BENARKAN ILMU HIKMAH CONDONG PADA KEMUSYRIKAN?


Ini sebuah email yang mampir ke email rdrkwa@gmail, email redaksi KWA dari seorang sedulur perihal ilmu hikmah. Silahkan disimak.

TANYA
Assalamu’alaikum wr wb. Ki Wongalus, saya pernah mendengar dari seorang penceramah bahwa mengamalkan ijazahan sebuah asmak/hizib dari seorang guru termasuk ijazahan yang ada di blog KWA ini ternyata condong pada kemusyrikan. Banyak orang bilang, ilmu yang saya pelajari tersebut termasuk ilmu hikmah. Saya mohon berkenan memberikan penjelasan. Wassalamu’alaikum wr wb.
(Adi, Jakarta)

JAWAB.
Wa’alaikumsalam wr wb. Setiap manusia diperintahkan taat kepada Allah dan Rasulullah Muhammad SAW. Dengan taat kepada Allah dan Rasul-Nya, jelas kita akan memperoleh pahala yang bisa menjadi lantaran memperoleh rahmat Allah, yang antara lain berupa surga. Artinya, jika kita ber’itikad atau meyakini bahwa yang memasukkan kita ke surga adalah rahmat Allah yang kita peroleh dengan beramal soleh, ya boleh-boleh saja. Namun jika kita meyakini bahwa yang memasukkan kita ke surga adalah pahala dan amal shaleh kita itu termasuk syirik.

Begitu juga dengan rangkaian doa dalam ilmu hikmah, seperti hizib atau asma yang disusun oleh para ulama yang biasanya diawali lafadz  “Allahumma, Ya Allah…” jika kita meyakini bahwa doa-doa ilmu hikmah hanyalah sarana untuk memohon kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Dzat yang bisa memberi dan menolong, tentu tidak ada masalah. Namun jika kita meyakini bahwa doa itulah yang mendatangkan kekayaan atau membuat selamat, perbuatan kita tersebut termasuk syirik.

Kita perlu berhati-hati, tidak mudah mengatakan perbuatan ini syirik, perbuatan itu musyrik. Karena syirik itu letaknya di hati, yang tidak diketahui oleh orang tersebut dan hanya Allah SWT yang tahu.

Tidak usah jauh-jauh tentang ilmu hikmah, meyakini bahwa seseorang meninggal dunia karena terkena penyakitpun sudah syirik. Sebab, kematian apapun penyebabnya, adalah ketetapan Allah Ta’ala atas setiap mahluk-Nya yang bernyawa. Jika Allah menghendaki seseorang mati, baik ada penyakit maupun tidak, pasti orang itu akan mati. Maka jika ada yang meyakini bahwa penyakit bisa membawa kematian, atau kesehatan bisa memperpanjang usia, itu juga bisa digolongkan sebagai syirik.

Kepada saudara Adi, saya sarankan bila memang asmak/hizib/awrad dalam ilmu hikmah yang anda amalkan bisa menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya serta dengan efeknya bisa turut membela agama dan sesama muslim, silahkan teruskan. Yang penting jaga i’tiqad baik-baik agar tidak tersusupi kemusyrikan.

Untuk menuju kepada Allah SWT, kita memerlukan TAUHID yang murni. Berikut beberapa ”Penjara” dimana seseorang harus bisa membebaskan diri ketika harus berhadapan dengan Allah SWT.

Yang pertama membebaskan diri daripada penjara alam jasad: Penjara alam jasad adalah hawa nafsu. Di dalam penjara ini tersedia banyak hidangan yang lezat-lezat, seperti kekuasaan, kemuliaan, puji-pujian, tamak, loba, dengki, khianat dan sebagainya. Jika mau bebas daripada penjara ini perlulah menjauhkan diri daripada perkara yang tidak baik itu, perkara-perkara itu menjadi penghalang.

Penjara kedua adalah dunia: Penjara ini mengandung berbagai keindahan dan keseronokan yang menjanjikan keabadian yang palsu kepada salik. Penjara ini menghidangkan berbagai jenis nikmat yang seronok dan menggairahkan. Dengan lain kata inilah yang dikatakan penjara syahwat. Jikalau salik lalai dan panjang angan-angan, maka nampaknya tidak ada kemungkinan salik itu dapat bebas daripada penjara ini.

Penjara ketiga adalah akhirat. Nampaknya hidangan-hidangan yang disediakan dalam penjara ini lebih enak daripada penjara dunia, di sini hidangannya adalah pahala, syurga dan bidadari yang cantik lagi menggoda. Rantai yang membelenggu dalam penjara ini adalah kehendak dan keinginan diri sendiri. Menganggap diri sendirilah yang melakukan segala sesuatu sama ada baik atau buruk….Bagaimanapun, kendaraan yang dapat membebaskan salik daripada penjara ini adalah ilmu, yaitu salik tidak memandang kepada perbuatannya tetapi adalah anugerah daripada Alloh SWT.

Penjara keempat adalah alam malaikat. Inilah penjara alam wujud yang terakhir. Hidangan yang terdapat dalam penjara ini adalah mendapatkan keramatan keampuhan dan kemuliaan di sisi Mahluk. Rantai yang membelenggu salik dalam penjara alam malaikat ini adalah sisa-sisa kehendak diri sendiri dan kesadaran tentang diri sendiri, Yaitu segala yang dilakukan adalah atas daya diri sendiri bukan karunia dari Alloh SWT.Untuk keluar dari penjara ini perlulah menghapuskan segala kehendak, keinginan, cita-cita dan angan-angan dengan menyadari bahwa salik adalah kosong, yang ada hanyalah Alloh semata-mata.

Penjara kelima adalah ilmu Allah SWT. Ilmu Allah SWT bukanlah alam namun tidak keluar dari alam, sebagaimana empat penjara yang sebelumnya, yang mana penjara-penjara tersebut adalah alam ciptaan Penciptanya. Ilmu Alloh adalah sesuatu yang bersangkutan dengan hal-hal keILAHIYAHAan itu sendiri.Hidangan yang terdapat dalam penjara ilmu ini adalah rahasia-rahasia yang ghoib-ghaib tentang hukum-hukum Alloh SWT. Dalam hal ilmu Allah ini, salik dapat melihat pengaturan Allah yang menggerakkan alam dan semua kejadian yang berlaku di dalamnya. Ilmu Allah sangat luas dan tidak Ada persamaanNya.Salik yang asyik dengan ilmu Allah akan terpenjara di dalamnya buat selama-lamanya.

Penjara keenam adalah makrifatullah. Ini adalah penjara yang paling kuat dan sangat sulit untuk di lepas maka kita perlu berhati-hati, ilmu Allah dan makrifatullah bukanlah alam, tetapi HAQ yang berkaitan dengan hal-hal keilahian-Nya sendiri, hidangan yang terdapat di sini adalah hakikat-hakikat alam semesta akan tampak nyata jauh dekat sama, hal-hal yang rahasia-rahasia berkaitan keilahian itu janganlah di sampaikan ke orang yang belum sampai ke pemahaman tersebut.

Salah satu upaya untuk membebaskan diri dari Penjara di atas maka ada cara/jalan menuju Allah SWT yang disebut tarikat/tarikat. Tarikat adalah teman kembar dari syariat. Semua tarikat yang mu’tabarah ada gurunya masing-masing dan mempunyai sumber yang sama, yaitu Baginda Nabi SAW, melalui jalur beberapa sahabat, diantaranya Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq RA, Umar Bin Khattab RA, Ali Bin Abi Thalib RA, Anas RA, Salman Al Farisi RA.

Rasulullah SAW mengajarkan agar kita suka berdzikir dan bermacam-macam cara berdzikir dilakukan sejak sahabat Rasulullah SAW sesuai dengan kemampuan mereka. Misalkan ada yang mampu berdzikir dalam hitungan puluhan, maka disediakan pintunya. sedangkan bagi yang mampu hingga hitungan ribuan, juga disediakan pintunya. Tapi semua dzikir itu berdasarkan ayat: ala bidzikrillahi tatmainul qulub yang artinya berdzikir itu akan menenangkan hati, dan firman Allah SWT yang memerintahkan kita untuk memperbanyak dzikir. Sementara inti dari dzikir-dzikir tersebut sama yaitu supaya tidak lupa/lalai kepada Allah SWT dan mendekat sedekat dekatnya kepada Ilahi.

Inti dari semua tarikat tersebut adalah dzikir kesaksian yaitu LAA ILAAHA ILALLAH MUHAMMADUR RASULULLAH dan dzikir sirrnya yaitu ALLAH, ALLAH, ALLAH atau HU, HU, HU,(Dia, Dia, Dia) serta dzikir lain yang terkait dengan mentauhidkan Allah SWT.

Dzikir dalam tarikat tersebut sejatinya bukan bacaan untuk mencari pahala, tetapi meraih buahnya, yaitu selalu mengingat Allah SWT. Buah ini akan mewarnai kehidupan individu atau pribadi yang menjalankan tarikat tersebut. Perumpamaan ini bukan berarti membandingkan kalimah Laa Ilahailallah dengan dunia, melainkan untuk memahami, seseorang yang mempunyai cincin yang dihiasi batu permata yang tiada ternilai harganya, maka cincin itu akan dijaganya baik-baik. Ketika hendak makan saja, cincin itu disimpannya dikantong khusus agar tidak kotor atau terjatuh.

Itu baru batu. Lalu bagaimana dengan kalimah LAA ILAHAILALLAH MUHAMMMADUR RASULULLAH, yang nilainya tidak bisa kita takar seperti cincin bertahtakan batu permata tersebut? Kalimat tahlil ini mesti mengiringi dan mewarnai saat kita makan. Maksudnya, nasi yang kita makan sekedar sebagai sarana mencari kenyang, sementara yang memberikan rasa kenyang hanyalah Allah SWT. Jadi kita akan selalu ingat bahwa tiada dzat yang yang wajib disembah kecuali Allah SWT. Dan kita juga akan selalu ingat akan perintah dan larangan-Nya.

Kita akan selalu merasa didengar dan dilihat oleh Allah SWT. Dan bila sudah demikian mungkinkah kita akan banyak melakukan hal yang tidak disukai Allah SWT dan RasulNya? Tentu saja tidak. Ketika kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya pun kita kembalikan kepada Allah SWT. sehingga muncullah keikhlasan dalam setiap perilaku kita. Inilah tarikat. Jadi bukan hanya untuk mencari pahala, atau pendekatan diri kepada Allah SWT diwaktu mengamalkan. Akan tetapi mampukah kita membawa buah dari kalimah tahlil ini dalam kehidupan sehari-hari.

Keistimewaan kalimah tahlil dalam setiap tarikat itu berbeda-beda. seperti keistimewaan tumbuh-tumbuhan yang diciptakan Allah SWT. Misalnya daun kumis kucing berkhasiat bagi orang yang kena penyakit kencing manis. Ada juga daun delima, atau daun keci beling dan sebagainya. Tumbuhan itu di beri kelebihan masing-masing oleh Allah SWT.

Begitu juga dengan kalimat tahlil dalam setiap tarikat. Kalimah ini bak lautan yang tak bertepi. Walau keistimewaanya dibagi-bagi kepada Tarikat Syadzaliyah, Qadiriyah, Maulawiyah dan sebagainya tak kan pernah habis. Justru kita akan melihat keagungan ilmu Allah SWT yang ditunjukan kepada kita. Karena itu yang penting bagi kita adalah bagaimana kita belajar salah satu tarikat yang sekiranya mampu diamalkan dan menjalankan ajarannya secara istiqamah.

Tarikat-Tarikat yang dipegang oleh para Awliya seperti Syekh Abdul Qadir Al Jilani, Syekh Abu Hlani, Syekh Abu Hasan Asy Syadzili, Sayiid Ahmad Ar Rifa’i, Syaikh Ahmad Al Badawi, Syekh Ibrahim Ad Dasuki dan tokoh-tokoh ulama yang lain tidak mungkin akan menyesatkan dengan ajarannya. Sebab, dipundak mereka ini terdapat amanah Rasulullah SAW. Bukankah mereka itu waratsatul anbiya? Karena itu pula kita yakin, para ulama itu yang takutnya hanya kepada Allah SWT tidak akan menyesatkan kita. Jadi jelaslah bahwa tarikat yang bersumber dari para awliya tersebut tidak akan lepas dari Al Qur’an dan sunnah Nabi SAW. Wallahua’lam ulasan yang serba terbatas ini semoga ada manfaatnya.

@@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 80 Komentar

Navigasi pos

80 thoughts on “BENARKAN ILMU HIKMAH CONDONG PADA KEMUSYRIKAN?

  1. Mas Megananda

    Kebaikan selalu ditutup-tutupi oleh selimut kejahatan, meski pada akhirnya akan nampak kebenaran yang sejati.

  2. PUTRABANTARANGIN

    Absen sore KI
    jawaban dan pemaparan yang mantab
    monggo dilanjut

  3. DEWA TIMUR

    tergantung niat nya. kalau belajar ilmu hikmah supaya sakti, kebal, pelet dll bsa musyrik. tp kalau utk mendekatkan diri kpd alloh boleh saja.

  4. DEWA TIMUR

    penyakit dpt menimbulkan kematian. obat dpt menyembuhkan penyakit. betul. tp itu semua atas ijin Nya.

  5. restu bumi

    seolah kebenaran penuh dengan tabir

  6. lam sore,,,setuju ane dngan KI WA lnjutkan,,,,,syari’at,thoriqot ma’rifat,,, orang yang mengatakan ilmu hikmah itu musyrik maklum ngaji kulit aje, kupas donk itu biasanya ngajinya cman yang tersurat makannya ane bangga ada di NU ada AL-QUR’AN, AL- HADIST,IJMA DAN QIYAS

  7. Nyimak aja …

  8. mantap…ikut Nyimak..

  9. Assallamu’alaikum,
    ane ikut andeprok aja lah,
    mendengar, membaca dan menyimak.

    monggo di lanjut.

  10. KI ARGO TANDANG

    ilmu hikmah yg berkhodam jin kafir atau jin muslim sama sama buruk. kalau jin kafir, mengajak kpd kesesatan. kalau jin muslim, kalau org melanggar agama dikit saja tp hukuman nya berat krn yg menghukum jin bukan alloh.

  11. TERIMAKASIH..

  12. Terima Kasih Ki Wongalus dengan penerangan yg cukup jelas…dan dgn gaya bahasa yg mudah untuk difahami….

  13. السلام عليكم ………………………………………………. Salam takzim pada ki wongalus dan para sesepuh juga saudara semua.pertama-tama,saya mohon maaf.bukan maksud sy menyombongkan ilmu.tp krna di blok kwa ini mrpakan wadah yg baik untuk saling bertukarpikiran,membimbing,apalagi spt pemula spt saya ini.sudi kiranya saudara2 membantu saya mendeteksi amalan ini.agar lebih memantapkan dan agar tdk terjerumus dng hal yg cenderung merusak.sebelumnya sy ucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kpd blok kwa ini dan orng2 yg turut berkecimpung disini.آمِيّنْ… آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. Bismillaahirrohmaanirrohiim …………………….membaca ayat kursyi dilanjutkan dengan: bahrun lasyahi lalahu lafahin jaa muhmitin taha fakotin fakojin muhmitin yaa syech muhmitin bismillaahi syahatil wujuuh.

  14. kusnandi

    pengen di ajarin secara prakteknya…

  15. kembali kepda keyakinan masing2:)

  16. semangat tengah malam dulur2 smua..
    Nderek nyimak njeh mbah yai…

  17. pencharie dirie

    izin nyimak . . . . smbil dngrin grimis malam n nunggu bnjir surut . . . .

    salam paseduluran

  18. Sapt@

    Salam kagem sesepuh2 kwa
    Ki wong alus
    Ki homnankim
    Ki sintenke mawon
    mohon pencerahan .tolong scaan awak kulo ko menawi ngantuk gak kuat trus kpala pusing habis itu badane lmes smua.npo kul saget ngamalke ASR.kaleh tanglet atine surat AN ANAM engkang bacanya pripun.maturnuwun mohon pencerahan.salam takzim kagem sesepuh sedanten

  19. Kibolang

    Lanjut ki, Smg bisa jadi pencerahan…

  20. bungakusuma

    wah…. wah…. wah….wah….
    Ki Wong Alus….. manteb tenan…

    rahayu… rahayu…. rahayu…. dulur….

  21. samsul

    alsalamualaikum ki wong alus ,
    penjelasannya sangat bermanfaat terutama bagi saya pribadi ,salam rahayu buat aki wong alus dan sedulur semua

  22. MBAH SLAMET

    AKU RIDHO DAN IKHLAS NYANTRI SAMA BIB WILDAN…………

  23. kresno

    ikut nyimak

  24. R. Wijaya

    Hadir, Absen No comment

  25. Cakra

    Ikut nyimak ki,, pelajaran yang jarang di dapat,,,,

  26. droewolonk

    sugeng enjing sedulur2 sedoyo…
    nderek maos..

  27. Kaka Roto

    ikut nyimak…

  28. Itu kayanya yg ng0m0ng gtu organisasi lain yg membenci nu. .karna org NU sarat dgn ilmu hikmah,,di daerah saya juga ada komplek yg membenci Nu. .

  29. Dherek nyimak ki…

  30. Fajry,...... Soekra,......

    Absen Siang,….
    NDrek nyimak Ki,…..
    ALHAMDULILLAH,………..

  31. Meniti Sirathal Mustaqim, kanan dan kiri hanya beda tipisssss sekali.
    Salam rahayu
    @Mbah Wong Alus
    @mbah Nasrudin
    @mbah S4I
    @mbah Sapt@

    juga mbah2 dan sedulur2 yang lain.

  32. Cah Cilik

    “Tanamkanlah ujudmu dalam bumi yang sunyi sepi, karena sesuatu yang tumbuh dari benda yang belum ditanam, tidak sempurna hasilnya.”

  33. Ajengan Anom

    BANGKIT & BERJAYALAH NAHDLATU ULAMA (NU)…., AHLUSSUNAH, ANNAZIYYAH…. By. SANTRI NU

  34. Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar
    Asyhadu anlaailaaha ilallahh wa asyhaduanna Muhammadurrasulullah
    Asyhadu anlaailaaha ilallahh wa asyhaduanna Muhammadurrasulullah
    Asyhadu anlaailaaha ilallahh wa asyhaduanna Muhammadurrasulullah
    Astaghfirullahualadzim
    Astaghfirullahualadzim
    Astaghfirullahualadzim

  35. rian arief

    Ikut nyimak sekalian absen …..
    Salam buat sesepuh semua….

  36. arek borneo

    Allahmumma shalli ala sayidina muhammad……..

  37. VENDRA

    Ass.. menurut saya kalau ada org yg mengalami cobaan yg berat melampaui batas, misal nya sial seumur hdup, sulit jdoh dan rejeki, sering dijahati org, sering sakit, tertindas dan teraniaya dll cobaan itu tdk murni datang dari Alloh, tp ada campur tangan syetan yaitu jin kafir atau jin muslim. kalau jin kafir jelas ingin manusia sesat dan menderita selama nya. kalau jin muslim ingin manusia taqwa kpd Alloh, tp dg cara yg tdk aneh aneh. kalau ada manusia melanggar agama, dihukum dg berat dan semena mena oleh jin muslim. beda kalau Alloh yg menghukum tdk terlalu berat krn Alloh maha pemurah dan pengampun.

  38. ragil

    Sepurane. Ikut nyimak

  39. assalamualaikum
    subhanallah allahu akbar,,ijin deprok ki sambil nyimak tausiyah nya.sungguh pembelajaran yg menyejukan ..

  40. riky

    Para pinisepuh saya orang awang ini mohon bantuannya saya merasa da yang salah pda diri saya
    Tolongan bantuan_y dan bimbingannya karna saya mersa telah berlumur dosa yg sudah tak layak gy

  41. raden sodiq

    nyimak aja ah sambil enceng rokok apache

  42. imran

    ikut nyimak ….

  43. cah angon

    menurutku ada
    ilmu hikmah yang menghilangkan ketauhidan dan mengurangi kadar kualitas diri sulit mengenal diri sendiri dan merasakan getaran Allah didada kita mungkin lebih suka bewirid ilmu hikmah daripada apakah mengaji membaca Al quraan apakah kita pernah berfikir bacaan sholat kita benar apakah kita sudah mengetahui hukum hukum islam syariat dasar dari tharekat dan tharekat dasar dari hakekah
    apakah di masa sekarang ini ada santri yang datang untuk belajar agama bukan untuk menanyakan ilmu hikmah atau karomah

    kalo kita bertanya kepada ki wong alus tentang ini ini ada di hadits
    tentu ki wong alus pandai menpelak dan memutar mutar

    kita anak kemaren sedangkan iblis pengalaman mengoda menjrumuskan anak manusia sejak nabi adam sampe sekarang

    jadilah manusia yang ikhlas ikuti rasulullah bagaimana dia hidup dari kecil dia sudah di juluki al amin
    jalani sholat fardhu dan di tambah zakat jika mampu berpuasa senin kamis

  44. cah angon

    perbaiki hubungan antara manusia dan hubungan kepada Gusti Allah swt
    cintailah Kanjeng Nabi Muhammad Saw
    lihatlah lingkungan sekitar cermati teman teman di sekitarmu
    orang tua kalian harapan mereka usaha ibu kalian merawat dan menyusui kalian mengajari kalian berbicara berjalan berpakaian memberi makan memasak buat kalian menyekolakan kalian begitu besar perjuangan ibu kalian apa yang bisa kita berikan buat ibu….ibu.,…ibu…ibu…ibu apakah ibu kita bangga yang selalu kita berilmu hikmah mencari kehebatan atau ada yang berdalih mencari ridho Allah jika ingin mencari ridho Allah perbaiki ahlak dan ibadah mengabdilah pada ibu kalian taatilah perintahnya jangan menyakitinya apa lagi membuatnya menangis buat lah ibumu bangga dengan prestasi di sekolah ringankan beban orang tua buat ibu bahagia dengan kesolehan jika hujan ea itu kehendak Allah swt alam ini sudah ada yang maha mengatur
    jadikan diri penuh dengan ilmu agama Allah

  45. JAKA UMBARAN

    sugeng ndalu..absen

  46. cah angon

    orang sesakti apapun akan dapat di kalahkan oleh orang yang ikhlas di hatinya karena kepasrahanya kepada kehendak Allah swt
    ingat kejadian di dunia ini bila sifatnya merugikan atau menyakitkan itu adalah pertanda kuasa Allah terhadap hambanya
    1.ujian untuk hamba pilihanya
    2.teguran untuk hamba yang di sayangi
    3.adzab karena Allah kasihan akan nasibnya di akherat agar si hambanya bertobat

    kondisi jika seorang hamba percaya kepada Allah swt jika dia kehilangan barang dia akan berfikir apakah ini ujian dari Allah atau teguran atau adzab karena Dosaku mungkin bukan rezkiku
    mungkin ada yang lebih menbutuhkan

    kondisi orang berilmu hikmah dia akan berfikir bagaimana cara mengembalikan barang dengan amalan apa mungkin sholawat nariyah atau ilmu yang sudah di miliknya

  47. noory

    banyak orang2 yg mencampur-adukkan tataran syariat ma tataran hakekat…jadi gak nyambung yooo…

    syareatnya obat yg menyembuhkan penyakit…hakekatnya alloh yg menyembuhkan penyakit…

    Syareatnya kereta api yang bikin orang mati di tabraknya, hakekatnya alloh saja yg mematikan…

    syareatnya ilmu kebal yg bikin kebal kulit orang, hakekatnya alloh yg membuat kebal orang itu…dst,

    maaf buat semua sedulur KWA bukan niatku menggurui tapi itu mendengar ceramah seseorang…

    hi..hi..hi..

    nyeruput kopi dulu ahh, CLiNG…!!

  48. cah angon

    Allah menurunkan Al quraan itu Allah Swt sudah mengetahui apa apa yang akan terjadi
    dan Al quraan yang berjalan adalah anugra Allah yang sangat besar liat kitab imam Ghazali

    Allah Swt kasihan kepada kita
    jangan sampe kelak nanti di akherat nanti kita di panggil masuk neraka

  49. Abu Yahya

    luruskan niat dan mari kita memperbanyak mengaji dan mengkaji Al Quran

  50. Ary Kandiyaz

    SAYA
    TELAH DITIPU OLEH SI KEPARAT HABIB GADUNGAN IDRIS NAWAWI,,TELAH BANYAK BIAYA YANG SAYA KELUARKAN UNTUK MEMAHARI PRODUK-PRODUKNYA,,NAMUN SEMUA HANYA JANJI-JANJI BELAKA,,DAN SAYA PUN TELAH MENGIKUTI SUPRANATURAL SCHOOL YANG DI ADAKAN DALAM SEHARI,,ITU PUN TIDAK ADA HASILNYA…SAYA MOHON DENGAN SANGAT KEPADA SESEPUH KAMPUS WONG ALUS,,SIAPA DIATARA KALIAN YANG SANGGUP MENYANTET IDRIS NAWAWI SAMPAI MATI,,SAYA SANGGUP MEMBAYAR 25 JUTA RUPIAH…

  51. assalamu’alaikum.wr.wb.ingin menambahkan saja…
    semua ilmu itu baik,tergantung dari mana ia mendapatkan dan untuk apa di pergunakan,tergantung oleh niatan…ibarat pisau jika di gunakan untuk kebaikan akan menghasilkan kebaikan,tapi jika pisau di gunakan untuk kejahatan akan menghasilkan perbuatan jahat…wassalamm..

  52. ilmu Allah luas meliputi langit dan bumi. kuatkan iman dan takwa dgn banyak mengaji dan sempurnakan solat

  53. Masalahnya apakah semua amalan layak di berikan kpd org2 yg kita sendiri belu mengetahui tingkat ketauhidannya..??? :-/

  54. ivan diantoni akbar

    Semua hal diniatkan hanya kepada Allah Azza Wa jalla semata sebagai Rabbul ‘izzati atas penguasa segala sesuatu dengan tujuan ilmu untuk kebaikan ummat manusia, insya Alloh akan mendapat ridho-Nya, dan insya Alloh bisa menjauhkan kita dari syirik, amin ya Robbal ‘alamin.

  55. hanba Allah

    salam semua
    betul mas,rabu wekasan&semua bentuk amalan/dzikiran adalah tradisi kt indonesia trtm org nu.sebenarnya babi wahabi salah alamat kl mengatakan bhw tahlil dll adalah bid’ah krn ini adalah bumi indonesia yg alhamdulillah di su2pi dg ruh islami spt dzkr dll.tahlil jg trmsk tradisi org indnsia yg td ny trdsi hnd-bdha kmdn di si2pi tahlil(brgkl babi wahabi tdk mgrt arti tahlil sy trjmhkn,artny mmbc laa ilaha illallah).jd kl mghrmkn thll brrt mghrmkn trdsi kt brrt jg mghrmkn kt msk srg.krn sdh bnyk yg mmbktkn bhw pgml thll ahli srg smua sdgkn babi whby tk ada yg msk srg mkny mghrmkn thll dg tjuan mgjk kt agr msk nrk.
    Knp mrk mghrmkn thll,dzkr dll?
    Krn mrk th kktn islm adny pd mlm hr&pd ilm hkmh.sgj mrk hrmkn agr islm jd lmh shg mdh dkuasai anjg kafir.jd,babi whby sbnrny adlh antk psnn anjg kafir yg brtjuan mghncrkn islm dr dlm dg alsn kmbl ke quran&sunah pdhl dia sndr tdk mentaati quran&snh,bktny dia melarang org mncntai allah&nb nya.
    Knp nu yg plg di musuhi&di bidahkn?krn trbkt sjk dl bhw smua wrg nu lh yg mlstrkn ilm hkmh trmsk mmrdkkn ngr ini.shg wrg nu di takuti krn klenik ny yg tdk di mlk bgs lain.slhkn and bc sjrh.
    Sbnrny babi wahabi ni tdk lyk hdp di zmn kt krn akn membidahkn smua khdpn.hrsny dia hdp pd zmn onta.dia tdk sdr bhw dia sndr jg bnyk mlkkn bidah cnth dia shlt smbl sedakep ni kn bkn crny nb tp shbt umr kt kdtgn utsn persi,make kmptr,sepatu,baju buatn skrg bhkn dia pn hdp pd ms skrg,hrsny dia hdp sm onta dl.wahabi,wahabi,
    Yg mrs pdli tlg tulis kmbl teks sy ini ya,mklm sy tls dr hp jd sy singkt2

  56. abie

    Memang apa yang ditanyakan pad petanyaan itu benar…..saya berani berkata karena saya adalah mantan praktisi ilmu hikmah yang sekarang telah sadar dan diberi hidayah untuk meninggalkan perkara yang tidak diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW,,,,,,satu hal yang perlu di ingat bila anda seorang muslim yang Kaffah sandarkan hidup dan mati hanya kepada Allah, belajrlah ilmu mengenal Allah maka anda akan menemukan kebahagiaan dunia dan Akhirat….semoga bermanfaat afwan ni hanya komen saja oce…….

  57. Sutrisno

    Pembahasan yg mendalam.
    Nderek nyimak sembari nyedot samsoe kale nyruput susu…

  58. wòng jompo

    lanaa a’maluna wa lakum a’malukum,.wis to ga usah do ribut,semua akan bertanggung jawab sendiri2 dngan apa yg tlh dkerjakan,jangan suka menyalahkan orang lain,sbb belum tentu kita yg benar..al islamu mahjuubun bilmuslimi,islam akan hancur oleh rang islam sendiri,na’udzubillaahi mindzaalik,jangan sampe kita yg menjadi penghancr agama kita yg rohmatan lil’aalamiina..mohn maaf kalo tlisanku ngawur..

  59. muhajirin

    Mantap..ki kwa pencerahanya…

  60. Ngomong doang….
    Akeh tunggale….
    Atimu kbeh ndang di resik’i sik…

  61. slmt mlm smua

  62. pangeran matahari

    salammulikum sepuh…

  63. akhsan

    ini saya minta izin untuk mengamalkan amalan2 ini tlong keikhlasanya

  64. rommy

    Kalau di akhir kata wallahu ‘alam berarti tidak yakin dong dengan jawabannya,…

  65. varian dunia

    dahulukan hubungan antara sesama manusia dahulu baru hubungan dengan yg diatas. dahulukan sesuatu yg bersifat interaksi antara sesama manusia baru mengurusi hal gaib… kadang orang lupa dengan jalan ikhtiar tersebut.. lalu mengambil jalan pintas dengan sesuatu yg gaib. doa hanyalah sebagai pengiring untuk menenangkan hati… berserah kepada yg di atas adalah hal terakhir yg kita lakukan…
    jadi kalo hanya untuk memenuhi dahaga akan ilmu pengetahuan dan keingintahuan itu adalah hal yang wajar dimana manusia selalu mencari dan mencari…
    misal ada salah satu ilmu hikmah yg menawarkan kemudahan…bila orang itu mempercayainya sepenuh nya tanpa disertai pemahaman maka akan menyesatkan…
    ilmu hikmah yg tidak dibarengi ikhtiar lahir adalah hal yg sia sia…
    menurut saya ilmu hikmah mempunya dua sisi pemahaman… perlu bimbingan untuk memahaminya… tanpa bimbingan hal tersebut bisa menyesatkan..
    terima kasih untuk waktu membacanya

  66. santri wingking

    Salut kpd Ki Wong Alus yg tidak menanggapi komentar2 miring, karena kemakrifatan tidak bisa dipaksakan. Semuanya seiring dng usaha seorang hamba untuk mengenaliNya dan rahmat yang diberikan kepada hamba dalam mengenaliNya. Makanya Rasulullah pernah melarang ziarah kubur karena ketauhidan umat waktu itu masih lemah. Bagi yang merasa masih lemah jangan coba2 belajar ilmu hikmah tanpa bimbingan guru karena bisa jatuh kepada kemusyrikan.

  67. santri wingking

    Saya setuju pendapat ilmu hikmah bisa didapat dng 2 cara, pertama DISIPLIN SPIRITUAL kedua POWER SPIRITUAL. Disiplin Spiritual yaitu amalan(dzikir/puasa/dll) yg dilakukan dng jumlah/waktu tertentu untuk mendapatkan ilmu hikmah. Power Spiritual berusaha mendekatkan diri kpd Allah dng amalan wajib dan sunah sehingga Allah berkenan memberikan keistimewaan kepadanya. Wallahu a’lam

  68. Romo Ceblenk

    sugeng ndalu, nderek nyimak. monngo d lanjut?!

  69. subhanallah… sampai belum tuntas saya baca nya trimakasih..ki wong alus tim

  70. ijin nyimak

  71. teguh

    memang arti dari ilmu hikmah itu ap ya??kok banyk yang bilang belajar ilmu hikmah.

  72. masya Allah sungguh tak terduga. betapa.sulitnya meraih ridloNya. matur sembah nuwun

  73. Mohd Adam Bin Abdullah

    Teguh.. aku pun ngak tau belajar ilmu hikmah tu apa?..Tapi ilmu hikmah yg aku pelajari adalah utk memperkenalkan diri kepada ALLAH.Kalau Allah sudah kenal dgn kita,nescayanya apa yg kita mohon darinya akan di berikannya. Kalau ngak di beri on the sport pun mungkin Allah swt simpan utk kita di akhirat/tiket utk masuk syurga. Iya ..bukan nya belajar apa apa ilmu semata-mata memperalatkan ilmu itu utk memikat wanita,agar dpt memperkosanya, mengawininya sebab wanita itu kaya, Itu harus di katakana salah lah . Ngak usah begitu. Ngak usahlah hendak menyelesaikan masalah keturunan kita yg memang semasa Allah meniupkan roh ke diri kita sewaktu dlm kandungan,semua nya siap di tentukan Allah . klau ketentuan itu baik,baik lah kita hidup di dunia,klu ketentuan tu separuh separuh maka hidupnya pun separuh separuh lah. Itu sebabnya saat bayi lahir je,terus di azankan. jangan nunggu sampai berjam jam. Ini bertujuan agar bayi yg lahir itu rapat dengan dua pendamping yg ngikutnya lahir ke dunia nyata. kalau kita azan kan cepat maka pendamping yg baik akan menguasai kehidupan bayi itu. Klau lambat di azankan pendamping yg ngak baiklah akan menjadi pendamping utamanya. Ngak jauh- jauh kita renungkan,kita baca sejarah nabi adam as. macam mna sejarah nya. Dalam Al Quran semua dah ada di ceritakan. Maka ikut lah apa yg di takdirkan utk kita. Kalau udah hidupnya miskin kemudian hendak menjadi kaya…haaa…..itu yg apabila ia menuntut ilmu Allah ia mengunakan ilmu allah itu utk kaya cepat mengambil jalan pintas melalui jin setan ifrit,..Syirik lah nama nya sebab membelakangkan ALLAH swt. Itu aja yg aku tahu ia lah aku ni hamba allah yg jahil..

  74. Mohd Adam Bin Abdullah

    Bagi sedulur sedulur kwa dan orang awam kalau mau ilmu yg di tuntut itu menjadi?mujarab lakukanlah,,,,jangan tingal solat(memang allah pun selalu nyuruh solat selalu),sedekah(jangan sedekah kepada orang yang masih mampu) banyakan sedekah kepada anak anak kecil yang tidak tau lagi arti kehidupan, susah atau senang,lupakan hal kemewahan di dunia(tapi kalau datang saat kita melupakannya itu adalah menandakan allah sudah mulahendak rapat dengan anda, Walaupu kita sendiri susah hidupnya cuba sedekah kepada anak yatim piatu,klau ngak ada wang boleh doa kan aja, Zakat, berbuat baik dengan jiran tetangga,kalau duduk bersama keluarga berbuat baik lah dengan orang tua,jiran tetangga, sebab jiran tetangga ,kawan kawan lah yang akan mengusung jenazah kita ke kubur utk di kebumikan, jangan jemu berdoa meminta yg baik dari Allah,akhir sekali sentiasa bersyukur apa adanya yg kita ada/dapat. insyaallah kehidupan kita akan sikit demi sedikit akan berubah masuk ke kesenangan. Ingat jgn sekali kali memusuhi sesame islam, nanti sangat di laknati allah.

  75. Mohd Adam Bin Abdullah

    ATAS TAJUK DI ATAS” BENARKAH ILMU HIKHMAH CONDONG KEPADA KESYIRIKAN”.Jawapan nya seperti mana yang Wong Alus jawab. Pokok pangkalnya keimanan si pengamal tersebut. Kalau jurus itu berat kepada Allah ngak syirik. Tapi kalau jurus itu berat kepada ifrit,jin syetan yang kafir itu sungguh syirik dong. Seolahnya kita ngak percaya dengan Allah. Bagaimana pula kalau dengan jin islam?. kita pun islam,jin pun islam macam mana tuh syirik ke?. Jin islam bezanya dengan kita manusia islam ni cuma jin boleh Nampak kita tapi kita ngak bisa Nampak jin, Kan kita di sarankan untuk berbuat baik sesame islam. Iyaaa…contoh di dunia ini kita mempunyai berbagai kaum ia itu cina,india, kalau di Borneo iban,dayak,dan banyak pecahan kaumnya yang terdiri ada yang islam,ada yang kristain,ada yang free thinker. Apa kah syirik ke kita kalau mohon pertolongan bangsa bangsa tadi itu yang beragama islam?.padahal bangsa yang tadi itu lebih bijak pandai lebih rapat dengan Allah, berbanding dengan kita yang baru menuntut ilmu hikmah yang dengan keadaan masih jauh dari Allah. Apa syirik kah kita kalau mohon pertolongan ke ke Allah melalui bangsa bangsa islam yang cerdik pandai. Itu contohnya.Saya yang jahil ini mengatakan tidak salah kalau kita mengunakan ilmu hikmah yang kita pelajari untuk boleh Nampak jin islam itu dan berkawan, Mana tau kalau kita teerdesak hendak mohon pertolongan segera dari allah tapi tidak mengerti, makanya kita minta kawan kita jin islam itu membantu kita. Jin islam itu pun mohon kepada allah melalui rasulullah dan terus ke allah untuk menolong kita. Apa kah masih syirik ke?. Kalau jawapan nya syirik makanya kita manusia syirik juga lah untuk berkawan,mohon pertolongan kaum cina india yang beragama islam di alam dunia ini. Mungkin apa yg saya coretkan ini tidak ada dalil nya. Tidak ada rujukan nya dalam hadis/al quran. Cuma coretan macam orang tak siuman aja. Kita kan di suruh mengunakan akal dan ilmu yang kita ada. Yang penting tidak menyekutukan Tuhan . Tak ada salahnya kita menuntut ilmu apa saja mengunakan ayat allah. kalau mengunakan jampi serapah yang tidak ada kaitan dengan tuhan tu memang syirik lah. Kita kan ada Al Quran sebagai panduan hidup kita untuk menuju ke jalan allah swt. Kalau sedulur sendiri merasakan oh ilmu ini lain macam aja,ngak berani aku ngamalin. Ngak usah di amal. Cari lah yang baik. Ngak usah di kritikan. Kuatkan keimanan diri kita. ikut lah sunnah rasulullah,kalau tak dapat banyak separuh pun Alhamdulillah. Masih balance timbangan nya. Tidak ada sesiapa dalam dunia ini yang boleh ikut sunnah rasulullah betul betul 100%. Makanya kalau mau mengkritik ayat ayat allah. Cermin diri dulu dan Tanya adakah aku ni asalnya dari keturunan keluarga yang sama taraf dengan rasulullah?. Saya pernah terdengar atau mimpi kata kata yang mengatakan” TIDAK SEMUA IMAN MASJID KALAU DIA MATI DI JAMIN MASUK SURGA” BEGITU JUGA DGN USTAZ KE APA LAGI SAMPAI LA KE ORANG YANG JAHIL SEPERTI SAYA NI. Maaf ki..sekiranya apa yang pernah saya coretkan dalam Blog ini ada yang tidak berkenan saya mohon supaya ki wong alau Delete habis semuanya. PESAN SAYA JANGAN SAMPAI KITA ORANG BIJAK PANDAI DALAM ILMU ALLAH DI PANGIL ” N.A.T.O.== The meaning is” no action talk only”.So please tak action lah kepada sedulur sedulur yang sangat susah,yang memerlukan perhatian, then lepas itu baru boleh kritik haram halal dan syirik. Kesian ki, Sekian saja dari saya yang berada di sempadan KALTI BORNEO SARAWAK. ASSALAMUALAIKUM.

  76. ambil yang menurut kita sesuai keyakinan .. semoga kita semua di jauhkan dan dicegah dari kesyirikan karena syrik dosa yang tidak akan mendapat ampunan ..

  77. Ping-balik: BENARKAH ILMU HIKMAH CONDONG PADA KEMUSYRIKAN? | WARGALANGIT…MENGGALI HAKEKAT SPIRITUAL SEJATI

  78. bao amu tingkah dari garut

    assalaamu’alaa man ittaba’al hudaa …..
    yg terhormat ki wongalus dan sedulur yg saya banggakan .. saran/masukan dari saya agar blog ini tetap eksis dan diridhoi alloh, mohon dengan sangat agar setiap postingan yg dikirim/diijazahkan oleh anggota kwa tingkat guru diralat dulu, dipertimbangkan baik dan buruknya bagi pengelola dan pembacanya, maklum mayoritas pembaca bnyk yg awam, tdk usah panjang lebar krna antum sekalian sudah tau yg saya maksud, amalan yg sekiranya menjerumuskan pengamalnya kdlm jurang kehancuran dunia akhirat supaya dihapus & ditegur yg telah mempostingnya, saya sangat kesal ketika mnemukan amalan minta dana ke jin yg jlas itu brsyarat & mmbahayakan klw gak salah ki bayu digdoyo yg mnulisnya, dia beralasan hanya untuk mnjaga klestarian budaya kita saja, sungguh itu sebuah kekonyolan mnurut saya.

  79. ikhwan

    assalamualaikum
    mohon maaf sebelumnya
    mengenai ilmu tenaga dalam Al hikmah
    apakah sudah ada sejak jaman rosululloh?
    dan apakah pada saat perang di jaman itu sudah memakai ilmu alhikmah?
    saya orang awam ,, dan jika melihat vidio ini tentang ilmu alhikmah

    jika benar seperti di vidio itu,dan jika memang sudah ada waktu perang di jaman rosul
    mustinya tidak ada yg tersentuh sama sekali para pejuang saat itu…
    dan apakah ilmu batin alhikmah boleh di pakai untuk berjihad..
    klo memang tidak mempan oleh senjata tajam atau peluru
    mungkin bisa untuk berjihad di negri syam?meskipun mati dalam berjihad lebih berharga..
    mohon maaf saya benar benar awam…
    trima kasih wassalamualaikum ..

  80. angger wijaya

    Pencerahan bisa di logika mantap kiiiii..
    ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: