AMALAN MAKRIFAT JAWA MENGENAL AKU SEJATI


@wongalus,2012

Berikut adalah amalan bagi para pejalan spiritual untuk pembangkitan kesadaran akan diri sejati. Ini merupakan tugas yang sangat penting yang merupakan ajang mujahadah untuk menemukan kesejatian. Kenapa mengenal diri sejati sangat penting? Sebab dengan kesejatian itu pula manusia akan mencapai hakikat diri serta terbukanya kebenaran pengakuan serta kesaksian adanya Allah secara hakiki, yakni makrifatullah.

Amalan ini sudah ada sejak era Islam di Jawa, yang diajarkan para Wali Songo. Meskipun berbahasa Jawa yang terasa ada penyesuaian dengan budaya masyarakat setempat, namun ajaran yang disampaikan tetap memurnikan ketauhidan kita kepada Allah.

Tata laku amalannya adalah:

1. Senantiasa membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang disengaja.
2. Senantiasa mengendalikan nafsu birahi, nafsu mata, nafsu telinga, nafsu akal. Ungkapan Jawa: nutupi babadan hawa sanga/menutup sembilan lobang dalam diri manusia.
3. Mengendalikan hati agar senantiasa sabar, syukur dan pasrah/nrimo atas semua pemberian-NYA.
4. Membaca doa dibawah ini usai sholat fardhu maupun sholat sunnah yang lain. Tidak ada jumlah berapa kali harus dibaca. Doa juga boleh dibaca sewaktu-waktu agar senantiasa mengingat Allah dimanapun tempatnya seiring dengan nafas
5. Doa perlu dihayati artinya serta diperdalam maknanya….

Doanya:

BISMILAHIRROHMANIRRAHIM
MELEBU ALLAH..METU ALLAH
ANDADEKAKE URIP IKU ALLAH
UTEK DUNUNGNO KODRATE ALLAH
YA HU ALLAH …. YA HU ALLAH ….YA HU ALLAH
NABI MUHAMMAD IKU UTUSANE ALLAH

Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang
Masuknya nafas karena Allah keluarnya nafas karena Allah
Yang mengadakan hidup itu Allah
Otak diletakkan atas kodrat Allah
Ya hu Allah ….ya hu Allah ….ya hu Allah
Nabi Muhammad itu Rasullullah.

PENJELASAN:
Yang paling sederhana memikirkan sumber hidup adalah masuk dan keluarnya nafas yang merupakan kodrat Allah yang tidak bisa dicegah. Manusia hanya menerima dengan pasrah atas kekuasaan Allah yang meliputi nafas. Sehingga fikiran ini diajak patuh dan pasrah bersamaan dengan patuhnya nafas tanpa kecuali totalitas. Bahwa yang mengadakan hidup adalah Allah. Dimana seluruh makhluk, apakah itu binatang, manusia, tumbuhan serta bumi, matahari semuanya bergerak dinamis atas sifat hidup Allah Al Hayyu. Otak adalah merupakan bentuk kekuasaan Allah atas manusia, yang mana manusia diwajibkan berfikir dan berkontemplasi untuk menyatakan sebagai wakil Allah maka dengan itu otak harus sesuai dengan kehendak-kehendak dan perintah-NYA. Wahai zat yang tidak sama dengan makhluknya. Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu Rasulullah.

Apabila kita rutin mengamalkan riyadhoh ini, Insya Allah kita akan dituntun NYA menemukan kemana muara pencarian diri sejati secara universal. Kita akan menghayati mulai dari kesadaran fisik sampai kepada kesadaran transendental dimana kesejatian manusia adalah sesuatu yang bukan fisik dan bukan kesadaran yang muncul dari raga atau otak bahkan juga bukan dari rasa/batin kita. Namun kesadaran yang lahir karena PEMBERIAN ALLAH dan dengan kesejatian inilah manusia menunaikan baktinya kepada Allah sebagaimana fitrahnya.

Apa dan siapa manusia sebenarnya? Hal ini tidak akan bisa terpahami menjadi suatu kesadaran apabila fikiran dan jiwa kita tidak pernah dibawa ke alam jiwa secara nyata. Sejak bayi yang tiba-tiba lahir dengan proses alami. Ia lahir bukan karena permintaan dan kehendaknya. Ia tidak mengerti untuk apa dilahirkan. Ia tidak punya apa-apa bahkan telanjang serta malupun tidak punya. Kemudian sekelilingnya memberikan kesadaran secara bertahap. Mulai dari pemberian nama dan identitas kelamin, dan batasan kesadaran yang sangat sempit. Ia dikenalkan dengan dirinya bahwa namanya si Anu dan jenis kelaminnya laki-laki. Diajarkannya pula nama-nama anggota tubuhnya, ini telinga, ini kepala, ini tangan, dan seterusnya.

Kesadaran ini membuat terikat kepada sebatas apa yang ia terima dan ia ketahui. Sehingga sang diri terbelenggu dan tersesat dalam ketidaktahuan siapa yang sebenarnya diri ini. Identitas biri palsu ibarat pakaian yang menimbulkan ikatan pada jiwa seseorang. Jika manusia melakukan sikap yang mengikat dengan dunia sekelilingnya, jiwanya akan terkungkung dan kesadarannya terbelenggu.

Oleh karena itu manusia dalam hidupnya harus selalu berusaha mengurai ikatan terhadap dunia sekitarnya. Maksudnya, manusia harus mulai menyadari keterbatasan diri yang selama ini dijerumuskan oleh pengetahuan yang didapatnya. Ya, diri ini bukan hanya terbatas pada mata, telinga, kaki serta anggota tubuh yang kelihatan. Kesadaran ini harus dilakukan dengan latihan dan pengisian ilmu pengetahuan tentang diri secara imanen transendental dan pengalaman langsung.

Manusia bukanlah tubuh yang padat atau baku. Bahan pembentuknya bukanlah benda atau zat-zat semata, akan tetapi aksi amal perbuatan yaitu aliran berangkai dari peristiwa-peristiwa. Tidaklah mengherankan bahwa dari bahan-bahan yang sangat labil ini terbentuklah alam yang selalu berubah-ubah, menjelma dari bentuk ke bentuk mengikuti suatu proses evolusi, berubah dan berganti. Kesadaran pun berubah meluas menjadi kesadaran universal, yaitu kesadaran yang tidak ada batas, kesadaran jagat raya atau disebut kesadaran makrokosmos.

Wujud raga ini tidak lagi sesempit dulu. ……aku tidak lagi sebatas kepala, tangan, dan kaki saja. Akan tetapi badanku adalah angin yang bergerak, atom-atom yang bertebaran serta bergantian saling tukar dengan benda-benda yang lain, badanku adalah butiran-butiran zarrah yang saling mengikat, ya aku saling ikat dengan tumbuhan, binatang, bumi serta dengan angkasa yang maha luas. Badanku adalah jagad raya. Dimana kesadaran sudah berubah luas dan menjadi satu kesatuan dengan semua yang ada…..

Apabila zat-zat, tubuh manusia dan benda-benda dalam alam sudah dipahami sebagai rangkaian kejadian-kejadian, serta menurut kemauan sunatullah. Maka sebenarnya atom-atom bergerak bukan atas kemauannya sendiri, akan tetapi ada sosok yang bukan dirinya. Dimana atom-atom itu bergerak mengikuti kekuatan yang maha besar. Benda-benda kecil itu hanya patuh terhadap yang tidak bisa diperbandingkan dengan sesuatu. Wujud itu begitu absolut, benda-benda ini ternyata mati. Akan tetapi ia bergerak dan dihidupkan oleh suatu kuasa yang maha besar. Itulah metakosmos yang hidup, yang perkasa, yang meliputi segala benda, ialah Rabbul alamin…..

Pada kesadaran ini sebaiknya kita berhenti sejenak dan…. NO MIND… jangan berpikir…..Biarkan Allah SWT yang menuntun hati dan pengetahuan dengan tetap mematuhkan jiwa dan tubuh kita kehadirat Allah yang Maha Suci. Apabila kita meluruskan pandangan jiwa dan tubuh kita terhadap perintah NYA serta menundukkan dan memasrahkan segala ketaatan.

Tubuh ini akan taat seperti taatnya alam semesta tanpa kita rekayasa, ia akan hidup seperti hidupnya alam, serta ia akan teratur seperti teraturnya matahari serta planet-planet yang tidak berbenturan. Ia akan patuh secara otomatis…. bahwa adanya diri dan alam semesta telah mengajak kepada kesadaran untuk sampai kepada pembuktian adanya Allah yang Maha Gaib.

Terakhir, di tahun 2012 ini terasa suasana batiniah kita tidak tenang dan gelisah karena terpengaruh oleh suhu politik di pusat yang begitu panas membara. Mari kita berdoa agar nusantara ini tidak ada lagi pertumpahan darah dan air mata seperti era 1998 silam…….

Ing jagat bumi, kanthi sakjrakahipun, kang kanthi nyuwun sesarengan bayu lan gumebyaring langit, ndadosaken sareh ing donya, amargi laku manungsa ing bumi jagat raya, sumonggo dipun lampahi sesarengan. Anteng anteng langite anteng, anteng anteng bayune anteng, anteng anteng segoro anteng, anteng anteng bumine anteng. Anteng anteng rakyat e anteng, anteng anteng nuswantoro anteng……Rahayu Rahayu Rahayu….

 @wongalus,2012

@@@

247 thoughts on “AMALAN MAKRIFAT JAWA MENGENAL AKU SEJATI

  1. bagussamiaji 21 Februari 2012 / 11:58

    Qobiltu,,,
    absen siang,,,

  2. mas GP 21 Februari 2012 / 12:05

    Sugeng Siang … nderek nyimak… maturnuwun..

  3. thanmust thepos 21 Februari 2012 / 12:07

    opo yo ?

  4. thanmust thepos 21 Februari 2012 / 12:11

    Alhamdulilahirobil’alamin,
    akhirnya keluar juga keputusan yang ditunggu – tunggu.
    Jadi sudah terjawab semua teka teki selama ini.

    @KWA Jakarta : Untuk kelanjutan kepanitiaannya tetap dijalankan nanti kita akan buat acara tersendiri syukuran kecil – kecilan sekaligus syukuran berdirinya yayasan Kawulo Alit KWA Jakarta

  5. Jampang Kilat 21 Februari 2012 / 12:18

    Hadir……..Nyimak

  6. handoko 21 Februari 2012 / 12:19

    Qobiltu,..
    ijin mengamalkan ki,

  7. dewandaru 21 Februari 2012 / 12:34

    Assalamu’alaikum wr.wb. absent siang…salam rahayu ki wong alus dan para sedulur k.w.a…,nderek nyimak…

  8. nawiazky 21 Februari 2012 / 12:35

    Hadir… dan nyimak…

  9. thanmust thepos 21 Februari 2012 / 12:39

    untuk kali ini saya tidak qobiltu

  10. nawiazky 21 Februari 2012 / 12:40

    @Danyon Thepost, seandainya pun (qwoodnoon) terbentuknya suatu yayasan ataupun suatu perkumpulan baru baik formal ataupun informal … namun keguyuban yg ada diantara kita yg sudah terbina saat ini serta kegiatan acara baksos-baksosnya (terlepas memakai yayasan, KWA ataupun apapunlah) tetap terjalani yaaa,,,
    saya dukung aja komandan….
    Salam,

  11. nawiazky 21 Februari 2012 / 12:48

    @Panitia HUT KWA khususnya Ki Sabdo Sejati (selaku Ka Panitia) dan Thanmust Thepost… dengan keputusan ki WA berarti hasil keputusan rapat maljum kemarin dianggap tidak ada (null and void) selanjutnya kepanitian HUT KWA NASIONAL menjadi demosioner gitu, namun akan disalihkan dengan perampingan panitia (misalnya) dengan kegiatan syukuran kecil2an yg waktunya ngga selama yg direncankan semula…. please clarify (biar bisa schedule jadwal pribadi baru nih :) )
    Nuwun

    Wassalam

  12. Putra Sapto Argo Al-Awwam 21 Februari 2012 / 12:49

    jadi kawulo alit lbh seneng kalau ada para leluhur ontran2 tinggal tepuk tangan hahahaha….

  13. Deden brajamusty 21 Februari 2012 / 12:51

    Wilujeng siang dulur2…

  14. Kancil Sang Pendosa 21 Februari 2012 / 12:52

    Putra Sapto Argo Al-Awwam
    hahahaha……gimana mau di perhatiin. takut kesaingan mbah. maklum yg aktif di kwa kan kwa jakarta. kasihan banget

  15. nawiazky 21 Februari 2012 / 12:53

    Mbah Putra Sapto Argo…. hadoooohhhh belum kepegang mbahhh lagi fulll overload kerjaannya…. maaf loh mbah paling lambat weekend ini saya susun versi express dan ringkas mbahhhhhh….

  16. Kancil Sang Pendosa 21 Februari 2012 / 12:54

    Putra Sapto Argo Al-Awwam
    nawiazky

    lanjutkan saja mbah….

  17. Putra Sapto Argo Al-Awwam 21 Februari 2012 / 12:54

    @all kwa jakarta : selamat merampingkan diri, sy juga mau susun jadwal kaya mas nawiazky hahaha……

  18. Putra Sapto Argo Al-Awwam 21 Februari 2012 / 12:57

    @mas nawiazky : hahahahaha aku bercanda cuma buat ngisi komen aja xixixix…….
    @mbah kancil : selaku skrtaris anda harus konfirmasi ke para sepuh

  19. nawiazky 21 Februari 2012 / 12:58

    Mbah Putra… ojo ikut2an ahhhh, pamali pokoknya tunggu demisioner dari ketua panitia atau wakilnya atau Thanmust thepos (sebagai ketua hariannya :) ) baru bisa mereshedule jadwal pribadi,,,,, hehehehe
    pokoknya semoga Allah swt memberikan yg terbaik serta hikmah ats segala kejadian ini, serta semoga keberkahan selalu tercurahkan kepada kita semua… Aamiiin Alahumma Amiiin

  20. thanmust thepos 21 Februari 2012 / 12:58

    @Nawiazky : Betul mas Nawiazky, yayasan kawulo Alit, cuma sekedar sebagai payung hukum untuk kwa Jakarta apabila akan mengadakan kegiatan. Jadi kita tidak bingung lagi bila mengadakan kegiatan.

    @Putra Sapto Argo Al-Awwam : Bukan gak diperhatiin, mas Angker, cuma sebagai payung hukum aja kok kalau kwa jakarta akan melakukan aksi. Kan gak dilarang kita bikin organisasi yang didaftarkan. Kalau ada anggota kwa Jakarta yang gak setuju ya gak apa apa, itu manusiawi dan hak mereka. Gitu mas kira kira……
    salam paseduluran kawulo alit.

  21. Putra Sapto Argo Al-Awwam 21 Februari 2012 / 12:58

    bentar aku mau qobiltu dulu nggih….
    Siapa tau jd sunan harco jogo xixixixix….

  22. Kancil Sang Pendosa 21 Februari 2012 / 13:00

    Putra Sapto Argo Al-Awwam
    sesepuh juga tidak ada konfirm dr yang punya blog, kalau mau di tiadakan acara terrrrrrrrrrrbesar di nusantara. sungguh sangat bijaksananya.salutttt.lima jempol saya acungin mbah.

  23. Adim 21 Februari 2012 / 13:01

    qobiltu .. mbah yai

    derek nyimak monggo dilanjut :)

  24. nawiazky 21 Februari 2012 / 13:02

    @Mbah Kancil sang Sekretaris, santai aja sekedar konseptor kan sekretaris… yang menyampaikan ke seluruh sesuai rapat kemarin kan fingsi kehumasan yang dipegang oeh fungsi kesekratiatan a. Ki Angker dan Ki Deadman mereka yang harus menyampaikan sebagai humas baik ekstrnal maupun internal xixixixixix ywdh ahhh
    cabut back to work.. (y)

  25. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 13:04

    @sugeng siang all sedulur.. hidup di alam kebebasan sangatlah indah dan perlu disyukuri.. saya sangat senang dan bahagia kiranya bila semua dari kita tidak terbebani oleh sesuatu hal yang memberatkan pikiran…selamat dan sukses bila kwa jakarta akan mendirikan yayasan tersendiri.. begitu juga bila ada sedulur2 di manapun mendirikan yayasan serupa dengan ragam visi dan misinya masing-masing… saya punya prinsip kita bisa menyambung tali silaturahim melalui payung apapun juga, kwa hanyalah salah satu payung informal di antara sekian payung yang ada dimana kita bisa saling tegur sapa.. rahayu rahayu rahayu

  26. Adim 21 Februari 2012 / 13:11

    amin mbah yai kiwongalus …
    sayang … KWA Nasional harus dibatalkan … tapi saya tetap mendoakan semuanya seperti acara kecil2lan KWA jakarta dan Yayasan Kawulo alit KWA jakarta .. selamat semoga sukses ..

  27. ghestRo 21 Februari 2012 / 13:13

    wow…dah itu ajah.
    Bank Dosa Nderek njadum.
    Yaa Hu Allah, Allahu Yaa Rabbi.
    Sesuatu…

  28. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 13:14

    Prinsip saya tentang KWA kira-kira begini: ada yang jual bakso minta ijin pake nama kwa.. monggo, ada yang jual kaos kwa minta ijin..monggo.. ada yang mau jualan air pake label kwa ya monggo… apalagi kalau mau mendirikan yayasan.. tentu sangat bagus dan monggo juga… semua yang positif dan mendatangkan manfaat haruslah didukung… saya kan bisa nderek ngiyup di sela-sela payung sedulur-sedulur… KWA ini bukanlah mirip sebuah organisasi.. ia hanyalah gubuk dimana kreativitas bisa bersemai..siapa tahu kelak ada sedulur yang ingin mendirikan KWA Mall, atau KWA Mini Market, Pasar Loak KWA juga monggo.. asalkan positif dan mendatangkan manfaat, insya alloh kita ikut senang dan bahagia… Mari kita gunakan sarana merangkai persaudaraan ini agar kita semua bisa mendatangkan manfaat baik mental spiritual..jiwa raga dan kesejahteraan semua..

  29. hasibuan rakyat jelata 21 Februari 2012 / 13:15

    Assalamualaikum wr wb…

    @ KWA Jakarta : He..he..he.. Ronggowarsito telah menginformasikan kepada saya tentang hal ini jauh-jauh hari…

    Beda pendapat itu biasa …
    Rasa kesal itu harus di terima..
    Saya yakin sedulur2 KWA Jakarta mempunyai mental baja…
    Bisa menerima dengan lapang dada…
    Jangan pernah ada dendam terhadap KWA…
    Maju terus…Bersama kita Bisa….
    Merdeka….(he..he.he..)

    Wasalamualaikum wr wb

    NB : Berpikirlah 313 x sebelum bertindak

  30. SINGA MARANTEE 21 Februari 2012 / 13:17

    @ SALAM RAHAYU ALL….trutama buat wongalus…

    qobiltu…dan mantaff…………

  31. Adim 21 Februari 2012 / 13:19

    saya mau mendirikan
    “Yayasan sosial dan pendidikan budaya kampus wongalus” sedulurku mantapkan …
    alhadulillah …. semuanya setuju amiin …

  32. Adim 21 Februari 2012 / 13:24

    Nyai Tanjung Amon
    salam kenal dari sy ….

  33. Kopral DJ 21 Februari 2012 / 13:25

    asalamualaikum.wr.wb

    komandan mungkin nanti di jadikan ajang sirahturahmi ya kang thepos kalo bisa di usulkan hari sabtu ya komandan

    salam KWAangen buat sadulur semua wabil khusus KWA JAkarta raya..

    wass

  34. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 13:31

    Mbah Adim: ide pertama membuat acara kwa nasional besar-besaran dulunya dari saya, awalnya saya rencanakan acara itu di hall stadion sidoarjo, jatim, dimana semua tetek bengek perlengkapan sudah kami usahakan.. termasuk donatur2 yang siap mensponsori acara tersebut…sy siapkan tim kecil terdiri dari 5 orang utk mensukseskan acara ini. Namun, setelah kami share diblog dgn tujuan mencari inspirasi sedulur2 ternyata sebagian besar berminat di jakarta… Nah, akhirnya panitia pun terbentuk… ternyata hari kian dekat dengan acara namun saya dan panitia belum terasa gerak kaki ini lamban bergerak. Mungkin karena banyak dari kita saling menunggu.. saya menyadari jauhnya jarak dan kesibukan masing-masing mempersulit koordinasi.. nah, disela waktu yang berjalan inilah kita dihadapkan pada prediksi akan ada kejadian besar di jakarta mulai april mendatang.. nah, daripada kita semua terbebani dan tanggungjawaab sukses tidaknya acara ini di tangan panitia termasuk saya maka alangkah eloknya bila acara dibatalkan saja.. terus terang kesimpulan ini dari saya pribadi tanpa konfirmasi kepada semua panitia… saya pribadi mengucapkan permohonan maaf kepada semua sesepuh panitia karena sudah keladuk wani kurang dedugo, hal-hal yang harusnya diputuskan di forum rapat akhirnya harus dibatalkan. Namun, ijinkanlah saya menyampaikan bahwa ide dan gagasan pembatalan ini tidak perlu diperpanjang lagi. Mari kita mulai lagi membuat ide dan gagasan yang lebih brilian dan mulia untuk kemanusiaan… nuwun

  35. thanmust thepos 21 Februari 2012 / 13:40

    @Ki Wong Alus : Sugeng siang Ki Alus.
    Saya setuju dengan prinsip KWA, yang Ki Alus paparkan. Namun demikian ini hanya ditujukan untuk memayungi segala kegiatan yang akan dijalankan oleh KWA Jakarta. Untuk kegiatan yang bermanfaat, tentunya KWA Jakarta sudah banyak melakukan kegiatan tersebut, ( itu kalau dianggap baik ). Dan di coment – coment terdahulu pernah saya katakan bahwa dari suku apa saja boleh masuk ke Kwa, dari agama apa saja boleh masuk ke kwa, dari golongan apasaja boleh masuk ke kwa, dari organisasi apa saja boleh masuk ke kwa, tapi……
    kwa tidak boleh masuk ke organisasi tertentu, ke golongan tertentu dll. KWA ya KWA.
    mohon maaf bila kurang berkenan.

    @hasibuan rakyat jelata : terima kasih atas nasehatnya. termasuk penasehatnya penasehat.
    salam Paseduluran.

    To All : Pamit dulu, ada yang harus diselesaikan

  36. Adim 21 Februari 2012 / 13:42

    Injeh mbah yai … matur suwun informasinya….
    salam salim cium pipi… uummuaach …

  37. putu buyut 21 Februari 2012 / 13:49

    qobiltu, nderek ngangsu ki …..!!!

  38. ronggo sentot 21 Februari 2012 / 13:49

    Setuju mbah alus

  39. wong lamo 21 Februari 2012 / 13:53

    aslmkmwrwb…….
    alhamdulillah………masih nyimax……..

  40. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 13:53

    @Mbah Yai Than Must The Post: sugeng siang ki.. injih leres meniko, saya pribadi sangat mendukung bila KWA Jakarta maju terus dan semakin banyak karya sebagaimana yang sudah dijalankan selama ini. yayasan sangat bermanfaat karena profesionalisme sebuah aktivitas sosial nyata di masyarakat memerlukan payung yuridis. Memerlukan juga manajemen yang terstuktur dan teratur. Semoga semangat sedulur2 kwa jakarta ini juga menular kepada siapapun juga yang ingin hidupnya melumer bersama kehendak kawulo alit yang ingin agar arah hidupnya mendatangkan manfaat … rahayu.. rahayu.. rahayu..

    @Poro sesepuh yang lain: Sugeng siang, selamat berkarya… monggo dilanjut, kawulo alit nyimak di belakang panggung….

  41. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 13:59

    Mbah Ronggo Sentot: gimana kabarnya mbah? Semoga lancar lancar lancar bisnisnya karena selaras dengan iradat Ilahi…amin…

  42. ASKARAMAT 21 Februari 2012 / 14:11

    Assalamualaiku ww, slamat siang menjelang sore bagi seluruh sahabat di bumi persada.. salam kenal buat semuanya tanpa terkecuali.

    salam rahayu

  43. yusup (An@k KeCIL) 21 Februari 2012 / 14:24

    Alhamdulillah…

    Hadir…

    Ilang lag!…

    LanjuUuUutt…

  44. ASKARAMAT 21 Februari 2012 / 14:32

    hehehehe…

  45. Petaka Genit 21 Februari 2012 / 14:33

    assalamualaikum
    Saya mah qobiltu aja…
    Saya yakin, poro sesepuh telah dan akan bertindak yang terbaik untuk KWA.
    Salam paseduluran

  46. Petaka Genit 21 Februari 2012 / 14:37

    prediksi adalah prediksi…
    Tapi….
    Pasti bukan asal prediksi
    Pertengahan april???
    Tunggu ajah…
    Tapi…
    Tentu saja sambil mempersiapkan diri…
    Paling tidak untuk diri sendiri
    Dan keluarga….
    Kalo bisa, ya untuk masyarakat disekitar kita.

  47. ki bayu agni 21 Februari 2012 / 14:40

    Ga masalah ultah KWA di jakarta di btlkan, tp semangat kita, tali silaturahmi kita, dan tentunya kwa jkt tetap jalan terus.. lanjutkan!!!!!!!!!!

  48. MBAH ARIFYANTO 21 Februari 2012 / 15:02

    diam,nyimak sambil makan kue brownies,mmm nyummy…

  49. daeng tata 21 Februari 2012 / 15:15

    ikut menyimak..sambil ngopi..

  50. Ki Samber Gledek 21 Februari 2012 / 15:16

    Hadir salam selamat sore lan salam rahayu slalu.

  51. zenki 21 Februari 2012 / 15:30

    Absen sore ♏ªªªªnτªªªªª(y) ki alus kwa maju terus.

  52. bonekSARKUB 21 Februari 2012 / 15:36

    MBAH ARIFYANTO IKU AREK GAK JELAS AE PASANG IKLAN ,NGELMUNE JUGA GAK JELAS PALING ISOKE TEKO MOCO MAJALAH MYSTERI

  53. MANWAN 21 Februari 2012 / 15:37

    ikut prkembngn ajlh. krna mslah ini udh dputuskan ki wong alus..

    yg penting tetep silaturhmu mau di mnpun brda. wadah ini ( ilmu2 nusantara) penting utk mnyalurkan hobi ,bkat,seduluran dan mncari kdewsa’an jati diri.. agar tdk tresesat di jln..

    slm rahayu sdoyoo…

  54. ASKARAMAT 21 Februari 2012 / 15:52

    sekedar masukan gimana kalau ultah KWA itu secara bersama kita ziarah saja ke makam para Wali atau makam para Leluhur, dengan begitu kita bisa mengingat perjuangan dan suri teladan serta menyegarkan pelestarian khazanah warisan budaya kita.. ya seperti kalau di yogja makam imogiri, kotagede dan makam para aulia dan tokoh nusantara yang ada didaerah lainnya.. maaf ini hanya masukan saja..

    salam rahayu.

  55. sun go kong 21 Februari 2012 / 15:57

    nyimak

  56. ASKARAMAT 21 Februari 2012 / 16:01

    ini sekedar contoh saja yang saya ambil dari youtube, soale saya belum ada videonya….

  57. MBAH ARIFYANTO 21 Februari 2012 / 16:04

    @bonek sarkub:klo hasil copasan majalah misteri tolong sebutkan yang mana.saya aja jarang baca majalah gituan,yang saya baca cuma artikel dari kwa dan cahayametafisika.wordpress.com,email dan facebook.
    saya dah gak ngeh….. baca gituan.mending saya percaya dengan apa yang saya dengar,lihat dan saya saksikan

    klo gak jelas knapa tiap hari saya di datangi orang buat mintak tolong….padahal saya gak punya apa apa,hehehe lanjut

  58. Bambang Permadi 21 Februari 2012 / 16:12

    Aamin

  59. 7akaerde 21 Februari 2012 / 16:16

    apapun yang dilakukan oleh KWA umumnya dan KWA jakarta khususnya asal bertujuan baik dan dengan cara baik, kami dukung sepenuh hati
    salam persaudaraan untuk KWA Jakarta Raya dan KWA Dunia

    Damai dan Makmurlah Indonesia Raya

  60. laskar lembu suro 21 Februari 2012 / 16:23

    aslkm salam hormat semua .damai selalu indonesiaku

  61. semprul enam 21 Februari 2012 / 16:35

    kwa jakarta di ketawai kwa jateng/diy,kwa jbr,kwa jatim..

  62. Sewu pring sewu 21 Februari 2012 / 16:37

    Absen sonthen….qobiltu ki wa alfatihah sent…

  63. semprul enam 21 Februari 2012 / 16:37

    Suara saja yg besar .malu malu sama ki bc kecil tapi cabai rawit.

  64. j i r a i y a 21 Februari 2012 / 16:52

    jah kok batalll??
    binun saia…

    (”,)”’????

  65. Abi 21 Februari 2012 / 16:55

    Musyawarah lah sblm memutuskan batal tidaknya acara ultah Kwa 3 , masa wa batalin tp panitia ga Tahu , ini dagelan ludruk vversi Kwa apa ? Payaaaaaaaaaah , Udah cape2 rapat sebar proposal , eh ga di anggap , kasihan nian , jangan jangan ada udang lobster di balik sarung nih ? Yg bisa nyut nyutan itu tuuuuuuh

  66. Abi 21 Februari 2012 / 17:02

    AL Fatihah untuk pembatalan ultah Kwa 3 , Smg Kwa Jkt lebih tabah …. Amin , Semoga banget ultah Kwa d Sidoarjo bisa sukses di adakan Kwa Jateng DIY Jatim tanpa Kwa Jkt , tapi katanya dari awal ultah Kwa 3 d Jkt cuma semu semata , Kwa Jkt tetap Jaya

  67. 7akaerde 21 Februari 2012 / 17:03

    tenang saja mbah yai semprul enam, acara HUT KWA pasti dilakukan oleh KWA Jakarta Raya, tunggu tanggal mainnya dan mohon doa bersama supaya sukses besama. kan Doa Mbah Yai semprul enam mustajab dan salam hangat dari KWA Jakarta Raya untuk mbah Yai yo

    Damai dan Makmurlah Indonesia Raya

  68. KI SINGA BANTEN 21 Februari 2012 / 17:14

    ASSALAMUALAIKUM…. PARA SESEPUH YANG AKU BANGGAKAN
    _____________________________________________________

    BISMILLAH…

    HARI INI MATAHARI TERLIHAT MEMBENAMKAN DIRI DENGAN PENUH KEPASRAHAN DAN MEREDUPKAN CAHAYANYA SEDIKIT DEMI SEDIKIT DEMI MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM…

    MESKIPUN KAMI BERADA DI GELAPNYA MALAM…
    KAMI MASIH BISA MENIKMATI CAHAYAMU YAMG ENGKAU PANTULKAN PADA BINTANG-BINTANG…
    SUNGGUH INDAH BINTANG-BINTANG ITU TERLIHAT SEPERTI SALING MENGASIHI…

    SUNGGUH MULIA HATIMU WAHAI MATAHARI…
    ENGKAU TERUS PANCARKAN CAHAYAMU PADA BINTANG AGAR KAMI DAPAT MENGAMBIL HIKMAH DARI BINTANG ITU … MESKIPUN KAU BERADA DALAM PEMBENAMAN HAI MATAHARIKU.

    SIAPKANLAH CAHAYAMU YANG PUTIH SUCI UNTUK MENYINARI HARI ESOK…!!!

    SALAM & HORMAT UNTUK SANG CAHAYA YANG TIDA BISA DI SENTUH ATAU DI PEGANG…

    “CAHAYAMU ADALAH BAHASAKU”

    KI SINGA BANTEN
    21-02-2012

  69. Ki PAmukt1 21 Februari 2012 / 17:24

    Assalamu alaikum wr wb All Sedulur dan Sesepuh semuanya

    Khususon :

    @Ki Alus, @ki Thepos, @Ki Kancil dan Smua Anggota KWA JKT yang hadir dan yang nyimak….

    Terus Terang sy KAGET, KESAL dan MARAH mendapat kabar bahwa HUT KWA -3 yg rencana nya diadakan di JAKARTA di BATALKAN tanpa ada musyarawah, baik di BLOG KWA maupun di FB.

    Jadi selama ini KAMI khusus nya KWA JKT yg telah bekerja keras sampai ijin meninggalkan kantor, ijin meninggalkan istri dan anak dirumah demi untuk merencanakan dan melaksanakan sebaik-baiknya amanah HUT KWA – 3 hanya sebuah kesia-sian dan KAMI KWA JKT terasa tidak DIHARGAI sebagai manusia dan di PERMALUKAN secara UMUM dengan DIBATALKAN NYA RENCANA HUT KWA -3 yg sedianya dilaksanakan di JKT

    PEMBATALAN pelaksanaan HUT KWA -3 seharusnya disampaikan dulu kepada PIHAK2 KWA JKT dan LIHAT juga sejauh mana kesiapan KWA JKT, kalo memang tidak siap baru dibuat keputusan BATAL KAN…!!!

    sy merasa keputusan yg sudah diambil Ki Alus tidak BIJAKSANA dan terkesan tidak MENGHARGAI teman2 KWA JKT, maka masih pantas kah KITA MENDUKUNG KWA yg semula menjadi Payung untuk ber spiritual.

    Bagaimana rasanya ketika Ki Alus tidak di HARGAI sbg seseorang yang pernah mendirikan BLOG KWA….???? coba di RENUNGKAN..

    Kami KWA JAKARTA bertekad melaksanakan HUT KWA -3 walaupun tanpa menghadirkan PENDIRINYA,

    Mohon maaf kalo comment ini terlalu KERAS, karena ini adalah bentuk KEKECEWAAN sy dan mungkin PANITIA HUT KWA -3 lainnya yg sdh byk meluangkan waktu nya demi SUKSES nya HUT KWA-3

    Nuwun.
    Ki PAmukt1

  70. abdul ghofur 21 Februari 2012 / 17:26

    assalamuallaikum,wrwb…izin nyimak+absen sore,…

  71. Ki PAmukt1 21 Februari 2012 / 17:28

    Kalo pun Ki Alus sdh merencanakan HUT KWA – 3 di SIDOARDJO lalu kenapa menyetujui KWA JAKARTA sebagai TUAN RUMAH, sebenarnya ada apa dibalik semua ini……??????

  72. KI SINGA BANTEN 21 Februari 2012 / 17:28

    ASSALAMUALAIKUM..

    Rasulullah SAW pernah bersabda yang intinya adalah bahwa orang yang telah meraih kesempurnaan iman akan merasakan betapa nikmatnya iman itu. Tiada kebahagiaan di dunia ini yang melebihi kebahagiaan iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kenikmatan itu dicurahkan Allah di dunia, sebelum dilimpahkan secara lebih agung di akhirat nanti.

    Sayangnya, banyak di antara kita yang kadangkala mengalami perubahan suasana hati. Kadangkala iman kita naik, kadangkala turun. Memang pasang surut iman adalah hal yang wajar dalam diri kita sebagai manusia yang lemah. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika iman kita tetap stabil dan memiliki kecendurungan untuk semakin mantap dan teguh, sehingga kita pun dapat mengecap kenikmatan iman.

    Ya Allah, wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. (H.R. Tirmizi)”

    SALAM PASEDULURAN

  73. 7akaerde 21 Februari 2012 / 17:32

    Salam takzim untuk Ki Pamukt1, Ki The Post, Ki Kancil, dan bersabarlah kawan – kawan KWA Jakarta Raya

    Damai dan Makmurlah Indonesia Raya

  74. Joko Pring 21 Februari 2012 / 17:56

    PANDITO SABDO NOTO…,AJINING DIRI SOKO LATHI ORA KENO WOLA – WALI,kalau ingin kita di hargai oleh orang lain kita jg hrs menghargai orang lain trlebih dahulu,GURU IKU BISO DI GUGU LAN DI TIRU,monggo..para sesepuh dan sedulur skalian…saling menghormati,karena dulu sudah di setujui ultah KWA-3 di jakarta dan sudah terbentuk kepanitiaannya,beliau2 yg sdh terpilih menjadi kepungurusan dlm panitia ultah KWA-3 di jakarta telah berkorban bnyak waktu dan tenaga,sampe2 ada yg ijin dari tempat kerjanya dan tdk berkumpul dgn keluarganya utk smntara waktu di karenakan beliau2 trsbt berusaha utk mewujudkan agar dlm rangka perayaan ultah KWA-3 bisa berjalan dgn lancar dan sukses,tp apa yg terjadi stlh tiba2 ada pemberitahuan mendadak sprti ini,pastilah beliau2 yg telah bnyk berkorban waktu dan tenaganya menjadi tersinggun krn merasa tdk di hormati,LUDAH YG TELAH KELUAR DARI MULUT JGN DI AMBIL KEMBALI,bersikaplah sbg ksatria dan orng bijak dlm memutuskan suatu permasalahan,YEN WEDHI OJO WANI-WANI,YEN WANI OJO WEDHI-WEDHI,jd kalau jgn bersikap ragu2. ULO MANDI NING WISONE, CAKIL MANDI NING UNTUNE…he..he..he..he..he..,RUKUN AGAWE SANTOSA…,

  75. Gandrung 21 Februari 2012 / 17:57

    PANDITO SABDO NOTO…,AJINING DIRI SOKO LATHI ORA KENO WOLA – WALI,kalau ingin kita di hargai oleh orang lain kita jg hrs menghargai orang lain trlebih dahulu,GURU IKU BISO DI GUGU LAN DI TIRU,monggo..para sesepuh dan sedulur skalian…saling menghormati,karena dulu sudah di setujui ultah KWA-3 di jakarta dan sudah terbentuk kepanitiaannya,beliau2 yg sdh terpilih menjadi kepungurusan dlm panitia ultah KWA-3 di jakarta telah berkorban bnyak waktu dan tenaga,sampe2 ada yg ijin dari tempat kerjanya dan tdk berkumpul dgn keluarganya utk smntara waktu di karenakan beliau2 trsbt berusaha utk mewujudkan agar dlm rangka perayaan ultah KWA-3 bisa berjalan dgn lancar dan sukses,tp apa yg terjadi stlh tiba2 ada pemberitahuan mendadak sprti ini,pastilah beliau2 yg telah bnyk berkorban waktu dan tenaganya menjadi tersinggun krn merasa tdk di hormati,LUDAH YG TELAH KELUAR DARI MULUT JGN DI AMBIL KEMBALI,bersikaplah sbg ksatria dan orng bijak dlm memutuskan suatu permasalahan,YEN WEDHI OJO WANI-WANI,YEN WANI OJO WEDHI-WEDHI,jd kalau jgn bersikap ragu2. ULO MANDI NING WISONE, CAKIL MANDI NING UNTUNE…he..he..he..he..he..,RUKUN AGAWE SANTOSA…,

  76. MBAH ARIFYANTO 21 Februari 2012 / 18:07

    sabar itu subur kawan,kwa adalah kwa.dengan pembatalan ini mudah2an ada hikmah yang tersurat dan tersirah tidaklah mengapa acara di batalkan ,ULTah KWA dapat dirayakan di daerah masing masing sebagai rasa syukur atas munculnya blok kwa untuk landasan keyakinan penyuka jiwa spritual

    sekedar share pendapat saja:

    menurut saya klo bisa kwa yang ada di jakarta tetap pada acaranya dengan acara terbesar,silahkan dilanjut bang….
    dengan toleransi yang netral,jadi tetap lanjut saja dilangsungkan dengan cara yang sudah ditentukan,saya yakin KWA jakarta bisa profesional dan lebih berpengalaman,jika pendirinya hadir monggo jika gak hadir bisa di wakilkan oleh ketua yang ada di jakarta
    jadi sayang jika batal…..

    dan adapun yang diselenggarakan di sidoarjo,monggo…

    jika mau gabung yang ada di jakarta monggo…buat menyumbang keseniannya

    intinya semua punya hak dan ide yang cemerlang buat dituangkan dalam sebuah acara,yang nantinya KWA dapat lebih membumi ditengah masyarakat,karena KWA untuk semua…
    monggo dilanjut……

  77. semprul enam 21 Februari 2012 / 18:07

    Kenyataannya kwa jakarta kebingungan mau adakan acara,dp dp dp dp mutar mutar tdk jelas acaranya ya batal.
    Kwa jateng/diy,kwa jatim,kwa jabar ..kompak ketawa.

  78. Jampang Kilat 21 Februari 2012 / 18:09

    Assalmu’alaikum

    Nyimak..sambil mendengarkan lagu tembang kenangan dari Broery Marantika & Dewi Yul yang berjudul “Jangan ada dusta diantara kita…”
    jadi terharu,teringat nostalgia lama…
    Hiks..hiks..hiks…….

    Monggo dilanjut…deprok maning sambil mengisi TTS (Teka-Teki Silang)…

    Rahayu sedaya-daya…

  79. Ki Dewa Bessi 21 Februari 2012 / 18:09

    Qobiltu ki wongalus.

  80. Gandrung 21 Februari 2012 / 18:18

    Kawulo Gandrung si Joko Pring….gadhah pepenginan ngangsu kawruh kabecikan lan kawruh kawicaksanan wonten k.w.a meniko ananging kawulo kuciwo…amargi tiyang ingkang dipun sebat sesepah meniko kaliyan poro sederek sanesipun ingkang ngangsu kawruh kabecikan lan kawicaksanan wonten kampus mriki nyatane penggalihanipun taksih goreh…,lan taksih wola-wali..,kawulo taksih enget piwulang saking tiyang sepah lan guru kulo,YEN WEDHI OJO WANI-WANI,YEN WANI OJO WEDHI-WEDHI meniko syarate dados satrio/pemimpin ingkang wicaksono.nuwun…katur salam rahayu kagem poro sederek sedanten.

  81. JAJAT 21 Februari 2012 / 18:42

    QOBILTU KI .. SAUDARA TETEP SAUDARA TEMAN
    TETEP TEMAN KWA TETEP KWA PIIISSS

  82. mbah sareb 21 Februari 2012 / 19:06

    rahayu rahayu rahayu …

  83. kibayuagni 21 Februari 2012 / 19:15

    @Semprul enam silahkan anda menertawai kami (kwa jkt) Semoga limpahan rahmat Allah menyertai dlm kehidupan kel.anda amin…….. salam ta’dzim sy utk anda yang menertawai kami.

  84. robi93 21 Februari 2012 / 19:38

    Assalamualaikum.
    mau absen malem nich, and slam kenal bwt sadulur semua’y .
    salam persaudaraan dr saya kpd semua’y …

  85. MAKARENA 21 Februari 2012 / 19:40

    JANGAN MEMAKSAKAN DIRI……………. !!!! IKHLASLAH TANPO PAMRIH….

  86. MAKARENA 21 Februari 2012 / 19:42

    ANGGOTA KWA PERLU BELAJAR SABAR DAN IKHLAS… !!!

    JANGAN CUMA NYARI ILMU GRATIS DAN INSTAND SAJA, SEMUA DI DUNIA INI BUTUH PERJUANGAN TIDAK SEMUDAH MEMBALIKAN TELAPAK TANGAN ATAU TELAPAK KAKI… !!!!
    DUDUK DIDEPAN KOMPUTER MINUM KOPI DAPAT ILMU JADI SAKTI…. SEMUA BUTUH PENGORBANAN DAN KESABARAN !!!

  87. Patramantra 21 Februari 2012 / 19:56

    Masih tetap setia menyimak menunggu perkembangan selanjutnya…… Sambil nglinting klobot mbako…..

  88. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 19:59

    Mas Pamukti: Rahayu kang sami pinanggih.. matur nuwun atas pendapatnya. Kalau sudah ultah kwa nasional seperti ini baju kwa jakarta, kwa jatim, kwa jateng memang harus dicopot dulu. dan di kepanitiaan saya juga menjadi bagian dari panitia. Saya sangat menyesal telah membuat kesal poro sedulur khususnya panitia yang telah bersusah payah demi mensukseskan acara ini. Saya siap menerima umpatan, kritik bahkan hujatan dari sedulur2 semua. Tapi yakinlah bahwa apa yang saya lakukan ini demi sesuatu yang lebih baik lagi di kemudian hari. Rahayu ki.

  89. guz san 21 Februari 2012 / 20:06

    QOBILTU

  90. aguswdd.2075 21 Februari 2012 / 20:11

    absent malam….jg ikut qobiltu….salamsalim buat sesepuhku semua n jg seluruh keluarga besar KWa…

  91. MAKARENA 21 Februari 2012 / 20:17

    SAYA MENDUKUNG SEPENUHNYA KEBIJAKAN DARI WONG ALUS….

  92. Alex 21 Februari 2012 / 20:19

    Menyimak

  93. ki sampar geni 21 Februari 2012 / 20:35

    Bang thepos betul3 gak usah urusin KWA yg pimpinanya plinplan nggak bisa dipegang omonganya dengan mudahnya melempar bola untuk acara ultah kwa ke 3 giliran diresfon positif oleh pengikutnya dan sudah sampai tingkat susunan panitia perijinan dan lain2 eeee tak ada angin tak ada hujan bikin postingan pembatalan acara jiah wongalus memang benar2 ingin mempermainkan orang lain semula saya salut dengan petuah2nya yg terkesan bijaksana dan santun jiah gak taunya keluar aslinya dari dulu sifat mencla menclenya tetap konsisten

  94. kabayan 21 Februari 2012 / 20:46

    assalamualaikum wr wb
    saya yakin kepada sesepuh2 di kwa jakarta akan sabar
    karena setiap hari di tempa oleh yang memelukan kesabaran
    dan ke ikhlasan, karena harus sabar oleh ke macetan jakarta
    harus ikhlas di pepet belum teriknya mata hati eh MATAHARI
    Sing pada sabar sesepuh,HABIS GELAP TERBITLAH TERANG
    Saya dari daerah hanya bisa berdo;a yaa ROBB YAA ROBB
    AMIN AMIN AMIN YA ROBBAL ALAMIN
    WASALAM

  95. ki sampar geni 21 Februari 2012 / 21:05

    Mencla mencle sabdo pandito tan keno wolawali pindo tumetesing dlancang seto tan keno den icali…jarekne wongalus iku ahli filsafat ahli totokromo ning kok ngono patrapmu mbah? Orakeno sinudarsono pandito gadungan mending mlungker ora adep isen ora ngerti totokromo jebule jiah

  96. Begawan Kathok Kolor 21 Februari 2012 / 21:10

    Assalamu’alaikum wr.wb. salam karaharjan para sedulur smuanya…Heekh…heekh…heekh…heekh…,maksudnya ki wong alus,agar kita sedia payung sebelum hujan ya…,agar lbh waspada dan hati2 ya ki..,bisa jg ki wong alus sdh di beri isyarah oleh YME mengenai akan trjdi ssuatu hal di jkt saat menjelang dan hari H HUT KWA-3 shngga beliau scara ma’..bedunduug…alias tiba2 dan mendadak mengambil keputusan membatalkan HUT KWA-3 trsbt,walaupun keputusan trsbt di iringi dgn lagu gugur bunga,rayuan pulau kelapa,alamat palsu dan goyang dombret..,kritikan dan hujatan dari gelandang kanan dan gelandang kiri,tp ki wong alus ttp menyanyikan lagu maju tak gentar…ya ki..,heekh…heekh…heekh…heekh…krn punya tujuan yg baik KWA utk ke depannya,mngkn dan kira2 begicyuuu…heekh..heekh..heekh…

  97. MAKARENA 21 Februari 2012 / 21:35

    hahahahahaahahah…. lucunya om begawan ini, gemes dech…

  98. Begawan Kathok kolor 21 Februari 2012 / 21:35

    Ooalaah…ngomong opo aku iki…,malah mbingungi…heekh..heekh..heekh..heekh…,ben ojo bingung mendingan nyanyi lagu jowo wae aah…,Ojo sok gampang…janji mung manis…yen toh amung lamis…,becik aluwung…prasojo nimas..ora agawe cuwo…(gelo), tansah ngugemi…tresna mung wingi jebul amung lamis…koyo’ ngenteni thukule jamur…ing mongso ketigo…heekh…heekh…heekh…heekh…,ta pamit sek aah…arep tuku wedang jahe…sinambi ngobrol2 karo yu jahetun sing bahenol heekh…heekh…heekh…heekh…salam asah,asih,dan asuh…rukun agawe santosa…

  99. MAKARENA 21 Februari 2012 / 21:36

    wakakakakakakakaka…. mantap….

  100. Ramli 21 Februari 2012 / 21:37

    Assalamu alaikum wr.wb.
    Para sedulur sy pendatang baru ni…ikutan nyimak boleh ya…?

  101. WONG ALUS 21 Februari 2012 / 21:37

    ki sampar geni: matur nuwun.. mugi tansah pinaringan rahayu wilujeng saking kinasihing Gusti Kang Murbeng Dumadi…

  102. Sewu pring sewu 21 Februari 2012 / 21:52

    Sifat manusia selalu tergesa gesa….(hehehe termasuk kulo)salam kulo dhateng sedulur sedoyo alfatihah sent…

  103. Anker 21 Februari 2012 / 21:55

    Qobiltu ki.
    Mohon bimbingannya

  104. MEMEK BASAH MERAH JAMBU 21 Februari 2012 / 22:34

    SABAR… SEMUA ADA HIKMAHNYA… YANG PENTING KOMPAK OKE

  105. abi 21 Februari 2012 / 22:35

    payah payah payah , ki wa pusing mikirin kwa ga ada duitnya < jadi di jual ga ???? sudah ada yg mau bayarin nih . kolor ijo

  106. abi 21 Februari 2012 / 22:37

    @ MEMEK BASAH MERAH JAMBU : jablai lanang

  107. abi 21 Februari 2012 / 22:39

    kwa mau di juaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal …… siap yang mau…………….???????????? ki wa wes mumet……………. ayo ayo ,,,,,, siapa mau ???????? terakhir terakhir 6 4 mau di jual

  108. abi 21 Februari 2012 / 22:40

    kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  109. Jampang Kilat 21 Februari 2012 / 23:07

    Kami menghormati apa yang menjadi keputusan Ki Wong Alus,mungkin itu yang tebaik untuk kita semua…
    Namun suatu niatan yang baik jika cara penyampaiannya kurang baik maka hasilnyapun menjadi kurang baik…
    Seyogya nya keputusan ini dapat ditempuh dengan cara yang lebih arif & bijaksana sehingga tidak terbentuk sebuah keputusan yang diambil secara sepihak dengan tanpa alasan yang jelas…
    Ini sama saja sebagai pembunuhan karakter yang dapat merusak pencintraan KWA Nasional pada umumnya dan KWA Jakarta pada khususnya…

    Ini hanya sebuah ungkapan seorang anak terhadap bapaknya…yang dimana fungsi seorang bapak adalah merangkul bukannya memukul….

  110. ronggo sentot 21 Februari 2012 / 23:11

    Salam mbah alus,
    Alhamdulillah sdh ada petunjuk detail
    Dibarengi tawakal
    Amal
    Wirid lan
    Keringeten
    Tunggu saja tanggal mainnya..
    Berkat doaku lailahailallah muhammadarasulullah.

    Ikut koment mengenai pringatan Ultah KWA
    Walaupun ada pendana yg membiayai KWA
    Ataupun Panitia yg mantaps di Jakarta
    Sy melihat sesepuh keghaiban di jakarta tidaklah bisa meminta ijin ke Leluhur Penguasa Jakarta
    Ini yg menyebabkan acara di Jkt akan di prediksi ada terkena dampak politik.
    Karena sebenarnya Kota Jakarta adalah sangat tidak cocok untuk diadakan acara super sakral mistis spiritualis dan konsep terbebas dr semua belenggu. Kota Jakarta itulah yg tidak dipersiapkan untuk ajang seperti ini. Bukan karena ketidak siapan dan profesionalitas Panitianya.
    Jadi menurut saya
    Jika mau adakan Acara KWA maka tempat tempat yg sakral dan suci lah yg dapat di laksanakan.
    Bukan berarti Jakarta tidak suci. Kita tahu jakarta mayoritas adalah dunia oriented bukan akhirat oriented.
    Sudahkah sesepuh jakarta konsultasi ke leluhur H Husein Al idrus dlm renc penyelenggaraan? Aspek alam sebelah yaitu alam Ghaib sangat penting dlm menyelenggarakan semua kegiatan termasuk berbangsa dan bernegara…lebih2 acara KWA yg misinya menyelaraskan dunia akhirat
    Jadi solusinya jika memang anggota KWA domisili jakarta yg pastinya bisa menyisihkan materi.. Lebih mengalah untuk jalan2 ke desa2 untuk acara2 KWA daripada memaksakan seluruh anggota KWA didunia dtg kejakarta.
    Mohon maaf tanpa kurangi rasa hormat, karena demikian menurut saya sebagai Ronggo Sentot.

  111. wahyu wana 21 Februari 2012 / 23:34

    damailah nuswantara…

  112. Belma 21 Februari 2012 / 23:55

    KWA : KAMPUS WONG ALUS diganti aja yaa
    KWA : KEMAUAN WILDAN AJA
    kasian banget panitia yang meeting sampai pagi…………..
    maaf kang Wildan dengan tidak mengurangi rasa hormat saya terhadap kakang, besok-besok kalau mau usul dipikir dulu…….
    biar ada bedanya antara MULUT sama KENTUT……………………
    banyak jadwal yang saya rubah buat bulan april saya rasa para sedulur juga banyak yang begitu…………………………………………
    Costumer saya,saya wanti wanti kalau butuh saya tanggal 5-8 April
    saya gak bisa kalau memang Urgent cari yang lain.
    gak taunya acaranya dibatalin secara sepihak dengan alasan yang gak nyambung dan tidak jelas……..
    kalau tidak salah ini kali ke 2 atau ke 3 pembatalan secara sepihak
    kalau saya amati inilah sipat manusia yang gampang menjilat ludah sendiri, gampang berbohong, apa yang diucapkan tidak selaras dengan yang dipikirkan dan dilakukan ( MUNAFIK )
    Mohon dimaafkan kalau kang Wildan tersinggung……………….
    sekedar mengingatkan Permintaan maap kang Wildan tidak bisa menebus tenaga,biaya,waktu dan rasa MALU panitia kepada semua pihak……….
    saya pikir makin bertambah usianya makin arif dan bijaksana ternyata sama ama anak saya yang baru berumur 7 tahun. kadang A, kadang B kadang C mencla-mencle……………………………..
    sekali lagi saya minta maaf kang Wildan.mau dia\maafkan atau tidak urusan sampean sama Tuhan, yang penting saya minta maaf.

  113. Ki PAmukt1 21 Februari 2012 / 23:57

    POSTING ITU JELAS MEMANCING REAKSI TEMAN2 JAKARTA

  114. Ki PAmukt1 21 Februari 2012 / 23:57

    TURU KELONAN YOOOOO, SIRAHE MUMET……

  115. Ki PAmukt1 21 Februari 2012 / 23:59

    BELMA : SE-7…..

  116. Ronggo Sentot 22 Februari 2012 / 00:06

    Yo semua yang mau menghujat ke saya saja
    Mumpung saya buka lapak hujatan
    Diperlukan 70000 orang manusia menghujat nih
    Untuk melatih mental saya
    Memasak ilmu dan batin
    Mulai…start

  117. kilat mega 22 Februari 2012 / 00:23

    bukan dibantalkan tapi ditunda sampai suasana aman dan kondusif

  118. Ki PAmukt1 22 Februari 2012 / 00:23

    @MBAH ARIFYANTO :

    Kalo dari awal diberitahukan :

    KEPADA SEMUA PERWAKILAN KWA YG MAU ADAKAN HUT KWA -3 DI DAERAH MASING2 YA MONGGO

    Nah….itu lain cerita lagi Mbah…kita manut2 saja
    kalo sekarang diumukan seperti itu sdh kepalang basah NESUNE Mbah, sing penak nggole wedoan yo mbah….

    Astagfirullohal ‘adhim…… sy kok jadi ngawur seh…

  119. Begawan Kathok Kolor 22 Februari 2012 / 01:02

    Assalamu’alaikum wr.wb. katur salam karaharjan dumateng@Ki Pamukti,ki@Belma lan poro sederek sanesipun…,ki pamukti,miturut kulo langkung sae menawi sampun kadung utawi terlanjur (nanging mboten ngangge “basah” lho..heekh..heekh..heekh..heekh…) panitia ingkang sampun di bentuk dipun lajengaken kemawon ngantos rampung amargi panjenengan lan poro sederek panitia sampun ngedalke wekdal,tenogo lan sanes2ipun kangge lancare acara hut k.w.a meniko,ananging acaranipun ingkang sederhana kmawong ingkang penting saged nyaketaken pasederekan lan andadosaken guyup poro sederek k.w.a,tinimbang wirang kaliyan tiyang sanes aluwungi dipun terasaken kemawon ngantos kasil acara meniko. kulo ngertos kabar meniko nggih dados gelo lho ki…,tinimbang ati dados panas lan pikiran mumet langkung proyogi monggo sesarengan kaliyan kulo nyanyi tembang jowo sing judule “OJO LAMIS” nggih ki…,OJO SOK GAMPANG…JANJI MUNG MANIS…YEN TOH AMUNG LAMIS…BECIK ALUWUNG PRASOJO NIMAS…ORA AGAWE CUWO..,TANSAH NGUGEMI TRESNAMU WINGI JEBUL AMUNG LAMIS…KOYO NGENTENI THUKULE JAMUR ING MONGSO KETIGO…,AKU IKI PRASASAT LORO TAN ENTUK JAMPI…MBOK OJO MUNG LAMIS…KANG UWIS DADINE BANJUR GIGIS…,AKEH TULODHO…KANG DEMEN CIDRO URIPE REKOSO…MILIH SAWIJI ENDI KANG SUCI KANGGO BISO MUKTI…, heekh…heekh…heekh…heekh…heekh…

  120. Begawan Kathok Kolor 22 Februari 2012 / 01:35

    seraoso kulo gelo alias getun mireng menawi ultah k.w.a nasional wonten dipun batalaken…ananging sedoyo meniko kangge ngindari sakderengipun wonten kedadosan ingkang gawat,panjenengan lan poro sederek panitia ingkang dalemipun wonten jakarta nggih langkung mangertos menawi wekdal meniko kemawon kondisi lan situasi jkt panas,mboten amargi kirang jawah nanging panasipun kutho jkt meniko amargi dampak politik ingkang kirang kondusif,kathah kerusuhan lan demonstrasi. menopo malih menawi mangke dipun gelar acara meniko kanthi ageng…,sbb taksih kathah tiyang ingkang over fanatik lan mangke ndadosaken kerusuhan lan nganggu kelancaranipun acara meniko malah saged ugi bentrok kaliyan para sederek k.w.a. milo meniko sedya payung sakderengipun jawah,sakderengipun kejawahan.langkung prayogi acara hut k.w.a meniko ingkang sederhana kemawon,ingkang penting saged ndadosake tansaya rakete pasederekan lan guyup.nyuwun pangapunten menawi atur kulo wonten lepatipun nggih ki pamukti lan poro sederek k.w.a ingkang wonten jkt.

  121. Frans 22 Februari 2012 / 01:40

    wah maturnuwun atas artikelnya Bp. Wong Alus. Saya suka artikel tentang kesejatian diri seperti ini, rasanya nyaman utk dinikmati.

  122. KEVIN's MAYOR 22 Februari 2012 / 01:44

    Heeemmm….bagaimana kalau di tannya sekecewa apa mungkin sulit diungkapkan….setelah melakukan persiapan yang. Sudah cukup panjang hingga sejauh ini dengan banyaknnya yg kami (kwa Jakarta) curahkan untuk mensukseskan. Acara ini….apa dengan kata maaf….saja cukup….andai bisa merasakan yang kami rasa….tapi ini sudah terjadi mau berkata apa…lagi…ya sudahlah…..tapi kwa jkt pasti maju terus…..dengan ini dengan kekecewaan yang sungguh pahit sekali rasannya akan semakin menguatkan kami…..

  123. Begawan Kathok Kolor 22 Februari 2012 / 01:48

    Lho…ooaaalaah…aku yo ngomonge nganggo boso jowo trus marang poro sedulur k.w.a jkt…,aku lali je…,kudune rak omongku nganggo boso nasional toh…ben poro sedulur nng jkt ngerti yen aku ngomong lan urun rembug,aahh..mugo2 poro sedulur jkt podho ngerti maksude omonganku…,kan nng jkt akeh wong jowone…yo kudune ojo nganti ilang jowone toh…,nganti lali…kathok kolorku mlorot aku ora ngerti…untunge ora ono wong liyo sing weruh…yen ono sing weruh jan isin tenan heekh…heekh…heekh…heekh…heekh…heekh…,ta ngombe banyu putih sek aahh…ben guyune kpenak….

  124. Ki PAmukt1 22 Februari 2012 / 01:55

    Matur Nuwun Begawan Kathok Kolor, panas, udan mendung, pegel, sepeting mripat, nesu wis borong kabeh saiki wis rodo adem ketambanan AJI TEMBANG OJO LAMIS…..

    Wis Ora Dadi opo jenenge kawulo alit rung mesti diajeni to…….

    Hueheheheheheh…………… sopo melu ngguyu….. ..hueheheheh….

  125. KEVIN's MAYOR 22 Februari 2012 / 02:04

    Seperti tak dianggap…….ini memang realitannya yg terjadi….

  126. KEVIN's MAYOR 22 Februari 2012 / 02:55

    Melu ngguyu ah…..hahahaahaaahaaahaaaahhhaaaa…………hahahahahahahahaha…….hahahahaha edan tenan…….

  127. Begawan Kathok Kolor 22 Februari 2012 / 03:59

    Sami-sami alias sama-sama Ki Pamukti….,ssstt..??!!.jgn bilang siapa2 ya ki…,kalo mau nyari wedo’an…ya mbok ajak2 aku donk ki…heekh…heekh…heekh…heekh…,sing pentil ehh…penting biso ngguyu bareng2 dgn ki pamukti dan kevin’s mayor…,Ayo ngguyu…heekh..heekh..heekh..,ngguyu maneh heekh..heekh..heekh..heekh..,yen ngguyune ojo seru-seru….(kayak lagunya waljinah..),ayo para sedulur yg mau ikut tertawa silahkan tertawa bersama kami… selama tertawa itu belum di larang oleh pejabat pemerintah..,kecuali yg sedang sakit gigi tdk di perkenankan utk tertawa..,bila mau tertawa dipersilahkan giginya di copot dulu baru kmudian tertawa bersama kami kayak paduan suara…heekh..heekh..heekh..heekh..heekh..heekh…heekh…ngguyune karo cekelan kathok kolorku ben ojo mlorot maneh…

  128. yaye' 22 Februari 2012 / 05:20

    sugeng enjing…mhn ijin nerek nyimak..

  129. yusup (An@k KeCIL) 22 Februari 2012 / 09:59

    Hadoh….

  130. Putra Sapto Argo Al-Awwam 22 Februari 2012 / 09:59

    sesuai saran kyai ronggo sentot maka semalaman sy bermunajat alhamdulillah hadir bersama munajat kami para sesepuh dr KRAMAT PULO,KRAMAT GUNDUL,KRAMAT EMPANG,KRAMAT BANDAN,KRAMAT JATI, KRAMAT JAYA, KRAMAT LUAR BATANG, KRAMAT KWITANG, KRAMAT PRIOK, KRAMATBONJER, SEMUA KRAMAT SAMPAI KRAMAT TUNGGAK.

    MEREKA BERKATA KEPADA SY SESUNGGUHNYA HARI ESOK ITU GHOIB,….
    DAN GHOIB ITU ADA 2 PERKARA.
    1. GHOIBUL WUJUD
    2. GHOIBUL ASROR

  131. Sandi Jagat Alif Al Makkyi 22 Februari 2012 / 10:00

    tes

  132. nawiazky 22 Februari 2012 / 10:38

    Ki Putro Sapto…
    apa yang dimaksud Ghoibul Wujud dan Ghoibul Asror….. nyimak ‘mode on’
    sudah nyusun ‘schedule baru’ mbahhh???

  133. MBAH ARIFYANTO 22 Februari 2012 / 10:45

    KWA JAKARTA BENAR,KWA JATIM BENAR,KWA JABAR BENAR,DAN KWA LAINNYA BENAR SEMUA,mudah mudahan kesalah pahaman ini dapat dijadikan pemikiran yang lebih dewasa,agar kedepannya lebih terarah dan lebih revolusioner,yang sudah sudah …..biarlah berlalu…jangan diungkit lagi karena apapun yang terjadi kita masih saudara lebih baik kita bersikap netral tidak memihak siapa yang harus disalahkan,mending kita berpikir ke depan supaya KWA tetap maju dan eksis di dunia maya dan dunia nyata,karena keputusan tetap menjadi wewenang pemilik blog yang tercinta ini,saya akui KWA jakarta adalah sebuah team yang tangguh untuk penyelenggaraan acara kWA terbesar karena posisinya sangat strategis yang keberadaannya ada di jakarta untuk mengenalkan keaneka ragaman berbangsa dan berbudaya secara nasional,mungkin tahun ini masih banyak kendala yang terjadi dalam penyelenggaraannya,lebih baik untuk tahun depan dapat dipersiapkan secara matang mulai dari sekarang,nah untuk sementara pihak panitia di mohon menahan rasa kekecewaan karena KWA masih muda dan masih butuh blajar agar kedepannya lebih baik lagi,dan KWA masih akan tetap membutuhkan bantuan dan solidaritas kepada KWA jakarta sepenuhnya ,agar KWA dapat menjadi nilai positif dan diterima ditengah masyarakat

  134. MBAH ARIFYANTO 22 Februari 2012 / 11:01

    kalo kWA jakarta mau meneruskan perihal acara ultah KWA ke 3 terbesar silahkan ,monggo…monggo saja
    karena biarpun sangat sensitif dengan situasi politik saat ini tiada masalah…….siapa takut!!!!,yang penting sudah punya izin
    masak kalah dengan liga INDONESIA ISL / ILP biarpun situasi politik gak sehat LIGA INDONESIA tetap terselenggara,lha wong KWA acaranya cuma sak klumit sekedar memamerkan khasanah budaya indonesia kok gak bisa,itupun keberadaan acaranya di arena yang sah dan aman,paling 2-3 hari dah selesai,nah bagaimana abang abang yang ada di jakarta apakah masih mau dilanjut,jangan mau menyerah sebelum berperang….ayo…ayo..hehehe..tetap semangat….dan LANJUTKAN

  135. CKP 22 Februari 2012 / 11:11

    Berikut adalah Syair Gus Dur selengkapnya:

    Ngawiti ingsun nglaras syi’iran / ku memulai menembangkan (menyanyikan) sya’ir
    Kelawan muji maring pengeran /Dengan memuji kepada Tuhan
    Kang paring rohmat lan kenikmatan / Dengan memuji kepada Tuhan
    Rino wengine tanpo pitungan / Yang memberi rahmat dan kenikmatan

    Rino wengine tanpo pitungan…/ Siang dan malam tanpa perhitungan

    Duh bolo konco priyo wanito / Wahai para sahabat pria dan wanita
    Ojo mung ngaji syare’at bloko / jangan hanya belajar syari’at saja
    Gur pinter ndongeng nulis lan moco / Hanya pandai mendongeng (bicara),menulis dan membaca
    Tembe mburine bakal sangsoro / Akhirnya hanya akan sengsara

    Tembe mburine bakal sangsoro…

    Akeh kang apal Qur’an Haditse / Banyak yang hafal al-Qur’an dan hadistnya
    Seneng ngafirke marang liyane / Suka mengkafirkan orang lain
    Kafire dewe dak digatekke / Kekafirannya sendiri tidak diperhatikan
    Yen isih kotor ati akale / Kalau masih kotor hati dan akalnya

    Yen isih kotor ati akale…

    Gampang kabujuk nafsu angkoro / Mudah tertipu nafsu Angkara
    Ing pepaese gebyare donyo / Dalam Hiasan gemerlapnya dunia
    Iri lan meri sugihe tonggo / Iri dan dengki kekayaan tetangga
    Mulo atine peteng lan nisto / Maka hatinya gelap dan nista

    Mulo atine peteng lan nisto…

    Ayo sedulur jo nglaleake / Mari saudara jangan melupakan
    Wajibe ngaji sa’pranatane / Kewajiban mengaji (belajar) lengkap dengan aturannya
    Nggo ngandelake iman tauhide / Untuk menebalkan iman tauhidnya
    Baguse sangu mulyo matine / Bagusnya bekal mulia matinya

    Baguse sangu mulyo matine…

    Kang aran sholeh bagus atine / Yang disebut orang shaleh itu bagus hatinya
    Kerono mapan seri ngelmune / Karena sempurna seri keilmuannya
    Laku thoriqot lan ma’rifate / Melakukan thariqat dan ma’rifatnya
    Ugo haqiqot manjing rasane /Juga hakekat meresap rasanya

    Ugo haqiqot manjing rasanee…

    Al-Qur’an Qodim wahyu minulyo / Al-qur’an qodhim wahyu yang mulia
    Tanpo tinulis iso diwoco / Tanpa ditulis bisa dibaca
    Iku wejangan guru waskito / Itu wejangan (pesan) guru yang waskita
    Den tancepake ing jero dodo / Ditancapkan ke dalam dada

    Den tancepake ing jero dodo…

    Kumantil ati lan pikiran / tergantung (tertempel) di hati dan pikiran
    Mrasuk ing badan kabeh jeroan / Merasuk ke dalam badan dan tubuh
    Mu’jizat rosul dadi pedoman / Mu’jizat rasul ( Al-qur’an ) jadi pedoman
    Minongko dalan manjinge iman / Sebagai jalan masuknya iman

    Kelawan Alloh kang moho suci / Kepada Allah yang Maha suci
    Kudu rangkulan rino lan wengi / Harus berpelukan (mendekatkan diri) siang dan malam
    Ditirakati diriyadlohi / Diusahakan dan dilatih
    Dzikir lan suluk jo nganti lali / Dzikir dan suluk jangan sampai dilupakan

    Dzikir lan suluk jo nganti lali…

    Uripe ayem rumongso aman / Hidupnya tentram dan merasa aman
    Dununge roso tondo yen iman / Itulah perasaan tanda beriman
    Sabar narimo nadjan pas-pasan / Sabar menerima meskipun (hidup) pas-pasan
    Kabeh tinakdir saking pengeran / Semua sudah ditakdirkan dari Tuhan

    Kabeh tinakdir saking pengeran…

    Kelawan konco dulur lan tonggo / Terhadap teman , saudara dan tetangga
    Kang podo rukun ojo dursilo / Rukunlah jangan bertengkar
    Iku sunnahe rosul kang mulyo / Itu sunnah Rasul yang mulia
    Nabi Muhammad panutan kito / Nabi Muhammad suri tauladan kita

    Nabi Muhammad panutan kito…

    Ayo nglakoni sekabehane / Mari jalani semuanya
    Alloh kang bakal ngangkat drajate / Allah yang akan mengangkat derajatnya
    Senadjan Asor toto dzohire / Meskipun rendah secara lahiriah
    Ananging mulyo maqom drajate / Namun mulia kedudukan derajatnya disisi Allah

    Ananging mulyo maqom drajate…

    Lamun palastro ing pungkasane / Ketika ajal telah datang di Akhir
    Ora kesasar roh lan sukmane / Tidak tersesat roh dan sukma(raga)nya
    Den gadang Alloh swargo manggone / Disanjung Allah surga tempatnya
    Utuh mayite ugo ulese / Utuh (lengkap) jasadnya juga kain kafannya

    Utuh mayite ugo ulese…

  136. Alim 22 Februari 2012 / 11:12

    Assalamulaikum Wr Wb.
    semoga keberkahan dan rahmat gusti Allah SWT tercurah untuk kita semua dan keluarga.

    SELALU ADA HIKMAH DIBALIK PERISTIWA………………..
    Manusia Berencana, Allah Swt yang menentukan

    “Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam. (At Takwir:29)

    Jika saya berikhtiar itu semata-mata karena memenuhi perintah Allah. Manusia hanya berusaha, sedangkan Allah yang menentukan akibat dan hasilnya. Dan saya merasa yakin bahwa akibat dan hasil yang dipilihkan Allah bagi saya adalah yang terbaik bagi saya

    Allah berfirman pada akhir surat Al-Kahfii :
    “Janganlah kamu sekali-kali mengatakan, ‘Sesungguhnya saya akan melakukan hal ini besok,’ kecuali dengan mengatakan Insya Allah.” (QS Al-Kahfi :23-24)

    sebuah kalimat yang sederhana namun ada rahasia besar didalamnya yaitu ucapan ” INSYA ALLAH.
    ada rahasia besar apa dibalik kalimat Insya Allah ?

    Perhatikan petikan ayat diatas, di ayat tersebut Allah memerintahkan manusia ketika semua rencana sudah matang dan pasti janganlah mengatakan “Sesungguhnya aku akan mengerjakan besok” tetapi harus diikuti dengan ucapan Insya Allah.

    Sebab ucapan “Sesungguhnya aku akan mengerjakan besok” adalah sebuah ‘ucapan kepastian’, keyakinan diri jika hal itu benar-benar akan dilakukannya,

    Benar, Insya Allah adalah bentuk kepasrahan total yang tidak kita sadari sebagai syarat utama tercapainya sebuah keberhasilan.

    Manusia hanya berencana dan berikhtiar, Allah yang menentukan hasilnya. Manusia terlalu lemah untuk mengucapkan ‘pasti’, karena Allah sebagai sang pemilik alam semesta ini dapat berkehendak lain.

    salam rahayu untuk sedulur KWA dimanapun anda berada
    mohon ma’af apa bila ada salah kata, tidak ada niat lain dibenak saya, kecuali hanya ingin melihat keluarga kwa tetap rukun dan bersatu seperti sedia kala.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  137. thanmust thepos 22 Februari 2012 / 11:23

    @To All : Sedulurku KWA Jakarta.
    Sudahlah,……………
    Semua sudah terjadi.
    Dan itu adalah hak mutlaknya Ki Wong Alus.
    Kita hanya segerombolan orang yang nunut ngiyup ngangsu kaweruh di istananya.
    Kita semua wajib bersyukur, karena ada banyak sesepuh yang waskitho yang Ngerti sakdurunge winarah yang telah meramalkan kejadian yang akan datang, sehingga kita bisa bersiap – siap untuk menghadapinya. ( mudah2an bukan asal ngomong ).

    Dan dengan ini kepada sedulur sedulurku kwa Jakarta khususnya yang tergabung dalam susunan panitia secara pribadi dan secara organisatoris saya mohon maaf yang sebesar besarnya, atas pembatalan acara dimaksud. Namun demikian saya pribadi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada panjenengan semua yang telah mengorbankan waktunya, tenaga, pikiran, dan lain sebagainya untuk lancar dan suksesnya acara yang direncanakan.
    Sekali lagi BRAVO KWA JAKARTA.

    Sedulurku semua, sudah sampai disini saja polemik kita tentang Pembatalan Ultah KWA 3. Mudah2an kita semua bisa mengambil hikmahnya. Dan marilah kita berdo’a bersama memohon kepada Allah SWT, agar Jakarta tidak terjadi apa – apa agar kita tahu bahwa ada orang yang hanya ” OMDO ” untuk membenarkan pendapat orang lain, yang tidak mengetahui persoalan yang sebenarnya.

    @ Belma & PAmukt1 : Salam Damai Ki untuk anda berdua.

    @Ronggo Sentot : Dua jempol untuk panjenengan.

  138. Patramantra 22 Februari 2012 / 11:27

    Masih TETAP Setia Menyimak PANGGUNG PENTAS SENI KEHIDUPAN dalam Judul PERHELATAN AKBAR HUT KWA ke-3…..
    Hayoo….. Siapa mau ikut lihat silakan duduk disini….
    Kalau mau ikut meramaikan suasana PANGGUNG PENTASnya…. Ya Monggo….
    Gak usah bingung akan peran yang mau saudara ambil…
    Jika anda merasa kesal, kecewa, marah, terabaikan…. Silakan saudara tumpahkan disini….
    Jika anda ingin membela dan sependapat dg ki wongalus silakan expresikan disini….
    Ataupun anda mau menjadi penengah juga silakan….
    Saya biar memilih jadi penonton aja oke….

  139. Alim 22 Februari 2012 / 11:36

    MANUSIA HANYA BISA BERENCANA

    Ternyata memang benar adanya klo dalam hidup ini manusia hanya bisa berencana dan tidak berkuasa atas sedikitpun dalam hidup ini. Semuanya adalah kehendah Allah semata. Lunturlah segala kesombongan atas kehebatan dalam diri kita.

    Sebenarnya ketika aku nulis ini teringat kejadian kemarin saat aku makan. Ketika makanan di sendok yang siap aku makan dan hanya berjarak kurang lebih 5 centimeter dari mulutku tiba – tiba terjatuh. Sejenak aku berpikir dan merenung. Aku lihatin makanan yang jatuh itu. Aku berpikir bahwa memang manusia hanya bisa berencana dan Allah yang menentukan segalanya.

    Seperti halnya makanan yang jatuh tak jauh dari mulutku yang mau mengunyahnya, aku sangat yakin bahwa makanan itu harus aku kunyah dan telan sesuai keinginanku! Aku sangat yakin dengan kekuatan lengan dan jari – jariku memegang sendok! Dan aku sangat yakin makanan itu adalah takdirku! Tapi semuanya hancur berantakan! Tak sedikitpun makanan itu terkunyah.

    Belum habis usahaku untuk kembali menikmati makanan itu. Bahkan, makanan yang terjatuh itu sempat aku masukkan kembali ke piring. What a miracle one! makanan itu terjatuh lagi sampai 3 kali! Dan akhirnya aku menyerah untuk memakannya. Hanya niat yang tersisa tanpa bisa merasakan enaknya makanan itu.

    Sungguh Allah sangat berkehendak dalam hidup kita. Kita tidak pernah tahu apakah makanan itu terdapat penyakit dan kotoran yang tidak baik untuk tubuh kita. Kita tidak pernah tahu rencana Allah yang ghoib. Terkadang secara sadar kita sering marah dengan rencana yang berantakan. Terkadang kita sering menyalahkan orang lain terhadap kegagalan yang menimpa kita. Terkadang kita merasa tak berguna dengan kegagalan itu. Tapi sesungguhnya Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui dan Dia adalah Dzat yang Mampu Mengurus Semua Mahluknya. Maha Suci Allah dengan Segala Kekuasaannya.

    Aku jadi teringat salah satu ayat Al-Quran dalam surat Al Fath bahwa ketika kita menemukan kemenangan dalam hidup kita, harus segera disadari bahwa itu adalah kehendak dan karunia Allah. Dan Allah mengajarkan pada kita untuk berkata “fasabbih bihamdi robbika was taghfir” atau Sucikanlah Allah dengan menyeru “Subhanallah” dan bersyukurlah bahwa semua itu adalah karunia dari Allah “Alhamdulillah” dan beristighfarlah dengan mengucap “Astaghfirullah” karena sesungguhnya dalam hati ini ada rasa sombong. Sombong terhadap prestasi kerja, kemenangan dalam setiap usaha, kedudukan dan jabatan, harta benda dan keturunan, dan lainnya tentang cerita dunia yang pasti tak nyata ini.

    Yah, manusia hanya bisa berencana. Memikirkan strategi untuk mencapai kemenangan. Tapi kita seringkali lupa dan sombong bahwa itu semua adalah atas kebesaran dan kehebatan diri kita. Kita tidak pernah berpikir bahwa Allah berkehendak dalam hidup kita. Semoga Allah senantiasa menjaga hidup kita dari kesia-siaan dan kealpaan untuk senantiasa bertasbih memuji kebesarannya, berterima kasih atas segala nikmat dan karunianya, dan akhirnya kita memohon ampun atas segala kesombongan dan kekhilafan atas perilaku kita di dunia.

  140. Jaya Sempurna 22 Februari 2012 / 11:38

    pisang susu dimakan burung…
    ketan ijo kuahnya santen…
    jangan nesu lan pada bingung…
    kalo jodo ya jangan punten…

  141. m@skumambang 22 Februari 2012 / 11:51

    salam damai…tapi masih adakah di indonesia ini..seorang panutan sejati…yg mau mendengarkan RAKYAT JELATA, ORANG KECIL…hanya otoriter belaka…nafsu menang sendiri, KWA JAKARTA RAYA MARI BERSABAR DAN IKHLAS…atas smua in @ KI THAN MUST THEPOS, KI PAMUKTI…KI KANCIL,…KI BELMA DAN SEDULUR KWA…

  142. nawiazky 22 Februari 2012 / 12:43

    @Mbah yai thanmust thepost…. 86….. :)

    alhamdulillah, semua ada hikmahnya….

    Mudah2an prediksi sesepuh tidak terjadi, mari berdoa bersama agar Indonesia umumnya dan Jakarta khususnya di tahun ini aman tentram dan damai, Aamin ya rabb..

  143. hasibuan rakyat jelata 22 Februari 2012 / 13:26

    Assalamualaikum wr wb,

    @MasKumambang : Jangan begitu to mas sebagai rakyat jelata saya jadi gak enak hati nih….

  144. Kancil Sang Pendosa 22 Februari 2012 / 13:47

    @Mbah thanmust thepost : Dan marilah kita berdo’a bersama memohon kepada Allah SWT, agar Jakarta tidak terjadi apa – apa agar kita tahu bahwa ada orang yang hanya ” OMDO ” untuk membenarkan pendapat orang lain, yang tidak mengetahui persoalan yang sebenarnya.

  145. Ronggo Sentot 22 Februari 2012 / 14:05

    Ronggo Sentot omong doang……
    Ga bisa apa2
    Ga tahu apa2
    Kerja juga enggak
    Soktahu aja nih
    Payah benar ya yg mikirkan KWA malah di koment ga karuan.

  146. Jaya Sempurna 22 Februari 2012 / 14:09

    stop…step…stood…stand…stair…star…

  147. Ronggo Sentot 22 Februari 2012 / 14:24

    Padahal koment saya hanya bicara bagaimana jika gerombolan massa kWA dikepung polisi atau FPI, bukan yg lain. Hmm rupanya berat koment di KWA ya. Banyak ga nyambungnya.

  148. Bakul Panganan 22 Februari 2012 / 14:33

    salam karaharjan para sedulur…nuwun sewu…nderek nyimak nggih…kulo tingali sajake wonten masalah menopo nggih…?,kangmas@kancil sang pendosa,permasalahan yg sebenar2nya itu yg seperti apa ya..?mhn maaf ,maklumlah sy ini hanya seorang penjual panganan biar sy jg tdk ikut2an jd “omdo” ya kangmas…,seandainya prediksi trsbt tdk terjadi berarti hanya “omdo”,seandainya prediksi trsbt trjadi berarti apa ya sebutannya..?komodo,si komo,kondom,kondor,oncom lho..kayak makanan aja..he he he he..,ya aku ini seorang penjual panganan keliling ingin tau yg sebenar2nya seperti yg kangmas @kancil sang pendosa,biar wktu keliling smbil menawarkan dagangan sy tdk mrasa was2 di jalan,kangmas kan mengetahui dgn sebenar2nya mengenai masalah trsbt,salam karaharjan utk semua sedulur k.w.a jkt dan jg semua sedulur di k.w.a …,aku mau keliling dulu menawarkan daganganku ya…,jajanan…jajanan…mumpung jajanannya masih hangat…

  149. Ronggo Sentot 22 Februari 2012 / 14:50

    Coba anda bayangkan…maaf
    Kejadian tsunami di Aceh
    Sy yakin jika Alam tidak direstui Allah maka pasti tidak terjadi…
    Jika ada penghargaan masyarakat secara mayoritas terhadap sisi Alam ghaibnya Allah yaitu wali2Allah, seumpama merawat makam dathuk wali Allah dan berziarah bertawasul, insya Allah akan aman damai Alam.
    Jika ada pendekar KWA disana tepat berada di depan tsunami dg ilmu nya. Pasti dia tunjuk gelombang tsunami itu dg baca kulhuallahu ahad ahad ahad ahad sampai tsunami tunduk
    Demikian juga Ki WA membatalkan karena ada vision yg datang atas Haq Allah jua.
    Demikian omong doang saya

  150. 180771 22 Februari 2012 / 14:56

    assalamualaikum
    nderek ngangsu kawruh, semoga manfangat

  151. dina n 22 Februari 2012 / 14:59

    ??????

  152. SI KOMO 22 Februari 2012 / 15:03

    om @bakul panganan…, beli oncomnya ya om…,waah enak nih msh anget…,td om kok manggil aku ya om…, om bilang prediksi2 apaan tuh..?prediksi togel ya om…,ha..ha..ha..ha…,nomernya yg akan keluar nnti mlm menurut prediksinya om..berapa?ha..ha..ha..ha..ha..,coment = omdo, omdo = ….apa ya?? @Ronggo Sentot,yuk…qta prediksi nomer togel aja n jgn di britahukan pd orng lain prediksi qta ya…ntar qta bs di bilang omdo lho..??kalau seandainya keluar yg dpt qta sendiri kalau tdk keluar yg rugi yg qta sndiri kan…daripada omdo sih… ha..ha..ha..ha..ha…salam rahayu utk smuanya

  153. Dewandaru 22 Februari 2012 / 15:11

    he..he..he..he..,mbak@dina ,bingung mau koment ya..?saking bingungnya hanya nulis ?????,ya udah salam kenal dan seduluran ya…,sy jg mau koment tkt keliru ngomongnya…lbh baik nyimak aja deh..salam asah,asih dan asuh tuk sedulur smuanya…

  154. Budak Gemblung 081313027665 22 Februari 2012 / 15:43

    Subhanalloh Kepada semua Para sedulur Wong Alus dan Wong Kasar tidak ada gading yang tak retak Insya Allah Para sedulur yang ada dijakarta Pahala tidak tertukar dan bagus keadaan seperti ini mendidik kita lebih bijak sana bagaimana jadi pemimpin dan bagai mana jadi Kaula Alit kita belajar dari Lebah walapun ga punya akal tapi serasi sering sejalan sari bunga yang diambil hinggap di pohon tidak putus Ah susah nulisa euy ah mangga bae kuma sadulur kabeh ah AMin bae dari Budak gemblung padahal sudah menyediakan dua tasbih Macan Belang he he buat Ultah Jakarta tapi sawios ah simpan lagi aja ketempat pusakanya salam karahayuan dari Budak Gemblung

  155. ASKARAMAT 22 Februari 2012 / 16:07

    Kenapa mesti meributkan masalah ULTAH… ? dari hari kehari sejak pengumuman Wong Alus, selalu tidak habis bahasan tentang ULTAH.. Apakah tidak ada cara lain selain ULTAH untuk memperingati sesuatu sebagai syukuran…

  156. KI ABDULJABBAR 22 Februari 2012 / 16:47

    Hhmm…, setuju dgn tauisyah kangmas Alim dan inilah tausiah yg sebenarnya. Karena itu janganlah percaya dgn manusia, karena dia juga mahkluk Allah, percayalah dengan Allah ta’ala yang menciptakan mahkluk tsb. Pendapat Tsunami, kalau orang Jawa bilang GOTAK-GATUK MANTHUK dihubung-hubungkan suatu peristiwa karena sdh terjadi. Peristiwa Tsunami Aceh bukan krn orang Aceh tidak menghormati makam orang suci, toh yg kena Tsunami bukan hanya Aceh, negara lain seperti Penang Malaysia, Phuket, Thailand juga parah kerusakannya.

    Jika kita mempercayai kepada ramalan, wangsit, mimpi, petunjuk ghaib, dll sebenarnya itu semua justru akan menyesatkan atau bahkan bisa menjadi syirik. Kejadian bencana alam tsb, karena secara iradat dan kodrati mereka melakukan keseimbangan, sebagaimana kita kalau duduk pegel, akan beringsut mencari posisi yg nyaman. Jangan otak kita justru sengaja diracuni oleh sesuatu yg sebenarnya ada dikuasa Allah Rabbal alamin. Kita ini terikat oleh kalimat Laa hawla wala quwata ilabillah dan Insya Allah, kecuali memang kita sdh merasa melebihi dzat Allah ta’ala, maka resiko tanggung Anda sendiri.

    Mengkomentari keputusan Ki WA, Saya pribadi masih belum percaya dengan keputusan Ki WA, krn selama ini saya menilai Ki WA orang yg bijaksana. Sepertinya Ki WA memiliki dua karakter yaitu hitam dan putih. Atau karena banyaknya KHODAM ilmu, sehingga mempengaruhi pola pikirnya, sehingga pangucapnya bijaksana tetapi langkah atau perbuatannya tdk bijaksana. Jadi kalau dipahami oleh orang awam tidak masuk akal. Ya…, inilah dunia klenik, yang rasional bisa menjadi irrasional yang irrasional bisa menjadi rasional.

    Sekali lagi, untuk alasan pembatalan karena akan dikepung oleh POLISI dan FPI adalah suatu hal yg sangat-sangat-sangat dan sangat berlebihan. Sesuatu yg berlebihan kawannya setan. Islam itu RAHMATAN LIL ALAMIN bukan RAHMATAN LIL MUSLIMIN. Lantas ide dari mana ini…? Komentar kangmas Ronggo Sentot ini seperti model ludruk yg sangat lucu. Anda jangan berlindung dgn wangsit-wangsit setan, secara halus Anda sudah mengatakan kalau KWA Jakarta itu seperti penjahat atau pengedar narkotika sehingga perlu dikepung oleh Polisi dan FPI. Otaknya ada dimana? seperti pepatah Jawa; “Sadumuk bathuk sanyari bumi tak belo pati”.

    Mohon maaf, saya suka orangnya tetapi tidak suka pendapatnya.
    Jadi jangan dendam. Karena cacian lebih baik kalau menjadikan kebaikan dari pada pujian justru membawa kesesatan.

    wassalam,

  157. sari 22 Februari 2012 / 17:24

    qobiltu ki…
    minta izin untuk mengamalkannya..matur suwun..

  158. USMAN ALY 22 Februari 2012 / 17:35

    Ki wong alus salam sejahtera….minta ijin mengamalkan amalan makrifat jawa mengenal aku sejati…. qobiltu lillahi ta’ala semuga bermanfaat dunia akhirat alfatihah…

  159. Ki PAmukt1 22 Februari 2012 / 18:44

    Pendapat Ronggo Sentot Terlalu berlebihan Muatan nya ya jadi miring kiri miring kanan, jangan memancing ikan di air yg keruh..

    dah lah …….. nanti nambah ghelooooo……..

  160. Atok Bujang 22 Februari 2012 / 18:54

    Ronggo Sentot Says:
    22 February 2012 at 13:44

    Salam paseduluran mas thepost
    1. Saya pernah komunikasi dg H Husein Alidrus beliau makam di Kramat Luar Batang. Beliau sesepuh keghaiban di Jakarta. Pointnya jika saya ke Jakarta sy akan selalu ingat bahwa penguasanya beliau

    tersenyum membaca goresan sodara ku sentot….

    Ana jua perna i’tikaf di makam aulia HAbib syaikh Al-idrus almaghfurlah … beliau mengatakan kepada ana untuk tetap mendirikan sholat kepada Allahu SWT dan bershalawat kepada Baginda SAW , beliau berpesan tunduk lah kepada Rabbul JALIL Allah SWT….

    sodaraku .. pemilik jakarta secara pysic dan metapysic hanyalah Allahu SWT ..

    semoga koreksi ini meluruskan nama kekasih Allahu SWT yang kami muliakan agar tidak salah persepsi.
    dan semoga kita bisa mengambil hikmah nya..

    waulohualam bishowab

  161. yadimas 22 Februari 2012 / 23:28

    derek langkung lan tetepangan sedoyo kemawon poro sedulur .engkang wonten ngingil sedoyo…

  162. the man 23 Februari 2012 / 07:00

    Datang kedunia untuk apa? pergi dr dunia ini kemana? Datang membawa sesuatu/tujuan , pergi meninggalkan apa yg dimiliki didumia ini.didunia meninggalkan kenangan , diakherat menunggu nasib diadili tanpa hrs berebut setiap jiwa akan mendapatkan hukumannya.

  163. the man 23 Februari 2012 / 07:04

    Datang kedunia untuk apa? pergi dr dunia ini kemana? Datang membawa sesuatu/tujuan , pergi meninggalkan apa yg dimiliki didunia ini.didunia meninggalkan kenangan , diakherat menunggu nasib diadili tanpa hrs berebut setiap jiwa akan mendapatkan hukumannya yg setimpal apa yg diperbuat didunia hanya tinggal penantian saja.

  164. Bengawan.Candhu 23 Februari 2012 / 09:07

    Selamat pagi salam pamuji rahayu segenap poro sesepuh..para aktivis…para pendekar….sohibul bait kiwongalus….
    Nuwun sewu,sbtlnya dr keputusan ki wongalus yg ckp fenomenal ini msh bs kita sikapi dgn beberapa hal…pada dasarnya kami tetap mendukung u/dilaksanakannya acr ini. mgkn ada bbrp alternatif yg bs dipertimbangkan oleh sedulur2 kwa jakarta :
    1)acr msl tdk jd dijakarta krn khawatir ada huru hara atau suatu kondisi yg krg kondusif acr bs dilaihkn ke bogor,bekasi atau banten.
    2)acr tetap dilaksanakan ditempat semula krn ini prediksi pertengahan bulan,toh itu acr di awal bulan.
    3)acr ditunda dipindah bulan sj mjd mei atau juni,sdg hari dan tgl lbh menyesuikn kmbl.

    juga nuwun sewu ki wongalus…dgn pnh cinta dan rasa hormat…dgn segenap kerendahan hati kami,kiranya kami ingin sedikit menyampaikn bhw selain keputusan diatas kiranya panjenengan berkenan memberikan suatu solusi dan masukan yg baru u/penyegaran dan penciptaan iklim yg lbh kondusif,krn aktivitas maupun acr di blog ini mspkn msh mrpkn otoritas dr sohibul bait,tp ini sdh melibatkn orang lain,byk org dan byk tanggung jawab yg sdh terlibat dan msk didalamnya,shg kami berharap kami di “asuh dan asih”nya kami dibimbing kmbl ki. biar kami lbh memahami asuh dan asih dgn tnp meninggalkn sesuatu yg mjd tanda tanya,mskpn kami juga yakin bhw pertimbangan panjenengan tdk bs dipandang sebelah mata. Mhn kami dibantu dan lbh dibantu buat memahami arti komunikasi dua arah dan mskpn blog kwa adlh suatu kumpulan informal tp kiranya bs dipertimbangkan bersama bhw kiranya suatu hal yg sdh DIPUTUSKAN BERSAMA DAN DILAKUKAN BERSAMA….maka bila ada perubahan maka diperlukan kebersamaan kmbl buat MEMUTUSKAN SUATU BENANG MERAH BHKN GUNTING PITA. Kami menyadari ki,bhw mmg ada plus minus dlm diri kita yg perlu dilengkapi oleh satu dgn yg lainnya,itulah yg namanya kebersamaan.

    Juga nuwun sewu,knp kwa yg lain jarang yg ikut koment atau guyub klo mmg perlu disamapaikn akan kami samapaikn klo mmg itu dianggap ganjalan atau pertanyaan,berarti kita flash back ke pra kwa1 kwa1 dan kwa 2 dan setelah kwa 2….sedang mslh yg lain yg berkaitan dgn mslh2 kwa nas 3 knp kita menyampaikn via ki angker ludiarto atau yai deadman atau ke kimas pamukti nnt kita smpkn kmbl klo mmg dianggap perlu buat dibahas khususnya ke kimas nawiasky pada kesempatan berikutnya kami jawab. trmksh.

  165. Ki Ageng JJ 23 Februari 2012 / 09:18

    RAHAYU SEMUANYA
    NDEREK NYIMAK KI ALUS

  166. Atok Bujang 23 Februari 2012 / 10:32

    assalamual;aikum saudaraku Ki ageng Jembar jumantoro

    (senyum)

  167. thanmust thepos 23 Februari 2012 / 11:20

    @Ki Ageng JJ : Rahayu juga Ki Ageng JJ
    @Atok Bujang : Waalaikum salam wr wb, mas Atok.
    Salam Paseduluran

  168. Ki nur jati 23 Februari 2012 / 12:28

    @wongalus tolong acara tetap berjalan sesuai rencana panitia kwa jakarta…semua acara kwa tidak terpengaruh oleh suhu politik manapun,ormas manapun,pilkada dan kerusuhan besar yang kalian dibicarakan pada bulan april akan terjadi kejadian besar itu salah besar dan tidak akan terjadi di jakarta…dan saya yakin di jakarta akan tetap aman dan kondusif seperti keyakinan kami….

  169. Raden Anom Arya Kamuning 23 Februari 2012 / 13:38

    CING AING RAMAL KU SIA !!!
    MUN SIA BEGUG !! AING TUNDUK KA SIA JURIG !!!
    TONG SIEUN DULUR !!!
    NGARANA CAPE GAWE TEU KA PAKE !!!!

    SALAM KWA-ngen JAKARTA ..

  170. Ki Ageng JJ 23 Februari 2012 / 14:06

    @thanmust thepos: salam ber aktifitas ki thanmust thepos

    @Ki nur jati : sugeng rawuh ki Ki nur jati
    poro dulur-dulur senang panjenengan bisa hadir kembali di tengah-tengah kita

  171. Ki Ageng JJ 23 Februari 2012 / 14:07

    @Atok Bujang; wa’alaikum salam, pripun khabarnya KM Atok Bujang?

    posisi di mana skrg?

  172. Jampang Kilat 23 Februari 2012 / 14:29

    Ki Anom AK :
    Hahaha………..

  173. wongalus 23 Februari 2012 / 15:09

    Selamat sore sedulur2..ki bengawan candhu, ki thanmustthepost, ki nurjati, ki ageng jj dll…kalau acara mau dilanjutkan sy nderek saja.. tp mohon maaf barangkali sy hanya menyarankan agar pertimbangan dr para sesepuh yg lain juga perlu didengarkan krn informasi yg kami terima spt itu. Sekaligus kekhawatiran sy ini justeru menghindari hal-hal buruk dan negatif shg kita semua bs selamat. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

  174. wongalus 23 Februari 2012 / 15:21

    Cukup bijaksana bila kita mencegah dan menghindari bahaya daripada menantang bahaya. Apalagi KWA ini tidak ada yg bertanggungjawab. Siapa yg bertanggungjawab bila ada masalah? Terus terang saya akan jadi bumper bila harus berurusan dengan pihak luar dan pihak luar hanya mengenal bahwa kWA ya saya ini. Sebab KWA bukan lembaga atau organisasi. Kita berkumpul di forum yang tidak resmi dimana satu sama lain tidak terikat dalam platform yuridis yang sama sehingga pihak luar pasti akan menunjuk pertanggungjawaban ke saya. Ini adalah soal hati nurani dan mungkin hati nurani saya bisa salah. Namun ijinkan saya menjelaskan kalau pun toh akhirnya nanti sedulur2 berkenan untuk melanjutkan acara silaturahim nas kwa 3 maka kami minta untuk mengubah nama acara serta tidak perlu mencantumkan saya sebagai pelindung, pengarah atau penanggungjawab. Lebih elok kiranya sy diposisikan sebagai anggota atau pengunjung biasa saja. Saya akan mensupport kebutuhan koordinasi dan komunikasi melalui blog KWA ini. Demikian apa yang bisa saya sampaikan dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Semata-mata ini karena kelemahan dan ketidakbijaksanaan saya. Rahayu rahayu rahayu…

  175. Ki nur jati 23 Februari 2012 / 17:49

    Yang bertanggung jawab penuh adalah ketua kwa jakarta beserta jajarannya bukan ki alus semata.sesepuh mana atau sadulur mana yang bisa menjamin akan terjadinya kerusuhan besar di jakarta yang memakan korban,pergejolakan politik juga fpi katakan siapa orang…kalian telah mendahului takdir Alloh…ingat kwa itu bukan ormas pemuda atau ormas politik jg bukan ormas golongan hanya sekumpulan manusia biasa yang mencari jati diri dan disitu tidak ada kepentingan politik apapun taupun golongan.jadi tidak berbenturan dgn hukum dan norma masyarakat.,..apakah kalian tidak mampu lagi mendoakan indonesia jadi indonesia yang makmur dan adil sentosa SEHINGGA KALIAN MENGINGINKAN INDONESIA ITU RUSUH,TIDAK AMAN LAGI BAGI RAKYAT INDONESIA

  176. Atok Bujang 24 Februari 2012 / 01:47

    Senyum

  177. WONG KATRO 24 Februari 2012 / 17:48

    Ass.. knp kalau saya berbuat dosa, tuhan sngt semangat mengazab saya sampai saya tdk berkutik (hdup segan mati tak mau). meski saya sdh kembali ke jalan yg benar tetap diazab. tapi kalau berbuat baik, tdk prnh dpt balasan apa apa, kdng balasan nya keburukan. saya juga kalau berdoa tdk prnh dikabulkan. tuhan enggan mengabulkan nya. saya sering berdoa kira kira 14 thn minta jdoh tp sampai skrng tdk dpt jdoh, nyari jdoh malah semakin sulit.. dan kalau nyari jdoh bnyk hal buruk menimpa saya shg tdk dpt apa apa. mslh rejeki, sama saja.. dulu capek krja tp hasil nya habis tdk jelas. skrng saya malah sdh nganggur hampir 11 thn.

  178. Bambang Tanu Praja 24 Februari 2012 / 18:50

    wah knp kata2 tanggung jwb itu kalau direnungkn sangat besar lo,wah bs diarsip tuh kata2ki nurjati kalau diperlukan berarti kalau ki wongalus tdk mau,berarti ditulis sj penanggung jawab ki nurjati dan bla bla bla…ki wongalus penanggung jwb blog/admin sdg penanggung acr bs ki nurjati atau sesepuh yg bersedia

  179. hasana 24 Februari 2012 / 23:04

    Assalamualaikum wr wb
    Pertama2 saya ucapkan banyak terima kasih kepada wong alus, dari sini saya bisa belajar banyak tentang kehidupan, saya lebih banyak bersyukur setelah menemukan blog wong alus ini…alhamdulillah berbarokah, dan saat ini saya berada di Taiwan, saya sebagai ibu dari teman2 TKI/TKW, kehidupan di Taiwan bisa dikatakan syurga dunia, untuk itu saya ada niat ingin membangun musholla di samping rumah saya, dengan tujuan agar teman2ku bisa beribadah menunaikan sholat tuk bekal akherat… mohon doanya dari semua teman2 yang di KWA, Semoga niatku ini bisa terlaksana…Amin yaa robbal alamin…Jika ada teman kwa yang berada di Taiwan silahkan mampir ke rumahku dengan alamat No 8 che li 1 st, tayuan shiang, taoyuan county
    dan sekalian qobiltu Ki…
    Wassalam damai sedulurku….

  180. pakejati 25 Februari 2012 / 13:32

    Dherek memuji mugi-mugi Ki Wongalus tansah tinuntun ing Pangeran, pinaringan kaelingan, kawaspadan, lestari dados manggalanipun ingkang olah ngelmu minggahipun semu…, rahayu…, saking Sukoharjo

  181. Anton Cakrabirawa 25 Februari 2012 / 18:20

    Mohon ijin pak saya mo share artikel ini ke wall FB saya. Maturnuwun.

  182. UNLUCKYMAN 26 Februari 2012 / 12:35

    IJIN NYIMAK..ABSEN..DAH LAMA GAK ABSEN MAH MBAH SEMAU..

  183. indrabone 26 Februari 2012 / 23:34

    IJIN NYIMAK..ABSEN..DAH CUKUP LAMA GAK ABSEN SAMA SEDULUR SEKALIAN.. setelah menyimak amalan maksrifat jawa mengenal aku sejati. tidak ada salahnya mampir ketetangga sebelah yang membahas pengenalan aku sejati. saya rasa sangat membantu untuk menambah pencerahan para sedulur sekalian. tidak ada maksud apa-apa. hanya ingin berbagi informasi untuk saling menambah wawasan ilmu. berikut treatnya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7878734

  184. Gus Itsna 27 Februari 2012 / 01:57

    Qobiltu Mbah Alus.. salim penuh silaturrahmi dan takdzim kagem sedoyo Bolowongalus..

  185. Rely 29 Februari 2012 / 11:18

    Asslkm wr.wb
    Bismillahirrohmanirrohim.
    Bagi temen2 yg ingin mengamalkan ajaran di KWA, hati2 aja. Disini banyak aliran SESAT! otomatis pengikutnya jg SESAT!!!

    Jgn sampai anda Bersekutu dgn JIN & Syetan, meskipun kita diajarkan membaca dzikir, tp itu merupakan sarana buat memanggil JIN & Syetan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya memberi kita kekuatan. lama kelamaan kita akan semakin asyik berdzikir(baca Meditasi) daripada shalat dan mengingat allah! Dan akhirnya kita terjerumus dalam KEMUSYRIKAN.

    sebelum temen2 mencoba beberapa ajaran di KWA ini, ada artikel yg SANGAT MENARIK! PENGAKUAN PARA PENGANUT ILMU GHAIB

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/pengalaman-administrator-%E2%80%9Cmetafisis-wordpress-com%E2%80%9D-selama-memperdalam-ilmu-tenaga-dalam-ilmu-metafisika/

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/kesaksian-mantan-master-waskita-reiki/

    atau

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/pertobatan-seorang-praktisi-tenaga-dalam-dan-ilmu-ghoib/

  186. MANTAN WAHABI YANG DAH TOBAT 29 Februari 2012 / 11:37

    raly:DASAR KAMPRET…PENGIKUT WAHABI,ORANG INDONESIA BELAJAR ILMU BIAR SAKTI,BIAR TIDAK MUDAH DIREMEHKAN BANGSA LAIN,SOAL KHODAM DAH BIASA NAMANYA SAJA ILMU,KALAU GAK ADA KHODAM YA GAK SAKTI,YANG TOBAT BIAR TOBAT,YANG GAK PAKE ILMU BIAR GAK PAKE ILMU GAK USAH MENGHUJAT ILMU YANG ADA DI KWA,
    SAYA SUDAH PLAJARI DOKTRIN WAHABI UNTUK MELENYAPKAN PENGGUNAAN ILMU KARENA WAHABI-ISRAEL ADALAH TEMAN,MEREKA SANGAT TAKUT BILA ORANG INDONESIA PAKE ILMU,AKHIRNYA PARA WAHABI PUNYA DOKTRIN UNTUK MELENYAPKAN SEMUA KEILMUAN YANG ADA DI INDONESIA
    SOAL RUKYAH SAYA TAU,SEBENARNYA RUKYAH GAK ADA DI ZAMAN NABI,ITU ADALAH SUGESTI ATAU HIPNOTIS ALA WAHABI UNTUK MENGELUARKAN JIN JAHAT,DAN HIPNOTIS BUAT GENDAM MEMPENGARUHI OTAK MANUSIA AGAR MLAKUKAN SERANGAN BOM DENGAN IMING IMING SYURGA
    ORANG BACA AL QUR’AN SAJA DAH BISA KLUARKAN JIN JAHAT DALAM TUBUH KNAPA HARUS PAKE RUKYAH.
    NAH raly KAMPRET ENTE SALAH BLOG…..
    SUDAH JANGAN ADU DOMBA DI BLOG INI
    HAROOOM…HAROOOM…HAROOOOM

  187. topan 29 Februari 2012 / 11:47

    Qobiltu

  188. Wong Faqir 29 Februari 2012 / 20:23

    QOBILTU
    ijin menyimak dan mengamalkan

  189. Kart Karto 1 Maret 2012 / 15:51

    ass….untuk semua pengunjung saya akan berikan sedikit penjelasan mengenai kawruh dalam bahasan ini.tahap oengenalan jati diri ini adalah tahap yang diperlukan bagi setiap orang sebab dengan mengenali jati diri kita maka kita akan mengenal tuhan kita,sehingga orang yang sudah sempurna dalam tahap ini benar-benar mengetahui kekuatannya dan lebih mengerti cara yang efektif untuk menggunakan kekuatannya.semoga bermanfaat bagi semua wassalam………………..

  190. bumi awang awung 1 Maret 2012 / 22:52

    assalamualaikum ki…….
    ijin kopas
    matur sembah nuwun

  191. Miludi Heru Sucahyo 4 Maret 2012 / 17:50

    Ijin mengamalkannya

  192. AIZ 4 Maret 2012 / 23:07

    Banyak orang melupakan syariat, malah lebih mengutamakan hakekat, tarekat & makrifat.

    Pada waktu kita pergi menghadiri pengajian di masjid, berangkat kerja, pergi sekolah atau kuliah dll. Sudah kah kita berpamitan & mengucapkan salam kepada orang tua, istri/suami, anak atau orang yg ada dirumah..?

    Pada waktu diperjalanan ketemu dg orang2 yg ada jalan, di gang kecil, atau sedang duduk2 dipinggir jalan, sudahkah kita mengucapkan salam (uluk salam / saling mendoakan)?

    Syariat itu tidak hanya mendirikan sholat 5 waktu & mengaji Al Qur’an saja tapi semuanya dalam kehidupan. Dalam melakukan sholat tidak hanya sholat wajib saja tapi sholat sunahnya & sholat malam jg dsb. Begitu juga dengan mengaji, bermasyarakat, menuntut ilmu, bekerja dll. Semuanya hanya contoh kecil dalam kehidupan kita.

    Menurut saya, orang yg menjalankan syariat Muhammad SAW dengan benar secara otomatis orang tsb sudah mencapai tingkatan hakikat, tarikat & makrifat.
    Dan Insha Allah kita akan menemukan sufiah kita…

    Sudah sesuai syariat Islam kah hidup kita?

  193. AIZ 4 Maret 2012 / 23:09

    Tak ada satupun agama / keyakinan yang dipahami secara seragam oleh pemeluknya. Ada banyak mazhab dan aliran penafsiran. Patutkah memutlakkan diri sebagai yang paling benar memahami Tuhan?

  194. Rely 7 Maret 2012 / 08:07

    DASAR KAMPRET…PENGIKUT WAHABI,ORANG INDONESIA BELAJAR ILMU BIAR SAKTI,BIAR TIDAK MUDAH DIREMEHKAN BANGSA LAIN,SOAL KHODAM DAH BIASA NAMANYA SAJA ILMU,KALAU GAK ADA KHODAM YA GAK SAKTI,YANG TOBAT BIAR TOBAT,YANG GAK PAKE ILMU BIAR GAK PAKE ILMU GAK USAH MENGHUJAT ILMU YANG ADA DI KWA
    ==> Dari kata2 nya sudah jelas bagaimana ahklaq org ini, mudah berkata Kasar.mudah2an murid KWA yg lain tdk mengikuti ahklaq org ini..

    Khodam itu berasal dr Jin,,yg sakti itu bkn kalian tp Jin yg bersemayam dlm tubuh kalian. kalo mmg kalian sdh merasa hebat knp gak menolong sodara2 kt di palestina dgn memakai ajian pukulan jarak jauh,,atau skalian aja lumpuhkan seluruh antek2 Yahudi pake ilmu yg Hebat itu!

    Nabi aja bertarung Gak pake ilmu2 atw khodam sgala,,bahkan tak jarang tubuh beliau kesakitan dan pernah giginya copot sewaktu perang..ini buktinya Nabi gak Pake ilmu2 khodam..apa kalian masih meragukan kehebatan Nabi Muhammad saw dlm berperang? atw kalian mau bilang pada waktu itu Nabi dan sahabat2nya blm tau ilmu2 beginian!

    Manusia terbaik itu ada dijaman nabi,,klo mereka gak mngajarkan ilmu2 khodam kayak bgini trus knp kt harus repot2 belajar ilmu2 yg gak jelas tuntunannya..

    ORANG BACA AL QUR’AN SAJA DAH BISA KLUARKAN JIN JAHAT DALAM TUBUH KNAPA HARUS PAKE RUKYAH.
    ==> trus gmn dong sodara2 kt yang gak tau baca alquran? mau pk tenaga dalam ente? pk bantuan jin ente?

  195. heri 7 Maret 2012 / 13:17

    ingsun titip masjid lan fakir miskin…

    (sunan gunung jati)

  196. akhmad fatikh 10 Maret 2012 / 10:19

    pnten ndrek ngamalke,nywun ikhlase,,,

  197. supranadi 12 Maret 2012 / 22:24

    rahayu rahayu rahayu..jiwa yg bersifat ghoib,akan selalu ingin pulang ke pangkuanya.perdayakan lah nuur sejating nuur.perdayakan lah jiwa” yg tenang’untk kebaikn.dn yg utama sebaik” perbuatan.adalah perbuatan yg timbul dari jiwa kita.

  198. ari 13 Maret 2012 / 20:42

    Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

  199. Ki_lelet 14 Maret 2012 / 03:45

    Qobiltu ki ijin mengamalkany

  200. feerysuwarno 23 Maret 2012 / 09:13

    ass ..saya mengucapkan terima kasih ..saya mohon izin mengamalkan semoga semua mendapatkan rahmat dari gusti Allah amin matur nuwn.wass wwb

  201. mahardhika 2 April 2012 / 04:42

    assalamualaikum…..tenteng ajaran mariFat….dan sejatinya utusan ….jika bekenan sudara KWA …kami jama,ah kecil…kan menjelaskan lebih lanjut…..dan kami harap saudra KWA yang di muliakan allah berkenan memperhatikan hal ini…karena kami ingi sekaili mempebaiki dunia denga ajaran islam sejati…..jka bekenan silahkan hubungi kami di no….085741283535 kami ada di jepara , jawa tengah….alasan kami bekeinginan menjabrakan hal ini karena kami mlht rusaknya iman umat manusia….termaksh..wasssalam….

  202. mbah uyut 25 April 2012 / 01:00

    Ass Wr.WBikut nimbrung..seneng banget rasanya sama-sama share mencari yang satu…. kalau kwa acara dilanjutkan..mantaaappp amaaannnnn…. amiin

  203. budi herlan felani 26 April 2012 / 17:28

    ass,aki mohon ijin mengamalkan amalan ini,terimakasih untuk peng ijasah,wasalam

  204. sir 8 Mei 2012 / 20:32

    qobiltu ki…

  205. de_alone 3 Juli 2012 / 23:59

    absen…

  206. putrabantarangin 17 Juli 2012 / 13:38

    Ass.wr.wb.

    @Ki Alus
    Qobiltu

    @mahardhika
    minta maaf bila saran ini salah.
    Agar semua boloKWA bisa memperbaiki dunia dengan ajaran islam (paling tidak lingkungan keluarganya) alangkah bijaksananya bila Sdr Mahardika mau menjabarkan keilmuan saudara di kampus ini supaya boloKWA mengetahui ajaran yang saudara sampaikan dan tidak perlu repot-2 menghubungi nomor hp sdr. belum lagi bila nomor sedang on khan tidak semua bisa call hp sdr.
    tks
    wasssalam……..

  207. anto9 14 Oktober 2012 / 13:43

    ijin ngamalin sewaktu waktu

  208. suwito 27 Oktober 2012 / 01:27

    assalamu alaikum..
    saya blum/bukan anggota kwa tapi saya minta ijin untuk copy paste + minta ijin untuk mengamalkanya suatu saat nanti insya alloh…
    semoga manfaat utk dunia akhhirat.. amin..

    untuk ki alus
    alfatekhah sent..
    salam persaudaraan

  209. belajar wordpresss wahyudi 3 November 2012 / 13:38

    assalamu’alaikum…
    salam kepada ki wong Alus dan teman2 smuanya.
    izin nyimak dan mengamalkan.
    wassalam.

  210. rosulnikotine 18 November 2012 / 02:31

    bolehkah aq menjalaninya

  211. Sapt@yoh@na pencari ilmgod 28 November 2012 / 08:51

    Qobiltu..mohon ijin badhe ngamalke kaleh nyuwun pangestunipun ki

  212. Helmi Dominick Firdauzi 30 Desember 2012 / 16:29

    qobiltu, nyuwun restu kulo dateng pemilik amalan dateng inggil puniko damel ngamalaken.Bismillahirrohmanirrohim.

  213. andi 2 Maret 2013 / 06:11

    qobiltu jazakullah

  214. Kiki 3 Maret 2013 / 13:52

    Qobiltu izin mengamalkan ki

  215. Kiki 3 Maret 2013 / 15:20

    Qobiltu mhon izin mengamalkan ki

  216. Kiki 3 Maret 2013 / 15:25

    Qobiltu mho izin mengamalkan ki

  217. dlanang jaya 19 Maret 2013 / 22:07

    Nyuwun ijin derek ngamalaken ki alus
    mugi barokah amin.

  218. charles john kijan 24 Maret 2013 / 22:53

    Qobiltu…Ki…

  219. ahmad 2 April 2013 / 23:00

    mohon izin mengamalkannya ki

  220. ahmad 2 April 2013 / 23:06

    mohon izin mengamalkannya ki terimakasih

  221. Bambang iswahyudi 21 Juni 2013 / 22:38

    Qobiltu

  222. adji jaya 6 Juli 2013 / 20:11

    nderek sinau

  223. wong bingung 8 Agustus 2013 / 22:10

    qobiltu ki ijin mengamalkan

  224. jangkrik 21 Agustus 2013 / 14:39

    salam paseduluran…

  225. sahbudin 19 Desember 2013 / 17:21

    ENERGI HAQ NUSANTARA Potensi Ruhani/ Penembusan/Tembus Pandang
    (amalan ini dijual dan diklankan oleh pijar bangsa dimajalah misteri yang sangat bombastis/sangat memikat dan sangat dilebih lebihkan, harga amalan 95 juta rupiah)
    HATI HATI PENIPUAN OLEH PIJAR BANGSA PENIPU BINTARA BEKASI DAN BABUSSALAM PENIPU BINTARA BEKASI

    1BASMALLAH
    Bismillahir rahmanir rahim
    2. ISTIGHFAR
    Asthaghfirullaahal azhiim
    3. SYAHADAT
    Asyahadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah
    4. SHOLAWAT
    Allaahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi washahbihi wa sallam
    5. HAUQOLAH
    Bismillaahi alhamdulillaahi tawakkaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illa billah
    6. SURAT AL FATIHAH
    7. Allahu yaa lathiif – Yaa Kafii, Allahu Yaa Latiif – Yaa safii
    Allahu laa ilaha ilallah
    Dzikir Lisan
    Laa ilaah ilallah 165 x
    8. Dzikir Nafi Isbat
    – Illahi anta maqshuudi wa ridhoka mathlubi
    – Tarik Nafas dan tahan diperut
    Laa ilaah ilallah 1 X s/d 21X
    Muhammad Rosulullah
    – Illahi anta maqshuudi wa ridhoka mathlubi
    – Buang Nafas
    9. allaahummaj’alna fii quluubinaa nuura, wa fii sam’inaa nuuraa, wa fii basharinnaa nuura, wa ‘an yamininaa nuura, wa’an syimaalinaa nuura, wa min khalfinaa nuura, wa min amaaminaa nuura, wa min ‘ashabinaa nuura, wa fii daaminaa nuura, wa fii lahminaa nuura, wa fii sya’rinaa nuura,wa fii lisaninaa nuura, wa fii aidiyanaa nuura, wa fii rijlaininaa nuura, waj’alil basharinaa nuura birahmatika yaa arhamar-raahimiin, Allaahumma nawwir quluubana bi zikri Laa Ilaaha ilallah.wa aksif asraarinaa bi dzikrii Allah – Allah, wa asrah arwaahinaa bi dzikri Hu Allah – Hu Allah.Allaahumma nawwir quluubana bi nuuri hidayatika kamaa nawartal ardha bi nuuri syamsika abadan abada. Allaahumma thahir quluubana ‘anisy-syirki wal kuffari wan-nifaaqi biramatika ya arhamar raahimin
    10. Ilaahi Robbi zidni ilman. Ilaahi robbi Zidni Fiika Tokhoyyuron
    11. Allahumma ‘idfa’nal bala’ wal waba’ wa qoidal khasirina wal khasidra waz-zholimiina
    12. DOA SAPU JAGAD
    Rabbanaa aatina fid-dunia hasanah wafil aakhirati hasanah wa qinaa azaaban naar
    13. SHOLAWAT PENUTUP
    Wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam
    14. SYUKUR (HAMDALAH)
    Wal hadulillaahir rabbil ‘aalamiin.
    silahkan diamalkan bagi yang mau tidak mau mengamalkan tidak menjadi masalah, ini gratis kalau beli di babussalam bintara bekasi harga diatas 95 juta rupiah

    HATI HATI PENIPUAN OLEH PIJAR BANGSA PENIPU BINTARA BEKASI DAN BABUSSALAM PENIPU BINTARA BEKASI

  226. Fajar 21 Januari 2014 / 02:50

    Ternyata benar sama yg di ajarkan IBU & AYAH. islam yg paling tinggi (MA’RIFAT).
    1. Syari’at
    2. Torekot
    3. Hakekat
    4. Ma’rifat

  227. sikincool 6 Februari 2014 / 21:26

    qobiltu mohon ijin mengamalkan ki wongalus dan ki sahbudin semoga bermanfaat dunia akhirat
    aamiin aamiin aamiin yarobbal’alaamiin

  228. aditya rohman 31 Mei 2014 / 10:26

    qobiltu…
    mohon ijin untuk mengamalkan.,.

  229. satriaasmara212 31 Mei 2014 / 13:11

    sbh renungan…..
    lampahing budipekerti ingkang welas asih supados anggenipun ngabekti kanthi patuh sagedto setya saenggo raos tresno mring liyan lan alam saged dados budi pekerti kito kanthi lampah ingkang jujur lilolegowo lan tansah eling mring gusti ingkang akaryo jagad dadosaken kito wicaksono adil pamarta…rahayu..he he he

  230. Anarif 15 Desember 2014 / 13:13

    SELAWAT DAN SALAM. KEMUNGKINAN BENAR PENDAPAT SDRA SEKELIAN. ALANGKAH BENAR NYA PENDAPAT DARI KETERANGAN PENJELASAN DARI NABI MUHAMMAD SAW., SUMBER INTISARI ILMU MAKRIFAT, ATAS KESEJADIAN HIDUP SEBELUM YG ADA DI ALAM SEMESTA INI. TERMASUK DIRI KITA PUN BELUM ADA. YG ADA HANYA AKU SEJATI, YG TLH NABI SABDA KAN DDLM HADIS QUDSI.WASSALATU WASSALAAMU’ALA ASHRAFIL ANBIYAII WAL MURSALIN RAHMATAN LIL ALAMIN SAIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WASAHBIHI AJMAIN.

  231. Anarif 15 Desember 2014 / 13:35

    CONTOH YG TERBAIK ADALAH NABI MUHAMMAD SAW. SESUAI DGN NAMA ARABNYA MUHAMMAD, ALIH BAHASA ARTINYA TERPUJI. OLEH ITU KITA UMAT MUHAMMAD HARUS BERSIKAP TERPUJI,MANUSIA HARUS BERPERI KEMANUSIAN. SUPAYA DPT MEMAHAMI YG APA TLH NABI SABDA KAN DDLM HADIS QUDSI “AL INSANUU SIRRIHI WA ANA SIRRUHU “

  232. anarif 20 Desember 2014 / 10:16

    UMMAT MUHAMMAD(PENGIKUT YG TERPUJI) HARUS BERENERGI CAHAYA YG TERPUJI (NUR MUHAMMAD) ADALAH DARI NUR ALLAH (CAHAYA DZAT YG MAHASUCI).,MENGATASI SEGALA ENERGY DI ALAM SEMESTA INI. AMIEN YA RABBAL ALAMIEN.WASSALATU WASSALAAM A’LA ASHRAFIL ANBIYA’II WALMURSALIN RAHMATAN LIL ALAMIN SAIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WASAHBIHI AJMAIN. BAGINDA NABI

  233. anarif 20 Desember 2014 / 10:29

    BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW ADALAH CONTOH YG TERBAIK BUAT KITA SEMUA. MELALUI BAGINDA NABI LAH, KITA MENGENALI MAKRIFATULLAH YG SEBENARNYA.SEMOGA KITA DI LINDUNGI DGN KEAMPUNANNYA DARI KEMURKAANNYA SERTA DI BERI KITA KEKUATAN UTK BERTINDAK SESUAI DGN KEHENDAKNYA.AMIEN,WASSALATU WASSALAM.

  234. anarif 20 Desember 2014 / 10:43

    AKU SEJATI BERSIFAT TERPUJI, TERBEBAS DARI EGOIS SERTA HASAD DENGKI.

  235. Usep Solihin 10 Maret 2015 / 07:31

    Hehe…na nya tateh…meni harareded kitu eta elmu eunggg…

  236. Abdul Manap 8 Juli 2015 / 00:22

    ASSALAMU’ALAIKUM…

    IJIN MENGAMALKAN KI,, MATUR NUWUN

  237. Azhar Always 23 November 2015 / 12:45

    ASSALAMU’ALIKUM,,
    IJIN MENGAMALKAN KI… HATUR NUHUN.

  238. KIBRAYUT 4535 8 Januari 2016 / 15:11

    ASSALAMU’ALAIKUM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s