PUISI SUFISTIK JALJALUT


Sumber: kitab Mamba Fi Ushul Al-Hikmah Karya Al-Buni.

 Dengan menyebut Asma Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Anugerah agung semoga tercurah

Pada sebaik-baik ciptaan-Nya

Muhammad sang penghapus segala salah segala sesat

Ku memohon dengan isim yang tinggi nilainya

Dengan perantara Ajin, Ahujin Jaljalyut Halhalat

 

Oh Tuhanku

Jadilah Engkau penghilang celaka dan bala

Dengan Hayyin menjadi jelas segala cita

Dengan Hallin dengan Halhalat

 

Oh Tuhanku

hidupkan hati setelah mati

Dengan mengingat Mu

Satukan dalam hatiku ilmu dan hikmah

Sucikan dari kotor dan salah

Tambahkan aku keteguhan kepadaMu

 

Oh sang maha benar dengan haq

Tertuang dalam hati limpahan kasih

Dengan hikmah Sang Kuasa hatiku berbunyi

Cahaya-cahaya meliputiku dari segenap penjuru

Haibah Sang Kuasa menaungiku

 

Maha suci Engkau Oh Sebaik-baik Pencipta

Oh Sang Maha karya Sang Maha Mulia

Pancarkan padaku cahaya yang melimpah dahsyat

Bangkitkan bangkai hatiku dengan Thaythaghat

Kenakan aku pakaian kuasa dan martabat

Hentikan tangan musuh dariku dengan Gholmahat

bentengi aku dari musuh dan pendengki

dengan kebenaran Syamakh Asymakh Sallamat Samat

 

Dengan Mihrasy Shamsham dan huruf tilsam

Dengan Mihrasy Thomthom padam segala api

Dengan cahaya agung Bâzikh dan Syaronthokh

dengan kesucian Barkût berlalu gelap

 

Oh Tuhan

sempurnakan hajatku dengan cahaya

dengan Asymakh paripurna segala hasrat segera

Oh Sang Pemudah

Mudahkan segala urusanku

Berikan aku kemuliaan

Selamatkan aku dalam samudera

Berikan keindahan pulaunya

Turunkan padaku tirai penutupnya

 

Dengan kebenaran huruf yang bertemu dalam abjad

Hantarkan hatiku pada maksud dan Hasrat

dengan rahasia huruf yang termantra dalam jimat

hantarkan aku pada segala cita

menjadi satu dengan apa yang ada

dengan Yahin Yahuh Namuh Ashaliya

dengan shalshalat mudahkan urusan bahagia mulia

 

Oh Sang Pemilik Keagungan

dengan Kaf dalam Kun cukupkan aku

dengan Nash Selamatkan aku dari teror dan tekanan

Engkaulah harapan sarwa sekalian alam

limpahkan aku rizki curahan rahmat

Engkaulah harapan hati yang patah oleh salah

tulikan, bisukan dan butakan musuh kami

wahai Sang Pemilik Keagungan

dengan Khausamat, kelukan mulut mereka

Dalam Khausam, Dausam dan Barasam

Kubertahan dengan isim mulia dari kesalahan

Luluhkan untukku hati sarwa alam

dengan syalmahat Kenakan aku busana terima

 

Ya Allah

Berkahi segala usahaku

Lepaskan buhul kesukaran

Yahuh Armahat

Yahin Yayuhin

wahai sebaik-baik pencipta

Oh Dzat yang menumbuh kembangkankan

Segala rizki yang ada pada kami karena kemurahannya

Dengan Asma Mu kutolak musuh dari segala penjuru

Dengan Asma ini bubarkan mereka dari jauh

 

Engkaulah Harapanku

Tuhanku Oh Junjunganku

Halau barisan musuh yang siap siaga

jika mereka melempariku

Wahai sebaik-baik tempat meminta

Semulia-mulia pemberi

 

Wahai sebaik-baik yang diharapkan

kebebasan sebuah bangsa

Dengan Sandad Kahir dengan cacah jiwa Aizam

Bahrat Tibriz yang terformasi dengan Lam

lampu dipandu Takir cahaya

menuju rahasia pencipta

Sinar Pelita pada cahaya yang membuat bangga

Abarikh Bairukh dan Damikh

Syamarikh Syirakh Syarukh Syalmakhat

 

Dengan wasilah Yamlikh Tsamyatsa

dan Yanukh setelahnya

Damikh Yasmukh semerbak harum sarwa mayapada

Kamahin, Biyahin serta Awahin seluruhnya

 

Dengan Hasykah Hasykah terbentuklah semesta

huruf Bihram itu unggul dan mulia

kegelapan berlalu sudah oleh asma tongkat musa

Aku memohon kepadamu,

Ya Allah dengan rahasianya

permohonan orang yang hina,

menuju kepadamu semua manusia

 

Dengan isim ini

tuntunlah bintangku menuju cahaya semarak

sepanjang masa sepanjang hari

wahai cahaya jaljalat

Ya Syamkhitsa Ya Syalmakha engkaulah Syamlakh

Ya Ithala kelegaan udara jernih sudah

kepadamu kekuatan dan daya upaya

bagi siapa saja yang datang dan

mengharap pintu sayapmu terbuka

maka habislah gelap

 

Dengan taha yasin thasin

untuk kami hadirlah selalu

dengan tha sin mim kebahagian menuju

Dengan kaf ha ya ain shad

Cukuplah sebagai pelindungku

Dari segala kejelekan yang selalu mengikutiku

 

Dengan ha mim ain sin qaf

Cukuplah sebagai penjagaku

Karenanya gunung berguncang

Dengan alif lam mim shad

Kutarik hati semesta alam tuk menghadap

 

Dengan alif lam mim ra

Aku bertajalli dengan isim dan ruh yang tinggi

Dengan qaf nun shad dan lam mim ra

segala rahasia didalamnya dan apa yang ada

Dalam kitabullah dari setiap surat

Ayat dan huruf-huruf yang terhormat

Aku memohon kepadamu

dengan Quran, dengan seluruh kitab, 

dengan asma Mu yang mulia, 

dengan ayat-ayat yang terpisah

 

Ya Tuhanku

Sungguh Aku berdoa kepadamu,

Sungguh aku bertawasul dengan seluruh ayat yang ada

dengan rahasia huruf yang termantra dalam jimat

dengan cahaya Isim dan Ruh yang terbit semburat

tiga tongkat yang berbaris setelah cincin

diatasnya tergambar busur panah

yang melengkung panjang

 

Mim thamis yang terpisah-pisah dan Tangga

Bergabung dengan dua buli-buli ditengahnya

seperti semut yang berbaris empat

menunjuk pada kebaikan rizki

yang berkerumun rapat

 

Ha dan Bunga berbentuk bintang

Disusul wawu yang terbentang

Laksanai lengkung pipa menggulung rahasia

Sebagaimana yang awal, terakhir adalah cincin

Dengan sudut segilima yang meliput rahasia

 

Didalamnya terdapat Ahdu, Mitsaq,Wa’d dan Wafa

terpungkas misik, kapur barus dan embun

Shalawat tersuci dan Tahiyyat terkhidmat

Semoga tercurah pada sang mustafa (Muhammad SAW)

Dan umat yang mengikutinya.

Puisi sufistik ini berisikan rangkaian doa yang di kalangan ahli ibadah dikenal memiliki ‘power’ yang sangat dahsyat dan banyak fadhilah di dalamnya. Tentu syaratnya yaitu meyakini dan menjalani pesan-pesan di dalam puisi tersebut. Puisi ini ada dalam dua versi yaitu Jaljalut Kubra dan Jaljalut Syughra. Jaljalut Kubra terdiri dari 225 bait, sedangkan Jaljalut Syugra terdiri dari 60 bait dan merupakan ringkasan dari Jaljalut Kubra. Perhatikan banyak kalimat dalam Puisi Jaljalut yang mengandung asma-asma ganjil. Berikut bersi arab nya:

بدأت ببسم الله روحي به اهتدت     إلى كشف أسرار  بباطنه  انطوت

وصلّيت في الثّاني على خير خلقه      محمّد من زاح الضّـلالة والغلت

سألتك بالإسم المعـظّم  قـدره      بآج أهـوج  جلجليوت  هلهلت

فكن يا إلهي كاشف الضر  والبلا      بهي  جـلا همي  بهل  بهلهلـت

واحيي إلهي  القلب من بعد موته      بذكرك ياقـيوم حـقا تقومـت

احد يا إلهي فيه عـلما  وحكمة      وطهر به قلبي من الرجس  والغلت

وزدني يقينا ثابـتا  بك  واثـقا     بحقك ياحـق  الأمـور  تيسرت

وصبّ على قلبي شآبيب  رحمة        بحكمة مولانا  الكريم  فأنـطقت

أحاطت بي الأنوار من كلّ جانب     وهيبة مـولانا العظيم  بنا عـلت

فسبحانك  اللّهمّ  يا خير خـالق     ويا خير خلاّق وأكـرم  من بعت

أفض لي من الأنوار  فيضة مشرق     عليّ وأحيي  ميت  قلبي  بطيطغت

ألا و ألبـسنّي  هيبـة وجـلالة     وكفّ يـد الأعداء  عنّي بغلمهت

ألا واحجبنّي من عدوّ  وحـاسد     بحقّ شماخ  أشمخ سلّمت سمت

بصمصام مهراش  وبحرف مطلسم     بمهراش طمطام بها الناّر  أخمدت

بنـور جلال بازخ   و شـرنطخ    بقدّوس برهوت  به الظّلمة  انجلت

ألا واقض يا رباه  بالنّور حـاجتي    وياأشمخ جليا سريعا  قد انقضت

ويسّر  أموري  يا ميسر وأعـطني    من  العزّ والعليا  عزا تسـاميت

وسـلّم ببحر واعطني خير بـرّها    وأسبل على السّترواحجب من الغلت

وبـلغ  بـه  قلبي  وكل مـآربي    بحقّ  حروف  بالهجاء تجـمّعت

بسرّ حروف أودعت في عـزيمتي      تبلغنا الامــال جمعا  بما  حوت

بـياه  و ياهوه   نموه   أصـاليا     نجا عاليا يسّر أموري  بـصلصلت

ألا واكفني يا ذاالجلال بكاف كن     بنصّ حكيم  قاطع  السّرّ   أسبلت

وخلّصني من  كلّ هول  وشـدّة     فأنت رجـاء العالمين  ولو طغت

وصبّ  عليّ  الرّزق  صبّة  رحمة      فأنت رجا قلبي  الكسير من الخبت

وصـم وأبكم ثمّ أعـم عـدوّنا     وأخرسهم يا  ذا الجلال  بحوسمت

ففي حوسم  مع  دوسم   وبراسم    تحصّنت بالإسم العظيم من الغلت

وعطف قلوب العالمين بأسـرهم      عليّ  وألبسني  قبولا   بـشلمهت

وبارك  لنا  اللهمّ  في جمع كسبنا     وحلّ  عقود العسر  ياهوه  أرمخت

فـياه و يايوه  و يا  خير بـارئ    ويا من لنا الأرزاق من جوده نمت

نردّ بك الأعداء من كلّ  وجـهة     وبالإسم ترميهم من البعد  بالشّتت

فأنت رجائي  يا إلهي   وسـيّدي    ففلّ لميم الجيش  إن رام بي  عبت

فيا خير مسؤول  وأكرم من  عطى    ويا خير مأمـول إلى أمّة  خـلت

بتعداد   أيـزام   بسنداد  كـاهر   ببـهراة  تبريز  بـلام  تكـونت

سـراج  يقاد  النّور  سرّا   بتاكر    يقاد  سراج  النّور  نورا  تشمخت

أبـاريخ  بيروخ و داميخ  بعدها     شماريخ  شيراخ  شروخ  تشلمخت

بيمليخ سمياثا و يا نوخ  بعـدها     وداميخ  يشموخ  بها الكون عطرت

على ما نرم حقا يرون بقنصب        بحـق تنـاو يوم زحم  تزاحـمت

كماه بياه مع أواه جــميعها       بهشكاخ هشكاخ كنون تكونت

حروف لبهرام  علت  وتشامخت      وأسما عصى موسى بها الظلمة انجلت

توسّـلت يا ربّ إليك بسـرّها      توسّل ذي ذلّ ،  بك الناس اهتدت

أقد كوكبي بالإسم نورا وبهجة       مدى الدّهر والأيام  يا نور جلجلت

فيا شمخثا يا شلمخا أنت شملخ        ويا عيطلان غوث الّرياح تخلخلت

بك الطول والحول الشّديد لمن أتى     لباب جنابك وارتجى ظلمة جلت

بـطه و يس و طس كن لنا          بـطاسين ميم بالسّـعادة  أقبلت

بكاف  و ها يا ثم عين و صادها      كفايتنـا من كلّ سـوء بنا حوت

بحم عين ثـمّ  سين  و قافـها       حـمايتنا مـنها الـجبال تزلزلت

بألف و لام  ثمّ  ميم  وصـادها      جـذبت قلوب العـالمين فأقبلت

بألف  و  لام  ثمّ  ميم  ورائـها     تجلت بنور الاسم والروح قد علت

بقاف و نون  ثمّ صاد وماانطوى      من السـر والأسرار فيها وماحوت

بما في كتاب الله من كل سورة        واياته ثم الحروف تعظمت

سألتك بالقرآن والكتب كلها         بأسمائك العلا بآيات فصلت

دعوتك يا رباه حقا وإنني             توسلت بالآيات جمعا بماحوت

بسرّ حروف أودعت في عزيمتي        علوت بنور الإسم والرّوح قد علت

ثلاث عصيّ صفّفت بعد خاتم         على رأسها مثل السّهام تقوّست

وميم طميس أبتر ثمّ سلّم              وفي وسطها بالجرّتين تشربكت

وأربعة شبه الأنامل صفّفت            تشير إلى الخيرات للرّزق جمّعت

وهاء شقيق ثمّ واو مقوّس             كأنبوب حجّام من السّرّ التوت

وآخرها مثل الأوائل خاتم             خماسيّ أركان وللسّرّ قد حوت

بها العهد والميثاق والوعد والوفا       وبالمسك والكافور والنّدّ ختّمت

فأزكى صلاة مع أجلّ تحيّة            على المصطفى المختار مع أمّة تلت

@@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 48 Komentar

Navigasi tulisan

48 gagasan untuk “PUISI SUFISTIK JALJALUT

  1. wahyudie

    Nderek nyimak dulur

  2. sami2,,nyimak bae,,,hehe

  3. bungakusuma

    Nderek nyemak………………

  4. kang Dullah

    Minyaaak ……………eh,
    Nyimaaaaaak …………..

  5. ===aamiin===

  6. R. Wijaya

    Asma ganjil maksudnya apa ? tolong jelasin yg newbie banget

  7. mantapppp koku….. ^_^…like this…

  8. ikut nyimak……..

  9. bungakusuma

    Tes…………….

  10. Wong Rembang

    ndherek nyimak…

  11. ngebaca wae ono energi sejuk d sekitar badan.mantab.

  12. eka sakti

    Assalamualaikum,.wr,.wb,..
    Qobiltu Ki,.Ijin menyimpan dan mengamalkan,.

  13. Pakde Gempo

    Mohon Ijin Nyimak

  14. pangeran brumbung

    salam berjumpa kembali buat taretan kampus wong alus…maafkan saya krn lama tidak masuk kampus…salam takdim buat para pinisepuh k.w.a….
    Sebenarnya puisi jaljalut salah satu baitnya ada yg sagt dahsyat…menurut ktrangan dr sang guru apbila di amalkan dengan kuntinyu pzti rezekinya mengalir dengan deras…dan anehnya apabila di baca dan org laen yg dengar dan dpt menghafalnya maka dia juga akan mendapatkan faedah yg sama…insya allah begitu yg pernah sy dengar

  15. salam ;boleh aku mengeluh drmh ku dalm minggu in aku sring kehilangan uang ,mohon bantuanya p itu tuyul p orang bereaksi itu tdi pagi

  16. jaka sablenk

    Knp saya berbuat jahat atau berbuat baik, suka maksiat atau suka ibadah.. nasib saya sama saja. yaitu susah dpt jodoh dan rejeki.

  17. jaka sablenk

    Ada amalan ANTI JOMBLO gk? gw gk butuh anti bacok, anti tembak, krn gw jarang berurusan dg kekerasan. dulu juga ada preman mukul gw, tp gw tetap ramah sama dia, anggap dia kawan, dia malu sendiri. jomblo lbh menyakitkan drpd dipukul preman.

  18. R. Wijaya

    WONG KERINCI … Setuju mas.. memang dibabarnya cuma tahap pengenalan.. sudah kenal ya sudah..
    Wassalam

  19. R. Wijaya

    Jaka Sablenk @ yang ngatur jodoh dan rejeki itu Allah SWT, mungkin ibadahnya kurang, atau mungkin ilmunya kurang atau mungkin usahanya kurang.

    Saya tanyakan apakah di sekitar mas ada yang jual bakso, mie ayam, empe empe, bubur ayam, nasi uduk, batagor, somay atau warung ayam bakar atau warung sate.

    Jika ada coba rasakan, jika rasanya ga enak. berarti tugas simas pergi ke gramedia beli buku resep dan praktek masak. bikin yang enak lalu jual. atau cari video cara buatnya di youtube.

    Banyak yang kaya dgn jualan makanan ringan seperti itu. intinya adalah Ilmu+Modal+SDM+Ridho Allah SWT. modal ga usah banyak banyak yg penting ada modal awal kalau usaha sudah berbentuk bisa ambil kredit usaha rakyat di BRI.

    Wassalam.

    NB : cewek kalau cowok banyak duit malah nyamperin sendiri.

  20. sabar narimo

    jaka sablenk@ doakan secara khusus kpd leluhur anda selama 40 hari,setelah itu akan sy bantu..

  21. Asalamualaikum, Ada doa untuk gmpang nyari krja pa g’, tlg dibantu semua.
    Trimkasih

  22. mahmudin

    ad gk z email lintang sumirat

  23. asep

    ma’af para sesepuh dan para senior d kampus
    sya mnta tolong di beri petunjuk
    sya ingin menanyakan tentang nama asli malaikat izroil
    makasih kepada sesepuh atas keaediaanya
    sudilah kiranya blas k email sya
    angasep52@gmail.com

  24. ijin nyimak . .
    dengan seksama :)

  25. bram2

    nderek nyimak……maturnuwun

  26. Roikhu

    kok coment nya ada yang iklan to mbah-mbah ???????????????

  27. Roikhu

    dunia ini semakin memiliki rasa yang bercorak dengan semakin meningkatnya populasi manusia, namun bukannya mengarah pada kebaikan, tetapi lebih cenderung pada alibi keburukan moral, hanya yang eling lan waspodo yang bisa memahami rona-rona rasa dunia

  28. ali

    biasa laaaaahh komen nya iklan di kampus ini,numpang tenar.kalau sudah banyak pasen,lari 1000 langkah hahaha

  29. asalamualaikum wr wb
    salam hormat ka sesepuh kwa sadayana ..wilujeng wengi si nareng hormat.
    sekalian absen malam ..

  30. Roikhu

    terkadang jaman mampu membuat sunyi sebuah komunitas

  31. yawis

    buat yg ingin dpt jdoh atau dpt kerja coba resep berikut ini=baca yasin 3x terus baca yarohman yarohim 1000x lalu sampaikan hajat anda sama allah,lakukan setiap malam,minimal 40malam berturut turut insaallah tercapai maksud anda.

  32. kijagad pitu

    salam teguh rahayu selamet buat semua para sedulur kwa kampus wong alus…$
    ayat2 diatas sungguh kira’y mampu mnghadirkan kedamaian dr sang ingsun sejati buat umat manusia.mantaaappp…

  33. kijagad pitu

    salam teguh rahayu selamet buat semua para sedulur kwa kampus wong alus…$
    ayat2 diatas sungguh kira’y mampu mnghadirkan kedamaian dr sang ingsun sejati buat umat manusia.mantaaappp….

  34. mozand

    alhamdulillah kitab ini ane dah ijazah..jadi gak perlu qobiltu lagi…kebetulan sanad mujiz nya lurus tersambung sampe ke pengarang kitabnya..syekh ahmad ali albuuni juga 12 kitab hikmah lainnya…

  35. Fuadz

    salam seduluran
    mohon untuk baca, pelajari, dan amalkan
    matur nuwun sanget

  36. Cah Cilik

    Naruddu bikal a’daa-aminkulli wijhatin,………………..bis syataat.

  37. Phiiq

    Ajib dah …..

  38. lisinpar

    Tulisannya Arab gundul, ada yg dilengkapi dg harakatnya gak sich..biar gampang bacanya. Matur nuwun

  39. Assalamu alaikum.
    Qoobiltu……………….Amiiiiiin

  40. nerah wiranata kusuma

    mohon ijazahnya

  41. TIRTO KARTO

    pengalamanku saat merantau. apa beda antara org jatim dg org jabar? kalau org jatim.. sejahat jahat nya org jatim, mrk gk prnh berani makan teman nya sendiri. kalau org jabar suka makan teman nya sendiri. org jabar lbh parah drpd binatang. kalau binatang disayang dan dimanja jadi manut. kalau org jabar disayang dan dimanja malah menggigit.

  42. السَّلاَمُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Mohon ijin tuk menyimpan & mengamalkan ki
    Wasalam

  43. ecco

    jual qur’an istambul…mini..tlisan sprti emas,dbngkus kningan.bsa untuk jga diri..mnat sgra hub..

  44. ecco

    jual qur’an istambul…mini..tlisan sprti emas,dbngkus kningan.bsa untuk jga diri kebal..mnat sgra hub..087857603835..mlik sndiri.

  45. nunki

    alhamdulillah bisa nambah ilmu. syukron Ki.

  46. Assalamualaikum
    Ki Wong Alus

    mohon izin mengamalkannya semoga diredhoi Allah SWT.

    AL-FATIHAH

  47. Arwik Darsono

    @Tirto Karto
    Maaf bro. Soal makan memakan teman sendiri bukan ciri exclusive orang daerah tertentu. Menurut aku tergantung pribadi orangnya. Ga semua orang dari daerah tertentu selalu buruk tabiatnya begitu juga sebaliknya. Yg penting waspada dan hati-hati. Sorry bro ga bermaksud menggurui, ini hanya pendapat pribadi.

  48. Qubiltu sanad/ijajahx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: