TOMBO FEKIR ALA SULUK BEGJA


ki ageng manytasih
hammadzn@gmail.com

Salam Pamuji Rahayu. Poro sedulur, tentunya kita sudah akrab dengan tombo ati, atau obat hati, kita kenal jumlahnya ada lima: pertama, membaca al Qur’an dengan maknanya; kedua, shalat malam dirikanlah; ketiga, berkumpul dengan orang-orang shaleh; keempat, gemar berpuasa, dan kelima, zikir malam yang lama. Kelima hal tersebut jika dilakukan salah satu saja dengan istiqomah, insyAllah hati kita mendapat pepadhang, pencerahan, jauh dari kerupekan dan kegelisahan. Nah, adakah obat untuk kefakiran, permasalahan ekonomi, atau dalam kata lain bagaimana jalan mencapai kecukupan bahkan kelimpahan dalam harta dan kekayaan, adakah rumusannya?

Berikut ini, sedikit sumbangan dari saya, barangkali bermanfaat dan cocok untuk sedulur semua. Bait-bait berikut ini merupakan petikan dari Suluk Begja yang jumlah keseluruhannya ada sembilan puluh sembilan bait. Bait ke 31 hingga 40 memang secara khusus memuat jalan mencapai kecukupan dan kelimpahan yang berkah. Bait-bait ini bukan untuk dibaca, atau dirapal, melainkan untuk diamalkan isinya. Monggo dicermati, dan insyAllah mudah dihafalkan.

31.

“Tamba fekir iku lima

Sepisan akeh istighfar

Dilereni maksiate

Dikenceng anggonmu tobat”

Terjemah dan Penjelasan:

Obat kefakiran ada lima

Yang pertama, perbanyak istighfar

Berhenti berbuat maksiat

Memperkuat dalam bertaubat

32.

“Kaping pindho, sholat dhuha

Cacahe papat raka’at

Nyukupi kanggo sedina

Jodo, banda, tentrem, sehat”

Terjemah dan Penjelasan:

Yang kedua, sholat dhuha

Bilangannya empat raka’at

Mencukupi untuk satu hari

Jodoh, kekayaan, tentram, dan kesehatan

33.

“Ping telu, zikir shalawat

Mben sesuk entuk syafa’at

Sedina satus ra pegat

Makbul dunga, hasil hajat”

Terjemah dan Penjelasan:

Yang ketiga zikir shalawat

Agar suatu saat nanti mendapat syafa’at

Sehari seratus kali tak berhenti

Doanya terkabul, hajatnya berhasil

34.

“Kaping papat, iku syukur

Alhamdulillah kang dhuwur

Anane nikmat kang luhur

Awit lair nganti kubur”

Terjemah dan Penjelasan:

Yang keempat, adalah bersyukur

Alhamdulillah setinggi-tingginya

Adanya nikmat yang mulia

Dari lahir hingga alam kubur

35.

“Nikmat kang utomo, iman

Dadi ku kanggo lantaran

Manjing Allah ing kahanan

Mangerti sangkan lan paran”

Terjemah dan Penjelasan:

Nikmat yang utama, yakni iman

Adanya aku sebagai perantara

Kehadiran Allah dalam setiap keadaan

Memahami darimana mau kemana

36.

“Pungkasan iku makarya

Kanti ati ingkang tresna

Niate kanggo ngibadah

Rejekine turah-turah”

Terjemah dan Penjelasan:

Yang terakhir, adalah berkarya

Dengan hati yang penuh cinta

Niatnya untuk ibadah

Rizkinya berlimpah-limpah

37.

“Sodakoh aja kelalen

Remen tetulung lan open

Karo tangga karo kanca

Sanak kadang sing utama”

Terjemah dan Penjelasan:

Sedekah janganlah lupa

Senang tolong-menolong dan peduli

Dengan tetangga , dengan teman

Terutama sanak dan kerabat

38.

“Bandane mung sakperlune

Akeh ning ora gumede

Anane mung nggo cekelan

Atine mboten gantolan”

Terjemah dan Penjelasan:

Kekayaan hanya seperlunya

Banyak, tetapi tidak membuat sombong

Adanya hanya untuk pegangan di tangan

Hatinya tidak sampai bergantung

39.

“Rejeki iku grojogan

Ngucur nuwuhke wit-witan

Ja suwe-suwe ditahan

Mbok malah dadi bubaran”

Terjemah dan Penjelasan:

Rizki itu seperti air terjun

Mengucur menumbuhkan tanaman

Jangan lama-lama ditahan (disimpan)

Biar jangan sampai bubaran (berhenti)

40.

“Mula da gelem mbersihke

Kanti ditokke zakate

Zakat awak, zakat banda

Takon sira mring ulama”

Terjemah dan Penjelasan:

Oleh karena itu, milikilah kemauan membersihkan (harta benda)

Dengan dikeluarkan zakatnya

Zakat badan (fitrah), dan zakat harta (mal)

Bertanyalah Anda kepada ulama

Demikian, rumusan atau formulasi Obat Kemiskinan ala Suluk Begja, yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi Njenengan semua, dalam meniti kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Menggapai kekayaan yang penuh berkah. Sungguh, kalau lah formulasi ini diamalkan, mungkin bisa disebut pesugihan islami yang paling aman, paling membawa berkah, paling ringan untuk dilaksanakan, dan mencakup dunia dan akherat. Doakan saya, poro sedulur, semoga senantiasa diberikan kekuatan untuk ikhlas, kesehatan yang bermanfaat, dan kelapangan dalam berbagi serpihan ilmu dengan poro sedulur semua. Doakan pula keluarga kecil saya, sampan kecil yang mudah-mudahan bisa kuat dan selamat berlayar di samudra cinta Nya hingga berlabuh di hadirat Nya. Dengan ini, saya berikan pangestu dan doa untuk Njenengan semua dalam mengamalkan bait-bait tersebut.

Kagem Ki Alus, beserta keluarga, saya haturkan sungkem salam salim, doakan kami Ki.. Begitu pun untuk para sesepuh, Ki Kumitir, Ki Ageng Jembar Jumantoro, Ki Sabda Langit, Ki Nur Jati, Ki Dalang Cipto Kawedar, Ki Begawan Candhu, Ki Kancil Buana, Kangmas Angker Ludi, Kangmas Pangeran Sukemilung, Sahabat Rihlah Rahmatullah, Bocah Angon, dan lainnya yang tak bisa saya sebut satu per satu, salam hangat paseduluran dari kaki gunung Agung (Slamet), bumi galuh purba, dan Lingkar Paku Ghaib Serayu (Batur Agung, Maqom Raden Hamzah Kusuma, Maqom Mbah ‘Abdush Shomad, Maqom Syekh Makdum Wali, Maqom Karang Gude, Maqom Ki Ageng Mbilung, dan lainnya).

Nuwun.

Ki Ageng Mantyasih.

Iklan

65 pemikiran pada “TOMBO FEKIR ALA SULUK BEGJA

  1. wah masih sepi neh kampus nya, para dosen ama santrinya pada kemana ya..nongkrong dipojok dl sambil minum kopi..sambil nunggu para sesepuh datang..

  2. ga ada kopi ga mantep lo mbah wulyo.!hik hik hik

  3. Assalmualaikum,
    Salam dulur2 semua, Salam ta’dzim Ki Ageng Mantyasih…nyimak pembelajaran!

  4. dasar tolol….. coba aja ilmu itu pasti ga bakalan berfungsi, itu cuma ilmu karangan dia aja, saya orang asli buton, dan satu hal lagi, ilmu-ilmu yg di postingkan di blog ini semua adalah kebohongan, tidak akan berfungsi… coba saja rasakan sama kalian, apa sudah ada manfaatnya ? apa kalian sudah mencapai tujuan yg kalian cari ??? dan satu lagi yg punya blog ngaku2 wong alus seakan orang bijaksana tapi ini orang tolol juga yg di beri masukan malah hapus masukan orang yg memberi dia masukan. dan kampus wong alus ini adalah kampus orang2 stress yg hanya ingin cari ketenaran, wibawa, cari nama diantara orang bodoh seperti kalian.. Dan kalau koment saya ini bikin hati kalian sakit, tolong siapa sesepuh siapa yg pintar dan jago disini hajar saja saya jarak jauh, atau kirim telepati kesaya. dan saya tidak balas komentar kalian, kalian ini hanya besar mulut… saya tunggu kalian secepatnya… !!!!

  5. Mahasajaya: Asal aduuh sampean ini…!!! kita ini sesama rakyat indonesia jgn saling menantang. kita disini hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman. melaui bacaan-bacaan. sekiranya berguna ya silahkan diambil. mencemooh orng lain sikap tercela. maaf bkn maksud saya berkata agak kasar. diatas langit masih ada langit gk ada yg paling sakti disini kecuali Allah swt. jadi disini kita hanya berbagi.

  6. Salam Rahayu,

    Maturnuwun poro sedulur sedoyo, matur nuwun ki samber gledek, salam salim, monggo ..mudah-mudahn manfaat. Saya nggak punya ilmu apa-apa, hanya sedikit sekali, atas karunia Allah, dan atas rasa tresna saya kepada bolo alus sedoyo, saya berbagi yang sedikit ini, untuk keampuhan dan sebagainya, biarlah semua itu terjadi atas izin dan kuasa dari Allah, toh hakikat sebenarnya yang kita harapkan adalah kedekatan denganNya. Allah ingin kita mendekat, dan Allah tuntun kita mendekat melalui keinginan-keinginan kita, hajat-hajat kita. Kata Allah, kau ingin kaya hambaku? kau ingin kecukupan? mendekatlah ..menjadi kaya dan cukup lah, asal kau selalu bersamaKu.

    semoga kita selalu dituntun menujuNya.

    Nuwun.

    Yang oleh beberapa orang disebut Ki Ageng Mantyasih (lebih kepada nama nisbat atas karya konsep mantyasih, daripada ekspektasi yang termuat dalam konotasi nama ki ageng, ngapunten, saya tidak punya apa-apa, hanya ada ait putih).

    http://www.mantyasihcenter.blogspot.com

  7. mahasajaya@ berhati2lah dalam berbicara karna bisa jadi malapetaka , ada pepatah mulutmu adalah harimaumu ,disini tidak ada orang sakti akan tetapi semua karna ridho Allah Swt,
    Ingat diatas langit masih ada langit

  8. Sadarlah,Wahai orang yang tertipu!
    Mengapa kamu masih riang bermain,
    terlena dengan angan-angan.Padahal ajal didepan matamu!Bukankah kamu mengetahui bahwa
    ambisi manusia adalah lautan luas takbertepi.Bahteranya adalah dunia.Maka berhati-hatilah jangan sampai karam!Yakinlah! Bahwa kematian pasti menjengukmu bersama segala kepahitannya.Ingatlah detik-detik itu,ketika kamu memberikan
    wasiat,sedangkan anak-anak yang bakal menjadi yatim Dan ibunya yang akan kehilangan suami tercinta,menangis pilu berlinang air mata.
    Ia tenggelam dalam lautan Jasadmu dikebumikan
    kesedihan,seraya memukul-mukul wajahnya.Disaksikan para lelaki,padahal sebelumnya ia adalah mutiara yang tersimpan rapi.
    Kemudian setelah itu,dibawalah kain kafan
    kepadamu.Akhirnya! Diiringi isak tangis
    dan derai air mata,Jasadmu dikebumikan.

  9. QI QI QI QI…..
    emangnya diKWA anak2 balita yg nurut cukup dgn teguran atau omongan….
    pengalaman itu guru yg terbaik,silahkan di amalkan apa yg ada di blog ini tidak ada paksaan utk itu hasil manis atau pahit semoga membuat anda bertambah dewasa/ kuat /mumpuni.atau membuat anda jd lemah dan trauma tergantung mental anda qi qi qi qi….
    di dunia ini tidak ada jaminan yg pasti,silahkan mencoba dan mencoba.
    SEORANG PENGUSAHA TIDAK SAH KESUKSESAN/KEBERHASILANNYA TANPA DIAWALI DGN KEGAGALAN.JANGAN JADI PENGECUT HIDUP DI DUNIA CUMA SEKALI SESUDAH ITU MATI.
    RAIHLAH TEMPAT TERTINGGI DI SORGA ATAU MASUKLAH NERAKA DGN TERTAWA.
    [comment itu mudah semudah meludah…….]
    QI QI QI QI QI………….
    KABUUR!
    WHUUZZZZ…..

  10. Salam buat keluarga besar kwa
    disini saya ingin bertanya pada admin kwa yaitu :
    apa boleh saya mempostingkan ilmu-ilmu sebagai berikut :

    1. ILMU TERBANG
    2. ILMU KEBAL
    3. ILMU HILANG
    4. ILMU GENDAM HEMBUS
    5. IMU PENGOBATAN
    6. ILMU MENARIK PUSAKA
    7. ILMU MERAGA SUKMA
    8. ILMU MALIH RUPO
    9. ILMUTANGBENANG
    10. AJI KUMELA
    11. AJI IRENG PATI
    12. AJI PENGASIH MEKAP
    13 AJI BANGKIT SUKMO
    14 AJI RAJAH KELOR

    Semua ilmu diatas saya pelajari dari guru saya di alas majamoro, dan telah saya amalkan baik untuk membantu sesama dan dalam keadaan terdesak untuk berbagai keperluan, dan sekian lama saya memakai ilmu ini saya ingin bergagi pada sedulur semua untuk dipelajari dan bagaimana caranya agar saya bisa mempostingkan ilmu ini, sedangkan saya tidak begitu pintar dalam menuliskan kata kata, apakah ada yg mau membantu, mohon penjelasannya.

    Dan disamping itu juga kapan kwa mengadakan acara kumpul bersama, karena saya ingin menghadiri untuk menghibahkan beberapa pusaka hasil tarikan alam ghaib, diantara nya adalah :

    1. MUSTIKA MIRAH DELIMA
    2. MUSTIKA COMBONG MERAH
    3. JENGLOT 2 PASANG
    4. BAMBU HITAM
    5. POPOK WEWE
    6. QUR’AN STAMBUL
    7. SELENDANG BUNIAN
    8. KERIS NOGO ABANG
    9. KENDI TUYUL
    10. ARAM JADAT
    11. LIDI BERCABANG
    12 BATU KEMBAR
    13. TARING KUNTI
    14 DAUN JIN.
    15. KUNCI GERBANG GHAIB ALAS MAJAMORO, ALAS IRENG, ALAS DEMIT .

    Demikian yg bisa saya sampaikan pada sedulur kwa, dan mohon pertanyaan saya di jawab di email saya : kuncorogeni@yahoo.co.id
    terimakasih dan salam kenal saya buat warga kwa dimana saja berada.

  11. Setujuuuuu… Ki wong gendeng, ^_^
    ki Mahasajaya kok dibuat repot dg ilmu ngak suka ngak usah diamalin ngak ada paksaan,klau mau nasehati pakai kata2 santun dan bijak itu br ta ancungi jempol oke…… Klau ngomel2 dan maki2 byk saya temukan ujung2 sampean yg rugi udah makan hati… ^_^

  12. Ngomong apa ini, ga mutu, komentnya jg ga mutu… dikasih ilmu malah kebanyakan koment,…. seperti ” pertama, kedua, kopi kopi..dll. Kalian bukannya malah berterimakasih atau menanyakan manfaat ilmu yg dikasih atau hal2 yang berhubungan dengan ilmu2 yang di ijazahkan disini.

    Kalian semua payah cuma jadikan blog ini tempat bercandaan saja, sepertinya kalian meremehkan ilmu-ilmu maha dasyat di blog ini.. atau malah kalian aggap remeh orang2 yg telah berjasa menulis keilmuan disini, seakan2 kalian yang paling pintar ! Dan satu lagi ada anggota yang bertanya malah kalian cuekin, kalau kalian ini mengganggap kalian sesepuh, tolong jawab salam orang yang bertanya, kalian malahan sibuk dengan candaan kalian yang ga ada hubungan dengan isi blog. lihatlah begitu banyak komentar diblog ini, semua komentarnya kebanyakan bercanda semua.

    Sebagai pecinta blog ini saya kecewa dengan komentar2 diatas, kalian emang anjing, keparat, kontol, kalian hanya mengganggap blog ini tempat iseng kalian, kalian semua orang2 stress, kalian babi jadah, anjing !!, saya kecewa dengan kalian yang merasa sesepuh tapi bersikap seperti anjing kontol, kalian seakan2 orang pintar dengan nama2 sakti, tapi apa kalian kontol babi, memek bekocot, kalian ini hanya orang tolol kontol. seharusnya disini kita saling berbagi bukan malah tempat bermain2 anjing kontol, meki busuk, asu.

    ayo sedulur semua, mari kita robah sikap, jangan kayak meki anjing kontol, jangan berkomentar yang ga mutu, mari kita benahi blog kwa yang kita cintai ini lebih baik. salam persaudaraan.

  13. Assalaamu’alaykum wa rohmatullaah..salam ta’zhim salam pamuji rahayu teruntk semua sedulur KWA khususnya, shohibul Blog Ki Wong Alus dan shohibul postingan ini al Mukarrom Ki Ageng Mantyasih…semoga kita semua sehat wa”afyat, dalam naungan Allah selalu, penuh barokah dan anugerahNYA…Alhamdulillah, saya pribadi sangat brterima kasih sekali dengan adanya blog ini, sahabat jadi bertambah, ilmu juga jadi berkah, ukhuwah semakin merekat indah…”Barangasiapa yang menunjukkan kepada Kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang menngerjakannya.” begitu pula jika seseorang menunjukkan kepada jalan keburukan, jalan sesat dan bathil, maka baginya dosa sebagaimana dosa2 orang yang melakukannya…

  14. Ki Balakaciprut. Betul sy rindu dg Tausiah2nya ustad rihlah.
    Ki Sentot Logo jika km dukung kwa jangan sewot bgt,kata2 yg anda lontarkan perlu diperbaiki dulu krn amat sangat mencerminkan dirimu sendiri seberapa bgsnya anda.tunjukan etikat baikmu pd blog kwa tanpa menghina dan mencela. setiap ucapan ada tempatnya yg tepat dan setiap tempat ada ucapannya yg tepat. Setiap perkataan dan perbuatan baik buruknya ada balasannya masing2 ^_^
    Monggo para sesepuh lanjutkan perjuangan…

  15. QI QI QI QI…..
    MULUTMU LEBIH DEKAT PADA KUPING/TELINGAMU DRPD TELINGA ORANG LAIN..
    MULUTMU JUGA LEBIH DEKAT PADA MATAMU DRPD MATA ORANG LAIN…
    JADI
    KATA KATAMU MENUSUK TELINGAMU DULU SEBELUM SAMPAI PD ORANG LAIN.
    KATA KATAMU MENAMPAR MATAMU DULU SEBELUM MEMBELAI ORANG LAIN.
    sadari itu…..NRT kecian deh loe…
    QI QI QI QI….

  16. Absen pagIiiiiiiiiiiiii,… Penuh dg senyum dihati lbh baik diam mencari berkah dr Allah krn tdk semua org akan tahu niat baik hati seseorang. Pandai membuat kata2 tapi tdk bisa melakukan yg terbaik.
    Semoga sukses para sesepuh semua monggo lanjut berkarya.^_^

  17. Nikah dengan jin muslim

    SILAHKAN SEDULUR YG INGIN KEKAYAAN DUNIAWIAH DENGAN JALAN RIYADHOH Nikah dengan jin muslim
    Nikah dengan jin muslim adalah ritual di mana anda wajib melakukan hubungan intim dengan jin tersebut dan pernikahan yang anda lakukan merupakan nikah resmi.
    • Jin yang anda nikahi adalah jin berwujud wanita cantik dengan umur sekitar 18 tahun.
    Semua prosesnya aman tanpa tumbal/resiko/efek negatif serta tidak mengambil rejeki anak cucu maupun keturunan anda.

    Hasil yang anda dapatkan maksimum 100M

    SILAHKAN SEDULUR YANG MINAT BISA MENGHUBUNGI KI AB PAMUNGKAS
    NO HP:081287345919

  18. @Kang Mas Stars dan@Kang Balakaciprut: alhamdulillah ya saya sehat wal’afyat berkah do’a dari sedulur semuanya..

  19. ya kang mas Stars, no,pe dua2nya ndak pernah ganti, istiqomah seperti yg dulu, yg AS ujungnya 61, dan yg M3 ujungnya 30,,,,kapan ya? semoga ukhuwah dan sillaturrahmi di antara kita semua tetap terjalin, bahkan semakin merekat indah….insya Allah, sebelum romadhon mau berbagi postingan lagi…

  20. Gw muak dg pln. sering bngt mati lampu, bkin terhambat dlm nyari rejeki. saat di bandung mati lampu paling setahun 2x, tp di jateng seminggu 2x.

  21. gw gk suka dg org yg sukses, sdh jd boss spt kerabat gw tp belagu, suka pamer duit tp pelit. dia kata nya pngn ngajak gw krja di perusahaan nya tp tiba tiba gk jd, alasan nya tkut gw jd org sukses dan kaya. istilah org sunda SIEUN NGABEUNGHARKEUN BATUR.

  22. nderek nunut maos mbah……, ning nek nembang’ke kepriben nggih rythm-ne, mugi2 di-youtube-in, supados saged dicopy paste nyuluk-ipun, soalme elmune transfere ngangge swara je.
    sintena ingkang ng-entry mboten sah remen m-bullying comments nggih, ndak tambah confusing

  23. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada MBAH JENGGOT atas bantuannya yg telah memberikan saya anka jitunya yaitu (9214) dan alhamdulillah berhasil,berkat bantuan MBAH saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya di BANK BRI bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi anda ingin seperti saya silahkan HBG (0852=9982=9111) MBAH JENGGOT,nomor ritual MBAH JENGGOT meman yg nomor satu..!!! Silahkan anda buktikan sendiri======

  24. Saya sangat berterimakasih banyak kepada *MBAH JENGGOT* yg sudah membantu aku sekeluarga,karna sekaran ini saya sudah punya usaha dan melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya itu semua atas bantuan MBAH,sudah banyak *MBAH* yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil sehingga saya mencoba mengikuti nomor ritual *MBAH JENGGOT* dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HBG (0852=9982=9111) *MBAH JENGGOT* jangan percaya sama nomor ritual MBAH yg lain,nomor ritual *MBAH JENGGOT* meman selalu tepat dan terbukti.SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s