AYO BERLATIH MEDITASI


Meditasi alias diam alias meneng alias wening alias ngesti adalah jalan pintas untuk mencapai pencerahan dengan cara pemusatan konsentrasi atau perhatian pada objek tertentu, sebagaimana yang mulai kita pelajari di markas KWA yaitu napas.

Ada banyak obyek lagi yang bisa digunakan untuk meditasi. Napas hanya salah satunya. Tujuan dari meditasi ini adalah untuk melatih pikiran sehingga terkendali dan akhirnya diam dan hening. Saat kondisi pikiran benar-benar terpusat sangat kuat, hening, diam, dan tercerap sepenuhnya pada objek meditasi maka pada saat itu kita bisa mencapai pencerahan.

Tujuan lain dari meditasi, kita mampu semakin perhatian penuh, introspeksi, observasi realitas, kewaspadaan objektif, dan belajar dari pengalaman setiap momen. Inti dari meditasi ini adalah mengamati segala proses mental atau fisik yang paling dominan pada saat sekarang Dengan kata lain, menyadari, mencatat, ingat ketika lenyap.

Ada istilah “Meditation is a state of consciousness, a spesific brain-wave pattern, not a technique”. Menurut saya ini bisa disimak dalam pola gelombang otak para master dan guru spiritual.

Ada satu data yang menarik yaitu semua master dan guru meditasi itu punya gelombang otak yang sama. Pola ini disebut dengan pola Awakened Mind (AM) yang terdiri dari beta, alfa, theta, dan delta dengan komposisi yang pas. Beta di sini adalah low beta dan hanya sedikit saja, karena hanya digunakan untuk menyadari, mengetahui, mencatat.

Alfa berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan pikiran sadar dan bawah sadar. Theta adalah pikiran bawah sadar dan delta adalah pikiran nirsadar. Kita tetap membutuhkan beta, walaupun hanya sedikit saja, untuk bisa mengetahui atau menyadari apa yang sedang kita alami. Bila tidak ada beta maka kita sama sekali tidak akan tahu atau ingat yang terjadi atau alami saat meditasi.

Meditasi bila dilihat dari pola gelombang otak, bertujuan untuk meng-OFF-kan gelombang beta. Beta adalah gelombang pikiran sadar dan berkisar pada kisaran frekuensi 12-25 Hz. Gelombang ini aktif bila kita berpikir, memberikan penilaian (judgement) atau memberikan makna pada sesuatu, mengkritik, membuat daftar, menganalisa, atau berbicara pada diri sendiri (self talk).

High Beta, frekuensi di atas 25 Hz berhubungan dengan stress dan kecemasan. Semakin aktif high beta seseorang maka semakin “liar” pikirannya. Pikiran akan lari ke sana ke mari, melompat dari satu hal ke hal lain, tidak bisa diam, sulit atau hampir tidak mungkin untuk dikendalikan. Kesulitan ini yang dialami oleh semua meditator pemula.

Banyak orang menghabiskan begitu banyak waktu hanya untuk belajar mendiamkan pikirannya mereka namun tidak berhasil. Akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti bermeditasi karena tidak merasakan manfaat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat seseorang mahir meng-OFF-kan pikirannya? Ini semua bergantung pada waktu dan teknik yang digunakan. Umumnya, untuk meng-OFF-kan pikiran sadar, orang menggunakan objek napas.

Pikiran dilatih untuk diam dengan cara difokuskan pada napas. Dan pada saat pikiran lari ke objek lain maka pikiran ditarik kembali ke napas dan demikian selanjutnya sampai dicapai kekuatan konsentrasi yang sangat tinggi. Sulitnya mendiamkan pikirannya, selain karena aktifnya high beta, juga disebabkan tubuh yang tegang. Posisi duduk yang tidak tepat, apa lagi kalau sampai melakukan postur full lotus, membuat otot paha dan tubuh menjadi begitu tegang sehingga adalah tidak mungkin untuk bisa mencapai kondisi pikiran yang rileks.

Makanya, dalam latihan Sabtu 4 Agustus 2012 kemarin kita juga melakukan meditasi dengan cara yaitu tidur… rileks dan santai…

Banyak yang berpikir, “Jika tidak ada kesadaran lalu bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan pencerahan, insight atau kebijaksanaan?” Jawabnya: Kebijaksanaan yang sesungguhnya justeru berasal dari theta atau pikiran bawah sadar. Kedalamam meditasi ditentukan oleh kedalaman theta yang berhasil kita capai. Theta adalah tempat terjadinya koneksi spiritual paling dalam. Saat seseorang berada dalam deep theta maka ia akan merasakan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan yang luar biasa.

Dan yang paling penting adalah marilah kita belajar meditasi agar semakin teratih untuk masuk dan mengalami kondisi kesadaran (state of consciousness) yang mencerahkan dan fresh, mampu mendiamkan pikirannya sehingga menjadi tenang dan hening dalam waktu yang relatif singkat………. Salam kwangen …..

=================
BELAJAR MEDITASI KWA: SETIAP SABTU MALAM PUKUL 21.00 WIB.

KELUARGA KAMPUS WONG ALUS MENGUNDANG SEDULUR (SEGALA UMUR, SUKU, AGAMA, PENDIDIKAN, JENIS KELAMIN, DOMISILI MANAPUN) UNTUK BERSAMA-SAMA BELAJAR MEDITASI.

BAGI SEDULUR YANG BERMINAT SILAHKAN  LANGSUNG HADIR DI BALAI DIKLAT KAB SIDOARJO JATIM JL MAJAPAHIT 5 SIDOARJO, SELATAN RSUD SIDOARJO, SETIAP SABTU MALAM PUKUL 21.00 WIB s/d selesai.

TIDAK DIPUNGUT BIAYA DAN INSYA ALLAH BERMANFAAT BAGI SEDULUR UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI DI BIDANG APAPUN. @@@

41 thoughts on “AYO BERLATIH MEDITASI

  1. sugeng enjing….
    absen pagi…
    ndherek nyimak dibelakang Kang Judika AM, Kang Noory….
    salam rahayu buat semua sedulur KWA ….salam KWAngen juga buat Master Mas Ki Wongalus…….

  2. mantap kalo bisa diposting juga modul belajar meditasinya biar kita semua bisabelajar meditasi di rumah masing2,soalnya teman2kan banyak dari luar pulau jawa,salam persahatan dariku bajang lombok

  3. ass,. Ki sbtlnnya kmren sabtu mau ikut.brhbng ada urusan jadi ndk isa.mdh2an ntr kmis bisa ikut. Stuju usulan akang dri lmbok tentng postingan mdul mdtasi.kpd KWA trims. “Harta dibagi bisa habis Ilmu dibagi tak kan habis ” slam seduluran

  4. Kpd pemilik Blog gmn klw sy ingin ndaftarin diri jd pengasuh rubrik konsultasi mahabbah pelet pengasihan utk kalangan muda mudi bolo wong alus dmanapun berada,yg membutuhkan jasa pelet memelet.sy siap ksh bantuan.tx

  5. wah tulisannya kurang bagus pak admin.. agak kabur kurang jelas saya membaca isi postingan di blog ini, maklum sudah wong tuo… kalau bisa blognya di buat simple dan bisa di kosumsi semua kalangan. trimakasih.

  6. Ass.Wr.Wb.
    Subhanallah, Acara yg membawa berkah. Satu cipta, satu rasa, satu karsa. Kesatuan dari berbagai latar belakang yg sulit di lakukan di era globalisasi ini. Semoga poro sesepuh Kampung Wong Alus dan sedulur semua diberi keberkahan dan diberi kekuatan untuk tetap berjuang demi menegakkan kebaikan umat. (Amiiiinnnn).

    SALAM SATU CIPTA-RASA-KARSA
    SUWUNG

  7. Ass,Wr.Wb.

    Mantap …….Insya Alloh Sabtu depan bisa hadir.
    Salam paseduluran buat Ki Wong Alus, beserta bolo2 KWA semuanya ……….

    Wass.Wr.Wb.

  8. assssslkummmmmmmm pgen gabung lagi tapi lg proses pnyembuhan msh diriQ kpn22 kmpul d rmhQ SURABAYA br juga bz jd kmpul22 sdrQ smua anggota KWA SIDOARJO mas wildan do’akn Q y

  9. KWA sungguh memikat, semalem saat jagongan dg Mas Bunaim Dipo, info KWA ini saya dapatkan. Jd pingin bergabung nich ! Rahayu..!

  10. assalamualaikum wr wb. .

    salam pamuji rahayu, tadi sayya habis ngutak ngatik facebook. .
    eh ketemu room yang didalamnya menghina Allah SWT, coba di cek dulu via facebook

    “Dukung Ki Buyut Bangke menjadi Nabi Akhir Jaman”

    yuk para sedulur yang sering naik, kita bermusyawarah enaknya diapain nih orang. .

    a. didoakan supaya cepat sadar
    b. hajar jarak jauh

    nuwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s