWA JAYA

  78. tuk ki wong alus…maju terus ki .., saya yakin kwa yang ki bentuk ini tuk menjalin persaudaran kita semua. dan tuk mbah2 tukang adu domba tolong hentikan virus mu di kwa ni. mas jj tidak sebodoh itu bisa kamu adu domba.
    klok kamu gak senang dengan blog kwa ini silakan kmu buat blog mu sendiri . buat blog mu sendiri ,mau kamu buat blog bebas caci maki atau blog mbah2 senget silakan. tapi jgn kmu keruhkan blog kwa ini yg mulai jernih.
    kami di sini semua mau belajar tuk jadi saudara walau pun kami saling berjauhan antara pulau yg satu ke pulau yg laen.

  79. Mungkin saja ya, mereka-mereka yang selalu mencaci KWA dan Wong Alus mempunyai agenda tersendiri. .Siapa tahu?. .Mungkin mereka mahu blog ini dibubar kerana selagi adanya blog ini, mereka-mereka itu tidak dapat mengenakan mahar yang tinggi kerana segala keilmuan sudah dipaparkan di blog ini tanpa mahar sesen pun. .Jadi mereka berusaha untuk membubarkan kampus ini demi kelangsungan hidup mereka. .Mungkin aja, ya. .Segalanya mungkin. .

    Salam Ukhwah. .

  80. Asalamualaikum wr wb
    Salam hormat pada Ki Wongalus
    @ Zul Kapan
    Saya juga sering tertanya-tanya apa masalah mereka-mereka yang masuk kampus kemudian mencaci KWA dan Kangmas Wildan. Tiap kali masuk kampus pasti ada yang berdebat tentang agama, berdebat tentang ulang tahun KWA. Mereka lupa agaknya blog ini kan kepunya Ki Wongalus, kita semua menumpang disini.. Mereka juga lupa diblog ini kita semua bersilatulrahim mengenali antara satu sama lain, ya dari Brunei Darulsalam, Singapura dan Malaysia walaupun via alam maya. Apa agaknya hasil dan kepuasan yang mereka dapat dari perbuatan mereka ya?

    Salam Penyejuk jiwa…( Mbah Dewa Bessi – aye pinjam ya salamnye)

  81. Jangan hina menghina ,bahasa menunjuk kan bangsa ,sedulur di sini Ada yang dekat dgn Allah ,Ada yang jauh dgn Allah ,sesuai amalan masing -masing .Awas! Jika perang dgn orang mukmin ,sekali dia sujud Dan doa di malam yang sepertiga ,Tungu Tungu lah Tukang hina Tukang Cerca , Tukang adu domba Dan bermacam macam Tukang yang tak boleh lihat orang lain dapat nikmat ,Tungu sama Ada Cepat atau lambat ,.,.hidup KWA

  82. KWA SANGAT BIJAKSANA NAH ITULAH YG KUCINTAI SEJAK DULU ……….KWA TTP JAYA DI BUMI NUSANTARA AMIIIIIIIIIIIIN…

  83. qi qi qi qiii…..waah ramee!
    ada yang joged…
    ada yang tabuh kendang….
    enake nonton karo ngobong gudang….
    qi qi qi qi qi qiiiiii

  84. Ass.Wr.Wb. Salam takzim @wong alus, salam silaturrahim para sesepuh WA, dan keluarga besar WA, semoga KWA tetap damai dengan semangat ASAH, ASIH, ASUH.

  85. salam KWAngen JAYALAH KWA DI BUMI NUSANTARA ,Ki Wong Alus hatimu sungguh mulia tutur bahasamu mewakili semua lapisan masyarakat untuk sadar diri mencapai diri SEJATI salam paseduluran mewakili Bumi Reog Ponorogo

  86. saya sangat setuju atas apa yg diungkapkan td sukses dan salut untu anda yg mempunyai pandangan sprt itu

  87. nyimaxxxx sambil godek-godek…………………………………………………………………………………………
    KWA harus independent………………………………………………………………………………………………..
    lanjutin godek-godek ah..ah..ah…

  88. Assalmu’alaikum.

    Dalam niatan suatu perbuatan baik tentu tidak akan luput dari ujian serta cobaan yang siap menghadang karena memang sudah begitulah kodrat-irodat yang tercipta,semakin tinggi pohon tegak berdiri sudah pasti semakin kencang angin yang berhembus…
    Jadikanlah cacian serta hinaan sebagai sarana spirit membangun karena dari situlah kita mengerti apa yang menjadi kekurangan kita & apa yang harus kita lakukan pada langkah selanjutnya….
    Kita berterima kasih kepada mereka telah membantu untuk mengingatkan kepada kita tentang arti sebuah Pendewasaan Sejati…

    “Perbanyaklah melihat kedalam untuk dapat merasakan apa yang ada diluar…”

    “Semoga Kita Dipersatukan oleh Tali Persaudaraan…”

    Salam tadzim Ki Wong Alus & para sedulur sekalian….

    Rahayu Sedaya-daya…

  89. Allahumma ashlihil imaama wal a immata, war ra’i war ra’iyyata, wa allif baina quluubihim fil khairat.
    Rabbanaghfirlana wa li ikhwaninalladziina sabaquuna bil iiman wa laa taj’al fi quluubina ghillan lilladziina aamanu, rabbana innaka rauufurrohiem.

    Untuk semakin mekarnya cinta kasih di dalam diri kita, dan juga di semesta jagad raya,
    al faatihah..

  90. Assallamualaikum Wahai Hamba-Hamba Alloh Yang Mulia DiKampus Wongalus Dan Sallam Hormat
    Buat Guru Habib Ki Wildan Yang Mulai Hatinya Serta Sedulur Semuanya, Saya Yang Jauh DiMata
    Tetapi Dekat DIKolbu ,,,Apa Yang DiKomentkan Oleh Tuan Empunya Blog Yang Mulia Guru Habib
    Ki Wildan Adalah Haq Muthlak Beliau,, Kita Semua DiSini Adalah Menumpang Niat/Hajat Mulia Beliau Yang Ikhlas Melakukan Semua InI Kerana Lil Laahi’taala,,, Supaya Blog Kwa Tidak Lari Dari Landasan Wal Awallu, Saya Yang Fakir Lagi Hina InI Hanya Ingin Berkongsi Kehidupan Yang Luhur
    DiSisi Alloh swt Seperti Guru Habib Ki Wildan,,,Akhir Kata Dari Saya Yang Jauh Kekayaan Duniawi
    Akan Membawa Kemusnahan Sesama Ummah,,,KWA Hidup Menunggal

  91. Assalamualaikum wr.wb
    Wah…Wah…Wah…
    KWA…Rahayu…
    Seru Tenan Rek…
    NAFSUne Wiz Nyebar Tekan Ujung. Aq Tak ndeprok wae…
    Eh…Nuwun Sewu Sdulur. Kang9e Muslim,Mong9o Sholat (Meditasi), Dilanjut Dzikir (Afirmasi), Tafaqur N Penuh Syukur Marang Gusti.i
    Sejatine Menungso Sing Menang Yoiku Menungso Sing Biso Nglawan Howo Nepsune.
    Lha sing ga iso nglawan nepsu diarani opo…???
    Wassalammualaikum wr.wb
    Ni’matullah Rahmatullah

  92. Assalamualaikum wr. wb.

    Selamat malam sedulur WongAlus semua…
    Saya mau menyampaikan sedikit aspirasi mengenai topik di atas. Saya setuju terhadap para sedulur semua kalau KWA ini tidak perlu meng-induk atau mengikuti organisasi manapun, karena KWA ini berbasis ajaran Islam yang memiliki para guru & sesepuh yang di anggap mumpuni dalam hal ilmu agama.
    Jadi, kalau KWA ini bergerak bidang spiritual ya sudah istiqomah aja semua sedulur yang menjadi pengikut blog KWA ini tanpa embel-embel politik / organisasi lain. Saya salud dengan pendapat pribadi dari Ki WongAlus.

    Wassalamualaikum wr. wb.

  93. assalamualaikum wr wb
    salam hormat bagi semua sepuh KWA

    didunia ini tak ada yg sempurna,pasti ada kurang dan lebihnya, jadi belajarlah kita untuk menghargai org lain,bersikap dewasa,dan ksatria,
    inilah liku2 perjalanan bolog ini,pasang surut,
    yg jelas dari segi apapun blog ini sangat bermamfaat,menambah wawasan, sahabat, dan persaudaraan…….

  94. assalamualaikum wr wb
    salam hormat bagi semua sepuh KWA

    didunia ini tak ada yg sempurna,pasti ada kurang dan lebihnya, jadi belajarlah kita untuk menghargai org lain,bersikap dewasa,dan ksatria,
    inilah liku2 perjalanan bolog ini,pasang surut,
    yg jelas dari segi apapun blog ini sangat bermamfaat,menambah wawasan, sahabat, dan persaudaraan.

  95. saya sangat setuju blok milik mas wildan ini tetep dgn gaya ini…….
    inilah gaya mas wildan GAYA ILMU HATI….mohon maaf sebelumnya.
    Monggo mas wong alus trus qt2 dibina dengan kehalusan panjenengan, melalui hati panjenengan….

  96. Bismillahiirohmanniirohim,,,,
    Aslamu’alaikum Ki ALUS/mas wildan, sugeng rahayu,smga gusti pangeran ALLAH SWT sllu melimpahkn rahmatnya sllu bt KI ALUS,
    Al-fatiah,,,,

  97. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,

  98. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,.

  99. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,..

  100. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,…

  101. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,,…,.

  102. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,……

  103. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  104. Hihihihi Perlu 70.000 manusia untuk menghujat ku supaya naik ilmu

    siapa mau hujat aku…?
    silahkan mulai startttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt,,

    ditunggu

  105. saya sangat setuju banget blok MILIK mas wildan ini dgn GAYA begini ini…..
    dengan gaya HATInya mas WILDAN,,,
    monggo panjenengan lanjut mawon gayane mas….
    mohon maaf sebelumnya…..

  106. salam damai para sedulur….
    saya setuju kwa mandiri dan berdikari tdk perlu ikut organisasi manapun..kwa ya kwa …

  107. Ucapan ibaratnya amalan,kalau amalan panas redam sj pake istigfar/sholawat.Itu yg sy tahu dr sesepuh kwa semuanya.Jd kalau suasana memanas mending kt bc istigfar dan sholawat.Dan minta perlindungan allah swt.Karnah stahu strategi syaitan sgt lihai dlm menggoda anak cucu adam…..Shingga banyak bhkn dri klangan ahli ibadah.Maka dari itu kt waspada.Jgn2 hati kta termasuk sy sdah disusupi syaitan.Maf cuma uneg2 sj.Mudah2 cpet adem ayemdan mhon maaf apbila ada salah kata.Wassalam…..

  108. saya tidak menyalahkan anda rezky
    tp menyalahkan bapak dan ibu anda yg tidak punya tata kerama sehingga tidak bisa mengajarkan anaknya sopan santun

  109. Assalamu alaikum..nderek nyimak mbah puh KWA…salam salim, salam paseduluran semuanya. . .
    Rahayu..rahayuu. .

  110. Hanya sharing. Ini video temanku yg direkam di hp ketika menarik uang gaib dirumahnya. Ilmu tsb didpt di daerah jawa tengah tnp diharap , tiba 2 ada kakek tua mendekatinya ketika dia lg duduk. Dan kakek tsb mengajarkan 7 kalimat. Dan temanku langsung menirukannya satu persatu. Lalu dikembangkan dan dia bisa menarik uang gaib. Silahkan di lihat di youtube ” ilmu menarik uang gaib ” http://www.youtube.com/watch?v=F5UKWMc7rdU

  111. absent pagi@ alll

    wah iblis2 udh bnyak yg trun lapangan. mungkin mreka lom di beri mkn oleh majikannya..
    iki mntra dari ki ageng jj ampuh mudah2an bsa buat nyebla’i silite iblis klaparan yg mrajalela di kelas KWA.. PINJEM MNTRANE KI AGENG JJ..

    DARI PAGI HINGGA SORE INI PARA JIN, SETAN, DAN SEBANGSANE BERTENGGER DI KELAS MARILAH KITA USIR IBLIS2 KEMBALI KE ALAM nya MASING MASING

    . SING WONG JOWO BALIK NING JOWONE, SING WONG BALI BALIK NING BALINE, SING WONG SUNDO BALIK NING SUNDONE, SING WONG BATAK BALIK NING BATAK’E,

    SENG NYUMPAHI SMBARNGAN BALIKO MARANG COCOTE DEWE2..

    SING SETAN IBLIS MARAKAYANGAN WEWE GOMBEL.Rezky Cool Sufyan Abdalla Al-Bunguli, Mbah Terong, WANDI PUTUL , dalih. LAN WADYA BOLONE..

    BALIKO MARANG RATUMU DEWE DEWE, REPSIREP ADEM ANYEM KENO IDUNE DEWE DEWE

    , BALEO MARANG PANGGONANE DEWE DEWE, WIS TITI WANCINE BALI BALI BALI, SING PANAS DADI ADEM

    , AMARGO KENO IDUNE DEWE, NIK WIS BALIK LEKEN IDUMU DEWE DEWE, NIK WES DI LEK RASANO ADEME. ADEM AYEM, TENTREM, 1000X.. BUS BUS ANDARUS ANDARUS. YA KHUDAMA HADZIHIL ASMAK ASSA’AH2 AL-‘AJAL2..

    lek jeh bali maning neng kelas. brrti ancen nenek moyange iblis kie seng turun lapangan…

  112. Postingan Ki Alus hanyalah uneg-uneg beliau dan saya apresiasi. Saya pribadi menilai Ki Ageng JJ sama sekali tidak bermaksud bahkan tdk ada PIKIRAN menjadikan KWA bagian dari FKPPAI dan yg dimaksud menginduk tsb hanyalah bersifat sementara untuk kelancaran pencarian dana untuk acara milad KWA ke-III. Hal ini ditrigger dari beberapa persyaratan yg harus ada legalitas organisasi berbadan hukum, sedangkan KWA bukan suatu organisasi, lembaga atau sesuatu yg berbadan hukum. Jadi mohon jgn berprasangka buruk dulu, karena ini berbeda dengan milad ke-1 dan ke-2 yg tdk melibatkan pendanaan dari sponsor.

    Seperti pepatah apa yg Anda lihat itulah yg Anda rasakan, dan apa yg Anda kerjakan itulah yg Anda dapatkan. Jadi komentar Anda di atas, saya menilai HANYA BAIK MENURUT ANDA, karena Anda hanya menilai dari membaca COMMENT sedulur lainnya tanpa merasakan hakekatnya. Jadi APA yang Anda BACA itulah yg Anda PIKIRKAN, karena nafsu-mu maka itulah COMMENT-MU.

    JIka saja setiap manusia memiliki KESADARAN nya, barangkali sudah tidak ada hukum atau aturan di dunia ini, karena semua sudah berjalan sesuai sunatullah (hukum Allah ta’ala). Sebagaimana ekosistem, rusa tdk protes karena dimakan harimau dan harimau juga tdk protes di bunuh oleh manusia. Andai saja manusia ini menjadi mahkluk SEMPURNA, tentunya hanya satu tujuan kepada yg Maha Benar yaitu Allah ta’ala. Tidak saling merasa benar, tidak saling merasa pintar karena KESADARAN akan mengikat kepada La haula wala kuwata ila billah. Mencemooh orang lain koq BANGGA?

  113. Assalamu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuh..!!.
    Allohumma Sholli ‘alaa Sayyidina Muhammad wa ‘alaa Aali Sayyidina Muhammad.

    NUMPANG WORO-WORO DUKA CITA
    —————————————-

    1. Akun FB Saya telah error terkena Heck, namun pada hari Ahad Wage, 5 February 2012 kemarin ini Mupus dgn nama yg tetap sama hanya saja ada tambahan sedikit (II).

    2. Telah meninggal dunia Jendral yg sangat Kita cintai yg bernama : Panglima BESAR Jendral Soedirman pada Ahad Pahing, 29 Januari 1950 yg lalu bertepatan dgn tanggal 11 Robiuts Tsany 1369 H di-Magelang dan dikebumikan di-TMP di-Semaki, Yogyakarta. Ada Pesan terakhir Beliau yg cukup diingat selalu : ”SUNGGUH Saya bahagia sekali, ternyata Indonesia telah Merdeka”. Semoga Alloh SWT selalu mengampuni dan merahmati beliau, Amiiin.

    [Monggo dilanjut ngobrol-ngobrolnya, tetap jagalah Persatuan dan Kesatuan kita.. MERDEKA..!!. MERDEKA..!!.
    Nuwun.

  114. WORO-WORO.
    —————-

    [Maklumi saja apapun yg telah terjadi, sesungguhnya bila dipersentasekan Manusia itu terdapat 3 Kelompok Besar, sbb :

    1. Ada 40 persen Manusia yg SADAR.
    2. Ada 40 persen Manusia yg Ndak SADAR (Mabuk), dan
    3. Ada 20 persen Manusia yg masih Labil (bisa diajak SADAR dan bisa diajak MABUK tergantung Diri dan Lingkungan).

    [Kita pada hari ini, Kemarin dan Esok hari termasuk yg mana yah… Ketahuilah, KONFLIK apapun bisa terjadi krn MABUK bertemu dgn MABUK, jadi sing eling lan waspada, waspada kana wekasan, elingna kana WIWITAN (Agama kita masing-masing)].
    Nuwun.

  115. Makna surat Ali Imron : 191.

    [Bila kita senantiasa memakan Makanan setiap saat berupa DZIKRULLOH dan meminum Minuman berupa TAFAKUR serta BERSIH QOLBU ini dari CINTA DUNIA (hubbud dunia) yang TERCELA, maka Alloh SWT akan tampakan kepadanya KEAJAIBAN-KEAJAIBAN MAKNA HIDUP itulah orang yg dikarunia ILMU HIKMAH, yakni : Kesadaran Tingkat Tinggi].
    Nuwun.

  116. [Orang yg dikaruniai Kesadaran Tinggi itu (Ilmu HIKMAH) lalu akan berkata : Robbanaa Maa Kholaqta Haadza Baatila(n)… Ya Alloh, (ternyata) Engkau Ciptakan semua ini ndak ada yg sia-sia (rupanya), Subhanaka Faqinaa ‘Adzaaban Naar… Maha Suci Engkau ya Alloh, SELAMATKANLAH KAMI dari (segala macam) SIKSA NAAR], Amiiin.

    Monggo dilanjut mau Sarapan Pagi dulu… Qobiltu.
    Nuwun.

  117. Gitu aja ko repot.hik hik hik,,uwong iku iso jera neng wis ono sangsi,
    Uwong iku wis iso sadar nek wis ngerasakno loro lan paite urip,uwong iku biasane lali karo pangeran yen wis horto bondone ono nengendi endi,,dadi uwong yo ojo dumeh,yo wis ‘ger saiki jogoen cangkemmu.omonganmu lan laku lampahmu yo.!!
    Omongan sing metu teko’ cangkem iku yo pd karo doa sing ga di roso lan lambang karakter kepribadiane dewe,!
    ”ilingo karo wong tuo loro”
    ”ilingo karo sing kuwoso”
    Lan elingo karo anak bojomu,dulurmu.tetangga kanan kirimu lan matimu!!

    Teko ra di jemput balih yo ra di terno,yo mulio dewe dewe,clink9x,hik hik hik.

  118. Etikanya apabila seorang tamu itu mengucap salam lan ketuk2x pintu sblm masuk rumah,tak lain halnya mau masuk ke blok kwa ini,
    Kt kembalikan pd diri kt sendiri dan gmn seandainya ada orang msk rumah kt dgn tanpa salam atau ketuk2x pintu terlebi dulu,.mana pake maki2 lg,,sy yakin si tuan rumah tdk akan suka lan terima pd sitamu tsbt,”jangankan disambut dgn suguhan tea hangat lan makanan nan lezat,yg ada jg akan disambut dgn siraman air akki lan pukulan2 jep kanan kiri yg jelas,!
    ”podo mangan sego ko seneng gawe molo to cah-cah.”-

  119. slm ki abdul jabbar@ slm menjura..
    mungkin jg aq yg trmasuk brfkiran yg tdkk2. mhon dmvkn ya ki abdul jabbar..
    . sprti yag ki sudh jlskn bru sya tau mksud dn tjuan sesepu xxxxxx trnyta ada benarnya jg.. dn sy tdk ngin mngmbil ksimpuln apa2 krna ksimpulnku jg psti akn slh krna dri nafsu yg kotor.

    jdi kmbali ke TKP ( mode opravan java on)qiiqi

    smbl cincing2 sarung qiqiqi

  120. et dah ada rame2 ya,maklum bbrapa hari ini cuaca cerah,mbah kbanjiran order pesenan es doger…eee
    hayo pd kembali k tujuan semula,sbagamana tujuan awal kampus ini dibangun.mbah yg cm shari2 ngubek bikin bahan es doger,ngerti apa yg dimaksud dlm postingan ki habib muhamad wildan,apa lg panjenengan smua tntu lbh ngerti dan paham betul atas,untaian kalimat ki habib.ki habib syng sm kt smua,mngkin beliau dah harus brtindak,ngluarin kata2 bgono,melihat kita dah jauh melenceng dr asas tujuan kampus ini.
    jujur mbah jarang ngampus,(wlo ngampus cm mangkal jualan es doger.)mbah z yg kaga bs apa2,dah ngrasa KWA skrg sm KWA yg dulu dah jauh beda,+ nya mkin bnyk mahasiswanya negatifnya makin ada jurang pengalang antar ssama mahasiswa.jd asah,asih,asuhnya g dimaknain lg.akibat bnyk yg ngrasa paling paham,pling bisa,pling mampu.pling apa lg ya,pokoknya ego nya yg di dahuluin.jd yg ngrasa trsisih mlh ngambek,dan g jd ngdukung,akir2 nya yg jd korban ya kampus ini.mau diajak ksono lah,mau digabungin ksini lah.wajar sx yg punya kampus ngasih ultimatum.
    bib,mbah cm tukang es doger,yg g pnya amalan doa tingkat tinggi,tp mbah doain biar habib dan kluarga sehat slalu.dan para sepuh hayo kembali ke tujuan semula.ini cm unek2 mbah yg sbner nya bangga sm panjenengan salut sm dedikasi pnjenengn.mhn mf klo ada slh ngucap..mklum mbah cm seonggok manusia miskin ilmu.
    mbah kliling dulu,ning…ning…ning.,es,es doger.

  121. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam paseduluran katur kagem sedulur KWA
    Nunut komen,
    Allah menciptakan makhluq-Nya berpasang-pasangan, berbangsa-bangsa, dan bersuku-suku “lita’arofu” (utk saling kenal), berarti perbedaan ini merupakan suatu Rahmat Allah SWT.
    Untuk kemaslakhatan umat, seyogyanya kita tidak membicarakan perbedaan satu sama lain tetapi lebih baiknya jika kita tengok kembali “niatan awal” kita untuk menselarasakan, menserasikan, dan menseimbangkan hubungan antar umat.
    ingat: قوا انفسكم و اهلكم نارا

  122. Hari ini terbuka semua tentang kejujuran diri, yang coet keluar sambelnya, yang panci keluar macam-macam jenis sayurnya, ada asem, ada pedes, ada manis, yang teko keluar macam macam isinya ada teh manis ada kopi pahit, ada wedang jahe,,,semoga yang ceret tahu dirinya ceret, yang teko tahu dirinya teko, bahwa ribuan orang sedang mengawasinya, mengwasi kejujuran dari isi-isi mutiara lisan anda, itulah sebenarnya diri anda,,,,

  123. assalamualaikum wrwb,sugeng siang poro sesepuh semua, salam karahayon ,,,,,,monggo dipun lajengaken rencana semula,kula namung saget ndonga mugi di paringi kelancaranipun acara sakmangke,,,,monggo ampun ndadosaken cungkrah sedoyo coment2 sing mboten penting meniko…….monggo samio instropeksi lan ngatahi istighfar,monggo sami salim2 maleh, monggo sami2 atur pangapuro…………AMIN ALLAHUMA AMIN, mugi GUSTI PARING BERKAH LAN RIDHO

    NUWUN……..

  124. assalamualaikum wrwb,sugeng siang poro sesepuh semua, salam karahayon ,,,,,,monggo dipun lajengaken rencana semula,kula namung saget ndonga mugi di paringi kelancaranipun acara sakmangke,,,,monggo ampun ndadosaken cungkrah sedoyo coment2 sing mboten penting meniko…….monggo samio instropeksi lan ngatahi istighfar,monggo sami salim2 maleh, monggo sami2 atur pangapuro…………AMIN ALLAHUMA AMIN, mugi GUSTI PARING BERKAH LAN RIDHO

    NUWUN……

  125. makin pedes…makin hangat…makin…????harusnya sih makin dewasa…
    provokator biar pada molor… yang tekor biar pada sohor… tapi sedolor jangan pada kabor…ta iya…
    romatika orang mau punya hajat…ada aja yang dengki…iri…keki…kemaki…sampe bau kaki…hik..hik
    Buat para sedulur…sesepuh semua…ayo pada makan siang…eh maksudnya pada rukun…dengan cara santun…gak pake getun…trus semua jadi wantun…
    lanjutsss ngeroks dulu…

  126. SALAM LEKUM DULUR …KWA SEBAIKNYA TETEP SEPERTI INI MENGAYOMI SELURUH ANGGOTA TANPA PANDANG DAN STATUS SOSIAL…UDAH PAS AJA KI SEPERTI INI…AMIEN…

  127. Assalamu’alaikum wr.wb
    maaf sedoyo niki uneg2 kulo.Saya yakin ki ageng punya maksud yg baik trhdp kwa,klw tdk ngapain dia tetap setia sm kwa dari dulu sampai sekarang harusnya kita baik sangka jgn buruk sangka,bs2 kt telah menfitnah orang dan kalau ada yg ngganjel mbokyo dirembukno seng apek ki ageng cm manusia biasa jg sm sperti kt,kalau anda memang tdk pernah berbuat dosa dan merasa paling mulia monggo hina dia,tapi lebih bjaknya diam, itu urusan poro sesepuh,ki rakyat kwa sbgai murid tdk usah ikut2..Sy prnah dngar dosanya pezina masih diampuni allah klw ia mau bertobat,tp klw dzolim pd orang allah tdk bs ampuni sblum org yg didzolimi mau memaafkan..Jd mending kt komen yg baik2 sj jgn sling menggunjing…Yg dh terlanjur slahkn minta maaf pd sesepuh..Dan sy yakin ki alus dan ki ageng sm2 punya niat baik.Maaf klw ada slh kata suwun

  128. ASSALAMUALAIKUM WR,WB

    ALLAH….. ALLAH…. ALLAH….. ALLAH……ALLAH…… ALLAH….. ALLAH….

    ASTAGFIRULLAH….

    —————————————————————————————————————————-
    API YANG KECIL SAJA BISA MEMBAKAR RUMAH YANG BESAR”
    APA LAGI API YANG BESAR..!!!
    —————————————————————————————————————————-
    YAA ALLAH REDAMLAH API DALAM HATIKU… JUGA API DALAM HATI SAUDARA-SAUDARAKU DALAM GEDUNG KWA INI… JANGAN ENGKAU PECAH BELAH KAMI SESUNGGUHNYA KAMI ADALAH MAHLUK YANG SELALLU BERGANTUNG PADAMU
    YAA ALLAH

    HATIMU ADALAH HATIKU….
    SEJUKANLAH HATIMU

    ASAH,ASIH,ASUH
    ———————–
    KI SINGA BANTEN

  129. wuih…dah mamam rasanya enak…
    heigh…masih pada dagelan kah…udah gak usah dipanjangin lagi…cukup sampe disini…tutup…
    salam Hormat untuk Ki Wong Alus…ndeproknya jangan lama lama Ki…temenin kita dikampus dunks…hehehe
    untuk Ki Ageng…tetep semangat jaga paseduluran ya Ki…
    apapun namanya…teh botol sastro pilihanku…

    😀 :D:D

  130. hihihihi…ada pengunjung yang bukan orang…hebat juga blog ini…gak cuma orang biasa yang bisa nimbrung…kongkow…yang bukan orang biasa juga bisa ikutan…mantebbbbb….
    Om yang bukan orang aku mau tanya deh…sejak kapan jadi “bukan orang”…hehehehe…Peace

  131. salam paseduluran,wabil khusus ingkang kinormatan ki wong alus
    saya berharap bahwa KWA selamanya adalah wadah persaudaraan tidak pandang ras dan golongan ataupun bentuk partisan apapun sehingga senantiasa terjalin keakraban dan keguyuban,sehingga KWA adalah punya jati diri yang mandiri.
    tetap semangat jalin persaudaraan kalau ada uneg2, ingsun berharap bisa dimusyawarahkan dulu dan tidak grusa grusu.maturnuwuun
    RAHAYU

  132. SUDAH ???!!!
    OKE
    MARI KITA TUTUP MASALAH INI DENGAN HATI YANG IKHLAS.
    KITA TUTUP PERSOALAN INI DENGAN SALING MENYADARI BAHWA TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA, SEHINGGA MERASA BENAR SENDIRI.
    KITA TUTUP MASALAH INI DENGAN SALING MEMAAFKAN,
    JANGAN SALING MERASA PALING BENAR , JANGAN MERASA PALING PINTAR, KEMBALI KE ASAL USUL KWA YAITU SALING ASAH . ASIH, ASUH.
    SELANJUTNYA
    MARI KITA RAPATKAN BARISAN
    BERPEGANG TANGAN YANG ERAT
    SATUKAN LANGKAH
    MENUJU KE TITIK TUJUAN
    YAITU ULANG TAHUN KWA III
    PANITIA TETAP DIKENDALIKAN OLEH KWA JAKARTA
    SESUAI DENGAN MANDAT TIDAK LANGSUNG DARI KI WONG ALUS
    PADA BEBERAPA MINGGU YANG LALU
    SEKALI LAGI MARI KITA SATUKAN TEKAD
    AGAR ULANG TAHUN KE III KWA SUKSES.
    PANITIA MAJU TERUS
    ABAIKAN SEMUA KOMENTAR MIRING
    KITA JALAN TERUS

  133. ..mohon menjadi perhatian kita bersama juga, mengenai dampak penyalahgunaan pengetahuan, ilmu, amalan yg ada di KWA untuk tindak kejahatan atau menyakiti/mendzolimi makhluk lain, sehingga perlu dibentuk sebuah divisi khusus penanganan penyalahgunaan dari yg berkompeten dan ikhlas karena Allah Ta’ala, karena banyak sekali terjadi kasus penyalahgunaan dalam bentuk yg sangat beragam…

    dari pemerhati KWA..

  134. astagfirullahal aziem..jebule cobaane wng urip kui ky ngene ya,mesti neng ndi bae tmpte ene wae sng seneng n ra seneng..buat KWA Mugi2 d paringi kesabaran sng ageng..mudah2n tali prsodaran pr Sedulur KWA semakin kuat dn ttp utuh slama2nya..meski bnyk komen yg tk brmutu yg hny bikin suasana tmbh gerah…ya kita doakan sj mereka yg menghina,mencaci maki serta yg memprofokasi di KWA sll dlm lndngn Allah SWT..buat pr sesepuh KWA Slm rahayu serta sembah sungkem saya kpd ki WONG ALUS

  135. saya bkn anggota kwa tp siap d belakang kwa karena d sini sy temukan arti persaudaraan d mana sy bs berteduh n temukan jawaban dr keruwetan duniawi.saya dukung anda ki wong alus. mggo dulur2 rapatkan barisan

  136. alhamdulilah dah adem ya.dah pd sejuk hatinya.,dah pd taukan isi hati masing2..emang bnr mbah pernah baca dikoran bekas bungkus kue.ada tulisan “setiap ada masalah pasti ada hikmahnya”.
    mudah2 sdulur mbah yg pinter2,yg ganteng2,yg maniz 2.(e,e,mau g jd dulur sm mbah,ogah bngetz ya) damai ya.
    klo tenggorakanya msh pd kering,abis brdebat,nih mbah dah siapin es doger.biar adem smpe kdalem.
    ning.,ning…ning.,es doger
    es…es mbah gledek es mbah.

  137. Ass wb.
    Alhamdulillah hidup semakin tenang bila kita mampu…
    Simpanlah kemarahan hanya dlm diri kita,biar hanya kita yg tau dan yg merasakan,dan jangan di umbar keluar,niscaya pahala akan selalu mengalir pada kita,amin3x

    Simpanlah kesombongan kita,dan biarlah hanya kita yang tau dan jangan di umbar2 keluar,niscaya pahalapun akan senantiasa kt dapatkan,amin3x

    Simpanlah luka hati kita dan biarkan hanya kita yg tau,dgn bgt pahalapun akan selalu kt dapatkan.amin3x

    Dan taburkanlah beni beni ke ihklasan,kebaikan,silaturahim dan suka menolong dll.kesemuanya itu biarlah hanya kita yang tau,insya allah pintu surga pun akan selalu merindukan kita,amin3x

    Kesemuanya itu hanya allah lah yg maha mengetahui dan kt sbagai mahluk cipta’annya hanya berharap dan berusaha atas ridhonya,!!! Wassalam wb.

  138. Ass wb.
    Alhamdulillah hidup semakin tenang bila kita mampu…
    Simpanlah kemarahan hanya dlm diri kita,biar hanya kita yg tau dan yg merasakan,dan jangan di umbar keluar,niscaya pahala akan selalu mengalir pada kita,amin3x

    Simpanlah kesombongan kita,dan biarlah hanya kita yang tau dan jangan di umbar2 keluar,niscaya pahalapun akan senantiasa kt dapatkan,amin3x

    Simpanlah luka hati kita dan biarkan hanya kita yg tau,dgn bgt pahalapun akan selalu kt dapatkan.amin3x

    Dan taburkanlah beni beni ke ihklasan,kebaikan,silaturahim dan suka menolong dll.kesemuanya itu biarlah hanya kita yang tau,insya allah pintu surga pun akan selalu merindukan kita,amin3x

    Kesemuanya itu hanya allah lah yg maha mengetahui dan kt sbagai mahluk cipta’annya hanya berharap dan berusaha atas ridhonya,!!! Wassalam wb…

  139. aslm para sedulur semua pripun kabare ? sae? mugi2 yo !!!

    yah demikianlah adanya hidup ini!!!!
    tapi ……..
    bagaimana dengan hidup yg demikian ya ?

  140. Hanya orang biasa
    Waa alaikum salam wb,
    Sahabat yg baik adalah.sahabat yg suka menyapa dgn nada keakrapan dan dgn niat baik yg seperti njenengan sampaikan,salam dalam perseduluran lahir batin ya saudaraku.!?
    Suhkron walhamdulillah.

    Sy pamit undur diri dl,sdh waktunya mau magrib,alhadulillah..

  141. Hanya orang biasa
    Waa alaikum salam wb,
    Sahabat yg baik adalah.sahabat yg suka menyapa dgn nada keakrapan dan dgn niat baik yg seperti njenengan sampaikan,salam dalam perseduluran lahir batin ya saudaraku.!?
    Suhkron walhamdulillah.

    Sy pamit undur diri dl,sdh waktunya mau magrib,alhadulillah….

  142. Hasbi ROBBI.. JalALLAH..
    Mafi Qolbi..
    KhoirULLAH..
    Nur Muhammad SholALLAH..
    Laa Ilaaha’ILLAH..

    Ya Ayyuhal Muslimun…!
    Shollu Alaa Nabi…!

    ALLAHumma Sholli Alaa Sayyidina Muhammad Wa Alaa Alii Muhammad..

    .
    .
    .
    :’-)
    .
    .
    .

  143. _Senyum_

    sangat setuju akan materi sedulur di atas..
    Mari menjadi abdi bagi diri atas dasar independensi ..

    Vote for independence KWA

  144. Ki WONGALUS artikelnya bagus….
    Ayo tman2 komentnya yang bagus tidak mencemooh satu dg yg lain….
    Siapa tahu koment terbaik, bijaksana tdk memihak akan mendapat Dorprize dari ki wongalus ataupun dari ki ageng jj…..

  145. tak ada yg terlambat untuk memperbaiki segala hal yang perlu diperbaiki

    Salam Damai Selalu………

    silakan para sedulur dilanjutkan diskusinya

  146. sekitar 2 tahun sy jadi anggota kwa (kalo gk salah no anggota saya 2056 an nama salam damai) selama itu baru kali ini saya rasakan Ki Wong Alus tidak enak hatinya semoga Ki Wong Alus tetap dikaruniai kesnaran dan kekuatan amiinn..

  147. sudah hampir 3 tahun tp para mahasiswa kwa msh bnyak yg blm dewasa,…blm bisa menyikapi dngn baik bhsa kalbu dari guru besar kwa..,mari satukan hati kta N hentikan pertikaian, salam

  148. inilah proses pendewasaan.bagaimana kita menyingkapi kritikan.kita jadikan kritikan sebagai saran pembangun atau sebagai penghalang… dari pada kita mempersoalkan banyak hal kita malah harus berterima kasih dengan sedulur dari kwa jakarta karena mereka mau dengan susah payah mengusahakan keberhasilan acara ultah KWA.klo kita mau menengok ke belakang sejak usulan acara dimunculkan oleh kwa… mana KWA yg laen… kwa jatim misalkan… padahal kwa jatim dekat dengan admin blog.malah tidak muncul … ada satu dua orang yang menggiring opini ke jatim… jadi kita harus bisa malu pada diri kita sendiri..sekarang karena sedulur dari kwa jakarta sudah susah payah demi kelancaran acara.klo kita memang sedulur harusnya kita saling membantu demi kesuksesan acara silaturahmi kwa nasional yang ke 4… akhirnya proses alam yang lah yang menunjukkan siapa yang mau ngurip-nguripi komunitas kampus wong alus.
    maju terus kwa jakarta… kembangkan ide dan kreasi panjenengan semua… klo memang da keterlibatan dari komunitas lain jadikan mereka sebagai partner kerja atau sebagai tamu/ pembicara sebagai bahan buat pemeriah acara.. karena kadang ada dari tokoh dari kwa yang dianggap dari sesepuh karena kerendahan hatinya mereka tidak mau muncul pada acara besar kwa.padahal kehadiran mereka sangat dinantikan oleh sedulur yang datang dari jauh…. untuk mengganti rasa kecewa.. mungkin bisa diganti dengan menghadirkan tokoh dari luar kwa.

  149. yth pendiri blog wong alus
    pengurus blog
    anggota di mana saja ber ada
    bahkan seluruh pembaca,,
    sebetulnya,,prilaku kurang baik itu sudah di lawan oleh hati kita..sedang prilaku yg baik,,selalu di iyakan oleh hati kita,
    contoh,,saat kita kecil,,,pulang sekolah di tanya ibu,,dapat nilai berapa nak??di jawab 7 bu,,padahal aslinya nilai 4,coba rasakan,,,hati kita sebenarnya sudah menolak untuk bohong,,tapi akal kita yg kadang bisa membuat kita bohong..dst,,
    saya ikuti blog wong alus ,,sy baca2,,saya berusaha fahami meski sebatas pemahaman diri,banyak postingan yang bernuansa hati,,isi hati,,pembelajaran,,tuntunan ke arah alam kelanggengan,dan banyak lagi,,maka sepantasnya kita tanggalkan status,,pangkat,,derajad,apa saja,,,kita jalin kebersamaan,,,meski beda ras,,suku,kaya,miskin,dan kita harus berterimakasih banyak,,karena semua keilmuan di dapat gratis,,bahkan bisa konsultasi dengan peng ijasah nya,saya bnyk membaca dari respon ,,,ada yg sembuh dari sakit yg udah bertahun2 ber obat dll,mari kita bersifat bijak,,,BISA MENERIMA KEKURANGAN ORANG LAIN,mohon maaf bila tulisan saya ada yang kurang berkenan,,salam asah asih asuh untuk semuanya,,,

  150. @wong linglung….sepakat kalau kwa jkt mmg luar biasa,shg bs mengadakan acr ini. kalau mslh kwa daerah lain berdiam diri bs jd karena memberi kesempatan pada kwa yg lain u/lbh proaktif,krn pd event kwa sebelumnya sdh bbrp kali menjalankan tugas s.d bbrp kali,sebagai bentuk kesungkanan dan hormatnya pd kwa yg lainnya yg mampu dan berpotensi buat melaksanakan,biar tdk disatu daerah terus,biar adil digilir. kalau msl kwa jkt,kwa bandung,kwa jatim dan kwa jateng diy. ya smg acr ini lancar…viva kwa….

  151. Assalamu alaikum Ki Wong Alus dan saudaraku di KWA, Sayaa sangat setuju dengan pendirian prinsip ki wong alus,mengenai komentar di atas saya juga suka membacanya, sangat terlihat Jelas bagaimana Karakter,Tabiat,Sifat,Watak,Nafsu orang yang yang berkomentar, JAYA Lah KWA

  152. kalian meributkan apa toh, ada satu blog yang mengaku bahwa semua nabi dan rasul adalah murid dia kecuali dua nabi. bagaimana tanggapan kalian semua.

  153. Alhamdulillah,

    Sujud syukur, akur .. akur .. insyAllah makmur.

    Semoga acaranya penuh barokah, berlimpah manfaat fiddini wa dunya wal akhirat. Amien.

    Salam paseduluran kagem segenap bolo wongalus, Ki Alus, beserta sesepuh KWA. Mugi tansah wilujeng gesang.

    Nuwun.

  154. Resep Masakan – Udang Pedas Saus Tiram

    Bahan :
    200 gr Udang Ukuran Sedang (bersihkan, sisakan ekornya)
    1/4 siung Bawang Bombay (diiris memanjang)
    1 genggam Kacang Kapri (potong – potong)
    80 ml Air
    Minyak untuk menumis

    Bumbu :
    1 sdm Saus Tomat
    2 sdm Saus Sambal
    1 ruas Jahe (diiris tipis)
    3 sdm Saus Tiram
    Merica dan Garam secukupnya

    Cara Memasak :
    – Bawang bombay ditumis hingga layu.
    – Tambahkan jahe, kemudian tumis sampai harum.
    – Masukkan kacang kapri dan 2 sdm air, masak sampai matang.
    – Tambahkan udang, masak sampai berubah warna.
    – Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, merica, garam dan sisa air.
    – Masak sampai agak kental.
    – Angkat dan sajikan hangat.

  155. Resep Masakan – Resep Tahu Bakso Kuah

    Bahan-bahan:
    250 gr daging cincang
    100 gr udang basah
    30 buah tahu besar
    1 putih tekur
    1 batang daun bawang, diiris
    1 sendok makan tepung kanji
    1/2 sendok teh lada halus
    garam secukupnya

    Cara memasak:
    Udang dicui, dikupas, dicincang halus
    Tahu dipotong bentuk segitiga, belah bagian tengahnya
    Daging cincang dicampur dengan udang halus
    Masukkan kanji, telur, lada, irisan daun bawang dan garam secukupnya
    Isi tahu satu persatu dengan campuran daging tadi
    Kemudian kukus sampai matang
    Buatlah kaldu secukupnya untuk kuah, kemudian masukkan tahu isi dan tambahka irisan daun bawang agak kasar
    Didihkan lagi, kalau sudah mendidih, angkat
    Bila suka tambahkan bawang goreng secukupnya

    selamat menikmati ………………………

  156. Bapak Dan Ibu Monyet

    Dua orang suami isteri saling bertengkar, yang disaksikan oleh anak
    lelaki berumur 5 tahun dari suami isteri tsb dan juga oleh kakeknya.

    Dalam pertengkaran tersebut si isteri memaki suaminya.

    “Dasar lelaki Monyet !!”

    Dengan tidak mau kalah sang suami juga memaki:

    “Kamu juga monyet!!”

    Mendengar hal tersebut, si anak sambil menangis mendatangi si Kakek, lalu bertanya:

    “Kek, kalo ayah dan ibu monyet lalu saya apa?”

    Si kakek menjawab,

    “Kita senasib cucuku…kau anak monyet dan saya Bapaknya monyet-monyet”

  157. HIDUP KWA, KWA ADALAH MILIK BERSAMA TIDAK MEMANDANG RAS. WALAU SAYA JARANG COMENT TP SY SLALU MENGIKUTI PERKEMBANGAN KWA.

  158. RAJA KAWIN

    Ada raja, kawin dengan 5 wanita bersaudara. Namanya
    Maribu, Marika, Marice, Marila, dan Marina. Kalau sang
    raja memanggil semuanya :
    MARIBUKACELANA, semua sini….

    ——————————————-

    PRIA DAN WANITA

    Di sebuah hotel seorang pria tanpa sengaja
    menyikut seorang wanita dan
    berkata: “Aduh, maaf beribu maaf. Jika hati anda
    selembut dada anda,
    anda pasti akan memaafkan saya.”
    Wanita tsb membalas: “Jika barang anda sekeras sikut anda, sayaada di kamar 603.”

    KONDOM PROTES

    Kondom protes kepada softex: ketika lu lagi dipake,
    penjualanku anjlok 7 hari. Softex menjawab: Akh! Baru 7
    hari, kalo lu bocor sekali saja, penjualanku mandek 9
    bulan tau…!

    MENAWAR PAYUDARA…???

    Seorang lelaki tua menghampiri perempuan muda yang montok.
    “Aku akan membayarmu Rp50.000 dan biarkan aku meremas
    payudaramu,” katanya.

    “Dasar tua bangka tidak tahu diri. Pergi sana,” kata perempuan tersebut.
    “Bagaimana kalau seratus ribu?” kata si lelaki tua menawar.
    “Tidak bisa. Kalau kamu tidak pergi dari sini akan saya panggil satpam,”
    kata perempuan itu mengancam.
    “Setengah juta deh dan biarkan aku meremas payudaramu, sebentar
    saja. Nggak lama-lama kok,” kata si lelaki tua.
    Perempuan itu masih menolaknya.
    “Ya udah, bagaimana kalau satu juta?” lelaki tua tersebut bersikukuh.

    Pada tawaran ini si perempuan mulai ragu-ragu. Setelah ia melihat sekeliling dan ternyata tidak ada orang lain di situ, iapun setuju. Ia membuka blus dan BH-nya kemudian membiarkan lelaki tua tersebut meremas-remas payudaranya.

    “… Oh my God… … Oh my God,” gumam lelaki tua tersebut ketika meremas payudaranya. “Kenapa sih Bapak terus-terusan mengatakan Oh my God… ?” tanya si perempuan.”

    Masih sambil terus meremas payudara tersebut, si lelaki tua bergumam lebih keras, “Oh my God… darimana saya akan medapatkan duit satu juta….?”

  159. Hadir3x salam rahayu tuk semuanya yg hadir,!salam tetap semangat.!he5x
    Skrg lapak kopi sdh di buka kembali.!!kopi kopi sapa yg mau pesan kopii.??he5x

  160. aslmkmwrwb…….semua sedulur salam kangen…….?
    @ki.wong alus : sama pendapat saya dengan anda..!
    saya setuju….
    lanjuuuuuuuuuuuuuut……

  161. NasrudinKB
    Salam rahayu mbah.
    Mantaf kwa memang mantaf ko mbah,.semoga tetap jaya lan sukses slalu.amin3x

  162. assalamualaikum… poro sedulur KWA.
    qi qi qi qi……….
    KWA seperti lautan air dari sungai manapun bisa masuk ke dalamnya…
    KWA seperti pelangi beragam comment..manis,pedas,asem,asin,pahit,sepet,dll semua campuraduk menjadi sesuatu bangeet! qi qi qi……..
    comment dari sesepuh yg emang dah sepuh kalee…qi qi qi qiii.dah merasa gak pantas untuk bercanda cengengesan apalagi berantem,comment liar antar suporter dan comment orang2 pengidap sakit hati qi qi qi qiii…
    semua seperti PELANGI begitu indah menghiasi langit biru…….
    pelangi lebih indah dari awan putih yg monoton….
    KWA memang seperti pelangi yg membuat siapapun yg melihatnya akan terpana…..KWA emang bikin KWANGEEN!……
    KWA HARUS TETAP SEPERTI ITU DAN KWA MEMANG BEDA!

  163. permisi…
    numpang lewat…
    salam salim buat Ki Wong Alus…ThanMust Thepos…
    …….
    cah angon pamit…semoga acara KWA sukses…

  164. assalamualaikum wr wb..ki alus…ki than thepos…salam rahayu smuanya.. @ki samber gedek..biasa ki kopinya,,,item ki.suwun…monggo lanjut …

  165. INNALILLAHIWAINNALILLAIHIROJI’UN
    TELAH MENINGGAL DUNIA DENGAN TENANG : “EYANG SAPU JAGAD” (anggota FKPPAI)
    pada : Hari Senin Tgl. 13 Pebruari 2012 pukul : 23.00 wib
    dan telah dimakamkan pada hari Selasa , 14 Peb 2012 jam 09.00 wib di Malang Jawa Timur. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan , kesabaran dan keikhlasan. Amin.
    Allohumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Alfatehah……..
    sumber sms 081380888662
    atas nama keluarga besar KWA Jakarta
    turut berduka cita yang sedalam dalamnya.
    thanmust thepos

  166. INNALILLAHIWAINNALILLAIHIROJI’UN …….
    Semoga amal ibadahnya “EYANG SAPU JAGAD” diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan , kesabaran dan keikhlasan. Amin.
    Allohumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Alfatehah…

  167. INNALILLAHIWAINNALILLAIHIROJI’UN …….
    Semoga amal ibadahnya “EYANG SAPU JAGAD” diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan , kesabaran dan keikhlasan. Amin.
    Allohumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Alfatehah…

  168. Manwan@ pke nick nme lain dong. jgn mrip2 gitu. beda nya di huruf nya aja tuh. pke nicknme. mukelu keg ato ular berbisa keg, atau sibotak dri goa hntu gitu gk kreativ bnget nih ente..

    emank itu hak ente tpi aq jg punya hak bicara dan brpendpat..( wah jdi nglantur nih aq ) pkognya gnti nick name ente yah.. aq do’ain bnyak rjeki deeh..

    wah ada yg baru nih,,
    mcam2 bumbu2 msakan.
    dkelas udh bnyak yg triak2 smpai otot leher mmbentuk hrup O…

    aq tak bljar memasak aja deh… biar ada bakat qiqiiq.. ijin copy pste kimas alim sys@, kyaknya propesi baruku nih wkwkwk… cling

  169. lebih baik berdiri sendiri dgn kemampuan sendiri,jika kwa menginduk ke organisasi,kita akan terikat dengan aturan yg akan membelenggu kebebasan tuk berkarya….

  170. ucapan adalah doa
    mari saling asah asih asuh……. adanya kwa,, mnylamatkan seseorang dari oknum oknum paranormal mencari dunia… iklanya aja selangit , tapi buktinya kosong.
    jaya terus kwa..alloh hu akbar……. smoga semakin mannfaat dan barokah di dunia dan akirat

  171. Salam sedulur semoga dalam redho dan rahmat illahi…

    Emang benar kok kehidupan ini perlu korban yang benar benar ikhlas , cuma materi juga penting untuk memberi kehidupan yang baik keluarga dirumah ( paling ngak rokok and kopi )

    ABI juga dalam memberi bantuan kepada yang perlu ngambil uang nya tetapi dikembalikan lagi dengan mohon untuk diberikan makan kepada kaum dhufa . Mungkin ABI alhamdulilah allah memberi keluasan rezeki sebagai saorang wirausaha di Msia dan Indonesia dgn karyawan 300 orang .

    Sekarang udah ngak ikut urusan bizniz lagi kerana anak anak udah pada ngantur ( regenerasi ) , so waktu nya cuba bantu sesama dalam umur yang sepuh….sekarang lagi dimsia tgl 17 mau ka bandung dan mohon doa tgl 11 maret mau umroh ..gitu gitu ajah….so if ada mana mana yang mohon bantuan do’a ABI ,,insyaaallah malam malam ABI suka Doakan .

    Take care pengasuh blog ini and allah love u all and do email me at kyaialrashid@yahoo.com

  172. INNALILLAHIWAINNALILLAIHIROJI’UN TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA EYANG SAPU JAGAD (anggota FKPPAI)

    Smoga Keluarga yg ditinggalkannya diberi KETABAHAN…..
    Amiiinnn…..

    Nuwun.

  173. TO ALL : @Smua warga KWA-JKT RAYA : Rahayu 3x

    Sy ga kebagian amuk massa neh…. ketinggalan berita, soal nya kuliah lg, ambil gelar MAG (Master Alam Gaib) Huehehehehe……….

    Dibuka pendaftaran kuliah Ilmu Gaib dgn gelar DAG (Danyang Alam Gaib) Haaayyyooooooo Siapa mau Ikkkkuuuuutttt…..NGACUNGO….
    Sing Dhuuuuwuuuur……. Huehehehehe………..

    Guyon………

  174. Alhamdulillah di kampus KWA ini para sesepuhnya terutama ki wong alus & ki ageng jj dll orang yang sudah madep dalam bersikap.semuanya paham kaidah : semakin tinggi/besar sebuah pohon,semakin kencang angin menghembus.ketika di caci maki hati mereka menanggapi dengan santai & bijaksana.
    Rahayu KWA . . .

  175. inilah proses pendewasaan.bagaimana kita menyingkapi kritikan.kita jadikan kritikan sebagai saran pembangun atau sebagai penghalang… dari pada kita mempersoalkan banyak hal kita malah harus berterima kasih dengan sedulur dari kwa jakarta karena mereka mau dengan susah payah mengusahakan keberhasilan acara ultah KWA.klo kita mau menengok ke belakang sejak usulan acara dimunculkan oleh kwa… mana KWA yg laen… kwa jatim misalkan… padahal kwa jatim dekat dengan admin blog.malah tidak muncul … ada satu dua orang yang menggiring opini ke jatim… jadi kita harus bisa malu pada diri kita sendiri..sekarang karena sedulur dari kwa jakarta sudah susah payah demi kelancaran acara.klo kita memang sedulur harusnya kita saling membantu demi kesuksesan acara silaturahmi kwa nasional yang ke 4… akhirnya proses alam yang lah yang menunjukkan siapa yang mau ngurip-nguripi komunitas kampus wong alus.
    maju terus kwa jakarta… kembangkan ide dan kreasi panjenengan semua… klo memang da keterlibatan dari komunitas lain jadikan mereka sebagai partner kerja atau sebagai tamu/ pembicara sebagai bahan buat pemeriah acara.. karena kadang ada dari tokoh dari kwa yang dianggap dari sesepuh karena kerendahan hatinya mereka tidak mau muncul pada acara besar kwa.padahal kehadiran mereka sangat dinantikan oleh sedulur yang datang dari jauh…. untuk mengganti rasa kecewa.. mungkin bisa diganti dengan menghadirkan tokoh dari luar kwa.

    @wong linglung : maaf mBah, saya copy paste, habis keliatannya kok saya cocok gitu loh. Salam Takzim.

  176. kritik adalah era suatu kemajuan dan tahap menuju suatu tanjakan, engga selalu harus menjadi penonton, dan manut wae, hehehe kalau kita bicara mencintai tidak selalu diam dan dan manut, hal kecil bs menjadi besar bahkan sebaliknya, karomah yg di berikan ALLAH tidak lah lebih untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, satu kebaikan bagi manusia yang sedang membutuhkan sama hal nya dalam suatu keberkahan dalam karomah it sendiri, menurut saya kekuatan dan powerful akan segala karomah bukan dari sekedar puasa atau wiridan namun ke arah mana karomah itu kita salurkan, yang pastinya tidak selalu orang besar dan berharta yg menjadi suatu acuan, Kenikmatan dunia dan akhirat tersimpan dalam keinginan tuk berbuat baik dan keikhlasan… semakin merendah semakin besar pula power dalam segala amalan atau bla bla.. Insha Allah

  177. saya jarang ktemu orng sakti atau aktivis dunia supranatural scr langsung, sy juga jarang atau hampir tdak pernah brtemu dng peristiwa atau subjek supranatural, tp skrng trnyata isteri saya seorang yg sakti dr aliran sumarah. namun ttetap saja sampai skrng saya tdak mampu mrasakan eksistensi supranatural, smua yg trjadi masih dpt sy rasionalkan scr dialektika materialisme.
    sy hanya trtegun saja ktika membaca blog ini,trnyata smua perihal supranatural hari ini memiliki pnjelasan yg sama sprti filosofi dialektika materialisme. ini sungguh suatu kmajuan atas tasfir antara supranatural dan metafisika yg sy blum kenal seblumnya dan yg saya cari.
    trima kasih.

  178. ALLAH maha mengetahui keinginan manusia, semua tak luput dari penglihatannya, ntah kalimat dari mana yang saya tau dan terbesik dari telinga kanan saya bahwasanya ” Senjata paling ampuh yang di miliki manusia adalah Doa seorang hamba kepada tuhanya, bersama cucuran airmata taubatnya, dengan segala haqqul yakinnya, semua karena ALLAH ” tanpa kehendak Nya kita takkan bisa menjadi penghuni dunia ini.. Subhanallah..

  179. hhhhhmmmmm ada apa lagi ki thepos…. apa kwa mau berubah acara….???? wis….. jalankan keyakinan masing2 aja ki….. kita ndak boleh PLIN PLAN dalam menyikapi semua ini, kalo perlu tiap kwa bikin acara HUT masing2…..lho…… piye……..apik…to………

    sebagai wujud dari OMONGAN PASEDULURAN SING AKUR……….
    tapi nyata ORA KOYO SEDULUR……….

    nyuwun sewu nggih Rodo Nesu……
    SIRAHE LAGE MUMET…………

    monggo dilanjut ocehane poro sedulur…..

  180. Assalamu’alaikum….. sekedar saling mengingatkan
    saja,,, waspadalah… jangan tulis “Mohd” tapi tulislah
    dengan lengkap “Muhammad” karena “Mohd”
    artinya anjing bermulut besar, jangan tulis “4JJI” tapi
    tulislah kata “Allah SWT” karena “4JJI” artinya For
    Judas Jesus Isa, jangan pernah menulis kata “Ass”
    atau “Askum” tapi tulislah dengan lengkap
    “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakattuh”
    karena kata “Ass” artinya pantat dan kata “Askum”
    artinya celakalah kamu, janganlah tulis kata “God”
    karena nama Allah tidak pernah tergantikan…
    Biasakanlah diawali mengucapkan salam kepada
    saudara seiman dan muslim kita untuk mengikuti
    sunnah Rasululallah tapi zaman sekarang banyak
    sekali tidak mengucapkan salam apalagi menjawab
    salam dimanapun kita berada dan kemanapun juga..
    wa’alaikumussalaam…

    Sem0ga bermanfaat

  181. hahaha setiap membaca komen di blok kwa ne bikin tertawa memang sedap blok ini rasanya rame kaya nano nano manis asem asin hahaha menjelang acara ultah kwa ke tiga di jakarta bulan april akan datang jangan seperti tahun2 yang lalu kami merasa kasihan terhadap panitia yang sudah pontang panting kesono kemari dan juga mengeluarkan biaya dari kocek sendiri tetapi hasilnya hanya caci maki dari peserta yang datang dan merasa tidak puas atas layanan dan sambutan yang diberikan.. memang disini ada perlakuan tuan rumah dan tamu?? hehehe bukanya kita seharusnya tidak memperlakukan diri sebagai tamu kehurmatan yang perlu di istimewakan? hehehe dengan demikian caci maki terhadap panitia tidak akan terjadi. pada panitia ultah kwa 3 di jakarta kami harapkan seluruh tamu undangan berbuat santun dan selamat datang di ranah jakarta raya. kami ucapkan salut terhadap panitia ultah kwa 2 di mendut yang tetap santun terhadap cacian dan fitnah2 yang dilontarkan terhadap panitia. bravo paniti kwa mendut..

  182. TADINYA , IBLIS ITU ADALAH ABID . NAMUN , KARENA KESOMBONGANNYA TAK MAU MENGHORMATI DAN MENGHARGAI KEHADIRAN DAN KEBERADAAN NABI ADAM A.S. ,, MAKA ALLAH PUN MURKA . HINGGA SI IBLIS DIBERI TANGGUH SAMPAI HARI AKHIR TIBA ,, UTK TTAP MENGGODA MANUSIA BERBUAT DOSA . MENJDAI TEMANNYA KELAK DI NERAKA KEKAL ..

    FACEBOOK : ANGELICA_WERDATAMA@rocketmail.com

    CONTACT PERSON : 081215579388

  183. Asslamualaikum….. sore begini, ujan deras …. membaca koment asyik juga,….. jadi ingat kata Pak Yai dulu ….. yah kayak gitu isinya dunia,… monggo dilanjut saya tak ndeprok sambil nruput teh anget….. Salam Bhatin untuk semunya

  184. Assalamu’alaikum wr wb
    kenapa ya? acara ulta KWA yg di rencanakan di jakarta ko di bubarkan .kasihan saudara kita yg dh berjuang susahpaya apa yg di rencanakan gk jadi.semoga KWA jakarta maju terus

  185. Ass.wr.wb Para sesepuh di web kampung wong alus

    Ki Saya boleh ga gabung untuk jadi murid aki…..

  186. Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s