WONG LING LANG ALUS LING LUNG


Banyak email yang nyasar ke email redaksi rdrkwa@gmail yang rata-rata meminta ijin untuk mengamalkan ilmu di blog ini, namun lebih menarik adalah menjawab pertanyaan dari saudari yang punya email niecmila@gmail.com. Isi emailnya singkat, padat dan langsung masuk ke inti masalah sebagai berikut: “ASS KI WONG ALUS SY MAU TNYA.APA HIJAB ITU HRS DBKAKAN ATO BS BKA SNDRI?KL BKA SNDRI APA AMALAN UNTK BKA HIJAB”

Jawab saya:
YANG BISA MEMBUKA HIJAB ADALAH DIRI SENDIRI. ORANG LAIN TIDAK BISA MEMBUKAKAN HIJAB KITA. AMALAN MEMBUKA HIJAB ADALAH IMAN DAN AMAL SHOLEH.

Sebelum panjang lebar, akan lebih nyaman kiranya dijelaskan tentang hijab. Apa sesungguhnya hakikat hijab itu? Kata hijab awalnya muncul seiring dengan adanya para pejalan spiritual yang ingin untuk mencapai tangga makrifat. Mungkin beberapa puluh tahun atau ratusan tahun setelah Rasulullah SAW wafat.

Para pejalan spiritual yang berusaha menyelami samudra Makrifatullah dengan ragam cara ibadah dengan meniru kebiasaan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dengan tujuan agar Allah SWT memperkenankan sang diri bisa sampai kepada tahap sumeleh, pasrah, nrimo atau Mukhlasin. Yaitu rela dan menerima Allah sebagai satu-satunya Tuhannya. Rela menjalani hidup tanpa mengeluh, menghadapi semua kejadian dengan hati yang lapang serta tanpa pamrih.

Pejalan spiritual ini menghidupkan api cinta kepada Allah, sehingga Allah SWT yang memang sudah mencintai manusia sejak dilahirkan tersebut menjadi semakin cinta. Sebagaimana disampaikan Imam Jafar As Shadiq a.s yang berkata: apabila kecintaan kepada Allah bersinar di hati manusia, maka Allah akan membersihkannya dari segala kesibukan dan segala ingatan kecuali kepada Allah. Mereka yang mencintai Allah bercirikan berbicara benar, setia memenuhi janji, suci kelakuannya, tulus dzikirnya.

CINTA API ILAHI ADALAH API,
APA PUN YANG DILEWATINYA AKAN TERBAKAR
CINTA ILAHI ADALAH CAHAYA
DI MANA PUN IA TERBIT IA AKAN MEMANCAR
CINTA ILAHI ADALAH LANGIT
APA PUN YANG MUNCUL DI BAWAHNYA AKAN DINAUNGI
CINTA ILAHI ADALAH ANGIN
KE MANA PUN BEREMBUS IA AKAN MENGGERAKKANNYA
CINTA ILAHI ADALAH AIR
BUMI TUHAN YANG MENUMBUHKAN SEGALA SESUATU
BARANG SIAPA YANG MENCINTAI ALLAH,
ALLAH AKAN MEMBERIKAN
KEPADANYA SEMUA KERAJAAN DAN KEPEMILIKAN

Hijab sekat atau tembok penghalang jalannya jiwa untuk menemui Sang Khalik. Tembok-tembok itu tiada lain adalah kesalahan baik disengaja maupun yang tidak disengaja yang terjadi di setiap saat. Kesalahan itu ternilai sebagai “dosa” dimana semakin lama akan semakin memburamkan hati nurani manusia sehingga kita tidak mampu membaca ayat-ayat-NYA yang berupa kalam/firman Ilahi yang aktif didalam diri dan di luar diri manusia. Cahaya Allah yang terpancar ke semua yang ada pun tidak bisa dilihat dan didengar serta tidak merasuk dalam hati sanubari.

Kuncinya: hati sanubari…

Tidak usah jauh-jauh memberi contoh. Saya contohkan diri saya sendiri saja. Beberapa hari terakhir, saya mendapat ujian yang begitu besar setelah membatalkan acara bertema “Silaturahim Nasional KWA ketiga” yang sedianya akan dilangsungkan di Jakarta. Saya menelorkan ide menyelenggarakan acara itu, yang dalam bayangan saya akan dilangsungkan secara besar-besaran dengan melibatkan sedemikian besar pihak yang perduli akan budaya nasional kita yang terpuruk. Pentas seni dan budaya daerah semeriah mungkin dengan kekuatan dan dukungan seluruh sedulur KWA se tanah air.

Karena saya tidak mendapat informasi tentang kerja panitia yang ada di Jakarta, saya merasa terhijab dari panitia. Sekali rapat online yang saya ikuti saya merasa bahwa rapat tersebut tidak profesional dan asal-asalan. Akhirnya yang terjadi adalah ketidaktahuan karena kebodohan saya dan kemudian muncul sangkaan saya yang keliru kepada Panitia. Itu point pertama.

Point kedua. Saya berprasangka buruk terkait dengan independensi KWA. Saya merasa banyak pihak punya “hidden agenda” yaitu punya kepentingan dengan menginginkan komunitas KWA yang terjalin di dunia maya ini agar mengikuti arus dan tujuan mereka. Yang pertama adalah satu ormas di Jakarta yang konon kalau ingin agar acara lancar maka sedulur KWA perlu mendaftar menjadi anggota ormas tersebut.

Terus terang terkait dengan hal ini saya hanya bisa tersenyum. Betapa tidak, sesepuh-sesepuh yang sekian lama saya hormati independensinya ternyata punya agenda semacam itu karena menurut informasi yang saya terima, ormas tersebut sekarang sepi peminat. Bahkan saya mendatangi langsung si bos sesepuh tersebut di Jogja dan dia menawari saya segudang agenda agar saya cepat kaya.

Sejak 1999 saya berprofesi seorang wartawan. Teknik saya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan strategi yang mungkin agak kelewatan. Dan akhirnya, setelah mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi saya menuliskan sikap saya menolak mentah-mentah ajakan sesepuh tersebut dengan menulis sikap saya di blog, Tapi apa yang terjadi?

Saya di sms yang intinya banyak sesepuh yang akan meninggalkan KWA setelah artikel tersebut ditempel di blog. Dasar kepala batu, saat itu saya malah timbul rasa jengkel: kalau mau meninggalkan KWA ya silahkan saja… emangnya anda dulu masuk ke KWA yang undang siapa? Anda gabung ke KWA kan atas inisiatif anda sendiri dan kalau pun sekarang anda ingin meninggalkan KWA ya silahkan saja, emangnya gue pikirin?

Saking jengkelnya dengan HIDDEN-HIDDEN AGENDA tercetuslah ide untuk menjual blog KWA… tercatat beberapa sesepuh saya kabari saya akan jual saja blog ini kepada siapa yang ingin memilikinya. Terus terang saya kecewa, betapa perasaan mereka untuk memiliki sesuatu yang sebenarnya bukan miliknya jauh diatas rasa kepemilikan saya atas blog ini…..dan alhamdulillah sampe sekarang menjual blog ini tidak saya lakukan.

Point ketiga. Saya mendengar informasi akan terjadinya chaos pada beberapa bulan mendatang di Jakarta dari beberapa sesepuh. Saya disarankan untuk menunda perhelatan itu. Kenapa mereka menyarankan ke saya? karena saya lah yang paling bertanggungjawab bila nanti acara ini merugikan sedulur-sedulur. Sebab saya yang melahirkan ide dan yang harus bertanggungjawab terhadap pelaksanaan dan sekaligus harus bertanggungjawab secara menyeluruh atas keberhasilan atau kegagalan acara ini. Bagi saya, pantang untuk tinggal glanggang colong playu alias tidak bertanggungjawab terhadap pelaksanaan acara. Jelek-jelek begini, saya punya mental bonex.. alias bondo nekad….

Namun kali ini lain… Tiba-tiba saya miris dan tegang dengan informasi akan terjadinya chaos ini. Kulihat berita-berita di televisi, kucuri-curi informasi di teman-teman para spiritualis.

Beda dengan dua tahun sebelumnya, amanah bersama menjalin silaturahim dijalankan dengan sebaik-baiknya. Namun kali ini, saya berburuk sangka. Apa iya nanti panitia bisa mengendalikan keadaan bila terjadi suasana tidak mendukung? Tiba-tiba diserang masa lain yang tidak sepaham dan lain sebagainya. Apa masih bisa seberuntung dua kali silaturahim KWA di Jawa Tengah dan DIY?. Dua kali yang sukses dan lancar meskipun tanpa campur tangan saya. Yang kerja keras panitia. Bukan saya. Salam takzim untuk mereka.

HATI MERUPAKAN PUSAT DARI SEGALA KEBRENGSEKAN, KESAMPAHAN, KEMUNAFIKAN, KEMUSYRIKAN, NAMUN JUGA SEBALIKNYA: MERUPAKAN PUSAT DARI APA YANG MEMBUAT SEORANG MANUSIA MENJADI MANUSIAWI. DAN PUSAT INI MERUPAKAN TEMPAT DIMANA MEREKA JUGA BISA “BERTEMU” DAN BERTAMU KE PINTU TUHAN, GUSTI KANG MURBENG DUMADI. HATI INILAH YANG MEMBEDAKAN KITA DENGAN KUDA, LALAT, MAUPUN KALA JENGKING.

Saya bertanya-tanya dalam hati sekaligus mengintrospeksi kenapa hati saya begitu berdebu? Kenapa saya berprasangka buruk dan jahat kepada yang lain? Kenapa saya hanya bisa ngomong tentang pentingnya berprasangka baik sementara saya sendiri justeru berprasangka buruk pada semua hal? Saya salahkan diri saya sendiri, saya blejeti diri saya, saya maki-maki, saya cerca yang namanya Muhammad Wildan ini… Duh guobloknya pikiran saya sumbernya adalah hati saya yang busuk dan penuh borok ini.

Dan parahnya, lha wong sudah saya akui salah eeh… kok saya masih punya bahan untuk membela diri sebagai berikut toh semua bisa salah. Doktor bisa salah, cendekiawan bisa salah, politik pun bisa salah, mahasiswa juga sering salah. Apalagi pemerintah, sangat banyak membuat salah. Maka jika semua yang saya sampaikan ini salah itu karena saya manusia, namun jika benar toh itu kan hanya dari Allah SWT.

Tidak hanya anda, namun saya pun menuduh diri saya sendiri bahwa ya seperti ini kalau hati masih dominan setan… meskipun sudah berusaha keras untuk berubah menjadi baik, ibadah dan berbaik sangka namun perilakuku masih jauh dari jalan yang lurus… Padahal setiap saat inginnya bertaubat .. nah taubat yang begini ini tentu saja bukan taubat nasuha!

Saya menangis menjadi-jadi. Apakah salat saya sudah sebenar-benar salat? Ingatan langsung melayang saat Sunan Bonang ketika berpesan kepada Sunan Kalijaga di Suluk Wujil: Jangan lakukan salat Andai tiada tahu siapa dipuja. Bilamana kaulakukan juga Kau seperti memanah burung tanpa melepas anak panah dari busurnya. Jika kaulakukan akan sia-sia.. Karena yang dipuja wujud khayalmu semata .. Ingatlah Wujil, waspadalah…. Hidup di dunia ini jangan ceroboh dan gegabah. Sadarilah dirimu bukan yang Haqq dan Yang Haqq bukan dirimu… Orang yang mengenal dirinya akan mengenal Tuhan …. Asal usul semua kejadian dan inilah jalan makrifat sejati.

TIBA-TIBA SAYA MERASA BERADA DI ALAM KEGILAAN…. DUNIA BERPUTAR SEPERTI ANGIN TORNADO… MENGHEMPASKAN NILAI-NILAI DAN MENGHANCURKAN SEMUA ANGGAPAN SAYA KEPADA ANDA….. BAIK DAN BURUK SIAPA YANG MENCIPTAKAN? YANG MENCIPTAKAN ADALAH KONSEP DI PIKIRAN KITA. SEBAB DI DALAM KONSEP SANG KEBENARAN SEJATI, BELUM TENTU ADA YANG NAMANYA BAIK BURUK BENAR DAN SALAH.

Kemarin minggu pagi-pagi saya berangkat ke Makam Raden Rahmat Sunan Ampel Surabaya naik mobil butut saya. Di suatu ruas jalan, mobil berhenti oleh perlintasan kereta api. Ketika melihat kereta api berjalan diatas rel, terbetik pertanyaan. Bagaimana roda-roda yang berat itu bisa bergerak dan lari? Pikiran saya sampai kepada pemikiran tentang alat-alat dan mesin-mesin itulah yang menggerakkan roda yang berat itu. Adakah setelah itu kita dibenarkan jika berpendapat bahwa alat kereta itu sendiri yang menggerakkan kereta tersebut?

Perkaranya tidak semudah itu, sebab masinislah yang mengendalikan mesin. Kemudian ada insinyur yang menciptakan rancangan dan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan, maka pada hakekatnya tak ada wujud bagi kereta itu, dan tidaklah mungkin terjadi gerakan dan perputaran pada roda-roda tanpa kerja insinyur. Mesin-mesin itu bukanlah akhir dari cerita sebuah kereta api, akan tetapi hakikat yang paling akhir adalah AKAL yang telah mengadakan mesin itu, kemudian menggerakkan menurut rencana yang telah dipersiapkan.

Melihat realitas kereta api, mulai dari gerbong yang digerakkan oleh roda-roda, kemudian roda-roda digerakkan oleh mesin, mesin digerakkan oleh masinis, dan semua itu direncanakan, oleh yang menciptakan yaitu insinyur. Pertanyaan terakhir saya adalah mungkinkah roda-roda, mesin, dan alat-alat kereta api itu mampu melihat yang menciptakan? Jawabannya adalah insinyur itu sendiri yang mengetahui akan dirinya, sebab kereta api dan insinyur adalah dua hal yang jauh berbeda ….

Singkat kata, untuk bisa memahami Sang Kebenaran Sejati kita harus mengerti keterbatasan-keterbatasan konsepsi kita, karena tak ada yang bisa mengenal Kebenaran kecuali Kebenaran sendiri. Karena itu kita punya pengertian tentang Kebenaran, Kebenaran menurut konsepsi saya dan Kebenaran menurut konsepsi Sang Kebenaran Sejati jelas beda. DIA yang dibicarakan berkaitan dengan konsepsi saya dan DIA yang hakiki tidak bisa kita fahami, baik oleh saya maupun kita semua.

Karena itu kita tidak bisa berbicara tentangnya secara bermakna. bagaimana kita bisa memahami tentang DIA, sedang kata-kata yang ada hanya melemparkan kita keluar dari seluruh konsepsi manusia. Seperti, Dia yang Awal dan yang akhir, Dia yang tampak dan yang tersembunyi, cahaya-Nya tidak di timur dan tidak di barat, tidak laki-laki dan tidak tidak perempuan, tidak serupa dengan ciptaan-Nya dst….

NAH, INI TENTU TIDAK MASUK AKAL DAN TIDAK BISA DIBAYANGKAN.. SEBAB GAMBARAN BAYANGAN DI OTAK KITA KARENA KITA SUDAH MENYAKSIKAN SESUATU YANG KITA BAYANGKAN.. KALAU BELUM MENYAKSIKAN, TENTU TIDAK BISA MEMBAYANGKAN.

Kenyataan Sang Kebenaran Sejati tidak bisa dikenal dan diketahui berasal dari penegasan dasar tauhid `LAA ILAHA ILLALLAH ATAU LAISA KA MISTLIHI SYAI’UN …tidak sama dengan sesuatu. Karena DIA secara mutlak dan tak terbatas benar-benar Dzat Maha Tinggi, sementara kosmos berikut segala isinya hanya secara relatif bersifat hakiki, maka realitas Ilahi berada jauh diluar pemahaman realitas makhluK. Dzat yang Maha Mutlak tidak bisa dijangkau oleh yang relatif.

Kita dan ALAM SEMESTA yang kosmos ini berhubungan melalui sifat-sifat Ilahi yang menampakkan jejak-jejak dan tanda-tandanya di alam. Kita tidak bisa mengenal dan mengetahui DIA dalam dirinya sendiri, tetapi hanya sejauh DIA mengungkapkan diri-Nya melalui sifat, nama, af’al. Sifat, nama, dan af’al, secara relatif yang bisa dirasakan dan difahami maknanya dengan keterbatasan akal. Akan tetapi Dzat tetaplah adalah realitas mutlak dan absolut.

Maka kunci untuk benar-benar memahami secara hakiki barangkali adalah mampu memfanakan diri. Fana adalah keadaan manusia seperti sebelum dilahirkan atau diciptakan…..

NAH, APA YANG KITA RASAKAN SAAT FANA?
PERSIS SAAT KITA BERADA DIDALAM PERUT IBU
ITULAH ALAM KOSONG AWANG UWUNG SUNYARURI
ALAM LING LANG LING LUNG…
TIDAK ADA YANG MENGETAHUI
KECUALI ALLAH SENDIRI…
YANG BISA KITA KETAHUI SEKARANG ADALAH MENATA LAKU
AGAR SESUAI DENGAN PEDOMAN HIDUP SEJATI
YAITU MENGENAL HAKIKAT DIRI
TIDAK BOLEH MELALAIKAN SHALAT YANG KHUSYUK
KARENA
PRIBADI BESAR PASTI SUKA MENCARI HAKIKAT DIRI
AGAR MENGETAHUI MAKNA SEJATI HIDUP
DAN ARTI KEBERADAANNYA DI DUNIA
KARENA ITU SUCIKAN DIRIMU
TINGGALAH DALAM KESUNYIAN PAMRIH
HINDARI KEKERUHAN DAN HIRUK PIKUK
HASRAT DAN KEINGINAN AKAN DUNIA

AKHIRNYA, SIAPA YANG SALAH DARI KEJADIAN TIDAK JADINYA ACARA SILATURAHIM KWA DI JAKARTA?

SAYA SEPAKAT DENGAN ANDA: SAYA LAH YANG BERSALAH DAN SAYA LAH YANG TERHIJAB OLEH KESALAHAN SENDIRI. DAN… ANDA SEMUA LAH YANG  BENAR!

RAHAYU RAHAYU RAHAYU….

@wongalus, 2012

About these ads
Categories: LING LUNG | 231 Komentar

Navigasi tulisan

231 gagasan untuk “WONG LING LANG ALUS LING LUNG

  1. Patramantra

    Pertamax

  2. mockwin

    alhamdulillah… infonya.

  3. kedua dlur monggo yg lain sami nonggol

  4. klah cepat bro jd ketiga

  5. Andri Alzaburae~

    KESEPPULUUUHHH

  6. Andri Alzaburae~

    Mas Patramantra @ hahaa…keduluan sampean lgi wkwkwkwk

  7. Adim

    qobiltu … mbah yai kialus

  8. Patramantra

    @mas andri :Ya nich baru nimbun pertamax n premium kan ntar bbm naik …he…9x

  9. Adim

    waduh… ini mulai dasar sampai ujung rambut .. di babar semua .. qobiltu mbah …

  10. Satria lamong77

    Assalammu’alaikum… Subhanalloh…sungguh Gusti Allah maha welas lan maha asih…di balik stiap kejadian akan menemukan makna dan hikmah, Insya Allah ini sdh menjadi kehendak-Nya. proses dan akan terus berproses dalam pendewasaan diri, dalam pendewasaan bathin…ini yg sy yakini. manusia hanya mampu mencita-citakan dan bermimpi yg terbaik tanpa mau memahami keseluruhan yg melengkapi dlm proses menjadi baik tsb. sy yakinkan tdk ada yg salah dan benar kecuali cuma batas pemahaman kt yg tdk sama… sy merasa bib wildan alias wongalus jg manusia biasa yg tdk luput dari salah, dosa dan rasa ego..? bgtu jg yg di anggap sesepuh lain, tp tdk elok rasan-y kalau krn hal itu kt menuduh dan memojokkan yg lain, apalagi dgn kata mem-vonis ini atau itu, krn sungguh nilai aklak bagi sang bijak dan sepuh adalah pd karakter pembawaan diri yg berlapang dada seakan hati-y seluas samudra tanpa harus membusungkan dada, memaafkan itu indah, mengakui diri salah dan intropeksi diri akan lbh mulya, kebenaran mutlak adalah Hak dan Milik-Nya sdgkan kt hanya insan yg papah tanpa daya selain Pertolongan dan Ridho dari Gusti Allah SWT. sy al fakir yg msh hijau dlm ilmu serta msh byk salah dan dosa, walau jarang ngampus mengajak mari kt bersalaman, berangkulan dan saling memaafkan sesama anak Bangsa. sungguh Ibu Pertiwi ini akan menangis melihat putra-putrinya dlm perpecahan dan ego saling merasa benar sendiri. salam KWA-ngeeen dari al fakir gus nur satria lamong77. mhn maaf & nuwun. wassalam

  11. Klenthing

    Salaam rahayu,,,,
    sungkem kagem ki alus
    salam buat sedulur smua,,
    ya artikel begini yang kadang ki alus
    harus posting jadi kita pembaca kembali diingatkan akan pencarian makna dalam kehidupan ini,,,
    mau tanya ki apa hijab sama dg WARONO dlm khasanah jawa,,??seperti dlm pupuh “tan samar pamoring sukmo,sinukmoyo winahyo ing asepi,
    sinempen telenging kalbu pambukane WARONO,,”
    MAAF jika ada salah kata sedulur smua,,,nuwun

  12. Setra

    melu nyimak,,,,salam rahayu kepada para sadulur dan sesepuh semua…..

    salam rahayu kang Gus Nur hehehehe…

  13. Setra

    hijab yg sejati bukan dr amalan…setinggi dan sesinekernya amalannya itu
    sy melu setuju sm ki wong alus aja

  14. Patramantra

    Nyimak pembabaran lebih lanjut

  15. Setra

    patramantra : salam rahayu mbah,,,salam kenal…
    mangga atuh kopinya …^^

  16. Belma

    ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha
    yang mau ikutan ketawa ??? boleh……………………………………
    minimal senyum ya………………………………………………………….

  17. wiryawan

    mikir kok abot-abot mending kelon bae lah

  18. hari

    kwa is the best

  19. Satria lamong77

    Salam rahayu jg kang Setra, seperti-y kt pernah komunikasi ya apa via inbox atau fb-an. serti tdk asing dgn sdulurq ini…salam ta’dzim njih. Belma: apa ada yg mengganjal dan kurang puas dari sdulurq ini, salam nusantara sj ya, semoga tdk ada dendam dan saling meremehkan…maaf dan nuwun

  20. Salam Hormat yang mendalam Dari saya Untuk Saudara-saudara Semua nya~tanpa terkecuali~~Rahayu 9x

  21. Brodini

    Rahayu semua. Pokoe nyimak wae

  22. Qobiltu Mbah Alus,salam salim,semoga banyak hikmah yang bisa diambil dari semua kejadian

  23. Setra

    salam rahayu kang Gus,,,,

    wah sy cm orang baru kang Gus…..

    laras dewi pujiawati : salam kenal dan salam rahayunjuga

  24. Belma

    @ satria lamongan : ajakan ketawa murni dulur, biar menghadapi lika-liku hidup ini dengan pikiran jernih dan husnudzon dengan Allah. tiada yang mengganjal dan kurang puas dihati ini sahabatku……
    senyum kan ?????

  25. Atok Bujang

    senyum

  26. h m

    Test disek…

  27. Sungai Bening

    Manggut2 baca artikel diatas sambil garuk2 kepala.. Sepertinya sejak ada crash antara kiwongalus dan panitia jakarta tentang acara bulan april nanti kwa akan tambah sepi deh.. Apalagi banyak sesepuh yang sudah cabut dari kwa.. Tambah sepi aja dweh :-(

  28. Satria lamong77

    kalau bgtu mhn maaf sdulur smua, sy jg ikut “senyum” simpul serti anak jejaka yg baru kenal sama gadis, hihihi…nuwun

  29. coba

    rahayu…

  30. Setra

    klo sy ikut senyum ae lah biar adem hehehe ^_______________^

  31. Sewu pring sewu

    Ijin nyimak…al fatihah sent kagem ki wa tuwin sedulur sedoyo…

  32. Sedulur2 semua sugeng ndalu… alhamdulillah sepi memang menjadi tujuan … karena sepi adalah merupakan persiapan tahap perjalanan menuju ketiadaan keyakinan kepada semua hal di dalam kemanunggalan hidup tindakan dan perbuatan sebagaimana yang Tuhan Yang Maha Kuasa kehendaki dan sepi adalah proses perjalanan hingga tercapai kebulatan awal akhir lahir dan batin di dalam KESATUAN KONJUNGTIF menyangkut segala yang ada.. rahayu kang sami pinanggih…

  33. Blogger.DIY

    kunjungan malam, nice posting bro… tetap semangat nge-blog !!!

  34. coba

    rahayu kang sami pinanggih…

  35. coba

    mbahe wongalus ..
    sy coba satu pertanyaan,mohon dijawab.
    wani piro?
    salam salim……

  36. cholilkeren

    @SUNGAI BENING: enakan sepi daripada ramai bikin berisik aja. dan sesepuh yang cabut dari KWA itu adalah konsekwensi dari seleksi alam, karena mereka adalah sesepuh tapi pola pikirnya belum sepuh..
    jadi manusia mbok yao jangan seperti pepatah ” SEPERTI KATAK DALAM TEMPURUNG ” kita tuh cuma 0,000000000000000000 dari setitik noktah di SEMESTA JAGAD RAYA

  37. guz san

    qobiltu

  38. coba

    sepi , sunyi, ruri , suwung ,ayem menyenangkan spt 2009,
    like cholilkeren.

  39. Mbah Coba: panjenengan yg bantu jawab deh mbah… qiqiqi….

    Mbah cholilkeren: injih leres…. hidup akan terus berjalan ke depan dan tidak mampu dihentikan karena ini adalah hukum alam. Bagi para sesepuh yang berkenan meninggalkan KWA, saya sangat bahagia dan saya yakin keputusan anda adalah yang terbaik. Sy mengucapkan terima kasih atas persaudaraan dan partisipasi selama bergabung di blog sederhana ini. Tiada gading yang tidak retak, sekaligus kami memohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

    Sepi ing pamrih rame ing gawe…

  40. Dodgerzt

    KWA kembali ke asal..?sungguh saya suka itu,karena akan lebih banyak lagi pembabaran” untuk pengembangan diri yg slama ini kunanti.,
    terimakasih banyak WongAlus wat sgalanya.

  41. Patramantra

    Matur tengkiyu @mas setra akan kopinya…. Salam kenal kembali.

  42. cholilkeren

    @ COBA SAYS: aku wani 125 250 375 4100 10250 20500 30750 401000 1002500 2005000 3007500 40010000 rupiah he…he…he…he…?

  43. sugeng ndalu ki alus lan poro sedulur sedoyo. .
    salam karaharjan.

  44. Cecep Anggara

    Salam ta’dzim Ki Sungai Bening dan Ki CholilKeren,,,hehehe dua orang sesepuh yg biasanya mengamati keadaan dari tempat pertapaannya,rupanya sekarang lg turun gunung,,,salam pamuji rahayu balarea waluya

  45. coba

    mbahe wongalus :wkwkwk…..sy cuman wani 00000000
    alias nooolll besar,biar deket sm sonya ruri heheh..
    nuwun sdh di jawab.

    Sepi ing pamrih rame ing gawe…ugo

  46. kembali ke khittah 2009, sangat saya dukung ki,

  47. oh iya ini ada sedikit laporan: Salam damai sedulur KWA. Bersama ini disampaikan bahwa menjelang april 2012 ini jumlah artikel yang ada di KWA sudah ada sekitar 2000 artikel kiriman dari sedulur semua. Tentu kita sema merasa bangga dan bahagia ternyata selama ini kehadiran blog ini sudah mendapat tempat yang baik di mata sedulur semua. Sebuah jumlah yang lumayan banyak dan setiap artikel masih longgar untuk diberikan banyak komentar, didiskusikan untuk berbagai maksud seperti menambah pengetahuan sekaligus mungkin bila ingin mengamalkannya. Ibarat perjalanan hidup manusia, tahap awal pembuatan blog bisa diibaratkan masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak tentu saja masa yang indah, masa ceria dan penuh dengan senda gurau, masa bermain, masa mengenal lingkungan sekitar, mengenal teman-teman bermain termasuk mengenal identitas diri. Masa mengenal membutuhkan banyak pengetahuan baru. Pada periode ini, setidaknya kemudian lahir ide untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pengetahuan-pengetahuan dasar, seperti amalan-amalan, ilmu-ilmu, ajian-ajian, babaran tentang hal-hal sederhana yang intinya adalah pengetahuan tentang CARA dan TEKNIK (know how). Kita kemudian memiliki banyak keahlian dan kecakapan untuk melaksanakan sesuatu berdasarkan atas pengetahuan yang kita kumpulkan tersebut. Kita menjadi mampu mengobati sedulur yang lain, kita menjadi mampu untuk menerawang, menjadi mampu secara ekonomi menghidupi diri, dan kita memiliki profesi tertentu pula. Setelah kita menjadi apa yang kita inginkan, lantas apakah kemudian kita hanya berhenti di masa awal perjalanan ini? Pasti proses harus terus dilanjutkan. Kita tidak boleh lalai bahwa setelah banyak pengetahuan terkumpul dan memiliki profesi tertentu maka yang perlu dilanjutkan adalah MEMAHAMI MAKNA dari apa yang telah kita kumpulkan kemudian merenungkannya. Mempertanyakan dan meragukannya dan kemudian menjawabnya sehingga membuat hidup kita lebih padat karenan memahami tujuan dan makna dibalik apa yang kita laksanakan dan amalkan sehingga membuat hidup kita lebih BIJAKSANA. Maka tahap selanjutnya dari perjalanan blog kita ini adalah tahap PEMAHAMAN. Apa yang harus kita pahami? Tidak lain berbagai persoalan tentang spiritualitas, budaya dan persaudaraan sebagaimana fokus blog Kampus Wong Alus. Untuk memperoleh pengetahuan yang mempertanyakan alasan-alasan sebuah tindakan atau mengapanya (Know Why) maka kita perlu mendapatkan kemampuan khusus yang dapat memberikan analisa-analisa kritis dan kecakapan bersintesa/menyimpulkan dalam memberikan tanggapan-tanggapan. Prosesnya akan bertentangan dengan tahap awal memahami karena tahap awal memahami hanya memfokuskan diri pada tata cara, teknik dan hal-hal khusus. Sebaliknya, tahap dan proses lanjutan blog Kampus Wong Alus setelah dua tahun berdiri ini adalah belajar tentang pemahaman-pemahaman dan kemudian melakukan penyusunan pendapatnya agar menjadi SINTESA, yang menjadikan “mengapa berbuat demikian” mengandung makna. Oleh karenanya tahap kedua perjalanan blog Kampus Wong Alus ini adalah tahap kita “Naik Kelas” untuk meningkatkan kualitas akal budi dan amal berbuatan kita, mengasah ketajaman daya tafakkur, tadzakkur dan tadabbur-nya pada realitas sebagai “batu pengasah kebenaran”. Kita akan mendapat banyak manfaat bila kita mau untuk “naik kelas” kemudian serius belajar banyak hal Sangkan Paraning Dumadi sesuai dengan semboyan “Semua untuk Satu, Satu untuk Semua, Semua untuk Semua” …. nuwun

  48. Bengawan.Candhu

    @ki wongalus….kami juga menyadari ki,klo kami selama ini mgkn ada yg krg berkenan dan krg pas dihati panjengan jg mhn dimaafkan,krn scr tdk sadar kami ingihn panjenengan itu mjd spt yg kami inginkan dan kami kehendaki,tnp menyadari posisi panjenengan saat itu,bhkn trhdp kemampuan jg wkt yg panjengan miliki,sbtlnya klo dicermati tdk ada yg perlu salah menyalahkn,krn yg kita perlukan dlm dinamika yg sdh mengajak,melibatkan bhkn melimpahkn suatu tanggung jawab diperluakn komunikasi dan interaksi dr kedua belah pihak…komunikasi baik dr yg “MELIMPAHKAN” maupun yang “DILIMPAHI” inilah yg kami rasakan perlu ditingkatkan lagi kedepannya.
    dan kami juga menyadari posisi panjenengan ki,krn yg namanya pemilik blog klo ada apa2 bukannya tdk mgkn ikut terlibat bhkn tertuduh dlm berbagai kasus,mskpn posisi panjenengan ada di sidoarjo pdhl panjenengan mgkn hanya “meng amini” ato bhkn sekedar diberi tahu ttg kelangsungan acr. ki,apbl mmg khawatir dgn tanggung jwb slm acr berlangsung,biarlah acr kwa kedepannya ketua panitia dan mgkn sederet org bs jd 10 org ikut bertanda tangan diatas materai6rb rupiah buat membuat pernyataan pertanggungjawaban bila diperlukan u/dikirimkan rangkap 2,yang 1 lembar dikirim ke sidoarjo sdg yg 1nya lg di arsip oleh panitia pelaksana. yang isinya bhw panitia dan jajarannnya bertanggung jawab thdp prosesi berlangsung,tnp melibatkan admin blog. tentunya panjenengan dan segenap jajaran panitia telah sama2 menyetujui dan ditanda tangani bareng2…ini klo diperlukan.
    Tp apbl mmg blm diperlukan penggunaan materai biarlah kita berjalan sebagaimana adanya,krn mmg kegiatan kita slm ini tetap berjalan baik dan lancar blm prnh ada laporan dlm hal gangguan keamananan dimanapun kita mengadakan acr,baik skala lokal maupun regional diberbagai penjuru indonesia. ya kita renungkan sisi postif ini,smg dpt saling ,membangun dan dipergunakan sebagaimana mestinya….smg berkenan….nuwun….

  49. ki patramantra, mbah sungai bening, mbah cholilkeren, mbah wawan sleman, mbah cecep…. salam takzim…monggo disruput kopinya… hehe.. nwn

  50. coba

    ojeg..ojeg…..
    ning nang neng nung….
    mau coba ngojeg ah,,,mumpung banyak orang2 lama..
    ayo yo…ngojeg ke papan sepi…..
    mbahe wongalus n boloalus kabeh,,,salam…salammm.

  51. setuju ki alus, makasih pencerahannya

  52. Ahmad bocah shaleh amin

    Ikut nyimak…kale ngangsu…

    Nggeh yg namanya masalah itu tak kan ada habisnya..”akan ada masalah lain setelah masalah yg tlah terselesaikan
    kenapa..?
    Ya karna masalah itu guru….
    Kenapa guru…?
    Slalu memberi pelajaran…

    Intinya,..

    Kita harus berusaha untuk mengerti pesan apa yg tersimpan dalam masalah….

    Nuwon…

    Ngapunten engkang katah be’ menawi salah omongan..

    Nuwon…

  53. takwa

    kang bengawan,,,
    kang wawan …
    sedulur alus..
    salammm….

    horeee,, aku sudah naik kelasssss horeee….

  54. Mbah Bengawan Candhu: sippp mbah… inspiratif… denger2 salatiga siap jadi tuan rumah silaturahim kwa 2012 yahh… mantappp mbahh…

  55. cukup ngobrol dgn mbah takwa, mbah bc, mbah wawan dll ditemani bakar ketela karo kopi aseeekk dehh…

  56. takwa

    kang bengawan,
    bener yg di haturkan mbah wongalus ya,….kerenn…mbah..

  57. takwa

    hmmmm…memamg asyikkk…ngomong2 bakar ketelanya dmn ya?
    kok cuman baunya yg nyampai di welirang..

  58. betul ki alus, acara ngopi udud malah lebih menambah rasa persaudaraan.
    sugeng ndalu om bc , om takwa.

  59. Cecep Anggara

    Mantaaaps pencerahannya ki WA,,,tak terasa blog KWA sdh mencapai 3 tahun. Tidak terlalu berlebihan, bahkan penting utk membuka kembali album lama dua tahun silam, demi album baru setahun kedepan

  60. Bengawan.Candhu

    @ki wongalus @ki takwa..@wawan sleman…salam dan salim takdzim ki semuanya…ki,klo kami smntr ini msh blm bs ki buat menerima mjd tuan rmh kwa nasional 2012,krn kami komitmen dulu dan kiranya bs dimengerti dan difahami oleh sedulur2 kwa di tlatah jateng diy maupun di indonesia,kami ingin ada pemerataan ttg mslh kwa nasional…kwa jateng diy sdh 2x…kwa jakarta kami harap 2 x di masa yad…kmdn giliran 2012 bisa kwa bandung atau kwa jatin msg2 2x,apbl ini sesuai dgn schedule dan di sepakati maka kwa dijateng diy ketempatan kmbl sktr thn 2018/2019 yad ki,mhn dimaklum biar tdk ada kesan monopoli dsb,kami ckp bahagia bs bertamu,malah enak to ki jd tamu bs dolan2 dan jagongan ngakak2. jujur kita ini malu para sedulur kenal kita tp kita tdk knl dgn poro sedulur pdhl di blog kita juga cengengesan dan guyonan smp subuh,eh begitu ktm malah diem2an krn kami sndr sbg panitia tdk bs kemana2 beliau sndr mo negur kita sungkan…biarlah kita istrht dulu ki….yg ptg kwa disemua daerah dan semua lini jalan kita ckp berbahagia…..

  61. Cecep Anggara

    Coba kita buka lembaran setahun/dua tahun yg lalu, berapa nilai syukur kita kpd Allah swt, berapa skor tawakkal kita, sabar dan ridho kita atas takdir Allah. Bahkan berapa strata nilai taubat, zuhud, perlawanan kita pd nafsu, kedermawanan hati kita, dzikir dan keikhlasan kita, cinta kita kpd Allah dan rasulNya?

  62. Bengawan.Candhu

    @ki wongalus….nuwun sewu mbah @cholil keren itu apa pengrajin perak dan ki sungai bening itu yg jual ubi cilembu njih ki?kok kayaknya akrab banget?….

  63. wah mas bc ini makin mantab, hehehe

  64. cholilkeren

    @ OM WAWAN SLEMAN : kacamatamu ilang nang endi toh, suwe ora tau njedul nang kampus?

    @CECEP ANGGARA: jane aku emoh dipanggil KI, walaupun sebenere yo wis pantes dipanggil ki, makanya biar sedikit gaul jenengku tak tambahi “KEREN” jadi cholil keren, walau sebenernya tampangku jauh dari keren, tapi alhamdulillah di blog ini, aku mencoba ilmu-ilmu yang bisa membuat penampilan orang menjadi keren, he..he…he….?

  65. Cecep Anggara

    Coba kita buka lagi, jangan2 rating iri dengki kita tinggi. Emosi kita membumbung. Syahwat kita memuncak. Takabbur kita naik. Takjub pd diri sendiri meroket. Ego dan merasa hebat kita – atas nama harga diri – melonjak. Kealpaan kita, rasa jenuh kita, rasa putus asa kita, ketidak acuhan kita pd kebaikan malah melangit.

  66. mbah kolil, saya cuma sembunyi, hehehe

  67. Cecep Anggara

    @Ki cholilkeren…hehehe bisa saja sesepuhku ini

  68. Adim

    Alhamdulillah .. jam 1/2 12 blm tidur ..
    yooo …wong lawas podo guyon kabeh … ….. wes wes.wes…. mantap /…. mugi2 wong anyar podho bunga-bunga kabeh amin … :) :) :)

  69. cholilkeren

    @DIMAS BENGAWAN CANDHU : sebenere aku wis sering ketemu karo sampeyan bola bali di dunia nyata, lha tadi siang juga sampeyan nemoni aku dan ngobrol panjang lebar , tapi di alam mimpi, he…he…he…he.

  70. oalahhh.. mataku wis ngantuk… pamit rumiyin semua sedulur… yang ahli salah dan keliru mohon undur diri…. nuwun

  71. wah ono mbah adim, sugeng ndalu mbah.

    @ mbah colil, ketemuan di bandung yuk

  72. monggo ki alus

  73. Begawan Kathok Kolor

    Heekh..heekh..heekh..Sugeng dalu lan kintun salam karahayon ki wong alus,ki bengawan candhu,ki cholikeren lan poro sederek sedoyo…,sinambi nunggu matenge bakaran telo..aku ta ngidung sedhelo aah..,Ana pandhito kang mangan mie pangsit ana stasiun tawang…ooalaah..kliru je..heekh..heekh..heekh..,yo wis ta baleni maneh..mumpung telo bakare durung mateng..,Ana pandhito akaryo wangsit,mindha kombang angajap ing tawang,susuh angin ngendi anggone,lawan galihing kangkung,wekasane langit jaladri,isining wuluh wingwang lan gigiring punglu,tapaking kuntul anglayang,manuk miber uluke ngungkuli langit,kusuma njrah ing tawang,ngambil banyu apikulan warih,amek geni sami adadamar,kodhok ngemuli elenge,miwah kang banyu den kum,kang dahana murub kabesmi,bumi pinetak ingkang pawana katiyub,tanggal pisan kapurnaman,yen anenun sonteg pisan anigasi,kuda ngrap ing pandengan,ana kayu apurwa sawiji,wit buwana epang keblat papat,agedhong mega tumembe,apradapa kukuwung,kembang lintang segara langit,sami andaru kilat,woh surya lan tengsu,asirat bun lawan udan,apupuncak akasa bungkah pratiwi,oyode bayu bajra…,lha..kae telo bakare wis mateng…aku ta mangan telo bakarane ki wong alus heekh..heekh..heekh…

  74. Adim

    @ injeh mas wawan sugeng dalu pripun kabare….
    mas wawan satu-satu orang yang pernah membonceng saya keliling jogya … pada malam itu … saya jadi teringat ….trimakasih .
    @ mbah kiwongalus …sumonggo semoga mimpi indah … :D

  75. As.wrwb.
    rahayu utuk sedulur kwa semuanya di manapun berada
    terima kasih ki alus, atas pemaparan WONG LING LANG ALUS LING LUNG, yg sangat menyentuh di hati, dr situlah kita bs sama sama belajar menggali jati diri pribadi yg sebenarnya

  76. @Bengawan.Candhu: sugeng dhalu ki menjelang pagi

  77. Alam semesta telah mengajarkan kita bagaimana membangun harmoni hidup yg baik, mmbangun rasa welas asih, dan bagaimana cara bersyukur thd Sang Khalik. Namun tanpa kita sadari kita sering mengesampingkan pesan pesan alam, hingga kita terjebak pada pola pikir yang keliru dan kita sering salah dalam memahami kehidupan.
    Salam harmoni…enggih semuanya kepada dulur-dulur kwa di manapun berada

  78. mas adim, la kapan dek jogja maneh, mengko tak jak jalan jalan keliling jogja

  79. Adim

    alloh swiji.. alloh swiji …. alloh swiji …. 3333x

  80. Adim

    enggeh mas wawan … nek wonten wedal mawon mriko ..

  81. Bengawan.Candhu

    waduh nuwun sewu,netbook kami sdg kami tinggal dikampung jd ini main diwarnet insya allah dilain wkt dan lain kesempatan kami pgn nyikepi dan sowan silaturahmi pas ada acr,biar bs ndeprok….ki ageng jembar jumantoro…Kimas wawan sleman…@ki adim….@ki cecep anggara…salam dan salim takdzim….nuwun sewu malah pas rame pamit,sdh diultimatum sama penjaga warnet jam00 sdh pada closing…salam..pamit…@ki cholil keren se indonesia pengusaha kelapa sawit dan ekspor import minyak tanah dan gula seindonesia….ya pamit dulu ya,pokoknya kpn2 kita ketemu kmbl,jgn lupa diciprati di alam mimpi…klo naik kuda ati2…nuwun…

  82. Bengawan.Candhu

    @ki adim…nyuwun pandonganipun njih….salam dan salim takdzim ki…pamit rumiyin…

  83. asamualaikum wr wb,manusia tempatnya salah,dan tidak yg slalu benar,hanya orang yang menyandarkan diri segala urusan kepada Allah yang akan thu ksalhannya,

  84. cholilkeren

    Nuwun sewu all sedulur? Ini ada sebuah pesan dari sahabatku sesama wong keren yaitu sahabat dari KWK (kampus wong keren= http://kampuswongkeren.wordpress.com)
    TERAPI AIR PUTIH UNTUK KESEHATAN
    *TEPAT WAKTU untuk minumair putih akan optimalkan efektivitas pada tubuh manusia*
    * minum 2 gelas air putih setelah bangun tidurakan membantu mengaktifkan organ-organ internal
    *minum 1 gelas air putih 30 menit sebelum makan,membantu fungsi pencernaan & ginjal
    *minum 1 gelas air putih sebelum tidur untuk menghindari stroke atau serangan jantung
    Monggo dipun cobi/ amalkan dan rasakan manfaatnya
    Dan satu lagi yaitu :
    *Minum satu gelas cairan baygon sebelum tidur bisa membuat anda tidur selamanya*
    He…he….he..he…..? salam dari wong-wong kereen abiz

  85. Adim

    injeh mbah bengawan candhu … sami2 dunga dinungo ….monggo ki …
    @ Ki angeng JJ sugeng dalu … ki salam takzim …

  86. @Bengawan.Candhu: monggo ki silahkan , selamat beristirahat enggih

  87. Angon

    Assalamu’alaikum… sedulurku kabeh… Lama tak bertegur sapa, mudah2an tetap tambah wicaksana….
    Khusus Kimas Wongalus… Saya hanya ikut senyum bahagia…
    Mas Bc, wawan, ki ageng jj, adim, lan sedulur liyane… sugeng ndeprok…..

  88. @Adim : enggih ki Adim , rahayu enggih

    @cholilkeren: mantab ramuanya…..dan sdh sy buktikan ces pleng, salam enggih buat sahabat sesama wong keren yaitu sahabat dari KWK

  89. @Angon: monggo ki angon, deprok di belakang mriki sambil ngopi

  90. Melihat dengan hati akan lebih bermakna daripada melihat dengan mata. tanpa kita sadari, kadang kita lupa tlah mendevaluasi nikmat Tuhan, lantas melupakan rasa syukur sbg pertanggung jawaban thd sesama, thd alam dan kpd Tuhan sbg pemilik semesta ini. Hidup memang anugerah, tapi anugerah terindah dalam hidup ketika kita bisa melihat dg hati daripada melihat dg mata….

  91. pinten

    assalamualaikum poro sesepuh KWA,ki wong alus ,dan sesepuh lainx,terutama ki ageng jj nderek nyimakke mawon saking sulawesi ,ki ageng jj monggo mang mriki wonten kopsus kalian pis gor , saking sulawesi. salam karahayon.

  92. Angon

    ki ageng jj…. weh matur nuwun keleresan.. teh tubruku sampun telas… mbok sisan kulo diparingi udude nggih…. hehehe…
    wis jen nggragas temen awaku iki…
    salam…

  93. sindur

    apapun yg terjadi tetep paseduluran kudune nyambung terus. KWA kembali ke awal lagi, sssiiiiiiiiiiiipp.
    wlwpun jarang ngampus, tetep yg mmpir dKWA aku anggep sedulur, dr mna asalnya,apapun RASnya,agamanya. wong negorone bhenika tunggal ika kok, do keruk…hehe

    salam semangat malam dan terus jalin paseduluran selalu.
    sungguh luar biasa hanya karena KWA kita yg dr brbagai penjuru bisa berkumpul dan sharing bahkan bisa menjalin tali silaturahmi, yah wlwpun enggak berttpan muka tp pengaruhnya sangat berkesan dihati. salut…
    I LOPH YU PULL-lah…haaah-haaah-haaah

  94. Adim

    @ mbah cholilkeren …. apa yang jenengan maksud niku … air husada dugi padepokan dandhang gula ki camat? … soalnya sy udah pernah nyoba rasanya kayak air TDS nol … mantap …
    @ Ki angon .. sugeng dalu Ki …

  95. agungsedayu

    permisi…sesepuh semua
    nderek ndeprok di pojokan….. ….

  96. @Angon; enggih monggo ini ada udud klobot ki….alami non kimia,

    @pinten: wah kebeneran jenengan ada kopsus kalian pis gor , saking sulawesi. gayeng tenan, matur nuwun , jan….mantab, monggo dulur-dulur

  97. Hidup itu tidak hanya berbuat, ttapi juga berfikir. Apa yg kita alami adalah rencana Tuhan, harus kita hadapi. Tdak usah menyesali apa yg kita alami, semua ada hikmahnya, ada mksud baiknya. Syukuri dan ikhlas. jangan mendendam pada kehidupan. Lembar buram masa lalu adalah cermin, ada sesuatu yg suci yg harus kita perjuangkan yaitu masa depan….

  98. agungsedayu

    permisi…sesepuh semua
    nderek ndeprok di pojokan…

  99. Angon

    Adim… sugeng enjing, pripun kabaripun, sedaya sehat to pak haji?…
    Sudah saatnya kita berkumpul kembali dg semangat khittah… Nusantara tetap membutuhkan para satriyanya yg wicaksana untuk mengemban tugas di masa mendatang…
    Ayo…. janganlah kita terjebak menjadi satriya wirang apalagi satriya curang…
    hehe… ngomong apa aku iki…
    salam..

  100. Apabila manusia memiliki jiwa yang sehat, maka ia ibarat pohon yang memiliki faedah bisa untuk berteduh dari sengatan matahari maupun guyuran hujan. Apabila ia mendapat musibah apapun yg dihadapi, niscaya cobaan itu tidak mengantarkan pada kesedihan dan keterpurukan, bahkan sebaliknya membuat jiwa dan mentalnya semakin matang… monggo di lanjut, sy mohon diri ada tugas ngadep eng tengahi wengi….nuwun rahyu…..rahayu….rahayu….

  101. sindur

    kalo diruang komen sini ada “Like” seperti diFB, udah pasti koment dr sedulur semua tak kasih jempol semua..hehe

  102. Adim

    injeh Ki angon alhamdulillah sehat wal afiat …matur nuwun tausiahnya… ki ..
    @ Ki ageng JJ monggo ki ngadep derek barokahe n pendongane geh nuwun ….
    @ ki agungsedayu … monggo derek deprok teng pojokan kale kulo ……

  103. Junkung

    Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh
    Kepada segenap saudara2 KWA jika diperkenankan Saya mau ikut mendaftar…
    Nama : Irpan Kurniawan bin Taufik bin H. Amat bin H. Abas bin Kaeran bin Bongkok
    Alamat : Kp. Tlajung Rt 01/12 Wanaherang Gunung Putri Bogor
    Telepon : 021- 9370 2629/0817805503
    e-mail : irpankurniawan87@yahoo.com

  104. agungsedayu

    kangmas Sindur
    jempole jempol semua ya mas…qi..qi…qi….

  105. Begawan Kathok Kolor

    monggo poro sederek…dipun lajengaken temun kangen lan ngobrol2ipun nggih…,pamit undur diri…rahayu..

  106. agungsedayu

    @Adim:ngih kangmas…salam pitepangan ngih. …

  107. sindur

    @agungsedayu:klo perlu pinjem jempolnya njenengan juga njih mbah. soalnya jempol saya kecil2 tur pendek mbah..hehe

  108. Belma

    nyimax sambil ketawa ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha.
    yang mau ikutan ??? silahkan………………………………………………
    minimal senyum ya……………………………………………………………….
    setiap perbuatan akan dimintakan pertanggung jawaban di hadapan Allah nanti…………………………………………………………….
    bijak bertindak , arif berpikir, santun berkata, baik bersangka, waspada angkara murka, agama jadi pedoman……………………….
    senyum ya ………………………………………………………………………..

  109. begawan durna

    skrg jaman internet,,,website,,nuklir….lha koq mlh pengen balik ke jaman Brama Kumbara,,,,,,,weleeeh…weleeh….le…tole…

  110. IGBAL ( KUNCHEN )

    salam rahayu untuk semua kwa,,

  111. Met pagi sungei bening ya ini kan blok pribadi jadi soal sepi nggak masalah malah enak gak ada yg komen nulis artikel sendiri di komentari sendiri lebih asik hahahahaha

  112. Jampang Kilat

    ………Senyum………

  113. kromo

    menurut penglihatan saya yang dimaksud hijab oleh niecmila@gmail.com bukannya hijab seperti itu ki, tapi maksudnya beliau adalah cara membuka indera ke 6.

  114. osama bin laden

    salam rahayu untuk semua KWA mongo di unjuk kopine

  115. anang wong ageng

    buat mas ando bandar lampung ini nomor saya yang baru:081997272221-085369078987

  116. kyai al rashid al maghrobi

    Wasalam…
    just a short message..buat diri ku !

    Emang gampang IKHLAS dan mempertahankan KEIKHLASAN

  117. joehari

    betul kata ki ‘kromo’,,,,

  118. Absen pagi. ^_^

  119. Leave a Reply

    : no comment

  120. WONG GENDENG

    nyimak…….
    karo songgowang……..hmmm qiqiqiqiii…
    jadi hijab itu apa ya….kelambu? tembok? kacamata kuda? qi qi qi qi qii…hanya orang2 suci yg bs buka hijab? orang yg sudah terbuka hijab bisa tersesat? orang yang sesat tidak bs buka hijab? tadi apa yang dibahas? bingung R..A..M..U..D..E..N..G… bener2 dah emang bikin ling lung.
    QI QI QI QIIII

  121. cah ndeso

    nderek tumot nyedot ki wa………………. he3x. salam kanggo sedulor kabeh. mugi sami rahayu. amin.

  122. sumulungjati

    absen pagi, salam rahayu kagem sedulur sutresno…

  123. gareng pung

    nderek nyimak… rahayu..

  124. Bambang Permadi

    Wassalam. &
    salam rahayu untuk semua kwa,,

  125. Pikir tanpa dzikir Anarkis!!!

  126. @wongalus
    serat dewo ruci, suluk lang ling lung….tertipu 3 kali…
    1. tertipu banyangan ilusi kemegahan pentas budaya kwa
    2. tertipu banyangan diserbu orang yang gak suka
    3.tertipu bayangan jadi tunggangan parpol….

    Fakta-fakta..
    tidak semua pembaca wongalus sakti…..
    tidak semua penulis artikel menguasai ilmu (hanya copy paste)
    orang-orang berilmu tinggi belum temtu suka ketahuan ilmunya

    efek 3 tipuan dalam praktek lapangan bila diplikasikan
    1. Pentas budaya yang mengundang massa harus ada izin pulisi, pemerintah….kalau izin siapa panitia dan siapa penanggung jawab….kalau penanggungjawab ada maka harus diketahui track record dari segi latar belakang ideologi, missi, dll….biasa pulisi / intelijen pasti gak mau kecolongan…itu standard formal saja….
    2. Bila terjadi memang mengkhawatirkan…konsekuensinya harus berlindung dengan ormas-ormas berizin yang diakui pemerintah, sebagai bukti formal suatu kegiatan…
    3. Faktanya seluruh parpol / anggota dewan dimungkinkan kenal dengan salah satu orang baik/linuwih……..juga artis-artis….

    alhasil lang ling lung, ling lung lang-lang ling liang

    KWA kembali ke dunia nyata tapi maya… ling lung..dunia fakta/ nyata tapi maya …………………..lung ling lang ling lung
    salam blogger…ha ha ha ha VIVERE PERICLOSO……..ente ajiiiiiiiiiib

  127. ayooo silaturahmi di dunia mayaaaaaaaaa

  128. cong kenik

    Assalamualaikum,……….. adem tenan kalo begini…… salam bhatin untuk semuanya……….

  129. silaturahami paseduluran persababatan …ngangsu kawruh tidak direpotkan dengan formal-formalnya…paling-paling repot di ongkos…………Kalau dibentuk formal konsekuensinya harus tunduk pada administrasi….ya emang sedikit repot……….
    Hiduup Bolo Wongalus….Hidup Sesepuh Wongalus…tanpa berharap uang beliau-belia sudi membabarkan ilmu…….

  130. Ijin nyimak aja ki…!

  131. cholilkeren abiz

    Nuwun sewu all sedulur? Ini ada sebuah pesan dari sahabatku sesama wong keren yaitu sahabat dari KWK (kampus wong keren= http://kampuswongkeren.wordpress.com)
    TERAPI AIR PUTIH UNTUK KESEHATAN
    *TEPAT WAKTU untuk minumair putih akan optimalkan efektivitas pada tubuh manusia*
    * minum 2 gelas air putih setelah bangun tidurakan membantu mengaktifkan organ-organ internal
    *minum 1 gelas air putih 30 menit sebelum makan,membantu fungsi pencernaan & ginjal
    *minum 1 gelas air putih sebelum tidur untuk menghindari stroke atau serangan jantung
    Monggo dipun cobi/ amalkan dan rasakan manfaatnya

    Dan satu lagi yaitu :
    *Minum satu gelas cairan baygon sebelum tidur bisa membuat anda tidur selamanya*
    He…he….he..he…..? salam dari wong-wong kereen abiz

  132. NasrudinKB

    Salam …saya berbanyak minyak maaf dan minta izin disini pada Keluarga KWA , semoga ada yg sudi bagi Pencerahan dan panduan untuk mengamalkan Saefi Lahut yg diberi oleh Allah kpd Nabi Ishak…Ya Saaliha haylu ajib ya khafyaaiila Asafyaaiila ana allhu rabbul ‘alamina …..dan seterusnya…sekian , minta ampun maaf dan ribuan terima kasih..

  133. Assalamualaikum,………WW..
    adem ayem…………tenang….menghanyutkan..

    salam untuk sedulurku semua…………..

  134. bocah lawu

    Aku sangat menyukai air jernih saat ditepi sungai. Trasa menyejukkan mata dikala melihatnya.
    Begitu bening hingga bebatuan..tampak terlihat ditumbuhi lumut yg dipermainkan ikan2 kecil.. Tp saat air menjadi keruh penglihatanku menjadi kabur.. Kabur.. Kabur dan smua sirna dalam keruhnya..
    @ki Alus slm rahayu @all.. Salam damai

  135. Nyanyi wae lah..iki lagu tahun 62 an….njer genjer neng ledok an pating keleler..emak e thole teko2 nyabuti genjer..

  136. adam

    Ass Wr Wb …
    Salam hormat saya utk Mr. Wong Alus dan seluruh sesepuh serta seluruh pengijasah di KWA ini.
    Saya ingin sedikit memberikan masukan … menurut saya .. emang sebaiknya KWA ini kita jadikan yayasan aja.
    Karena KWA ini manfaatnya jauh lebih besar daripada sekedar sebuah blog pribadi.
    Kita akan lebih nyaman jika sudah menjadi yayasan.
    Sekedar masukan dari saya yg tidak perlu ditanggapi secara serius.

  137. Assalamu Alaikum Ki Wong Alus dan Begawan Candu Subhanalloh Itu Yg Dituju oleh Kita Semua adalah Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun Yang Artinya Asal Kita dari Mana Akan Kembali Kemana Yang Asal : Dari Saripati Yang 4 Harus Kembali Ke yang Empat Tanah Harus Kembali Ketanah, Angin Harus Ke Angin, Api harus ke Api dan Air Kembali Air. Tinggal Yang Kembalinya Adaalah Ke Roh kembali ke : Roh Nabati, Roh Jasamani, Roh Rohani dan Terakhir Rohing Dzat ( Dzat Laisa Kamislihi syaiun) Itu lah orang yang sempurna bukan hanya sekedar mengerti tapi harus paham dan bukan sekedar paham tapi dilaksanakan Man Arofa Nafsahu Fakod Arifa Robbahu (Barang Siapa yang Mengetahui akan dirinya akan Pasti Mengetahui Akan Tuhannya ) dan Man Aroffa Robbahu Faqod Jahilan Nafsahu (barang Siapa sudah Tau Akan Tuhannya Pasti dirinya tau kebodohannya Alias Jahil ) Seluruh termaktub Dalam Ucapan Bismillah Hirroh Mannirrohim manggga dikaji lebih mendalam bukan kesaktian lahir yang didapat tapi kesaktian batin untuk melawan Hawa dan Nafsi Kita Pribadi Ingsune Dewek salam ke semuanya maaf ngelantur yang ga tau ujung pangkalnnya Wasssala Budak Gemblung

  138. biasa2

    alhmdllah uda blik lgi

  139. cah ndeso

    @bagawan durna: lha ini kan sedulor kabeh makenya internet. apa brama kumbara dulu dah pake Ipad…………… kkkkk.

  140. watuireng

    subhanallah…33x
    alhamdulillah…33x
    AllahuAkbar…33x
    Laailaaha illah 99 x

    amin amin amin…………
    salam ki Wong Alus

  141. Adim

    Mars KWA (lagu wajib)
    ASYIIIIIK GOYANG COY ….. :D :D :D :D :D :D :D :D :D
    .
    .

    .
    .

  142. Salam rahayu katur yg hadir…

  143. hasana

    Assalamualaikum
    Izin nyimak…
    Muhammad wildan alfatihah 1x send
    Damai, adem ayem tentrem selamanya…
    Wassalam

  144. CKP

    Ya Fattahu Ya Alim, Ya Rozzaqu Ya Kariim …….kepada semua keluarga besar KWA.

  145. KI SAMBER GLEDEK

    Ass wb
    Hadir sore menjelang malam,salam rahayu utk semua yg hadir,trims

  146. ki dagoel badranaya jala sutra

    nyimaaaaakk..aj deh..qeqeqeq

  147. WONG GENDENG

    asyiiik ada tukang kopi….qiqiqiqi.
    kopinya Ki Samber Gledek,gak pake air….. tak jilati aja qiqiqiqi.

  148. ki dagoel badranaya jala sutra

    mumpung,,hujan nih..ngopi2x asal jngan nya,ber aje gledknya qeqeqe

  149. Salam sedulur sedoyo…. ijin ikut menyimak apa pemberitaan dan tujuan nya nggih…:D

  150. Sesepoh senior pada keluar,junior pd mau keluar…qi3x

  151. Sesepoh senior pada masuk,junior pd mau keluar…qi3x

  152. Absen sore,,,meski dari pagi nyimak, salam kagem sesepuh sedoyo

  153. Khrisna

    asyiiikkk…melu ngopi….hehehe ^___^

  154. Khrisna

    salam salim,,guru ku ki dagoel badranaya,,,,mbah samber gledek…mbah yai Bengawan chandu…ki wong alus…

    salam rahayu….

    Katanya Bandung siap jadi Tuan Rumah kwa nas 2012 heheheh

    kabuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr

  155. We lha dalah…kok rame2 iki ono opo to kang…mbah tak nyimak wae lah..sing rukun yo…ojo do eker2 an..

  156. Ibarate ki wong urip ngur mampir ngombe..yo sing eklas..nrimo..lan ojo serik karo lian…omong opo aku iki..wis lah tak nyimak aja,disini banyak orang pinter dan sakti2…sy takut…mendingan ngrungokne wae karo ngowoh ..

  157. pencari guru sejati

    assalamualaikum …
    wongalus ,ki ageng jj , bengawan. candhu , patramantra .
    om wawan sleman,ki thepos,ki sabdo sejati ,belma , antok bujang, ki dagoel , sindur ,budak gemblung dan boloalus semua selamat malam

  158. Mbah iblis kok nga pernah ol kmn ya….tak gedruk bumi 3x ben teko…druk..druk..druk…tombo teko loro lungo

  159. Iblis

    Kembali ke khittah 2009 hahahahahahahaha………………………
    hahahahahahah ……………..

  160. Iblis

    Nu kembali ke khittah 1926 bondowoso …..
    MD kembali ke khittah 1970 semarang …..
    KWA kembali ke khittah 2009 …..
    Biar gak sesssattttttt …. hahahhahahahahahahahaaha ………………..

  161. Begawan Kathok Kolor

    Heekh…heekh…heekh…heekh…Kuntul di tengah sawah…betul tidak salah.., kuntul nyemplung nng kalen…aluwung mendingan balen…,salam rahayu para sedulur…salam kuntul di tengah sawah ya…heekh…heekh…heekh…,

  162. Kang Demang Vienzchen

    salam rahayu…selalu cinta damai…..

  163. Belma

    ikutan ketawa ah :
    ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha
    yang mau ikutan ??? silahkan……………………………………..
    minimal senyum ya…………………………………………………….
    tu kan….senyum……………………………………………………….
    salam hangat seteretanan dimanapun anda berada………
    tu kan senyum lagi…………………………………………………….

  164. EHHEHEHEHHE……
    WKWKWKWK….
    HHMMMMM….
    memang enak mentertawakan diri sendiri….
    oalah…..kok hahahaha…
    salam damai bahagia ….

  165. assalamualaikum ngiring nyimak …lieur …ki …maklumlah …

  166. Huaha ha ha…ketawa itu sehat.tp kalau ketawa sendiri …mumet..qi..qi..slmt malem sedulur..lanjut…nyimak sambil ketawa..haa haa haa..

  167. Petaka Genit

    assalamualaikum
    Salam takdim dan rahayu penuh paseduluran untuk semua sesepuh dan semua sedulur bolowongalus.
    Saya mah nyimak ajah….

  168. sumulungjati

    absen malam..

  169. hmm……

    salam rukun seduluran ..

  170. begawan durna

    kang cah ndeso@ sesepuh KWA smua lg galau……….smoga ttp istiqomah,,,dan kmbali dlm kebersamaan….
    al.
    mungkin maksud ki wong alus…..sy tangkap benar,,,dr pemaparan nya di artikel tersebut,,,,,,beliau mmg gak mau blog ini menjadi sarana komersil tuk pribadi2 yg mendompleng KWA demi uang………………..
    udah ah…mending nonton @KKN di Trans TV…..aseeeek,,BRAMA KUMBARA lg maen Ipad skrg,,,wkkkkkkkkk

  171. absen malam

  172. Dinar emas

    sugeng dalu kyai wildan
    mas wawan sleman …
    mantappp …
    sekedar bagi 2 info .,…

  173. mas dinar emas apa bener bisa ?

  174. Dinar emas

    bener bisa mas wawan ….

  175. kalau melihat turbin ( mesin ) dan gesekan udara di pesawat jet sulit. ini beda dgn model rudal air – udara. manut ae lah hehehe wes bengi,
    saya kaburrrr dulu mas

  176. Dinar emas

    ia silahkan mas wawan ….

  177. KI SAMBER GLEDEK

    Ass wb.
    Hadir pagi2 and salam rahayu utk semuanya,suwun..

  178. gendeng kabeh ……………………. ayo podo tobat

  179. Jampang Kilat

    ……..Senyum……..

  180. Sahabat Sejati

    assalamu’alaikum wa rohmatulloh

    salam rahayu tuk semua sesepuh
    damai selalu
    kembali ke……khittah 2009

  181. Bocha Bumie Tak BerTuan

    satu satu daun berguguran jatuh kebumi di telan usia tak dengar tangis tak dengar tawa reda lah reda. Satu satu tunas muda bersemi… La la la la.,.

  182. Assalamu alaikum wrwb Ki WA dan para Sepuh,salam salim,mohon maaf adakah yg bisa membabarkan ayat ini ( Naruddubikal a’daa minkuli wijhatin wabil ismi narmihim minnal bu’di bisatad) mohon penjabaranya…..nuwun

  183. Wulyoti Samudra

    zakky
    O.!!!!
    .(*1*),salam selamat pa and rahayu slalu.!he5x

  184. Alim

    Assalamu’alaikum Wr Wb.

    absen pagi
    salam salim Ki Wong Alus
    salam damai sedulur kabeh

    kembali ke khittah 2009 artinya…………….
    KWA ( Kembali ke Wajah Aslinya )
    joossssssssssssss……….TOP……….MARKOTOP
    POKOK-E MELU TUR SETUJU.
    jadi penumpang tinggal numpang yang ngatur biar kondektur,
    tolong pak sopir hati2………………
    biar bisa selamat sampai tujuan.

  185. assalamu’alaikum wa rohmatulloh
    @ki wong alus
    @ki om wawas sleman
    @ki suling………
    @ki all warga ……wong alus
    salam rahayu tuk semua sesepuh
    damai selalu

    kembali ke……uud kwa 2009
    amin

  186. @ wulyoti samudra…salam kenalm KI,
    @ KI Lurah
    @ ki Alim
    Salam kenal sedulur semoga semua dlm keadaan sehat wal afiat

  187. Restu Bumi

    salam cium tangan ki Wong Alus dan para bolo alus semua.
    Moga Gusti Alloh memberi kesabaran kepada ki Alus membimbing “anak2nya”.
    Yach namanya juga anak,ada yg merah ada yg biru ada yg putih,dan ada yang ada ada saja hehehe
    SALAM DAMAI SELALU

  188. MBAH ARIFYANTO

    mampir dulu buat absen…..

  189. CKP

    Assalamualaikum wrohmatullohi wabarokatuh kpd smua bolo KWA, absen siang, Alhamdulillah para sesepuh KWA sudah banyak yg masuk kampus lagi.

  190. Sewu pring sewu

    Ikut absen kulo….hehehe

  191. cah ndeso

    absen siang dari ladang buat kwa…………….. salam kanggo kabeh sedulor.

  192. cah angon

    Ki Alus…apakabar???
    hehehe…hehehe…hehehe…

    matahari sinarnya terang…
    awan mendung warnanya abu…
    wahai kawan ya jangan bimbang…
    cawan mbumbung isinya ragu…

    bening air hujannya turun..
    ngiyup siri dipinggir toko…
    penting hadir raganya tuntun…
    ujub diri disingkir mbako…

  193. Maap pak, saya sedikit mengkomentari artikel sebelumnya di sini, soalnya di artikel sebelumnya comment nya di closed.

    Soal KWA atau apapun itu namanya, seharusnya memang tidak usah “ada”. Saya benar2 salut, blog ini sudah kembali ke jati dirinya yg semula, yaitu yg memang blog dan akan jadi blog. Semenjak ada istilah organisasi/komunitas KWA itu, terus terang saya kurang suka. Soalnya terkesan “rame” dan kayak pasar aja. Di sini kan orang nyari ilmu & pengetahuan, khususnya tentang jati diri dan amalan2 ghoib. Betul memang sharing itu bagus, tapi silakan saja bikin blog/website masing-masing untuk menuangkan buah pikirannya, tidak usahlah pake organisasi/perkumpulan/komunitas apa lah namanya. Bila memang ada yg ingin di diskusikan, bisa lewat media telepon/sms/komentar/kirim mail, dsb.

    Saya sebetulnya ingin berkirim mail dari kemarin menyangkut soal ini, tapi ternyata sudah ada kejelasan pernyataan dari bapak. Poin lain yang ingin saya sampaikan adalah mengenai pembuatan website untuk “wong alus”. Lebih detailnya akan saya sampaikan di lain waktu, insya Alloh.

  194. MBAH ARIFYANTO

    IKUT NIMBRUNG AJE:

    MENURUT GUE WONG ALUS MEMANG HARUS PUNYA PRINSIP SENDIRI KARENA SELAKU OWNER BLOG SEKALIGUS SEBAGAI PENCERAH ,JANGAN KI WONG ALUS MENATAP KOMENT PARA PENGGEMARNYA YANG MEMBERI MASUKAN SEMUA SEBAGAI HALANGAN TETAPI TATAPLAH SEBAGAI KEKAYAAN PENDAPAT YANG DISAMPAIKAN DARI PARA PENGGEMAR KEPADA KI WONG ALUS,KARENA MEREKA HADIR ADALAH SEBAGAI PENGGEMAR DAN PECINTA BLOG KWA

    NAH KLO ADA ACARA YANG DISELENGGARAKAN OLEH PARA PENGGEMARNYA MAKA KI WONG ALUS SEBISANYA DAPAT HADIR PALING TIDAK SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN DARI PENDIRI BLOG,KALAU TIDAK YA GAK MASALAH YANG PENTING PENGGEMARNYA ADA WADAH SENDIRI BUAT MENAMPUNG ASPIRASI ATAU GREGET ATAS KECINTAAN PADA BLOG KWA DENGAN ACARA YANG MEREKA BUAT SENDIRI

    BEGITU PULA JIKA MAU MENGUNDANG KI WONG ALUS SEBAGAI BINTANG TAMU HARUS ADA SARANA AKOMODASI YANG DIBERIKAN KEPADA BELIAU,AGAR NANTINYA BELIAU TIDAK PERLU BEA ONGKOS YANG DIKELUARKAN SENDIRI UNTUK MENDATANGI ACARA YANG DISELENGGARAKAN

    KI WONG ALUS SEBAGAI OWNER JUGA BERHAK MEMBUAT ACARA SPRITUAL SEBAGAI PENYAMBUNG PERSAUDARAAN YANG AKAN DIADAKAN
    BEGITU PULA PARA PENGGEMAR BLOG KWA YANG ADA DI NASIONAL ATAU INTERNASIONAL BEBAS UNTUK MENGADAKAN ACARA UNTUK MENYAMBUNG SILATURAHIIM DENGAN PENGGEMAR BLOG KWA YANG LAINNYA,

    NAH DARI SINI MARILAH KITA SINGKIRKAN PERBEDAAN YANG ADA,MARILAH KITA PERKUAT TALI PERSAUDARAAN KITA SEBAGAI SESAMA MANUSIA HILANGKAN PERMUSUHAN DIANTARA KITA,MARI KITA SALING BERUPAYA MEMBENTUK KARAKTER KITA ATAS KEBERSAMAAN LEWAT PERSAUDARAAN
    KARENA RASA PERDAMAIAN DIAWALI DENGAN ADANYA RASA PERSAUDARAAN DIANTARA KITA

    SALAM PERSAUDARAAN

    CLING…

  195. garengpung

    msih nyimak.. skalian absen… Rahayu..

  196. Sepakat…dengan semua pendapat sedulur………rahayu.

  197. @zaky…salam kenal…maaf,membantu menjawab pertanyaan anda terkait penggalan bait jaljalut sughro diatas ( itu bukan ayat alquran )…artinya kurang lebih : Dengan-Mu ( ya Allah ) kami menolak musuh-musuh dari segala arah dan Dengan nama-MU ( ya Allah ) kami melempari mereka dari jauh hingga tercerai berai…
    @salam all bolo wongalus…tata tentrem rahayu…

  198. Panji Anom Sumunar

    ~GURU MURIDE PRIBADI,MURID GURUNE PRIBADI. ~NGLURUG TANPA BALA,TANPA GAMAN. ~MBEDHAH TANPA PERANG,TANPA PEDANG. ~MENANG TANPA MEJAHI TANPA NYAKITI. ~WENANG TANPA NGRUSAK AYU TAN NGRUSAK ADIL. ~YEN UNGGUL,SUJUD BEKTI MARANG SESAMI. Yen bisa dadi MANDOR KLUNGSU, bisa ngawasi lan ngopeni wiji utawa bibit (klungsu) kang wujude cilik,kaudi bisa ing tembe thukul dadi (wit asem) ngrembaka lan santosa,yaiku bibiting bangsa (manungsa) kang kaesthi dadi “wiji aji”. Salam paseduluran lan salam rahayu…

  199. semua adalah perjalanan….
    Allah berkuasa membolak-balikan hati setap insan….kepandaian manusia hanyalah sampai…..meyakini adanya Allah, dalang dari semua kejadian umat manusia…dengan membuat tokoh ebles malaikat, manusia, pohon, kewan, bebatuan dll…semua cerita telah tertulis dalam lauh mahfudz……seorang waliyullah pun hatinya akan diguncangkan oleh Allah sebagai ujian….yang berujung pada pertanyaan siapakah yang paling Kuat, siapakah yang paling langgeng, siapakah yang paling welas asih…..siapakahkah yang paling berilmu….dlll….saat ilmu2 yang dicerap dari KWA gak mempan menghadapi goncangan….baiknya kita sedikit membuang ego..bahwa sesungguhnya ada yang paling kuat diantara kita disini…yaitu Allah swt…………………………….

  200. cah angon

    pusing juga…bahasanya pada tinggi banget…

    mending kita leyeh leyeh…asal jangan luweh…
    biar orang lain reseh…kita tetep pada sumeh…

    maaf nih…hehehehe

  201. yaye'

    assalamu’alaikum ki wongalus.. salam takzim. sejuk rasanya ht mmbaca artikelnya. sy jd tmbh ngerti. kebenaran hakiki mmng milik allah. dn manusia tmptnya salah n khilaf. orang yg berani ngaku salah n merasa brsalah sbnrnya orang itu sdh dkt dngn kbnrn itu sndiri. itu pemahaman sy stlh bc artkl ini. mhn pencerahanya agr sy tdk kliru mmahaminya.. suwun.
    assalamu’alakum wr wb.

  202. adi mamelsix

    absen sore menjelang mlm

  203. alanuari709i

    nyimaxe..

  204. Assalamualaikum wr wb ,Salam salim salaman kagem Poro Sepuh semua,absen malam nderek ndeprok
    @Tukang Angon,,,Salam takzim,salam kenal,terima kasih banyak pembabaranya.

  205. nderek absen malam,
    met malam ki alus,
    mbah lurah
    salam seduluran semuanya

  206. Pandai mengukir kata layaknya pujangga

  207. salam karahayon kagem sedaya sekabat KWA, ndherek slonjoran, wis suwe ora jagongan nang kene…….

  208. otnay

    Njedul…..
    Assalamu’alaikum

    Ooooooo lg pada ribut apaan sih….
    Yo wis ta lungo maneh………
    Assalamu’alaikum
    Salam salim smua….
    Y ud ta luungo
    WessssssssSsssssst
    Ngilang

  209. mbah tsmariosmario pripun kabare

  210. nderek ndeprok mbah wongalus
    salam salim sungkem poro sederek semua

  211. magrib duyuuuuuuuuuu

  212. sehat mbah wawan, niki hari terakhir ditempate mbak ita mangir…….

  213. alexzhao

    ” “

  214. andik

    assalamualaikum..
    salam sukem dumateng ki wong alus…dan rekan2x KWA
    kulo nyuwun tulung pripun kulo saget kepanggeh Bojo kulo.
    1 blan lebih tak ada kabar, kami mau di pisahkan oleh ibu mertua saya…. sementara istri di sembunyikan pihak keluarga mertua..
    langkah apa yg sebaiknya sy tempuh, sholat hajat,shodaqoh,tiap selesai sholat fardhu ku kirim fatikhah ke istri saya.
    saya banyak minta bantuan ke para kyai sepuh, beliau2x bilang pagar istri sy terlalu kuat.
    rekan 2x KWA yg bersedia membantu ,
    saya ucapakan terima kasih..
    wassalamualaikum.

  215. Endang Setyaningsih

    Ass Wr Wb Ki Wongalus da keluarga,
    Selamat telah melahirkan satu anak dengan nama Komunitas Spiritualis sejati,

    Blog ini terbentuk dari Embrio KWA Jakarta yang bermetamorfosa untuk KEMANUSIAAN SEJATI. KWA sebagai anonim Kawula Wong Alit, memang bukan kumpulan orang-orang PROFESSIONAL yang berorientasi kepada MATERI (uang). Walaupun terbentuknya komunitas ini atas prakarsa KWA Jakarta, namun demikian kami menerima para pencinta spiritual DARI SELURUH DUNIA bergabung di KOMUNITAS ini dengan dasar BERDIRI SAMA TINGGI DUDUK SAMA RENDAH.

    Mudah-mudahan KWA terus berkembang, sehingga tercapai Visi dan Misinya , mempererat Hubungan Talisilaturahmi dan Kemanusiaan Sejati terbesar dunia.

    Salam hormat untuk keluarga besar KWA, dan Khusus untuk para ibunda Sembah sujud saya sekeluarga, tanpa seorang ibu isi dunia ini tidak ada yang bernama Manusia.

  216. pwk

    Dumateng Mbah Arifyanto klo mo promosi mohon jangan disini buat blog sendiri aja mbah…. terima kasih

  217. jaya mendung

    Absent sambil ngacung .
    Mbah kyaine kembali ke doa bersama lebih indah.

    Salam salim mbah

  218. MBAH ARIFYANTO

    @pwk:jika anda menyuruh saya jangan beriklan di sini , saya akan memberi syarat pada anda,jabutlah ilmu saya dahulu…….atau klo anda disini punya ilmu supernova
    tolong jabutlah ilmu saya dulu,nanti saya gak capek capek pasang iklan disini,mending saya jadi orang biasa.itu aja saja syaratnya gak usah bertelah teleh
    saya dah punya blog sendiri,itu urusan saya mau kemana saya suka itu terserah saya,mau ke rassa sejati,energi sejati,songgo bumi,komunitas spritualis sejati,jangan ngatur ngatur saya yang anda sendiri sama sekali tidak berkepentingan dengan saya

  219. jaya mendung

    Setuju untuk tidak beriklan dan promosi purely pengetahuan spiritual dll.

  220. @ om wawan sleman
    @ wulyoti samudra…salam kenalm KI,
    @ ki Alim
    @zakky
    @ki all warga ……wong alus
    salam rahayu tuk semua sesepuh
    damai selalu
    Salam kenal sedulur semoga semua dlm keadaan sehat wal afiat

  221. Endang soeroto

    Ass wr wb sedulur sekalian, selamat siang, blog ini milik pribadi kiwongalus,jadi yang berhak melakarang dll ya kiwongalus, sekarang yang indahnya semua menjalin hubungan talisilaturahmi saja,selama yang diposting berarti disetujui oleh kiwongalus,nah sebelum kita kembali,tunjukkan kebesaran jiwa bahwa saling meminta dan memberi maaf agar tujuan mempererat hubungan talisilaturahmi terwujud dengan nyta bukan hnya tuisan.Terimaksih sedulur…….

    wss wr wb.

  222. Sewu pring sewu

    Ijin nyimak…al fatihah sent kagem sedulur sedoyo…

  223. Assalamualaikum wr. wb., Salam Sejahtera dan Salam Rahayu poro sedulurku semuanya.
    Permasalahan sebenarnya dapat dihindari, selama masing-masing yang berkepentingan duduk bersama-sama. Mencari solusi yang terbaik, untuk kepentingan dan kebersamaan dalam satu keluarga besar KWA.
    Saya pribadi, setelah membaca dan melihat komentar2x atas permasalahan ini. Terletak, jalinan komunikasi yang kurang baik.
    Dan, mengenai blog ini adalah blog milik pribadi. Saya kurang sependapat. Sebab, semenjak blog ini berdiri, ada fasilitas untuk memberi komentar ataupun mengisikan data keanggotaan KWA, sehingga dapat dikatakan blog kWA ini adalah milik bersama. Yang di kontrol oleh beberapa orang Admin, Moderasi, dan semacamnya untuk mengatur jalannya Blog ini dengan sebagaimana-mestinya.
    Jadi, bila saya boleh memberi saran. Ada baiknya, segala sesuatunya di bicarakan dan di komunikasi dengan baik dan benar. Agar menghasilkan buah-buah yang baik pula untuk kita semuanya yang ada di dalam naungan KWA itu sendiri.
    Salam-Salim untuk semua poro sedulurku di KWA tercinta ini.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  224. parno

    lagi lagi si rita /lia/evie bikin sandiwara seteah sukses dengan 1 milyardnya skrg jd ganti nama mbah arifyanto….. masih mangkal di blok m teh

  225. parno

    nggak malu jadi alumni standard chartered bank ….terjun di blog ini….ibu evi/lia/rita

  226. boyz to men

    lagi lagi arahan ibu evi kepada pendukungnya tidak tepat sasaran dan tidak ada arahan untuk koreksi mengenai sesungguhnya blog ini milik siapa ….

  227. Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

  228. salam kenal wongalus.wass

  229. Hijrul Karim

    Mugi Pangestu rahayu wilujeng,

    Suatu malam, saya duduk dalam sepi. Tiba-tiba terdengan dari arah paling dalam di keheningan itu, suatu bait-bait berbahasa sanskerta. Bagi saudara-saudara yang memahami, saya sangat menghargai andai ada yang sudi menterjemahkan untuk saya. Baitnya begini :

    KaryaCyuta Mahira Mahacamu
    Ratshamdi zhilarambha
    Hitakamya trilampha
    Tvas tema hadi dhirgham
    Vidharma pat sabhumi hi
    Klamanta sagGa timi ratri
    Svadin Nabhi

    Terimakasih bagi yang menterjemahkan

    Mugi Pangestu Rahayu Wilujeng

  230. Wong pegagan

    @ki wong alus. ki bengawan candu:om wawan sleman: salam kenal buat para sesepuh
    Saya sangat suka dan salut dan bangga menjadi bagian dari blog ini…saya udah daftar jadi anggota no 3718, asal palembang….ada gk perwakilan kwa di wilayah palembang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: