AYO NGAMEN…. JRENNGGG JRENGGG JRENGGGG….


Ya hayyu hiina laa hayya, yaa hayyu muhyil mautaa. ya hayyu laa illaaha illaa anta, allaahumma maddidnaa waj’alnaa min kulli hammin makhrajan wa farajan

Semesta ini bersifat aktif. Bukan pasif. Ia senantiasa dinamis berdasarkan atas hukum internal yang sudah dicangkokkan ke dalam masing-masing hal. Ketika seseorang meniadakan prinsip aktifnya diri ini, dan kemudian melepaskan kewajiban tersebut yang terjadi adalah kemalasan. Malas bekerja, malas membanting tulang, suka berkhayal, melamun dan akhirnya lamunan ini menjurus ke hal-hal yang bertentangan dengan aku sejatinya. Aku sejati bisa dikenali dengan cara menggerakkan akal nurani dan tangan serta kaki untuk bekerja.

 Sejak tahun 1999 saya berprofesi sebagai jurnalis. Saya mencari penghasilan dari bertualang, berpikir, merenung dan kemudian menumpahkan hasil renungan tersebut pada komputer. Saya memandang kehidupan ini sedemikian sederhana dan meskipun kadang menurut beberapa orang pikiran saya ini dianggap bercabang-cabang, njlimet dan ruwet.

 Sebelum menjadi jurnalis, saya merintis menjadi penulis lepas di Yogya untuk sebuah harian yang terbit di Jakarta. Saat itu saya berusaha untuk profesional. Tidak ada yang memerintah dan tidak ada atasan tidak membuat saya lantas ‘nglokro’ atau malas bekerja.  Justeru sebaliknya, energi hidup terasa sedemikian tinggi hingga tiada kata lain selain harus menulis. Dan ini artinya saya bekerja.

 Bekerja tidak harus punya kantor. Tidak harus punya atasan. Tidak harus berada di satu perusahaan. Tidak harus menerima slip gaji setiap bulan. Buktinya, banyak orang yang bekerja secara mandiri dengan kemampuannya, ia mendapatkan banyak penghasilan. Dan karena dulu saya tidak punya modal uang, maka saya hanya bisa memanfaatkan satu modal bawaan dari Tuhan yaitu Sumber Daya Manusia. Inilah modal pengamen…..

 Saya merasakan bekerja sebagai penulis itu sangat gampang. Cukup seonggok mesin ketik butut, lalu menggerakkan jari dan menulis, lantas dimuat di majalah. Modal mesin ketik itu pun saya dapatkan secara gratis hasil pemberian seorang teman. Tetapi harus diingat punya mesin ketik belum tentu merupakan jalan keluar bagi sukses menjadi seorang penulis. Menjadi penulis membutuhkan olah laku penghayatan kehidupan merenungi masalah-masalah, peka terhadap nilai-nilai, kerja keras dengan otak, akal budi, perasaan dan hati nurani.

Terkait dengan hal-hal teknis, misalnya harus punya komputer, punya laptop, punya mesin ketik, maka sebenarnya itu hal yang sekunder.  Saya tidak pernah berpikir serius soal-soal teknis karena itu soal paling gampang. Bisa nunut di kantor, di tetangga, di rumah pacar kalau punya pacar. Yang lebih esensial adalah berjuang agar bisa tekun dan menghargai proses mulai dari satu kata. Ini adalah soal-soal yang kualitatif sifatnya.

 Penulis itu seperti pengamen. Meski ada perbedaannya, Namur kesamaannya terletak pada kalau menjadi pengamen profesional maka dia akan menyanyi lagu yang indah diiringi dengan musik yang indah agar pendengarnya suka. Penulis juga begitu, tulislah dengan sebaik-baiknya agar pembacamu menyukainya.

 Pesan pribadi saya kepada patriot pemburu masa depan: berapa jam kerjamu dalam sehari-hari? Saya kini berusia 40 tahun lebih, dan justru karena itu saya tidur setelah subuh, kemudian pukul 07.00 pagi sudah siap ngamen: perang lagi dengan konsep, kalimat dan kata-kata.

Kalau direnung-renungkan secara lebih mendalam lagi modal saya menjadi penulis dan mencari nafkah sebenarnya  hanyalah sebagai berikut: saya ada karena anugerah Allah. Menyukai belajar dan bekerja keras. Dan keikhlasan Ibu saya dan Anda semua. Dengan tiga hal ini maka diri ini berkembang menyesuaikan dengan irama alam semesta.

Ada apa dengan alam semesta? Kita ketahui, semesta ini adalah medan energi yang sangat besar, medan energi inilah yang membuat alam terus bergerak, planet dan bulan melakukan rotasi dan revolusi, begitu juga dengan komet dan asteroid. Terjadi gravitasi antar partikel sehingga alam semesta ini terus menerus berkembang pesat.

Hidup adalah alam semesta itu sendiri. Hidup adalah berkembang, berubah dan terus berubah menyesuaikan dengan luapan energi yang hadir dari mana mana. Ia harus menampung semua yang ada di langit, planet, bintang, satelit, komet yang tersusun dalam galaksi-galaksi yang terus mengembang dalam satu tempat atau wadah yang jauh lebih besar dari pada langit yang mampu menampung langit itu sendiri.

Hidup memang tidak terdefinisikan sampai kapanpun. Sebagaimana kita yang tiada akan mampu memaknai diri dan hidup kita sendiri secara holistik dan sempurna. Imajinasi dan angan-angan kita tidak akan pernah berhenti. Seperti langit yang demikian luasnya yang tidak terhitung berapa banyak bintang di alam semesta ini dan banyak galaksi-galaksi yang belum ditemukan dan diberi nama?

Ahaiii.. apa ini artinya? Untuk hidup kita perlu bekerja. Bekerja bisa apa saja. Kebetulan saya memilih menjadi penulis. Menjadi penulis, mungkin juga menjadi apapun memerlukan etos kerja. Yaitu kesediaan untuk bekerja keras dan kejam kepada diri sendiri. Kreatif dengan sanggup bekerja maksimal dalam kondisi dan fasilitas yang minimal.

 Maka, ijinkan saya akan terus ngamen ngamen dan ngamen. Saya tidak perduli apa kata anda apakah lagu saya serak atau fals. Yang penting saya akan terus melangkahkan kaki untuk bekerja keras dan yang terbaik untuk hidup. Saya akan memanfaatkan semua yang saya miliki untuk mencari penghasilan. Bukankah Rasulullah secara simbolis mengajurkan kita untuk bekerja keras? ”Pergilah ke hutan, carilah kayu bakar. Itu lebih mulia daripada menjadi peminta-minta….”

 Karena Rasulullah sudah mengajurkan agar kita perlu masuk hutan ini maka kita tidak perlu ragu mencari rezeki yang halal yang diberikan Allah SWT kepada kita. Jadilah pejuang bagi dirinya sendiri dan lingkungan kita, sebab tidak ada perjuangan yang titik tujuan atau hasilnya bisa dipastikan.

Kalau Rasulullah yang menyuruh masuk hutan, kita tidak perlu memastikan dulu apakah di dalamnya ada buah yang dicari, ada harimau atau ular yang rnengancam atau tidak. Tidak perlu riset dulu berapa luas hutan, jenis tanahnya, atau ada warung atau tidak, ada pentas dangdut dan metal atau tidak. Kalau sudah jelas semuanya, baru melangkahkan kaki masuk hutan. Jangan seperti itu. Cukup ucapkan BISMILLAHIRROHMANIRROHIM dan langkahkan kaki untuk mencari rezeki yang halal. Insya alloh kita akan selamat!

Saya percaya Tuhan Maha Pelindung. DIA pun tidak sedang bermain dadu dalam penciptaan alam semesta termasuk mencipta diri saya. Semua sudah diletakkan pas dengan ukurannya.

Apakah kita akan takut mati gara-gara di hutan ada harimau? Apakah saya khawatir beriklan di blog milik sendiri nanti lantas dianggap komersialisasi idealisme sebagai manusia yang berjiwa sosial? Siapakah dirimu yang menakar dengan berani dan menilai dengan separuh mata itu? Bukankah itu sebentuk iri dengan proses yang sedang berjalan ini? Oh, manusia….setitik partikel yang tidak berarti di alam semesta karena dalam dadamu menyembul ujub riya iri dengki dan sombong.. Kemudian merasa mampu menilai Kebesaran Tuhan dan mengadili manusia …..Subhanallah….

 Sudah ah, mohon undur diri dulu sedulur… pengamen mau bekerja…..kulangkahkah kakiku yang rapuh… tinggalkan kota asalku…. jrennggg jrenggg jrengggg….

 @Wongalus, 2012

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA, WONGALUS PENGAMEN | 139 Komentar

Navigasi pos

139 thoughts on “AYO NGAMEN…. JRENNGGG JRENGGG JRENGGGG….

  1. Restu Bumi

    test

  2. Restu Bumi

    ampuh pertamax

  3. Ronggolawe

    Pertamax….absen dulu ah…dah lama gak ngunjungin, salam asih, asah, asuh ki…

  4. melok jreng jreng

  5. rahayu sedulur2… jreng jrengggg….

  6. Restu Bumi

    sangat mengena
    Qobiltu ki Alus

  7. Restu Bumi

    rahayu

  8. jreng jreng dgn semangat bonek dan terserah apa kata dunia,
    mantab boz.

    tapi aku mau berangkat ronda ( ronda di kampung termasuk jreng jreng engak ya ? ) . wes pokoke mangkat disek, hehehe

    pamiTTTTTTTT

  9. seippppp mas wawan, mas restu bumi, mas ronggo lawe… semangatttt….nuwunnn

  10. Mbah komprang

    slmt mlm dan salam rahayu ki wong alus dan para sedulur…,ki wong alus pake gitar jd bunyinya jreeng…jreeng…jreeng…,kalau aku pake ukulele/kenthrung aja ah…biar ringan bawanya…ta..kentrung…ta..kentrung…heekh..heekh..heekh..heekh…

  11. Ahmad bocah shaleh amin

    Assalamu’alaikum… Poro sesepuh lan bolo wong alos..

    Lagi amalin salah satu amalan ni…
    Mohon do’anya ya…
    Semoga di ijabah oleh allah…
    @ki wong alus mohon di aminin
    @all sesepuh&sedulur juga aminin…

    Mathur nwuwon…

  12. agungsedayu

    kulonuwun….sugeng ndalu….
    nderek absen mawon ki Alus….

  13. danang jimboeng

    siip ..numpang lewat aja

  14. biasa2

    qobiltu

  15. harianto

    absen

  16. jreng 25x

  17. Adim

    lagune nopo mbah … rupane kok instrumen tok 🙂 ….

  18. jreeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnng ki alus sedoyo sesepuh

  19. mlmm ki adimmmm

  20. lagunya apa saja mbah…. yuk ngamen bareng ke istana negara agar BBM tidak naik…..hehe … salam damai spanjang hari

  21. sugeng dalu…..salam rahayu…
    ndherek jreng-jreng njeh….

  22. bocah lawu

    Td pg sampe sore ngejrennng jg.. Skrng istirahat disik.
    Met mlm@ki WA n pr dulur.
    Nuwun

  23. Adim

    @ mbah radenkifli mlm juga
    injeh mbah monggo … ngamen teng istana … td sidang paripurna DPR gak berani bahas kenaikan BBM trus di serahkan ke komisi III juga rupanya minder xixixixixi ….

  24. Salah urus negara koq akhirnya mengorbankan rakyat kecil lagi….

  25. Joko Sabar

    Salam rahayu Ki Wong Alus dan sedulur semuanya.Saya setuju dgn artikel panjenengan di atas mbah.
    Rahayu…Rahayu…Rahayu…
    Cek ecek..Cek ecek..Cek ecek..

  26. agungsedayu

    laa ya itu ki Alus….
    kalopun naik moga2 jgn tinggi2,
    daripada program pembatasan bbm.
    ntar kami2 ini di larang jual bensin eceran.
    lak malah cotho to ki saya.
    eh…cotho..basa indonesanya opo ya…..
    yo wis pasrah mawon….

  27. slamet fahruroji

    absen akh…sugeng ndalu sugeng midangetaken lelagon pitutur kang aos….sumonggo unjukanipun sami karahapan kanti mardikaning penggalih.

  28. slamet fahruroji

    ngamen lagunza iwan fals mawon,galang rambu anarki kayaknya pas dgn dgn kahanan skrg ini..bbm naik tinggi susu tak terbeli orang pintar tarik subsidi anak kami kurang gizi….

  29. lelembut_ireng

    menteri dan pejabat sdh berjuang keras dan membahu dlm memeras smua SDA&SDM,msalah korupsi sdh merajalela dr akar smp pusat,korupsi hny bs dihentikan dgn pembantaian massal dr akar smp pusat2nya.kertas yg pth berwarna hitam sbg cnth perwatakan dr penghianatan diri pd hati.sbg garis tolak ukur kecilnya adalah sebuah azimat yg dimaharkan dgn mahar tgi blm tentu membwa faedah bgi pmakainya krn pmakainya tdk mengerti hal2 ghaib.itulah hdup,yg pintar menindas yg bodoh,lah yg pintar msh dimanfaatkan olh org

  30. lelembut_ireng

    kehidupan adalah napak tilas dr perjalanalan yg slu mempertemukan kita pada persimpangan hati antara dua pilihan,antra baik dan buruk,antara bisikan ingsun ingkang lungguh ing ati atau bisikan iblis dgn keindahan gemerlap dunia,dlm stiap persimpangan itu akn mnentukn goresan dmi goresan untaian alur hdup yg pth atau hitam.

  31. lelembut_ireng

    dlm satu ruang lingkup pkerjaan,sya mrasakan tertekan dan teraniaya olh stiap jalan pmikiran para pemimpin.dlm lngkup yg kcl saja para pemimpin yg memegang amanah slu mementingkan background dr orang tua atau teman relasinya.yg berawal dr background menjalar dlm mslah skap keseharian bahkan dlm masalah penghasilan.keuletan dan ijazah tdk menentukan sudut pandang keadilan

  32. lelembut_ireng

    inilah hdup yg slu membwa qt dlm sebuah persimpangan,saat jejak lngkah kcl qt mnapaki mgkin qt akn sgera terhempas dlm sebuah ujian hdup yg bru.

  33. Pangeran brungbung

    Ikutan gabung ngamen ne dari madura ki???boleh kan gabung di blog wong alus?
    salam takdim juga buat pinisepuh wong alus

  34. Wong Samar

    Qiqiqi…

    Moso sih Calon Bupati Sidoarjo = Ngamen … Gluprakkkkkkk

    Klu sy penganggur trs ngamen yah wajar saja Eyang Guruku WA qiqiqi…

  35. Ali Zaidi

    Ass.wr.wb. Permisi Ki Wong Alus, Sebuah kalimat majazi yang indah, penuh nilai filsafat kehidupan yang patut jadi referensi bagi setiap pribadi yang ingin mandiri dalam memberdayakan dirinya menuju langkah sukses masa depan. Sebuah idealisme dan prinsip hidup yang harus dilampaui dengan keyakinan diri bahwa dengan BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM segalanya akan menjadi mudah. Sebagaimana Rasulullah mengajarkan : LAA YABDA-U BIBISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM. Salam sukses buat Ki Wong Alus dan poro sedulur KWA dimana saja kalian berada. Amiin.

  36. Adim

    @ WONG SAMAR
    WONG NGAMEN NIKU CALON BUPATI PERIODE KBERAPA ????? 🙂 😀 🙂 🙂 🙂

  37. Wong Samar

    @ eyang guru ADiM : salam rahayu

    Nah Lohhhhh bukannya skrg …. Beliau jd Calon Bupati Sidoarjo ????

  38. Wong Plosok Riau

    nyimak ki…………..

  39. Restu Bumi

    semangat malam

  40. Pangeran brungbung

    Mudah-mudahan kita jadi manusia yang sesungguhnya dan mengerti apa arti syahadat yang sebenarnya???

  41. YOAN

    eeeeeeeeeee………..walau suara sumbang ki kalau lagunya bagus ya gak apa2…..malah jadi punya ciri khas ki……..

  42. Ijin nyimak… Ki

  43. Restu Bumi

    ki pangeran brungbung@ silahkan d babar arti syahadat yg sebenarnya ki.
    Mohon pencerahanya

  44. Restu Bumi

    ki pangeran brungbung@ silahkan d babar arti syahadat yg sebenarnya ki.
    Mohon pencerahanya
    Rahayu

  45. jrenggg…hadir

  46. ridwan

    Assalamu’allaikum….salam hangat unt semua…artikel diatas sungguh menawan unt menemukan sbuah jati diri dlm kehidupan…berkikhtiarlah dan biarlah Allah yg menyempurnakan ikhtiar kita smua.,

  47. ridwan

    Lelembut ireng : smakin smpean brnafsu belajar kasyaf…maka smpean akan tdk akan menemukan makna sebuah kasyaf it sendiri.. Kasyaf it dari hati yg brsih… Salam rahayu bwt smua…never sai die’

  48. hari

    nyimak ki

  49. Wong kedirjo

    Ayo daftar tempat terbatas,ayo daftar tempat terbatas,siapa aja boleh daftar termasuk sesepuh dan sadulur semua,semua dikenakan biaya tidak ada yang gratis,silahkan sms kontak langsung kesini..crek crek crek gunjreng crek crek gunjreng…

  50. Wong kedirjo

    Ayo crek crek gunjreng…semuanya ayo sukseskan acara ini tapi harus korban uang belanja,korbankan uang susu anak untuk acara ini…crek crek gunjreng

  51. Wong kedirjo

    Crek crek gunjreng….kwa lagi nyari duit,ayo yang kaya dan yang miskin silahkan daptar….dijamin uangnya habis dan waktu terbuang sia2…crek crek gunjreng

  52. Bambang Permadi

    Mantab boz. ting ting ting

  53. Wong kedirjo

    Crek crek gunjreng….siapa yang iklan dan promosi hanya kwa yang terang2an disini..,.jangan salahkan orang lain tapi salahkan yang disinh….crek crek gunjreng

  54. Wong kedirjo

    Crek gunjreng gunjreng crek gunjreng gunjreng…..AYO DISINI KITA BERNYANYI SUARAKAN KATA DEMOKRASI….AYO DAFTAR SUPAYA ANE DAPAT KOMISI DARI KWA SUPAYA DAPAT BELI SUSU ANAK…crek gunjreng gunjreng crek gunjreng gunjreng

  55. Wong kedirjo

    Crek gunjreng gunjreng….ayo semua tidak ada yang GRATIS SEMUA HARUS BAYAR TIDAK PANDANG BULU

  56. Cakji

    Semangat pagi duluuur
    semangat ngamen…….

  57. aku pengin isa nulis kaya njenengan Mas
    terus melu ngamen

  58. @mBAH Wong Samar: oalahhhh…. Panjenengan kan yang ngajari saya nyari rezeki dengan mengamen toh… sippp…

  59. Eyang Tomy: hehehe…keliru mas, saya lah yang kudu belajar sama eyang sepuh penancap tonggak tanah Jawa… rahayu ki…

  60. Alim

    Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Absen hadir …
    nderek nyimak….

    salam salim dumateng Ki Alus dan sedulur kabeh

  61. Alim

    Pangapunten Ki Alus……
    Saya hanya mampu memberikan sedekah berupa SALAM atas ngamen panjenengan.
    mugi ketampi nggih Ki………………???

  62. mas Alim: waalaikumsalam wr wb.. salam karaharjan mas.. nuwun

  63. Alim

    Alhamdulillah……….
    Barokallohulii walakumul ‘afiah.

  64. bocah lawu

    Met pagi @ki Alus @semua
    met aktifitas sukses

  65. caem(bocah manut)

    oalah…. yang paling enak itu jadi orang manut wae….mo bbm naik mau harga2 naik, mau ngamen, apapun yg penting manut ikutin arus wae…..klo ga bisa beli bbm ya ga usah naik motor,klo ga bisa beli bahan sembako ya puasa…klo mau kerja ya naik sepeda pancal biar dpt kringat dan hilangkan diabetes…..kita puasa ya enak..ga mungkin kena obesitas, yg sudah kurus kering ya nganut ilmu breathing aja, cuma nafas tok….ga usah protes ga usah ribut…nikmati apa yg ada…adeemmmm..
    maaf yg ga setuju ma saya, saya hanya bocah manut biasa aja…ga ada pikiran macem2..
    rahayu..rahayu..

  66. Mas Caem (bocah manut): ajaran sumarah yang mantap mas.. hehe.. nuwun

  67. garengpung

    Salam Salim ki Alus.. Sedulur sedoyo…
    badhe derek mirengaken nyanyianipun.. sinambi makaryo..
    Rahayu

  68. mari ngamen…klunik…seketan (limapuluhan)….

  69. Mbah Komprang

    Assalamu’alaikum…slmt siang dan salam rahayu ki wong alus dan para sedulur…,@ki wong alus,ngamen bareng sma aku ya…,ki wong alus bwa gitar dan aku bwa kentrung/ukulele,jd ntar bunyinya jreeenng…truung…jreeeng…truung…heekh..heekh..heekh..,kangmas@wong kedirjo,kalau smuanya gratis itu sama halnya kita hanya minta2..,kalau ada pinisepuh yg dgn ikhlas mengijazahkan keilmuannya di k.w.a ini scra gratis,itu bkn brrti dgn kegratisannya ilmu tlh di ijazahkan trsbt lngsng msk k dlm diri kita,kita browsing internet aja jg tdk gratis,yg di warnet jg byr,yg pke hp sndiri jg hrs menyediakan pulsanya,seandainya itu warnet mlk sndiri jg hrs byr listriknya,bgitupun jg dgn keilmuan trsbt walaupun gratis tanpa mahar tp tdk gratis hrs dan hrs di bayar jg dgn lelaku prihatin/riyadhoh,baik yg pake wirid aja maupun jg yg di sertai dgn puasa. sklh di SD saja yg gratis dr pemerintah jg tdk gratis smuanya,buku utk mncatat/menulis pelajaran jg hrs beli oleh msng2 murid,bagi yg dkt di sklhn bs gratis tanpa ongkos perjalanan tp bagi yg jauh dr sklhn perlu ongkos utk naik angkot,becak,ojek,jd kalau utk mndptkan yg gratis smuanya tdk ada,kita memohon kpd ALLAH SWT walaupun gratis apakah skali kita berdoa akan langsung di kabulkan hajat kita??kan smuanya hrs kita bayar dgn kesabaran,keikhlasan,kateguhan tekad,bhwa doa yg kita panjatkan insya Allah bs di ijabahi oleh ALLAH SWT.Gegayuhane ngelmu iku kelakone kanthi laku,lekase lawan kas,tegese kas nyantosani,setya budi pangekere dur angkara. ooaalaahh…ngomong opo aku iki yo…snajan aku ngomong gratis nanging ora gratis…lhawong pulsaku dadi kelong alias berkurang heekh…heekh…heekh…heekh…,

  70. Mbah Komprang

    Pada gulangen ing kalbu,ing sasmita pinrih lantip,aja demen mangan nendra,kaprawiran den kaesthi,pesunen saliranira,sudanen dahar lan guling

  71. watuireng

    salam….mas Wong Alus…..
    memang kampus ini perlu peneyegaran dengan tulisan tulisan seperti ini,, semoga bermanfaat..ditunggu tulisan selanjutnya Mas….semoga…

  72. hasil ngamen dapat limapuluh/ seketan

    50 berasal dari

    20 sifat wajib Allah +20 sifat mustahil Allah (kebaliakan wajib)+1 jaiz =41
    4 sifat wajib nabi (sidiq,fatonah ,amanah, tabligh)+ sifat mustahil nabi(kebalikan wajib)+ 1 jaiz = 9

    41+9 = 50 =lima puluh= seket ==>> sekaten ….ayo ngamen….

  73. banyulumut

    salam rahayu poro sdulur2….

  74. Restu Bumi

    ngintip..
    Kali aja ada pengamen yg memberi pelajaran kehidupan hehehe
    Munyes ssob

  75. robi93

    ikut nyimak Ki Wongalus , slam persaudaraan dari saya untuk sesepuh semua .

  76. NasrudinKB

    slam persaudaraan dari saya untuk sesepuh semua .

  77. salam peseduluran
    Salam ketemu lagi… makin mantaps saat ini bny anggota semakin hebat2. rajin mengamalkan keilmuannya…
    Selamat berritual ria..
    Salam buat semua sesepuh yang ada.

  78. ***_nurcahyo_***

    SIKASIKSIKASIK…,.KI…………..? Shahdu merdu merajut di qolbu …amiiiin…..

  79. ardi

    semangat ki… Terus smangat… Doaku buat sampean slalu ki…

  80. Boedi alwa

    Assalamu’alaikum wr wb
    Nyimak

  81. absen malam .
    nyantai habis ngamen dr pagi.

  82. Assalamualaikum wr wb,absen malam,nyimak sambil slonjoran

  83. lelembut_ireng

    mas ridwan matursuwun atas petunjukipun.

  84. slonjoran yukkkkkk

  85. Sugeng ndalu Mas Wawan,,salam karaharjan, monggo selonjoran….hehehe
    Kalau gak salah kayaknya pernah ketemu sekali ya Om wawan,di tempat Mas Ilman yg orang madura …mudah2an betul Om wawan itu
    Nyuwun ngapunten kalau salah

  86. Pangeran brungbung

    Ma’af baru bisa online krn lagi sbk di sawah?
    Ya beginilah hidupku jadi wong deso??
    Ki restu bumi@
    mslh syahadat udah di babar ma ki wong alus.
    Assyhaduallailahaillah=aku bersaksi tiada tuhan selain allah.
    Pertanyaan qta siapa tu allah kenapa qta hrs bersaksi ma allah?
    maka dengan itu ki wong alus telah babar cpa tu allah?
    20sifat wajib
    20sifat mustahil
    1 jaiz.
    Wa assyhaduanna muhammadarrasullah=
    dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad itu adalah utusan allah
    maka dengan itu ki wong alus juga telah jelaskan
    4 sifat nabi(sidiq,fatonah, amanah tabliq)
    4 sifat mustahil nabi dan
    1 jaiz.
    Insya allah begitu ki penjelasannya untuk lebih afdol biar ki wong alus yang menjelaskannya?
    Buat ki wong alus ma’afkan saya kalau salah dalam menafsirkannya krn q hanya manusia yang dho’if yg tdk tau apa-apa yang hidup di desa dengan arit dan cangkul?
    salam takdim juga buat semua pinisepuh wong alus.

  87. bocah lawu

    absen malam

  88. Adim

    Mendukung Mas Wildan alias Kiwongalus sebagai Bupati Sidoarjo untuk masa jabatan 2015 – 2020. amin

  89. Leave a Reply

    semakin membingungkan

  90. adam

    Ass Wr Wb …
    Salam hormat saya utk seluruh sesepuh, pengijasah dan seluruh anggota KWA sejagat raya.
    Selamat berjihad dengan profesi masing-masing …

  91. Ki Samber Gledek

    Hadir lan salam jreng jreng lur dulur sedoyo.!he5x

  92. bUNTILeNAK

    hii…hii…hii…hii…ak mau nyalon jd bupati kethoprak saja aaakh…walaupun gajinya di bayar tiap hbs pentas di panggung dan gajinya pas2an tp ak ttp bersyukur krn itu mpkn hsl jerih payah slama krja di panggung dan bs menghibur penonton/rakyat,pertanggung jawabanku hnya pd saat pentas d panggung saja,lain dgn mreka para bupati dan pemimpin yg lainnya tanggungjawabnya dunia dan akhirat krn mreka trlbh dulu di sumpah dgn menyebut nama TUHAN YME,tp pd kenyataanya sumpah mereka hanya sbuah ucapan belaka tdk sampe msk k dlm hati mrka shngga hanya manis di bibir yg dower saja dan tdk trbukti kenyataannya hii…hii…hii…hii…,yg kaya makin kaya…yg miskin makin miskin…,seorng pemimpin itu ibarat seorang ratu/raja,sabda nata dan jg sabda nyata,mrka cma hanya bs sabda nata aja dgn bibir dowernya shngga bs membius rakyat yg dipimpinnya tp knyataannya sabda nyatanya tdk trbukti,maka dr itulah bnyk bencana/huru hara krn dr tingkah laku para pemimpinnya trsbt yg suka mengumbar janji yg mengandalkan sabda nata saja tp sabda nyatanya tdk trbukti dgn sesuai sumpah dan janjinya dan malah menjadikan rakyat smakin trpuruk,

  93. Pangeran brungbung

    Tidak pantas rasanya diri ini yang mengaku islam.udah bersyahadat namun tidak pernah bersaksi akan syahadatnya kalau qta sudah bersyahadat siap siaplah tuk bersaksi kepada allah? Dan kpd junjungan qta nabi muhammad s.a.w.
    Sedangkan qta oleh rasul di ajarkan tentang sifat yang 4.
    Siddiq=benar beliau tidak pernah berbohong kpd ummatnya pantaskah qta bersaksi klw kebohongan msh ada di dalam diri qta..?
    Fatonah=bijaksana beliau tidak pernah KKN. Pantaskah qta yg bersaksi msh melakukan keputusan ya tebang pilih?
    Siapa yang banyak duit dia yg benar?
    Amanah=amanah(titipan)beliau di beri amanah wahyu oleh Allah melalui malaikat jibril tidak pernah 1ayatpun yg beliau kurangi atw melebihkan pantaskah qta yg bersaksi mengemban amanah ini msh melakukan korupsi pemotongan dana dan msh byk lg yg mgkn qta bs tau sndri??
    Tabliq=menyampaikan. nabi muhammad biarpun beliau d cerca di maki di ludahin?beliau tetap menyampaikan yang haq adalah haq dan yang batil tetap batil? Pantaskah qta yg bersaksi ini menyamarkan sesuatu yg wajib qta sampaikan?meskipun qta tau tp krn ada penghalang(atasan,guru,bupati,camat pak kalebun/lurah.)qta tidak menyampaikan?.
    Ya robbi msh pantaskah diri ini di sebut Islam tp diriq ini msh belum sempurna dalam bersyahadat???

  94. Restu Bumi

    ki Pangeran Brungbung@ makasih pencerahanya(tolong jgn pangil saya dg sebutan ki)
    Kalo artinya shahadat saya tahu tp saya gk paham ki.
    Shahadat kan bersaksi,lha saya ini menyaksikan malaikat aja blm bisa apalagi dgn Penguasa Hidup.
    Lha Kanjeng Rosululloh aja udah wafat ribuan tahun sebelum saya lahir trus bgmn bersaksinya.
    Ini yg bikin saya bingung(obat skt kepala habis 10 butirpun ttp bingung)maaf saya hanya orang awam yg tk tau apa2.
    Kalo dah d posting sama Wong Alus,postingan yg mana ya?
    Nuwun
    Rahayu

  95. Mantap artikelnya, pak! Tepat & mengena..cocok untuk dijadikan penyemangat 😀

  96. Restu Bumi

    mumet ra ilang2 gara2 gk paham

  97. Pangeran brungbung

    Saya jga bkan kyai mas restu
    saya jga anak wong deso yg g’tau apa”?nah itu ki wong alus dah ksh kuncinya tentang sifat-sifat Allah
    sifat-sifat nabi muhammad
    yg jumlahnya ada 50.
    Dan aku cma bsa sdikit babar tentang muhammadurrasullah.

  98. MBAH ARIFYANTO

    nyimak sambil buat wedang kopi jahe…..ada yang mau??

  99. daeng tata

    mbah arif mau dunk jopi jahenya….

  100. MBAH ARIFYANTO

    OKE BOSS SIAP DIANTAR………….

  101. Pangeran brungbung

    Mbah pesen kopi yg agk pahit ya mbah?mumpung mw msuk sayyidul ayyam???

  102. MBAH ARIFYANTO

    @PANGERAN BRUMBUNG:PAKE KOPI LUWAK ATAU ROBUSTA,MAU MIX DENGAN COCONUT ATAU MOCCA????SIAP ANTARRR

  103. Pangeran brungbung

    Terserah ma mbah yg pentg rasanya bikin mantap?
    G’ush d antr q mw minum di sni aj mbah biar lebih ueenaak

  104. mencari ridho allah.henny.b

    pesan satu Ya Mbah Arifyanto

  105. agungsedayu

    iso ning ora weruh…
    weruh ning wis ora iso…

  106. Hadir utk menyapa sedulur2…sdh 3 hri gk bisa internetan jaringan eror.

  107. umat islam

    Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
    Aku bersaksi tiada tuhan selain ALLAH..
    dan aku bersaksi MUHAMMAD itu adalah utusan ALLAH..

    Klu nunggu kesaksian doank itu tak akan terjadi tanpa adanya “Kenal”. Kita harus bisa mengenalNya, agar bersaksi yg kita ucapan pada syahadat, tidak sekedar membohongi diri sendiri. gimana cara mengenalNya?? udah di jelaskan dikitab Alqur’an agar setiap muslim mengikuti syariat islam, mengerjakan perintahNya.. dan menjahui laranganNYa.. Mudah bukan… teman2.

    so gak perlu pake acara musing2.. atau muter2 lg tu kepala untuk mencari tau siapa tu ALLAH SWT. Kita ini cuma setitik debu di hadapanNya.. begitu banyak dan nyata terpampang di kehidupan kita tentang KebesaranNya.

  108. Pangeran brungbung

    G’ada yang buat muter muter
    mengetahui aqo’id yang 50 tu kan wajib qta ketahui tu jga ada dlm ilmu syariat kok?kan g’perlu muter-muter?

  109. begawan durna

    jreng,,,jreeeng,,,,5 W 1 H,,,,cukup sdh menyentil sumber dan fokus berita,,,,salam dunia jurnalistik,,,,from eks,,wartawan sinar pagi jkt.

  110. sipat wajib Allah 20 itu ayo senandung..”Qodiron, muridan, samak , bashor, mutakaliman……………………………..”.jreng-jreng-jreng

    sifat mustahil Allah ya “tidak yang 20 itu”
    sifat yang mustahil untuk nabi=tidak sidiq, tidak fatonah, tidak tabligh, tidak amanah

  111. begawan durna

    kadang memang bgitu mas,,,ki wong alus,,,kt diremehkan,,,di hina,,,pdhal kt bs menjatuhkan negara ini melalui tulisan ataupun berita,,,pantang mundur kang,,,slama kt hidup dlm kejujuran dan bkn pengemis,,wl kdg kata hati hrs memilih antara tulisan yg akan di ekspose atau beras di rmh yg sdh mulai menipis,,,anda pasti paham……..

  112. Ndobos kabeh..pinter kanggo minteri uwong liyo…

  113. Ki Samber Gledek

    Absen pagi and sambil minum yp anget2 nich.!!

  114. lelembut_ireng

    mhn ptnjuk dr sgenap sesepuh,hal2 apa saja yg hrs diperhatikan dan ditekankan agar dlm proses pmanggilan khodam dpt mencapai kemungkinan 70% berharsil

  115. laskar lembu suro

    aslkm salam hormat kagem sedulur sedoyo.

  116. bocah lawu

    Absen pagi
    met pagi n met aktifitas.
    Dongo di ndongo mg2 lancar…golek sandang pangan…adoh teko balak..tentrem sak keluarga..

  117. lelembut_ireng

    monggoh poro sesepuh kaliyan pini sepuh yg mempunyai wawasan dlm hal mempermudah pemanggilan khodam,kulo dibantu ptnjukipun.

  118. lia satu milyar

    mohon disabar yah satu milyar nya turunnya dua tahun lagi

  119. lia satu milyar

    sementara ini bantu saya menyakinkan nangisnya saya ….padahal umurku sudah kepala lima puluhan canggihnya teknologi manjurnya susuk dan akting ….semakin banyak orang tertipu…….cari mangsa di daerah lain selamat tinggal

  120. lia satu milyar

    sementara yang punya anak silakan casting dulu ….nanti akan dihubungi kemungkinan enam bulan lagi dan bantu corat coret di blog ini saya untung nggak perlu menulis cukup kasih harapan yang nggak jelas kapan uangnya keluar

  121. MBAH ARIFYANTO

    kopi…kopi…kopinya bang biar gak ngantuk,

  122. Ada rahasia di balik rahasia,.

  123. agus kentus

    @ supra salam guyup (guyu lan ngiyup) maksudte piye rahasia di balik rahasia nek udang di balik rempeyek wes pernah mangan hahahahahahahahahaha ampun nesu seng panteng ojo jotos — jatosan

  124. mila

    ki wong alus cangkrukanya kok di hpus.sy mila smggu lg mau di PHK pr sesepuh di kwa mhon bantuan amalan2 spy sy gk jd di PHK.kmrn sdh da yg beri nasehat tp blm smpat sy catat cangkruakanya dah di hpus.sya mohon dngn sngt bntuan dr sesepuh kwa

  125. SATE USUS

    HERAN DUNIA MAYA ….BANYAK ORANG DISURUH KOMENTARIN DEMI JANJI UANG PADAHAL BLOG INI ENTAH MILIK SIAPA …..SEMUA TERTIPU

  126. SATE USUS

    DAN SEMUA KEMBALI KE IBU LIA

  127. c@h CiLikwingisore

    absen malem

  128. Ass.Salam rahayu ki wong alus,RRK,sesepuh sareng wargi KWAsadayana..wilujeng pateupang sono di udara…

  129. jelema laip

    absen malem juga

  130. Saya juga pengin jadi penulis seprti sampean kang, ngamen online,
    ajarin aq jadi penulis kang

  131. @ Ki Wong Alus,

    Sekarang khan sudah jadi pejabat pemerintah.
    Jadi sudah nyaman , berangkat pagi pulang siang.
    Liburannya panjangggggggggggggggggggggg.

    Sore baru ngamen sampai pagi
    memenuhi hobby
    jadi tinggal bersyukur
    nganti ora bersyukur yo kwalat

    @ Ki Wawan Sleman,
    Koq ngetok maneh
    Kemana aja

  132. Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

  133. Rio

    Salam hormat kagem poro sesepuh lan sedulur semua anggota bolo wongallus, semoga qta selalu dlm arahan dan bimbinganNya aamiin

  134. … Assalamualaikum..
    . Selamat sore sedulur-sudulur ku sekalian.
    . Apa kabar? Lama gak nongol ke kwa…

  135. yudie kelana

    Saya ingin ngamen di alam gaib akh” hihihiiixx.. salam paseduluran buat semuanya dan juga kepada ki wongalus. salam takjub . banyak pencerahan yang saya temukan pada tulisan ki wongalus.

  136. hadiiiirz

  137. Yudie kelana

    Assalamualaikum saya ingin bertanya kepada KI WONGALUS atau sedulur semua bagaimana cara mengirim artikel ilmu ke blog wongalus ini. niat ingin berbagi. wassalam.

  138. Wong Bego

    Hem !!!!!!! Saya nggak ngira kalau Ki Wong Alus Masih muda ???? kelahiran tahun 1971 { ada darah kyai juga daran ningrat ?????? Masih semuda itu kok bisa mbabar ber macam2 ilmu kasepuhan ????, kejawen ????? termasuk Tareqat !!!!!! Pancen linuwih !!!! Mangga dilanjut Ki ! dalem tak nyimak !!!

  139. JR berbagi

    Hehehe
    Bukan ngamen sembarang ngamen
    Leres mboten pa kyai?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: