SPIRITUAL ODYSSEY DI MATA SAYA: SEBUAH KESAKSIAN


Oleh: Ki Juru Suling

Assalamualaikum, wr wb. Begitulah, sahaya yang hina dan hanya juru suling ini dihubungi oleh sedulur tua, Ki Wong Alus. Intinya meminta sahaya untuk membantu Pelatihan Spiritual yang akan diselenggarakannya. Membantu, katanya. Dan bagi sahaya kata “membantu” ini melahirkan multi tafsir yang lumayan bobotnya. Apalah arti seorang juru suling dalam pelatihan dengan tema, yang menurut sahaya, sangat misterius ini. Ditambah lagi kehidupan spiritual sahaya yang compang-camping dari muda “akibat pergaulan bebas” dengan filsafat-filsafat barat. Dan Ki Wong Alus sudah tahu itu tetapi masih juga mengajak yang akhirnya sahaya menyanggupi untuk membantu. Apalagi sahaya sudah kenal lama dengan Wong Alus, sejak persamaan nasib sebagai anak debu jalanan yang membuat kami berdua harus mengaduk-aduk jalanan demi eksistensi.

17 Februari 2012, pukul 17.30 wib, akhirnya dengan modal celana hitam, baju hitam untuk Ngaben dan Destar hitam sahaya ikut dalam rombongan peserta pelatihan ini. Bersama sahaya juga turut membantu sedulur Mas Nazuddin dan Mbah Sarip. Bus akhirnya meluncur meninggalkan Balai Diklat Sidoarjo setelah beberapa penjelasan dari Wong Alus dan jeprat-jepret para peserta dengan spanduk. Kursi penumpang yang 54 orang itu dikepras separoh, membuat bagian belakang bus lebih longgar dan lega. Bagian itu digelari tikar untuk istirahat dan diskusi. Waktu berangkat dibagian belakang duduk bersila Ki Wong Alus, Mas Tajudin, Mbah Sarip dan sahaya sendiri. Tak lama kemudian sedulur Ariyanto dari Bekasi bergabung dengan kami. Percakapan tambah gayeng. Hanya sayang tidak ada singkong rebus dan kopi tubruk.

Adzan Maghrib terdengar dan bus kami masih bergeleng-geleng di jalanan Mojokerto. Arloji menunjukkan 18.30 ketika bus berhenti disebuah mini market untuk peserta belanja.

Akhirnya bus memasuki gerbang menuju situs Trowulan untuk menuju Candi Tikus. Sayangnya kami tidak bisa menjemput sedulur Henry dari Magelang yang dari sore sudah berada di Pendopo Agung. Akhirnya sedulur itu menyusul kami dengan ojek. Mohon maaf sedulur Henry.

 Menyerap Energi Purba Batu Candi Tikus

Candi Tikus dalam selimut kelam. Bias lampu jalan yang merkuri itu belum mampu membuat rongga-rongga menembus aura misterius Candi Tikus. Situs ini adalah sebuah kolam pemandian dalam komplek kraton Majapahit yang baru diketemukan tahun 1914 kala Mojokerto diserang wabah pes. Tikus-tikus itu bersarang disebuah gundukan tanah, dan ketika dibongkar menyembulkan bata yang tertata sebagai candi.

Pukul 18.45 para peserta memasuki area candi yang kedalamanya kurang lebih 2 meter dari permukaan tanah. Sunyi saja perjalanan ini, hanya bisik satu dua peserta yang terdengar. Karena ini adalah perjalanan spiritual purba bukan bertujuan untuk melancong. Beberapa peserta membawa senter, panitia sendiri menggunakan 5 batang lilin yang ditaruh dalam 5 biji kendil (baskom kecil dari tanah liat). Kendil-kendil itu juga yang menerangi peserta yang melakukan meditasi menyerap energi batu candi ditingkahi denting kuningan dan suling yang sayup-sayup. Selanjutnya ditempat yang sama (kolam kecil dengan makara Mahameru) peserta melakukan meditasi gerak Amertha yang bertujuan mengeksplorasi gerak sejati manusia.

Acara di Candi Tikus selesai. Beberapa peserta mengambil momentum dengan saling foto.

Pendopo Agung Trowulan

Bus  meluncur menuju Pendopo Agung Trowulan yang dulunya adalah kraton Majapahit. Dihalaman pendopo Beberapa anak muda setempat yang sedang kongkow sambil menggeber motornya. Mereka sedikit terkejut melihat kami yang turun dari bus. Dan anak-anak itu bubar.

Pukul 19.45, Pendopo Agung Trowulan tampak temaram. Berhelai-helai kabut mengerubuti lampu-lampunya. Pintu gerbang berbentuk Candi Bentar menyambut kami dan dibaliknya tertancap sebuah payung emas susun tiga yang menaungi sosok tinggi besar hitam membawa gada diatas batu. Sosok itu hanya kelihatan siluetnya. Sedulur Bumi Awang-awung dari Bojonegoro tiba-tiba berseru “Sosok ini..sosok ini yang tadi saya lihat di Candi Tikus, beliau siapa, mas?” sambil memandang sosok tersebut. Setelah diberitahu bahwa itu adalah patung Raden Wijaya Pendiri Majapahit, sedulur dari Bojonegoro itu mangut-mangut tanpa melepas pandang dari patung tersebut.

Para peserta melakukan sholat yang dilanjutkan makan malam digelaran tikar dalam Pendopo Agung Trowulan. Panitia menyiapkan peralatan untuk acara materi dan prolog. Setelah persiapan itu selesai sahaya dan Mbah Sarip berjalan ke belakang Pendopo Agung Trowulan, dimana terdapat Batu Gajah (Tiang pengikat kekang gajah), makam penduduk sekitar dan petilasan tempat Raden Wijaya bertapa serta pengucapan Sumpah Amukti Palapa oleh Mahapatih Gajahmada. Kami kembali ke Pendopo Agung setelah melihat kondisi sekitar dan Mbah Sarip melakukan meditasi singkat di petilasan tersebut.

Acara telah dimulai, aroma dupa membumbung berayun-ayun, sahaya mendapat kehormatan memberikan prolog tentang hubungan pelatihan dengan situs-situs kerajaan tua serta beberapa fragmen singkat sejarah Majapahit. Materi inti dimulai. Ki Wong Alus menjabarkan tentang pengertian energi, pemusatan energi, pembangkitan energi sampai dengan hubungan energi dengan cipta, rasa dan karsa. Acara diakhiri dengan dengan meditasi gerak Amertha diiringi suara Sujiwo Tejo dan Kidung Rumekso Ing Wengi. Selanjutnya Ki Wong Alus berbicara tentang hakekat doa, jenis doa, dan bagaimana sikap agar doa diterima. Dalam sesi ini peserta menuliskan harapan-harapannya masing-masing yang dibacakan dan dibahas oleh Ki Wong Alus diakhir acara. Malam menunjukkan pukul 23.15 wib.

 Aura Magis Di Petilasan Raden Wijaya dan Gajah Mada

Acara di Pendopo Agung Trowulan usai. Peserta berjalan ke belakang menuju petilasan. Setelah melewati gerbang belakang pendopo kami disergap suasana yang sunyi. Udara malam sangat mengigit. Jalan paving itu hanya diterangi sebuah lampu neon berjarak 50 langkah. Untuk sampai dipetilasan itu kami melalui Batu Gajah yang berdekatan dengan gerbang makam penduduk sekitar. Ya, petilasan itu terletak di tengah makam umum. Terkepung oleh puluhan batu nisan yang menyembul diantara remang-remang lampu. Jarak petilasan dengan gerbang makam hanya 30 langkah. Aura magis langsung menyeruak.

Petilasan itu sendiri berupa bangunan utama yang pintunya terkunci, pendopo kecil , pintu gerbang  dan taman kecil. Aroma dupa yang dibakar pengunjung sebelum kami masih mengambang di udara. Beberapa peserta mengheningkan cipta dengan sikap berdiri mengapurancang. Sedulur dari Kediri, Ibu Dessy melakukan meditasi diam bersila di depan pintu petilasan. Ki Wong Alus berdiri agak jauh disebelahnya.

Suara binatang malam bersahutan. Sesekali angin semilir mengusap-usap. Jam menunjukkan 23.40 wib, peserta mulai meninggalkan petilasan menuju bus ke. Tambak Segaran.

Kabut Berpusar Di Tambak Segaran

Kami tiba di Tambak Segaran, sebuah situs tua berbentuk kolam bujur sangkar dengan batu bata kuno yang berfungsi sebagai lantai sekaligus plengsengan (dinding penguat). Pada jam segini terlihat belasan pemancing di areal kolam. Bandul fosfor mereka memantulkan cahaya di air. Dari beberapa ponsel mereka terdengar musik house remix. Sama dengan anak-anak muda di Pendopo Agung, mereka juga terkejut melihat rombongan kami, gerombolan anak-anak tua yang membawa kendil dan dupa.

Acara pun dimulai. Kendil dikumpulkan disatu tempat bersama dengan bunga dan dupa. Peserta tenggelam dalam meditasi setelah Wong Alus mendentingkan kuningan. Mereka bersila menghadap kolam. Tidak ada musik. Sesekali angin menderu di telinga. Satu dua kecipak ikan dalam air. Bayangan lampu jalan terpantul dari air kolam. Dan peserta makin terhisap dalam sunyi. Beberapa saat satu-persatu peserta melempar segengam bunga pada kolam. Wong Alus melengkingan suara kuningan, tanda bagi peserta untuk mengakhiri meditasi.

Semua peserta membuka mata. Semua mata menyaksikan sebuah garis hitam diair yang melingkar + 5 meter didepan peserta. Kabut diatas kolam juga membentuk pusaran serupa. Fenomena itu kami nikmati beberapa lama hingga Wong Alus mengajak rombongan untuk menziarahi makam Putri Campa dan Prabu Brawijaya V yang letaknya tak jauh dari makam. Namun fenomena itu membuat sedulur Bumi Awang-awung enggan bangkit dari meditasi sampai Wong Alus membangunkannya.

 Kelebat Bayangan Di Makam Putri Campa

Kami memasuki gapura yang mengandung arsitektur China. Dibaliknya terdapat meja penjaga dengan buku tamu diatasnya. Namun waktu kami tidak ada penjaga duduk disana. Dibelakang meja terdapat bangunan musollah yang juga berfungsi sebagai pesanggrahan, tampak beberapa peziarah menginap disana. Disebelah bangunan itu terdapat toilet untuk umum. Kedua bangunan tersebut dinaungi pohon beringin besar.

Untuk sampai ke makam kami memasuki sebuah lorong sempit berlantai paving dan memasuki gerbang kedua. Dibalik gerbang ini terdapat sebuah kumpulan makam tua dengan beberapa nisan ditutupi kain mori. Memasuki gerbang ketiga baru kami sampai pada makam Putri Campa dan Prabu Brawijaya V yang bernaung dibawah joglo. Makam kedua tokoh itu berjejer dan nisannya tertutup kain putih. Diareal itu tampak seorang peziarah laki-laki.

Kami duduk bersimpuh mengelilingi makam yang penuh tumpukan bunga itu. Aroma bunga membumbung diudara. Beberapa peserta meditasi sambil menyentuh dinding makam. Sebagian peserta berdoa, sebagian lagi menekur mengheningkan cipta. Sementara Ki Wong Alus meditasi berdiri mengapurancang di ujung makam.

Arloji menunjuk angka 00.45. cahaya remang-remang makam dan suara binatang malam melebur menjadi teaterikal sunyi. Tidak ada suara dari peserta. Suasana makin terhisap dalam keheningan. Total. Juga ketika satu persatu peserta meninggalkan makam. Tidak ada suara selain langkah kaki yang melangkah hati-hati.

Beberapa sedulur menundukkan kepala berpamitan pada penghuni makam dan menyusul teman-teman yang lain. Tinggallah sahaya dengan sedulur kita Pak Tansya. Ah..rupanya sedulur kita ini minta diabadikan momen ini. Sedulur ini bersimpuh di sisi makam dan sahaya potret dengan handycamnya. Namun karena suasana yang kurang cahaya akibatnya sesi pemotretan itu kami ulangi beberapa kali.

Kami berdua keluar makam dan mendapati Ki Wong Alus berdiri Mendampingi beberapa orang bermeditasi dan menyentuh sebuah makam. Dan pak Tansya berlari kecil kearah mereka, kembali memimnta momen itu diabadikan. Yaa..ya..ya..sedulur dari Buton ini sangat bersemangat dalam segala hal. Bahkan menurut saya hanya sedikit peristiwa dalam hidup yang mampu membuat beliau sedih. Semoga tuhan selalu memberkatinya sedulur yang selalu ceria itu.

Kami keluar melalui gerbang kedua, menyusuri lorong dan menjumpai Andri Kurniawan (pemilik travel yang kami gunakan) bercengkrama dengan juru kunci makam ini, seorang ibu separoh baya yang terkantuk-kantuk. Satu dua orang peserta menuju toilet. Ki Wong Alus berdiri berbicara dengan sedulur dari Kebumen dibawah pohon beringin tua. Bumi Awang-Awung berkali-kali menoleh, merasa melihat kelebat bayangan yang berlari diantara pohon dan sela-sela nisan. Pak Jaffar, Sedulur dari Lampung berkata bahwa tubuhnya merasa berat,” seperti ada mahluk yang mau ikut” katanya. Dan masalah ini diselesaikan oleh Ki Wong Alus. Bumi Majapahit, 18 Pebruari 2012, pukul 01.15 dini hari. (BERSAMBUNG).

@@@

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA, =SPIRITUAL ODYSSEY= | 96 Komentar

Navigasi pos

96 thoughts on “SPIRITUAL ODYSSEY DI MATA SAYA: SEBUAH KESAKSIAN

  1. Patramantra

    Pertamax

  2. awi

    assalamu’alaikum..sedulur sedoyo
    ijin nyimak

  3. MAKARENA

    NAH YANG INI BARU MANTAP TENAN……… SIPPP….

  4. MAKARENA

    AKU NOMOR 3 DAN 4 AKU BORONG…..

  5. MAKARENA

    INI BARU KAMPUS WONG ALUS, SELAIN BELAJAR METAFISIKA JUGA MEMBUDAYAKAN WARISAN BUDAYA … WAH KAPAN AKU INGIN IKUT…. BOLEH GA KI WONG ALUS ??? NANTI BERITAHU JADWALNYA YA ???

    NO 5

  6. Dermayu

    2

  7. caem(bocah manut)

    duh aq dpt yg ke enam
    asyik ikut acara spiritual odyssey jd nambah ilmu, nambah wawasan dan nambah sodara, wah saya ngintil ki WA terus biar dpt ijazahan
    trima kasih ki WA sudi membimbing saya dan ki suling, mbah sarip,ki bogel,dan semua tim, salam dari jember

  8. Dewandaru

    Yo wis aku ikut aja nomer ke berapa yg penting absen malam…

  9. all~sholawat~liker

    salam
    Ki WA+Tim
    Ki Tukang Suling
    all sspuh
    all sdlr

    Mantap…
    Ikut nyimk…

    saLam

  10. maspri ( cah mbumen)

    saya hanya bisa ucapkan selamat kepada para sedulur yang telah mengikuti acara spiritual oddyssey tgl 17,18 pebruari 2012, semoga menjadi manfaat bagi sedulur semuanya, wah nyesel juga akhirnya nggak bisa ikut acaranya,padahal jauh jauh hari dah boking kursi, tapi pas hari H nya nggak dapat ijin dari anak+istri, yo weslah kebriben maning

  11. MEMEK BASAH MERAH JAMBU

    SAYA INGIN IKUT, MOHON JDWALNYA BARUNYA.. TRIMAKSIH

  12. ronggo sentot

    Mantaps

  13. Ahmad bocah shaleh amin

    Assalamu’alaikum bade nyimak…

    Ingin mengikuti kegiatan yg ada di KWA.

    Ximak saja dulu…

  14. Intel KWA

    @ Makarena @ Memek basah merah jambu ….
    anda adalah imam husain .. anda terlalu pandai menyusup dan memakai nikname puluhan kali … sudahlah jangan berbuat begitu saudaraku …..

  15. Intel KWA

    Ahmad bocah shaleh amin ….. sudah jangan diterusin ya .. nak …

  16. bocah kalem

    aduh ga dapat pertamax,10 besar ga dapat,kalo 100 ikut tapi ga da diskon.
    Maaf ki wong alus brcnda dikit biar ga tegang,soalnya ku tegang bgt bcanya
    ijin masuk

  17. Ahmad bocah shaleh amin

    @intel KWA.. Salam rahayu,salam persaudara’an.

    Nggeh mboten nopo nopo pancen tiang belajar niku pasti enten ewohe…

    Semoga niat saya di beri kemudahan oleh allah amin..

    Dan semoga para sesepuh lan sedulor mengerti niat saya yg pasti di mudahkan oleh allah..

    Amin..

    Matur nuwon…

  18. Ronggo Sentot

    Bang intel..
    Minta otorisasi ki WA untuk anda men jd admin blog
    Supaya bisa cekal semua penyusup
    Tapi kalo ndak ada penyusup ya ndak rame dagelannya
    Ya terserah sj deh $mau diapakan penyusup itu
    Masing masing diri menuai tingkahnya kok bang..
    Hanya bisa menghela napas

  19. @ Peziarahan yang mengasikkan.
    Semoga Hyang widi memberi ” Rasa” yang lebih kepada para
    sedulur semua.
    @ Pada Ulang Tahun KWA ke -4 tahun depan, saya usulkan
    lakukan peziarahan seperti ini. Mulai dari petilasan Prabu
    Jayabaya dan Pajimatan Prabu Jayabaya di Kediri, , sambil
    Baksos, Terus ke Penataran, ,terus ke Singosari dan
    puncaknya di Trowulan.
    Tahun berikutnya, dari Alas Purwo, Alas selatan Ngawi
    (maaf lupa namanya), gunung lawu , tutup di Demak.
    Nuwun

  20. Intel KWA

    ahmad bocah sholeh amin … maaf salah ketik slm persaudaraan salam persaudaraan xixixix sy terlalu terburu .. buru ..
    mbah ronggo … monggo kopine ….

  21. Intel KWA

    awalnya mereke masuk baik2 akhirnya meporak porandakan kampus xixixixi

  22. Ronggo Sentot

    Nggih monggo ngopi riyen
    Dunia bisa digenggam jika akhirat berpihak ke kita
    Istilah kalsel
    Nandur pari,suket melu
    Nandur suket, jo ngimpi panen pari

    Halah opo to iki mbah artine?

    Yo mbuh
    Malah dagelan

  23. Ronggo Sentot

    Bang intel bisa minta tolong FB sy ke scam virus
    Nda bisa diakses.
    Selalu ketika sy coba akses lewat segala macam cara selalu diubah dr ip yg jelas bukan domisili saya yaitu kalsel.. Gimana yo bang?
    Nuwun

  24. Ki Samber Gledek

    Hadir malam menjelang pagi.,
    Wah mantaf ki,yg ga ikut nyesel nich ye.!!he5x
    Salam rahayu sedoyo.

  25. @ Sugeng ndalu Ki Wong Alus
    @ Selamat malam untuk Sedulur KWA

    Kebetulan baru sampai rumah, dan ada SMS, katanya Ki Wong Alus membatalkan HUT KWA di Jakarta. Tak pikir ngapusi, eee
    jebul tenanan.
    Jadi pertama saya mengucapkan terimakasih atas keputusan Wong Alus yang bijaksana, karena alasan situasi yang oleh
    Ki wong Alus dianggap tidak kondosif.
    Kedua, saya mohon kepada semua panitia jangan kecewa, dan tetaplah berbesar hati, keputusan ini kita anggap yang terbaik.
    Ketiga, saya mengajak KWA jakarta untuk tetap merayakan HUT KWA ke -3, untuk lingkup Jakarta.
    Karena yang dibatalkan dan dilarang adalah HUT nasional KWA yang diadakan di Jakarta.
    Jadi Korwil Jakarta, masih bebas untuk untuk merayakan HUT KWA,
    tidak usah besar-besar yang penting spektakuler.dan Akbar.
    Mau ngundang siapapun juga bebas.
    Sementara ini dulu, mari kita bulatkan tekad dan satukan hati demi kejayaan KWA.
    Nuwun

  26. abdul ghofur

    assallamuallaikum,wrb…absen malam…

  27. abdul ghofur

    assallamuallaikum,wrb….selamat malam sedulur semua,…

  28. kilat mega

    bukan dibatalkan tapi ditunda sampai keadaan aman dan kondusif

  29. Ronggo Sentot

    Salam mbah mbah semua
    Yg telah mencapai tingkat manunggaling moksa menuso marang gusti
    Apa yg terjadi hanya bisa diyakini dengan hati
    Apalagi mati
    Matinya menungso hanya istilah hilang nafsu
    Sedang dalam proses berilmu di KWA adalah dimaksudkan mengilangkan semua belenggu yg menghadang, jd jika dalam perjalan sekiranya ada belenggu yg akan sebabkan banyaknya mudharat daripada manfaat maka lebih baik hindari karena masih banyak fans KWA yg belum pada tingkat demikian, sangat disayangkan jika terjadi sesuatu hal seumpama Ultah KWA di kepung polisi karena ga ada payung legalitas organisasi, diserang FPI karena anggapan manusia yg sangat senang menhujat.
    Maka dikhawatirkaan akan banyak korban, iya kalo anggota KWA yg jadi korban ini tahu akan arti berilmu. Lha kalo masih banyak yg awam terus jadi korban. Apa ga repot nanti mbah Alus menanggujawabi. Jelas panitia jg akan di interogasi satu2 di ciduk intel polisi, bukan @ intel kwa lo ya, kan repot. Jujur walaupun sudah level tinggi, mbah alus siap semua plus nyawa taruhannya. Bayangkan saja. Membuat blog ini saja kalo ndak punya backup dr alam ghaib, ga akan mungkin sampai bertahan detik ini. Ini di dunia maya…lha kalok di dunia nyata.. Kumpulan di monas aja di gruduk polisi. Lha apalgi kumpulan orang2 sakti.
    Jadi yg sudah tau akan Tuhannya. Sudah jadi. Dia tidak akan pernah mati. Dengan Ilmu maka akan dapat berinteraksi. Seperti manusia berinteraksi di intenet. Jadi yg sudah siap2 moksa nda pernah takut akan kematian karena hakikatnya tidak mati tapi pindah ke alam kelangenggan. Nah yg dikhawatirkan mbah Alus ini adalah Fans yg nanti jadi korban. Apa siap mereka menghadapi semua kejadian. Karena disini tidak ada guru tidak ada murid. Nah siapa yg bertanggung jawab kalo kumpul di acara KWA lalu ada rusuh????????????

  30. salam…

  31. Roso Apik

    Semangat Pagi…
    Salam Buat Ki Wong Alus, Pinisepuh dan semua sedulur di KWA

    Mencermati adanya kemungkinan kejadian yang besar di Bulan April yg ditulis di Blog Ini, klo memang para Pinisepuh melihatnya kemungkinan besar akan terjadi, Mohon kepada kami yang masih awam ini diberikan cara untuk melindungi pribadi, keluarga dan harta benda kami supaya kami selamat dalam melewatinya….

    Ijinkan saya berbagi sedikit pengalaman
    Pada tahun 1998 sebelum kejadian kerusuhan nasional, saya sedang ikut “ngaji nguping” didaerah Pusaka Negara, Cirebon….
    beberapa bulan sebelum kejadian kerusuhan, Sang Kyai berujar akan ada kejadian besar di Jakarta dan kami diminta bersiap-siap, lalu beliau berpesan kepada kami:
    1. Diatas pintu rumah bagian depan digantung janur Kuning,
    minimal selembar dan bendera merah putih, kecil, hal ini juga
    dilakukan untuk di kendaraan baik motor maupun mobil
    kalaupun yg naik kendaraan umum gantungkan diTas, pd
    saat itu kami tidak banyak bertanya toh maksudnya untuk
    keselamatan bg kami
    2. kami diminta supaya tidur diatas jam 24, kalaupun tidak kuat
    sendiri diminta merapat ke temen2 yg lainnya khususnya yg
    sdh senior
    3. kami diminta memperbanyak membaca tawasulan, beberapa
    Hijib dan Asmaul Husna serta doa
    4. Setiap detik diminta berdoa dan Dzikir tertentu.
    Pesan Sang Kyai pd wkt itu kami lakukan terus sampai kami membuktikan kejadiannya.
    Pengalaman pribadi dan temen2 satu tempat “pengajian dan pengkajian diri” sebelum dan pd saat kejadian kerusuhan:
    1. Pernah pada suatu saat dlm perjalanan pulang dr Pusaka
    negara, salah satu senior, geleng2 dan bergumam “warga
    gunung srindil sdh turun menuju Jakarta” saya tanya apa
    maksudnya Mas?, lalu dia bilang klo kamu mau lihat,
    pejamkan mata, pasrah dan Berdoa, ketika mata saya
    terpejam, senior saya membasuh mata saya. Kemudian saya
    diminta melihat ke jalan…. Subhanalloh, saya melihat banyak
    orang2 yg naik motor dan berjalan kaki, badannya manusia
    tapi mukanya bermacam2, ada yg bermuka buaya, babi, ular
    dll. Langsung saya minta sama senior saya untuk ditutup
    kembali.
    2. Pada saat kerusuhan, saya terjebak dikerumunan masa yg
    menuju pertokoan, saya melihat muka2 mereka beringas
    seperti bukan manusia, tp anehnya mereka seperti tdk
    melihat saya, apalagi ketika mereka melihat ke arah janur
    kuning dan bendera merah putih yg saya gantung di tas saya
    mereka memberi saya jalan,.. Subhanalloh…..
    3. Banyak dari temen2 saya yg mempunyai cerita mirip dengan
    saya, pada intinya, Kami dan kelurga kami serta harta benda
    kami Selamat dari kerusuhan di tahun 1998.
    Saya dan temen2 bisa Selamat, sama sekali bukan krn kami punya Ilmu, krn saya tidak belajar Ilmu apapun, Menurut saya, Kami selamat krn Sarana dan doa yg kami jalankan dengan Tuntunan Sang Kyai.
    Mengingat pengalaman saya dulu, Mohon kepada Ki Wong Alus atau pinisepuh lainnya, untuk memberikan Sarana dan Ikhtiar yg saya dan sedulur semua yg ada di KWA bisa lakukan untuk menghadapi Kejadian besar yg mungkin terjadi di Bulan April.

    Mohon maaf kepada Ki Wong Alus, Pinisepuh dan semua sedulur di KWA apabila tulisan saya ini ada yg tidak berkenan…

    Nuwun….

  32. adi mamelsix

    salam rahayu mas ronggo sentot, saya setuju mas dengan pemikiran mas.
    tapi saya perihatin juga dengan kwa jakarta yg udah meluangkan waktu,materi bahkan canda tawadengan anak istri demi hut nasional kwa ini.
    tuk abang2 kwa jakarta sabar ya bang mungkin ni semua ada hikma ya, terkadang apa yg kita bayangkan gak sesuai dengan keyataanya bang.
    memang terkadang lebih bagus jadi orang mengerti dari pada orang pintar. megerti perasaan ki wong alus mengerti juga perasaan kwa jakarta. kalo udah mengerti kan timbul perasaan saling harga menghargai satu ma yang laen nya. maga2 aja jgn gara2 ni ada perpecahan. soal ya kwa ni lah tempat canda tawa ,serius dan bersahabat tampa mengenal si kaya si miskin si pintar ,si bodoh, si suku apa si agama apa dan si si yg laen nya. karna kita di kwa ni saudara dan kita di sini saling belajar . salam sedulur tuk semua nya 🙂

  33. @ Roso Apik :
    Pengalaman yang mantap mas roso, dengan berbagi cerita di atas, saya jadi ingat juga pengalaman di tahun 1998 sewaktu saya masih di di SuMber- cirebon. Insyaallah untuk di tahun ini tepatnya di bulan april, insyaallah segala sesuatu berjalan baik, dalam artian mari kita menjaga diri dengan doa agar dari bulan kebulan tahun ke tahun negeri ini tentram dan damai.

    Terimakasih sudah berbagi..

  34. m@skumambang

    mantapz…kisabdo …usulnya sipp…insyallaoh saya daftar no 1..monggo lanjut

  35. izin nyimaxxx..
    sambil nggelarin samak,,

  36. Roso Apik

    @ Mas Askaramat, salam kenal dari saya..
    Amin…Mas..mudah2an Bumi Nusantara ini tetap Rahayu..
    Pengalamannya tolong di babar..Mas Askaramat, spy kita bisa berbagi dan menjadi orang yg lebih waspada…

    terima kasih ats komennya…Nuwun…

  37. wong lamo

    aslmkmwrwb..
    alhamdulillah..masih nyimax………….

  38. wong lamo

    aamiiiin…………..

  39. Kyo

    Asalamu’alaikum wr.wb…ki wong alus,ki juru suling…pengalaman mantaf dlm berziarah semoga dpt terus eksis pd acara2 berikutnya…wasalam..

  40. clara

    Saya ibu Clara, domisili di Canada, saya perlu bantuan Ki wong alus untuk keperluan pribadi, bolehkah saya meminta alamat serta no, telefonnya? terimakasih.

  41. MBAH ARIFYANTO

    ikut nyimak…sambil rehat kerja

  42. MALAIKAT IZROIL

    NIH ACARA YANG BIKIN ACARA ULTAH KWA BATAL,MEMANG WILDAN ITU ORANGNYA HALUS CARI DUIT DENGAN CARA HALUS,DI BELA BELAIN GAK KERJA BUAT MENYIAPKAN ACARA ULTAH MALAH MEMENTINGKAN CARI DUIT SENDIRI LEWAT ACARA SPRITUALNYA..DASAR PAYAH SAMA KEPALA SUKU YANG SATU INI…

  43. thanmust thepos

    @Ronggo Sentot : Dua jempol buat saudara. Cuma saya perlu tanya, Apakah sampeyan tau apa yang sudah dilakukan oleh Panitia ?
    Jangan bicara tentang payung hukum, kalau sampeyan belum tau apa yang telah dilakukan oleh panitia, untuk mengantisipasi yang berhubungan dengan hukum formal.
    Saya jadi bingung sendiri, seakan akan sampeyan lebih TAHU dari panitia apa – apa yang telah dilakukannya.
    Dan saya sudah mengajak kepada temen temen KWA Jakarta untuk menghentikan polemik tentang ultah kwa, lah sampeyan malah komentar tentang itu dan seakan akan lebih tahu dari panitia sendiri.
    Salam Paseduluran

  44. Al-Fakir

    @all : Jikalau iblis ingin memasuki nuranin yang kokoh tak bisa,maka jalan satu2nya masuk adalah melalui Ego masing2,dan miss komunikasi antar saudara di pergunakan sebagai media hingga menimbulkan su’udzon bagi masing2nya..setiap penyakit pasti ada obatnya,dan setiap khilaf pasti ada maaf..Tunjukan kalau kita itu keluarga..berpecah mempermudah kita menjadi kufur atas nikmat yang Allah SWT beri…

    Maafkan jika ada kata2 yang salah..

    saya hanya terlalu mencintai perdamaian dan persaudaraan sesama pendekar kemanusiaan ini..

    Al-fatihah send To all

    Peace

  45. KI EMPU DEWANDJANI

    senyum

  46. Tampaknya ada dikit keramaian , tapi yg pasti suatu acara diselenggarakan pasti dikit byk udah ada antisipasinya jika ada kerusuhan, ya itu semua tergantung dr sudut pandang masing2.^_^

  47. @ Mas Roso Apik dan Semua keluarga KWA :

    Salam kenal juga mas, dan juga buat seluruh rekan di KWA.
    mengenai pengalaman saya, berawal dari jogjakarta ketika itu saya bersama 2 sahabat saya mau berkunjung ke rumah kerabat di jakarta karena ada hajatan, tapi sebelum ke jakarta kami mampir dulu kesalah satu kediaman rekan kami di daerah SUMBER – Cirebon, dan sekaligus mau bersiarah ke makam keramat megu. kejadian itu terjadi pada tanggal 10 mei 1998.

    untuk informasi makam keramat megu adalah sebuah makam yang di keramatkan yang berada di desa megu plered kabupaten cirebon. makam keramat megu adalah seorang tokoh penyebar agama islam di wilayah cirebon tentang keberadan makamkan tersebut, berada di tengah tengah sebuah masjid… biasanya tiap hari minggunya tempat ini selalu ramai…di kunjungi para pejiarah dari berbagai daerah. makam keramat megu dari kota cirebon hanya 20 menit dengan rute kota cirebon -kedawung perempatan lampu merah plered belok kiri menuju arah sumber..kemudian di desa megu ambil arah kiri, hanya beberapa ratus meter dari jalan utama kabupaten cirebon.

    Setelah berziarah, kamipun melanjutkan perjalanan dengan rute cirebon-sumedang- jakarta, ketika mobil yang dikendarai teman memasuki cadas pangeran tiba-tiba ban mobil sebelah kiri pecah, untung tidak terjadi apa2, kemudian mobilpun dibawa menepi kepinggir jalan..

    Beberapa saat kami mulai mengganti ban yang gembos tersebus dengan ban cadangan, akhirnya selesai juga, kemudian beberapa saat ketika kami akan memasuki mobil tiba2 saya dan teman mendengar ada suara yang memanggil kami, masih ingat jelas seseorang itu dengan berpakaian putih dan dengan rambut yang disanggulnya ke atas, beliau meminta kami agar berbalik arah dan tidak melanjutkan perjalanan..

    sungguh kami dibuat tidak mengerti, dan seorang teman menanyakan alasannya, sang pria tua itu tidak menjawab beliau terus berjalan jauh jauh hingga menghilang dari pandangan kami..

    seorang rekan saya tetap ngotot melanjutkan perjalanan, mobil pun dia starter, tetapi aneh nya mesin tidak hidup, dan itu berulang kali kami lakukan tetap mobil tidak hidup, akhirnya saya pun meniatkan diri untuk menghidupkan mesin mobil agar kami berbalik arah… dan aneh mobil menyala dan lansung saya arahkan kembali ke arah cirebon dan dalam perjalanan berbalik arah kami melihat banyak orang orang bergelimbangan di pinggir jalan penuh luka berdarah, semua bangunan yang kami lihat penuh asap, dan api yang membakar, padahal disekeliling perjalanan kami hanya ada hutan dan semak belukar.. subhanallah ….

    kamipun sampai di kota cirebon kembali, atas mufakat kami bersama kami pun terus melanjutkan perjalan kembali jogkarta… sesampai di jokja 2 hari kemudian kami membaca berita telah terjadi kerusuhan yang banyak mengorbankan nyawa dan harta benda…

    semoga tidak ada lagi kerusuhan, kehancuran di bumi ini…

    salam damai nusantara
    salam rahayu..

  48. Petaka Genit

    assalamualaikum
    Menyimak…
    Dan mencoba ikut merasakan,,,??
    Merinding…

  49. Sandi Jagat Alif Al Makkyi

    untuk ronggo sentot : kopi darat yukkkkk…..
    atau kita jumpa di alam astral””???

  50. Jampang Kilat

    salam damai semua nya.

  51. ~selamat acara nya telah berjalan lancar~

  52. ainur rofiq

    Assalamu’alaikum wr wb
    Terima kasih untuk semua panitia pelatihan spiritual, stlh ikut pelatihan sy semakin tahu jatidiri dan bgmn mcr solusinya.
    salam buat sedulur kwa semua
    Wassalamu’alaikum wr wb

  53. Jampang Kilat

    Waahh…ada yang pake nickname saya tuh..?? Siapa saudara..??

  54. Ronggo Sentot

    Salam paseduluran mas thepost
    1. Saya pernah komunikasi dg H Husein Alidrus beliau makam di Kramat Luar Batang. Beliau sesepuh keghaiban di Jakarta. Pointnya jika saya ke Jakarta sy akan selalu ingat bahwa penguasanya beliau
    2.Ada komunikasi sy dg mbah alus itu sendiri yg mngkn sedikit frekuensi tapi bisa nyambung di hati.
    3.Secara koment tetap akan panas jika yg menghujat tidak meminta maaf kepada mbah Alus
    4.Dalam konteks Ultah adalah acara yg urgensitasnya bisa di tunda atau batal jika ada aral melintang
    5.Memang di kalsel sy pun dapat memantau keaadaan Jawa karena ada petunjuk
    6.Jika memang tidak suka sama Habib Wildan maka saya sudah umumkan buka lapak hujatan. Silahkan start dr skarang
    7.Pengabdian panitia pengorbanan dan profesionaltas saya sudah akui di koment.
    8.Dan sy mengutarakan pendapat yg ada di hati saya. Tidak ada niat tujuan lain selain saling ingat mengingatkan disamping sy jg silaturahmi kenal dgn semuanya di KWA apapun bendera dan af alnya
    9.Saya mau tanya dong. Di jaksel ada nggak kenal dgn nama sesepuh namanya ki Sukmo.usia 60 sd 70an. Beliau ahli keghaiban. Sy cuman murid yg dipesani guru karena amanat itu sy berani berkoment untuk mengetahui keberadaan beliau. Semua resiko koment sy tanggungjawab.
    Sedang KWA adalah kumpulan makrifat tuhannya dan berilmu tinggi yg mau mengapresiasikan ilmu ditengah masyarakat. Sy yakin semua akan maklum dgn tingkah masing2diri karena semua harus memandang sama.
    Istilah guru dan murid hanya berlangsung ketika proses berilmu. Jika proses organisasi atau perkumpulan maka siapa menanggungjawabi siapa?
    Semua hanya dengan bertawasul dan membentengi diri dg kesempurnaan bisa mengayomi masyarakat. Seperti kisah kesaksian diatas. jika situasi 98 hanya sedikit kita bisa memikirkan keselamatan sesama, karena yang ada adalah Tuhan dan Hamba, pasti yg utama adalah diri dan keluarga maka mari kita saling ingatkan dalam keluarga KWA ini. Pendekar Kemanusiaan juga ada batasnya yaitu tidak bisa menunda kematian manusia jika memang sudah takdir manusia itu disyahkan Allah. Maka kita masing masing tahu dimana Allah. Jd cara menyelamatkan masyarakat adalah dgn cara mengajarkan ingat diri,makrifat diri, imam diri,imam keluarga,dan Imam masyarakat. Bukan dengan ber Ulang Tahun KWA. Salam paseduluran.

  55. wong lamo

    alhamdulillah…masih menyimak..
    @mas ronggo sentot : aamiiin….?
    all……salam persaudaraan

  56. Saya sependapat dgn Mas Al-Fakir, sebenarnya kita ini sudah disusupi oleh setan melalui EGO kita masing-masing, dan melalui UZUB kesombongan, seperti kita ini yg menguasai KEGHAIBAN, sehingga saling menonjolkan diri bisa ini-bisa itu. Bahkan kita sudah tidak malu lagi memuji orang lain yg menguasai keghaiban. Lantas Allah ta’ala diposisikan dimana?

    Mengenai pembatalan acara KWA ke 3 di Jakarta itu sdh tidak perlu diperpanjang, toh itu ide Ki Wong Alus sendiri yg menetapkan di Jakarta dan Ki Wong Alus sendiri pula yang membatalkan, urusan selesai. Jadi tidak perlu dihubung-hubungkan dengan peristiwa seperti Mei 1998. Biasanya hanya iblis yg suka mencuri-curi berita dari langit, karena Allah sdh berfirman di dalam surat An Nahl 74 yg artinya :”Maka janganlah kamu mengadakan penyerupaan (sekutu-sekutu) bagi Allah. Sesungguhnya Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”.

    Mohon maaf saya memang bukan orang sakti, yg bisa WERUH SAKDURUNGE WINARAH, saya hanya orang biasa yg selalu melihat sisi positif setiap orang. Lebih baik menerima cacian dan hinaan yg dapat membuat lebih baik, daripada pujian justru membawa kesesatan.

    Jadi kalau kita menceritakan, kita bisa ini-bisa itu apalagi tentang hal ghaib, sesungguhnya kita sdh mengadakan sekutu-sekutu dgn yg ghaib tsb, dan itu adalah perbuatan syirik. Astaghfirullah…
    Mohon maaf jika kurang berkenan, harapan saya marilah kita kembali kepada tujuan blog ini, yaitu saling asah, saling asih dan saling asuh, merekat silaturahmi.

  57. Roso Apik

    @ Mas Askaramat, terima kasih mau berbagi pengalaman yg luar
    biasa itu, Insyallah sy akn ambil manfaatnya..klo ada
    pengalaman yg lain, di share jg ya Mas…
    @ Mas Roggo Sentot, salam kenal dari saya..
    sptnya Mas Ronggo jg banyak pengalaman spiritualnya, Tolong
    Mas, berbagi pengalaman juga supaya, orng2 yg msh belajar di
    Blog ini seperti saya bisa mengambil hikmahnya dan sbg
    tambahan bukti, bahwa Para leluhur yg sdh sempurna tetap
    msh peduli kepada Bumi Nusantara ini
    @ keluarga Besar KWA, salam kenal dari saya..
    Saya memperhatikan akhr2 ini setiap ada tulisan baru kenapa
    Qta terpancing ke tema yg itu2 lg..dan komen2nya tdk sesuai
    dg isi tulisan dr penulisnya, padahal para sesepuh sendiri
    sdh tdk mempermasalahkannya.
    daripada berpolemik, lebih baik para sedulur semua, berbagi
    cerita tentang pengalaman spiritualnya, sehingga orng2 yg msh
    belajar di Blog ini seperti saya, bisa menambah wawasan,
    pemahaman dan kedewasaan nurani.
    spt misalnya di hal ini ada disebut bbrp tempat bersejarah
    dan berenergi tersendiri, klo ada sedulur2 yg mempunyai
    pengalaman di tmpt2 tsb atau di tempat2 lain, tolong berbagi di
    Blog ini, sy akn sangat berterima kasih dan mngkn jg sedulur2
    yg lain
    @ Ki Alus,dg sgl kerendahan hati, sy mengusulkan
    di Blog ini dibagi bbrp Menu at: Berbagi Ilmu, Filsafat
    Nusantara, yg berisi tentang pengkajian peninggalan benda2
    bersejarah dan karya2 sastra dari para leluhur dan
    Pengalaman Spiritual yg berisi pengalaman spiritual dr
    warga KWA baik yg dialami sendiri maupun mendengar dari
    orang lain shg orng2 yg mash belajar ttg Budaya, Peninggalan
    leluhur di tanah Nusantara yg tercinta ini, falsafah kehidupan,
    yg mampir ke Blog ini, bisa mengambil manfaatnya dan saya
    yakin Warga KWA akan semakin Guyub.

    Mohon Maaf klo tulisan saya dianggap lancang.
    salam Peseduluran untuk semua warga KWA, Nuwun…..

  58. Semua yg terjadi di alam semesta ini sdh kodrat dan iradat Allah ta’ala, termasuk pembatalan acara KWA-3 oleh Ki Wong Alus. Bagi orang yg tidak bisa menerima hal itu artinya tidak beriman. Sebagaimana Allah ta’ala telah berfirman melalui Al baqarah ayat 286 yg artinya:” Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yg diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yg dikerjakannya. Dari makna ini sdh jelas tidak perlu kita manusia menghakimi dengan judment atau comment-comment yg justru akan merusak amalan kita.

    wassalam,

  59. @ Roso Apik :
    Insyaallah mas Roso, senang berbagi dengan anda, bagi saya berbagi penglaman itu indah, mungkin dengan adanya berbagi pengalaman diantara kita bisa menjadi iktibar bagi kita semua, tentang segala sesuatu tanpa memandang waktu dan tempat.

    dan saya pribadi menulis pengalaman di atas bertujuan semata2 karena Wong Alus memprediksikan akan terjadi hal2 negatif di bulan april.. semoga saja negeri ini aman tentram dan damai…

    salam rahayu mas roso

  60. Ki Dewa Bessi

    Nimak dan nyimak slalu.!

  61. Ki Dewa Bessi

    Nyiimak dan nyimak slalu.!

  62. Al-Fakir

    Segala sesuatu hal yang mengetahui hanyalah Allah SWT,apa yang terjadi sedetik kedepan pun takan ada makhluknya yang mengetahui,termasuk apa mengapa dan bagaimana suatu hal tersebut terjadi..sesungguhnya perbuatan keji jika kita berusaha mendahului kehendaknya..

    “Ya Allah ya Rabb,Aku malu dan teramat sangat malu jikalau menggunakan semua yang kau pinjamkan justru untuk membuatku jadi kufur lalu melupakanmu,hingga diriku di peralat syaiton untuk mendustai semua nikmat yang kau beri…Ya Allah,angkat semua yang kau miliki jika diriku merasa lebih hebat dari saudara2ku yang lain..Ya Allah,Ya Rabb Aku mohon tunjukan bagaimana diriku seharusnya berbuat menurut kehendakmu,tunjukan yang benar itu benar dan yang bathil itu bathil..Aku tidak ingin melukai Jasad atau Ruhani siapapun..Tangan yang Dzholim,hati yang dengki,Kaki yang kufur,serta otak yang hubud dunia ini milikmu..maka berilah kami kesempatan untuk memperbaiki diri,mencuci segala noda dengki di hati kami dengan kalamullah..”

    Jangan perkeruh lagi..

    keilmuan mudah di dapat,tapi apakah bermanfaat jika di buat untuk saling menghujat…jika membuat kita justru kufuri nikmat..memisahkan persaudaraan yang terjalin erat,membuat kita bagai samudra lupa darat..

    Maafkan saya,
    Saya hanya terlalu dan teramat sangat mencintai Persaudaraan ini..

    Peace

    al-Fatihah send to all

  63. Ki Dewa Bessi

    Ane setuju dgn keputusan ki Alus dan Salut jg kpd KWA Jakarta sekitarnya,
    Dgn bgn kt semua hrs mawas diri dan harus saling mendukung satu sama lain,agar supaya tetap terjalin slalu perseduluran.
    Ultah hanya sebuah perayaan sekedar mengingat dan mengenang saja,salam salam penyejuk jiwa.

  64. Ki Dewa Bessi

    Gelomban cinta dalam dekapan.asmara hati kian membara…
    Biarkanlah ultah dalam harapan,marilah kita tetap gembira.!!
    Salam penyejuk jiwa.

  65. Atok Bujang

    senyum menyimak

  66. Atok Bujang

    Ronggo Sentot Says:
    22 February 2012 at 13:44

    Salam paseduluran mas thepost
    1. Saya pernah komunikasi dg H Husein Alidrus beliau makam di Kramat Luar Batang. Beliau sesepuh keghaiban di Jakarta. Pointnya jika saya ke Jakarta sy akan selalu ingat bahwa penguasanya beliau

    tersenyum membaca goresan sodara ku sentot….

    Ana jua perna i’tikaf di makam aulia HAbib syaikh Al-idrus almaghfurlah … beliau mengatakan kepada ana untuk tetap mendirikan sholat kepada Allahu SWT dan bershalawat kepada Baginda SAW , beliau berpesan tunduk lah kepada Rabbul JALIL Allah SWT….

    sodaraku .. pemilik jakarta secara pysic dan metapysic hanyalah Allahu SWT ..

    semoga koreksi ini meluruskan nama kekasih Allahu SWT yang kami muliakan agar tidak salah persepsi.
    dan semoga kita bisa mengambil hikmah nya..

    waulohualam bishowab

  67. Ronggo Sentot

    Salam paseduluran mas atok.
    Tingkatan penguasa wilayah maka ada jenjang Wali Allah.
    Wali Disultoni Aulia qutubin rabani wal ghaust dst dst sampai dg wali abdal dst dst
    Jika ada wali Allah
    Allahnya anda tahu kan?
    Mari ajarkan ke saya mengenai hal tsb
    Trims

  68. yaye'

    nderek nyimak

  69. assalamu’alaikum…semuanya
    mbok ya ojo padu, semua bener
    spt mbah abduljabar bilang yg terbiasa melihat sisi baik/positipnya
    kita jg hrs bs dan mau berusaha melihat sisi yg baik itu.
    eman2 tenaga yg sdh terkumpul sedemikian rupa dipake utk ber-negatip-ria

    mohon maaf bila banyak omong dan salah omong

    barokallah buat semua yg hadir di atas maupun di bawah

  70. cholilkeren

    ANGGOTA PANITIA ULTAH KWA KE 3 DI JAKARTA YANG MARAH_MARAH, KECEWA,SAKIT HATI, DENGAN KEPUTUSAN PEMBATALAN ACARA TERSEBUT OLEH KI WONG ALUS, ADALAH MEREKA-MEREKA YANG TERGANGGU KEPENTINGANNYA ATAS KEPUTUSAN TERSEBUT.
    heeeeeemmmmmmmmmm? dah terbayang di dalam otak mereka kalau festival tersebut jadi dilaksanakan, dengan berbekal proposal acara tersebut bakal bisa mencicipi gurihnya uang iklan dari sponsor..
    kecian deh lo?
    hayo sekarang gantian marahnya kesaya aja deh,
    he…he….he….he….he….

  71. Ki Samber Gledek

    Tetap hadir di pagi ini walaupun udaranya skrg amat dingin.!he5x
    Ronggo Sentot
    Salam selamat pagi mbah.!!

  72. MBAH ARIFYANTO

    ASSALAMU ALAIKUM,GOOD MORNING…..
    clingak clinguk gak ada orang,ke masjid dulu ahhh….
    suara adzan shubuh telah memanggil untuk menunaikan ibadah sholat shubuh berjama’ah…..let’s go Brangkaaat….

  73. Ronggo Sentot, membaca tulisan Anda sungguh saya sangat menyayangkan karena sudut pandang Anda sdh menyimpang tentang Islam. Anda seharusnya merenungkan apa yg sdh Mas Al-Fakir dan Mas Atok Bujang tuliskan. Anda lebih banyak menyerap ilmu dari orang lain secara harafiah bukan mencari hakekat. Secara spiritual memang Allah ta’ala sdh memberikan tingkatan, ada jenjang wali Allah seperti yg Anda tuliskan, tetapi mereka bukan sebagai penguasa wilayah tsb. Lantas Allah ta’ala itu Anda posisikan dimana?

  74. Poro Sedulur Semua,

    Monggo satukan hati manembah marang Gusti.
    Batoro Guru , sang Raja Dewa saja pernah salah apalagi kita.
    Sebagai orang tua, kalau anak punya niat ya di dukung saja.
    Sambil jalan memberi gambaran untung ruginya, gampang sulitnya.
    Misalnya anak mau bikin “Planggrok” di puncak pohon cemara, ya kita dukung. Kita belikan bambu, kita belikan tali. Setelah dicoba sulit, kita sarankan planggroknya di pindah dipohon nangka saja yang banyak cabangnya dan kuat, tidak diterpa angin. Anak setuju akhirnya jadi planggrok yang bagus.
    Mari anak jangan ditakut-takuti, dan terlalu dibatasi, jangan sampai kreativitasnya terhenti.
    Mau apa orang kkita jadi kuli semua dan orang lain jadi Bos?
    Jadi kalau ada yang mengadakan acara ini-itu ya dukung saja, sambil di prenahke.
    Selamat Sukses, Nuwun.

  75. @Sabdo Sejati: MONGGO TETAP SEMANGAT KI Sabdo Sejati

  76. sugeng njang dulur…………

    buat temen temen peserta spritual odissey kemarin, monggo saling ngabari…. hehehehehe

    nuwun. ijin nyimak……….

  77. wong lamo

    mantaaaaaaaaaaaf………….

  78. @cholilkeren : kwalik mas, irimu kebablasan

  79. Atok Bujang

    salam rahayu kang mas thepost

  80. Atok Bujang

    @Sodara ku Sentot

    (senyum)

    salam kekerabatan

  81. Atok Bujang

    ‘ALLAAHUMMA AS ALUKA FI’LAL KHAIRATI WATARAL MUNKARAATI WAHUBBUL MASAA­KIINI WA IDZA ARADTA BI’IBAADIKA FITNATAN FAQBIDLNII ILAIKA GHAIRA MAFTUNIN”

    Wahai Allah, saya mohon kepadaMu perbuatan yang baik, meninggalkan kemungkaran, dan cinta pada orang-orang miskin. Apabila Engkau menghendaki fitnah pada hambaMu maka matikanlah saya olehMu tanpa-terfitnah”.

    amiin

  82. @sedulur – sedulur KWA Jakarta : santai aja kita hentikan polemik, gak usah ditanggapi. Kita bukan siapa – siapa. Kita tunggu aja kata – kata orang hebat mudah- mudahan tidak terjadi. Dan yakinlah itu tidak akan terjadi.

  83. @Atok Bujang : Salam salim Mas Atok Bujang. Selamat beraktifitas. Saya ikut Panjenengan ” Senyum Aja ”
    Salam Paseduluran

  84. Atok Bujang

    kang mas thepost kapan ada acara KWA JKT , mohon berkenan di info nggih …
    kangen sholat jamaah karo panjenengan..

  85. he ……..he…………
    bisa aja mas Atok Bujang.
    Saya yang kangen dengan tauziah Panjenengan
    he……he………..
    salam

  86. Begawan Kathok Kolor

    salam karaharjan ki@ Thanmust thepost,panyuwunanipun kulo dumateng gusti Allah swt,mugi2 mboten wonten prahara ing tlathah kutho jkt,mugi2 poro sederek ingkang wonten kutho jkt dipun paringi keslametan saking gusti Allah swt.amin. wontenipun prahara meniko amargi saking tingkah lan polahe menungsone piyambak,bungah lan susah meniko nggih saking tingkah lan polahe menungsone piyambak,gusti Allah swt mboten maringi kesusahan dumateng umatipun,gusti Allah swt meniko malah maringi kebungahan dumateng umatipun,kadosta penyakit meniko nggih wonten amargi saking tingkah lan polahe menungsone piyambak,amargi mboten sami eling dumateng ingkang MOHO KUWAOS inggih meniko ALLAH SWT. taksih kathah menungso ingkang wuto amargi saking kepinteranipun,kalungguhanipun,gebyare bondhonipun ingkang dadosake takabur,riya lan sanes2ipun. mugi2 poro sederek ingkang wonten k.w.a mboten kados makaten,lan tansah eling utawi enget dumateng ingkang MOHO KUWAOS.amin.

  87. @Mas Ronggo sentot :
    Salam Salim dari saya al-awam..saya sepertinya kurang setuju jika membahas hal tersebut disini..alangkah baiknya jika Mas Ronggo sentot membabarkan keilmuan yang mas punya mengenai tingkatan aulia allah di dalam suatu Room sendiri..tujuan dari saran saya adalah biar kita leluasa berdiskusi mengenai hal ini..saya sangat tertarik dengan pembahasan Mas Ronggo sentot,Monggo mas di babarkan biar tidak ada kesalah fahaman di antara kita..mungkin nanti di antara kita ada yang dapat membenarkan kekeliruan yang kita punya..dan akhirnya kita dapat mengetahui hakikat yang sebenarnya..Mari bersama2 mencari kebenaran hakiki.

    Alangkah bijaksana seseorang yang mau mengamalkan keilmuannya untuk menerangi jalan bagi yang lainya..

  88. Assalamu’alaikum Wr Wb.. Salim jabat erat penuh takdzim kepada Semua Bolowongalus.. nderek absen. dangu mboten absen.. Salam karaharjan kagem sedoyo..

  89. NasrudinKB

    Salam …saya berbanyak minyak maaf dan minta izin disini pada Keluarga KWA , semoga ada yg sudi bagi Pencerahan dan panduan untuk mengamalkan Saefi Lahut yg diberi oleh Allah kpd Nabi Ishak…Ya Saaliha haylu ajib ya khafyaaiila Asafyaaiila ana allhu rabbul ‘alamina …..dan seterusnya…sekian , minta ampun maaf dan ribuan terima kasih..

  90. SUKMO JATI

    salam paseduluran poro bolo wongalus hahahahahahahahahahaha
    damai damai damai sejahtera semua sopo seng gelem warahi ak coro paling cepet mlebu neng alam astral hahahahahahahaha salam paseduluran

  91. Jogo Roso

    Qobiltu

  92. Rely

    Asslkm wr.wb
    Bismillahirrohmanirrohim.
    Bagi temen2 yg ingin mengamalkan ajaran di KWA, hati2 aja. Disini banyak aliran SESAT! otomatis pengikutnya jg SESAT!!!

    Jgn sampai anda Bersekutu dgn JIN & Syetan, meskipun kita diajarkan membaca dzikir, tp itu merupakan sarana buat memanggil JIN & Syetan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya memberi kita kekuatan. lama kelamaan kita akan semakin asyik berdzikir(baca Meditasi) daripada shalat dan mengingat allah! Dan akhirnya kita terjerumus dalam KEMUSYRIKAN.

    sebelum temen2 mencoba beberapa ajaran di KWA ini, ada artikel yg SANGAT MENARIK! PENGAKUAN PARA PENGANUT ILMU GHAIB

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/pengalaman-administrator-%E2%80%9Cmetafisis-wordpress-com%E2%80%9D-selama-memperdalam-ilmu-tenaga-dalam-ilmu-metafisika/

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/kesaksian-mantan-master-waskita-reiki/

    atau

    http://ainuamri.wordpress.com/2011/06/23/pertobatan-seorang-praktisi-tenaga-dalam-dan-ilmu-ghoib/

  93. AGUNG SURABAYA

    saya hanya kuli bangunan kehidupan saya sangat susah,,buat makan saja keluarga saya haru minjam ke sana sini,,upah yg saya dapat tdk cukup tuk memenuhi kebutuhan keluarga, akhirnya saya hub mbah Guntur dan meminta angka gaib alhamduliiah 7623 4d/SGP tembus 10 lmbr ya Allah trimaksih, Saya menghubunginya lagi untuk HK dan di kasi lagi ANGAKA gaib 3 D 178/ Tembus lagi..trimaksih mbah GUNTUR saya dan keluarga tdk akan melupaakan jasa mbah. ayo HUB MBAH GUNTUR di 085-398-230-167

  94. Rely

    @AGUNG SURABAYA

    HARTA YG KALIAN MAKAN DR HASIL NOMOR ITU HARAM,,SODARAKU

  95. Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

  96. styo aji

    mantap neh,kpn ada kumpulan KWA d samarinda ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: