NASEHAT KEBATINAN


Batin kita seperti cermin; ketika di hadapannya ada gunung, nampak bayangan gunung, ada air, nampaklah air. Apabila ada debu tebal di permukaannya, kita jadi tidak mengetahui apa yang ada di hadapan.

Jika kita dapat menjaga batin agar suci dan bersih, maka apapun yang ada disekitar kita akan selalu nampak indah dan baik.

Batin manusia seperti air, lemah dan lembut nampaknya, tapi mengandung kekuatan besar yang tidak terkira.

Batin juga seperti tanah lapang. Jika ditanami benih unggul, engkau akan mendapatkan hasil panen yang baik.


Jangan khawatirkan surga dan neraka, karena surga dan neraka diciptakan oleh perbuatan kita sendiri. Yang harus lebih ditakuti adalah kemerosotan batin.


Pengendalian diri akan menjaga batin agar tidak tercemar oleh pikiran yang buruk. Jika batin bersih, kejahatan tidak akan menghampiri.


Apabila pikiran baik, setiap hari dalam hidupmu akan menjadi hari baik. Jika setiap saat dijalani dengan penuh perhatian, maka setiap waktu, arah, dan tempat menjadi penuh makna.


Tekad yang sesuai dengan jalan harus dikembangkan dan diperdalam. Jika tidak, maka kajian yang mendalam atas kitab suci dan teori filsafat hanya akan menghasilkan bayangan bulan didalam air, bunga didalam cermin, bayang-bayang semu yang tidak nyata (kosong)


Latihlah batinmu hingga sebening rembulan; dimana ada air bayang-bayang bulan nampak di sana. Batin juga harus seperti langit; ketika mega-mega merebak, tampaklah langit yang bersih.


Tempalah batin dan jasmanimu, hingga ia laksana rembulan yang bercahaya lembut dan indah. Luaskan wawasan batinmu dan nyalakan cahaya kebijaksanaanmu. Terangilah keluarga, masyarakat dan setiap orang yang berhubungan dengan mu, seperti cahaya bulan yang sejuk dan menyegarkan.


Batin ini seperti cermin; meskipun bayangan yang dipantulkan selalu berubah-ubah, permukaan cermin tetap tidak berubah.

Lingkungan sekitar kita berubah, tetapi batin tak pernah berubah.
Apabila batin terus menerus berpaling pada dan mengikuti kondisi-kondisi di luar, seseorang dapat tergoyahkan hanya karena gosip, dan kehilangan kendali dirinya.

Ketika cermin digunakan untuk melihat bayangan suatu benda, cermin dan benda itu harus ditaruh dalam suatu jarak tertentu agar bayangan yang dihasilkannya nampak dengan jelas. Jika jaraknya terlalu dekat atau terlalu jauh, atau cermin itu tertutup debu tebal, maka cermin yang paling bagus pun tidak dapat memantulkan bayangan benda itu dengan jelas.


Hubungan antara manusia dan pikirannya seperti benda dan sebuah cermin. Di satu pihak kita membutuhkan kearifan dan kemampuannya untuk mengenali fakta dan hukum-hukum alam; tapi di lain pihak kita juga perlu mengambil jarak dari pikiran kita sendiri, jika tidak ingin dikuasai olehnya.


Mereka yang lengah akan tercemar oleh pikirannya sendiri, sedangkan yang mengambil jarak akan memperoleh pandangan terang.


Andaikan setiap jalan menghantar ke kedamaian abadi, orang yang kurang bersemangat, labil, hanya mencari kesenangan, dan pikirannya tidak terpusat, tetap saja tidak akan mencapainya.


Batin ini terombang-ambing ke atas dan kebawah, tenggelam dan terapung tiada henti. Ia “tenggelam” saat kita membuang-buang waktu dengan percuma, dipenuhi energi-energi negatif seperti kemarahan, kemalasan, gemar tidur, dan enggan melatih kesucian.

Ia “terapung” dalam gelombang pikiran-pikiran buruk yang tiada henti. Tanpa melepaskan dua keadaan batin ini, tertutup jalan menuju batin yang hening.

Ketimbang gelisah dan bersedih, gunakanlah potensi batinmu secara positif.


Penyakit jasmani mudah diobati; tapi penyakit batin sungguh menakutkan. Si sakit tidak dapat merasa tenang ketika berjalan, berdiri, duduk ataupun berbaring. Sekujur tubuhnya terasa tidak nyaman, sukar baginya untuk memejamkan mata dan tertidur.


Penyakit jasmani bagi orang kaya dan berkuasa, adalha rasa takut “kehilangan” apa yang mereka miliki; sedangkan bagi orang miskin dan lemah, adalah rasa haus untuk memperoleh “apa yang tidak mereka miliki”. Baik takut kehilangan maupun kehausan untuk memperoleh, keduanya sama membuat kita menderita.


Jika engkau tidak terikat pada suatu apapun, maka batinmu tidak akan terbelenggu oleh konsep untung rugi yang menyertainya – dan dengan sendirinya terbebas dari belenggu dan noda. Demikianlah batin orang bijaksana, tujuan dari mereka yang menempuh Jalan.


Bila engkau melihat sesamamu dengan batin Jernih, setiap orang adalah Jernih. Bila kau melihatnya denngan batin Keruh, setiap orang adalah Keruh.


Batin orang awam membeda-bedakan masa lalu, kini dan yang akan datang.


Dalam berlatih, orang awam menginginkan hal-hal gaib dan besar, karena itulah batin mereka semakin kacau; mereka hanya mondar-mandir didepan pintu gerbang Kebenaran.


Sesungguhnya mudah saja memperoleh batin yang hening; cukup dengan melenyapkan noda keserakan.


Batin yang awam terbelenggu, ternoda, dan terikat pada banyak hal. Batin yang bersih tanpa noda memungkinkan tumbuhnya benih KeJernihan. Benih KeJernihan = Hakikat batin semua makhluk.


Tidak ada perbedaan antara batin orang awam dan batin orang yang Jernih. Jernih tidak memiliki lebih dari sepasang tangan dan sepasang kaki. Perbedaannya adalah bahwa batin orang yang Jernih itu bersih tanpa noda, hening dan alami. Batin orang awam dipenuhi debu keinginannya yang sedikit demi sedikit menutupi hakikatnya yang asli.


Dalam gelap orang menyalakan lampu, tapi terang yang sejati ada didalam batin. Untuk itu engkau tidak perlu menyalakan lampu didepan NYA; terangilah batinmu sendiri.


===

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 57 Komentar

Navigasi pos

57 thoughts on “NASEHAT KEBATINAN

  1. pencharie dirie sejdati

    Ass,
    izin nymak . . . .

    dpet PERTAMAX ga ya . . . .

  2. Pertamax….
    ndherek nyimak rumiyin ..sinambi leyeh-leyeh…
    sugeng siang kagem Kang Mas Ki WA…rahayu..

  3. ternyata Keduax…..qiqiqi…
    ndherek nyimak d belakang Kang Mas..pencharie dirie sedjati…

  4. pencharie dirie sedjati

    Monggo dlanjut Ki Wa’kasan Mbhelink . . . .

  5. Eka Rudiawan ( R.M Rangsang Samudera )

    Yang menulis sudah menjalankannya belum ? Ojo bacot mas,,diri sendiri kotor malah tidak merasa !

  6. asas

    indah sekali smg bs ngmalkan……Amin……

  7. SANTET HITAM

    Eka Rudiawan ( R.M Rangsang Samudera ): omong ga pake otak loe!!!! Tulisan apalagi nasehat nasehat muli harus dihargai, ente gak pernah makan bangku sekolah sih… maklum hidup ente di tempat sampah, mulut ente bau sampah tuh!!!!

  8. agoes75

    melu ngiyuuup puuuh..mbi nyimaaak

  9. Eka Rudiawan ( R.M Rangsang Samudera )

    SANTET HITAM: MASALAH BUAT LOE !!!!

  10. Mbah Kawer

    Ijin menyimak….

  11. ikut nyimak

  12. SANTET HITAM

    Eka Rudiawan ( R.M Rangsang Samudera ): OOO GOBLOK DIPELIHARA.. MAKAN TUH GOBLOKMU….

  13. SANTET HITAM

    NAMAMU RADEN MAS TAPI OTAK LOE KAYAK TAI BUSUK…

  14. wahyudie

    Hadir
    Nyimak

  15. khoirul anwar

    rame neh kayaknya????????????ngintip wae lah sambil ngopi

  16. Wong Rembang

    Ijin nyimak…

  17. SAntri

    Aku lihat…aku dgr…aku nyimak, la….bla….bla…

  18. Saya setuju dg artikel ini, artikel yang merefleksikan batin penulis artikel (Ki Alus) dan refleksi batin pembaca (para komentator) jadi bisa terlihat dg jelas

    Tulisan juga dapat dicirikan sebagai gambaran dari suatu kondisi yang dialami batin/refleksi batin…

    Kalau nulis “x” berarti kondisi batinnya sedang dalam keadaan “x”
    Kalau tulisannya “y” berarti kondisi batinnya sedang dalam keadaan “y”

    Begitu juga yang komentar (termasuk saya)…
    Kalau komentar isinya “x”, batinnya dapat dipastikan dalam kondisi “x”
    Kalau tulisan komentarnya “y” dapat diperkirakan pula bahwa kondisi batinnya sedang “y”

    Artikel ini mengajak pembacanya untuk memahami kondisi batinnya masing-masing.
    (case study) Bagaimana cara kita mengetahui kondisi batin para pembaca artikel ini…???
    Baik…? atau buruk…?
    Tertata dengan rapi…? atau kondisinya kacau balau…?
    Dalam keadaan waras…? atau lagi “singit” alias edan bin gendeng bin gila…?
    Sok tau…? atau memang sangat memahami…?
    Menggunakan bahasa yang baik…? atau menggunakan bahasa yang kasar…?
    dan lain-lain… dan lain-lain… dan lain sebagainya…

    Nah, jawabannya, kita bisa lihat dari susunan kata-kata komentarnya… 🙂
    Salam…

  19. AN-SER

    nyimak…

  20. AN-SER

    nyimak…gih

  21. Mantaaaaaaap

  22. kopyia hitam

    ijin nyimak..

  23. saKWArepmu

    udah gak zamannya penipuan pasang tarif mahar.zamannya gangnam style KPR-RRX-ASR-RSDR-RDR hati2 gangnam style model ini.

  24. nyimak,,,
    trimakasih sesepuh, petuah yang menyejukkan hati.

    kawan-kawan expresimu adalah pribadimu, jadikan cermin untuk introspeksi diri,,, sopoto aku,,,

  25. Eka Rudiawan ( R.M Rangsang Samudera )

    SANTET HITAM: TERUS GUE MESTI BILANG WOW GITU ????

  26. kebow_dungkul

    nyimak mawon

  27. polwan kwa

    ck ck ck

  28. info

    info :
    waspadalah…!!!
    telah terjadi penipuan, korban paranormal palsu dari : Ki Among Roso

    Nama Penipu: KI AMONG ROSO
    No. HP Penipu: 082132760358/081249663228
    Alamat Penipu: Dusun Baron Timur RT. 03. RW. 1 Desa Baron Kec. Baron Kec. Nganjuk Jatim
    Bank & No. Rek Penipu: BRI, 6414-01-000143-50-6
    Website: amongroso789.blogspot.com (tapi sudah dihapus isinya)

    Kronologis Penipuan: awal mulanya saya menelpon ki among roso, meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah hutang piutang yang saya hadapi, saya disuruh ikut program dengan membayar mahar 2 jt rupiah dan saya bisa mendapat uang sebanyak 350 juta, saya tranfer uang 2 jt dan berharap mendapat uang 350jt buat byar utang2 saya, tetapi sampai hari ini uang tersebut saya tidak dapatkan, dan saya minta mahar uang yang saya kirim tidak dikembalikan, setiap saya telp g’ pernah diangkat dan saya sms ki among roso itu jawabannya cuma scpetnya akan dikirim, tp sampai sekarang g’ ada kiriman dari ki among roso itu
    Barang bukti:

    Nama Pelapor: santi febrianti
    Email Pelapor: santymasnar@ymail.com

  29. info

    waspadalah.. waspadalah…
    selain itu juga ada “orang gila” korban dari among roso itu…
    saking gilanya, dia komentar dimana-mana, kasihan blog orang jadi fitnah…
    trus dia suka menelfon semua orang yang pasang iklan di internet…
    nomor hp orang “gila” korban penipuan itu : 0823.9121.3446 (asal dari Riau)…
    kasihan juga dia, bisa jadi “gila” begitu…

    waspadalah.. waspadalah…

  30. buat yang lagi punya cita2 agar diberi kemudahan monggo mengamalakan berikut ini=puasa ngalong=hanya makan buah2an selama minimal 3hari,sholat hajat tiap malamnya tawasul kemudian membaca doa istigfar ke empat penjuru mata angin insaallah tercapai maksud, doa istigfarnya silahkan klik dibawah ini

  31. trimakasih pada orang bijak, yang telah memberikan, nasehat ini,….??? semoga berguna, bagi seluruh umat , yang haus, akan cinta yang sejati,……?

  32. Sang Pencari

    Nyimax.. n Mo Tanya sm KWA mana postingan bang RKK lama gk muncul2?

  33. kodok_

    nyimak…

  34. lukman

    Salam salim semuanya……mantaf Ki Wong Alus (Sun tangan dari kejauhan) semoga Allah senantiasa memberkahi Guru,diberikan ketabahan….Semoga bermanfaat postingannya.
    Mantaf juga @ Pemabuk…..salam salim ki dari kejauhan salam kenal…meski kita jauh namun mudah2an batin kita didekatkan…
    Salam semuanya……selamat pagi dan selamat menjalankan aktifitas. Semoga langkah2 kita di ridhoi Allah SWT….Amin3x

  35. droewolonk

    terima kasih atas pencerahanya…
    saya senang sekali bs diarahkan oleh alloh ke blog ki wong alus..
    banyak hal yang bs saya pelajari disini.. semoga menambah iman saya dan kluarga kwa..
    amin…

    salam paseduluran

  36. yuli somantri

    trimakasih sangat berguna buat saya, salam buat semua keluarga blog ini

  37. Rakai Penangkaran

    nyimak aja…

  38. Subhanallah . Dulur dulur semuanya di manapun berada . Rahayu semuanya wabil khusus Ki Alus semoga rahayu karaharjan utk panjenengan sekeluarga. Monggo simak Kedahsyatan sedekah di fb . http://www.facebook.com/kiageng.jembarjumantoro.56

  39. Assalamualaikum wr wb, saya ingin belajar mengolah batin untuk mengenal alloh lebih dekat, mohon ijin dan doa dari sesepuh sesepuh, dulur dulur, mahasiswa mahasiswa di KWA, untuk mencari kebahagian di dunia dan akherat.terima kasih khusunya kpd kasepuhan wong alus yang telah banyak berjasa membuat blog ini, yang jadi penerang bagi orang2 yang mencari jalan kemarifatan.

  40. wira sendika

    KE 100>>>>hehehe ijin nyimaks….salam kenal buat saudara2 KWA

  41. sirri

    hmmm….

  42. CKP

    Alhamdulillah dapat pencerahan lagi…

  43. agus

    maturnuwun Ki..,semoga kita dapat menjalani hidup ini dengan hati yang jernih

  44. bajing ireng

    Sungguh dalam pecerahannya,,,,

  45. Ass..ijin nyimak 🙂

  46. Absen mbahe sepuh…

    #kangendulur2

  47. Assalamualaikum
    Kisah ini terjadi awal mingguan tahun 2012 hari kamis.tanpa diduga teman saya yg punya keahlian ruqyah tiba tiba panas dan pingsan.harap diketahui teman saya ini sudah jadi ahli ruqyah dari tahun 2000,dia sering dimintai bantuan tetangga dan orang dari mana mana untuk menyembuhkan kesurupan ataupun orang sakit.
    Saat teman pingsan setelah ditungguin keluargannya 2 jam an kok tidak sadar sadar,karena kawatir akhirnya di bawa ke rumah sakit terdekat.1minggu,2 minggu masih menginap di rumah sakit dan tetap pingsan,keluarganya sudah berkali kali mendatangkan orang pintar,sampai 2 temannya yg dari jogja yg ahli ruqyah juga datang dan sudah berkali kali meruqyah Tapi tetap tdk berubah.
    Memang jika allah berkehendak tidak ada yg mampu menghalanginya,suatu waktu bapaknya teman yg pingsan ini pergi ke daerah klaten,dia dimintai duit oleh pengemis lusuh lalu dikasih 3ribu,anehnya setelah diberi pengemis ini jalan pergi sambil menggerutu ‘nak anakmu pengin mari goleki kyai sing kerjane golek suket nang daerah deso …,”(jika anakmu mau sembuh cari kyai yg kerjannya cari rumput di daerah desa …,)
    Dalam perjalanan pulang bapak teman masih mikir gerutuan pengemis tadi.setelah dipikir pikir selang 2 hari akhirnya dia mencari nama daerah dan desa sesuai kata pengemis itu.memang agak jauh karena letaknya di daerah kab disekitar pantura tempatnya jauh dari jalan raya.setelah capai tanya kesana kemari ternyata memang ada kyai yg aktifitas nya jadi mursyid torekoh di musola kecil pedesaan dan kerjannya nyari rumput untuk kambing kambingnya.setelah ketemu ternyata orangnya kurus,sederhana dan sudah agak tua.atas inisiatif bapaknya teman ini,akhirnya mengajak kyai itu untuk menjenguk anaknya yg sakit dalam kondisi pingsan di rumah sakit saat itu teman yg pingsan sudah 22 hari di rumahsakit.setelah sampai rs bapak tua itu cm mememang tangan dan ubun ubun teman yg pingsan.setelah itu minta di tunjukan mushola rs untuk sholat isyak.kira kira 1 jam an
    tiba tiba teman yg pingsan sadar dan minta minum,ucap syukur tangis keluar dari mulut anak istrinya dan orangtua,kerabatnya..selang 30 menit bpk kyai itu datang dari mushola dan memberi nasehat ke pada teman agar jangan sembarangan membakar jin bahkan membunuhnya dan dingatkan bahwa jin juga makhluk allah yg diberi hak pilih seperti manusia mau surga,neraka,muslim,kafir,.bisa dibayangkan betapa ngerinya jika umat manusia,jin dgn mudahnya saling bunuh. sebelum diantar pulang bpk kyai itu juga berpesan ke teman itu ”meruqyah itu jika tdk didasari dgn kelembutan hati/hikmah dan husnudzon maka isinya prasangka jelek ke sesama makhluk entah antar manusia,jin,dan justru ruqyahnya jadi mesin perusak,pembunuh dan juga di sarankan untuk silaturahim ke rumahnya.sekarang teman ini jadi jemaah torekoh dan mengurangi kebiasaan dia meruqyah orang paling cuma sesekali saja jika benar benar dibutuhkan itupun tdk sembarang menggunakan dan yg awalnya muda dia ikut tahlil lalu jadi anti tahlil sekarang jadi suka tahlil lagi bahkan jadi ustadz yg alim di majelis tahlil dikampung. apabila ada kata yg dirasa tidak pantas,nyuwun pangapunten.paling tidak ada hikmahnya walau sedikit agar kita selalu mawas diri tdk adigang,adigung,adiguna,dgn ilmu yg kita miliki.bilahitaufik walhidayahwasalamualaikum wrwb.

  48. terimakasih…

  49. Joko nurwanto

    Aqu pgn sehat bathin aqu..
    Sll khusuk dlm shlat

  50. Ijin nyimakk,

  51. agah

    Subhanalloh isi ceritnya sangat menyadarkan aku, semoga kita slalu diberi taufik dan hidayah oleh Alloh SWT. Amiin…

  52. jhonkenedy

    saya sangat menyenangi nasehat kebatinan yg penuh bermakna.

  53. Iguh

    Dlm hidup itu perlu proses gak instan!
    Sekolah aja ada aturannya pa lagi hidup brmasyarakat dgn smua makhluk ciptaan-Nya dialam jagat raya ini.
    Klo yg dpt scr instan biasanya slengean tur mbeling bin ngawur.
    Smg kt bisa ambil hikmahnya dari cerita cah cilik diats.
    Mf sblumnya klo kata2 sy kurang brknan dihati.
    salam sejahtera dan smg ALLAH SWT mmberikan kbahagiaan utk semua makhluknya dialam semesta ini. AMIN

  54. sangkuriang jati

    terimakasih pencerahanya…
    Rahayu,rahayu,rahayu…

  55. matur sembah nuwun dumateng pencerahanipun.
    ifan

  56. Salam rahayu sedulur,,nyimak mawon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: