DIBALIK MUSIBAH SUKHOI YANG MENELAM 46 KORBAN JIWA


Wongalus

 WAWANCARA SOSOK GURU KEBATINAN TANAH JAWA: 

”ILMU DUNYA SEHEBAT APAPUN TAK MAMPU MENGALAHKAN ILMU BATIN”

 Sukhoi Superjet 100 dari Russia adalah pesawat penumpang canggih. Namun akhirnya harus menabrak tebing di Gunung Salak  yang memang sering memakan korban. Mari bersama dilihat dari sisi supranatural.

Gunung Salak sebenarnya berdiri dengan anggun di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini mengagumkan dan itu sebabnya banyak pendaki gunung yang melakukan pendakian di sana. Sebenarnya gunung itu tidak begitu tinggi yaitu 2.221 meter dibanding dengan pegunungan lain di Jawa yang mencapai 3000 meter lebih. Namun kenapa gunung ini menyimpan misteri kecelakaan-kecelakaan pesawat berujung maut?

 Setidaknya kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di sekitar Gunung Salak antara lain Helikopter Sikorsky, Pesawat Cessna, Pesawat Cassa, Pesawat latih jenis Sundowner, Helikopter Puma dan terakhir Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang sedang melakukan joy flight saat pengetesan dan promosinya untuk maskapai-maskapai di Indonesia, hilang kontak di kawasan Gunung Salak, Bogor, pada hari Rabu 9 Mei 2012 

Pesawat Sukhoi buatan Rusia kali ini jatuh dengan kondisi mengenaskan. Badan pesawat pecah berkeping-keping. Mirip seperti sebuah gelas yang dilempar ke dinding dengan sangat keras.

 Pesawat tersebut dioperasikan oleh pilot senior terbaik Rusia yaitu Aleksandr Yablontsev, co-pilot Aleksandr Kochetkov. Dan terdapat 45 penumpang, 8 di antaranya merupakan kru asal Russia, 2 orang Italia, satu orang warga negara Perancis dan satu orang warga negara Amerika.

 Tak hanya pesawat, manusia yang sedang mendaki pun terkadang bisa ‘hilang kontak’ di kawasan Gunung Salak. Pada April tahun 1987 lalu, pernah ada pula tujuh pendaki dari siswa STM Pembangunan, Jakarta Timur, ditemukan tewas di kawasan gunung itu. Mereka terperosok ke jurang di Curug Orok yang memiliki kedalaman sekitar 400 meter di punggung gunung.

 Gunung Salak lebih populer sebagai ajang tempat pendidikan bagi klub-klub pecinta alam, terutama sekali daerah punggungan Salak II. Ini dikarenakan medan hutannya yang rapat dan juga jarang pendaki yang mengunjungi gunung ini. Gunung ini memiliki jalur yang cukup sulit bagi para pendaki pemula. Hal ini dikarenakan di jalur yang dilewati jarang ditemukan cadangan air.

 Gunung Salak memiliki keunikan tersendiri baik karakteristik hutannya maupun medannya. Untuk tipe gunung serendah itu, Gunung Salak termasuk memiliki medan yang tergolong sulit ditembus, itu sebabnya gunung ini sangat cocok dijadikan lokasi latihan oleh berbagai kalangan pencinta alam dan militer.

 Di wilayah gunung Salak, untuk mencari sumber mata air saja, pendaki tidak boleh sembarangan mengambilnya dari anak-anak sungai disana karena hampir semua air di sungai tersebut masih mengandung sulfur yang berbahaya untuk tubuh.

Di kawahnya yang juga disebut “kawah ratu” masih terdapat sumber sulfur dan belerang baik berupa gas, uap ataupun kubangan yang panas dan mendidih. Pernah juga siswa-siswa SMP di Jawa Barat dan jjuga masih ada sederet peristiwa di wilayah “kawah ratu” ini yang meninggal dunia. Ini diakibatkan kawah tersebut dapat dengan tiba-tiba mengeluarkan asap belerang yang dapat meracuni paru-paru. Karena kondisi inilah, maka Kawah Ratu dianggap angker dan berbahaya oleh para pencinta alam.

 Masyarakat Sunda yang tinggal di sekitar Gunung Salak meyakini disanalah tempat bersemayam dan turunnya para Batara dari Kahyangan sehingga sering disebut gunung kabuyutan. Peran gunung sebagai kabuyut dapat dilihat dari cerita-cerita rakyat dan juga tuturan para pini sepuh. Gunung Salak ini juga dipercaya merupakan asal usul kehidupan sehingga siapa yang dapat menemukan hakekatnya akan menjadi manusia arif.

 Menurut masyarakat, nama Salak berasal dari Siloka dan salaka yang berarti simbol atau tanda dan juga asal-usul. Masyarakat adat disana periodik menggelar acara-acara ritual seperti seren taun, muludan, yang hakekatnya adalah penghormatan terhadap alam.

 Selain misterius dan memiliki keterkaitan kuat dengan kepercayaan adat, di Gunung Salak ditemukan penemuan arkeologis berupa bebatuan yang berbentuk Punden Berundak dari masa neolithikum atau zaman batu baru di daerah Bogor. Tempat penemuan arkeologis itu sampai sekarang masih terjaga dan terawat dengan baik. Masyarakat meyakini bahwa di tempat tersebut pada masa lalu adalah pusat kekuasaan Sunda pada zaman baheula.

Sedangkan di daerah Girijaya juga selain terdapat batuan berupa Punden Berundak, walau lebih kecil dari yang terdapat di Bogor. Punden berundak yang terdapat di Jalur Girijaya, bila kita hendak mendaki puncak gunung Salak ini, dipercaya juga sebagai petilasan dari Eyang Santri ketika beliau berkhalwat. Di daerah ini juga terdapat makam yang diyakini oleh masyarakat sebagai makam keramat. Pada malam hari, terutama malam-malam tertentu makam dipenuhi peziarah. Makam ini merupakan makan Eyang Santri.

 Siapa Eyang Santri?

Eyang Santri sesungguhnya adalah Pangeran Djojokusumo, kerabat dekat Trah Mangkunegaran, cucu kandung Pangeran Sambernyowo atau Mangkunegoro I dan anak kandung dari putera Sambernyowo yaitu Pangeran Prabuamidjojo.  di masa lalu Keraton Mangkunegaran hubungannya amat dekat dengan Trah Bangsawan-Bangsawan Madura terutama Pamekasan, karena bantuan mereka pada konflik Mataram sebelum Giyanti 1755. Pernikahan ini kerap kali dijodohkan, Pangeran Prabuamidjojo dijodohkan oleh Pangeran Sambernyowo ayahnya, yang juga Mangkunegoro I dengan Puteri Ayu Trikusumo, puteri Pangeran Cakraningrat penguasa Pamekasan, Madura. Dari pernikahan inilah lahir Pangeran Djojokusumo yang sejak lahir memiliki kekuatan daya pikir dan daya batin yang linuwih.

Pangeran Djojokusumo lahir pada tahun 1770, di masa remajanya ia banyak berguru dengan banyak ulama, bahkan ia sampai belajar mengaji dan mendalami ilmu agama di Pasiriyan, Jawa Timur. Semasa muda ia bersahabat dengan Pangeran Sosroningrat dan Pangeran Jungut Mandurareja yang juga merupakan kakak dari Raden Mas Sugandi yang kelak menjadi Pakubuwono V. Adanya hubungan saudara antara Pangeran Djojokusumo dengan Pangeran-Pangeran dari Kasunanan Solo membuat dia semangkin akrab dan bersama-sama belajar sastra Jawa. Raden Mas Sugandi diangkat menjadi Putera Mahkota Pakubuwono sekitar tahun 1811 dan bergelar Adipati Anom Amangku Negoro III. Di masa inilah Pakubuwono IV memberikan latihan bagi Adipati Anom untuk mempelajari seluruh aspek kehidupan masyarakat, susastra dan segala permasalahan social agar kelak menjadi raja ia siap. Adipati Anom dibantu oleh Pangeran Jungut Mandurareja dan Pangeran Sosroningrat menyusun dasar-dasar pemerintahan, selain itu Pangeran Djojokusumo diminta bantuannya dalam nasihat-nasihat kepada Putera Mahkota.

Pada tahun 1814 Adipati Anom mencetuskan ide agar dibuat sebuah serat yang mempelajari seluk beluk masyarakat Jawa. Serat ini kemudian diperintahkan kepada satu tim yang terdiri dari : Raden Ronggosutresno yang telah berkeliling Jawa bagian Timur, Raden Ngabehi Yosodipuro II yang amat mengerti Jawa Bagian Barat serta Kyai Muhammad Ilhar yang tau masalah seluk beluk agama, disini kemudian semua fasilitas dibantu oleh Pangeran Jungut Mandurareja yang menguasai Perdikan Ngawonggo dan penguasa Klaten saat itu. Disini juga perlu dicatat tambahan-tambahan pihak yang membantu terselesaikannya serat centhini termasuk Pangeran Djojokusumo, masa serat centhini ini semasa dengan terbitnya sastra Serat Suryaraja yang berisi ramalan akan datang masanya Keraton Yogyakarta mengalahkan Keraton Surakarta dan menyatukan kerajaan Mataram ke dalam bentuknya yang semula.

Setelah selesainya Serat Centhini, Pangeran Djojokusumo tertarik dengan cerita-cerita yang diuraikan oleh Raden Ronggosutresno dan Sostrodipuro tentang keindahan Pulau Jawa, akhirnya Pangeran Djojokusumo memutuskan untuk berkeliling Jawa.

Dalam keliling Jawa itu ia menikmati keindahan Pulau Jawa yang ia catat ‘Sebuah Pulau yang teramat indah’. Ia kunjungi seluruh makam-makam keramat, ia kunjungi ulama dan ahli kebatinan dan ‘ngangsu ilmu’. Kemampuan ilmu-nya luar biasa tinggi. Pada tahun 1823 Pakubuwono V sahabatnya itu wafat dia dipanggil pulang ke Solo untuk menjadi penasihat Pakubuwono VI saat itu Pangeran Djojokusumo sedang berada di Sumedang, . Sesampainya di Solo ia merasakan akan ada perubahan besar di bumi Jawa, ia akhirnya bertapa sebentar di sebuah danau bernama Cengklik di pinggiran Kota Solo. Di danau itu ia mendapatkan wangsit bahwa ‘Jawa akan masuk ke pinggir jurangnya, tapi kelak Jawa akan bersinar cerah secerah matahari pagi’. Masa suram inilah yang membuat Pangeran Djojokusumo akhirnya sadar bahwa perang akan diiringi dengan kelaparan hebat.

Pangeran Djojokusumo membaca bahwa ‘sebentar lagi ada perang besar’ yang bisa menjadikan kemungkinan Raja Jawa kembali menguasai pelabuhan-pelabuhan penting di Semarang dan Tuban serta menguasai Surabaya kelak kalau Surabaya bisa ditaklukkan maka impian Sultan Agung akan tercapai dan Mataram kembali mewujud. Tapi apakah keadaan itu bisa terwujud. Pada tahun 1824 Pangeran Diponegoro menonjok Patih Danuredjo di Kepatihan karena persoalan patok jalan yang digunakan Belanda untuk membangun jalan dari Semarang-Yogya, patok jalan itu rencananya akan jadi jalan penghubung ke pusat jalan kota di Banaran, Banaran dijadikan tangsi terakhir Belanda sebelum masuk Yogyakarta. Pangeran Diponegoro menolak tanahnya dicaplok Belanda tanpa ijin ia akhirnya berkelahi dengan Pangeran Danuredjo dan konflik ini berkembang menjadi perlawanan massa.

Sehabis menonjok muka Patih Danurejo, Pangeran Diponegoro langsung menemui pamannya Pangeran Mangkubumi, pamannya berkata dengan amat hati-hati : “Emosimu akan menjadikan Jawa sebagai lautan darah” lalu Mangkubumi berkata lagi “Tapi kamu akan jadi pahlawan di hati rakyat, bila kamu memulai perang, hubungi banyak ulama, karena ulama-lah yang akan membelamu” dan Pangeran Mangkubumi merekomendasikan agar Pangeran Diponegoro menemui Kyai Abdani dan Kyai Anom ulama paling berpengaruh di Tembayat, Klaten juga menemui Kyai Modjo ulama yang berpengaruh di Modjo, Surakarta.

Pada Mei 1824, Pangeran Diponegoro mulai membangun jaringan ulama dan bangsawan, di Banyumas ia mendapat dukungan para Kenthol banyumasan dan para Bangsawan ningrat, di pesisir timur ia mendapatkan dukungan dari Pangeran Tjondronegoro II yang menguasai Tuban, Sidoardjo dan Mojokerto sementara di Solo ia disuruh bertemu dengan Pakubuwono VI. Pertemuan Pakubuwono VI dan Pangeran Diponegoro adalah titik paling penting Perang Jawa 1825-1830, karena dari jaminan Pakubuwono VI, Pangeran Diponegoro percaya diri melawan Belanda dan Antek-anteknya di Keraton Yogya. Pertemuan ini berawal dari kunjungan diam-diam Pangeran Diponegoro kepada Kyai Modjo, yang kemudian Kyai Modjo mengantarkan Pangeran Diponegoro ke rumah Raden Mas Prawirodigdoyo, penguasa Boyolali dan merupakan bangsawan paling radikal di jamannya. Raden Mas Prawirodigdoyo langsung menjamin akan menyediakan pasukan sejumlah 6000 orang yang bisa mendukung Pangeran Diponegoro. Lalu Raden Mas Prawirodigdoyo berkata “Dukungan ini bisa aku lakukan asal ada perintah dari Sinuwun Pakubuwono VI”.

Pangeran Diponegoro akhirnya disarankan untuk bertemu langsung dengan Sinuwun Pakubuwono VI, yang memfasilitasi pertemuan ini adalah Pangeran Mangkubumi, paman Pangeran Diponegoro yang luas koneksinya. Pangeran Mangkubumi menghubungi sahabat lamanya Pangeran Djojokusumo dan meminta Sinuwun agar berkehendak menjumpai Pangeran Diponegoro.

Pangeran Mangkubumi lalu datang ke kota Solo dan berkunjung ke rumah Pangeran Djojokusumo disana hadir Pangeran Jungut Mandurareja yang juga paman Pakubuwono VI, disini Pangeran Mangkubumi menjelaskan seluruh duduk persoalan kenapa Pangeran Diponegoro bermusuhan dengan pihak Kepatihan. Pangeran Djojokusumo dan Pangeran Jungut memperhatikan dengan seksama cerita Pangeran Mangkubumi, lalu setelah selesai cerita, Pangeran Jungut berkata “Akan ada pencaplokan tanah besar-besaran oleh Belanda untuk kepentingan kekayaan mereka, sekarang masalahnya berani atau tidak orang Jawa melawan orang Hollanda itu?” kata Pangeran Jungut, Pangeran Djojokusumo hanya memejamkan matanya dan mengheningkan jiwanya, lalu tak lama ia membuka matanya dan berkata

“Akan ada banjir darah di Jawa, dan ada gelombang kelaparan tapi setelah itu Jawa akan berjaya, akan menjadi seperti Majapahit. Aku mendukung dimas Pangeran Diponegoro, sebagai pemimpinku untuk melawan Belanda, tapi kita harus bermain strategis, kalau keponakan-ku Pakubuwono VI ketahuan mendukung Pangeran Diponegoro maka Solo akan dihantam habis, dibikin crah, dibuat huru hara, itu malah memperlemah barisan perlawanan, ada baiknya perjanjian dukungan dengan Pangeran Diponegoro dibuat diam-diam”. Akhirnya Pangeran Djojokusumo meminta agar Pangeran Mangkubumi menunggunya di desa Paras Boyolali, karena ia dan Pangeran Jungut akan mengajak Sinuwun Pakubuwono VI bertapa tiga hari di gunung Merbabu.

Pangeran Djojokusumo dan Pangeran Jungut Mandurorejo bertemu dengan Pakubuwono VI meminta agar Pakubuwono VI mendukung Pangeran Diponegoro, pertemuan ini juga dilanjutkan dengan perjalanan ke gunung Merbabu untuk mengajak Pakubuwono VI bertapa dan menenangkan diri untuk mengambil keputusan, setelah bertapa Pangeran Djojokusumo mengajak Pakubuwono ke desa Paras di Boyolali untuk berjumpa dengan Pangeran Mangkubumi, disinilah kemudian terjadi kesepakatan rahasia dimana Pembesar Yogyakarta dan Pembesar Surakarta sepakat melawan Belanda.

Setelah kesepakatan Paras, Boyolali. Mereka : Pakubuwono VI, Pangeran Djojokusumo dan Pangeran Jungut Mandurorejo serta serombongan pengawal menuju alas Krendowahono di sekitar Karanganyar, disini mereka berjumpa dengan Pangeran Diponegoro yang sudah ditemani Kyai Modjo dan Raden Prawirodigdoyo. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan saling tidak mengganggu antara pihak Solo dengan konflik di Yogyakarta dan apabila Solo diminta membantu Belanda dalam perang nanti, maka Solo akan memberi data-data intelijen kepada Pangeran Diponegoro serta melakukan ‘perang sandiwara’. Disini juga perlu dicatat seorang sastrawan muda bernama Ronggowarsito yang hadir dalam pertemuan di Krendowahono, kelak 20 tahun kemudian Ronggowarsito mencatat peristiwa ini sebagai bentuk rasa kebangkitan harga diri orang Jawa.

Singkatnya Perang Diponegoro meletus, ditengah Perang ketika Lasem berhasil direbut Sang Pangeran, ada pertemuan lanjutan yang membahas penghadangan pasukan di Semarang dan sabotase yang membutuhkan bantuan pihak Solo. Suatu malam Pangeran Diponegoro datang ke Keraton Surakarta, namun rencana ini bocor karena ada pengkhianat yang melaporkan kepada Belanda akan ada tamu dari Yogya tengah malam, pasukan Belanda datang mengepung Keraton dan mencari tamu itu, namun tidak ketemu, Kereta kuda Pangeran Diponegoro rupanya dipendam oleh prajurit Keraton dan Pangeran Diponegoro meloncati tembok alun-alun utara lalu berlari ke arah Pasar Kliwon dan bersembunyi di sana sampai lima hari.

Perang Diponegoro akhirnya selesai dengan kekalahan banyak pihak, Pakubuwono VI ditangkap karena terbongkar rahasianya oleh Residen Semarang yang menemukan banyak data dukungan Solo kepada Yogya. Pangeran Djojokusumo juga dicurigai terlibat oleh Belanda, namun Pangeran Djojokusumo akhirnya melarikan diri ke Bagelen lalu ke Cilacap, disinipun ia dikepung banyak pendukung Belanda dan dengan menyamar sebagai petani ia ke Sukabumi tepatnya ke desa Cidahu, disana ia menyamar sebagai petani cabe dan petani sawah, ia juga mengajar mengaji penduduk sana.

Di Cidahu, Pangeran Djojokusumo dipanggil eyang santri. Setelah Perang Diponegoro lama usai, di tahun 1850 datanglah beberapa orang santri utusan dari Solo yang mencari Pangeran Djojokusumo mereka meminta Pangeran pulang ke Solo, tapi Pangeran menolak dan memilih menjadi petani saja di desa Cidahu. Sejak itu Eyang Santri dikunjungi banyak pejuang dan aktivis politik yang menentang Belanda.

Usia Eyang Santri mencapai 159 tahun. Ia menjadi saksi berlangsungnya kekalahan Jawa dan bangkitnya rasa kebangsaan. Ia dikunjungi banyak ahli kebatinan dan para pemimpin politik. Di tahun 1880-an ia dikunjungi oleh Wahidin Sudirohusodo yang sedang berkeliling Jawa untuk menyadarkan fungsi pendidikan bagi kaum pribumi dalam menghadapi jaman modern. Pada suatu pagi Wahidin naik gunung salak dan berupaya menemui Eyang Santri, setelah dirumah eyang Santri, Wahidin disuruh mandi di kolam air panas dan bermeditasi.

Disana juga eyang santri mengajarkan tentang rasa kebangsaan, harga diri sebagai manusia dan kekuatan batin. Dari dasar-dasar yang ditanamkan Eyang Santri-lah maka Wahidin merasa kuat membangun rasa kebangsaan sebuah bangsa yang baru bangsa Indonesia. Selain Wahidin yang kerap datang ke rumah Eyang Santri adalah Dirk Van Hinloopen Labberton ahli teosofi Belanda yang belajar filosofi kebatinan Jawa.

Di awal tahun 1900-an HOS Tjokroaminoto dengan ditemani Sosrokardono juga kerap mampir ke rumah eyang santri, bahkan pembentukan afdeeling A Sarekat Islam di Garut mereka minta doa restu kepada Eyang Santri yang menanamkan rasa kebangsaan dan harga diri manusia untuk bebas. Pangeran ahli sufi dari Yogyakarta, Pangeran Suryomentaram juga pernah datang ke Cidahu, waktu itu ia masih amat muda, begitu juga dengan ahli tirakat Ndoro Purbo dan Drs. RMP Sosrokartono, ahli kebatinan Jawa sekaligus kakak Raden Ajeng Kartini, Raden Mas Panji Sosrokartono datang berguru ke Eyang Santri.

Bung Karno sendiri diajak oleh Tjokroaminoto ke Cidahu sebelum Bung Karno masuk ke THS (sekarang ITB) Bandung, setelah masuk ke THS beberapa kali Bung Karno datang menemui Eyang Santri dan digembeleng kekuatan batin untuk melawan Belanda.

Eyang santri wafat tahun 1829 di usianya yang 159 tahun. Itulah jasa Eyang sebagai guru sesepuh kebatinan para pejuang masa lalu kita.

Berikut wawancara imajiner saya dengan Eyang Santri:  

 Wongalus: Assalamualaikum

Eyang santri: Waalaikum salam wr wb.

 Wongalus: Sugeng siang, Rahayu Eyang… Mohon perkenaan eyang saya ingin menghadap untuk mohon wejangan dan pitutur.

 Eyang Santri: ya le silahkan….

 Wongalus: Eyang adalah guru para sesepuh kebatinan tanah Jawa, apa yang sesungguhnya terjadi dalam musibah jatuhya pesawat Sukhoi?

 Eyang Santri: Kesombongan di hati pilot dan manusia umumnya. Merasa hebat dengan ilmu-ilmu dunya sehingga mendapatkan celaka karena melanggar hukum alam, jadi alam yang mengingatkan mereka

 Wongalus: Apakah itu berarti ada yang dilanggar saat pesawat melintas diatas Gunung Salak?

 Eyang Santri: Pasti le.. pilot harusnya mengucapkan salam kepada semua penghuni gaib diwilayah ini dan itu tidak dilakukan. Di hati Pilot ada kesombongan dirinya punya banyak pengalaman dan di atas gunung yang kujaga ini malah ingin mempertunjukkan kesombongannya.

 Wongalus: lalu apa yang terjadi eyang?

 Eyang Santri: Sebenarnya sudah ada penghuni gaib masuk ke batin pilot untuk mengingatkan dan menyarankan agar pilot mengucapkan salam takzim kepada penghuni goib disemua wilayah bumi khususnya di wilayah gunung salak saat melintas di atasnya. Namun di batin pilot menolak memberi salam, awalnya perang batin terjadi pada diri pilot itu.

 Wongalus: selanjutnya?

 Eyang Santri: Pilot malah ingin mempertontonkan kepintarannya menyetir pesawat, ia turunkan pesawat dari ketinggian dan akhirnya menabrak gunung yang kami jaga ini. Kesombongan pilot membuat penghuni goib disini tersinggung dan mengganjarnya dengan musibah. Tamu harus tahu sopan santun.

 Wongalus: Astaghfirullahaladzim… korban telah jatuh eyang

 Eyang santri: Semoga Gusti Allah memberi tempat terbaik sesuai dengan amal perbuatan mereka. Bagi keluarga yang ditinggalkan, sabar dan tabah karena ini sudah takdir.

 Wongalus: Apa yang bisa kita ambil hikmah dan manfaat dari kejadian ini, eyang?

 Eyang Santri:  sehebat apapun ilmu dunya, tak akan mampu mengalahkan kekuatan alam dan kekuatan batin bangsa kita. Kita ini bangsa yang unggul karena disinilah kawah candradimuka dan sebagai pendidikan kekuatan batin manusia. Maka kalau ingin selamat dunia akhirat, pelajari dan kemudian olah batinmu dengan laku tirakat agar menjadi tajam akan tanda-tanda kekuasaan Gusti Allah. Gusti Kang Murbeng Dumadi, Sang Pencipta Alam semesta. Hargai dan hormati alam ciptaan Allah baik yang nyata maupun yang goib, jangan sekali kali merusak dan menunjukkan kesombongan karena nanti ada hukum karma sebab dan akibat.

 Wongalus: Terima kasih Eyang, petuah dan wejangan eyang ini akan bermanfaat bagi kami. Sungkem saya untuk semua sesepuh penghuni goib yang ada di sana.

 Eyang Santri: ya le… semoga yang membaca tulisanmu mendapatkan pelajaran kejadian ini.

 Wongalus: Assalamualaikum

 Eyang Santri: Waalaikumsalam wr wb

 @@@

About these ads
Categories: MUSIBAH SUKHOI SUPERJET 100 | 276 Komentar

Navigasi tulisan

276 gagasan untuk “DIBALIK MUSIBAH SUKHOI YANG MENELAM 46 KORBAN JIWA

  1. kyai tajug

    pertamaxxx,,,cuma satu kata,,,,,”subhanallah”

  2. Judika

    Premium.

  3. kyai tajug

    keduaxxx,,,kalau boleh tau,,gimana ya caranya,,,bisa berbincang2 seperti itu dengan orang yang sudah lama meninggal dunia,,,?sungguh besar dan luas ilmu Allah,,betapa beruntungya orang2 yang diberikan anugrah besar seperti itu,,”,maasya Allah”,,,,

  4. kisambergledek

    Nyimak.

  5. Joko Sabar

    Salam rahayu…
    Semoga kita diberi keselamatan dunia akhirat.Amin…

  6. kisambergledek

    Mana yg lainya ko pd blm ngampus nich.!?he5x

  7. kisambergledek

    Kopi kopiii.!

  8. pangeran brumbung

    hadir mbah…?jd ingat pesen ki wong alus wktu bertemu ki semar?rupanya inilah kejadiannya?
    Subhanallah wala ilahaillah wa allahuakbar

  9. daeng tata

    Hanya krn pilot ga mengucapkan salam pada penghuni ghaib para penumpang jadi korban.kasihan dan menyedihkan…

  10. Absen dulu sambil nunggu yg jual kopi lewat, sekalian mau nyewa tikernya buat ndeprok

  11. kesumawijaya

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Ni mug meow ane, ngampus sebentar aje dulu, buru buru mao ke-tmpt perlindungan hewan.. Hehe udah ditunggu sang meow dan hewan lain disono. Ijin pamit Mbah Sifu.

    Waasalamualaikum.

  12. balakaciprut

    Setuju sekali …Sesuai dengan salah satu rukun iman, meyakini adanya yang Ghaib, orang orang tua kita dulu sering memberikan pepatah kalau mendatangi suatu tempat apalagi kawasan tertentu minimal secara sadar didalam hati mengucapkan salam atau kulonuwun, menjaga sopan santun, tdk sompral dlm berbicara..
    Mbah Sambergledek saya pesen kopinya..!

  13. baru bs hadir,slm2 bt smua sdulur sepuh yg dah pd tanda tangan absen.
    slmt mlm mnggu bt para jombloker.bt yg dah pd sepuh seperti.yut gledek,om judika,kang yai tajug,om joko yg sabar,tante kusumawjaya,om brumbung,om daengtata,om raden gomink,om balakaciprut,cukup dirumah z ya muter2 tasbih.
    rahayu,..rahayu

  14. iman

    jiah terlambat aftur ngantri

  15. tsmario

    nderek nyimak, sinambi dlosoran….

  16. sugeng dalu ki,leras sanget ngendikane eyang santri,manungso saiki podho ngunggulake kapinterane dewe,nopo malih inkang badhe kadaden wonten tnah jawi?amung pasrah dateng gusti kang moho kuoso kemawon,,,,

  17. mamy

    tolong jangan kaitkan dengan mistis musibah ini
    kita tunggu kotak hitam nanti kita tau jawabannya

  18. nyimak ki,smoga kisah ini menjadikan kita sadar,bahwa ada dunia yg tak tampak…
    dan tidak sombong dgn ilmu titipan dari gusti allah…

  19. bambang

    biasalah sesuatu yg sdah terjdi psti bru menyadari klo mnusia itu memang mahluk yg msh bnyk ekurangn dlm sgl hal ttp tdk mnydarinya klo yg pintar itu msh ad yg lbh pintar mk jgn sekali kali measa sombong dgn kelebihan yg ada.
    ki sambergledek > Sandal tekle kecmplung kali tmbang gole aluong bali azizah ku manaa ah ngopi dulu sedoyo nipun

  20. kisambergledek

    Balakaciprut
    Mbahglempeng
    Mbak zizah37
    Mana mug nya biar tak penuhin kofi mantapnya,hehehe

  21. beniX theX

    ass wr wb

    nyimak, no komen

  22. pangeran brumbung

    pesen kopi mbah gledek?
    Sambil duduk di pojokan.
    Alangkah lebih baiknya qta sama-sama kirimkan fatihah bagi para korban…
    Monggo mbah gledek fatihahnya di pimpin biar semua bolo wong alus bc fatihah 1xbuat para korban.,

  23. kisambergledek

    Pangeran brumbung
    Kopi siap di luncurkan mbah,dan utk korban sukhoi yg muslim dan taat insya allah syahit meninggalnya mbah,he5x

  24. pramudya

    aslmuakaikum ki alus..
    sy mau tny bgmn carany bila sy ingin jd anggota KWA
    nuwun..wasalam

  25. itu karena pilotnya gan yg bego. tidak tahu apa kalo indo punya gunung segede salak?

  26. pangeran brumbung

    mkch kopinya…mbah?mdh-mdhan begitu mbah?mereka mati syahiddunya wal akhirat…

  27. kesumawijaya

    Asalamualaikum wr wb
    @ Mbah Gledek
    Dari tadi udah antri nunggu nescafe saya ni mug meow masih tetap kosong loh Mbah Sifu.
    @ Mbahglempeng
    Hehe seperti biasa salam manis untuk ente.
    @ Saudara Bambang
    Azizah yang mana tu Mbah.. hehe

    Biasanya kemalangan pesawat terjadi 60-70% disebbkan kesilapan manusia. Ertinya pilot/engineer/technician tidak melakukan pemeriksaan yang teliti walaupun mereka semuanya berpengelaman luas dlm tugas mereka. Jika kemalangan ini disebbkan factor mechanical, instrumentnya tidak berfungsi dgn baik walaupun ia product/model terbaru dipasaran. Ambil sahja contoh kereta2 model baru yang diedarkan selang beberapa bulan on the road pasti ada recall campaign. Saya tidak berani menyentuh factor mistik yang menyebabkan kemalangan pesawat ini kerna saya kurang arif dlm soal ini. Apa pun tunggu sahja laporan dari kotak hitam.

    Salam rahayu dan salam manis

  28. Ki Arsali

    apapun yg menjadi penyebabnya..human error kah, mechanical error kah,,,semoga kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah d balik musibah tsb..mdh2n amal mereka di terima d sisiNya dan keluarga yg di tinggalkan d berikan ketabahan….amin 3x al fatihah sent…

  29. mp

    kekuasaan allah tidak terbatas

  30. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Sugeng dhalu kagem Ki Wongalus…..
    Absen malam….ndherek nyimak….ten pojok ….
    Mbah Ki Samber gledhek…..pesen kopinya yaaa…

  31. jack ingn d cintai

    ijin nyimak dan ngambil pelajaran..salam takdzim poro sepuh..kopi sent..

  32. ansorry sanusi

    leyeh leyeh ….nyruput kopi karo nyimak…salam kagem sesepuh KWA sedoyo

  33. agungs3dayu

    salam salim sepuh
    ki Alus ki Sambergledek mbak Zizah37
    ki Balakaciprut Mbahglempeng Pangeran brumbung dan semua yg hadir.
    ki Alus. ….la pilot copilotnya lak wong londho rusia to ki… mreka gak percaya hal hal spiritual ya ki….

  34. saiiiiiii

    semangat malam guru2&sedulur smua..
    absen&Nyimak..
    .
    .
    Salam rahayu&salam KWAngen bwt smua.

  35. kesumawijaya

    Asalamualaikum wr wb
    @ Agungs3dayu
    Salam salem kembali – Terima kasih
    Take care ya :)

  36. Asalammualaikum wwb. salam hormat buat ki.Alus ki. sambergledek ane pesen kopi jgn terlalu manis jgn pake lama ditunggu ya ki, mangga dilanjut ane tetap nyimak cling…slonjoran nunggu kopi.

  37. Fauzan

    Dialog dengan orang mati diatas sesungguhnya dialog dengan jin,soalnya mati dan roh adalah urusan Allah seperti firman Allah :

    “Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan: “Roh itu dari perkara urusan Tuhanku; dan kamu tidak diberikan ilmu pengetahuan melainkan sedikit sahaja”. (Al-Isra :85)
    Jangan Percaya dengan orang yg bisa dialoq dengan arwah orang mati,WASPADALAH !!!bisa bisa nanti terjebak Musrik !!! alias dosa yg tdk terampuni

  38. Slmt mlm,,ikut absen ,ikut nyimak ,
    Tak lupa salam salim buat semua sesepuh KWA,,,Mbah gledek ikut pesen mocacinonya Mbah,,

  39. Ki Cantrik

    ijin nyimak dan menambah pengetahuan…. AL-FATEHAH untuk semua korban musibah pesawat Sukhoi, semoga arwahnya diterima di sisi ALLAH S.W.T ….amiiinnnnn…

  40. Ki Cantrik

    Monggo kopinya @Kisambergledek dibuatkan untuk poro sedulur sedulur, saya yang traktir khusus untuk para bolo kWA sambil baca AL-Fateha an untuk para korban…. :)

  41. Laskar Cinta Asmara

    ZAKKY
    SIAP KOPI SEGERA DI LUNCURKAN MBAH,SAMPEAN JARANG ABSEN APA LG BYK LATIAN TO MBAH.?HE5X
    MBAH KASAN MBELING
    MAU KOPI PAIT APA KOPI SUSU MBAH.?HE5X
    MBAH ZIZAH37
    MANA MUG NYA MBAK,BIAR TAK PENUHIN LAGI,.HE5X

  42. Laskar Cinta Asmara

    ZAKKY
    SIAP KOPI SEGERA DI LUNCURKAN MBAH,SAMPEAN JARANG ABSEN APA LG BYK LATIAN TO MBAH.?HE5X
    MBAH KASAN MBELING
    MAU KOPI PAIT APA KOPI SUSU MBAH.?HE5X
    MBAH ZIZAH37
    MANA MUG NYA MBAK,BIAR TAK PENUHIN LAGI,.HE5X.

  43. Laskar Cinta Asmara

    kopinya mbah gledek tak obral mumpung mbahe wis turu ni.hahahahaha
    skrg kabuuuuuuuuuurrr

  44. pembela ra neko neko

    nyimak.

  45. pembela ra neko neko

    laskar asmara
    mau kopi satu,kirim yo.!hohohoho

  46. ABSEN ‎​ SЄĹƏ♍ƏƬ-ÞƏǤΐ ‎​

    Salam salim sesepuh semua
    Salam Hormat kami untuk :
    @Ki Wongalus
    @Mbah Samber gledek
    @Mbah laskar Cinta
    @Mbak Zizah
    @Mbak Sekar Setra
    @Mbah Wawan Sleman
    @Mbah Selor
    @Mbah Pecinta Habib
    @Mbah glempeng
    @Mbah Kyai Tajug
    @Mbah Joko Sabar
    @Mbah Dewa besi
    @Mbah Pangeran Brumbung
    @Mbah Daeng tata
    @Mbah Balakaciprut
    @Mbah tsmario
    @Mbah Radenmasgomink
    @Mbah Kesumawijaya
    @Mbah Arsali

    Dan Mbah2 semua yg belum kesebut mohon maaf,,semangat ‎​ SЄĹƏ♍Əƭ-ÞƏǥΐ ‎​ monggo lanjut Kopi Kopinya Mbah gledek,,,mangga

  47. Kapal Api

    ….

    Stlh bc artikel diatas ternyata Eyang Santri cuma senyum senyum saja

    ….

  48. kidewabesi

    salam penyejuk jiwa.

  49. JEMENANG RIAUSIRUT

    Ngampus lagi nih
    Absen Pagi
    …………………………………………………………………………………………………………………………….GUNUNG SALAK!!!!!!?????
    tiba-tiba ingat tragedi Titanik…teringat pula tragedi Bermuda Tri angle
    Faktor X???!!!
    …………………………………………………………………………………………………………………………….
    Pening ah.garuk-garuk jidat
    …………………………………………………………………………………………………………………………….
    Selamat beraktifitas untuk semua bolo alus
    Wujudkan Orang Kaya Pungai

  50. JEMENANG RIAUSIRUT

    eh…baru nyambung nih.
    saya suka tuh coment @KESUMAWIJAYA
    ……………………………………………………………………………………………………………………………
    BLACK BOX IS THE KEY
    ……………………………………………………………………………………………………………………………
    pesan kopi dulu ah sama @Ki SamberGledek
    “Assalamu’alaikum Ki SG,kopinya satu”

  51. kidewabesi

    bagi yg beranggapan bahwa orang yg sudah mati itu tdk dapat di ajak komunikasih adalah salah besar,
    memang benar adanya dan kl kt sdh meninggal itu rohnya kembali ke alam barzah padang maqshar,dan tetapi kt hrs tahu bahwasanya dlm raga kt ini ada yg namanya JIN QORIN,
    JIN QORIN inilah kelak yg akan mewakili kt di alam dunia setelah kt meninggal,!
    Selama apa yg kt lakukan di alam dunia ini dan akan di jiplak percis oleh Jin qorin ini,
    ada pertanyaa.??xexexe

  52. kidewabesi

    bagi yg beranggapan bahwa orang yg sudah mati itu tdk dapat di ajak komunikasih adalah salah besar,
    memang benar adanya dan kl kt sdh meninggal itu rohnya kembali ke alam barzah padang maqshar,dan tetapi kt hrs tahu bahwasanya dlm raga kt ini ada yg namanya JIN QORIN,
    JIN QORIN inilah kelak yg akan mewakili kt di alam dunia setelah kt meninggal,!
    Selama apa yg kt lakukan di alam dunia ini dan akan di jiplak percis oleh Jin qorin ini,
    ada pertanyaa.??xexexexe

  53. surga tlah bangkrut

    Kok janggal bnget ya critanya: katanya tingkat spiritualnya tinggi tp krn hanya prsoalan gk memberi uluk salam kok bisa2nya brani ngorbankan nyawa bnyk orang???!!! *yg dimksud penghuni ghoib disitu itu siapa sbnrnya?? Klo dulunya ketika msih brada di alam fisik (msih hidup) mngaku umatnya rasulullah…kok skrg dg mudahnya mnghilangkan nyawa org hnya krn prsoalan spt itu?? Lha emng dl baginda rasul prnh brtindak demikian.
    Alam ghoib sungguh mnyimpan bnyk jebakan2 halus, apalagi bg org2 ƔάϞƍ belum mumpuni keilmuannya pstilah dg mudah mnjdi korbannya..makanya dr hari ke hari smakin bnyk beredar berita2 konyol

  54. JUDIKA

    Nyimak sambil manggut manggut ngantuk,panjang banget sih bacanya,kekeke

  55. JUDIKA

    Kidewabesi
    Tul betul ki,memang bgt adanya,
    LCA
    Lapak kopi yut gledek jgn di obral bgt om,awas ntk kena marah sampean,kekee
    surga tlah bangkrut,
    Memang harus berhati hati apabila mau melintasi gunung salak tsb,dan apalagi malam2 mendekati malam jumat kliwon,krn di tempat tsb selalu ada pesta besar2an sesama mahluq ghaib,kekekekeke

  56. surga tlah bangkrut

    Ki dewa besi: prnyataan anda itu ‎​∫∂♍∂ saja dengan mnyatakan bhwa org ƔάϞƍ dah meninggal ya gk bs diajak brkomunikasi lg, ƔάϞƍ bs ya cm jin qorin dr org ƔάϞƍ meninggal itu aja. Dan jin qorin ya jin qorin, dia cm pendamping dan bkn diri kita, btw tak ada satupun ƔάϞƍ brhak mewakili ssorg kecuali dirinya sendiri.
    Kl anda bicara jk org ƔάϞƍ meninggal smuanya trkumpul di padang masyar trus gmn dg para auliyah ƔάϞƍ dah wafat??

  57. Fauzan

    Kidewabesi,Manusia kok diwakilkan sama jin qorin,wah payah bgt,manusia derajatnya diatas jin qorin.

    Qorin adalah jin yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkannya. Karena itu, qorin termasuk setan dari kalangan jin.

    Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
    Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

    وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

    “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

    Nah mosok kita sebagai manusia mau diwakilkan ama setan ???Nauzubillah min zalik !!!
    Sekali lagi komunikasi dengan arwah sesungguhnya komunikasi dengan Jin,penuh tipu daya,bisa terjebak ke Musrik !!!

  58. pembela ra neko neko

    wah keblinger kabeh ki wong wong,
    jin qorin yg di maksud kidewa besi itu konteknya yg dlm hal islamai yg tanpa mengandung unsur syetan bro,
    dlm diri manusia itu jg ada malaikat,syetan dan jin,dan yg jin ini bkn jg di golongkan qorin,
    qorin dlm arti ahlaq amaliyah manusia tsb.fahan anta.!

  59. tuk tuk

    jelas yg sombong itu iblis dan keturunannya dan manusia yg diajak tentunya..nah siapa lahi keturunnya…jin -jin itu lah keturunannya..mereka merasa tetap lebih tinggi dr manusia dan membodohi manusia utk hormat kpd mereka dengan memberi salam. bukankah yg harus manusia hormati secara tota/tunduk/ sujud l hanyalah Allah SWT. pernyataan tsb adl justru kesombongan bangsa jinkpd manusia..krn membodohi manusia dengan mengatakan kecelakaan tsb krn upaya mereka..jelas kecelakaan adl sudah takdir Allah semata..ga ada karena ga salam maka dijatuhkan saja…dusta yg keji..umur ditangan Allah semata..

  60. jayac

    salam kenal,salam hormat kagem paraa pinesepuh kwa.kawulo namung menyimak,mugi2 barokah tambah ilmukulo amiin

  61. Elvicky

    Assalamualaikum,
    Yang saya tahu dari Seorang Spiritualis Islam, Alam Barzakh itu masih ruang lingkup dunia hanya saja pada dimensi Ghaib dan alam barzakh bertingkat tingkat sesuai dgn amal sholehnya slma hidup didunia sblum terjadi kiamat orang2 yang telah wafat berada dialam ini. Dengan ijin ALLAH tentunya orang yg punya Maqom/ derajat tertentu saja bisa mengetahui alam barzakh atau mungkin juga berkomunikasi. Setelah Kiamat Qubro barulah kita memasuki alam Akherat padang mahsyar. Wallohu a’lam…Maaf Saya juga masih awam.

  62. tuk tuk

    mengimani yg ghaib bukan mengimani mahluk gaib..mengimani artinya percaya keberadaannya sebagai ciptaan Allah bukan menjadikan kepercayaan ciptaan..menjadikan iman atau petunjuk..Ghaib yg mutlak adlh hak Allah..bukan ghaib mahluk yg galib..tidak terihat keberadaannya tapi terasa.. ghaib mutlak spt umur, jodoh, rejeki nah itu hak ALlah. tapi ghaib mahluk setatusnya adl ciptaan Allah yg berupa mahluk yg notabene harus beribadah thd Allah. dan kedudukan khalifah di bumi diserahkan dan dipercayakan kepada manusia buka mahluk ghaib. jadi jangan heran thdp keris yg bisa terbang yg kalo kita bisa melihat keris tsb sedang dipegang mahluk jin. bukankah kita lebih hebat..jangankan keris yg bisa terbang..gelas terbang..piring terbang aja bisa..lebih gaib hehehe(dilempar) atau pesawat dll..jd jangan terlalu menyalahkan atau terima kalo kecelakaan krn yg mahluk ghaib..semata mata hanya kehendak Allah saja semua terjadi..pis lov deh…

  63. randi

    astaghfirrullahhal ‘adzhim..
    Semua memang kuasa Allah.
    Banyak hikmah yg bisa kita ambil dari kejadian ini.
    Terima kasih banyak untuk ki wong alus atas tulisannya.
    Salam.

  64. HERWAWAN QADIR

    MNURUT KBAR DARI HABIB IDRIS NAWAWI MULIA

    DI DLM PESAWAT ITU ADA PENUMPANG YG MEMINUM MINUMAN KERAS DAN ADA YG

    ZINAH, KENA ADZAB DARI ALLAH ( MLALUI ABDUL JUM’UD /MKLUK HALUS

    PENJAGA/PERUSAK BUMI ) PENUMPANG YG GK IKUTAN ZINAH KENA AKIBTNYA ADZAB ALLAH..

    YANG ADA DLM KURUNG MNURUT AKU SNDRI.. ..

  65. Masih Di Searching Nickname Yang PasmantaF

    Assalaamu ‘alaikum.
    Selamat siang.
    Nyimak aja deh. :-)

  66. Elvicky

    Yang pasti musibah sukhoi sudah takdir dari ALLAH SWT, tapi artikel ini mengingatkan kita sbgai manusia jgn bersifat angkuh karena kita terikat dgn Sunatullah atau hukum sebab akibat, saya ambil contoh pengendara motor atau supir Bis yg ugal ugalan akhirnya tewas tabrakan, dan semua kematian pun pasti ada sebab musababnya seperti, disebabkan oleh penyakit, bahkan bunuh dari. Jadi kesimpulanya sudah Takdir, titik tulisnya seperti itu. Salam dulur2 semua..Damai, adem ayem, Selalu!

  67. ryanpamangkeh

    selalu istigfar,ingat akan kematian udah dekat

  68. Awan putih

    assalamu’alaikum… ijin nderek nyimak mawon.

  69. SUFIAH NAQSABANDIYAH

    salut dan setuju dengan koment ” SURGA TLAH BANGKUT ” komentar anda sangat baik sekali, saya juga setuju, bahwa intinya yang mati siapun dia !! akan kekal ke alam ketuhanan dan tlah terputus dengan dunia ini, adapun ada yang ngaku2 bisa komunikasi dengan orang ini orang itu yang tlah wafat itu nonsen, dan itu hanya permainan jin karena hati dan batin kita yg masih kotor yang tidak bisa membedakannya.. dan lg pula dari sejarah yg ditulis diatas sangat tidak mungkin sekali hanya karena seorang bule yg bukan muslim gan ga tahu apa2 diminta uluk salam pada penguasa gaib ? dan ini mengakibatkan kematian pada orang banyak, yg jelas pesawat itu jatuh karena AF’AL Allah SWT bukan karena apa2nya dan kita yg hidup harus mengambil hikmahnya.

    Setinggi apapun ilmu manusia yg mengaku2 bisa dialog dengan orang mati, apalagi orang matinya juga tahu masalah dunia di era 2012 itu hanya kebohongan jin, yang melihat si orang berilmu ini bisa dibohongi karena ketololannya….hingga menyesatkan presepsi umat !!!!

  70. SUFIAH NAQSABANDIYAH : jangan melihat pada kulitnya yang penting itu isinya bro…

  71. adis solihun

    jawabannya hmpir sama persis dg pernyataan ptugas ACT di landasan udara/bandara,pdhal petugas br membeberkannya hari ini,smentara sang gaib eyang santri bberapa hri yg lalu
    ko jwbannya hmpir sama persis.
    Liat aja diberita

  72. ryanpamangkeh

    yang bisa berbimcang dg yang gaib tu emang ada,tinggal bagaimana menyikapinya,percaya ma yang gaib tu wajib,tapi yang gaib tu adalah ALLAH,selain dari pada itu adalah makhluk yang lemah,tak ada daya upaya dan kekuatan,kecelakaan digunung salak adalah kehendak ALLAH,makhluk hanyalah sebab,tidak ada kekuatan tertinggi selain ALLAH,yang jelas tinggal kita menyikapinya bagaimana?yakin dengan tuhan tidak pada makhluk,

  73. Abang Ireng

    assalamu’alaikum..

    kalau acar2 seperti dua dunia di TV dll.. bukankah itu termasuk menggangu dan melampaui hal hal yang seharusnya ada batasnya?

    sedikit tanya buat sesepuh disini, yang Insya allah selalu di berkahi ALLAH S>W>T,

    adakah sesuatu makna dari nama MAULA AISYAH dan SYAMHARIN..? karena nama ini saya dapat mimpi dari sosok yang saya pun tak pernah kenal? suatu masukan sangat bermanfaat bagi saya, tuk orang yang slalu mimpi yang aneh2, kiranya ada tanggapan dari sesepuh,,

    wassalam

  74. kisambergledek

    Pi ko piiiiii..!!
    Salam hangat utk sedulur semuaanya..
    Wis pokoke nyimak sambil ngopi kuwi pas mantaaaaff
    Hehehehe

  75. …………………….

  76. Elvicky

    Meyakini yang Ghaib itu jgn hanya diyakini saja dihati tanpa ada prakteknya, kita ini hidup tdk sendirian Manusia jgn angkuh, mengucapkan salam di suatu tempat yg baru kita injak apalagi kawasan tertentu sebut saja beraura mistis bukan berarti kita tunduk kepada mahluk ghaib penghuni kawasan trsbut tapi saya kira adab yg baik sbgai sesama mahluk ALLAH SWT krna memang mereka tdk terlihat di umpamakan kita ini tamu, ya jadi jgn petantang petentang krna tetap saja kita manusia banyak lemahnya, tentunya dgn memohon perlindungan yang Maha Kuasa.

  77. tuk tuk

    uluk salam itu jika digunakan pada mahluk Allah yg terlihat, atau bekas terlihat atau memperlihatkan diri, dengan status sesama mahluk muslim jika tidak maka sewaktu iblis menampakkan diri pun dan dia memberikan salam maka rasulullah tidak memberikan jawaban salam(doa)/salam =salamun = selamat. karena iblik sudah dilaknatullah. demikian juga keturunannya..tidak memberikan salam pada mahluk gaib bukan arti petantang petenteng..tetapi kembali lagi kita harus tahu dulu /tampak didepan mata kita atau masuk ketubuh orang..lalu kita dapat memberi salam/adapun adan salam dapat dilihat pada banyak kitab fiqh..sesungguhnya Allah menciptakan manusia untuk menjadi Kalifah dimuka bumi ini….jadi sekalilagi bukan kita sombong tapi lihat kedudukannya penciptaanya ..(Ajabul Mahluqat)..dan bumi adalah ciptaan Allah untuk khalifah Nya..jadi bukan manusia yg numpang..oleh karena itu mahluk ghaib sangat iri kepada manusia. jadi janganlah kita sombong kepada mahluk Allah tetapi janganlah kita lebih takut kepada mereka. selalu berdoalah kepada Allah dan jangan sekali kali kita merasa takut dan banhkan sampai berucap kata numpang-numpang..hehehe bukan kita yg numpang di bumi Allah. Piss

  78. wong gentur

    Assalamu’alaikum Wr.Wb… Absen malam..
    Salam Asah Asih lan Asuh Poro Sedulur.

    Monggo…Dipersilahken Bagi Yang Mo Komentar atw Yang skedar Ikut Menyimak… Asalkan tetap pd koridor BHINNEKA TUNGGAL IKA..

    Apapun yang telah terjadi maka sesungguhnya TERJADILAH…!!! Terlepas itu karena adanya dialog Sesepuh Ki Wong Alus dengan siapapun.. Hanya Allah lah YANG MAHA MENGETAHUI KEJADIAN YANG HAQ ttg peristiwa ini.

    1. Secara Keilmuan Teknologi : Kuncinya terletak pada BLACK HOLE..ehh Maav BLACK BOX..

    2. Secara Keilmuan Ahli Tauhid & Tasauf : Kuncinya terletak dikembalikannya segala sesuatu peristiwa/kejadian/insiden yang terjadi apakah itu BAIK dan BURUK HARUS BIN WAJIB dikembalikan kpd SIFAT, ASMA dan AF’AL-Nya.. Bukankah Allah Azza Wa Jalla memiliki Nama-Nama Yang di Sandarkan pd Ke-MAHA an-Nya seperti salah satunya AL YUHYI & AL YUMIITH.. (Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan..)
    Nah jika Qt smua mau kembalikan pd hal demikian maka Insya Allah Kita terlepas drpd SYIRIK Kaafi/ Yang Tersembunyi.. Bukankah Tuhan Kita Tidak Ingin DIRI-Nya di sekutukan dengan SESUATU..!!

    Adapun Benang Merahnya TULISAN Ki Wong Alus adlah SEMATA-MATA HANYA TUK DI TAFAKURI ( BUKAN TUK DI KOMENTARI INI DAN ITU ) bersama oleh kita smua ” BHW MANUSIA ITU DHOIF & GA BOLEH SOMBONG, TAKABUR BIN JUMAWA..!!! Lan poro manusia di wajibkan ELING KA PANGERAN GUSTI ALLAH AZZA WA JALLA..”

    Wassalamu’alaikum Wr Wb..

    Monggo Dilanjut Ki Sesepuh WONG ALUS & PORO SEDULUR KABEH..

    Hatur Nuhun Nu Kasuhun..

  79. wong gentur

    # DAMAI INDONESIA Ku…. DAMAI JIWA RAGA NYA… DAMAI ..DAMAI.. DAMAI..Amin..

  80. Fauzan

    Wong gentur,kalau tulisan wong alus tidak boleh dikomentari,ya janganlah menulis,selama masih tulisan manusia kalo salah ya wajib dibetulin dan dikomentarin jangan disakralkan. Emang wong alus tidak bisa salah to? kok ndak boleh dikomentarin wuakkakakak

  81. pangeran brumbung

    waduh kopinya kesenggol mbah gledek jd tumpah nich…?pesen lagi aaah…?
    Memangnya syirik atau tdknya itu manusia ya yg ksh?begitu mudahnya kata-kata syirik terucap?
    Apakah manusia ada haq untuk berkata syirik ma seseorang???

  82. agus depok jkt

    salam kagem enyang santri…

  83. Fauzan

    Wong alus mengkultuskan penghuni ghoib gunung salak,emang penghuni ghoib yg mengganjar musibah sukhoi super jet 100 seperti tulisannya diatas???? hanya gara2 perkara sepele tidak luk salam lalu penghuni ghoib mengganjar mereka dengan musibah yg menewaskan banyak orang ? Wah parah ni gan,itu musibah emang sudah takdir dari ALLAH,bukan hasil ganjaran dari penghuni ghoib alias jin,kita jangan sampai mengkultuskan penghuni ghoib yg ngaku2 mengganjar dengan musibah,awas nanti bisa musrik tuh,alias dosa tidak diampuni !

    kayak gini kok ndak boleh dikomentari,kita semua kan saling belajar dan saling mengingatkan

  84. ryanpamangkeh

    hehehehe,,,,,,,macam-macam aja tu sebab,,,,,

  85. Elvicky

    Assalamualaikum,
    @ tuk tuk on, tlng saudara jelaskan! Saya pernah mengalami fenomena ghaib ketika naik gunung ini kejadian nyata karena kebelet kencing teman saya akhirnya kencing sembarangan tdk berapa lama kemudian ia kerasukan, kami berusaha untuk menyadarkanya tapi tetap aja gk bisa kami bacakan ayat kursi, bahkan saya Azan tapi tetap aja gk bisa sadar ini disebabkan karena mungkin diri saya yg banyak dosa. Alhamdulillah ada seorang sepuh akhirnya teman saya bisa sadar kembali, menurut sepuh tsbt lokasi yg dikencingi teman saya itu adalah makam. dari pengalaman inilah menurut saya Adab menghargai alam yg tdk terlihat Ya perlu…untuk menghindari kejadian yg tdk di inginkan tersebut, kecuali kita sudah sakti mandraguna tdk usahlah bilang Numpang numpang pasti mahluk Ghaibnya kabur duluan…he..he..he..salam damai krna saya jg masih cubluk!

  86. salamatul insan fii hibdzil lisan
    selamatnya seseorang tergantung dr lisany nya
    hati2 lebih baik….

  87. Restu bumi

    Salam cium tangan ki WA dan semua bolo alus semua,
    kykny seru..
    Ambil hikmahnya aja..
    Nyimak aja..
    Ngudut aja..
    Loh kok gk ada kopinya…
    Nunggu kopi aja..

  88. seru mendebarkan hakirnya man-city yg trbaik mlm tahun,stlah mengalahkan qpr dngn score 3-2.
    biar g sepaneng coment bola dl,slm rahayu

  89. .

    THE SHECRET
    sebenarnya kalau kita simpulkan apa yang disampaikan mbah kyai alus : faktor utama jatuhnya pesawat sukhoi jet 100 bukanlah uluk salamnya saja … tapi ada tiga faktor dominan 1. faktor kekuatan alam semesta 2. faktor kekuatan ghaib gunung salak 3. faktor su`ul khotimah ( sopan santun yang buruk) para penghuni pesawat shukoi jet 100. nah… tiga faktor inilah yang merangkai secara bersamaan atas terjadinya jatuhnya pesawat tersebut … sementara kotak hitam akan berbicara apa adanya sesuai dengan kondisi pesawat tersebut waktu jatuh .. jadi kotak hitam tidak akan berbicara mistik … dia akan berbicara sesuai dengan kondisi mesin dan pilotnya waktu itu …
    1. faktor kekuatan alam
    2. kekuatan mistik gunung salak
    3. tatakrama yang buruk (sombong dll)
    penjelasannya
    ——————
    1. faktor alam … dibaca secara menyeluruh … dari mana dana pesawat itu di beli? apa tujuannya besawat itu di beli indonesia? berapa keuntungan indonesia & rusia? dari mana bahan2 pembuatan pesawat ini? barang curian kah? hasil Korupsi kah? siapa pemilik maskapai ini di rusia? apakah mereka sudah meramal terhadapa sesama? apakah dalam misi ini ada niatan buruk, baiak indo maupun rusia? atau ingin mencari keuntungan kelompok sendiri? … ini yang perlu diteliti
    2. faktor kekuatan gunung salak …coba lihat siapa menghuni gunung salak? (segian di sebutkan oleh ki wongalus) ? gabungkan peristiwa demi peristiwa di gunung salak? bukalah mata bathin untuk melihat gunung salak sebenarnya? apa bedanya gunung salak dan gunung2 lainnya?
    3. Tatakrama yang buruk … coba cari tahu bagaimana watak para penghuni pesawat ? bagaimana ahklaqnya? subnhanalloh …
    astaghfirullhaladhim
    semoga arwah para penumpang di beri tempat yang mulia di sisi alloh swt. dan semoga dosa2nya di ampuniNya /… amin alfatikha .. sent …

  90. Aji setiawan

    Namanya sj wa2ncra imajiner yo sak karepe n sak uni2ne to..intine kan cuma ngelengne jo smbong lan rumongso iso..kalau masuk wilayah baru mbok yo sing nduwe unggah ungguh dg kulonuwun/permìsi uluk salam trlbh dahulu..sing protes/tdk stuju dg tulisn ki biase wong2 sing ngandalke akale..sing ngene ki biasane dhajar sek karo bongso ghaib..he2..lek main akal kcelakaan trjd krn sopire ngantuk,matane rodo mblereng, tangane nyupiri pramugarine,lagi mendem,ugal2an,rem e blong,kentekn bensin,budal ra moco BISMILAH

  91. .

    THE SHECRET
    sebenarnya kalau kita simpulkan apa yang disampaikan mbah kyai alus : faktor utama jatuhnya pesawat sukhoi jet 100 bukanlah uluk salamnya saja … tapi ada tiga faktor dominan 1. faktor kekuatan alam semesta 2. faktor kekuatan ghaib gunung salak 3. faktor su`ul khotimah ( sopan santun yang buruk) para penghuni pesawat shukoi jet 100. nah… tiga faktor inilah yang merangkai secara bersamaan atas terjadinya jatuhnya pesawat tersebut … sementara kotak hitam akan berbicara apa adanya sesuai dengan kondisi pesawat tersebut waktu jatuh .. jadi kotak hitam tidak akan berbicara mistik … dia akan berbicara sesuai dengan kondisi mesin dan pilotnya waktu itu …
    1. faktor kekuatan alam
    2. kekuatan mistik gunung salak
    3. tatakrama yang buruk (sombong dll)
    penjelasannya
    ——————
    1. faktor alam … dibaca secara menyeluruh … dari mana dana pesawat itu di beli? apa tujuannya besawat itu di beli indonesia? berapa keuntungan indonesia & rusia? dari mana bahan2 pembuatan pesawat ini? barang curian kah? hasil Korupsi kah? siapa pemilik maskapai ini di rusia? apakah mereka sudah meramal terhadapa sesama? apakah dalam misi ini ada niatan buruk, baiak indo maupun rusia? atau ingin mencari keuntungan kelompok sendiri? … ini yang perlu diteliti
    2. faktor kekuatan gunung salak …coba lihat siapa menghuni gunung salak? (segian di sebutkan oleh ki wongalus) ? gabungkan peristiwa demi peristiwa di gunung salak? bukalah mata bathin untuk melihat gunung salak sebenarnya? apa bedanya gunung salak dan gunung2 lainnya?
    3. Tatakrama yang buruk … coba cari tahu bagaimana watak para penghuni pesawat ? bagaimana ahklaqnya? subnhanalloh …
    astaghfirullhaladhim
    semoga arwah para penumpang di beri tempat yang mulia di sisi alloh swt. dan semoga dosa2nya di ampuniNya /… amin alfatikha .. sent …

  92. qermi23

    eyang santri=jin

    dia merasa lebih unggul daripada manusia…

    dia mirip jin bermarga karnak(roro kidul) yg mengajarkan kebaikan kpada manusia tpi ujung2 ttp mengajarkan penghormatan,sesajen dll dgn dalih keselamatan/kemakmuran

  93. Elvicky

    menyambung cerita sebelumya, teman saya yang kerasukan akhirnya sadar hanya dibacakan Shalawat nabi oleh sesepuh tadi, lalu kami bertanya ”Abah kenapa kami bacakan Ayat Kursi bahkan Azan kok gk mempan, ”jawab beliau” Mustajabnya suatu Doa itu bukan dari bacaanya tapi tergantung tingkat kebersihan rohani seseorang” artinya semakin dekat dgn Allah maka insya Allah doa kita akan mustajab. Caranya bgmana ”bah? ‘tanya kami”, banyak laku prihatin minimal puasa senin kamis, tahajud istiqomah ”jawabnya”. Akhirnya kita ngerti, pantesan kita baca bacain gak mempan,..la wong sholat aja ogah ogahan alias bolong2, pa lagi puasa…wassalamualaikum..

  94. Gulang Gulang

    Salam kenal buat Sesepuh dan semua yang udah masuk . Ulasan yang cukup menarik. Mohon menyimak. Matur nuwun.

  95. PARASESEPUH WONG ALUS AKU MINTA TOLONG DITRAWANGI SELLU SIAL HUTANG NAMBAH APA ADA MAHKLUK GOIB PENGHALANG DIRUMAH TANGGAKU APAJALAN KLUARNYA NAMA ASLI YEFLIS IBU MASNIAR

  96. Masih Di Searching Nickname Yang PasmantaF

    Manfaat & Mudharat hanyalah kekuasaanNYA.
    Kita nggak bisa apa2, gak bisa kemana2 tanpa kekuatan.
    Kekuatan juga berkat idzinNYA.
    Semua makhluk punya kekuatan.
    Sekuat apapun, kalo menjauhi ketaatan padaNYA, saat bahaya ya cilaka…
    Selagi terhubung di dunia, semua makhluk punya keterlibatan baik manfaat & mudharat sebab musababnya pasti kuasa Allah.
    Selaku kandidat khalifah dimuka bumi…
    Hanya bisa ikhtiar buat merubah nasib & do’a semoga taqdir melembut.
    DLL sbg improvisasi pewarna hidup.
    Hanya dzikrullah yg bebas, saat dlm alat transportasi smentara dlm keadaan nggak wudhu’…
    Hanya bisa dzikir, sebab siapa tahu nyawa di ambil via kecelakaan karna taqdirNYA.
    Jalan2 pake motor jg was2 lewatin pohon2 gede ama tiang listrik, siapa tahu ketimpa & cacat bahkan ko’it.
    Jika qta dzikir dlm hati / lisan, maut dihadapanpun pikiran nuju padaNYA.
    Yuk dawam dzikrullah, smga tubuh & hati kompak dzikir.
    Teriring do’a khushushon arwahi muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat pesawat sukhoi Alfatihah…

  97. EKA PAMUNGKAS

    ASSlkuummmm,,,,,,slm bwt smua sedulur KWA,,,,,,SLM Hormat kagem MAS.Ki ALUS,,,,,pengalaman yang luar biasa bisa mngajak SLJJ dgn eyang santri raja pada gunung salak semoga apa bila perkataan itu mutlak dan nyata biar yang smua jagad ini khususnya manusia sprti saya juga yg dhoif masih kotor perlu belajr lebih buanyak akan arti bathin spy lebih bisa intropeksi pada diri ini dan kpn seluruh yang ghoib yang ada di alam ini salam rahayu MAS.Ki ALus kapan ngopi bareng dan kumpul bareng lagi apa balai diklat

  98. penjol

    coba kalo andai saja si fauzan yang kencing di makam itu .. malah2 jadi gila dia ..

  99. Gulang Gulang

    ada ulasan menarik juga tentang fenomena kecelakaan ini di YAHOO

  100. Bambang Permadi

    Waalaikum salam

  101. mr x

    berikut copas dari blog sebelah :

    Hal mistis memang kerap kali dihubungkan dengan kecelakaan di Indonesia. Hal ini sudah bukan hal yang aneh lagi. Jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet100 di Gunung Salak juga mengundang beragam pertanyaan. Secara teknis, pastinya Pesawat Sukhoi sudah sangat mumpuni. Sehingga kecil kemungkinan terjadi kerusakan pada mesin pesawat, begitu menurut Ki Kusumo. Namun, penyebab jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet100 di Gunung Salak belum dapat dipastikan karena proses evakuasi pun masih berlangsung. Paranormal Ki Kusumo pun angkat bicara mengenai hal ini. Menurut pandangannya dari segi Supranatural, Ki Kusumo menilai bahwa ada faktor mistis di wilayah jatuhnya pesawat tersebut. Indonesia memang punya latar mistik yang kuat, dan punya tempat yang kuat secara mistis. “Di beberapa tempat, ada wilayah yang menolak energi, dan ada juga yang menghisap. Itulah kenapa ada wilayah yang disebut segitiga bermuda. Ini memang harus kita percayai, meski mungkin sebagian orang akan sulit menerima dengan akal sehat,” paparnya.Ki Kusumo juga menambahkan agar Masyarakat Indonesia tidak meremehkan hal-hal mistis dan ghaib seperti ini, karena hal ghaib memanglah benar adanya. …

  102. Maha suci allah yang mengetahui segala sesuatu baik yang tersembunyi maupun yang nyata …
    Sukhoi dan Misteri Segitiga Bogor

    Di wilayah sekitar Halimun Bogor dan sekitarnya ada benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang tak kelihatan, pusat kerajaan ada di Gunung Salak, sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum. Catatan sejarah soal Kerajaan Siliwangi pasca kehancurannya setelah diserang Kesultanan Banten pada tahun 1620-an, adalah catatatan pertama kali dari Scipio yang melakukan ekspedisi sekitar tahun 1687 mencatat ada ratusan macan gembong atau harimau bertempat tinggal di sebuah bangunan dekat Kebun Raya Bogor sekarang, selain itu ditemukan rawa yang berisi badak di sekitar Sawangan, dinamakan Rawa Badak dimana di ujung Rawa Badak ditemukan juga situs parit dan bekas tembok keraton yang dijadikan sarang macan, sekarang sarang macan ini dikenal pertigaan beringin di Sawangan. Selain catatan-catatan arkeologi, ada catatan mistis tentang segitiga Bogor.

    Ada kecenderungan suatu pola dimana pesawat jatuh di tempat yang sama, di tahun 1966 helikopter yang ditumpangi Laksamana RE Martadinata jatuh, sampai sekarang penyebabnya tidak ketahuan. Lalu banyak pesawat jatuh di sekitar lokasi yang sama sekitar gunung salak dan gunung halimun.

    Ada tiga gunung yang dianggap angker di masa Mataram Sultan Agung, pertama Gunung Merapi, Kedua Gunung Slamet dan Ketiga Gunung Halimun, diantara ketiganya Gunung Halimun-lah yang dianggap paling angker karena memiliki misteri luar biasa. Sampai saat ini banyak peristiwa jatuhnya pesawat di sekitar segitiga Gunung Halimun-Gunung Salak-Gunung Gede.

    Daya energi ketiga gunung itu ada di Istana Cipanas, sekitar gedung yang dibangun Bung Karno namanya Gedung Bentol, tempat dimana Bung Karno selalu bermeditasi sejak dia menempati Istana Merdeka di tahun 1949. Di belakang Gedung Bentol ada sumber air panas, yang merupakan energi dari Siliwangi.

    Dilamarnya Puteri Dyah Pitaloka yang kecantikannya serupa bidadari dan mewariskan kecantikan yang bisa dilihat pada gadis-gadis Bandung, Cianjur dan Sumedang sekarang ini adalah rahasia ‘Wahyu Nusantara’ yang dimiliki kerajaan Pajajaran, dimana Gadjah Mada ingin memilikinya “Siapa yang menguasai Wahyu Nusantara dia akan menguasai Indonesia’, penguasaan wahyu nusantara ini menimbulkan konflik antara Hayam Wuruk yang berpendapat bahwa wahyu itu bisa diambil dengan cara Ken Arok yaitu menikahi puteri sang Raja, di satu sisi wahyu bisa diambil dengan cara menaklukkan Pajajaran dan membangun kerajaan Majapahit Barat di Pakuan.

    Tanpa disengaja menurut kepercayaan banyak orang Bung Karno mengawini puteri Bandung yaitu : Inggit Garnasih yang ditengarai masih keturunan Raja Siliwangi dimana wahyu Nusantara bersemayam di tubuh Inggit Garnasih, dan Bung Karno keturunan langsung Brawijaya V mengobarkan semangat Nusantara bermula di Bandung pada rapat politik Radicale Concentratie di Bandung tahun 1922. Bandung adalah kota terakhir dimana Prabu Linggabuana menyucikan diri di danau Bandung sebelum berangkat ke Majapahit dan kelak beristirahat di Pesanggrahan Bubat dimana kemudian datang Gadjah Mada dan terjadilah insiden pembunuhan dan pembantaian besar-besaran rombongan Pajajaran.

    Sisa-sisa dari Laskar Perang Bubat melarikan diri ke Gunung Salak, sementara sisa-sisa dari punggawa Siliwangi yang diserang Banten lari ke Gunung Halimun. Tempat dimana seringnya pesawat menghilang, ini mirip dengan segitiga Bermuda dan segitiga formosa.

    Gunung Halimun dan Gunung salak ini mirip Gunung Lawu yang disucikan Majapahit, tak boleh ada yang melintasi diatasnya, burungpun bisa mati bila melewati satu titik tanah yang sakral.

    Apakah kejatuhan Pesawat Sukhoi ini sama dengan medan magnetis di Segitiga Gunung Halimun-Salak-Gede? seperti medan magnetis yang ada di segitiga bermuda dan segitiga formosa?
    Wallahu’alam…….

  103. R.Wijaya

    Wah komentar sudah pada panas, biar saya coba simpulkan ok, pertama musibah itu terjadi karena memang harus terjadi. mengenai siapa yang salah, maka tidak ada yang salah. mengenai eyang santri dengan wawancara dgn ki wong alus adalah pengalaman spiritual dia sendiri. buat yang ragu dgn hasil wawancara kenapa ga kamu lakukan wawancara ulang untuk memastikan wawancara pertama.

    Mengenai percaya atau tidak dengan hasil wawancara, lebih baik ada yang wawancara ulang, mungkin bung fauzan dan bung tuk tuk mau wawancara ulang. monggo mas nanti hasil wawancara ulang dibabar di sini.

    Terima kasih, kalau komen saya salah silahkan ditambah atau diperbaiki.

  104. Inalillahi Wa Inalillahi Roji’un. Semoga Semua korbannya mendapat tempat yang terbaik disisi Allah SWT, dan keluarga yang ditanggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran untuk menghadapi semua ini. Amin

  105. MAS RUQAM

    ass.. cuma gk mengucapkan salam saja dibunuh? jahat bngt itu jin.

  106. kisambergledek

    Hadir sambil nyruput kopi.
    Ada yang mau ga ni??he5x

  107. rizal

    salam takdim
    yg haq hanyalah alloh.
    q berharap smua bsa menggambil hikmah dari kejadian ini

  108. budy

    hadir nyimak pelajaran dikmpus KWA………salam seduluran………..

  109. Mau Ki…dah lama sy gk nyruput kopi buatan ki gledek…he3x

  110. ABSEN SIANG

    Salam salim untuk semua sesepuh..
    Mbah gledek,,sugeng siang Mbah saya pesen ES KOPI,,kayaknya siang2 cocok….lanjut ndeprok nyimak………..

  111. Leave a Reply

    suka suka yang punya blog mo wawancara dan mangga suka suka pula yang komen sing penting kwa aseli dibikin wong alus wah kaya dagadu (kaos aseli bikinan jogja) ya…

  112. Andis.Zanz

    Iya kalo mnurut kami kalo kita mau bepergian kalo tida brdoa dlu pasti mahluk astral dapat dngan mudah menjrumuskan kita dngan cara membutakn mata kita atw memindahkan pandangan kita wkt sdang mengemudi itu lah sbabnya kita harus snantiasa ingat kpada gusti pangeran allah di mana kita ingat kpadanya pasti allah juga akan ingat pada kita makasih

  113. ryanpamangkeh

    salam buat sedulur wong alus,,,,,

  114. Astokinaryojopo

    Assalamu’alaikum…
    ….ikut nyimak
    Wassalamu’alaikum ..

  115. RUQAM AFFANDI

    mungkin menurut bangsa jin, hanya bangsa jin yg pantas sombong spt iblis. jd kalau ada manusia sombong, jin gk suka.

  116. JUDIKA

    Absen sore sore.
    Sore bgn enaknya ngopi2 ya,tp mana kopinya mbah gledeeeek,kekekeke

  117. kisambergledek

    Hadir nyuguhi kopi sebelum keduluan Opunk Laskar Cinta Asmora,
    Mbah Lintang Sumirat
    Mbah ZAKKY
    Mbah JUDIKA
    Mbak Zizah37
    Salam selama petang menjelang malam dan monggo kopinya di sambi dulu sebelum magripan njih.!!
    Salam rahayu utk semua yg hadir,thanks alod.

  118. assalamuallaikum
    ijin nyimak .

  119. joko

    Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu
    salam takzim KI
    salam pseduluran smua
    saya hanya mohon tempat diblog KWA ini meski hanya sekedar koment karena saya haus akan ilmu2 yg ada.Apalgi saya masih baru di COMENT ini.AlhamduliLLAH saya ketemu dgn blog KWA ini.Smoga kberadaan blog KWA ini slalu sukses.Ilmu2 yang dijabarkannya berguna bg masyarakat.Kreativitasnya adlah amal dan ibadahnya,smog diterima ALLAH SWT.
    Salam hormat saya.

  120. ismaelsalim

    assalamualaikum wr;wt….salam persaudaraan untuk semua,salam hurmat dan takzim kpd sesepuh semuanya dKWA ini khusus untuk kiWongalus….alhamdulillah secara tidak sengaja saya telah menemui blog ini ,,subhanallah hebat dan kagum dibuatnya,mudah2an disini sekali lagi saya memohun izin dan ridonya apa2 ilmu dan sebagainya didlm blog ini untuk disimpan atau diamalin suatu masa nanti insyaAllah,alfateha sent to……sedulur2 wassalam

  121. wong gentur

    Assalamu’alaikum Wr.Wb… Absen malam..
    Salam Asah Asih lan Asuh Poro Sedulur.

    @ Ki Fauzan… Mhn Manggap eh Maav Sblmnya Njihh…
    Adapun TULISAN Ki Wong Alus bkn tdk boleh di komentari Ki, monggo Ki Fauzan atw yg lainnya jg dipersilahken apabila ingin mengomentari. Hanya aza Ki Fauzan PAHAMI / MENGERTI DAHULU isi TULISAN Ki Wong Alus.. Silahkan dibaca berulang-ulang kali (jgn cuma dibaca 1x.. ea minimal 3×1 hari..hehehe..red ) maka Ki Fauzan akan PAHAMI & MENGERTI sepenuhnya. Insya Allah Ki Fauzan menemukan Benang Merahnya TULISAN tsb. Dan perlu di ingat bhw mnrt Saya yg Bodoh ini Benang Merahnya Artikel tsb bkn pada dialog antara Ki Wong Alus dengan Makhluq Astralnya ( Eyang Santri atw siapapun sebutannya/ gelarnya ).

    Ki Fauzan..Ki Wong Alus juga sama seperti kita.. sama-sama MANUSIA..

    @ Ki Ageng JJ..Mhn pencerahan Ki Ageng biar tdk simpang siur ttg artikel Ki Wong Alus bwt PORO SEDULUR kabeh..
    Artikel singkat Pandjenengan penuh histori yg berbobot.. menambah pengetahuan kita smua akan Histori Gunung Salak. Monggo Ki Ageng JJ.. ( Di antosan ku Sim Kuring khususna…red ) artikel nu sanesna ngenaan Historical & Habbitual ti Gunung Salak dan Gunung nu aya di JAWA BARAT ieu..

    @ Ki R. Wijaya.. Salam kenal Ki..Mohon pencerahan pandjenengan.

    @ Ki Samber Gledek.. Mhn Pencerahan Pandjenengan & Skaligus kiriman kopi nya.. ( diantosan pisan kopina ku Sim Kuring,,Ki Gledek enya..red)

    Monggo di lanjut poro sedulur kabeh..

    Wassalamu’alaikum wr. wb..

  122. Adem Ayem

    Assalamualaikum……para sesepuh & sedulur KWA, ijin nyimak….

  123. pangeran brumbung

    sekedar kilasan aja?krn para pinisepuh semuanya tlah kupas tuntas?
    Saya mau nanya kenapa klau kita mau masuk kuburan kok msh di suruh ucap salam?
    Kok wong mati msh di kasih salam???
    Monggo di jawab bagi yang slalu blang syirik….syirik….syirik….

  124. ABSEN MALAM

    @Pangeran Brumbung…jempol papat ngacung kabeh,,,Mantab

    Salam kenal

  125. slamet junaedi

    NO COMMENT AAHHH

  126. ucup

    Makin panass…cari angin dulu aahhh…biar adem..
    Monggo dilanjut…

  127. asallamuallaikum wrwb saya ini mau banyak tau tentang KAMPUS WONG ALUS saya sama sekali tida tau di mana dan dari mana saja yang berkumpul di sini saya mau banyak pengalaman tentang hal hal mistis/ gaib tapi dengan siapa saya konsultasinya apakah eang * embah* raden*atau ratu mau membantu saya yang buta dengan pengalaman ?????

  128. Bodrek tombo ngelu

    Sugeng ndalu,laron nyedak lampu kabeh isine,mbok yo prediksi sing tepat wae, kedadean sesok po minggu ngarep,gak sah nggowo jengene wong kang wis sumare ing ngalame,nek cuman kanggo nganteb antebi article postingan,utowo moh disalahno nek ono klirune awake dewe, spurane nek ono klirune. Suwon

  129. bambang

    Ass,Porosesepuh klurga besar KWA
    Weleh weleh apa gara2 sikomo ya ? comntnya semua benar menurut pandangan kacamata masing masing apa boleh buat semua sdh terjadi mari kita doakan semoga yang ditinggalkan diberi ktabahan amin amin amin

  130. Fauzan

    menaggapi sedulur wong gentur,
    Assalamu ‘alaikum Poro sedulur kampus wong alus yang kami mulyaken…….

    Mohon maaf sedalem dalemnya sebelumnya,tiada maksut hamba yg bodoh ini utk membuat gaduh suasana tapi hanya untuk saling memberi masukan agar kita jangan sampai menyimpang dari kaidah agama.

    perlu saya ulang :

    1.komunikasi dengan roh sesungguhnya adalah komunikasi dengan jin ,dan di Al-Qur’an disebutkan :

    “Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan: “Roh itu dari perkara urusan Tuhanku; dan kamu tidak diberikan ilmu pengetahuan melainkan sedikit sahaja”. (Al-Isra :85)

    Walau ada yg bilang yang diajak komunikasi itu adl jin Qorin sebagai wakil kita di dunia setelah kita mati nanti,maaf saya tdk sependapat gan,dasarnya hadist :

    Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
    Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

    وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

    “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

    2.ini yg paling parah gan,coba diliat lagi berkali kali tulisan wong alus,kalau perlu dihapal ehhehe sbb :

    “Eyang Santri: Pilot malah ingin mempertontonkan kepintarannya menyetir pesawat, ia turunkan pesawat dari ketinggian dan akhirnya menabrak gunung yang kami jaga ini. Kesombongan pilot membuat penghuni goib disini tersinggung dan mengganjarnya dengan musibah. Tamu harus tahu sopan santun”

    Musibah murni dari Allah diaku-aku sama jin yg ngakunya eyang santri,inilah akibat komunikasi dengan roh,yang sebetulnya adl jin,mereka berusaha menyesatkan dengan mengaku ngaku yg mengganjar/membuat musibah adalah mereka, agar manusia mengkultuskan mereka,yang buntutnya dikawatirkan nantinya kita bisa terjebak ke musrik,alias dosa tdk terampuni !

    Inilah yg harus dikritisi gan,karena bisa menyesatkan apalagi yg nulis adl pemilik bloq yg tentunya dampaknya lebih powerfull,saya pun juga bisa salah, jangan pernah takut dan pekewuh mengkritisi sama pemilik bloq atau poro sesepuh kalau dianggep menyimpang dari kaidah islam.

    Matur Suwun………….

    Wassalam…………………

  131. Wah..wah.. Mbah Sosrokartono itu murid eyang Santri ta? Senang mendengar ada yang mengenal beliau. Salaam takzim kanggo kiWA dan pinisepuh serta salam damai bwt semua warga KWA lainnya.

  132. saiiiiiii

    semangat malamsmua..
    Hadir&nyimak.. :)

  133. manggoloyudo limo

    yo yo yo…

  134. argosatriyo

    Nderek nyimak njih mbahhhh…..lama gak absen malem nih :)

  135. Numpang lewat wuss….. Wus….wusss……

  136. Fauzan 100.000.000.% kamu sangat benar wusss…..wusss….wusss……

  137. JEMENANG RIAUSIRUT

    he… eh… emh… he……..egh……
    meski dengan terseok-seok sampai juga nih kekampus wong alus.
    absen tengah malam!
    lango longo longo
    limbung linglung-linglung.longo longo inguk
    ass….salamu a’laikum @ki Wong alus.
    Salam kangen aku @mbah Glempeng.
    Rindu kopi cak icak sagelas………………….

    bug! jatuh deh.huah emh gher eghr.

    slamat malaam semua

  138. kisambergledek

    Mbah wong Gentur
    Sip monggo di lanjut paparane mbah,ntk tak suguhkan kofi special kangge panjenengan mbah.!he5x
    Pangeran brumbung
    Selama alam ini blm kiamat dan mahlukpun masi beraktifitas masing2 di alamnya sambil menanti detik2 kiamat,
    Dan penghuni kubur jg masih mahluk allah dan ga ada salahnya kt mengucapkan Assalamu’alaika ya ahli kubur itu wujud kt dlm saling menghormati sesama mahluk allah swt,
    Mbah Zakky
    Jgn jempol empat mbah,gmn kl 5 jempol saja,biar kalau main suit biar pd bingung mbah,qiqiqiqiqi
    ,dan apabila ada seseorang yg menyatakan dlm kegiatan yg ada berungsur mistik itu musrik dan berarti leluhurnya terdahulu adalah nenek moyangnya musrlk jg donk,
    Kita ini tdk akan lepas dari kemistikan dan sejarah2 yg ada dari peninggalan2 leluhur kt terdahulu bgt seterusnya sampai ke anak cucu kt natik,dst.
    Salam rahayu utk semuanya yg hadir sedoyo.

  139. kisambergledek

    Sebagai sesama mahluk allah swt.kt manusia jg di beri hak utk berkomukasi kepada mahluk2 allah yg lainya,dan walaupun itu memerlukan keahlian2 yg khusus(dlm hal yg baik),
    Dan kalau ada yg menyatakan musrik ketika kita berkomunikasi dgn mahluk ghaib dan ataupun mempelajari ilmu hikma,berarti mereka itu di golongkan manusia yg sirik atas ketidakmampuanya,,manusia yg memiliki sifat2 sirik inilah nereka yg sudah masuk kedalam perangkap shetan jahannam,
    Karna ilmu allah itu adalah wajib utk digali dan dipelajarinya(ilmu dunia wal akhiroh),selama manusia tsbt tdk menduakanya,,!!!
    Salam rahayu lan salam tetap dalam perseduluran.

  140. kisambergledek

    Sekarang mending ngopi2 dulu lah,biar kagak kedinginan okey.!!qiqiqiqi

  141. Untung ada tontonan Dua Dunia di salah satu stasiun TV swasta. Syaithon memang pinter dgn segala ucapannya, terlihat manis & penuh petuah namun menyesatkan pemikiran manusia secara halus sedikit demi sedikit, hingga akhirnya gak terasa sudah di pinggir jurang.

    Yg jelas saya menghargai dialog seperti ini, tapi saya sangat menolak dan tdk sependapat bahwa apabila melewati suatu kawasan (misal: gunung, jalan, dsb) harus mengucap salam/membunyikan klakson, dsb ke penghuni gaib setempat. Hal ini jelas SALAH ! Dalam hadist sudah disebutkan apabila melewati daerah tertentu, gunung, lembah, maka hendaknya mengucapkan:

    “A’udzubikallimaatillahittammati min syarri maa kholaq”. (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.)

    Jadi, hendaknya dijauhi segala hal yang harus mengucap salam atau apa lah ke gaib di tempat itu. Bukan maksud menyombongkan diri, tapi selama kita sopan, berniat baik, dan tidak berbuat kerusakan, serta yg terakhir berdoa pada Alloh SWT, insya Alloh tidak ada gangguan.

  142. kisambergledek

    Hemmmm
    Seger tenan kopine lur dulur,sapa yg mau.,hayo ngacung.!!yg ngacung langsung tak gawe’no lo,!qiqiqiqiqiqiqi

  143. kisambergledek

    Anton C
    Yg sampean maksud itu jg bagian dalam hal saling hormat menghormati sesama mahluk allah swt mbah,
    Gunung,sungai,mahluk2 dan seisinya itu jg mahluk mahluk allah lo mbah,kt manusia di larang angkuh dan sombong oleh allah swt kpd sesama mahluk lainya,!
    Dalam arti sebuah hadits itu tdk monoton bgt saja,itu masih byk dlm penjabran dlm arti yg luas,mbah,.
    Salam rahayu.

  144. kesumawijaya

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Ni saya hulur mug meow, dingin banget disini. Sementara nunggu azan subuh, mau juga lah minum nescafe hangat.

    Salam rahayu

  145. kisambergledek

    Hehehehehe
    Kaget aku mbak zizah,ko tiba2 ada yg menjulurkan mug meow dari belakang,qiqiqiqi
    Oke siap mbak,mana mugnya biar tak penuhin.
    God morning mrs zizah,!!

  146. kesumawijaya

    @ Mbah Sifu
    Hehehe speaking London Mbah? Good morning to you too. Kok kaget Mbah? Ngotot ngetik hingga tak terlihat saya berdiri dibelakang sambil megang mug meow.

    Aye suka tu dgn pencerahan dari Mbah Sifu.
    Jadi teringat sewaktu ngikut kakek keluar masok hutan cari herba dan akar kayu, diajar saya tata tertib dan doa2 tertentu sebelum masok dan setelah keluar dari hutan. Bnyk pantang larang yang harus dihindari. Begitu juga klu kita kelaut untuk mencari rezeki.

    Banyak lagi rahsia alam mistik yang harus dikaji. Setuju ngak Mbah?

    Salam rahayu dan salam manis

  147. Surya

    Haduuh… Ini yang punya rumah kemana ya??
    Mosok tamunya sdah jejel riyel kyak gini kq ga di sapa to….
    Assalamua’alaikum Ki Wongalaus….
    Kalo uluk salamku ga di jawab,brarti ga beda dengan pilot peawat sukhoi yg smbongnya mnjulang tinggi sprt Gunung Salak,hehehe….

  148. machmiko demak

    Assalamu ‘alaikum wr wb
    Salam takzim ki wong alus lan sesepuh serta sedulur2 semua….
    Izinkan saya manusia bodoh ini ikut diskusi,saya hanya berkomentar mengenai coment orang yg kepinteren diatas,maaf bukan gk pinter cuma ada penyakitnya yaitu kepinteren,knp saya bilang bgt krn gk tau soal ruhani kok ngomong ngalor ngidul soal ruhani,pesen saya ngaji dulu sama mursyid babakan ruhaniyah baru nanti komentar…..

  149. machmiko demak

    Dan sebuah nickname yg ada namanya ditambahi “naqsyabandiayah” coment saya kok kumolo wani(berani sekali) nama itu dibawa2…….

  150. machmiko demak

    Krn saya orang bodoh yg ingin terus sibuk membersihi badan,bersihi hati,krn saya sadar saya ini masih banyak penyakitnya baik jasmani,hati,maupun ruhani maka saya akan jelaskan secara singkat menurut yg saya dengar dr guru saya SAYYIDINAL IMAM AL’ARIF BILLAH MUROBBI RUUHI HADROTUSSYEIKH AKHMAD ASRORI ALISHAQI RA

  151. prikitiuw

    yach naga naganya ngrasa udah ke alam thuroby lagi nich..careful man

  152. asalamualaikum…
    slmt pg,
    slmt braktivitas
    skuses…sukses
    cium tangan bt yut gledek,yut LCA,tante kusumawijaya.
    dan smua nya

  153. Balakaciprut

    Assalamualaikum,
    ‘Dan mereka bertanya kpdmu tentang Roh, katakanlah :”Roh itu dari perkara urusan tuhanku’ dan kamu tdk diberi ilmu pengetahuan melainkan sedikit saja’ (Al’Isra)

    Menurut tafsir, lihat konteks ayat ini yang berfirman ALLAH, sedikit bagi ALLAH..belum tentu sedikit bagi manusia, ya bagi manusia luar biasa..tinggal mau gk kita mencari ilmu!

    contoh simak salah satu ayat Qur’an, : ”kami hiasi langit terdekat dgn bintang bintang”
    bagi kita manusia bintang ya sangat jauh jutaan tahun cahaya. jadi bung Fauzan menafsirkan ayat harus hati hati.

    kematian itu pasti ada sebab musababnya tetapi itu jg bagian dari takdirnya.
    Pesan kopi donk mbah samber gledek..!

  154. “Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan: “Roh itu dari perkara urusan Tuhanku; dan kamu tidak diberikan ilmu pengetahuan melainkan sedikit sahaja”. (Al-Isra :85) Fauzan : mungkin ilmu pengetahuan yang sedikit saja tentang roh diberikan Alloh kepada Ki Wongalus, Kenapa Lo Ngiri….

  155. manusia bisa berbicara dengan roh, roh denger, tapi manusia gak tahu jawabannya
    secara langsung, tahu dijawab nabi dari Al Qur’an (setiap shalawat manusia akan disampaika ke nabi Muhammada saw, dan ALlah akan menghadiahi dengn 10 barokah.

    Tjontoh :

    assalamual’aika ayyuhannabiyyu warahmatlllahiwabarokatuh……..

  156. komen atas ini untuk Mr FAUZAN, jadi klau kita tahiyat itu kepada roh nabi Muhammad saw bukan kepada jin, jin qorin,..cuma itu pengetahuan kita (mung sedikit) sedangkan transfer komukasi tersebut kita gak ngarti, apa seperti telpon ta sms ke kanjeng nabi itu
    ya memang sedikit itu pengertian kita tentang roh…yang sedikit laionnya gak tahu aku..

  157. Balakaciprut

    Assalamualaikum,
    Artikel Ki Wong Alus diatas jgn ditelan mentah mentah atau hanya melihat dari kulitnya.
    Saya ambil contoh orang yg terkena santet lalu meninggal, ya sebab musababnya karena disantet kok bisa kena santet mungkin karena ulahnya sendiri, kok bisa tembus disantet mungkin ibadahnya kpd ALLAH kurang, tdk Eling tetapi ingat tiap kematian juga ALLAH turut campur ya ada malaikat maut yang mencabut Rohnya. sebab musababnya lalu berakibat kematian adalah suatu kesatuan takdir dari ALLAH SWT. dalam dialog pun disebutkan Sudah Takdir dari ALLAH.

  158. Yum ;D

    iya terimakasih atas infonya :D

  159. hardi

    nuwun sewu……….nderek nunut maos kemawon………….simbah-simbah

  160. Salam rahayu para sesepuh semuanya.
    Ya kita ambil intinya åĴå krn itu semua bs terjadi krn kehendakNya.
    Tanpa perlu menyalahkan satu sama lainnya.
    Bersihkan hati kita dan niat adalah ukuran baik buruknya suatu perkataan dan perbuatan.
    Salam asah asih asuh ^_^

  161. machmiko demak

    Berikut yg saya dengar dari pengaosan beliau RA,saya akan tuliskan scr singkat2 saja,jd tolong disimak n dicermati…..
    1.Peristiwa isro’ mikroj
    Bagaimana Rosulullah SAW dpt bercakap2 cakap dngn para nabi pdhl beliau2 itu sudah wafat.
    2.Pelajari manaqib syeich abdul qodir aljaelani RA n manaqibnya para wali lainya.disitu bnyak peristiwa2 yg berhubungan dngn ruhaniyah.
    3.Pelajari apa itu ROBITHOH n SILATURRUHIYAH
    4.HADROTUSSYEIKH RA penah cerita tentang romonya kyai Usman,gmn beliau sedih wktu pulang dr ibadah haji melihat rumahnya sdh dibangun bagus oleh ba’dul agniya’ dari yg tdnya cuma gubug reot,yg tdnya kyai usman sll menolak ketika ditawari untuk dibangunkan rumah yg bagus,lalu kyai Rori bertanya kpd romonya knp kok sedih romo?kyai usman jawab : begini rik,biarpun rumahku yg dl itu reot klo hujan kebocoran tp km tahu rik,rumahku itu sering didatangi Rosululloh SAW,kanjeng syeikh abdul qodir aljaelani RA,poro wali2,ibadillahissholihiin.Dan yg membuatku sedih apakah beliau2 itu masih mau datang dirumahku yg skrg ini……

    >Tolong disimak n dipahami…..

  162. RUQAM AFFANDI

    EMAN EMAN PRAMUGARI NE AYU AYU + ENOM ENOM + SEGER SEGER TP PADA MATI.

  163. Balakaciprut

    Silakan memberikan argumen biar tambah pengetahuan, biar tambah pinter, tetapi jgn mencaci, apalagi dgn mudahnya bilang…syirik..musrik..krna sesama muslim itu bersaudara..he..he..he.. PEACE!

  164. pangeran brumbung

    ciprut@
    benar kata anda,kita jgnlah selalu blg syirik,musyrik,murtad,atw apa?
    Krn manusia tidak ada 1pun haq untuk memberi kata-kata spt itu?
    Yg punya haq apkh manusia syirik apa tidaknya hanyalah allah swt yg maha mengetahui…
    Silahkan kita saling tukar pikiran di sini, tp 1lg kita tidak punya haq untuk berkata syirik ataupun musyrik,

    tuk mbah gledek
    mana kopinya mbah???

  165. joko

    Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu
    salam takzim KWA
    salam hormat sedulur smua
    @balakaciprut.Salam kang.Stuju bnget dgn cara brpkir pean.ALLAH maha luas.Al-Qur’an pun juga luas dalam pengertiannya,berlanjut smpai hari akhir.Ilmu2 yg didalamnya tentunya juga luas,sesuai dgn FirmanNYA,seandainya manusia,jin,malaikat dan mahluk lainnya berkolaborasi merubah Alqur’an,mereka takkan sanggup.Betapa luasnya pengrtian ini.Artinya Alquran tidak berhenti dlm satu pembicaraan saja(dlm hikmahnya) sperti yg dilontarkan sdr.Fauzan trhdap KWA.ia jg lupa akan Firman ALLAH yg artinya manusia dimandatkan sbg “khalifah” di bumi,yg tentunya ALLAH memberikan SETETES dr ilmuNYA yg mahaluas sbg bekal kekhalifannya di bumi.Alam semesta luas dlm susunannya.Demikian juga manusia dlm susunan fisik dan batinnya.Kemampuan berkomunikasi dgn roh adalah setetes dari ilmu-NYA

  166. tuk tuk

    Elvicky

    13 May 2012 at 22:05

    Assalamualaikum,
    @ tuk tuk on, tlng saudara jelaskan! Saya pernah mengalami fenomena ghaib ketika naik gunung ini kejadian nyata karena kebelet kencing teman saya akhirnya kencing sembarangan tdk berapa lama kemudian ia kerasukan, kami berusaha untuk menyadarkanya tapi tetap aja gk bisa kami bacakan ayat kursi, bahkan saya Azan tapi tetap aja gk bisa sadar ini disebabkan karena mungkin diri saya yg banyak dosa. Alhamdulillah ada seorang sepuh akhirnya teman saya bisa sadar kembali, menurut sepuh tsbt lokasi yg dikencingi teman saya itu adalah makam. dari pengalaman inilah menurut saya Adab menghargai alam yg tdk terlihat Ya perlu…untuk menghindari kejadian yg tdk di inginkan tersebut, kecuali kita sudah sakti mandraguna tdk usahlah bilang Numpang numpang pasti mahluk Ghaibnya kabur duluan…he..he..he..salam damai krna saya jg masih cubluk!
    :
    Wa’alaikum Salam Wr.Wb.
    Saya tidak mendakwa anda banyak dosa, tapi akan saya kutipkan sebuah cerita tentang imam Syafi’i meruqyah orang kesurupan. sewaktu Iman Syafi’i sedang tafakur di masjid datang seorang tergopoh ngos-ngosan.deh.nah mengabarkan bahwa ada seseorang kesurupan aka kesambet..sang imam kemudian memberikan terompahnya dan berkata ini unjukan saja pada yg sedang on..(keserupan)..tanpa banyak tanya dibawanya sandal tsb..dan jger…!! orang kesurupan tsb sembuh..dan sebelum sembuh ..syahdan long long time after that..sesudah sang Imam meninggal ..orang tsb kesurupan lagi..tentu dengan jin yg sama tapi edisi baru..orang2 sekitarnya ingat peristiwa dulu kemudian segera membawa sandal sang Imam..namun kok ga sembuh-sembuh..dengan ketawa sombong dan jumawa sang jin…berkata …HUA HA| HA HA..uhuk !! batuk dikit..kemasukan laler..dia berkata..Ane engga takut ama nyang begituan…kagak mempan sekarang..Nah lo..orang2 bingung trus nanya ama jin tsb..kemaren dulu mempan pake sendal sang imam kenapa sekarang kagak..Kata Jin tsb..Ane kagak takut ama sendal butut kaya gitu..ane dulu takut ama nyang makenya …ya Imam Syafi’i ..nah benang merahnya adl bahwa Orang yang zuhud wara istiqomah adl musuh utama jin alias tanpa berucap kata ayat-ayat yg panjang ampe 10 juz kalo setingkat Sang Imam ..cukup sendalnya aja..kalo sekarang yah umpanya ada yg setingkat dibawahnya atau 2 tingkat asal zuhud dan wara cukup dengan Basmallah maka syetan,jin, marakayangan dedemit bablassss..tapi untuk setingkat kita yg nota bene kadang bersih kadang rada bersih..mungkin perlu ampe 10 juzz kali ya..hehehe oke..piss lov and clean

  167. Seolah enak banget ya roh bisa keluar masuk dari alam kubur untuk diajak komunikasi… kalo roh nya org jahat yg disiksa di alam kubur, ketika dipanggil rohnya, berarti ada kemungkinan “delay untuk siksaan”..delay berapa menit gitu ngobrol bentar ma sanak keluarga ato ma dukun yg manggil :D

    Sekali lagi, untung ada tontonan Dua Dunia di TV.. benar2 memberikan pencerahan!

  168. sitikela

    Assalamualaikum… Dari sisi tata kalimat tulsian bagus banget. Dan… betul…. wawancara imajiner itu bebas mau ngomong apa. Namanya juga imajiner. Imajiner itu termasuk dalam kategori cerita atau fiksi.

  169. PANGERAN KARTU KREDIT

    TURUT BERDUKA CITA

  170. Baru Belajar

    “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. Mereka dalam ke­adaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bersenang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekha­watiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Mereka bersenang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak menyia-nyia­kan pahala orang-orang yang beriman.” (Q.s. Ali Imran: 169-171).

    “Dan janganlah kamu mengatakan terha­dap orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati. Bahkan mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya.” (Q.s. al-Baqa­rah: 154).

  171. machmiko demak

    Kemudian orang yg sdh meninggal dan masuk ke alam barzah itu ruhnya dibagi dua :
    1.Ruh golongan bumi
    Mksdnya ruh orang tsb gk bisa kmn2 terbelenggu menghadapi siksa,fitnah didlm kubur terus sampai hari kiamat,
    Yaitu ruhnya…
    -orang yg dholim
    -orang munafik
    -orang yg mempunyai hutang
    -orang dagang yg trlalu banyak ngambil untungnya.
    2.Ruh golongan langit
    Mksdnya ruh orang ini stlh meninggal ruhnya bisa menghadap Allah SWT,dan bebas kmn2 terbang ke surga kebumi ketemu siapa saja.
    Yaitu ruhnya orang yg syahid,orang2 sholeh yg dimasa hidupnya mujahadah berusaha mencapai makrifat kepada ALLAh SWT.

    Itu sedikit point2 yg bisa saya sampaikan dari yg saya dengar dari hadratussyeikh RA,klo saya sendiri sich ilmunya sedikit masih kalah dibanding sesepuh2 n sedulur smua…..sekedar share aja jngan sampai ada pemikiran wali2 Allah n orang2 sholeh itu klo meninggal itu diam aja,melainkan mereka itu hidup mendapat rizqi dr Allah n bebas kmn2 tnpa belenggu.

  172. otnay

    Oalaaaah ko kmentr’e bgs smua y, apik buat di simak, tapi apa itu ya sepintas jin gng salak sedikit sombong dgn gampang tanpa ucap slm ko bisa ngilangin nyawa orang satu pesawat, yangg lbh hebatnya lagi dia bisa kelabuin kt smua bahwa dia ituloh yang berkuasa di sana (gn salak serta rakyat jin2 demit yg ad. D. Sana)
    Sy pikir mereka benar jin2 trsbt d beri kkuasaan d gng sana, tapi kita jg mesti ingat bahwa smua kematian hakikatnya kembali kpd ALLAH ta’ala dan ga usah kita smpai d klabui oleh jin baahwa mereka yg mmberi pelajaran pada sopir pesawat trsbt, itu pintr2nya dia ngomong, tapi seandaainya itu benar juga smua krn sudah kehendak ALLAH ta’ala, di situlah kesombongan jin gng slk trsbut, dn seandainya musibah tdk trjd mrka ga akan ngmng apa2, jd smua kjdian hakekatnya kita kmbalikan hnya pada ALLAH ta’ala,tlg kta smua igt kembali bahwaa ajal akan menjmpt siapapun. Deengan cara yang tidak akan prnah kita kthui…
    asem tenan cangkemku nganti muncra..t.
    Kopi mbah
    Kopi…kopi…kopi
    Ndi ki sing dgg tak layanane dewe…
    Oalaaaah mbah gledek turu.. Malahan

  173. Balakaciprut

    Allah maha luas ilmunya, dgn Ilmu Allah atas kuasa dan seijinya semua bisa terjadi, jadi tergantung Maqom/ derajat atau tngkat spiritual disisi ALLAH. Shulthonil Aulia Syaikh Abdul Qodir Jaelani karena Maqomnya mampu menembus Alam Lauhil Mahfudz tentunya dgn seijin ALLAH SWT. Wallohu A’lam…

  174. ijin nyimak aja…
    ngeteh dulu biar gak panik

  175. Gulang Gulang

    Kalo belom pernah ke gunung salak, nginep disana, kemping, atau minimal lewat malam2 nya aja, gak usah pada komen dulu dah. Kalian belom rasain sensasi GAIB disana ya. Dulu aja tahun 1994 pas aku kesana sama temenku 2 orang dalam rangka uji fisik dan mental untuk menerima ijasah perguruan kami, disana banyak sekali sensasi gaibnya. Kami tidak tau apakah itu jin, malaikat, atau ruh. Yang kami tau adalah kami hanya tamu yang numpang lewat di wilayah mereka. Hanya dengan mengucapkan permisi (PUNTEN =dalam bahasa sunda) Alhamdulillah mereka tidak mengganggu. Nah , jadi menurut aku kejadian kecelakaan itu bisa saja ada campur tangan mahluk gaib disana, yang tentu aja atas izin Allah. Wallahu A’lam.

  176. kisambergledek

    Hadir sambil gendong kopi.
    Sapa tau ntk ada yg mau ngopi,pi kopiiiii.!!
    Galilah selalu ilmu allah sampai ajal menjemputmu,
    Krn Ilmu allah itu tiada batasnya,!!
    ”jadi tidak ada hal yg tidak mungkin di muka bumi ini,”,
    Salam rahayu slalu.

  177. Pangeran brumbung

    Pesen kopinya mbah?soalx dari kemarin pesen kopi tp warungnya mbah selalu tutup?

  178. kisambergledek

    Pangeran brumbung
    Ok siap mbah,monggo2 di nikmatin skarang kofinya,salam rahayu.

  179. kidewabesi

    salam penyejuk jiwa….

  180. kidewabesi

    memang memang betul mbah,kl ada yg tdk mengakui ilmu allah tiada batasnya berarti hrs di pertanyakan kejiwaan orang tsbt,xexexexexexexe

  181. Pangeran brumbung

    Makacih mbah gledek
    salam buat ki dewa…
    Monggo pencerahannya…?

  182. sakalimus

    ada yang lebih rasional….satu lagi kalau ada minta silsilah eyang santri.

  183. bambang

    kisambergledek
    mana kopinya to wedang susu jahenya buat tombo ngatuk
    slm kmpk sll sjnak kita harus introfksi dir kita masing2 menelaah dari sudut pandang mana,berolah pikir,olah rasa olah zikir insyah Alloh tidak ada slipnya karna satu irama seprti minyak dgn air bisa satu wadah tapi tdak menyatu mnyak inginny ada diats aja
    slam hormat ssepuh KWA WOng bece ketetek wong olo ketoro wong ora obah nek obah ya medeni bocah Bok kaya kuwk

  184. kigebleksaestu

    Salam Ki Wong Alus, ki Dewa Besi, Pembela Ra Neko2 lan sedulur kabeh….
    sakjane luweh sakti mana Jin Qorin utowo Jin Djarum 76..?! Khe..khe..khe..

    Mustine bukan cuma uruusan Si Sukhoi yang nyungsep tok… nanging.. semua urusan ning dunyo iki yg namanya menungso kudune pahem lan nyekel maknane iki…

    “di mana bumi dipijak, di situ langit tak pernah berujung”
    mulakno kudu biso
    “melompat sebelum memandang”
    khe…khe…khe…

    Sentilan…sentilun… Ki Samber Gledek… mbok yao ojo kakean ngopi….
    mengko kembung…. khe…khe…khe…

  185. kigebleksaestu

    Kang Fauzan….
    Lha wong cuma wa2ncara imajiner kok yo ditanggepi nganti ilmiah tho..?!
    khe…khe…khe…seriuzzz banget…

    Nyantai wae… kalo agak strez minta kopi sama Ki Samber Gledek
    khe…khe…khe….

  186. Balakaciprut

    Assalamualaikum,
    Salam dari saya juga Mas@Joko,
    Juga kpd,
    @KiSamber gledek
    @Pangeran Brumbung
    @Kidewabesi
    @machmiko Demak
    @Kikesumawijaya
    @tuk tuk
    @tiang biasa
    @mbahgempleng
    dan yang belum disebutkan mhn maaf, abisnya yg komen lmyan banyak, sekalian pesan kopinya Kisambergledek pake susu ya! tapi susu asli..ha..hai!

  187. Wussssss…….wussss…..wusssss…… Huuuuu huuuuu hhuuuuuuuu”………….. Numpang lewat

  188. Adem Ayem

    Assalamualaikum…..para sesepuh & sedulur KWA, Absen malam menjelang pagi……

  189. Semoga semua disejahterakan 4JJI SWT.
    Salam takzim ka kabehan nana nu ku simkuring di anggeup guru .
    Bade nyandak nu sae hungkul, da simkuring percaya kana patunjuk ti gusti 4JJI mah jalur na bade ti mana wae. Bade liwat mana wae, bade kumaha wae, da terserah gusti 4JJI nu boga kawasa.
    Ngahapunten kasadayana, da simkuring mah jalmi bodo kana ilmu dunya, komo dei ilmu batin! Huuh! Pikaseubeuleun boga awak teh, tapi da buatan gusti 4JJI.
    Bade nyimak hungkul we lah…
    simkuring hoyong ngaresapi pitutur sepuh ti gunung salak:

    sehebat apapun ilmu dunya,tak akan mampu mengalahkan kekuatan alam dan kekuatan batin bangsa kita. Kita ini bangsa yang unggul karena disinilah kawah candradimuka dan sebagai pendidikan kekuatan batin manusia. Maka kalau ingin selamat dunia akhirat, pelajari dan kemudian olah batinmu dengan laku tirakat agar menjadi tajam akan tanda-tanda kekuasaan Gusti Allah. Gusti Kang Murbeng Dumadi, Sang Pencipta Alam semesta. Hargai dan hormati alam ciptaan Allah baik yang nyata maupun yang goib, jangan sekali kali merusak dan menunjukkan kesombongan karena nanti ada hukum karma sebab dan akibat.

    Hoyong ngopi euy! euweuh cangkir na! 234 euweuh batur na!

    Hormat ka kabehan nana

  190. kigebleksaestu

    Yaa Hayyu, Yaa Quyyuum…
    Yaa Hannan, Yaa Mannan..

    Khe….khe…khe….

    Demi malam yang menepis pelukan siang..
    tapi masih ditongkrongi terus sama sedulur KWA

    khe…khe…khe…

    Aki numpang ikutan ngisi absen

  191. kisambergledek

    Salam met pagi semua.!!

  192. kesumawijaya

    Asalam’mualaikum wr wb

    @ Ki Samber Gledek

    Good morning Mbah Sifu
    May I have a cup of my fav nescafe please (Hehehe.. speaking London Mbah).
    Kofe nya yang hangat ya Mbah… Spore disirami hujan gede sejak jam 2 pagi till now.

    Doin Mbah… hari penentu.

    @) Mbahgelempeng
    Salam manis buat ente, rokok udah dikurangkan Mbah? Hehehe take care will you.

    @ Balakaciprut
    Salam kembali.

    @ all diKWA
    Salam Rahayu.

  193. kisambergledek

    Morning too mbak zizah,
    Wah da balik nich dari london nya mbak.?
    Oleh2nya mana nich.ntk tak penuhin mug meow mbak,he5x
    Ok salam selamat pagi and salam selamat beraktifitas sadayanya,nuhun.
    Thanks a lod mbak.!!

  194. pembela ra neko neko

    hening dalam keheningan,mending ngopi2 dl mbah.

  195. bambang

    Ki Ageng JJ kapan kita pertemuan lagi tuk wilayah depok sekitar dan sahabat kita yg berpijak diwilayah depok siapa aja sih saya ingin silahturami untuk menambah keguyuban karna pertemuan di AULA pertanian saya terlambat hadir hanya dari kejauhan.
    dan Ki Ageng JJ Sendiri tmpat berpijak dimana nanti biar saya soan sambil ngopi2 enak tenan
    oke

  196. garengpung

    Assalam’mualaikum wr wb

    Salam Salim kagem Sesepuh sedoyo.. Rahayu..

  197. bajra

    semoga ALLOH mengampuni dosa dosa kita

  198. Tukang Baca Mujarrobat

    Assalaamu ‘alaikum. Wr.wb
    Semoga arwah para penumpang sukhoi sj 100 diterima disisiNYA.

    Numpang nanya yth sedulur wa sesepuh KWA.
    Saya rencananya mau ngamalin amalan di buku saya yg buat hajat, saya tertarik dgn amalan tsb tapi bagus nggak ya?

    Berikut :
    Baca Asma ” Allooh ” 1000x
    terus do’anya :
    ” Alloohumma yaa kahahin kahkahahin kalhaihin mak-haihin yas ‘athoothin qolbahadin mahlayaa-in salmahay waruurohin yaa huwa huwa kabbaa sa’iidin sirro tho’uh thohthobaalin mahthuyuulahin wahuwasmukal ‘azhiimil a’zhom alladzii idzaa du ‘iita bihi ajabta wa idzaa su-ilta bihii a’thooit.
    As aluka an tusholliya wa tusallima ‘alaa sayyidinaa muhammadin sholaatan wa tasliiman yalyiqooni bijanaabihil ‘azhiim wa qodrihil fakhiim wa an taqdhiya lii kadzaa wa kadzaa. 111x

    Insya Alloh, pertamax ngamalin ntar malam.
    Numpang nanya deh, siapa tau ada yg pernah ngamalin :-)
    Mohon maaf, sesudahnya.

    Wassalaam.

  199. Salam salim semuanya… Nuwun sewu, ndherek urun rembug… Bc2 kok ada smpai musyrik2, ma’af pelan pelan nggih… Mnurut hmt kami, -musyrik / tdk thd hal diatas, bgmana i’tiqod dlm ht msng2.-ada tlsn sdulur hal uluk salam pd ahli qubur(hdts Nb, ahli qubur mndngr suara kaki pelayat/salam dr org yg salam) prlu diresapi.-dialoq Nb SAW dg pr Nb trdahulu wkt mi’roj, perlu diresapi.- mgkn jg perlu diangen2, diresapi hdts Nb SAW hal “larangan mmbuang air panas pd tmpt2 kotor”, di korahan (cucian alt mkn),comberan,wc ato tmpt kotor lainnya, Knpa dilarang ? Ada apa disana ? Bgmana kalo dilakukan ?Monggo alon-alon, pelan-pelan diresapi… Mhn m’af bl krg brkenan, skdar urun rembug dr anggota Perkemi(persatuan kemeruh indonesia). Salam damai…

  200. kopi hitam

    salam rahayu buat KWA lover

  201. Roikhu-kwa0830

    qeqeqeqeqe…..
    Semoga mata batin sedulur pada diberi hidayah allah s.w.t.
    Sehingga tdk simpang siur dlm mentafsirkan sebuah kejadian di alam dunia ini.
    Salam damai rahayu.

  202. Roikhu-kwa0830

    bangsa indonesia akan terus menuai musibah selama wahyu keprabon masih ditangan seorang rakyat jelata yg tertutup tabir hikmah.
    Setinggi apapun teknologi otak manusia, sepintar apapun pikir manusia, semuanya masih dibawah kendali 3 kata dalam basmalah dan alam semesta menghendaki penghayat 3 kata inilah yg berkuasa.
    Salam damai rahayu

  203. ijin nyimak …

  204. Wong Gentur lagi pengen "Ngelantur Lha yaooo.."

    Assalamu’alaikum Wr.Wb… Absen malam..
    Salam Asah Asih lan Asuh Poro Sedulur…

    Skedar INTERMEZZO…

    # Iblis minta “Pensiun Dini”

    Iblis : Ya Tuhan, hamba minta pensiun dini saja.
    Tuhan : Kenapa kamu minta pensiun? Bukankah kamu yang minta untuk selalu menggoda manusia?
    Iblis: Hamba minta ampun ya Tuhan. Amit-amit sekarang kelakuan manusia sudah melebihi hamba. Hamba kawatir, justru hamba yang nanti bisa tergoda oleh manusia. Makany hamba minta pensiun dini saja.
    Manusia berzina, yang enak dia, yang disalahkan hamba.
    Manusia korupsi, yang menikmati dia, dibilang hamba yang menggoda. Hamba lagi yang disalahkan.
    Yang paling sedih, tiap musim Haji hamba dilempari batu oleh berjuta manusia di Mekkah. Padahal diantara yang melempari hamba itu, banyak juga yang sudah jadi kawan hamba…@@@

    # Do’a Untuk Mengusir Hantu Kuntilanak…

    Suatu ketika, saat malam jum’at. Sepulang sholat isya di masjid, Hamid (6 tahun) dicegat makhluk halus, ternyata KUNTILANAK. Hamid pun bingung, gimana caranya mengusir kuntilanak itu. Karena dia baru belajar satu doa, dia yakin baca doa itu bakal mengusir kuntilanak, “BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM. ALLOHUMMAABAARIKLANAA FIIMAAROZAKTANAA WAAKINAA ‘adzaa BANNAAR…Aamiin . Kuntilanak pun akhirnya ngacir sambil ngomong “kampret, seumur gw jadi kuntilanak, baru kali ini mau dimakan anak kecil”…@@@

    @ Seorang ustad pulang dari masjid melewati pepohonan rimbun dan sepi… Tiba-tiba Kuntilanak muncul menakutkan.. Ustad kaget dan berteriak: “Ya Allah.. lindungilah aku dan hancurkan setan ini”… Kuntilanak menjawab: “Mulai dhe……lebayyyyy… Apa-apa langsung lapor, orang cuma becanda juga….” @@@

  205. ryanpamangkeh

    assalamu’alaikum

    pemberitahuan,,,,wirid yang diusahakan dibaca setelah solat agar mendapat anugrah yang takterhingga,,,,SIRRULLAH,,SIFATULLOH,,WUJUDULLOH,,,AF;ALULLOH,,,LAILAHAILLALLOH MUHAMMAD RASULULLOH,,,,SALAMUN QAULAM MIRRABBIR RAHIIM WAM TAZUL YAUMAL AYYUHAL MUJRIMUUN 3X,,,

    insya Allah dianugrahi yang tidak kita ketahui

  206. Malaikat

    SESATTULLOH….MUSYRIKUN WAL DAJJALUN…..hahahaha

  207. ALLAH SWT.

    Semua yg terjadi didunia ini adalah akibat dari suatu sebab…..

  208. Tiada kata yang paling indah selain “Subhanallah”

  209. juli

    ass.entah kenapa kok dialog yang dibeberkan mengenai komunikasi dengan eyang santri itu sama persis dengan komunikasi saya dengan seorang kakek berjubah dan berjenggot putih,hanya saja ditambahkan ada power yang berputar tidak beraturan yang mengelilingi puncak puncak di gunung salak.power itu bisa saja menarik benda benda sekalipun sebesar pesawat.hanya Allah yang tahu.memang masalah ini termasuk permasalahan tembus pandang akan selamanya jadi polemik antara yang setuju dan tidak.saya hanya melihatnya sebagai kebesaran Allah saja,dan setiap dari kita akan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan sekalipun sebesar biji sawi.wass

  210. juli

    Makanya jika kita orang islam,rosulullah mengajarkan kita adab adab misal dalam berpergian,naik gunung ada dzikirnya,turun gunung,lihat mesjid ,masuk pasar ,lihat kuburan/makam,lewat tempat angker semuanya ada dzikirnya.Kenapa?bahwasanya disamping kita ada alam lain yang mahluknya juga ada yang beriman dan tidak.ada yang usil dan tidakDan dzikir serta do’a itu berfungsi sebagai mohon perlindungan kita kepada Allah SWT.Ada doa naik kendaraan darat ,laut dan udara,semuanya dalam islam sudah lengkap dan tidak kadaluarsa sampai kiamat.Tinggal kita mau mengamalkan atau tidak.Andaikata kita rajin mengamalkan eh ternyata takdir berbicara lain misal kita kecelakaan insya Allah kita akan mati syahid atau khusnul khotimah,tidak mati nganggur.Itu fungsinya.Sesingkat singkat do’a adalah saat memulai kita baca Bismillah dan Diakhi kita baca Alhamdulillah.semoga bermanfaat

  211. juli

    maaf ralat sesingkat singkat do’a adalah saat memulai kita baca Bismillah dan diakhiri dengan Alhamdulillah.semoga bermanfaat

  212. Roikhu-kwa0830

    kilatan sinar menghantam burung neraka.
    Melesat dari timur ke barat.
    Melingkupi pulau ismoyo.
    Menahan hujan birahi angkasa.
    Membuat tangis azazil membara.
    Sinar kemuliaan abdal berawal dari sendu nurani.
    Tak kuasa hadapi takdir ilahi.
    Pikul beban tanpa batas insani.

  213. kigebleksaestu

    khe…khe…khe….
    pesawat terbang itu kan seperti nyamuk
    nyamuk itu kalo terbangnya brisik lan kakean polah
    yo musti kenek kampleng… penyet

    koyo sing natap tebing gunung salak kae
    khe…khe…khe….

  214. wahjoedijono

    Masyaallah, kalau demikian mengapa banyak pejabat yg tidak mau belajar dari pitutur para leluhur, semoga kami yg generasi muda ini dapat lebih banyak belajar

  215. Kalo ada kmunculan mbah petruk syirik ng gak yaw?

    Kuntilanak mode on!

  216. OMONG APA KALIAN INI GA JELAS, PADA SOK PINTER MENGANALISA SESUATU YG GA JELAS, YG JELAS KECELAKAAN DAN MATI KARENA ALLAH. SEKARANG INI TUGAS KALIAN MEMPERBAIKI DIRI KALIAN, LIHAT HIDUP KALIAN , LIHAT IBADAH KALIAN. ILMU SEKUKU AJA PADA SOK PINTER PETANTANG PETENTENG PAKAI NAMA2 SEPERTI SINETRON LAGA… KALIAN INI HANYA SEKUMPULAN ORANG2 STRESS YG HAUS SPIRITUAL, TAPI PENGENNYA INSTANS, MANA ADA ? MAKANYA IBADAH COY… JANGAN BELAJAR PADA GURU YG TAK BERWUJUD SEDANGKAN WUJUD KALIAN SAJA JARANG BERKACA, MAKANYA TAMPANG KALIAN YG SUSAH ITU DI TERTAWAKAN ORANG…

    SATU KATA, KALIAN INI SEPERTI MELIHAT OASE YG DISUGUHKAN WONG ALUS YG PUNYA BLOG, BENILAH INDONESIA DENGAN ORANG2 TOLOL NYA, MENDING KALIAN BAHAS YG LAIN DAN WAJAR, KALAU TOH BLAJAR SPIRITUAL CARI GURU2 KEPESANTREN, KE GUNUNG2 DLL, BUKAN BERGURU PADA ORANG YG TAK BERMUKA !!!

    BEGITU BANYAK ORANG2 SOK JAGO DISINI, BEGITU BANYAK ILMU2 DISINI, RASANYA AKU INGIN KALIAN HAJAR AKAU DARI JAUH… WKWKWKWKWK…. SUPERMEN INSTAN !!!

  217. Bunda Risma

    Assalamu,alaikum wrwb..Ki Wongalus dan para sesepuh di Kampus Wong Alus..maf dah lama absen..baru sempet hadir disini..walah bunda ketinggalan jauh..nyimak ajalah..makasih

  218. @Sutoposatro

    Salam takzim, hatur rasa hormat saya.
    Saya salut sama panjenengan yang sudah bisa berkaca, menurut saya orang yg sudah bisa berkaca itu adalah orang yg sudah bisa melihat diri sendiri.
    Sedangkan saya kalo berkaca kok bayangan saya seperti ada tanduknya ya!
    Ngapunten, saya selama ini berguru kepada Allah SWT, sungguh hebat panjenengan bila sudah bisa melihat wujudNya.
    Sedangkan saya Huhh boro2..menurut saya Dialah yg maha guru.
    Saya percaya
    bahwa Allah SWT memberi petunjuk lewat mana saja yang Dia mau, dengan cara yang Dia mau, dan terserah Dia mau bagaimana juga, mao lewat apa saja toh Dia yang maha berkuasa.
    Dan saya juga percaya bahwa Baginda Rasululloh pun belum pernah melihat wujud sang maha gurunya. Mungkin cuma panjenengan yang pernah melihat wujudNya. Sungguh luhur ilmu dan ucapan panjenengan.

    ALDUNYATU MINAL SABAB

    Sungguh saya salut dengan panjenengan…

    Mohon dibabar biar kami semua yg ada di KWA ini bisa mengerti dan paham.
    Tujuan saya di KWA cuma Gaul dan mencari jernihnya mata air, sebab sumur2 dan mata air di tempat saya sudah pada kena radiasi limbah pabrik
    Salam hormat

  219. @ sutoposatro
    “BEGITU BANYAK ORANG2 SOK JAGO DISINI, BEGITU BANYAK ILMU2 DISINI, RASANYA AKU INGIN KALIAN HAJAR AKAU DARI JAUH… WKWKWKWKWK…. SUPERMEN INSTAN !!!”

    Monggo buat para sedulur yg mo kasih pelajaran buat org ini.

  220. Tatang

    Assalamu’alaikum.wr.wb. Mungkin pilot Sukhoi tdk memberi salam karena dia bukan orang islam dan tdk bisa melihat jinn. Dan kecelakaan itu jalannya adalah kesalahan manusia
    itu sendiri. Dan cukuplah Al Qur’an dan Assunah sebagai pegangan hidup.

  221. ryanpamangkeh

    assalam,,,,salam kangen buat para sedulur

  222. ALLAH SWT.

    tatang…kamu itu Oon juga yah….pilot itu khan manusia kaga bakalan bisa liat jin…masa yg harus permisi pilotnya…ada juga jinnya yg harus minggir…bgono tang,

  223. ALLAH SWT.

    Sutopasutro……gw kutip tulisan luh..JANGAN BELAJAR PADA GURU YG TAK BERWUJUD..lawong nabi lu aja Si mukammat gurunya tak berwujud….yaitu jibril..berarti wujud mukammat jarang berkaca donk,,,,,hahahaha

  224. ALLAH SWT.

    juli juling….ada2 ajah luh…walaupun ampe jontor tu mulut luh berzikir……gw berani jamin g ngaruh kalo akhlak luh bejat…JIN SETAN SILUMAN G TAKUT AMA ZIKIR…DIE CUMA TAKUT AMA ORG YG BERIMAN KEPADA ALLAH. WALAUPUN DIE G ZIKIR…………….artinya jin setan siluman takut pada siapa yg baca,bukan apa yg dibaca…

  225. ALLAH SWT.

    Gulang guling…….. luh udah musyrik tuh menganggap jin punya kuasa terhadap manusia…PANGGIL AMA LUH SETAN YG PALING SEREM…GW SODOMI….hahahaha.

  226. Dengan menyebut nama Allah YME
    Salam sembah buat Gusti ALLAH.SWT
    Saya percaya bahwa Al’Quran diturunkan kepada Baginda Muhammad Rasulullah SAW (itu yg saya tahu selama ini bukan mukammat) didapat pertama kali di gua Hira, memang melalu malaikat Jibril bukankah Jibril itu yang Panjenengan utus!
    Dan perkataan Muhammad SAW itulah yang menjadi sunatullah, yang menjadi kepintaran alam semesta tak lebih atasMu bukan begitu tuhanku Allah SWT.
    Insya Allah saya sungguh menyembahMu, pasti…harus..
    jin setan malaikat ruh qharin qhodam iblis, kuntilanak dan Genderuwo termasuk yang membaca tulisan ini pun mau Engkau guling gulingkan, di jadikan tanah, dijadikan api, dijadikan cahaya, dijadikan batu, dijadikan air,di cabut nyawanya, sampai Engkau “maap” sodomi pun, itu kuasaMu

    Semoga Engkau memberiku jalan yang lurus, jalan yang sebenar-benarnya jalan, bukan jalan yang Engkau belokkan ke kali ciliwung nanti saya palid…Ya Gusti Nu Agung, simkuring nitip keun awak simkuring abeh teu nyusruk awak ieu!

    Tiada tuhan selain Allah, dan nabi Muhammad itu utusan Allah

    HAI YANG MAHA WUJUD
    BERILAH AKU PITULUNG MU
    BERILAH AKU WUJUD ASAL JADI DIRIKU..JADI SEJADI-JADINYA
    KUN KATA ALLAH
    FAYAKUN KATA MAHLUK
    JADILAH BERKAT AKU MENGUCAPKAN LÂILAHAILALLAH MUHAMMADURRASULULAH

    salam sembah

  227. Sutopo@
    Jenenge kulo baduy
    Sedari kecil ya baduy
    Sedari bocah ya baduy
    Sampai saya nulis ini ya baduy!
    Baduy bageur tea nu pangkasep na sadun’ya alus ieu hahay!
    NEK AKU BADUY BAGEUR KOEN KATE LAPO

  228. ka2ng crb

    aslm………….
    ulasan yg mantab ki…………
    salim dri jauh barokalloh…………..

  229. Assallamualaikum.Wr.Wb

    Salam rahayu untuk para sesepuh dan sedulur semua, mari kita doakan semoga tragedi shukoi bisa segera terpecahkan dan Keluarga Korban yang bersangkutan semoga diberikan ketabahan oleh Allah SWT. Amin

  230. GONDES PUTRA DAYEUH PAKUAN

    ULAH SOK NGACALAPRUK….ETAMAH GEUS KUDUNA CILAKA !!! ..DICABOKAN KUAING MAH JURIG2 GUNUNG SALAKMAH !..YEUH DEWEK KALANG SUNDA REK TAKABUR…DIUJUNG NEUPI KA HULU SAKABEH JURIG GUNUNG SALAK TALUK KA KAULA !!..

  231. AbahGondes@salam takzim abah!, salim dari saya abah! Memang yg beginian mah tergantung orang2 yang mengimani aja bah!
    Maap ya bah! Saya insya Allah mengimani rukun imannya umat Islam, dan saya percaya Islam adalah agama kemenangan bah!

    Memang dalam firman Allah:

    ” Wahai orang-orang yang beriman! Tetapkanlah iman kamu kepada Allah dan RasulNya, dan kepada Kitab Al-Quran yang telah diturunkan kepada RasulNya (Muhammad s.a.w) dan juga kepada Kitab-kitab Suci yang telah diturunkan dahulu daripada itu dan sesiapa yang kufur ingkar kepada Allah dan Malaikat-malaikatNya, dan Kitab-kitabNya dan Rasul-rasulNya dan juga Hari Akhirat, maka sesungguhnya dia telah sesat dengan kesesatan yang amat jauh.” ( Surah An-Nisaa’ : 136)
    Dari ayat diatas Rukun Iman disebutkan hanyalah lima perkara yaitu

    Percaya kepada Allah
    Percaya kepada Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul
    Percaya kepada Malaikat-Malaikat
    Percaya kepada Kitab-Kitab
    Percaya kepada Hari Akhirat
    Tidak disebut rukun iman ke-6 yaitu

    Percaya kepada Qada’ dan Qadar
    .
    Kewajipan beriman kepada Qada’ dan Qadar sememangnya tidak diterangkan di dalam ayat 136 surah an-Nisaa’. Namun begitu, Rukun Iman ke-6 yang digariskan oleh Rasulullah tetap mempunyai asas di dalam al-Quran berdasarkan kepada ayat-ayatnya yang lain iaitu:
    -

    ” Tidak ada sesuatu kesusahan (atau bala bencana) yang ditimpakan di bumi dan tidak juga yang menimpa diri kamu, melainkan telah sedia ada di dalam Kitab (pengetahuan Kami) sebelum Kami menjadikannya; sesungguhnya mengadakan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kamu diberitahu tentang itu) supaya kamu tidak bersedih hati akan apa yang telah luput daripada kamu dan tidak pula bergembira (secara sombong dan bangga) dengan apa yang diberikan kepada kamu dan (ingatlah), Allah tidak suka kepada tiap-tiap orang yang sombong takbur, lagi membanggakan diri. ( Surah Al-Hadid : 22-23
    )

    Menurut saya kalo memang cuma lima seperti ayat pertama tadi sungguh ajaib angka lima itu bah! ini menurut saya loh bah!
    Kalau saja orang Indonesia ber PANCA sila dan melaksanakannya sungguh2 niscaya lumpur lapindo akan segera teratasi, orang2 bodo,guoblog dan tuolol plus blegug seperti saya ini pun bila mengimani rukun Islam pasti tahu arah jalan bah! ini menurut saya loh bah! dan dengan mengucap kaLIMAh syahadat maka syah lah saya yang tidak tau apa2 ini masuk agama kemenangan tinggal melaksanakan yg 4 lagi kan bah! jadi dah 4 sehat 5 sempurna bah!
    Dan abah! yg membuat saya takjub adalah jari2 setiap tangan saya bah! bisa meraup, bisa menggenggam, bahkan bisa NYABOK, bisa nyopet dll bah! karena sempurna bah! jempol, telunjuk,jari tengah,jari manis, jari kelingking bah! begitu pun kaki saya bah!
    dan kenapa disurat AL-IKLAS huruf ” dal “nya ada lima
    dan kalo dibabar lagi bisa kriting jempol ni bah! soalnya pake hp nokia jadul bah! pang meuliken ateuh bah!
    kenapa qada’ dan qadar jadi yg ke enam bah?
    Hahay! Karena si abah sudah bisa naklukin jurig ti gunung salak, saya kagum ka abah

    Hampuranya bah simkuring ngacapruk jiga namah kasibat mbah gunung salak bah!

    Salam paseduluran bah!

  232. GONDES PUTRA DAYEUH PAKUAN

    KANG BADUY: ATUDA KESEL…PARA KARUHUN MAH TEU KITU TEU KIEU..!!! REK MAJU KUMAHA BANGSA TEH ??? SING BENER ARI NARINDAK TEH…DARI PADA NGACALAPRUK MENDINGAN NGUSEUP BENTEUR JEUNG PARAY DI GUHA LALAY TENJOLAYA GUNUNG SALAK…SAHA NU DAEK MILU HAYU BURU..TONG SIEUN KUJURIG GUNUNG SALAK !..MUN KAPANGGIH JEUNG JURIG GUNUNG SALAK URANG GORGAR WEH..GORENG GARING !!!…KOCECES SORA KATEL HITUT DIDAPUR…

  233. Tah kitu abah! Gning jadi ti’is salam wauh tisimkuring! Kade bah! Kawasa gusti Alloh mah ageung bah! Simkuring ge da aseli jelema buatanNa, cnah lamun mahluk nukitu euweuh, cek kolot bahelamah nabi Adam as teh dijieun ku gusti Alloh, tah sakabeh mahluk jieunan gusti Alloh teh tarunduk ka nabi Adam as, iwal ti hiji mahluk nu teu tunduk.
    Cing tatarucingan mun setan jeng iblis teh bener euweuh, saha coba nu teu tunduk?
    Sok hadiah na buhur 234 sabungkus.
    Hahay!
    Salam paseduluran ti simkuring

  234. GONDES PUTRA DAYEUH PAKUAN

    KANG BADUY@ ASIN AH KANG BARI NGACUNG DIJURU…HEHEHE

  235. Hahay! Sok ateuh dipikiran bari ngusep!

  236. Wong Gentur lagi pengen "Ngelantur Lha yaooo.."

    Assalamu’alaikum Wr..Wb..
    Salam Salim SEDULUR Kabeh…

    @ Baduy Bageur.. Kmh Kang Baduy kbrna.,.? Damang Kaang..

    @ Gondes PDP.. Salam salim kenal njih..

    @ Sutoposastro..sumuhun dawuh Ki..sungkem ka pandjenengan njih

    @ Allah SWT.. Wadohhhh.. Keren ungg ieu ngaran na… MENI HEBRINGGG kieu uyyy..

    Tosan heula sakedap geura bageur, nu kasep..nu geulis…( siga awewe wae atuh ribut wae ieu..hehehe) Ieu aya INTERMEZZO sakeudik ea kanggo AGAN- AGAN sadaya.. Di simak baik- baik ieu CARITA ti SIM KURING uenya…

    Alkisah Ada seorang ibu yang tengah mengatuk mau tidur

    Lalu tiba-tiba anaknya bertanya: “Mak, Mamak udah pernah injak Jakarta?”

    Si ibu menjawab “Udah nak”

    Terus si anak bertanya lagi: “Kalau Bandung?”

    Si ibu menjawab: “Udah anakku..”

    Terus si anak bertanya lagi: “Kalau Jogjakarta udah?”

    Si ibu menjawab: “Udah..”

    Lalu si anak bertanya lagi: “Kalau Surabaya, Makassar, Papua, Aceh, Ponianak,

    Pekanbaru, Balikpapan, Manado, Kendari, Pangkal Pinang, Batam, Palangkaraya udah

    belum mak?”

    Sambil menahan kantuk si ibu menjawab: “Tidurlah nak, tinggal mulutmu aja lagi yang

    belum mamak injak”..@@@

  237. biyar btul. ini jmn kan sdah cnggih, apa msh ada yg nmanya gitu gituan…nn

  238. WongGentur@hahay! Kabar na sae kang! Pangestu
    Hahay! Emang babaran si akang meuni maknyussss
    Salam salim kang ti simkuring. Iyeu ker arek angkat damel kang! Moal bisa absen di kampus ieu dua minggu heuuuhhhhh pasti tinggaleun babaran si akang!

    Hahay!

  239. Victor

    Hebatttttt bisa ngobrol ngalor ngidul …….
    Apa betullllll??????

  240. musibah oh musibah?

  241. Memang sifat kafir, musyrik, munafiq ahli bid’ah, fasik dll perlu kita fahami untuk introspeksi bukan untuk dituduhkan pada fihak lain. Kita musyrik kalau kita mengabdi kepada selain Allah misalnya mengabdi kepada jin, setan bahkan duit ! Nama yang dipakaipun lucu lucu mungkin bukan nama asli. Tapi yang saya kaget kok ada yang menggunakan nama Allah SWT.

  242. Subhanallah….

  243. joko

    YG JELAS KALO MO MASUK TEMPAT ORANG BAIK NYATA M AUPUN GHOIB YA SALAM DULU DONG KALO NYONONG AJA NANTI DIKIRAIN MALING MAKA BISA2 DITIMPUK HE3.
    ADAP SOPAN SANTUN ITU PENTING. YANG PUNYA HANYA MANUSIA KALO GA PAKE SOPAN SANTUN ITU KAMBING, SAPI, ANJING YAH SEBANGSA ITULAH.
    KOK GA TAU GHOIB YA SALAH SENDIRI JANGAN NYALAHIN YANG UDAH TERLANJUR TAHU PASTI MARAH DEH. KALO CABE RASA PEDAS YA PEDAS KALO BELUM PERNAH MAKAN CABE YA MBOK DIBILANGIN KAYA APA YA GA TAU AKHIRNYA TEORY2 LAH YANG BERMUNCULAN SEBAGAI DALIH TANPA PRAKTEK DAN LAKON. PADAHAL DIKALANGAN YG NGEBACA TEORY BANYAK ALIRAN ADA YG BENERIN ADA YG KAGA SAMA SEKALI ?

  244. dadiapa

    Mohon maaf, saya agak tidak sependapat dengan penulis.
    1. Nilai kebenaran sejarah artikle ini sangat dipertanyakan.
    2. Soekarno datang pada Eyang santri pada tahun 1900 an? sedangkan Eyang meninggal jauh sebelum 1900an.
    3. Orang yang sudah mati menjadi penentu sebab kematian orang yang masih hidup? apa hiya?
    ” BHW ORANG MATI ITU SOMBONG, TAKABUR BIN JUMAWA..!!! ” HE2
    4. PENULIS, HATI HATI DITIPUN JIN

  245. mbah geblek

    Numpang

  246. waduh ngawurrrrrrrrr!!!!!!!!!!!!!!!!

  247. Abah gondes@hadir..bah..! Kumaha bah..menang lauk naon ngusep na? Atuh buhur 234 masih didieu kneh yeuh bah!

    Salam salim mbah!
    mbahDadiapa@belajar sejarah nya dimana bah? Ditanya kemana bah? Salam ti simkuring mbah!
    Kalo mbah kurang yakin tentang BK! Kenapa dia jadi sang proklamator, kenapa dia( wakil ) ada di duit paling geuDE di negara ini..hormat saya buat sang proklamator “Hoooorrrmmmmaaaatttttt grrak!”
    Trus Eyang Santri itu semasa hidup adalah manusia…
    Bukankah Jin dan Manusia itu beda! Manusia adalah mahluk paling sempurna!
    Minal Jinnati Wannas
    Salam mbah…udah ah Ngantuk!

  248. KI ALIF BATARA DHARMA

    HOAX…… KALAU MAU CARI SENSASI BIKIN NOVEL SILAT AJA WILDAN ALIAN WONG ALUS…. JANGAN PAKE2 ILMU GHAIB SEGALA, SAYA ASLI GUNUNG SALAK, APA YG ANDA UTARAKAN TERLALU MENGADA2 DAN DIBUAT2, …. HATI2 DALAM BERCERITA, KARENA DARI SETIAP KOMENTAR YG MASUK BANYAK SAYA LIHAT ORANG2 AWAN YG SOK NGERTI GHAIB PADAHAL DIA SENDIRI BUT AKAN HAL ITU TERMASUK ANDA WILDAN…

  249. Hampura aki Alif sanes abdi kirang sopan ka aki, salam salim ti simkuring nu o’on su ro’on pisan.
    Mun aki wauh bin kenal ka abah Gondes…pang nepangkeun salam ti simkuring nu bageur tea, salam KWAduluran!! Hapunten aki Alif…sok ateuh dibabar tentang GHAIB na, simkuring hoyong belajar ki…ameh pintEr!!
    Salam hormat ka aki

  250. GONDES PUTRA DAYEUH PAKUAN

    CEKSON…123 TS…TS..TS…HAHAHAHAHAHA….APA KHABAR SAMUANYA?…JARANG NGUSEUP AYEUNAMAH ABDI KANG BADUY…KEUR NAEKEUN EMLU HEULA..ELMU ANYAR CIPTAAN ABDI…NGARAN EMLUNA ‘@BRAJA ROROMBEHEN…HAHAHAHA….(BERCANDA) KUMAHA KABARNA KANG?..

  251. Ki Mas Danqow

    Assalaamu ‘alaikum wa rohmatulloh tuk semuanya,
    Salam Hormat dan Ta’zhim buat semua sesepuh dan sedulur KWA ini, semoga selalu diberikan Kesehatan dan Keberkahan yah.

    For Alls :
    Saya Kebetulan ada Padepokan di Gunung itu sekitar 1200 meter luasnya dekat Curug Sarebu, namanya “Padepokan Gunung Salak”. Kalau tuk hal-hal Ghaib di Gunung itu memang masih banyak yg The Secret Of Secret khususnya ttg Pajajaran dan Pantai Selatan, makanya Saya ndak berani membuka dan mewedar perihal Gunung Salak, Kawah Ratu, Curug 1000 dan Bunda Ratu krn SEJARAH yg Tersurat sering ndak pas dgn yg Tersirat sebab Saya sering bertemu langsung di Alam Nyata dgn Para Pelaku Sejarahnya. Kalau Sejarah yg Tersurat di Alqur’an itu berbeda Saya dgn Haq meyakininya.

    Ada yg ingin Saya tanyakan kpd Sedulur semua, Apakah ada Kajian yg ILMIAH ttg Quantum Makrifat mengenai mupusnya Para Pelaku Sejarah ini (sangat berbeda dgn Faham Reinkarnasinya Budha), krn Saya sering bertemu di Alam Nyata dgn Para Sesepuh yg dahulu sering Saya Ziarahi dan Hadoroti ternyata mereka benar-benar masih ada dan hidup khususnya mereka yg bertugas tuk menjaga Gudang-gudang Aset Negara itu semuanya Para SESEPUH, mereka memberikan simbol ttg Ilmu Kasempurnan (Ilmu Innaa Lillaahi wa Innaa Ilayhi Roji’uun), yakni diantaranya ttg Apa itu Sholawat Alloh, Kidung Pembuka Alam, Syahadat Bumi d.l.l. Bagaimana KAJIAN ILMIAH-nya yah..??.
    Nuwun

  252. Ki Mas Danqow

    Assalaamu ‘alaikum wa rohmatulloh tuk semuanya,
    Salam Hormat dan Ta’zhim buat semua sesepuh dan sedulur KWA ini, semoga selalu diberikan Kesehatan dan Keberkahan yah.

    For Alls :
    Saya Kebetulan ada Padepokan di Gunung itu sekitar 1200 meter luasnya dekat Curug Sarebu (curug tertinggi di-Jabar), namanya “Padepokan Gunung Salak”. Kalau tuk hal-hal Ghaib di Gunung itu memang masih banyak yg The Secret Of Secret khususnya ttg Pajajaran dan Pantai Selatan, makanya Saya ndak berani membuka dan mewedar perihal Gunung Salak, Kawah Ratu, Curug 1000 dan Bunda Ratu krn SEJARAH yg Tersurat sering ndak pas dgn yg Tersirat sebab Saya sering bertemu langsung di Alam Nyata dgn Para Pelaku Sejarahnya. Kalau Sejarah yg Tersurat di Alqur’an itu berbeda Saya dgn Haq meyakininya.

    Ada yg ingin Saya tanyakan kpd Sedulur semua, Apakah ada Kajian yg ILMIAH ttg Quantum Makrifat mengenai mupusnya Para Pelaku Sejarah ini (sangat berbeda dgn Faham Reinkarnasinya Budha), krn Saya sering bertemu di Alam Nyata dgn Para Sesepuh yg dahulu sering Saya Ziarahi dan Hadoroti ternyata mereka benar-benar masih ada dan hidup khususnya mereka yg bertugas tuk menjaga Gudang-gudang Aset Negara itu semuanya Para SESEPUH, mereka memberikan simbol ttg Ilmu Kasempurnan (Ilmu Innaa Lillaahi wa Innaa Ilayhi Roji’uun), yakni diantaranya ttg Apa itu Sholawat Alloh, Kidung Pembuka Alam, Syahadat Bumi d.l.l. Bagaimana KAJIAN ILMIAH-nya yah..??.
    Nuwun

  253. Pararunten yeuh, para sepuh/sdr-i/anak/incu/cicit, Ada peristiwa dimana anak sekolah Dasar yang mempunyai sedikit kemampuan xtra yang hendak dipanggil ‘ki anu’. Lalu ada lagi yang baru berumur 30′an juga punya gelar ‘ki anu’. Kunaon eta teh? Rada binung sayah mah. Ari nu dipanggil ki’ teh bukankah untuk aki-aki sajah? Atawa gelar seperti kyiai kitu? Haduh mahap yah, numpang nanya ajah, da binung tea.

  254. Mulikum
    Akang Gondes…kumaha damang? kamana wae kang? Nyumput wae sugan..!
    Hahay! Salam pateupang deui tisimkuring.
    @ki sepuh Mas Danqow..salam salim cium tangan..weuh…si aki meuni hebring! Kalaw boleh tau alamat emailnya dibabar kesaya ki! Saya kpengen knal lebih dekat sama aki, biar dapet kawruh sama barokahnya ki! Semoga aki baca komen ini.
    yudhabiz78@gmail.com
    @numpang tanya, kalo menurut saya, pembabarannya udah panjenengan babar sendiri mbah! Salam pasedoeloeran ti simkuring!

  255. GONDES PUTRA DAYEUH PAKUAN

    LAMUN SIMKURING KEUR PARARUSING…SOK HAYANG NGABUMBUAN NU ARANEH..TERUS DIPAIS !!!..KOSNA NGEUNAH MAIS NYI RORO KIDUL JEUNG JURIG2 GUNUNG SALAK …POKOKNA KABEH JURIG SILUMAN SADUNIA REK DIBUMBUAN…REK DIPAIS …HAHAHAHAHAHA (BARI TULAK CANGKENG KOS TEKO)

  256. WONG-WONG-AN

    WALAH…. CERITA YANG NCACO… DAN TAK BERDASAR…..

    KATANYA BISA MEMBACA GHAIB.. TAPI NGELANTUR GAK KARUAN….

    MALAH BERPRASANGKA NEGATIF PULA PADA ALM SANG PILOT …. HUH….

    KALO GAK TAHU YG SEBENARNYA JGN ASAL NGOMONG…. ITU NAMANYA FITNAH, TAKABUR DAN SOMBONG…….

  257. Ki Gondes@Hahay…simkuring mah ulah nya!
    Salam ki..

  258. ASSALAMU ALIAKUM
    dosa . . . .. . dosa . . .. .
    laknat Angkara Murka Setan Iblis beserta Jin. cuma gara-gara salam ataupun nyuhun sewu. yg jg mengakibatkan korban jiwa makhluk ciptaan-Nya yang tidak tahu apa-apa ( PENUMPANG/ PILOTNYA ). KELAK JANJI SAYA ( CUCU DARI SYECH ABU HURAIROH PAMAN SUNAN AMPEL). PERNAHKAH SAYA MENUMPAS JIN DAN SEKUTUNYA ?????????????????????????????????????????????????????????????????????
    WASSALAMU ALAIKUM

  259. KITA BEDA ALAM DAN TIDAK PERNAH SALING MEMUSUHI DAN DIMUSUHI, MANUSIA DRAJATNYA LEBIH TINGGI KETIMBANG MAKHLUK CIPTAAN YANG LAINNYA. KELAK JIN DAN SEKUTUNYA DI GUNUNG SALAK YG AKAN PERTAMA KALINYA PENGGUNI NERAKA TINGKAT TERAKHIR ITU JANJI SAYA. LIHAT DAN CAMKAN BAIK2
    WASSALAMU ALAIKUM

  260. MARWAN

    ijin nyimak buat para sesepuh yang sudah tampil mempesona,saya hanya berharap agar para sesepuh mengambil keputusan yang bijaksana,buatlah susana yang nyaman dan adem…

  261. Ratna Dewi

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB. SALAM KENAL BUAT SEMUANYA. TERNYATA KAMPUS INI MAHASISWANYA BANYAK…:)

  262. DHEENEE

    Iru namanya aja DIALOG IMAJENIR (khayalan dialog, pura-pura dialog, bukan dialog beneran). Hitu lho rekan2 semua, ga pada mudeng ya??? Harus salam? Pada punya agama ga sih? Siapa yang harus kita beri salam?

  263. Wah omongannya pada kuasar banget sih .. mbok yo yg menghargai sedikit tho. Jangan mencela, nanti Anda kangen lho sama pak Wildan.. hehe. Namanya jg blog metafisika, kalo Anda punya sesuatu hal lain dgn cara pandang yg lain pula, silakan di share aja, gak usah pake mencela, dsb. Atau Anda bikin blog sendiri aja, trus ekpresikan pandangan Anda di situ.

    Pak Wildan ini usahanya cukup bagus dgn membuka/menyebarkan berbagai macam ajian & fenomena mistik, yg selama ini masyarakat banyak tertipu oleh paranormal. Bahwa kita pun sbg org awam jg bisa mengamalkannya sendiri. Seperti saya ini yg masih belajar (dari dulu susah banget pengen meraga sukma..sampe skrg jg belom bisa, hehe)

    Dialog semacam ini, hendaknya diambil sbg informasi secondary (hanya utk tambahan wawasan saja). Wong yg lain jg banyak kok pandangan bahwa di gunung Salak ada medan magnetik, pusaran energi, dsb. Tapi kalo udah soal gaib, pada ribut semua.. pd skeptis. Anda buka blog ini, seharusnya diri Anda sudah bisa menyesuaikan dgn tema blog, yaitu “metafisika-spritualisme”. Kalo dirasa tdk sesuai, segera tutup blog dan cari informasi lain yg sesuai dgn pandangan pribadi Anda. Hargailah mereka yg punya sixth sense, karena Anda tidak tau apa yg mereka rasakan, mereka lihat, dan mereka peroleh dlm perjalanan spiritual mereka. Saya sendiri juga baru belajar dan banyak peroleh cerita2 pengalaman spritual semacam itu dari org lain.

  264. Mudji

    Ass wr wb.
    Diskusinya rame banget, bahkan cenderung asal bicara. tau 2 nggak tau 1.
    Cuma Numpang saja ” Kebenaran itu ada pada Tuhanmu, maka janganlah engkau bersyak wasangka”

    Salam

  265. inay

    tanggal lahir Bung Karno 6 Juni 1901, Eyang santri wafat tahun 1829 di usianya yang 159 tahun, ?

  266. ananing ening

    bumi iki wus tuwa,opo maneh indonesia sik notabenene terkenal wingit akeh dedemit lan ghoib. Sakdurunge awakdewe lair, wus ana sik lair dhisik lan mati dhisik. Lha mbok disimak wae kang legowo, wong pesenen kuwi sakjane ojo tumindak sombong karo bebrayat lan bebrayat ghoib. Kuwi wae sik dieling eling nek isih ngaku wong jowo

  267. Jangkar Kehed

    Pada ribut apaan sih!?
    Kayak penjajah aja!
    Harap perhatian!
    Kita diharuskan LIMA kali tengok kanan kiri dengan salam!

    Kalo tidak ya terserah!
    Tidak apa-apa kok!
    Kan tanggung sendiri2!
    Jangan bawa2 yg laen!
    Merasa punya kelebihan! ungkapkan untuk kelebihan!
    Merasa punya keburukan!
    Ungkapkan untuk keburukan!
    Apa yang kamu perbuat! itulah yg kamu dapat!
    Jadi ikut pusing?

  268. semua yang terjadi di alam ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, ilmu Allah itu luas di jelaskan dalam surat Al-kahfi.

    “Katakanlah: ‘Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, sungguh habislah lautan itu, sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, meskipun Kami datangkan tambahan (tinta) sebanyak itu (pula).” – (QS.18:109)

    ada ilmu dhohir ada juga ilmu bathin
    semua apabila di teliti dan di kaitkan dengan kedua ilmu tersebut ujung pangkalnya cuma satu yaitu ALLAH. yang salah itu bukan ilmunya namun Otak manusia saja yang sudah tercemar oleh nafsu dan segala kepentingan. seperti mata kelelawar yang tidak kuat melihat cahaya matahari ( buta ) di siang hari sebenarnya Allah itu hadir di dunia namun mata kita yang sudah terhijab dan tidak sanggup melihat nur Allah

    dijelaskan dalam surat an-nur
    Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

  269. Bambang Suminto,SH

    Seharusnya begitu, manusia harus menghormati sesama titahe Gusti Alloh, baik yang nyata maupun yang ghoib

  270. Diablo

    Janganlah kamu kasihan, melainkan bersyukur masih diberi nafas, Karena itu semua adalah Takdir. Dan kematian mereka sudah tercatat jauh sebelum mereka Lahir

  271. RI 001

    Salam sejahtera bwt semua, semua kembali kepada kesombongan manusia yang lupa sama sang maha pencipta. Dan komentar dan jawaban masih pada kulitnya blum sampai pada inti yang sebenarnya….maaf atas keterbasan pengetahuan saya

  272. LimAcH_JiMmY

    yayay

  273. LimAcH_JiMmY

    NgMonG OpO UwOnG`2 ni LagH…???

  274. Assalamu’alaikum batur sedulur…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: